DUNIA BEBAS ROKOK..? ( Catatan Seorang Chef Part 36)

23

yayan98

“Indonesia is crying as it lost the top spot in corruption to Malaysia..!”

Ini yang gue suka..! Seorang menteri besar atau pejabat setingkat gubernur di Malaysia udah berani menekan Putrajaya..! Semoga ucapan dan keberaniannya adalah tulus dan murni, terlahir sebagai representasi hati nurani, bukan semata-mata karena disaat yang sama, mantan PM Mahathir Muhammad juga turut bersama-sama mendengarkan celoteh dan pidatonya..!

Semoga cita-cita reformasi di Malaysia bisa berlangsung damai dan sukses, untuk selanjutnya kita bisa bersama-sama memerangi dan memusnahkan tradisi korupsi yang telah sejak lama kita miliki..!

Terima kasih juga saya haturkan, karena mulai sekarang,setiap menteri dari Indonesia yang melakukan kunjungan resmi ke Malaysia, akan secara terhormat mendapatkan pelayanan langsung sang Wakil Perdana Menteri..! Sangat tersanjung..! Apakah karena sekarang udah bermantukan gadis manis dari Indonesia..? Hehehe…

GEDUNG PUTIH NUNGGAK HUTANG LISTRIK..!

Hahaha..! Mungkin terasa aneh kedengarannya, negara sekelas US, kantor kepresidenan mereka sampai gak mampu atau terlupa bayar tagihan rekening listrik..!
Tapi ini sangat nyata dan sedang menjadi sebuah fakta bahwa Gedung Putih alias The White House sedang terancam pemadaman listrik..!
Jika ada ancaman, artinya sudah banyak surat peringatan yang diabaikan..!

Saya mengerti jika petugas perusahaan listrik Amerika tidak mungkin bisa menyegel meteran listrik Gedung Putih, selain dijaga ketat, siapa sih yang mau dicap sebagai teroris..? Hehehe..! Maklum, negeri Paman Sam tersebut sangat pobia dengan yang namanya teroris..!

Tak terbayang seandainya aliran listrik itu diputuskan, meskipun saya yakin bahwa Gedung Putih masih punya banyak supply listrik dari berbagai genset yang dimilikinya, namun issu dan images itu akan sangat mencoreng wajah kepresidenan mereka. Jika ini yang terjadi, sebagai seorang warga negara Indonesia, saya rasa sangatlah wajar jika saya berandai-andai, jangan-jangan di White House juga ada korupsi..! Hehehe..

yayan99

DUNIA BEBAS ROKOK..? HEHEHE…

Saya bukanlah seorang perokok, dan saya juga tidak bermaksud membela para perokok. Jujur, saya tidak merokok karena saya membenci ayahanda yang sangat perokok. Tapi kini, saya lebih benci pada organisasi atau negara-negara yang iseng berkoar-koar untuk membebaskan dunia ini dari rokok..! Munafik..!

To the point saja, saya benci dengan sikap mendua Amerika Serikat, begitu pula dengan negara-negara Eropa. Dia berhasil mengusir pabrik rokok dari seantero negeri Paman Sam, tapi ironisnya, budidaya tembakau terbaik masih terus digalakan, bahkan hingga kini perusahaan rokok terbesar dunia, Philip Morris International Inc., masih berkantor pusat di New York City, dan saham-sahamnya masih diperdagangkan di NY Stock Exchange..! Tidak cukup sampai disitu, karena Philip Morris ini juga dikuasai oleh perusahaan Altria yang berbasis di Switzerland, dan saham Altria terdaftar di London Stock Exchange, maka saham Philip Morris pun melenggang dengan mudah untuk turut melantai di bursa efek London..!

Mari kita perhatikan, dari manakah datangnya propaganda anti rokok bagi dunia..? Tidak susah mencari jawabannya, karena semua itu ternyata berasal dari LSM ketiga negara tersebut..!

