DEMOKRASI KITA DEMOKRASI TERPIMPIN .

136

DEMOKRASI KITA DEMOKRASI TERPIMPIN .

dedenew469
Negara berdasarkan Panca Sila menjalankan demokrasi nya bukan demokrasi liberal tetapi demokrasi yang berdasarkan Panca Sila adalah demokrasi Terpimpin .

Demokrasi terpimpin menurut istilah UUD 1945 ialah “Kerakyatan Yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan ”

Demokrasi terpimpin bukanlah diktatur ,beda dengan sentralisme,dan sangat berbeda dengan demokrasi liberal yang dijalankan model pilkada ,pilpres saat ini .

Demokrasi terpimpin adalah demokrasi yang cocok dengan kepribadian dan dasar hidup bangsa Indonesia sejak dulu kala .

Demokrasi terpimpin adalah demokrasi disegala soal kenegaraan dan kehidupan kemasyarakatan ,yang meliputi bidang-bidang politik ,Ekonomi ,Sosial .

Inti dari demokrasi terpimpin adalah “Permusyawaratan “bukan oleh perdebatan dan penyiasatan yang diakhiri dengan mengadu kekuatan dengan perhitungan banyak -banyakan suara .

Hasil dari “Permusyawaratan perwakilan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan ” diserahkan kepada Presiden yang dipilih oleh “Permusyawaratan “pula guna dilaksanakan itulah Garis -garis Besar Haluan Negara (GBHN) oleh sebab itu Presiden bertangung jawab kepada MPR .

Demokrasi terpimpin adalah alat bukan tujuan ,sedang tujuan melaksanakan demokrasi terpimpin adalah masyarakat yang adil dan makmur yang penuh dengan kebahagiaan materiil dan spirituil ,sesuai dengan cita -cita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945′

Sebagai alat maka demokrasi terpimpin mengenal juga kebebasan berfikir dan berbicara tetapi harus menjaga keselamatan Negara, mengutamakan kepentingan rakyat banyak, menanamkan kepribadian bangsa, menjaga batas kesusilaan sopan santun, dan batas terakhir adalah mempertangungjawabkab dihadapan Allah .

Masyarakat adil dan makmur tidak bisa lain dari pada suatu masyarakat teratur dan terpimpin yang terkait pada batas-batas tuntutan keadilan dan kemakmuran, maka Ekonomi harus melaksanakan pasal 33 UUD 1945 dalam rangka ekonomi terpimpin untuk tujuan masyarakat yang adil dan makmur .

Untuk melaksanakan demokrasi terpimpin maka perlu ada nya pengaturan partai politik, mengembalikan fungsi golongan -golongan fungsional, mengembalikan fungsi MPR sebagai lembaga tertinggi negara yang menampung seluruh elemen bangsa.

Jadi Negara berdasarkan Panca Sila adalah negara dengan demokrasi yang terpimpin bukan demokrasi yang pertarungan yang sangat Liberal, tidak mungkin tujuan masyarakat yang adi dan makmur diletakan dalam sistem demokrasi liberalisme, kapitalis .

Butuh kesadaran dan perjuangan untuk mengembalikan Negara Panca Sila dengan UUD 1945 proklamasi .

dedenew432

 

 

REVOLUSI KITA KEMBALI KE UUD 1945 MENGEMBALIKAN TUJUAN BERNEGARA MASYARAKAT ADIL DAN MAKMUR .

Amandemen UUD 1945 dengan merubah tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara justru kita masuk didalam alam ketidak adilan , semua yang berkuasa partai politik suka tidak suka mau tidak mau rakyat di partai politikan, jika tidak ikut didalam partai politik maka rakyat tidak punya hak bersuara, tidak punya hak memilih .

Partai politik menjadi segala-gala nya kehidupan rakyat ini ditentukan oleh suara politik, bahkan rusak dan tidak rusak nya kehidupan berbangsa dan bernegara ditentukan oleh banyak-banyakan suara di DPR .

Masih terasa terngiang-ngiang ditelinga kita soal LGBT, lontaran ketua MPR yang menyentil ada beberapa partai politik yang menyetujui UU LGBT , bahkan lebih jelas lagi ketua MPR mengatakan ada delapan partai yang menyetujui peredaran miras ,sudah jelas rusak dan tidak rusak nya negara ini ditentukan oleh partai politik . rusak dan tidak rusaknya bangsa dan negara ini ditentukan oleh banyak-banyakan suara .

Amandemen UUD 1945 ternyata tidak hanya mengancam kehidupan berbangsa dan bernegara tetapi justru kita tidak mengerti arah dan tujuan negara ini, apakah mungkin tujuan Masyarakat adil dan makmur diletakan pada sistem Liberalisme Kapitalisme ? sungguh sebuah ironi apakah Keadilan Sosial bagi rakyat Indonesia bisa dicapai dengan Banyak-banyakan suara, kalah menang , kuat-kuatan , pertarungan ?

Apa yang terjadi dengan ekonomi kita tidak lagi bertumpuh pada pasal 33 UUD 1945 , ekonomi dijalankan dengan Liberalisme , Kapitalisme , bagaimana mungkin 74 % lahan dikuasai oleh segelintir nonpribumi ,ekonomi dikuasai segelintir orang , bahkan kekayaan alam dikuasai asing .semua serba asing dan pangan kita , beras , garam , daging , bahkan ikan asin pun harus import .apakah mungkin dengan model sistem negara yang dijalankan sekarang ini tujuan bernegara masyarakat adil dan makmur bisa terwujud ?

Mari kita membuka lembaran sejarah bangsa apa yang sedang terjadi sekarang ini sudah pernah terjadi dinegeri ini dan mari kita baca cuplikan pidato Bung Karno Penemuan kembali Revolusi kita (The Rediscovery of Our Revolution) 17 Agustus 1959 di Jakarta

…………” Sebetulnya, dulu, Rakyat dalam berbagai lapisan atau berbagai golongan, telah juga menjalankan aktivitas di lapangannya masing-masing. Akan tetapi aktivitasnya itu tidak terkoordinir satu sama lain, tidak terkoordinir di atas persadanya satu dasar dan satu jurusan, – “satu buat semua, semua buat satu”, – satu, yaitu Negara supaya menjadi Negara Kesatuan yang kuat berwilayah kekuasaan dari Sabang sampai ke Merauke, dan Masyarakat supaya menjadi masyarakat adil dan makmur yang memberi kebahagiaan kepada semua warga negara di seluruh tanah-air.

Dulu aktivitas itu kadang-kadang bersimpang-siur, sehingga kadang-kadang aktivitas satu golongan dilakukan atas kesengsaraannya atau kemelaratannya golongan yang lain. Aktivitas yang bersimpang-siur ini malahan tidak mendekatkan kita kepada tujuan Revolusi, melainkan malahan menjauhkan kita dari tujuan Revolusi!

Karena itu kita sekarang harus mengadakan herordening dan koordinasi total!

Herordening politik.
Tidak boleh lagi terjadi, bahwa Rakyat ditunggangi oleh pemimpin.
Tidak boleh lagi terjadi, bahwa Rakyat menjadi alat demokrasi.
Tetapi sebaliknya, demokrasi harus menjadi alat Rakyat.
Alat Rakyat untuk mencapai tujuan Rakyat.Tujuan Hakyat yang telah dikorbani oleh Rakyat berpuluh-puluh tahun, yaitu Negara kuat, masyarakat adil dan makmur.

Demokrasi Terpimpin tidak menitikberat-kan kepada “satu orang = satu suara”, sehingga partai menjadi semacam “koeliewerver” di zaman Belanda, hanya sekarang werver suara, tetapi Demokrasi Terpimpin menitikberatkan kepada:

1. tiap-tiap orang diwajibkan untuk berbakti kepada kepentingan umum, berbakti kepada masyarakat, berbakti kepada Bangsa, berbakti kepada Negara; dan

2. tiap-tiap orang berhak mendapat penghidupan layak dalam masyarakat, Bangsa dan Negara itu.

