SUMBA : Antara Whiskey dan Kelapa Muda

183

SUMBA : Antara Whiskey dan Kelapa Muda

Izinkan saya memetik penggalan syair lagu yang dipopulerkan oleh almarhum Chrisye, Merpati Putih, mohon maaf jika kurang sempurna, maklum saya tidak pernah hapal lagu ini..! Hehehe..!

“Mengering sudah, bunga dipelukan
Merpati putih, berarak pulang
Terbang, menerjang badai
Tinggi di awan
Menghilang, di langit yang hitam…”

Ah, ternyata merpati itu tidak menghilang, justru sebaliknya, dia datang dengan membawa kabar yang sangat menggembirakan..! Terima kasih Tuhan, Engkau telah menjaga dan mengembalikannya ke pangkuan ibu pertiwiku..!

Rasanya cerita kita tentang pembangunan Natuna yang kian gencar, belum habis kita babar. Tak sedikit dari para tetangga kita menjadi kian paranoid..! Lupakanlah..!

Saya ingin mencurahkan kebahagiaan saya atas kabar yang baru saja saya terima. Ternyata analisa dan firasat saya selama ini kian mendekati kenyataan. Sejak awal, saya meyakini bahwa semua alutsista dari US dan Eropa Barat, akan ditumpuk di wilayah barat Indonesia, termasuk heli serang apache..! Alasannya simple, untuk saling mengisi dan melengkapi alutsista yang telah disediakan oleh China. Itu berlaku, jika kita membaca dan melihat China sebagai partner di LCS..! Tetapi sekiranya kita pun harus bertempur melawan China, maka kedekatan kita pada US, akan menjadi sebuah benefit yang sangat berharga. Alutsista US akan menggelontor dengan sendirinya, dan ini secara tidak langsung telah membuat efek deteren yang sangat diperhitungkan oleh China..! Akhirnya, China hanya punya satu opsi, bersahabat dan bermesra dengan Indonesia..!

Apa kabar Palu..? Ternyata tempat ini telah menjadi momok yang menakutkan bagi jiran-jiran kita, termasuklah Malaysia, Brunei dan Philippines..!

Namun barusan saya menerima info yang sangat mengejutkan, karena sebentar lagi tiga kapal selam yang dibeli dari Russia akan segera memasuki arena di Timur Indonesia, tepatnya di pulau Sumba, sebuah daratan Indonesia yang paling dekat dengan Darwin di bagian utara Australia..!

10413355_1566000196967892_7244729465056507844_n

Sempat tidak yakin dengan identitas KS yang akan segera hadir, bukankah yang berjumlah 3 unit itu adalah Changbogo made in Korea..? Ternyata prasangka saya salah. Changbogo akan tetap eksis diperuntukan bagi menjaga perairan Indonesia bagian barat. Artinya, benar bahwa selain memesan 3 unit Changbogo dari Korea, kita juga telah memesan 3 unit KS lainnya dari Rusia..! Tujuannya sudah sangat bernas, musuh kita dari Timur siapa..? Tak lain, Darwin dan Pearl Harbour..! Hehehe..!

Baiklah, kita berbaik sangka saja. Seandainya Indonesia, Australia, US dan China adalah empat sekawan, maka kekuatan dan jaminan keamanan di perairan timur Indonesia akan terjaga dengan baik. Tetapi jika kita harus berperang melawan Australia yang didukung US, setidaknya keberadaan China di Timor Leste bisa sangat membantu, sebelum pasokan alutsista dari Russia datang menjelang..!

Sekedar untuk pengetahuan semua, bahwa negara-negara kroni USA sudah mengidentifikasi adanya hubungan special antara Indonesia, China dan Russia..! Dan hal ini telah menjadi efek deteren tersendiri bagi Australia dalam memandang strategi dan pertahanan Indonesia..!

Sebagaimana China, Australia pun hanya punya satu pilihan, bertetangga dan berteman baik dengan Indonesia..!

Masih ingat dengan ucapannya SBY, ” untuk damai kita harus siap berperang..!”
Maka dunia pun melihat dan menterjemahkan Indonesia sebagai bangsa yang selalu siap siaga untuk berperang..!
Macam-macam, akan tercincang dan mati terpanggang…!

By: Bapak [email protected]

Share.

183 Komentar

  1. Artikel yg makjleb bung yayan,
    ” kroni USA
    sudah mengidentifikasi adanya
    hubungan special antara Indonesia,
    China dan Russia..! ”
    Dua jempol utk anda bung yayan atas info nya..

