Catatan Seorang Chef part 26

54

LOWER FOR LONGER..!

dedenew94

Agustus tahun ini akan menjadi sebuah moment tak terlupakan. Dulu bangsa kita telah berhasil memerdekakan diri tepat pada 17 Agustus 1945. Tapi tahukah anda, bahwa pada 12 Agustus 2015, atau tepatnya 70 tahun setelah kita merdeka, bangsa Indonesia juga masih mampu menjadi salah satu Sang Merdeka..!

Biar gak bingung, saya akan coba mengaitkan tulisan ini dengan tulisan saya beberapa waktu lalu dengan judul kalau gak salah, Dari KAA Kembali ke OPEC..!

Dalam tulisan tersebut, dijelaskan bahwa kita telah sepakat untuk kembali aktif dalam organisasi OPEC, meski kini negara kita tidak lagi mampu mengeksport minyak. Bahkan status negara kita pun telah berubah menjadi pengimport murni minyak dunia..! Hehehe..

Jujur sempat ada rasa bingung dengan sikap dan tindakan yang diambil bangsa ini saat harus kembali ke Opec. Sepertinya kita hanya mencoba untuk numpang kesohor, tanpa mau memikirkan kepentingan, apalagi kesulitan yang tengah diderita oleh rakyatnya..! Ternyata rasa dan pandangan saya itu sepenuh salah dan keliru..!

Dalam event peringatan KAA pada bulan April lalu, para pemimpin negara-negara OPEC melakukan lobby serius untuk mengajak Indonesia kembali aktif. Ajakan ini juga didukung sepenuhnya oleh Russia..! Di Winna, Austria, akhirnya kita resmi kembali aktif sebagai salah satu anggota OPEC.

Peran apakah sesungguhnya yang diemban oleh Indonesia dalam organisasi bergengsi tersebut..? Mengapa akhirnya kita benar-benar mau untuk kembali lagi..? Apakah keuntungan riil yang bisa dinikmati oleh Indonesia..?

Inilah jawabannya..!

Tepat disaat Amerika dan sekutunya melancarkan perang harga, dimana minyak menjadi alat kontrolnya, banyak negara didunia yang ekonominya tergoncang. Rezim pasar yang selama ini mereka ciptakan, menjadi platform atau tepatnya mampu menjadi lubang kubur bagi masing-masing negara di dunia. Dengan penurunan harga minyak dunia, sesungguhnya US sedang menggerogoti perekonomian dunia dari berbagai arah. Turunnya harga dalam bingkai rezim pasar, ternyata dimaknai sebagai usaha untuk mengurangi supply dollar bagi negara-negara produsen minyak, dan memperkecil skala ekonomi negara lain melalui penyusutan harga retail domestik. Negara-negara di dunia diharapkan akan benar-benar kehilangan salah satu sumber pendapatan andalannya.

Untungnya, kita menjadi satu-satunya negara di Asia yang justru menaikkan harga minyak dalam negerinya disaat harga minyak dunia sedang ambruk..! Sekilas, penurunan ini seperti tidak memiliki ambang batas..! Namun sebenarnya, ini hanya sebuah strategi yang telah dirancang matang, dan tentu saja US sangat tahu pada titik terendah manakah harga minyak dunia harus ditempatkan.

Entah karena faktor kepandaian, kecerdikan atau sekedar kebetulan, nyatanya Indonesia harus menjadi negeri yang mbalelo..! Disaat banyak negara menurunkan harga minyak, kita justru malah menaikannya.! Tidak heran jika kemudian kita beramai-ramai menghujat para pemimpin kita. Saya termasuk orang yang amat geram, namun kemudian saya mengerti, bahwa sangat tidak mungkin sang Presiden menjelaskan duduk persoalan yang sebenarnya secara terbuka pada rakyat, tindakan ini akan berakibat fatal dan memantik perang terbuka..!

Langkah kita bergabung kembali dengan Opec adalah ternyata untuk mengemban misi turut bersama berjuang melawan taktik licik USA beserta sekutunya. Tanpa basa-basi, pasca kembalinya kita ke OPEC, organisasi ini memompa minyaknya secara gila-gilaan..! Pengalaman kita dalam memimpin dan mengatur strategi ternyata amat diperlukan dan dihargai..!

Supply minyak dunia menjadi melimpah..! USA beserta sekutunya tidak bisa serta merta memainkan taktiknya. Alih-alih mau bermain taktik, USA malah tidak bisa berkutik. Harga minyak dunia ternyata telah berada jauh di bawah ambang batas yang mereka inginkan. Alhasil, beberapa perusahaan pertambangan di Amerika pun bergelimpangan tak mampu bertahan..! Negara-negara yang selama ini menurunkan harga minyaknya, telah menjadi korban keganasan sebuah strategi..! China yang kelebihan uangnya, secara tidak langsung telah menjadi korban terbesar disamping Yunani yang telah bangkrut..!