Demikianlah herordening di lapangan politik.

Herordening ekonomis bermaksud agar supaya seluruh susunan ekonomi-nasional dijadikan pancatan ke arah ekonomi “adil dan makmur” yang akan direalisasi kelak.
Jelas di sinipun sudah tak boleh diberi jalan kepada ekonomi liberal, di mana tiap-tiap orang diberi kesempatan untuk menggaruk kekayaan ten koste daripada umum.

Di dalam herordening ekonomis ini, maka kehidupan ekonomis bangsa sudah akan dipimpin, ekonomi bangsa dijadikan ekonomi terpimpin. Sebagai yang saya katakan tadi, maka di dalam herordening ini setidak-tidaknya semua alat-alat-vital produksi dan alat-alat-vital distribusi harus dikuasai Negara, atau sedikitnya diawasi oleh Negara.

Revolusi Indonesia tidak mengizin-kan Indonesia menjadi padang-penggarukan-harta bagi siapapun, – asing atau bukan asing. Siapa menggaruk kekayaan ten koste daripada umum, siapa mengacau perekonomian umum, dia akan kita tangkap, dia akan kita seret di muka hakim, dia akan kita hukum berat, dia kalau perlu akan kita jatuhi hukuman mati!

Demikian pula persoalan tanah. Kita mewarisi dari zaman Belanda beberapa hal yang harus kita bantras. Antara lain apa yang dinamakan “hak eigendom” di atas sesuatu bidang tanah. Mulai sekarang kita corèt samasekali “hak eigendom” tanah dari hukum pertanahan Indonesia. Tak dapat kita benarkan, di Indonesia Merdeka ada sesuatu bidang tanah yang dieigendomi oleh orang asing, in casu orang Belanda! Kita hanya kenal hak milik tanah bagi orang Indonesia; sesuai dengan fasal 33 Undang-Undang Dasar ’45.

Kecuali herordening politik dan herordening ekonomis, kitapun harus mengadakan herordening sosial. Sejak pecahnya Revolusi kita, saya sudah menandaskan pentingnja “kesedaran sosial”.Lima kesedaran saya tandaskan pada waktu itu.
Kesedaran nasional, kesedaran bernegara, kesedaran berpemerintah, kesedaran berangkatan Perang, kesedaran sosial, –

Demikianlah kusebutkan soko-guru-soko-guru bagi kehidupan bangsa, pada waktu itu.Ternyata kesedaran sosial ini dalam waktu survival dan investment bukan makin subur dan makin kokoh, tetapi makin mundur.Bagi liberalisme dan individualisme telah menggerogoti dalam-dalam.

Apakah pengejawantahan kesedaran sosial daripada bangsa Indonesia? Pengejawantahan kesedaran sosial itu ialah persatuan, gotongroyong, semangat yang saya namakan semangat “ho lopis kuntul baris”.Semangat persatuan, semangat gotong-royong, semangat “ho lopis kuntul baris” itu adalah syarat mutlak bagi terselenggaranya masyarakat adil dan makmur.

Tetapi apa yang kita lihat sejak kita meninggalkan alam Revolusi phisik, masuk ke dalam wilayah Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Serikat dan Undang-Undang Dasar 1950? Liberalisme meracuni kesedaran sosial kita itu, individualismenya meretakkan dan merekahkan semua Kohesinya persatuan kita, kegotong-royongan kita, keholopiskuntulbarisan kita, sehingga kita menjadi satu bangsa yang penuh dengan kankernya daerahisme, kankernya sukuisme, kankernya multipartyisme, kankernja golongan-isme, dan lain-lain.

Individualisme, – itu musuh terbesar daripada idee keadilan sosial -, menyelinaplah ke dalam kalbunya bangsa Indonesia, bangsa Indonesia yang dari dulu terkenal sebagai satu bangsa gotong-royong, dan yang di dalam Revolusi phisik memang benar-benar bersikap sebagai satu Bangsa yang kompak bergotong-royong.

Bagaimana kita bisa membangun satu masyarakat keadilan sosial, kalau individualisme merajalela di dalam kalbu kita? Oleh karena itu, perlu sekali kita sekarang mengadakan satu herordening sosial, agar supaya dapat terlaksanalah apa yang dimaksud dalam Undang-Undang Dasar ’45 fasal 33 bahwa perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan.

Demikianlah, Saudara-saudara, maka nyata perlu sekali kita mengadakan herordening-herordening di bidang politik, ekonomis, dan sosial itu.
Memang ordening politik-ekonomis-sosial itu pada hakekatnya adalah inti daripada Revolusi kita, jiwa daripada Revolusi kita.Ia merupakan tiang-pokok yang menyangga Revolusi kita itu. Tanpa tiang pokok ini, Revolusi kita tak akan mungkin mencapai tujuannya dan lebih daripada itu: Revolusi kita akan ambruk di tengah jalan. “A Revolution is an outburst of the collective will of a people” –

Revolusi adalah peledakan daripada kemauan kolektif daripada sesuatu bangsa, demikian dikatakan oleh seorang sarjana. Dan bagaimana Revolusi kita akan dapat berjalan, dan mencapai maksud, kalau kemauan kolektif itu telah pudar oleh liberalisme, individualisme, sukuisme, golonganisme, dan lain-lain sebagainya lagi?

Ordening politik-ekonomis-sosial itu dus sebenarnya adalah kekuasaan pokok, – hoogste gezagdrager – daripada kehidupan nasional kita ini. Tiap orang, tiap warga-negara, tiap golongan, ya, segala apa yang kumelip di atas bumi Indonesia ini, harus tunduk (gesubordineerd) kepada autoriteasnya hoogste gezagdrager ini.

Autoritas yang tertinggi dalam kehidupan Nasional kita itu, autoritas Cakrawarti dalam Revolusi kita itu, adalah ordening kolektif yang saya maksudkan itu. Sebab ia menentukan (bepalend) apakah kita ini akan dapat hidup terus sebagai satu Bangsa yang hendak menyelenggarakan masyarakat adil dan makrnur atau tidak. Ia menentukan (bepalend) apakah Revolusi kita ini akan mencapai tujuannya, ataukah kandas di tengah jalan.

Jelas bahwa autoritas tertinggi ini bukan orang, bukan Presiden, bukan Pemerintah, bukan Dewan, tetapi satu Konsepsi-hidup yang menjiwai Revolusi. Pendek-kata dan garnpangnya-kata, segala apa yang menjadi cita-cita Revolusi ’45 itu, – itulah autoritas yang tertinggi, itulah hoogste gezagdrager, itulah Cakrawarti.

Itulah yang harus dilaksanakan, itulah yang harus kita ta’ati, itulah yang harus kita kawulani. Segala susunan kehidupan nasional kita harus kita tujukan dan tundukkan kepada realisasinya cita-cita Revolusi itu.

Dan siapa tidak mau ditujukan ke situ, siapa tidak mau ditundukkan ke situ, dia adalah penghalang Revolusi.
Itulah yang saya maksudkan dengan “ordening”, “herordening”, “retooling”, dan lain sebagainya itu. Dan inilah baiknya Undang-Undang Dasar ’45: ordening dan retooling itu dimungkinkan dan dapat dijalankan, melalui saluran Undang-Undang Dasar ’45. Oleh karena itu pulalah, maka kita kembali kepada Undang-Undang Dasar 1945……”

Butuh kesadaran bersama seluruh rakyat Indonesia , kesadaran berbangsa dan bernegara , kesadaran ber Panca Sila. Kesadaran terhadap hak dan kewajiban sebagai anak bangsa , kesadaran untuk bersatu , kesadaran untuk meluruskan cita-cita negara Masyarakat yang adil dan makmur .semua itu butuh kesadaran kolektif kembali kepada UUD 1945 .

dedenew451

JADI YANG MEMBEDAKAN UUD 1945 dan UUD HASIL AMANDEMEN ADALAH UUD 1945 DIJIWAI OLEH AMANAT PENDERITAAN RAKYAT , SEDANG UUD AMANDEMEN DIJIWAI DENGAN INDIVIDUALISME LIBERALISME , KAPITALISME
Jadi jangan heran kalau negara sudah tidak Berdasarkan Panca Sila dan tidak bertujuan Keadilan Sosial Bagi seluruh rakyat Indonesia .jangan heran kalau subsidi buat rakyat miskin dihentikan .jangan heran kalau ekonomi dikuasai oleh segelintir orang ,jangan heran kalau 74% lahan dikuasai non pribumi ,dan jangan heran kalau masa depan anak cucu kita akan semakin tidak jelas .

