Jendral Tran, Kwan Kong, dan Kamikaze

117

PATUNG ADALAH SEBUAH NARASI

Admin 52

Patung adalah sebuah narasi. Apalagi jika ia dibuat besar di tengah keramaian, tentu dengan tujuan tertentu. Salah satu tujuan pembuatan sebuah patung besar adalah untuk menghalangi tampilnya narasi lain yang berbeda dan bertentangan.

Sebagai sebuah narasi tentu ia juga dimaksudkan untuk mempengaruhi pandangan dan kesadaran publik tentang sesuatu. Tidak dapat dibayangkan apa reaksi masyarakat jika di tengah kota Jakarta dibangun patung Jan Pieter zon Coen atau Daendels. Tidak pula dapat dibayangkan jika di Beijing dibangun patung raksasa Ku Bilai Khan dan di tengah kota Teheran dibangun patung Bush. Ini letak persoalan mengapa patung Dewa Perang itu menimbulkan heboh.

Marilah kita beri contoh di kota lain, misalnya di Teheran Iran. Di kota Teheran memang banyak patung besar dibangun. Tetapi pada umumnya yang dpatungkan adalah tokoh-tokoh sejarah nasional mereka di bidang ilmu pengetahuan, politik, sastra, keagamaan, seni, dan filsafat. Di sana ada patung penyair besar Persia seperti Umar Khayyam, Ferdawsi, `Attar, Hafiz, dan lain-lain. Tetapi tidak ada patung penyair Yunani atau Arab seperti Homeros atau Mutannabi.

Masyarakat pun tahu bahwa patung sebagai karya seni berpengaruh besar kepada jiwa dan kesadaran pembacanya. Patung di tengah kota tidak dibuat dari kekosongan sejarah dan makna. Pematung yang cerdas tahu pengaruh patung kepada jiwa penikmatnya. Dan khalayak yang cerdas tahu pula bagaimana cara menanggapi patung yang bagus.

Di Jakarta misalnya, mengapa tidak dibuat patung Sukarno Hatta dan Jendral Sudirman yang besar, selain patung Gajah Mada, Pangeran Diponegoro, Imam Bonjol, Sultan Agung, Pangeran Jayakarta, Chairil Anwar, Raden Saleh, dan lain-lain? Salah satu faktor penyebabnya ialah rendahnya kesadaran sejarah dari elit dan pemimpin kita, sebab mereka yang kuasa membangun patung besar dan bukan rakyat jelata.*****

RENUNGAN Sabtu
Oleh Prof. Dr. Abdul Hadi WM**Budayawan

Admin 51

Jendral Tran, Kwan Kong, dan Kamikaze

Pagi ini saya mendapat WA dari Ibrahim Ajie, yang menanyakan pendapat saya soal kehadiran patung Kwan Kong, atau Dewa Perang dalam kepercayaan Tao, di Tuban. Saya tidak langsung menjawab, tapi bertanya-tanya bukankah yang biasa bertanya soal ini adalah Muhammad Subarkah.

Akhirnya saya jawab saja. Dulu, di era Dinasti Yuan, tentara Cina-Mongol — saat itu daratan Cina dikuasai Mongol — kerap membawa patung Kwan Kong ke wilayah yang diinvasi. Mereka mendirikan kuil di wilayah taklukan, dan meletakan patung Kwan Kong di dalamnya, sebagai rasa syukur.

Saat menyerang Jepang, Pulau Jawa, dan Vietnam, mereka juga membawa patung Kwan Kong. Namun, mereka tidak sempat mendirikan kuil untuk Kwan Kong.

Di Jepang, dua serangan Cina-Mongol digagalkan topan kamikaze. Di Vietnam, tiga kali invasi Cina-Mongol digagalkan Jendran Tran Hung Dao. Di Jawa, tepatnya di Tuban, Ronggolawe menghalau serangan Cina-Mongol.

Orang Jepang mengabadikan kamikaze untuk banya hal, sebagai wujud terima kasih kepada peristiwa alam yang melindungi mereka dari serangan Cina-Mongol. Salah satunya menjadi nama serangan bunuh diri saat Jepang menghadapi AS di Perang Pasifik.

Di Ho Chi Minh City, patung Tran Hung Dao berdiri gagah — dengan tangan menunjuk ke bawah dan dagu lurus — menghadap ke daratan Cina. Jenderal Tran adalah ‘dewa perang’ Vietnam. Ia menginspirasi rakyat Vietnam untuk melawan Prancis dan memerdekakan diri, melawan AS untuk menyatukan Vietnam.

Di Jawa, figur pemimpin yang mengalahkan pasukan Cina-Mongol seolah terlupa. Tidak ada patung Ronggolawe, Raden Wijaya, atau siapa pun yang terlibat dalam pengusiran pasukan Cina-Mongol.

Sejarah serangan Cina-Mongol ke Jawa hanya dinarasikan, menjadi sumber penelitian sarjana sejarah, tapi masyarakat yang mewariskan cerita itu tidak pernah mengenal sosok pahlawan yang dibadikan. Terjadi ‘kekosongan’ sejarah, yang coba diisi oleh orang lain.

Kekalahan di Tuban, seperti kegagalan invasi ke Vietnam, adalah peristiwa memalukan bagi Cina-Mongol. Anehnya, orang Jawa seakan tidak pernah bangga bahwa mereka pernah mengalahkan satu kekuatan besar.

Pertanyaannya, bagaimana kita memaknai kehadiran patung Kwan Kong di Tuban, wilayah yang tidak pernah ditaklukan pasukan Cina-Mongol?

melek informasi dr pak teguh setiawan

Admin 53

Gambar oleh Patsus Dede Sherman

Share.