  2. Terima kasih patku yayan atas artikel nya,sang hulubalang NKRI sudah merapat di perairan selatan siap menerkam musuh dari selatan….

  3. clue clue bung yayan, bung satrio, bung nara, bung pocong, bung tukang sapu emang siiippp..

    ditunggu clue clue berikutnya.. udah lama nggak hoax hoex :lol:

  4. Salut untuk bung Yayan… artikelnya selalu bikin mengkerut kening. Clue2 yang dilepas saling sliwer sehingga butuh energi sejenak untuk dikunyah sebelum ditelan.

  5. Akhirnya bung yayan bawa oleh oleh sekembalinya dari berburu di hutan…makjlebbbb
    Ternyata ramalanku benar belaka

  6. Selamat pagi dan salam hangat untuk bung yayan dan rekan rekan semua
    artikel yang sangat khas dari bung yayan….
    tinggal nunggu bung ps muncul nich….. hehehehehee

  7. satriowibisono on

    sebelumnya sy silent reader di JKGR dan PATGA,.,,,liat komentar di Patga lebih sejuk…dan informasi yang ditawarkan cukup menarik bukan semata copy paste berita yang sudah ada…cuma tolong di patga ini jangan di biasakan PERTAMAX dll kalau ada di hapus aj komen spt itu…just an opinion…teruskan karya kreatif nya terimakasih

  8. Cincang dan panggang…. wah ini masakan apa, bung Yayan? Hahahaha…..
    Boleh dong resenya, atau sekalian masakannya. Hihihi….
    .
    Terkait dengan berita akhir2 ini tentang bahan bakar minyak untuk TNI-AL, kalau pun benar-benar kurang maka semoga segera dicukupi oleh pemerintah agar alutsista yang terang benderang infonya mau pun yang gelap infonya segera melakukan tugasnya.

  9. Pengusaha Coto Makassar on

    Terus terang Bung Yayan ArtikeLnya bagus , Cuman JuduLnya itu Loh bikin bingung , “ANTARA WHISKEY DAN KELAPA MUDA” kenapa tidak “WHiSKEY DAN TUAK SAMA ENAKNYA” he he mari BerOmbak Kencang Ria Cheeers :mrgreen:

  10. Sebuah pulau yg sangat indah dengan keaneragaman budaya & tradisinya dengan letak yang sangat-sangat strategis menjadikannya tempat yang hangat untuk para “hantu laut bersarang”.

  11. Maaf nanya…knp ya senior2 atau sesepuh disini tidak mau melayani tanya jawab seperti ketika mereka msh di JKGR..?padahal masih orang yg sama kan…

  12. Semoga sehat selalu, dan diberikan kekuatan bung yayan, terimakasih paparannya, sesuatu banget kalo bung yayan bercerita, malapah gedang. lanjutkan….

    • satujuuuuu…sigana bung yayan mah dulurna raditya dika lur…buat bung yayan ditunggu lagi kabar beritanya dan semoga sehat selalu..Amiin

  13. yang berada di palu siap untuk menggetok kepala2 ular yang nekat meremehkan NKRI, dan clue bung yayan bisa membuat para hoak2er meriang. saya percaya bahwa TNI kuat,
    nunggu babaran dari para komandan #ngarep.tenan

  14. mimpi basah ato mabuk kecubung!!!

    kalo kilo, lada & amur jelas2 hoax

    tp kalo kerjasama lundin, saab & tni al mengembangkan 2 kapal selam mini alias midget submarine yg akan luncur 2017 itu baru nyata wong menhan & john lundin sdh tersirat menyatakan akan ada pembangunan kapal selam di banyuwangi

    • Saya rasa anda juga mimpi basah / mabok kecubung.. jika anda mengatakan demikian dan anda tetep berkomentar di trit yanga anda anggap mimpi basah sama saja anda sendiri mimpi basah , apakah seluruh pembelian alutsista harus di babar ke masyarakat termasuk anda? :-D

    • Eh ayam… kamu pikir militer itu suka telanjang di koran ama tivi. Lihat sekarang, pak sby bilang kita siap perang. Di tambah lagi latgab pre emptive strike, kalo pake alutsista yg nongol di media apa bisa?
      ditambah lagi menlu kemarin berani mengkritisi hak veto… koq berani?
      Lalu perintah jkw utk tegas kpd maling ikan… coba telaah yg benar… masih ragu dgn negara sendiri?