Oleh Prihandoyo kuswanto
wiyung 27012018
Gambar oleh Patsus Dede Sherman dan Patsus Citox

Share.

136 Komentar

  1. pemburu rajawali on

    Hasil utama dari Reformasi anak muda.. Hehehe!
    Dulu mereka Teriak Demokrasi tp tidak paham Demokrasi Pancasila. Saat mereka Msh mahasiswa teriak lantang Demokrasi saat sekarang mereka tenggelam dg hasil panen mereka.

    Jadi siapa yg bertanggung jawab dan menanggung hasilnya?

    Mari kita dukung munculnya Raja dan War Lord baru di negeri ini*

    *look with mirror!

  2. pemburu rajawali on

    @defcon hehehe kaya di kemndagri jg kantor Gubernur nya tdk ada yg pantas!. Ingat, TNI-Polri itu Alat Negara jd harus Netral 1000% secara institusi atau pun Pribadi. Kecuali.. Urgenitas keamanan negara terancam. Secara Institusi Sdh jelas,tp yah ini pendapat pribadi! Sdh sangat sarat kepentingan Pribadi Pembesar/ex..

    Kembali ke Rakyat nya sendiri jika begitu! Perlu apa tidak diadakan pemilihan secara langsung ala Barat! Kalaupun memakai Demokrasi Pancasila pun blm jaminan jg akan terpilih pemimpin yg siap Mati utk bela Rakyat! Jd Rakyat lah yg memutuskan secara cerdas,arif,bijak jg santun mengenai hal ini.

    Ingat! Yang memiliki Negara Republik Indonesia beserta Militernya dan Polisi itu Rakyat bukan PerOrangan atau pun Partai..amit amit Konglomelarat eh Konglomerat..xixixi.

    Sdh cukup kita berjudi saat Reformasi jilid 1-3.. Cukup sudah.

    • YA , saya jg setuju dgn pendpt anda, sdh cukup kita berjudi saat reformasi jilid 1-3 !
      TAPI , saya tidak setuju klo reformasi Plinthengan berhenti smpe di sini….dulu s75 devina…..skrg berlanjut s300v, s300pmu1, s300pmu2……..ke dpn semoga berlanjut ke s400,…..bahkan s500.

      • membantu mengutipkan perbincangan di warung sebelah tepatnya di bulan Januari 2013 … hehe monggo dicek ya bung – bung sekalian … terutam bung PR …
        penanya,” Ada yang tahu gimana kabarnya pembelian ToT rudal pertahanan udara jarak menengah LY-80 / HQ 16 RRC?”
        penjawab ada dua hehe
        penjawab pertama,”rumornya da masuk lewat kapal rahasia yg bongkar muat di perairan sulawesi”
        penjawab kedua,”…jgn bilang2 dong…ntar yg di cilacap..ketahuan juga…opz”
        penjawab pertama,”podo podo keceplosan…sing penting kan gak kabeh”

        lha sekarang dah tahun 2018 …. monggo dianalisa kata bung PR .. kalau kita jeli dibalik berita uji coba rudal petir … ada berita rx atau rhan ,,,

        detailnya monggo dicerahkan bung PR atau bung BW .. hehe

        • Tahun 2014 ada kunjungan 80-an taruna AAL ke China pake KRI Banjarmasin 592….KRI yang segede itu “cuman di isi 89 orang” lha apa dak ada KRI yang lebih kecil atau kok dak naik pesawat aja ya, pinjem herky dari TNI-AU misal…ato mungkinkan selain bawa taruna yang kunjungan, juga ada “misi khusus” mengambil sesuatu dari sono….embuhlah aku yo ra mudheng yen wis ngene iki

          • Tahun 2014 ada kunjungan 80-an taruna AAL ke China pake KRI Banjarmasin 592….KRI yang segede itu “cuman di isi 89 orang” lha apa dak ada KRI yang lebih kecil atau kok dak naik pesawat aja ya, pinjem herky dari TNI-AU misal…ato mungkinkah selain bawa taruna yang kunjungan, juga ada “misi khusus” mengambil sesuatu dari sono….embuhlah aku yo ra mudheng yen wis ngene iki

  3. pemburu rajawali on

    @kingsoka hehehe masih inget ae kang! Yah,klo jeli tiap ada rx-rhan nyempil si petir kecil jg besar.
    Pak RR kn pengen tambah si falcon lg sekalian “injek” metis, si beruang kasih aku penawaran ky gini loh,sampean arep kei penawaran opo!! Wkwkwk.

    @peter pokok e AL tambah terus pertahun 1-9 unit begitu jg AD dan xxxxxxx detasmen khusus.

  4. Mantap…[email protected]…ternyata…, alhamdulillah semoga bertambah dan terus beranak pinak…hehehe…ditengah suasana yang hening ternyata sibuk sekali…
    Btw maaf ini geopolitik sepertinya lagi tinggi tensinya…kemana angin berhembus..nih…?
    Maaf bahasanya riweuh…hehehe..

  5. bung – bung sekalian .. ijin share kembali sebuah opini di warung sebelah sekitar Agustus 2014 …. monggo bagi yang mau menambahkan atau mengoreksi …
    “Izin Komentar sedikit..

    KPK tidak mungkin bisa & tidak mungkin diperbolehkan untuk meng-audit TNI & Kemenhan secara institusi yang sifatnya terkait dengan pertahanan NKRI. Karena kalau itu dilakukan sama saja menelanjangi Republik ini didepan umum. Banyak rencana-rencana strategis pertahanan yang benar2 tidak boleh diketahui oleh sipil. Bahkan di Kemenhan maupun Mabes TNI sekalipun jalur nya dilakukan secara berjenjang. Intinya, bahkan tidak semua petinggi TNI bisa mengetahui seluruh sistem pertahanan negara kita. Begitu juga di Kemenhan tidak semua sistem rencana strategis bisa diketahui dengan mudah. Bahkan menyebut senjata-senjata strategis saja menggunakan kata-kata Sandi tertentu, baik masih dalam masa perencanaan, penelitian, tender, dan lain sebagainya.

    Saat ini TNI sudah sangat jauh berbeda saat masa orde baru dulu. Sekarang internal audit ditubuh TNI sangat ketat, ditambah lagi ada beberapa lembaga negara yang juga ditugaskan untuk mengaudit seluruh pengeluaran TNI yang tentu saja dilakukan dengan sangat rahasia. Susah mengatakan jika budget pertahanan yang diumumkan ke khalayak umum ketika tidak sesuai dengan apa yang terlihat langsung dikatakan terjadi korupsi. Karena banyak aktifitas-aktifitas pertahanan yang memang terlarang untuk terpublikasikan dalam bentuk apapun. Misalkan jika TNI melakukan aktifitas spionase yang ruang lingkupnya sangat luas & memerlukan biaya besar dengan resiko yang juga besar. Negara kita memiliki atase-atase pertahanan maupun agen-agen khusus hampir disemua negara kuat diseluruh dunia. Tidak ada satupun kejadian yang terlewatkan oleh “Radar” pengamatan negara kita. Begitu juga kita memiliki sistem senjata yang di “titipkan” di sejumlah negara, maupun perjanjian pertahanan dengan negara-negara tertentu.