117 Komentar

  1. Bakulo Wajaro on

    Hehehehe
    Sip..!!! Sapu bersih…pak teguh..daki dan kotoran yang mulai meracuni benak anak bangsa…
    Adios#mulai meluruskan jiwa petarung anak bangsa yg pernah ada

    • Salam kenal Bung Bakulo Wajaro,di sini saya bukan memihak asing,aseng,atau yahudi ya,saya sebelumnya mau tanya dulu panjenengan selama hidup ini bersih dari produk asing,aseng,yahudi?apakah masyarakat pribumni indonesia ini sudah menikmati kemerdekaannya?tidak bung,kita terjajah bahkan lebih parah,tetapi lebih parahnya kota teriak anti asing,aseng dan yahudi kita justru menggunakan produk mereka,provider,internet,kendaraan,pakaian sehari-hariyang panjenengan pakai apakah bebas dari produk mereka?tolong berfikir cerdas dulu sebelum berteriak anti asing,aseng dan yahudi

      • Kenapa kita harus impor jika di dalam negeri sdh bisa membuatnya. Kenapa kita harus memakai produk bangsa lain jika kita sdh bisa membuatnya. Namun ada produk lain khususnya produk berteknologi tinggi yg blm bisa dibuat di dlm negeri atau produk bahan baku utk suply industri dlm negeri. Produk2 tsb bermanfaat bagi kita. Dalam urusan ekonomi memang bisa dijumpai hubungan perdagangan saling menguntungkan dimana masing2 berdagang barang yg dibutuhkan dan yg diproduksinya. Hubungan dgn yahudi selama ini tdk ada sama sekali, agak jauh jg menghubungkan dgn yahudi. Anti aseng asing ini bukan berarti kita menutup diri dlm berhubungan dgn pihak luar tp merupakan gerakan utk lebih mendahulukan produk dlm negeri, kemampuan bangsa sendiri dan kebanggaan sbg anak bangsa. Walau saya pikir agak jauh jg menghubungkan patung dgn hal ini. Dalam mengartikan anti asing aseng harus memakai wawasan yg luas bukan dlm arti sempit sekedar apa yg dipakai kita saja. Tentunya memprioritaskan produk dlm negeri dan percaya kpd kemampuan bangsa sendiri lebih bermanfaat daripada sinis thd gerakan tsb.

        • Salam kenal bung Ihsan,sebenarnya yang ingin saya tekankan di sini berpikir realistis dan cerdas,kalau boleh disurvey sekitar 100 orang acak (kalangan atas,menengah dan bawah) pasti mereka menggunakan produk asing,aseng dalam kehidupan sehari-harinya,jika kita anti asing,aseng dan yahudi(ini yg sering saya lihat di kehidupan sekarang) dari kita membuka mata,sampai tertidur lagi.kalau konsekuen dengan sentimen anti asing,aseng ya jangan menggunakan produk mereka,kita marah,menjelekkan mereka,mengatai mereka kafir,tapi kita bergantung pada mereka,makanya itu saya gerah dengan sentimen anti asing,aseng dan yahudi (kalau boleh),terus maksud anda bagaimana?kita tetap berdagang dengan asing,aseng?meskipun uang mereka haram (menurut mereka yg anti asing,aseng?)

          • Kalau gerah ya buka baju bung hadap kipas angin. Kalau anda tahu bilangan 0(NoI) dari ilmuwan Islam, Aljabar, Algoritma yg sebagai dasar bahasa program Komputer yg digunakan di internet, Handphone, termasuk Facebook milik Yahudi Zukerberg itu diciptakan oleh Ilmuwan Islam Al Khawarizmi. Memakai produk asing itu tidak membuat luntur Cinta NKRI. Hanya jiwa2 Komunis yg tidak suka negeri ini. Buktinya Amerika serikat tetap membeli Mesin Roket dari Rusia meski AS sendiri memusuhi Rusia. Sekali lagi ….Kalau gerah ya buka baju bung Vladimir…..Salam Indonesia Jaya.

          • Maaf [email protected] .ikut sumbang pemikiran/pandangan.

            Dalam pandangan/hukum Islam,Jual beli barang dengan nonmuslim(Kafir) tdk ada larangan selama barang yg diperjualbelikan dihalalkan/tdk melanggar hukum syariat.
            dan umat islam yg baik selalu KONSEKUWEN dlm menjalankan hukum agamanya…Beda lg KONSEKUWEN dlm hal trsbt menurut asumsi/pandangan pribadi/non muslim…Masak orang yg tdk suka akan pola pikir seseorang/golongan ko malah disuruh benci pada BARANG/proďuctnya…kan tdk REALISTIS itu namanya…hehehe
            dan dlm memahami kecerdasan.
            CERDAS dlm pandangan islam adalh orang2 yg selalu ingat akan kematian..beda lg Cerdas menurut pandangan pribadi/non muslim.
            ———
            Terkadang dlm pandangan kita baik/benar belum tentu baik/benar menurut pandangan orang..Mengambil dr berbagai sisi dr perbedaan merupakn langkah bijak dlm menemukan kebenaran..Karena manusia adalah tempat Kekurangan dan keterbatasan…Saling MENGHARGAI pandangan adalah bukti kita toleransi akan PERBEDAAN.
            salam [email protected] pandangan sy bisa mengurangi kegerahan anda dan monggo klo ada masukan jg buat saya.

      • Bro…ente keturunan cina bukan?cuma mau konfirmasi saja….hehehe
        percuma kan kalau ane koar2…nuwun sewu sesepuh sudah bikin gaduh hehehe

        • Bukan om,ane pribumi asli cuman berteman dengan segala kalangan (etnis,suku,agama dll) semua suku,agama pasti ada yg jahat/baik,semua itu tergantung individunya,cuman saya dididik bisa berteman dengan semua kalangan,malah saya kepingin kalo Tuhan mengijinkan bisa lama di luar negeri karena sayang kalau umur cuman dihabiskan utk berdebat masalah agama dan suku,sedangkan Tuhan menciptakan perbedaan untuk dinikmati,salam kenal bung John

