TENDER BARU, DIBUKA..! (Catatan Seorang Chef part 40)

42

TENDER BARU, DIBUKA..!

Dede X

Kita baru saja memastikan pembelian sejumlah pesawat tempur canggih buatan Russia, yakni SU35, sebuah varian jet tempur persembahan dari keluarga Sukhoi..! Konon, kita juga tercatat sebagai negara pertama di luar Russia yang akan mengoperasikan pesawat ini. Saat kita membuat wacana pembelian pesawat ini, konon niat kita adalah ingin mencari pengganti yang tepat untuk pesawat tempur lawas kita, F5E Tiger..! Benarkah demikian..?

Hehehe..! Sepertinya bukan itu maksud utamanya. Indonesia hanya berusaha untuk mengimbangi perkembangan potensi ancaman dari negara-negara tetangganya, seperti Singapore dan Australia, dimana keduanya telah resmi untuk mengakuisisi pesawat tempur siluman canggih dari generasi ke-5, F35 buatan Amerika..!

Kini, dalam tender terbuka yang baru saja launching, keraguan itu terjawab sudah. Pesawat pengganti F5E Tiger kita sejatinya bukanlah SU35, tetapi besar kemungkinannya adalah 3 merk berikut; Saab JAS Gripen, Typhoon dan F16 Block 52+, V series, atau lazim disebut sebagai F16 Viper..!

Akankah Jokowi menyebarkan asset yang kita miliki kelak ke setiap provinsi yang ada..?
Melihat visi pembeliannya yang menyebut bahwa penguatan militer wajib dibangun untuk mendukung penguatan sektor ekonomi, seperti niat itu bisa menjadi sebuah kenyataan, bukan sekedar isapan jempol..! Hehehe..! Semoga…

citoxnew29

Happy Fathers Day..!

Untuk ayahanda dan semua yang telah menyandang status sebagai ayah, saya ingin menghaturkan rasa hormat dan penghargaan yang setinggi-tingginya, atas hadirmu dalam setiap relung kehidupan anak-anakmu. Ketegasan dan ketegaranmu adalah cemeti yang senantiasa membuat anak-anakmu terjaga dan tegak berdiri. Manakala sikap luruhmu menyentuh kalbu, tatapanmu adalah ibarat embun..!

Terima kasih untuk segala cinta dan kasihmu yang senantiasa ada dan begitu nyata. Sejatinya kau adalah pahlawan dan panutan. Bersama bunda, engkau telah berkorban dalam diam, bahkan tangismupun lebih sering kau sembunyikan..!

Ada banyak nostalgia bersamamu..! Salah-satunya adalah tentang kacamata yang hilang. Engkau tetap tersenyum, merelakan kehilangannya meski harus meninggalkan kebiasaanmu membaca buku-buku kesayanganmu. Dengan diiringai seulas senyum, engkau bergumam, ‘ Semoga kacamata itu bermfaat bagi orang yang mengambilnya..!’

Beberapa tahun kemudian, doamu terkabul. Seseorang datang menghampirimu. Dia bersimpuh sambil memohon maaf, konon beberapa tahun sebelumnya, dia sengaja mengambil kacamatamu. Engkau tersenyum, karena anak yang mengambil kacamata itu kemudian mampu melanjutkan sekolah, berkat usaha menjahit yang dilakoni kedua orangtuanya. Anak itu telah menghadiahkan kacamatamu pada kedua orang tuanya, dan engkau tampak begitu ikhlas..! Ketika dia datang untuk sebuah pengakuan, engkau masih tergerak untuk memberikan buku-buku kesayanganmu pada mereka..! Hasilnya, kini anak itu sukses, dan menganggapmu sebagai ayahnya. Terima kasih atas keteladanan yang kau tanamkan, dan terima kasih atas kesediannya menjadi ayah bagi semua..! Disini, aku dan anak-anakmu, bersyukur dan bangga padamu..! Semoga kebahagiaan dan kesejahteraan senantiasa tumbuh dihatimu..! Aamiin…

dedenew194

INVESTASI

Berawal dari diskusi bersama keluarga beberapa waktu lalu, akhirnya saya terdorong untuk membukukan ide-ide saya..! Terima kasih untuk seluruh keluarga besar tercinta, yang senantiasa memberikan dorongan dan kepercayaan pada saya. Konon, apa yang saya pikirkan saat ini, kelak akan mampu menjadi solusi penting bagi penanganan mandeknya pembangunan sektor infrastruktur di Indonesia…! Hahaha..! Sangat tersanjung, meski sejatinya ide-ide saya bukanlah hal baru, namun jujur, hingga saat ini saya melihat belum ada satu usahapun yang dilakukan oleh pemerintah maupun pihak swasta, yang telah sanggup menyentuh tataran tersebut.

