The Training ( Hoax Corner Part 25 )

225

GOLD OF NUSANTARA
The Training

dedenew293

Heathtrow

Suara pengumuman terdengar
“Pesawat BA xxx dari Jakarta telah mendarat, para penumpang dipersilahkan untuk mengambil bagasi pada line 12. Terima kasih”

Tampak seorang pemuda berkulit sawo matang, keluar dari pintu kedatangan dengan membawa sebuah ransel dan koper.
Tak lama kemudian 2 orang kulit putih menghampiri pemuda tersebut
Bule 1: “are you Garuda?”
Pemuda: ” yes, I am Garuda, whom I spwaking with?’
Bule 1: ” Nama saya sebut saja Mika, selamat datang Garuda, saya adalah penghubung mu selama ada di sini, ini teman saya Vladimir. Dia yang akan memenuhi kebutuhan kamu, tinggal panggil saja kalau butuh sesuatu”
Pemuda: ” rupanya anda fasih berbahasa Indonesia, Mika. Kalau boleh saya tahu dimana anda belajar bahasanya?”
Sembari mereka berjalan ke arah tempat parkir
Bule 1: “hahahaha…saya besar di Indonesia, saya ikut orang tua saya dari tahun 1957 sampai tahun 1977…. Orang tua saya adalah konsulat di kedubes Sovyet.. Saya berumur 5 tahun waktu ayah saya ditugaskan di Jakarta Garuda”
Pemuda: ” wah lama juga ya anda di sana, pantas skill bahasa anda sempurna Mika”
Bule 1: ” Ya begitulah…. Saya sangat mencintai negara anda, sama seperti saya mencintai Mother Rusia…. Oh iya apartemen anda ada didaerah menengah, supaya tidak mencolok bahwa anda adalah salah satu keluarga kaya dan berpengaruh di negara asal anda…. Pesan itu disampaikan langsung oleh ayah anda kepada kepala urusan London KGB beberapa bulan yang lalu… Semoga anda tidak keberatan dengan apa yang telah kami siapkan”
Pemuda: “tidak masalah buat saya, karena saya sudah dinasehati bahwa saya harus sekolah bukan untuk hura hura Mika…. Apa pun yang diberikan akan saya terima”
Bule1: “Hhhmmm…. Kamu memang beda dengan yang lainnya…. Saya sangat kagum.dengan pilihan ayah kamu untuk mengirim kamu menjalani pendidikan ini…. Saya rasa sang perancang tidak salah pilih soal kamu Garuda. Dia lah yang pertama mengirim biodata kamu secara rahasia, dan kami merespon apa yang sang perancang jelaskan dalam kawat sangat rahasia”
Pemuda: ” saya tidak ingin kecewakan ayah dan ibu saya, Mika… Mereka sàngat berharap saya akan lulus dalam.pendidikan ini….”
Bule1: ” Saya pun berharap demikian Garuda…. Omong omong nah kita sudah sampai di apartemen kamu… Ayo kita naik dan lihat rumah kamu….”

Mereka bertiga menaiki sebuah gedung berlantai 3, dan menaiki tangga ke lantai 2 dan langsung menuju sebuah pintu di sebelah kiri tangga tersebut. Vladimir memasukkan kunci dan membuka pintu tersebut, kemudian Mika dan Garuda menyusul di belakangnya.

Bule1: “Garuda, ini lah tempat tinggal kamu selama pendidikan di sini, kamu sudah saya daftarkan ke universitas yang cukup ternama, dan disamping kamu menjalani kuliah kamu akan kami didik menjadi seorang yang punya analisa diatas rata2… Saya sudah siapkan bahan bacaan untuk kamu analisa. Ada di ruang belajar kamu, kami mengharapkan kamu membuat sebuah tulisan berdasarkan bahan yang sudah disiapkan… Tidak usah buru2…. Take your time.. I’ll leave you here, so you can take a rest after a long flight from home…. See you next week oke?”
Pemuda: “.oke Mika, and thank you for the pick up at the airport… See you next week then”

Wilayah Jakarta Selatan, malam hari
Dalam.sebuah ruangan tampak seorang laki laki.berumur 40an sedang membaca sambil menghisap rokok… Terdengar suara ketukan pintu…..tok tok tok….
Bapak: “ya siapa? Masuk”
Serka: “ijin bapàk, mau tambah kopinya ndak?”
Bapak: ” oooo kamu…. Ndak usah, sudah cukup nanti malah kembung perutnya..”
Serka: “nggih pak… Ini Letda mau ketemu bapak, boleh pak?”
Bapak: ” Silahkan saja, suruh masuk ya..”
Kemudian masuklah seorang Letda ke ruangan, sambil hormat dia berkata
Letda: “Ijin menghadap pak”
Bapak: “Wah, kamu itu, saya sipil ndak usah formal begitu….silahkan duduk letnan”
Letda: “Terima kasih pak… Maaf kalau saya begitu pak, bagaimana pun bapak adalah salah satu yang kami anggap sebagai atasan kami… Ijin melaporkan, ada kawat sangat rahasia masuk sekitar 30 menit yang lalu… Ini pak”
Sambil menyerahkan sebuah amplop coklat bertanda “TOP SECRET”
Bapak: “KGB urusan London ya?”
Letda: ” Benar pak.. Garuda sudah dalam sangkarnya, sedang dalam tahap adaptasi sangkar baru.. Sedang belajar utk memahami situasi sekitar dan diberi tugas mengamati berbagai situasi dan menterjemahkàn ke dalam cakaran kuku Garuda…”
Bapak: ” Sesuai dengan apa yang kita rancang Letnan, semoga yang diharapkan ayahnya bisa terwujud”
Letnan: “semoga demikian pak”
Bapak: “Letnan, kamu sudah hubungi urusan Swiss dan Austria?”
Letnan: ” Sudah pak, laporannya ada di ruangan kepala dan kopi laporan sudah saya sampaikan ke bapak.”
Bapak: ” Saya sudah lihat laporannya. Tinggal kita menunggu Bintang Biru soal mana yg terpublikasi mana yang tidak boleh. Kamu sudah dapat Swiss swift code ya kan?”
Letnan: ” Siap, sudah pak… Oh iya pak analisa saya soal Sovyet dan pemimpin mereka yang baru sudah dibaca pak?”
Bapak: “Oooo sudah, ya saya baca memang cenderung ke barat yang sekarang, saya juga curiga bahwa barat sudah mulai menyusup ke Yugoslavia, sedangkan Tito sudah mulai sakit sakitan.. Saya berpikir tidak lama lagi tirai besi akan menjadi tirai kain dan mudah untuk dirobek robek…”
Letnan: ” Begitu ya pak…..artinya kedepan akan hanya ada satu kekuatan yang tidak akan bisa ditandingi pak?””
Bapak: “Kalau itu jangan takut letnan, nanti siapkan skenario babat alas khusus area tirai besi, kita berdayakan poros poros di espresso, sausage dan cannes…. Kita siapkan Swiss swift sekali lagi dan bujuk jendral jendral tirai kain untuk kasih potongan besar ke kita. Paksa mereka dengan dalih supaya teknologi mereka jangan jatuh ke kolonel sanders…
Letnan: ” Siap pak…saya dan teman teman akan buat skenario seperti itu”…

citoxnew181

The Iceberg

Konjen RI Swiss
Dalam sebuah ruangan KBRI, terlihat seorang wanita sedang sibuk mempelajari dokumen dokumen rutin di sore hari pada musim gugur. Terdengar suara ketukan pada pintu ruangan. Tok…tok…tok…
Wanita: “yes, who is it?”
Pria: ” Sore bu, maaf mengganggu.. Ada kawat dari Supomo”
Wanita: ” Oke, silahkan letakkan di meja pak. Nanti saya pelajari berita nya”
Pria: “Ini bu”. Sambil menyerahkan sebuah file map berwarna krem dengan stempel merah besar ‘TOP SECRET’
Wanita: ” Terima kasih pak, oh iya sekalian saya minta kopi dan muffin ya”
Pria: ” Baik bu, nanti saya antar”
Wanita itu pun membuka file tersebut dan membaca selembar kertas yang bertuliskan:
‘Garuda sudah masuk sangkar baru. Elang, Gagak, Harimau dan yang lain sedang dieram oleh induk baru. Perburuan burung langit sudah final, delta cannes masuk kategori tidak terpublikasi, elang yang dipilih sebagai penjaga langit. Swift berlaku untuk 2 daerah, laksanakan sesuai dengan swift yang sudah disepakati. Lobby kembali untuk persiapan swift sekali lagi untuk persiapan cuci gudang area red square dan bros.
Baca situasi soal bros dan perkembangan area red square, paham demokratos sudah mulai menyusup ke dalam. Perhitungan kita, bros wafat, akan kacau ditambah adanya gerakan senyap untuk bubarkan tirai besi. Siapkan skenario operasi Buru Paus. Kemungkinan ada leak data untuk silent killer intelijen tirai. Siapkan pos penampungan segera’

Setelah membaca, wanita tersebut langsung meraih telpon yang ada disampingnya dan memutar nomer.
Suara seorang wanita diujung sana terdengar menjawab telpon
Wanita 2: “Hello, aries hotel, good afternoon. May I help you?’
Wanita: “This is beluga, my number is 76098666. Operation Whale Hunting is on. Swift is open for two, delta cannes and eagle. Prepare for Operation Blue Shelter and prepare for swift to Red Square”
Wanita 2: ” Note on your order beluga. Sequence encrypted is begin. All source will receive order in 24 hours”
Wanita: ” Thank you”

Konjen RI Austria
Sebuah ruangan dalam wisma nusantara, tampak bergegas seorang pria memasuki ruangan sambil membawa sebuah map.
Pria: ” Pak, kawat rahasia dari aries hotel. Sudah saya konfirmasi ke Supomo, dan mereka mengiyakan pak”
Pria 2: ” Hhmmm…. Mana suratnya? Hhmm oke, kamu siapkan swift bagian kita untuk delta cannes dan eagle… Siapkan pos penampungan untuk silent killer yang terbuang. Jalankan..!!”
Pria: ” Siap pak…!!”

