VONIS SEGERA MASUK TAHANAN KEPADA AHOK

83

VONIS SEGERA MASUK TAHANAN KEPADA AHOK

Yusril Ihza Mahendra

IMG-20170509-WA0126

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akhirnya divonnis dua tahun penjara karena menurut majelis hakim, Ahok terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan penodaan agama terkait Surah Almaidah, melanggar Pasal 156a KUHP. Tidak hanya itu, Majelis Hakim juga memerintahkan agar Ahok dimasukkan ke dalam tahanan, yang harus dilaksanakan oleh jaksa penuntut umum.

Vonnis yang dijatuhkah majelis hakim PN Jakarta Utara itu memang lebih berat dari tuntutan jaksa yang hanya menuntut Ahok dipidana 1 tahun dengan masa percobaan 2 tahun. Seperti saya katakan dua minggu yang lalu, hakim bisa saja menghukum Ahok lebih berat dari tuntutan jaksa. Vonis seperti itu disebut vonis ultra petita. Hakim beralasan bahwa mereka bertugas untuk menegakkan hukum dan keadilan. Karena itu, rasa keadilanlah yang dikedepankan, bukan sekedar tuntutan jaksa yang dibacakan di persidangan.

Apapun vonis yang dijatuhkan pada seseorang, apalagi Ahok, pastilah menjadi vonis yang kontroversial. Bagi yang suka, vonis itu dianggap terlalu berat. Mereka bahkan ingin agar terdakwa diputus bebas karena mereka anggap tidak bersalah. Sebaliknya, bagi mereka yang tidak suka, hukuman yang dijatuhkan kepada Ahok, pastilah dianggap terlalu ringan. Mereka, bahkan ingin agar terdakwa dihukum seberat-beratnya.

Kalau kita bandingkan dengan kasus-kasus penodaan agama yang lain yang sudah divonis, vonis terhadap Ahok cukup ringan. Beberapa kasus penodaan agama di Jakarta, Bali dan Pangkal Pinang, dijatuhi hukuman 4 tahun, lebih lama dua tahun dibanding Ahok.

Ahok sendiri sudah menyatakan banding atas putusan pengadilan hari ini. Belum tahu seperti apa sikap jaksa. Dengan demikian, putusan ini belum inkracht van gewijsde atau belum berkekuatan hukum tetap. Karena itu, secara hukum berdasarkan asas praduga tidak bersalah, sampai saat ini status Ahok masih belum jelas, apakah salah atau tidak salah, sampai ada putusan yang berkekuatan hukum tetap. Bahwa secara awam, orang menganggap Ahok sudah bersalah, hal itu tentu dapat kita maklumi.

Namun putusan Majelis Hakim PN Jakarta Utara itu, seperti saya katakan di atas, disertai perintah agar Ahok segera dimasukkan ke dalam tahanan. Vonis “segera masuk” ini menurut pemberitaan media siang ini (Selasa 9/5/2017) telah dilaksanakan oleh Jaksa. Ahok sudah dibawa masuk ke Rutan Cipinang. Artinya, Ahok kini berstatus tahanan dengan putusan hakim sampai putusan pengadilannya mempunyai kekuatan hukum tetap nantinya.

Dengan ditahannya Ahok, maka Pemerintah harus memberhentikan sementara Ahok dari jabatannya yang akan berakhir bulan Oktober 2017 nanti. Nampaknya, proses banding dan kasasi yang dijalani Ahok belum akan selesai sampai Oktober, sehingga kemungkinan Ahok akan kembali menduduki jabatannya sampai bulan Oktober juga kecil kemungkinannya.

Demikian keterangan saya.

IMG-20170509-WA0124

Kepala Rutan Cipinang: Tidak Ada Keistimewaan untuk Ahok
detikNews

Jakarta – Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) langsung dibawa ke Rumah Tahanan (Rutan) Cipinang, Jakarta Timur, setelah dinyatakan bersalah dan divonis dua tahun penjara dalam kasus penodaan agama. Kepala Rutan Cipinang Asep Sutandar menjamin tak akan ada perlakukan khusus terhadap Ahok selama ditahan di Cipinang.

“Saya kira tidak ada lah (keistimewaan). Orang yang lain-lain juga sama,” kata Asep di Rutan Cipinang, Jakarta Timur, Selasa (9/5/2017).

Untuk penahanan Ahok, Asep belum bisa mengatakan akan ditahan di ruang mana. Saat ini Ahok masih menjalani proses pemeriksaan kesehatan, baru kemudian mendapat nomor registrasi tahanan.

“Saat ini sedang tes kesehatan, karena biasanya begitu SOP-nya. Cek dulu, baru registrasi,” kata Asep.

Asep juga belum bisa menerangkan berapa lama Ahok akan ditahan di Rutan Cipinang. Terlebih kasus Ahok ini masih berlanjut dengan proses banding.

Foto Oleh Google

Share.

83 Komentar

    • Sudahlah.., mari kita hentikan carut marut politik DKI agar tdk merembet scr nasional. Mrk yg suka ngompor.. tolong hentikan demi NKRI biar berasa nyaman.

      • Tnikugardaterakhir on

        Maaf kang..masalah ahok sudah clear tapi ente komen di lapak ahok kang..ada baiknya jangan di sudah2in..itu sama aja kita pada ga perlu komen…hehehe

    • si Ahok ane anggap dah clear.
      sekarang balik lagi ke kasus si Novel Baswedan.., apakah polisi sudah bisa menangkap pelaku sesungguhnya ?

      Knp ini ane tanyakan… kr Ane nggak percaya kalo cuman krn bisnis istrinya; knp yg kena bukan istrinya? si Novel pernah jd polisi, tentu orang mikir 100 kali kalo mau nyasar dia yg hanya menumpahkan air keras.

