Operasi Senyap Pembebasan Sandra Papua

101

TNI Bergerak Senyap dalam Operasi Pemebebasan Sandra Papua

papua4

Penyelamatan oleh personel TNI-Polri terhadap ratusan warga yang tinggal di kawasan yang dikuasai kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Tembagapura, Kabupaten Mimika, membuahkan hasil. Sebanyak 300an orang berhasil dievakuasi dari lokasi.
“Keberhasilan itu merupakan hasil dari operasi yang dilaksanakan secara senyap dan teliti. Kepolisian menyiagakan dan mengamankan warga sekitar, TNI bergerak dengan senyap,” kata Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo
Jenderal Gatot menjelaskan, dalam operasi senyap dan teliti tersebut, pasukan gabungan dari Kopassus, Batalion 751 Raider dan Taipur Kostrad melakukan pergerakan sejauh empat setengah kilometer selama tiga sampai empat hari, kemudian melakukan serangan di dua tempat markas KKB.
“Setelah pasukan gabungan TNI dan Polri berhasil menguasai lokasi yang dikuasai KKB, saya perintahkan agar mengutamakan keselamatan sandera. Sebelum evakuasi, saya perintahkan agar kiri-kanan jalan harus aman,” ujar Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.
Lebih lanjut Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan, bahwa sandera yang merupakan warga asli tetap bertahan di kampungnya dengan penjagaan dari TNI dan Polri, sedangkan yang bukan berasal dari kampung tersebut telah diungsikan.
“Soal KKB yang melarikan diri sedang dalam pengejaran, tapi fokus saya yang penting adalah sandera harus selamat,” ujarnya.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan bahwa Negara Indonesia yang terbentang dari Sabang hingga Merauke merupakan Negara Kesatuan dan Negara yang berdaulat. “Segenap rakyat dan seluruh tumpah darah harus dijamin keselamatannya. Untuk itu, tidak boleh ada sejengkal tanah NKRI yang tidak aman bagi warganya,” tegasnya.

papua

Pangdam XVII/Cendrawsih Mayor Jenderal TNI George Elnadus Supit menjelaskan :
Tentang Akar masalah GSP/B, disposisi musuh yang berada di Gunung sangker, kali mbua, opitawak,kamp.utikini, banti 1 dan banti dua. Juga  memapakan tempat GSP/B menyandera masyarakat pendulang yaitu di kampung kimbeli Kompleks. Kekuatan Kelompok GSP/B yang berjumlah keseluruhan kurang lebih 150 orang dengan kekuatan kurang lebih 40 Pucuk campuran, Hal menonjol yang dilakukan oleh Kelompok GSP/B dan Dari hal menonjol tersebut merupakan pemicu gejolak terjadi nya penyanderaan oleh Kelompok GSP/B sehingga dari pihak Polda meminta bantuan untuk melaksanakan tugas pembebasan masyarakat yang disandera.
Konsep pelaksanaan dengan Negosiasi selama 1 minggu dan pelaksanaan (penindakan) dan rencana minggu berikutnya kita akan melaksanakan rehabilitas, kedudukan pasukan selama pelaksanaan operasi dan tahap tahapan pelaksanaan kegiatan operasi penaggulangan kelompok bersenjata, dan jalan nya proses evakuasi masyarakat, jumlah masyarakat sipil (pendatang) yang dievakuasi, dan menjelaskan jumlah masyarakat asli papua yang masih berada di banti,utikini dan kimbeli;

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayor Jenderal TNI George Elnadus Supit dengan tegas mengatakan perjuangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di wilayah Tembagapura akan sia-sia. George menegaskan siapa pun tidak ada yang bisa mengganggu NKRI.
“Lebih baik mereka menyerahkan diri. Percuma mereka tidak akan menang saya yakinkan itu,” Menurutnya, perbuatan mereka menyalahi hukum dan aturan. Maka apapun tujuan mereka tidak tercapai, karena tugas aparat kemanan TNI-Polri melaksanakan tugas mulai. Selagi masih ada TNI, siapa pun tidak ada yang bisa mengganggu keamanan di NKRI.

Pangdam mengatakan, sampai saat ini aparat TNI masih disiagakan di sekitar wilayah Banti, Kimbeli dan Utikini Distrik Tembagapura. Sementara itu dalam pemeliharaan sekitar lokasi Banti, kimbeli setelah adanya intimidasi sedang diupayakan pembuatan pos pengamanan di lokasi tersebut

papua1

Kapolda Papua Irjen Boy Rafli Amar memberi Penjelasan yang intinya sbb :
Pelaksanaan operasi terpadu TNI Polri 2017 penanganan KKB di wilayah tembagapura. Sudah banyak kriminal yang dilakukan oleh kelompok KKB Melakukan aktifitas penembakan kepada masyarakat sipil, TNI dan Polri.
Di era reformasi ini kami sebut mereka dengan KKB dan mereka sangat marah, karena apabila mereka di sebut sebagai Kelompok separatis mereka semakin senang dan menganggap mereka sebagai organisasi separatis. Dalam penanganan tindakkan KKB ini kami lebih mengutamakan penegakan hukum. Kami pihak kepolisian dalam penanggulangan KKB ini mengalami kesulitan karena kami di siapkan belum terlalu efektif sebagai kombatan, untuk itu sesuai undang undang kami meminta bantuan kepada TNI dalam penanganan kelompok kriminal bersenjata tersebut;
Kapolda menjelaskan tentang senjata yang dirampas oleh kelompok KKB pimpinan Sabianus Waker dan Ayub Waker yang merupakan senjata dari anggota Brimob. Kami lebih menonjolkan aksi aksi penembakan yang dilakukan oleh kelompok bersenjata dan kami lebih mengejar pada tindakan kriminal yang kita sebut KKB dengan tujuan agar sebutan KKB tersebut tidak mendunia seprti sebutan Kelompok Separatis.
Kapolda Papua memaparkan Tindakan tindakan kriminal yang dilakukan oleh kelompon KKB, juga menjelaskan Struktur organisasi Pengamanan PT.FI yang di sebut satgas Amole dan Satgas Pam Wilayah;