Suasana yang sama terjadi di 5 konjen eropa dan mereka pun bersiap untuk melaksanakan sebuah operasi yang sangat rahasia.

London
Sebuah kampus yang cukup ternama terlihat seorang pemuda berkulit sawo matang sedang duduk dibawah pohon sambil membaca buku. Tak lama kemudian seorang pria berwajah arab melintas di depannya sambil memberikan selembar kertas. Sang pemuda pun membaca isi tulisan tersebut. Kemudian ia pun berdiri, kemudian ia berjalan memasuki sebuah bangunan yang didalamnya ada telepon umum. Ia pun memasukkan beberapa uang koin dan memutar sebuah nomer. Terdengar nada panggil dan seorang pria menjawab
Pria: ” Street resto, may I help you”
Pemuda: “Garuda here, can I speak to Mika?”
Pria: “Wait a moment”
Pria 2: ” Yes Garuda?”
Pemuda: ” Saya terima kabar, operasi Whale Hunting sudah operasional. Operasi Blue Shelter sedang di siapkan. Kamu sudah tahu itu, Mika?”
Pria 2: ” Sudah, saya sudah terima kabarnya. Saya akan persiapkan semuanya. Oh iya satu lagi, ada kabar dari US, seorang yang memiliki akses high level di Federal Reserve mengirimkan dokumen bernilai tinggi ke jepang tadi malam. Mikrofilm dokumen tersebut sudah dalam perjalanan ke supomo. Saya sudah minta otorisasi untuk analisa dokumen tersebut. Kemungkinan dalam.1-2 hari kedepan saya akan berada di supomo. Ada pesan?”
Pemuda: “Salam saja untuk perancang dari saya”
Pria 2: ” Akan saya sampaikan”

dedenew342

Bersambung
Oleh Patsus Hadna Biro Jabodetabek
Gambar Oleh Patsus Citox dan Patsus Dede Sherman

Share.

225 Komentar

  1. bung hadna, sebenarnya anda memiliki bakat menulis yg luar biasa, imajimasi imajinasi anda tersusun rapih seolah olah ini nyata, ditunggu serial bukunya bung… meskipun hal hal seperti ini hanya dalam imajinasi saja namun saya sangat menikmati seri demi seri yang dimuat di forum ini, semoga ada sutradara yg baca nih.. bagus kalo dibuat film.. menaikan rasa nasionalisme penonton pastinya…

    • betul sayang semua cerita ini adalah fiksi, andai benar masih banyak pejabat yg tergambar seperti di ceita ini alangkah salutnya diri ini pada mereka.

  2. Ops……yg tertata tersusun dgn rapi…..top buat sang perancang……
    jaya lah NKRI……
    salam patriot buat bung semuanya tanpa terkecuali

  3. mantap tulisannya bung hadna…elang biru dan sayap delta sdh msk…cm penasaran sm teknologi apa dr yugo yg mw ditampung?

  4. Wow luar biasa…., tulisan yang selalu ditunggu, alur cerita yang menggelitik mampu membuat kita penasaran, setting cerita lampau, hikayat para kesatria …. Maaf bung Hadna, kependekan tulisannya…hehehe…, sehat selalu untuk bung Hasnan dan para Patriot Nusantara…

  5. Your Comment mantabbss alur cerita nya…membawa pembaca berimajinasi…andaikah dibuat novel nya bung hadna? ditunggu lanjutan ceritanya…terimakasih

  6. Yugoslavia…
    Joseph Bross Tito..?

    ” Perburuan burung langit sudah final, delta cannes masuk kategori tidak terpublikasi, elang yang dipilih sebagai penjaga langit”…

    luar biasa bung Hadna, beginikah kisah kedatanganya..

    Sehat selalu untung Bung hadna, Para Patga, Patku dan semuanya..
    Selamat Pagi Indonesia NKRI Jaya

  7. Bung KJM, iya bung. saya juga bertanya2.
    Setting tahun 90 an awal ya ?
    kita menyediakan penampungan bagi para ronin ?
    dan supomo…? atau sudomo ?
    hehehehe…..

    • “supomo” sepertinya nama wilayah atau jalan yang terus dijadiin inisial,
      pernah bung trahlor dalam salah satu sekuelnya menyebut nama wilayah “tebet” itu kan daerah di sekitar jalan dr. supomo jakarta selatan.

      maaf ya bung.. analisa ngaco dari saya,
      salam patriot!

  8. jangan kelamaan bung kl bikin sambungan… tiap hari keluar masuk 3x di patga kok ga muncul2 artikel bung hadna… btw terima kasih tulisan nya

  9. Seperti film bourne series,penuh intrik dan kerahasiaan tinggi dan level dewa,saran saya sekiranya bung hadna mau menjadikan kisah ini ke dalam sebuah buku,saya pernah membaca buku perang eropa pk ojong,ada sedikit kisah seperti ini di dalamnya

    • bung vladimir…..terima kasih masukannya…. Tapi kalau buat buku masih jauh lah dari karya seorang penulis handal……hehehehe

      • Tapi saya melihat tulisan tulisan anda selama ini selalu membangkitkan rasa nasionalisme kami,alngkah baiknya juga generasi di bawah kami juga merasakan seperti ini supaya kelak mereka tidak melupakan rasa nasionalismenya yang semakin hari semakin luntur,semoga anda tetap sehat supaya bisa menelurkan tulisan tulisan seperti ini lagi bung hadna

      • Tukang Kompor on

        handal atau tidak kan itu nanti pembaca yang menilai hasil karya anda bung Hadna. saya juga sebenarnya berharap hoax corner di bukukan dan terbit untuk kalangan terbatas. Salam kemerdekaan MERDEKA.

  10. operation whale hunting masa itu adl untuk burung langit: mirage 2000 (unpublished) dan f-16 (for public consumption)—> kenapa disebut eagle ya, padahal jargon ini milik f-15….hihihihi…mencoba menterjemahkan kata-kata bung PR ” sejumlah f series terparkir rapi di rumah tua itu”

    operation blue shelter adl unt menampung pakar-pakar teknologi militer yugoslavia
    swiss lewat swift-nya membantu fulus di kedua operation.
    italia,jerman,perancis: akses pintu gerbang unt blue sherlter.

    keren dan menantang artikel ini….salute buat bung Hadna

    • aku terjemahkan pada konteks artikel bung Handa ttg swift adalah swift code yakni kode tiap bank-bank di dunia yang ditujukan untuk telegraphic transfer (bank transfer) antar rekening bank antar negara yang tergabung dalam jaringan perbankan on line dunia yang bernama SWIFT. contoh, Jika anda membeli barang /jasa buatan luar negeri maka pembayaran pelunasan bisa dilakukan dengan bank transfer antar rekening bank yang dimiliki produsen barang/jasa dimana dengan meminta detail informasi rekening bank produsen luar negeri termasuk swift code nya. Idem berlaku juga untuk keperluan personal antar bank antar negara dengan .

  11. salam hangat bung hadna…dan salam hangat bwt para sesepuh patga dan keluarga besarnya… semoga sukses selalu…

  12. ( Awas awas dibalik tembok )
    ( Awas ada telinga )
    ( Awas telinga manusia )

    Dibalik tembok ada telinga
    Yang selalu mendengarkan
    Bisik-bisik cinta kita
    ( Awas awas awas awas ssst …. )

    Nah itu dia … nah itu dia …
    Dibalik tembok …
    Sedang pasang telinga
    ( Awas awas )

    Dibalik tembok sebelah kiri
    Ada rumah Pak RT
    Dibalik tembok sebelah kanan
    Ada rumah Pak RW

    Bagaimana lah you … bagaimana
    Bagaimana lah you … bagaimana

    Goyang dangdut !!!!!! ?????? 😀

  13. unDissclose file Sleeper Ops at 83-94,
    “Supomo” skrg menjadi Balai Sudirman dg keangkerannya msh tetap terjaga rapi..hehehe

    Swiss Swift wow.. the most softleax ever made by us di tengah perang red Square jg virginia..

    Jadi apakah tugas para “Garuda”.. hmmm! ini jg yg di kloning panda buat dapatkan high tech blue print F22 US.

    #dekem lg aahh…
    #Hoax loh ini cerita!