  1. ijin berpendapat.
    entahlah…
    tapi saya kok merasa ini hanya permainan.
    hanya tuntut 1 thn.
    vonis lebih berat dari tuntutan.
    biar semua adem, vonis 2 thn ntar dpt remisi.
    dituntut 4 thn, ada yg nggak suka.
    ntar vonis lebih ringan dari tuntutan, kok ya gimana gitu…
    nuansa deal-deal nya kok rasanya begitu nampak….
    maaf kalo saya komen nya negatif.
    hanya sekedar curhat…
    mohon koreksinya

  2. Paslon no 2 pada sidang ke 22 akhirnya divonis 2 th penjara…Semua pasti ada hikmah dibalik semuanya karena itulah yg tertulis dlm Lauh mahfuzh ..sebuah ketetapan sang pemilik alam dibalik skenarionya.
    MAHA BESAR ALLAH SWT dengan segala kekuasaannya.

  3. Kingdom Black Pirates on

    pada akhirnya vonis pun dijatuhkan, terlepas dari semua intrik yang ada dan hakim pun bisa berlaku tegas dibalik adanya tekanan.

  4. Alhamdulillah, alhamdulillah bukan saya yg dipenjara….
    Alhamdulillah panglima TNI dengan tegas menolak isue makar di depan muka Rosi Kompas TV…..
    Sekarang tinggal RI One yg bingung Panglima TNI bilang tidak ada makar oleh TNI dan oleh sipil/kelompok Islam. Sementara Kapolri dgn tegas menyatakan ada usaha makar oleh sipil.
    Alhamdulillah TNI masih tegas terhadap Aseng

  5. Naga Samudra on

    Peraturan Kepala Kepolisian (Perkap) Nomor 9 Tahun 2008 Tentang Tata Cara Penyelenggaraan Pelayanan, Pengamanan, dan Penanganan Perkara Penyampaian Pendapat di Muka Umum

    batasan waktu yang dibolehkan, yakni antara pukul 6 pagi hingga pukul 6 sore untuk tempat terbuka. Sementara di tempat tertutup antara pukul 6 pagi hingga pukul 10 malam.

    Jadi polisi harus membubarkan paksa para pendukung ahok jika tidak membubarkan diri jam 18.00

  6. Naga Samudra on

    Mengenal Sosok Ketua Majelis Hakim yang Memvonis Ahok 2 Tahun Penjara

    Rasanya sulit dipercaya, tetapi begitulah faktanya. Setiap hari, dari rumah ke kantor, pulang-pergi, ia naik angkutan umum Transjakarta. Itulah hakim H Dwiarso Budi, ketua Pengadilan Negeri Jakarta Utara yang memimpin majelis hakim sidang perkara penistaan agama oleh Gubernur DKI nonaktif Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok. Sidang ini telah dimulai dari Selasa (13/12/2016) di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jalan Gajahmada, Jakarta.

    Di mata kawan-kawannya, ia dijuluki bonek (bondo nekat). Bukan hanya karena kelahiran Surabaya. Namun, julukan itu menunjuk pada integritasnya sebagai hakim. “Antisuap, antigertak,” kata seorang sahabatnya.

    Lahir di Surabaya, 14 Maret 1962, Inoenk, begitu panggilan akrab H Dwiarso Budi Santiarto SH Mhum, sampai sekarang pun masih tinggal di rumah dinas. Suami Yanti SH MH (teman kuliah) dan ayah dua anak, Rio dan Anya ini pernah menjadi ketua pengadilan di Kotabumi, Kraksaan, Depok, Banjarmasin, dan Semarang.

    Putranya, Rio (S-1 ITB dan S-2 UI), saat ini tinggal di Jepang bekerja sebagai pelayan toko. Sedangkan, Anya (Hukum Unpar) bekerja sebagai pegawai pajak di Palangka Raya. Ada kisah menarik dari putra-putri Inoenk ketika terjadi penangkapan terhadap Ketua Mahkamah Konstitus Akil Mochtar tempo hari. Kompak mereka meminta Inoenk berhenti jadi hakim karena merasa malu dengan profesi ayahnya. Juga kompak berdua menyatakan biarlah mereka yang bekerja untuk menopang ekonomi orang tuanya.

    Sarjana hukum jebolan S-I Universitas Airlangga dan S-2 Universitas Gadjah Mada serta terakhir Lemhanas (2016) ini adalah mantan atlet hoki PON Jatim dan atlet tenis mewakili provinsi di mana dia bertugas waktu itu.

    Memutus seumur hidup koruptor BLBI

    Mantan asisten/sekretaris Mahkamah Agung ini sewaktu bertugas sebagai hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat memutus hukuman seumur hidup untuk koruptor BLBI. Bahkan, waktu bertugas di Semarang, Inoenk juga memutus sengketa gubernur Jateng lawan pengacara kondang Yusril dengan menghukum hakim temannya sendiri karena menerima suap dan beberapa koruptor serta pejabat bupati Karang Anyar.

    Keberaniannya untuk berbeda dengan alasan hukum yang rasional itulah yang membuat Ketua Mahkamah Agung Marsekal Sarwata sangat membanggakannya. Dosen favorit Fakultas Hukum Universitas Trisakti itu kini menjadi tempat bergantung harapan keputusan adil dari persidangan kasus penistaan agama Ahok. Sekian lama, ia memang menjadi gantungan harapan para penuntut keadilan yang mengharapkan vonisnya terhadap Ahok terbebas dari pelbagai intervensi supaya wajah hukum kita mendapat kepercayaan publik.

    Selasa (9/5) siang, akhirnya, ia membuktikan dirinya memang hakim yang berintegritas tinggi. Meskipun sempat dibayangi spekulasi, dia juga akan dilumat pelbagai manuver, seperti aparat penegak hukum lainnya yang masuk angin. Vonisnya, Ahok terbukti bersalah dan dihukum penjara dua tahun yang langsung ditahan di LP Cipinang.

    Red: Agus Yulianto

    • maaf sedikit komentar bung, perihal keamanan sampai2 ahok harus diungsikan/dipindah ke mako brimob, memangnya nyawa ahok terancam oleh ulah yang demo diluar…padahal yg demo pendukungnya semua …masa iya pendukungnya membahayakan keamanannya dengan mau membunuhnya…apa ini bukan strategi dari drama2 yang akan ditayangkan secara berseri nantinya…. wallahu alam…dan yang pasti…makar Allah lah yang nanti akan terjadi….

