HOAX Corner

139

Artikel Refreshing sekedar untuk berhoax ria untuk menurunkan tensi Pembahasan yang selalu membahas yang berat berat

INDONESIA NUCLEAR STRIKE CAPABILITY

hadian2

Kita pasti tahu mengenai “Project Alpha” yang di gagas TNI AU waktu itu untuk membeli sekitar 32 unit A-4E ex IDAF. Karena Indonesia waktu tidak mempunyai (mengakui) negara Israel, maka dibentuklah sebuah tim khusus untuk menjemput A-4E batch awal sebagai “training facilities” untuk mencetak pilot2 selanjutnya.. Singkat cerita, maka terbang lah A-4E batch awal ini ke Indonesia melalui penebangan ferry yang melelahkan.

Sekedar “hoax” saja, ternyata para pilot yang dikirim ke negara Israel tidak sebatas hanya “menjemput” pesawat A-4E saja, tapi disinyalir ada 2 rombongan terpisah. Yang satu memang bertugas menjemput pesawat A-4E, sedangkan satu batch pilot yang tidak terdeteksi adalah para pilot2 TNI AU dengan kemampuan “delivery special ordnance” alias punya kemampuan meluncurkan senjata nuklir dengan Mirage 2000N yang berkampuan NOE (Nap Off The Earth).. Mirage 2000N ini adalah Mirage dengan kemampuan meluncurkan rudal nuklir taktis ASMP berjarak 100 km milik AU Perancis. Kenapa Mirage? Kenapa Perancis? Karena hanya mereka yang mau membagi “high technology” terkait kemampuan nuklir strategis kepada Indonesia.
Jadi hanya Indonesia yang punya kemampuan membuat serangan nuklir terbatas di wilayah Asia Tenggara waktu itu.

Tim ini yang menyusun SOP serta silabus bagi para pilot IDAF untuk melakukan terbang rendah mengikuti kontur bumi untuk melakukan “High Precision Nuclear Bombing” atau berlatih untuk melakukan “Fly Low to Avoid Radar Detection”. Ketika tim Project Alpha meninggalkan Israel dengan membawa pesawat A-4E, tim ini masih tinggal di Israel untuk melanjutkan menjadi isntruktur2 pilot IDAF. Tapi tanpa diketahui oleh Israel, ternyata tim ini terdiri dari 3 matra yang bertugas untuk menganalisa kemampuan angkatan perang Israel termasuk kekuatan darat dan udara mereka, dan kemudian meneruskan “informasi sensitif” ini ke lawan2 Israel.

Atas dasar ini lah, Indonesia bisa membeli F-16, Hawk Mk53 serta mendapatkan amunisi2 high tech waktu itu. Karena Israel “melobby” US untuk memberikan pesawat pesawat itu lengkap dengan amunisinya sebagai “balas jasa” atas pelatihan pilot2 IDAF….

Maka dari itu, tidaklah heran, ketika Indonesia membeli Sukhoi dengan kemampuan “membawa” senjata nuklir. Karena kita lah negara Asia Tenggara dengan kemampuan pilot2 TNI AU yang bisa “mengirim” pesan taktis penjuru Asia Tenggara.

Ini “hoax” ya, silahkan jangan dipercaya….hehehe

lutfi 8

INDONESIA MINIMUM ESSENTIAL FORCES
Soeharto atau Susilo Bambang Yudhoyono?

Selama hampir 10 tahun terakhir ini kita selalu mendengar kata kata MEF (Minimum Essential Forces) atau dengan kata lain Kekuatan Minimum TNI dalam hal pertahanan negara.

Sudah banyak kita ketahui, bahwa program MEF ini muncul ketika “konflik” Ambalat mencuat ke permukaan. Negara tetangga yang jaguh seakan2 menantang TNI di perbatasan Laut Ambalat untuk meng klaim daerah tersebut masuk menjadi wilayah mereka. Kontan saja Presiden RI waktu itu menjadi “geram” karena ketidak siapan alutsista 3 matra menghadapi ancaman nyata. Efek embargo masih terasa dimana alutsista kita seakan “dipaksakan” untuk berhadapan dengan negara yang lebih siap dengan operasi militer terbatas.

Sukhoi Su-27 kita terasa “ompong” menghadapi kekuatan AL negara tetangga tersebut. Dimana Su-27 kita belum dilengkapi dengan persenjataan yang minimum waktu itu.

Kilas balik sebentar ke tahun 1990an dimana waktu itu Israel mulai menyadari bahwa mereka “dikibuli” oleh mentor mereka Indonesia yang ternyata “membocorkan” informasi tingkat tinggi ke lawan lawan mereka di kawasan Timur Tengah. Ditambah adanya informasi mengenai “pelatihan” terbatas oleh “sekumpulan orang dengan keahlian/kemampuan militer tinggi” di wilayah Palestina dan Libanon waktu itu..

Suharto (Presiden RI) waktu itu segera menyadari bahwa Indonesia kemungkinan akan “berpisah” dengan Israel, terbukti bahwa dikemudian hari terjadilah kejadian Santa Cruz yang menyebabkan Indonesia mulai di embargo oleh US dan sekutunya. Maka dengan segera Suharto mulai merencanakan pengalihan alutsista dari produk Barat ke produk alutsista Timur yang di motori oleh Rusia. Maka dimulai lah kontak melalui “jaringan intelijen tingkat tinggi” melalui Germany yang waktu itu baru saja bergabung kembali setelah sekian lama “terbagi dua”..

