untuk PANGIWO YANG MELEPAS BHATARAKALA SEBAGAI PENYEIMBANG KEGILAAN DUNIA

84

untuk DIATAS LANGIT MASIH BANYAK LANGIT

deddy91

Teori Kesatu :
DI ATAS LANGIT MASIH BANYAK LANGIT

Beda persepsi antar budayawan itu biasa saja … karena kita sama belum lahirnya saat peristiwa sejarah itu terjadi … jadi semua analogi teori yang ada adalah TAFSIR.

Tapi ada yang lebih paham tentang budaya dibandingkan ilmuwannya, yaitu masyarakat pewaris dan pelaku budaya itu sendiri.

Karena ilmuwan yang tidak datang (berasal) dari lingkungan budaya yang dikajinya, kadang kurang atau bahkan tidak memahami filosofi budaya yang ada di lokasi tersebut.

Contohnya sudah banyak, ada ilmuwan bergelar Doktor kalah paham dibanding juru kunci dari situs. Justru mereka inilah yang menjadi “Data Sekunder” dari penelitian sang ilmuwan. Harusnya merekalah yang kita gelari sebagai Professor Budaya …

untuk ILMU PENGETAHUAN ITU TUGASNYA MENERANGI DUNIA BUKANNYA SEBALIKNYA MENGGELAPKAN DUNIA

deddy88

Teori Kedua :
MENARA GADING ILMU PENGETAHUAN YANG TINGGI DAN INDAH KADANG BISA MENJADI PENJARAMU

Dibanyak kesempatan ketika meninjau berbagai perpustakaan di perguruan tinggi yang punya jurusan “Ilmu Budaya” dan “Teknologi Peradaban”, saya menjumpai banyak sekali kajian dari hasil penelitian yang berkualitas cukup tinggi. Tetapi sayangnya hasil penelitian itu tidak beredar di masyarakat umum (secara luas semisal di toko buku ataupun dalam kalangan yang lebih terbatas semacam kelompok ilmuwan pengkaji bidang tertentu).

Bagi saya pribadi hal ini sangat memprihatinkan, karena saya sangat memahami bahwa masyarakat diluar sana berharap banyak dari ilmuwan yang pernah melakukan riset budaya dan peradaban didaerah mereka. Ketika sang ilmuwan dahulu ketika melakukan penelitian dibantu dengan tulus, baik tenaga ataupun data dan bahkan makanan serta tempat tinggal. Tujuan mereka adalah satu, ingin mengetahui sejarah leluhurnya secara benar lewat mereka yang dianggap ahli dibidangnya (ilmuwan). Harapannya adalah masyarakat setempat mampu melestarikan sejarah dan budaya pendahulunya serta menyempurnakannya sesuai kemajuan jaman.

Pada saat kunjungan ke daerah saya juga menerima keluhan mereka bahwa setelah selesai melakukan tugasnya meneliti, sang peneliti tidak berbagi sedikitpun ilmu pengetahuan. Itu yang membuat mereka agak enggan berbagi informasi sejarah tutur kepada peneliti berikutnya di daerah yang sama.

Mereka kemudian mengacuhkan tim peneliti berikutnya, sehingga yang didapatkan hanya data fisik tanpa tambahan data sekunder yang sebenarnya cukup banyak bertebaran di sekitar lokasi penelitian itu. Dan terjadilah degradasi atau turunnya kwalitas ilmu pengetahuan pada generasi berikutnya.

Jawaban cukup mengejutkan saya dapatkan ketika berusaha mengkonfirmasi ke beberapa ilmuwan di beberapa perguruan tinggi atas obyek penelitian budaya dan teknologi peradaban. Separoh alasan mereka dapat saya terima, tetapi separohnya lagi adalah naif bagi saya ataupun semesta raya.

Mereka menjelaskan bahwa dalam kode etik akademis tentang penelitian, hasil penelitian baru bisa menjadi konsumsi umum atau di publikasi bila mendapat ijin dari perguruan tinggi dan donatur dana penelitiannya.

Sebagian yang lain menjawab bahwa hasil penelitian itu tertutup, karena hendak dipakai oleh sang ilmuwan mengapai gelar akademik lebih tinggi. Bahkan ada pula yang bertendensi bahwa hasil penelitian itu adalah bekal kenaikan pangkat kariernya dibidang budaya dan teknologi peradaban. Dari pihak perguruan tinggi dengan alasan “agak logis” muncul, mereka membatasi peredaran hasil penelitian karena tidak ingin jadi bahan contekan (plagiatisme) oleh perguruan tinggi lainnya (karena mereka bersaing di bidang ilmu budaya dan teknologi peradaban).

