Selamat Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2015

24

Selamat Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2015

citoxnew57

 

Ya hari tepat 107 tahun dimana kita kenal sebagai hari kebangkitan nasional

Sedikit Flashback ke masa lalu negeri ini, dimana para pendahulu kita mengikrarkan semangat persatuan

Indonesia 107 Tahun yang lalu …
Sejarah Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei. Kebangkitan Nasional merupakan masa bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan, kesatuan, dan kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Negara Indonesia, yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan 350 tahun oleh Negara Belanda. Kebangkitan Nasional ditandai dengan 2 peristiwa penting yaitu berdirinya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908 dan ikrar Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.
Masa ini merupakan salah satu dampak politik etis yang mulai diperjuangkan sejak masa Multatuli. Pada tahun 1912 partai politik pertama Indische Partij berdiri. Ditahun 1912 itu juga berdiri Sarekat Dagang Islam (Solo) yang didirikan oleh Haji Samanhudi mendirikan, KH Ahmad Dahlan mendirikan Muhammadiyah di Yogyakarta serta Dwijo Sewoyo dan kawan-kawan mendirikan Asuransi Jiwa Bersama Bumi Putera di Magelang Jawa Timur.

Suwardi Suryoningrat yang tergabung dalam Komite Boemi Poetera, menulis Als ik eens Nederlander was (Seandainya aku orang Belanda), pada tanggal 20 Juli 1913 yang memprotes keras rencana pemerintah Belanda merayakan 100 tahun kemerdekaannya di Hindia Belanda. Karena tulisan inilah dr. Tjipto Mangunkusumo serta Suwardi Suryoningrat dihukum dan diasingkan ke Banda dan Bangka, tetapi “karena boleh memilih”, keduanya dibuang ke Negeri Belanda. Namun Di sana Suwardi justru belajar ilmu pendidikan dan dr. Tjipto karena sakit dipulangkan ke Indonesia.

Tokoh-tokoh sejarah kebangkitan nasional, antara lain: Gunawan, Sutomo, dr. Tjipto Mangunkusumo, dr. Douwes Dekker, Suwardi Suryoningrat (Ki Hajar Dewantara), dan lain-lain. Tanggal 20 Mei 1908, berdirinya Boedi Oetomo, dijadikan sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

Sejarah Singkat Boedi Oetomo
Bangsa Indonesia, yang dijajah oleh Belanda, hidup dalam penderitaan dan kebodohan selama ratusan tahun. Bahkan tingkat kecerdasan rakyat, sangat rendah. Hal ini adalah pengaruh sistem kolonialisme yang berusaha untuk “membodohi” dan “membodohkan” bangsa jajahannya.

Politik ini jelas terlihat pada gambaran berikut:

Pengajaran sangat kurang, bahkan setelah menjajah selama 250 tahun tepatnya pada 1850 Belanda mulai memberikan anggaran untuk anak-anak Indonesia, itupun sangat kecil.

Pendidikan yang disediakan tidak banyak, bahkan pengajaran tersebut hanya ditujukan untuk menciptakan tenaga yang bisa baca tulis dan untuk keperluan perusahaan saja.

Keadaan yang sangat buruk ini membuat dr. Wahidin Soedirohoesodo yang mula-mula berjuang melalui surat kabar Retnodhumilah, menyerukan pada golongan priyayi Bumiputera untuk membentuk dana pendidikan. Namun usaha tersebut belum membuahkan hasil, sehingga dr. Wahidin Soedirohoesodo harus terjung ke lapangan dengan berceramah langsung.

Berdirinya Boedi Oetomo
Dengan R. Soetomo sebagai motor, timbul niat di kalangan pelajar STOVIA di Jakarta untuk mendirikan perhimpunan di kalangan para pelajar guna menambah pesatnya usaha mengejar ketertinggalan bangsa.

Langkah pertama yang dilakukan Soetomo dan beberapa temannya ialah mengirimkan surat-surat untuk mencari hubungan dengan murid-murid di kota-kota lain di luar Jakarta, misalnya: Bogor, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Magelang.