Lobby dimulai, Pak Habibie kebagian melobby Germany dengan dalih pembelian besar besaran alutsista laut ex German Timur waktu itu diantaranya Parchim Class, LST Frosch Class dan kapal Penyapu Ranjau jenis Kondor. Kemungkinan lainnya adalah pembelian alutsista udara ex German Timur yaitu Mig-23 Flogger, Mig 27 Flogger D serta kemungkinan Mig-29 tapi entah kenapa tidak pernah terpublikasi termasuk didalamnya pembelian besar besaran alutsista darat ex German Timur.
Didalam pembelian alutsista laut ini termasuk paket SA-7 Grail atau 9K32 Strela-2 dengan heat seeker. Maka dimulai lah reverse engineering untuk rudal panggul jarak pendek, Landing Ship Tank serta desain corvette untuk Littoral Patrol…

Dengan dijalinnya komunikasi “rahasia” antara Indonesia dan Rusia dengan perantara Germany dengan kamuflase pembelian alutsista, maka Indonesia waktu itu memutuskan untuk “memesan” 1 skadron Sukhoi dengan spesifikasi yang ditentukan oleh user yaitu TNI AU.
Termasuk pemesanan kapal kapal patroli, kapal kapal AKS serta kemungkinan kapal2 dengan kemampuan khusus seperti Frigate. Plus perencanaan pembelian alutsista darat dan pertahanan udara yang mampu “memayungi” Divisi Kostrad dan Marinir dalam skala terbatas.

Sekali lagi rekan2, ini hanya hoax ya….silahkan jangan dipercaya..

Lutfi 9

By Patsus HADNA biro Jabodetabek
Gambar By Google

Share.

139 Komentar

  1. Bukan Fan Boy on

    owwh jadi gt ya ceritanya. terlambat sadar ane…..
    ya ada beerapa point project klasifikasi rahasia tidak pernah diumbar untuk umum.
    bila jadi benar adalah keputusan Alm soeharto berencana meninggalkan hegemoni barat dengan menyiapkannya untuk gandeng denganbtimur patut diacungi jempol. pak harto sadar.pasti ada titik jengah dengan barat … meski dlm kepemimpinannya termasuk didukung dan dibantu barat

    • benar bung BFB, Pak Harto sangat sadar keputusan bahwa suatu saat Israel dan US akan tahu, betapa “licinnya” kita dan selalu mendukung Palestina… Hanya saja Israel terlambat tahu, ketika mengetahuinya, mereka sudah kalah langkah dari Hizbullah dan Hamas serta Brigade Al-Qasam nya Palestina..

  2. Analisis MEF pak harto sudah oke, yang kecolongan adalah kejadian santa cruz belum diantisipasi dengan tepat dan cepat. Tapi sudahlah, yang lalu (thn 97-98). Yang sekarang ini 2x atau bahkan 3x lebih bahaya dari kemarin. Jika kmrn ancaman dari dalam negeri [email protected] , sekarang kita ditantang 4 ancaman sekaligus dari 4 penjuru mata angin. Papua, aceh, LCS dan sekaligus Samudera Indonesia . Hanya satu kata ….WANI

  3. atmoooooo yang dipanggil mbah on

    Seperti budaya Indonesia yang andhap asor, alias rendah hati…kekuatan dan kemampuan sesungguhnya bangsa ini akan selalu tertutupi. Apabila dilogika, luas wilayah, SDm dan SDA Indonesia jauh melampaui Eropa…. apakah tidak mungkin melampaui kemampuan Eropa disatukan?? Hanya orang yang kuper akan bilang Bangsa Indonesia adalah bangsa miskin dan kuper. Indonesia adalah bangsa besar, dengan pengaruh yang luar biasa…

  4. Jenggot Bonar on

    Mbah kakung sosok pembangun yg sedang kena getah cacian sang fans boy yg sok jaguh, dan tak sedikit pula yg tak segan untuk sekedar mengumpat, menghina bliau, dan tak sedikit yg kangen atas kepemimpinan bliau, … trimakasih bung atas artikel yg menyejukkan ini, tersirat dari yg sudah tersurat. Lanjukan bung MERDEKA DAN BERDIKARI

    • Indonesia Banget on

      Ane adalah salah satu pengagum beliau (Mbah Kakung) saya tidak pernah peduli dgn kata orang tentang beliau. Yang saya tau dan benar-benar saya rasakan adalah ketika kepemimpinan beliau saya merasakan jauh lebih mudah dan indah dari pada masa-masa sekarang.

  5. Gila berdebar dbar mmbacany. Project alpha yg sdh rahasia sxlpn ddlmny msh tersmpn project rahasia lg.
    Nah, hoax yg plng sya yakini adlh kterlibtan israel atas tragedi krismon dan 98 yg brjung pd upya balkanisasi NKRI oleh Israel sblmakhirny brhsil dsetop oleh Presiden Gusdur dg melobi kmbli Israel.
    Wahai, Mig 23/27, SA-7 dmnakah engkau tergeletak?

    -kasamago.com

    • benar bung Kasamago, Israel akhirnya sadar bahwa mereka di “tipu” oleh Indonesia. Krn selain melatih pilot2 Israel, tim ini ternyata adalah gabungan 3 matra yg menyamar menjadi TNI AU.. Alhasil “informasi kekuatan Israel” bocor ke tangan lawan2 nya melalui jaringan intelijen tingakt tinggi… Makanya Israel langsung “geram” ketika mereka tahu itu dan berusaha mendongkel Soeharto sebagai “balas dendam”…

  6. mumpung pojok hoax
    dulu ada isu bahwa lengsernya pak Harto karena mulai condong ke dunia islam (saya kira kebijakan dlam negeri) ternyata ini toh yg yg dimaksud “condong” itu

    • Benar bung Sam, ini pemicu dilengserkannya Soeharto…. Krn waktu itu Indonesia siap menjadi produsen alutsista di motori oleh IPTN (PT DI sekarang) dengan N250 nya… Dibalik itu, Gandiwa, Pespur buatan sendiri telah mencapai tahap Desain yang akan berlanjut ke fase mock up dalam waktu 3 tahun saja… Belum PT PAL dengan desain STAR50, KCR40 dan KCR60 nya…. Serta PINDAD dengan kemampuan pembuatan senjata serta kendaraan tempur…

