MERUWAT NKRI

86

MERUWAT NKRI
========================================

lekumar36
Kegagalan adalah hantu yang paling menakutkan bagi setiap orang.
Tak seorangpun yang berniat dan bercita-cita menjadi orang gagal. Dan tak ada satu orangpun yang sanggup serta merta menerima suatu kegagalan sebagai keniscayaan hukum alam.
Bahwa keseimbangan ada pada satu paket pasangan dua hal yang berlawanan.
Putih-hitam, positif-negatif, baik-buruk, plus-minus, cahaya-kegelapan dan keberhasilan-kegagalan.

Penduduk Indonesia hampir mencecah 250 juta jiwa, hidup dalam negara beragama dan agama bernegara.
Indonesia bukan negara agama, dimana agama mengatur ketatanegaraan sedemikian rupa. Indonesia juga bukan negara sekuler yang menempatkan agama dan negara dalam kamar terpisah bagai dua dunia berbeda.
Disini agama dan negara ibarat jasad dan ruh yang bersenyawa dalam tubuh manusia Indonesia.

Ketika dikatakan bahwa kita gagal hidup beragama, sudah pasti 99% dari kita yang hidup beragama akan serta-merta menolak mentah-mentah.
Dan ketika dikatakan kita telah gagal hidup bernegara, sudah pasti pula 99% dari pemerintah yang berkuasa juga akan membantah mentah-mentah.
Sudah dikatakan, bahwa seseorang akan cenderung membenci suatu kegagalan, ada seribu alasan untuk menolak kenyataan pahit yang bernama kegagalan.

Lantas bagaimana jika memang kita benar-benar telah gagal hidup beragama ?
Jawaban yang sulit sekaligus mudah, tergantung dari alat teropong kita untuk melihatnya.
Jika alat teropong itu adalah bangunan material dan upacara ritual-seremonial, maka kita tak akan menemukan jawabannya.
Sejajar dengan gemerlap pembangunan dan teknologi, bangunan adalah tempat ibadah yang bertebaran mewah dan megah.
Masjid, gereja, wihara, pura, klenteng hampir tak pernah sepi dari jama’ah dan jemaat.
Ceramah, dakwah dan lain-lain siraman rohani tak pernah berhenti diguyurkan tak peduli dalam keadaan hujan atau kemarau di tempat terbuka atau di media massa.

Bagi mayoritas agama Islam di negeri ini, kumandang Azan wajib hukumnya disiarkan di televisi, Kuota Haji makin bertambah saban tahun hingga harus antri bertahun-tahun untuk bisa pergi ke tanah suci, ibadah puasa dan hari raya Idul fitri. Eurofia saat Natal tiba, meriahnya saat peringatan Imlek adalah bukti nyata keberagaman Indonesia yang terlihat begitu menggelora, agama Islam, Kristen, Protestan, Hindu, Budha dan Konghucu.

Tapi semua itu seakan sirna manakala kita melihat dengan teropong realita
Maraknya kejahatan dengan barometer tiga kejahatan utama ( Korupsi – Terorisme – Narkoba ) yang membawa negeri Indonesia pada kasta tinggi diantara negara-negara di dunia menjadi paradoks.
Kontraproduktif dengan wajah alim yang dinampakkan ke muka dunia. Negeri kita dikenal sebagai negeri yang korup, lahan subur peredaran Narkoba dan sarang teroris berkelas dunia.

Belum lagi kejahatan kemanusiaan lainnya yang menjadi igauan buruk masyarakat seperti pemerkosaan, begal, pembunuhan dll.
Singkat kata , 5 unsur kejahatan yang terangkum dalam filosofi Jawa molimo,
-Maling ( mencuri / korupsi )
-Madon ( pelacuran / prostitusi )
-Main ( judi )
-Mabuk ( miras )
-Madat ( narkoba )

dedenew366
Sudah menjadi menu harian yang selalu terhidang di depan mata dengan aneka warta di media massa. Padahal, sepakat tidak sepakat semua itu adalah pengkhianatan nyata terhadap nilai-nilai dan ajaran Agama.

Ketika kesalehan ritual-seremonial terkurung dalam penjara tekstual, maka kesalehan sosial-komunal membumbung tinggi ke angkasa , jauh panggang dari api.
Orang arif bijaksana telah berkata,
“Kita baru di kelas anak TK dan belum lagi kelas SMP, kelas SMA apalagi sarjana, beragama dalam syariat tanpa naik tangga ke ma’rifat ( hakikat ) maka kita tidak akan memahamkan manusia pada agama, kita baru di anak tangga mengenal ilmu pengetahuan ( alim-ulama-pandai-pintar ) tapi kita belum lagi menginjak anak tangga pemahaman ( arif-arifin-bijak-bestari ).

Lantas masihkah kita tetap keukeh untuk mengklaim bahwa kita telah berhasil dalam kehidupan bernegara ?
Jawaban yang sama, sulit sekaligus mudah.
Jika alat teropongnya adalah bangunan fisik dan eurofia kebebasan demokrasi, mungkin kita telah berhasil.
Gedung pencakar langit, akses komunikasi dan kemudahan fasilitas teknologi, imbas dari modernisasi dan globalisasi, maka kita akan tampak berbeda dengan kehidupan primitif di jaman batu, terlebih yang meneropong adalah pemerintah ( penguasa ), maka yang pasti muncul adalah klaim keberhasilan pembangunan dan kemajuan negara.

Tapi jika alat teropongnya adalah rakyat yang adil dan sejahtera sebagai amanat Proklamasi dan sila ke-5 Pancasila, maka cita-cita negara ini masih jauh panggang dari api.
Kesejahteraan itu mungkin ada, karena alam bumi pertiwi yang melimpah ruah, tapi keadilan itu yang belum terlihat.
Kesenjangan teramat lebar antara si kaya dan si miskin, dimana kekayaan ratusan juta rakyat Indonesia sepadan dengan kekayaan beberapa puluh konglomerat.
Pemerataan kesempatan berusaha, pendidikan dan kesehatan masih berupa Wacana, keseteraan hukum masih belum terlihat di negara hukum.