Setelah kami meminta bantuan kepada TNI dan Saya bersama Pangdam membentuk satgas bersama
Dalam pelaksanaan operasi kami menggunakan cara negosiasi dengan mengedepankan tokoh agama,tokoh Ham, dari Provinsi dan Kabupaten namun dalam negosiasi yang berlangsung 1 minggu tersebut tidak berhasil. Kami juga sudah melakukan upaya penyebaran Pemberitahuan agar menyerah dan meletakkan senjata mereka namun hal ini juga tidak berhasil sehingga pada akhirnya kami melakukan operasi pembebasan sandera

Masyarakat sangat resah dengan kegiatan Kelompok Separatis tersebut, dan saya memohon agar dari kami polri dan rekan TNI dapat memberikan rasa aman terhadap masyarakat dengan mendirikan Pos Pam TNI Polri Di banti,utikini dan kimbely. Kejahatan yang dilakukan Kelompok tersebut sudah sangat banyak dengan malakukan perampasan uang dan emas milik warga dengan totol emas 254,4 Gram emas, pemerkosaan,penjarahan, warga di aniaya dengan di todongkan senjata.
Kelompok Bersenjata ini selalu mempublikasikan dan mengatakan kami dari Polri dan TNI sering melakukan tindakan kekerasan HAM namun nyatanya yang melakukan kekerasan adalah kelompok mereka sendiri

papua2

Panglima TNI memaparkan intinya:
Saya sangat berterimaksih dalam pelaksanaan operasi pembebasan sandera yang sudah dilakukan karena dengan begitu banyak nya masyarakat yang sudah berhasil di bebaskan, dengan keadaan geografis yang sangat sulit. namun yang terpenting adalah tindak lanjutnya.
Aapabila masyarakat yang masih menetap di kimbeli dan utikini tersebut bagaimana mengenai makanannya
Video video yang di unggah gerakan separatis tersebut merupakan video kejahatan yang telah di lihat oleh Dunia. Mereka adalah kelompok separatis bersenjata yang sudah melakukan tindakan pelecehan seksual.
Yang di incar dunia adalah papua karena papua bisa menghidupi dunia, mari sama sama kita pikirkan negara ini untuk masa depan anak cucu kita yang akan menjadi generasi penerus di negara ini;

Saya sudah menyampaikan dalam pelaksanaan operasi tersebut kepada Pangdam XVII/Cendrawasih agar lakukan semua nya dan saya akan bertanggung Jawab. Yang jelas dunia sudah melihat bahwa kita sudah melakukan suatu kegiatan pembebasan sandera yang sulit tanpa ada korban. Pemda harus ikut bertanggung jawab berperan penting dalam penanganan masyarakat, jangan hanya TNI-Polri yang selalu dilibatkan dalam mengatasi kesulitan masyarakat.

5 Perwira Menolak Naik Pangkat, Panglima TNI Terharu

Panglima TNI Gatot Nurmantyo membeberkan alasan kelima perwira TNI yang menolak dinaikkan pangkatnya setelah berhasil melaksanakan operasi pembebasan sandera di Kampung Banti dan Kimbeli, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua.

Menurut panglima Gatot, kelima perwira ini menyampaikan sendiri kepada KSAD bahwa mereka menolak menerima penghargaan tersebut. Sebab, menurut mereka, keberhasilan operasi pembebasan sandera di wilayah Tembagapura adalah keberhasilan anak buahnya.

“Kelima perwira ini menyampaikan kepada bapak KSAD, bukan kepada saya. Menyampaikan bahwa keberhasilan ini adalah milik anak buahnya. Jadi, sepantasnya kenaikan pangkat hanya anak buahnya, bukan perwiranya,” tutur Gatot seusai melaksanakan upacara pemberian penghargaan kenaikan pangkat luar biasa bagi 58 prajurit TNI di Kampung Utikini, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua, Minggu (19/11/2017).

Kelima perwira tersebut, adalah Lettu Inf Shofa Amrin Fajrin selaku Komandan Bantuan Kipan B, Lettu Inf Agung Damar P selaku Danunit 2/1/1/13 Kopassus, Lettu Inf Sukma Putra Aditya selaku Danunit 2 Bakduk 812 Sat-81 Kopassus, Kapten Inf Sandra SP selaku Danki Taipur, dan Lettu Inf Akhmad Zainuddin selaku Danyon Taipur 1/A.

Meski menolak, mereka kelima perwira tersebut bukan berarti lepas dari tanggungjawab jika operasi militer pembebasan sandera yang dilaksanakan gagal. Alasan inilah yang membuat panglima Gatot menjadi terharu. “Tetapi kalau gagal, tanggung jawab kami (kelima perwira). Itulah yang membuat saya terharu, luar biasa mereka,” ujarnya.
Meski demikian, selaku pimpinan, kata Gatot, TNI pastinya akan memperhatikan juga apa yang sudah di buat oleh kelima perwira tersebut, dan itu menjadi suatu prestasi tersendiri yang patut diperhatikan. “Tetapi kami memperhatikan juga pendidikan mereka,” terang Gatot.

