BELA NEGARA, JANGAN TENDENSIUS

278

BELA NEGARA,  JANGAN TENDENSIUS

admin27

Tidak bisa disangkal Bela Negara sebagai hak dan kewajiban konstitusi anak bangsa sebagai warga negara apapun status dan profesinya. Bahkan mereka yang memiliki pekerjaan dan pendapatan yang tetap jika memenuhi syarat layak menjadi komponen cadangan.

Bela Negara tidak harus beraksesoris militer, apalagi mengikuti latihan teknis militer, tapi dengan kualitas militansi nasionalisme bernegara berdasarkan Pancasila dan memelihara keunggulan profesi sampai tingkat yang maksimum, akan lebih paten manakala kedaulatan negara tersentuh oleh berbagai gangguan secara otomatis bangkitlah “Bela Negara” untuk melindungi martabat bangsa dan negara.

Sudah ada pemilahan UU Pertahanan yang membuat regulasi mengelola Bela Negara dan UU TNI menugaskan operasional TNI sebagai pelatih Bela Negara dengan menyiapkan sarana pelatihan di Depo Pendidikan Bela Negara. Masyarakat perlu diperjelas pembagian kewenangan institusi dari kedua UU Pertahanan dan UU TNI agar jangan ada gap apalagi duplikasi.

Ada kebiasaan anak bangsa sangat gandrung dengan aksesoris dan tampilan militer, bahkan mengikuti pelatihan dasar militer untuk memperoleh tingkat percaya diri apalagi kalau diberi sertifikat dari TNI. Tapi sisi lain saya berpendapat, inilah jembatan psikologis membangun soliditas sipil-militer yang targetnya adalah membentuk disiplin dan semangat persatuan membela bangsa. Memang harus dihindari pelatihan yang bersifat teknis militer yang bisa menimbulkan tindakan taktis. Itulah garis prosedur mana yang “boleh” dan “tidak boleh” diberikan oleh TNI.

Saatnya kita berpikir ada hal penting bagi negara, bahwa sejatinya pembinaan teritorial itu bukan hanya fungsi TNI tapi juga fungsi negara untuk menyiapkan bangsa ini kuat dan bersatu. Oleh karena itu merangkai kemampuan Bela Negara dalam suatu kerangka Rakyat-TNI dan Pemerintah perlu dikelola dalam suatu kebijakan pemerintah yang tentunya sampai kepada prosedurnya.

Alangkah ironis, jika rakyat yang ikut menjadi benteng NKRI ingin dilatih TNI yang mereka lahirkan tapi menjadi tersumbat karena ada hal tendensius yang tidak jelas. Padahal Bela Negara adalah politik negara yang menjadi hak dan kewajiban setiap warga negara apapun status dan profesinya. Berilah penjelasan kepada anak bangsa agar tidak kebingungan.

Oleh : *Letjen TNI (PURN) Sjafrie Sjamsoeddin*
Gambar oleh Admint dan Pastsus Dede Sherman

Share.

278 Komentar

  1. Padahal Bela Negara adalah politik negara yang menjadi hak dan kewajiban setiap warga negara apapun status dan profesinya. ……….>

    Ane ini ajadeh

  2. Pemikiran yg tendensius dan ada udang dibalik bakwan tentunya dari mereka yg bersuara sumbang menetang bela negara… Mereka yg militan dan memiliki jiwa patriotisme tinggi justru malah dilarang ikut bela negara.. Mereka takut akan ada kelompok masyarakat yg siap membela bangsanya dgn mengorbankan jiwa dan raganya….yg congornya bau dan bersuara sumbang itu justru menginginkan generasi muda bangsa ini adl para banci kaleng spt mereka…begitu negara terancam malah lari bawa hasil merampok negara ini..

  3. Dalam uud 1945 “tiap tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara”lha kok trainer dan yg ditraining malah di permasalahkan.apakah uu yg salah atau ada oknum yg memaksakan kepentingan pribadi/gol untuk tujuan aseng

      • Darimana anda bisa mengatakan bahwa yang ditraining itu tidak beres bung? Jangan mengobarkan kebencian sehingga menciptakan fitnah. Program wajib militer dan bela negara bukan hak lagi tetapi memang kewajiban setiap warganegara untuk ikut wajib militer dan bela negara ini. Bila mereka mau mengikuti bela negara ini maka itu berarti jiwa patriotime mereka tidak diragukan lagi untuk sewaktu-waktu dipanggil untuk membela negaranya. Yang saya tahu program bela negara ini dulunya merupakan program wajib militer yang karena banyak pertentangan terutama dari kalangan opportunitis dan pendatang maka program wamil tsb cuma menjadi program bela negara.

  4. Begitulah..

    agakanya, Bela Negara mulai ditanamkan sejak dini melalui sistem pendidikan, Pramuka dan mata pelajaran yg bertalian adalah gerbang ditanamkannya beni bela negara..

  5. siap jendral….
    jendral tlg maju jadi presiden dong… plz…

    merah putih membutuhkan jendral…

    dukung 1000000000%

  6. Indonesiabisa on

    Komunis sudah di depan mata..tinggal tunggu moment pembunuhan jendral2 Aja..mungkin udah ga zaman culik menculik,mungkin dengan racun,atau melengserkan,atau bisa juga memfitnah korupsi dengan memenjarakan dengan tuduhan makar..tni Dan rakyat bersatu perekatnya komponen islam..karena terbukti umat islam Saja yg menjadi Batu sandungan pki..umat islam siap mati jihad buat keutuhan bangsa tercinta ini.

  7. hadeeeh,, Bela Negara yah!!! suka kesel ane klo inget daftar dr tahun 2015 akhir ampe skrg gak dipanggil”, akhirnya cuma bisa nawaitu, Kapanpun Ibu Pertiwi memanggil, insya Allah haqqul yaqin siap,,semoga kita semua bisa menyerap semangat dan istiqamahnya Garuda saat berjuang membebaskan sang Ibu (Winata),,,,kabur ah sebelum dijewer bung PR sama bung BW,,xixixixix

  8. Siap jendral
    Mungkin beliau menyinggung masalah kemren.
    Fpi dilatih bela negara kyanya ada yng g suka klu ormas2 islam bangkit membla negara.ada yang takutt klu nasionalisme bangkit lgi sperti awal kemerdekaan dan dimulai dri umat islam.#save NKRI#

    • Ikut nimbrung…….Mungkin kalo pendapat saya yang dari Timur yang adem di banding Jakarta. Nasionalisme jangan dipersempit kedalam gerakan “Ormas Islam seperti FPI” sebap bila di telisik ko FPI ini kerjanya bukanya membangkitkan nasionalisme malah memecah belah anak Bangsa. Kalaupun boleh di tiru gerakan Islam mungkin saya lebih repek ke BANSER Sama GP ANSOR

  9. Melihat keadaan NKRI saat ini menurut saya latihan militer dalam pelatihan bela negara adalah wajib, Semangat bela negara bagus, tapi lebih bagus lagi jika rakyat mengerti cara mempertahankan diri dari serangan musuh,
    #ini pendapat pribadi maaf kalo salah.

    • Hehehe tenang wae mas….. soal skil perang sudah semula jadi ada di jiwa rakyat NKRI siapa pun musuhnya
      Salam persatuan kesatuan NKRI

    • Laaah.. mental militer dan pejuang sdari kecil sdh dilatih ko lwt permainan petak umpet, tembak nama, selepet karet, jaga benteng dll itu kan dasar” gerilya hit-run-hide…hehehe

      • Maaf @bung DZI OE, mungkin benar permainan petak umpet dan jaga benteng adalah dasar gerilya tapi apa gak lebih baik kalo lebih dikembangkan lagi ? Di jaman seperti skr ini berapa banyak anak2 Indonesia yg masih mempermainkan permainan ini ?
        Kedepannya musuh2 NKRI semakin banyak, dengan hanya bermodalkan permainan petak umpet apa cukup ?

  10. Betul bela negara selain hak juga sebetulnya merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap warga negara indonesia. Saya sebetulnya tahu siapa yang tidak suka dengan wajib militer dan bela negara, mereka hanyalah gerombongan aseng yang cuma ingin mengeruk keuntungan disini tetapi tidak mempunyai rasa nasionalisme dan sangat ambeian terhadap yang namanya wajib militer.

  11. GMBI pak tolong di urusin sebelum banyak yg mati.. lihat kejamnya saat anggot GMBI membacok dan memukulin kendaraan mobil warga ..

    Jika panglima diam..
    Habislah sudah hancur negri ini

  12. Klo dipikir2,materi dan komentar sesepuh dipatga secara gak langsung jadi kuliah bela negara.cuma organisasi dan komandonya masih kurang untuk menghadapi serbuan cecunguk bayaran asing wal aseng.setan narkoba bin iblis korupsi.lha sipolnya ae podho mambu bacin tekan pucuk’e,gregetno pengen ngremus……

  13. Bung PR, klo amx HB105 n scorpio mutan tu karena power of kepepet kita.Klo impianq seh,Bemo rasa Humvee,Pick Up sayur rasa Pantsyr SM,Truck Pasir rasa Buk Minah,Tongkang rasa Kirov,Kasel tangki truk pertamina rasa changbogo,layangan LPG 3 kg rasa Aerostar,Radar Cumi rasa Radio selaut Jawa,Radar Panci rasa Streaming Borneo.Ehm….makyuz paling klo Pindad ,PAL,DI,LEN,dll.ditantang buat.
    murah,medeni,massal!!!
    Semoga terkabul,Amien….
    Mencukupi untuk mengawal seluruh penjuru negeri.Tp yang paling penting pendidikan budi pekerti Pancasila sejak dalam kandungan sampai mati.
    Save NKRI

  14. bung Pring7 si Bemo jd Komodo, Pick Up Sayur rasa Pantsir sdg dlm uji Litbang menggunakan Meriam AK AL1U plus Radar eks RBS baru 2 unit sih. Wulung High Altitude High Endurance jg sdg dlm tahap uji Wind Tunnel, Lontong Korea mutan sdg dlm sea trial, Radar Long Range jg sdg tahap Uji Operasional terbatas, Radar Panci sih ud 4tahun Operasional bkn hanya Kalimantan tp jg sampai Malaysia-thailand dan 1/2 LCS walau kendala ny di Komsumsi L/Kw ny msh hrs di perbaiki..

    #ups!! keceplosan..

    • salam hormat bung PR .
      hehe makasih untuk rembesannya bung, boleh ditambah lagi bung rembesannya …
      1. kalau dah ada pick up sayur rasa pantsir .. apa artinya sudah ada juga ya pantsirnya?
      2. kl wulung high altitude masih di wind tunel .. lha yang diinfoin bung Hadna yang bawa hellfire buat ngancurin kemah angsa putih di papua itu jenis apa?
      3. radar long range yang masih uji operasional itu nantinya jangkauannya sampai mana bung?
      terimakasih bung PR ..

  15. pemburu rajawali on

    hehehe.. ya alhamdulilah jika bsa menentram kn walau mungkin hnya sedikit.

    #skrg muncul lg polemik Dwi Warna berlafaz.. mosok ga tau yg di tulis itu memang tulisan arab..tapi arti tulisan tsb adalah..! Dan berbanding terbalik dg Pengibaran bendera OPM saat demo simpatisan OPM di JKT,Yogya dan Papua beberapa bln lalu tanpa ada proses hukum.

    • tulisan itu sudah ada sejak 1-1.5 tahun yang lalu.. aku dengar dari teman di jogja..
      bung PR minta wejangan nya..
      ini indonesia kayaknya kok mau gasywat kayak gini..
      jadi mengingat cerita Civil War yg kmren kenapa patriot tidak mencoba melakukan sabotase sebelum civil war terjadi (masalah yg lebih besar)
      misal dengan memutus sumber kekuatan sang musuh..

    • Polat Alemdar on

      Panji Hizbullah Indonesia dulu juga spt itu tapi para Patriot Garuda tempo doeloe tidak mempermasalahkan. Cuma punggawa Padepokan Naga Merah yang mempermasalahkan. Kisah lama?

      • awas…hati2 terhadap musuh2 pancasila (ideologi monotheis) dg memanfaatkan pancasila tetapi menggebuk pokok kekauatan (unsur2) pancasila itu sendiri.

        seperti kasus Benny mordani zaman pak harto…mengaku pancasilais sejati dan di besar2kan oleh media2 mereka tetapi hanya untuk menggulung, menfitnah agama monotheis (sebagai kekuatan utama penopang pancasila) dan mengadu domba dg penguasa ketika itu…ujung2nya untuk menghancurkan pancasila itu juga.

        oleh karena itu kita harus selalu ingat dan waspada siapa musuh pancasila itu…yaitu kaum trinitas, tritauhid dan komunis (atheis)…

        • Bung Aryaja, setuju. Mereka seperti lupa atau bagaimana bahwa Soekarno pernah menyebut Pancasila sbg gayung untuk mengambil mata air Monotheis.

          • terimakasih atas komentarnya yg mendukung…aku sendiri belum pernah membaca ucapan/tulisan bung karno tersebut….ucapanku hanya berdasar pemikiranku saja, kalau ada persamaan sudah seharusnya begitu bagi siapapun yg pernah belajar agama islam dan mengerti sejarah dunia dan sejarah negeri ini. dan sedikit otak sehat dan berpikiran jernih.

  16. Rezim panik dan sakit hati, apa-apa yg dulunya dianggap hal yg biasa saja sekarang sudah dianggap makar dan barang yg tabu hanya utk menangkapi dan memenjarakan lawan-lawan politiknya atau siapa pun yg dianggap membahayakan rezim skg. Disisi lain bila yg melakukan kroninya, perlakuannya malah sebaliknya dan bahkan sangat dilindungi dan dibela mati-matian…..ckcckck baru di zaman skg keadaan spt ini terjadi. Wahai para pemangku negeri ini bersikaplah amanah dan adil sebelum keadilan itu sendiri merenggutmu.

    • Pemerintah lebih tahu apa yg harus dilakukan daripada kita. Apa pun kebijakan dan keputusan yg diambil pemeintah sifatnya kolegial.

      • Seandainya pemerintah lebih tahu kenapa kejadian yang di era sebelumnya tidak ada bisa terjadi di era ini. Seharusnya di era selepas reformasi ini tidak terjadi lagi pengekangan kebebasan berpendapat dan berkreasi. Dari pembredelan media, situs internet, buku, lagu atau bahkan demo yang sebelumnya sangat dihargai malah sekarang dianggap makar dan berbuah penjara. Apa benar pemerintah lebih tahu jika setiap kebijakan yang dibuatnya sendiri sering dianulir sendiri dan saling lempar tanggung jawab seperti yang baru-baru ini terjadi atas kenaikan pajak STNK. Apakah pemerintah lebih tahu jika setiap solusi selalu dilemparkan ke masyarakat seperti kenaikan harga cabe dan bbm.
        Anggapan yang menyebutkan pemerintah lebih tahu segalanya akan menyebabkan pemerintahan yang absolut karena anggapan pemerintahan yang Maha tahu atas segalanya akan menyebabkan rakyat harus tunduk dan memaklumi apapun yang diperbuat oleh pemerintah.

        • Semua kebijakan pemerintah tentu hasil keputusan kolegial yg sudah dipertimbangkan baik buruk nya utk NKRI, zaman berubah, masalah/situasi/kondisi pun tidak akan pernah sama antara saat ini dgn masa lalu juga dgn masa depan, sehingga kebijakan yg diambil pemerintah tentu tdk akan sama. Yg bisa kita lakukan adalah menyiapkan diri dengan perubahan supaya tidak punah.

