BERKUNJUNG KE YONIF MEKANIS 516/CY

9

BERKUNJUNG KE YONIF MEKANIS 516/Caraka Yudha

51610

Pengurus Yayasan Bela Negara “Patriot Garuda” yang bergerak di bidang Sosial, kemanusiaan dan keagamaan dengan visi :
”Meningkatkan Dan Memperkuat Rasa Cinta Tanah Air, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ,Pancasila Dan Cinta Tentara Nasional Indonesia (TNI).”
Dalam rangka mendukung visi/misi yayasan, maka kami merasa perlu dan berkewajiban untuk menjalin hubungan yang erat serta bersinergi dengan Institusi Negara / Alat Bangsa / Instansi Pemerintah dan pihak-pihak yang berkompeten dan berkaitan langsung dengan visi/misi kami.

Pengurus PATGA juga sedang menjajaki kerjasama pembinaan wawasan kebangsaan dan bela negara kepada member member kami dan bisa ditawarkan kepada Siswa dan Mahasiswa ,juga Kepada Kelompok Masyarakat
Tujuannya agar bisa menyebar luaskan semangat bela negara kepada generasi muda dan masyarakat luas .Maka kami pengurus mengadakan kunjungan ke YONIF 516/Caraka Yudha

Pengurus Patga ditemui oleh Wadanyon Mayor Inf M Iswan Nusi , Danki Mekanis Lettu inf M.Fahry , dan Pasi Intel Lettu Inf Prayitno Handoko.
Danyon nya sedang ada kunjungan ke Luarkota berkaitan dengan konsolidasi Brigade Infanteri.

IMG_0372

Kami pengurus diterangkan bagaimana kegiatan Pelatihan Bela Negara yang sudah dilakukan oleh YONIF 516 , berkaitan dengan “Serbuan Teritorial” yang dicanangkan TNI AD sebagai perwujutan Semangat untuk melaksanakan pembinaan Teritorial dengan “serentak,serius,terarah dan terukur, ” melalui berbagai kegiatan nyata yang langsung menyentuh masyarakat, sehingga diperoleh hasil yang optimal yaitu “TNI yang mencintai dan dicintai rakyat”
Salah satu dari tindak lanjut tersebut adalah melaksanakan pelatihan Kader Bela Negara dengan peserta setingkat Mahasiswa,
Untuk itu setiap Satuan Tempur TNI AD diharapkan dapat melaksanakan pelatihan Bela Negara bagi setingkat Mahasiswa

YONIF 516/Caraka Yudha sebagai Satuan tempur sebelumnya dibawah Korem 084/Bhaskara Jaya dan saat ini telah menjadi satuan organik dari Brigif 16/Wira Yudha, sudah sering melaksanakan pelatihan Bela Negara bagi peserta setingkat Mahasiswa dalam rangka membentuk Karakter ,Mental dan Jasmani dengan tujuan psikis yaitu “Menumbuhkan sikap mental antara lain cerdas,Kritis,Produktif,disiplin, bertanggung jawab, tahan uju,pantang menyerah, dan rasa bangga sebagai warga Negara Republik indonesia “
Selain itu juga membentuk fisik mahasiswa yang kuat dan terampil dan juga mengenal TNI AD dan pembinaan teritorial sebagai wujut nyata ‘Kemanunggalan TNI dengan Rakyat’

Setelah mengikuti kegiatan Pelatihan Bela Negara peserta yang lulus akan mendapatkan sertifikat yang ditandatangani oleh KASAD dan mendapatkan KTA kader bela negara, Hal ini sangat menarik minat kami dan ingin menyebar luaskan kepada khalayak disekitar kami untuk ikut mengikuti pelatihan Bela Negara tersebut

IMG_03755166 5164

SEKILAS Profile Yonif Mekanis 516 Caraka Yudha
Batalyon Infanteri Mekanis 516/Caraka Yudha atau Yonif Mekanis 516/CY yang saat ini dibawah kepemimpinan Mayor Inf Nuryanto Alumni Akademi Militer tahun 1999, merupakan Batalyon Infanteri Mekanis yang berada dibawah komando Brigif 16/Wira Yudha, Kodam V/Brawijaya.
Batalyon ini juga lebih dikenal sebagai Batalyon 516/Branjangan. Yonif Mekanis 516/CY terbentuk pada 14 Desember 1945 dengan cikal bakal Batalyon Gajah Mada Resimen I Divisi VII pimpinan Mayor Soegianto yang berkedudukan di Surabaya.

51695168

Sejarah
Pada Tahun 1947 dengan adanya reorganisasi Maka Batalyon Infanteri II Menjadi Batalyon 116 Resimen 33 Divisi VI dengan pimpinan Mayor R. Bambang Yuwono berkedudukan di Surabaya. Pada 17 Desember 1948 berdiri Divisi I Jawa Timur Dan Batalyon 116 berubah menjadi Batalyon 35/BY Divisi I dipimpin Mayor R. Bambang Yuwono berkedudukan di Kediri.
Pada 1 Maret 1951 sebutan Batalyon Infanteri 35/BY diubah menjadi Batalyon 516 Brigade II Dengan Pimpinan Mayor Anwar Batubara berkedudukan di Blitar.