Pada hari Sabtu tanggal 20 Mei 1908 pukul 9 pagi, Soetomo dan kawan-kawannya: M. Soeradji, M. Muhammad saleh, M. Soewarno, M. Goenawan, Soewarno, R.M. Goembrek, dan R. Angka berkumpul dalam ruang kuliah anatomi. Setelah segala sesuatunya dibicarakan masak-masak, mereka sepakat memilih “Boedi Oetomo” menjadi nama perkumpulan yang baru saja mereka resmikan berdirinya.

“Boedi” artinya perangai atau tabiat sedangkan “Oetomo” berarti baik atau luhur. Boedi Oetomo yang dimaksud oleh pendirinya adalah perkumpulan yang akan mencapai sesuatu berdasarkan atas keluhuran budi, kebaikan perangai atau tabiat, kemahirannya.

Itu adalah tonggak peristiwa penting dalam sejarah negeri ini …
Tapi apakah banyak dari kita tau tentang sejarah diatas .
Mudah jawabnya yaitu, Tidak .
Kenapa ? . Jawabannya mudah kita lihat generasi sekarang .
Generasi yang dipenuhi kebodohan !!!
Kenapa saya bilang bodoh, karena rahasia umum mayoritas generasi sekarang terlena oleh zaman
Generasi Rusak karena narkoba, Generasi Bobrok karena KKN terjadi dimana mana, Generasi malas karena terlena oleh zaman canggih sehingga malas membuat prestasi untuk bangsa.

Generasi pengkhianat dimana banyak orang menjual bangsa demi mencari kejayaan
Generasi tidak punya identitas dimana generasi sekarang lupa akan budaya dan identitas bangsa sendiri yang telah tergerus oleh arus budaya barat.
Ini Indonesia bung, dimana letak nya berada di bumi timur bukanlah bumi belahan barat
Dan Generasi yang mudah terprovokasi .

Kita lihat sekarang di pelosok pelosok negeri ini, begitu mudahnya kita terprovokasi oleh segelintir oknum tanpa kita tau maksud dan tujuannya.
Buka mata kalian, jangan terlena oleh situasi yang baku yang dirancang agar kita patuh pada mereka .
Buka mata kalian dan lihatlah, Sesungguhnya negeri ini sedang terkoyak koyak nadinya oleh bangsa sendiri dan bangsa lain.
Lihat ke penghujung timur negeri ini, puluhan tahun yang lalu bangsa kita dibodohi
Bumi cendrawasih diperkosa sedemikian ganasnya demi memenuhi hawa nafsu kekayaan negeri barat sana .

Sudah sejak lama mereka menambang disana, alat alat luar biasa canggih menetap bagaikan mesin berjalan
Bahan tambang mahal mereka ambil dengan semau mereka tanpa perduli dengan alam.
Apa yang sesungguhnya mereka cari disana ? . Yang kita tahu hanyalah perhiasan seperti emas dan sebagainya

Tapi bila kita berfikir secara objektif apakah iya hanya emas yang ditambang dengan cost pertambangan yang luar biasa besar ?
Secara logika keuntungan dari tambang emas hanya sedikit …
Lalu kenapa mereka tetap kekeh menetap disana puluhan tahun bahkan meminta perpanjangan kontrak pertambangan lagi baru baru ini
Bahkan ketika kita meminta mereka wajib mendirikan smelter ( bersadarkan undang undang yang baru ) didirikan disana mereka menolak mentah mentah ?

Apakah kita tidak curiga ada sesuatu yang lain yang mereka cari ?
Apakah tidak janggal dan merasa geram ketika negeri ini yang ditambang oleh mereka hanya menerima sangat sedikit dari profit mereka .
Sungguh tidak masuk diakal !!!
Dan lebih lucunya konon tambang disana terdapat bahan yang langka dimuka bumi ini, seperti uranium, plutonium dan sebagainya .

