Rare Earth dan AASAM

17

dedenew55

BERADU KEPENTINGAN
Senang sekali bisa bertemu dengan sahabat Malaysia dari Kuala Lumpur, yang kebetulan sedang liburan bersama keluarga di hotel saya di Langkawi.
Doktor ahli kimia lulusan sebuah universitas terkemuka di Inggris ini tidak segan menumpahkan kegembiraannya, meski di depan khalayak ramai. Bahkan teguran sang isteri yang berusaha meredam cerocosan mulutnyapun dia abaikan. Saya merasakan kegembiraannya yang amat hangat.
Beberapa tahun lalu, untuk pertama kalinya dia mendatangi kantor saya. Katanya sih cuma pengen kenalan, tapi nyatanya kami harus mengobrol hingga 5 jam. Dia sangat membutuhkan masukan, agar dia dan koleganya bisa menerobos pintu birokrasi Malaysia, untuk menggolkan niat agar Lynas Malaysia Berhad(M), segera ditutup.

Mungkin ada yang masih ingat kasus Lynas di Gebeng, Pahang, Malaysia..? Sekedar mengingatkan, saya coba untuk mengilasbaliknya. Lynas adalah sebuah perusahaan milik Australia, yang sebelumnya diketahui hanya sebagai perusahaan pengolah limbah elektronik.
Namun anehnya, konon perusahaan ini akan mampu mencetak pendapatan hingga RM8 billion/tahun, atau setara dengan Rp25 Triliun lebih/tahun. Fantastis, angka yang sangat spektakuler.
Namun herannya, konon perusaahan akan menghasilkan limbah radio aktif yang cukup besar dan membahayakan..!
Lho, katanya cuma pabrik pengolahan limbah elektronik..? Hehehe..!

Belakangan ternyata diketahui, bahwa Lynas bukanlah sekedar perusahaan pengolah limbah elektronik, meski benar kelak perusahaan ini akan menghasilkan limbah radio aktif yang cukup besar. Jauh dari semua itu, ternyata Lynas adalah perusahaan asing Australia yang akan mengeruk potensi rear earth Malaysia secara diam-diam..!
Sukses, usaha sahabat saya pun kemudian berhasil, dan kini kita mengetahui bahwa Lynas telah ditutup. Namun, apakah segalanya telah berakhir..?
Tidak, pasca penutupan Lynas, Malaysia telah menjadi incaran negara lainnya, Russia..!

Di telinga rakyat Indonesia, kita begitu resfect dengan sikap Russia yang penuh peduli terhadap Indonesia. Seolah-olah mereka ingin bilang, jika kamu diserang Amerika, maka akulah yang akan melawannya. Kurang lebih seperti itulah kesan yang bisa kita tangkap. Indah dan gagah..!
Ya, Russia sangat layak untuk melindungi Indonesia, karena ternyata kita adalah salah satu di antara sedikit negara yang menyimpan potensi rare earth di dalam perut buminya..! Sebagaimana China dan India, konon Indonesia, Malaysia, Vietnam dan beberapa negara di Amerika Latin juga sangat kaya dengan potensi mineral yang satu ini.
Ironisnya, kini kita bisa melihat dengan jelas, tentang misi dan motif persahabatan yang diemban oleh Russia. Meski terkenal sebagai negara yang kaya minyak, namun Russia sangat sadar jika minyak akan habis, dan mengakui bahwa masa depan dunia ada pada rare earth, bukan pada minyak kelapa sawit..!

China sebagai negara pertama di dunia yang mendengungkan rare earth sebagai the next generation power sejak lebih dari 20 tahun lalu, kini telah menjelma sebagai ekspotir terbesar mineral tersebut, yakni hingga mencapai angka lebih dari 90%.
Sialnya bagi Indonesia maupun Russia sendiri adalah, ternyata mineral rare earth yang digunakan dalam industri di USA sendiri, tak lain merupakan produk yang diambil dari berbagai hasil tambang yang dihasilkan oleh fasilitas pertambangan USA yang ada di Indonesia maupun Russia..!
Kita telah kecolongan, dan jangan heran jika usaha pelarangan eksport terhadap bahan baku tambang akan menemukan begitu banyak ganjalan dan hambatan..!

Tidak heran pula, jika belakangan Russia begitu murah dan ramah menawarkan teknologi nuklirnya pada Vietnam, Indonesia, dan kemarin utusan Russia baru pulang dari Putrajaya untuk menawarkan nuklir dan pesawat tempur canggihnya.
Rare earth, ternyata selain sebagai masa depan pengganti minyak, juga diprediksi akan memiliki nilai yang jauh lebih berharga dari nuklir itu sendiri..!