      • Bakulo Wajaro on

        Hehehehehehe
        Ta tinggal ngangon ikan malah kena sensus patga.. weleh2…ono konco kebakaran bulu kaki toh neng kene….hehehehehe
        Salam kenal juga bung Vlad…,jgn lupa cukur bulu kakinya ya biar fresh pikran anda..hahahahaha
        Komen anda : saya sebelumnya mau tanya dulu panjenengan selama hidup ini bersih dari produk asing,aseng,yahudi?apakah masyarakat pribumni indonesia ini sudah menikmati kemerdekaannya?tidak bung,kita terjajah bahkan lebih parah,tetapi lebih parahnya kota teriak anti asing,aseng dan yahudi kita justru menggunakan produk mereka,provider,internet,kendaraan,pakaian sehari-hariyang panjenengan pakai apakah bebas dari produk mereka?tolong berfikir cerdas dulu sebelum berteriak anti asing,aseng dan yahudi
        Jawab : ga ada hubungan korelasinya antara anti asing/aseng dan yahudi dgn penggunaan produk luar… Krn yg hrs di waspadai dan dicermati disini bukan pihak asing/aseng dan yahudinya.. Tp pengaruh dan paham yg bertentangan dgn falsafah dan pandangan hidup bangsa ini… Apakah miras, lgbt, narkoba,liberalisme dan kapitalisme ,komunisme serta atheisme boleh dibiarkan meracuni generasi bangsa ini..? Hehehehehehehe
        Banyak piknik dan baca srjarah yg bung.. Kasian kalo anda byk mengkonsumsi racun propaganda yg. Justru bikin anda tampak kurang cerdas dan kurang vitamin..
        Yah walaupun saya dinilai anda kurang kurang cerdas tp setidaknya saya sering piknik tanpa paspor..dan teman2 lain di patga jg sdh menjawab pertanyaan anda dgn lugas sptnya..hehehehe
        Adios#saya doakan semoga anda bisa belajar cerdas dari mr. Vladimir putin sesungguhnya heeee

  2. Miris…sepertinya kita dibuat buram dg sejarah sendiri…kebesarn yg agung pendahulu seperti cerita pepesan kosong…ada tpi nggk masuk akal..kenapa setiap pelajaran sejarah yg selalu di tanya tokohnya kejadiannya..tempatnya….tanpa ada semacam penggambaran mengapa ini terjadi sejarah… dari sudut kebesaran seorang tokoh ato kaum..semua hanya sekilas info…seperti iklan….dari sd sampai sma ….jadi pemahaman trjadi suatu peristiwa sejarah hanya terpikir pernah terjadi pada saat itu….#perlunya ada pelurusan sejarah tentang besarnya bangsa indonesia….

  3. Pengamat Dadakan on

    Kabar terbaru katanya “istana mulai gerah” dan menganggap yg berniat merobohkan patung tsb INTOLENRANSI. KONYOL SEKALI BUKAN ? PADAHAL TUH PATUNG IZIN PEMBANGUNANNYA SAJA GAK ADA KWKWKKWK.

  4. Pejuang Zaadul on

    Para Pemimpin udah pada keblinger. Lebih takut g bisa makan daripada sama maut.. jaman serba kewolak walik.

    Mohon pencerahannya sama para sepuh dimari. Itu proyek meikarta proyek apa ya. Yg cakupan lahannya sampe ribuan hektar dan biaya investasinya sampai ratusan trilian. Denger” proyek dari lippo grop kerjasama sama cina.

  5. Miris sekali dengan keadaan di negeri ini, kita seperti dihadapkan pada fenomena yang salah harus dibenarkan. Kata intoleransi seperti melekat pada mayoritas bangsa Indonesia dan ini sangat menjengkelkan bagi saya. Bagi saya patung dewa perang meraka yang didirikan sekarang karena dulu moyang mereka gagal mendirikan. Generasi sekarang melanjutkan.

  6. Sebab orang2 diistana tidak rela panglima dan dewa perang mereka dirobohkan !!!. Mereka lebih cinta dan bahagia negeri ini dijajah.

  7. Ya sudah,orang-orang yang di sini pada patungan buat bikin patung gajahmada atau ronggolawe,biar tidak hanya berkritik saja,mengharapkan pemerintah sama saja nunggu angkot yang kehabisan bensin,tapi saya bukan pecinta patung di tuban lo ya

    • Bakulo Wajaro on

      Hehehehehe
      Ya mubazir kalo dana patga hanya utk dibuat sebuah patung bung Vlad…mending buat ongkos anda piknik biar tambah cerdas ya kan…
      Pemerintah pun pada dasarnya membuat patung pasti ada tujuan yg positif utk mengingatkan perjuangan bamgsa ini spt patung tani, patung dirgantara pancoran, patung pangsar sudirman dsb.. Trrlepas anda pecinta patung tuban atau bukan..atw mungkin itu jg patung leluhur anda.. Pertinyiinnyi kalo patung kingkong tuban buat siapa..?dan apa pesan dari si pembuatnya..? Hellloowwww…????
      Adios#bersikap kritis dan saling dan berdiskusi itu pertanda adanya kecerdasan bung Vlad.. Tp kalo hanya bisa bicara tinggi dan tanpa tau artinya itu namanya bodoh level akut. Bin kronis hahahahaha

  8. Orang2 bumi putera gampang di bodohi dengan slogan bhineka tunggal ika tanpa tahu makna asli semboyan tersebut , ketika kaum pribumi protes dianggap inteloran oleh para cukong2 media, kaum pribumi sibuk dengan mengisi perut mereka sendiri tanpa memperdulikan keadaan yang akan terjadi dan yang sedang di rencanakan oleh aseng2 yang ingin menguasai bumi kaya ini dengan pelan2 tanpa kita sadari, lebih baik bertindak sebelum telat , curiga berlebihan memang tidak baik buat kesehatan bangsa dan waspada adalah keharusan bagi kita kaum pribumi untuk tetap siaga agar tidak mudah lengah ketika aseng melakukan invasi secara halus

  9. Patung ini berarti menandakan tentara mongol dulu sukses mengalahkan dan menguasai tanah nusantara ini buktinya ada patung ini. Kenapa orang cina selalu tdk pernah merakyat dgn kebudayaan pribuminya dan meninggalkan kebudayaan dan asal usulnya ya, bukannya membangun patung pahlawan lokal tp malah membangun patung pahlawan cina di tanah nusantara tanpa satupun pribuminya tahu sosok patung tsb. Ini indonesia bung bukan cina yg dibangun dewa perang cina lg bukan indonesia. Jika memang merasa punya indonesia buanglah cinanya dan kembangkan kebudayaan dan kebanggaan lokalnya.