Disaat tak berdaya, kini USA memohon OPEC untuk memangkas angka produksinya..! Namun sayang permohonan itu telah ditolak mentah-mentah..! Bahkan Arab Saudi yang selama ini dikenal sebagai sekutu terdekat US di Timur Tengah, kini mulai mendua pada Russia yang telah menyokongnya..! Kelebihan minyak OPEC akan segera berpindah bunker di tempat barunya di Asia Tenggara..! Di masa yang akan datang, OPEC akan menjadikan Indonesia sebagai pesaing utama pasar minyak Singapore, adapun Dubai sendiri telah disetting untuk duel dengan pasar Rotterdam..!

Kini kendali minyak telah menjadi milik Opec sepenuhnya..! Maka ke dua belas negara anggota itu pun serentak berteriak dan memekikan kata ‘merdeka’..! Minyak dunia akan terus berada pada harga yang rendah, apalagi kini supplynya akan terus bertambah, seiring dengan kembali terbukanya kran eksport dari negeri Iran..!

Mau buka kilang..? Hehehe..! Inilah waktu yang tepat..!

citoxnew68

Masyarakat Ekonomi Asean(MEA)..? Lupa tuh..!

Hehehe..! Semua negara Asean beserta mitra-mitranya tercengang dengan keputusan yang diambil Indonesia hari ini, 15 Agustus 2015. Rencana besar Asean berupa pembentukan Asean Economic Community(AEC)/Masyarakat Ekonomi Asean(MEA) sepertinya akan mengalami jalan terjal. Sikap dan keputusan Indonesia yang mengabaikan MEA dan lebih memilih untuk bergabung dalam Melanesian Spearhead Group(MSG), benar-benar telah menjadi sebuah tamparan hebat bagi Asean..!

Indonesia sangat menyadari bahwa kita sedang diperalat, dijerat dan diikat dalam wadah yang sengaja diciptakan terlihat megah oleh bangsa luar, namun nyatanya kita tidak akan pernah mampu memetik asa yang kita sematkan di kaki-kaki bintang. MEA bukan sekedar mimpi, tapi juga sebuah investasi..! Adalah sebuah kebodohan jika kita harus berinvestasi di jazirah yang masih tersemai konflik, bahkan konon konflik itu sengaja diciptakan sebagai titik fokus bangsa-bangsa Asean..!

Terima kasih, karena akhirnya kita menyadari dan masih cukup waras untuk berinisiatif membuat sedikit langkah mundur, agar kemudian bisa berjalan di sisi yang kita inginkan. Meski telah diiming-imingi berbagai senjata canggih untuk menangkis berbagai serangan dan melindungi diri dari kemungkinan konflik yang akan berkecamuk di Laut China Selatan, namun ternyata kita juga cukup awas dan mawas, bahwa masa depan kita bukanlah di LCS, melainkan di Pasifik..!

Bayangkan sekiranya kita terjerat oleh perangkap LCS, hampir bisa dipastikan bahwa kita justru akan kehilangan sesuatu yang lebih besar. Pasifik yang terbentang luas dari Madagaskar hingga ke Hawaii, hanya akan menjadi sebuah bingkai besar yang kosong tanpa ada sesuatu yang bisa kita nikmati. Pasifik hanya akan diidentikkan sebagai pelayan guesthouse bagi para turis Australia, tanpa pernah mengecap sekerat arti..!

Namun kini, bersama Indonesia, MSG akan bahu-membahu membangun wilayah Pasifik sebagai salah satu kekuatan ekonomi dunia yang bisa diandalkan. Puluhan juta barel minyak dan gas dari negara-negara yang selama ini sehaluan dengan Indonesia, akan digelontorkan ke Pasifik untuk diolah sebagai sumber energi, bukan sekedar sebuah komoditi..!

17 Agustus 2015 nanti, dalam moment perayaan HUT RI yang ke-70, kita akan menyaksikan para pemimpin MSG, Asean dan Opec, memenuhi Istana Negara, Jakarta. Kita akan secara bersama-sama menghayati bahwa kemerdekaan bukanlah akhir dari segalanya…!

yayan73

Terima kasih, Queen Rania..!

Kaget, sekaligus amat tersanjung..!
Adalah perasaan yang mendominasi suasana hati saat menerima permohonan dari seseorang yang amat agung dan termashur di sebuah negeri yang berada di jazirah Arab. Setidaknya jika dibandingkan dengan keberadaan saya yang tidak seberapa..! Hehehe..

Bukan hanya saya, bahkan sang Big Boss di Tokyo pun merasa amat terhormat. Akhirnya, selangkah demi selangkah, saya dengan dibantu beberapa rekan lain berhasil menyelesaikan sebuah cooking module. Modul ini saya rancang agar seseorang yang tidak pernah memasak sekalipun, bisa dengan mudah menghasilkan sebuah masakan yang sama persis dengan apa yang biasa saya hasilkan di dapur. Beberapa minggu lalu, modul itu telah diantar oleh utusan khusus kami langsung dari Tokyo ke istana kerajaan Jordania.