    Satu contoh saja, tidak ada satu negara pun yang hingga saat ini yang bisa membaca kekuatan pertahanan NKRI dengan benar. Negara2 kuat bahkan hanya bisa meraba-raba berapa jumlah pesawat tempur yang dimiliki Republik ini? Berapa jumlah kapal selamnya? Berapa jumlah misil nya & jenis apakah yang digunakan? Sejauh apa teknologi pertahanan yang sudah diterapkan oleh Republik ini? Bahkan berapa jumlah pasukan tempur reguler yang sebenarnya? Dan masih banyak lainnya. Walaupun sebagian pengamat mengatakan bahwa di era keterbukaan teknologi saat bisa dengan mudah mengetahui anatomi pertahanan setiap negara, nyatanya hal itu tidak terbukti. Karena kalau itu benar, tidak mungkin banyak negara seperti Australia, Malaysia, Singapura, Inggris, bahkan Amerika Serikat sekalipun begitu paranoid tentang kekuatan militer NKRI.

    Sekali lagi sebaiknya KPK mengkaji ulang rencana audit ditubuh TNI, demi kebaikan bangsa kita..

    Saat ini kami di TNI tidak takut terhadap musuh yang ingin perang terbuka, karena TNI siap menghadapinya. Justru yang ditakutkan adalah musuh yang menggerogoti dari dalam, seperti separatisme, dll, yang sifatnya kasat mata & sulit untuk langsung dihadapi dengan laras senapan..”

  6. pemburu rajawali on

    Sudah di jawab oleh bung kingsoka pertanyaan bung defcon.. Hehehe.

    Alutsista tua bukan berarti tidak lagi lethal to kill,cukup di remajakan dan bsa bertugas puluhan tahun lg hnya saja teknologi terbarukan jg harus di adopsi dg baik jg bijak.

    @priangan angin cukup kencang menurut BMKG hehehe. Politik itu bersifat dinamis jg kompromistis.

    #ada apa dg turki yg bermain russian rollet saat ini?

    • Yang bikin saja masih di pakai sampai sekarang, massa kita yang beli ngak mau pakai kan sayang klo cuma di pajang di museum doank, yah ibarat batu akik makin di gosok makin mengkilap makin mahal. Negara kita itu superduper kreatif.

  7. Ijin sharing kembali opini di warung sebelah sekitar Maret 2014
    ,”“Sedangkan untuk Yonkavser berat memiliki setidaknya 30-40 MBT sekelas Leopard 2RI/Leclerc /T-90/99 atau tank medium buatan dalam negeri yang dilengkapi kanon 120 mm.”

    sekelas Leopard dgn cannon 120mm .. wah.. mantap euy”

    monggo bung PR atau bung lain menambahkan … sekarang dah tahun 2018, apa ya cuma leopard saja yang sdh ada ya? hehe

  8. pemburu rajawali on

    Kemungkinan di embargo kecil tp tdk menutup kemungkinan hal tsb terjadi.

    @kingsoka leopard sj ud bejibun hehehe.. Klo yg sekelas atau di atas Leo ada di……xixixi

    • pencari kebenaran on

      wah bung PR gak sekalian kerjasama tank dengan turki ditingkatkan dengan lisensi Altay mereka? tampilannya gahar punya

      • Jangan Altay. Sangat mahal, memecahkan rekor K2 Korea sebagai tank termahal pada 8 juta USD, Altay sampai 14 juta USD perunit.

  9. pemburu rajawali on

    @pencari kebenaran turki utk saat ini blm memiliki kapabilitas utk manufaktur MBT tp tdk menutup kemungkinan 1-2 dekade kedepan,begitu jg dg kita. Saat ini kita baru mampu bermain dan beradopsi di level Medium Tank sambil jalan belajar adopsi MBT jg produk sampingannya seperti SLT-Senjata Lawan. tank jg Pesawat.

    Proyeksi pengganti satuan Pembom era TU 16&IL 28 sdh dlm proses dlm arti luas jg dalam.hehehe

  10. Wah sumringah banget saya, bung @PR dengan kalimat, “sekelas mbt dan satuan pembom dalam arti luas”
    Artinya luas kemana mana…trimakasih Para Patriot dalam kesenyapan makna itu terbersit saat kunjungan kepala negara kebeberapa negara terkahir ini, saya memaknai bahwa kita siap dimanapun ….diseluruh penjuru dunia..,siapa yang memulai atau mengajak perang, front kita akan bertindak dengan efektif dinegara sumber…konflik…

    • pencari kebenaran on

      wah makasih dijawab bung PR. tanya lagi dong. Kalau kedepannya kita mau mengembangkan MBT, bakal joint project ama turki lagi (atau negara lain?) atau kayak india bablas sendirian?
      lalu MBT tu bakal kisaran berapa ton?
      Terus itu Armada ke-3 di papua apaan main strike forcenya? sekelas atago DDG dan los angeles SSN semoga ada dong

    • Bung @PR , ya itu mungkin istilahanya…hehe.., maaf saya ngerecokin…btw itu dipapua beberapa pewarta kata beritanya digiring karena tulisan yang yang diputer balik…atas black ops kah..?
      Wabah dipapua juga mungkin ada mata rantainya..? Maaf bung ngerepotin kepo banget…

  11. ijin sharing dari warung patga ini di tahun 2016 an … hehe ..,”kan saya “bercerita” dengan dasar berita bahwa USS Donald Cook pernah dijamming oleh pespur Su-24 Fencer… Berdasarkan cerita ini, sang Komandan AB II sudah tahu kalau di jamming oleh buatan Blok Timur, yang tidak diantisipasi adalah ada ECM khusus ditambahkan di jammer blok Timur ini……hehehehe… hoax lho bung…”
    monggo bung PR .. gimana nih sekarang dunia pernika kita sekarang .. hehe .. KCR .. CN 235 .. apalagi .. terus siapa lagi yang sudah merasakan pernika kita ..

  12. ijin sharing …. kuliah dari bung PR di warung sebelah sekitar September 2014 … hehe apa ini ya bocorannya si petir yang gede ?
    ,”Makin tinggi jangkauan tembak,makin tinggi jg error hit nya sekalipun guidance ny sdh multiple. Jk bicara efek destruktif beda dg efek penggentar. Punya india blm di coba dsni,bru pemaparan teknis aj. Fokus ke depan adlh RX 550 up dg reverse dr pengalaman Projek kartika,R-Han dan Yakhnot. Pendapat pribadi sy,lbh baik yg ada & sdh serta akan berjalan prog A1 Rudal ny makin di percepat krn kawasan makin bikin Gerah..”

  13. ijin komentar para sepuh PG dlm alam pikiran sy Pemerintah (legislatif,eksekutif n yudikatif) sbg pelaksana or penyelenggara istilah dlm tanda petik Direktur utk pembangunan n mensejahterakan rakyat lalu payung hukumnya adalah Pembukaan n UUD 1945…dasar berkehidupan adalah Pancasila n Bhineka Tunggal Ika sedangkan Negara Republik Indonesia (Nusantara) itu berdiri sendiri istilah dlm tanda petik komisaris n ini ada orang”nya…namun dlm pasal di dlm UUD 1945 wewenang/kekuasaan tertinggi di limpahkan ke RAKYAT sehingga Negara Republik Indonesia (Nusantara) itu sendiri seakan-akan Ghaib/hilang dlm tanda petik padahal sebenarnya tdk ghaib/hilang ttp ada…sdangkan institusi TNI di masukan dlm pasal UUD 1945 mewakili Negara Republik Indonesia dlm hal pengamanan n keamanan dlm tanda petik masuk kedlm struktur pemerintah (eksekutif) tp sesungguhnya institusi TNI sngt istimewa bagi Negara Republik Indonesia makanya institusi TNI Berpolitik Negara
    namun dlm perjalanan pelaksaannya fungsi pengawasan yg di bentuk di dlm Pemerintah (Legislatif,eksekutif,yudikatif) banyak yg tdk berfungsi baik dgn banyaknya penyimpangan dlm hal penggunaan anggaran pembangunan belanja nasional/negara maka Negara Republik Indonesia menanggap perlu di bentuk pengawas Independen KPK sdngkan utk Non Budgeter KPK tdk bs..Negara Republik Indonesia mengeluarkan Non Budgeter utk keperluan strategis mungkin slh satu contoh utk alutsista TNI sbg benteng Nagara Republik Indonesia makanya alutsista TNI berkaitan dgn Non Budgeter terasa Ghaib tp sebenarnya ada. Non Budgeter kita banyak loh berupa asset Colateral yg di jadikan dasar sistem keuangan di Dunia.
    sy suka dgn slh satu kalimat penulis “JADI YANG MEMBEDAKAN UUD 1945 dan UUD HASIL AMANDEMEN ADALAH UUD 1945 DIJIWAI OLEH AMANAT PENDERITAAN RAKYAT , SEDANG UUD AMANDEMEN DIJIWAI DENGAN INDIVIDUALISME LIBERALISME , KAPITALISME”
    para elit politik, pejabat BUMN n para pengusaha papan atas masih ingatkah apa yg pernah di pinjam kan oleh Negara Republik Indonesia berupa Asset utk membangun n mensejahterakan rakyat tanpa kolusi n korupsi kelak kalian akan di minta pertanggungjawabannya.maih ingatkah Program yg tertuang dlm buku putih Ibu Tien .
    Negara Republik Indonesia sdang berbenah jd utk Calon” pejabat bekerjalah sesuai AMANAT jgn pd nakal…Mhn Maaf para sepuh andai ada pemikiran sy salah.