Sungguh masuk diakal bila mereka menolak didirikannya smelter disana dengan alasan apapun
Karena semua hasil tambang akan diketahui oleh olahan dari smelter disana
Mereka kebakaran jenggot bila akhirnya terungkap semua bobrok yang telah mereka tutupi

Lalu sejenak kita lihat panasnya isu yang akan di goyangkan para pemuda pada tepat hari ini
Ya konon terselib maksud untuk melakukan hal inkonstitusional ( maaf bila salah ketik ) yang digalakkan oleh pihak pihak asing yang gerah akan pemerintahan yang baru sekarang
Ya mereka pantas gerah, ketika gebrakkan moratorium yang digalakkan menteri susi membuat dunia tercengang
Tindakan luar biasa dari menteri yang bukan seorang sarjana telah membuat takjub dunia ( menteri yang sarjana kemana aja ? )

Konon katanya karena hal ini pasokan ikan dunia hancur turun drastis
Karena ikan yang dikirim kesejumlah negeri di eropa merupakan hasil curian dari lautan kita
Dan karena pihak eropa sana memblack list ikan hasil curian di negeri kita
Sungguh luar biasa efek gentarnya, sejumlah pihak datang membuat kerja sama dan bahkan ada yang ingin menjegal sang menteri dengan mahar 5 triliun . Sungguh nominal yang fantastis
Tapi puji syukur pada tuhan, menteri kita cinta tanah air, tak mau menjual bangsa demi uang …

Bila kita lihat negeri ini sangat kaya akan sumber daya alam dan lautannya
Hanya kita malas dan dibodohi sehingga tidak mampu mengeksploitasi sendiri untuk pembangunan negeri ini

Kejadian diatas hanya sedikit realita yang terjadi di negeri ini, bila dijabar semua 1 minggu pun tak akan selesai
Tapi ada pesan dari setiap kejadian saudara saudara sekalian
Kita lihat sekarang muncul tokoh tokoh dengan semangat yang menggebu gebu untuk memajukan negeri ini

Apakah kita tidak malu ketika kita bermalas malas dan terlena sedangkan mereka diluar sana bergerak maju untuk bangsa ini bung
Bahkan ketika presiden Ir Joko widodo menyentil kuping kita dengan kebijakan yang katanya kontroversi seperti bbm.
Kita hanya bisa mencibir tanpa berbuat apa apa untuk negeri ini
Alangkah lucunya lagi ketika presiden Ir Joko Widodo menyentil kita ke 2 kalinya dengan kalimat
” Kita hanya mau yang instant instant saja, dan pembangunan melakukan pengorbanan”

Serentak banyak orang yang mencibir beliau dengan keras
Padahal bila kita nilai secara objektif memang benar masyarakat kita hanya mau yang enak enak saja alias instant tanpa mau tau
Dan parahnya lagi tak mau berkorban demi kemajuan negeri ini bahkan ada yang ingin menggagalkan rencana tersebut
Selama 350 Tahun negeri ini terjajah, pendahulu kita berjuang jiwa dan raga merebut simbol suci yang disebut kemerdekaan

Lalu apakah kita masih mau dijajah lagi secara ekonomi …
Sekarang sudah bukan jaman perang secara konvesional tapi psywar melalui pihak ketiga .
Dengan cara menaklukkan suatu bangsa melalui perekonomiannya, setelah berhasil tinggal mendikte negeri tersebut sesuai kemauan mereka …
Jawabannya apakah kita mau saudara dan saudari saya sekalian terus menerus menjadi budak dan dijajah oleh asing ?

harkitnas

Ingatlah 2 kalimat dari Bung Karno, yaitu

” Bangsa yang Besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarah bangsanya sendiri ”
Dan
” Perjuanganku lebih mudah karena melawan penjajah, tapi perjuangan kalian lebih berat karena melawan bangsa sendiri ”

Saudara dan saudari sekalian mari mulai dari sekarang 20 Mei 2015, Pada Hari kebangkitan Nasional ke 107 .

Kita galakkan semangat perubahan dan revolusi mental yang digagas Presiden kita Ir Joko Widodo.

Mari kita maju berpegang erat, Hentakkan Bumi dan Tunjukkan Pada Dunia bahwa Indonesia adalah Negara yang Berdaulat yang mampu berbicara dimata dunia … MERDEKA !!!