Apa hendak dikata, ketika hukum masih bisa diperjualbelikan, masihkah diharapkan tegaknya suatu keadilan ?
Lalu, bolehkah dikatakan bila gagal beragama dan gagal bernegara sebagai gejala awal kita gagal sebagai manusia ? Man behind the gun, manusia dibelakang senjata.
Dalam dunia Mayapada negara dan agama hanyalah wayang-wayang, manusia adalah dalangnya.
Tradisi, sistem dan hukum dalam negara dan agama hanya wayang-wayang.
Baik buruk perannya di alam nyata tergantung dari baik-buruk manusia yang memainkan lakonnya.

Negara-Agama-Manusia adalah tiga titik dalam garis rantai Kausalitas.
Jika negara sebagai Jasad, maka negara butuh ruh agama untuk bisa hidup.
Jika agama sebagai jasad, maka ia butuh ruh manusia untuk bisa bertahan hidup.
Jika manusia sebagai jasad, maka ia butuh ruh Quddus-Suci Tuhan-Nya untuk bisa melangsungkan hidup.
Hulunya, Tuhan selalu menjadi kausa prima bagi manusia yang beragama dan bernegara
Tuhan membuat permainan maha unik di alam semesta, manusia sebagai alat bagi Tuhan sesuai citra penciptaan-Nya, dunia sebagai panggung perhelatan untuk menguji manusia dari manusia pertama ( Adam ) sampai hari kiamat tiba.
__________________________________________________

dedenew363

Manusia adalah mahluk yang diciptakan dengan sebaik-baik bentuk, sesempurna rupa dan setinggi citra, derajat mahluk paling mulia.
Kemudian dihempaskan kembali kepada titik terendah serendah-rendahnya dan hina dina.
Seperti seekor rajawali yang terbang perkasa di langit tinggi lalu menukik tajam dan jatuh terkapar diatas tanah, aspal terbawah dari seluruh lapisan aspal di jalan.

Aturan main yang telah Tuhan putuskan dalam kehidupan, hukum tetap, hukum alam, rumus baku, peraturan abadi, kaidah kebenaran hakiki, berlaku menyeluruh, global universal mondial tanpa bisa didustakan dan tak bisa disangkal.
Siapa berani dan coba-coba mendustkan akan memetik karma balasan setimpal, hancur binasa, batal demi hukum, yang bathil akan musnah oleh hukum haq.

Tidak di Indonesia, Rusia, Irak, Turki, Kolombia, Somalia, Suriah atau Alaska.
Tidak di Asia, Australia, Eropa, Afrika, Amerika atau Atlantis.
Tidak pada kaum Nuh, ‘Ad, Tsamud, Saba’ atau Fir’aun di masa lalu, kaum masa kini atau kaum masa depan.
Tidak satu jiwa manusia, satu keluarga dalam rumah tangga, satu kabilah, satu marga, satu etnis, satu umat, satu bangsa atau satu negara.
Karma berlaku dalam Qadar ketetapan sampai kiamat tiba.
Hukum tetap dari Hakim diatas Hakim, keputusan mahkamah azali.

Negeri aman sentausa, bumi atlantis, zamrud khatulistiwa, tanah ranah persada bumi nusantara, rumah-ramah, tempat ibu pertiwi melahirkan anak-anaknya dengan kelembutan kasih sayang cinta, gemah ripah loh jinawi, tata tentrem kerto raharjo,
Bukan lautan tapi kolam susu, tongkat kayu dan batu jadi tanaman, Indonesia tanah air beta, pusaka abadi nan jaya sejak dulu kala dipuja puja bangsa.

Bulan purnama bagai pungguk-pungguk bangsa di dunia, madu bagi semut-semut seluruh benua, imperialisme dan kolonialisme bangsa-bangsa eropa, magnet raksasa bagi butir-butir besi umat manusia.
Mercusuar peradaban dan kebudayaan tinggi, kamus besar tutur kata-bahasa, norma dan budi pekerti luhur.
Tapi kini semua seakan tinggal legenda, cerita dongeng sebelum tidur, negeri yang makmur telah berubah menjadi rimba prahara sengketa dan gubug derita.

Ketidakadilan penguasa , jerit keputusasaan rakyat jelata, korupsi-kolusi-nepotisme, penindasan, kebrutalan, perzinaan,miras-narkoba, begal, pemerkosaan, tawuran antar warga dan antar pelajar, pembodohan dan kebodohan, pemiskinan dan kemiskinan, penyesatan dan kesesatan, penggiringan dan tergiringkan, penghianatan nilai-nilai kemanusiaan, kesalahan berjama’ah, kemungkaran massal, dosa-dosa nasional, prototipe taman surga menjadi prototipe lembah neraka.

Titik nadir bergulir, sebaik-baik bentuk bangsa terjun bebas serendah-rendahnya.
Obyek pelecehan dunia, diremehkan negeri tetangga, tertatih-tatih di kawasan Asia, menghiba-hiba pada belas kasih Eropa, nyaris-nyaris telanjang dari pakaian kemandirian dan jubah prawira-ksatria, label kepencudangan bangsa mengancam bakal disematkan pada sejarah anak cucu generasi penerus bangsa di masa depan.

Karma bagi pendustaan terhadap agama, agem-ageman utama, pakaian utama.
Karma dari blunder tradisi, hukum dan sistem berkeluarga dan bertata negara, desa mawa cara negara mawa tata, seluruh unsur dan senyawa berkontribusi pada galat tata negara , dari desa hingga ibu kota, dari satu jiwa hingga duaratus lima puluh juta.

Karma bagi blingerologi, blingerisme,blingerisasi dan kekeliruan diagnosa, resep dan dosis pasien-pasien endemik masa lalu dan masa kini, tertipu oleh pesona buah tin, berebut kulit dan berlomba mengunyah dan menelannya mentah-mentah namun justru mengabaikan gizi isi buahnya.
Salah tata-tanam, tata-rawat, tatah olah dan tata-hidang buah zaitun ,aroma harum minyak kebaikan itu menguap entah kemana, yang menyebar bau busuk menusuk hidung dan membuat mual, spirit gunung sinai tak menyala, keberkahan itupun sirna, hanya cita-cita namun azab siksa yang segera dan nyata.