Panglima TNI menyampaikan bahwa siang ini saya datang ke sini untuk memberikan ucapan selamat kepada prajurit semua, dan saat ini dunia akan lihat Indonesa bahwa oprasi pembebasan sandra ini tidak menimbulkam korban jiwa;
Panglima TNI menyampaikan juga oprasi ini di lihat dunia bukan indonesia saja juga menunjukkan bahwa kekompakan TNI dan POLRI dapat menjaga keutuhan NKRI. sebentar lagi akan ada Pilkada sehinga Panglima TNI menekankan kepada pihak Polri apabila melihat anggota TNI yang berpolitik Praktis silahkan tegur dia dan segera laporkan. Di dalam politik siapa yang pegang TNI/ POLRI dia yang akan menang sehinga jangan sampai kita di manfaatkan oleh politik;

Panglima TNI menyampaikan juga bahwa tugas Oprasi ini belum selesai dan jangan sampai terlena
Panglima TNI mengucapkan terimakasi, untuk personil Batalion yonif 754 yang ikut dalam Oprasi pembebasan Sandra akan di berikan penghargaan sekolah lebih dulu dari teman-temannya tanpa tes

Selamat atas prestasi yang diraih Prajurit TNI dalam pengabdian kepada nusa dan bangsa…Mempertahankan NKRI.
Bhirawa Anoraga Sakti tapi tetap rendah Hati.
Jayalah TNI

papua3

*Ungkapan Hati Putra Papua Untuk TNI*
By Jhon Kogoya

Hai Putra-putri Nusantara….

mungkin Saya bukan siapa-siapa bagi Bangsa dan Negara ini apalagi menyimak sikap patriotik Bangsa Indonesia. 5 orang Prajurit muda pasukan khusus TNI menolak menerima kenaikan pangkat setelah berhasil melaksanakan tugas spektakuler pembebasan Sandra yang belum tentu ada pasukan khusus lain dari belahan dunia manapun yang mampu berbuat hal yang sama. *_”Keberhasilan dalam Tugas adalah milik anak buah tapi kegagalan adalah sepenuhnya tanggungkanlah Pimpinan”_*. Terus terang Saya malu sama kalian Saudaraku, Saya malu karena Saya belum berbuat sekecil apapun demi Bangsa dan Negaraku.

Disaat orang-orang di Republik ini sedang gencar-gencarnya berebut kekuasaan, pangkat, jabatan dan kedudukan, tidak peduli harus mengorbankan rakyat dan kedaulatan bangsa dan negara, yg penting tujuannya tercapai.

Lihatlah penomena Pilkada di Papua dan di daerah lain di seluruh Nusantara, untuk mengejar kursi jabatan rakyat yang harus berperang, saling bunuh, saling bantai, saling makan Saudara sendiri, menghancurkan dan meluluh lantakkan fasilitas umum, fasilitas Negara, rumah rakyat dibakar dan lain-lain. Sementara itu para pemburu kekuasaan sedang bereforia dengan harta yang dirampas dari rakyat dan negara. Berpoya-poya di tempat gemerlap, melancong ke luar Negri, berjalan dengan sombong dan pongah, makan di restoran elite, menginap di hotel berbintang, mengendarai mobil mewah, naik pesawat harus kelas bisnis.
Tapi apa kabar dengan Rakyatnya? Berapa persen rakyat yang belum bisa baca tulis? Berapa banya orang Yang belum berbusana kain? Berapa persen warga yang belum hidup di pemukiman yang layak? Berapa banyak warga yang belum mendapatkan pelayanan kesehatan? Bagaimana nasib generasi muda yang tidak dapat akses pendidikan yang layak.

Tapi lihatlah haiiiii Putra-Putri Nusantara…. lihatlah Kesatriaku, Kesatria Bangsaku… 5 Orang Perwira muda Pasukan khusus TNI berjuang mengabdi demi keutuhan dan Kedaulatan Bangsa dan Negaranya, demi kemanusiaan dan rakyatnya yang tertindas. Tidak mengejar pangkat dan jabatan, tidak butuh disanjung dan dipuja, tidak minta fasilitas hotel mewah dan lain-lain. Dia memilih tidur dihutan menerobos belantara, menyibak gelapnya malam, merambat mendekati sasaran, menahan lapar lelah dan peluh demi rakyatnya yang tertindas, demi kemanusiaan dan demi Kedaulatan bangsa dan Negaranya.

Hai Patriot Bangsaku… Hai Kesatriaku… Aku tidak mengenal kalian dan kalianpun tidak pernah mengenal aku, yang pasti aku tahu bahwa warna kulitmu beda dengan warna kulitku, rambutmu beda dengan keriting rambutku. Tapi darahmu semerah darahku, jiwamu seputih jiwaku, Kita semua adalah Merah Putih.
Kawanku… Engkau adalah milikku dan akupun milikmu. Engkau adalah Kesatriaku… Aku tahu engkau banyak dilecehkan orang, dicibir orang, engkau dibilang makan tidur tampa kerja. Bahkan engkau dianggap tidak dibutuhkan di Negri ini, TNI dibubarkan saja karena Negara tidak butuh TNI, banyak kok Negara yang tidak punya Tentara, itu kata-kata sinis dari mereka para penghianat-penghianat Bangsa, para linta-linta darat penghisap darah rakyat. Mereka mengatakan bahwa kalian bersandiwara, main sinetron, rekayasa dll.

