Implementasi PANCASILA di New Zealand

20

Implementasi PANCASILA di New Zealand :

dedenew96

New Zealand/Selandia Baru ternyata adalah negara yang benar benar menghayati sila ke 5 dari Pancasila.
Di Selandia Baru, pemerintahnya benar-benar secara serius lebih memperhatikan kepentingan rakyat banyak, daripada kepentingan pribadi, golongan atau kelompok tertentu. Hal ini dapat dilihat dengan jelas dari antara lain, bagaimana mereka mengatur semua aspek kehidupan, mulai dari fasilitas orang untuk menjalankan ibadah nya sampai dengan pengaturan dari lalu lintasnya. Kepentingan rakyat banyak harus didahulukan. Para pejabatnya dilarang menggunakan mobil atau motor pembuka jalan , apalagi yang menggunakan sirene.

Tidak itu saja, bahkan untuk seluruh warga asing yang tinggal di Selandia Baru, walaupun anggota diplomatik mereka diatur untuk tidak mengganggu lalu lintas. Semua diplomat, seperti yang berlaku didunia internasional akan memperoleh hak imunitasnya sebagai diplomat.
Akan tetapi di Selandia Baru, ditegaskan bahwa imunitas diplomatik yang diberikan adalah, tidak termasuk didalamnya tentang “traffic rules” atau hukum lalulintas jalan raya. Dengan demikian mereka tidak membuka peluang orang asing untuk merusak tata tertib berlalu lintas di Selandia Baru.
Bahkan baru-baru ini , seorang pejabat tinggi pemerintahan ditilang oleh polisi lalulintas karena melanggar garis putih di area lampu merah. Hukum untuk semua, benar-benar dilakukan di lapangan.

Demikian pula tentang jalan tol. Di Selandia Baru terdapat jalan tol yang semua rakyatnya boleh menggunakannya secara gratis. Karena ternyata Selandia Baru menganut pemahaman bahwa : “bumiair dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat”
Di Selandia Baru, diberlakukan sistem subsidi silang yang benar-benar berpihak kepada kepentingan orang banyak. Tidak ada orang kaya atau pengusaha kaya yang bisa berkelit dari pajak yang cukup tinggi. Namun mereka semuanya merasa nyaman karena mereka mengetahui dengan jelas bahwa perolehan pajak oleh negara dipergunakan dengan mengutamakan pada upaya-upaya yang bertujuan untuk men “support” para “single mother with children”, orang-orang yang menderita gangguan fisik, bantuan bagi warga yang belum memperoleh pekerjaan, serta jaminan sosial lainnya bagi warga yang kurang mampu.

Pemerintah nya benar-benar berorientasi kepada “ keadilan sosial bagi seluruh rakyat ” nya, serta juga sangat.. “ berperi kemanusiaan ”.
Disetiap sudut kota selalu disediakan banyak fasilitas antara lain “play ground” yang dapat dinikmati oleh setiap anak Selandia Baru.
Anak-anak di Selandia Baru tidak dibiarkan tumbuh dengan berkeliaran di jalan-jalan atau di “shopping mall”, karena pemerintah nya tidak menginginkan generasi penerusnya tumbuh menjadi manusia-manusia yang konsumtif.
Mereka lebih memberikan fasilitas untuk anak dengan unsur-unsur yang edukatif sifatnya agar mereka dapat menjadi manusia yang unggul seutuhnya.

Mereka lebih memprioritaskan untuk membangun perpustakaan. Disetiap suburb, kawasan pinggir kota selalu disediakan perpustakaan yang sangat bagus. Perpustakaan ini dilengkapi tidak hanya dengan buku buku yang menarik, akan tetapi juga disediakan DVD dan atau VCD, kaset “play station”. Semuanya itu lengkap dengan klasifikasinya, yaitu diberikan tanda G (general) untuk semua umur, PG (parent guidance) bagi anak anak yang masih memerlukan pendamping orang tuanya dan M (mature) yang diperuntukkan bagi orang dewasa, dengan catatan bahwa buku, film atau playstation itu banyak mengandung unsur-unsur kekerasan dan atau seks di dalamnya.
Juga disediakan fasilitas internet di perpustakaan tersebut. Semua fasilitas yang tersedia itu benar benar disajikan untuk masyarakat, karena itu mereka tidak dipungut bayaran sama sekali, alias gratis.