    • Dari jaman Soekarno, Tu-16 Badger kita memang punya kemampuan menggelar operasi nuklir… AS-4 senjata bawaan Badger, bisa diganti dengan warhead thermo nuklir untuk membungkam Guam, Hawaii dan Subic Bay waktu itu, bila US “turun gelanggang” di pembebasan Irian Barat…. Kemampuan ini diteruskan waktu Mirage IIIC “mampir” untuk di evaluasi untuk pengganti BAdger dan Mig 21….dengan kemampuan membawa senjata nuklir taktis, maka kemampuan Indonesia sebagai satu2nya negara Asia Tenggara dengan kemampuan nuklir…

      • walah jadi ingat kisah nya boss denharin…naik sebagai pilot mirage.
        jadi bener ya kita punya mirage..?
        mmm….lengkap juga ya pembom kita. TU15, TU22M2/3, Mirage 2000, TU whie swan…..makanya aussie ditawain oleh USA utk ditempati B1

    • Mirage 2000N masuk sebagai “pelengkap” kekuatan pemukul strategis kita di bawah bayang2 F-16A/B… Release resmi TNI AU “hanya” membeli satu skadron F-16 A/B sedangkan Mirage 2000 waktu itu “kalah penawaran”…. Tapi sejatinya kita memang “menyimpan” kekuatan pemukul “strategis” ini kalau2 dibutuhkan…..

      • wirosableng007 on

        Bung hadna,trus gimana caranya pesawt2 mirage2000 ini diumpetin? kan susah banyak saksi mata yg kemungkinan bisa melihat heheheeh

  7. xixixixiiiiii……..ternyata pak harto ta pernah melupakan sejarah(jas merah)…….???
    memang sungguh hal yang-unik-bilamana pasukan palestina dan libanon selalu mampu bertahan(bergerilya)..bahkan terkadang bisa memukul mundur pasukan israel cs..meski dengan alusista2-sederhana-nya…ternyata para pelatih/guru-nya dari indonesia(tni)….xixixiiiiiii
    ..makanya ta heran bila palestina/libanon sedari dulu selalu menganggap bangsa indonesia adalah -saudara sejati-nya…..karena membantu tanpa pamrih……heheheheeeee
    tetapi akhirnya pak harto harus -menebus-akan sikapnya yang dianggap pengkhianatan oleh ASU cs dengan -keruntuhan-dinastinya sendiri…???
    …namun baiknya sebelum-jatuh-pak harto masih sempat juga membangun-awal rantai rute alusista-dari blok timur yang dimana merupakan sikap-jaga jaga-jika embargo blok barat terjadi….dan akhirnya hingga kini malah diteruskan oleh para penganti-nya….xixixixiiiiii
    …terimakasih pak harto..terlepas dari segala-khilaf-ternyata -jiwa-nasionalime ta pernah luntur demi para pahlawan yang telah gugur….

    • kenapa indonesia sangat peduli dg bamngsa palestina…? karena ketika indonesia merdeka….bangsa palestina lah satu2 bangsa dg cepat mengakui kemerdekaan indonesia…bahkan menyumbangkan emas yang cukup berarti oleh pengusaha palestina dulu.

      baru disusl negara2 lain nya.

  8. wuah…Bung Hadna….artikel yg sangat mendebarkan dan menarik. ditambah lagi pemuatan foto pesawat bersenjata di tengah ilalang tanpa dibubuhi keterangan apapun semakin menambah misteri dan rasa penasaran. pesawat apa, siapa yang punya dan dimanakah gerangan berada? hmmmm…

  9. baru denger kalau indonesia ternyata pernah melatih pejuang palestina…dari dulu sering liat2 internet dan denger ceramah2 ustad2 belum pernag denger berita kayak gini….kalau benar berarti hebat betul menjaga kerahasiaannya ….. salut

    • Masalah pelatihan pejuang Palestina, memang “tertutup” sangat rapat Bung Bangau Putih….
      Bahkan Indonesia selalu menampik tuduhan dari US maupun sekutunya soal pelatihan ini…. Sempat memang “spotted” oleh Israel dari laporan intelijen mereka bahwa ada pelatihan gerilyawan Hizbullah, Hamas, serta Brigade Al-Qasam oleh “unkown military unit with high military skill”…. Tetapi mereka tdk pernah bisa membuktikan itu…. Termasuk pasukan US dan Koalisi pada perang Irak pertama dan Perang Irak kedua, disinyalir ada keterlibatan sejumlah “unit2 militer dengan kemampuan tinggi tanpa diketahui negaranya”…..hehehehe

  10. MAAF OOT,
    UNTUK BUNG ADMIN :

    Melihat beberapa hari belakangan ini situs patga sering exceded bw limit usage,
    jika berminat, saya ingin menyumbangkan hosting ultimate (Linux) nganggur masih aktip sampai 22-10-2016
    dari GODADDY.
    Semua akan saya berikan secara GRATIS demi rasa nasionalisme NKRI, dengan penyertaan hak akses penuh login hosting dan Cpanel / menyerahkan secara keseluruhan.

    Monggo untuk dipertimbangkan usulan saya ini.

    (form kontak kami tidak berfungsi, terpaksa saya posting disini)

  11. selalu ada cerita di balik cerita, itulah khasnya Indonesia. Saya pun yakin bahwa saat ini juga ada kisah di balik kisah yang orang awam kayak saya hanya bisa melihat yang terlihat saja. mudah2an ini membawa kebaikan bagi NKRI dan seluruh rakyat Indonesia…

    eh ini cuma hoax ya…?!