Mimpi buruk hanya terjadi ketika manusia tertidur, hanya satu cara untuk keluar darinya yaitu bangun dan terjaga.
Berdiri dan waspada , nyebut sadar ,tahu diri, pembaharuan sikap ahti, intropeksi, muhasabah, lalu istighfar, mohon ampunan, taubat massal nasional dengan segera.
Sesungguhnya neraca penentu harga karma itu hanya ada dua, iman dan amal saleh,keyakinan kepada Tuhan, Allah yang maha bijaksana dan perbuatan kebajikan sebagai pembukti nyata.

Kombinasi-kolaborasi-koordinasi iman dan amal saleh adalah kewajiban ain, keharusan bagi setiap jiwa , tiap individu, tiap pribadi .
Iman membawa kepada sikap optimisme , semangat berlomba dalam kebaikan, istabiqul khoirot, mental positif, dan jiwa ksatria mujahidin untuk bekerja, berjuang bangkit dari keterpurukan untuk mengembalikan derajat peradaban agung bangsa.

Jika seluruh anak bangsa yang ada di negeri ini guyup rukun, holobis kuntul baris memikul dan menebus bersama beban “dosa warisan dan dosa pribadi” berbaris rapi dalam shof, merapatkan susunan dan meluruskan kiblat pada satu tujuan rambate rata hayo ,bersatu kita teguh bercerai kita runtuh, menghancurkan ideologi devide et impera maka bangsa ini akan kembali berdiri tegak sebagai satu pondasi yang kukuh dan barokah , negara aman lahir batin, jiwa raga, mental spiritual, cita-cita dan doa bersama seluruh rakyat Indonesia.
Baldatun thoyyibatun wa rabbun ghafur negeri penuh kebaikan dan ampunan Tuhan.

Orang yang bodoh dikalahkan oleh orang yang pandai
Orang yang pandai dikalahkan oleh orang yang cerdik
Orang yang cerdik dikalahkan oleh orang yang licik
Orang yang licik dikalahkan oleh orang yang nekat
Orang yang nekat dikalahkan oleh orang yang gila
Orang yang gila dikalahkan oleh orang yang beruntung
Orang yang beruntung dibarokahkan oleh Tuhan karena kedekatan dengan-Nya

========================================

dedenew364

Patriot Garuda biro Kuala lumpur mengucapkan,
DIRGAHAYU KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA yang ke 71.

Oleh Patsus Lek Umar Mentaras Biro Kuala Lumpur
Gambar oleh Patsus Lek Umar dan Patsus Dede Sherman

Share.

86 Komentar

  1. Intisari meruwat harus dipahami jika manusianya ga mau berubah maka tidak akan ada perubahan apapun, yang lainnya hanya adat istiadat karena berbeda tiap daerah

    • Lek U-mar Mentaras on

      Ruwatan nasional berarti semua fitrah dan perjuangan kembali kepada tujuan asal negeri ini di bentuk.
      Bukan negeri Andalas, Borneo, Celebes, Ambon, Papua atau Jawa tapi NKRI.
      Salam tabik bung ABU NAWAS.

  2. Semoga negeri ini masih dalam koridor negeri yang beruntung yang diberkahi dan dilindungi oleh NYA. Memberikan kesempatan bagi isi nya utk berbenah diri menuju kemuliaan sebelum kiamat yg mengakhiri semuanya.

  3. assalamualaikum bung Umar dan patga…
    Salam sejahtera pula, ini pagi yg cerah…
    Artikel khas yg menggelitik utk trs membaui rasa tanah air ini…
    Perjalanan yg jauh ke daerahpun terasa lbh menegaskan bhw Indonesialah tanah air beta, wassyukurillah.
    Btw…
    Hari ini, kado sy terima dari jauh. Sgt menggoda utk mmbuat banyak waktu sy bgitu tenang dan lumrah.
    Cukup satu selongsong peluru, 1 2 3 4 ular bersimbah rebah.
    Jayalah Indonesia…..
    Jayalah…..

    • 1 2 3 4 ular bersimbah rebah…
      hmmmm…. sangat sulit bung…
      apa benar mereka(ular) benar2 rebah atau mereka hanya “pura2” rebah???
      hmhm… hehehe…

    • Lek U-mar Mentaras on

      Waalaikum salam bung TRAHLOR, semoga semua kebaikan dicurahkan untuk negeri ini, kita semua, begitu juga dengan anda juga dengan generasi yang akan datang.
      Di bulan kemerdekaan ini, rasa hormat dan tabik senantiasa disematkan pada para pahlawan dan pejuang yang gugur membela tanah air dan bangsa, para hulubalang yang menjaga garda terdepan wilayah kedaulatan NKRI, dimanapun anda berada semoga keselamatan dan kebarokahan senantiasa mengiringi perjuangan dan tugas yang berat nan berbahaya, Amin.
      *Menunggu dan mengharap cemas buah tangan dari bung TRAHLOR di wilayah timur laut juga wilayah utara tanah air.

    • Tukang Ngitung, PhD. on

      Yang rebah siapa bung ? Ular besar atau ular kecil ?

      Kalau Sayap gosong itu ular kecil bung. Apa lagi anak buahnya.

    • Hehehehehe… Mantap rembesan airlaut sulunya kumendan.. bakal ada kabar baik lagi menyusul ndan..selain 2 sandera yg jd “rambo” hehehehehe..
      Woow..hebat kali militer pinoy skrg ni…macam rambo pulak..kemaren2 ops milter kau yg dikupas macam anak tk masuk kolam buaya.. Kali ini jadi pahlawan dunia lah kau pakde darto..biar tambah mantap kau keluar dari pbb sambil bebasin seluruh sandera termasuk bule apes disana… xixiixixixixi..
      Adios amigos#tiarap lg dah mumpung bung tapol blm nongol narik kolor merah ane..huhehehehehe

    • Bakulo Wajaro on

      Hehehheehe.. Angka urut 1 2 3 4 bersimbah rebah hanya dengan 1 selongsong peluru.. hmmm… jumlah yg sama dgn ular kadut ditimur kemarin yg mengganggu pekerja ..dgn 1 peluru..?wow..peluru rpg kali yakk…xixiixixiixixixi..
      Atau peluru adat yg membuat mereka rebah..?huehehehheehe
      Adios amigos#berita ditanah sensitif yg perlu lbh hening..

