KOMSOS Kodim 0831 Surabaya Timur

2

KOMUNIKASI SOSIAL

dedenew146
Kemampuan komunikasi interpersonal adalah kecakapan yang harus dibawa individu dalam melakukan interaksi dengan individu dalam melakukan interaksi dengan individu lain atau sekelompok individu (Goldstein, 1982). Menurut French (dalam Rakhmat 1996), kemampuan interpersonal adalah apa yang digunakan seseorang ketika berkomunikasi dan berhubungan dengan orang lain secara tatap muka.
Komunikasi Sosial adalah mengisyaratkan bahwa komunikasi penting untuk membangun konsep diri, untuk kelangsungan hidup, aktualisasi diri, untuk memperoleh kebahagiaan, terhindar dari tekanan dan ketergantungan, antara lain lewat komunikasi yang menghibur, dan memupuk hubungan dengan orang lain. Melalui komunikasi sosial kita bisa berkerja sama dengan anggota masyarakat (keluarga, kelompok belajar, perguruan tinggi, RT, RW, desa, kota, dan negara secara keseluruhan) untuk mencapai tujuan bersama.

Dalam kehidupannya, manusia senantiasa terlibat dalam aktivitas komunikasi. Manusia mungkin akan mati, atau setidaknya sengsara manakala dikucilkan sama sekali sehingga ia tidak bisa melakukan komunikasi dengan dunia sekelilingnya. Oleh sebab itu komunikasi merupakan tindakan manusia yang lahir dengan penuh kesadaran, bahkan secara aktif manusia sengaja melahirkannya karena ada maksud atau tujuan tertentu.

Memang apabila manusia dibandingkan dengan mahluk hidup lainnya seperti hewan, ia tidak akan hidup sendiri. Seekor anak ayam, walaupun tanpa induk, mampu mencari makan sendiri. Manusia tanpa manusia lainnya pasti akan mati. Manusia tidak dikaruniai Tuhan dengan alat-alat fisik yang cukup untuk hidup sendiri.

Dapat dikatakan bahwa di dalam kehidupan komunikasi adalah persyaratan yang utama dalam kehidupan manusia. Tidak ada manusia yang melepaskan hidupnya untuk berkomuikasi antar sesama. Dengan seperti itu, komunikasi sosial sangat penting dalam kehidupan manusia pada umumnya untuk membantunya berinteraksi dengan sesama, karena manusia tercipta sebagai mahluk sosial.
Karena sifat manusia yang selalu berubah-ubah hingga kini belum dapat diselidiki dan dianalisis secara tuntas hubungan antara unsur-unsur di dalam masyarakat secara lebih mendalam dan terorganisir

komsos1

Fungsi Komunikasi Sosial

Orang yang tidak pernah berkomunikasi dengan manusia bisa dipastikan akan tersesat, karena ia tidak sempat menata dirinya dalam suatu lingkungan sosial. Komunikasi yang memungkin individu membangun suatu kerangka rujukan dan menggunakannya sebagai pantuan untuk menafsirkan, situasi apapun yang ia hadapi.
Komunikasi pula yang memungkinkannya mempelajari dan menerapkan strategi-strategi adaptif untuk mengatasi situasi-situasi problematik yang ia masuki. Tanpa melibatkan diri dalam komunikasi, seseorang tidak akan tahu bagaimanamakan, minum, berbicara sebagai manusia dan memperlakukan manusi lain secara beradab, karena cara-cara berprilaku tersebut harus dipelajari lewat pengasuhan keluarga dan pergaulan dengan orang lain yang intinya adalah komunikasi.
Implasif adalah fungsi komunikasi sosial ini adalah fungsi komunikasi kultural. Para ilmuan sosial mengakui bahwa budaya dan komunikasi itu mempunyai hubungan timbal balik, seperti dua sisi dari satu mata uang.
Budaya menjadi bagian dari perilaku komunikasi, dan pada gilirannya komunikasi pun turut menentukan, memelihara, mengembangkan atau mewariskan budaya.
Fungsi komunikasi sosial bisa terbentuk dengan adanya pembentukan dari dalam: pembentukan konsep diri, pernyataan eksistenssi diri dan untuk kelangsungan hidup, memupuk hubungan & memperoleh kebahagiaan.