          • Perubahan yg bagaimana bung ?.
            Mengikuti mode, trend , atau mengikuti tuan.
            Baik buruknya nkri berdasarkan apa bung ?. Kalo kolegialnya buruk apa kebijakanya harus dilanjutkan, masih ingatkah dengan azas dan landasan ideal + konstitusional yg sudah dipondasikan oleh pendiri nkri, atau sudah duhapus sesuai perintah tuannya.

          • “Yg bisa kita lakukan adalah menyiapkan diri dengan perubahan supaya tidak punah”. Kata2 yang terakhir dianalogikan bahwa perubahan2 yg dilakukan secara kolegial -suara orang banyak- (tanpa dasar dan landasan), siapa pun yg tidak setuju atau tidak mengikuti maka akan punah dan binasa.
            Pemikiran yg sungguh kejam, sm dengan pemerintahan otoriter lenin, stalin, mao, atau kim yg baru2 ini.

          • Petruk dadi Ratu Aseng dadi Pandita on

            Sikumbang@ Ini negara kita juga sebagai rakyat, dan kita berhak serta bertanggung jawab untuk ikut menentukan bentuk dan jalan nya sebuah perubahan yg kita sendiri yg akan ikut menjalani nya. Saya tidak akan pernah menyiapkan diri saya untuk sebuah perubahan dimana penyelenggara negara nya menjadi diktator komunisme. Sebalik nya saya akan menyiapkan diri untuk mati syahid agar diktator komunisme tidak tegak di negeri ini!

          • Penyebab perubahan tidak selalu kebijakan pemerintah, banyak juga faktor diluar kebijakan pemerintah, kalau punya ide atau usul untuk mengkritisi kebijakan pemerintah, sampaikan lah lewat wakil rakyat di DPRD dan DPR. Baik buruk suatu kebijakan untuk NKRI disini tentu sudah dinilai dari dampak jangka pendek dan jangka panjang. Contoh yg tidak populer konversi minyak tanah dari ke gas, yg diumumkan oleh RI-2 pada masa Presiden SBY, awal berlaku nya sangat banyak yang kontra, sekarang banyak yang mendukung.

          • Baik buruk untuk siapa? kalau untuk NKRI tidak akan seperti itu malah menurut saya keputusan tersebut hanya menginginkan mempertahankan status quo agar kekuasaannya selamat dan keburukkan pemerintahan yg ada sekarang tidak terekspose ke masyarakat luas. Kalau tidak bisa menerima kritikan jangan memerintah di negara demokrasi tetapi korea utara saja bung. Zaman memang seharusnya sudah berubah selepas reformasi ini dimana tidak boleh ada lagi pemerintahan yg represif dan diktator era orde lama dan orde baru. Kebebasan pendapat harus dihargai. Tugas pemerintah adalah menjawab semua kritikan bukan sebaliknya menangkapi semua aktivis yang mengkritiknya. Bila kondisi ini tetap berlangsung akan menjadi bom waktu yang sewaktu-waktu bisa meledak.

          • Bagaimana mau menyalurkan aspirasi ketika para aktivis yang mau menyalurkan aspirasi saja ke gedung DPR sudah dianggap makar. Dimanapun negara di dunia, aksi demonstrasi adalah suatu hal yang wajar apalagi saluran aspirasi yang tidak ada sama sekali. Hanya di negara komunis seperti cina dan korea utara, aksi demonstrasi dianggap tabu. Memang kita negara komunis?

          • Kata siapa konversi dari minyak tanah ke gas dulu banyak yang kontra? Just informasi saja program konversi dari minyak tanah ke gas sudah diterapkan di era sby dulu makanya di era sby ada tabung elpiji 3 kilo supaya rakyat bisa beralih memakai gas.

          • Contoh yg saya kasih sengaja malah program kontra masa SBY – JK, dan kebijakan tsb bisa dikategorikan kebijakan tidak populer. Apa pun kebijakan yg diambil suatu rezim, pro kontra akan tetap ada, yg tidak puas tetap ada. Krn apa pun kebijakan tdk akan bisa memuaskan semua orang.

          • Tidak populer bagaimana bung justru kebijakan tsb sangat sangat populer sekali di masa sby makanya rakyat yang tadinya memakai minyak tanah pada waktu itu bisa beralih memakai gas elpiji karena memang memakai gas elpiji lebih murah dan efisien dibandingkan dengan memakai minyak tanah apalagi tabung gas elpiji 3 kilogram disubsidi pemerintah saat itu. Makanya pas penguasa sekarang berniat ingin menghapuskan tabung gas elpiji 3 kilogram yang masih bersubsidi mendapat pertentangan banyak pihak. Penangkapan para aktivis dan ulama bukan termasuk kebijakan bung tetapi tindakan kesewenang-wenangnya penguasa sekarang dalam mengkriminalisasi pihak-pihak yang berseberangan dengan pemerintah sekarang.

          • Jika itu kebijakan populer, yang mengumumkan pasti RI-1 :-), masa SBY – JK sebelum kebijakan konversi minyak tanah ke gas, terjadi 2 kali kenaikan harga BBM bersubsidi. Di awal kebijakan konversi dijalankan sangat banyak tekanan (demonstrasi/kritikan) pada pemerintah pemerintah. Karena yang dirubah itu adalah kebiasaan/budaya masyarakat. Kapan masyarakat baru bisa menerima? setelah kebijakan konversi minyak tanah ke gas tadi dilakukan terus menerus, kekurangan-kekurangan nya diperbaiki, sistem distribusi nya dibenahi, dst.

          • Pengumuman kebijakan konversi energi, popuper atau tidak populer tdk perlu dilakukan oleh RI 1 beda dengan pemerintahan sekarang hal yang sekecilpun asal populer akan diumumkan oleh RI 1. Demontrasi tidak ditujukan kepada konversi energi tetapi kepada kenaikkan harga bbm walaupun selanjutnya karena banyaknya demonstrasi harga bbm kemudian diturunkan. Menurut saya program konversi energi dari minyak tanah ke bbm adalah program paling sukses yang pernah ada pada zaman sby. Hal ini dibuktikan dgn sudah jarangnya masyarakat menggunakan minyak tanah sebagai bahan bakar. Program ini memang sudah matang direncanakan oleh pemerintah sby sehingga program ini sukses diberlakukan.

          • Saya sering baca komen2 dari @bung kumbang, tapi baru kali ini sy baca komen aneh dari bung kumbang..

    • idiom lama “sebuah pasangan dalam sebuah keluarga sering ribut karena salah satu pasangan tersebut selingkuh” “sebuah pasangan keluarga adem ayem tidak pernah ribut karena pasanga tersebu kedua duanya selingkug” wes saiki pilih yang mana? :D cmiiw #NusantaraJayaSakti

  17. klo dijewer krn aww sih ane gak ikut campur deh, takut keserempet piring,gelas n alat dapur yg beterbangan,,,btw 2 Kodam yg baru di buka semestinya gak kosong2 amat kan bung @PR,,,edisi ngulik, ra sah akeh2 rembesane xixixixix

  18. Mari kita doakan pemegang dan pemanku negara agar dapat amanah,adil, dan dapat dipercaya oleh rakyat.Apabila terjadi sebaliknya biarlah Allah SWT yang memberikan teguran dunia hanya sementara.

  19. Ass…selamat pagi saudaraku smua,salam hormat saya buat semuany…
    [email protected],ehm…ehm…wes tak nyimak wae….

  20. Bersyukurlah..klo yang jeli menonton tayangan Garuda sabtu lalu 21 January 2017

    HOhohohohoo….itu apa itu………

    Mainanya Kangsiap itu…..sekelebat .nampak…..

      • Maaf [email protected] saya bantu jawab ya mungkin [email protected] lgi sbuk ngurusin lubang kancing…hehehe
        itu acara ad distasiun net tv bung,,,klu diyoutube bung tgl ketik aj garuda…smga bisa membantu….

        • salam sehat selalu bung Zero-1 …
          selamat datang kembali ke warung ini bung Zero-1 … kemana saja selama ini bung?
          berikut saya kopikan kembali rembesan bung Zero-1 di warung sebelah beberapa waktu yang lalu ..

          “Apa yang dikawatirkan oleh negara barat bukanlah alutsista yang dibeli oleh pemerintah Indonesia, tetapi apa yang dapat dibuat dan diproduksi oleh negara ini , dalam hal ini adalah produksi alutsista. Teknologi Nuklir baik yang berupa reaktor maupun rudal ICBM telah dan terus dikembangkan, Satelit Militer sudah dan terus ditambah, Cyber Army telah dan terus berkembang, pesawat tempur generasi 4+++ dan generasi 5 telah dan terus dikembangkan, Kapal Siluman, Kapal selam, Kapal Induk, MBT, Radar dan masih banyak alutsista buatan Indonesia yang lain telah dan terus dikembangkan. Sedikit demi sedikit telah dibuka seiring penguatan nasionalisme rakyat dalam menjaga integrasi demi kejayaan dan kemakmuran rakyatnya.

          [SS,PS,YS & NJ] SALAM PATGA!”

          sekarang bagaimana progressnya ya bung Zero-1 ..
          salam sehat semua rekan patga

  21. Ada isu Raja Salman Arab Saudi akan bertemu imam besar FPi, akan ada apakah ini atau bertanda apakah ?, jarang sekali seorang kepala negara bertemu dengan imam besar FPI???

    • Raja salman adalah penguasa wahabi….dan paham wahabi adalah pembantai keturunan rasulullah (para habib2..ahlul bait) baik yang di arab saudi (lihat sejarah berdirinya arab saudi) maupun perang di yaman sekarang, mereka adalah pembenci ahlul bait baik sunni maupun syah terutamanya yg ada di luar negeri.

      lah habib rizieq inikan seorang habib (ahlul bait yang sunni aswaja) apa urgensinya raja arab ketemu dg habib rizieq? apakah karena pengaruh uang ? mending jangan dah….lebih baik uang hasil keringat sendiri..biar sedikit tapi berkah dan hasilnya pasti baik dan bener.
      harusnya juga habib rizieq ini waspada dan pintar, apalagi anak buahnya banyak yang berlatar belakang ideologi wahabi, jangan sampai terjadi pembajakan FPI yang sunni aswaja monotheis tulen yg pro pancasila menjadi kontranya. Awas jebakan yg merusak.

      meskipun andaikata terjadi revolusi berdarah tetap FPI harusnya berbendera merah putih penegak pancasila dan masih berada dalam barisan aswaja monotheis (tauhid) tulen yg tetap berpegang teguh pada alquran dan ass assunnah.

    • Dan ideologi wahabi/salafi adalah pengusung faham tritauhid dan tuhannya juga sudah beda dg kaum monotheis (tauhid) serta cara berpakaian para ulama nya berbeda….oleh karena itu cara berpikir dan bertindak pun berbeda.

      waspadalah….waspadalah…..waspadalah

      • Tauhid Rububiyah, Tauhid Uluhiyah dan Tauhid al-Asma’ wa al-Shifat
        Pertama, Tauhid Rububiyah, yaitu iman kepada Allah sebagai satu-satunya pencipta (al-Khaliq)
        Kedua, Tauhid Uluhiyah, yaitu meyakini bahwa tidak ada Tuhan yang wajib disembah kecuali Allah.
        ketiga, Tauhid al-Asma wa al-Shifat, yaitu menetapkan nama-nama dan sifat-sifat Allah yang terdapat dalam al-Qur’an dan hadits, tanpa melakukan ta’thil (penolakan), tahrif (perubahan dan penyimpangan lafadz dan makna), tamtsil (penyerupaan) dan takyif (menanya terlalu jauh tentang sifat Allah)
        saya sebagai orang Islam pasti tidak mengingkarinya

        • @bung Aryajawa, dimana ada kajian/taklim dari yang bung sebut sebagai wahabi itu, saya pengen dateng dan denger langsung taklimnnya, apakah se ekstrim itu, kalo dijakarta biasanya ada di masjid mana bung Aryajawa.

          • @bung Aryajawa,
            saya pengen yang real, pembuktian, karena saya sebenernya juga penasaran dengan dengan “wahabi” yang bung sebut diatas dengan berbagai “penyimpangan” yang bung Aryajawa sebutkan diatas.
            Saya tinggal di jakarta, tolong sebutkan kajian/taklim wahabi ada dimana atau sebutkan nama ustadznya yang rutin ngisi taklim dijakarta, biar saya bisa mendengarkan langsung seperti apakah “wahabi” itu.

          • dah lah bung..gak usah mancing n memperpanjang, tentu anda juga gak buta2 amat…dalam islam banyak faham, dan informasi bisa didapatin dimanapun, termasuk di mbahe google…gak ada yg mau disebut islam berfaham wahabi..sekalipun sosok wahabi sesungguhnya…terlalu rumit untuk itu…

      • mungkin bertabayyun dulu lebih baik, apa yang disebutkan dalam tulisan ini.

        *saya juga belum paham apa itu wahabi/salafi/ikhwan/ dst..dst..

        • Betul sekali bung…
          Krn kita kebnykan paling pintar menghakimi dgn ilmu yg minim dan informasi yg minim pula dan lbh parahnya hanya menilai dr info sebelah pihak.saja.

      • baik wahabi ataupun yg ngaku2 wahabi sama2 ada, bgtu jg dengan syiah dan yg ngaku2 syiah (rafidhah)…(inikan kalimat yg dinanti2 wahabers…)

        ustadz mereka jg ada, cari aja di utup….ciri2nya? yg ekstrim wahabi ya yg suka mengkafirkan golongan lain…(maen pukul rata…IYKWIM)…yg rafidhah ya yg suka mencaci sahabat…

        Analisa sotoy ane:

        tpi klo yg rame di indonesia ini imo pesan sponsor titipan dari 2 kubu politik islam yg berporos/mengikut pada 2 kubu besar yg mencoba memperkeruh suasana dan merusak tatanan bangsa ini…

        kerajaan ibnu saud yg takut klo mahzab syiah makin booming di negaranya yg dianggap sbg ancaman thd kerajaan mereka, berkongsi dgn koalisi mamarika dan tau2 aja muncul fitnah klo semua syiah itu kafir….

        iran, yg notabene mayoritas syiah jg kahawatir thd agresi koalisi AS dan sekutu2nya yg jdi sumber porak-porandanya negara2 timteng,- terakhir yg lgi rame ya suriah,- berkongsi dg papa bear dan koko panda dan membela mati2an suriah sbg gerbang akhir pertahanan mereka….n tak lupa jg ada yg nitip isu klo (semua) wahabi itu sesat…

        kedua kubu sadar klo indonesia itu geulis banget….dgn status sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di muka bumi dan jg dan memiliki pengaruh yg sangat diperhitungkan dlm kelembagaan negara2 islam….