    • kalau mimpi basah udah dari dulu bung, say udah akil baligh dari umur 10 tahun, kalau mabuk kecubung enggak juga, dilarang agama. kalao hoax hoex berarti anda belum dewasa artinya belum bisa mengunyah info yang diberikan

    • Wah bung Ayam Jago bisa tahu kalau ada kerjasama antara Lundin, Saab dan AL untu buat midget ya….. Setahu saya kerjasama 3 mitra ini adalah untuk Klewang Class II yang memang memakai teknologi dari Saab, dan AL sebagai usernya… Anda bisa kasi artikel tentang kerjasama Midget ini bung Ayam Jago….share lah ke kita2 yg awam ini…..

      Di sini adalah tempatnya berdiskusi dengan santun ya bung….. Mau percaya atau tidak itu hak anda, tapi tolong jaga tutur kata anda dalam berdiskusi….. Salam

      • Bung RAINALDIP jenggotnya udh habis kbakar malah sekarang sluruh bulunya sudah pada angus mereka lg nyari antidotnya sma mama eli dan paman uncle’y….

    • napa bung..?? lagi mabuk kecubung dan mimpi basah ya nte..?? :D

      klo gtu bisa ceritain kenapa Israel nutupin klo mereka punya Nuklir..?? kn kata nte kgk ada rahasia2an untuk alutsista negara mah..

      kn nte ngeraguin klo NKRI punya rahasia soal alutsista.. :mrgreen:

    • Hehehehehehe….. bung AyamJago, otaknya biasa dipakai kagak? kalo kagak, sering diasah dong otaknya bung, jangan cuman simpen ntu otak dan sebagai pelengkap organ kepala aja tuh bung, ato jangan jangan dah tumpul pulak sehingga susah untuk diasah :) ampe nangis darah di mbah google kagak bakalan bung AyamJago dapet info ginian, cobalah buka mata hati dan mata batin anda.

    • Garudadidadaku on

      1 pesan bwt ente ayam katek…jgn bwt rusuh disini….cukup dwarung sbelah aja yg byk perusuh.
      org model ente pergi jauh2 aja…nyemplung sumur ato klaut aja

    • Bung ayam…,datang2 kok langsung ngetrol?? Ane aja belum kenal sama bung Yayan g berani bilang gitu.Emang bung Ayam kenal sama bung Yayan sampe berani bilang gitu?Hargai pendapat orang lain ,yam..

      Apa anda merasa dirugikan dgn info tsb? Anda yg jaga Negara Ini ,yam..?.(Terus2an ngomong Yam jadi laper deh…,inget bubur ayam)

      Anda suruhannya siapa ,yam…lain kali mendingan komen yang membangun…kalo g bisa komen manfaat ,buatlah yang bermanfaat seperti kirim bubur ayam ke sini…(Asli laper ni…)..,udah ah..

    • Bung AyamJago. Sebaiknya tidak serta merta mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas jika anda juga tidak bisa membuktikan.

      Dari link berikut : http://www.beritasatu.com/nasional/229598-kekuatan-milliter-indonesia-diproyeksi-tembus-10-besar-dunia-pada-2019.html

      Dalam berita tersebut, Panglima sendiri mengatakan 5 tahun dari sekarang Indonesia akan tembus 10 besar ranking militer DUNIA.

      Mari berlogika.

      Dari posisi yang sekarang di rangking 19 dunia, berarti akan ada lompatan 9 rangking. Logikanya, apakah lompatan 9 rangking ini bisa dilakukan dengan tempo 5 tahun saja?

      Bisa saja! Indonesia punya uang kok! Tapi harus diingat apakah produsen alutsista sanggup membangun sekian banyak alutsista kebutuhan NKRI mengejar lompatan 9 rangking dalam waktu 5 tahun saja?

      Perlu diingat, Negara lain yang sekarang posisi rangking 1-18 pun tidak tinggal diam loh, mereka tetap membangun kekuatan militer mereka.

      Perkiraan saya, dalam 5 tahun kedepan akan dimunculkan sebagian kecil alutsista yang TIDAK TERPUBLIKASIKAN sebelumnya hasil pembelian sebelum tahun 2014. Kemunculan sebagian kecil inilah yang akan melompatkan rangking Indonesia sejauh 9 ranking.

      Pertanyaannya, jika memang sesuai perkiraan saya yang dimunculkan hanya sebagian kecil saja sudah membuat posisi Indonesia masuk dalam 10 besar dunia, bagaimana jika dimunculkan semua? Rangking……. :D.

