PESIMISME MENERJANG AUSTRALIA

61

Aus

PESIMISME MENERJANG AUSTRALIA
Hampir sebulan ini saya cukup intens berkomunikasi dengan sahabat-sahabat di Australia. Kebetulan beberapa diantaranya ada yang aktif dalam sebuah organisasi buruh Australia Manufacturer Worker Union(AMWU).
Kami sering berbincang mengenai berbagai hal dan dinamika, baik di Indonesia maupun di Australia.

Pada suatu malam dia mencurahkan kegundahannya karena dia dan kawan-kawan terancam akan kehilangan moment penting dalam sejarah perjalanan karirnya. Tentu saja selain itu juga dia akan kehilangan sebuah project besar yang selama ini sudah memasuki ranah mimpi-mimpinya..!
Engineer lulusan salah satu universitas terkemuka di Inggris ini, sudah cukup lama dipercaya memegang sebuah jabatan penting di sebuah galangan kapal terbesar milik Australia di Adelaide.

Munculnya janji Tonny Abbot yang ingin memodernisir armada Angkatan Laut Australia yang dinilainya sedang mendapat ancaman besar dari Utara, sedikit banyak telah memberikan harapan baru bagi kaum buruh di perusahaan-perusahaan galangan kapal Australia..!
Bagaimana tidak, untuk mengahadapi para imigran gelap saja, Abbot telah berani memesan hingga 100,000 unit speedboot untuk kepentingan patroli pantai. Belum lagi untuk menghadapi ancaman kekuatan asing..!
Pasti pemerintah akan mengeluarkan dana yang super besar..!

Benar..! Tidak lama berselang, laporan intelligent Australia membisiki tentang ancaman kekuatan dari utara yang dinilainya kian masif. Konon, Indonesia telah menerima beberapa unit new generation submarines dari Russia, yang kualitasnya melampaui Collin Class yang ada dan menempatkannya di sepanjang perbatasan kedua negara..!
Disinilah bermulanya tekanan Australia terhadap Indonesia, dan disusul dengan penunjukan Defence Materiel Organsation(DMO) sebagai wakil Australia untuk segera mempensiunkan Collin Class dan menggantinya dengan Submarine yang setara atau jikalau bisa melebihi kemampuan new generation submarine yang baru saja dimiliki Indonesia.

Pemerintahpun bersikeras untuk membangunnya di galangan kapal Adelaide, sehingga tingkat kerahasiaan kapal bisa dijaga secara maksimal..!
Namun apa hendak dikata, tatkala harapan dan angan kian melambung tinggi, angin pesimisme itu tiba-tiba berhembus dan bertiup kencang, memporak-porandakan setiap asa yang ada.
Semua rekanan yang ditunjuk dari beberapa negara menilai dan menyatakan bahwa Australia belum sepenuhnya siap membangun kapal selam sendiri..!

Penilaian terakhir justru datang dari Jepang yang baru saja melakukan deal untuk membangun kapal selam modern dengan Australia.
Pihak Jepang menyebutkan bahwa ada gap penguasaan teknologi yang terlalu jauh diantara keduanya, jika pembangunan kapal selam itu dipaksakan harus dibangun di Adelaide, Australia..! Sehingga langkah yang dinilainya paling logis adalah dengan membiarkan pembangunan kapal selam itu di negara asal pengembangnya, atau paling tidak, Australia harus mampu menyediakan sejumlah tenaga ahli yang diperlukan untuk bekerja sama membangun kapal selam ini di galangan kapal milik Jepang..! Hehehe..! Skema ini sangat mirip dengan apa yang diambil oleh Indonesia bersama Korea..!

citox new 10

Melihat realita yang ada, tentu sangat tidak heran jika pemerintah setempatpun meradang..!
Nasib project modernisasi kapal selam bernilai lebih dari $12 billion itu pun terancam molor, bahkan gagal total..! Di tengah gonjang-ganjing kemelut yang ada, tekananpun datang bertubi-tubi dari luar dan dalam.
Kontraktor asing mengutuk pemerintah Australia yang dianggapnya telah bertindak tolol dengan mengabaikan proses tender terbuka, dan menunjuk DMO secara ekslusif tanpa terlebih dahulu melihat kapasitas yang dimilikinya..!