  10. pemburu rajawali on

    Sabar bung vladimir.. Negeri ini unik begitu jg sebagian administraturnya hehehe!!
    Kadang jika menjadi pemimpin hrs berlaku Malaikat dan Iblis, tergantung niat sang Pemimpin saat maju menjadi pemimpin. Jd pejabat itu berat tanggung jawab dunia akhirat dan moralnya walau kadang lebih banyak khilaf nya dari pada benarnya.

    Ini hanya lah sbg “beker” utk anak bangsa agar lbh mawas diri dan hati-hati dlm menjaga Kemerdekaan yg menurut sy baru 50% nya yakni lepas dari penjajahan kolonial sj blm 100% pure MERDEKA.

    Dlm dunia global skrg tdk bsa di nafikan kita gunakan tool/gadget/teknologi negeri orang.. Padahal kita bisa membuatnya. Apa sih yg tdk bisa kita bangun,buat dan terapkan di negeri ini? Search engine internet,mobil nasional, permesinan, teknologi terapan pd dasarnya bisa asal sang RI 1 keluarkan Keppres utk hal tsb.

    Patung di tuban hanyalah test the water saja,sdg kan simbolisasi “di kuasai dan di cengkram” sdg berjalan di jawa barat dan utara jakarta. Itu lah kenapa ada wacana pindah ibukota. Buat patung itu mudah,bahkan era sukarno-suharto ingin byk patung utk penghias kota hanya sj tersandung..
    Semua kembali ke anak bangsa masing2 sbg pemegang saham, sdg eksekutif-legislatif-yudikatif hanya sbg Direksi dan TNI+Polri adalah Satpam nya*(analogi).. Rakyat lah yg menentukan mau di bawa kemana,di jadikan apa,bahkan lanjut atau bubar Republik ini ya Rakyatlah yg kuasa bukan 3 badan + konglomerat.

    Punggawa bawah tanah hanya berusaha menjaga keseimbangan bernegara tanpa menafikan loyalitas Pada NKRI walau slipnya super rendah di banding tetangga sebelah..hehehe.

    Sudahi Gaduhnya skrg saatnya kita berusaha jadikan negeri ini super Power segala bidang..

    #andai Nusantara Search engine jd di terapkan maka almarhumlah Google,Baidu,MsN xixixi

    • xixixi….mknya kang,mumpung koperny baru mbok ya dibagi2 isiny…..hayo kapan hari perwakilan bank dunia ngapain?ap ad hub.dngan PS dan SBY yg ngopi breng…
      #wes lah ngomng opo aq iki….slmat yo kang mainane tambah okeh,soyo mluber gudange [email protected]….

  11. pemburu rajawali on

    Teringat Mega Proyek Garuda Wisnu Kencana yg hanya jadi Patung Setengah dada(ini adalah sinyal bagi yg paham).

    Kenapa Patung Jend Sudirman berdiri tegak menghadap Istana,dan Patung di Dipenogoro menghadap ke Selatan, Patung selamat datang menghadap ke Timur,dan Patung Dirgantara Pancoran ke Utara.. Tentu ada maksud terselubung dari sang Pencetus proyek tsb..Begitu pula Monumen Nasional.

    Sebagai Putra Daerah tentu sy akan bangga jika ada pahlawan lokal di buatkan patung sbg simbol pemersatu dan tdk menjadi sekedar Legenda.

    Jika kita sdh acuh dan apriori terhadap Sejarah Bangsanya maka jgn salahkan keturunan kita jg akan lupakan sejarah Orang tuan dan nenek moyangnya.

    salam Patriot..
    404 ready
    3501-3516 Ready to action.
    Hmmm apalagi ya..

    • Numpang tanya bung sebetulnya ada apa dengan keadaan indonesia skrg ini …smacam di jajah cina disegala bidang apakh ini ada hub nya dgn utang luar negeri indonesia kpd cina yg sangat besar sehingga ada deal-deal politik…

      #apakahindonesiasudahmerdeka??
      #wew3501-3516sudahreadyrupanya

    • @bung PR
      kalo btr4 nya ready ga?kalo g salah gagal ujicoba bukan?
      kok apache blum hadir juga bung?helm nya udah ready kan bung?hehehe

    • Dari lantai 38, the plaza office tower.

      pagi tadi jam menunjukkan 10.30 wib fly pass sukhoi terpampang nyata. Dan, YANG ANEH fly pass terakhir ada 3 pesawat mirip SU-35….? #colek Bung PR

      besok saya tungguin lagi ah…..

      404 ready
      3501-3516 Ready to action

      Parkir di Skadron Udara 31…

  12. Salam kenal rekan patga sekalian….dan para sesepuh patga….berhubung bung PR hadir…numpang tanya ttng gwk yg hanya setengah badan…ada apa sebenarnya di blk itu…kl bs di babar dikit saja…salam hormat dari saya….

  13. Patung memang merefleksikan banyak hal, dr seni hingga konspirasi..
    Smua ad hikmahnya, kekosongan Sejarah yg terjadi semoga dapat dibenahi lagi..

    Ganti Patung Guan Yu dg Patlabor.. eh

  14. simbol simbol asing akan mengikis secara berlahan-lahan cinta tanah air dari dalam hati kita..
    mencintai sesuatu karena kita terbiasa / sering kita melihatnya

