TNI Manunggal Membangun Desa

4

IMG_0303

TNI MANUNGGAL MEMBANGUN DESA (TMMD)
Latar Belakang
Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan kelanjutan
dari program ABRI Masuk Desa yang dimulai sejak tahun 1980 dan dilaksanakan
secara terpadu antara TNI, Departemen/Lembaga Non Departemen dan
masyarakat.

Tujuan kegiatan TMMD adalah meningkatkan kesejahteraan
masyarakat, meningkatkan dan memantapkan kesadaran bermasyarakat,
berbangsa, bernegara, bela negara dan disiplin nasional.

Titik berat Program
TMMD adalah di desa miskin, terisolir dan terpencil, serta daerah kumuh
perkotaan.

Kegiatan TMMD dilaksanakan melalui program terpadu lintas sektoral.
Guna membantu kelancaran tugas pelaksanaan TMMD tersebut, maka pada
setiap Departemen/Lembaga Non Departemen dibentuk Tim Asistensi Inter
Departemen baik di tingkat Pusat maupun di tingkat Propinsi

Tujuan Kegiatan TMMD
Tujuan keigatan TMMD adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat,
meningkatkan dan memantapkan kesadaran bermasyarakat, berbangsa,
bernegara, bela negara dan disiplin nasional.
Setelah melalui berbagai evaluasi dan penyempurnaan, program TMMD yang telah berlangsung selama lebih dari 34 tahun ini, semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Program TMMD masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat, karena sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan,daerah tertinggal, terpencil dan terisolir, sehingga keberadaan TNI untuk membangun sarana prasarana dan infrastruktur di wilayah itu masih sangat relevan.

Seirama dengan tekad pemerintah untuk memacu kreativitas dan prakarsa masyarakat dalam pembangunan, maka pola pendekatan TMMD tersebut, sungguh sangat sinkron, dan sekaligus selaras dengan upaya pemerintah mengembangkan mekanisme bottom up, sebagai alih kendali pembangunan yang selama ini bersifat top down. Dalam hubungan Tut Wuri Handayanidengan bottom up, maka yang utama adalah bagaimana masyarakat desa bisa mendefinisikan keperluan dan kepentingannya sendiri, sehingga proses pembangunanbenar-benar dari, oleh dan untuk masyarakat yang bersangkutan secara lebih konkrit lagi, yang kesemuanya itu akan berdampak positif bagi pembangunan pertahanan negara yang tangguh.

Dalam proses pemikiran TNI, untuk mendukung terwujudnya pertahanan negara di daerah yang tangguh, TNI berketepatan memilih TMMD sebagai salah satu bentuk pengabdian, disamping sebagai upaya TNI melestarikan nilai sejarah, terutama nilai Kemanunggalan TNI – Rakyat.

Dari sisi tersebut, maka TMMD dapat dipandang dari dua segi, yakni Pertama, secara substansial TMMD merupakan thesis keterlibatan TNI dalam pembangunanpedesaan. Kedua, dari sisi perakitan atau formulanya, merupakan lompatan metodologi pembangunan, yang mengacu kepada kesederhanaan, kebersamaan dan koordinasi lintas sektor fungsi dari beberapainstansi/lembaga.

​Hal tersebut sejalan dengan tema TMMD , yaitu ”Dengan Program TNI ManunggalMembangun Desa, TNI bersama-sama Polri, Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian,Pemerintah Daerah dan Seluruh Komponen Bangsa lainnya, Kita Optimalkan Pembanguna di Pedesaan Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”.

Oleh karenanya harus di ptimalkan tugas mulia ini, sebagai salah satu langkah nyata untuk mewujudkan serbuan teritorial dengan tujuan merebut hati rakyat, sehingga TNI dapat menjadi prajurit sejati, profesional,selalu mencintai dan dicintai oleh rakyatnya. Kesemuanya itu, semata-mata untuk pembangunan Indonesia yang lebih makmur dan sejahtera. Untuk itu, TNI berbuat yang terbaik, dengan berani, tulus dan ikhlas, serta tetap semangat.