Ide tersebut lahir dari pengalaman panjang saya berkelana di negeri orang. Dipercaya mengelola perusahaan, menanamkan modal, mengembangkan usaha dan memperkuat images perusahaan ke seluruh pelosok dunia, benar-benar telah menjadi sebuah pengalaman, sekaligus juga pelajaran. Saya telah berusaha untuk memetik semua nilai-nilai positif yang dimiliki negeri-negeri lain. Saya juga berusaha terus agar mampu bersikap lebih arif dalam menghadapi fakta dan realita kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat di Indonesia. Kadang ada rasa kecewa, rendah diri, maupun frustrasi, namun setelah menyikapinya dengan penuh pemikiran yang positif, akhirnya saya mampu melihat dengan lebih jelas bahwa setiap kekurangan yang ada, sejatinya adalah peluang besar bagi kita untuk terus tumbuh dan berkembang kian besar..!

Saya sedih sekaligus terharu dengan kegigihan pak Jokowi yang pergi kesana kemari, semata-mata untuk mendapatkan sumber-sumber investasi..! Bahkan pak Jokowi juga tidak sungkan-sungkan mencari hutangan untuk menjamin agar keberlangsungan pembangunan ekonomi di negeri ini tetap terjamin dan terjaga..!

Sayangnya, hingga detik ini, pemerintah masih melihat cita-cita dan harapan besar rakyat Indonesia untuk maju, hanya sekedar sebuah impian, bahkan lebih sering diterjemahkan sebagai sebuah beban ataupun tekanan..! Belum ada kesamaan paradigma bangsa Indonesia yang memandang harapan besar bangsa Indonesia sebagai sebuah kekuatan ataupun modal. Meski dalam lingkup ekonomi makro, kita sudah mengenal modal sosial atau social capital sebagai salah satu alat ukur kemajuan ekonomi suatu bangsa, namun nyatanya, social capital belum mampu menjelma sebagai modal yang bisa dirasakan secara kasat mata di dunia yang lebih nyata. Kita masih fokus dan setia bahwa satu-satunya modal pembangunan adalah uang..! Padahal di negara-negara dengan jumlah luas wilayah yang sempit dan populasi yang rendah, social capital justru telah menjadi sesuatu yang jauh di awang-awang, sebuah impian, bahkan terkadang menjadi sebuah angan-angan..!

Kini coba bandingkan dengan Indonesia..!
Wooooow..! Betapa kayanya negeri kita..! Kita punya segala-segalanya..! Wilayah yang luas, penduduk yang banyak, SDA melimpah, serta dikaruniai posisi geografis yang amat strategis..!

Kita memiliki human capital yang cukup dan telah mampu memetakannya sebagai sebuah manpower. Tapi bagaimana dengan social capital yang ada..?
Ternyata kita belum bisa memandangnya sebagai social power..! Dan kini adalah saatnya untuk kita bangkit bersama..! Rakyat harus mampu terlibat dalam berbagai bentuk investasi. Rakyat harus mampu mengambil alih fungsi sebagai motor penggerak pembangunan dan investasi yang selama ini dipegang dan dijalankan oleh pemerintah..! Kedaulatan ekonomi harus tetap berada ditangan rakyat..! Jika ini yang wujud, maka saya yakin tidak akan pernah lagi kita melihat aksi pemblokiran pembangunan infrastruktur jalan tol, PLTA, PLTN, bahkan saya juga yakin tidak akan ada lagi usaha-usaha pendudukan tanah dan aset-aset milik negara..!

Jalan ke arah itu sejatinya masih ada dan sangat terbuka..! Saya pernah merasakan warna-warni kehidupan di negeri orang, namun satu hal yang saya rasakan masih teramat banyak di negeri kita, adalah gotong royong dan kekeluargaan..! Kedua instrument ini adalah bagian dari social capital yang kita miliki, dan hingga kini belum kita sadari sebagai sebuah modal pembangunan yang tak ternilai. Bahkan tidak dipungkiri, gotong royong dan kekeluargaan telah mampu menjadi modal bagi terbebasnya bangsa Indonesia dari belenggu penjajahan bangsa asing..! Yang belum ada dan perlu terus kita carikan adalah formula serta langkah nyata untuk mentransformasikannya kedalam konteks pembangunan ekonomi nasional. Social Capital, harus mampu menjelma sebagai Social Power..!

