PENGAKUAN ECONOMIC HITMAN

78

PENGAKUAN ECONOMIC HITMAN

 

dedenew529

Berdiskusi dengan seorang bule yang tinggal di top floor Pakubuwono Residence selama 2 bulan hanya untuk mempelajari ekonomi Indonesia. Setelah itu, rencananya ia akan berangkat ke Mumbay dan katanya dia berencana tinggal di India juga selama 2 bulan untuk mempelajari ekonomi Negara India. Pembicaraan kami berdua cukup intense dan “menegangkan”.

Usianya 65 tahun, kebangsaan Amerika, ras Yahudi. Sebuah spesifikasi SARA yang bagi sebagian “pegiat agama”, dia bisa di ketagorikan “public enemy number one”. Atau bagi “pegiat agama” yang senangnya mencari perbedaan, spesifikasi dia masuk object penderita yang layak di bully.

Tetapi begitu kenal dia, dia seorang parenialist, seorang pluralist, universalist dan economist sejati. Di Amerika dia juga bukan orang yang di sukai semua orang. Dia seorang financial economics, dari kampus ternama Ivy League.

Di Indonesia dia mengumpulkan data, SUN surat hutang Negara kemana saja dan siapa yang ambil, hutang korporasi kemana saja, export import Indonesia, arus keluar masuk barang. Semua di petakan di “mapping”. Dia tahu kelemahan dan kekuatan data terakhir Indonesia. Kegiatannya ini sebenarnya termasuk kategori inteligen ekonomi (economic intelligent).

Sayangnya data ini tidak bisa dilarang. Tidak ada hal/data yang di langgar olehnya. Tidak ada rahasia Negara yang dicurinya. Dia hanya mengumpulkan data publik dan data Negara dengan cara berbeda dengan BPS. Dia juga tidak ABS asal bapak senang. Bahkan dia menganalisa setiap pejabat Indonesia yang memberikan jumpa pers. Dia tahu sekali ini misalnya menteri anu pinter tuh dia tahu masalah atau pejabat anu tahu hanya kulit-kulitnya, atau pemimpin anu dia nggak tahu sama sekali.

Dari setiap perkataan dan kalimat dia analisa pemilihan kata-katanya, mimiknya, gerak tubuhnya, timingnya, konten isi informasinya, arah pembicara, semua ada arti baginya, sang financial economic ini. Dia tidak membaca Koran yang diam/statis, dia melihat video atau tayangan yang reporter (asing) rekam. Oiya catatan, hampir 80% wartawan asing dekat dengan dunia intelijen.

Lalu dia berkata, your country is in bad shape!

Saya bertanya, any proof sir?

I tell you just one, dia berkata yang saya terjemahkan : jika pada bulan Agustus nanti PLN surat hutangnya jatuh tempo, saya tahu PLN tidak punya “uang”. Pasti minta di perpanjang hutangnya di Wallstreet. Apa yang terjadi kalau “saya” tidak perpanjang hutang tersebut. Saya minta bayar, saat itu juga. Apa yang terjadi dengan PLN?

Saya berkata, PLN default ? bangkrut?

Dia berkata, Indonesia pasien IMF dua bulan kemudian!!!. Kalian kan sudah punya bukti, APP Asia Pulp Papernya Sinarmas. Kami tidak perpanjang hutangnya 14 bilion dollar kira-kira 10 tahunan yang lalu bukan? Kok masih juga di ulang lagi sih?

Hanya PLN bikin Indonesia jadi pasien IMF? Saya bertanya

You want to know the rest State-owned enterprise record? Mau tahu catatat lain BUMN? Semua parah!

Kepala saya terbayang pabrik kertas keluarga Wijaya itu kena “hostile take over” dengan gagal dapat perpanjangan surat hutang atau bond.

Dia melanjutkan, BUMN Indonesia ini lucu, yang dilawan bangsanya sendiri. Harusnya BUMN melawan asing, yang swasta belum tentu kuat atau bahkan tidak kuat sama sekali melawan investor asing. Nah ini BUMN indonesia memakan swasta malah kerja sama dengan asing lagi.

Dia tertawa tergelak-gelak. Presdiennya nggak ngerti sejauh ini efek tindakan kebijakan BUMN anda tadi, well, damage is already done. See what happens in the near future, very near!! Dia masih tergelak di ujung kalimatnya.

dedenew231

 

Dia melanjutkan, kredit macet di bank 3 besar (pelat merah), ini karena memaksakan membangun ke sektor tidak produktif, infrastruktur. Bukan salah membangun infrastruktur, tapi bukan untuk daerah yang hanya berpopulasi rendah namun ada sektor produksinya. Negara anda bukan Negara maju, China dan Amerika (tahun 1940-50 di jaman FDR) membangun infrastruktur di saat GDP nya di atas 5000. Indonesia masih 3500 saat ini.

Nggak heran Bank Mandiri beberapa perusahan konstruksi karya-karya mulai menjual asetnya demi membayar beban hutang.hampir semua bank tersebut keuntunganya tahun 2015 di banding 2016, turun separuhnya di tahun 2016 dan di tahun 2017 kembali turun setengahnya.