  15. Kalo yang ini bagaimana? hoax apa bukan? kebetulan nemu pas browsing.
    http://www.rakyatsumatera.com/2017/08/presiden-china-jika-patung-dewa.html
    PRESIDEN CHINA : JIKA PATUNG DEWA DIBONGKAR, INDONESIA KAMI MISKINKAN DAN AMBIL ALIH
    Patung raksasa dewa Kongco Kwan Sing Tee Koen di Kelenteng Kwan Sing Bio, Tuban, Jawa Timur, yang sedang diperdebatkan keberadaannya kini ditutupi kain putih.
    Kabag Humas dan Media Pemerintah Kabupaten Tuban, Agus Wijaya, mengatakan, pengelola kelenteng sudah berinisiatif menutup sementara patung tersebut dengan kain putih.
    “Syukur, sebelum kami minta agar ditutup, pengelola patung sudah memiliki inisiatif untuk menutup patung terlebih dahulu sejak 2 hari lalu,” katanya saat dikonfirmasi, Selasa (8/8/2017).
    Sementara itu, Beijing memberikan peringatannya kepada Indonesia agar meredam gerakan Anti China yang kembali merebak karena patung dewa.
    “Gerakan Anti China di Indonesia sangat meresahkan para investor. Jika hal seperti ini didiamkan, kami terpaksa akan miskinkan Indonesia lalu kami ambil alih,” ancam Presiden China Xi Jinping.
    Kemampuan China untuk memiskinkan Indonesia bukan hanya isapan jempol semata.
    Peristiwa penaklukan China terhadap Angola adalah salah satu yang paling sukses.
    Angola, sebuah negara di Afrika menjadi negara pertama yang secara resmi memberlakukan pelarangan terhadap agama Islam. Masjid menjadi bangunan yang terlarang, kitab suci al-Quran menjadi sekadar “buku” yang dilarang keberadaannya, sholat, puasa ramadhan, dan semua yang berbau Islam menjadi terlarang keras.
    Proses pelarangan eksistensi Islam di Angola diyakini bukan tanpa sebab dan tanpa proses panjang. Mungkin ada banyak sebab, dan mungkin pula salah satunya adalah “serbuan investor dan pekerja Negara Komunis RRC” ke Angola.
    Terkait dengan berbondong-bondongnya warga negara Cina ke Indonesia, Direktur Eksekutif Nurjaman Center for Indonesian Democracy (NCID) Jajat Nurjaman mengatakan, beredarnya video dengan judul Indonesia adalah Angola Berikutnya?
    “Dalam video tersebut ditunjukan bagaimana Cina sukses menjadikan Luanda (ibukota Angola) sebagai kota yang maju. Namun, yang menarik adalah dengan dalih untuk kecepatan kerja dan efisiensi, pembangunan tersebut tenaga kerjanya pun didatangkan dari Cina, padahal tingkat pengangguran penduduk di negara tersebut tinggi. Ini merupakan gerakan senyap Cina untuk menguasai pereknomian sebuah negara” tutur Jajat. (bbs)

    • Gak butuh investor duit china !!!. Gak patekken. Gowoen moleh dunyomu sak wong2mu kabeh. Lek mbeling carok ae.
      Wong sampek saiki, cino gareng pait gak teles blas nang negoro, kate ngemplang negoro sak wonge ta. Tego mentolo.

    • pencari kebenaran on

      HOAX TINGKAT TINGGI.
      kenapa?
      Sekarang bukan zaman abad 17 dimana negara besar mencaplok wilayah seenak perut. Lihat Krimea segitu kecil dicaplok rusia, dan abkhazia & south ossetia yg lebih kecil lagi dicaplok pula oleh rusia dari georgia yang segitu kecil, banyak muncul di berita dan datang beragam hukuman sanksi yang membuat ekonomi rusia sempoyongan. Lalu kamu percaya negara terbesar ke-3 dan ekonomi nomor 2 mau mencaplok negeri kepulauan terbesar dan ekonomi nomor 15? WAAAWW! udah masuk berita didalamluar negeri itu, mana alasannya cuman karena patung gak jelas lagi di kota mana(dilihat dari sudut pandang internasional), lalu TAIWAN, masalah abadi bangsa china juga belum beres, ini mau nambah PR kurang kerjaan bener Xi Jinping ya.

      NB: kalaupun dia berencana seperti itu tidak mungkin dia terang-terangan ngebacot jelas depan media, mana ada pemimpin negara besar komunis kayak gitu bicaranya, dari situ aja udah jelas SUPER HOAX.

  16. Apakah harus ada gerakan pembersihan?kalau para pemegang kekuasaan sudah nggk peduli dan cuma mementingkan perut sendiri?yaa Allah timpakan azab dan jatuhkan karmaMU kepada para pemimpin yang nggak peduli akan masa depan rakyatnya Aamiin yaa rabb.

  17. pemburu rajawali on

    Xi bukan lah orang yg sembrono,dia tau nilai strategis indonesia dan indonesia bukanlah Angola. Silahkan saja coba miskinkan negri ini maka kita buka habis dosa nya RRT. Sentimen yg mana yg di tuduhkan XI jika benar di sebutkan di artikel tsb. Perjanjian kerjasama kita dg RRT bersifat dab berlaku sesuai hukum internasional kok.

    BTR4 sedang di sempurnakan sesuai keinginan Korps Marinir,bukan berarti ini produk cacad tp ini murni krn kondisi geografi perairan kita berbeda dg ukrania. Dan BTR4 sdh lolos uji tembak berbagai kaliber jg uji lintas medan beragam.

    Wah ada yg jeli pula liat fly pass hehehe!. Apache guardian sdh lengkap kok termasuk helmet nya.

    @beny wah okeh koper e kang xixixi

    • pencari kebenaran on

      wah bung PR boleh minta ilmu?
      kekuatan AU AL kita dibanding PLA berapa persen? dan kemungkinan terjadinya Battle of Natuna di tahun berapa?
      Proyek IFX itu kalau jadi setara gak sama F35? dan kapankita bisamembuat isiannya mulai dari ujung hidung radar sampai ekor mesin dan rudal2nya murni 100% made in indonesia ?

      • Jangan-jangan bung PR yg jadi jokinya sekali2 ajak dong si sayap delta flypass biar heboh dan lebih meriah dengan suara knalpot yg berbeda-beda

    • Bung PR bisa nih membuatkan daftar pembelanjaan kita selama ini baik dalam MEF I, MEF II, maupun rencana di MEF III baik yang transparan maupun yang hoax. Saya yakin pasti para pembaca dan pemerhati militer di tanah air maupun yang cinta tanah air ini akan beraliah membacanya disini. Dan bagaimana nih kelanjutan hoax corner tentang misi2 rahasia para punggawa kita bung thrailor dll.

    • Bung PR, kalau perjanjian kerja sama dengan RRT sudah sesuai dengan hukum internasioal berarti kita harus adem ayem dengan kondisi seperti ini kah? saya kok nda paham2 ya.. hehe.. mungkin bisa di beber ada modus2 yang sekiranya merugikan kita nanti jangka panjang..
      Tengyuu..