        DUKUNGAN indonesia thd pandangan mereka sangat dinantikan, makanya kedua kubu tak henti2 nya memberikan dukungan kepada NKRI yg sedang bergulat mati2an mencoba melepaskan diri dri pengaruh asing dan aseng NAMUN TAK LUPA ada pihak2 nakal dari kedua kubu yg menyusupkan isu ttg sesat/kafirnya SEMUA pengikut aliran/mahzab yg berseberangan dengan kepentingan mereka (dengan berharap indonesia mengambil sikap tegas thd kelompok aliran yg membahayakan kepentingan mereka tadi)….

        padahal kelompok2 aliran agama di indonesia sudah hidup rukun dlm kebhinekaan selama ratusan tahun, dengan mayoritas rakyat indonesia bermahzab syafi’i….

        kubu saud sedikit lebih maju progresnya dengan berhasil membentuk pasukan militer koalisi negara2 “islam” yg sampai saat ini tujuannya msh gak jelas mo kemana tpi latihan mulu bareng mamarika, namun dlm “real battle” di yaman dan suriah kubu ini porak-poranda sama kubu sebelah, sampe2 saking paniknya melontarkan kembali fitnah (semua) aliran lain KAFIR dan sesat

        ALHAMDULILLAH sampai saat ini indonesia tdk masuk dlm koalisi pasukan militer ini yg bau2nya kok justru ditujukan utk membunuh sesama muslim yg berseberangan secara mahzab dan politik dgn embel2 pembebasan spt yg majikannya selaku promosikan…

        meskipun demikian gak bisa dipungkiri sdh mulai banyak ustadz dan ulama dimari yg terbuai dgn hasutan mereka (plus kubu asing dan aseng)….

        udh ada tuh ustadz yg bilang klo demonstrasi damai sesuai aturan tidak ada dalam islam dan hukumnya haram, bahkan sampai mengatakan darah pemimpin demo itu HALAL!!!

        sekian analisis sotoy saya…

  22. he..kalau tentang raja salman yg sekarang jauh berbeda dgn raja2 sebelumnya,raja salman sekarang bikin melongo obama ketika rombongan kepresidenannya ditinggal waktu pas bertepatan dengan dikumandangkannya sholat.bagi pangeran2 saudi yg suka foya2 juga dipecat jadi pewaris tahta.

    • Setuju bung orca..
      Klo ada yg mau lebih jelas lg silahkan tonton ceramah ust. Zulkifli muhammad ali,Lc di you tube tentang “huru hara akhir zaman bagian 1 dan 2″ atau kajian akhir zaman lainnya dari ust tsb, disitu sedikit dibahas mengenai siapa raja salman yg sebenarnya..

  23. pemburu rajawali on

    duduk Manis aja deh..hehehe!

    #king Salman dtg bawa amanat “leluhur Bib Riziek jg masalah yaman,Palestina jg Syria”
    Dan Darfur..No Comment aah!

    • naaah..persis bung 800 orang itu banyak ya….nti dibagi rata..

      #edisi sinetron…dr darfur ke sudan ke palestina dan ke syiria..
      #siap kamera…on

    • Salaam bung PR,
      Wow…. Akhirnya layar tancap studio afrika segera dimulai…. Xixixi…. Sambil nunggu jam tayang studio timteng dan asteng plus studio khusus dimari….
      Bismillah…. Rakyat – TNI manunggal lebur dadi kristal unt NKRI nan Jaya!
      Kami ikut mendoakan unt para ksatria nusantara yg berada di masing2 studio….

  24. PING!!!…. Salaam bung BW….. Hehehe
    ….iseh slulub opo nyilem nang segoro to Kang?…..
    Bung….di warung sebelah banyak rilis kstria nusantara dimari lg pasang kuda2 yo Kang….. Pakai bahasa latihan mbedhil agar ditataran publik tidak terjadi gejolak yg bisa timbulkan di aspek kehidupan … Sejatinya itu kan lg nyiapin buat nyambut tamu2 asing + aseng ketika saatnya tiba…. Sptnya hanya “menghitung hari” ,nurut tafsirku.
    Kang…. Mbokyao…. Kasih kuliah tujuh menit buat kami semua pasca dobek udah resmi disumpah dan pengaruh geopolitik mutakhir dimari dan regional yo Kang….. Maturnuwun….

  25. Sluku-sluku bathok on

    Teringat penrawangaan sang ahli nujum yang melihat kalo bulan februari akan semakin heboh, gaduh dan viral…ternyata kehebohannya datang lebih awal

    #sang matrialist kesundang sapi

  26. Ini baru seperempat kehebohannya, apakah sang penerima grasi yg akan menggantikannya? apalagi ketika dia langsung diberi karpet merah di istana.

  27. kemarain nonton armada jaya net tv, di menit 8.28 tertulis cakra ada 2 (dua) unit tolong ada yg bisa jelaskan nih…penasaran

  28. pemburu rajawali on

    cakra ada dua??? no komen ah!! mungkin salah sablon hehehe!!.

    ya di kaji saja anomali yg sdg terkaji.. namanya jg sinetron,alur cerita BSA berubah tergantung sutradara..

    #BW ojo ke main air trs!!

    • weeh……ada yng matanya awas…….

      Selamat mengutak atik bung @habibi….

      *nah..goib gak selalu harus ujud nya….catatan visual sj bisa bikin keselek

    • Numpang lapak bung…

      Sinetron yg background bisa berganti secepat kilat…….pakai pilok..meski masih basah..tetep di take..
      oooh..ada..dua…..
      dua disini..
      dua disana.

      dua dimana..mana..

      coba kembalik ke insiden ……..”this is american warship..please identify”…

      nomornya sama.persis…raganganya beda jauh…

  29. Sangat aneh sekali bila dikatakan OTT krn barang tdk ada ditempat dan tdk ada serah terima. Istrinya bisa dijadikan saksi sentral kalau begitu. Benar2 rezim kriminalisasi dan manipulasi saat ini. Semuanya bisa dilakukan utk menyingkirkan orang2 yg tdk menuruti atau berseberangan dgn mereka. Setelah berhasil mengkriminalisasi para ketua KPK dan menggantinya dgn orang2 boneka mereka, yg bisa disuruh dan mengamankan kroninya yg melakukan korupsi kini mereka membidik hakim2 MK utk mereka singkirkan agar bisa menaruh pionnya di MK shg setiap kemulut UU bisa mereka menangkan dan UU yg mnrt mereka bisa menggagalkan rencana mereka bisa mereka ubah seenaknya.

      • Sluku-sluku bathok on

        @ndank02

        Tertangkap utk mengamankan hasil februari apa tertangkap ketika “mengamankan” mahmud….mana sih yang benar?

        • Pilkada bulan februari harus diamankan dgn cara mengamankan lembaga MK ygbmengurusi kemelut pilkada. Orang yg dianggap tdk bisa distir atau berseberangan dgn penguasa skg hrs disingkirkan shg jadilah PA mjd tumbal.

    • Sluku-sluku bathok on

      Mungkin beliau sedang mendapatkan “cobaan” bung ikhsan…

      Tapi sebenar-benarnya “cobaan” adalah ketika ditawari segepok uang dollar…kalo pas ketangkep kpk mah bukan “cobaan” namanya, tapi lage apes aja…hadeuh

  30. Sluku-sluku bathok on

    @IHSAN

    Wallahu alam ttg teori konspirasinya bang ihsan, daya nalar ane yang cekaki ni tak sanggup menjangkau

    Tapi bagaimana sosok yang santun dan jujur ini bisa tertangkap kpk ketika sedang bersama sang istri…..ehhhh istri yang mana lagi ini?

    Sang istri usianya kok masi muda banget ya, masih 24 tahun (inisialnya AEP), cantik, putih, tinggi-semampai…..tapi kenapa dikoran disebut. sbg “janda beranak satu”???

    Achhh lagi2 nalar ane yang cetek tak sanggup menjangkau teori konspirasi spt ini….silahkan bang ihsan saja yang menjelaskan

    • Istri saya cantik dan muda, masalah buat anda. Yg penting sdh sah scr agama. MK adlh badan strategis sama dgn kejaksaan, kepolisian, dan KPK. Sehingga anda bisa seenaknyanya melakukan kriminalisasi kpd lawan2 politik anda. Kepolisian, KPK dan kejaksaan kini sdh mjd lembaga politis dibandingkan lembaga hukum. Khusus buat MK, menjelang pilkada hrs diamankan krn kemelut pilkada akan berujung ke MK.

    • Konspirasi tingkat SAPI….ceramahnya sih jangan pilih pemimpin “KAFIR”,tapi kalau sudah masalah DUIT,mau yang ngasih KAFIR kek,SETAN kek,TERIMA dengan TANGAN terbuka….

      • sluku-sluku bathok on

        @aggus

        Sapi lagi 2x….wah udah ga bener ini, jelas2 penistaan thd martabat sapi !!!

        Bisa didemo sampai lebaran kuda nih…hihihi-hehehe-hohoho

      • Dengan Pernyataan MK Dan Presiden Indonesia Yang sudah dituangkan ke Publik Sebagaimana yg sudah diakui Basuki memberi uang sogok ke kamaludin yg katanya uji materi uu No.41/ /th 2014 bukan ke Bpk Patrialis jadi .’Perkara ada pada basuki dan pak kamaludin begitu adanya pengakuan Basuki pada saat ditanya KPK.Jadi kasus Perkara sudah jelas dan selesai .Jadi Presiden dan MK sudah semestinya mengembalikan Nama Baik Bpk Patrialis melalui Media televisi , Berita , Sosial Media dalam bentuk Pemaparan Supermasi Hukum Untuk Indonesia.Bersegeralah …agar Rakyat Indonesia merasa Tentram, Nyaman dan Sepakat Menjujung tinggi Rasa Keadilan untuk Rakyat Indonesia.

      • Petruk dadi Ratu Aseng dadi Pandita on

        Ngomong2 soal kasus SAPI, ternyata partai tersebut berada diposisi terbawah atau dengan tingkat korupsi paling rendah diantara partai2 yg ada di Indonesia, baik jumlah koruptor nya maupun nilai nominal yg dikorupsi. Koruptor dan nilai nominal korupsi yg paling tinggi itu ada di Partai yg memerintah sekarang yg mengusung Jokowi dan yg notabene banyak non-muslim nya dan sarang nya keturunan PKI.

        Saya bukan anggota atau simpatisan partai, saya termasuk dari 30% golput di pilpres 2014. Tapi sebagai seorang muslim, geram juga kalau tidak bisa menjelaskan bahwa islamofobi yg ada dikepala anda tidak akan membuat reputasi non-muslim khusus nya di Indonesia menjadi lebih baik kecuali hanya polesan media saja. Saya kasih contoh begitu banyak non muslim yg tertangkap korupsi, begitu banyak cina2 yg lari keluar negeri karna kasus korupsi tapi entah mengapa tidak pernah tuh agama nya dibawa2, istri atau suami nya dibawa2 kedalam kasus korupsi mereka, tetapi kalau muslim yg korupsi, jangankan agama nya, nenek nya kalau perlu dibawa, diperiksa dan dipenjara. Ya, begitu lah realita nya..

        Ini suatu ketidak-adilan terhadap umat Islam di negeri ini dan suatu saat umat Islam harus bangkit dan mengatakan cukup!

        • wirosableng007 on

          betul betul betul…bun petruk …. media di indonesia emang sudah tidak fair sama islam ….media yg membela islam hanya republika untuk media cetak yaa…. soalnya yg punya media masa cetak online mainstream banyak non muslim ..cina lagi kayak kondisi skrg …. maaf bukan SARA tapi emang gitu faktanya …

          • Petruk dadi Ratu Aseng dadi Pandita on

            WiroSableng@ Bung, jangankan isu2 yg besar dan sensitif, lebaran saja disajikan dengan sangat negatif oleh media dengan menyorot arus dan angka kecelakaan lalu lintas, seakan2 lebaran itu hanya sebuah rentetan malapetaka. Tapi kalau hari besar agama lain, wahh sangat berbeda penyajian nya.

          • Petruk dadi Ratu Aseng dadi Pandita on

            Agus@ Beda dong, di Partai yg dengan angka korupsi terendah korupsi bisa dikatakan adalah sebuah Tabu dan akan menjadi shock baik internal dan eksternal Partai jika tabu itu dilanggar. Sementara di Partai dengan angka korupsi tinggi, apalagi tertinggi, korupsi sudah merupakan budaya didalam Partai tersebut sehingga dirasa ” patut dilestarikan “, oh well, setidak nya persepsi itu yg saya dapatkan ketika membaca dan mendengar pembelaan dr pendukung2 partai2 tersebut..

            Korupsi adalah fenomena global, maka tidak aneh kalau ada study yg menyebutkan bahwa korupsi di EU itu mencapai 1 trilyun euro per tahun, korupsi di Amerika Serikat juga tak jauh beda, di masing2 negara seperti Filippina, Singapura, China, Brazil, India juga angka nya tidak main2..

            Sementara itu islamofobi juga fenomena global, terutama di negara2 yg muslim adalah minoritas. Namun yg sangat menyedihkan adalah pada saat Islamofobi juga mendera hebat dinegara yg mayoritas muslim seperti Indonesia, ini sebuah kebodohan, pelecehan dan penghinaan terhadap entitas islam di negeri ini. Dan yang tak kalah bodoh, tak kalah melecehkan dan menghinakan adalah ketika seseorang membicarakan kasus korupsi berangkat dari islamofobi, karna dijaman internet orang dengan mudah menggunakan keywords ” Korupsi di Bali” atau ” Korupsi di Papua ” atau yg sejenis nya di gugel yg tentu saja tidak ada kaitan nya dengan agama.

          • Tibet,ciri2 SECINGKRANGAN dan OTAK SUMBU PENDEK ya seperti anda…ada yg beda pendapat langsung dicap BUZZER..gak sekalian keluarin jurus PKI atau KAFIR atau antek ASING/ASENG?atau sekalian DI/TII gitu biar KOMPLIT?

          • bung Agus@ ngapain anda ikutan marah?…anda jg ikut nyulut sumbunya, jadi wajar aja sesuatu yg provokatif sudah lazim kebanyakan para buzzer….dari alur cerita bisa ditebak n di kira2, bisa juga krn sebab gak tahunya, cuma ikut2an, pendek analisa…jd boleh saja berpendapat.

            perosalan yg berkembang sekarang itu, banyak pasukan buzzer (positif n negatif) yg bersinetron ria, memancing ikan lele yg sukanya dikekeruhan, terlalu pelik jika tidak ditangani semestinya…sy juga lebih suka menyebutnya istilah “buzzer” bagi siapa saja yg memiliki karakter “munafik” hehe..maaf lho ya sy gak menuduh anda ini siapapun, tp diri andalah yg lebih mengetahui, siapa anda ini sebenarnya…

            yakin lah siapapun orangnya, sekalipun orang berkarakter “munafik” juga tidak akan mau disebut / dipanggil sebutan tersebut dimuka umum…

    • Petruk dadi Ratu Aseng dadi Pandita on

      Judul artikel pak Sjafrie diatas mengatakan Jangan Tendensius, nah anda ngapain ngasah klewang dan untuk siapa? Kalau klewang yg anda asah itu akan anda tujukan pada FPI, anda telah salah alamat karna fakta nya bahwa ada klaim yg menyebutkan bahwa pembantaian PKI yg tercatat yg paling parah itu ada di Bali, disusul oleh Jawa Tengah dan Jawa Timur di posisi kedua dan ketiga. Jadi saya kira anda harus lebih awas pada PKI yg anti Pancasila ketimbang FPI yg pro dan pembela Pancasila. Di sisi lain, anda sebagai orang Bali harus lebih memperhatikan tentang keadaan masyarakat Bali yg dulu mengikuti program transmigrasi dan sekarang tersebar diseluruh Indonesia dan berdomisili di Sumatera, Kalimantan hingga Sulawesi, tentang bagaimana Pulau Dewata sendiri asyik dengan pertumbuhan ekonomi dan industri parawisata nya, sementara penduduk asli Bali banyak yg terpinggirkan, pekerjaan nya di ambil oleh pekerja asing dan lahan pertanian banyak di konversikan menjadi villa2 milik segelintir pribumi dan investor asing.