Hasilnya, tadi sore saya mendapatkan email langsung dari kantor pusat, bahwa karya saya berhasil dengan sangat memuaskan. Sehingga pihak kerajaan Jordania sepakat akan menyerahkan hak pengelolaan beberapa unit hotel dan istananya kepada Group Hotel kami. Tidak lama berselang, ucapan selamat dan terima kasih dari seseorang di Jordania pun singgah dalam email saya.

Ternyata dia masih terkesan dengan cooking class yang pernah saya selenggarakan untuk keluarga beberapa kerajaan dunia pada event Terengganu Royal Endurance, beberapa tahun silam.

Terimalah kebahagiaan dan terima kasih saya beserta segenap bangsa Indonesia yang akan merayakan hari kemerdekaannya yang ke-70, esok pagi, 17 Agustus 2015.
Semoga Your Majestic, Queen Rania beserta keluarga dilimpahi kebahagiaan dan kesejahteraan, serta semakin mengenal dan mencintai Indonesia..!

Enjoy your birthday party..!
Salam hangat dari kami yang berbahagia..

yayan72

TURUT BERDUKA
Innalillahi wainaillaihi rojiun..

Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya, atas musibah yang menimpa pesawat Trigana Air beserta 54 orang penumpangnya, yang mengalami kecelakaan di atas pegunungan Papua barusan.

Semoga usaha pencarian yang dilakukan oleh Tim Basarnas yang saat ini telah berada sekitar lokasi kejadian, bisa segera mampu mengevakuasi para korban.

Tuhan bersama kita..! Aamiin..

Selamat Ulang Tahun, Indonesia..!
Semoga panjang umur, semakin sehat dan kuat, murah rezeki, rendah hati, serta bebas korupsi ya..

Merah putihku tidak akan pernah usang meski terpanggang
Tak kan jua renggang walau dicincang..
Garudaku, biarkan sayapmu terbentang
Menyusuri gemintang, tak peduli meski harus menembus hunusan pedang..
Indonesiaku, engkaulah sang Pemenang..

By Patku Yayan@Indocuisine
Gambar by Google , Patsus Citox dan Patsus Dede Sherman

Share.

54 Komentar

  1. Terima kasih atas pencerahannya bung yayan……..smoga kedepannya bangsa ini slalu dimudahkan langkahnya untuk mencapai tujuan akhirnya……”Merdeka”

  2. Saya ucapakan turut berduka,, dan selamat kepada bung Yayan hehe
    Inilah saatnya garuda terbang mengangkasa jangan hiraukan siapa yg akan menjatuhkan, kitalah pemain utama dunia,, kontrol minyak kita akan membawa kemakmuran meskipun dengan dalih yg kurang tepat di telinga masyarakat,,buat bunker minyak untuk cadangan perang karena sebentar lagi akan ada yg akan memanaskan pentas LCS

  3. Setiap kebijakan ada resiko nya, kita lihat hasilnya setelah 5 tahun pemerintahan ini. Karena yang nama nya pembangunan tidak bisa diselesaikan dalam waktu 1 malam.

  4. Dep, ad rsa Berguncang ddada ni. Opec ternyta sukses mnjdikn RI leader sbnarnya..dn kin mmang arah angin segar terasa menjauhi AS, brrhmbus sejuk mnuju pasifik.

    Yess, no MEA. RI merangkul kwasan yg lbh luas lg, Pasifik.. bner2 Big Brother kawasan.

    turut berduka utk musibah Trigana Air, smg N219 cpt roll out d bln kemerdekaan RI

  5. Semoga strategi yang dijalankan diridhoi yang Maha kuasa

    Merah putih berkibar gemilang dari sabang sampI merauke dengan cahaya kebaikan bagi rakyat indonesia serta negara di kawasan pasifik

  6. ternyata ini toh latar belakang naiknya harga BBM di Indonesia justru pada saat harga BMM dunia turun… semoga makin banyak warga masyarakat yang tahu tentang hal ini.

  7. MInyak, salah satu bahan proxy war negara barat, ternyata tidak hanya militernya yang ikut berperang, orang orang pandai dari negeri barat ini ikut dilibatkan, wajib kita waspadai, artinya mereka bisa menyerang suatu negara tanpa perang bisa secara ekonomi,budaya, dan teknologi.Militer? mungkin pilihan terakhir mereka untuk negara kita,sebagaimana kebijakan mereka terhadap negara timur tengah.Kita perlu memperbanyak orang orang cerdas yang patriot untuk menghadapi mereka.Generasi muda jangan lengah.