Pada Tahun 1952 Batalyon 516 Mengalami Perubahan Administrasi dengan menjadi bagian Resimen 17 yang berkedudukan di Mojokerto.
Pada Tahun 1964 Batalyon Infanteri 516 Mengalami Perubahan Administrasi Masuk Brigif 10 yang berkedudukan di Surabaya.
Berdasarkan Surat Perintah Pangdam Viii/brawijaya Nomor Sprin/335/iv/1974 Tanggal 17 April 1974 Batalyon Infanteri 516/bs yang berkedudukan di Surabaya.

Berdasarkan Surat Perintah Pangdam Viii/brawijaya Nomor Sprin/416/iii/1978 Tanggal 20 Maret 1978 Batalyon Infanteri 516/bs Menjadi Batalyon Infanteri 516 Brigif 16.
Berdasakan Surat Keputusan Pangdam Viii/brawijaya Nomor Skep/205/x/1984 Tanggal 30 Oktober 1984 Tentang Likuidasi Tabel Organisasi Dan Peralatan Brigade Infanteri 2 Dan 16, Maka Batalyon 516 Brigif 16 Di Rubah Menjadi Batalyon Infanteri 516 Korem 084/Bhaskara Jaya dan sekarang berubah menjadi Yonif Mekanis 516/Caraka Yudha dibawah Komando Brigade 16/Wira Yudha.

Mako Yonif 516 dan Kompi Mekanik bermakas didepan lapangan MaKodam V Brawijaya Surabaya

Kipan A (Aligator) bermarkas di Sumenep Madura

Kipan B (Beruang) bermarkas di Sidoarjo

Kipan C (Crocodile) bermarkas di Wonocolo A,Yani Sby

Kehadiran Yonif 516 Mekanis adalah untuk mendukung pertempuran, yang membutuhkan seperti kecepatan, presisi, manuver personil. “Dengan adanya Anoa untuk kecepatan manuver dan perlindungan pada personil yang bertugas, sehingga nyawa manusia menjadi berharga,” Tugas pokok dan fungsi Yonif 516 Mekanis ini sama seperti sebelum menjadi yonif mekanis.

Saat ini masih ada 6 unit Anoa di Yonif 516 Anoa dari rencana ketersediaan 52 Anoa pada akhir Tahun 2015 yang terdiri untuk ambulans, yang terdapat mortirnya hingga untuk recorvery.

Di Jajaran Kodam V Brawijaya akan dibentuk Tiga Batalyon infanteri Mekanis .

5162IMG_0383

Akhir Kunjungan kami pengurus Yayasan mendapatkan wawasan baru tentang kegiatan Satuan tempur TNI AD yang ternyata juga mendapatkan tugas pembinaan teritorial yang selama ini luput dari pemberitaan media, Pihak yayasan berjanji untuk mengumpulkan member member agar bisa mengikuti Pelatihan Bela Negara dan mengajak para generasi muda untuk mengikuti pelatihan Bela Negara agar kualitas generasi muda bangsa ini lebih meningkat dalam mencintai Negara dan Bangsanya, dan terwujutnya Manunggal TNI dan Rakyat

Kami pun berpamitan dan kami diberi kenang kenangan berupa Topi khas Yonif 516. Terimakasih atas waktu dan sambutannya

By : Yayasan Bela Negara “Patriot Garuda”
Foto by YPG

Share.

9 Komentar

  1. Program Pelatihan Bela Negara dapat merupakan salah satu solusi dalam meningkatkan rasa kecintaan terhadap negara dengan menyemai benih nasionalisme sedari awal di masyarakat. Maju terus YPG!

  2. Assalamualaikum wr.wb.
    selain berwawasan seseorang harus memiliki tujuan hidup,
    aku saja bingung dengan tujuan hidupku wuehehehe jadi gak jelas akhirnya dan menjadi tidak produktif atau tidak optimal kemampuannya
    tujuan hidupku sebenarnya ingin menjadi patriot bangsa sejalan dengan prinsip keTuhanan
    namun karena terlalu luas jadi bingung caranya, yang padahal banyak caranya namun kurang dalam detail tujuannya sehingga bingung cara pelaksanaannya (seperti saat kita mau memahami kandungan isi Al qur’an tanpa didasari hadist yang pada akhirnya jadi sesat menyesatkan) dan pada akhirnya kurang atau bahkan tidak produktif
    :D

  3. Jogja kemungkinan mengikut kepengurusan patga korwil jateng bung berpusat di semarang.. Masih mudaa kok Bung Andi Bahahahaha

Leave A Reply