    • hoax yang bikin panas dingin bacanya…. huehehhehehe
      terima kasih bung PR… bocorannya bener-bener mbrojol wkwkwkwkwk (y)

    • Bung PR…
      Bolehkah bertanya….anggap ops 83-94 berhasil buat RI…apakah musuh RI yang sadar akan sepak terjang ops tersebut akhirnya membuat trigger krismon RI di medio 96-98?
      Terimakasih bung…Salam patriot dan sehat selalu…

    • Ijin tanya bung@PR….apakah ini awal projek IFX asli indonesia yg disembunyikan slma ini….soalny klu g krismon dlu indonesia akn bangkit mnjdi industri penerbngan dunia dan dunia pun ketar ketir karnany,mkany dihantam gelombang krismon yg begtu hebatny untk membuat indonesia tdak bsa bangkit…pdhal mungkin dibalik industri penerbangan sipil ad plan rencana yg lbih maknyus soal ILX asli indonesia y bung….
      #ngopi lagi ah sambil nunggu pencerahan bung@PR

      • dari awal sebelum IPTN berdiri sdh ada LAPIP yg di pimpin bp Nurtanio sdh mencanangkan bahwa Indonesia hrs di hub kn via udara dg pesawat komersial murah tapi aman. selain projek sipil jg digarap projek Jet Tempur dg baseline wkt itu adalah Mig dan Sukhoi,Mig yg jd baseline adalah Mig 21 dan Sukhoi SU15 Flagon tp urung krn budget yg sgt bsr saat itu tdk dpt dijalankan,maka beralih lah ke tipe Dalphin dan soko Galep. Mr Crack yg meneruskan projek ini jg melihat kelemahan dr produk timur saat itu yakni di Endurance dan Fatique dr engine serta Airframe blm lg mslh Radar dll.
        maka diputuskanlah Crash Program industri Jet secara bsr2n dg mengirimkan putra terbaik bangsa keseluruh penjuru dunia utk belajar Aeronatika jg perroketan. jika RoadMap ini berjalan mulus seperti IFX maka media 1999 dimana si Mbaj menyebut “Era Tinggal Landas” maka pd thn tersebut sdh berjejer rapi di landasan N250,N2130, GF 199** selain N235,Nas 330*(heli sekelas Super Puma tp lbh mirip Mi24A),berikut Radar canggih berbasis Doppler*( teknologi yg di pakai Thomson,Thales dll).
        tapi apa mau dikata,kita di Hantam Krisis moneter*(sebuah operasi mega basar utk mengganjal kemandirian Garuda).
        sebuah projek besar pasti jg membutuhkan lini pendukung dr hulu ke hilir. bukan hnya lingkup dirgantara tp seluruh sektor baik laut dan udara tercakup dlm projek tsb.
        jika menilik sejarah,bangsa ini sdh bisa membuat pesawat COIN si kumbang yg setaraf Tukano,kapal FAC mini sekelas Komar,Kapal selam mirip whiskey dll. sekarang semua berkas file tsb tersimpan rapi di beberapa brangkas file Jakarta,washington,london,paris,moscow. If we let this Garuda Raise and Flying high,it only matter of time the World be devided in three*(itu kata Allan Dulles former Head CIA).

        skrg bola ada di tangan administratur Joko Widodo apakah mau dan ingin melihat Negeri ini besar,maju,sejahtera dan Mandiri seperti keinginan Garuda era 80an?
        byk pula Garuda yg Gugur di ranah eropa krn Their cover blown up!!
        hanya ukiran nama di plakat UnKnown Soldier di pojok Pejaten yg akan menyimpan perjuangan mrk.

        • terimakasih bung PR untuk rembesannya .. hihi
          mau tanya lagi bung .. rasanya unknown soldier yang gugur karena covernya blown up .. belum pernah di babar di mari bung ceritanya …
          yang ada baru dari bung Hadna … yang gugur di Suriah dan itupun ada nama terang dan pangkatnya … walaupun namanya mungkin nama alias saja bung …

          monggo bung PR di tambahin pencerahan tentang hoax unknown soldier yang gugur karena cover blown up ..

    • Mak Jleb Bung PR…..

      Trus yg Dekem sudah di kita sebogono banyak dong….

      #nunjuk gedung warna putih, file lemarinya pasti penuh

  14. Saat” garuda belajar terbang untuk menapaki selok beluk kekuatam dunia. Tentang hitam putihnya dunia biar lbh mudh untuk menguasai dunia dg membawa kedamain menuju garuda yg lbh kuat kepakan sayapnya. The iceberg menghampar luas penuh salju jauh mata memandang. Kelihatan sejuk mta memandang bila gk d usik. Tp begitu bahaya bila kn panas(global warning) bisa jd bencana/banjir bila d panas”i. Begitu juga garuda yg sekarang bila d usik sama bahayanya iceberg. Artikelnya mantap bung hadna . Jgn lama” sambunganya.

  15. Di tunggu lanjutanya om Hadna, selalu seru untuk membaca artikel om, semoga yang muda bisa terus setia dan semangat membangun Ibu Pertiwi.

  16. TNI AU mengoprasikan Mirage 2000 ? Still not enough….tetap bikin Hornet Australia bolak balik ke El Tari tanpa izin!

  17. jika mau jujur as we speak right now.. Amerika sdh menempatkat beberapa Squadron B52,B1 Spirit,B2,F15 dan AWACS di Guam dg projeksi sorotannya ke Arah Rumah Kita. blm lg cina dg H6 jg J11 dkk di spratley bahkan negeri seupil pun beberapa pucuk Arhanudnya mengarah ke Batam.. apa tujuan dan maksud mrk?
    only time will tell..

    • terimakasih bung PR untuk rembesannya …
      hmmm kl saya boleh bertanya bung .. pasti kita sudah punya persiapan memukul balik ya bung .. bahkan di depan hidung mereka ya bung ?
      salam sehat untuk semua rekan patga ..

      • Bakulo Wajaro on

        Hehehehehe.. Jgn lupa buang nafasnya bung FB..itu baru prolog edisi lalu..kalo dibabar hingga exit way skrg nafasnya keburu habis loh bung…spt habisya nafas para kurcaci dikawasan dlm mengimbangi kesiapan garuda yg selama ini selalu dipandang lemah dan tak bertaring.. Mari cermati agresifnya amitabhacan yg mulai ikut arisan walau bukan satu rt di lcs….wkwkwkwkwk
        Adios amigos#jika elang yg terpublished dan delta cannes menjadi yg gelap maka kfx/ifx pun sptnya melalui skenario yg tak berbeda..xixixixixixii

        • Hehehe….saya ko jdi pengin menyayi y bung@BW biar agak dingin kepala nie…
          Yg “HITAM” pacarku yg pertama…
          Yg “PUTIH” pacarku yg kedua…
          Hehehehe…..

          • Hehehehe…sehat selalu bung KJM dan bung Beny.. kuch kuch hotahe dah mulai muter2 dibawah poon utk bikin puyeng cowboy dan jetlee yg lg maen aer..keh..keh..keh..
            Adios amigos#bung pr..klo semua dah ngumpul dibawah kordinator panitia 17an ,tinggal buat lomba nangkep belut dibawah laut lcs..xixixiixixi..

          • Jiakakakaka….siapin lapak ah buat nampung belut sehabis lomba,lumayan kan klu dijual perkilo….hahaha
            salam hangat buat bung@BW semga sehat sllu….

    • jadi alasan bahwa penempatan para bomber itu di Guam untuk mengantisipasi tiongkok cuma akal2 an saja. ternyata kita target sebenarnya. sebelumnya saya heran, apakah tiongkok sekuat itu, sampai 3 seri pesawat pengebom di datangkan ke Guam

    • Silakeun yang mau ngintip, bisa dibandingkan di histry satellite caoture nya

      13°34’57.19″N 144°55’40.30″E

      Ada peningkatan kesibukan memang..

      Marking line di runway sangat jelas peningkatanya

      Salam Hangat untuk bung @PR..Setia Waspada…

  18. saya khawatir peristiwa serangan as ke panama akan menimpa nkri.hanya gara gara preport di nasionalisasi.karena itu waspadalah!..waspadalah!!

  19. counter measure dan attack pasti sdh disiapkan berlapis lapis ky kue lapis kok.. yg aneh itu kok Gingseng trs y yg upload berita progres KFX/IFX.. hehehe..
    bung BW goyang india,setelah berhasil Menggoyangkan dua buah destro amitabachan jg memaksa Delhi taruhan dg beberapa pucuk pritfi di border china..

    kondisi ini pula yg memaksa si viet, delhi dan beberapa pecahan USSR merapat ke ketiak Garuda.. termasuk si bengal TL..xixixixi..

    yg jd sorotan adalah utk matra AU skrg wajib Multi Rating loh.. para joki yg biasa joki single engine dipaksa wajib sinau double engine..

    #ssstt hoaxnya kang iverst sdh punya KTP baru dan lg siap” pulkam..

    kaaaboooorrrr

    • Salam patriot bung @PR… apakah itu artinya si delhi akan bergabung bersama RI membentuk kekuatan baru utk membendung si ASU cs atau cino?
      1 lg bung PR, gmana perkembangan hubungan RI dgn Russia khususnya bidang pertahanan, kok adem-adem aj…

    • Bung PR, kasih pencerahan dikit dong ttg hoaxnya Bung Hadna dl yg mengatakan bahwa kita sudah memproduksi pespur sendiri, bahkan sudah masuk line ke 3..pencerahannya banyak jg gak apa2 kok Bung..hehe

      • officialnya sih blm krn Gingseng msh bongkar pasang dr mesin ampe radar.. itu utk KFX nya Gingseng. nah klo IFX nya kita hmmmm.. N219* siap uji terbang.. sdg yg tes beneran adalah…. silahkan imajinasi( wong progresnya selalu naik tayang di formil dlm jg luar negeri kok)

        #kok sukhoi mau ya buat Engine Plant di Bandung lengkap pula!!