  8. Sekali lagi analisa yang mak… jleb bung @yayan, terima kasih telah membuka wawasan saya tentang strategi bangsa ini dalam mengahadapi tantangan global yang semakin komplek dan dibumbui segala kecurangan, keculasan, dan keserakahan. Semoga para pemimpin yang mengemban amanat rakyat diberi kekuatan kesabaran dan kejernihan pikiran oleh Allah SWT dalam menghadapinya.
    Salam hangat untuk anda dan keluarga ung @yayan, semoga Allah selalu memberi kesehatan untuk anda sekeluarga.
    Ditunggu analisa selanjutnya……

  9. Bung yayan, mau bertanya nih, seberapa besar dana yang diperoleh pemerintah dari nilai penjualan minyak dalam negeri, disaat kita impornya murah?
    Dan kemana kemungkinan alokasi dana tersebut…?

  10. Mudah2an bangsa ini tdk terjebak oleh permainan negara besar yg merugigan, smoga keputusan yg diambil pemerintah tepat. Artikel yg mencerahkan trims bung yayan

  11. Bung Yayan, Indonesia bergabung kembali dengan OPEC? Apakah ada hubungannya dengan rencananya penemuan cadangan minyak baru?

  12. Indonesia Banget on

    Saya rasa klo harga minyak semakin turun, maka US akan semakin di untungkan. Karena US tidak seperti Rusia ato negara-negara yang menggantungkan hidup dari minyak. Justru negara-negara OPEC sendiri yang akan hancur. Untuk RI sendiri belum cukup mampu untuk bisa mempengaruhi keadaan dunia dalam konteks permainan harga minyak ini, al hasil adalah hanya akan menambah berat kemampuan rakyat Indonesia sendiri dan mempengaruhi perekonomian dalam negeri secara umumnya.
    Untuk MEA sendiri Pemerintah RI tidak akan segegabah itu dgn lebih memilih Melanesia ketimbang Asean, untuk menjadi bemper Asean di LCS saya setuju kalau Indonesia akan menghindar, tapi dari percaturan yang luas secara umum Indonesia masih lebih membutuhkan Asean ketimbang Melanesia.
    Kalau artikel di atas pendapat bung yayan pribadi, saya menghargai dan dua jempol untuk itu, tapi kalo kebijakan pemerintah, menurut pendapat pribadi saya masih terlalu dini dan terkesan terlalu dipaksakan.
    Maaf pendapat pribadi… terus berkarya bung!!!!!

    • nilai mata uang yang baik adalah yg stabl tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah jadi intinya yang pas menurut situasi dan kondisi pada saat itu. dengan adanya permainan amerika mata uang dollar akan naik terus di pasaran dunia bila tidak dihentikan maka, ekspor usa akan terhenti tdk ada yg mau beli. negara lain akan jual beli memakai mata uang masing2 yg sudah dilakaukan antara cina dan rusia dan akan menjadi tren dunia. si pembuat bencana hanya akan melongo ketika dunia sdh tidak membutuhkan dolar dalam perdagangan. apa yg diuraikan bung yayan sdh benar. MEA tdk penting , MSG Group lebih penting krn juga menyangkut propinsi papua dan maluku atau penduduk Indonesia yg beretnis melanesia untuk lebih berkembang. ASEAN nanti saja klo sdh tidak ada negara anggotanya yang nakal baru dibangun..he…h.e..h.e.

      • Yup seperti itu penjelasan yg cukup logis,, sedikit saya tambahkan Indonesia yg sekarang menjadi negara asosiasi di forum MSG dari yg sebelumnya pengamat lebih menganggap negara” pasifik lebih penting
        1. Demi menjaga 5 provinsi yg ber ras malenesia
        2 . Negara-negara pasifik jelas tahu akan kedekatan hubungan dengan Indonesia timur
        3. Bagi Indonesia sendiri melihat kerjasama pertahanan dengan negara pasifk akan berkembang
        4. Disinilah leta pentingnya karena kedepan konflik akan terfokus di Pasifik dan diharapkan kita akan memainkan peran penting di sini
        5. Indonesia melihat ada gelagat yg tidak beres di MEA seperti ulasan bung yayan bahwa ketika kita ikut MEA akan ada tangan” yg akan mengatur Indonesia karena harus mengikuti trend kedepan serta kebanyakan SDM kita yg belum terlatih. Mereka hanya menginginkan kita mengekspor bahan mentahnya saja
        6. Terakhir pemerintah bekerja sama denga OPEC akan mengakomodir minyak yg selama ini dipegang Singapura ke Indonesia dengan harapan jika harga minyak dibawah yg diharapkan pasar(US) maka industri mereka lama kelamaan akan mati..,,kenapa bisa begitu barang” yg diproduksi US akan mahal dan jumlahnya banyak disisi lain kita bisa mencari barang-barang serupa dari negara lain yg kualitas dengan harga murah hehe mungkin itu saja pendapat seorang penjaga sound sistem hehe IMHO lho ini

  13. nusantara.majapahit on

    Apakah pengaruh OPEC didunia sebesar itu? karena seingat saya, konsumsi terbanyak adalah Amerika n inggris ya. bisa jadi mereka menghabiskan konsumsi 60% minyak dunia. Kalau Indonesia masuk ke opec, rasanya supaya Indonesia bisa memastikan kepenuhan konsumsinya yang pastinya lebih besar dari produksinya