Tapiii engkau tetap Patiotku, Engkau tidak perlu dikenal dari identitas Tapi dunia telah mengenal sikap prilaku dan Pengabdianmu…

*Jayalah TNI … Jayalah NKRI….*

dedenew520

Dirangkum oleh Patsus Naga Samudra
Gambar oleh Google dan Patsus Dede Sherman

Share.

101 Komentar

    • Sdh lihat yang dibelantara…?
      Apakah mereka mengenyam se empuk yang engkau nikmati…?
      Tahukah kau dingin udara hutan melebihi AC hotel bintang 5
      Pernah kau rasakan gigitan nyamuk hutan dan binatang berbisa di mimpi mu..?
      Itu….aku rasakan tanpa perlu kau ketahui
      Itu bagian dr pilihan pengabdianku
      Itu kulakukan agar mimpi dlm tidurmu terus berlanjut…
      Bagiku negeri ini jauh lebih berharga dari hidup dan baktiku…
      Jayalah negriku…
      Hentikan keangkuhan dan kerakusan
      Bila…
      Itu akan menyakitkan generasi persada

  1. Senang bangga dan haru. Tetaplah rendah hati para kesatria ku. Dunia melihatmu. Dunia mengagumimu. Semoga slalu jaya aamiin

  2. tetap semangat bung-bung Patga semua …
    media mainstream memberitakan pembebasan sandera di Papua .. dengan hasil akhir 2 orang OPM tewas, 6 terluka .. sisanya lari ke hutan karena dikejar oleh para ksatria kita …
    monggo bung PR, BW .. atau bung Hadna … itu yang dikejar … apa ada hoax corner nya ya … apa ilang semua atau sisa berapa para penghianat negara itu … termasuk apa ada juga burung albino yang di karungin lagi …

    ngupi dulu ,,, sambil nunggu rembesan para sesepuh di mari …

  3. Saya sangat geram , dengar bacot mereka ini itu dan ham ditambah lagi yg terbaru akademisi internasional seenak perutnya minta TNI dan Polri keluar dari Papua, papuaasih NKRI…emang ente siapa berani nyuruh hulubalang kami pergi dengan alasan pelanggaran HAM..tu Rohingnya kok ga ada yg koar koar masalah HAM…gimana ni para sesepuh???

    • ada yg megang ss2 + grenade launcher, ss2+scope, hk416, sniper ax308…mohon koreksi, krn pic kurang jelas.

      sayang ngga ada yg make ss3 , mungkin di team laen ada yg make.

  4. Manusia yg minta TNI di bubarkan itu yg separatis.pengkhianat NKRI wajib di keluarkan dari nkri,ibarat anjing gila yg di tolongin malah menggigit balik penolongnya,usir saja dari bumi NKRI.atau sekalian dikirim saja ke Sukabumi dan balik papan alias kedalam kuburan..manusia sampah

  5. itu aerial view drone apa satelite yah…..scr pixel nya detail…….

    trus khas satellite deh tone warnanya…..

    mantaaabbb, semoga belum dihapus sama ndoro…bei..

  6. wih keren ya tembak nya
    n kata” yg dari saudara Papua
    ayo donk tambahi gmna screen shot ceritanya masak kalah pamor sama si papa n tiang listrik

  7. Mantabs TNI! Colek bung BW siapa tau mampir abis ngeronda, ntu kasel argentina dipasifik koq bisa semaput, ditambah kapalnya jepun jg klelep ditempat yg sama, mngkali bung BW puny rembesan

  8. pemburu rajawali on

    Yg jelas byk yg sdh di kebumikan dg rapi dan senyap. Keberhasilan ops ini jg di dukung asupan intel yg baik bahkan para KKB ini ada yg tdk sadar side by side dg para ksatria 4meter saja..hehehe!

    Belum lg para Runduk yg bertugas sgt profesional 24jam on scope..

    Hayoo kenapa ada satu KRI standby saat ops pembebasan berlangsung.

    • siappp bung PR .. walah2 .. kalimate bung PR bilang .. “byk yg sdh di kebumikan dg rapi dan senyap” … mestine lebih dari 2 yang tewas sama yang luka-luka si bandit2 itu yang bung PR ….
      terus yang jadi pertanyaan dari rekan patga yang lainnya bung … apa masih ada albino yang ikutan dibelakang bandit2 itu .. dan ikut dikebumikan dengan senyap juga?

    • Kang PR,
      Kirim ke markas patga ya itu dog tag anjing2 albino nya……toch nanggung krn tuannya yg di batavia gak akuin kalo itu anjing2 albino mereka….
      #edisi : ngarep hoax corner……kiranya ada tambahan rumpon lontong disana….upsss…

  9. @ bung PR : Kayaknya KRI SRI standby di laut pas ops basra supaya dak ada gangguang kepada “kawan” dari anasir yang “dicurigai, sekalian menyekat yang pengin “kabur” pake sampan

  10. pemburu rajawali on

    @preman hehehe KKB kok punya Command Post lengkap pula gadgetnya.. Ya pantas lah kalo di ratakan.

    Wah klo rumpon 2 saya kurang paham..hehehe!!