      • Bakulo Wajaro on

        Hehehehehehe…
        Benar bung Petruk… Byk yg saat ini org2 yg mereka terjebak dalm skenario pembutaan dan menjadi buta hati pikiran dgn penyesatan informasi utk opini yg diciptakan media mainstream abal2.. Kasian mereka…semoga tdk menjadi tumbal skenario penghancuran bangsa oleh para asng dan aseng..
        Adios#makin panas dan melebar serta membesar pintu. Pangiwo…

        • Petruk dadi Ratu Aseng dadi Pandita on

          Bung BW, sebagai masyarakat biasa saya merasa beruntung karna ormas2 Islam setidak nya memiliki ruang2 diskusi untuk mengevaluasi apa yg terjadi di negeri ini termasuk fenomena media mainstream abal2 dengan agenda yg mereka bawa. FPI menurut saya adalah salah satu aset bangsa yg sadar atau tidak telah berkontribusi menjaga bangsa ini agar tetap dalam keadaan waras dan kritis.. Secara umum perbedaan nya dengan ormas2 nasionalis kepemudaan, ormas2 Islam mampu mengumpulkan dan memobilisasi massa yg mereka miliki secara besar2an, sehingga apapun asupan informasi yg mereka terima akan diterima oleh jamaah nya secara luas pula. Jamaah nya pun bukan asal2an jamaah, tapi jamaah yg membawa nurani dari rumah. Ya bung, semoga saudara2 kita yg sudah terlanjur tersesat dalam rimba opini delusive segara mendapat pencerahan dari sang maha kuasa agar semangat persatuan di negeri ini segera kembali pulih.. Aamiin.

    • @petruk..
      KORUPSI ya KORUPSI….namanya PENCURI uang NEGARA ya KORUPTOR…mau BANYAK ataupun SEDIKIT tetap aja KORUPTOR alias MALING…

  31. Bakulo Wajaro on

    Hehehehe….
    Bung PR lha piye aer nya lebih luas dari daratan..2 herder yg jaga udah pada sepuh tp msh bisa jadi baywatch..kan udah pada ops katarak dan giginya juga di pasang taring baru..xixixiixxi yg nguber dan gigit biar yg muda2 aja katanya mewakili bapaknya….hihihihi…
    Akhir januari setelah adu jago, ada yg latian perang2an.. ?? Waduhh bos… Api klo dah nyala besar susah ngendaliinnya bos..lha wong isrohell aja puyeng ngendaliin api dan samiri pun mumet dobek pegang kode kiamat di ujung jari tangannya..hihihihi… Wes biar sama2 mumetnya..hehehehe Penguasa padang pasir pun ikut turun gunung bw sinyal jelas buat yg lagi maen api…keh..keh..keh..
    Wes dimulai pangiwo yg melepas bhatarakala bung Dedy..kekuatan besar diam membara sunyi..senyap..unpredictable..hanya tinggal menunggu waktu sesaat lagi…
    Adios#Siapa yg bermain api hrs siap dgn resiko terbakar dan musnah yaaa..wes ta wanti2 lho mass…heee

    • Salaam bung BW…..
      Xixixi…… Wahhh… Bung BW enreyen terusan di segoro nusantara di 2/3 wilayah nusantara……lho 2 herder lama udah ops katarak dan ortodonti……. Maknyusss itu! Hehehe…….. Asyiik, ditunggu banget ini pentasnya anak2nya dari herder lama…. Hehehe…
      Kalo bung BW sering maen aer….. Wahhhh, vis a vis, bung PR bakalan juga nyamber dari langit terusan…… Hihihi ….moga2 bung2 berdua masih nyempetin ngupi di warung PATGA..
      Doa dan dukungan dari kami unt para ksatria nusantara…..
      Salam Indonesia nan Jaya!!!

    • Hehehehehe….
      Bung Pr dah boleh maen petak umpet dg mie godok telulimo toh..?xixixixixi… Baru kmren katalognya keluar mosok dah latian aja….hihihihihi…kecuali…????!!!???.konco kentel atoo sing duwe pabrik kecape sisan yo mass.. huehehehehe…
      Bung pw.. Yg enreyen akeh uji fitpropertes gelanggangnya dketinggian dikedalaman dan dipedalaman Jauh dari pantauan bule albino dan bule ireng..yg keluar media kulit arinya saja..hihihi….yg di dlm negeri spt biasa sipil vs sipil… Sopo ae pihak yg anti bhineka dan anti pancasila..?? Sopo yg baru bikin ulah..?? Kenapa baru skrg statement ini muncul dari para patriot…tuhkan ono sing teko bule irenge…tinggall bidik wis metu toh congore..tinggal karungin…hehehehehe
      opo iyo patriot ambil tindakan dari dodolane berita media mainstream odong2..??hehehehehe..
      Adios#Lha infone lbh lengkap dari punya si ben skalipun..keh..keh..keh..

    • Salam bung BW dan bung PR….
      Weeeee…. Lhaaa dalahhh……. Kutipan bung PR wes dolanan mietelulimo???…… Sek tas ae rilis dodolan….. Lha koq wes diincipi bung PR….. Hihihi…… Makjan tenan obrolan hoax warung PATGA…….
      Ohhhh….. Jadi bung BW lagi sibuk sbg panitia penerima paket TA2014-2015……yayaya….. Bikin adem buat kami mung iso garai panas kelonjotan sopo ae sing duwe niat ueleeek nang NKRI…… Hoax PATGA itu setara real…… Wkwkwkwk………

      • Klo ada yg merasa test migodok 35 sebelum launching ya… pasti teman dekat pemilik barang atau jgn sampai di test pemilik pabrik dulu nih baru dijual….bgmn bung PR

      • Hlaah..berita pagi ini..baru naik tayang….jangan jangan bung PR yga bawa ituh..wkwwkw

        Salam Sehat Bung @PR…….

        Buat Bung @BW..semoga dimudahkan ya bung…untuk Stok lubang kancing sudah ready, dr yg 6mm sampa 12 mm…

        semoga ndak saah ngitungnya…xxixiix

  32. Sesuai amanat KaSAU “harus melek 24jam” yg sebelumnya 12jam.. jd klo 12 jam seterusnya yg ngawasin langit,laut siapa ya? hehehe!!.

    Mie Godok nya smooth walau ditekuk,di Banting tp msh rada kedodoran saat di Geber diatas 85% full throttle. mungkin efek mesin baru ny Jd blm fix 100%, tp klo mslh full payload diajak drifting emang Top mie godok dibanding produk Negri Volvo Dan Donald.

    @bw lah saiki wis metu dewe kok tinggal karungin ae..
    wis ra usah repot lacak email Ku..mengko nek gentian tak lacak mesti mabur adoh..wkwkwkwk..

    • pejuangzaadul on

      Enak bener bisa test drive mietelulimo lagi anget”an keluar dari oven. Cepet” aja dah bung begundal” di karungin. Makin gerah liat situasi sekarang. Mana udah di suruh latian nembak lagi ma guru besar

        • pesen kancing ok
          pesen lubang kancing …… hihihi emooh ahh. atiiit cekali .
          tp mending catit nya lubang kancing dr pada catit atiku ndelok londo godong joget kmenangan ngremukno atine ibukku teko njero.

    • Lha yg di langit Banten ini td jam 10.30 an ya bung PR….??
      Kirain ada tamu nyelonong…. bkn nya disitu wilayah sibuk sipil…??
      sayang mendung trs hujan rintik…. jd gk bs merhatiin dg jelas jenis apa….

  33. pejuangzaadul on

    Februari suram sudah menunjukan gejala. Pak patrialis di tangkap kpk yg katanya OTT namun tidak ada duit di tempat kejadian. Habib rizieq sudah di jadikan tersangka dan segera akan di penjara dan ini akan membuat umat marah.para calon saingan ahok di dki sudah pada di laporin ke kpk dan polisi, bidikan selanjutnya adalah pak sby dg di undanganya pak antasari ke istana dan akan dibuka kembali kasus antasari. Sinetron makin berlanjut, rakyatsaling di benturkan, TNI di pusingkan jaga perbatasan yg makin. Banyak tamu tak di undang.

    • Betul bung…dimana pak patrialis sedang jalan2 dengan istrinya bukan dng wanita yg digosipkan oleh beberapa media online..masa nrima duit…plus kata kpk disadap selama 6 Bulan…makanya perihal sadap ini harus dihentikan..kapeka kedepannya ga boleh sadap menyadap lagi…biar ga Ada Ott..lebih baik tot ya bung???

    • gelisah. itu yg saya rasakan. knp di saat ini kehidupan bernegara penuh dgn intrik, dendam, egoisme… dulu tidak seperti ini !

    • ….tick….tock…tick…tock… The time is ticking…..
      Semuanya pada kejar tayang kejar target…..
      Tontonan layar tancap sudah dimulai…. Segala cara dilakukan oleh pengkhianat NKRI!
      Nafsu, kebejatan moral, keserakahan, ketidakadilan, dendam kesumat, dll yg semuanya dipertontonkan saat ini dimari.
      Kabarkan diriku ya bung PR dan BW saat ibu pertiwi memanggil!
      Bismillah, siap sedia membela dan menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI!!

    • Bung @ PR bagi kami rakyat biasa apa yang harus kami perbuat dan siapa yang masih bisa dipercaya. kalo berita di media semakin membingungkan dan mungkin menggiring opini untuk kepentingan tertentu.

      • lihat saja kebelakaang…
        suryo prabowo jelas… kivlen zein jelas .. jelas membela merah putih…

        kl media TV…

        jelas lah mereka asing dan aseng…

        lihat

        Seperti telah kita ketahui perkembangan pertelevisian di Indonesia semakin meningkat, dulu hanya ada satu stasiun televisi nasional di Indonesia yakni TVRI, kini telah ada 10 tv swasta nasional tambahan yang mendapatkan izin melakukan siaran, yakni RCTI, SCTV. ANTV, Indosiar, Global TV, MNCTV, TV One, Metro TV, Trans TV dan Trans 7.
        Belum lagi tv-tv berjaringan seperti Kompas TV dan NET, lalu tv-tv berbayar dan tv-tv lokal yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.
        Namun kali ini kita akan menayangkan tentang pemilik televisi nasional dan beberapa tv berjaringan yang cukup berpengaruh dan bahkan telah terjun ke politik praktis. Siapa sajakah mereka, mari kita lihat daftar berikut

        ~> Pemerintah Republik Indonesia
        TVRI atau Televisi Republik Indonesia dimiliki oleh Pemerintah Indonesia, diluncurkan pada 24 Agustus 1962

        ~> Hary Tanoe Sudibyo
        Bos MNC grup ini adalah pemilik tiga stasiun TV swasta nasional yaitu RCTI, MNCTV dan Global TV

        ~> Aburizal Bakrie
        Bos bakrie grup ini adalah pemilik dua stasiun TV swasta nasional yaitu TV One dan ANTV, dua anak Aburizal Bakrie menjadi direktur kedua TV tersebut, yaitu Ardiansyah Bakrie sebagai Direktur TV One dan Anindya Bakrie sebagai Direktur ANTV.

        ~> Chairul Tanjung
        CT yang berjuluk si anak singkong ini adalah pemilik dua stasiun TV swasta nasional yaitu Trans TV dan Trans 7.

        ~> Surya Paloh
        Bos media grup ini adalah pemilik stasiun TV swasta nasional Metro TV.

        ~> Eddy Kusnady Sariaatmaja
        Ini adalah sang pemilik dua stasiun TV swasta nasional SCTV dan Indosiar.

        ~> Jakob Oetama
        Bos Kompas Gramedia grup ini adalah pemilik stasiun TV swasta berjaringan Kompas TV.

        ~> Wishnutama
        Ini adalah pemilik stasiun TV swasta berjaringan NET yang diluncurkan pada 26 Mei 2013.

        Demikian lah daftar beberapa pemilik TV Di Indonesia, masih banyak lagi pemilik TV berjaringan, pemilik TV berbayar dan pemilik TV swasta lokal yang belum tersebutkan. Karena kita hanya membahas beberapa saja.

        http://informasi-daftar.blogspot.co.id/2014/08/pemilik-televisi-di-indonesia.html

        • Iya Bung DODIT. Mereka yang telah terjun ke politik praktis akan membawa misi masing2. Secara awam bagaimana bisa memilah dan memilih informasi tanpa terbawa arus kepentingan tertentu. sementara anak muda sekarang jarang yang menonton TVRI yang merupakan milik pemerintah sebagai media untuk menyebarkan semangat nasionalisme dan patriotisme.

  34. Bung PR nanya boleh? di salah satu kantin rsp di markas langit saya sebut saja kota istimewa ada poster besar gambat yurofaiter tipun lagi mabur tapi gak enek logo TNI nya , what a clue bung? bisa dikasi rembesan? dimarkas lo bung sekitar 5menit lah naik motor dari rumah istirahat abadi tupolev16 tapi di kantin rsp nya si . . . mungkin cuma hiasan aja atau? bisa dikasi rembesan bung PR?

  35. Putrakarawang on

    Pagi @bung Pr,@bung Bw dan warga PG..
    Kira2 gimana ke depan menurut pandangan sepuh warjag.. Apakah PKI memang bnar sdah masuk di semua lini termasuk istana?
    Saya Yakin umat sudah siap jihad jika ulama mengeluarkan resolusi jika PKi memang sudah mulai rusuh.. Yg repot seperti ada skenario adu ormas islam dan melemahkan ulama dan menjauhkan nya dg tni..
    Tolong pencerahan dr para sepuh @bung Bw dan @Bung Pr

  36. Media adlah propaganda bagi yg membayar… Media tidak mencerdaskan masyarakat.. tapi justru kebalikannya…. Jadi gak usah percaya media 100%… Cari apa yg benar n apa yg salah?? Bukan siapa yg benar n siapa yg salah??? Kalo Undang-undang baru 160 lebih bertentangan dengan UUD 1945 Baru salah kaprah….. Indonesia Butuh Bapak Bangsa n Ibu bangsa… Presiden mah gak penting, presiden hanya TENAGA KERJA INDONESIA NO 1

  37. lihat,rasa,dengar dg Nurani mu
    optimalkan panca indra mu
    Bakar semangat Cinta Tanah Air mu
    Cintai Negeri mu sebagaimana kau cintai dirimu,keluargamu Dan terutama Agama mu.

    Berlaku Jujur jg Amanah DLM segala Aspek kehidupan..

    Kita TDK sendiri hidup dinegeri INI, jgn may di Tunggangi,Di kebiri Dan di Hipnotis pihak ketiga.. Kejujuran Dan Kebenaran sepahit APA pun lbh baik Dari pada manisnya kepalsuan jg kebohongan.

    #episode saling klaim Dan hantam.
    #pesenan DoBek “are you with us or against us?” larangan imigrasi TDK lsg menghantam jantung NKRI..

    #miegodok VI’s a VI’s in Syria soon.. hehehe

  38. Ada apa dgn neggriku diiambang perang, apakah asenggdan asing sudah menguasai negriku yg indah dan subur? Dimana orang indonesia, apakah sudah mennjadi penghianat?

    • Petruk dadi Ratu Aseng dadi Pandita on

      Kalau baca2 sejarah tahun 60-an, situasi politik kita sekarang hampir2 mirip dengan era 60-an. Beda nya ketika itu kegaduhan politik awal nya lebih di dominasi elit politik yg duduk di DPR lalu diikuti akar rumput, nah sekarang reverse nya kegaduhan dari akar rumput yg dipromotori oleh media dan jika terus bereskalasi akan naik ke elit politik. Kalau dulu elit politik dipenjarakan ( Masyumi dan lain2 ) sekarang ini ada proses memenjarakan tokoh akar rumput.. Imho

    • ya kita berdoa aj [email protected] smga g terjadi perang karna perang adlah jalan terakhir dan smga para pengkhianat itu dibuka pintu hati dan pikiran mereka….
      #tpi klu terjadi perang(semoga saja tidak)saya tak akan perduli tiap musuh akan saya serang,masa bodo dengan perjanjian jenewa dll….
      #salam hormat [email protected]…dan [email protected]….sungkem dlu ah tkut kualat entr….hehehe

  39. ketika 5 lembaga di negara yg sama dimana lembaga tsb memiliki kemampuan intelijen saling menikam,menjatuhkan, pembiasan,pembunuhan karakter demi “Kekuasaan Politik” APA yg akan terjadi PD negara tsb? blm lg 14 lembaga intelijen asing berlomba memberikan “asupan asli tapi KW” demi kepentingan mrk sendiri.. APA yg bakal terjadi?