  14. pemburu rajawali on

    @kingsoka hehehe..
    @beny wah baru timbul lagi bung.. Xixixi

    #gagalnya taktik kavaleri turki.. Tank kok di suruh kluyuran sendiri tanpa backup infantri ya habis di babat.

    • bung PR … jawabnya pendek banget hehehe aja ….
      yang sistem pernika kita belum dicerahkan bung … atau bung lainnya bisa kasih rembesan atau bocoran?

  15. ….nyimak dulu ahh….sambil ngopi plus gorengan pisang…..

    #edisi:ngarep siapa tahu bung PR dan bung BW bawa oleh2 dimari…hihihi….

  16. pemburu rajawali on

    @pw Next G changbogo ala suroboyo
    Fighter-naval proggres,new sensor etc.
    Pokok e mulai feb rembes bin ngandang dsni. Bersama jg pengembangan taktik terpadu komposit air-land and naval.

    • Hehehe…salam hangat [email protected] harap maklum cuma bruh lepas tukang kebersihan bung….oh y saya nanya dong bung…
      1.soal naval klu bleh kasih kisi2 to klewang sebnerny dicopy berp sih bung…?banyk ap dikit…?
      2.soal fighter gmn kbar srikandi bung…?
      3.soal land ap bner bung mas leo dpat sohib dri timur buat jdi palang pintu drat kita
      4.sbnerny ini yg pengn saya thu bung soal taktik strategi land,fighter am naval tpi berhubung udh msuk wilayah gelap saya tidak jadi deh bung tanya soal nie tkut kena garuk satpolPP bung….hehehe

    • Salaam bung PR…
      Hihihihi…..nachkan….perlahan2merembes wes …….bikin hati jedak-jeduk moro2 ngandang…..lha garasinya kan dah pada jadi ya……

      Wahhhhh…next-G changbogo karoseri pal bakalan jadiiiii…..mutant bin siluman…..

      Coba kuliat dan kuingat…..fighter on progress….naval on progress…sensor on progress….radar aktif&pasif on progress… es campur warung buk minah on progress….inhan dalam negeri kawin silang bule on progress…..dan sterusnyaaaaaa….hihihi…

      #widiewww….tuing2 nich ama komposit air-land-naval strike >>>apa ini makhluk kogabwilhan yg akan mulai nyamber dech …..hehehe…..colek lagi ahh…..ehhh siapa tahu dapet secuil setetes rembesan paparanya ya bung PR…

  17. koopsau 3 udah di papua, armada timur & pasmar 3 juga, tp kenapa kostrad div 3 batal ya di papua, markasnya jadi di makasar, apa ada protes dari selatan ?

  18. Pada tanggal 28 September 1964, KS Alugoro (Whiskey Class) berhasil mengunci dengan depth persicope (kedalaman periskop) HMS Victorious yang sedang melewati selat Lombok tanpa terdeteksi HMS Victorious dan destroyer pengawalnya yang dilengkapi kemampuan AKS.

    Mengapa bisa demikian? di bulan Agustus biasanya angin muson timur bertiup kencang di sepanjang perairan Indonesia, kemungkinan karena melewati selat dengan deburan ombak besar dan kencang, maka juru sonar armada Inggris tak mampu mendeteksi KS Alugoro, mereka baru mengetahuinya saat KS Alugoro muncul di depan HMS Victorious dan memberikan kode morse ‘Bon Voyage’ dan kemudian dibalas AL Inggris dengan kode yang sama.

    Sekalipun seluruh armada Inggris sudah siap dan ingin menghancurkannya. Mereka sama sekali tak mengetahui bila saat itu masih ada 3 kapal selam Whiskey Class yang bertugas bersama KS Alugoro.

    Kisah ini merupakan prestasi luar biasa KS Whiskey class ALRI, dimana HMS Victorious merupakan kapal induk, dan pasca PD II Belum pernah ada KS diesel yang mampu melakukan hal tersebut bahkan AL Sovyet sekalipun.

    Lebih hebatnya karena Whiskey class yang dibeli Indonesia jauh lebih primitif dari seluruh KS PD II Jerman, Jepang dan Inggris karena tidak dilengkapi WC di dalamnya.

    Kisah ini tercatat dalam buku ‘Pengabdian Hiu Kencana’ yang tertulis sebanyak 2 paragraf saja

  19. pemburu rajawali on

    Div 3 kostrad sementara disana dikarenakan satu dua hal.
    Whiskey dg angin muson sebetulnya krn jeli nya sang skipper membaca situasi dan kondisi lapangan dg cermat, taktis jg akurat dan terbukti CVN bsa secara simulasi Lock on target.

    Sandingan om Leo memang dari Timur.,bisa timur bandung atau eropa xixixi.

    Soal pernika.. Sy jg takut di senggol satpo PP wkwkwkwk

  20. pemburu rajawali on

    @beny loh klewang 1 saja adik nya byk hehehe walau beda size jg gotongan. Blm lg LST oversize bintuni class yg sdg dlm proses layout bersama LCAC mirip beruang.

  21. Tapi kalau melihat armored division nya negeri cowboy , mereka ada brigade aviation nya, buat ngawal tank + ngancurin tank musuh (Apache + drone + blackhawk dll) Leo Leo kita bakal dikawal oleh siapa/apa dr udara? Doktrin AD seperti apa dalam pergelaran lapis bajanya

  22. pemburu rajawali on

    Kolom kavaleri kita di support infantri jg heli gunship baik dari Penerbad,Penerbal atau AU dan di level atas ada fighter support sdg parameter lingkungan oleh infantri mekanis dg kemampuan buru jg lawan personel/ tank. Di tiap komposit infantri ada tamtama SLT & SL Udara jk memungkinkan membawa jg Man PortableRadar Reciever a

  23. berita hari ini, alur sinetron lagi :

    Indonesia’s plan to receive its first Sukhoi Su-35 ‘Flanker-E’ multirole combat aircraft by 2019 is now at risk of being delayed unless the country can resolve a dispute over the list of commodities that are being offered to Russia as part of Indonesia’s counter-trade obligation.

    jadi lucu sendiri, media luar pusing prediksinya, dalam negeri adem2…
    sandiwarakah selama ini #glenfredly

    • Hihihi…..lha kan itu media asing gak pernah nonton ketoprak humor ato opera van java…..(padahal bung PR ketawa lepas ama bung benny kalo skenarionya dimakan mentah2 ama media asing….rasaiiin…..nyahokk lu…hahahaha)
      ….koq persoalan komiditas yg diblow up….lha emang NKRI itu cuman punya 1 atau 2 jenis komoditas apa?…..hahahaha….