Yang anehnya, China membeli Newmont di biayai bank nasional. Langung cashless itu bank. NPL Mandiri 4%, NPL BRI 5,6%. Padahal Non Performing Loan ini tidak boleh lebih 3 %. Sakit semua bank besar dan sekarang semua bank tidak sanggup kasih pinjaman BUMN lagi yang tidak likuid.

Puncaknya lagi bank BUMN akan jadi tumbal keputusan kereta cepatnya Rini Soemarno (Rinso), menarik lagi 6 milyar dolar.

Ini yang saya suka dari Pemerintah saat ini, kata si Bapak itu kemudian. Saya pemain uang, ini peluang banget di depan mata, mirip tahun 1997. Puncak gunung es mencair dengan hutang tak terkendali di Indonesia.

What are you gonna do? Saya bertanya.

Dia hanya menaikan dua pundaknya sambil tersenyum. Bukan saya lho yang buat negara ini “not in good shape”. Saya hanya lihat peluang. Saya tunggu Oktober, will see what Indonesian’s government can do, katanya kemudian.

dedenew361

 

Oleh: Mardigu Wowiek Prasetyo

Gambar oleh Patsus Dede Sherman

Share.

78 Komentar

  1. Ups…artikel ini perlu pemahaman mendalam…, tapi yang tersirat…waduh…apabila ini real…(maklum saya bukan ahlinya economy) sepertinya sudah red allert.
    Yang saya heran apakah ga ada begawan ekonomi kita yang mengingatkan ato memang tidak di dengar…. Semoga tidak seperti diartikel ini kenyataannya, walaupun pribadi mersakan hal yang sama…tentang himpitan ekonomi ini.
    Semoga alloh melindungi bangsa dan negara inj, dari segala bentuk ancaman dan kehancuran, aminn…

    • disamping inti artikel tsb di atas, indonesia sedang digarong habis2an oleh internal pejabatnya sendiri, macam aliran sesat e-ktp.

  2. wah ini berat nih artikel. Menurut saya ini akan menjadi rencana jangka pajang yang “memilukan”. Mungkin penuh konspirasi tingkat tinggi. Dengan judul ‘kembali (lagi) ke pangkuan IMF’. Kalau hanya one country saya rasa tidak mungkin ya. Multi konspirasi mungkin. haha ngomong opo aku iki.

  3. Bakulo Wajaro on

    Hehehehehe
    Oktober…Ya gitu dehhhh
    Adios# yg bisa mikir dan waras ngurut dada sambil pegang jidat..yg tol*l kebangetan msh ttp jd tim hore berharap dpt lemparan kroto buat makan siang

  4. Gunung Jati on

    Wadaaaw….Ngeri2 sedap nih dengar Oktober dan berharap hal tersebut tidak terjadi. Jika terjadi negeriku kembali ke titik Nol. Dari titik Nol berharapnya tidak punya hutang dan kembali ke UUD 1945 Asli.

  5. Kuli Bangunan on

    Slm knal bung BW,PR,Hadna,T,NR n smua warga majelis PG..Selama ini sy hny baca” smua tuisn d PG sgt menarik n menambah wawasan..membuat sy ingin komentar bahwa Negara ini sgt kaya dgn SDA nya n Negara ini sbg pemilik colltral dunia yg d jadikan sistem alur keuangan di dunia..knp ngara” lain ada yg bs maju sdngkn negara ini begitu sulit utk maju pdhl menggunakn colltral yg sm..BUMN n orang” d negara ini bnyk yg lp dgn istilah “jgnlah memakan ayamnya tp makanlah or ambilah telurnya”..#kesedihan seorang kuli bangunan#
    NKRI Harga Mati Indonesia Raya Nusantara Gemilang

  6. NPL netto BRI tahun 2015 sebesar 1,2% dan tahun 2016 adalah sebesar 1%, bukan 5,6% seperti kata Bule Yahudi diatas. Entah dia dpt angka 5,6% darimana. NPL netto Bank Mandiri tahun 2015 adalah 0,9%, sedangkan pada tahun 2016 sebesar 1,5%, bukan 4%…. Hati-hati propaganda USA dkk yg selalu menjelek jelekkan & memecahbelah NKRI dari semua sendi kehidupan….

  7. Tunjung biru on

    masak sih se serem itu…..? indonesia kaya brow… lagi giat giatnya membangun og di katakan bangkrut yang bner aja bossss…..?

  8. Ini informasi yg penting,namun perlu di sikapi dengan tepat.croschek kembali apa memang benar .pemerintah harus segera siapkan skenario jika memang benar.tapi tatp hati2 jagn sampai ini sebuah opini ekonom asing yg mengarahkan kita pada suatu keadaan yg dia ciptakan yg justru bisa lebih parah dari 97.Waspada di saat ini adalah sangat penting…serangan asing dari titik yg tidak di bayangkan sebelumx bisa saja terjadi.