    • Itu bukti bung, selama ini umat islam yg demo yg dituduh secara tdk langsung sbg barbar pembuat makar anti pancasila dan biang rusuh bisa lebih santun dr mereka…. Apa selama kami umat islam demo ada yg di ungsikan…???
      Periiih ketika mengetahui kenyataan, Gas Air Mata dan Peluru Karet itu dibeli untuk menghajar kami umat islam, tapi bukan selain kami….??.
      Perriiiiihh ketika mengetahui kenyataan, aparat yg digazi dr pajak kami ternyata membenci kami….???
      Apa kami bukan bagian dr NKRI ini….??? Buyut kami berjuang mengorbankan nyawa demi negri tercinta ini…. CUKUP SUDAH…..!!!!
      Sy skrg memahami apa yg teroris Al qaida lakukan dibelahan dunia lain, dengan cukup melihat perlakuan beda ini pd umat islam negri ini…. Tdk menutup kemungkinan perlakuan beda pun berlaku buat mereka disana…..
      Miriiiiiss mayoritas yg spt minoritas di negri ini…….. Hingga menuntut keadilan pun harus di perlakukan bak kami ini segerombolan bangsat bangsat….. Yg harus di todong senjata meski kami berusaha meminta dg cara beradab……

  7. Naga Samudra on

    Mudah2an bisa mengurangi kegalauan, SURAT PAK AHOK UNTUK KITA SEMUA…

    (dari kamarku yang baru di cipinang, aku akan menulis surat untuk dibacakan oleh istriku kepada semua yang mencinta dan tak mencintaku)

    salam sejahtera
    1. pertama-tama saya ingin menaikan syukur kepada tuhan, sumber segala kebaikan dan kekuatan, yang sudah memelihara seluruh kehidupan kita bersama sampai saat ini.
    2. saya mohon maaf bila tak dapat menjumpai teman-teman semua seperti yang biasa saya lakukan di balai kota. saya yakin anda semua dapat memahami kondisi saya saat ini yang menjadikan saya tak mungkin untuk bertatap muka dengan anda semua.
    3. dengan berat hati, pada saat yang sama dalam keyakinan yang kuat terhadap istri saya, maka saya memohon kesediaan istri saya untuk membacakan surat ini bagi anda semua. ini pasti amat berat baginya, namun dengan cintanya yang besar pada saya dan juga bagi jakarta, ia pasti akan bersedia menanggung semua ini… (i love you vero….)
    4. teman-teman seperjuangan, terima kasih untuk cinta dan dukungan yang sudah kalian tunjukan buat saya. perjuangan kita belum selesai. bahkan justru baru dimulai dengan babak yang baru juga. teruslah menjaga nyala api perjuangan, sekuat apa pun angin yang mencoba untuk memadamkan api itu.
    5. saat ini saya mohon kepada teman-teman semua yang masih ada di sekitar cipinang : pulanglah kepada keluarga kalian. saya akan baik-baik saja di sini. lanjutkan hidup kalian, lanjutkan pekerjaan kalian, lanjutkan perjuangan kita untuk terus membangun jakarta menjadi kota yang lebih baik. dengan begitu, seluruh perjuangan kita tak akan sia-sia.
    6. betapa pun pahit dan berat keputusan yang sudah dijatuhkan oleh majelis hakim pada saya, itu semua saya hormati. saya tetap percaya pada lembaga peradilan dan oleh karena itu maka saya akan terus melanjutkan proses peradilan ini sampai tuntas.
    7. bagi seluruh umat islam yang luka oleh karena ucapan saya, dengan sungguh dan dalam kerendahan saya mohon : bukakanlah pintu maaf yang selebar-lebarnya bagi saya.
    8. bagi saudara-saudara yang tak dapat menerima saya, melalui kesempatan ini saya mohon agar saudara-saudara dapat terus membantu pak jarot yang untuk sementara waktu menggantikan saya sampai nanti gubernur baru dilantik. dukunglah pemerintah yang sekarang dan yang akan datang dengan sepenuh hati. saya punya keyakinan bila kota jakarta ini baik maka kebaikan itu juga akan menjadi kebaikan bagi setiap warga jakarta. persoalan saya biarlah itu ditangani oleh lembaga peradilan yang ada.
    9. bagi seluruh aparat di pemprov dki jakarta, tetaplah bekerja dengan baik dan benar seperti selama ini sudah anda kerjakan. janganlah hendaknya kerajinanmu menjadi kendor. inilah kesempatan untuk membuktikan bahwa jakarta bukan soal ahok, tapi soal kita bersama.
    10. akhirnya, terima kasih pada semua pihak yang sudah bekerja sekuat tenaga. Pada lembaga peradilan melalui majelis hakim, jaksa penuntut umum, tim pembela, setiap saksi. terima kasih. buat mas jarot…you are a friend in deed…selamat jadi gubernur sementara. terima kasih buat semua pendukung…dua tahun itu sekejap saja..we shall overcome..dan last but not least, buat anak-anakku..terima kasih kalian tetap tegar…buat vero..tak ada kata yang bisa ungkap rasaku yang paling dalam saat ini..i love you..

    cipinang, 09 mei 2017
    salam dua jari
    basuki tjahaja purnama (ahok)

  8. Orang yang telah tulus dan jujur bekerja untuk Jakarta dan rakyat kecil ini masih dicurigai antek aseng? Sungguh jika ada yang berpendapat demikian maka kalian memang sudah buta mata dan hati. Saya yakin ahok sengaja dijegal dengan konspirasi sebagai antek aseng dan ancaman umat Islam, karena ahok sendiri telah mengancam sistem lama pemerintahan di negara yang mudah untuk diselewengkan dan bisa menghancurkan posisi banyak orang yang sudah nyaman dengan penyelewengan tsb.