    • cucok bung, amriki cadangannya dulu 6 bulan, kita dulu 3 hari (ga tau kalo sekarang)
      dulu kan harga oil 100 lebih sekarang 40-an, mengingat pasar kalau pasokan berlebih, maka harga menurun, 100:40=2,5
      disinyalir pasokan minyak mentah meningkat 2,5x lipat, ga tau siapa yg beli dalam jumlah dg skala yg masif
      banyak jg kawah2 bekas tambang dimana2, kalo dijadiin tangki pendam gimana ya kira2,
      cuma sekedar IMO

  14. Surprise, saya tidak pernah memperkirakannya. Sebelumnya saya selalu bertanya kenapa opec di saat kondisi harga melemah malah memacu produksinya dan kenapa kita yg net importir minyak mau menjadi anggota opex dan kenapa kita harus menjadi anggota MSG padahal kita sudah menjadi anggota asean. Ternyata pasifik merupakan kawasan yang masih mempunyai potensi untuk mendapatkan keuntungan ekonomi dan geopolitik. Kebijakan opex menurut saya bagus utk menghancurkan perusahaan2 besar amerika shg mereka tdk akan lagi memainkan harga minyak. Utk itu setiap anggota opex harus bersatu dan tetap membina hubungan dgn rusia sbg negara penghasil minyak terbesar dunia non opex shg bisa menguasai perdagangan minyak dunia. Indonesia yg memiliki pengaruh dan letak yg strategis bisa mjd penyokong atas diplomasi opex selanjutnya.

  15. tukang bangun on

    Salam bung yayan, saya masih gagal faham, bukankah dengan harga minyak yang murah plus cengkeraman asu di timur tengah telah meningkatkan pundi-pundi cadangan minyaknya secara luar biasa shg asu memiliki ketahanan energi yg signifikan? Setuju, momen ini sudah seharusnya dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh RI untuk memperkuat cadangan minyaknya.

  16. PETERNAK KUCING on

    BARUSAN BACA GINIAN DI SALAH SATU FP MILITER.. APA ADA YG NGASIH PENCERHAN/INFO KEBENRAN GMN… MAKASIH..

    Misteri Kapal Selam KRI Nanggala
    Ada berita menarik seputar CARAT 2015 yang diadakan antara TNI AL dengan Korps Marinir dan US Marinir, di mana ada satu latihan “penginderaan dan perburuan” objek bawah laut terutama Kapal Selam.
    Dalam latihan ini TNI AL mengunakan KS Nanggala 402 buatan Jerman yang dibuat tahun 1980 dengan posisi menyelam di kedalaman 100 Meter.
    Sementara pihak AL Marinir USA mengunakan pesawat maritime patrol tipe P-3C Orion, jenis pesawat pengintai dan pemburu kapal selam yang menjadi andalan USA Marine.
    Latihan dengan tema (seacrh and rescue) dimana dilakukan simulasi SAR terhadap peristiwa kecelakaan laut. P-3C Orion dilengakapi GPS dengan bantuan satelit, yang kemampuannya dapat menangkap “objek” di laut dan di dalam laut. Hal ini diungkapkan oleh kru pesawat P-3C Orion Larry Ray Collins, yang merupakan kru US Navi AW02.
    Pesawat P-03C berusaha melakukan pencarian objek bawah laut di mana targetnya adalah menemukan KS Nanggala 402 TNI AL. Singkat cerita P-3C Orion tidak dapat menemukan KS Nanggala 402 TNI AL, walaupun telah dibantu sensor canggih dari pesawat P-3C. Orion. Sekian