Bagi saya pribadi, itu semua jadi KONYOL. Karena hasil penelitian berharga hanya jadi kertas akademik yang menumpuk di perpustakaan tanpa bisa diakses masyarakat luas. Padahal dunia luar berharap banyak, timbal balik ilmu pengetahuan dari bantuan yang pernah mereka berikan dilapangan. Dan bisa anda bayangkan bila saja tiba-tiba gedung perpustakaan itu terbakar, maka kita akan kehilangan akses ilmu pengetahuan hasil riset dari ribuan ilmuwan. Itu akan semakin menjauhkan masyarakat dari hak nya sebagai pewaris budayanya secara sadar yang dilakukan oleh yang terhormat para ilmuwan. Rasanya ada yang harus belajar tentang “Integritas Penelitian”.

deddy90

MIMPI BURUK SEORANG BUDAYAWAN

Adalah mimpi buruk seorang budayawan, yang membuatnya terbangun ditengah tidurnya di malam hari buta.

Saat mampu menemukan seonggok artefak dalam situs bersejarah, atau membaca prasasti pada sekeping batu yang hanya menyisakan remahan sejarah.

Berputar keras akal dan hatinya, berupaya menyusun kembali ada apa sesungguhnya yang terjadi di masa lalu itu ? Dan saat jantung berdegup keras ketika diruang spiritualnya berkelebatan kejadian masa lalu bertumpang tindih tanpa aturan. Tanpa mampu dipahami maknanya …

Arkeolog boleh saja berhenti dititik artefak dan situs, sejarahwan boleh saja berhenti pada telaah bendawi dan inskripsi, sedang budayawan harus terus berlari mengejar bayangan masa lalu peradaban itu. Membongkarnya, agar kita bisa belajar atas arti sebuah kesalahan ataupun kejayaan.

Sebab adalah suatu anugrah tertinggi bagi kita semua, bila mampu memulai perjalanan peradaban dari titik kejayaan para pendahulu. Tanpa perlu memulai semuanya dari titik awalnya lagi.

Karena Tuhan menciptakan sejarah bukan untuk di kagumi ataupun di sesali, tapi untuk dipahami dan dijalani …

deddy89

HATI-HATI KALAU BERTINDAK DAN BERTUTUR

Karena tekanan hebat kondisi lingkungan telah memaksa semesta bersikap tegas adanya. Kemampuan untuk berperilaku sabar telah mendekati akhirnya, dan akan berubah menjelma menjadi perilaku beringas yang kejamnya tak terperi.

Bahwa itu semua bukan salah satu dua orang saja, tetapi adalah kesalahan kita semua yang selama ini membiarkan kejahatan dan penindasan berlangsung disekitar kita. Dan menjadikannya sebagai hal lumrah saja. Ketika awan hitam emosi bergelegak dan berkumpul secara kolektif mencari korbannya, maka itu juga bagian dari kewajaran atas sebuah takdir perubahan.

Saat putaran bandul ke kanan sudah diluar kewajarannya terbebani oleh ketidak adilan manusia atas semesta raya, maka semesta berupaya menyeimbangkan dengan bergerak ke kiri sekalipun itu akan membuat hentakan keras dan korban berjatuhan, tapi itu demi perubahan atas pranatan baru yang mampu menghilangkan ketidak adilan dan penindasan yang terjadi selama ini.

Ketika tata cara manusia tidak mampu lagi digunakan membenahi kerusakan pranatan dan semesta, maka yang digunakan adalah HUKUM SEMESTA yang tegas dan keras serta adil.

Tidak ada lagi kepercayaan pada hukum karangan manusia yang bisa dirubah seenaknya guna kepentingan tertentu dan menjauh dari nilai kebenaran hakiki. Maka semua mahluk berdoa dalam hening tekanan yang luar biasa beratnya, berharap agar TUHAN segera melepas ANGKARA MURKA SANG HYANG BHATARAKALA agar memangsa semua durjana supaya jagad semesta kembali berputar sempurna.

Laku itu disebut PANGIWO atau memutar pendulum hukum semesta mencari keseimbangan barunya. Dan … ijin para ksatrya penjaga istana Pangiwo akhirnya jatuh juga … dini hari tadi semua kunci emas RERAJAHAN KALACAKRA telah dibuka, membuka gerbang bagi SANG BHATARAKALA bersama wadyabalanya keluar dari pingitannya. Mencari mangsa yang pantas dilumat guna sesaji nagara dan rajasuya.

Udarapun berubah pekat berbau anyir darah dan aroma daging yang terbakar sangit menusuk hidung. Keheningan pecah oleh lolongan rasa kesakitan derita pedih tak terkirakan. Dan para ksatrya memilih diam tak bergerak bak ranting disaat Sepi Kayon … “ini perang mereka, bukan dharma kita” … jawabnya. Dan semestapun masuk era GORO-GORO.