US mencoba untuk mematut diri dengan menempatkannya sebagai the only one in the world, negara tanpa pabrik rokok, yang seakan membuktikan bahwa kampanye anti rokok mereka tidak main-main, dan bukan sekedar gertak sambal..! Padahal, pada tahun 2005, Philip Morris berhasil mengakuisisi perusahaan rokok terkemuka HM Sampoerna Indonesia senilai USD 5.2billion..! Sebuah transaksi terbesar yang pernah dilakukan oleh perusahaan swasta nasional Indonesia..! Tak cukup itu, Philip Morris juga terus melebarkan cengkeramannya di negeri ini dengan membeli perusahaan rokok lainnya..! Tercatat kini di Indonesia selain memiliki HM Sampoerna Indonesia, Philip Morris juga adalah penguasa dari perusahaan rokok bermerk Bentoel, Minak Djinggo dan Wismilak..! Berkat penguasaannya ini, Philip Morris Indonesia tercatat sebagai sebagai market leader Indonesia, dengan penguasaan pangsa pasar Indonesia melebihi angka 35%, dan hanya menempatkan PT Gudang Garam 25% dan PT Djarum 19% sebagai penguasa diurutan kedua dan ketiga..! Dan kali ini, Philip Morris sedang berencana untuk melakukan right issue senilai hampir USD1.4billion..! Tapi ada hal yang amat menyakitkan, manakala kita tahu bahwa kepemilikan saham Philip Morris Indonesia adalah didominasi oleh perusahaan induk mereka di Amerika Serikat, yakni hingga sebesar 98.8%…! Dan public sendiri hanya dibatasi pada angka 1.2%..!

Dengan market value di Indonesia yang lebih dari USD23billion, sementara revenue mereka berada pada angka rata-rata USD80billion per tahun, relakah Amerika, Swiss dan Inggris menghapus dan kehilangan salah satu sumber pajak terbesar bagi kas negara mereka..? Hahaha..! Bullshit…! Apalagi kita tahu bahwa Philip Morris adalah pemilik merk terkemuka berbagai rokok terkenal di dunia, yang artinya bahwa secara langsung ataupun tidak langsung, Philip Morris adalah asset strategis negara yang mutlak harus dipertahankan..! Bukan sesuatu yang mudah bagi perusahaan manapun di muka bumi ini untuk mampu bergabung dan tercatat dalam daftar elit S&P 500, namun nyatanya Philip Morris adalah bagian dari deretan panjang namun terbatas yang diimpikan itu..!

Menghapus rokok dengan tetap membiarkan Philip Morris beroperasi..? Hehehe..! Hanya mimpi di siang bolong..!

dedenew162

CINTA SEJATI

Selama delapan tahun tinggal di Malaysia, sepertinya ini baru yang pertama kalinya saya menemukan atau melihat kupu-kupu..!
Ah, jadi teringat dengan dongeng ibunda saat kami masih kecil-kecil dulu.

Ada sepasang kupu-kupu yang terbang malam, bermain riang diantara segar aroma taman. Ketika lelah setelah semalaman terbang, sejoli kupu-kupu singgah sejenak di atas kuncup bunga yang hendak kembang. Sang betina berujar, barang siapa diantara kita yang esok pagi bisa datang terlebih dahulu di atas bunga ini, maka sesungguhnya dialah sang pemilik cinta nan agung, luhur, suci, murni dan sejati..!

Mendengar tantangan itu, sang Jantan tertegun, kemudian mengangguk tanda setuju. Setelah itu mereka berpencar pulang..!
Keesokan paginya sang kupu-kupu betina segera pergi meninggalkan sarangnya. Dia ingin membuktikan bahwa cintanya jauh lebih besar daripada cinta yang dimiliki sang kekasihnya, namun tentu saja dia juga penasaran ingin mengetahui seberapa besar cinta yang dimiliki oleh sang kekasih terhadapnya. Ketika hampir mendekati bunga yang dituju, dia merasa yakin bahwa cintanyalah yang paling besar, karena disaat yang sama, dia sendiri belum melihat kehadiran sang kekasihnya. Namun disaat ia hendak menginjakkan kakinya di atas kelopak bunga yang mengembang, dia amat terkejut mendapati jasad sang kekasih yang tergeletak kaku dan tak lagi bernyawa..! Rupanya, dalam diam sang kekasih telah menahan kantuk dan lelahnya sepanjang malam, menunggui sang bunga hingga mekar kembang, semata-mata demi menujukkan ketulusan dan kesucian cinta dalam genggaman..!

Tak terasa, kepedihan dan air mata itu pun jatuh bercucuran. Sang betina kini sadar bahwa kesejatian bukan sekedar ungkapan dan ucapan..! Kesejatian adalah kesungguhan dan keutuhan. Dalam derai air mata dan semerbak aroma sang bunga, si betina merangkul erat sang jantan pemilik kesejatian cinta itu, hingga musim berganti, dan sengat matahari serta bekunya salju telah memeluk keduanya hingga ke mati..! Cinta sejati itu tetap ada dan senatiasa bernyawa, tidak pernah mati, meskipun dia dalam diam…

dedenew163

KERETA PROPAGANDA

Gagal di Jakarta dan Bandung, akhirnya China mengalihkan project kereta pelurunya ke Amerika Serikat. Di Negeri Paman Sam ini, China akan benar-benar berinvestasi, bukan sekedar meminjamkan duit. Maklum, di US tidak dikenal kehadiran langsung pemerintah dalam urusan yang menyangkut kepentingan publik. Pemerintah hanya berperan dalam pembuatan kebijakan yang akan dijalankan oleh pihak swasta..! Setelah tugasnya selesai, pemerintah akan kembali sebagai pengelola negara dan abdi masyarakat..! Pemerintah tidak dibenarkan berbisnis dengan rakyat..!