    • Waalaikumsalam bung TrahLor. Satu peluru cukup merebahkan 1234 musuh, apakah yg di maksud berhubungan dgn 4 Abu Sayyaf yg terdiri dari pimpinan, anak Dan 2 pengawalnya yg mati tertembak waktu bentrok dgn MNLF itu kah ? Apakah berarti MNLF juga di sempali oleh Passus kita bung ? Karena waktu Abu gosok bentrok dgn tentara Philipina malah Pinoy yg kehilangan 18 prajuritnya.

  4. Sungguh mencerahkan sekali Bung Lek umar….seperti di sebutkan dalam hadits qudsy : waman araffah nafsah faqod araffah robbah (barang siapa yg mengenal diri nya,Niscaya mengenal Tuhan nya)…untuk bung Trahlor semoga bisa membabarkan kisah nya.terima kasih bung NS…salam patga untuk semua..

  5. Keadilan belum ada utk semua rakyat. Si kaya dan si miskin jumlah nya berbeda sangat jauh. Ini potret yg ssguh nya di negri ini. Hukum dan birokrasi yg sangat berpihak pada kaum elit. Ilmuwan dan cendikiawan terpinggirkan oleh uang pengusaha. Aneh bangsa ku ini… Kadang hati ini bertanya, apakah di negara maju tidak sesulit disini kehidupanya…
    Hari demi hari seperti nya tak kunjung ada pertanda masadepan bangsa ke arah hidup rukun tentram damai. Dan seperti nya, Bangsa ini memang perlu ruwatan .

  6. Lamp (gak nyambung) on

    negara ini memang bukan negara agama atau negara sekular, tapi cobalah perhatikan, hampir tiap sendi kehidupan masyarakat, syariat Islam yg utama, Yaitu, Syahadat, Sholat, Puasa, Zakat dan Haji masih tegak. Dakwah masih berjalan, pengajian di mana2 hampir tidak ada yg melarang. Nikah ya dg syariat Islam, berkurban, masjid2 terus dibangun. Memang syariat sekunder, spt hukum hudud, yakni potong tangan bagi yg mencuri berat, qishos bagi yg membunuh, rajam bagi pezina (pria dan wanita yg punya suami/istri) belum di tegakkan. Tapi jhal itu tidak membuat negara ini kemudian menjadi bukan negeri Islam. Karena pilar yg 5 (Rukun Islam) masih tegak. Dan hal ini patut di syukuri oleh segenap ummat Islam sebagai komponen terbesar bangsa ini. Namun bagi sebagian kecil golongan yg salah kaprah dalam memahami makna penegakan syariat, telah mencoba menggoyang kemapanan struktur bangsa ini dg dalih belum semua syariat Islam ditegakkan, belum berhukum dg hukum Allah sepenuhnya atau belum berIslam secara Kaaffah. Hal-hal inilah yg terus di suarakan oleh mereka (para kelompok) yg kemudian menafikan keabsahan ulil amri (presiden). Kelompok2 tsb lalu menjadi 2 golongan utama, yg pertama golongan yg extreme, yaitu mereka tidak mengakui kepemimpinan negeri ini dan sekaligus merongrong negri ini dg tindakan, misal pemboman dan pembunuhan kpd para aparat keamanan. Golongan yg kedua, yakni golongan yg tidak mengakui kepemimpinan negeri ini tapi mereka tidak melakukan tindakan anarkis, mereka hanya tidak mau mengakui keabsahan kepemimpinan NKRI, dg itu mereka kemudian mengangkat “ULIL AMR’ versi mereka sendiri yg di sebut dg sebutan “IMAAM” atau KHOLIFAH. Kedua-dua golongan itu tidak benar, karena memecah belah persatuan ummat di suatu negri. Yang aneh adalah kelompokyg kedua, mereka telah menasbihkan diri mereka sbg KHOLIFAH atau Khalifah, akan tetapi pada prakteknya mereka hidup di bawah kekuasaan NKRI, makan tidur di sini, ber KTP NKRI, dan mendapat fasilitas sosial dari negara. Bahkan IMAAM nya pun masih beralamat di RT sekian RW sekian desa ANU kecamatan ANU yg semua masih berada di wilayah NKRI. Semua berawal dari satu pijakan, yakni karena kita (NKRI) belum sepenuhnya bersyariat ISLAM. Bagi mereka negri ini ibarat Mobil yg kempes bannya, tapi kemudian hanya karena kempes bannya, maka mobilnya harus di ganti dg mobil yg baru sesuai keinginan mereka. Ya karena mereka memang ingin menyepal dari negeri ini, keluar dari masyarakat Muslimin Indonesia.