      • Bakulo Wajaro on

        Hehehehehe
        @bung rezim..Perjanjian kerjasama mungkin sesuai dgn hukum intrnasional tp kesepakatan dan persyaratan yg mengikuti kerjasama itu yg hrs kita cermati dan awasi..mengapa..?
        Analoginya Jika seorang pedagang dan pembeli melakukan transaksi dan keduanya sepakat, apakah pedagang lain boleh ikut campur walaupun transaksi itu merugikan si penjual..?hehehehe trntu tidak…tp jika si penjual yg mewakili ratusan juta org termasuk saya dan anda dibodohi dan dijerat oleh jebakan hutang dan akhirnya kita ikut merasakan kesengsaraan akibat dari kebodohan yg diciptakan apakah kita akan diam saja..???
        Modus negara ekspansionis dgn penjajahan gaya baru yg melakukan proxy dikalangan masyarakat dgn berlindung dibalik jargon toleransi dll hrs dihadapi dgn mencerdaskan masyarkat dan cara mengatasinya tentu dgn cara yg jg halus dan tdk melanggar aturan internasional..krn mereka pun melakukan jebakan dgn cara yg halus namun mematikan semua sendi bangsa ini.
        Jgn biarkan bangsa ini terlanjur hancur dan terjerat spt angola, bamgladesh ,dan negara asean lainnya yg sgt

      • Bakulo Wajaro on

        Hehehehehe
        @bung rezim..Perjanjian kerjasama mungkin sesuai dgn hukum intrnasional tp kesepakatan dan persyaratan yg mengikuti kerjasama itu yg hrs kita cermati dan awasi..mengapa..?
        Analoginya Jika seorang pedagang dan pembeli melakukan transaksi dan keduanya sepakat, apakah pedagang lain boleh ikut campur walaupun transaksi itu merugikan si penjual..?hehehehe trntu tidak…tp jika si penjual yg mewakili ratusan juta org termasuk saya dan anda dibodohi dan dijerat oleh jebakan hutang dan akhirnya kita ikut merasakan kesengsaraan akibat dari kebodohan yg diciptakan apakah kita akan diam saja..???
        Modus negara ekspansionis dgn penjajahan gaya baru yg melakukan proxy dikalangan masyarakat dgn berlindung dibalik jargon toleransi dll hrs dihadapi dgn mencerdaskan masyarkat dan cara mengatasinya tentu dgn cara yg jg halus dan tdk melanggar aturan internasional..krn mereka pun melakukan jebakan dgn cara yg halus namun mematikan semua sendi bangsa ini.
        Jgn biarkan bangsa ini hancur dan terjerat spt angola, bamgladesh ,dan beberapa negara asean yg tdk mereka sadari sdh dlm genggaman sang renternir dunia.
        Adios#mari cermati kegagalan pilkadal dki dgn tersendatnya project pulau imitasi dan kehebohan pembangunan kota mei ling serta tdak mengucurnya dana kereta cepat yg dijanjikan sponsornya ha ha ahaha..mereka pun sdh ketar ketir bung…

        • Jgn biarkan bangsa ini hancur dan terjerat spt angola, bamgladesh ,dan beberapa negara asean yg tdk mereka sadari sdh dlm genggaman sang renternir dunia.

          beberapa negara asean ?
          welleh….
          tetangga sebelah yg sok jaguh bukan ya bung…?

          • Bung KZ, kalo boleh jawab negara ASEAN yg sudah terjerumus jebakan Aseng; Kamboja & Myanmar. Philipina ada tendensi, kalo si jagung masih jauh n samar2 Bung. Vietnam jelas sangat keras dg Aseng, pernah kerusuhan anti Aseng di negara nya belum lama ini.

  18. Sudah dihancurkan saja itu patungnya…dia bukan pahlawan orang asli indonesia..jangan takut…jika ALLOH SWT menghendaki..tiada yg tidak di alam raya ini..karena Dia adalah raja diraja dari seluruh raja2 di alam raya ini…akan memiskinkan indonesia??…jika Alloh SWT mengabulkan…kalo tidak?…sombong dan arogan mereka jika mau memiskinkan indonesia… ALLOHUAKBAR!!…

    • Silahkan bung Indo kalau ingin menghancurkan patung tidak ber-IMB tersebut.
      tapi rakyat tahu, yg berhak menertipkan itu satpol PP.
      rakyat juga hati2 jangan sampai peristiwa “talang sari ” dan “priok” part 2 terjadi di tuban.

  19. pemburu rajawali on

    Walah ada yg kebakaran jenggot jd di Sus!! Xixixi..

    Semoga tdl terjadi perang di negeri ini,tp kita akan siap ladeni siapa pun bung Pencari kebenaran.

    @peter insya Allah semua akan defile,flypass dan sailing pass. Termasuk Mi26,apache jg sibaling2 ganda dan pzh2000.

    Hayo siapa yg iseng spoof gps? Wkwkwk.. Little gadget with deadly stuff.

    • Mau tanya bung PR, pada persetujuan imbal beli su-35 dgn sejumlah komoditas kita kemarin itu, sebenarnya kita beli pswt jenis apa lg??? memang judul beritanya ” Pembelian 11 unit Su-35 utk menggantikan F-5 tiger II”. Tapi sy pribadi tidak percaya berita tsb. Bukankah pengiriman batch awal Su-35 dimari pd akhir th 2014 yg lalu?? smpe th 2017 ini msh ada yg datang ??
      Jadi sbnarnya yg dibeli itu pswt jenis apa??

    • Hehehehehe
      Little gadget with deadly stuff , sopo sing iseng spoff gps ..?wkwkwkwkkwk…
      Kayak patga yg bikin lawan kebakaran bulu ketek dan bulu kakinya krn gada jenggot pastinya.. Hehehehehe
      Adios#keisengan sbg warning yg cantik…cilukbaaaaa xixizixiixixixixi

      • pemburu rajawali on

        Semua msh dlm kondisi baik,terarah dan sesuai rencana meskipun ada riak dan gelombang menghadang. Sampai kapan pun negri ini tetaplah merah putih dan tak kan jd MERAH!