Untuk itu, tidak heran jika kemudian China memilih route Los Angeles-Las Vegas sebagai ladang peraduannya, karena kedua tempat ini telah lama dikenal sebagai dua wilayah tujuan wisata yang paling utama di Amerika Serikat. Dari bidikan routenya, kini kita bisa melihat bahwa sesungguhnya nilai keekonomian sang peluru tersebut sangat kecil, tidak layak dijadikan sebagai moda transportasi reguler. Bahkan andaipun kelak kereta api itu telah beroperasi di Amerika, para pengamat memperkirakan bahwa market sesungguhnya adalah para wisatawan asing, dan lagi-lagi yang diuntungkan adalah Amerika Serikat sendiri karena telah diberikan sebuah daya tarik pariwisata yang baru. Adapun masyarakat lokal diperkirakan akan tetap setia dengan kendaraan roda empatnya, mengingat harga mobil di Amerika termasuk yang paling murah, selain didukung oleh akses jalan dan keamanan yang hingga kini diyakini masih merupakan salah satu yang terbaik di dunia..!

Pertanyaannya, akan sampai kapan dan dimanakah kiprah kereta api super cepat China ini mampu menyusuri lekuk wilayah di Amerika Serikat..? Masih akan terus dipertanyakan, mengingat biaya konstruksi yang mahal dan harus berhadapan dengan keperbagaian moda transportasi yang telah lama ada disana..!

Semoga bisa menjadi pelajaran berharga bagi Indonesia, karena tidak mustahil kelak China akan datang sendiri dengan membawa modal dan teknologi, tanpa harus repot-repot berhutang luar negeri..! Hehehe..! Terima kasih pak Presiden atas pembatalan project tersebut di negeri ini..!

By Patku Yayan@Indocuisine
Gambar by Google dan Patsus Deden Sherman

Share.

23 Komentar

  1. Cinta sejati?
    apakah ada hubungannya dengan gambar garuda dan beruang?
    Terimakasih artikelny bung Yayan, sekian lama menanti akhirny muncul jg…(y)

    • Batin nimbang on

      Sebenarnya tidak batal 100%, hanya konsep selama ini yang G to G. Oleh indonesia di serahkan ke swasta murni. Tanpa ada jaminan pemerintah. Atau B to B.
      Jepan tidak dapat menerima jika tidak ada jaminan dari goverment (apbn). Sedang tiongkok masih mengkaji….

  2. Supir Forklift on

    Saya sangat setuju tentang rokok..gembar gembor amerika untuk mematikan industri rokok tanah air dengan kampanye2 anti rokoknya tidak lain tidak bukan hanya untuk menguasai pasar dan menjual produk2 hasil tembakau mereka sendiri..dengan dikuasainya pasar rokok di Indonesia, tembakau2 lokal nusantara pun sudah tidak ada harganya karena mereka lebih memilih produk2 tembakau ABL mereka sendiri..bagaimana nasib petani2 tembakau kita yg sudah semakin susah,,bagaimana nasib petani2 cengkeh kita yg dulu sempat jaya sekarang merana dengan diciptakannya produk2 rokok baru non cengkeh..belum lagi nasib ibu2 pekerja linting yg semakin tersisih mesin2 canggih..
    Salam kenal bung yayan..

  3. Koreksi bung Yayan, Bentoel tidak dimiliki oleh philip morris melainkan british american tobacco (UK based company). PMI dan BAT adalah 2 pemain raksasa di dunia tembakau walau di Indonesia Bentoel merupakan pemain no 4 dibawah PMI, GG dan Djarum.

    Koreksi ke 2..Cina akhirnya tetap sbg pemenang proyek kereta cepat jkt-bandung dgn skema b to b. Selamat menikmati barang rongsokan.

    Koreksi ke 3.. tolong dinfo sumber jika Index korupsi indonesia tdk lbh buruk dr beruk malon? Kalau memang lbh baik saya turut bersyukur..

    Salam

  4. Memang proxy ekonomi jg sedang dijalankan,phk ribuan karyawan didaerah tapal kuda jatim telah terjadi,di kediri juga.tembakau petani jadi tidak laku.

    • Udud TENGWE (nglinting dewe) aja boss.
      jelas yang diuntungkan anak negri. BUKAN bat & morris.
      BUAT UU kok MERUGIKAN petani tembakau sendiri, pejabat yg aneh…….