  17. ….ulasan dan uraian disertai olah kata yang bijak akan membuat pembaca mudah memahami dan dimengerti.bila melihat apa yang tertulis diatas bisa diasumsikan…
    1/…melihat kemampuan/kekuatan TNI,banyak negara asean yang ingin menjadikan indonesia sebagai pemimpin perlawanan menghadapi cina dalam konflik lcs dan sebagai balasannya akan diberikan(hibah/nyicil) secara kontiyu akan alusista2 canggih(segala merek terbaru) dari blok barat/as cs.tetapi indonesia menolak karena bukan yang berkepentingan secara langsung dalam konflik lcs.
    2/..apalagi kala semua mata tertuju LCS..ternyata AS cs melakukan invasi/pendudukan terhadap pulau2 dilaut pasifik(diluar perbatasan indonesia).dan meski terlambat mengetahui rencana terbaru(masa depan) AS cs ini namun pemerintah mampu membingkai dan merangkai dari yang tersirat segala tindak tanduk AS cs dilaut pasifik selama ini..maka pemerintah langsung bergerak cepat dengan melakukan pembangunan- pagar betis/MARKAS KOMANDO -ditapal batas dengan beribu ribu anggota TNI siap tugas,meski sempat ditentang sebagaian orang papua namun kedaulatan bangsa adalah -harga mati-..dan sebagai mata2 dalam mengawasi gerakan AS cs dipasifik..maka berkerjasama dengan negara2 MSG adalah pilihan yang-bijak-..
    3/..seperti kata bung yayan,tada musuh atau lawan yang abadi yang ada hanyalah kepentingan… dan meski harus diambil dengan paksa/milik orang lain.namun siapa kuat dia yang dapat/punya ???
    ..gosip dari-istana watugeni-mengatakan adanya perjanjian rahasia antara CINA dan AS untuk saling berbagi wilayah/penjajahan baru dikawasan-abu abu-antara LCS dan PASIFIK.meski terlihat-tidak akur..namun dalam bermain bersandiwara…pengorbanan adalah hal yang harus nyata agar bisa dipercaya bagi yang melihatnya..!!!heheheheeee….
    4/…indonesia-ku berhati hatilah dalam tidur dan bangun-mu..
    tetaplah waspada pada pagi siang dan malam-mu
    ingatlah…musuh ta mengenal waktu kala hadir
    bisa datang menetap dan pergi sesuka hati….
    ….janganlah ragu akan sikap dan perilaku-mu
    karena-ada-mu terlahir dari pengorbanan para pahlawan putra/putri ibu pertiwi
    …dan sekarang meski raga-kami-tersarungi warna warni -seragam budak asing-dinegeri sendiri
    namun jangan ragukan akan kesetiaan-jiwa-kami pada ibu pertiwi.
    :by…..hehehhee…belajar bersyair..dengan berguru perasaan.

  18. Oonhhh….Ini toh yang bikin RUPIAH Kalah Tempur dan IHSG Berguguran. Dari awal emang ga setuju Indonesia ikut MEA MEA..AN cuma alat Propaganda Barat beserta Pengabdi Setianya

  19. banyak yg mndengar deru angin dr pucuk kelapa muda, bnyak yg mnatap riyap ujungnya…andalah bung@yayan. ketika hati ingin brkata ttg strategi dahsyat ini tp tntu akan brakhir pd tikaman jerit ats nama rakyat. sy paham, nampak wajar mski telinga mnjadi gatal. toh itu bkn keputusan personal, tp para profesor strategi. jd mmg tak laju jk brkata anda satu atau kubu dua. kitalah semua, Indonesia.
    sdikit brkabar ttg strategi uedan ini, US tak prnah mnyangka kita brani mainkan jackpot koboi dg gaya cool ala rolet rusky. maklum, pmrintahan baru tntu akan mnggeber citra, tak mgk berani brtaruh jk berakhir dg tak populer. tp lihat sjk strategi pmerintah balik kandang opec hgga mndulang hrga bbm dg cekikan tp lihat tangan lain terulur mmbuka grbang ekonomi dg lubang mini msg, menendang mea menjerat melanisea.
    ops di pasifik trtutupi dg hingar bingar lcs seolah konsen di natuna, hanya jepang dan kmudian china yg paham olahraga catur TNI di pasifik. yg lain lewat !
    hehe maaf bung jd panjang babaran, smua demi HUT NKRI. sdikit kue tart dr sela prjalanan kembali ke laptop patga, as didesak anggota bbrapa nato utk mmbujuk rayu RI dg suguhan sista supergahar. ya, jk prlu apapun labelnya hrs sejajar anggota nato. skalipun mngganti pameo ” APA YG US PUNYA INDONESIA JUGA PUNYA “.
    nah….percayakah ?
    sabarlah kabarnya…

    • _Bung, bagaimana dengan kmungkinan Melanesia juga dimainkan oleh US dan kroni2nya. mengingat letaknya jg dekat dgn Ausi ? atau kmungkinan itu kecil, karena negara mereka kecil2 dan secara militer tidak sebesar negara kita?

      _Klopun sudah disuguhi sista gahar dari US, namun kita tetap saja tak mau ikut campur tangan di LCS, apa kmungkinan slanjutnya yg akan terjadi? diseret pakai cara gimana lagi kira2 nih

  20. tukang bangun on

    Semakin jelaslah siapa biang kekacauan ekonomi, teror dan peperangan di abad ini! Menanam bibit2 perpecahan dan peperangan (alqaeda, isis, sunni-syi’ah) sambil menguras minyak di timur tengah. Menjaga keamanan sambil terus memasok senjata ke pihak2 yg bertikai. Sungguh kejahatan kemanusiaan yg nyata di abad ini, bahkan ini dilakukan oleh sebuah negara yg paling maju secara sadar dan terencana! Isu sunni-syiah adalah bom waktu yang tengah diatur timernya dg menyiapkan dua kontestan saja yang paling mewaki (yg lain dijadikan penggembira), siapa lagi kalau bukan iran vs arab saudi. Tentu saja jika pertarungan ini terjadi, seluruh muslim timur tengah dan dunia akan berdarah-darah. Dan para koboy akan berpesta pora sambil menegak bir arab…alias minyak! Kita berdo’a semoga ini tidak terjadi. Bukankah Dia maha mendengar jeritan dan tangisan orang2 yang dizholimi.