    • Lho biasany klu bkin KTP baru udh tinggal dlu bung@PR dit4 baru,,,y minim 1×24 jam dan laporan dlu am pak RT soalny takut kena gerebek entr….hahahahaha,,,
      ikutan kaboooor ah…tkut kena tilang….hehehe

      • wah bsa bikin judul baru.. Si Ganteng Ivert dan Gerombolan berat dari Utara jauh..wkwkkwk

        ini yg bikin panda Upgrade Heavy Destroyernya buat hadapi si Ganteng,Gaban201,plus kawan” yg lincah tp lethal.. ups!!

        • Huaaahh…Bung @PR….bisa bikin GOyang Inul Van pasuruan makin joss gandhos, yang baru saja tes tembak mbledhos beneran..
          Gaban sarivan the series nongol…bisa gulung koming…ngahahah

          sehat selalu ya BUng @PR..awasa..ambil kopinya kepencet si mercon sreeng segedhe gaban..xixixix

    • si bengal TL apa ada kpentingan di LCS? Apa di teror sonotan
      Pasifik rep. palau hrus rapat garuda biar guam g leluasa. Untunglah pilipino makin oke skrg dg duartate

  20. Kira2 ada rencana lagi ga y asu beserta pengikutnya untuk membuat krismon lg atau apalah bentuk y untuk menghentikan NKRI ini menjadi besar dan pembuatan alusista yg mandiri ini.

    • Hehehe….maaf bung@molimo saya bantu jawab sebisa saya y….klu rencana sih kyakny bukan lagi bung,dri dlu kita diserang trus lho bung am mereka…berbagai cara mereka lakukan dri isu komunis dll ampe permainan dolar tpi kita patut bersyukur masih bisa bertahan…ujung2ny y itu bung penemptan pesawat petelur mereka di guam,aktifny subic dan tambhan armada band untk menggertak kita supaya lebih jinak…tpi tenang bung armada nyi roro stan bay 24 jam,trus penjaga langit jga tdk siang ap mlam sliweran terus….entah nyari ap bung,,,
      dan kesimpulan saya”jagalah persatuan dan kesatuan serta pegang teguh idiologi pancasila”karna itu merupakan dasar kita untk terus maju menatap kedepan….hehehe,maaf lho bung jdi panjang gni,,,maklum bru bljar nulis….hehehe

      • Bung beny anda terlalu merendah….terimakasih bung atas pencerahan y jdi skg ga pke krimon tp pke keroyokan buat bgi indonesia jdi beberapa negara boneka.

      • Tukang Kompor on

        maaf bung Beny, ikutan nyelak nih, saya setuju dengan sampean. kita musti waspada, ekstra waspada, jaga keutuhan dan persatuan sehingga tidak mudah tetangga jauh maupun yang dekat mengacaukan rumah kita. bisa-bisa malah belum masuk sudah angus duluan kena selepet.

  21. Emang dasarnya ASU & PANDA hanya akal2 mereka saja bersitegang padahal mereka bangsat..mereka bersatu ingin menghakimi NKRI..berhubung mereka PENGECUT maka maen kroyokan hanya untuk menghancurkan NKRI yang hanya punya dua kapal selam tua dan flanker shukoi yang ompong tanpa cakar.he..hehe…dasar atek asu pengecut.(cina bangsat,singapure edan,india koplak,australia sinting,dll)

  22. sedikit berbagi rasa penasaran meski ta harus ikhlas menerima-nya…heheheheee
    1/…entah mengapa jika cin dan as ribut..ujung2nya armada tempur dan multi alusista-kedua negara tersebut yang bersemayam di zona LCS semakin kian bertambah banyak…dan anehnya justru segala alusista mereka di taruh dan parkir sedikit di luar tapal batas NKRI…???
    2/…dan entah mengapa cin dan as bisa saling ancam diri untuk berperang…jika nyatanya moncong2 meriam senjata mereka malah diarah-kan pada indonesia-ku..?? ??
    3/….jadi apakah bila cin mengajak ribut as..atau sebaliknya..itu merupakan isyarat/code yang sebenarnya bertujuan meminta bantuan..? ? ??
    4/…maaf-entah mengapa diri merasa jika keributan cin dan as hanyalah -sandiwara ala militer-demi untuk lebih banyak menghadirkan armada tempur mereka…dan sepertinya perang militer antar negara kawasan/non kawasan telah terjadi di zona LCS..meski tertutup bagi awak media…
    5/…SEKIAN…HEHEHEEE

    • gimana klo skripnya adalah Delhi plus Viet yg head to head dg Mamarika jg panda tp wasitnya Putin sdg kita sebagai Cheerleadernya!
      Let them fight first until one of them fell down after that we cut their head both*kata slh satu shiruken super senior di cilangkap!!
      # wis aah..

      • bung PR, apa itu brti india dan vietnam d jadikan pion u melindungi kita? atau memang mereka berkepentingan u berhadapan langsung dg sipit & asu? sanggupkah india & viet melawan 2 negra adidaya?

      • Kang Aden di tengah utara sana di kunjungi ipetnya..trus devile di mbak Viet..trus…trus…trus..

        jalanya dirajut..dijaring..belutnya banyak buat agustusan..heheh

    • di selatan kita jga siaga burung emprit samiri yg siap buang kotoran di kogabwilhan khusus jawa,jaring pertahanan kita sdh standby 24 hours.

  23. Assalamualaikum,, Maaf sebelumnya kalo saya kurang sopan bung2 sekalian. Pertanyaan saya akan keluar dari topik artikel ini mengenai tradisi korupsi pejabat2 pemerintahan kita saat ini apakah itu bagian dari proxy asing supaya rakyat membenci pemerintahan? atau itu karena sistem birokrasi yang luar biasa bertele2 yang otomatis mendidik mereka jadi bermental pungli, dan mendidik rakyat jadi bermental sogok? Apakah ketika praktek2 spt itu sudah lumrah trjd dimasyarakat akan membahayakan bagi doktrin pancasila sendiri? Atau itu semua hanya dagelan media televisi utk menaikan rating acaranya? Maaf andai ada kalimat yang tidak dimengerti, itu karena keterbatasan ilmu yg saya miliki, salam

  24. Mohon maaf sebelumnya untuk para admin dan sesepuh jika saya menggunakan kata om sebagai bentuk penghormatan kepada para sepuh, karena rasanya saya belum etis untuk menggunakan kata bung, mengenai topik di atas jika melihat sikap kokoh panda sekarang yg agresif di lcs yg kaya dengan sda, adalah sebuah jawaban dari rapuhnya ketahanan energi dan sda yg terjadi di negaranya, karena menurut saya hal ini hanya aka menunggu waktu sebelum mereka koleps 10-15 th lagi karena ketidak seimbangan pasokan sda yg mereka butuhkan untuk perrkonomian dan angkatan perang mereka dan sayangya cara yg mereka gunakan untuk menutupi itu semua mereka lakukan dgn cara yg tamak dan serakah. Terlebih lagi begitu piciknya mereka yang ikut dalam sekenario besar ini untuk membegal kita dan negara sekawasan yang anti kolonialisme modern. Dan jika melihat peta yg ada sekarang apakah akan ada poros baru dunia yg nyata yang akan saling bahu membahu dari timur sampai barat dunia? Untuk bekerja sama menggagalkan nafsu mereka yg teramat, mohon kiranya para sesepuh mau menjawab pertanyaan saya, Terima kasih.

  25. Bakulo Wajaro on

    Hehehehe…sehat selalu bung KJM dan bung Beny.. kuch kuch hotahe dah mulai muter2 dibawah poon utk bikin puyeng cowboy dan jetlee yg lg maen aer..keh..keh..keh..
    Adios amigos#bung pr..klo semua dah ngumpul dibawah kordinator panitia 17an ,tinggal buat lomba nangkep belut dibawah laut lcs..xixixiixixi..

  26. salam merah putih untuk semua saudaraku ,

    > palagan LCS semakin dinamis menuju titik jenuh untuk segera meletus terbuka meski silent ops udah terjadi….pak rr lg sibuk nyulam senar jala di kawasan asean setelah kunjungan ke utara jauh ke negeri2 skandinavia, negeri sahabat dan pecahannya masa lalu.

    >> dari bung PR ,”only time will tell”…..atas panggung srimulat negeri chin dan paman sam….sepertinya hrs nunggu agendanya pilpres paman sam sbg titik momentum atas akselerasi dari aksi-aksi yang lebih riil sbg sinyal benderang melawan Garuda…..didiriku kenapa terbayang unt Trump : HRC dgn rasio 52%:48% dgn variance 1,2%-1,9%…spt tidak beda jauh dgn hasil brexit.

    >>>kehadiran burung strategis paman sam diberbagai kelas di guam sptnya sudah dijawab di warung jk*r ttg keluarga mbah Tukiman yang lagi modon mesin dan ganti onderdil termasuk edisi mercon srengg seri 300/400/iskander…..mungkin ini yang dimaksud bung PR bhw salah satu diantara nya dari counter measeure dan attact sudah seperti kue lapis legit……saya jadi ingat hoax ***kus leak dari bung eagle roaming 2-3 tahun lalu bhw garuda sudah ajak si angsa putih dan punggung api termasuk si bandel badger yang sering didampingi interceptor negeri2 yang dilewatinya yang mana masih keluarga dekat mbah Tukiman.

    >>>>bung BW…ngomong2 gimana toh ya itu goyang amitabachan koq bisa ngikut goyangnya dangdut bang haji rhoma irama….sampe delhi belain ikutan arisan LCS dan ning pritfi diutus jaga rumah dekat negeri chin….semoga ada pencerahan lagi…hihihihi …ngarep.com

    >>>>> asyiiikkkk kang iver sekeluarga pulang kampung ajak gerombolan si berat mudik kampung nusantara rame-rame……bakal banyak oleh-oleh seru nich….hehehehe

    salam Indonesia nan Jaya!