Jaya – Jaya – Wijayanti

Oleh Patsus Deddy Endarto Wilwatikta untuk PANGIWO YANG MELEPAS BHATARAKALA SEBAGAI PENYEIMBANG KEGILAAN DUNIA

Share.

84 Komentar

  1. Salam hormatku kepada para ksatrya nusantara.
    Aku berusaha resapi makna tersurat dan tersiratnya sbg anak nusantara daripada artikel bung deddy.
    Smg Allah SWT ridhoi ihtiar ku unt sampaikan dan ajarkan nilai2 dan norma serta budaya nusantara kpd anak2 bangsa Indonesia,aamiin.

    • bahan bakar sudah di gelar, kayu bakar kering berserakan siap terbakar oleh pematik keadilan….”.kesana – kemari mencari alamat” ayu ting ting….. 1 man for a reason….

  2. Hehehehe…
    Hanya bisa menarik napas bung Deddy.. Bola salju yg menggelinding ternyata bukan dilelehkan agar mencair..tp sdg coba dipecahkan dgn kekuatan yg beresiko dan berpotensi semakin membesar dan menjalar kemana2..
    Biarlah semesta yg memutuskannya jika yg memiliki wewenang msh dgn kepentingannya..
    Adios#kebenaran akan mencari jalannya sendiri tanpa bisa dipadamkan oleh siapapun..

  3. Goro goro demi keseimbangan semeseta, sdh berjln seduai hukum nya..

    Keadilan yg hakiki akn turun dan beeproses dg sendiri nya

    Smg negeri ini sllu dlm lindungan NYA

  4. Bismilahirohmanirohim,Ya Allah Pemilik kerajaan Langit dan Bumi , Lindungi Negeri Kami,Ulama kami,serta orang2 yg baik,Kasatria2 kami, dari kejahatan yg datang dari Dunia dan dari Langit semoga BALA DIJAUHKAN YA ALLAH.Namun apapun yg terjadi semua sdh menjadi taqdirmu kami iklas menerima nya,,,,,,,,,Wasollahu alasayidina Muhammad waalaali sayidina Muhammad Wasalam ala mursalim walhamdulillahirobbilalamin…..Aamiin.

  5. Membaca tanda-tanda alam dan sekitarnya memang sudah waktunya goro-goro ini terjadi. Bagi umat islam hal ini merupakan sudah takdir illahi yang wajib diyakini sebagaimana rukun imam kita. Bahwasannya sangat mudah dilakukan oleh Allah untuk melenyapkan suatu kaum dengan mengganti kaum lain yang lebih baik. Tinggal kita di masa akhir dunia ini harus eling dan eling serta perbanyak istigfar.

  6. Klo berbicara tentang”KESEIMBANGAN ALAM”…Jd teringat akan sebuah FIlosofi Tionghoa tentang YIN & YANG dan juga ada yg berimajinasi dengan mengaitkan dengan angka “69”…sebuah multi tafsir yg membingungkan…hehehe
    http://patromanhac.blogspot.co.id/2014/02/angka-69.html
    Bermacam2 pemikiran dan imajinasi manusia dalam menggambarkan dan mengartikan tentang keseimbangan alam…Dan sepertinya benar bahwasanya “SKENARIO KEHIDUPAN” tdk akan berjalan tanpa adanya keseimbangan…Subhanallah…Sebuah RAHASIA sang pemilik alam yg sulit hanya dipahami oleh nalar…Benarlah kiranya sebuah kiasan yg mengatakan”DIATAS LANGIT MASIH ADA LANGIT”..Dimana ILMU Allah tdk hanya bisa dipahami hanya dengan nalar,Tp Jg PENGENDALIAN DIRI jg dibutuhkan untuk menjadi manusia SABAR..Karena dngn KESABARAN Itulah RAHASIA ILMU ketuhanan akan terbuka…Dan hal tersebut sdh dibuktikan dngn adanya kisah sejarah “MUSA dan KHAIDIR”…dan jg kisah Syekh siti jenar dimana Rahasia ilmu yg mudah diberikan tanpa pertimbangan hanya menimbulkan kesesatan.
    ******
    Serulah (manusia) kepada jalan Rabbmu DENGAN HIKMAH dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Rabbmu, Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk. [An-Nahl/16:125]
    ******
    Terima kasih artikelnya [email protected].Sebuah artikel wawasan budaya yg sangat berkaitan…Salam

  7. Bmkg mengumumkan tg 4 nov 2016; Jakarta bakal hujan lebay eh lebat disertai PETiR; konon berton2 garam sudah ditaburkan biar tambah cepat datangnya hujan lebat….Faktanya cuaca mendukung untuk demo! Awan dan Matahari pun mendukung DUA Juta orang berdemo dg tertib dan damai! Dibawah perintah kyai habaib dan ulama…Polisi2 pun ber zikir; dan kalau ada majelis dzikir; malaikat datang, $yeitan kabuuuurrrrr!!!