    #War under Ground is Bigger than you think it is!!

    Stand Still,Hold On tight!! it will get Nasty and Nasty!

    • lalu bagaimana bung PR… masa kita diem saja melihati itu semua..
      nanti efek hancur mereka semakin besar kalo kita diem..

      bagaimana tni kita…
      apa ga sebaiknya bikin move saja seperti di thailand..
      sedih sebenarnya lihat dua putri proklamator sudah di cuci otak..
      sehingga mereka hanya menjadi anak biologis bukan anak ideologis bapak mereka..

    • Petruk dadi Ratu Aseng dadi Pandita on

      “Hasbunallah wani’mal-wakîl, ni’mal-mawlâ, wani’man-nashîr”, “Cukuplah Allah tempat berserah diri bagi kami, sebaik-baik pelindung kami, dan sebaik-baik penolong kami”. Semoga Allah memberikan kekuatan setara para wali dan memberi kemenangan kepada para patriot2 dan ksatria2 bangsa ( termasuk bung PR ) yang sedang berjuang mempertahanakan NKRI, aamiin Ya Rabbal alamin.

    • Sekali lagi ketololan ahok membuat malapetaka untuk dirinya dan aliansinya. Sekarang pertempuran bukan hanyq di permukaan tetepi sudah mencakup intelegent. Akan makin rame kedepannya karna akan saling hantam info yg seharusnya hanya diketahui oleh intelegent akan sedikit di angkat ke permukaa. Siap” orang lama turun gunung

    • Dulu.., Suku Air, Kerajaan Bumi, Negara Api, Pengembara Udara, hidup damai.
      Tetapi semua itu berubah sejak Negara hoAk menyerang…

      Indonesia Jaya !!!

  40. Salam kenal semua untuk PATGA di sini.
    saya biasanya jd SR di sini , cuman ga tahan juga buat komentar mengenai situasi sekarang yg makin menjadi2, sampai2 bpk SBY pun msh sj kena dampaknya yg merugikan beliau hanya di awali gara2 kelakuan / nafsu1 orang ahok.. bagimana kalau banyak ahok-ahok yg lain ? .. apakah para PATRIOT bangsa ini sdh ada jurus untuk mengantisipasinya? sebagai rakyat saya begitu sedih,marah dan jengkel merasakan suasana sekarang… apakah yg kurang dgn negeri ini sehingga begitu mudahnya di obok2 oleh segelintir orang ? kalau lama2 sperti ini yg menderita tetap saja rakyat.. sekarang dalam usaha kalau sudah bisa dapat buat biaya hidup saja sudah bersyukur.. gak muluk2… sebagai rakyat rasanya ga butuh banget yg namanya gedung2 megah.. cukup ketentraman biar lancar berusaha mendapatkan rezki yg halal..
    sekian dari saya .. wassalam
    Semoga Allah selalu melindungi negeri ini beserta rakyat NKRI.

  41. Bakulo Wajaro on

    Hehehehe…
    Bener bung PZ…Jd inget …tinggalkan saya rangkul mereka dan lupakan dia…
    Adios# sang pengembara ditanah bawah mulai bergerak massif bagai gelombang…

  42. ikut mendoakan unt para kstria bawah tanah nusantara dalam tunaikan dharmanya…
    Salam Indonesia nan Jaya!!!!

  43. pemburu rajawali on

    sudah saatnya gulung karpet..
    “Baru Lulus kok merasa Jaguh, sekarang panas dingin kn krn TDK Netral!”.

    Mental Intel Melayu Inafis kok di pake??

    #726 Tetra Giga Byte captured!! hayoo, mau gaya apa siap di ladenin.. asal siap “ditelanjangi”!! xixixi

  44. Penggemar tempe on

    Semoga para patriot bnr tau kpn saat yg tepat untuk menyelamatkan nkri.
    Patriot sbnr nya rakyat sdh sangat khawatir dg keadaan ini. Salam untuk para patriot

  45. Waduh…ampunn… Kok Jadi ribet gini Bung @ PR kita yang nonton jadi gregetan…, saya hanya bias ngedumel dan berdoa Semoga Para Patriot diberikan Kekuatan, ketabahan, kesuksesan dalam bertugas dan selalu ada dalam lindungan Alloh .. aminn

  46. Tengkyu Para patriot
    Wes sue ga dwnger berita apik
    S4 sekian kali baca patga, ada komen ga jelas….. apa patga jugalagi distroni bung?
    Selamat bertugas patriot

  47. Selamat pagi untuk Rekan-Rekan Patga dan Para Sesepuh, ijin anak kencur mau ikut berdiskusi jika diperbolehkan. Melihat apa yang terjadi saat ini sangat menguras pikiran jika ditelan langsung, tapi jika dikunyah perlahan baru akan masuk sari-sari patinya, tapi sayangnya saya masih termasuk yang menelan langsung, sehingga agak ikut terbawa suasana, yang bisa saya tangkap dari mata kencur saya ini, mohon dikoreksi jika salah, ini seperti pertarungan Tiga Kubu, Dua Kubu adalah para pemain utama dan satu kubu adalah para penumpang gelap, dan para penumpang gelap inilah yang lebih mendominasi di Ring II nyaitu masyarakat, mereka terlihat betul membuat opini masyarakat untuk saling membenturkan dua kubu utama ini, dengan tujuan utama yang sama-sama kita ketahui bersama, yaitu kehancuran persatuan dan persaudaraan di Negeri ini. saya sempat berfikir apa separah ini dua kubu ini bertarung untuk saling menjatuhkan, masing-masing membuka kartu dan menyimpan kartu yang telah di buang atau di lempar dari permainan. Untuk kembali di gunnakan dalam permainan, jika masing-masing mempunyai sumber sendiri lantas sebenarnya sumber mana yang benar-benar asli? saya yang kencur tidak bisa melihat dibanding mereka-mereka yang memang bisa melihat atau bahkan sekedar mengintip, dan semoga mereka yang benar-benar bisa melihat atau setidaknya mengintip benar-benar tau apa yang mereka lakukan, karena terlalu besar apa yang dipertaruhkan saat ini, dan semoga lakon tetap menjadi lakon tidak berubah menjadi kenyataan, salam kencur.

      • “Untuk Saudaraku, Warga PDIP”

        by Asyari Usman*
        (Mantan Wartawan Senior BBC)

        Salut terhadap keimanan Anda pada slogan “tidak boleh ada agama apa pun yang mengklaim kepemilikan atas Indonesia.” Dalam konteks terkini di Indonesia, tentu “agama” yang dimaksudkan oleh slogan ini adalah Islam. Begitu juga ketika Ibu Megawati Soekarnoputri menyebut keberadaan “ideologi tertutup” (dalam pidato ulang tahun PDIP ke-44), saya yakin sekali telunjuk Bu Mega waktu itu tertuju kepada Islam dan umat Islam.

        Karena itu, mohon maaf, saya akan mendikotomikan PDIP vs Islam sepanjang tulisan saya ini. Anda tidak perlu malu-malu atau ragu bahwa setiap kali saudaraku PDIP menyebutkan lawan Anda, saya yakin 100% yang Anda maksud itu merujuk pada Islam dan umat Islam. Kalau Anda membantah, silakan buat sidang para saksi ahli bahasa, ahli politik, ahli psikologi dan ahli sejarah untuk menilai ke mana “telunjuk permusuhan” itu Anda arahkan.

        Mungkin saja Anda akan berkilah, “Ah, yang kami maksudkan adalah orang Islam yang radikal, yang tidak toleran, dsb”. Kalau yang diam-diam dan tidak mengganggu agenda Anda dan agenda-agenda para sekutu Anda, itu tidak masalah.

        Anda akan mengatakan, “Orang seperti Habih Rizieq Shihab (HRS) dan gerbong FPI-nya, itulah yang akan kami sikat habis,” seperti dikatakan oleh ketua PDIP Surabaya (silakan cari di YuoTube: pidato ketua PDIP Surabaya).

        Jika Anda berpikiran seperti itu, saya khawatir Anda keliru, wahai saudaraku warga PDIP. Sebab, suka atau tidak suka, HRS dan gerakan FPI yang berkaitan dengan akai-aksi damai belakangan ini mendapatkan sambutan langsung atau tidak langsung dari semua komponen umat Islam secara luas. Kita hitung saja, seberapa kuatkah FPI dan HRS untuk bisa mempengaruhi 3-4 juta umat Islam yang ikut dalam sejumlah aksi damai? Kalau umat secara luas tidak mendukung, kecil kemungkinan HRS bisa mengerahkan umat Islam sebegitu besar.

        Dalam kajian psikologi massa dan kajian survei dengan random sampling, jumlah yang sebegitu besar semestinya mencerminkan basis dukungan yang sangat besar pula di kalangan umat Islam. Singkatnya, kalau Anda sekarang membidik HRS dan FPI, dan mengatakan bahwa Anda akan menghancurkan mereka, saya yakin 110% bahwa puluhan juta umat Islam di luar FPI merasa mereka juga adalah sasaran “sikat habis” yang Anda maksudkan.

        Saudaraku, warga PDIP. Bagus sekali keinginan Anda untuk menjaga keutuhan NKRI. Itu juga yang ditekadkan oleh umat Islam. Tetapi, sebaiknya Anda merenung agak dalam sedikit apakah tidak ada “penumpang gelap” yang berlindung di balik slogan Anda itu? Tidakkah Anda melihat mereka yang berlindung di belakang Banteng PDP sambil menjalankan agenda mereka sendiri, padahal mereka berpura-pura menjadi bagian dari PDIP dan perjuangan PDIP. Yaitu elemen yang berparasit di balik kekuatan politik PDIP, tetapi sesungguhnya mereka menjadikan Anda sebagai “mitra ecek-ecek” demi memperbesar pengaruh mereka dan memperkuat cengkeraman mereka di Indonesia melalui penguasaan mutlak sektor perekonomian dan keuangan negara ini.

        Mudah-mudahan saja Anda tahu siapa mereka. Seandainya ada yang tidak tahu,
        sedih juga. Untuk yang belum tahu karena berbagai alasan, kami bantu untuk mengenali mereka. Mereka adalah orang-orang yang merasa Islam sebagai penghambat ambisi untuk menguasai negara ini. Mereka sangat senang dengan manuver PDIP yang siap menghabisi HRS dan FPI, yang berarti Anda pada akhirnya berhadapan frontal dengan umat Islam secara keseluruhan. Tidak hanya senang, mereka bahkan mungkin siap berkontribusi untuk itu. Tetapi apakah Anda, saudaraku warga PDIP, yakin bahwa mereka adalah sahabat yang bisa Anda percaya? Apakah Anda sangka mereka adalah orang yang senasib-sepenanggungan dengan Anda?

        Saudaraku, warga PDIP yang saya hormati. Sudah pernahkan Anda uji orang-orang yang berlindung di kandang Banteng untuk mengetahui apakah mereka benar-benar “kawan setia” Anda, teman sehidup-semati, teman yang akan membantu orang-orang kecil yang selama ini Anda perjuangkan?

        Sudah lupakan Anda, wahai saudaraku warga PDIP, bagaimana tempohari mereka menyalahgunakan dana BLBI semasa krisis moneter 1998? Jangan-jangan sebagian besar Anda tidak mendapatkan informasi yang utuh tentang BLBI (Bantuan Likuiditas Bank Indonesia), yaitu pinjaman dari Dana Monoter Internasional (IMF) yang disalurkan kepada 48 bank swasta di Indonesia, yang para pemiliknya adalah orang-orang yang sekarang mungkin, sekali lagi mungkin, mendukung Anda untuk menghabisi Habib Rizieq Shihab dan FPI. Mereka itu mengantungi dana BLBI sebesar Rp147 triliun untuk mencegah kebangkrutan karena ulah mereka sendiri; walaupun kemudian terbongkar bahwa mereka dengan lihainya menggelapkan dana BLBI itu untuk mereka sendiri. Tetapi, alhamdulillah, pinjaman IMF itu sudah dibayar oleh rakyat Indonesia yang sebagian besar adalah umat Islam.

        Tahukah Anda berapa banyak orang Indonesia asli sebagai pemilik bank-bank swasta itu? Sudah lupakah Anda ketika mereka membawa lari uang rakyat ke luar negeri, memarkirkannya di Singapura, Hong Kong, Shanghai, dan di surga-surga penyimpanan uang lainnya? Pedulikah mereka dengan rakyat kecil? Pedulikah mereka dengan Anda, saudaraku warga PDIP?

        Tidakkah Anda saksikan siapa-siapa sajakah yang memiliki konglomerasi dana dan kekayaan property di Indonesia ini? Berapa persenkah orang Indonesia asli yang bisa membeli apartemen supermewah di supercondo yang mereka bangun di kota-kota besar di Indonesia ini?

        Tidakkah Anda terpanggil untuk memikirkan sejenak dampak buruk dari kepemilikan sebagian besar stasiun televisi swasta oleh mereka; yaitu dampak negatif terhadap pembentukan karakter dan akhlak generasi mudah Indonesia?

        Tahukan Anda bahwa rata-rata pengusaha yang berbeda kulit dengan Anda itu, menyekolahkan anak-anak mereka ke luar negeri dengan biaya mahal?

        Sudahkah pernah Anda coba melamar pekerjaan senior di perusahaan-perusahaan milik mereka? Berapa banyakkah orang Indonesia asli yang bekerja sebagai staf senior di BCA, Sinarmas, Agung Podomoro, Summarecon, Lippo Group, Salim Group, dll?

        Supaya tidak semakin panjang, satu lagi pertanyaan: apakah Anda, saudaraku warga PDIP, merasa lebih baik mencaci-maki dan mengancam HRS dan FPI, yang berarti juga mencaci-maki umat Islam pada umumnya, ketimbang ikut menegakkan keadilan hukum dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia?

        Semoga Indonesia tetap damai dan tenteram. Mohon maaf jika ada yang tidak berkenan.

        [Asyari Usman bergabung dengan BBC London sejak Juli 1988]

  48. wartawan BBC menganalisa DG ckp baik,kuat jg luas.. permasalahannya banyak partai,ormas yg bangga dpt penumpang gelap Tampa mrk sadari,mereka hanya sebagai Kuda Troya.

    harus di Ingat! seluruh Partai Dan Ormas ITU 90% simpatisan nya adalah Umat Islam. Jgn pula Bangga dg sandingan “Great Leader”..ingat! Bung Karno jg pernah menghabisi “demokrasi” DG mengangkat dirinya sbg President SeUmur Hidup bahkan sampai detik INI blm dicabut gelar President Seumur Hidupnya.

    Kita harus jeli utk memilih Dan berkawan! lbh baik memiliki kawan sedikit to bermanfaat Dari pada berkawan banyak tapi membawa masalah..

    kenali musuh mu! kenali Kawan mu, Java baik2 Keluarga mu maka kamu telah membantu menjaga Negeri INI.