*Saya Mohon Maaf bila ada salah salah kata dan pihak yang tersinggung oleh kata kata saya

Suara Anak Bangsa
By Bung Yuda Oktavianto

gambar by Google dan Patsus Citox

Share.

24 Komentar

  1. Naga Samudra on

    Tulisan diatas hasil karya member atau Pembaca Patga yang dikirimkan ke admint , kami mengaprisiasi setiap Tulisan yang dikirimkan yang sesuai visi misi kita untuk NKRI, Pancasila dan TNI
    Silahkan ditanggapi dan silahkan Bung Yuda Oktavianto juga menanggapi setiap koment dengan menjaga suasana diskusi yang menjunjung azas azas Pancasila ..
    monggo

    • Makasih bung sudah dijadikan artikel, saya gak nyangka . Makasih juga ad bagian yg dipotong karena bisa rancu contohnya waktu saya tulis di forum k****s . Dan terima kasih sekarang forum ini sudah bisa saya buka kembali 🙂

      • Ekh gak ada bagian yang dipotong . Maaf bung saya salah lihat . Harap dimaklumi baru pulang dari kerja malam jadi mata salah lihat . Hehehe

  2. Dibaca makin dalem menarik helai nafas dalam dalam… Tulisan bung Yuda mewakili jeritan putra putri ibu pertiwi (thks berat bung) yang sampai pada masa kini masih dibelengu bernama ekonomi penjajahan.

  3. Gunung Jati on

    Bung Yuda kalau boleh tanya apa gebrakan dari pak Jokowi kedepan agar perekonomian dan daya beli masyarakat meningkat ? Karena terus terang stabilitas ekonomi saat ini masih lebih baik jaman pak SBY. Kami para wira usaha perdagangan otomotif seperti mengalami lesu darah karena daya beli masyarakat menurun dan hampir semua usaha yg berhubungan dengan dalam negeri menurun drastis bahkan banyak yg tutup. Bisa tolong di bantu bung Yuda. Salam hangat bung.

    • Para pedagang gypsum,asbes,eternit,cat dan keramik juga banyak mengeluh karena sepi.
      tenang saja bung Gunung Jati masih banyak temennya.
      peace… 😀

    • Maaf bung kalau soal hal itu saya kurang tahu, karen saya hanya kalangan rakyat biasa bukan dari ekonom .
      Tapi yang saya lihat sekarang, memang daya beli dan usaha didunia sedang menurun, dan disaat seperti ini saya lihat pak presiden kita sedang membangun kerja sama dengan RRT dalam hal infrastruktur . Perjuangan untuk memajukan ekonomi bangsa butuh pengorbanan dalam hal investasi, tapi yg pasti suatu saat akan berbuah manis. CMIW

  4. the they meet on

    saya pikir artikel dari bung SS begitu nasionalis ternyata dari bung YUDA, terima kasih atas artikelnya bung yuda
    memang generasi sekarang banyakan maunya serba instan kurang mau berkorban untuk negara n bangsa (kalo untk sendiri ga tau yah),sebenarnya visi pemerintahan sekarang sangat bagus cuman implementasinya masih kurang,jika saja pemerintah dan rakyat mau berjuang bersama niscaya hambatan” yg ada akan mudah dilalui dari pada saling mencaci seperti yg terus terjadi sekarang baik di pemerintahan ataupun di masyarakat sendiri.

    • Wah suatu kehormatan tulisan saya disandingkan dengan bung ss . Tapi tulisan saya masih demikian sederhana, jauh berbeda dengan tulisan bung ss yang ketika membacanya nasionalis kita terasa menggebu gebu …
      Saya setuju bung dengan apa yg anda utarakan, tapi yang pasti kita sebagai rakyat wajib mensupport pemerintah dalam hal pembangunan
      Karena pemerintah tanpa rakyat akan percuma
      Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh . CMIW