        Garuda ku berwarna emas bukan Merah,bintang di perisaiku berwarna putih bukan merah.

    • Bung PR, kalo melihat nuansa jawaban2 Anda di artikel ini terasa Anda sangat santai n riang, terlihat TNI lancar jaya mendatangkan Alutsista, seolah2 RI semua under control n damai. Bener gak sih Bung semuanya sudah terkendali?

    • pencari kebenaran on

      makasih udah dijawab sebagian bung PR, tapi sebagian lagi kok gak dijawab? apa rahasia negara total kekuatan AL AU kita? (pastinya, tapi sedikit clue dong)

  20. cut nyak dhien on

    @ bung Pr, maaf mau tanya ne, kenapa tiap pagi dan sore diatas langit kota batang dan pekalongan pantura selalu ada pespur yg lewat ngeluarin asap ya? patroli atau lagi ada warning? udah setaun ini ada pespur lewat, – makasih sebelumnya- NKRI harga mati!

  21. Siapa yg spoof gps, hingga destroyer yankee nabrak kapal. Gila yg nabrak besar yg ditabrak juga besar. Ngga mudah jadi officer di Bridge…

  22. pemburu rajawali on

    @itu baru apache gimana klo sang hiu terbang sliweran?
    @cut cuma aktifitas normal kok!!
    @defcon jd XO at brigde memang resiko tinggi,inilah mengapa kita tdk tergantung dg hanya satu sistem GPS baik kaprang maupun sayap tetap/putar buahaya.. Lah klo di spoof gmn? 5km on screen eh 500m ya belok ny susah klo kaprang sekelas destroyer

    • pencari kebenaran on

      wah jadi kasus akhir2 ini banyak arleigh-class tabrakan ulah kita bung PR? colek sekali lagi , memang total AL AU kita berapa persen lawan PLA (kalo rahasia negara total, clue dikit dong)

    • Hehehehehe
      Klo 5km on screen ehh ga taunya 500m yah wassalam dahh…xixixixixixixixixi
      Bung PR..Destronya hrs pake knalpot sukhoi biar bisa pugacev cobra diatas air.. ya minmal knalpot bajaj yg bisa manuver tanpa ada yg tau hehehehehe
      Adios#alon2 wis kelakon..cukup sang operator lawan yg merasakan pahitnya air dan panasnya udara khatulistiwa heee

      • xixixi…[email protected] numpang tanya dong,seandainy itu destro dlam point blank range pensil S2 yg ad dlam perut ikan,kira2 brp waktu yg dibutuhkan untuk manuver cobra diair guna menghindar bung…
        #salam buat rekan2 patga

      • Wkwkwk…. nolnya ngglinding satu,dari 5000 jadi 500 kenyataanya,jadinya jebol kena hidungnya kapal kargo,pantesan dua kali berturut2 melibatkan kelas kapal yg sama dalam waktu dekat.

    • walah…ternyata sceurity system alutsista USA sangat lemah mudah dikadalin,…. kehebatannya nggak seperti yang digembar gemborkan,….

      missile cruise nya kena hack, hingga banyak yg meleset lalu kecebor laut waktu nyerang suriah yang lalu.

      beberapa drone rahasianya kena hack oleh iran lalu dipamerkan.

      sekarang kena kerjaan oleh kita….ckckckckc

      gini kok sok jagoan ngajakain perang melulu….. alamat tanda mau sekarat tuh.

  23. Kuli Bangunan on

    Sy berkenalan n bersama beliau selama 15 thn hingga skrng..dl 17 thn dia tgas di cendana sll brsm ibu tin kmn pun beliau pergi n satu”nya orang yg brani merokok di ruangan soharto..bnyk cerita/clue di smpaikn awalnya sy brfikir hoax tp trnyt hehe..sy prcya dg integrits ibu SM jg dg bpk LBP utk mnjg kpentingn Nasional dlm membwt perjanjian dgn negara lain.. Legisltf,eksekutif,yudiktif sbg direktur *analogi* komisaris lm menghilng pd nongol lg hehe yg di makan tuh telornya jgn ayamnya dikirany tdk ada yg ngawasin hehe luar sdh beres dgn kmbliny si ibu d thn 2016 tinggal dlm..pmbngunn yg skrang anggplh br pemanasn mnju rencn 100 thn mmbngn tnp henti di mulai dr akar rumput..pipot 51% dengr” snatnya udh stuju hehe Negaraku penuh dgn misteri..salam para sepuh Bung @PR,BW,PS,NR n para sepuh lainya jg warga majlis PG #Dirgahayu RI-72#tentram n damai slalu Indonesia ku.

  24. pemburu rajawali on

    @beny tergantung seberapa cepat radar detection jg CCM responnya. Tp klo poinblank ya 10-20detik manuver ekstrim,chaff dan jammer itu batas waktunya..hehehe

    Utk LM2500 mesin pokok utama ya dri mode patroli ke mode ekstrim manuver 45detik,jd ya CCM dan Jammer lah yg nentukan selamet atau tidak. Awak KRI semua sdh di latih dan terlatih utk sigap dlm mode patroli hingga alarm siaga tempur dibawah 30detik semua hrs berada di pos masing2..klo bdn nya gendut ya walaikumsalam deh..wkwkwkw

  25. pemburu rajawali on

    @pencari bukan ulah kita loh hehehe
    Tapi spoof gps memang menjadi “hantu” yg menakutkan bagi pengguna perairan,darat,udara selain radar jammer dan radar deflection baik sipil maupun militer.. Krn gps dan radar adalah MATA dan telinga.

    @Garuda Shield joint command

    • pencari kebenaran on

      wah jadi ulah siapa dong? lalu kunjungan sekjen PKV ksini ada misi apaan sih dan posisi vietnam ke kita masa iya agresif, semaput dong china/RI sekaligus diladeni

    • Bung PR, tetangga kita si Upil rencana mo upgrade F-16 c/d blok 52 mrk jd F-16 c/d blok 61++. apakah hal ini krn intelejen mrk tau klo F-16 c/d blok 52 iD kita sbnrnya secara avionic, electronic & weapon system setara dgn desert falcon alias F-16 c/d blok 60 ?? ato mungkin pihak Samiri yg bocorkan rahasia ini ke si Upil ( krn jd sekutunya di Asteng ini )

    • BUng PR bocorin dikit donk menurut kabar angin hari ini ini kedatangan naga pasa 403 katanya selang setibanya di sby katanya kembaranya juga ikut sampai juga selang bbrp jam its that true?