Kelak, saya akan membahasnya dalam buku saya yang berjudul Ekonomi Santai..!
Mohon doa restunya..! Salam hangat..

By Patku Yayan@Indocuisine
Gambar by Patsus Dede Sherman dan Patsus Citox

Share.

42 Komentar

        • Xi xi xi yg dlm negeri bakalan lebih maknyos bung,yg luar negeri aj udah bikin para siluman penyusup sekarang pusing mau lewat mana,siluman dijaili siluman,bingung jadinya.salam bung peter the great,semoga kita selalu diberi limpahan rahmat dan kesehatan,amin.

          • @LSKAR R. Semoga sehat slalu untk anda sekluarga., dari kabar angin yg berhembus, dari proyek strategis termasuk perpur gen 4,5 diwakili ifx, gen 5 diwakili Lfx, dan kita akan/dah wujud bentuk purnarupa si prototip dari ifx,lfx. apa g’ bertabrakan itu proyek pespur beda generasi,dan beda pula proyeknya .ini unek2 yg mengganjel di dalm otak kalo g’ di kluarkan bisa jadi udun. Hehehe

  1. Tenang aja, semua akan happy ending, semua rekanan pulang dengan senyum lebar…apa yang terjadi di ruang tender hanya dibicarakan sampai batas pintu saja….apa yang diberitakan diluar pintu itu urusan panitia tender, rekanan dak perlu ambil pusing….everything will be happy ending

  2. katjoeng kamprett on

    Yth. Bung Naga Samudra, Patsus Dede Sherman, Patsus Citox.
    Terima kasih telah memasang photo paling bawah (Kadet Soewoko) di patga.
    Seorang kadet muda yang gugur di Maduran Lamongan dalam usia 21 tahun pada 9 Maret 1949 (belum menikah). Memimpin 7 orang temannya (kemudian hanya 6 orang yang bisa ikut perang terbuka karena keterbatasan senjata) melawan 37 tentara Belanda.
    Almarhum adalah anak bontot yang lahir dari keluarga bersahaja.
    Kakak kandung Almarhum bernama Inspektur Soewoto juga gugur dalam pertempuran melawan Belanda.
    Inspektur Soewoto mempunya anak semata wayang bernama Wiwik Widjanarko (Hingga saat ini saya belum berhasil menghubungi ybs).
    Jayalah selalu NKRI.

    • Terimakasih bung Katjoeng Kamprett atas referensi sejarah foto yang telah kami muat.,
      Kami selalu membuat gambar gambar yang bisa menginspirasi anak bangsa agar dapat meningkatkan semangat kebangsaan , Semoga bermanfaat

      Terimakasih dan salam

  3. pnggnti si tiger trnyta bkn su-35, kali jd skadron baru. ada tiga pswat..tinggl pilih..gripen tipon ama viper..kykny viper ya buat taruh d lcs. lgi2 rafale ngikutin kknya si mirage dijadiin simpenan…gtu kali ya…wlopun gripen n tipon d ambl jg kali ya buat dcomotin.

  4. Ah sudahlah. Terserah mau jadi apa negara ini ..mau ambil su 35 atau f16, grippen juga terserah…buat apa kita koar koar mendukung salah satu pesawat tp yg diatas tidak jadi membeli.
    Apa gunanya kita berdebat pepesan kosong toh nantinya akan ada artikel bantingan dan para senator dan pimpinan hanya cari cara memuluskan kepentingannya.
    Lebih baik kita urus hidup masing masing jadi lebih berarti, yg pengangguran cari kerja, yg sudah kerja makin semangat kerjanya, yg sudah bekeluarga ya nafkahi lebih giat..karena kalau diri kita berkarya maka negara jadi lebih baik dengan sendirinya..itu lebih baik daripada debat dan ngomongin bayangan militer indonesia..ingat hanya bayangan.

  5. Sepertinya yang bisa memberikan kontribusi pada project IFX agar sempurna lah yg akan di beli pemerintah. Karena perang masih jauh dan kita netral maka kemandirian di IFX yang di prioritaskan. Tapi pesawat Mamarika ga bakal di ambil karena resiko embargo menyertai pembeliannya. Kecuali Jokowi akalnya pendek seperti kemarin menyodorkan diri masuk ke TPP pimpinan mamarika maka pesawat strategis pun akan bernasib sama, yaitu kejeblos di lubang yang sama alias matinya bangsa NKRI ini perlahan-lahan.