  49. permasalahan yang berkutat pada isu agama dan suku, minoritas dan mayoritas, dipaksakan dalam indonesia. (kami) yang setia pada indonesia sampai saat ini tetap terpinggirkan, tidak mempunyai kesempatan yang sama dengan pulau jawa yang merupakan pusat indonesia.
    cukup sudah dengan isu agama dan ras. kami juga memiliki indonesia sebagai pertiwi, sedikit pemikiran out of the box ” kami tetap indonesia tanpa pulau jawa didalamnya” cukup fair kan? . kami sumatera kalimantan sulawesi nusa tenggara maluku dan papua jenuh dengan polemik yang terjadi

    • hehehe…Sy suka comment anda [email protected]…Salah satu pemikiran YG DIINGINKAN Oleh “Mereka”,Awal dr terciptanya Agenda mereka..”Badai polemik dalam Lingkaran Hipnotis”
      Salam PERSATUAN [email protected]

    • Petruk dadi Ratu Aseng dadi Pandita on

      Bearband dan Agus@ Secara geopolitik dan geostrategi pulau Jawa itu merupakan center of gravity itu sebab nya pertempuran2 yg menentukan banyak terjadi di pulau Jawa. Secara sumber daya manusia, orang jawa pula lah yg paling banyak mengorbankan jiwa untuk kemerdekaan Indonesia, Kalau anda tidak percaya, silahkan riset tentang Romusha (kerja paksa ) nya jepang, berapa juta estimasi jumlah korban nya dan motif dibalik kenapa tokoh2 nasional kala itu menyetujui romusha demi impian Indonesia merdeka. Pendek nya, tanpa pulau jawa dan orang jawa, Indonesia itu tak akan pernah ada dan kalian sepatut nya berterimakasih pada orang jawa bahkan mencium tangan mereka dengan perasaan cinta-kasih atas pengorbanan mereka karna tanpa mereka, apartheid dan tulisan2 diskriminasi di plakat2 peringatan berbahasa Belanda yg berbunyi “Verboden voor honden en inlander” yang artinya Anjing dan pribumi dilarang masuk, mungkin masih akan kalian alami dan lihat diberbagai tempat di daerah kalian masing2. Salam dari Sumatera Utara!

      • mangkok terbang on

        Maaf bung petruk anda membaca sejarah jgn setengah” !!! Lihat pengorbanan rakyat aceh membantu utk tegaknya NKRI. salam dr Aceh

    • Salam Persatuan NKRI harga mati. sekedar unek2 (kami) untuk isu nasiolisme saat ini dengan konteks agama, (kami) diluar jawa gugur untuk NKRI tanpa embel2 agama,suku,dan ras, (kami) yang sedikit merasa termarjinalkan dengan image yang berjuang untuk NKRI saat ini hanya oleh kelompok tertentu.
      Berjuang dan bela-lah kami, NKRI bukan hanya sekedar jakarta-ke-surabaya bung!.

      #Salam hangat Bung AGUS dan NTT yang damai (dimana kearifanlokal mampu menjaga agama dan sosial pada tempatnya)
      #Salam Persatuan bung PREMAN

      • Petruk dadi Ratu Aseng dadi Pendeta on

        Salam persatuan kembali! Saya senang dan menghargai pada saat Bali, NTT dan Papua di pimpin oleh suku asli dan berlatarbelakang agama mayoritas dimasing2 provinsi2 tersebut karna itu berarti hak dan aspirasi masyarakat setempat telah terpenuhi. Isu agama seharus nya tidak menjadi polemik di Jakarta jika kita sebagai waga negara mau mendengarkan aspirasi dan menghargai hak dan kewajiban kita satu sama lain, tetapi fakta nya berbeda. Orang solo dan orang Bangka Belitung dipaksakan menjadi gubernur/pemimpin di Jakarta, ini pengangkangan hak dan pelanggaran norma yg ada di masyarakat kita sejak era reformasi. Saya ingin mengajak anda berpikir, coba kita balik, seandai nya seorang cina muslim dari bangka belitung tiba2 dengan bantuan media menjadi gubernur NTT, gubernur Papua atau gubernur Bali bagaimana? Apakah akan mengalami kegaduhan yg sama atau sebalik nya akan disambut dengan hangat oleh masyarakat setempat? Bicara soal termarjinalkan, kita yg didaerah2 sudah mendapat otonomi, nah mari berjuang didaerah masing2 dan jangan hiraukan media2 nasional yg hanya memecah-belah bangsa demi kepentingan sekelompok orang yg membayar mereka.

        NB: Sekedar catatan, Ahok pernah mencoba mencalonkan diri untuk menjadi Gubernur di Sumatera Utara, tapi gak ada yg melirik bahkan nama nya pun tak pernah terdengar, yg jujur sangat saya syukuri karna saya tidak bisa membayangkan apa yg akan terjadi didaerah kami jika sumber kegaduhan seperti Ahok menjadi gubernur Sumut, daerah yg steril dari konflik etnis dan agama.

      • Petruk dadi Ratu Aseng dadi Pandita on

        Salam persatuan kembali! Saya senang dan menghargai pada saat Bali, NTT dan Papua di pimpin oleh suku asli dan berlatarbelakang agama mayoritas dimasing2 provinsi2 tersebut karna itu berarti hak dan aspirasi masyarakat setempat telah terpenuhi. Isu agama seharus nya tidak menjadi polemik di Jakarta jika kita sebagai waga negara mau mendengarkan aspirasi dan menghargai hak dan kewajiban kita satu sama lain, tetapi fakta nya berbeda. Orang solo dan orang Bangka Belitung dipaksakan menjadi gubernur/pemimpin di Jakarta, ini pengangkangan hak dan pelanggaran norma yg ada di masyarakat kita sejak era reformasi. Saya ingin mengajak anda berpikir, coba kita balik, seandai nya seorang cina muslim dari bangka belitung tiba2 dengan bantuan media menjadi gubernur NTT, gubernur Papua atau gubernur Bali bagaimana? Apakah akan mengalami kegaduhan yg sama atau sebalik nya akan disambut dengan hangat oleh masyarakat setempat? Bicara soal termarjinalkan, kita yg didaerah2 sudah mendapat otonomi, nah mari berjuang didaerah masing2 dan jangan hiraukan media2 nasional yg hanya memecah-belah bangsa demi kepentingan sekelompok orang yg membayar mereka.

        NB: Sekedar catatan, Ahok pernah mencoba mencalonkan diri untuk menjadi Gubernur di Sumatera Utara, tapi gak ada yg melirik bahkan nama nya pun tak pernah terdengar, yg jujur sangat saya syukuri karna saya tidak bisa membayangkan apa yg akan terjadi didaerah kami jika sumber kegaduhan seperti Ahok menjadi gubernur Sumut, daerah yg steril dari konflik etnis dan agama.

        • Petruk,apa orang solo atau orang babel bukan orang INDONESIA?bukannya setiap warga negara mempunyai hak politik yang sama? kenapa harus pakai embel2 daerah dan etnis?salam anda sih persatuan,tapi reply anda tidak menunjukkan persatuan…

          • Petruk dadi Ratu Aseng dadi Pandita on

            Agus@ Bung dulu sewaktu kanak2 pernah tidak main ular tangga? Nah ular tangga itu untuk mencapai puncak harus menaiki beguti banyak tangga2 yg berliku2 dan penuh dengan dinamika, kadang naik dan kadang bisa turun jika masuk kekotak ekor ular. Nah, Kalau orang solo dan babel naik tangga tersebut tentu juga harus melalui proses yg tidak instant, tidak mungkin hanya menaiki dua atau tiga tangga bisa langsung mencapai puncak dan mendapat piala, itu bisa dilakukan hanya dengan kecurangan. Itu baru logika ular tangga lho, apatah lagi didalam politik di negara yg majemuk dan punya sejuta norma dan aturan dalam kemasyarakatan nya, sangat sulit menembus barikade2 polsosbud yg dari awal sudah terbangun sedemikian kokoh nya. Walikota Surakarta ( Jokowi ) pantes nya jadi Gubernur Jawa Tengah dahulu, setelah itu pindah ke Jakarta dan berdomisli di Jakarta untuk mematangkan karir Politik baru kemudian menjadi Presiden, bukan dipaksa melejit karna Mobil Esemka ( yg sekarang tidak tau rimba nya kemana ), sama hal nya dengan mantan bupati Belitung Timur yg hanya sempat menjabat 1 tahun 3 bulan sebagai Bupati, karna rakus dan ambisius melepaskan jabatan Bupati untuk maju dalam pemilihan Gubernur Babel, tetapi kalah dan gagal, lalu mencoba lagi menjadi gubernur di Sumut, eh gak dilirik.. tiba2 ntah dari mana asal nya sim salabim jadi gubernur Jakarta. Singkat nya, situasi Indonesia hari ini sangat abnormal dan penuh kegaduhan karna figur2 yg menyelenggarakan negara ini dipimpin oleh orang2 yg naik kepucuk kepemimpinan dengan cara2 yg abnormal. Imho..

          • bung Agus,
            Bisakah anda menjawab dan konsisten dalam bersikap jika anda baca ttg UU Otsus Papua dibawah ini jika benar anda berdiri dan membela membangun untuk NKRI? itu lho disitu dinyatakan kalimat “WNI yang mana ORANG ASLI PAPUA ”
            Pasal 12 Undang-Undang No. 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Bagi Provinsi Papua (UU Otsus Papua) – Pasal 12 UU Otsus Papua menyebutkan, “Yang dapat dipilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur adalah warga negara Republik Indonesia dengan syarat-syarat: a. Orang asli Papua; b. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; c. Berpendidikan sekurang-kurangnya sarjana atau yang setara; d. Berumur sekurang-kurangnya 30 tahun; e. Sehat jasmani dan rohani; f. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengabdi kepada rakyat Provinsi Papua …”

        • Salam NKRI nan Jaya, bung Petruk…
          Saya setuju dan sependapat fakta dan analogi yg bung paparkan… Anda berhasil mematahkan pola pikir standard ganda yg mereka mainkan dimari thd rakyat Indonesia secara luas lewat propaganda, agitasi, pembiasan, provokasi lewat media massa jaringan mereka dgn jargon2 demokrasi, reformasi, ham.
          Hancurkan program standard ganda mereka dgn azas kebenaran, keadilan, kepantasan, kepatutan berbasis kearifan lokal dan kekayaan sosial budaya dlm koridornya NKRI.

          • Petruk dadi Ratu Aseng dadi Pandita on

            Salam NKRI nan Jaya bung PW@ Miris nya kemarin saya lihat video tentang sekumpulan anak Muda Papua yg menamakan diri nya Aliansi Papua Bersatu Untuk Indonesia Berdamai, membacakan dukungan nya kepada Ahok untuk menjadi gubernur DKI dan mengancam akan menjadikan Ahok sebagai presiden Papua jika dihalang2i menjadi gubernur DKI. Saya tidak tau apakah ini standar ganda atau ketidaktahuan karna jelas ada Pasal 12 Undang-Undang No. 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Bagi Provinsi Papua (UU Otsus Papua) – Pasal 12 UU Otsus Papua menyebutkan, “Yang dapat dipilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur adalah warga negara Republik Indonesia dengan syarat-syarat: a. Orang asli Papua; b. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; c. Berpendidikan sekurang-kurangnya sarjana atau yang setara; d. Berumur sekurang-kurangnya 30 tahun; e. Sehat jasmani dan rohani; f. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengabdi kepada rakyat Provinsi Papua …”

            Bung PW, sebagai seorang muslim yg ingin taat beribadah (sesuai yg termaktub dalam piagam jakarta dan dekrit presiden 5 juli 1959 ) tanpa stigma negatif dan islamofobia, dan sebagai warga negara yg bangga beridentitas sebagai muslim Indonesia, saya lama2 kok merasa seperti numpang aja ya di NKRI ini, bukan seperti bagian dari bangsa ini, (edisi curhat ) hehe..

          • salaam bung Petruk,
            …..yakinlah bhw sayapun juga merasakan hal tersebut. tampak nyata adanya kepentingan2 kelompok tert3entu baik berbasis sbg proxy negara asing dan aseng yg memaksakan kepentingan dan kehendaknya lewat tangan2nya dimari…..sedih dan kecewa sebenarnya krn jejaring mereka sudah sampai disemua lini strategis dimari……sebagai seorang Indonesia yg beragama Islam yg cinta NKRI…..saya tidak pernah berhenti melangkah dalam membangun NKRI dan menyampaikan filosofi, nilai, prisnsip dalam entitas NKRI kpd generasi muda dimana saya berada.
            Saya tidak akan pernah menyerah untuk membangun NKRI meskipun saat ini keyakinan agama saya yakni Islam telah dinodai dan dinistakan oleh anak bangsa sendiri dgn mempolitisasi Islam dan kriminalisasi ulama oleh rezim ini.

            Ayo bung Petruk…..rame-rame sampaikan kebenaran konstitusi negara NKRI kpd publik untuk melawan brainwash antek2 asing dan aseng dimari…….sbgmn bung samoaikan di forum ini ttg UU Otsus Papua tsbt.,

      • salam persatuan bung bearbrand!
        NKRI bersatu berdsarkan perbedaan yang saling melengkapi
        keluarga dibangun berdasarkan perbedaan pria dan wanita tidak mungkin homogen hasilnya pertumbuhan penduduk minus dan ekonomi akan mandek dan umat manusia akan hancur lebur
        RT RW dikelola oleh warga yang berbeda yang saling bekerja sama dan menghargai
        demikian seterusnya sampai ke tingkat tertinggi dengan pondasi rakyat NKRI semesta!

      • bung Udayana,
        taukah anda bung bahwa di keluarga saya itu udah berlaku Bhinneka Tunggal Ika, sbg contoh pakdhe saya itu asli dari Bali beragama Hindu yg menikahi kakak perempuan ibu saya. keluarga kami muslim dari Jawa. kami saling jaga,hormati dan sayang diantara keluarga besar kami meski berbeda suku dan keyakinan beragama.

        saya hanya ingin mengajak anda sbg saudara untuk bisa melihat lebih luas atas fenomena pemaksaan kepentingan sbg proxy pada pilkada DKI Jakarta yg mana harus melihat sosio-kultural masyarakat Jakarta yg heterogen termasuk mayoritas keyakinan beragama disana yg mana Islam sbg agama mayoritas disana.

        taukah anda bung …sptnya ada perlakuan tidak adil jika anda baca UU Otsus Papua jika disandingkan dgn provinsi Jawa Timur yg fakta adl pilar ekonomi nasional sejak NKRI berdiri dan berdaulat??? Apakah Jawa Timur punya UU khusus Jawa Timur ????…lalu gimana dgn Jogja…apakah UU keistimewaan Jogja sudah diketok palu oleh DPR????Fakta Jogja adl peletak dasar NKRI…..gimana dgn Bali dimana bung udayana berasal? Apakah Bali dapat UU Khusus Bali dari NKRI padahal fakta Bali kontributor terbesar devisa sektor pariwisata?…..lalu bagaimana dgn provinsi Riau yg kaya akan minyak bumi……apakah juga dapat UU khusus Riau….padahal kontribusi luar biasa devisa negara dari minyak bumi.