  9. Jika ingin maju maka perbaiki infrastruktur…! Tidak selalu harus menilai dari yang berpopulasi tinggi atau rendah. Contoh Infrastruktur jalan trans Papua……! Wilayah itu memang berpopulasi rendah tapi ingat mereka adalah wilayah NKRI juga , maka mereka juga harus menikmati kue pembangunan khsususnya jalan sebagai sarana konektivitas antar wilayah…! Karena dengan pembangunan jalan tsb maka akan ikut merangsang perkembangan sektor lainnya. Bangsa kita saat ini di dorong pelang2 oleh kaki tangan asing untuk meninggalkan warisan leluhur kita “Sistem Ekonomi Pancasila yang berbasis Koperasi…!”, Dengan sloga “Ekonomi berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”. Kita didorong masuk sistem ekonomi kapitalasi yang hanya menghitung untung-rugi seperti pedagang sayur, Pagi jualan sore hitung untung…!
    Miris memang membaca artikel diatas, Tapi Jangan smua di telan bulat2. Ibarat membeli ikan, parti ada tulang dan sisiknya dan bagian itu tidak layak untuk dikonsumsi. Apa pun itu informasi tentang bangsa ini, apalagi dari bangsa asing…. he he… “BOHONG…!. Mereka adalah kaum oportunis yang hanya mencari keuntungan dari penderitaan bangsa lain. Percaya pada kemampuan bangsa sendiri, dan atau “Jangan Pelit kepada Bangsa sendiri”. Itu Judul Artikel ygn pernah tayang diblok ini.
    Sasaran tembaknya jelas jika cermat membaca artikel diatas, Menciptakan ketidak percayaan kepada perbankan nasional Dan Yang kemudian akan mendorong para nasabah untuk beramai2 menarikl uangnya di Bank…! Dan juga ikut menyalahkan pemerintah yang telah melibatkan Perbankan untuk membiayai pembangunan infrastruktur diwilayah berpopulasi rendah/tidak produktif…! Dan Peristiwa 1998 terulang kembali……!. Itu harapan Bangs Asing….!. Merendahkan daya saing kita, menanamkan pola pikir kepada kita hanya terbatas masalah “Perut dan bagian bawa Perut…!. Kemudian mereka dengan enaknya memperkosa habis-habisan SDA kita…!. Kita tentu tidak mau seperti Keledai yang masuk terjerembab ke lubang yang sama…!. Maka bersatu dan berpegang tangan dengan erat itu lebih baik daripada bercerai berai…! Dan saya ulangi lagi, ” Percaya kepada kemampuan bangsa sendiri Dan jangan Pelit kepada bangsa sendiri. “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”.

    • Para patga disini sudah tebal pertahanan nilai2 spiritual dan nasional karena terus dipupuk melalui artikel2, uraian, dan pengkajian oleh sesepuh. Sulit untuk diadu domba, provokasi, atau dipengaruhi pencitraan (seperti yg bung lakukan).
      Menurut bung, ada kebenarannya kah dari uraian di atas, atau lebih banyakkan yang salah dari uraiaan tsb. Janganlah menutup mata anda dengan peristiwa yg terjadi akhir2 ini.

      • Hanya Yang Allah SWT.. yang tau isi hati seseorang Bung.. Jangan berasumsi dengan kata2 adudomba apalagi provokasi dan bahkan pencitraan… Diforum seperti ini wajar ada perbedaan pandangan yg penting dgn batasan2 yang dan etikan berkomunikasi. Perbedaan itu lumrah unt memperkaya wawasan kita. Dan saya tidak perlu menjawab pertanyaan anda yg terakhir cukup cerna coment saya diatas. Salam bung T5

    • —– para nasabah untuk beramai2 menarikl uangnya di Bank…!—- lho itu kan duit nasabah sendiri, ngambil duit sendiri kok dilarang.
      orang awam seperti saya tidak tahu PLN bangkrut atau tidak,tapi kalau dilihat TDL memang ada kenaikan dan itu menjadi beban konsumen/rakyat.
      Monopoli,konsumen tidak pernah nawar. Mana mungkin PLN bangkrut?, masa kalah dengan warung gorengan.
      JIKAPUN PLN bangkrut jadi ingat kata sesepuh PATGA, They are not Human.
      Harap Maklum,…

  10. virus stadium akhir…
    bayangan krismon 97 dan chaos 98 langsung terlintas di hati..

    demokrasi barat mengerogoti pancasila, liberalis n kapitalis menggerogoti moral spiritual bangsa..

    tapi saya percaya, setiap masalah, tantagan, ancaman ada solusinya.. tetap optimis, berdoa dan berusaha.

    Semoga di bulan Oktober nanti Allah SWT masih saya pada negeri ini. Amin

  11. sepertinya ada yg sengaja membuat negara kita menuju ke keadaan yang tidak baik, jika orang luar mengatakan “bukan saya yg melakukannya”, maka dipastikan itu adalah perbuatan pihak di dalam negeri. siapa mereka?