komsos4IMG-20150911-WA0039

KOMSOS KODIM 0831 Surabaya Timur dengan PATGA
Jumat 11 Sepetember 2015 pukul 19.00 Kodim 0831 Surabaya Timur melaksanakan KOMSOS dengan PATGA di RM Apung Rachmawati Jl Rungkut Alang Alang Surabaya
dari pihak Kodim 0831 Surabaya Timur yang hadir melaksanakan KOMSOS adalah Komandan Kodim 0831 Surabaya Timur Letkol Inf Dodiet Lumwartono dan Komandan Koramil 05/0831 Rungkut Mayor Inf Supriyo ST, Sedangkan dari Pihak Patga dihadiri oleh pengurus Jawa Timur, Surabaya dan Sidoarjo, Juga dihadiri oleh beberapa Penulis di web ini Bung Deddy Endarto, ST, Bung dr Pandji Prabowo. Juga hadir dari Organisasi Mitra yang diundang yaitu Ketua PC 1330 GM FKPPI Surabaya Bung Aditya Sumantry

Komunikasi Sosial ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh Kodim o831 Surabaya Timur selaku Komando Kewilayahan.
Kegiatan Komunikasi Sosial ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar mengerti tugas dan tanggungjawab TNI terutama Komando Kewilayahan.
Komunikasi Sosial seperti ini juga bermaksud ingin menyamakan persepsi tentang bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menciptakan rasa aman bagi masyarakat, sehingga tercipta kondisi lingkungan yang aman dan kondusif guna mendukung Stabilitas Keamanan Nasional.

Komunikasi Sosial tersebut sebenarnya juga merupakan sarana untuk menyerap dan menampung seluruh aspirasi maupun kepentingan masyarakat di wilayah. Sedang sasaran diantaranya Pemberdayaan Masyarakat tentang Informasi, Nasionalisme, Proxy War, Ketahanan Nasional serta mendorong meningkatnya semangat produktifitas, inovasi dan kreativitas di masyarakat.

Semua komponen masyarakat mempunyai peranan penting dalam menjaga Pertahanan Negara, sehingga perlu membangun karakter masyarakat yang sesuai dengan keperibadian Bangsa, agar memiliki karakter dan Nasionalisme yang kuat.

komsos2komsos3

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 0831/Surabaya Timur mengingatkan hal-hal yang harus diwaspadai dan dipersiapkan untuk menghadapi ancaman Proxy War, Deradikalisme, rongrongan Ideologi dan Ketahanan Nasional. Kegiatan komunikasi sosial dengan mempertemukan tokoh masyarakat, Tokoh Pemuda dan tokoh agama, merupakan agenda rutin, untuk menjalin silaturahmi dengan semua pihak. Beliau bersyukur, banyak tokoh agama Tokoh Pemuda dan masyarakat yang mendukung kebijakan TNI/Polri dan pemerintah daerah, untuk bersama- sama menciptakan kondisi keamanan.

Adapun kegiatan komunikasi sosial tersebut diisi dengan ramah tamah dan saling bertukar pikiran anggota Patriot Garuda yang hadir.Para tokoh diminta pula memberikan masukan tentang perkembangan situasi yang terjadi akhir-akhir ini

Sedangkan dari Pihak Patriot Garuda menyampaikan Visi misinya sebagai Organisasi Bela Negara yang menjadi Penegak Pembela Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pancasila dan Tentara Nasional Indonesia
Dan juga menyampaikan agenda agenda yang akan dilakukan oleh organisasi kedepannya

Patriot Garuda menyampaikan Kegiatan bela negara ini murni Kegiatan Sosial dan Ideologi, yang bersifat Mandiri, Ihklas, tanpa tendensi untuk pengabdian kepada Bangsa Indonesia. Insya Allah Perjuangan Ideologi ini “TIDAK TERBELI”

 

By Patriot Garuda dirangkum dari berbagai sumber
Gambar by Patsus Dede Sherman dan Admint YPG

Share.

2 Komentar

Leave A Reply