    • Banyak juga kisah2 sekarang yang kadang tidak terlihat Mas Bawor…. Hanya saja kadang kita melihatnya sebagai kebalikan cerita tersebut…. Ini memang “hoax” Mas Bawor, dinikmati saja, percaya silahkan, nggak percaya malah bagus….hehehehe

      • Bung hadna gak sekalian kura kura bmp 3f dibeber xi xi xi,kan jaman simbah sdh. Ngandang banyak kura2nya xi xi xi jgn dipercaya lho edisi ngigau

      • kalo gitu… saya nunggu hoax corner edisi berikutnya… tinggal dibalik aja kan ceritanya… yg hoax jadi real.. yg real tetep ngga kelihatan… mantap..

  12. Bung Hadna,

    kalo melihat cerita Bung di atas, sebenarnya US dkk otomatis juga tau dong kekuatan sebenarnya dari Indonesia. Karena bagaimanapun, Perancis tetap sekutu US dan kroninya, tinggal tergantung pemerintahan dari kubu apa yg lg berkuasa di Perancis, walaupun Perancis beberapa kali tidak sejalan dg US dkk.

    • Untuk yang satu ini, Perancis benar2 tutup “mulut” Bung Burhanuddin….. US dan sekutu2nya hanya tahu bahwa Indonesia memang punya reaktor nuklir kelas “teri”, dimana hanya untuk penelitian BATAN saja…. Sedangkan “kekuatan” nuklir Indonesia sesungguhnya mereka benar2 buta….. Tambahan “hoax” saja Bung Burhanuddin, Sovyet tidak pernah ditinggalkan oleh Indonesia selama era Soeharto, alutsista ex-Sovyet begitu kejadian thn 65, ada beberapa yang “bisa” diselamatkan oleh Tim Sovyet – Indonesia atas perintah Soeharto waktu itu…. Terutamanya senjata nuklir strategis AS-4 dan beberapa kapal patroli, kapal penjelajah KRI Irian serta beberapa KS Whiskey…..

      • Bung Hadna, terima kasih replynya..satu lg pertanyaan, kenapa Israel mau dilatih oleh para pilot Indonesia? Israel yg saya tau adalah gudangnya Ace… n mereka mempunyai para pilot yg sudah diakui skill dan pengalamannya. Mungkin kalo alasannya kita punya Mirage 2000, mereka pun punya Mirage 3 n malah di kloning jadi Kfir dan sudah batle proven. Juga pengalaman kita dg Mirage masih misteri dan belum terdengar kita pernah dog fight pakai Mirage. Kenapa ngga langsung ke Perancis aja?

        Saya cuma terhenyak, kita bisa bermain di dua kaki…n di negara sekelas Israel lagi…

        • Israel diawal pertempuran Yom Kippur dan Perang 6 hari, selalu keok dengan alutsista Rusia… Mereka tidak pernah bisa mengalahkan/menghindari secara nyata “kekejaman” alutsista Rusia terutama rudal S-75 Dvina… Mereka ace dalam dogfight, tapi “lemah” dalam menghadapi rudal2 Rusia/Sovyet…. Sebisa mungkin mereka menghindari situs2 rudal permanen Suriah, dan Mesir waktu itu… Pada saat itu lah, mereka tahu bahwa Indonesia adalah “pemilik” terbanyak rudal S-75 Dvina di kawasan Asia Tenggara, dan baru saja mulai “condong” ke Barat… Atas inisiatif Israel lewat US, maka dibuatlah kontak rahasia dengan Indonesia untuk memulai upaya pelatihan atau cara2 menghindar dari rudal2 maut tersebut… Pilot2 Mig 21 TNI AU dikenal oleh Sovyet sebagai pilot2 handal dan nekat, bisa terbang rendah dengan kemampuan tinggi, begitu pula dengan pilot2 Badger serta pilot2 Beagle nya…. Israel pun menawarkan A-4E ex perang Yom Kippur ke Indonesia dengan syarat pelatihan terbang rendah untuk menghindari radar serta cara2 membungkam situs2 rudal S-75 Dvina tersebut Bung Burhanuddin….

          • Makasih banyak Bung Hsdna atas penjelasannya. Sudah terlalu lama PG tidak sda diskusi seperti ini. Mohon Bung Hadna terus konsisten dg artikelnya, n selalu bersedia diajak diskusi dan menjawab pertanyaan kami.

      • jadi nih…ketipu tipu dong dengan adanya suharto di indonesia… kikikiki.
        dipikir bisa mempermainkan kita dg mudah. nah kalau kejadiannya kayak gini….jadi jelas.
        siapa mempermainkan siapa….

  13. Ternyata memang banyak misteri di militer kita hehehe,sambil bayangin barang2″hoax” yang dititipin di negeri tetangga

  14. Seseorang becerita kepada saya tampak sungguh2 dgn menyodorkan beberapa fakta yg pernah terjadi di masa lampau dgn harapan bahwa kisah itu benar adanya…hmmm sayapun manggut2 mengamini…tetapi kemudian org itu sambil tertawa2 berkata ” eh, itu tadi cerita bohongan loh…jgn, jgn dipercaya….” Kamsudnya gimana ya saya kok ora mudeng…dan cerita2 begini sering loh tetapi di akhir cerita ditambahin kata2 sakti ” hoax”…

    • Bung Markesso, cerita ini saya buat berdasarkan analisa saja, ditambah dengan sedikit “bumbu” supaya keliatan lezat…. Silahkan di cari benang merahnya, pada waktu pembelian alutsista ex German Timur ini, Pak Habibie dihujat habis2an, tapi Soeharto diam saja, tidak melindungi dan tidak juga marah…. Ada apa sebenarnya dengan pembelian ini? Ini lah yang saya analisa dengan disambung kemampuan inhan strategis kita seperti PAL yang mengeluarkan KCR 40 dan 60 serta Program Korvette Nasional nya, PT DI “bangkit” dari keterpurukannya dan mulai kembali dihargai sebagai leading plane manufacture in South East Asia terutama Asia… LAPAN tiba2 mengeluarkan desain mock up skala kecil pespur LFX sert pengembangan R Han 122 mm…. Ada benang merahnya kah Bung Markesso? Silahkan anda analisa dulu….hehehehe