  24. Salaam bung PR…
    Kasih paparan kondisi dinamis regional yg berpengaruh pada kepentingan nasional kita donk bung ….hehehe….
    *itu jualan abu sarap di pilipino udah kukut dan adem skrng….
    *yg di negeri2 timteng udah gak laku jualan ng-isis-nya
    *dan manuver turki diperbatasan siria…
    *itu si KJU koq juga udah adem …gak ndhableg maneh….
    >sekiranya ntar ini bakalan manggung apa lagi ya bung? Tanpa menafikkan agenda 5 tahunan 2018-19 ini…..

    • Kenapa harus main ketoprak humor, kasih tahu aja ke generasi zaman now, kalau kita punya squadron sukhoi. Biar ada rasa bangga / proud di generasi zaman now. Berita sukhoi berisiko gagal hadir di AU, bisa jadi bahan ejekan…. Meski tidak harus semua diumbar.
      Untuk menghindari persaingan di kawasan?? Ngga masuk akal contoh Singapore di zaman Dillan 90, meski TNI AU yaa …. Singapore tetap membeli Dan mengupgrade F15 Dan F16 nya

      • Cieee…cieee…..yg lagi gandrung dgn “dilan”…..
        ….yang aku baca bhw punggawa republik ini tidaklah beli alutsista hanya karena ejekan ataupun proud sbg dasar utamanya melainkan analisis kebutuhan alutsista dan tupoksinya dgn pertimbangan peta kekuatan regional yg kelilingi nusantara…

        ….apa terlalu berat buatmu unt membaca lebih cermat atas artikel yg nyatakan ada dispute commodities sbg media bayar pembelian su35 ?

        …..biar…kusampaikan sudut pandangku ya….bhw itu wartawan asing kan mengutip pejabat senior ttg dispute commodities unt bayar pembelian su35 tsbt….nah artinya sang wartawan / penulis artikel berusaha unt mengartikan dan melaporkan analisis versinya sendiri (plus “bisa jadi “ada pesanan titipan unt framing)…pernyataan itu bukan berarti gagal beli su35 krn ada dispute commodities yg disepakati di awal….kan nusantara punya banyak komoditas …lah itu kan alternatifnya…misal bayar pakai emas..tembaga..thorium…uranium…dll…

        Bung defcon3….nusantara kan udah punya skadud sukhoi di makassar…..kmd, unt memperkuat dan penguasaan teknologi pespur terkini maka….
        Nah….rencana strategisnya kan ‘AKAN’ membeli su35 ….

        Kenapa mesti bingung dan ragu dengan konsep dan cara berpikir mandiri dalam memutuskan yg terbaik unt nusantara….lha wong setiap koki masak punya ilmu dan seni memasak sendiri dan pastinya berbeda dgn koki masak lainnya…..apalagi kalo dianalogikan tata kelola pertahanusantara …..ya bedalah dgn negeri red dot itu…..

        Mana mau orang2 Indonesia didikte oleh orang lain !

        Semoga bisa menambah sisi pandang…salaam

      • loh …lah piye? kan sudah pada tahu sejak zaman mega dan SBY kalo kita sudah punya skadron su..terutama yang dimakassar.

        kenapa ya kalau melihat tulisan diembel embeli zaman now …jadi eneg gua. kayaknya ada semacam gerakan massif untuk merusak bahasa indonesia yang baik dan benar dijadikan kearah inggrisisasi… kalau bahasa/istilah inggris itu tidak bisa ditemukan padanannya di bahasa indonesia masih bisa di maklumi. tapi now kan sudah ada yaitu sekarang dan sudah umum sebelumnya.

  25. Dan kapan team aerobatic Elang Biru dihidupkan lagi? Kita butuh team aerobatic dengan pesawat “pancar gas”. Seperti Blue Angels Dan Thunderbirds. Prestige

  26. pemburu rajawali on

    SQ sukhoi itu sdh lumayan loh* ya memang yg di up layer lapis dua nya utk tiap matra .
    Tim Aerobatik itu bisa saja pakai pesawat Jet tergantung sikon jg perintahnya.
    Persaingan kawasan itu jgn di nafikan secara sempit krn bisa berbahaya,hrs di lihat secara luas jg strategis. Kita bisa sj blow up purchase seperti trikora tp jg ada efeknya baik vertikal maupun horisontal. Cth, tiap geser / deploy 1 pleton inf/tank/armed itu bkn sj yg sibuk personel deploymen tp jg anak cabang kesatuan lain dan itu jg berlaku dg AL/AU. Bicara beli alutsista bkn hanya bicara Tool nya sj tp jg teknologi, training,sucad dll yg klo d hitung bsa belasan baris hehehe.

    Sintron terbaru ya erdogan,Assad,putin vs donal cs.

    #super Mi 35 kaya apa bentuknya ya!

    • Mungkin seperti mi35 super hind nya afsel brngkali @bung pr…,ngemeng2 iya juga kenapa tni ad gak ngambil mi super hind yg seperti neg.afrika itu bung?

  27. pemburu rajawali on

    Jika jeli sdh byk di “hembus” kisi angin sepoy sepoy kemajuan jg geliat para kesatria. Bahkan oleh top level pun berhembus ckp kencang hanya saja byk yg terpaku dg framing dan anti framing. Ambil contoh simple nya bagaimana cina lsg memborong SU35 sdg kita baru “diskusi”,heboh nya frigate PAL hingga tetangga berlomba sowan ke negri sebrang utk akusisi/upgrade mainan,shutdown ny sebuah negri krn kehabisan fulus sebab riset dan praktek,panik nya beberapa negri eropa krn sista udara-darat-laut+ bwh air mrk yg ternyata tak sebanding.

    Coba jg telaah knp kita beli ngeteng dan kosongan? Hal tsb jg membuat jengkel kru tp setelah mrk tahu ya mrk ketawa jg. Negri ini bkn tdk mampu beli full set tp bkn pula negri yg tdk bsa modifikasi. Siapa yg sangka jika radar tua bisa endus melebihi range aslinya, siapa yg sangka jika si Leo yg di bilang sia sia tp bsa melatih dan tahan di hantam SLT 90mm short range bahkan sanggup tahan di gebuk 105mm 5meter disisi MBT? Siapa sangka jika heli serbu gado gado kita bsa menyerang silih berganti sampai 1jam dg kemampuan gotongannya, siapa sangka para HIU dan Ular laut bisa berubah wujud.. Ini lah negri yg tdk di sangka sangka dg kelebihan jg kekurangannya.. Hehehe

    • nah ini dia bung PR … barang jadul saja bisa jadi lebih bagus daripada aslinya ya bung PR .. hehe .. ini dia yang kagak ditemuin di warung lain ya … ga heran ya bung PR .. nyang pernika kaga berani dibabar hihihi …

    • maaf ya Kang PR, boleh ikutan nyobak nebak. Heboh nya frigat PT PAL, karena fregat rasa destroyer, bahkan mungkin bisa ngalahin destoyer cina. faktor silumannya karena coating asli buatan dalem negeri yang memng jos gandos yang sempat bikin geger isarel waktu KRI dponegoro di lebanon dolo. ditambah Radar revolusioner ori buatan sendiri yang tak bisa diendus oleh RWR kapal2 perang bule barat apalagi cina yang sekarang mungkin punya daya tangkap mungkin diatas 100km. cuga CMS nya andaikata sudah pake buatan PT LEN pastinya akan melebihi kemampuan buatan NATO yang versi ekspor. kalau senjata itu mungkin masih rahasia…. siapa tahu. blablablabla.

      jelaslah kalau sekedar malayisa singapore, dan australia kagak level sekalipun mereka punya kapal sekelas heavy fregat atau sekelas destroyer paling baru.

      kalo soal leo nya kita saya percaya … tetapi bagaimana dengan daya tahan dari gempuran serangan udara tank killer, macam A-10 thunderbolt atau warthog atau malah JU-38 jika masih anda? pesawat ini kan mengandalkan peluru 30 mm yang dirancang untuk menghancurkan tank dari atas, apalagi andaikata pelurunya itu dilapisi tungsten atau depleted uranium. masih sanggupkah leo kita yang sakti itu menahannya. karena yang saya tahu kelemahan disain tank apapun jenisnya…selalu mempunyai lapis baja bagian atas yang super tipis.

      semoga aja segera bisa diatasi.