  11. Alhamdlh…akhirny para sandera bebas,hormat saya buat para ksatria2 ibu pertiwi…maaf para sesepuh saya coba ikut menganalisa ya….
    1.para kkb mungkin udh ditongkrongin 1 minggu seblum operasi…
    2.operasi nie menjadikan yg teriak2 ham hanya bisa diam dan bgi kita momen nie skligus buat bersih2…
    3.knp ad kri yg stand by krena buat sekat sklian klu ad yg berani coba2 sklian aj ditenggelamkn…
    4.harusny ap yg dibilang panglima tni adalah lampu hijau buat yg dilapangan untk exsekusi dan lampu merah buat para kkb beserta dosenny…
    5.tpi y sudah udh diperingatkan suruh nyerah mlah bandel,sekrng hilang deh…dan termenung lah para dalang dibelakang
    6.skrng mlah bkin extrim cuaca,lihat saja pemblasan kami itu pasti…
    maaf klu analisa saya belepotan,maklum ank baru yg pengin ngangsu ilmu kpda sesepuh disini…
    #[email protected] tolong dibenerin y analisa ngawur saya…hehehe
    #[email protected] anda bnar….hehehe
    wes ane pamit dlu mau istrhat….

    • ekstrem cuaca yng disni (banjir, longosr, dingin teruss) bikinan sanakah? HAARP?… terus balasannya kebakaram hebat di california itu kah? mohon penjelasannya

  12. Terimakasih bung @PR , @kjm, @beny,..yang tersurat difahami yang tersirat dimengerti.
    Perihal cuaca memang luar biasa penomena..nya bikin tubuh gampang sakit juga…
    Semoga para patriot selalu dalam lindungan allah swt…amin.

  13. pemburu rajawali on

    @priangan amien
    @beny sebetulnya “mereka yg memusuhi/mengancam” 24/7/365 di pantau. Hanya saja politik policy lah yg sering jd tembok halang.

    #jikq terlalu gaduh ya senyapkan saja sekalian..xixixi

    • Untuk urusan senyap dan politik policy wes ono bagiane dewe2 to [email protected] dasarnya semua itu satu satu kesatuan yg tdk terpisahkan dlm strategi politik global.
      Sing penting la pinter2 an strategi.. Mereka 1,2 langkah gimana kita 4,5 langkah sdh membaca..akhire jebakan batman.. Hehehe
      Edisi# Analisa ngawur.. Monggo dilanjut.

    • Jadi demikian ya paparannya bung PR….bukankah tembok politik lokal udah acak kadul sekarang….keropos…..pastinya akan sangat mudah dimanfaatkan unt kepentingan yg ingin diwujudkan bagi pemangku nya.
      Bung PR ….ada 2 poin yg ingin tahu arah hembusan anginnya….
      Pertama; itu tumben2nya publikasi di pinoy gede-gedean atas masuknya alutsista baru beli dan atau sumbangan dari beragam negara maju…(apa ini project divertion atas oleh2 unt nusantara atau malah mjdkan pinoy sbg benteng awal bendung arus nogo buntung?)
      Kedua; kenapa diriku merasa bhw bedhol kantor dari batavia ke bogor lebih bersifat terlalu personal daripada strategisnya mengingat ada perubahan hawa yg dibawa oleh patih batavia yg baru. Adakah alasan2 yg bisa mengarah pd penyelamatan proyek2 sapi perah sbg imbal dagang dgn 9 cacing yg menyertainya?
      Kedua-b; koq bung BW gak nongol2…biasanya mampir dech di warung kopi patga sekedar bawa satu hal dan beberapa hal lainnya….
      Salaam bung PR…smg ada cahaya….

  14. ingin tau pandangan para senior disini.
    pernah saya baca bahwa panglima mengatakan “TNI juga berpolitik, tapi politik negara”. yang saya pahami bahwa TNI akan melakukan segala cara agar republik ini tetap tegak berdiri. apakah ini berarti bahwa bisa jadi suatu saat TNI bisa saja bersebrangan dengan pemerintah (entah pemerintah yang mana)?.
    pernah saya baca bahwa..kudeta militer di thailand merupakan upaya militer utk menghambat pengaruh cina yang semakin kuat.

  15. pemburu rajawali on

    @pw bisa di katakan demikian bung pw temboknya keropos kalo bisa jebol sekalian..hehehe.

    @MR maaf sy tdk bsa krn msh berlangsung ops nya.

    @kang mardi pinoy memang di kuatkan secara masif jg terfokus utk mengejar ketinggalan modernisasi alutsista,skill dan logistik militer mrk. Kasus marawi adalah pembelajaran yg sangat mahal bagi pinoy sdg kn efek cina jg penting di waspadai walau mrk jg hibahkan beberapa alutsista ke pinoy sbg Good Will mitra Asean. Jgn lupa Brunai pun diam-diam meningkatkan kemampuan tri matra nya.

  16. pemburu rajawali on

    Statemen panglima TNI hrs di kunyah, dicerna,di lihat secara luas di timbang secara dalam agar paham maksudnya. Jadi tdk bisa sepotong-sepotong bung mardi. Sepengetahuan saya TNI tdk pernah bersebrangan dg Pemerintah. TNI adalah bagian dari Pemerintah jg Rakyat. Jika lau di masa lalu ada yg di sebut “makar” era Sukarno itu jg tdk lepas sbg koreksi politik,sosial ekonomi walau akhirnya “saudara kita” ini terkena arus Proxy intelijen asing. Dari pra kemerdekaan sampai hari ini pun perang Proxy terus berlangsung.

    • maaf..sebagai rakyat kelas bawah menangkap bahwa bisa saja penguasa bersikap tidak patriotik. adakah TNI melakukan penangkalan2 tdh efek2 yg mungkin ditimbulkan dari sikap tidak patriotik penguasa.
      maklum..sepertinya byk kelas2 bawah macam saya ini yg khawatir dgn kondisi negara kedepan. ingin ikut urun memperbaiki, tapi ndak tau bagaimana caranya.