  6. Konon, kita juga tercatat sebagai negara pertama di luar Russia yang akan mengoperasikan pesawat ini….
    ada yang bisa jabarkan kira kira pesawat apa?

    • Pesawat yg bisa muter2 dan bisa melayang layang,kayak burung,paling terbaru.tdk dijual kenegara manapun kecuali ke tanah surga sang garuda.

      • bung @LSKAR R, selalu saja bikin penaran,… sekalian dong bung dijabarin yg gen 5 dlm negeri, ifx atau Lfx? dan kira2 kapan tu burung bisa terbang warawiri dilangit nurantara ini. salam hangat bung…

        • Klu yg dlm negeri no coment bung,kelak kita semua akan bangga dg kemampuannya,seperti ss 2 yg menjadi legenda juara bedil di dunia.yg penting mari kita rapatkan barisan,mari kita mulai dari diri kita masing2 utk berdarma bakti utk negeri tercinta ini.sesuai fungsi dan tupoksinya masing masing,mari kita kibarkan kembali panji panji keemasan nusantara,takkan sesiapapun yg akan bisa merintanginya.tidak cina,tidak jua amerika.salam nusantara raya jaya.

    • Bukan kah Tiongkok jg sudah Pre Order SU 35 ?
      Ekonomi skrg sdg goyah, akan kah pembelian SU 35 dan pengganti Tiger (kalo bnr Su 35 bkn pengganti f5).
      Akan menambah buruk ekonomi kita ?
      Indonesia sdg mengejar MEF atau memperkuat diri krn ancaman LCS ?

    • maaf bung @NDANE…..sudah jelas bung, pespur yg dimaksud adalah Su-35.
      Coba diperhatikan lagi kalimatnya, hehe :
      “Kita baru saja memastikan pembelian sejumlah pesawat tempur canggih buatan Russia, yakni SU35, sebuah varian jet tempur persembahan dari keluarga Sukhoi..! Konon, kita juga tercatat sebagai negara pertama di luar Russia yang akan mengoperasikan pesawat ini.”
      kata “ini’ dalam kalimat tersebut menjelaskan kata benda yang disebutkan dikalimat sebelumnya, dan kata benda yg disebutkan pada kalimat sebelumnya adalah Su-35.
      All clear….hehehehe

  7. F-5 Tiger lebh cocok diganti Gripen, SU35 bkn kelasnya..

    Hasilnya, kini anak itu sukses, dan menganggapmu sebagai ayahnya. Siapakah gerangan anak ini, pernah nongol di tv tidak y??

    smoga saja Social Capital segera diterapkan dan dijalankan dg serius..

    ditunggu perilisan buku nya.. jgn lpakan resensi nya di web patga.

    http://kasamago.com/

  8. Su-35 SI memang bukan pengganti F-5 sejatinya…. Ingat kata KSAU Marsekal Putu Dunia mengatakan bahwa TNI AU berencana membuat skadron tempur baru di Timur….

    Asusmsi saya Su-35 SI dan Su-27 SM serta Su-30 MK adalah skadron khusus interceptor di bawah BKO Kohanudnas….. Selain bisa berfunsi sebagai Multi Role Fighter…. Itulah kenapa selalu Sukhoi yang ditugaskan intersep pesawat2 asing tanpa ijin melintas di wilayah udara NKRI…..

    Kalau pengganti F-5 kandidatnya adalah Viper (dengan AESA bukan dengan Sabr), Typhoon, Rafale dan Gripen…. Inilah para pabrikan yang mengajukan proposal ketika tender dibuka waktu itu… Siapa pemenangnya, tunggu episode tender berikutnya….hehehe

  9. @HADNA. Viper ini apa termasuk sepidol jarak jauhnya, dan tetek bengeknya yg menjadikan viper ini superior di kawasan dan antek anteknya USA sekalipun.

  10. trus…unt list A1 : S35,TU 95 dsb gmn khabarnya bung yayan ??ggk bner khan ??please pencerahannya yg bnar bnar obyektif bkn dr imajinasi..

  11. Pingback: Catatan Seorang Chef Bagian Ke 40 (TENDER BARU, DIBUKA..!) | Mansyur ST

Leave A Reply