Catatan Seorang Chef Part 18

25

EXPENDABLES

citoxnew78
Hehehe..! Ini betul-betul judul film..! Saya yakin anda semua telah mengetahuinya. Ya, benar..! Film ini dibintangi oleh banyak bintang veteran, dan bercerita tentang kisah petualangan mengasyikan mantan personel pasukan-pasukan elite. Maklum, sebagaimana kita ketahui, anggota pasukan elite di Amerika ataupun Eropa tidak sama dengan anggota pasukan elite kita. Disana, keanggotaan seseorang dalam pasukan elite, biasanya hanya dalam hitungan tahun, bukan puluhan tahun. Setelah masa kontrak habis, biasanya mereka akan menjalani masa pensiun muda yang menyenangkan. Deposito cukup, semua aspek kehidupan telah diasuransikan, tenaga masih kuat, kemampuan strategi yang mumpuni dan memiliki jaringan yang sangat luas, sehingga tidak heran jika mereka kemudian banyak yang menjadi konsultan di berbagai perusahaan, bahkan meski harus memilih profesi hanya sebagai sopir taksi, kehidupan dan jaminan sosial mereka sangat mencukupi.

Kembali ke film tersebut..! Saya penggemar akting Jason Statham. Tapi kali ini saya juga harus menyukai sosok Bearney Ross lakonan Sylvester Stallone..! Sebabnya tak lain karena sosok tersebut mengingatkan saya pada sosok ayahanda disaat beliau memimpin kami setiap kali melakukan perburuan di berbagai hutan dan gunung..!

Sangat komit dan kebapakan..! Beginilah sosok ayahanda dalam setiap perburuan. Bagi beliau, perburuan adalah sebuah pembelajaran dalam hidup. Perburuan bukanlah sebuah pembunuhan. Perburuan bukanlah sebuah perusakan. Perburuan adalah sebuah management, yang tak lain sebagai sebuah seni mengatur hidup dan kehidupan. Tujuan perburuan bukan untuk mencatatkan berapa banyak objek yang kita taklukan, berapa banyak binatang yang kita musnahkan dan berapa banyak peluru yang telah kita habiskan.

Bagi ayahanda, perburuan adalah interaksi kita dengan alam beserta isinya. Adapun senjata dan pelurunya, adalah media untuk bertahan hidup alias survive, karena tujuan berburu yang paripurna adalah berangkat dari rumah, maka harus bisa kembali lagi ke rumah..! Simple mathematic..!

Untuk mencapai tujuan itu, ayahanda mengajarkan kami untuk senantiasa berhati-hati menjaga kelestarian alam sekitar, menjaga tata krama dengan lingkungan, dan tidak sewenang-wenang terhadap segala yang ditemukan. Meski banyak binatang yang kita jumpai, tapi nyatanya kami lebih banyak membidiknya dengan kamera, bukan dengan senjata. Senjata berfungsi hanya disaat kami kehabisan bekal makanan, atau disaat ada penduduk meminta bantuan untuk menggiring binatang liar agar kembali ke hutan dan tidak merusak ladang. Alhasil, dari aksi sosial ini pun, kami malah bisa kelebihan bekal makanan..! Hehehe..!

Tidak heran, jika suatu ketika kami melakukan pendakian ke puncak gunung Kerinci, Jambi, kami tidak menemukan kendala berarti. Ayahanda telah membimbing kami untuk senantiasa menyatu dengan alam. Ayahanda mengajarkan ketulusan bersopan santun, tanpa ada sandiwara. Kita berkomunikasi dan berinteraksi, bukan hanya dengan penduduk kampung, hutan dan gunung, namun juga dengan binatang yang kerap kita temui. Kami diajarkan untuk bersatu..!

Ketika kami bilang bahwa kita bisa kaya jika bisa menembak banyak binatang di atas gunung itu. Beliau malah tertawa, dan bilang justru kita akan mati jika banyak membunuh binatang di atas gunung itu. Selain karena alam tidak akan lagi bersahabat, kita juga dipastikan tidak akan mampu mengangkat hasil perburuan kita sendiri..!