    • Pesanan Sukhoi era Soeharto tidak pernah dibatalkan Bung Koboyletoy….. Rusia tidak akan pernah menjual Sukhoi pesanan Indonesia ke negara lain, karena ini lah satu skadron full Sukhoi 27SM dan Sukhoi 30 MK Series dengan avionik “berbeda” dengan Sukhoi milik Rusia… Pun pesanan ini sudah dibayar lunas sebelum Soeharto “lengser”… Bagaimana pun caranya, Sukhoi ini tetap dirawat dan disembunyikan di suatu fasilitas jauh dari intaian satelit mau pun agen rahasia… Termasuk pesanan spare part dan mesin dalam jumlah yg sama dengan jumlah pesawatnya… Rusia sengaja publikasi “pembelian gagal” karena situasi politik dan keamanan di Indonesia yang berubah pasca lengsernya Soeharto….

  15. Saya sampek baca 2 Kali….
    ckckckck…. secret above secret..
    ah sudahlah, cuman hoax, ntar di bully kaum resmiyah….

    eh… ada lagi nggak cerita kayak ginian bung ?
    :-D

    • Mau cerita hoax apa Bung KZ? Soal pembelian U-206A ex Germany Navy sebelum Soeharto lengser? Atau percepatan Project Kartika XX yang memulai perjalanan sejarah pembuatan rudal Indonesia?…. Atau justru cerita tentang “The Unknown Indonesia Special Forces”?…hehehehe

      • Unknown special force jgn dibeber bung,biarlah pasukan khusus yg ada dlm daftar saja yg diketahui umum.biarlah tetap menjadi,”misteri”

        • Kalo tidak berkeberatan.
          semoga berkenan membuat artikel hoax berseri…
          ” catatan seorang hoaxer Part XX ” dst…
          seperti artikelnya bung yayan….

          Terimakasih…
          salam bung.

      • Saya tertarik dengan proyek kartika…..
        Tba-tiba ada dan tiba-tiba tidak terdengar kabarnya.
        Seandainya secara resmi Indonesia menyatakan mampu membuat dan meluncurkan roket ke ruang angkasa….. minimal, minimal banget, sipore dan ngostrali akan bengok-bengok.
        wakakakakaka

        Nusantara ini adalah tanah misteri. Tidak pernah berhenti mengejutkan dengan berbagai macam “hoax” hahahahahaha.

        Monggo dilanjut om Hadna. Merdeka!

          • Kita belum siap dengan situs peluncuran luar angkasanya Bung Indoensia Banget…. rencana sih di Biak, tapi belum2 aja…. kepentok sama kebijakan proliferasi wahana peluncur nuklir…..hehehe

  16. Silent Killer on

    Seru juga ya ceritanya, untuk gambar no 2 bung Hadna, kok dibelakangnya seperti ada gawang-gawangan buat maen bola ya, kaya dikampung Saya maen bola di padang rumput di pinggir-pinggir nya banyak ilalang, gawangnya pake bambu haha. Dibelakangnya lagi kok kaya pohon kapuk ya bung :D

    • Silahkan di asumsikan sendiri kira2 dimana Bung Silent Killer…..bebas2 saja kok…hehehe…
      Kalau saya senang berimajinasi, seandainya saja itu memang di suatu wilayah Indonesia, maka alangkah rapihnya TNI kita “menyimpan” alutsista yang masih bisa terpakai sewaktu2…. Termasuk “menyimpan” sejumlah xxx unit S-75 Dvina yang masih bisa “diaktifkan” kapan saja….hehehe

        • Yang versi station ada, yang versi mobile ada Bung Urquan….hehehe
          Kan Indonesia dikenal sebagai user terbanyak S-75 Dvina di Asia Tenggara…hehehehe

      • Jadi ingat artikel bung Yayan, banyak pesawat yang juga dimuseumkan sebelum waktunya, dan sewaktu waktu bisa diaktifkan kembali.. saat dibutuhkan.

      • hahaha, foto di lapangan rumputnya tak cari di google gambar gak nemu sama sekali yang cocok dengan gambar di atas, artinya foto tersebut adalah original/… mantap

  17. Jenggot Bonar on

    MERDEKA DAN BERDIKARI, Salam olah raga bung Hadna… Jangan lupa hoacnya di buat lanjutan hehehehe. Tak tunggu sesi tanya jawabnya… SEMANGAT.

  18. Jenggot Bonar on

    MERDEKA DAN BERDIKARI, Salam olah raga bung Hadna… Jangan lupa hoacnya di buat lanjutan hehehehe. Tak tunggu sesi tanya jawabnya… Salam sehat selalu .SEMANGAT.

  19. Banyak sejarah yang tersimpan. Terlepas dr itu terimakasi buat pak harto.
    Untuk pesawat mirage2000 nya tolong rawat baik baik.
    Untuk alutsista ex sovyet , senang sekali kalau masih bisa diselamatkan.
    Lalu apa kita punya senjata nuklir? Terima kasih france untuk ilmunya

    • Sekarang ini kita memakai basic dari Kh-31 Bung Potret….. Sewaktu2 warhead ny bisa diganti dengan warhead thermo nuklir…. Kalau yg lain belum diketahui jenisnya…

  20. Terima kasih bung Hadna,”hoax” yg menarik untuk di simak,ya begitulah dunia militer,penuh dg misteri dan ke abu abuan..di tunggu lanjutan nya bung hadna,semoga lebih greengg lagi “hoax” nya….