  50. Wah dalah… ko kaya bocah saja, malah pada saling menyudutkan n merasa di marjinalkan. Rapatkan barisan, berpikir dg tenang jangan pake emosi, klo dalam keadaan situasi seperti sekarang ini ada yg berpikir seperti itu selamat anda sudah kena pancingan proksi. Inget ini bukan masalah agama tpi masalah keadilan yg tumpul ke atas. Antara rakyat vs taipan dg bonekanya ahok di tambah bumbu” dari barat biar makin sedap

    • masalahnya ada dimedia bung, mereka tdk punya tanggung jawab ikut menjaga keutuhan NKRI, pilkada bukan hnya di DKI ditempat lain jg banyak, kenapa dikesankan klo Indonesia hanya Jakarta, kenpa melulu Pilkada DKI yg disorot, padahal piljada serentak jg bisa utk ajang pemerataan program2 kebijakan para balon utk diterapkan didaerah lain,ane bisa maklumi unek2nya bung BEARBRAND, dan ane rasa kita tau harus mengarahkan telunjuk kemana, salam damai bung @BEARBRAND

  51. kingdom black pirates on

    kalo saya sih intinya kembalikan UUD 45 ke yang asli tanpa amandemen agar rakyat hidup dalam kemakmuran dan mempunyai hukum yang berkeadilan tidak tebang pilih seperti saat ini JAYALAH SELALU NUSANTARA TERCINTA INDONESIA

  52. “Indonesia Tampa pulau jawa” hrs di lihat terbalik yakni “kuasai jawa maka Indonesia termiliki”terminologi yg di kemukakan oleh analis bawah tanah asing sejak jaman belanda dlu. Agama adalah filter dlm segala hal,politik tampa filter agama akan membawa kehancuran.
    Pilkada DKI memang jd tolak ukur dlm segala hal,dan itu yg membuat byk pemain asing dan lokal bermain ganda campuran dg pura” kontra/pro slh satu paslon. kesalahan terbesar mrk adalah menggunakan alat,jaringan,aset intelijen lokal maupun asing sbg bahan dasar utk mengubah pola tatanan strategis dan blunder nya adalah sadapan ke SBY. mau di bantah kaya apa dg dalih kaya apa pun jk sdh menjadi blunder “Sadap menyadap” ibarat operasi maka operasi tsb sdh bisa di sebut “Gagal Total”. blm lg kasus “pembelokan arus informasi jg pin point target” terhadap tokoh tertentu!!

    “Ideologi tertutup = Phobia Islam” mosok mengaku Islam tapi takut dg Agama nya sendiri.

    Jangan coba coba berKoar Bela NKRI dg payung Agama islam jika tdk mau bernasib seperti HRS loh..hehehe!!*

    * mutilasi Nasionalis berAgama secara sistematis dan Strategis.. demi langgengnya 2 priode Political Power.

    Selamat Pagi,Salam dari Pulau terpencil Nusantara.

    • Ngaku Islam tapi takut agamanya sendiri, ngaku nasionalis tapi sebagai kuda troya bangsa asing. sudah dipastikan golongan ini adalah golongan munafiqun seperti qorun dan bal’am. mereka akan dibenamkan di bumi bersama dengan apa yang dicintainya yaitu harta dunia.
      Mereka golongan yang anti agama harus dienyahkan dari bumi nkri yang berpancasila ini. tidak ada tempat untuk orang-orang atheis dan anti Islam di bumi nkri.
      salam hormat bung PR

    • Salam bung PR,
      Mencoba unt menafsirkan paparan bung diatas. ……sejatinya akar rumput sudah berada di titik didih maksimal hanya menunggu komando gerak unt mjd massive krn gerakan2 kecil berbasis keluarga dan sosial keagamaan serta profesi udah berjalan mencari pemimpin baru dan meninggalkan yg sdg mimpin .
      Tindakan sadap yg blunder itu lah sbg sinyal terang ambisi unt kali kedua periode dgn kondisi kekinian unt membelokkan arus dan target.
      #melihat kepanikan dan panas dingin mereka tampilkan sendiri di media massa nya.

    • Bisa diprediksi wereng coklat TDK AKAN PERNAH BERANI menindaklanjuti laporan warga thdp tokoh nasionalis pancasilais yg katanya beragama islàm tp melecehkan isi kandungan ALQUR’AN tentang kehidupan setelah mati. Berbanding terbalik thdp HRS.

    • Jadi benar ya bung PR.. Bahwa segenap partai biru anti partai merah?seperti jaman orba dimana partai kuning anti partai merah?

    • Why…? Perlengkapan dapur dibawa pake sedan ya susah.. Apalgi klo punya niat lain utk bikin pesta lbh meriah dirumah sendiri…? Ato persiapan tools propaganda..? Waekekekekkek lha taipur kok di adu karo taisip. Welwhwelwh

  53. bung PR dan senior yang lain, saya pengen tau, “permainan” seperti apa yang dilakukan TNI terutama setelah beliau turun gunung?
    saya ndak habis pikir..ngapain pak menko maritim bertandang ke ketua MUI..

  54. Saya bingung..knapa harus jawa yang dianggap sebagai center of gravity…
    tampa pulau papua., kaliantan sumatra, bali, ntt,dst.NKRI tak pernah ada..

  55. INDONESIA itu Jawa,Sumatra,Kalimantan,Sulawesi,NTT n Papua… Jadi NKRI itu gabungan dari semua suku dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai pulau Rote.. jadi salah satu suku dihilangkan bukan lagi NKRI… Kita Bangsa Nusantara semua cinta damai n saling menghormati…. Itulah sifat bangsa kita… Jadi kalo ada perpecahan atau adu domba pasti itu dari bangsa asing…. Bersaudara itu lebih indah

    • Bung modot…itulah saya magsud. Seakan akan NKRI hanya milik satu golongan..kalau beda pendapat dianggap PKI lah..dianggap antek asinglah…Kami kami ini juga berjuang untuk membentuk NKRI..terus sekarang merasa negara ini punya sendiri. Kami terlalu cinta negara ini(bukan karena pengecut). Lebih saat ini kami diam sambil menonton aja..

    • Petruk dadi Ratu Aseng dadi Pandita on

      Bung Modot@ Nah itu benar, kalau konteks nya secara budaya, kemasyarakatan dan kedaulatan teritorial, tetapi kalau konteks nya itu sejarah dan ” sentimen anti-jawa ” yg dipropagandakan oleh asing melalui kelompok2 separatis dan antek2 nya yg ada di Indonesia maka untuk menjawab itu tidak ada salah nya mengatakan bahwa tanpa Jawa Indonesia itu tidak akan ada.

      Bung Udayana@ Anda itu harus berhenti dari gagal paham, karna tidak ada yg mengklaim bahwa NKRI hanya milik satu golongan justeru sebalik nya kami umat Islam ingin juga merasakan bahwa NKRI ini milik kami juga (bukan milik asing dan aseng ) dimana sebagai mayoritas tentu juga sudah berkorban dengan jumlah jiwa dan pengorbanan yg tidak sedikit pula. Kami tidak akan pernah lupa dengan I Gusti Ngurah Rai, tapi tolong anda jg jangan lupa dengan Imam Bonjol, dengan Pangeran Diponegoro, dengan Cut Nyak Dhien, dengan segudang nama Ulama2 kami yg turut berjuang untuk memerdekakan bangsa ini. Apa kesalahan kami umat Islam kepada kalian saudara2 kami di Bali, sehingga anda merasa bahwa anda perlu mengasah Klewang? Hak anda yang mana yg kami halang2i untuk anda dapatkan? Perjanjian mana yg kami sudah khianati? Kalau anda merasa terluka dan dendam dengan Bom Bali, apakah anda sudah riset secara mendalam dan menyeluruh tentang apa dan siapa dibalik Bom Bali itu sesungguh nya? Karna sesungguh nya kami umat Islam juga terdzolimi dengan terorisme! Kami umat Islam tidak ingin banyak, tidak ingin yg neko2.. kami hanya ingin Pancasila dan UUD 1945 yg asli diterapkan secara benar dan menyeluruh agar cita2 para pendahulu kita untuk memerdekakan bangsa (yakni: yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur) tercapai. Kami tidak ingin ada sekularisme, liberalisme, komunisme dan isme2 lain nya yg tidak punya akar dalam konstitusi, agama dan budaya bangsa Indonesia,dapat hidup menjamur, meracuni dan merusak tatanan negara dan kemasyarakatan kita ini, merusak generasi bangsa ini. Seperti judul diatas, jangan tendensius, jangan anggap umat Islam musuh anda, karna kami disini menganggap anda sebagai saudara kami. Musuh umat Islam itu cuma satu, yaitu segala sesuatu/kelompok yg merongrong Pancasila dan UUD 1945, termasuk didalam nya usaha2 mengamandemen yg telah banyak merugikan bangsa dan negara ini.

      • komentar bung tentang kami umat Islam ingin juga merasakan bahwa NKRI ini milik kami juga (bukan milik asing dan aseng ), yang ingin saya tanyakan jadi walaupun sebagai mayoritas namum belum merasa memiliki NKRI? jadi siapakah pemilik NKRI ini kalau bukan anda2 yang mayoritas yang melindungi kami?
        .kami yang minoritas ini baik secara agama maupun suku (bukan chinesa/india/ ras asia timur), bagaimana kami bisa memiliki NKRI jika yang mayoritas saja belum merasa memiliki.
        cobalah melihat dari sisi kami, agar bisa mengetahui kerisauan kami di luar COG.

        • Petruk dadi Ratu Aseng dadi Pandita on

          BEARBRAND@ Di Bali yg berlaku itu norma Hindu Bali, tidak ada yg ribut, kami umat Islam tidak ribut bahkan menghormati nya. Di Papua dan daerah2 mayoritas kristen juga sama, tidak ada yg ribut ketika kelompok2 keagamaan mengklaim hak keagamaan mereka, mengklaim bahwa tanah mereka adalah tanah kristus. Tetapi didaerah2 yg mayoritas Islam sangat sulit menenggakkan norma Islam karna Islamofobi yg ntah dari mana asal nya terus digaungkan untuk mendiskreditkan Islam. Saya kasih contoh, saya ini sangat setuju jika perda2 syariah dihidupkan di daerah2 yg nilai2 keislaman nya kuat seperti di Jawa Barat, Sumatera barat, Aceh, Riau dan banyak lagi, dan juga saya tidak setuju jika di Jakarta yg mayoritas muslim dipimpin oleh non-muslim seperti hal nya saya setuju kalau Bali dipimpin seorang hindu Bali, di Tapanuli Utara dipimpin oleh protestan batak dll. Nah kenapa kalau saya mendukung perda syariah, lalu akan di label radikal? Kenapa kalau saya tidak ingin Jakarta sebagai ibukota negara dipimpin oleh non-muslim juga akan dianggap radikal? Saya bercita2 suatu saat nanti saya dapat memakai jubah putih dan sorban dalam keseharian saya layak nya Imam Bonjol dan Pangeran Diponegoro, tetapi bagaimana saya bisa percaya diri jika saya tahu saya akan diolok2 dengan sebutan Onta Arab, budak yaman atau bahkan teroris? Tetapi ketika orang lain memilih pakaian barat tidak mendapat stigma yg sama?

          Jika Imam Bonjol, Pangeran Diponegoro dan ulama2 yg berjuang melawan penjajah hari ini masih hidup, apa yg kira2 akan mereka katakan kepada kami Umat Islam yg hidup sekarang? Ekonomi kami tidak menguasai, agama kami pun disudutkan terus, dianggap musuh dan penghalang kemajuan.. Apa yg harus kami katakan kepada pahlawan2 Islam yg ratusan tahun datang pergi silih berganti, patah tumbuh hilang berganti melawan penjajahan asing? Kami malu, kami malu kepada Ulama2 dan pahlawan2 Islam yg telah mengorbankan jiwa dan raga nya demi keadilan dan kemerdekaan, kami malu pada nabi kami, kami malu pada Tuhan kami, kami malu pada generasi penerus kami, karna kami dan agama kami seperti anak tiri di negeri sendiri.

          Bhineka Tuggal Ika berbeda tetapi satu, maka untuk bersatu kita harus berbeda dulu, maksud nya janganlah kami dianggap radikal dan intoleran untuk hal2 yg kami perjuangkan berlandaskan ajaran agama kami, tetapi anggaplah hal2 tersebut sebagai hak, cerminan aspirasi dan kontribusi kami yg bertujuan baik dan konstruktif untuk bangsa ini, karna kami pun tidak pernah menggugat apa yg telah menjadi ajaran, norma dan hak saudara kami yg beragama berbeda. Nah jika ini sudah terjadi, jika kita sudah bisa saling memamahami dan menghormati apa2 yg menjadi perbedaan kita tanpa menghakimi dan stigmaisasi maka persatuan yg hakiki akan keniscayaan dan kegaduhan2 akan hilang. Mari kita saling dukung, bahu membahu untuk sama2 mendapatkan hak sebagai warga negara sesuai dengan nilai2 agama, adat istiadat dan nilai2 kemanusian yg dinaungi oleh Pancasila dan UUD 1945 untuk mencapai kemasyarakatan yg merdeka,berdaulat, bersatu, adil dan makmur, bukan berdasarkan nilai2 yg tidak berakar pada Pancasila dan UUD 1945 seperti Sekularisme, Komunisme, Liberalisme dan isme2 lain nya yg hanya memecah-belah kita. Salam persatuan ya bung!

        • Bagaimana kami merasa memiliki, jika setiap kebijakan penguasa saat ini hanya mementingkan sekelompok orang yang punya modal yang dengan modal yang mereka miliki bisa mempengaruhi setiap kebijakan pemerintah shg praktis sistim pemerintahan dari pelaksana hukum, lembaga perwakilan rakyat, dan pejabat kementerian tidak menerapkan azas kedaulatan rakyat sebagai supremasi tertinggi tetapi azas kepentingan pemodal lah yang dijunjung tinggi.

  56. Tentang penyadapan bpk besar,apakah ada kaitanya dengan penyalahgunaan BIN?
    Yg kita tau sekarang dipimpin oleh mantan ajudan presiden..

  57. kingdom black pirates on

    salam kenal sehat selalu buat bung PR dan seluruh warga patga jadi bung PR bolehkah saya bertanya apakah HRS itu pembelot juga yang harus diwaspadai atau hanya bidak maaf bung PR maklum oon

    • salaam bung KBP,
      ikut menambah wawasan aja ya sebatas yg saya mampu…..jika anda berbicara topik HRS maka itu adl tentang FPI. Perlu diketahui bhw FPR udah ada sejak era rezim Gus Dur, Mega, SBY dan Jokowi……semua presiden2 itu telah merasakan pedasnya sengatan FPI….dan HRS sudah kali kedua dibui….
      FPI itu ormas Pancasila-is dan itu fakta dan merupakan ormas kader. FPI itu dibentuk oleh alat negara sbg kontrol sosial kemasyarakatan ketika aparat penegak hukum dan/atau aparat negara mengalami lesu darah dalam menjalankan kontrol sosial kemasyarakatan……namun tidak berhenti disini, sepertinya FPI juga didesain sbg ormas paramiliter ketika negara membutuhkan.

      agar bung semakin kaya wawasan maka puaskanlah dgn membaca literatur2 sejak 15 tahun lalu dan kontribusinya thd rakyat Indonesia, bangun silaturahmi dgn FPI…maka pertanyaan2 anda akan terjawab sudah dan memberikan kenyamanan sbg sesama anak bangsa NKRI.