  27. @PW ya gitu deh bung! klo mbah tukiman memang lg upgrading begitu jg si Mbah yg lain.. umur blh tua tp life cycle mrk rata” msh dibawah 2000Hours of Operational bahkan ada yg msh 600hour loh..
    walaupun rasa Gado-Gado lontong balap insya allah masalah Logistik sucad dan Munisi tak masalah..

    #prinsip koh panda dipake! ga dpt Tot ya jiplak aja sekalian..wkwkwkwk

    #serunya dgr slh satu CVN di kuntit 6jam unDetected

    • Boleh sedikit rembesannya bung PR dr keluarga mana yg nguntit ? Kira2 apa begini formasi kita 401-402 (mbah cokro),, 403-405 (encang bogo),, & 406-412(empek2 sekilo) ATAU 406-410 (U214),,411-412 (empek2 sekilo)….

    • Bung PR mau tanya f16 52id kita apa sudah d atas punya si upil klu baca di media msih dbawah siupil dri segi gotongan senjata , radar n avionik y..mohon pencerahan y bung

  28. Bung PR kira2 kerjasama strategis apa yg bakal dilakukan RI dgn Ukraina kemarin. Btw Om Ruskie tersungging gak ya dgn kita karena kerja bareng Ukraina?

    • Bakulo Wajaro on

      Hehehehehe….menyerap teknologi roket dll om putin via ukraina bung LA…xixixixi.. Posisi politis ukraina yg gantung hrs di isi oleh rekan terpercaya.. Hehehehehe biar bagaimanapun itulah beranda depan bear dan gudang teknologi nya yg hrs dijaga teman terpercaya..
      Adios amigos#edisi gudang tot makin penuh..keh..keh..keh

      • Alhamdulillah bung BW kalo #gudang tot makin penuh. Smg benar2 TOT dari awal hingga akhir, dari hilir ke hulu, dan learning by doing (not “learning by seing”)..

        • Bakulo Wajaro on

          Hehehehehe… Learning by seeing biarlah utk yg terpublished bung chaplin.. Spt ncang bogo dan kfx..Yg gelap akan menjadi learning by doing spt yg dirembes bung pr.. engine plant sukro dll xixixixixi…bukankah ini yg byk dicari oleh raja kw utk j11 dan j20 nya..? Hehehehe ilmu metalurgi dan permesinan itu yg sulit di jiplak walau dgn ilmu jiplak mutakhir cino sekalipun.. Bukankah kita sdh melihat kualitas mesin motor bango,jialing dll dlm menyaingi motor jepang di negeri ini..? Ukuran boleh sama presisi namun kuaitas engine tdk bisa dijiplak semudah itu..hehehehehe
          Adios amigos#edisi raja kw mumet ndase..

          • kayaknya penjelasan bung BW nyambung dg artikel bung yayan yg menerangkan begini : knp tot c705 alot? krn tionhkok ingin ilmu pamungkas yg hanya d berikan rusia untuk indonesia. jd ilmu tersebut tentang metalurgi & permesinankah?

          • Bakulo Wajaro on

            Hehehehehe.. Sehat selalu bung Tapol..Jika smua alutsista sudah mampu di jiplak bahkan raptor pamungkas samiri pun sdh dikloning maka pertanyaannya mengapa jf17 yg notabene sekelas f16 pun blm mampu dipasarkan secara baik oleh cino dan pakistan..apa sebab..?hehehehe teknologi pespur bukan sekedar mampu terbang dan menembakkan rudal bukan..? Life time,endurance dan power dari enginenya sgt menentukan dlm ops pertempuran udara..lha piye engine motor ae blm setahun dah turun bero mesine…wkwkwkwk
            Adios amigos#beras ciptaan tuhan aja dibuat kw jadi beras plastik..xixixixxixixii kualat tenan..

          • Pantesan kata tetanggaku yg nggarap PKR, personel yg dikirim ke Korsel selain belajar teori,
            tapi waktu praktek cuman bisa liat aja, motret aja ga boleh. Mungkin juga di “cut” cuman 2 kasel aja.
            Makasih atas pencerahannya, smg bung BW dan keluarga sehat selalu….

  29. @Bw hehehe lah iya hrs dijaga tmn terpercaya jg terbaik wong gudangnya ukrania ama moscow 11:12 kok! cuma beda stempel tok. ingat dg tawaran IL96 dll dr ukrania?

    CVN nya lg safe passage di AlKI 3 menuju Guam. ud d kuntit dr ujung hilir ampe masuk ke sarang alias docking..

    # ngupi lg mumpung blm ada Job!

      • Bakulo Wajaro on

        Hehehehe.. Bisa jadi bung senopati..tp minimal ada sop yg dijalankan jika rombongan penganten terindikasi ada yg membayangi..hehehhe.. Atau mungkin mereka ingin menghitung berapa jumlahnya..?xixixiixi.. Spt kejadian beberapa tahun lalu yg membayangi kok ya dgn no trayek yg sama..apa ga ditilang dishub nanti..?xixiixixixi..
        Adios amigos#edisi susah ngitung ikan yg lg berenang di akuarium..kecuali ada tanda spt angkot “pulang malu tak pulang rindu”..bang toyib pulaaaannng…keh..keh..keh

    • @ bung BW dan Bung PR

      wiiih……di time log book yang di publish ….kliatan…
      medio hangat ini ada tuh…xixxixixi

      CVN genap apa ganjil tuh…xixixix

      Thank You Bung BW dan Bung PR..
      #awas ngopi kepencet…..

    • bung PR, bukannya gentar, tapi bisakah huru hara perang yg d perkirakan terjadi 2019 d cegah? apa sudah tdk ada solusi lagi , selain dg senjata?

      • Bakulo Wajaro on

        Hehehehehe… Bersiaplah utk perang jika kita ingin damai bung Tapol..selain menyiapkan alat gebuk yg mumpuni maka menggalang sekutu melalui diplomasi bawah tanah merupakan solusi jitu utk membuka kepungan pangkalan militer di sekitar kita yg nyata2 telah aktif.. Selain memecah konsentrasi lawan hal itu juga membuat sekat yg efektif di kubu aliansi lawan hingga mereka berfikir 2x utk menyerang frontal ke wilayah kita.. Bukankah menempatkan kawan sekutu dibelakang lawan bisa merubah peta pertempuran..?hehehehehe
        Adios amigos#semoga mereka msh waras melihat peta kekuatan dan persebaran alutsista dunia yg beroperasidi asia tenggara saat ini..

  30. Terima kasih jawabanya para sepuh, semoga para punggawa Garuda selalu diberi keselamatan dlm tugasnya aamiin. Benar” sebuah persiapan pergelaran yg luar biasa dan apa kabarnya Pakistan serta Samurai ? Apakah ikut berdangdut ria bersama, sudi kiranya para sepuh memberi jawaban.

    • Iya ini yang mau saya tanya . Samurai adlh musuh abadi kok pandah sama dgn india. Ada kabar dari kunjungan menhan jepang ke ind baru2 ini?

      • Bakulo Wajaro on

        Hehehehe… Bisa dilihat dari hasil 2+2 meeting desember lalu bung Ihsan.. Salah satu pointnya adl memperkuat kapasitas angkatan laut indonesia.. Artinya…?silahkan berimaginasi dgn soryu yg mereka miliki dan rigel kita yg kemaren2 maen aer sama samurai.. Xixixixixi..
        Adios amigos#edisi samurai pake topeng ninja..gelap dan mematikan hehehehe

          • Hehehehe.. Siapapun yg membelinya mesir atau indonesia maka yg senang juga rusia bung Molimo..hehehehehe
            Adios amigos#edisi sinetron segitiga sama kaki..xixixixixixi

        • Waktu di RIMPAC 2016, Diponegoro deketan ama Huyga bisa jadi mungkin “lebih intim kalo ngobrol dan …….” xixixixi…

  31. perang adalah jalan diplomasi terakhir. result wamenhan jepang ksni adalah mempererat kerjasama all aspek dibidang militer skala luas.
    siapa yg nguntit CVN?yg jelas bermesin disel dg AIP seri U.
    kenapa mesir butuh carrier? apa bnr mrk butuh? tentu dilihat dr sudut pandang Geografi jg musuh abadi mesir.
    kenapa delhi bersusah payah main air di LCS? krn mrk tdk mau di anggap underdog lg oleh panda lg.
    apakah kita akan diam dg manuver panda jg US? tentu tdk,krn itu skrg kita sdg Speed up melawan waktu mirip situasi ini dg media 58-60 saat trikora dlu.
    apakah 52ID dibwh upil,officialy ya krn tak perlu tunjukan otot jika tak perlu,wong baru pesen aja upil ud ngemis F35 puluhan unit plus upgrade 15SG mrk kok.
    hasil dg jepang adalah kita dpt share lsg spy satt mrk plus sinau di soryu jg bagi ilmu hasil semedi Mitsubishi aeronatic loh.

    #dah tak saranin bpk tua ini diganti saja! ud ga mumpuni di sandhi yudha!! ups!! sopo sing di ganti dan menggantikan?