    • bung Lamp justru negara ini berdasarkan falsafah agama,aturan agama, apabila kita melihat silapertama pancasila.
      (1) ketuhanan yang maha esa,makanya sekarang banyak intoleransi karena kita tidak pernah menjalankan prinsip pancasila dari dulu, ngakunya berketuhanan tetapi agama diabaikan. yang islam kembali pada ajarannya, yang kristen,budha,hindu pun demikian. dengan demikian maka akan lahir nilai berikutnya. hak-hak sebagai umat beragam sedikit-sedikit direnggut (red:perda syariah) (2)kemanusiaan yang adil dan beradab. manusia adil apabila kebutuhannya terpenuhi,kesempatan berkehidupan sama rata,beradap setelah keadilan terpenuhi maka peradapan pun akan terbentuk,terbangun dengan sendirinya. (3)persatuan indonesia adalah penegasan bahwa kita bangsa yang satu,berbeda suku bukanlah hambatan untuk membangun negara yang bernama indonesia,segala permasalahan dihapai dengan kesatuan,susah senang sama-sama. (4) kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan, ini adalah butir dalam penyelenggaraan pemerintahan segala kebijakan harus dalam permusyawatan dan keterwakilan daerah dinusantara, jadi badan tertinggi ada tiga eksekutif(kebijaksanaan),legislatif(musyawaratan),dan dewan daerah nasional(keterwakilan). keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia, ini merujuk kepada jaminan kesejahteraan rakyat dimana hak-hak sebagai rakyat terpenuhi, sandang,pangan,papan,kesehatan,pekerjaan menjadi keharusan kalo saya bilang teori piramida terbalik(kebutuhan wajib manusia harus dipenuhi). dan apakah pemerintah(kebijakan) sudah memenuhi semua sila di pancasila………….??????????????????????????????????????????????????????
      karena setiap sila saling berkaitan antara satudengan yang lain, jadi wajar saja kita tidak pernah bisa mengaplikasikan falsafah pancasila kedalam setiap sendi urat nadi bangsa ini,karena meng ingkari sila pertama….fakta is real…..

  7. Salam … Saya rasa memang negeri ini perlu di ruwat akan tetapi untuk melakukan ruwatan harus di mulai dengan ruwat diri sendiri.

  8. salam hangat bwt para patku &patsus dan bungbung…assallamualaikum bung lek mentaras…mau nnya bung , bagaimana mnjadi orang yg beruntung itu?

  9. 1 2 3 4 ….
    Satu peluru hampa, satu peluru tajam, satu peluru diplomasi, satu peluru terakhir….
    Dua pemimpin, dua pengawal, dua tawanan, dua arah angin, dua sekutu, dua kubu, dua alki, dua sus, dua pass, dua tamu, dua anyar, dua titipan, dua konpensasi kelas berat di dua matra …..
    Tiga opsi, tiga revisi, tiga pion, tiga posisi, tiga jalur, tiga lagi masih tergantung ekonomi….
    Empat mata, empat nyawa, empat arah mata angin, empat sus, empat pressure, empat digit, empat lima_merdeka jalan.

    Jikalau bgini tntu sulit dijabarkan, hehe…
    Btw…
    Meruwat NKRI, sdh sepatutnya…barangkali terbuka hatilah kita anak bngsa ini, bersyukur mnjauh kufur nikmat dan smakin lbih mudah menerima kebaikan negeri ini daripadanya dan kemutlakan bangsa ini utk seluruh bumi. Sejarah yg dipermak, searah kepentingan mereka atau kita yg sekelumit atau dunia yg besar tak akan bisa menutup jalan sejarah itu sendiri. Duterte sdh membuktikannya, mski ini hanya contoh sy scara insidental belaka. Ya, stidaknya magnet INDONESIA lah yg merasuki alam duterte saat ini.
    Sy yakin itu lebih menarik daripada doremi papua, yakin jk tak perlu membesar2kan ajian2 kita di timur yg merebahkan harapan para plagiat dan korban proxy asing Judas Priest.

    Meruwat NKRI…..
    Satu sentinel berkesan…
    Satu kail, satu sentakan, satu eksklarasi menuju kekuatan maksimal….
    JAYALAH INDONESIA !!

    • Bakulo Wajaro on

      Hehehehehe.. Makasih Ndan trahlor atas mumetnya .. Ngengkol lagi dahhh ane.. Lah bahasane pake itung2an juga.. yg tempo hari aja perlu 2 hari belajarnya..apalagi ini..?biyung..biyung..sambil tengak tengok cari bung pr..lah yg menjabarkan aja sulit apalagi yg mengartikannya..wkwkwkkwkwk
      Adios amigos#wis ta engkol meneh..

      • halusnya negeri ini sdg alami STROke medium kang BW.
        bu Kasir pun sempat terbengong bengong dengan urutan fiskal yg jomplang abis,dan dia sempat marah krn saat di tinggal beliau fiskal dan neraca makro mikro kita kuat oleh sebab itu IMF dan WB utangnya Lunas dan ada cukup dana yg lbh utk administratur yg baru sbg modal.
        lah ini modal abis,rumah retak,kulkas isinya barang busuk semua.
        Di Tambah polah pembantu yg berlaku Tuan Rumah..
        belum lg anggaran satpam yg disunat 38% gimana Si Ibu satu ini tdk mencak mencak.

        polah pembantu yg jumawa lwt TAX AMxxx pun hny nyangkut kpd mrk yg sdh menjadi target bidikan.

        padahal para Ksatria sdh berikan shock Therapy Closed Air Space pd Upil jika msh lindungi perampok uang rakyat.

        ini sebab para amatiran berlalu bodoh di Batam..

        mungkin hrs bentrok dlu baru para pembantu paham status nya mrk sbg apa. Byk pejabat yg menganggap remeh kasus LCS jg ketahanan energi,pangan jg produk dlm negeri krn mrk anggap tdk ada sangkut pautnya dan lbh GILA lg adalah menafikan wujud ULAR ULAR jg rayap yg sdg gerogoti pondasi jg tembok rmh ini.

        #rokok memang ada unsur Bahaya
        tapi lbh berBAHAYA lg adalah Narkoba jg Miras krn target mrk adalah MeMexico kn kita dan MemKolombiakan kita.

        wis tak jabar kae kang BW.
        1234 adalah jumlah kepala yg bkl tersungkur dg satu selongsong peluru kasus kaliber besar..hehehe

        kaaabooorrrr aaahh

        • Hehehehehe… Wis muntah kabeh jeroane…rasah ngango primbon maneh..dah bukan rembes lagi..peralatan dapur,ember,kasur klontangan keluar semua.. hahahahhaha…
          Kayaknya kumendan T bukan pake sempritan lagi buat sampean bung PR….lsg pake granat nanas…huehehehehehhe…
          Adios amigos#ikut kabuuuurrrrr ahhhh…attttuuuttttt….