    • bung aibon mgkin bung perlu tanyakan langsung ke om ahox, sedekat apa beliau dgn si aguan,,xixixix

        • Sebuah pembelajaran bahwa seorang Pemimpin harus jaga omongan … yang bukan kaplingnya jangan ikut bicara … Bukan masalah Toleran nda toleran … kalo sudah menghina Al Qur’an dan Agama Islam … sudah jelas kita sebagai UMMAT ISLAM BANGKIT UNTUK MEMBELA AGAMANYA …

    • Numpang komen sesepuh…sy SR yg lama skali gatel sama komenny bung lem aibon…korelasi reklamasi dgn ahok kuat bro…pak jarot…pak luhut suruh lanjutin reklamasiny itu pst ada apa2ny bro…klo tukus n baik itu cm ditv n media massa ato ibternet yg sdh kalian beli n kbnykn asengvyg punya…klo mang dia org baik…mulutny bs dijaga bro..apalg dgn rakyatnyvseorg ibu2 yg diblg maling didpn wartawan n bnyk org….mijir bro.. cina mailnland lidahny udah samoe natuna…bkn mslh agama…klo lo org non islam stlh ahok naik presiden pst jg diurusi…tp sy ngeribirg islam dibunuh pelan2…ahok bicara kasar n menghina bkn skali 2x loh…jd pikirkan komen mas bro ini hehehe…peace

  9. Perintah hakim jelas, dipenjara di bawah Kemenkuham, ini malah dbawa ke mako brimob. Padahal yg demo ahokers semua.

    Keuntungan pakai baju kotak2 ya gitu, bisa demo tanpa izin, lewat dari jam 6 malam bikin macet pula, pakai acara bakar2 juga. Kalau yg demo kelompok islam, jam 6 pas sudah di hajar, bikin konfrensi pers dg tema heboh, dituduh kelompok radikal, makar segala macam

  10. Saya tidak lihat ahok beragama apa dan bersuku apa, tapi saya lihat hasil kerjanya yg nyata itu bisa kalian lihat sendiri, bukan berdasarkan mengada2 dan curiga2 yang tak berdasar atau dibuat2. Banyak orang pintar di negeri ini tapi sedikit orang jujur dan tulus, karena ketika orang jujur dan tulus dan muncul pasti akan dianggap sebagai ancaman.

  11. Bung LEM AIBON… Sangat bijak penilaian itu… Salut untukmu bung…yang begitu memujanya.. Walopun hakim memutus salah… Bagimu Bung LEM AIBON..si Ah*ak ttp baik…g da orang yg benar diputus salah…klo dinilai dari sisi hukum…terlepas bagaimana proses hukum itu berjalan.. Itu keadilan dari sisi manusia….
    Bagi saya pribadi, si Ah*ak tdk bsa dikatakan baik untuk saat ini…
    Kadang orang menilai seseorang baik seiring dengan kepentingan orang yang menilai baik tersebut..

  12. Saya bukan pemuja ahok atau ahokers, tapi saya lihat kinerja dan kontribusinya serta rekam jejaknya yang bersih, masalah keputusan pengadilan dan hakim saya hormati itu. Saya hanya melihat kasus ahok ini begitu dipaksakan untuk di blow up dan tekanan ormas yang sentimen kpdnya “mungkin” kepentingan politik untuk membatasi atau memutus cara kerjanya. Memang saya sendiri menilai mulutnya adalah kelemahannya. Ntah bagaimana cara sang hakim memutuskan vonis 2 th penjara yang berbeda dengan tuntutan jaksa. Dan pertanyaan saya kenapa ahok langsung diperintahkan masuk bui, padahal dia masih memiliki hak untuk banding, orang yg divonis bersalah oleh hakim/pengadilan dan langsund dibui adalah orang yg memiliki kriteria: 1. orang yang berbahaya (kelainan jiwa, psychopath dll.) 2. berpotensi melarikan diri 3. berpotensi menghilangkan bukti. Saya tidak melihat ahok memilki kriteria demikian. Saya melihat hakim dan pengadilan sudah bekerja di bawah tekanan massa sejak awal. Dan saya tidak memiliki kepentingan apa pun dgn ahok, sekali lagi yg saya lihat adalah rekam jejak dan kinerjanya.

    • maaf kalo ada tutur kata yang salah, sekedar ingin membicarakan ahok dari sisi yang lain….ok lah beliaunya baik, jujur dan tegas….tapi…beliau lebih banyak out side nya….terlalu jauh dia mencampuri ajaran agama islam, di negeri yang katanya mayoritas islam ini….liat saja apakah masih ada keadilan itu…kenapa dia tidak bangga dengan ajarannya sendiri…kenapa harus bawa2 saudara ipar nya muslim, kenapa harus bawa2 jilbab segala dalam mempromosikan dirinya, padahal sudah banyak kejadian di media dan broadcast teman2 kalo mereka2 yg berjilbab itu dari kalangannya sendiri…mengapa sampai seperti itu…offside nggak henti2nya..berkali-kali…kalo mau jujur…kenapa dia nggak bawa saja ajarannya sendiri…maaf,,,Indonesia terlalu indah untuk dipecah belah…

    • setelah beberapa bln di Ibu kota, coba2 nostalgia naik bis kota, dpt Kopaja n ternyata keadaan yg sehari2 dijumpai dijln 10thn yll trnyata msh ada, anak2 Jalanan yg mengamen silih berganti tiap lampu merah, bahkan seorang ibu dgn anaknya bermodalkan audio utk mengamen, parahnya pas naik ada 3 pemuda turun yg 1 sempoyongan, dan setelah agak lama ada 1 penumpang yg baru berani ngomong klo dia ditodong, miris! kemajuan dan capaian yg kalian klaim sebenarnya siapa yg menikmatinya???
      oot,,,sayang om Liem dah mati, klo msh hdp ane pengen nanya ntu rumah yg di jn angkasa dibiarin aja dinding bekas kebakaran 1998, apa buat prasasti gitu utk mengenang kerusuhan 98,,sory min jd curhat

  13. siapapun orangnya entah itu berkinerja baik dan berkonstribusi untuk pemerintah kalaupun salah y diputus salah… apakah hakim yang mendakwa si ah*k bersalah dalam memutus perkaranya??? orang2 yang membela agamanya apakah jg salah??? kalau hakim memutus 2 thn sipenista karena ada intervensi dari massa… trus yang sidang kemarin2 si penista cuma d tuntut masa percobaan brarti si hakim dan JPU sebelumnya jg ada intervensi dong….siapaaaa y kira2……

    #edisi berharap dapat nenteng SS2 pindad

    • Vonis hakim tidak salah dan membela agama tidak salah, tetapi jika itu semua dilakukan dgn tujuan yg tidak murni itu salah. Memutuskan vonis berdasarkan tekanan massa dan membela agama ditunggangi kepentingan politik, ini yg tidak benar.

