ESPIONAGE DISASTER

6

ESPIONAGE DISASTER

julian11

Awal PD2 Hitler berhasil meraih kemenangan mudah karena semua kode sekutu berhasil di pecahkan Abwehr (Dinas rahasia Wehrmacht) di bawah pimpinan Admiral Wilhelm Canaris yg legendaris.
Agen agen Abwehr juga berhasil memasok info info berharga (terutama brigade Brandenburg yg terkenal itu) mengenai kekuatan dan kelemahan lawan di Perancis,Belgia dan Belanda…saat kemenangan sudah ditangan, Nazi yang iri dengan Abwehr melalui Gestapo (katanya sih Polisi Rahasia Nazi tapi bisanya cuma menyiksa orang ) berusaha mengambil alih tugas Abwehr (Pimpinan Gestapo Reinhardt punya masalah pribadi dengan Canaris).
Sudah bisa di tebak kalau sesuatu dipegang bukan oleh ahlinya, data data sampah masuk kedalam militer Jerman dan mengakibatkan kekacauan dan salah presepsi sehingga menyumbang kekalahan Jerman pada kampanye militer tahap selanjutnya…

Frederic the great pernah bilang jika kita mempertahankan semua front maka kita akan lemah disemua front. Jalan satu satunya adalah menebak dimana musuh akan menyerang dan pusatkan kekuatan disana, daerah lain biarkan saja karena walaupun diserang tidak akan menentukan kemenangan.
Frederic adalah raja prusia yang hebat dan dikenal sebagai Master of defensive ( ahli bertahan ) Prusia pernah di keroyok Inggris, Perancis dan Austria namun bisa mengalahkan mereka satu persatu karena unggul dalam intelijen. Intelnya mengatakan tentara mana yang paling lemah dan paling dekat dengan posisinya dan disanalah ia memusatkan seluruh kekuatannya. Setelah mengalahkannya ia pusatkan seluruh tentaranya ke pasukan musuh yang paling dekat berikutnya dan akhirnya ia bisa mengalahkan semua musuhnya.

Jika posisi Frederic kita balik sebagai posisi kita, maka kita harus memusatkan kekuatan kita untuk menyerang posisi musuh yg musuh kira tidak akan diserang. Posisi itu adalah posisi paling jauh, paling tidak strategis dan paling tidak bernilai militer, Itulah yang dilakukan sekutu di Normandia Perancis dan Inchon Korea. Itu berarti kekuatan intelijen kita harus lebih unggul dari musuh.

Kembali ke soal intelijen kok kayaknya dinas rahasia kita seperti dipecundangi ya ? Yang terakhir kecolongan pembakaran masjid di Tolikara Papua…kok bs gak kedetect ?
Pendek kata…kita tidak siap perang sampai intelijen kita dapat dipercaya. Benahi dulu intelijen kita baru berfikir kemenangan. Kita bukan mayoritas di kawasan ini bung !. Kita tidak punya teman sejati seekor pun!
Maaf kata mereka pelacur semua yang siap menjual kita pada the Higher Bid! Gak ada guna Alutsista berjibun tapi informasi penting tidak dapat dipasok optimal, ada juga kita dipecundangi.
Optimis tdk berarti kita tidak bersikap realis.
Akui saja kekurangan kita…sekali lagi Alutsista bukan segalanya…

julian8

Operasi Market Garden
Saat Montgomery mengajukan rancangan operasi ini Eisenhouwer sangat terkesan. Menjatuhkan pasukan payung di Eindhoven,Nijmegen dan Arnhem di Belanda yang saat dikuasai Jerman lalu menguasai semua jembatan disana agar Korps Lapis Baja ke 20 Inggris bisa lewat tanpa gangguan hingga ke Ruhr, jantung industri mesin Perang Jerman.
Tanpa Ruhr, Jerman akan kehabisan logistik perangnya dan menyerah dengan cepat, jika operasi ini berhasil maka perang akan berakhir sebelum natal 1944, sebuah rencana yang sangat mengesankan hingga Eisenhouwer pun menyetujuinya.

Singkat cerita Divisi Payung101 AS di jatuhkan di Einhoven,Divisi Payung 82 AS dijatuhkan di Nijmegen dan Divisi Payung 1 Inggris dijatuhkan di Arnhem. Mereka berhasil mendarat dan memukul Pasukan Jerman yg menguasai Jembatan, namun hanya satu jembatan yang bisa dikuasai utuh yaitu Jembatan Arnhem.