  21. Sip… Strategi ini sdh dimulai dari jaman bapak besar dgn mensyaratkan smelter utk freeport dan newmont.. Dan skaligus merapat ke rusia.. strategi lcs. Kini digunakan utk menyeret RI ketengah konflik dgn adanya garis. Putus2 tiongkok.. Pak Moel brgkat ke china utk memastikan skenario mrka tdk menggangu kedaulatan RI.. Dan hasil lcs saat ini adalah…as tdk perlu menyewa subic dan clark di pilipina.. Dgn tgn teebuka mereka meminta bantuan AS dlm menghadapi china..

  22. Saya juga memperingatkan permainan tingkat tinggi US dan China di LCS dan ASEAN ,di depan mereka berkelahi -di belakang mereka berjabat tangan , menggunting dalam lipatan. Berhati hatilah dengan 2 negara ini.Waspadalah dengan Ekonomi , sosial budaya,dan teknologi, untuk memecah mereka menggunakan berbagai bidang tersebut ,sambil militer mereka mengawasi kita menunggu kita lengah.Waspada juga dengan negara negara kecil yang berkedok melayu_kepanjangan tangan mereka.Ingat Uni Sovyet , Senjatanya canggih, namun tak mampu menyatukan persatuan dalam negaranya hingga pecah tanpa berperang.

  23. Ijin nyimak …
    Semoga dgn menerapkan strategi yg baik dlm percaturan dunia dpt menghantarkan kejayaan bagi negara dn bangsa kita …
    Tetap semangat selalu …

  24. Info dari Bung MJ di JKGR dalam beberapa minggu ini berita pabrik-pabrik di China yang kosong, karena pegawai yang dari luar kota sudah dipulangkan semua, pegawai domestik dirumahkan tanpa gaji…~~>Akibat China telah menjadi korban terbesar???
    Selain itu ada devaluasi Yuan yang berdampak ke Rupiah…
    Perang strategi semakin ekstrim…
    Mungkin mengadu RRC dan USA juga suatu opsi…~~>kepalang tanggung biar mereka sejodoh!
    Ditunggu jurus silatnya untuk menghindari masa sulit pelemahan kurs Rupiah.
    MEA diabaikan sedangkan dengan MSG ikut bergabung biarpun terlihat bagai langkah mundur tetapi merupakan suatu langkah merdeka dimana Garuda terbang bebas di sisi diinginkan. Di satu sisi tunas tumbuh seperti hidup segan mati tak mau namun di sisi tak terduga tunas tumbuh dengan subur mengeluarkan cabang dan ranting siap menaungi MSG beririsan dengan lembar-lembar daun Amerika. Aroma kembalinya kebesaran Majapahit penguasa Nusantara dari MADAgaskar hingga pasifik semerbak mewangi sambil mencari siapa patriot bangsa yang menjadi Gajah Mada di masa keemasan ini, Ratu Adilkah atau seseorang tak dikenal sebangsa setanah air dari Jantung ASEAN…
    Dirgahayu NKRI ke-70 dan daku mengheningkan cipta sejenak atas tragedi Trigana Air.

  25. sebenarnya jika otak mau berprasangka tanpa bukti…adanya kaos/coretan yang bergambar palu arit ataupun tulisan-pki bangkit- ..?adalah buah kerja dari-proxy war-di-indonesia.bukan rahasia umum bila dalam dekade belakangan ini indonesia lebih merapat ke blok timur dan eropa/asia tetapi-diam ditempat- dengan AS.
    ..maka dengan menyebarkan proganda-anti komunis-dikalangan masyarakat bawah,akan menyebabkan dan membangkitkan kembali kebencian yang terpendam..yang pada akhirnya memaksa pemerintah untuk menjaga jarak.padahal tujuan ini hanyalah untuk mengekang jalinan kerjasama indonesia dan blok timur yang semakin erat.
    ..kala indonesia bergabung dengan blok timur dalam konflik -perang ekonomi- dengan AS cs..maka terjadilah kemerosotan ekonomi secara terpadu disegala sektor ..meski telah disokong oleh cina/rusia plus sekutu timur.
    ..namun bukanlah indonesia yang menjadi -target utama-serangan AS cs..karena indonesia saat ini masih terlalu -siaga diri-??maka bisa dibilang perekonomian indonesia saat ini terkesan mundur3x..maju1x…mundur2x..maju 000x..heheheeee
    ..komunis ta akan pernah bisa kembali pulang dan menetap didalam-rumah pertiwi-.jika ingin membangkitkan ajarannya..??namun jika sekedar bersilaturahmmi..tentunya bukankah semua insan manusia diciptakan oleh-satu/esa-tuhan yang sama…mantan penjajah/blok barat, dan komunis/blok timur..bisa datang -bertamu-lalu pergi dan silih berganti,masa para diri masih ingin terus2an membodohi diri sedang yang di-atas/pemerintah -saling berpesta ria…hahahhaaaaaa

  26. Yah memang MEA hanya akan membuat ekonomi kita tergantung singapur. MEA akan menjadikan Indonesia hanya jadi pasar, bukan basis produksi. Kita kalah telak jika ikut MEA karena tenaga kerja akan disupply dari Vietnam, Myanmar. Dampaknya pada tenaga kerja baru dan tidak terampil. Kita butuh MEA? Nggak juga tuch. Yang perlu malah singapore krn jumlah penduduk Indonesia yang besar(pasar).