  17. Salaam Bung PR….
    Jadi begono ya bung ttg penguatan pinoy dan brunei…….yayaya….semakin menggelitik unt bertanya lagi…..hihihi….
    Bung…..intukan ada renstra bhw super tucano akan pindahan di tarakan permanently…..nah, itu base bekas skadron super tucano di ngalam akankah dijadikan sbg base skadud baru kah? Apa akan diisi oleh yg bersayap delta kah? Yg dari negeri viking / eiffel / big ben ya ?
    Kedua; konsep mef kita saat ini udah running selevel berapakah progress nya? Masih bertahan pd terminologi minimum atau udah berubah mjd medium bahkan maximum kah ? Apa msh berjalan hal tsbt dgn kondisi minus 400T dari target pemasukan dari sisinya bu kasir ?
    #edisi: kuliah pagi penambah nutrisi otak….
    >>>colek bung BW …..sepi banget ya….lg sibuk buru paus kah ? Smg ada insight dari bung BW ttg penempatan KRI di mimika….hehehehe…

  18. pemburu rajawali on

    @pw mef udh level berapa ya?hehehe
    Yah liat saja KN Tanjung Datuk sbg ilustrasinya

    Kang tukano memang akan pindah bersama sang Kxxx sbg backup Coin++ sedang ex rumahnya ya buat sayap delta negri xxxxxx lah!

    • pencari kebenaran on

      tahun ini perhatiin banyak kapal perang kelas 5-7 ribu ton dari eropa, cina dan korea kunjungan ke sini, kita punya gak yang sekelas itu terus jenis dan asal negaranya juga dong

  19. Gadjahmada_soldier on

    Salam kenal semuanya.. Alhmdllh.. Setelah bertahun2.. Saya bisa coment.. Karena baru tahu caranya.. Mohon maaf..

  20. ini belum selesai :-D masih ada beberapa KKB yang melarikan diri dan masih ada pendonor dana nya yang belum ketangkap salam NKRI

  21. Running text tv1 “kapal patroli AL tenggelam di perairan sumatera utara” semoga para kesatria dikapal tersebut senantiasa diberi perlindungan dan keselamatan oleh Allah SWT..AMIIIN

  22. Iya tuh kok bisa tengglam y?…apa ad lontong zionis kah?….semoga para patriot bangsa diberi kselamatan…..amin

  23. pemburu rajawali on

    KRI Siberau tenggelam murni karena faktor alam bung.. Tidak ada korban jiwa dlm insiden ini. Insya Allah tim salvage AL bisa recover KRI ini jika cuaca membaik.

    • 4 Pesawat Militer Rusia Mendarat di Biak Numfor, Ada Apa?

      Pemandangan berbeda tampak di Bandara Internasional Frans Kaisiepo, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, Selasa (5/12/2017). Ada empat pesawat Rusia yang mengangkut 110 personel militer Rusia mendarat di bandara tersebut.

      Empat pesawat tersebut terdiri dari dua pesawat angkut jenis Ilyushin-76/78813 dan Ilyushin -76/78810, serta dua Bomber Tupolev TU-95 MS yang merupakan jenis pesawat pengebom strategis bermesin turboprop empat yang memiliki panjang 46,2 meter dan sayap 50,10 meter.

      Komandan Lanud Manuhua Kolonel PNB Fajar Adriyanto mengungkapkan, keempat pesawat dengan 110 personel itu diterima langsung oleh beberapa pejabat TNI AU yang ada di Biak.

      Fajar menjelaskan, kedatangan pesawat Rusia tersebut untuk melaksanakan misi Navigasi Exercises atau latihan penentuan kedudukan (position) dan arah perjalanan baik di medan sebenarnya atau di peta dan juga untuk wisata alam di Indonesia, khususnya di Biak.

      “Mereka datang untuk melaksanakan misi latihan navigasi jarak jauh dari Angkatan Udara Rusia. Kabupaten Biak dipilih sebagai lokasi titik akhir navigasi yang sudah dikaji oleh staf ahli Mabes TNI dan Rusia. Ini merupakan program kerja staf Mabes TNI dan Mabes AU,” kata dia.

      Dalam kegiatan ini, lanjut Fajar, tidak ada unsur lain kecuali hanya terbang navigasi yang didahului oleh pesawat angkut Ilyushin -76 sebanyak dua pesawat yang telah mendarat dini hari di Biak dan disusul oleh dua pesawat Bomber jenis Tupoleve tu 95 ms.

      “Dua pesawat Bomber ini datang tanpa dilengkapi dengan amunisi dan kamera intai, jadi murni hanya terbang navigasi. Terbang navigasi itu sendiri adalah terbang dari poin ke poin dengan mengandalkan ketepatan koordinat yang tidak melenceng arahnya dengan melewati spesifik daratan dan lautan serta mencoba pertama kali untuk terbang melintas garis khatulistiwa. Untuk misi penerbangan ke sini, tidak ada unsur ancaman ataupun misi lain,” ujar dia.

      Menurut Fajar, pendaratan militer rusia ke Biak ini merupakan kesempatan bagi warga di Kabupaten Biak untuk mengenalkan kesenian tari yosipancar, adat dan budaya Papua, serta tidak kalah pentingnya sebagai destinasi wisata alam dari Dinas Pariwisata Biak untuk mereka yang selama ini mencari daerah panas yang eksotik.