  32. pencerahan yg sgt berarti dari bung bw dan pr, saya bisa mengambil kesimpulan garuda sdh berjalan dibatas tracknya berkat kemampuan sandi yudhanya dan om putin. kerahasian memang hrs dijaga agar proyek yg penting ini tdk bisa disabotase spt krismon yg baru lalu ambillah contoh ketika garuda mengumumkan pd dunia akan keberhasilannya terbang tinggal landas. lbh baik senyap shg bisa fokus dan tanpa gangguan. Main air antara cowboy dan panda sungguh berbahaya bila tdk diantisipasi, perlumengambil langkah kuda mengejarnya.

  33. Senyap sambil senyam senyum.
    Blok tengah mulai geliat…2020 dh bs tenang walaupun msh hrs waspada..ingat klo mata garuda istirahat smj ga dpt mkn..atau mknn kita diambil org…yg udh bangkotan monggo mundur biar yg muda yg brmain,biar liatnya ga prlu kacamata susah…kawat udah dirajut jd jala martir yg kdg terlihat lemah padahal seekor paus pun tertangkap..
    Memang zamrud khatulistiwa sangat indah alamnya..dr yg bersalju,gurun,air yg luas,dan hutan lebat,langit yg cerah..
    So jgn lh inferior..jauh sblm columbus kita dah keliling dunia pntesan org bajau ngerti bgt laut walupun tanpa kompas..who is theme best..dr kulit aja mereka pd iri aplg yg lain…

  34. Wawwww semakin malam semakin banyak yg berdangdut ria,untuk para Sesepuh apa ada yang ikut yawer dr luar kampung? Dan denger” biduan yang datang banyak yang berselera internasional ni, makin seru aja jadinya dan untuk keamanan pantesan hansipnya senjatanya dobel ga cuman pake pentungan tp sekarang pake ketapel juga yah, sudi kiranya para Sesepuh menjawab, Terima kasih.

  35. Galih Prasetyo on

    Makin puyeng dengan dunia ini, apalah arti perang dan saling menggalang sekutu, tidak bisakah manusia saling memahami satu sama lain, tidak bisakah tiap negara menghormati satu sama lain. Haruskah seluruh umat dan peradaban manusia dihancurkan lagi oleh perang tak berujung. Apakah tidak ada kedamaian yang abadi di dunia ini.

    • Memang spt itu trendnya harus bertahan dan bisa menyerang kalau tidak ada kemampuan bakal lmenguap tak berbekas

      Jaman kembali spt dulu lagi dimana setiap kerajaan akan saling menyerang dan perdamaian hanya isapan jempol apalagi jargon HAM hanya dijadikan tempat bersembunyi para pengecut sebelum bisa menyerang

      Perdamaian akan ada lagi setelah terjadi banyak kekacauan dan orang pun bosan

  36. Salam sejahtera bagi semua… Maaf ya tapi di zaman orba, di bawah presiden ke 2 yg katanya banyak melakukan operasi intelijen kelas dunia, wilayah NKRI paling sering dilanggar oleh Singapore Malaysia Australia USA DLL , jangan kan oleh pespur militer asing Dan aseng, sama kelas nelayan asing pun juga dilanggar.
    Berapa Squadron mirage dibeli oleh regime orba?! Kok masih bisa hornet Australia menerobos sampai el tari !?? Kalau squadron F16 jelas cuman Setengah squadron ( ngga tahu deh kalau ada yg ghoib)
    Squadron mirage ini dibeli untuk apa juga kalau black flight di zaman orba merajalela?
    Move on please, mending ulas squadron2
    tempur di era Pak Jokowi /pak SBY….
    MERDEKA!!!

    • masukan yg bagung bung defcon3(paham ga ya dg nickname nya hehehe). masalah black flight bukankah di intersep oleh fighter kita baik jaman orba smpe skrg?
      black flight itu jika dinaikan ke media berarti negara tsb sdh tdk mau menghormati kedaulatan kita bung.
      apakah generasi skrg mau belajar sejarah?dan menganalisa berita media? apakah tahu jika seroja ops kita tdk hnya bertempur melawan fretelin sj tp jg Ausie?

      para ksatria dan ksatria “Mata Garuda” tdk lelah menghalau black flight dg beribu ribu alasan,walau alasan yg sering adalah “lost Navigate krn error system” coba sekelas Hornet dan F16 F15Sg bisa error navigate system..hehehe!

      Klo punya saudara/teman di kosek /satrad coba tny dlm sehari berapa black flight dan unAuthorized military flight yg berhasil di Halau balik..hehehe

  37. @defcon3 jika saya adalah seorang Presiden maka sy akan perintahkan tembak jatuh dan tenggelamkan bagi yg msk rmh tampa izin.. jd teringat saat medio 80an saat presiden suharto kesal dg breech di laut dan udara maka Beliau perintahkan Closed Indonesia Airspace dan Waters selama 48jam dan keselamatan bagi pihak yg melanggar Indonesia tdk menjamin.. efeknya adalah “byk presiden,PM,Kanselir,MenHan” yg dtg mengemis tuk mencabut kebijakan tsb.. sdg kita saat itu sdg berperang di TL.. MenPangAB saat itu Jend LB.Moerdani

    • Bung @PR, kl Closed Indonesia Airspace dan waters terjadi sekarang apa sudah siap panah jarak jauhnya untuk nembak burung silumannya sipit dan paman yang berani slonong boy. Kl antidot sampan yang bs gendong burung apa sudah siap juga?
      #edisi khawatir nkri d kepung pangkalan asing..

  38. Bung Pemburu Rajawali, terimakasih atas replay nya…. maaf juga kalau ada tulisan saya yang mengganggu. Hormat saya kepada organisasi TNI (ABRI), berterimakasih banyak pula terhadap parajurit ABRIyang maju ke medan tugas, tanpa mempertanyakan tugas nya lagi… Maju ke medan juang tanpa rompi anti peluru, jatah amunisi yang sedikit, naik truk sipil kepala kuning yang dikasih papan baja karena belum ada Anoa2, pilot kita yang terbang dengan F16 yang suku cadangnya diembargo, atau keberainian pilot A4 Skyhawk (pasti semua pilot tempur akan salut dengan penerbang A4 Skyhawk TNI AU)….. atau pun pelaut/sailor berani kita… ini semua di zaman ORBA
    Puji Syukur semenjak MEF mendapat lampu hijau semuanya berubah seperti evolusi yang dipercepat.
    DeFcon3 istilahnya USA banget ya?!

    • bung PR emang harus di “colek” begitu bung defcon3, bocorannya jadi pada brojol semua… heheehe..

      salam patriot!

  39. @defcon3 najwa hehehe.. kita bsa begini khususnya di lingkup militer krn kami tak lelah latihan dan belajar dlm segala hal. para prajurit kombatan tdk bsa berdiri sendiri jika tdk dibantu rekan” lainnya di masing” departemen ksatuan mrk bertugas.

    @tapol itu krn efek paham domino dimana kekuatiran atas paham komunisme. ini menjadi pelajaran mahal bagi bangsa ini kedepannya.

    Tak perlu kuatir dan jgn pula over kepercayaan dg apa yg kita miliki. sy yakin para jendral yg diberi amanah sdh memikirkan solusi terbaik utk anomali kawasan.

    kebijakan closed airspace and water bisa diterapkan jika presiden dan panglima TNI memandang perlu.. klo dlm skala terbatas hal ini sampai saat ini msh diterapkan! ada yg permanen tanpa batas wkt ada jg yg situasional

  40. Assalamualaikum, patga…
    Hehe…berminggu hingga bulan menjadikan sy spt dihuma baru. Banyak sekali yg hrs sy relakan tercecer, dr catatan kang chappy, kang kivlan dan para patku dan patsus sekalian. Indonesia bgitu mistis mnjerat rindu, mski negeri jauhpun menyuguhkan adegan dan mmberi peran signifikan, tp inilah sy dg rindu dendam pd negeri para ksatria. Hehehe ….ya sy rindu, dan sy dendam melampiaskannya.
    Dirgahayu RI ke 71, JAYALAH INDONESIA !!

    • Bakulo Wajaro on

      Walaikumsalam ndan Trahlor..hehehehehe… Senang kali hati ni dengar kumendan muncul dlm keadaan sehat.. Silahken dilanjutkan renang di Jolo nya kumendan..wkwkwkwk
      Kami siap menunggu…termasuk bocoran alus edisi sandera terbaru..hehehehe
      Adios amigos#edisi nodong.com

    • Waalaikumussalam bung T, semiga selalu dalam lindunganNYA bung. Negeri kita memabg mistis bung…. semistis rinduku dan rindu kami atas anggitanmu dalam forum ini. Yup … anggitatan semangat. Hal yang musykil kami dapatkan setiap pagi, alhamdulillah steguk semangat darimu kami dapatkan hari ini. Terima kasih bung T, jika memberatkan… biarlah dahaga ini dibasahi oleh patku dan patsus yang lain. Hanya bisa mendoakanmu darii jauh, semiga Allah kabulkan. Kami mencintaimu bung, aku juga mencintai kalian semua patga. Duh Allah sayangi mereka ….

  41. Selamat datang kembali bung trahlor lama tidak bersua jd kangen komen2 y, seperti y sudah drumah lg nih.dtunggu oleh2 y bung trahlor….semoga anda beserta kluarga selalu diberi kesehatan n rahmat y.amin

    • Tabik bung @ PR …
      Clue kali ini sangat cetar membahenol…
      Sedikit yg mengganjal dalam pikiran saya knapa camo si TS 3501 masih rasa2 Putin yah bung…bukankah lebih membingungkan jika camo Garuda melekat pada identitas 3501 yg juga masih membingungkan keberadaannya???hehehehe…
      Tak lupa bagi Bung Trahlor,selamat bergabung kembali,sejujurnya pribadi ini sangat rindu dengan kehadiran Bung Trahlor dalam setiap diskusi…
      Salam Merdeka bagi kita semua

        • Aduh Buuuung..kasih pencerahan lebih dong Bung PR..foto gitu misalnya..hehe..jangan buat saya tidur tidak nyenyak gara2 penasaran bentuknya IFX Bung..