citoxnew44

Pemerintah Selandia Baru mempromosikan misi “zero pollution”,dengan ini disamping menertibkan pelayanan publik dengan sistem transportasi yang sangat memihak rakyat kecil, juga diusahakan dengan melaksanakan sistem transportasi yang ramah lingkungan. Jasa Bus umum sangat diutamakan dan diselenggarakan dengan orientasi penuh kepada kepuasan pelanggan.
Setiap supir Bus diwajibkan untuk memastikan terlebih dahulu bahwa seluruh penumpang sudah duduk dibangkunya masing-masing, baru boleh menjalankan bus nya itu. Penumpang sangat dimanjakan dan dihormati. Berkait dengan upaya kebersihan dalam rangka “zero pollution”, mereka juga menjalankan apa yang dikenal dengan “waste management”.
Dapat dikatakan bahwa hampir tidak ada seorangpun yang berani membuang sampah sembarangan. Mereka sudah terdidik dengan baik tentang issue kebersihan lingkungan.

Demikian pula mengenai kebiasaan masyarakatnya yang tidak mudah tergiur dengan barang barang yang model baru. Mereka menganut pemahaman “Function Not Fashion ”.
Untuk yang satu ini, Selandia Baru kemudian dikenal dengan negara yang ketinggalan jaman. Pada sisi apapun, termasuk Hand Phone, mereka lebih suka memakai barang yang masih bisa dipakai atau masih berfungsi dan tidak akan menggantinya hanya karena alasan “mode”, kecuali memang sudah rusak dan tidak bisa dipakai lagi.
Sebagai contoh, banyak dijumpai keran atau ledeng yang sudah sangat kuno untuk ukuran kita, akan tetapi jangan heran, airnya mengalir dan bersih.
Agak berlainan dengan yang sering kita jumpai, misalnya di International Airport. Airport di Selandia Baru ledeng nya kuno tetapi dengan air yang bersih dan mengalir serta tidak bocor.
Di Cengkareng, ledengnya model terbaru tetapi, beberapa banyak yang mati dan kalau ada yang hidup, biasanya tidak bisa ditutup dengan rapat, air tetap mengalir yang mengakibatkan becek diseluruh ruangan. Dan kita semua menganggapnya biasa-biasa saja.

Sekali lagi disini pemerintah daerahnya sangat memperhatikan kepentingan pelayana publik. Itulah semua, implementasi dari Pancasila di Selandia Baru, padahal kemungkinan besar mereka tidak tahu “apa” itu Pancasila

By Marsekal TNI (Purn) Chappy Hakim

Gambar by Google ,Admint, Patsus Dede Sherman dan Patsus Citox

Share.

20 Komentar

  1. Terkadang hati sy sedih dan heran,bhw negara-negara lain lbh bersih,tertib,santun ketimbang RI.padahal di RI punya pancasila dan UUD 45 yg jelas lbh baik dari dasar negara dari negara-negara tsb.di di jepang lbh aman,di singapura lbh bersih,di finlandia tiada korupsi.

  2. Di indo pelayanan publik diserahkan ke swasta krn tidak mampu.. conth yg paling sederana adalah angkot dan air bersih

    • Mampu kalau seandainya ada kemauan,tapi sendi liberalisme telah merasuki sendi pemerintahan,…,”akhirnya kerakusan dan keserakahan yg bicara

    • Pelayanan publik diserahkan ke swasta bukannya pemerintah tdk mampu gan, tapi karena tdk ada kemauan untuk mengedukasi masyarakat

  3. bakul panci on

    Selandia baru memang oye,,hehe, pendidikan usia dini sampai menengah atas terintegrasi,, jadi jangan heran diluar negeri sistem pendidikan banyak diskusi seperti rapat bahkan ada yg menggunakan metode taman kanak”