      • BLACKPEARL on

        Brarti putusan sidang sebelumnya yang memvonis cuma hukuman percobaan itu jg salah dong. ..

        Dengan kata lain mnrt bung Lem Aibon vonis 2 thn utk si penista agama di tunggangi kepentingan politik?????????

        • Maaf saya tidak pernah bilang vonis berdasarkan kepentingan politik tapi berdasarkan tekanan massa.

          • Mau divonis 2 th, 4th, atau 10 th tidak masalah jika itu dilakukan sesuai dgn hukum yang berlaku, tapi bila pengadilan sudah di bawah tekanan dari massa dan ormas tertentu sejak awal bagaimana itu vonis bisa dilakukan dgn baik?

          • BLACKPEARL on

            Apakah bung Lem Aibon membenarkan putusan hakim yang sebelumnya yang hanya memvonis sipenista dg hukuman percobaan???

  14. klo ane org terkaya dinegeri ini kayaknya gak sulit buat bikin seorang tukang cilok skalipun klo jd pemimpin utk bisa terlihat hebat, tinggal ane kasih konsultan politik yg handal, back up media dll. 1000x kburukan klo media gak beritain ya gak bakal ada yg tau, tp 1 kebaikan klo media blow up ya bisa kliatan waaaw.
    klo boleh jujur hukumanya terlalu ribgan dibanding penista yg sdh2, tp ane hargain kputusan Hakim

    • info rombongan mobil brimob di tol karawang arah jateng, spintas kaya ada mobil tahananya,total smua skitar 11an unit ada apa ya???

  15. @Blackpearl: setahu saya tidak ada vonis hakim dgn hukuman percobaan ya, tapi tuntutan jaksa. Saya katakan bahwa sejak awal pengadilan ini sudah di bawah tekanan massa dan ormas, sehingga kemungkinan tuntutan jaksa dan vonis hakim di bawah tekanan sangat besar.

    • BLACKPEARL on

      Tanggapan Bung Lem Aibon mengenai tuntutan jaksa yang hanya hukuman percobaan gmn???apa itu yang benar?? sedangkan saksi ahli sdh menyatakan bahwa itu sdh menistakan agama. Lha Anehnya JPU hanya menuntut dengan hukuman percobaan.. Apakah JPU jg dibawah tekanan massa dan ormass???? atau ada tekanan penyandang dana ?????

      • Mohon baca penjelasan saya dgn baik disitu sudah saya jelaskan, bahwa dari awal pengadilan sudah di bawah tekanan massa dan ormas, tuntutan JPU juga di bawah tekanan massa terlebih dgn vonis hakim ini yg lebih penting oleh karena itu tekanan terhadap vonis hakim paling berat. Ini bisa dikatakan sbg: trial by mob

        • BLACKPEARL on

          Kalau yang memvonis hukuman utk sipenista dibawah tekanan massa ataupun ormas tertentu, seharusnya vonis tdk cuma 2 thn. . massa ( yang bung lem aibon sebut) bukankah menuntut sesuai dg UUD. . yang dalam UUD hukuman utk seorang penista agama bukankah lbh dr 4 Thn (mhn koreksi jk slh). Aneh kalau dibilang vonis 2 thn itu dikarenakan ada tekanan massa dan ormas.

          • Saya bingung menjawab dari tadi pertanyaan Anda yang sering tidak sesuai. Tidak ada hukum yg mengatur bagi si penista agama di UUD. Hukum ini tertuang di Udang2 Hukum Pidana KUHP pasal 156, di situ dijelaskan hukuman “paling lama 4 tahun” atau maksimal. Dalan vonis bisa kurang atau sama dgn itu. Maaf saya tidak akan komentar ttg pasal ini karena saya sendiri awam masalah hokum.

          • Ada bung uud 1945 pasal 29 ayat 1, pembukaan uud 1945 alenia 3 dan butir pancasila sila 1 butir 3 dan 4. Itulah yang melandasi kuhp pasal 156a.

        • Baiknya gimana bung lem aibon?
          sumonggo bung di curahkan lagi. Pribadi bung aibon maunya putusan hakim gimana? Sesuai tuntutan JPU atau putusan hakim?atau 4 tahun sesuai putusan hakim kasus penistaan sebelumnya, putusannya tanpa tekanan lho…

    • @aibon, yg dibawah tekanan sebenarnya JPU,kalau tidak kenapa cuma dituntut hukuman percobaan?sementara hakim mengambil jalan tengah,lantas apakah umat yg menuntut keadilan anda anggap sebagai tekanan?sementara pemerintah dan aparat hukum”loyo” dalam kasus ini,malah yg nuntut keadilan dituduh makar?dan setau kami yg namanya nekan itu dari atas ke bawah,kalau dari bawah apakah bisa disebut tekanan?

  16. Dari kacamata saya, saya sangat menyayangkan seseorang yg begitu tulus dan begitu lurus dalam berkontribusi bagi negara ini harus melalui cobaan yg jikalau harus saya yg melewatinya sunggu tak sanggup menjalaninya.
    Terlepas dari vonis hakim, saya hanya menyayangkan seorang Ahok yg sangat mungkin merubah Jakarta menjadi jauh lebih baik, harus berhenti di sini.
    Saya tidak pernah melihat pejabat publik yg lantang menentang korupsi, saya tidak pernah melihat pejabat seperti Ahok. Kelemahannya bukan di perkataannya (banyak politikus yg lebih offside kalau ngomong), kesalahan dia hanya karena dia golongan minoritas.
    Terlepas dari semuanya itu, tolong rekan2 jangan berhenti mencintai Indonesia.