          • “Kang mbok yo sampean ngerem toh. ojo bablass terus. mesakno arek sing wis muntah2”!!

            #ini bkn granat nanas kang BW tp howie 155 lsg.. siap salah.
            wis mingkem meneh lah!! xixixixi

          • Bakulo Wajaro on

            Hehehehehe… Aku wis ngerem bung PR..lha sampeyan piye kabare rapopo toh..? Lha wong granat nanas iso mataeni dedelduel opo meneh howie 155..kalah sadis kimjong un dong..xixiixixii…mungkin kumendan lg siapin oerlikoen buat sampean bung…biar ga bisa ngeles..kikikikikikikik…
            Pertinyiinnyi yg plg besar adl…
            Empat mata, empat nyawa, empat arah mata angin, empat sus, empat pressure, empat digit, empat lima_merdeka jalan.
            Oooooooo….w r see…why ada nama jalan disitu bung T..? Apakah ada kaitan dg kasus kaliber besar klontangan bung Pr..xixiixixixixi..
            Dan utk mengkolombiakan dan memexicokan indonesia..apakah ini ada kaitannya dgn statement kapolri utk menangkap bandar besar setelah kematian frebud diujung peluru nusakambangan..?welcome to the pandora box..
            Vaksin ohh vaksin muncul lagi setelah cukai rokok meredup…tambah mumet para rakyat..
            Ahh…duteterte pun bisa becanda keluar dari pbb..huhehehhehehe
            Mungkin benar dia msh anggota srimulat darto h#lm..
            Adios amigos#mari berfatamorgana…wkwkwkwk

        • Sangat menyedihkan sekali…

          Kegagalan demi kegagalan yg berlapis2

          Aset hilang menguap diambil karena kebodohan

    • …..bung trahLOR….

      maafkan adikmu ini yang gagal paham atas sastramu itu…..maaf…

      bung BW kena strap…bung PR kena semprit……lha aku kudu piye iki…..terus sinau nang sopo maneh yo dulur………mumet ndhasku

      Salam Indonesia nan Jaya!

      • pemburu rajawali on

        @pakubumi “kenali lah musuhmu, pahami sifat musuhmu,lihat apa saja yg dimiliki musuhmu”

        semoga bisa dicerna dg baik

          • disebut berat bisa jadi,di bilang tidak jg bsa jadi.. yg jelas sekarang sdh terbang lg dan Growler NG saja bisa buta dan tuli.. dan 3006 didapuk sbg platform khusus bg adik2 dan saudaranya yg lain.. hehehe!

            #wah kartu kuning lg nih

          • Bakulo Wajaro on

            Hehehehehehe….growler aja bisa buta dan tuli apalgi hanya F15 dan kornet bisa2 pake tongkat buat terbang ya bung..hehehehehe tambah lg armada pembuta tamu tak diundang dari seri 30 selain yg dibabar di hoax corner bung Hadna utk perang udara modern yg diuji coba oleh kakaknya pada f35 yg sotoy..heeeee
            Pakem baru..Butakan musuhmu..maka akan datang musuhmu minta di bedil..
            Adios amigos#edisi tech anti petak umpet bikin tak guna jubah siluman..

        • Dimengerti…
          bung @pemburu rajawali
          Mirip pesan dosen matematika saya dulu.
          “Sebelum kamu menyelesaikan sesuatu dengan rumusan, kenali masalahnya terlebih dahulu, kamu akan dapat menggunakan rumusan yg tepat setelahnya”

        • Bakulo Wajaro on

          Hehehehe… Malon+ ausit gigit jari dong.. Baru beli..baru bisa nyelem..baru mau buat.. Amsyoooooong…hehehehehe
          Terang benderang antidot scorpene..lha bocor kok ribuan copy…persis karo sampean bung Pr..masuk pisir nabitepi oerlikon bung T…huhehehehehe..
          mumet mr holande..
          Adios amigos#nyilem maneh ahh atut keker kumendan..

          • Hehehe
            Bisa buat belajar itu bung…
            Dengan telah tersebar di media berarti sebenarnya data itu sudah bukan pegangan intelejen lagi..
            Itu sudah jadi bancaan lama sebelumnya..
            Jika data itu valid, bisa buat baham pelajaran yg sangat berharga..
            Untuk antidote dan untuk buat yg lebih ..
            Jika data itu tidak valid, setidaknya kita tahu data yg valid harusnya bagaimana..
            Jika kebocoran itu hanya skenario, setidaknya kita tahu arah mainnya..
            @comandante T, jangan pencet si likon kasian bung PR. Bung BW kalau nyelem jangan lama2 tempe mendoan anget enak lho bung…
            #mau di bilang apa ini tetap negeri tercinta,..
            #ketika aku dilahirkan dan menginjak kaki di bumi nusantara disitulah ku kan mengabdi dan berbakti

  10. sayang agamanya yg diakui produk import , bahkan ada kasus di semarang anak penganut kepercayaan tidak bisa naik kelas karena kepercayaanya tidak diakui oleh negara

  11. dulu rusia pusing barangnya dioprek ma samiri sekarang prancis lbih pusing data kapal selamnya bocor….,siapa yg punya kerja?apakah upaya memberi pelajaran bagi prancis sbagai anggota nato yg bandel?mungkinkah warning china bagi india yg mendukung vietnam di lcs?

    • >yang anomali adalah bocor koq bisa dibawa sampai ke media massa dunia ??? jika aku punya bocoran itu lengkap dan utuh ya akan kusimpan rapat…kemudian kusadap dan kupelajari….dan selanjutnya kutemukan antidotnya yang mana pemilik teknologi tidak meyadarinya…yang pasti akan kukembangkan sistem pencarian dimana alutsista yang dibocorin itu berada…….karena arah gerak alutsista sudah aku ketahui maka tinggal jemput dan panen di palagan…..

      >>sengaja dibocorkan dan/atau hasil operasi penyadapan tingkat tinggi yang kemudian dibawa ke ranah publik?…dgn target pesan: barang perancis tidak secure jika dibeli…artinya mematikan industri pertahanan perancis…sehingga pelaku industri dari negara lain bisa panen karena orderan berjibun keras……arus kas luarrrr biasaaaa…hihihihihi….