    • INIlah keberkahan dari langit yang didapat dari indonesia, karena berjuang untuk nilai2 yang dicintai / diridloi oleh makluh langit, dan makhluk dibumi dan sudah tentu oleh sang maha pencipta ALLAH swt.

      Sedangkan negeri2 bule barat kan perjuangannya untuk kepentingan keuntungan semata oleh kaum elite kelas atas bukan untuk kepentingan/kemaslahatan rakyat banyak. Apalagi dilakukan dengan cara cara / nilai yang tak bermoral yang tak manusiawi (hakikat segitiga /piramide) . akibat nya tak akan mendapat berkah kecintaan makhluk dari langit maupun dari bumi dan tak akan mendapat ridlo sang maha pencipta. Karena sifatnya yang perusak, penghancur, penghisap, penjajahan dan perbudakan.

      sehingga hasil yang dicapai hanya kemenangan sementara, kemenangan semu, itupun karena kelihaian mereka melakukan tipu daya dan illusi palsu dengan media massa yang mereka kuasai. Ketika menghadapi kenyataan yang ada mereka menjadi panik tidak karuan padahal waktu yang tersisa sudah sangat mepet. Kemungkinan kehancuran dan kemusnahan secara massif telah tampak didepan mata.

  28. pemburu rajawali on

    @red bkn tdk mau,tp tupoksi nya meminta berbeda. Cb hitung brp jumlah hind dan mi 17 kita? Knp yg byk seri bell dan fennec? Dan knp pula super puma lokal tdk di kembangkan menjadi tank terbang? Dan knp pula hnya sedikit apache yg di beli? Krntupoksi kita berbeda dg mrki

    • pencari kebenaran on

      wah bung PR kalo pertanyaan saya terlalu sensitif untuk dijawab saya minta maaf, tapi saya setidaknya ingin tahu apakah dari segi alutsista yang ready sekarang, dan dari segi industri hulu-hilir pertahanan, negara kita berapa langkah lagi masuk 4 besar asia ?

  29. Tks bocorannya bung PR, semoga para ksatria nusantara selalu istiqomah dalam berkorban demi negeri tercinta ini…aamiin..

  30. Gadjahmada_soldier on

    Mohon maaf para sesepuh.. Selamat pagi.. Alhmdllh saya banyak tahu eskalasi dlm negri dan hubunganya dgn yang diluar negri.. Wlapun blm bisa menjelaskan kpd para teman atau saudara saya dengan jelas.. Untuk belajar menjadi bangsa yang optimis bukan pesimis.. Bahwa Negara kita adalah negara besar dan berjiwa besar… Bukan negara yang meraih kemerdekaanya dengan gratis.. Saya hanya ikut petunjuk pak.Satrio berusaha untuk menjadi warga negara yang baik.. Alhmdllh saya mendapatkan beberapa teman yang walaupun hanya silent reader di warung ini.. Dan saya pun sering diajak diskusi.. Walpun sebenarya pengetahuan saya blm sebarapa.. Terimakasih untuk para sesepuh menggelar warung ini.. Ditengah masyarakat sekitar saya yang mayoritas sudah pesimis.. Mudah2an perjuangan saudara-saudara sekalian dianugerahkan keberhasilan.. Amin3..

  31. berita menarik kemarin:

    danyon kopassus ceplos pencarian korban longsor pakai tenaga dalam, dan semua prajurit kopasus wajib bisa, yg lebih “berbakat” bakal masuk satgultor 81, bukan cuma orang, emas, besi, dll bisa nemu juga.
    ini klo dibaca media luar mikir2 lagi : latihan jungle survive dgn tni itu percuma klo tni bsa deteksi pakai radar alami mau kamuflase canggih kyk apa juga di hutan.
    setelah frontal disebut tenaga dalam dilatih di merpati putih, bakal banyak asing bakal yg join padepokan nih, juga biar cari penawarnya.

    antara sengaja dan tidak sengaja dehembuskan danyon #mikir

  32. bung PR .. nyang F16 Isrohell kan katanye terbaik dunia ya … lha kok bisa disenggol kabarnya S200 Suriah .. info warung sebelah ntu S200 dioprek sama Suriah dibantu Iran kah? walah2 ..jadi pingsil pingsil sepuh atau alutsista sepuh di mari ya kalau di oprek sama anak bangsa .. hehe brani lah ya bung PR lawan sonotan sama sonora .. hihi

  33. Salaam bung PR dan bung BW….

    Bolehkah kami diberikan sekelumit kalimat adalah hadirnya denjaka di sebatik barusan, apakah benar tetangga utara tempat lahirnya upin-ipin mulai berulah unt infiltrasi? Ataukah mrk malah support proxi2 asing dan aseng diinfiltasikan jalur utara sana?
    Eniwei, proyek sabah-sarawak merdeka apakah masij berjalan? ….yah mumpung yg di semenanjung lg terpuruk….shg gorengannya pasti lebih pedessss….

  34. pemburu rajawali on

    Sa75 bisa d ganti seeker,propelan dan warheadnya. Masalah si Soufa israhell d cium SA200 mungkin krn kill box nya pas hehehe.

    Byk hal kisruh dlm negeri ada beberapa yg hasil intervensi asing.

    • Amrik dikit-dikit HAM,sok pelindung HAM, padahal lu ( Amrik ) sendiri yang merusak HAM.Datang ke negara orang merusak tatanan kehidupan masyarakat dan bangsanya dengan dalih memerangi ” Teroris “,dah hancur ditinggal dengan segala masalahnya.Negara lain mau memerangi teror yang ada di dalam negaranya sendiri dianggap melanggar HAM.

  35. pemburu rajawali on

    Insya Allah 5 oktober sukro 35 sdh bsa flypass hehehe.. Mboh sing batch piro. Jd jgn riwuh lg ya dg sukro xixixi.

    APC rantai pun sdh dlm tahap evaluasi performa

    • Widiewwww…..lha koq wes itungan batch gawe sukro cap 35….
      Dadine kelingan karo nasihate tiyang sepuh…mending dianggep gak duwe tapi duwe tinimbang dianggep duwe tapi gak duwe…..
      Kang….yo opo oleh kisi kisine sing arep digawe loro skadud airsuperiority karo sing siji skadud gemuk gawe kohanudnas?….lha sing 3 skadud anyaran opo yo positif gawe blok 70 pisan ta kang?…..tetep menu gado gado yo kang…

    • pencari kebenaran on

      dibilangnya kita beli 11, aslinya beli berapa bung PR? jawabannya agak tekateki kyk soal matematika juga boleh kok

  36. pemburu rajawali on

    Skadud gabungan 4 skadud lawas yg ending ny sbg Main Role fight. Sdg kn seri falcon akan jd layer 1 di backup sayapdelta skandinavia
    ..
    Utk proteksi titik terlemah tank/ panser akan di terapkan aktif proteksi mirip thropy sys.

    SU 35 memang beli 11 sesuai budget saat ini loh hehehe. Clue ny liat radius kombat dan area yg hrs d coverage plus jumlah fighter utara sebelah kiri dan selatan.

    Denjaka di sebatik sdg latihan.. Latihan cari yg iseng salah mendarat/berjemur

    • akhirnya Su-35 di publish juga….ditunggu sjk th 2015…..ttp dgn judul berita = pengiriman” bacth 1 ” bln Okt 2018 . itupun beritanya msh ditambah dgn judul = jumlah pembelian pswt “hanya 11 ” unit.
      sy sebnrnya kasian dgn Su-35 kita ini, dng F-5 tiger sdh sjk lama dijadikan kambing hitam…..negosiasi beli pswt ini , beli pswt itu tp judulnya tetap sama……pembelian Su-35 utk gantikan f-5 tiger.