  21. @Bung Hadna, terima kasih artikel Hoax cornernya. Kalo bisa dibuat berseri ya, seperti usulan rekan2 diatas.. :)

    Salam…

  22. Itu hoax jaman dulu saat project alpha..

    Masak sekarang hoax kayak githu masih berlaku..
    Kira2 kalau hoax jaman sekarang apa ya bung??
    Topol M kah??

    • Kalau jaman sekarang hoax nya adalah “pengiriman” pesanan yang tertunda… Seperti 1 ska Sukhoi 27 SM / Sukhoi 30 MK yang sudah dipesan dan dibayar lunas oleh Soeharto….. Megawati waktu itu “membeli” 4 unit Su-27 ex India yang tidak jadi dibeli untuk “mengiringi” pengiriman ini…. Demikian pula pengiriman besar2an spare part dan mesin cadangan hingga amunisi pespur ini…ditambah pesanan baru era SBY… Disinyalir pula pengiriman besar2an alutsista untuk Marinir dan ribuan ATGM Kornet generasi lanjut untuk memenuhi kebutuhan Yonif, Kostrad dan Marinir… boleh percaya boleh tidak…lha wong namanya saja hoax corner Bung Assamata….hehehehe

      • pernah baca komentar/pernyataan pak ryamizard bahwa sukhoi indonesia ada dua skuadron…. padahal yg dipublish di media selama ini kan hanya satu skuadron saja…..berarti yang satu skuadron lg dari yg dibeliin bpk pembangunan itu ya ? :) hehehhe

      • Hehehe.. Oke bung hadnan..

        Emm tp ada hal yg mengganjal bung..
        Kenapa hoaxnya banyak yg ke blok timur..
        Dmanakah hoax blok barat mengingat LCS lagi memanas nii bung hehehe..

        Nggak percaya namanya juga hoax

        Salam NKRI

        • Hoax Blok Barat adalah pembelian sejumlah kapal perang buatan Inggris menyusul pembelian kapal perang Usman Harun Class Bung Assamata…. ditambah “ngebetnya” Airbus Military bekerja sama soal Typhoon dengan PT DI… sedangkan Konsorsium MBDA “menawarkan” sejumlah full ToT rudal kelas wahid ke PT DI, Lapan dan Pindad untuk di kerjakan di Indonesia…. Kalau Viper kan jelas sedang ditawarkan Bung Assamata….

          Tertariknya inhan Italia dan Perancis mengadakan kerja sama dengan beberapa inhan strategis Indonesia dan sedang dijajaki serius oleh ke 3 negara tersebut……hehehe

  23. Hoax nya gini saja….. gini saja, tetap saja ciut kan ketika angkatan udara sonotan mengancam ngebom jakarta (dgn F111), kalau ngga mempermudah melepas timor leste, bela jakarta pakai apa? sudahlah ngga usah mempropagandakn kehebata almarhum jendral bintang 5 itu. fakta ABRI kita lemah apalagi TNI AU dan TNI AL. di majalah Commando terbitan gramedia malah ketika latgab, infantri kita diangkut pakai mitsubishi kepala kuning! Weak! Ingat sonotan dengan F 18 bebas terbang ke El Tari.
    Kalu mau HOax mending zaman Pak SBY, kenapa Queen Elizabeth sampai ngasih medali kehormatan kepada beliau. Allah Maha Adil, Jendral angkatan DArat yng melemahkan ABRI, Jendral angkatan DArat pula yang menguatkan TNI

    • Hehehehehhehe….salam sehat selalu bung Dickdale… Mau sedikit menambahkan bung.. Semua alutsista tsb merupakan alutsista yg memang sedari awal dibuat sgt gelap.. Bahkan tdk semua prajurit tahu akan keberadaan senjata2 tsb.. Bahkan dilevel jenderal sekalipun.. Utk kasus ancaman pemboman F111 ausit tdk sama sekali terbukti toh..? Sesungguhnya semua alutsista tsb akan digunakan sbg balasan yg amat mematikan jika terjadi peristiwa tsb.. Sama hal nya mamarika membom hirosima dan nagasaki setelah pearlharbour mereka diluluhlantakkan oleh jepang…apakah mereka mengumumkan telah memiliki bom atom sebelumnya..?hehehhehehehe…jgn berharap melihat semua kekuatan TNI jika NKRI blm diserang secara frontal dititik2 vitalnya spt jakarta, itu juga klo mereka berani..hehehehehhehehe klo hanya provokasi utk memancing2 gesekan biarlah itu menjadi bagian dari latihan kesiapan prajurit TNI dilapangan..salam sehat selalu rekan patga…

    • Bung Dickdale, memang zaman Soeharto kita terlihat “lemah”… Siapa bilang kita tdk siap waktu Australia mengancam akam membom Jakarta dengan F-111 waktu jajak pendapat di Timor Leste… Pak Habibie waktu itu dapat dukungan penuh dari negara di Timur Tengah soal BBM dengan jumlah tidak terbatas, sedangkan Soeharto menawarkan untuk menjadi kontak rahasia tingkat tinggi ke Rusia dan negara2 ex Pakta Warsawa waktu itu untuk mencari dukungan militer skala penuh bila Australia “main2″ dengan militernya…. Seluruh persenjataan TNI siap perang waktu itu bila Australia memang nyata2 mengancam kedaulatan NKRI…. Seluruh pesawat TNI AU termasuk Mirage 2000N disiapkan lengkap dengan rudal ASMP dengan warhead thermonuklir, sedangkan Pasukan Khusus kita siap “habis2an” di perbatasan Timor Leste dengan kekuatan penuh…..