      Apakah Panglima mimpi basah dan mabuk kecubung juga bung AyamJago?

      Hal yang belum kita ketahui, bukan berarti hal itu sendiri itu sendiri tidak ada.

      Salam damai bung AyamJago. Mari berdiskusi yang sopan dan santun. :).

    • wah hebat benar anda bung Ayamjago sampai bisa masuk ke menhan dan PT.Lundin :mrgreen: saya aja ga bisa masuk kesana :) bagi resepnya dong bung ayam jago

      • kalau ndan ngurah rai dak bisa masuk ke sana kok bung ayamjago bisa masuk ya. kali sangking ngebetnya mau masuk kesana bung ayamjago sampai2 kebawa mimpi dan sampai sekarang belum juga sadar heheh

      • Tuh kan bung oan baru semalam ane kasih clue sampai ga berani ngasih spasi di coment,eeeh nih hari dah lanhsung di buka ma bung yayan jadi ga greget lagi dooong iiiiih bung yayan jahat(sambil nyobekin baju) sampein salam salam sy aja bung buat bung yayan ya bung tukang sapu,pokoknya ane ngambek 3hari ga hadir.nih biar panas sekalian tuh barang dah datang 3hari yang lalu bukannya 3hari yg akan datang …heehe kabuuurrrr….ada karet gelang…(Eh maaf bukan karet gelang,tapi kondom bekasnya is gambleh sarkem ding)

      • bisa aja bung Tukang Sapu…kan ayamnya dah jadi ayan goreng jadi dibawa masuk ke PT.Lundin dan Kantor Menhan buat jadi makan siang.. :D

  15. bung yayan gak asik nih. harusnya dia kasih clue gak seterbuka itu. kalo gini kapal selamnya gak jadi hantu laut lagi dong.

  16. ademm leeeeh………. siliiiir angineeee……. setelah mampir di rumah tetangga akhirnya saya pulang, dan dirumah memang adem gk kaya dirumah tetangga yang pada sok tauuuu #inilahrumahkuPATGA

  17. kebanggaan akan negeri ini makin tebal dan sang penjaga dan para punggawa makin kuat makin hebat
    ini sungguh khabar gembira…
    twrima kasih bung
    yayan salam hangat selalu

  18. Blog ini kurang rame n dinamis, karena saya merasa mgga ada diskusi dari senior2 n member. Padahal postingan dari Bung Yayan, Bung Satrio, Bung Nara, dll sangat menarik. Setelah ada postingan, ini kok Bung Yayan n senior malah menghilang…

    Ayooo dong para senior…berdiskusi lagi….biar comment2 yg meraguken info dr senior di warung sebelah, sedikit banyak bisa ditanggapi.

    • Mohon dimaklumi sahabat2 smua.. Krn saya yakin mreka tetap akan melihat walau sekilas masukan2 atu pertanyaan2 kita di setiap artikel. Jika waktu luang pasti akan dijawab. Tapi Jika jawaban sudah ada Bisa di refresh di JKR postingan yg lama. Kita smua dan rekan2 pasti punya kesibukan sendiri khan, jadi ayo kita berfikir positif saja. Trims..:D

    • blog inikan termasuk baru bung, tetapi walaupun baru sudah bisa membuat kebanggaan tersendiri karena menurut saya memang sajiannya lain dari blog diluar sana. memang yang baru gabung pasti merasa beda sajiannya dengan blog yang lain sehingga masih ada yang sungkan mengemukakan pendapat. mungkin juga banyak yang shok waktu membaca sehingga kehabisan kata2

  19. Ada ayam mabuk kecubung kayaknya,salah makan..namanya ayam ga bs ngunyah,,asal patok telen,,ya begitu jadinya,dah sana balik kandang ajja..

  20. Celotehan Anda tidak akan merubah sesuatu yg sudah terjadi, Bung Ayam. dan anda tidak harus tau ” Mereka ” ada atau tidak. yg penting anda dpat tidur dengan nyenyak tp malam. salam Indonesia Jaya. dn tak lupa Salam hormat untuk anda.