  27. Pacific terbentang dari Madagascar sampai Hawaii… Sejak kapan Madagascar di samudra hindia pindah ke samudra Pacific?!

  28. Semoga para pemimpin kita tetap bermain cantik untuk melindungi kepentingan nasional kita untuk menghadapi para raksasa dunia dan sekaligus tetap bisa menjaga perdamaian dunia sesuai dengan amanat undang undang dasar negara
    Demi allah apabila para pemimpin kita tetap istiqomah mengemban amanat rakyat negeri ini ke jalan yang diridhoiNYA yakni menyampaikan rahmatnya ke seluruh alam maka Allah pasti akan memberikan pertolongan dan jalan terbaik buat negeri ini.

    Ijin share bung..

  29. Strategi mempertahankan pangsa pasar seperti saat ini, sebenarnya sudah pernah dilakukan OPEC pada akhir tahun 1985, harga minyak merosot ke $10 per barel dari sekitar $30 selama lima bulan akibat OPEC menaikkan produksi untuk mendapatkan kembali pangsa pasar menyusul peningkatan produksi non-OPEC. Bedanya, yang dulu jadi kawan sekarang jadi lawan, yang dulu jadi lawan sekarang jadi kawan.

    Perang nilai mata uang, perang harga minyak, besok mau perang apalagi?..

    Yang menarik pada paparan bung Yayan bukanlah soal strateginya, strategi seperti itu sudah ada sejak jaman kapitalis lahir, yang menarik itu mengapa OPEC mau melanggar statuta yang dia buat sendiri, salah satunya, bahwa anggota OPEC adalah pengekspor murni minyak, sedangkan Indonesia bukan. Dimana letak pentingnya Indonesia dalam strategi perang harga minyak saat ini?

    Lagi-lagi jawabannya terletak pada posisi strategis Indonesia dan luas wilayahnya.

    Seperti paparan bung Yayan, minyak akan di pompa sebanyak-banyaknya, tentu konsekwensinya, minyak yang dipompa itu sementara waktu mau ditimbun dimana? Tentu ini faktor x mengapa Indonesia dibawa masuk kembali ke OPEC. Bila hal ini terjadi, maka pasar komoditi minyak akan berada di Jakarta. Keuntungan lainnya akan menjadikan pasar komoditi Indonesia menjadi pasar komodiditi International yang berwibawa, dan tentu saja nantinya akan menyeret komoditi-komoditi Indonesia lainnya masuk kedalam perhitungan dunia international.

    Bukankah sudah ada pasar komoditi singapura yang selama ini menangani pedagangan minyak di Asia pasifik?

    Masalahnya singapura tidak mempunyai lahan yang cukup dan kemungkinannya OPEC tidak yakin singapur mampu untuk bekerjasama melaksanakan strategi yang telah dirancang OPEC.

    Bagaimana kelanjutan perang harga ini, mari kita nantikan dihari-hari berikutnya. Tapi yang jelas dimasa yang akan datang trend harga minyak murah mulai menampakkan diri, kecuali ada kompromi yang realistis yang dapat dicapai. Kinilah era konsumen minyak bergembira ria sambil koprol.

  30. Saya kok belom menemukan sumber yg mengatakan indonesia akan mundur dari MEA??? Yang ada malah tambah parah syarat berbahasa indonesia dihapuskan untuk pekerja asing…akhirnya pekerja di isi oleh asing dan asing, org pribumi hanya jadi babu, kuli dan pengemis

  31. disaat pasifik sanggup memancing para koboi sesungguhnya inilah tujuannya, mngurangi beban asteng tntunya. Kontur pasifik akan merubah prmanen strategi militer barat spt PD II, mmbuat sbuah divisi seolah mnjadi regu sj dg mobilitas lamban. Slain surplus bg strategi sishankam dan politis bg kita tntu memancing lcs lbh mudah diredakan dg konsen pd upaya mmbendung simbol2 ipoleksos naga yg kebablasan berdemocrazy and grafi dibawah obor liberty. Sdh pas bidak korut maju selangkah, tinggal mnunggu reaksi positifnya, bos barat mabok ! Mabok sgalanya, skaligus cemas, bingung mncari momen agar mabok durian saat ini tak mmbuatnya skalian limbung mnjdi org kaya yg trendam kotoran sendiri. Apalagi mnjd orgtua yg dincar dan dijarah anak kesayangannya sendiri, hehe…

Leave A Reply