  42. Nusantara Raya on

    Moment yang indah. Saat 17an, dimana HUT RI 71, yang dirayakan bersama seluruh rakyat Indonesia, dua orang terbaik putra leluhur nusantara di “jewer” oleh ibu pertiwi karena status ganda warga negara.
    Sbh pembelajaran yang luarbiasa dan sebuah ancaman yang halus utk para penghianat yang memakai kewarganegaraan ganda!!!
    #sambil melirik singapura

  43. waalaikumsalam wrwb, bung trahLOR,

    alhamdulillah….asyiiikkkkk…..semoga dan semoga dapet ijazah ilmu padi nya bung trahLOR

    kubersila dihadapan laptop….ngangsu kaweruh dateng bung trahLOR..hehehehehe….sambil ditemenin gorengan dan kupi tubruk……byuuhhhh….ngomong opo to yo aku iki …..

    salam hormat untuk bung BW dan bung PR semoga nanti berkenan mempertajam oleh-oleh dari bung trahLOR…

    salam Indonesia nan Jaya!

  44. Rasanya banyak yg ingin sy luapkan, tp mari kita bahas yg ringan2 sj dulu….salam hangat semuanya. Yg masih tertahan di sana, tentu sgt merasakan apa yg tadi kita bahas dan diskusikan. Sy sgt respek dg beliau2 yg bersemangat memberi masukan pd beliau. Ada dua artikel disini yg sy cermati dan selaras dg apa yg kita bahas sore hingga sejaman lalu. Ya, ini soal politik, soal keamanan dan cita2 bersama. Tak ada gendang yg tertabuh sebelah, tp mmg tak bisa bgitu kabar media dan fikiran2 cilik licik para politisi dan praktisinya hehe….
    Jd sy memilih diam, brpikir bhw bsk kita semakin menua sbg bangsa hrsnya mmbuat kita dewasa dlm menyikapi stiap sajian peristiwa. Dunia sll atraktif menyajikan drama, lakon khas antara yg kuat dan lemah, perang dg alasan klasik dan ketakutan thd kebngkitan negara2 ketiga. Sy jstru suka ktika sy tidak ditanya soal apa yg sy lakoni sebulanan terakhir, tp tntu mnjadi hal spesial ktika sy brtatap muka dan dibilik khusus sy dicecar satu tanya, ” Apa hadiahmu utk ulang tahun negerimu ? ”.
    Sy terpekur lama, sy bisa jelaskan sbnarnya dg mudah, gamblang dan apa adanya. Tp ada yg mmbuat sy trcekat, ” apakah pantas sy menyebut prestasi smntara negara ini tlh bnyak habiskan biaya utk mncetak org2 spt sy ? ”.
    Yg sy tau, negeri ini tlh bermain sgt jauh, sgt heroik dan sgt diperhitungkan dibumi ini…
    Apalah jk sy ini hanya akan melapor soal sandera, apalah sy ini jk brcerita bagaimana duterte sgt kita kerjai, apalah sy ini yg mmbuat sayap2 proxy samiri spt liliput dan sekali waktu sy sikut mrk supaya mengaum bak singa sang raja rimba…apalah sy ini dibnding kstria NKRI yg tanpa jubah kemapanan membuat kacau arus data, dana dan daya sekutu2 para pengonar bumi…smua berhenti, ktika sy merasa malu bhw apa yg sy beri pd negara ini tak cukup pantas dianggap sbuah bhakti. Negara besar ini tll luas utk sejumput ”laporan sukses”.
    Setua ini, sy bisa merasakan sentuhan batin para pemimpin negeri ini. Trnyata mereka mmg ada utk mnjd simbol hak veto Tuhan, smntara setan sll mmbuntuti dg tipu daya dan hasutan. Mrk brsekongkol dan menghalalkan sgl cara demi fitnah besar, menghancurkan NKRI secepatnya sebelum dunia ditundukkan perlahan oleh negeri besar ini. Ya, Indonesia !!
    Sy kemarin mgk tak peduli apa jabatan org2 diseberang sy, tp sebulan kemarin adlh fitrah bg sy utk mnyadari sy tlh alpa.
    Sy smakin mnghayati sumpah setia, smkin yakin bhw sy hrs lahir dizaman yg mnyajikan bnyak kemunafikan, dan bkn tugas sy meluruskan melainkan mnjd saksi bgaimana mrk dipermalukan dan mmpermalukan diri sndiri dihadapan ibu prtiwi. Ya, ini kalimat masygul, tak akan mnjawab kabar para patga secara lantang, tp smoga mnjd syair pembuka ” bhw genderang perang ini trnyata kitalah yg memulai ”.
    Bumi sdh mnyiapkan kalangan, arena bakti utk para kstria sejati. Dan tanah nusantara adlh pilihan Tuhan utk menguji ruh dan jiwa pejuang sejati, yg akan mngantar sejarah baru dimuka bumi ini sbg palagan dari para pemegang bendera puputan, NKRI HARGA MATI !!
    Saudaraku, pertiwi sdh mmberi restu. 71 tahun ini mungkin butuh bukti bhw 17 agustus 45 itu terjaga utuh hingga kini.
    Sy sdh brjanji, jk umur ini msh dipercayakan mk biarkan sy memilih utk tetap mengabdi. mski tanpa pusara, dan lilitan sang saka, sy akan ttp mngabdi hingga denyut nadi trhenti.
    MERDEKA !!

    • indonesia adalah bangsa besar. kalimat pendek, namun memberikan banyak perenungan. benarkah demikian adanya? smtara kabar yg tersiar negeri ini adlh negeri dg banyak penyakit. ah, malunya saya, percaya dg kabar tsb. krn nyatanya Indonesia adalah nama luhur sebuah negara agung

    • maaf bung T kalo saya lancang, apakah buku “awas mata-mata” ada dicetak ulang?
      saya berharap bisa memilikinya, apalagi dg tanda-tangan langsung bung T di sampulnya.. he..hehe

  45. Bakulo Wajaro on

    Hehehehehehe…. Sesuai dgn tema artikel ini The Training.. Mencermati apa yg tersaji di semua media dan berusaha keluar dari out of the box yg sdh terbentuk membuat saya mengajak semua rekan patga melihat sebuah seberkas warna merah yg menimbulkan tanya inikah benang merah konspirasi itu..? Ataukah ini bagian dari warna merah sang saka yg memang harus dibuat temaram di sangkar lawan dan selama ini berhasil melebur menjadikan dirinya bagian dari penghuni sangkar dan masih menyimpan seberkas warna merah diantara putih tulangnya..? Bukankah suatu prestasi yg hebat dan mumpuni jika garuda,elang,harimau mampu beradaptasi dan melebur spt itu..? Ada sedikit tanya dlm hati mengapa ex petinggi dan petinggi sandi yudha negeri pun berada pada pusaran ini..? Adakah beliau adl bagian dari komunitas yg di panggil plg utk membersihkan sarang dari para ular dan lintah..?atau beliau adl bagian dari skenario lawan utk menghancurkan sarang..?
    Ada sedikit kutipan dari bung T yg saya rasa beliau bisa sedikit gamblang dgn hal ini walau masih dalam bahasa kalbu:
    Sy smakin mnghayati sumpah setia, smkin yakin bhw sy hrs lahir dizaman yg mnyajikan bnyak kemunafikan, dan bkn tugas sy meluruskan melainkan mnjd saksi bgaimana mrk dipermalukan dan mmpermalukan diri sndiri dihadapan ibu prtiwi. Ya, ini kalimat masygul, tak akan mnjawab kabar para patga secara lantang, tp smoga mnjd syair pembuka ” bhw genderang perang ini trnyata kitalah yg memulai ”.
    Monggo bung Trahlor..
    Adios amigos#edisi kuliah malam kemerdekaan xixixixixi..

  46. Dirgahayu Indonesia
    Bangga menjadi Bangsa yg Besar
    Bangga menjadi Bangsa yg Kaya
    Bangga menjadi Bangsa yg Arif
    Bangga menjadi Bangsa super Toleransi,majemuk dan penuh warna

    Bangga melihat senyum anak” kecil melihat para Ksatria berbalut seragam kebanggaannya

    Bangga melihat kesuksesan para Garuda,Elang,Hiu dan Harimau serta para UnKnown walau dg segala keterbatasan msh bsa mengharumkan Bangsa & Rakyatnya.

    #ada apa dg sliweran para burung,Hiu dan awas nya Elang di langit serta Tajamnya Harimau mengasah Taring jg kukunya?

    #sudah saatnya Nusantara Search Engine di Launch Pak!!

    Dirgahayu Indonesia
    Dirgahayu Rakyat yg besar.

  47. lamaddukelleng on

    MERDEKA INDONESIAKU
    ada tugas menjayakan NKRI
    ada tugas mendamaikan adidaya
    ada tugas membela dunia ketiga
    ada tugas mewujudkan islam ini
    adalah rahmat bagi alam semesta
    MERDEKA INDONESIAKU

  48. Dirgahayu …..

    Terima kasih kepada pada pejuang….