  26. Salaam …Kang PR,
    Kang….numpang nya nich…itu lost tracknya satelit telkom A1 yg kmd berdampak pd hang ribuan atm dimari apa ada kaitan konter tindakan daripada spoof gps kapan hari di selat malaka?
    Kmd…geopolitik regional terkait korut gimana yo Kang kondisi updating? Apa panggung ludruk abu sarap juga berakhir kah jelang oktober ini?

  27. pemburu rajawali on

    @mak hehehe!! Bisa jadi

    Bukan kali pertama kita kehilangan kendali satelit dan tdk menutup kemungkinan benda tsb sengaja di hilangkan.. Musuh kita banyak tp sahabat kita jg banyak.. Kita lihat sj apa ada benda angkasa yg hilang lg tiba tiba? Hehhe.

    • Bung PR, satelit Telkom sampai hancur berkeping2, jelas itu dihancurkan, karena selama ini satelit yg rusak biasanya melayang2 di atmosfer sebelum jatuh ke bumi. Ini sudah lebih dulu hancur berkeping2 setelah dilihat dg teleskop perusahaan US. Apakah ancaman Laksamana Armada Pacifik, yg marah karena destronya “tabrakan” dituduhkan ke kita n hancurnya satelit kita ada adalah buktinya?

      • Isu-nya palapa memang di shut down oleh locheed martin.
        pertanyaanya: mengapa sekarang transfer data menggunakan apstar & cinasat. satelit BUMN cina?
        Taqabbalallaahu minna waminkum.
        Selamat hari raya Idul Adha 1438H

  28. PT pal ama korea bkin kasel.. ama turki juga kasel.. skrg ama SAAB.. blm yg midget dari lokal.. pusyang dah 2 samudera

  29. Oot…. Lagi. 4G, ada apa dgn G, 1 Garam, 2. Gula, 3. Gas. rencana impor gas dr red dot n barusan PLTG cirebon terbakar, G yg ke 4 msh tanda tanya, diawal rezim ada 4 kehebohan dgn awalan huruf B, 1.Bbm 2. BG, 3. Beras plastik, n 4. Begal, kebetulan lg 3 G yg heboh akhir2 ini terjdi di Cirebon, ada yg bisa ksh pencerahan tentang kebetulan2 ini?

  30. Kalau kita tidak mau membeli saham freepreeet yg seharga ratusan trilyun bagaimana. Salah satu cadangan emas di dunia tapi yg menguasai ……… lebih untung manasih indonesia atau amerika?

  31. pemburu rajawali on

    Tdk beli pun kita tdk rugi! Tdk dilanjutkan kontraknya pun kita tdk rugi.. Sang pengontraklah yg rugi hanya saja mrk berhitung utk menekan kerugian dr 2 opsi tsb mana yg lbh kecil jg masuk akal hehehe!! Salah satu kesalahan fatal administratur krn tergoda HTW!.. Kita byk mengedepankan pola pikir “tidak bisa,minder,malas,dan korup”. Dulu kita kembangkan Bapeten,kartika 1 dan Mata dewa 1dg modal dengkul alias bongkar,pasang,rusak,bongkar lagi lalu berhasil hehehe!! Wong buat pesawat latih dan heli sendiri aja bsa kok masa buat ky pispot aja Antam ga sanggup!

  32. pemburu rajawali on

    Hanya 5 negara yg bsa dan memiliki sista anti satelit. Satelit telkom hancur bsa di sebabkan byk hal yakni melenceng dari orbit krn kegagalan sistem di satelit itu sendiri (faktor internal) bsa jg dari gagalnya kendali orbital stasiun bumi kita & pabrikan, atau bisa jg krn di tembak rudal anti satelit. Yg hrs di cari adalah motif utama dari kasus ini? Hehehe!

    Jammer GPS itu sdh umum di lakukan militer baik via perangkat berbasis darat-udara-laut dan satelit gps itu sendiri.

    Bisa jg side effect dari pispot xizixi.

  33. Selamat malam, Sugeng ndalu… Para pinisepuh Patga….

    Saat KRI 403, tiba di Surabaya, KRI 401 dan 402 juga sedang bersandar… Menjadikan keyakinan lebih, jika NKRI punya lebih dari 3 buah kapal selam. 3 parkir, yang narik berapa ya? Matur nuwun.

  34. Iya kemarin pangarmatim pas di wawancara slh satu stasiun tv di atas kapal selam 403,di sebelahnya jg ad 2 kapal selam yg lg sandar

  35. pemburu rajawali on

    3sandar alias bekal ulang logistik & kru, 4 sliweran di perairan utara dan timur, 1 diperairan sepanjang pantai barat sumatra,3 di sepanjang jawa-nusatenggara, 4 sliweran di timur negeri, dan satu lg ngintip sebuah negeri jago kandang asean.. Hehehe

    #ngayal loh inir

  36. Kalau Kapal Selam RUSIA, CHINA, SWEDIA, JERMAN, KOREA SELATAN di operasional kan itu ada berapa saja? ya pak Pemburu Rajawali?

    • hehehe cuman 3.. 401, 402 dan 403 ya bung. tp dobel2 dan kembarannya banyak. 401 a, 401b, 401 c dst… hehehe. belum yg polosan.

      • Jaman trikora jml kasel Indonesia 24 biji, bung PR pernah sampaikan yg hrs dimiliki 2.5x jaman trikora… Jd jmlnya…, maaf kl nglantur… Hehehe

        • 2,5x 24 ya Bung Chrome…………. xixixixixixixixi…….
          itu yang ronda aja atau udah full sama yang servis, yang tidur di pangkalan sama yang standby ya Bung Chrome….. hihihihi….

          #selamat pagi patga salam indonesia jaya

Reply To me Cancel Reply