  21. @Ayam Jago : Ayo klurug yg banter go…kalo pak menhan bilang kita sdh punya Sukrowi 2 skadron dan lebih kuat dari si ostrali hoax dak go..? Ayo jangan cuma kluruk doank, bantah tu pernyataan pak menhan…Kompas sdh beritain lho lontong seKILO sudah ada di bumi Nusantara

  22. hhhmmmm………………..ada yg muntah2 rupanya ayam mabok kecubung nggak trima kenyataan kalo NKRI tambah strooonggg…….., so many secret in this world cannot reveal as u wanna be…….#sambitpake antimoayam jago mabok……..

  23. Sudah bisa ditebak artikel bung Yayan menyejukkan dan enak dibacanya , seperti clue2 yg sudah pernah dibabar oleh Bung Narayana, Satrio, PS dll, semakin jls arahnya. Bukan tidak mungkin jika melihat kondisi perkembangan kawasan yang kian memanas petinggi kita mempersiapkan diri. Dunia militer memang penuh misteri, dan setiap negara pasti mempunyai rahasia.
    Bagi jamaah resmiyah wal picturiyah, seandainya suatu negara selalu mengumumkan alutsista pamungkasnya, maka tak lebih menjadi senjata usang yg mudah dikalahkan. Jjika anda percaya syukur, jika tdk percaya muntah saja.. Gitu aja kok repott…!!

  24. Bung Yayan jalan2 ke hutan mana ya kok oleh2nya maknyusss.. bikin hati ini adem tentrem.
    setiap membaca tulisan bung Yayan jadi makin bangga sama negeri kita tercinta.
    Trimakasih pak SBY, bu Mega, pak Gusdur, pak Habibie, pak Harto & bung Karno.
    terimakasih telah menahkodai NKRI. semoga pemerintahan yg dipimpin pak Jokowi sekarang mmampu melanjutkan perjuangan untuk menuju Indonesia yg lebih baik.
    amin.

  25. Artikel Om Yayan ibarat seteguk Air kelapa muda+perasan jeruk limau+ gula aren ditengah gurun tandus.. Maknyeesss..
    Selalu ada Gelora dlm hati tiap kali tulisan2 buah tangan Om Yayan tayang..
    Terimakasih utk kontribusinya Om. Dan selalu lah berkarya lewat tulisan2 yg membangkitkan rasa Nasionalisme yg mulai luntur & hilang dr diri kami

    • jin kura-kura on

      itu ayam jago mungkin lagi kena tetelo bung jadi gak bisa lama2 keluar kandang takutnya malah kena setruk.

  26. saya koq berpikirnya sedikit oot yah :mrgreen: Bung yayan yang notabane seorang Cheff saja secara gamblang mengatakan semua yang beliau ketahui :D mosok yo tukang masak berani mengatakan bohong secara beliau adalah cheff profesional dan banyak bergelut dengan kalangan kelas atas :mrgreen: saya rasa apapun obrolan yang dilakukan oleh bung yayan bukan sekedar obrolan kita diwarung kopi yang sambil angkat kaki sebelah ke kursi :mrgreen: IMHO

    • Pengusaha Coto Makassar on

      Ass.Maaf mengganggu bung Tukang Sapu kapan kira2 Kehadiran EF typhoon dan RafaLe serta SU35 dipubLish , karna sebagaimana kita ketahui Tahun 2014 akan berakhir . Mohon pencerannya terima kasih :-)

      • kayaknya dah hadir lama kok bung, apalagi yg Su 35 … itu yg buat latihan di sonotan 2012 kan ntu… hehehe….

      • salam hangat bung PCM :mrgreen: sebelum saya menjawab pertanyaan anda saya mau meluruskan kepada anda kalo ID >>>> tukang_sapu <<<<< diwarung sebelah bukan saya :mrgreen: untuk EF typhoon yang nanti nya akan menggantikan f5 tiger batch 1 akan datang paling cepat tahun depan itu pun kalo tidak ada kendala bung PCM :D sedangkan jin rafa sudah ada yang patroli dimari dan pernah saya posting gambar nya diwarung sebelah juga :lol: nah untuk Su35 sebenarnya kita sudah punya dibalik kulit Su plengki kita hanya saja banyak yang tidak mengetahuinya karena si plengki kita itu kulitnya 27 dan 30 :mrgreen: tetapi isi nya bukan lagi hehehehhehe :mrgreen: silahkan anda amati sendiri bung PCM apalagi anda dekat sengan base camp si plengki