IMG_0352

KERJASAMA KODAM V BRAWIJAYA DAN PEMPROV JATIM

Kerja sama antara Pemprov Jatim dengan Kodam V/Brawijaya melalui pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Jawa Timur telah berhasil merenovasi ribuan rumah tidak layak huni.TMMD merupakan salah satu alternatif solusi bagi pemda dalam meningkatkan percepatan kegiatan pembangunan di daerah, dan menggugah masyarakat untuk berpartisipasi aktif membangun daerahnya.

“Untuk itu, melalui penyelenggaraan TMMD yang terencana dan terlaksana dengan baik, diharapkan dapat menjadi salah satu solusi, sekaligus bentuk peran serta nyata dalam mempercepat pembangunan. Karena kegiatan TMMD ini sangat efektif, baik dilihat dari sisi pembangunan ekonomi, pertahanan keamanan, cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara,”
Dalam menunjang program TMMD ini seluruh SKPD di lingkup Pemprov Jatim memberikan dukungan penuh,

Pembangunan rumah tak layak huni dengan material bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur dilakukan oleh tentara melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Hal ini sesuai kerja sama yang dibentuk antara Gubernur Jawa Timur dan Panglima Daerah Militer V/Brawijaya akhir April 2009.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menganggarkan sedikitnya Rp 50 miliar untuk pembelian material bangunan guna dipakai merenovasi 20.000 unit rumah di Jawa Timur di 20 kabupaten di Jawa Timur. Pembangunannya sendiri melibatkan tentara, sehingga warga miskin tidak dibebani.

IMG_0358

 

IMG_0338

BEDAH RUMAH
Dilingkungan Kodim 0831 Surabaya Timur Kodam V Brawijaya yang digerakan Oleh Letkol Inf HD Arifin Simanjutak .Kegiatan TMMD tahun ini dilakukan dengan Membedah 214 Rumah di wilayah teritorial Kodim 0831Surabaya Timur,

Dikecamatan Rungkut Surabaya Timur Patriot Garuda melakukan Peninjauan kegiatan bedah rumah yang langsung dikomandani dan diawasi oleh Danramil 0831/05 Rungkut Kapten Inf Rozad SH, personil TNI AD benar benar All out membantu membedah rumah warga yang benar benar tidak layak huni
Dikelurahan Medokan Tambak para personil dituntut kerja cepat dikarena tenggang waktu hanya seminggu harus kelar, dikarenakan kegiatan bedah rumah di Koramil Rungkut saja membedah sekitar 40 an rumah

Di Kelurahan Medokan Ayu Utara dilingkungan RT 06,kegiatan bedah rumah milik bpk Mat Ruky di Medayu Utara 28 F ,yang kami tinjau dilapangan malah bukan kegiatan bedah rumah lagi tetapi sudah setara membangun ulang sebuah rumah, Hal ini bisa terselenggara berkat dukungan Masyarakat sekitar dan pengurus kampung
Warga sekitar yang dimotori oleh RW pak Suhardi yang mengerahkan warganya membantu secara moril maupun materiil
di gerakan dan dimpin oleh Babinsa nya pak Buyung masyarakat dan TNI sukses melakukan kegiatan TMMD

Semoga kegiatan TMMD masih terus ada untuk percepatan pembangunan dan yang lebih penting terus terciptanya Manunggalnya Rakyat dan TNI

By Admint
foto by admint YPG

Share.

4 Komentar

  1. Tukang stempel on

    Semoga kegiatan seperti sering diadakan untuk semakin mendekatkan TNI dan masyarakat agar rakyat semakin bangga dengan TNI dan sekaligus menanamkan jiwa nasionalisme kpd masyarakat dan yg tak kalah penting agar TNI membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat

Leave A Reply