Ternyata inilah yang ingin beliau ajarkan pada kami. Untuk memenuhi kebutuhan hidup, kami disarankan untuk tetap menjaga keharmonisan yang telah ada sebelumnya. Hidup dan perburuan adalah hampir serupa, dan bersifat sementara. Keserakahan hanya akan mencelakakan diri sendiri. Ambil secukupnya, selebihnya biarkan tetap tumbuh subur untuk kehidupan bersama. Niscaya alam akan melindungi, dan manusia akan menghormati..!

yayan47

KRI Teluk Bintuni
Selamat atas penyerahan kapal KRI Teluk Bintuni kepada TNI AL. Penyerahan ini menandakan bahwa kapal jenis LST terbesar yang pernah dibangun oleh Indonesia telah betul-betul siap dan lengkap dengan berbagai senjata penunjangnya.
Tahun lalu kapal ini juga pernah diserahkan, namun pada waktu itu masih kosongan alias ompong, alias meskipun berstatus sebagai kapal KRI, tapi spesifikasinya masih sama dengan kapal sipil.
Namun kini, semuanya sudah lain..! Terbukti yang memberitakan acara ini juga bukan hanya media nasional, namun juga media internasional. Dengan tuntasnya kapal ini, di mata para pengamat militer, telah menambah poin tersendiri bagi kekuatan TNI.

Daya gedor TNI akan semakin beringas dan gahar, karena pergerakan personel akan paralel dengan pergerakan alutsista berat lainnya..! Semoga kelak kapal sejenis yang lebih besar akan segera kembali terwujud..! Sebagai catatan bersama, galangan kapal Indonesia pernah membangun kapal hingga sebesar 50,000 DWT, atau hampir 10 kali lipat dari berat kapal KRI Bintuni ini. Tak ada kata mustahil, selagi masih ada kemauan dan kemampuan..! Selamat berkarya dan berjaya..!

citoxnew79

BLESSING IN DISGUISE
Saya pernah menjadi seorang bartender di sebuah night club dan discotique..!
Pelajaran berharga yang saya peroleh dari dunia gemerlap ini adalah tentang kebahagiaan..! Banyak yang keliru dalam memaknai dan mencari kebahagiaan. Mereka berpikir bahwa kebahagiaan senantiasa bersemayam dalam kegemerlapan dan kemeriahan..! Nun di dalam gudang minuman saya yang sepi, isak tangis seorang wanita terdengar amat nyaring. Seorang purel yang sehari-hari senantiasa tertawa, berdandan dengan extra kosmetika, kini sedang menangis di hadapan saya. Ketika ditanya kenapa dia bersedih..? Jawaban yang didapat sungguh jauh berbeda..!
“Saya tidak bersedih, justru menangis karena bahagia..! Di tempat tenang seperti inilah saya merasa menemukan kebahagiaan, dan melihat Tuhan itu ada dan sangat nyata..!”

Sejak saat itu, saya baru tahu jika gudang itu bukan sekedar tempat untuknya berkosmetika, tetapi juga sebagai mushola..!
Merasa bahwa Tuhan itu amat dekat diantara kami, akhirnya kami berdua sepakat meninggalkan dunia hitam itu. Kini perempuan yang konon berpikir bahwa kebahagiaan adalah sebuah kemeriahan dan keceriaan itu, kini telah menjadi ibu yang bahagia di kota Malang. Bersuamikan seorang pilot, menjalani bisnis kecil-kecilan, sambil menemani anak-anaknya mengenyam pendidikan. Masih di tempat yang tenang, kebahagiaan itu konon selalu dia dapatkan. Saat menoleh ke dalam sebuah lemari kaca, saya terkejut saat melihat sebuah botol minuman Jack Daniel. Seperti mengerti dengan apa yang terbersit dalam pikiranku, dia pun berujar..!
“Ya, itu botol yang kamu beri, masih tersegel dan tidak pernah aku minum. Aku menjaganya sebagaimana aku menjaga nasihatmu. Aku tidak punya siapa-siapa yang mampu membuatku berani, selain botol itu dan kamu..! Walaupun usiamu di bawahku, tapi aku merasa bahwa kamu adalah kakakku, bahkan terkadang aku merasa jika kamu adalah ayahku..!”

Lagi-lagi tangisnya tak terbendung, namun kali ini beruntung, disampingnya selalu ada suami yang setia dan selalu bersedia memberikan ketegaran dan keteguhan. Alhamdillah, terima kasih Tuhan..!

Kini, saya menjalani profesi sebagai seorang tukang masak..!
Banyak yang bertanya, kenapa perut saya tidak buncit. Sayang banyak yang tidak percaya dan tidak mengerti jika ” Makan itu tidak untuk kenyang, melainkan untuk tidak lapar.”

Suatu ketika ada yang bertanya mengapa saya terlihat awet muda dan selalu tersenyum..! Saya menjawab dengan gaya saya, ” Sebenarnya bukan saya yang awet muda, tapi mungkin kamu terlalu cepat merasa tua. Jika ada yang bilang saya selalu tersenyum, itu juga tidak selamanya benar, karena mungkin yang sedang dia lihat bukanlah senyum saya, tapi bisa jadi sekedar gigi ini yang gak tahan pengen nongol keluar..!”