Tony Abbot pun termenung bingung..! Mau buat sendiri atau beli..? Hehehe..

Yang lucunya, mereka juga kini sedang sibuk mengorek data rahasia tiga negara dari utara, yakni Indonesia, China dan Russia. Jangan kaget jika nanti Australia juga memborong seluruh tank terbaik yang dimiliki NATO, karena kini negara itu sudah mulai mengendus jalur distribusi tank Armata Russia yang baru sebatas prototype..! Hehehe..! Paranoia yang bikin insomnia..!

Ada sedikit dugaan yang datangnya agak lambat, yakni tentang inisiatif Indonesia lebih memilih Chang Bogo sebagai proyek pembelajaran dalam bidang submarine. Seandainya Indonesia memilih Turkey, hampir bisa dipastikan bahwa niat Indonesia akan dijegal dan mendapat banyak kekangan pihak NATO. Beruntung karena Korea walaupun merupakan sekutu US, tapi dia bukanlah NATO, dan Korea memiliki kepentingan yang amat besar dengan Indonesia, sehingga proses ini relatif mulus, terutama apabila melihat sikap negeri ginseng ini yang telah bersikap sangat terbuka dengan membiarkan Indonesia untuk memilih piranti interior dan aksesoriesnya sendiri untuk kemudian dicangkokkan pada Chang Bogo kita..! Saya mengerti mengapa kita cenderung mengabaikan cibiran berbagai pihak, bahkan mungkin ada diantara kita yang pernah melabelinya sebagai anjing kampung..! Tapi itulah harga sebuah strategi..!

By Patku Yayan Supriatna
Gambar by: Patsus Citox dan Googel

Share.

61 Komentar

    • WoW tetangga sebelah terlalu para noit hehehehehe
      mereka tidak hanya memborong F35 dan kemungkinan mau borong tank NATO dan juga menyiapkan $12M hanya untuk kapal selam, kalau beli harganya $500jt dapet 24 biji, sangat2 WoW,.
      sampek segtunya y padahal kita kan hanya punya 2 KS tua dan akan mendapat 3 KS changbogo yang katanya orang2pesemis menyebutnya anjing kampung, tapi kalau anjing kampungnya rabies nah hayo jangan kan haider singa aja takut hihihihihihii,..
      paranoit yang berlebihan, tapi bagi yang goib y biar aja goib toh hal2 yang goib di indonesia mah udah biasa,..
      salam dari anak kampung yang tidak tw apa2 😀

      • kalau soryu yang mau dibeli aussi tuh harga sekitar #1.2 billion /buah. kalau dg aussie mungkin bisa 2X3 kali lipatnya karena mempunyai spec. sendiri dan minta dibuat di aussie.

        mungkin dg $12 billion itu untuk batch l kali.

        solanya mereka kan mau punya 12 buah….kok hanya US$12 billion?
        kurang tuh.

    • di pikir2 tebel banget y dompet australia mau borong tnk NATO pesen 100rebu spedbot terus borong F35 dan nyiapin $12M,. tapi kok sampek segtu paranoitnya sama indonesia yang hanya punya 2 KS tua + 3changbogo dalam pengerjaan, pespur aja gado2 dan tua2 setengahnya tua semua, seharusnya ngak ada yang harus di takutin liat aja beda jauh banget porsi kekuatan peralatan tempurnya, bukan hanya itu saja katanya mereka juga mau rekrut pasukan dari negara lain untuk membantu pengamanan dan juga beberapa waktu lalu sampek2 menyadap para pejabat penting indonesia saking para noitnya, toh kan mereka ngak harus separanoit itu di samping mereka di bawah perlindungan amerika, dan juga anggota FPDA yang akan membantu,. sebenarnya bangsa ku ini sampek manasih kehebatannya sampek2 dikelilingi pangkalan2 amerika,..
      mmmmmhh apa sampai sebergitu menggentarnya kah hentakan kaki Sanggaruda ini, apa sampai sebergitu kah kepakan sayap sang Garuda sampai2 anginnya menerpa kepenjuru dunia,..
      I Love Indonesia hihihihihihi

    • om @yayan mau tanya nih kalau ada kesempatan sih harap dibalas y hihihihihi
      apakah ini salah satu yang dimana mengalahkan musuh tanpa bertempur??
      membuat musuh gelisah, paranoit dan sebagainya??
      saya sangat suka dengan paradigma “mengalahkan musuh sebelum berperang” 😀

  1. harga dari sebuah strategi. submarine kita bikin paranoid sampe insomnia sepertinya harus ada sambungannya dari bung ps. wkwkwkwk. salam hangat selalu bnung yayan semoga sehat dan sukses selalu.