  5. Makjlub, kisah cinta sejati sang kupu2 bkin mata sayup2..

    Yup, proyek ka cepat sudah sepatutnya di cancel, bnyk hal lain yg lebih mndesak..
    Semoga kedaulatan industri rokok nasional tetap berada dalam genggaman rakyat Indonesia sendiri.

  6. Anteb hehe…
    Salam pagi patga…
    Thanks a lot utk artikelnya bung yayan….nice n’ amazing !!
    Terlepas ada koreksi, namun sy yakin dan prcaya bila “kupu2 itu hadir dan hasil puasa yg ikhlas”…
    Btw…
    Sy faham sikap malaysia, sy amini tunggakan white house toh negara AS sgt dikenal sbg negara tukang ngemplang sejagat, lihat sj di list tunggakan iuran PBB. Soal kupu cupu sy pun asyik dan sgt layak utk tabik….lalu soal china kereta ini sy ingin bnar2 mnjadi sbuah kebulatan tekad utk sama mendepaknya dr skema G to G…..
    Japan sdh menggerutu, mski sy yakin omelannya tak lbh dari sikap samurai yg gagal namun takut harakiri. Hehe…..
    Anai-anai pun memiliki tekhnologi, mski tujuan dan mimpinya hanya trbang semalam sj lalu mati, tp garuda sll punya siang yg gemilang, dan malam yg menyegankan….salaf salafi !!ya kita bukan yg terbesar tp kami mematikan !!
    Dirgahayu TNI, jayalah INDONESIA !

  7. terlepas dari konflik -masa lalu(pemberontakan pki)-sebenarnya indonesia ta kan bisa melepaskan diri dari ketergantungan pada negara2 komunis(cina/rusia cs..).
    …ajaran komunis mungkin ta kan bisa lagi tumbuh dinegeri ini secara-nyata-meski bisa saja berorentasi dengan ajaran lokal namun masih-ada batasannya !!!
    ..berteman dengan blok barat seperti -makan hati-dikasih seberapapun banyaknya(SDA) masih saja tetap kurang..tapi meski blok timur -lebih mengutamakan-persaudaraan- dalam membangun hubungan antar negara-namun tetap saja yang negara lemah wajib memberi-jatah lebih-demi perlindungan.
    ..jadi ada baiknya negeri ini terus berusaha untuk menjadi negara mandiri agar bisa sejajar dalam segala bidang dengan blok barat ataupun timur demi kesetaraan berbangsa dimasa depan..

    • Itu dia masalahnya bung…
      perPem no 81 th 1999: kadar batas maximum perbatang rokok yang boleh beredar di Indonesia adalah nikotin 1,5mg dan tar 20mg.
      Sedangkan tembakau TERBAIK DI DUNIA hanya di Indonesia, terutama di daerah banyuwangi dan lereng gg sindoro-sumbing.
      dan mempunyai kadar nikotin LEBIH dari 1,5mg dan tar-nya lebih dari 20mg.
      Bahkan TIDAK ADA tembakau yg ada di Indonesia yg kadar nikotin dibawah 1,5mg dan tar dibawah 20mg.
      KECUALI kertas yang DICAMPUR essence tembakau.

  8. Mungkin tulisan Bung Yayan ini dibuat seblum bulan Oktober ini kali ya, karena project Kereta Cepat akhirnya diberi ke Cina…entah mengapa aku tak percaya..

  9. Salam bung trahLor
    Smg berkah dan bahagia bersama keluarga

    …Bercermin pd aksi russia di suriah lewat serangan presisi pesawat tempur dan rudal presisi jarak jauh mengingatkan kembali pd saya saat usa melakukan perang teluk jilid I.
    …Ada pesan tentang kecanggihan teknologi militer russia yg memiliki daya gentar thd lawan.
    …Namun demikian, sejak serangan russia tersebut terlihat usa dan sekutunya spt menjaga jarak unt jangan sampai nyenggol russia di suriah dan cenderung berhati-hati unt merencanakan strategi selanjutnya. Terlihat mulai seringnya press release dari usa dan sekutunya dgn beragam topik dan mengkerucut merujuk pd aksi russia.

    …Sebagai orang awam nan miskin ilmu strategi, adakah bung trahlor berkenan berbagi ilmu lewat analisis bung.
    ….Adakah itu terjadi perang ideologi yg berbungkus perang dagang alutsista yg bernilai milyar dollar ataukah hanya momentum unt mengakhiri tugas polisi dunia permanently dgn menampilkan russia sbg poros penyeimbang dunia?

    ….Menaruh harapan pd ikhlas bung trahlor berbagi ilmu pada kami. Maturnuwun

    Salam NKRI !!!

Leave A Reply