Hahaha..! Sekarang orang yang bertanya seperti itu, telah berubah total. Saat bertemu, dia sudah terlihat langsing dan tidak lagi terlihat lusuh dan kusut..! Terima kasih, sungguh dialah sejatinya pribadi yang sukses..! Saya telah memetik pengalaman ini sebagai sebuah pelajaran..! Salaam..

yayan49

UNDANGAN Peringatan ke-70, hari kemenangan China
China telah mengundang Indonesia sejak dua bulan lalu untuk mengirimkan pasukan militernya dalam acara parade militer dalam rangka peringatan ke-70, hari kemenangan China atas penjajahan Jepang. Setelah Indonesia tidak memberikan respon, kini negeri Tirai Bambu itu menyampaikan undangannya pada hampir seluruh negara ASEAN..!

Perlukah kita dan ASEAN mengirimkan delegasinya..?
Andaikan kita beserta negara ASEAN hadir dalam acara parade militer tersebut, bukankah itu sebuah symbol penguasaan militer China ke atas Indonesia dan ASEAN..?
Dan, bukankah itu cara yang ditempuh Majapahit dalam usahanya untuk menguasai Nusantara..?
Jika benar demikian, kali ini siapakah sesungguhnya pihak yang sedang belajar dan mengajarkan sejarah dan pengalamannya..? Hehehe…!

By Patku Yayan Indocuisine
Gambar by Google, dan Patsus Citox

Share.

25 Komentar

    • Numpang bung astros..
      Bung Yayan, di artikel selanjutnya..mohon bisa dijelaskan sedikit soal getaran aneh di Natuna kemarin, kita semua pasti bertanya2 ada apa di wilayah kita ini..sedemikian besar getaran tapi bukan aktivitas tektonik.
      Salam hangat.

      • @bungLONE_WOLF getaran kemarin yang di natuna itu ndan PS lg bikin RUMPON baru dari bahan KAPAL SELAM NUKE penyusup

  1. Mencerahkan juga menjernihkan. keluasan wawasan dan kedalaman ilmu bung Yayan semoga menjadi pembelajaran buat kita untuk selalu menjadi murid. Karena dengan menjadi murid kita akan selalu bersedia menambah ilmu dan wawasan yang muaranya menjadikan kita semakin bijak.

  2. Ada pelajaran yg bisa saya petik dari artikel Bung Yayan,bersahabat dg alam,maka alam pun akan bersahabat dg kita…terima kasih bung Yayan atas artikelnya,selamat malam,dan selamat bersantap sahur bagi semua…!!

  3. Gambar pesawat sukhoi yang sebelah kiri itu si cocor bebek yaa… apalagi ada kata “kiri habis coy”.. saya hanya membaca yang tersirat saja karena ini wilayah yang dibikin abu abu secara pasti..

  4. Klo boleh tanya, sedang memasak apa sekarang?gorengannya seperti apa nanti..gosong ditengah jalankah….

  5. pagi patriot bangsa….pagi juga kang yayan…

    artikel yg sangat menarik, pelepas dahaga jiwa anak bangsa…
    bagaimana jika hari hut tni kita tahun depan kita lakukan di natuna, dan tidak lupa mengudang asean plus china, australia, india, jepang dan tentunya amerika ?
    hehehe.

  6. Terimakasih bung update..artikelnya..renyah sekali..
    Dr awal Bahasa dan redaksi kata bung yayan sgt bagus..mengajak pembaca spt sdg mendengarkan cerita dr org tua yg jg mengandung nasihat yg bsa lekas dipahami scr gamblang..shg spt terbawa arus hubungan emosional layaknya keluarga..
    memastikan update catatan chef part selanjutnya menjadi nasihat dan pencerahan yg selalu di tunggu..

    Terima kasih bung yayan..terimakasih patriot garuda @naga samudra..tdk perlu selalu update artikel jika hny copy dan.paste dr link lain..ini lbh membanggakan krn brangkat dr buah pikiran..

    • Naga Samudra on

      terimakasih kami patga berusaha memberikan artikel strategis yang berguna dan bisa mencerahkan anak bangsa
      Kita usahakan tidak sekedar copas dan mengejar update berita karena sudah banyak yang begitu dan mengundang koment yang kurang enak dibaca dan tidak mendidik

      Doakan kami Patga selalu mendapatkan pencerahan yang berkualitas dari para sesepuh kami ..amin

      • Bener bung admin. Sy setuju sekali. Jangan kayak warung sebelah yg hanya mengutamakan kwantitas komen. Bukan kwalitas komen. Mengutamakan kwantitas copasan. Bukan kwalitas copasan yg bs mendidik. Sehingga warung tersebut kebanjiran anak2 alay yg asal komen. Kebanyakan komennya tak ada isi dan tak mendidik sama sekali.(jangan2 bung admin pikirannya sama kyk sy lg nyindir warung sebelah hehehe…)