    • ada juga bung def, debt collect motor di deretin di baskot jakarta bekasi depok dan tangerang, jammer selular hp, hoak akan terjadi kerusuhan besar plus koar2 jane …katanya isis mo datang sambil jingjing ak47……haaaaa

    • 1. klo ahok gak bersalah 2.klo ahok bersalah……revolusi mental hanya sekedar jargon atau akan di ganti revolusi massa……hanya Allah SWT Maha Tau apa yg akan terjadi

  8. Memang harus di lepaskan si Batharakala, manusia sekarang sudah sulit di bedakan yang mana salah, yang mana benar. semua mengaku paling benar, jujur, bersih, baik, tapi dimata dia akan terlihat siapa yang baik sebenarnya.

  9. pemerintah sok pake ngomong pertahankan pancasila dan ke bhinekaan…faktanya sila pertama aja ga mampu dijalanin. percuma obral janji kalo sistem yang mau dianut sekuler…indonesia tidak akan menjadi negara sekuler selama berpegang teguh pancasila.
    panglima berkata umat islam pertahanan terakhir bangsa dan TNI/POLRI pertahanan terdepan. Kalo umat sudah bergerak artinya TNI/POLRI sudah terpojok karena kepentingan poli-tikus bekingan asing,aseng,asong.
    kasus ahok adalah ujian bagi pemerintahan jokowi mampu tidaknya menerapkan sila pertama, apabila gagal maka TNI yang ambil alih…ingat kata jokowi TNI sebagai perekat kesatuan dan ke bhinekaan…siap-siap panglima pake jas keren bukan jaket keren…

  10. NKRI mengimport ratusan pacul made in China. Kita membantu industri China dan mencampakan UKM bangsa sendiri. Dede Yusuf mengecam pemerintah; ada puluhan PETANI CHINA di Indonesia! Akibat dari bebas visa; disanyalir ini merupakan kebijaksanaan hutang kepada China, (iya yg pacul buatan china dan buruh petani china!!)

  11. Percuma donk bikin program MEF, wong musuh dibantu bangsa sendiri! Sekarang baru puluhan petani/buruh China, tapi In The Near Future? Ratusan ribu! lalu bikin organisasi palu arit dg tulisan kanji China…..

    • jgn pesimis bung mengenai MEF 1-4. memang lakonnya lah yg di tonjolkan otot alsista nya..padahal yg sdg di genjot dua step di depan alsista adalah kemampuan ideologi,militansi dan olah strategi..

      2juta orang itu tdk mudah dan jika tdk satu visi maka tak kn kumpul arisan bareng.. the largest protester in the world is 411

      #ngomong opo iki..hehehe!

      • Hehehehe.. Selaras dgn otot kawat balung wesi.. Otot mef mmg msh blm mengimbangi.. Tp tulang dasar dan karakter inti dari naga selatan yg terdiri dari balung2 wesi dan bondo nekatnya yg juga pernah menghabisi pemenang ww2 pada 71 thn lalu msh ada.. dan akan diperlihatkan lbh dahsyat lagi kpd mereka yg bermimpi menaklukan dan menguasai negeri para martir… hehehehehe
        Adios# biarkan mereka berhitung kembali jika dulu tanpa mef saja mereka tak mampu menaklukan..apalagi saat ini..heeee

  12. Sudah sakit jiwa akut… Natuna diperkuat tapi dalamnya keropos
    Tanam cabai hanya nyamar saja sampai waktunya disebarkan seperti yajuj majuj

    Harus ada tindakan tegas yang mematikan

  13. Tugas kesatrya adalah mengawasi goro goro agar tdk memangsa berlebihan yg bkn hak nya, jgn sampai berniat menyeimbangkan malah membuat miring baru…. dan ketika goro goro sdh selesai,, kesatrya hrs memastikan goro goro kembali ke asalnya…. dg bgtu NKRI tdk pecah….