    • Kesalahannya adalah minoritas ……
      He he he…. bung, pak ahok itu diistimewakan lho…. kasus sebelumnya ditangkap dulu sebelum di sidang, lha ini sudah tersangka masih bisa diluar melenggang. Thanks, saya cinta indonesia juga bung

    • Kalau bicara minoritas,rejim saat ini sangat menyayangi minoritas,buktinya kasus ahok,terus pengibar bendera israel di papua malah dijamu di istana,begitu mayoritas cuma nuntut keadilan aja udah dituduh makar?sementara pang TNI sudah berapa kali ngomong kalau tak ada makar,tapi si coklat dengan mudahnya bilang mokar makar nggk jelas,dari jaman mbok dewor memang jadi anak emas sekaligus alat.

      • Jika peta politik tiba2 berubah 360 derajat, insya allah polisi yg kontra akan muncul….di pucuk pimpinan terpecah belah…will see..

        • Sy sangat berharap skl dipihak polisi yg kintra keluar semua untuk melibas elitny yg menganakemaskan semua anak2ny PDIP…tmsk ahok…sy g habis pikir buat yg dukung…dr keoentingan para taipan klo srg2 baca berita n mencoba menghubungkan pst kita tau arah mrk mau dikemnkan negri ini….sy harap TNI cpt2 libas org2 yg jd benalu n merusak negri ini keidiologi lain

          • Piyantun etan redi lawu etane bengawan on

            Wikkkk….. ciyuss bung segitunya, apa tandanya ?cuma Opini tanpa bukti , yooo arek cilik iso rek omong ngono.

          • Sejarah membuktikan dari sejak Indonesia merdeka, masih dipegang oleh silent majority(taipen+antek2nya,kasebul/P.Beek dan komunis).
            Jangankan Pak Kivlan dan Pak Aditya. Pak Harto saja yg perkasa saat itu,hanya mendekati Islam saja dibulldozer.

    • kagak ada urusan sama pangkat jabatan mu bro….lu kagak lebih baik dari nabi adam….jadi lu pikir aja ndiri kalau makhluk sekelas nabi adam aja melanggar kkena hukum di usir dri surga ma allah swt… apalagi kelasan kite kite ini hok…biar kate nih jagat di tangan elu hok…tapi lu nglecehin firman allah swt..ya marahlah yang punya nih jagat semesta….jadi ..pointnya ya yang entu tadi bawa aja semua prestasi yang udah lu dapet ke liang kubur noh sekalian lu pikul semua karangan bunga yang di bale kota..gua kagak mau terjebak kosakate toleransi buta…istilahnya atas nama toleransi elu boleh bakar babi di mane lu suka termasuk di area masjid dan kagak boleh ditegur karna baru asapnya yang masuk ke masjid .

  17. Salam untuk Para Sesepuh dan Rekan” Patga, semoga diberi kesehatan dan kebahagiaan di dalam hidupnya aamiin. Kalu menurut pendapat saya yang sudah terjadi dijadikan pelajaran dan apa yg di putuskan sebaiknya di hormati. Jika ada yg tdk puas wajar, jika ada yg merasa puas wajar tergantung pribadi menerimanya seperri apa, tapi jika boleh berbagi saran jgn sampai ketidak sepahaman ini menjadikan kita lupa, siapa kita ya siapa kita, kita SAUDARA mau agamanya apapum dan sukunya apapun kita SAUDARA, jgn suka membeda bedakan dan jgn suka mengucilkan siapapun dan dari manapun dia berasal, kamu boleh marah tp jgn membenci dan kamu blh tdk suka tp jgn tdk adil. Jgn saling bermusuhan, ingat kembali Mereka Yang Telah Mengorbankan Dirinya Untuk Bisa menjadikan Kita bersaudara bukan menjadikan musuh, ingat dan ingat jika kamu memusuhi SAUDARA mu tanpa dasar yg jelas bersrti ada yg salah dengan dirimu bukan mereka. Bukan kah seharusnya memaafkan SAUDARA mu itu lbh mudah dibanding memafkan musuhmu, lantas jika kamu begitu susah bahkan samapi tdk bisa memafkan tanya kembali kepada dirimu sendiri, siapa Aku dan siapa mereka? mohon maaf jika ada kata”yg menyinggung dan salam Kencur.

    • hehe bung [email protected] emng knp? komen anda “Kita bersaudara bukan menjadikan musuh, ingat dan ingat jika kamu memusuhi SAUDARA mu tanpa dasar yg jelas bersrti ada yg salah dengan dirimu bukan mereka. Bukan kah seharusnya memaafkan SAUDARA mu itu lbh mudah dibanding memafkan musuhmu, lantas jika kamu begitu susah bahkan samapi tdk bisa memafkan tanya kembali kepada dirimu sendiri, siapa Aku dan siapa mereka? mohon maaf jika ada kata”yg menyinggung dan salam Kencur.”…buat sapa..kayaknya komen anda diarahkan ke yg demo besar2an kemarin itu ya..,dan sebenarnya start komen anda sungguh bijak sekali, tapi ujung2nya sebenarnya menohok dan kontra secara halus..dan menusuk…hehe dan intinya anda ingin mengatakan bahwa ahoax itu gak bersalah ya..

      semua itu boleh didiskusikan secara apik dan adem, karena lebih “bernilai…”

      • Yah Bung JMJM, bisa banget ngambil kesimpulan ko ya secepat itu, saya tuh nyindir dua kubu, kalo Bung mau ambil kesimpulan sikap saya Bung harus liat komen” saya dari awal. Jangan di ambil bagian ini saja karena korelasinya pendapat saya di artikel ini berhubungan dengan komen” saya di artikel yg sebelumnya dgn topik yg sama, tapi kl Bung juga menggambil kesimpulan dr komen saya di atas tetap saja seharusnya, seharusnya loh tdk berpikiran seperti itu, saya memyindir mereka yg saudara baik yg seiman se susuku atau tdk.seiman atau tdk.sesuku tp ttp Bangsa Indonesia yg berselisih soal masalah ini. Mau yg pro atau tidak saya menyindir keduanya, yg karena masalah ini sampai bisa memutus hbgn saudara yg tdk sekandung saudara yg tdk seiman saudara yg tdk.sehaluan tp saudara yg besar dan dilahirkan oleh Bumi Pertiwi ini. Itu loh jawaban saya tpi kl Bung ttp kekeh mengganggap saya Pro Ahok ya tdk apapa itu pendapat Bung bg saya pribadi tdk demikian. Saya hanya Pro kepada mereka yg bisa adil pada bidang apapun dan dari manapun mereka berada dan berasal, baik yg seagama dgn saya Muslim ataupun tdk, baik yg sesuku dgn saya Jawa ataupun tdk. Begitu Bung JMJM bsk” positif dl yah. Salam kencur :-)