      >>>pesan lain ya agar perancis balik kanan pulang kampung aja jika masih bandel di kawasan LCS (baca: Laut Natuna)…..jika tetep bandel ya pastinya mudah untuk atasinya bagi negara2 yg berlawanan dgn perancis (…analisis diatas kertas)…..bisa dikatakan bisa mengalahkan bidak2 tertentu milik perancis dengna ongkos perang yang rendah…..namun perancis kan punya bidak2 lainnya yg masih bersifat misteri dan sangat rahasia….

      >>>>aku kira tidak sesimpel itu atas bocoran2 dokumen alutsista buatan perancis…..ini masih akan bersambung dengan langkah taktis dan putusan strategi selanjutnya….

      >>>>>semoga dengan tengak -tengok kiwo tengen…..muncullah gelembung2 bung BW…..

      dengan plirak – plirik …..semoga mendapat sambaran dari langit dari bung PR….

      …..kalo clingak -clinguk ntar kena tilang pulisi…hihihihihi…..

      Salam Indonesia nan Jaya!

      >>>lebih mengarah ke rebutan kue alutsista di kawasan asia pasifik…..

  12. ada apa dg spek scorpene india jg ausie?
    apakah sdg terjadi politik bumi hangus rebut ladang?
    yg jelas asteng bakal jd new battle field baru setelah syria.

    #klo dibidik ky nya sy tiap hari deh merasakan.. hehehe!! dg anggaran minim saat ini ya optimalkan resources yg ada walau sebenernya UN Lixxxxx!! xixixi thx bu kasir..

    • Bung PR…
      Mau nanya bung….kalo typhoon versus silent eagle nya singapur bagaimana skr nya bung?apakah menang jauh?
      Kira kira typhoon apakah cocok digunakan oleh tni AU?seandainya penjaga pulau jawa itu ada typhoon…misal barat jawa 4 di timur jawa 4…ditengah tengah Ada gripen…cocok ga bung?hehe

    • Bakulo Wajaro on

      Hehehehehe… Tiap hari dibidik jindalem dari selatan yg penasaran dgn burunge dipenangkaran iwj bung Pr..xixixixixi…iku manuk op to yoo..bedo2 mereke…ditegesii karo growler matane kelilipen ra keto blass.. Diparanin ati2..pake dedemit samiri ehh dimari byk pemburu hantunya..salah2 malah masuk botol..dibuang ke kali berantas ..xixixiixixi
      Bikin lontong balap..lontongnya basi..wkwkwkwkkwkwk.. Wis apes kabeh..
      Adios amigos#jiran utara beli lontong duluan, msh baru kagak bisa nyilem..giliran bisa nyilem.. lontongnya basi..hihihihiihi…cucian deh kamyuuu..huhehehehehe

      • dari clue bung BW saya coba terjemahkan : radar Jindalee Ausift tiap hari ndeteksi aneka macam layangan kita. mrk bingung layangan macam mana nih. E/F- 18G Growler NG diutus utk terbang intai, tp si Growler NG malah jadi buta & tuli. gantian pake F-35A Lightning II tp malah dintersep sm layangan kita

        • Wah…gosip nya ntuh burung delta sdh bersarang di iwj ya bung…tp ane emang penasaran sih bung…skor nya brp Bila typhoon itu versus f15 singapur…hehehe…
          Tp tengkyu berat bisikan halusnya…hehe

      • Bung2 di patga..
        Ayo kita buat gerakan “melati untuk para veteran”
        Melati adalah puspa nasional..
        Melati yg berwarna putih melambangkan kesucian dan ketulusan, harumnya meneduhkan..
        Melati sebagaimana bunga yg lain ada untuk memperindah dan darinya akan lahir penerus..
        Buat hiasan seperti bros dari bahan yg tidak perlu awet, dijual sebagai pengingat jasa para veteran dan keuntungan penjualan, dapat digunakan untuk hal2 positif bagi veteran,..
        Asuransi kesehatan, bea siswa pendidikan bagi anak2nya, ..
        Jika dilakukan terus menerus akan cukup dana untuk membangun perumahan untuk mereka, membuat film2 untuk mengenang jasa mereka…
        10.000 rp saya rasa menjadi nominal yg pas untuk harganya..
        Asal amanah.. saya yakin sumbangan ini walau tak setimpal akan lebih bisa mengobati kerinduan akan negara yg mengerti rakyatnya..

  13. un limited xxxxxx ? wah baguslah . APBN bukan satu-satunya, msh ada yg lain.
    HMAS Hobart sdh operasional lho bung PR. ?! hati-hati bung , destro itu bs jd ancaman bagi anda dan rekan , klo anda dpt tugas terbang ke segoro kidul.

    • Sir Hobart di upgrade krn sering di jepret bung. tp bukan berarti kita jumawa loh,anti dotnya sdh ada kok.. lah mainan bung BW sama Ps jg Ngurah Rai aja sering colek si Hobart di hindia selatan jg barat daya.

      skor perbandingan F15 SG VS Typhoon yah kn ud dibabar di warung sebelah JT walau ikonnya F22 vs 35.. hehehe

      how many delta wing we got? come see by your self,you can count it if you want.. tp nek wis ngitung ojo bocor..mengko denharin elang jaluk ngupi ning omah mu loh..hehehe

      • Wowww..”we got” Bung PR? Jadi bedil2an beneran? Terus kita dapet??
        Coba ada rembesan dikit2 gitu Bung, biar forum2 yg mengaku aliran ‘lurus’ tidak seenaknya sendiri kalo bicara..sakit hati juga Bung kalo mereka menyepelekan kemampuan TNI Bung.