  12. tukang tebak on

    jd ingat Soros, kalo krismon nilai mata uang jatuh nanti pinjam sama IMF dg syarat PT DI, Pindad & PAL tdk boleh memproduksi IFX, Kapal Perang/Selam, Tank Medium, & Rudal Jarak Pendek, Menengah jd sy ulangi sekali lg tdk boleh, utk urusan perang cukup Bambu runcing, Sipet, Busur panah dan juga dg Semangat dan Do’a bersama

  13. Menurut saya, ulasan di atas merupakan warning buat kita akan kondisi ekonomi negara kita. Pengalokasian utang yang tidak tepat akan membawa bencana pada bangsa ini ketika hutang-hutang tersebut sudah jatuh tempo. Apalagi kalau pemanfaatan utang itu hanya untuk mercusuar politik yang tidak ada gunanya. Dimana untuk menggolkan mercusuar politiknya tersebut, BUMN-BUMN dipaksa untuk berutang. seperti pembuatan KA cepat jakarta bandung yang tidak layak, Selain berbiaya tinggi juga mempunyai banyak persaing alternatif dalam jalur tersebut shg menurut saya merupakan suatu investasi yang tdk menguntungkan bagi BUMN tsb. Kasus PLN juga sama, kurangnya inovatif membuat mereka dalam kondisi high cost dan parahnya inefiensi tsb dibebankan ke konsumen dengan kenaikan TDL sampai beberapa kali.

    Yang patut dicermati juga utang swasta, OJK dan BI sebagai regulator harus mencermati betul kredit macet di dalam negeri dan utang swasta ke luar negeri. Jangan sampai kejadian tahun 1998 terjadi lagi dimana banyak terjadi kredit macet yang pada akhirnya membebani rakyat. Utang swasta luar negeri yang jatuh tempo juga perlu dikontrol krn akan mempengaruhi suply mata uang asing.

    Utang yang default akan menurunkan tingkat kepercayaan terhadap ekonomi kita.

    • Belum ada yang perlu dikhawatirkan mengenai kondisi ekonomi RI…. Pembuatan KA cepat bukan BUMN tapi swasta murni yaitu PT. KCIC dan menurut perhitungan sangat layak dan profitable…. BUMN hanya sebagai kontraktor dan Sub kontraktor saja…

      • bung Hanciuan optimis bagus tp hrs realistis
        JAKARTA, KOMPAS.com – Pengamat kebijakan publik Agus Pambagio menilai, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memiliki risiko kerugian cukup besar dalam menggarap proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung.
        Risiko kerugian tersebut terkait besarnya anggaran yang harus dikeluarkan empat perusahaan milik BUMN. (Baca: Anggota Komisi V DPR Menilai, Perpres Kereta Cepat Tak Menyalahi Aturan)
        “Saya melihat proyek ini terlalu mahal, pengembaliannya setelah 100 tahun mungkin baru bisa,” ujar Agus dalam diskusi di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (23/1/2016).
        Pembangunan kereta cepat merupakan proyek kolaboratif konsorsium PT Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC), yang terdiri dari China Railway International Co Ltd (CRI) dan PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI).
        PSBI merupakan gabungan dari empat perusahaan pelat merah, yakni PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Jasa Marga (Persero), dan PT Perkebunan Nusantara VIII (Persero).
        Adapun pembiayaan proyek terdiri dari 60 persen oleh gabungan perusahaan BUMN, dan 40 persen oleh investor China.
        Menurut Agus, proyeksi keuntungan yang diperoleh dari jumlah penjualan tiket kereta cepat Bandung-Jakarta tersebut masih belum pasti.
        Tarif di atas Rp 200.000 per orang dinilainya memberatkan masyarakat kelas menengah.
        Kemudian, target 60.000 penumpang per hari dinilainya belum masuk akal.
        Sebab, menurut Agus, masih banyak kendaraan umum yang kemungkinan lebih diminati penumpang dibandingkan dengan kereta cepat.
        Selain itu, menurut dia, empat perusahaan milik BUMN tersebut diwajibakan menyetor modal hingga miliaran rupiah pada awal pembangunan.
        Anggaran yang besar untuk kereta cepat tersebut dinilainya akan menyulitkan perusahaan BUMN dalam mengelola bisnisnya. (Baca: Tanpa Persetujuan Menteri Terkait, Perpres soal Kereta Cepat Dinilai Maladministrasi)
        Agus khawatirkan perusahaan BUMN pada akhirnya mengambil pinjaman bank untuk menutupi modal besar yang harus mereka bayarkan pada awal pembangunan tersebut.
        Bukan hanya itu, lanjut dia, kesulitan BUMN akan bertambah karena tidak diperbolehkan menggunakan penyertaan modal negara (PNM) untuk membiayai proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, baik secara langsung maupun tidak langsung.
        Penulis: Abba Gabrillin
        Editor: Icha Rastika

  14. silahkan berhutang tapi sesuai kebutuhan dan harus dibawah pendapatan demi mencegah terjadinya gagal bayar selain itu negara harus menambah cadangan devisa terus menerus agar suatu saat tidak usah berhutang lagi kepada asing mungkin jika rakyat kita sudah pada kaya negara bisa berhutang sama rakyatnya.yang tidak boleh terjadi negara berhutang pada negara asing padahal dananya adalah dana rakyatnya sendiri yg diparkir disana.