  5. ngomong in generasi muda, saya sering melihat pemudi/cewek remaja yg lewat jalan depan rumah pake baju ketat pake rok tinggi. apakah orang tua mereka tidak risih dan tidak melarang. bukankah lebih baik menasehati supaya anak perempuan memakai baju yg sempurna, berperilaku sopan dan santun, serta bisa menjaga diri dihadapan teman nya dan orang2 di sekitarnya. tanpa larangan apalagi nol pengawasan dari orang tua pergaulan bebas anak anak muda kita hanya soal waktu. sex bebas, narkoba, dst. akan kah kita menyerahkan nasib anak-anak muda kita pada keberuntungan semata?

    ketika pikiran anak-anak muda kita dipenuhi nafsu, kesenangan pribadi, kehidupan mewah yg jauh melebihi fungsi nya, masih adakah cukup ruang memori di otaknya untuk menyempurnakan sisi akademis? bagi saya sejumlah kecil anak muda kemungkinan masih bisa, tetapi tidak untuk pemuda/pemudi lain nya dengan segala keterbatasan masing-masing.

    juga sering liat pemuda/ remaja laki-laki naik sepeda motor tanpa helm (entah punya sim atau belum). ironisnya mereka berangkat dari rumah yg otomatis diketahui orangtua nya yg sadar atau tidak sadar mulai menanamkan kebiasaaan melanggar peraturan. jadi, apakah rusaknya generasi muda sepenuhnya kesalahan anak-anak muda kita sendiri?? apakah kalimat “buah masak jatuh tak jauh dari pohonnya” masih berlaku??
    semoga generasi muda kita semakin baik. amin.

    • Amin, soal hal seperti itu , memang kembali kepada ajaran orang tua, tapi lingkungan dan media pun mempengaruhi tapi pada akhirnya mental dari anak muda itulah yang menjadi kunci mau jadi seperti apakah anak muda tersebut. Cmiw

    • Tukang Ngitung, PhD. on

      Malah ada orang tua yang bangga anaknya yang baru berumur 10-11 tahun bisa mengendarai sepeda motor padahal belum cukup umur dan anak2 seumur itu belum bisa memperhitungkan resiko yang ditimbulkannya.

      • saya juga heran bung dengan pola ajaran seperti itu, apakah tidak melihat dan menimbang efek negatifnya nanti …

  6. Intinya kembali kepada dasar negara PANCASILA dan UUD 1945 kembalikan ke dalam aslinya tanpa amandemen insya ALLAH kita selamat…satu lagi segera berantas lsm gak jelas. Radikalisme, dan kita sebarkan benih benih persatuan melalui media mainstream jangan seperti sekarang media berlomba lomba menampilkan hedonisme, kapitalisme, demokrasi transaksional semoga cepat sadar wahai saudaraku

  7. Kalau tidak salah manusia diberi 3 hal oleh tuhan:
    1.Akal.
    2.Hati.
    3.Nafsu.
    Dari 3 hal diatas mana yg jadi guide(penunjuk jalan) dalam kita menjalankan hidup?
    akal, hati atau nafsu?
    Dimana letak revolusi mentalnya?(perasaan aku sendiri yg gagal paham disini) 😀

    • Terima kasih bung atas pertanyaannya . Menurut pandangan saya revolusi mental ialah ketika akal,nafsu dan hati selaras.
      Keseimbangan yang terjaga antara 3 hal tersebut saya yakin membawa cahaya untuk tercapainya revolusi mental . CMIW

    • yang saya pelajari dari buku dan pelajaran ketika masih sekolah dulu menggunakan kosa kata dijajah bung, silahkan dibabar istilah yang bung @MASBB maksud, share ilmu yang ane maksud , hehehe 🙂

  8. CiluuukBaaa on

    Low untuk urusan alutsista seh dijajah ama rusia juga gpp tuh,rudal iskandar,topol M,yankhort,SU35,pakfa,armata,kirov cllas,borey dll semua yg di pakai tentara rusia di kopi paste ke TNI tanpa di turunkan speknya,biar gak dapat TOT asalkan biaya perawatan dan upgred tiap perkembangan gratis pasti terooong dah TNI,kita dah merasakan tuh efeknya di tahun 60an tanpa perlawanan sengit londo ngacir tuh,india,cina sebetulnya ikutin langkah kita saat itu,sekarang malah vietnam yg ikut kancah kopi paste.

Leave A Reply