  14. Didunia Maya hari ini mulai heboh dengan gambar palu arit tersamar di Uang RI Pecahan 100.000 cetakan baru. Sudah demikian masivkah keberadaan mereka sebagaimana pesan terakhir DN Aidit “pergerakakan tanpa bentuk alias hantu”

  15. Hehehehe… Spt foto aidit yg terselip diantara foto para pahlawan di terminal 3 soetta..?hehehehe
    Benerkah tdk disengaja..?auah elap..ra genah cocote..
    Adios#bau busuk pengkudeta limapuluhan thn yg lalu makin santer terendus..
    Mari kita tonton lelucon kepanikan dari para pelakonnya yg makin hari makin lucu lbh dari seorang komedian dan saat ini sdg menggali lubang kubunya sendiri..hehehe.. Mang intelijen TNI bodoh tdk mampu mengendus musuh dibawah laras senapannya sendiri…???wkwkwkkwwk

    • Ohhhh, jadi sinyal internalnya ini toh, bung BW…..
      Wah… Kalo gitu gendang konsolidasi ummat Islam Indonesia harus ditabuh terusan nich…. Biar tambah panik itu pengikut2 PKC dimari… Sekalian biar berani tunjukin mukanya itu yg komprador / ular belang / ular kadut / cacing / kecoak…….. Sekalian pula dibasmi habis mereka itu dari Hulu-Hilir…..
      NKRI berasaskan Pancasila artinya NKRI adalah negara beragama sesuai sila ke-1 Pancasila, adalah harga mati.

  16. Lakone opo lakone no to no goro

    Akibat terlalu dipaksakan cengkraman naga buntung utara di bumi nusantara ini maka menimbulkan gesekan-gesekan ditambah energi yg keluar dari jutaan orang yg demo kemarin telah membangkitkan dan membangunkan para pendulum di nusantara ini yg sdh lama terlelap utk menciptakan keharmonisan yg baru.

  17. Para ular belang udah pada kepanasan gara gara demo 411,ada juga yg mau menjerat pakai dalih makar segala,kalau memang betul2 bersih dan nggak ada kongkalikong kenapa harus takut?toh demonya juga termasuk tertib kalau nengok jumlah pesertanya,mungkin takut demo yg lebih besar lagi jika target nggak diproses dengan betul,apalagi fatwa MUI yg selalu jadi pijakan udah jelas,tinggal kemauan pemerintah,mau ngorbankan 1 orang atau pilih potensi kerusuhan.

  18. Jika lihat logo BI pd uang yg baru terlihat jelas lambang palu aritnya dan tulisannya bukan BI tapi IB yang berarti indonesia baru (komunis).mari rapatkan barisan untuk menghancurkan para ular

  19. gw suka klo punya panglima yg rada2 erorr alias nekat dan urakan…..mengingat nkri sudah dalam lampu merah……..klo tidak sekarang generasi nkri akan jadi jongos di rumahnya sendiri, jongos2 sudah terlihat atas nama kebhinekaan…..

  20. Penggemar tempe on

    Mengamati kejadian kejadian saat ini jd inget komentar bung trahlor tentang musyawarah besar xinjinping dan china global/perantauan

  21. Grab your Gear and play out side..
    hold your post and kill them all.. aah ud lama tdk mendengar alunan merdu berdesis dan gemuruh tambur serta goncang nya bumi..

    lakon sejarah terulang kembali hanya tema,pelaku utama dan penggembira yg berbeda. menyesalkah para ex star yg menggebu gebu paksakan dia menjadi Prabu? sesak kah DADA Sanubarinya tak kala episode demi episode membawa mrk makin dekat keliang lahatnya?

    Promo habis habisan di dua kandang dan satu kandang tak dilirik tak dianggap? hehehe.. your time is up Sir,now is our turn to play the board with our rule and our card.

    #dekatnya tetangga tak akan bisa membela jika sang Macan terbangun lapar.

    • Hehehehe…
      loyang yang dipaksakan menjadi emas…walau byk bala kurawanya mengatakan emas..loyang tetaplah loyang takkan pernah berubah menjadi emas… Bukankah batu mulia ditempa ribuan tahun utk menjadi mulia.. ??
      Bukan dgn modal cocot bau para bala kurawa dan sepuh warna yg akan luntur dimakan waktu.. hehehehe
      sama maknanya spt sapi sang kakek yg dipaksa dijual seharga ayam dgn bantuan komplotan kurawa …hehehehe
      Adios#Kanjeng Prabu dan Kanjeng Dimas Sesat Pribadi sama piawai dlm menipu juga akan sama menjadi noda hitam cerita legenda rakyat nusantara..

    • @Bung PR dan Bung2 yg lain…, terus terang saya awam dalam dunia kemiliteran dan politik. Jika asumsi saya tentang “Sang Prabu” benar, berarti para ex STAR yg ada disekelilingnya dan “pembantu2nya” yg juga ex star ini termasuk didalamnya bung? Saya kira, ex star2 ini terbagi menjadi dua kubu, yaaaa…katakanlah, kubu NKRI dan kubu naga utara, begitu Bung?