  15. NPL netto BRI tahun 2015 sebesar 1,2% dan tahun 2016 adalah sebesar 1%, bukan 5,6% seperti kata Bule Yahudi diatas. Entah dia dpt angka 5,6% darimana. NPL netto Bank Mandiri tahun 2015 adalah 0,9%, sedangkan pada tahun 2016 sebesar 1,5%, bukan 4%…. Hati-hati propaganda USA dkk yg selalu menjelek jelekkan & memecahbelah NKRI dari semua sendi kehidupan….

    • Lalu berapa % kebenaran yang dikatakan sibule ini. Apakah treshold kebenaran lebih dr 30%, maka patut diperhitingkan kebenarannya. Mendekati bulan agtus-sept jika kebenaran sudah diatas 60% dan penguasa tidak memasang kuda2 dalam menghadapi kemungkinan yang terjadi dr apa yang dikatakan sibule. Maka patut diperhitungkan bahwa “BOHONG”, ular, dan pengkhianat patut disematkan kepada pemegang kebijakan dan loyalis+pendukungnya yg dengan sadar dan rencana matang membawa negeri ini ke jurang neraka.

      • Dari cerita diatas hanya Profit Bank Mandiri yg datanya benar (Nett profit memang benar2 anjlok). Tapi dijelaskan oleh Direktur Bank Mandiri bahwa turunnya profit perusahaan adalah bukan karena over kredit Infrastruktur yg dikerjakan BUMN. Porsi kerugian terbesar ada pada stagnannya harga komoditi pertambangan yg mengakibatkan pertumbuhan kredit sektor pertambangan terhambat. Terutama sektor Batubara (Tahulah siapa sih pemain swasta batubara terbesar di Indonesia), sekali lagi bukan BUMN….

        • Harga komoditi skg lg membaik bung terutama batubara. Mulai menggeliatnya pasar batubara membuat industri pendukungnya jg ikut naik contohnya kenaikan penjualan truck mining di tahun 2016-2017 ini. Penulis diatas meramalkan masa depan dgn adanya kenaikkan utang 3 bank BUMN tsb. Pembiayaan ini pasti akan membebani bank2 tsb dlm pembayarannya mengingat proyek kereta api tsb memakan waktu yg lama dan butuh investasi yg cukup besar. Apalagi bila cina cukup pintar utk memainkan pasar domistik shg menyebabkan kurs dollar naik di indonesia. Maka 3 BUMN tsb akan cepat berganti KTP.

        • Proyek KA cepat, Bank Mandiri hanya membiayai Kontraktornya, bukan Investorya. Jadi Bujkan membiayai PT. KCIC nya tapi BUMN Karya. Seandainya terjadi Kredit macet, maka Bank Mandiri akan menyita jaminan BUMN. Dengan kata lain, asset tidak akan lari ke LN.

          • Untuk membiayai proyek kereta cepat tsb, bank mandiri harus berutang kpd pemerintah cina. Bila proyek kereta cepat itu rugi maka tdk bisa membayar pinjaman ke bank mandiri tsb dan akhirnya terjadi kredit macet. Yang terkena dampaknya adlh bank mandiri krn mereka sbg penjamin ke pemerintah cina.

    • coemigaring on

      benar..kurang lebihnya gua ga percaya lagi ama bule ato bangsa sipit..SAMA AJAHHHHH…yang brengsek tetep brengsek mau putih kek,mau kuing kek, mau anu nya gede kek..
      kenapa indonesia tidak punya ilmuwan/ahli ekonom yang bagus???yang bukan lulusan berkeley??yang bukan ber kutub ekonomi liberal??

  16. Mulai berpikir mengganti arah kebijakan pemerinth salah satunyaa,memilih pemimpin baru ditahun 2019 yg benr2 pro rakyat bukan pencitraan doank
    Akibtnya sgara amburadul kaya skrg
    Smga rkyt smkin sadr dgn kejadian2 akhir2 ini dinegara kita

  17. Nanti sita aja aset partai moncong putih berikut kadernya, karena petugas partainya bikin bangkrut indonesia.

  18. Jd ingat penguasa asing yg menguasai tambang SDA di Inggris sana untuk mengambil alih Bumi dari Bakrie. Jgn-jgn orang bule yg disebut di atas salah satu kroni nya. Sempat heboh beberapa tahun lalu.

  19. Tanggapan kawan saya chief economist bank terhadap tulisan Mardigu :

    1. Sampai dengan tahun ini PLN punya kelebihan likuiditas dari Penyertaan modal negara (PMN) turun Rp23,6 triliun, subsidi Rp10,9 triliun. Sampai sekarang surat utang PLN di pasar global ratingnya AAA. Jadi kalau memang kinerja PLN terancam defaul , ratingnya pasti dibawah C.

    2. NPL bank naik Kisaran 3-4 % karena sektor pertambangan, sementara bank yang dominan masuk ke sektor retail seperti BRI, BCA masih dibawah 3%. NPL belum terlalu besar dibandingkan dengan India yang mencapai 7,8%.

    3. BANK MANDIRI, dalam hal pembiayaan pengambil alihan saham Newmont oleh MEDCO tidak bertindak sebagai lender tapi lebih bertindak sebagai channeling bank. Resiko tetap ada pada China Development Bank dengan memegang saham sebagai jaminan. Ini skema LBO biasa kok. Emang enggak boleh Swasta nasional gunakan reputasi Bank mandiri untuk dapatkan akses kepada Investor asing berkelas dunia seperti CDB?