  7. blackhawkdown on

    Ok taruh kalimantan di dudukin oleh tank pendekar dari negeri M. Yang pertama kali dikirimkan Pasti Squadron Combat TNU AU (Sukhoi / Viper /Hawk) untuk menghancurkan tank Pendekar, ! tank dihancurkan oleh tank itu dotrin PD ke 2, Perang teluk 1 membuktikan Aresenal darat dihancurkan oleh kekuatan Udara (operation dessert storm)
    Adu Mobilitas dan lethalitas pasti lebih cepat mengirimkan Pespur ketimbang megirimkan Main Battle Tank/arteleri.
    Tapi kalau Squadron Combatan kita gagal menghancurkan tank Pendekar karena beberapa faktor…yaa ngapain juga ngirimin tank Leo ke kalimantan, wong pespur kita aja kalah…. IMHO

  8. irak serangan pertama dihancurkan dengan tomahawk sampai ribuan…
    dipastikan sudah lemah baru pespur bersih2 sam dan tank dll.
    baru personel diturunkan…
    kl indonesia semoga rhan lebih dari tomahawk.

    • blackhawkdown on

      Serangan pertama dilakukan oleh F 111 Night hawk…dan 80% pemboman dilakukan oleh USAF yang 20% oleh USN, USMC, US ARMY …( Gulf war 1 & 2, Afgan war dll) Bombers make History! Jangan kan main battle tank wong Apache terbang kalau enemy air defense sudah hancur!

  9. ismeds beckham on

    Dan Alampun akan me-RESET ulang ketidak seimbangan yg di ciptakan oleh manusia – manusia pembuat kerusakan dimuka bumi ini..itu semua menjadi SUNNATULLAH dari Sang pencipta Alam Semesta ini…Artikel yg Mantaab untuk menyadarkan semua individu,bahwa Allah ada dimanapun kita berada..barang siapa yg sllu mengingatnya,maka akan datang pertolonganya…Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yg menjalankannya..!!!!

    ….NKRI HARGA MATI….

  10. penjaga hati on

    bung [email protected] aku tertanya….!!!
    1/benarkan saat ini indonesia ber-sama sama-blok timur sedang melakukan perang-kelas teratas- terhadap AS cs dalam catur perekonomian dunia….
    2/adanya perjanjian bilateral antara indonesia dengan blok timur cs dalam pengunaan mata uang regional dalam setiap transaksi/anti dolar…apakah ini sebagai bentuk-embargo terencana- pemerintah indonesia terhadap AS cs…akibat proxy war asing/AS cs dan elemen2 lokal binaan asing terhadap indonesia…!!
    3/kemarin pemerintah minta pendapat/tata cara/taktik/siasat dalam perencanaan keamanan tingkat nasional dari agen AS cs..tetapi sekarang pemerintah melakukan -konsultasi keamanan/kontra intelijen -secara lansung/tidak langsung dengan rusia cs.dan ternyata rusiapun juga telah menyiapkan -segala alusista -yang diperlukan indonesia dalam menjaga diri-nya…jika demikian tentunya benarkah alusista-kelas wahid-milik rusia juga bisa/telah dimiliki indonesia…
    4/setelah indonesia melakukan -kerjasama/utang besar besaran- dengan cina,maka rupiah dan perekonomian dalam negeri mulai stabil/akibat serangan -terukur-dari pihak AS cs..(dampak dari sikap pemerintah sekarang yang lebih-condong-keblok timur),tetapi apakah yang menjadi-hadiah- buat cina dari indonesia !!!
    5/selama ini AS cs selalu ikut campur persoalan dalam negeri disebagaian besar pemerintahan negara2 didunia/termasuk indonesia.apabila pemerintahannya ta bisa di-atur/lepas kendali-maka AS cs/CIA akan mengirimkan para-pembunuh terlatih-untuk membunuh-tokoh2 lokal dengan merekayasa agar timbul konflik-regional/huru hara.apakah pemerintahan sekarang sudah -siap diri-akibat dari sikapnya yang terus melangkah untuk-menjauhi-AS cs !!!
    by:…bila ada yang berkenan..silakan menjawab dengan asumsi diri masing2…hehehheee

    • hadiah buat cina ya mungkin salah satunya yg kmarin anget bung “cina ngirim ribuan tenaga kerja ke sini”, mungkin 😀

    • Sepertinya insan yang begini tidak rakus, cocok sebagai salah satu kriteria dalam mencari pemimpin bangsa yang berkualitas

Leave A Reply