      • Kalau soal SBY mendapat penghargaan dari British, karena menyelamatkan industri pertahanan mereka dengan memesan rudal Starstreak berjumlah xxx unit untuk pertahanan Obvit kita dengan dipadukan oleh radar terbaru Thales khusus dibuat oleh Indonesia…. Ditambah pesanan sejumlah kapal perang megikuti pembelian kapal perang Usman Harun Class…. Apa saja typenya silahkan berimajinasi bung Dickdale…hehehe

  24. Bung Hadna, kalau S-75 Dvina emang masih bisa dipakai bung? sorry bukannya ngeremehin, itu kan produk tahun 50-an atau 60an, umur pakai komponen dalam rudal itu kan mungkin ada masa expired nya ? analogi saya misal dengan barang elektronik, kan ada masa pakai nya kemudian akan dianggap expired….
    anyway tetep makasih banyak atas pencerahannya bung :)

    • Xi xi yg expired bisa diganti komponenya bung,tank bekas pd 2 aja masih aktif di pusdikkav,padahal pabriknya udah tutup.

    • Yang masih utuh hanya airframe nya saja Bung Bangau Putih, sedangkan seeker, propelan dan warhead dilucuti sejak tahun 1970an, disisakan beberapa hanya untuk latihan dengan di supervisi teknisi asal Sovyet…. Kalau sekarang ingin digunakan, teknisi2 Rusia masih sanggup membuat seeker, sedangkan propelan dan warhead sudah bisa dipasangkan buatan lokal… Kira2 demikian Bung Bangau Putih…

      • Mengomentari soal seekernya gan… itu seeker pakai teknologi terbaru atau kelas aslinya? Kalau aslinya apa ga outdate tuh dalam perang masa kini?

        • Seeke denganteknologi terbaru Bung Urquan…..Teknisi Ukraina dan Rusia siap mengaplikasikan di S-75 Dvina milik kita….hehehe

      • jangan2 missile ini yang menghantam drone besar yang melintas di sulawesi tahun2 lalu sehingga meninmbulkan ledakan yang sangat dahsyat waktu itu?. atau juga yang menembak jatuh drone besar dari selatan saat mau mendekati loikasi peluncuran roket di papua..?

  25. Wouuw super mantap ulasannya Bung Hadna ,
    dan juga artikelnya , hox .. kira- kira kalau karangan , tentu masih kesulitan dengan spesifikasi cerita jelas ,

    untuk hal ini ane Meng-amini saja Cerita ini benar

    saya sampai baca terkesima baik ulasan maupun artikelnya

  26. kalau sekarang mau digunakan, teknisi rusia sanggup membuatkan. @ hadna apakah ilmuan kita tidak bisa buat seker rudal… S 75 dvina kan produk lawas, apakah teknisi kita g’ membongkar dan mempelajari seeker tsb, seperti halnya seekernya rudal exscotet… Hehehe. MERDEKA DAN BERDIKARI.

  27. bung hoaxnya jgn serem2 ahh nnt tetngga so jaguh,singaporno n sonotan panas dingin dnger ceritanya heheheeee
    SALAM PATRIOT INDONESIA

  28. Yang jelas foto pesawat di ilalang itu saat ini, hanya ada di patga .. tidak ada di blog lain (coba arahkan kursor di gambar, klik kanan dan telusur google gambar ini…) berarti…??? dan dimanakah dia berada ? hehehe.. dulu saya pernah dpt link koordinat peta google mengarah ke suatu landasan pesawat (di indonesia), nampak jelas disitu terpakir sayap delta,… cuma saya cari2 lupa lagi dmanakah itu??

    • Bung Bearbrand, KRI Irian sempat “diselamatkan” begitu Soeharto naik menjadi presiden… KRI Irian secara “sangat rahasia” dikembalikan ke pabrikan asalnya waktu itu Sovyet…. Dengan suatu operasi militer “sangat rahasia”, pelaut2 TNI AL dan Sovyet “melarikan” KRI Irian dan beberapa alusista strategis lainnya ke Sovyet…

      • berarti ada bonus sista penggati g bung hadna secara pak harto udah selamatkan sebelum di oprek usa.
        lgi bayangin kapal segede itu lewat mnq ke rusia. paling aman sih lwt china trus ke vladivostok

  29. cek cek tes tes 123 tes 123 hehe maaf baru absen, congrats buat bung HADNA yg sukses dengan HIAX CORNERnya, memang sulit membaca strategi pernukliran Indonesia sampai sekarang apalagi di tambah unknown special forcenya tambah ngeri ngeri sedap. Apalagi ditambah U22/U206a hihi dengan bobot 450ton berani mencegat kapal Nuklir Amerika hehe
    Salam buat bung Hadna

    • teringat ketika masih pendidikan..ketika saya bertanya kpada pelatih saya tentang kasel yang dimiliki tni al kita,dimana beliau adalah orang kasel,,beliau menjawab dengan santai hanya ada 2 saja yaitu u 209 dari jerman itu..dan saya kejar terus menerus berdasarkan kepemilikan kasel sesungguhnya tni al ..beliau keceplosan berbicara u 206(pelatih saya langsung mengalihkan pembicaraan,dan saya hanya tersenyum mendengarkannya )

      • Bung SOS, saya juga pernah denger “kabar burung” kalo di negeri tercinta kita, ada beberapa pangkalan KS rahasia, warisan era perang dunia ke-2. Entah itu dulu dibuat oleh Belanda ato justru dibuat Jerman yang jd sekutu Jepang waktu perang. Dan kabarnya pangkalan2 rahasia itu masih aktif sampai sekarang. Makanya waktu denger soal pengadaan KS secara diam2 yaa, ndak kaget dimana sembunyiin barangnya :-) cuma jangan tanya dimana lokasi pangkalan rahasia itu ya? namanya juga “kabar burung”, jd tanyakan saja pada para burung yang berterbangan di langit :-) salam…