    • Maling Jemuran Numpang Lewat on

      Sayangnya, pihak-pihak itu kebanyakan orang-orang kita sendiri bung Kasamago…. 😕

  4. Luar biasa… Terima kasih pak Chappy,
    Pengalaman dari anda sangat kami butuhkan untuk bersama-sama membangun bangsa ini..
    Di Indonesia msh jauh dari semua itu pak, Rakyatnya susah diatur.. semoga saja nnti bisa berangsur membaik…Amiin Wonderfull INDONESIA 🙂

  5. Alhamdulillah….artikel PatGa maikn berbobot….., karena mulai banyak artikel dari para Jendral2 yang sangat kaya pengalaman dan jiwa patriotisme nya….makasih pak Chappy Hakim atas konstribusinya yang penuh wawasan…

  6. Bagi sy byk yg blm tau bahwa selandia baru adlah slah satu negara..yg sllu ikut srta dlm merongrong kesatuan NKRI byk pemberontakan di negeri kt in di dalangi oleh negara asing slah satunya selandia baru..it dlu cmn sbatas info.slam jaya NKRI

  7. negara yg patut kita contoh walaupun sdh menjadi negara maju tapi msh tetap memberikan subsidi dan pelayanan publik beda dgn disini semuanya diserahkan ke swasta dan pasar. subsidi dianggap beban negara pdhal semua itu berawal dr pajak yg dipungut dari rakyat seharusnya kembali lg ke rakyat dlm bentuk kesejahteraan dan fasilitas publik bukan malah disalurkan ke golongan sendiri partai atau perusahaan kongsinya.

    • Maling Jemuran Numpang Lewat on

      Inilah “Budaya Barat” yang harus ditiru, bukan yang Vote, Kapitalism, Law by Advocate, Politics Mercusuar dll…

  8. Cmn syg selandia baru secara rahasia sllu ikut brsama negara asing yg mndukung pemberontakan di negeri yg kt cintai ini..byk bukti bukti cmn para elit kt seakan akan it tdk terjadi..byk SDA kt di curi di rampok oleh negara negara asing termasuk selandia baru..salam NKRI jaya

  9. penjaga hati on

    seringkali para diri ketahui akan maju mundurnya hubungan indonesia dengan negara2 maju/super power.tetapi mengapa para tokoh2 disini sangat jarang mengupas tentang hubungan-khusus-ini.seperti kerjasama tertutup antara indonesia dengan washington pasca embargo dicabut ataupun eropa/cina/rusia dll…meski ta harus terang benderang mungkin bisa dijadikan bahan renungan bersama karena bagaimanapun juga generasi muda sewajibnya tau semenjak dini akan tata pola/ukur akan suatu kebersamaan dalam berbangsa ataupun berbangsa bangsa .dan jika di-sini- bisa dijadikan-acuan/belajar-tentunya akan banyak melahirkan generasi2 yang punya kesiapan/kedewasaan bermandiri dalam segala aspek diri.dan juga menjadi -bonus-bagi pemerintah karena para penerus-nya bisa di-percaya-kemampuan-nya.

  10. blackhawkdown on

    Meskipun logat bahasa inggrisnya agak aneh… Tapi pemandangannya buagus sekali!!! Kota kotanya asri.. Naik transportasi umum enjoy banget, beda dengan transjakarta (kaya langit dan bumi! ) ke pantai gratis!, ngga kaya Jakarta pantai bayar … Paradise lah New Zealand!! Kangen buanget sama NZ.. Daripada ke Australia lebih baik ke New Zealand..

  11. untuk bisa melakukan seperti di selandia baru itu pemerintahnya perlu banyak melakukan pengaturan terhadap warganya.. sedangkan pola pikir masyarakat indonesia saat ini yg mengaku sudah memiliki pola pikir maju dan modern, bila banyak diatur oleh pemerintah itu diartikan bahwa kebebasannya dikekang lah atau tidak menghargai privasi lah atau tidak demokratis lah.. maka dari itu sistem di negara kita ini harus ditinjau ulang apakah masih cocok atau tidak untuk diterapkan di tengah masyarakat yang punya pola pikir seperti itu..

Leave A Reply