  2. timur_nusakambangan on

    Aussie oh aussie…….
    negara buangan para napi.
    bule kesasar yg merasa superior.
    Indonesia sang GARUDA ASIA saatnya bangkit

    • itu yang di sebut paranoia oleh bung yayan… he he he…
      bayangkan cuma punya 2 kasel tua sudah sebegitunya tetangga di selatan itu… bagaimana jika amur berenang di permukaan dan dipublish.. bisa galigata tu tetangga…
      hmmmm

  3. Sungguh sungguh suatu pencerahan yang sangat membanggakan yang sekaligus meningkatkan kecintaan terhadap bangsa negara ini
    Terima kasih bung yayan.. semoga anda dan keluarga sehat selalu dan juga tak lupa buat warga patga

  4. Ulasan yg membikin pencerahan orang awam seperti saya ini.
    Mencontek teknologi tinggi memang bukan hal yg mudah. Apalagi teknologi Jepang yg dikenal paling sulit utk dicontek. Barang yg sama buatan Jepang dan Korea, lebih mudah mencontek buatan Korea. Jadi tidak salah kalau kita belajar kepada Korea, krn mereka telah mempermudah/menyederhanakan proses produksi suatu barang dari negara pembuat aslinya Jerman.
    Jadi walaupun kapal selam kelas kw2, Tidak usah kawatir krn teknologi deteksi yg paling canggih saat inipun masih kesulitan utk dengan cepat menemukan barang yg ada di dalam laut yg sangat luas ini. ( dari melihat berita pengalaman mencari Air Asia ).
    Kalau sudah mampu dibikin di PAL, tinggal bikin yg banyak ( minimal 18 sesuai dengan baterai utk ks yg sudah dipesan di Bogor).

  5. artikel yang membuat saya menerka-nerka….he3,bung yayan bikin deg2an, semoga TNI makin kuat,profesional dan disegani, khususnya sonotan yang sering bikin gerahh

  6. Tapi kenapa Jakarta Greater menjadi kelompok pesimis setelah ditinggal para sesepuh?? Saya sendiri jadi bingung. Mana yang bener???

    • Cermati saja, keduanya. Nggak perlu bingung. 50%-50%. Semua penuh strategi dan rahasia negara. Bayangkan kita “Hanya” pinya 2 KS 401+402 plus baru pesan CBG 3. Knapa Australia pusing…? Telaah sendiri saja….50-50.

  7. Analisanya ciamik bung Yayan I, lho yg di taruh di perbatasan itu ks generasi baru? Bukannya yg tuwir tp direfurbish ya? Yg reaktornya di ganti diesel gt.
    Btw ….Armata? Kayaknya blm deh bung.

  8. Mantap…Bung Yayan, setiap baca Roman nya seolah semangat yang sudah pudar langsung meledak-ledak, apalagi dengan Kalimat “Tidak lama berselang, laporan intelligent Australia membisiki tentang ancaman kekuatan dari utara yang dinilainya kian masif.”
    Gelora Nasionalisme langsung membumbung tinggi, semoga para Patsus diberikan kekuatan, kemudahan dalam bekerja dan selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa, amiinn…

  9. Terimakasih patriot semoga yg maha kuasa snantiasa memberi kekuatan padamu untuknmenjaga negeri ini dr rongrongan bangsa penjajah dan para antek asing dipemerintahan/anjing kompeni

  10. Australia ini kaya raya sekali! Penduduknya sedikit tapi kaya raya sekali… Pesan speed boat 100ribu unit wow….. Di Australia biar jadi tukang cuci piring restorant atau jadi buruh kasar asal rajin..bisa dapat income 2000 dollar Australia.. Banyak orang Indonesia betah di sana

    • jangan terlalu percaya…….
      andaikata benar 100.000 boat siapa mengawakinya..?
      lhah personel militernya saja cuman 50.000 orang.

      satu boat di awaki 3-4 orang…berarti butuh personil 400.000 orang.

      terlalu menghayal.