  18. 1. Ok ahok disidang tapi tidak disiarkan langsung
    2. Ok saksi2 meringankan ahok dr kalangan yg kontra
    3. Ok tempat sidang di pindah alasan memacetkan, di gd pertanian aman klo terjadi sesuatu
    4. Ok dibuatkan skenario
    5. Ok sidang pilkada dki ahok menang sesuai dgn putusan pengadilan
    ….ahok semakin liar merasa tidak bersalah di pengadilan
    ….jk jika ahok tidak di vonis bersalah dia mundur
    6. Ok ahok di vonis bersalah langsung di penjara
    7. Ok ahok dipindahkan ke kelapa dua
    8. Ok ahok bebas media sulit meliput
    9. Ok ahok pesanan harus bebas
    ……banding….
    10…

  19. Mulut mu harimau mu, berhati2lah bertutur kata sebagAi pejabat tinggi. Jgn mempermainkan ayat2 suci bahaya. Setiap perbuatan harus di pertanggung jawabkan. Kinerja bagus yg bagus harus di imbangi tutur kata yg baik dan tidak melukai perasaan masyarakat.

  20. Yang jadi masalah adalah wacana merevisi pasal 156a kuhp. Ingin membebaskan sang sumber perpecahan nkri. Ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Ingin menghancurkan nkri.

    • Jika negara berdasar kepada Ketuhanan Yang Maha Esa (pasal 29 AYAT 1 uud 1945), maka setiap keputusan,kebijakan, dan dasar hukum dapat dipertanggung jawabkan secara moral dan material (lebih dari sekedar spiritual) kepada Tuhan Yang Maha Esa. Artinya tidak boleh bertentangan dgn ajaran agama, apalagi menistakan.

  21. Indonesia merupakan negara hukum bukan negara kekuasaan belaka. Tidak boleh ada satu keistimewaan terhadap salah satu warga negara. Walau dia mendapat dukungan dari para olighor negeri ini yg dgn unlimited dananya bisa membeli para penyelenggara negeri ini.

    Ahok membangun jakarta dilihat darimana ya? Jakarta tanpa ahok pun sdh otomotis membangun apalagi dgn budget supergede 75 Trilyun. Bila dibandingkan dgn kota atau provinsi lainnyapun kinerja ahok pada waktu memimpin jakarta tidak terlihat sama sekali hanya karena lokomotif media dan buzzernya yg sgt intens mempromosikan ahok shg ahok terkesan membangun jakarta. Seandainya dana anggaran APBD jakarta bisa dialokasikan secara benar tidak utk dibagi2kan utk kampanye politik terselubung spt hibah ke polri, anshor dan kroni2 lainnya maka jakarta akan membangun lebih baik lagi.

    Ahok pemberantas korupsi dilihat darimana? Berbagai skandal mega korupsinya sudah memperlihatkan bahwa ahok tidk bersih dan tidak jujur. Para media dan buzzernya hanya giat mempromosikan pemberantasan korupsi recehan utk menutupi berbagai skandal mega korupsinya. Hanya karena dia sangat dekat dgn sumber kekuasaan skg shg sampai saat ini posisinya aman.

    • Setuju bung, pengalaman pribadi, strategi yg sama diterapkan jg oleh komunal mereka d perusahaan terbuka, org2 lama yg membesarkan perusahaan pelan2 disingkirkan dgn berbagai cara, bahkan terang2an tdk dipercaya. budaya dr keyakinan mereka mulai terang2an dipaksakan dengan dalih teamwork, silaturahmi dll.. Office politics mereka sangat cerdik. Ironisnya org2 lama tetap jd kuda beban..

  22. Dalam masa pemerintahan ahok malah sistim kepemerintahan kota jakarta bertambah kacau dimana one man one show dan mengutamakan hubungan kroni dlm pemerintahan kota jakarta jelas mengindikasikan tidak ada sistim yg berlaku disitu.

    Siapa yg berbuat maka seharusnya dia bisa berani bertanggungjawab. Ahok sdh sering terlihat mempermainkan isyu sara dan memberi kesan di zholimi utk mendapatkan suara. Seharusnya ahok tdk terlalu jauh memainkan isyu sara shg harus memcampuri dan menjelekkan ajaran agama lainnya utk mendapatkan suara dari para pemeluknya. Bila ahok mempunyai rasa toleran dan bhineka seharusnya ahok menghormati umat agama lainnya utk menjalankan ajaran agama bukan malah sebaliknya memperolok-olok dan menistakan ajaran agamanya tsb agar para pemeluknya tdk menjalankan ajaran agamanya tsb dan beralih memilih dia.

    Ahok kalah bukan karena dia minoritas tetapi karena banyak suara pemilih yg tdk memilih dia dimana para pemilih jakarta sdh bersikap rasional dan tdk bisa percaya saja 100% apa yg diberitakan oleh banyak media pendukungnya.

    • Wah lha dalah,londo mau ikut2an mbebasin ahoak??enak aja,vonis 2 tahun aja itu baru setengahnya kok diperberat gimana,orang harusnya 4 ato 5 tahun,kalau yg jadi rujukan tuntutan jaksa ya jelas diperberat,orang jakgungnya orang parpol pendukung rejim.