Di Arnhem ini intelijen sekutu salah duga. mereka mengatakan bahwa disana cuma ada satu paling banyak 3 Batalyon tentara jerman yang masih belasan tahun atau orang yg terlalu tua untuk bertempur.
Padahal disana ada 2 Divisi Panzer ( berlapis baja terutama Tank ) SS lengkap yang terpukul dari pertempuran Perancis, mereka sedang dalam posisi istirahat sebelum pulang ke Jerman lewat Ruhr.
Segera Divisi Payung Inggris ini menjadi bulan bulanan Tank Tank Jerman karena mereka hakikatnya adalah infanteri ringan tanpa senjata anti tank yg memadai…setelah bertempur 10 hari dengan hebat (Pasukan Payung hanya dirancang untuk bertempur 2 hari tanpa bekal ulang sebelum digantikan oleh pasukan yg lebih kuat ) Divisi Payung Inggris ini menyerah.
Tanpa dikuasainya Arnhem dan Jembatannya Market Garden sudah dipastikan gagal karena Arnhem adalah pintu menuju Ruhr.

Terlepas dari gagalnya market garden, Operasi ini sangat dikenang Bangsa Inggris karena kepahlawanannya terutama Batalyon Frost yg mempertahankan jembatan Arnhem sendirian melawan 2 Divisi SS yg berpengalaman, sampai Jenderal Bittrich harus turun tangan sendiri mengucapkan selamat dan kekaguman pada Frost yang berhasil ditawannya. Sementara induk divisinya tidak dapat menolong karena di sekat panzer panzer jerman. Dari 10 ribu yang mendarat di Arnhem hanya 2500 yang bisa pulang ke Inggris. Mayjen Urquhat selaku Pimpinan Div.1 pasukan payung di Arnhem mendapat Companion Of Bath medal dari ratu Elizabeth atas keberaniannya dan Div.1 tidak ditambah lagi pasukannya dan terikat pada satu operasi saja yaitu Arnhem untuk menghormari mereka yg telah gugur. Sebuah Galantry Defeat, kekalahan yang perwira…begitu orang Inggris menyebut pahlawan pahlawannya di Arnheerm, begitu sifat orang Inggris menghargai para pahlawannya meski gagal mencapai objective.

suatu sifat yang sukar di tiru bangsa lain di era sekarang yang lebih mementingkan hasil ketimbang proses.
Kalau kalah caci maki segera menerpa. Kalau berhasil segera banyak bermunculan Pahlawan kesiangan yg mengaku aku perannya dalam kerberhasilan tersebut.

Pahlawan bukan orang yang di elu elukan karena keberhasilannya.
Pahlawan adalah orang yang bekerja dalam sunyi yang bila berhasil ia tak pernah dikenang dan bila gagal ia dianggap tidak pernah ada.
Suatu kabut misteri yang tersembunyi dalam teka teki kata churchill…

julian9

by Patsus Whwermach Biro Lampung
Gambar by Google

Share.

6 Komentar

  1. lamaddukelleng on

    Pahlawan tanpa pamrih
    Yang karenanya negri ini berdiri hingga kini
    Negri berjuta pahlawan
    Yang nama nama mereka pun banyak tak tercatat dalam sejarah bangsa ini
    Semoga kalian wahai pahlawan tak terkenal
    Bertemu dengan Dzat yang maha mensyukuri di alam yang kekal

  2. Battle of Arnhem memang penuh aura patriotisme.. ttp berjuang hingga akhir meski hasil ttp tidak brubah.

    Bangga n rasa hormat bagi para pahlawan bangsa yg tak pernah tercatat dlm lembaran sejarah manapun..

  3. A bridge too far..film berkisah tentang arnhem…gmnapun peran intel sangat menentukan..smua strategi perang tolak ukurnya awal dari laporan intel..salah laporan intel berakibat salah strategi,salah strategi brarti kecil kemungkinan untuk menang.
    Imho….Salam indonesia raya

  4. Artikel yang menarik, terutama poin yang menyindir sikap bangsa Indonesia dewasa ini yang mudah mencela orang lain, meski mereka sdh berusaha sekuat tenaga. Padahal para pendahulu kita sudah memberi contoh, bahwa Pahlawan adalah mereka yang berjuang hingga akhir, apapun hasilnya. Lihat sejarah, Pangeran Diponegoro, Cut Nya Dien, Patimurra dll, apakah mereka menjadi “pemenang” dalam perjuangan yang mereka rintis?, faktanya mereka justru “kalah” akibat tipu daya musuh, namun perjuangan hingga titik darah terakhir yang membuat mereka layak di gelari pahlawan. Klo kita sekarang hanya cari pemenang, niscaya negara ini akan sulit mencari seorang pahlawan… IMHO

Leave A Reply