    4. Kontraktor nasional BUMN, hutang mereka umumnya adalah kredit konstruksi yang pembayarannya pasti melalui pemilik proyek. Jadi tidak ada utang untuk investasi. Dimana macetnya ?

    5. Kredit kereta cepat di lakukan oleh Konsorsium yang tidak ada kiatannya dengan Meneg BUMN sebagai institusi. Ini murni B2B. Kenapa Meneg BUMN harus tombokin, emangnya proyek negara??
    : minggu ini Empat Emiten baru melantai di Bursa Efek Indonesia. Congratulation!

    • Nah nih baru namannya coment yang csrdas dan berbobot karna berdasarkan data bukan dugaan2 yg menghambah kepada pengamat asing…

    • Kelebihan likuiditas yg disebabkan krn adanya penyertaan modal negara dan subsidi negara sama saja membebani pajak yg dibayar rakyat. Kerugian akibat inefisiensi PLN lah yg mjd alasan buat mereka utk menaikkan TDL smp beberapa kali.

      Proyek kereta cepat memang dilakukan secara B2B tp B2B-nya dgn mengharuskan adanya jaminan dari ketiga bank BUMN ini sbg syarat maunya pemerintah cina utk memberikan utang utk proyek KA ini. Kerugian bagi negara dari proyek KA ini bisa terjadi krn balik modal utk proyek sgt lama krn mahalnya investasi shg pricenya cukup mahal dan low demand krn jarak pendek dan harga mahal dan byk alternatif utk rute tsb shg bila rugi akan menyebabkan ketiga bank tsb cukup terbebani baik cost of fund smp forex. Proyek ini hrs segera diaudit oleh BPK dan DPR krn baik proses pencairan yg super cepat dan ditujukan kemana? juga proses pengadaan bahan baku dan tenaga kerjanya banyak di impor dari cina shg bisa menyebabkan defisit yg luar biasa bagi indonesia.

  20. Kang PR dan Kang BW…. Salam, Kang….
    Mo nanya nich…. Ehmmm jika dibolehkan ttg kondisi dinamis kawasan di tapal batas utara….
    1. Jika konggres pilipino ijinkan ksatria nusantara turun gelanggang di marawi, apa ini bisa dikatakan pelibatan ksatria nusantara yg resmi dirilis gamblang kpd publik? Krn kebiasaan sebelumnya pelibatan ksatria nusantara dalam membantu negara2 sahabat cenderung samar dan abu2.
    Kang….. Satu sisi itu SF -nya samiri lg support ke milisi marawi…. Apa artinya ini bibit konflik yg bakalan dibakar dan dinyalain samiri lewat pintu marawi shg memaksa NKRI unt tampil lugas dan terpublikasi bantuin pilipino hancurkan cabang isis marawi? Yg disini adl pelibatan NKRI dalam menjaga entitas sbg negara berdaulat dan utuh termasuk menjaga entitas negara2 sekitar nya Asean khususnya.
    2. Kang…. Opo iyo itu laskar negeri jiran melayu lg belajar linud dimari? Boleh disharing kah negara2 lainnya yg belajar dimari?
    3. Kang…. Itu lho… Sakjane drama korut – samiri itu bakalan spt apa? Apa diharapkan mbledhos disana kmd merembet ke NKRI sbg mega plan kuasai NKRI ?
    #edisi sinau bar jumatan… Xixixi

    • Bakulo Wajaro on

      Hehehehehehe
      Bung PW ngorek trrus iki bung PR…
      Lha ditakoni ra metu2…piye to kang..?xixixixixixiixi…
      Bung PW…spt yg kita byk ketahui pelibatan TNI dikancah internasional secara resmi hanya dibawah payung pbb…diluar itu hanya ops yg bersifat genting dan menyangkut keselamatan warga Indonesia saja yg memungkinkan ops dilakulan secara resmi, spt kasus woyla, bajak somalia dll. Tp apakah itu berarti ops2 khusus yg lain tdk ada..?hehehehehe
      Tamil eelam yg telah punah dan abu sayaf yg makin tdk bersayap mungkin bisa menjawabnya bung…he he
      Pembantaian pasukan pinoy oleh abusayaf ditahun lalu dimana pasukan pemburu menjadi korban buruannya mencerminkan pengalaman adl guru yg sebenarnya. Apakah tim teknis yg secara resmi dikirim mampu menerapkan strategi tanpa operator lapangan yg sdh terbiasa dgn tugas tsb..? He he yg pasti ulah aburayap semakin berkurang setelah duterte dgn gayanya bengok2 karo asu ..dan kita pun tersemyum maniss semanis gula tebu mindanao..xixixixixixixi
      Utk marawi pastinya ops militer yg dijalankan pinoy bisa lbh efektif walau blm tuntas sepenuhnya, bukankah lbh baik membantu mematikan api di rumah tetangga sebelum api mencapai rumah kita…?terlepas di resmikan media atau tidak..ho ho
      Jiran dgn laskar angin2nya mmg sdh shrsnya belajar dari para penggelar ops linud terbesar negara asia thd musuh penjajah eropanya…ops mandala dan seroja cukup menjadi referensi siapa sesungguhnya operator terbaiknya…
      Adios# bandul nuklir korut sbg penyeimbang tekanan di eropa dan asia…bukankah asia dan eropa bergetar jika mr kim menggerakkannya..???xixixixixixixixi…