  30. Terimakasih Bung @ Hadna, semoga sehat selalu, pojokan hoaxnya bikin dag dig dug duarrr…, melihat sisi lain dari banyaknya sikap pesimis anak negri…., teruskan berkarya bung, ditunggu seri selanjutnya…

    • Is bung @Hadna mengeluarkan cerita hoaxnya sebagai penambah informasi tentang kekuatan NKRI/TNI. terimakasih bung

      Ditunggu hoax selanjutnya..Salam hangat

  31. Koq nggak nyambung ya antar kalimat di artikel ini koyo e ada kijang komando kaca film gelap lewat..jadi ada yg didelete.. :)

  32. Hehehhehehee… Terimakasih bung Hadna..sehat selalu bung.. Akhirnya dibuka juga double ops intelijen di jantung israel hehehhehehehe… Negara dunia ke3 yg bisa mengecoh intelijen israel dan Benang merah dari sikap segan parjurit israel thd relawan RI di kapal kemanusiaan mavimarmara… Mendengar nama indonesia spt mendengar suatu bayangan di alam goib.. “Bayangan yg gelap yg tdk terlihat di alam yg tak terlihat” tp mampu menggetarkan hingga ke seluruh nyali prajurit israel..dan rasa segan itu juga terbukti dari makin terampil dan gaharnya hammas dalam menghadapi serangan darat israel… Salam sehat selalu bung2 semua..

      • Tebakan sy operasi pelatihan pejuang Palestina ini saat Danjen Kopassus dijabat Prabowo Subianto. Beliau kan satu diantara beberapa petinggi militer yg dekat dgn org2 penting Timur Tengah. Betul kaga Bung Hadna, mohon koreksi dan pencerahannya kalo salah. Pelatihan ini sekaligus menampik anggapan kalau ada Muslim yg teraniaya oleh non Muslim di suatu negara, maka dipastikan negara islam/negara mayoritas Muslim lain tak mampu berbuat apa2. Walaupun operasi ini bersifat rahasia dan terbatas operasi inteljen, tp negara sudah mewakili aspirasi rakyat yg ingin ikut andil dlm perjuangan Palestina.

        • Pelarihan pejuang Palestina sudah dimulai pada era Soekarno, tetapi masih sebatas kemampuan militer umum karena belum banyak yang direkrut waktu itu…. Seiring waktu, era Soeharto mulai dilatih kemampuan taktis perang gerilya dan taktik hit and run oleh suatu kesatuan tanpa nama…. silahkan dibaca di Hoax Corner Part 2 Bung Cakar Elang….

  33. @hadna.Di ulas juga dong kejadian tempo hari, ada gempa di laut natuna hehehe ada kejadian apakah di sekitar natuna.

    • Bung Jenggot Bonar, kalau instansi yang mengeluarkan data gemapa saja diam tak bersuara, pasti ada sesuatu yang tidak boleh dipublikasikan….

      Kalau hanya getaran sonic boom, kaca pasti bergetar tapi gerakan tanah diam…. Sedangkan bila ada gerakan tanah dan kaca bergetar ada yg lagi “test” ledakan di kedalaman laut…. Entah “senjata” apa yg sedang di uji coba bung…..hehehehe

  34. Ikutan bung jenggot bonar ah..ayo kita gelitik bareng bung hadna terkait gempa di natuna.
    Insting sy ada kompor meleduk disana,entah kompor siapa..?? Xixixixixi

  35. sejak dulu saya selalu berpikir betapa hebatnya pejuang palestina dan lebanon dlm perang gerilyar kota melawan zionis israel pd taktik perang tsb yg plg jago adlh indonesia bukan bangsa arab. kedua kenapa israel mau memberikan pesawat A4 skyhawk ke indonesia pdhal indonesia sgt mendukung perjuangan palestina ternyata israel sedang butuh kita utk pelatihan. Untunglah pak harto selalu ingat akan jasmerah bahwa kita sgt ahli dlm persenjataan soviet terutama marinir dan AU. Untuk penguasaan bidang nuklir, saya sangat kagum dan surprise sekali. Biarlah bangsa ini bagai padi yg selalu menunduk jika sudah berisi.

    • Kalau sekarang hanya murni bisnis Bung Sennopati….mereka tdk mau kecolongan lagi kalau kerjasama dengan Indonesia…cukup sudah “dikibuli” habis2an sama kita…. Kalau pembelian alutsista sebatas drone dan lain2 masih bisa memakai pihak ketiga…..kan murni bisnis bung…..hehehe

  36. xixiixixiiixixixixi ingat lo bax tki tersebar dberbagai negara sbagian adlah pasukan tanpa nma hax org tdk menyadarix xixiixixixi

  37. Sebut saja Mawar on

    entah bener or tidak. Yg jelas artikin bung hadna mampu menambah rasa nasianalia n kebangaan diri pada NKRI.
    Makasih bung untuk artikelnya.
    Beruntung ada di patga. Banyak orang” super disini. Jadi bisa nambah wawasan

  38. Pingback: HOAX Corner 1st | Mansyur ST

  39. cut nyak dhien on

    bung hadna, itu pswt mig ex jertim tidak disimpan di hanggar, su 27 pesanan pak harto udah dimari, makasih atas hoaxnya- Pak Harto adalah salah satu putra terbaik yang dimiliki bangsa ini, terlepas dari segala kontroversi, beliau tetap manusia biasa yang tidak lepas dari salah n khilaaf, semoga beliau ditempatkan ALLAH SWT ditempat yang terbaik atas jasa bagi bangsa ini

  40. cut nyak dhien on

    bung hadna benar tidak kabarnya malaysia pernah invasi ke indonesia tahun 2005, yang kemudian dibantai oleh TNI di rimba kalimantan, maaf banyak tanya, maklum oot

Leave A Reply