  11. Masalahnya, apa kita memang benar2 punya kapal selam generasi baru Rusia??? seperti yang dikira mereka dalam artikel ini? Buat moderator tolong apply komentar saya dong.

    • om @UNDUHAN ada atau tidak adanya barang itu setidaknya kita sudah mampu mengalahkan mereka tanpa perang dengan berhembusnya hawa paranoit mereka itu menunjukkan 1 kemenangan buat kita, kita sudah beberapa kali kalah dalam peperangan neocortex dengan negara2 adidaya, dimana salah satunya dengan menurunkan presiden soekarno, dan di angkatnya presiden soeharto yang tidak menyukai komunisme, kerusuhan 97-98, pemberontakan timorleste hinggal lepas dari indonesia, kasus GAM dan sekarang mereka menghembuskan kasus OPM, tapi setelah kehendak mereka sedikit di turuti dengan mengharuskan kita berpijak di 2 tempat secara sembunyi2 kasus hembusan OPMpun langsung hilang bak ditelan bumi,.
      tapi kita masih bermain catur di papan catur dunia menerapkan setrategi2 seranganbalik yg kini secara tidak langsung membut mereka menerka2 kekuatan Indonesia,.
      maaf hanya analisis anak kampung yg awam 😀

      • Diharapkan kedepannya walaupun kita sudah menang seperti yang @LONTONG reply, RI juga sudah punya alutsista-alutsista yang siap karena ditakutkan ketika Australia sudah punya alutsista yang raksasa dan sudah tau bahwa mereka keliru, lalu Indonesia masih cuma punya itu-itu aja maka kemungkinan besar kita yang binasa.

      • memang epek dari neocortex hanya sementara om hanya untuk menghambat,. sampai nanti persiapan bener2 selesai dan terpang2 di depan mata mereka :mrgreen:

        • terpang2 itu apa?

          memang setuju hanya bersifat menghambta….karena bangsa kita bukan lah bangsa…dan bukan bangsa kecil.

          • eee…maksudku bukan bangsa bodoh…dan bukan bangsa kecil.

            yang tak mengerti permainan murahan dan usang mereka….dan tak gampang di gertak.

      • Maaf Bung @ Lontong, dari penjelasan nya, bahwa kita dari luar sudah di cover dengan strategi ( sedang bermain catur & Neo Cortex ) tapi yang bikin kami bingung…kenapa didalem ini pada ribut melulu ya…apa emang ada kerangka secara terarah dan terukur….ato karena warga kita nya aja….

        maaf kalo pertanyaannya ga layak dijawab….

        • Ribut yg dimana om @Priangan..?? 🙂
          kn skrg lagi gencar2 nya tuh siberat mau bikin perpecahan dari dalam negeri ini krna mereka sudah berpikir sangat sulit menyerang secara frontal dngn Indonesia makanya ular2 mereka disiapkan untuk memecah dari dalam.. CMIIW IMHO.. 🙂

  12. ausie lg gundah sekarang di tambah lg yg warganya 2orang segera meregang nyawa di ujung senapan petugas di lapas nusa kambangan
    kbri juga memberikan warning bagi warga kita yg ada di sana
    makin runyam saja si abbot
    mau menggertak di balas gertak
    jd kelimpungan sendiri dia

    • makin migren si abbot maunya ngancam eh balik ke ancam,..
      makin migren dah dia kalau investasi warga indonesia disana ditarik yang nilainya miliaran dolar dan TKI yang di sana ikut di tarik dijamin ekonomi si abbot meriang 😀

    • maksudnya kita itu siapa..? aussie or indonesia?

      kalau Collins kan memang punya Aussie….nah kalau NG collins berarti…?

  13. armada dari KS apa yang di miliki tetangga di sebelah utara tersebut yang membuat si ausie ini begitu takut dengan armada mereka…padahal bukan rahasia umum lagi klo KS tetangga di utara itu cuma DUA 2…401…402…yang sdh tua hehehehehheehe

  14. Mungkin kalau mereka tahu sering di intip bakalan tambah meriang lagi ausy….apalagi sekarang menjelang hukuman mati bali nine…tambah meriang si abbot.

Leave A Reply