      • Ijin bertanya bung BW: (jika)FPI itu ormas Pancasila-is, FPI itu dibentuk oleh alat negara sbg kontrol sosial kemasyarakatan. tanpa bermaksud menyinggung hanya memberikan pendapat saya, yang saya lihat HRS dalam khotbahnya cenderung kotradiktif dengan azas kebhinekaan dalam perbedaan agama dan suku, lalu sebagai kontrol sosial apakah tidak terlalu jauh sehingga melarang atribut bahkan sekedar ucapan hari raya, sehingga terkesan indonesia ingin diterapkan syariat?
        *mungkin saya berada dalam posisi yg tidak searus dalam forum patga dalm beberapa hal, semoga menjadi nilai tambah dalam berdiskusi. salam

        • salaam bung bearbrand,
          menarik diskusinya dan senang bisa sharing ya bung..hahahaha…sesuatu yg kontradiktif bisa jadi timbul krn faktor asumsi/premis bahkan sampai level cara pandang dan jarak pandang yang menyertainya sehingga terkadang jika kita tidak mengkosongkan diri ketika menerima masukan/wawasan/ilmu dari pihak lain maka menjadi susah dan kontradiktif.
          Jika dari sudut pandangku, ceramah HRS memang membawa pesan tegas dan jelas yg masuk dalam koridor Islam dan mana yg bukan dalam bingkai NKRI. Azas kebhinnekaan di NKRI itu adl saling resiprokal dari para pihak. fakta lapangan justru sepihak yg terjadi atas pelaksanaan azas kebhinnekaan…..nach disini lho ruang publik yg tidak seimbang yg mana FPI masuk ketika aparat negara yg berwenang alami lesu darah…..FPI itu hanya berperan sbg stimulan atas fenomena2 masyarakat agar kembali ke jalur koridor NKRI yg mana aparat negara yg lesu darah tadi dgn job desk-nya bisa ayomi dan naungi serta fasilitasi rakyat . kontrol sosial masyarakat yg dilakukan oleh FPI itu hanya sebatas ngingetin, nunjukin dan tidak mengelola. nah kalo ada FPI yg kontrol rakyat yg pakai baju natalan krn rakyat itu bekerja di perusahaan non-muslim, krn memang mengawal fatwa MUI bahwa rakyat yg muslim bisa menolak memakai baju natalan jika tidak nyaman baginya atas tauhid-nya. artinya disini tidak ada paksaan bagi rakyat yg muslim yg bekerja di perusahaan yg pemiliknya adl non-muslim unt memakai baju natalan.
          saya katakan FPI itu Pancasila-is ini bisa dibuktikan dgn program nyatanya di masyarakat. saya lihat, program bakti masyarakat yg terbesar unt tanggap bencana adla saat gempa bumi tsunami aceh 2004 lalu dimana FPI banyak kirim relawan2 unt mencari, menemukan, mensucikan,mensholatkan, dan menguburkan jenazah korban tsunami yg berbulan-bulan itu. hanya dgn modal ikhlas dan tawakkal pd Allah SWT itu relawan2 FPI setia menyelesaikan misinya di aceh. dan banyak program tanggap bencana alam : banjir, tanah longsor, dll yg tidak diekxpose oleh media mainstream yg dikuasai asing+aseng dimari.
          saya saat itu hanya mampu sebatas bersedekah dan berdoa unt para korban tsunami.
          Fakta terakhir yaitu AB212, bung bisa lihat Jakarta memutih dgn jutaan orang kumpul di Monas dan bagaimana FPI bisa menyatu dgn semua rakyat Indonesia termasuk ormas2 Islam lainnya dan majelis taklim yg terlibat dgn berjalan aman, tertib, lancar. itu ummat Islam se-Indonesia ngumpul bareng di AB212…..
          FPI adl ormas biasa, bung bearbrand sama dengan ormas2 lainnya. kontrol sosial itu bisa dilakukan oleh siapa saja di NKRI ini apakah mau pakai entitas yayasan, ormas,perusahaan, dlll bahkan dgn entitas diri sendiri-pun bisa untuk melakukan kontrol sosial masyarakat. bahkan yg menarik nih, bung bearbrand bisa melakukan kontrol sosial masyarakat dimana bung berada….ketika bung melihat ada ruang publik yg belum tersentuh oleh aparat negara (atau kurang ditanggapi) misal di bidang budaya, pendidikan, lapangan kerja, kesehatan, kualitas hidup, lingkungan alam dan manusia, keagamaan, dll.
          #saya bukan anggota FPI, namun saya salut dgn dedikasi dan perjuangan FPI dalam membangun masyarakat NKRI.

        • Bung bearbrand, anda mengatakan azas kebhinekaan tapi disatu sisi anda tidak menghormati ajaran islam itu sendiri. Larangan atribut itu bukan dari HRS tetapi atas fatwa MUI sebagai lembaga ijma di indonesia. Untuk ucapan hari raya sejak saya kecil dan belum ada FPI larangan tersebut sudah ada. Karena konteks hari raya natal bertentangan dengan ajaran islam sendiri tentang status nabi isa bila umat islam mengucapkan selamat natal berarti umat islam menyetujui paham trinitas dan lagi pula tanggal 25 Desember itu sebetulnya hari kelahiran siapa? Ini adalah pemahaman ajaran islam yang dianjurkan kepada umat muslim sendiri dan tidak berlaku bagi nonmuslim. Bagi kami arti toleransasi adalah bagimu agamamu dan bagiku agamaku.
          Bila anda menghormati azas bhineka maka seharusnya anda menghormati dan menghargai umat islam untuk menjalankan ajaran/ syariat agamanya.

  58. apa yang disampaikan Rekan-Rekan Patga dan Para Sesupuh memang benar adanya, dan itu saya alami sendiri, bagaimana mempersatukan perbedaan itu tidak lah mudah dan terkesan agak mustahil, lantas bagaimana jalan keluar lainnya? mungkin ini sesuatu yang terkesan sepele dan mungkin kita juga terutama saya sering melupakan, hal kecil itu adalah sikap Menerima, Menerima bahwa perbedaan itu ada dan nyata, lebih-lebih Sang Maha Pencipta lah yang menciptakan perbedaan itu, jadi bagaimana bisa kita mempertentangkan atau bahkan menyangkal perbedaan ini, jika jelas-jelas perbedaan itu adalah Kita dan Kita ada juga karena perbedaan itu, jadi bukan kah memang indah dunia ini karena perbedaan yang dimilikinya, tinggal bagaimana kita saja bukan menyikapi dan memperlakukan perbedaan ini, mau dengan jalan baik, niat baik, ide yang baik atau sikap yang baik, itu semua bukankah tergantung pilihan yang kita buat, terutama bagi saya sendiri tentunya, sebagai lampu kuning pada diri sendiri. Ada satu hal yang saya pelajari dan ini berdasarkan pengalaman pribadi saya, ” Ketika kita belajar untuk menerima maka selanjutnya kita akan belajar untuk mencintai dan ketika cinta itu sudah datang, maka rawatlah dan biarkan berbunga atau bahkan berbuah”, semoga apa yang sudah diperjuangkan oleh Para Pahlawan Bangsa ini, bisa kita terus jaga dan terus kita perjuangkan dengan masing-masing cara yang kita miliki, dan semoga Indonesia tetaplah menjadi Indonesia tidak kurang satu apapun aamiin, Salam Kencur.

  59. Hehehehehehee
    Salam Patga utk para warrior reader… Sungguh api itu telah menyala..bersiapalah..!!! Genderang perang telah di tabuh seruko telah diteriakkan…. Biarkan para komprador dan penkhianat menikmati napas terakhir mereka..Biarkan mulut mereka terus mengeluarkan kotorannya … Krn sdh tiba akhir mereka kembali dalam kubangan sampahnya sendiri…
    Adios # bersiaplah kita menumpas mereka spt 50 thn yg lalu hingga akar kehidupannya

    • Kang BW,
      Saya siap sedia unt dilibatkan atas panggilan ibu pertiwi. Bismillah… Allah Akbar
      NKRI adl harga mati.
      #edisi liat tanggalan nunggu panggilan bung BW dan bung PR unt rapatkan barisan!

  60. Kingdom black pirates on

    Alhamdulillah tercerahkan bung PW terima kasih atas pencerahannya, dan untuk bung BW insya Allah saya siaap kapanpun karna ini negri tumpah darah saya INDONESIA_RAYA_TERCINTA

  61. Putrakarawang on

    Bung @BW,tolong kabari jika saatnya sudah di mulai..alhamdlah sekali kl bisa berjihad di bumi pertiwi sendiri jadi tidak perlu ke syuriah/palestina untuk mencari syahid… Wlaupun gak bisa apa2 dan tak pernah merasakan berkelahi dr kcil smp dewasa sekarang,insya allah sy siap mati karna allah untuk nkri tercinta..

  62. @bw sy jg dong di ajak..hehehe!

    Skenario besar berikutnya adalah adu kuat 2ormas besar Islam vs FPI. jika ITU gagal maka skenario babad tanah leluhur akan dimainkan secara serentak seperti rampak gendang.

    Rapatkan Barisan,Jangan Mudah di adu domba,Belajarlah melihat situasi DG arif-cermat jg taktis.

    Karena Mrk jg sdh menyiapkan puluhan ribu aset lokal berbayar utk Goal kn rencana besar mrk utk menguasai NKRI sblm 2018..

    • Ayo semua saudara2ku yg tergabung di semua ormas2 Islam di tanah air….. Untuk semakin rapatkan barisan dan perkuat jalur komunikasi dan koordinasi dari level pusat sampai dengan ranting2.
      Solid dan kompak bersama2 melawan mereka yg adu domba dan belah bambu diantara kita.
      Kita buktikan bhw Islam Indonesia adl Besar, Kuat, Solid, Sopan, Cerdas, Peduli, Militan dan Tegas dlm menjaga marwah kehidupan berbangsa dan bernegara dalam bingkai NKRI

      • saya baca di kompas, panglima sendiri menyatakan bahwa paling lambat maret beliau akan diganti. benarkah demikian?

      • Siap…..
        Batang..Dahan..Cabang..Ranting…battle provent.. Rapat…
        Sinyal Jelas aba aba, Nyaring Diterima

        Panah Sendaren Muluk kapindo
        Tandya Wadya Bala, Sakepel Salaku Jiwo
        Ino Mungkur, tinibo layon..

        SIRO KABEH…………………..Tandya..!!!

    • Petruk dadi Ratu Aseng dadi Pandita on

      Salah satu plaform untuk merapatkan barisan sudah dimulai dibidang ekonomi, yakni Koperasi Syariah 212 yg akan mengawali geliat nya dibidang properti dan retail

      Grand Launching Koperasi Syariah 212 pada Januari 2017 lalu
      1) ” Merebut Kembali Kekuatan Ekonomi Umat ” oleh KH. Ma`ruf Amin ( Ketua umum MUI dan Rois Aam NU )https://www.youtube.com/watch?v=9gOovjjZrkU
      2) ” Jihad Ekonomi Melalui Koperasi Syariah 212 ” oleh Ustadz Bachtiar Nasir ( Ketua GNPF-MUI dan pernah menjabat sebagai pengurus Muhammadiyah pusat ) https://www.youtube.com/watch?v=Lfb6V5rI4NY
      3) ” Dahsyatnya Potensi Ekonomi Umat Melalui Koperasi Syariah 212 ” oleh Dr. M. Syafii Antonio, MEc (Praktisi parbankan Syariah yg sudah tidak asing lagi ) https://www.youtube.com/watch?v=qaEBGsxmPPU

      Monggo bagi bung2 sekalian yang mau bergabung silahkan mendaftar dan atau kontak untuk informasi lebih lanjut disini: https://www.koperasisyariah212.co.id/

    • Petruk dadi Ratu Aseng dadi Pandita on

      Salah satu plaform untuk merapatkan barisan sudah dimulai dibidang ekonomi, yakni Koperasi Syariah 212 yg akan mengawali geliat nya dibidang properti dan retail

      Grand Launching Koperasi Syariah 212 pada Januari 2017 lalu
      1) ” Merebut Kembali Kekuatan Ekonomi Umat ” oleh KH. Ma`ruf Amin ( Ketua umum MUI dan Rois Aam NU )https://www.youtube.com/watch?v=9gOovjjZrkU
      2) ” Jihad Ekonomi Melalui Koperasi Syariah 212 ” oleh Ustadz Bachtiar Nasir ( Ketua GNPF-MUI dan pernah menjabat sebagai pengurus Muhammadiyah pusat ) https://www.youtube.com/watch?v=Lfb6V5rI4NY
      3) ” Dahsyatnya Potensi Ekonomi Umat Melalui Koperasi Syariah 212 ” oleh Dr. M. Syafii Antonio, MEc (Praktisi parbankan Syariah yg sudah tidak asing lagi ) https://www.youtube.com/watch?v=qaEBGsxmPPU

      Monggo bagi bung2 sekalian yang mau bergabung silahkan mendaftar dan atau kontak untuk informasi lebih lanjut disini: https://www.koperasisyariah212.co.id/

    • Tepat bung PR, saya lihat situasi sebelumnya mereka berusaha mengadu domba 2 ormas besar tsb. Alhamdullilah skenario ini gagal. Semoga seluruh umat islam di indonesia bisa sadar dan bersatu. Jangan hanya segepok duit kita mengorbankan bangsa ini dan anak cucu kita nanti. Ingatlah harta dan jabatan tidak dibawa mati dan hidup di dunia ini hanya sementara.

  63. ya Allah smoga feeling ane salah,,koq makin lama berasa ada yg memaksa kita utk berontak atas semua kekoplaxan yg trjadi akhir2 ini, apakah dejavu terbalik?? dulu mereka ditumpas oleh TNI dan Islam krn berontak/makar, semoga tdk terjadi hal yg sebaliknya,,,,

    • coba anda baca blognya cahyono adi ttg sejarah komunis di rusia…anda akan mendapatkan gambaran peristiwa disana dg yg terjadi disini. dan kemungkinan2nya.

  64. kingdom black pirates on

    wah bung PR tampak terang benderang dong wujud ular bludaknya sekarang,?? Semoga Allah tetap dan selalu melindungi nusantara tercinta indonesia.
    Alwasy ready any time bung PR jikalau memang harus.

  65. #112 udah dimaklumatkan oleh PMJ tidak akan keluar STTP (ijin giat).
    jika ada aksi massa, pasti ditertibkan.
    massa pasti melawan.
    Info akhir bulan lalu, bahwa ada skenario berdarah hampir jadi nyata.
    Kalo patga melihatnya seperti apa?

    Will scenario getting blast? who is the director?

  66. pejuangzaadul on

    banyak” berdoa untuk NKRI tercinta ini, bung PR dan Bung BW udah kasih warning, genderang perang sudah di tabuh, upaya untuk membenturkan NU dan FPI pun sudah di jalankan namun rencana itu bisa di gagalkan, tinggal tunggu besok aksi 112 aparat akan seperti apa memainkan bola panas ini. masa 112 di tentang tapi kubu aseng di biarkan gelar konser di hari yang sama. klo mau keadilan tegak jangan takut untuk di penjara n dibunuh, semoga acara 112 bisa berjalan tertib dan damai.

  67. …..sinyal kuat perlawanan lewat jalur non-struktural kenegaraan……Ingat: Penguatan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa adalah Pengamalan Pancasila sila kesatu…..Karena NKRI adl negara berke-Tuhan-an Yang Maha Esa dan bukan negara sekuler ataupun negara agama.

    http://khazanah.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/17/02/08/ol1zat320-rais-aam-nu-ulama-bergeraklah

    perumpamaannya: jika para nelayan sudah bersatu padu, maka jala-jala harus ditebar di wilayah teritorialnya para nelayan….ketika waktunya tiba, maka hasil panen-lah yg didapat……sebentar lagi akan digiring dan terjaring itu ikan2komprador dan pengkhianat dari asing +aseng di kolam NKRI.

    Kami ikut dan kami dukung, Kyai Ma’ruf.
    Semoga ormas2 Islam lainnya juga bersatu dan seirama dalam kesatuan gerak yang utuh dengan melihat Kyai Ma’ruf sbg Ketua MUI guna menjaga kedaulatan NKRI dan Pancasila dalam tindakan nyata,konkrit, cerdas yg bisa memperkuat benteng agama/moral tiap anak bangsa.
    Ayoooo…..saudara2ku, bersegeralah merapatkan barisan ummat Islam Indonesia unt NKRI !

Leave A Reply