        • Pengusaha Coto Makassar on

          Terima Kasih Bung Tukang Sapu atas pencerahannya , iya bung TS disebeLah banyak yang ganjiL , ditanya yang ini eh jawab nya yang Lain , kenapa Lama yah EF typhoon nya bung yaah walaupun di List mengatakan 2014 akan beberapa unit tiba , kok tau bung rumah saya dekat dengan bandara eks , tapi masaLahnya bung teman saya yg itu sudah tidak ada di sini , jadi sy tidak bisa masuk Lagi ke sana ?! Kapan kira2 yaa sesepuh bisa ajak masuk kembaLi ke sana ?! :-(

          • memang benar ada beberapa badai yang datang tahun ini tapi itu hanya sebagai pemanis sales saja bung PCM :mrgreen:

          • Tuuuuiiiiiittt on

            kan pak menhan udah bilang bung, si plengky udah dua grup, satu grup nya ituloh yang ehehem…..

        • bung tukang sapu, terimakasih banyak aas pencerahannya, OOT dikit, untuk pengamanan papua apa ada layangan yg khusus disiapkan disana ya? kalu liat gelagat2nya ane pesimis ama pernyataan ausie/mamarika and the gang yangbilang mendukung papua dalam nkri…. dibelakang kita mereka nikam juga

  27. byuuuhhhh…..sambil minum es kacang ijo …tersedak jua akhirnya baca artikel ini…..
    semakin nyata arah ancaman dan tantangan untuk NKRI dalam 3 th…5th…10th..dst

    ahhh sudahlah…..yang penting right man in the right position and it also means right weaponry in the right position too…..

  28. Ternyata masih ada juga ya yg masuk angin disini, padahal obatnya dah habis ….para sesepuh sedang sibuk menjelang akhir tahun ini karena menyiapkan karpet merah yang panjaaaaaang untuk menyambut “tamu2 yang sangat banyak berdatangan”…tapi kayaknya gak semua masuk rumah sendiri deh, numpang sebagian dirumah tetangga….udah ah ntar dibilang hoax lagi…ntu bung yayan dah ngasih info salah satu tamu apa yang datang…kemarin dah saya bilang, bentar lagi tetangga selatan akan test sesuatu…langsung di jawab ama si lontong ditempatkan disana…10 jempol untuk bung yayan…bisa mengendus info penempatan lontong baru, tanpa perlu berkicau kenal dengan pejabat tinggi atau ngobrol dengan mereka…sotoy plus imho..

  29. Wah, artikel yang sangat menyenangkan, JKR dan PATGA memberi ulasan yang sama menariknya bagi saya pribadi. Ini menambah pengetahuan bagi saya yang orang awam.
    Saya akan selalu membaca ulasan, analisis dari bung NR, Satrio, Yayan dan Ndan Pocong. Salam hangat

  30. jin kura-kura on

    3 KS dari rusia..wooooow sejuk ngebacanya,terima kasih bung yayan untuk informasinya,salam hangat buat bung yayan.

  31. Kangen sama komen dan diskusi dari Bung- bung semuanya yang tidak bisa kusebut satu perastu anatara lain : Bung STMJ, PapaAgusta, Pocong Syereem, Satrio, Yayan, Melectech, NKRI JAYA, Ngurah Rai, Gie, Dexter, Wehr, Afiq 110, Mbah Bowo, Neng Okelah, Preman, Nowyoudont, Lare Sarkem, DeKa, Myun, FA, Antonov, dan bung – bung lainnya…

  32. Bung PCM klu menurut saya nantinya yg akan di publis itu si typon,karena sbgai pengganti F5 yg masa pakai akan berakhir,sementara rafa n su 35 akan tetap menjadi goib,,tentu pertanyaan nya duit nya dari mana membeli barang segitu banyak,yach kita liat aja kedepan rusia ngapain bangun rel kereta api dikalimantan,dan nanti blok yg di kalimantan akan dikelola oleh dan dibantu siapa,,itu sich hasil semedi dan penerawangan saya,pake cmiw ya bung PCM

  33. Ayam mabok kecubung dah ngacir, nyungsep nang septitank. Ayo kawan kita tetap optimis, mari bangkit dari keterpurukan, tak ada yang tak mungkin. TNI kuat bersama rakyat

  34. Wuih…tambah banyak aja kapal selamnya…jadi berapa ya jumlahnya…yang polosan yang parkir di tetangga belum kehitung….mantaff Bung Yayan..terima kasih informasinya

  35. Elegan dan jitu!
    Kemarin, si abot baru saja teler berat karena hmaas canberra.
    Kini, dikirimin lontong sayur kuah vodca.
    Bisa nyungsep ketanah nih. Hehehe!