    • @PW kongres pinoy pd dasarnya memang menyarankan utk minta advise ke kita dlm skala tertentu dan kita pun memyanggupi dg “Gelar Pasukan” di Tarakan jg intensif SiGNit-Elint-PhotIn melalui beberapa tim aju.

      hasil advise nya adalah mampunya militer pinoy menghadapi Urban Guerillya warfare di marawi.. yakin yg air Raid via KamPret Oviten adalah kru asli Pinoy? hehehe!!

      Jiran yg sdh lakukan serbuan linud terbatas adalah Brunai dg mentor dari Linud Kostrad,PathFinder Paskhas jg Kopassus..ups!!

      • Ternyata keberhasilam pinoy krn dibantu suhunya. Salam utk brunei yg selalu bersama dlm suka dan duka utk mengamankan asia tenggara dari pendudukan isis boneka dajjal.

      • Selamat hari raya idul fitri 1438H, mohon maaf lahir dan batin bung PR dan kepada seluruh Patga. Mumpung masih lebaran hendak tanya sm bung PR ttg marawi, apakah mungkin terjadi proxy war antara samiri dan Indonesia di marawi..?? mengingat samiri sdh disana dan tni juga ‘sudah’ di sana?? seperti yg terjadi di yaman? antara ‘iran’ dan ‘arab saudi’ ….. terima kasih.

  21. Sayang sekali…….dari semenjak patga lahir sampai sekarang tiap malam selalu saya sempatkan untuk membukanya, walaupun hanya sekedar membaca…jujur saya lebih suka hoak coener dan artikel kebangsaan dari pada artikel ini…hem saya menjadi saksi dan pelaku kejadian di tahun 1998….masih teringat jelas ketika kami harus tinggal dikampus satu hari satu malam, karena jalan keluar ada panser dan tank yang menutupinya.. Jadi teringat kata pak ustat di saat shalat jumat…bahwa kejadian di muka bumi ini sudah digariskan….dan tentunya kita tidak boleh berburuksangka pada pelakunya…dimana suatu kejadian pasti ada hikmahnya…tentunya kita harus tetap bersyukur terhadap kejadian itu….ah apa yang akan terjadi dibulan oktober….itulah rahasia ilahi…karena itu terjadi nanti….apakah benar pemerintah sekarang seperti yang kita tuduhkan…mungkin kalaupun benar, memang itu juga sudah digariskan….karena sejatinya kita hanya menjalakan..kita hanya dituntut untuk selalu bersyukur atas kejadian itu….manusia hanya berusaha tapi Allohlah yang menentukan….seberapa kita berusaha pada akhirnya Allohlah yang menentukan bukan….siapa tau setelah kejadian itu kita akan menjadi lebih baik…sekedar saran mari kita mulai dari masing masing diri kita..kalau kita ingin negara maju mulailah dari kita sendiri, heee terkadang kita menhujat korupsi, tapi kita juga melakukannya…bukan korupsi uang tapi korupsi waktu….dimana kita bekerja malah buka patga …..heee bercanda….tapi kalau kita ingin memajukan suatu kaum atau bangsa mulailah pada diri masing masing…..

    • Bakulo Wajaro on

      Hehehehehhe
      Jadi inget kalo ada syuting di acara live tv… Sebelum mulai semua penonton disuruh bertepuk tangan dan direkam dari berbagai sudut dan arah dlm studio..
      Begitu acara dimulai apapun yg trrjadi dilayar tv bahkan kebodohan, kelucuan dan kebohongan yg muncul pun akan diapresiasi dgn tepuk tangan yg telah direkam membahana…ha ha ha
      Adios# tim hore dan cheerleader msh diperlukan utk merebut piala citra selanjutnya bung Dragunov wkwkwkkwkwkwk

      • @kang BW : wah cocok lek niku ehehehehe. Minal Aidzin buat warga PatGa, buat tim hore juga habis lebaran kita becandaan lagi yuk. kalian benar2 jenaka ha ha hap hap

  22. kemandirian adalah sesuatu yg dibenci oleh asingdan asing berusaha memberikan pemimpin yg disukai untuk mengemban misi mereka

  23. Kuli Bangunan on

    Minal aidzin walfaidzin Mohon maaf lahir n bathin di Hari Raya I’dul Fitri ini sy ucapkan utk seluruh warga majlis PG n seluruh Anggota TNI khususnya yg sedang bertugas baik di perbatasan, di gunung n di laut.
    Salam.

  24. selamat hari raya Idul Fitri mohon maaf lahir batin jika ada yg bocor,bledos,banjir bandang.. hehehe!