  22. waktu di soetta itu kendurian apa ya? mural “pahlawan terlupakan sejarah” atau gerbong odong odong?
    apakah di sudut ruang megah merdeka akan di copot tokoh besar utk di ganti tokoh terlupakan?
    akankah sang dwi warna akan di beri logo two tone sbg bukti bakti pada ajaran sang SUHU besar di ujung utara sana?

    hanya Allah SWT dan para Pemilik Negeri lah yg kan menjawab

  23. semoga para patriot bangsa sllu di beri kemudahan dan jalan olh allah SWT,dlam mlaksanakan tugasnya menjaga keutuhan bangsa n negara INDONESIA tercinta…amiiiin.

  24. Semoga Allah SWT selalu ridhoi dan berikan kekuatan kpd para hulubalang dan rakyat nusantara untuk menjaga keutuhan nusantara dalam upayanya berperang melawan musuh2 nusantara,aamiin.
    Bismillah… Senantiasa siap sedia unt menyatu dalam barisan NKRI.

  25. Bagaimana dengan uang rp 100,000._ baru yg kelihatan seperti ada lambang palu arit, apakah itu disengaja atau bagaimana bung BW dan bung PR?

  26. Semoga rakyat bisa bersatu dgn TNI mengembalikan negara ini ke UUD 1945 dan pancasila. Stop bebas visa utk negeri naga buntung, sdh byk kuda troya yg akan meruntuhkan dan menjajah negeri ini dari narkoba smp petani bila kadarnya sdh mencukupi akan merusak bangsa ini dan petani dan pekerjanya bisa digerakkan dan dipersenjatai utk menguasai negeri ini dan memuluskan tentara mereka landing di negeri ini.

  27. Saya sangat awam untuk masalah ini, tapi ada hal yang menarik yang mengganggu saya, karena aneh saja kenapa hanya peran naga yg terlihat di sini, dmn peran si paman tua dan nenek” serta curut” ya, apa ia mereka juga tdk main, sehingga pembahasan ini hanya terfokus pd si naga, tdk mungkin rasanya bila gerombolan dedemit juga tdk main, apa mngkn karena mereka sibuk dgn bola panas di tanah mereka sendiri shngga peran ini hanya untuk si naga? Atau ada yg lain, mohon kiranya Para Sepuh mau menjawab dan sblmnya mohon maaf jika kata atau kalimat yg saya gunakan berbelit belit, dikarenakan pemahaman saya kurang dlm menalar pembahasan ini, Terima kasih.

  28. kenapa NAGA yg di sorot tajam,krn lewat Naga lah para axis evil ini jg akan masuk dg dalih melindungi investasi mrk disini. simple nya mrk itu saling back up krn punya visi dan misi yg sama. jika anda kuasai indonesia secara de jure jg de facto maka kalian akan memiliki akses tanpa batas dlm segala hal termasuk isu Palestina dan Islam.
    inilah salah satu sebab kenapa Gaza cq Palestina tdk dpt di hapus dr muka bumi selama Indonesia blm dikuasai mrk.
    kasus AHxx itu hanya satu dr puluhan strategic plan over Indonesia,jika si Ahxx gagal maka mrk akan siapkan dan jalankn lg plan B-Z.
    apakah para Ksatria dan Ksatria Sandhi Yudha tdk tahu..mrk sangat Tahu dan kita insya allah well prepare utk perang asimetris dan konvesional.

    inilah kenapa ada latihan TriMedia dan Latihan pemantapan tempur antar kesatuan tiap matra secara masif dan fokus. sdg asimetris war jg cyber media war sdh ontrack seperti persetujuan Presiden Duerte kpd TNI utk take over masalah abu sayaf.

    Tinggal kaum Muda dan ABG lah yg hrs di genjot pemahaman kesetian kpd NKRI dan berikan pula pemahaman dibalik kasus Al Maidah 51 ini sambil kita pantau manuver si Donald bebek di utara sana.

    #ngupi di perak 11..

    • lalu, dukungan yg kita berikan u mereka (jika ada) itu krn faktor agama, pengamalan UUD 1945, atau ada alasan lain bung?

    • Salam bung PR….
      Semakin terang pemahamanku atas situasi terakhir…..
      Semakin jelas peta gerak aseng – asing…
      Pokoke… Siap all out saat ini ikutan perang asimetris di media sosial… Ikut support juga
      Plus buka pikiran dan indoktrinasi ideologi NKRI unt generasi muda dibawah 20 tahun
      Samiri dgn donald bebeknya… Yayaya….