Semoga kita tetap sadar dan waspada, jika begitu banyak negara asing yang merayu dan mendekati kita. Karena selain letaknya amat setrategis, potensi mineral bumi kita juga memiliki banyak nilai yang super fantastis..! Mulai saat ini, jangan pernah terlena..! Kita jaga keutuhan bangsa dan negara, dengan segala upaya, bahkan jika perlu, berkorban nyawa..!
Merdeka, Jaya dan Berdaulatlah NKRI..!

dedenew74

 

 

TANPA KEHADIRAN INDONESIA, AASAM 2015 AKAN BENAR-BENAR ASAM..!
Hehehe..! Apa jadinya jika Australia tetap keukeuh ngikutin kebenciannya terhadap Indonesia, ketika negara tersebut ingin menghelat hajatan militer tahunan terbesarnya yang sudah sangat terkenal, yakni Australian Army Skill at Arms Meeting (AASAM) 2015 di Puckapunyal, Victoria..?

Ternyata mereka sangat sadar, tanpa kehadiran tim elit Indonesia, hajatan itu akan kehilangan pamornya..! Maklum, sampai sekarang, Indonesia masih digdaya mempertahankan statusnya sebagai juara bertahan lomba menembak antar pasukan elit dari berbagai negara dalam tempo waktu yang cukup lama..! Namun perlu kita ketahui, bahwa sebagian rakyat Australia sedang menilai bahwa kehadiran tim elit Indonesia pada acara lomba menembak itu, ibarat sedang mengasah kemampuan untuk membunuh warganya..!

Memang menjadi sesuatu yang amat special manakala ingatan kita belum pulih benar dari peristiwa eksekusi mati para pelaku Bali Nine, tiba-tiba harus menyaksikan para penembak jitu itu di hadapan mata sendiri..! Rasa kagum dan amarah pasti akan berbaur..!
Untuk mengobati sedikit luka hati mereka, maka sebuah alasan yang agak konyol pun bisa mereka perlihatkan. Warga Victoria masih bisa menerima kehadiran militer Indonesia, tetapi mungkin tidak bagi kepolisiannya, karena kita ketahui bahwa yang mengeksekusi hukuman mati Bali Nine adalah team dari Brimob, bukan TNI..!

Lagi-lagi mungkin kita akan geleng-geleng, seandainya mereka juga masih senang dan suka mengkultuskan mitos tentang akan adanya ancaman dari Utara..! Kehadiran team Kopassus TNI di Victoria akan benar-benar menjadi momok yang amat menakutkan di kemudian hari..!

Kepada team Kopassus TNI AD, kami mengucapkan selamat berjuang dan berkarya demi bangsa dan negara. Semoga citra yang engkau persembahkan, semakin mengharumkan nama baik bangsa Indonesia di kancah dunia. Jadikan prestasi sebagai sebuah tradisi TNI..! Kami bangga..!

By Patku Yayan@Indocuisine
Gambar by Google, dan Patsus Dede Sherman

 

 

Share.

17 Komentar

  1. Mantab artikelnya.
    Kasihan si Oz..ibaratnya mau putus hubungan tp gak berani karena Oz lebih butuh Indonesia daripada sebaliknya, mau nantang Indonesia tapi gak punya nyali..kasihan bener.!!!
    Indonesia kaya SDA memang 100% correct, dan kita perlu kekuatan untuk menjaganya dan kekuatan utamanya adalah Persatuan dan Kesatuan. Kekuatan militer sangat penting tapi kekuatan militer tak ada artinya kalau terpecah belah di antara kita sendiri.
    Mari kita rapatkan barisan untuk NKRI.
    Jayalah NKRI
    Jayalah TNI

  2. Maknyuss..
    dari Isu Energi Strategis nyambung ke Kewibawaan TNI sbg raja menembak dikawasan..

    Surga yang minim tembok pelindung, semoga sellu aman dilindungi oleh para Penjaganya..

  3. Bung yayan sya mw tanya. Apa di setiap MBT selalu d pasang ATGM oleh negara pembuatny? Klo iya apa d MBT leopard Indonesia jg ad ATGM ny? Trs Leo 2 RI gmn perkembangannya. Maaf oot nih bung.

    Salam kenal bung slamat bertugas. Sering” posting artikel ya bung. Terima kasih.

  4. stop atau ambil alih perusahaan asing atau swasta yanb menyedot sda yang menguasai hajat hidup bangsa dan nkri, galakkan dan kembangkan bumn untuk mengolah dan memanfaatkan sda utk kepentingan bangsa dan nkri.

  5. itu rare earthnya jenis apa sih…?

    kalau berdasarkan artikel di atas pengganti nuklir..berarti thorium ya..?

    sedang rare earth yang kan ada…

Leave A Reply