  36. keren strateginya sungguh racikan yg maknyus, kalo china bertingkah yg notabene pakai tekno timur di lawan pakai tekno barat, sebaliknya kalau australia yg bertingkah pakai tekno barat di lawan pakai tekno timur. mngkn ini yg dimaksud bung yayan antara whiskey dan kelapa muda, jadi antara racun n penawarnya…

  37. Hoax hoax.. besok gw jd nara sumber patga gmn? Gw ksh link interview prajurit TNI AD yg br juara di vietnam kmren.. ayo admin kampret kl lo bukan hoax corner buruan pm ge.. email gw..contact gw..

    • Satrio Suroboyo on

      MAKSUT ANDA apa bung astros ? mau jadi narasumber monggo
      kenapa harus ada perkataan admint kampret,,?
      Nick anda tidak asing bagi saya

      • sabar om Satrio, kayaknya efek penghuni formil K****s pada pindah kemari jadi kebanyakan komentar “murahan dan kurang dewasa”.

    • @Bung Astros kagak pernah makan bangku sekolah ya nte!!!! diskusi yg santun kalau ngak percaya ya mongggo kamprettt

    • Lontong Maker on

      Loh bung astros ini nglindur apa ya? celotehan anda mempermalukan anda sendiri.. buat apa anda ngasih link interview TNI AD di vietnam di trit sini? kepentingan anda apa nyuruh ngontak anda? anda artis apa? :mrgreen: lain kali dipikir dikit yah kalo mau ngerusuhi rumah orang, gak usah memperlihatkan bego nya anda :mrgreen: disini tempat buat belajar mas

    • Maksud anda apa bung astros,kok ngata2in admin,kalo punya link langsung beber aja…gitu aja kok repot,sekalian foto nya ya…

    • Silahkan Bung Astros :mrgreen: kami malah senang kalo ada banyak nara sumber disini :D asalkan tetap menggunakan bahasa yang santun dan terpelajar :mrgreen: karena disini bukan forum orang utan :D

      • Garudadidadaku on

        dateng2 lgsg buat rusuh….kyak kuntilanak lg dtg bulan
        jgn ditanggepin bung ts…maklum kuntilanak…da tmn ny diatas noh si ayam katek :mrgreen:

        • hehehehe :mrgreen: jangan begitu bung garudadidadaku ga baik :D jadilah tuan rumah yang baik bagi setiap tamu nya yang datang.Apalagi sang tamu juga membawa bingkisan yang bisa kita bagi kan disini :D

          • Pak kabar Bung TS, mau tanya neh, jika punya jawabannya, di warung sebelah ane dengar dari salah satu sumber bahwa perusahaan MIG Rusia sahamnya mayoritas telah dibeli oleh pemerintah kita. Gimana menurut Bung?

          • hehehheheehe :mrgreen: Mikoyan Corp memang sudah dibeli oleh kita lewat perusahan tangan ke tiga dan memang saham mayoritas mikoyan kita ambil bung Lem Aibon :mrgreen:

          • Garudadidadaku on

            wah wah…..jgn2 qt bljar ilmu ttg pmbuatn pswat tmpur dr sini y bung TS ?? :D
            btw mig 35 super fulcrum lumyn sakti lho… :D

          • Kalo sahamnya dah kita miliki, apakah teknologi MIGnya boleh kita kuasai/ambil (ngarep.com)? Kira2 perusahaan ketiga milik adek kecil kita yg di utara kan?

      • Kayaknya bung Astros lebih banyak tau drpda admin dan senior2 disini, itu bagus sekali untuk menambah wawasan kami2 yg buta akan pengetahuan ttg TNI dan alutsistanya. Monggo dishare biar kita bs diskusikan dan bs menjadi pertimbangan petinggi2 kita dlm menentukan kebijakan. Asal jangan mabok ya, ntar kepleset masuk jamban… :D

    • Bung astros..,nyebut bung…nyebut..,istiqfar bung…,
      Bung dateng2 kaya kesambet setan nih..,klo g kuat jangan masuk sini bung…,di sini yg jaga lontongnya..om pocong bung…syeremm lagi.

      Oooo…ternyata mau jadi nara sumber…,segitu hebohnya pengen masuk..

      Oya bung ,babar aja no hp,email,alamat + photo ukuran jumbo…,ga usah pm2 an ah,katanya g suka yg ghoib2…..