      # lho ya ngopi nang perak gak ngejak pisan, rek…..
      Opo yo nutut lha wong seh ngeterno keluarga nang rampal…

    • Terima kasih atas jawabanya Bung PR, saya jadi lebih tahu alasanya sekarang, tapi rasa penasaran saya masih tinggi dan sudi kiranya kembali mau menjawab pertanyaan saya :) . Berarti ada Big gren design yg sangat jelas dari mereka, tapi ada hal yg menarik juga, jika pemerintah sangat tahu siapa mereka, kenapa pemerintah ttp menjadikan mereka investmen terbesar di negeri ini, atau setidaknya pemain utama. knp tdk mengajak negara sahabat” yg tulus atau anggota non blok bukankah kita lbh kuat jika bersama? Dan satu lagi saya jadi paham kenapa garuda selalu dikerdilkan media asing dan selalu lbh banyak negatif di luar negeri drpada positifnya, ternyata sangat luas tujuannya bkn hanya membuat image tapi lbh daripada itu sungguh jahat sejahatnya mereka, sekali lagi Terima kasih atas kesediaanya untuk Bung PR :) .

      • sahabat tulus sdh invest dsni dr 2013 lalu dan akan trs membantu! mrk memang tdk di blowup media krn media utama skrg lbh suka dg kungfu..hehehe!

        ya byk jg anak-anak yg heran dg polah “buruh” cina di timur indonesia!

        • Wah Terima kasih sekali lagi Bung PR mau menyempatkan waktu menjawab, alhamdulilah jika sudah ada, ternyata sahabat yg benar” tulus itu ada, saya pikir hanya imajinasi saya. Semoga mereka ttp setia pada janji mereka. Sekali lagi saya ucapkan Terima kasih :-)

    • Isunya sekarang melebar ke “lebaran kuda”, akibat gembar gembor media jadi kasus ahok mengabur, dan (sepertinya banyak juga yg udah tau) ada pula web/situs ala ala patga (pengikutny lumayan banyak, anak Muda) tapi artikelnya banyak ‘mojokin mantan presiden ke 6′ tambah kabur kasus ahok .. Di YouTube jg banyakny gitu, Tapi kalau narik masalah ahok di bales ini Itu ujung ujungnya kalimat sampah yg keluar terus rata rata di hapus . Ikut kata bung ns, sebarkan “artikel patga” dan saya juga sebar alamat patga, tp kayanya gak ada yg keliatan d sini .. Takut di skakmat kali yah. Coba bapak ibu komen komen juga di sana. Berharap ada komentar sesepuh patga di Sana. Kan Kalo beliau beliau yg berkata yg lain tewas dah… :D

  29. bung PR, saya tahu indonesia pny jml muslim terbesar d dunia. tp saya baru tahu, negara kita punya pengaruh penting pd keberadaan palestina. dalam hal apa bung, pengaruh itu? krn sy blm mendengar kita memberi dukungan militer pd mereka. sepengetahuan sy sebatas logistik yg kita bantu. maaf y bung, bahasa saya g luwes

  30. terima kasih bung PR atas penjelasannya, generasi muda seperti saya sedikit mengerti dari kasus ahoak ini, berarti itu kerja sama antara yahud dn sang naga..

  31. Bung bw n bung pr…knapa ri 1 trkesan lamban dlam ksus ahok apa krna dsekitar y adlah pra pengkianat negara.sesuai trjemahan bung bw bola api ini ga dpadamkan tp malah dbiarkan malah ri 1sowan di tni-polri dengan mengatkan kopasus bsa sya gerakan sewaktu2….mksud ini semua apa y.mohon pencerahan y.

    • “Ini (Kopassus) adalah pasukan cadangan yang bisa saya gerakkan sebagai panglima tertinggi, lewat Pangab, lewat Panglima TNI untuk keperluan khusus,” kata Jokowi.
      yes bung @molimo gak mudeng aku

  32. Memang sih bung tapol jika dilihat berita kita hanya nyumbang logistik ,kesehatan dll.hanya saja kita tdk pernah melepaskan kepentingan palestina di dunia internasional.jika dilihat bantuan mungkin bantuan logistik indonesia tidak seberapa banyak dibanding nrgara teluk tapi warga negara palestina sangat menghormati warga indonesia jika bertemu.terkadang bantuan semangat ini yg memompa warga palestina untuk tetap berjuang.doa kita dari nusantara lebih nyaring terdengar daripada bantuan negara teluk.bahkan sampai hadir dlm mimpi mereka.bantuan rakyat indonesia yg rata2 pas2an atau bisa dikatakan miskin jika dibandingkan negara teluk dlm pembangunan rumah sakit indonesia di gaza.

  33. ada temen anggota yg sedikit kaget karena byknya org china di manokwari-papua barat (tenaga kerja china yg bangun pabrik semen).
    saya mikirnya..masa’ hanya kebetulan saja ada pabrik semen (china) ada pembentukan kodam + batalyon di manokwari.
    hehe..