    Ini Mister pernah kasih masukan kpd tim ekonomi era pak harto jg era SBY! saat era pak Harto tim ekonomi tdk menggubrisny dan jadilah economoc chaos!! apa yg di sampaikan di atas adalah 2mm dri puncak gunung ES bagaimana amburadul nya ekonomi kita khususnya NPL dll.. semoga tdk jatuh di lobang yg sama lagi..

    • Bukan Fan Boy on

      kl g salah boleh nebak y bung PR ,

      Jefrey winters………. ( untuk yang baru kena/era baru ,l silakan di googling siap dia )

      soalnya pernyataannya pernah gw kliping sewaktu sma d tahun 90-an

      hehehee , moga benar

  25. kalo bener artikel di atas.
    betapa bodohnya kita.
    eh bodoh apa di bodohin…
    masih banyak yg tega sama bangsa sendiri.
    gendeng….
    minal aidzin wal faidzin….
    mohon maaf lahir dan bathin…

  26. terlepas benar tidaknya informasi tersebut..
    Sebagai rakyat sy hanya bisa berDOA semoga apa yg dikatakan si bule yahudi hanya sebuah omongan dimeja makan..dan mengharap tdk akan terulang/terjadi peristiwa masa lalu yg sangat merugikan negara…NAMANYA DATA ya bisa saja direkayasa…hehehe
    -http://ekbis.rmol.co/read/2013/09/13/125459/Agar-Dapat-Bonus,-Direksi-BUMN-Manipulasi-Laporan-Keuangannya-
    -http://energyworld.co.id/2016/03/12/kasus-bumn-sejak-juni-2015-keuangan-pt-garuda-indonesia-sudah-dimanipulasi/
    -http://www.academia.edu/24848195/MANIPULASI_LAPORAN_KEUANGAN_PT_KERETA_API_INDONESIA_PT_KAI
    ——-
    Mainal Aidzin wal fa idzin mohon maaf lahir dan batin untuk semua majelis patga

      • hehehe…Memang apa bedanya BUMN th 2005 sama sekarang bung..!!!???.
        Emangnya yg sekarang direksinya MALAIKAT bukan manusia yg tdk terlepas dr Khilaf harta/uang..!!!???
        Mengapa cuma 1 artikel sj yg dikomentari yg 2 lainnya tdk…!!!???
        Coba cari informasi PARTAI mana yg selama ini terbanyak terjerat kasus korupsi..!!!???
        ——————–
        NB:Boleh CINTA tapi jangan BUTA(Realistis)
        Jd ingat lagu Gombloh”Klo CINTA sdh melekat…..rasa coklat…hehehe
        Salam PERBEDAAN dan PERSATUAN [email protected]

      • coba PERHATIKAN tulisan sy yg paling awal:”Terlepas BENAR TIDAKnya INFORMASI tsbt”
        Artinya/Maksudnya;
        Namanya INFORMASI tdk perduli dr mana asalnya bisa benar bisa jg tdk.
        Semoga bisa memahami.
        KEBENARAN itu terkadang bisa datang dr manapun BAHKAN dr seorang anak kecil sekalipun
        ————–
        NB:Boleh CINTA tapi jangan BUTA.(Realistis)

  27. Bung admin,
    kayaknya ada yg terganggu dg tulisan di atas. Tp anehnya kok ga dilawan dg tulisan juga ya. Akan lbh elok kalo tulisan dilawan pake tulisan, data dilawan pake data, biar kami yg awam ini bisa belajar banyak.

    • kok saya secara tiba2 dan tidak sengaja setuju ya dengan bung atas ane ini. Hmm..
      apakah ini namanya takdir??

    • Bukan Fan Boy on

      oow ngerti Ane maksutnya bung Barbie ……….

      apel to apel gitu ???

      hehehe , patga mulai banyak pengikut dadakan sama seperti warjag sebelah

      ane tak nyimak di pojokan nunggu sang expert keluar jawab

      • redraflesia on

        Hehehe.. Iya @bung BFB. . Mudah2an patga gak sama nasibnya dg warung sebelah.. Sayang kalo sampe seperti itu, jadi ajang ngetrol. Mending diem dan nyimak saja kyk ane biar nambah ilmu dan wawasan.. Ketimbang nyampah bikin kotor patga sj

  28. kalau yg saya pahami dari tulisan diatas satu hal yg bikin ngeri2 sedap yaitu tentang jatuh temponya pembayaran hutang PLN, terus hutang PLN yg menggunung itu apa juga kesalahan rezim yg sekarang? bukankah bobroknya keuangan PLN itu seudah terjadi sejak masa orde baru dimana dulu banyak saya dengar setiap pejabat kalau PLN mengadakan pembanghunan Proyek para elit pejabat banyak yg menodong meminta saham tanpa perlu keluar modal? tapi dari tulisan diatas kalau dibaca sekilas semua kengerian tersebut cenderung diasumsikan keselahan oleh rezim yg sekarang pdhl rezim yg sekarang sibuk naikin TDL bukanya juga untuk mengejar defisitnya keuangan PLN serta investasi pembangunan yg sedang gencar2nya dilakukan oleh PLN untuk saudara2 kita yg diluar jawa?

Leave A Reply