  37. ….hihihihi…..smg yg seri NG yg dari negeri viking…..plus dapet yg aewc dan saling ngobrol antar species….
    ….yayaya…semakin paham dgn agresifitas penguatan red dot dan ozzie ….sbg tolok ukur dimari….
    Ohhh….ada yg suka mendarat tanpa ijin toh ya di sisi utara nusantara….koq gak dipalak sekalian tuch….hehehe…..

    • Hehehe…[email protected] klu ngobrol antr spesies ko kesanny kaya cuma burung am brung..?hrusny pertanyanny bisa ngak klu beda spesies ngobrol conthny brung ngobrol am ikan gtu bung…?kan asyik jga klu rombngan brung,ikan bisa chatingan am yg didrat….hehehe(lirik genit [email protected] ah…)
      #klu sukro udh mau tamat sinetrony enkny bkin sinetron ap lgi [email protected]…?
      #klu media udh blow up berarti….hehehe(biasa latihan diam2 ko nie mlah diblow up)
      #wes ah ane pamit…

      • Ehhh….jumpa bung Beny lagi…hihihi…
        …..wowww……iya bener juga itu….seharusnya bisa ngobrol antar species dech baik rombongan burung elang….angsa putih…..ikan paus…ikan hiu….harimau….badak….dll….hehehehe….

        Oiyaaa…..sedikit yg ganjal nich bung PR…..itu yg punya kans unt pom bensin langit dan payung langit daripada keluarga mana ya apa yg a330 atau b767? Apa a400 juga katut kebawa ya?

        #nachkan semakin ditoel2 malah semakin bikin deg-degan disamperin siluman laut nusantara buat yg usil….(versiku lho ya hihihi)

        • *maksud aku sependapat dgn bung Beny….beda species daripada semua animal kingdom di nusantara….baik yg suka terbang….suka main air ….suka main daratan……hehehehe….semuanya bisa saling ngobrol dan berbagi cerita buruan….kan gak seru kalo gak rame rame ……hihihi….

          # siluman ya biasa tanpa woro woro….hanya sepi sunyi hening unt menjaga mandatnya…
          Jikalau sudah rame di warung koran…..ini mah namanya mo jewer dan jitak si bohir dan sutradaranya ….jadi inget lagi….”kamu ketahuan….”…..

  38. pemburu rajawali on

    F5 tiger Ii itu msh bsa terbang jg tarung loh hanya saja kita perlu updating teknologi agar tdk tertinggal dgtetangga. Wong swiss aja upgrade F5 tiger mrk utk 10tahun kedepan.

    Wah klo masalah ngobrol antar spesies beda alam sdh bsa kok,sdg pom bensin udara bisa ketiga tipe tsb tinggal kita nyaman dg tipe apa
    hehehhehehe

  39. pemburu rajawali on

    @defcon utk misi SEAD-DEAD ygpenting ada bagian pengejaran,bagian bungkam pernika,bagian gebuk dan decoy hehehe

    • Terimakasih info nya bung PR. saya tebak2 akan mencontoh USAF, pakai Fighting Falcon…. Apalagi Honeywell ngincer skad Falcon kita.
      Iya mubazir kalau F5 tiger masuk museum. Swiss masih menerbangkan. Dan yg penting USMC mempercayakan Tiger utk squadron agressor nya!! (Malah beli bekas dari Jordan)

  40. pemburu rajawali on

    @defcon F5 tiger memang cocok sbg chaser interceptor,kecil kecil cabe rawit setan hhehehe . ausie sdh merasakan kejam nya di kejar tiger. Secara teknologi memang tertinggal tp jika mau bsa jadi super tiger xixixi

    • Gimana Taeger hasil hibah dari gingseng dan taiwan, apakah di oprek habis kayak yang lain, zedang kita dulu juga puya mig pemburu juga apa masih bisa lenggang di udarada Dan di perbarukan Kondisinya kayakilik korut hehehe, salam sejah tera bung rajawali

  41. Akhirnya su35 resmi ttd.
    Oktober langsung tiba 2 full weapon.
    Kok cpet bget ya wkwkw lgsg dpt g nunggu pabrik buat baru hihihi

  42. Sukhoi akhirnya sudah teken contract, di broadcast, dibenarkan pihak terkait jadi generasi zaman now (yg ngga pernah buka Patga) bisa bangga…
    Nah yg jarang diumbar lagi, si Iver huitfeldt! Progress nya top secret juga?

  43. Salaam bung PR…..
    ….kasih sharing dikit dong bung pas lagi test drive si delta dari negeri viking yg nantinya saling melapisi dgn si falcon70…..hehehe…

    ….kan beda, dulu bung pernah diudak sam….ehhh siapa tahu ada yg beda rasa krn sayap deltanya relatif dgn falcon….sama2 kelasnya single engine…..apa bisa nge drift spt pas ngetes mig35….

  44. Bung PR, mungkinkah sukro yg di tandatangani kmrn baru akan dtg 3 thn lagi,.. Lantas sukro yg mau flypas oktober besok hasil tanda tangan yg kpn ya?

  45. mumpung lagi rame bung-bung sekalian, bung PR ada rembesan lagi bung? nyang pesawat jadul nyang katanye bisa nembakin rudal dari isrohell yang bisa nembak ke belakang .. ntu dari jenis yang apa bung? si tiger atau si hawk … hehe .. lha terus kalau yang TA eh FA 50 made kroya .. bijimane bung kemampuan tambahan lainnya?

  46. Paspampres melarang Pak Anies Baswedan menemani “dia” menyerahkan Piala President ke Persija Jakarta! Terjadi di Stadion GBK Jakarta…… Hebat! Sama matahari selatan kok takut….

  47. sambil nunggu rembesan bung PR, kok belum ada bung bung disini nyang nanya .. kira2 SU 35 yang baru, bisa manggul nuke apa belum ya? hehe.. kan konon dl kita punya mirage yg bisa manggul nuke ya? atau yang sekarang ada sudah ada yg bisa manggul nuke? xixixi

  48. pemburu rajawali on

    Pada dasar nya semua pespur generasi ketiga keatas bisa bawa nuke kok. Baby falcon upgrade lebih lethal setaraf dg falcon. KRI Tom di geser karena eskalasi ancaman/kewaspadaan meningkat dan di ganti dg yg setaraf dg si TOM.

    SiGripen jg enak di tekuk tekuk alias bisa di push to the limit hehehe

    • suwun bung PR .. wah makjleb bung pencerahannya … kalau yang katanya bisa nembakin rudal ke belakang itu yang jenis apa bung pespurnya? .. si tiger atau hawk mutant? atau jenis lain lagi bung PR .. hihi

  49. pemburu rajawali on

    Look Back shoot Back sambil manuver lock and chase utk di kita ada 4 tipe yg bisa tergantung gotongan jg kemampuannya.

    Kang ivert lagi… Hehehecoming soon lah g

  50. Yang jelas beli pespur USA lagi . menhan usa sudah ke cilangkap, jarang ngga achieve target nih, sales sekelas menhan usa! F 16 V (radar AESA). Kopassus aja langsung dicabut dari daftar black list, jadi boleh ke Forth Bragg

  51. pemburu rajawali on

    @peter semua sista sdg dlm progres peningkatan sistem dan performa.

    #LatKohanud “C”2018
    Pt.InaLum kok punya sista Hanud Pasif

  52. Salaam bung PR……
    Eniwei……itu tuch….sista kita koq banyak bergeser ke barat ya?…..kiranya eskalasi apa nich yg potensi kedepan…….hehehe….
    Bung…..taon ini nich yg bakalan rame dari matra mana aja ya pesenannya yg datang dari pabriknya…..konon katanya fresh from the oven……hihihi……
    #edisi:menyapabungBWuntmunculdarikeheningansamudera

  53. pemburu rajawali on

    PLA deploy di pulaumrk bukan di natuna. Pergeseran itu hal yg normal kok yg tdk normal itu klo yg sebrang jd baperan dan paranoid. Sekalipun PLA numpukin sista di pulau mrk toh kita cuma senyum dan klo mau test the water tentu dg senang hati kita layani.. Hehehe