  34. selamat pagi PATRIOT

    kiprah kita di tanah palestina di mulai sejak arab war 1-3 yg terbesar adalah 1973 dg 3yonif,1yon kav art,2 flight pespur TU 16 IL 28 dan 1kompi SF membackup mesir,syria.

    Kodam Manokwari memang hrs di bentuk dg geografi Irian yg luas,minimal itu 4kodam dan 4 lantamal 4 lanud utk hadang pengaruh kangguru.

    Ya,sang RI 1 skrg tersandra kepentingan sendiri jg kelompoknya, dimana jaman SBY kita bsa zero Debt di IMF-ADB-WB maka skrg kita no 6 dan akan menanjak trs kemungkinan akan jd no 2 debitur. ekonomi kita skrg mirip dg jaman Belanda,tinggal ekonom kita sj yg bakal babak belur siasatinya dan itu jg yg membuat Bu Kasir meminta KPK periksa KemenKue,Bea Cukai,ESDM,Pertamina.

    selamat beraktifitas dan Salam Patriot

    • Saya boleh nanya lagi ya Bung PR, maaf jika saya bawel habis apa yg Bung PR sampaikan selalu menggugah rasa berpikir saya, jika Bapak Besar meninggalkan zero Debt artinya bkn kah kita surplus atau bahkan panen besar lantas bukankah itu lbh dari cukup atau setidaknya cukup untuk membangun, lantas kenap sekarang bisa menjadi ranking 6 debitur bahkan mau naik jadi peringkat 2, sebegitu besarkah rencana pembangunan yg disiapkan RI 1, atau terlalu riskan dan mahalkah peralihan kekuasaan suatu negeri, jika kita seharusnya bisa memanen bunga knp sekarang harus kembali menjual bibit, atau ini sebuah penantian kesabaran yg insya alloh membawa nikmat dan hikmah di akhir.

    • Maaf kang boleh saya jawab….?
      Gmn g ngutang klu dalemny aj kosong dlu klu g salah saya pernah nyinggung deh kang msalh nie….
      #kayakny bulan nie bnyak air mata selain air hujan tentunya…hehehe

  35. sdah parahkah negeri ini,sdah kacau balaukah bangsa ini bung….sehingga air mata trus mengalir d negara kita tercinta…smoga ad jlan kluarnya utk skrang n kedepannya nnti semangaaaaaaat…

  36. Trimakasih bung pr bocoranya…bung beny kok bsa kosong kan dana selain pajak kan ad semisal dri retribusi kira2 berpengaruh ga y dengan belanja y singa tua.di artikel mana y penjelasanya bung beny msalah ini.

  37. hehehe makin rame masalah si kokoh! munculnya buzzer media dan buzzer news media hrs di waspadai jg di buat kontranya,dan ini lah di sebut asimetric cyber war! sasaranya adalah kaum muda yg doyan serba instant tp mau buang waktu lakukan crosscheck. buzzer tsb ada yg berafliasi dg “grup sukses” ada jg yg mirip partisan tp sebenarnya sdg lakukan mapping cyber utk kepentingan jangka pendek dan menengah.. hati-hati! sekali kita ikut nimbrung balas komen buzzer maka ada kemungkinan mrk bsa hook up personal file kita via HP/laptop kita.

    Silahkan konter komen mrk tp jgn terpancing emosi! buzzer itu ada dua kelompok! 1 sbg pengumpan konten, 2 sbg pro konten dan kontra konten! dg kata lain,mrk itu RoBo Media!..

    #kopassus dan SF lain bsa di gerakan jika negara terancam setelah Reguler troops gagal antisipasi,tp jika di gerakan utk melindungi suatu kelompok dan merugikan masyarakat luas maka implikasi ny bakal masif jg global.

    #politik tanpa adab!!

    • @bung PR, ya bung…Statement2 RI1 ketika mengunjungi markas2 SF TNI itu selalu mengatakan bahwa beliaulah panglima tertingginya, dan kepada media mengatakan beliaulah panglima tertinggi, semua pasukan TNI dan Polri dapat digerakkan olehnya…dsb. Saya pikir ini adalah bentuk penegasan secara langsung kpd TNI dan Polri (agar solid) sekaligus memberikan “pesan & ancaman” kepada siapa saja yg coba melawannya. Tapi saya yakin,jika terjadi chaos dan rakyat terdzolimi, motto…”BERSAMA RAKYAT TNI KUAT”…adalah jawabnya! Saya tidak tahu, siapa sebenarnya yg diberi pesan oleh RI1 ini, apa itu lawan politik didalam negeri…atau nun jauh diutara sana???…. Bung PR, BW dan bung2 yg lain ?

Leave A Reply