      Tapi kalo g kuat , di sini baek2 koq bung,disediakan anoa ambulan lengkap driver+awak kabin…

    • Bung [email protected] apa maksud anda bilang admin sini kamprett?? Kalo bung mau jadi admin / narasumber ya monggo.tapi tolong di jaga perkataan anda dengan santun.tentunyankami akan sagat senang punya narasumber lagi.silahkan kalo anda punya data/link yang valid tentang alutsista,anda cantumkan aja.salam

    • Buat ASTROS…kita tunggu artikelnya..kalo gak bsa jgn sok disini, lu bukan siap2…lu jga gak punya manfaat, kayaknya lu erlu ikut blajar paket A,B ato C, sebab gak layak lulusan SMA, S1, S2, ato S3 bicara kyak gto.buktikan kalau ASTROS gak serendah itu…BRANI???

    • Astros… kalo ente mau jadi admin boleh aja, tapi ngga usah ngehina admin disini, emangnye ente siape tong… dari mane ente tau kalo ini hoax?

  38. Tuuuuiiiiiittt on

    lontonge mak ya telung piring, lontonge mak ro telung piring.
    kurang cak, wetengku luwe iki,
    lhaaa lontonge cak man ya opo.
    hehehe…

  39. Di warung sebelah sedang debat seru antara jemaah ghoibiyah dengan jemaah resmiyah..jadi pusing gue….galau…

  40. Makasih Bung paparannya, semoga alutsista kita makin bertambah. Pantesan negara tetangga juga cari KS baru ya….?, mohon maaf jika salah dan semoga semua sehat2 slalu.

  41. Kok masih ada yg muntah-muntah kalo KS milik Garuda itu banyak+tersebar di berbagai tempat ya…belum layangannya belum traktor yg ada meriamnya…ayo kerikan+minum obat bang astros, kalo perlu saya kerik pake gerinda…

    • padahal negara kita luas ya bung setiap daerah pasti susah dimonitor satu persatu, begitu juga dengan alutsista dimanapan bisa ditempatkan gak harus ditempat yang resmi, selain itu segabai strategi TNI mengecoh lawan sehingga kekuatan yang sudah diperkirakan oleh musuh bisa langsung dipatahkan dengan kekuatan kita yang tidak mereka bayangkan sebelumnya. positif aja kita kuat jangan meremehkan kekuatan TNI bagaimanpun juga merekalah yang maju duluan untuk membela dan melindungi kita apabila terjadi perang. mbok yo kita sebagai rakyat memberikan dukungan agar TNI kita semakin percaya diri dengan dukungan dan kepercayaan dari kita karena akan menjadi energi tambah yang positif bagi TNI untuk menjaga NKRI.

  42. Mari kita bangun bersama supaya warung patga ini menjadi tempat yg nyaman untuk bertukar pikiran dengan bahasa yg santun..dan tidak lupa untuk terus memupuk rasa kebangsaan.

  43. Mungkin bung Astros lelah,,cape cari info alutsista strategis ga dapet,akhirnya cm bs menghujat narasumber dan admin yg berkompeten memberikan informasi,,. Silahkan pilih mau masuk grogol,pakem apa kenthingan (RSJ).. sudah tertekan itu hidupnya,,hehe

  44. Sudahlah, keep calm, mungkin aja mereka yang suka nge-junk itu meradang karena traficnya kalah bersaing dengan PatGa

  45. Bung astros dan bung yang lainnya yg senada dan seiman dengan bung astros…kampung patga adalah khusus untuk warga yg benar2 memiliki kepribadian bisa menerima segala perbedaan. Namun semua perbedaan kami tuangkan dalam sikap yg elegan..bukan sikap seperti yang anda tunjukan… isi pikiran anda hanyalah kotoran dan sampah…dan isi kepala yang seperti itu seharusnya anda jangan buang atau tumpahkan disini !!! Bila anda sopan kami pasti segan…kalau you atau kaum seperti dirimu masih berkeliaran disini, tentunya bagi kami hanya satu kata untuk anda ..TENGGELAMKAN…kami tidak mengusir anda untuk keluar dari sini…tapi perbuatanmu sendiri yg menyebabkan anda ditenggelamkan…move on bung !!!

  46. Apa kabar Palu..? Ternyata tempat ini telah menjadi momok yang menakutkan bagi jiran-jiran kita, termasuklah Malaysia, Brunei dan Philippines..!

    Brunei D. saudara indonesia

Leave A Reply