    Perjuanganmu merebut kemerdekaan..
    Semoga kami bisa menunaikan tugas kami
    Menjaga tanah pertiwi ini…
    Membangunnya dan mensejahterakan rakyatnya dalam keadilan…

    Merdeka, dan perjuangan ini belum berakhir kawan…

  49. kepada presiden republik indonesia
    kepada seluruh rakyat indonesia
    Dirgahayu Republik Indonesia
    Salam dari hormat dari para Elang Elang Muda

    Ready..Get Ready for Bomb Burst
    350knt 800feet fly pass

  50. Dirgahayu Negara Kesatuan Republik Indonesia ke-71.

    satu bulir ilmu padi telah menetes dari bung trahLOR semalam, membuatku tersengat dalam relung jiwa ini. redefinisi ulang perlu kiranya dalam sikapi pusaran beliung beberapa hari lalu di ibukota. petinggi mandat rakyat dan pentinggi sandha pun jelas nampak apa sebenarnya pusaran beliung yang terjadi….tik…tok…tik..tok…sang waktu tetep teges menunaikan tugasnya tanpa kompromi, namun babak baru…skenario baru pun telah bermula…1/3 anggota gedung ijo tidak hadir dalam pidato kenegaraan….ntah apalagi berikutnya angin bertiup di nusantaraku…

    Salam Indonesia nan Jaya!

  51. Selamat datang bung T, semoga senantiasa diberi kesehatan oleh Allah SWT…kalimat pembuka yg puitis dan ringan tapi penuh makna…duterte sgt kita kerjai….ada apa dengan duterte bung dan bagaimana kbr saudr kita yg disandera abu usayyaf…semoga mereka sehat dan selamat

    • Bakulo Wajaro on

      Hehehehehe… Duerte puyeng bung Iwan..lha piye aburayap bisa dipateni karo mnlf 4 org sekaligus.. Xixixiixxi..Lha saiki sandera pada jadi rambo bisa escape dari penyekapan….hihihihii tp memang setiap drama hrs ada judul.. Yang passs…
      Mari kita tunggu masakan bung Trahlor yg lebih gurih..wkwkwk itu juga kalo beliau berkenan..
      Adios amigos#edisi duerte dan para dalang puyeng

      • terima kasih infonya bung PR, ternyata abu usayyaf tidak segarang yg diberitakan, btw semua sandera sdh jd rambo smuakah bung..nunggu babaran dr bung T

  52. Pusaran badai yg selalu jd misteri tak kan pernah dapat dinalar tp tak akan pernah lepas dalam gengaman ilahi dan slalu terbuka dlm setiap pintu rahasianya…
    DIRGAHAYU RI ke 71

  53. Alhamdulillah…

    Dari berita
    Saudara kita yang disandera di phillipina
    Ada yg berhasil “kabur”..
    Semoga semuanya bisa selamat

    • Hehehehehe… Bersmaan dgn hari kemerdekaan maka spt yg disinggung pada saat kepulangan bung T ttg kado kemerdekaan kemarin bung Pakubumi..hehehehe kadonya suruh jalan plg sendiri…spy lengkap sebuah cerita utk mengisi cellah alur yg hrs gelap dan kondusif…xixixixixixi
      Adios amigos#happy ending tanpa hrs merinding walau sedikit menunggu air laut mendingin.. wkwkwkwk

      • Terima kasih ku untuk para penjaga negeri…
        Bung BW…
        Kaburnya itu lho…
        Gila nggak bung ribuan tentara yang nyari..
        Masak kabur “sendiri”….
        Belajar survive dihutan bakau, dan berendam air laut..
        Khan kasian yang nyari kecele…
        Semoga alloh memberikan kesehatan selalu bagi seluruj patriot bangsa…

        • Hadiah ULTAH RI ke 71..7 sandra 1 lolos dr”Ghost Soldier”…Katanya orang YAHUDI ilmu Gatok walaupun ribuan mukjizat masih saja INGKAR…hehehe
          Edisi#Bercanda

          Salam bung@Pakubumi…sy suka nick anda(Penjaga bumi)

        • Hehehehe…setiap kisah hrs punya cerita bung PB.. Lha yg di sandera tahunan saja belum pada bebas,boro2 bisa lari..xixixiixxi Untuk celah yg kosong hrs diisi seseorang sbg pahlawan dan utk saat ini korban adl heronya sendiri..xixixixixi not missing link bagi media dan masyarkat international serta tdk perlu ada nota protes diplomatik yg hrs dijawab…wkwkwkwkwk
          Adios amigos#edisi who the next hero…?yg pasti bukan saya..xixixiixi

      • Namanya Hantu….dikepung ribuan,,atau ratusan..kabur dhewe….sendirian..gak pake peta..hihihihi..kado beneran.

        Nderekke kondur cah bagoes..Semoga selalu sehat dan siap di mana saja..

        Salam untuk anda sekeluarga Bung

        • Bakulo Wajaro on

          Hehehehehe..untung pas wawancara didepan tv m.sofyan terimaksihnya gak keceplosan bung kjm… Terimaksih kepada..tit..tit..sensor…hehehehehe
          Duterte mau ke jkt…ono op to yo..?hehehehehe dan keluarga sandera yg telah “membebaskan” diri hrs dibriefing dulu oleh kemlu dihotel makasar..xixixixi.. Wis ojo takon opo2 yo..ojo ngemeng bedo yo..keh..keh…
          Pertinyiinnyi..(Gaya srimulat) siapa pahlawan selanjutnya..?wkwkwkwkwk… Tentara pinoykah..? Atau mnlf…? Atau mereka hrs jadi rambo lagi..?xixixixixi….hanya tuhan yg tahu..atau bung Trahlor bisa merembesnya..?ahhh.. tiarap lagi kumendan..
          Adios amigos#edisi bung Trahlor No comment…ixixixixi

          • Hla saya juga ikut deg degan loh bung @BW…untungnya naskah sinetron hapal..kah..kah..kah..

            Kang Darto mau kesini Salim dulu lah Bung…heheh
            Mungkin semacam minejm rambo..rambo yang lain..

            tentu saja buat main srimulat..hehe

            #ikut nyilem..tp klo ini tenggelem hueuheuheue

  54. Penggemar tempee on

    Maaf mnurut saya kok mustahil sandra bs lepas bgitu saja. Mungkin sandra dibebaskan melalui oprasi senyap para patriot nkri. Maaf kl salah hny skedar analisa orang jelata

  55. Yg bener yg mana ya..info media terbaru kata LBP bhw izin pepjngn konsentrat saat dijabt pak SS, media terlnjr memblw up itu kebijkan p.arcandra berart kena fitnah dong?

  56. salam hangat patga…
    Dalam sbuah ops, blm tentu para sandera tau siapa yg tlh menyelamatkannya. Meskipun stiap gerak dan nafas mrk di kamp2 pulau terpencilpun kita msh bisa update kondisi mrk, hehe….tentu kita tak perlu brtanya bagaimana cara kita melakukannya. Boleh jd soal data, Jakarta lebih akurat dripada Manila. hehe….
    Ops yg baik adlh hasil yg berkesinambungan sekaligus memetakan pola dan gerakan mrk jauhhh dibatas kemampuan mrk menduga langkah mrk sendiri kedepan.
    Hal ini prlu, agar kita punya data faktual/melkukan kontra teror dan antisipasi kejadian sblm mrk menjalankan aksinya. Trs menguntit atas jaringan jauh mrk trutama yg ada di Indonesia, taruhlah pergerakan santoso cs dan bbrapa kasus penangkapan jaringan mrk di tanah air bbrapa waktu lalu. Jangan lupa, Sulu adlh jaringan dimana banyak sekali warga kitapun sblm diberangkatkan ke medan2 proxy di seluruh dunia juga mengalami pelatihan disini. Pun sebaliknya, para eks combatan isis dan sejenis jg berkumpul disini seblum mrk kembali ke tanah air. Sulu tak sesederhana bayangan banyak kalangan, bgitu jg yg kita observ disana, sgt kompleks dan vital bg kepntingan kita bersama selanjutnya.
    Btw….
    Belajar dari kasus pertama, maka kali ini kita menekan hiruk pikuknya shingga tdk mnimbulkan persepsi yg berlebihan dus digunakan oleh sejumput klompok utk bermain catur politis yg salah kaprah mski sah2 sj klaimnya.
    Hadiah sll penuh kejutan, satu dua skenario sdh brjalan dan terjadwal. Kita tunggu saja jalan pulang sisa sandera lainnya agr kita mampu mmetik hikmah dan iktibar yg luar biasa kedepannya dg tetap tenang skaligus waspada. Tetap ksatria dan pantang menyerah..
    Begitu kiranya, smoga wktu sgera brpihak dan sy kembali bisa menuangkan hoax scenenya sbg pelepas dahaga utk rekan2 sebangsa, khususnya para patga.
    Salam…..
    Jayalah Indonesia !

    • Salam Bung Trahlor…
      Terimakasih atas babarannya
      Semoga Bung Trahlor diberi kesehatan dan selalu dalam lindungan Allah SWT
      JAYALAH INDONESIA!!!

    • Seperti Kayu, semakin panjang usianya garis garis hidupnya makin melebar dan tegas.

      pembelajarn yg luar biasa.

      Terima kasih atas selipan beritanya.

      Sehat Selalu Untuk Bung dan keluarga.
      untuk para Patga, Patus, Patku semuanya

      Salam

  57. Salam rekan2 patga sekalian, semoga sehat semua. Izin bertanya kelanjutan hoax corner?
    Bung hadana, bung NS?

Leave A Reply