Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah Dan Selamat Memperingati Kenaikan Isa Al Masih

3

Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah Dan Selamat Hari Raya Peringatan Kenaikan Isa Al Masih

 

Sebelumnya segenap Pengurus dan Anggota Yayasan Majelis Patriot Garuda mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah dan selamat hari raya memperingati kenaikan isa Al masih.

Dalam catatan jarang sekali Hari Raya Idul Fitri bertepatan dengan Peringatan Kenaikan Isa Al masih. Dicatat kejadian semacam ini pernah terjadi di tahun 1727 Masehi atau di tahun 1139 Hijriah.

Kejadian ini memang sangat langka, namun memungkinkan terjadi, mengapa bisa terjadi? Menurut Andi Pangeran Hasanuddin melalui laman edukasi sains LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) dan untuk dapat memahaminya mengapa dapat bersamaan hari perayaan tersebut, kita harus memahami terlebih dahulu bagaimana kedua perayaan tersebut ditentukan.

 

 Hari Raya Peringatan Kenaikan Isa Al Masih

Bapak Andi Pangeran Hasanuddin menjelaskan jika Peringatan Kenaikan Isa Al Masih adalah peringatan / perayaan yang memperingati 40 hari setelah hari Paskah yang diperingati / dirayakan di hari Sabtu, atau 39 Hari  setelah hari Paskah yang diperingati / dirayakan di hari Minggu, atau 41 hari setelah Jum’at Agung. Karenanya Hari perayaan kenaikan isa al masih selalu jatuh di hari kamis. Hari Paskah juga perhitungannya mengacu pada metode yang merujuk pada buku  yang berjudul General Astronomi pada halaman 73-73 edisi tahun 1992 karya Spencer Jones. Nah metode Spencer Jones ini diterbitkan kembali dalam journal yang berjudul Journal Of The British Astonomical  Association volume 88 halaman 91 edisi Desember 1977.

Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah

Penetapan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah sama halnya dengan penentuan awal ramadhan menggunakan metode hisab dan rukyat, metode hisab yaitu dengan cara melakukan perhitungan secara matematis dan astronomis  untuk melihat posisi bulan dalam menentukan dimulainya awal bulan dalam kalender hijriah. Sedangkan rukyat (rukyatul hilal) yaitu dengan cara mengamati visibilitas hilal (bulan sabit) saat matahari terbenam menjelang awal bulan pada kalender hijriah. Pengamatan bisa dengan alat (teropong dsb) ataupun tanpa alat (mata telanjang).

Jadi kemungkinan itu bisa terjadi. Bahkan ada kemungkinan bulan puasa / ramadhan terjadi 2x dalam setahun.

 

dedenew351

Bertugas Di Hari Raya Idul Fitri

Pada saat orang lain sedang asyik berkumpul dengan keluarga bercanda tawa dan sambil bercengkrama mengenai masa kecil, kami ditempatkan di pelosok paling timur negeri ini untuk bertugas mengamankan segenap tumpah darah dan menjaga sejengkal tanah air diperbatasan, menahan rindu kepada keluarga dan hanya bisa bercengkrama melalui udara dan doa. Sungguh kami tidak iri, akan tetapi kami bangga dapat mengemban tugas ini, karena ini merupakan tugas mulia sebagai abdi kami kepada ibu pertiwi. Harapan kami cuma satu semoga tugas terselesaikan dengan baik dan kami dapat berkumpul kembali bersama keluarga.

VIVA REPUBLIK INDONESIA dari kami diperbatasan negeri.

1442

Share.

3 Komentar

  1. Selamat hari raya idul fitri dan selamat bertugas,saya ucapkan terima kasih minal aidin walfaizin

  2. Kepada para prajurit selamat merayakan dan selamat bertugas. Harap berbesar hati karena banyak manusia yg hanya mementingkan dirinya sendiri memperkaya diri sendiri.. Jiwa korsa hanya dimulut sementara pasal satu pancasila sdh betubahgjmenjadi kecuanan.. Miris tapi itu fakta. Kebenaran n tidak dapat dicampur dgn kebatilan

Leave A Reply