Upacara memperingati HARKITNAS di Grahadi Surabaya

4

Upacara memperingati HARKITNAS di Grahadi Surabaya

IMG_1183

Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengadakan Upacara Bendera memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke 107 Thn
Kegiatan upacara bendera dilaksanakan tepat Pukul 08.00 Pagi Rabu Tanggal 20 Mei 2015 dihalaman Gedung Grahadi Jalan Pemuda Surabaya
Patriot Garuda berkesmpatan menghadiri dan meliput Jalannya Upacara tersebut

TEMA Harkitnas ke 107 Thn:
MELALUI HARI KEBANGKITAN NASIONAL KITA BANGKITKAN SEMANGAT KERJA KERAS MEWUJUTKAN INDONESIA MAJU DAN SEJAHTERA

Tema ini mengandung makna bahwa Kebangkitan Nasional sekarang lebih difokuskan pada perwujudan kerja nyata dengan bekerja lebih keras dan bukan sekadar pengembangan wacana. Tuntutan untuk terus maju dan mewujudkan Indonesia sebagai Negara sejahtera telah menjadi pemicu pentingnya merealisasikan semangat kebangkitan nasional dengan kerja keras, kerja cerdas dan produktif.

IMG_1198harkitnas2

Peserta upacara dihadiri oleh Pejabat pejabat Daerah tingkat Provinsi baik dari Pejabat Sipil, Militer dan Polri,
Upacara yang dipimpin Gubernur Jawa Timur Bp Soekarwo tersebut juga diikuti prajurit TNI – Polri, Pegawai Negeri Sipil, Mahasiswa dan pelajar tingkat SMA di wilayah Surabaya. Bertindak selaku Komandan Upacara yaitu Letkol Mar Freddy Ardianzah yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Batalyon Infanteri-5 Marinir.

Kegiatan yang dihadiri Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Eko Wiratmoko, Komandan Kobangdikal Laksda TNI I.N.G.N Aryatmaja, Kapolda Jatim Irjen Pol Anas Yusuf, Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf, Kasgartap III Surabaya Brigjen TNI (Mar) R. Gatot Soeprapto, Wagub AAL Laksma TNI Deddy Muhibah Pribadi, Komandan Pasmar-1 Brigjen TNI (Mar) Kasirun Situmorang tersebut juga dihadiri Para pejabat TNI – Polri di wilayah Surabaya.

Kegiatan diawali dengan pengibaran bendera merah putih, pembacaan Pacasila dan Undang-undang Dasar 1945, serta pembacaan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo selaku Inspektur Upacara.

Sedangkan Barisan Upacara diikuti oleh satu Kompi Pegawai dari Lingkungan Pemprov, Satu peleton dari WARA TNI dan POLWAN, Satu peleton Prajurit TNI AD, Satu peleton Prajurit dari TNI AL, Satu Peleton Prajurit dari POLRI, Satu Batalyon Pemuda dari Pramuka ,KNPI, GM FKPPI dll,
Patriot Garuda hadir bersama Ketua PC 1330 GM FKPPI Bapak Aditya Sumantri dan Pengurus Daerah Jawa Timur GM FKPPI

Gubernur dalam Pidatonya membacakan amanat dari Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan : setiap tanggal 20 Mei bangsa ini memperingati Hari Kebangkitan Nasional, hari yang menjadi momentum perjuangan seluruh rakyat Indonesia. Kebangkitan Nasional merupakan masa bangkitnya semangat Nasionalisme,persatuan,kesatuan dan kesadaran sebagai sebuah bangsa untuk memajukan diri melalaui gerakan organisasi modern yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan.

Kita lihat sejarah kebelakang Dokter Wahidin Soedirohoesodo dan Dokter Soetomo telah menanamkan konsep perjuangan intelektual lewat pembentukan organisasi untuk membangun kebersamaan dan persatuan antar elemen Bangsa. Proses panjang perjuangan mereka yang dilanjutkan para pejuang lain,telah menghasilkan lahirnya bangsa yang besar. Perjuangan Bangsa Indonesia belum berakhir, Perjuangan ini abadi untuk menuju Indonesia yang Maju dan Modern,Berkeadilan,Sejahtera,Berdemokrasi serta Bermartabat. 107 Tahun sudah kita bergelut dengan perubahan secara terus menerus, perubahan tersebut akan menyatu dan menandai proses perjalanan sejarah bangsa kita. Sehingga kita harus tetap waspada dan menjaga konsistensi dan kesinambungan nilai-nilai kebangsaan yang telah dirintis oleh para pejuang terdahulu.

harkitnas1IMG_1219

Tujuan peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 107 adalah untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan kita sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan,menegakkan nilai-nilai demokrasi berlandaskan moral dan etika berbangsa dan bernegara, mempererat persaudaraan untuk mempercepat terwujudnya visi misi sebagai bangsa yang maju dan sejahtera dalam bingkai NKRI.

Upacara berlangsung Khidmat ,Tertib aman dan Lancar

By Yayasan Patriot Garuda
Gambar by Admint YPG

Share.

4 Komentar

  1. Gunung Jati on

    Indahnya jika hal ini bisa terjadi di seluruh indonesia, karena acara ini menumbuhkan cinta tanah air.

  2. semoga peringatan HARKITNAS bukan hanya sekedar seremonial belaka, aksi nyata yang harus dilakukan oleh segenap elemen bangsa ini untuk mewujudkan kembali kejayaan dan hegemoni INDONESIA.

  3. Kayaknya nama LetKol Mar Freddy Ardianzah tidak asing bagi saya..mudah2an memang dia.. Masuk Akabri AL angkatan 04/05 klw ngak salah. Seangkatan sama Herman Budiyanto tapi di Akabri AD.

  4. Semoga dgn Harkitnas ini…
    Putera puteri indonesia smakin sadar bahwa kesejahteraan dan kemajuan NKRI ada ditangan kita sendiri..
    Semoga kita menjadi bagian yang menyumbang kemajuan Indonesia..

Leave A Reply