      • hehehe…ya bukan hanya londo [email protected] alit..
        AS menentang
        Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) bahkan secara tegas menyatakan meskipun “menghormati institusi demokrasi Indonesia, AS menentang UU penistaan agama dimana pun karena membahayakan kebebasan fundamental termasuk kebebasan beragama dan MENGEMUKAKAN PENDAPAT.”
        ————-
        “Kebebasan beragama dan mengemukakan pendapat”..Apa kayak presiden Yg dilantik Tgl 9 dan yg divonis tgl 9 ..itu ya..???

  23. Bakulo Wajaro on

    Hehehehehehe…
    Tunggu ketokan 4 tahun aja daaahh..
    Kartu2 sedang dikocok kembali tetap targetnya 2019…hrs punya partai besar dan teman yg partai besar agar aman dgn cara apapun menguasainya.
    Ayo dikocok lagi kartunya bung….hehehehe
    Adios#kalo kartu2nya dah pada jeblok mau dikocok sampe kiamat jg jeblok yg keluar…hahahahhaha

    • Dikocok terus sampe lecet kartunya, bagi mereka asik ada harapan, tapi dapetnya terus zonk, karena dgn mata kebenaran di kartu nggak ada gambarnya.
      Wkwkwkwk, edisi tertipu dengan pola tingkahnya sendiri.
      Mantab bung bw.

      • Bakulo Wajaro on

        Hehehehehe…
        @ bung T5… Mari kita tonton sambil ngupi di pojokan..makin seru sinetronnya hahahahhaha
        @bung PW..klo alutsister yg gelap sy serahkan pada bung PR saja rembesannya huahahahhaha…bung PR lg ngempani kroto manuk anyar dikandangnya yuuuuhhhuuuuu….
        @bung beny klo soal raja penyamun situ dah tau..klo kejadian yg diujung samudra saja para aktor bisa diterkaget2 dgn polah sang garuda.. apalagi yg di depan mata dan ditengah ibukota yg merp centre of gravity…xixizixixixixixi…
        Adios# terkaget2 hampir pingsan…untung gak strooooke para dalang rahwana ha ha ha….

  24. Pager Wojo on

    Salam bung BW….. Xixixi…. PING!!!
    Hmmmm….. Rencana Raja Ratu Swedish dimari bakalan dapat oleh2 apa ya Kang???….pola pendekatan spt nya sama dgn Raja Ratu Denmark taon lalu dimari saat Kang Iver dipromosiin…. Smg nantinya dipublis Pak RR lg naik alutsista2 negeri Viking…. Hihihi…
    Apa sekelas gotland, gripen, rbs15mk3,visby bakalan dicloning dimari Kang???
    Eniwei….. Kang PR lg kemana yo Kang??? Apa lg ngecek burung2 mutant special yo???
    #edisi plirak plirik…. Xixixi

    • lha kok pada kabur @bung Beny……trus yang tunggu garasi siapa nih
      ikutan plirak plirik nya @bung pw ahhh………

  25. sepertinya..kondisi negara sedang kacau. kubu2 di tingkat atas sangat2 terasa dan terlihat
    menjadi menarik soal nanti siapa kira2 pengganti pak gatot.
    dan..apakah akan bersikap seperti pendahulunya atau malah bagaimana..
    hehe..
    salam dari timur

  26. Bakulo Wajaro on

    Hehehehehe
    Untuk lebih paham keadaan politik ibukota sekarang lihat contoh kasus natuna insident hanya beda tempat dan para pelakunya….heeeeee
    Adios#jebakan betmen garuda utk para kodok hahahaha

  27. Maaf mau tanya barangkali ada yang tau..,mau tanya serangan cyber security hack yang gencar ini apa yang mesti dilakukan dan penanggulangan nya…
    Terimakasih.

  28. Ini semua kita ambil jadi pelajaran..
    1. Hati-hati memilih pemimpin..
    2. Hati-hati dengan lidah mu..
    3. Gunakan otak dan hatimu..
    4. Perbaiki sebisamu..

    Ada bnyak hal yg lebih penting, ..
    Untuk diurusi, jngan menghabiskan energi percuma,..

    Ada banyak hal harus diatur setrateginya..
    Jangan mau jadi mainan..

    Sedikit masukan :
    Ketika dia masih manusia dia tempatnya salah dan dosa..
    Jangan berlebihan mengagumi ataupun membenci,..

    Alloh atau tuhan itu maha segala2nya,.. Mudah bagi dia membolak balikkan isi bumi dan langit apalagi hati..

    Ada banyak hal yg lebih besar jngan salah fokus..

    Bung karno dulu pendukungnya masih kuat, sebagian tentara diluar AD juga masih mendukungnya, kalau dia mau menang sendiri, mudah bagi dia menggerakkan massa tapi untuk bangsa dan negara dia mau berkorban..
    Begitu pula pak harto, jangan dianggap remeh kekuatan pendukungnya, jika dia mau dia bisa menjadi diktator murni, atau perang saudara yg lumayan berdarh, tapi untuk bangsa dan negara dia memilih untuk tidak menggerakkan kekuatan dia..
    Akhir2 ketika negara ini atur dengan cara sangat politik, hanya kepentingannya yg dipikirkan bukan bangsa dan negaranya…

    Bagi yg dukung ahok, silahkan dukung tapi ingat dia juga manusia..

    Bagi yg membenci ahok, silahkan membenci tapi ingat mudah bagi tuhan membolak balikkan hati..

    Bagi yg merasa membela islam jangan kebablasan,..
    Ketika takbir berkumandang untuk NYA bergetar hati ini..
    Ketika takbir berseru2 tapi hanya untuk pelarian belaka menangis hati ini..

    Jadilah rohmatan lil alamin..
    Umat islam yg baik yg mengerti akan tuJuan hidupnya,..
    Alam mulai rusak, banyak anak yatim piatu,..
    Sistem berbangsa dan bernegara yg belum sesuai koridor..

    Masih banyak pekerjaan,..
    Jangan habiskan energi untuk hal hal yg belum tentu penting..

    Ashadualla illahaollalloh.
    Ashaduanna muhammadarosululloh..

    Merdeka..
    Atau sepertinya merdeka,?

    “Jangan mau menjadi korban undang undang Belanda”

    #hanya pendapat pribadi

Reply To minji Cancel Reply