      “Mereka akan berada di Biak selama lima hari dan akan dibawa ke tempat wisata. Mereka terbang dari Rusia dengan suhu –37 derajat celsius dan landing di Biak dengan suhu 37 derajat celsius, perbedaan suhu yang signifikan antara suhu Rusia sebagai home base mereka dan suhu di Indonesia, khususnya di Biak. Sekaligus kesempatan bagi mereka untuk menguji kesiapan dan ketahanan pesawat mereka yang selama ini hanya terbang di daerah bersuhu dingin,” tutur Fajar.

      http://regional.kompas.com/read/2017/12/05/17465491/4-pesawat-militer-rusia-mendarat-di-biak-numfor-ada-apa

  24. sugie freedom on

    Ada bomber tu95 rusia ke indonesia ( biak) ini langka terjadi…dan beritanya lagi rame
    Apalagi isu papua lagi hangat…
    Apakah ini kode halusnya rusia bahwa bumi papua ada di belakang kita….

  25. pemburu rajawali on

    Hanya terbang Navigasi kok!! Ya sekalian ukur panjang-lebar landasannya siapa tahu pas dg si Angsa putihnya.. Diego garcia lsg melek abis dgr si gaek parkir.

    Itu isi IL76 nya apa ya? Xixixi

    • pencari kebenaran on

      jangan pake pancingan kayak gitu dong, Bung PR. Apaan aja isi IL76tuh? terus Tu160 maksudnya mau diakuisisi?

    • Salaam bung PR….

      ……owalahhh….aku kira lagi pasang es campur yg 400-an……
      …..ehh…siapa tau….semua krunya amnesia balik pakai penteleyev sambil nikmati panasnya khatulistiwa….lha gimana coba sepanjang tahun beku kedinginan….hihihi.

      # kalo diegogarcia open house sambil melotot……ehhhmmmm…..yg jindale pasti juga gak mau kalah…..hehehe…..
      Coba2 tebak ahhh…..yg bikin sport jantung tetangga2 sebelah itu yg 4 burung itu atau isinya ya ? Kalo aku aamiin aja jikalau yg angsa putih mau pindahan tinggal dimari…..lha itu saudara jauhnya beda indukan udah betah di negeri gingseng

    • Ikut menganalisa ah…brangkali dpet hadiah…hehehe
      klu awk pentelenyot entr blikny naik ilusin sklian awak tu sepuh bisa g ya [email protected]…?kan udh lumayan longgar t4ny karna bawaany udh diturunin…klu punggung api sih bisa nyusul kpan2 klu udh jdi mutant…hehehe
      #edisi lgi ngigau….xixixi

  26. pemburu rajawali on

    Bung beny,bung pw lg mancing mania hehehe..
    @zero itu heli mi 17 bung..

    Siap..siap dg draft kongres nih..

  27. Selamat datang T-Bear, sejuk baling baling, mu blanja apa mau nginep selanjutnya.
    Jangan Ngambeg ya gak mau pulang..

    Bung pesenan apa ini ya….nonkrong di Biak

  28. bung PR dan bung BW …
    di warung yang lain … lagi rame dibahas GECO air … yang mau diinstall di Su-27, Su-30, F-16, Hawk, T-50 dan Super Tucano .. apa bung PR dan bung BW ada rembesan yang dulu katanya CMS lokal yang bisa ngobrol antara kstaria darat laut dan udara? hehe …
    salam sehat semua bung patga

  29. pemburu rajawali on

    geco sbg tools pembantu pilot utk shortlist order of battle,klo CMS air to ground / sebaliknya lg di tes bung. sejatinya hrs nya sdh fully operasional hehehe.. ya kmrn di papua sdh di tes kok .

    semoga betah itu spetnaz..xixixi

  30. Nambah wawasan bung @ PR, woow sekali rupanya di balik kehadiran 4 sayap Rusia …, semoga para Patriot selalu di berikan kekuatan, kesehatan dan keberhasilan dalam bertugas.. amin..

    Selalu beri kabar kami tentang kondisi terkini, sepertinya…4G war sedang berlangsung tanpa sepengetahuan kami yang awam.

    terimakasih.

  31. kalo versi media barat cnn, herald, dll diakhir berita tertulis “but there was no immediate indication that the flights could continue in the future.”
    pdhl rilis resmi berita nasional adlh kerjasama navigasi jarak jauh, yang namanya kerjasama ya masa cuma sekali hahaha..
    kyknya berita versi aseng buat hibur diri sendiri deh

  32. Salaam bung PR…..

    Lho…ada spetnaznya juga ya….wahhh….jadi mutant dech itu konteks kerjasama latihan navigasi jarak jauh……lha piye toh….itu 4 sayapnya pakdhe putin bisa jadi muter2 senusantara selama masa penugasan…..kan navigasinya jarak jauh dari asalnya…..hihihi….memaknai dgn cara miring kepleset kulit pisang…..

    Mosok iyo….spetnaz cuman jagain 4 burung itu……ehhh siapa tau mo belajar berburu gagak albino yg langka ….soalnya gagak albinonya punya peneng di lehernya….hihihi…..kenapa ya?….lho kan udah dirilis sinetron isis sudah usai….,nah pastilah lg di inisiasi area sinetron baru…..lha dimari lebih kompleks tampaknya……hadir nyatanya tidak terlihat….ramainya di Medsos….tapi kalo mati beneran hilang nan sulit ditelusuri….hihihi…..

    Semoga aja bung PR lg baik hati….mo ngasih kuliah malem sabtu….kenapa dan ada apa lalu apa dampak dan pengaruh dari donald bebek ttg jerusalem sbg ibukota negeri bintang biru bagi nusantara ? Akankah kotak pandora terbuka antara nusantara dgn palestina dan negeri bintang biru ?