      • Berarti berita burung mengenai denharin itu bener adanya ya bung PR, wah ini namanya ndak bocor alus lg, tp bolong, hahahahaha, jayalah merah putihku

  14. bung PR, apakah JT adlah media yg dibentuk langsung oleh TNI sbg wahana perang informasi? sprti militernkri.blogxxxx? krn tdk sedikit artikel yg nampaknya biasa tp ternyata menceritakan hal yg tak terduga. seperti foto personil rusia dg postur&Warna kulit khas indonesia,lalu upgrade destro 052 china, dan f22 vs 35.

    • source ny yg wajib dianalisa krn mrk “selalu diluar Mainstream” media umum.

      sebetulnya TNI dari dulu sdh perang proxy,bedanya dulu head to head skrg lewat medsos internet. sbg bagian dari Cyber War ya kita akan mematahkan serangan mrk tiap saat.

      wong tiap jam sj kita selalu di hantam luar kok via Cyber. klo Cyber kita ga kuat bisa bubar KomlekInfo umum alias Crash

      • bung PR, u/ cyber war, apakah indonesia memiliki satu lembaga khusus yg menanganinya? atau tiap institusi yg berkepentingn memiliki unit2 ini sendiri? selepas kejadian penyadapan oleh ausi, kalo tdk salah pak purnomo pernha membuat pernyataan akan membentuk satuan “mata dewa” sebagai matra tempur keempat

        • “Mata Dewa” embrio nya sdh ada sejak jaman Bung Karno saat di ajak keliling PuskomLek KGB oleh Kruschev,jaman pak Harto jg diperbaharui lg dan saat era SBY mulai jd “Real Eyes Of GOD dg moto We Believe In GOD,Others We Monitor it”! hehehe.

          mata dewa sgt komplek,ibarat jantung dia tdk bsa bekerja sendiri tp bersama secara simultan. tiap kementrian strategis mempunyai “Internal Intelligent” masing2 dan Mata dewa bertugas sbg Filter jg Analisator nya. kadang Mata dewa bsa bertindak sendiri alias berdiri sendiri tanpa hrs berkoordinasi secara resmi jika di butuhkan.. siapakah dan kepada siapa mata dewa berBaiat alias laporan? hanya Dir dan section head nya yg tahu..xixixi

          wis aah.. ntr malah rame! serame saat ausie bangga bisa sadap RI 1 tp lbh gila lg kru mata dewa yg kirim “Hadiah” kpd PM nya.. Canberra sampai di Lock Down Town gara” hadiah” nya

          • luarrr biasa! jd bener, soal penyadapan itu, kita memang sengaja disadap. terima kasih bung PR penjelasannya

          • Hehehehe… Ane angkat tangan aja dah bung PR..wis ra sanggup tukang tambale…hrs ganti ban dalem..buocoore wis blewer2 kemana2..hahahahahaha…
            Adios amigos#edisi nyilem aja ahh..syereeem…ntar ada yg ngajak ngupi di mess lg..xixixixixixi

          • Hahaha….ini mah bkan bocor lagi tpi udh pecah ban bung@BW….saya ikutan angkt tangan ah takut jga bung,udh cukup dijewer sekali am bos saya…
            Hehehe,soal mata dewa hati2 lho bung bisa aj dia disamping bung….hahaha,kabur ah….

  15. [http://analisisalutsista.blogspot.co.id/?m=1] bagus, silakan lihat!
    Analisis militer…yg lain juga perlu perhatian…

  16. @molimo wah ngenteni bocor trs iki, yg seneng tukang tambal ban loh.

    utk apa dan ditujukan kpd siapa Lat Armada Jaya 2016? dan siapa yg akan gentar jg gemetar krn efek latihan tsb?
    yg jelas sdh banyak lontong yg berkeliaran dan Satelit jg Ocean Going Research ship siap “ngintip”

  17. salam bung Pemburu Rajawali ..
    secara tutur bahasa dan babaran keilmuannnya … hmmm … saya selalu mengamati bung PR dari jaman warung sebelah … hehe .. walaupun dah pernah ada yang nanya di warung sebelah apakah bung PR ini adalah bung Narayana ya … hehe .. tapi dijawab bukan ya bung .. kalau saya kok semakin yakin pastilah sama bung PR dan bung Narayana … hehehe … ciri khas bahasa yang adem mengalir dan rembesan ilmu tingkat tingginya lho bung … hehe
    mbok dengan keilmuan bung PR ini .. hehehe rembesan yang dulu di bahas di warung sebelah tentang kemajuan alutsitas made in dalam negeri .. di babarin lagi bung hihi …. sukur-sukur yang ada nuke nya … hihi …
    semoga sehat selalu bung PR .. dan rekan – rekan patga lainnya … jangan lupa bung BW juga jangan sungkan-sungkan nambahin remebesannya … oh ya barangkali bung BW bisa ajakin bung PS di mari lagi bung .. hihi

    • hehehe.. apalah seorang PR..

      wow Nuke!!??? hmmm.. bicara Nuke sandingannya adalah aPiece of briefcase strap on officer hand.

      sejarah nuklir kita menurut sejarah dimulai dari kekaguman sukarno atas tragedi hiroshima nagasaki. Dan dibentuklah badan persiapan tenaga atom nasional alias embrio BATAN.

      apakah kita punya atau tidak?clue nya klo punya Reaktor ringan kelas A ya pasti…! hehehe

      • terimakasih bung PR … mantap bung … kalo punya rekator ringan kelas A ya pasti … !!
        jadi adem bung PR dengan pencerahannya bung ..
        ada satu lagi bung PR yang masih teringat dari rembesan bung PR .. tentang unknown soldier yang cover blown up bung .. dan gugur di Eropa …
        hmmh seandainya bung Pemburu Rajawali masih boleh bung ditambah rembesannya …
        semoga semakin menambah keteguhan kita sebagai warga negara turunan pejuang ya bung ….
        salam sehat semua rekan patga …

    • @kingsoka loh bukanya bung PS itu suka….!! yah namanya tukang ngintip bawah air!!

      tidak sekalian bung Ngurah alias Tukang sapu dermaga,erichhartman dll di undang..xixixi

      klo clue warung sebelah di babar dsni nti ikutan mabok akut loh..hehehe

Leave A Reply