  33. Menurut saya kerjasama dgn rusia saat ini sgt dibutuhkan terutama di papua, mengingat usa dan aussie selalu memainkan standar ganda disana. Adanya rusia disana bisa dijadikan pertimbangan agar usa dan aussie berpikir dua kali lagi utk bermain mata disana. Tentunya kerjasama ini akan dilanjutkan selain krn faktor kerjasama yg sdh berjalan spt pengembangan peluncuran antariksa di biak jg krn posisi biak yg strategis di pasifik dan asia tenggara krn bisa men-cut support dari guam dan darwin bila ada dispute di korut dan lcs.

    Biak sebagai pangkalan AU jg perlu penangkis udara makanya ada pesawat illuysin. Gadis cantik harus bisa membaca kesempatan dan strategy utk memudahkan pemecahan persoalannya.

  34. Gadjahmada_soldier on

    Maaf sebelumnya kalau pendapat saya salah.. Bukanya klaim donald duck justru membuat indonesia semakin mudah menggalang suara untuk melepaskan palestina dari israel? Maaf kalau pendapat saya salah saudara2 sekalian.

  35. Perang Indochina, Vietnam punya perjanjian dengan uni soviet, kalau Vietnam diserang oleh pihak luar, maka soviet wajib bela. China invasi Vietnam dan Apa yg terjadi, soviet hanya bantu air lift saja!!
    Pejuan Vietnam yg gagah berani berhasil mengusir kungfu panda, banyak yg tewas di kedua pihak , tapi tak sejengkal tanah Vietnam diambil kungfu panda. Pelajaran berharga bagi kungfu panda kok bisa kalah…. Akhirnya Ksatria Nusantara yg harus maju juga bukan mother Russia

  36. pemburu rajawali on

    @pw pengumuman Donald berefek terbelahnya dunia hehehe. Turki yg teriak-teriak bela Palestina sj sampai detik ini tdk berani putuskan hubungan diplomatik dg israel.
    Secara lsg AS membuka kotak pandoranya sendiri jg umumkan kpd Dunia bahwa musuh sejatinya adalah dunia Islam..xixixixi
    Tak ada lagi aliansi tahun depan.. Apakah donal akan dimakjulkan?l

  37. Sepertinya mereka yang jumawa, mulai prustasi ya bung @PR, bingung mau pake apalagi biar hegemoni dan eksistensinya (negara super Donald) terlihat …, kuras habis kantong biar anggaran terlihat gemuk…
    Maaf asumsi pribadi…
    Terus berkarya para ksatria garuda…kitalah raksasa sebenarnya…, Semoga para patriot selalu dalam lindunganNya….amin..

  38. Salam bung @PR, melihat syam sepertinya masih panjang perjalanan damainya bung, yang makin asik dan menarik itu pergerakan indonesia di politik luar negri, setiap akhir taun selalu ada tamu istimewa, walaupun kadang yang istimewa ada bencana, ada kawan lama, bahkan ada sesepuh lama dan yang ini bikin trauma dan susah tidur. Bung @ PR itu museum di yogya ngak ilang anak kesayangan kan???

  39. pemburu rajawali on

    Yg di musium yogya tdk hilang kok.
    Lebih baik mana TU atau rudal balistik,ya tergantung sasaran jg tujuannya atau lbh ok lg di pakai dua-duanya.

    Kita sdh jelas posisi utk palestina tinggal negara teluk yg hrs ambil sikap jgn ambigu. Kita hrs paham bahwa pengaruh israel sdh masuk di negera teluk dg sgt dalam. Selama Palestina” ada maka israel akan terancam terus.

    • Bung PR, itu rudal sdh intercontinental kah?? Pake warhead brp ratus kt??….., mantab kl TU nggendong rudal balistiknya…. Hehehe

    • pencari kebenaran on

      Bung PR ada gak target Indonesia kapan bisa merambah luar angkasa? India China aja udah mulai ancang2 bikin sistem quasi-GPS masing2

    • Bencana bagi Liga arab ini bung PR, semakin lama semakin sulit lepas dari kekangannya sepertinya bung, terlalu manis dengan minyak hingga saudara sekandung pun mereka korbankan.
      bung PR, Soal ICBM sepertinya garuda-garuda lapan sudah paham hal itu bung PR, lah RX saja sudah bisa 7 Mach belum lagi sentuhan eyang RI 3 yang bisa loncat jadi 20, tapi itu buat kirim satelit ya bung PR. hihihiiii
      Klo TU jelas kita butuh bung tapi ya itu tergantung sasarannya, mau yang selatan, utara apa yang lepas pantai,

  40. Salaam bung PR……hehehe…
    Mbok yao jangan dikasih opsi memilih tupolev atau rudal balistiknya……lak luwih becik dikasih paket lengkap gak pakai lama dan repot……hihihihi….

    Kang…..itu lho….mbokya yg dimari dikasih rembesan2 hasil di ankara soalnya capek kalo baca info dari arus utama hehehehehe>>>>…..langkah diplomatik kita spt apa dan sejauh mana lalu pengaman kebijakan dan putusan diplomatik tsbt berwujud apakah….dapet cak lontong 214 dan milgem kah plus panah2 arjuna dan sarana kavaleri dan infanteri buat nusantara…….
    Eniwei…..mohon dicerahkan apa sich bedanya jerusalem dengan jerusalem timur ? Apa berada di titik koordinat yg sama atau beda ya Kang?…..kapan ya Kang itu Palestina memproklamasikan kemerdekaannya ? Krn itu mjd landasan hukum bagi entitas negara Palestina yg berdaulat dan akan diakui oleh negara lain…..
    #lg ngarep sinau tenanan iki….

Reply To TTTTT Cancel Reply