PERFECT..! (Catatan Seorang Chef Part 41 )

37

PERFECT..!

Dalam beberapa parade militer yang dilakukan TNI belakangan ini, kita semakin familiar dengan kehadiran sosok kendaraan tempur berukuran bongsor..! Ya, yang saya maksudkan adalah Main Battle Tank(MBT) Leopard buatan Germany..!

yayan102

Kehadiran MBT Leopard telah menjadi perdebatan panjang di beberapa kalangan, mulai dari yang konon ukurannya tidak cocok dengan kontur tanah Indonesia, hingga ke kekhawatiran masyarakat akan kembali terulangnya kekerasan militer oleh TNI terhadap warga sipil dengan melibatkan asset-asset tempurnya..! Bahkan Belanda yang semula ingin menjual asset militer MBT Leopardnya kepada Indonesia, harus rela menelan air liurnya sendiri, dengan membatalkan transaksi yang sudah kian mendekati deal. Belanda ogah dan trauma dengan peristiwa pelanggaran HAM yang konon pernah dilakukan oleh TNI. Dari sinilah awal berubahnya arah angin, mengapa kita memilih MBT Leopard ex Angkatan Darat Germany. Selain MBT Leopard adalah produk asli Germany, pemerintah Germany juga berani menawarkannya dengan harga yang super miring, bahkan mereka sanggup memberikan TOT kepada PT Pindad dan TNI AD, sebagai representasi pemerintah dalam proses pembelian tersebut. Hasilnya, PT Pindad kemudian dipercaya untuk memproduksi berbagai amunisi dengan ukuran besar yang bisa memenuhi kebutuhan berbagai macam tank, bukan saja milik TNI, akan tetapi bisa juga dieksport ke berbagai negara di Asia Pasifik, sebagai wilayah marketing yang diserahkan oleh Rheinmetall.

Bukan hanya itu, satu hal yang sedari dulu telah menarik perhatian saya adalah kehadiran Leopard-Leopard itu di Indonesia. Semua terkesan cepat dan instant. Bahkan konon beberapa diantaranya ada yang masih belum rampung 100%..! Hahaha..! Apakah karena terdorong oleh ketidaksabaran bangsa kita..? Hmmmm..! Bisa jadi ya, karena sejak awal pembeliannya, produk ini telah dipaksa masuk ke dalam ranah politik negeri kita. Leopard hampir gagal dimiliki Indonesia, karena Germany sendiri menolak secara langsung jika pengerjaannya berada dalam tekanan politik. Mereka menginginkan agar proses pengerjaan Leopard untuk Indonesia dilakukan secara profesional dengan tetap mengutamakan kualitas..! Germany tidak tertarik dengan berbagai drama dan sandiwara politik di Indonesia. Untuk itu, akhirnya dihasilkan sebuah solusi untuk meredam suhu politik yang kian memanas..! Germany bersedia mengirimkan beberapa puluh unit Leopard yang sudah rampung dari pabriknya untuk segera melengkapi asset-asset tempur TNI yang telah ada. Alhasil, Leopard itu tidak melewati fase firing test terlebih dahulu, melainkan hanya melakukan test drive, bahkan sebagian diantaranya ada yang belum dilengkapi berbagai pernak-pernik interior dan system yang semestinya, sehingga pihak Pindad harus bekerja keras menyelesaikan PR yang tertunda itu berdasarkan modul yang telah diberikan kepada Indonesia..!

citox patga 11

Kini, mungkin kesemua Leopard yang telah ada di Indonesia itu sudah memenuhi standar dan spesifikasi yang diinginkan. Namun bagaimana dengan para awak dan teknisi yang dimiliki oleh TNI..?

Rupanya, baik TNI maupun Pindad, dari dulu hingga kini masih terus mengirimkan personelnya ke Germany untuk menuntut ilmu yang lebih mumpuni. Bahkan sisa Leopard yang belum dikirim ke Indonesia, telah dan akan dibangun secara lebih sempurna, serta akan dikirim dalam kondisi new product, bukan lagi sebagai produk secondhand..!

Hari ini, 12 November 2015, Leopard RI, yang dirancang jauh melebihi kecanggihan yang dimiliki oleh Singapore, telah berhasil melakukan uji tembak alias firing test. Para awak dari TNI, terus mengasah kemampuannya, baik melalui simulator maupun real firing..! Dalam uji tembak di Unterluss, Germany, turut hadir sebagai saksi adalah bapak Sjafrie Samsudin beserta Atase Pertahanan RI untuk Germany. Tampak semua pihak merasa puas dengan capaian standar kualitas yang dimiliki. Terbukti, putera-puteri Indonesia mampu bersinergi dan berkolaborasi dalam pengembangan teknologi tinggi dengan bangsa besar di Eropa.

Kelak, untuk wilayah Asia Pasifik, Indonesialah yang akan menjadi hub pengembangan produk berbasis Leopard. Selain itu, kita juga dipercaya untuk memproduksi peluru berkaliber besar bagi memenuhi kebutuhan para Leopard.

Selamat dan sukses untuk TNI dan PT Pindad, semoga semakin jaya dan digdaya, agar bisa terus menjadi penopang benteng pertahanan RI, selalin tentu saja mampu menjadi sosok kebanggaan bangsa Indonesia..! Selamat berkarya..!

By Patku [email protected]
Gambar by Google dan Patsus Dede Sherman

Share.

37 Komentar

  1. Ooooo gitu to ceritanya, mohon yang tahu jurus bantingan segera di bsbar, agar kita ysng awam ini tahu ttg kekuatan dan kelemahan bangsa Indonesia, sehingga bisa dicari solusi di masa datang

    • Tidak ada yg sempurna, pasti ada kelemahannya
      Namun jgn diumbar. Nnti tetangga ngintip dg mudahnya tnpa keluar biaya intelegen :D

  2. selamat datang dan selamat bergabung leopard new evolution Indonesia..secara total kurang berapa unit leopard yg belum datang di Indonesia ya..

  3. leopard ri dgn leopard 2a7 lbh canggih mana?kl lbh canggih leopard ri ya siap aja tetangga panas dingin…mskipun memiliki mbt sejenis…

  4. Alhamdulillah…maturnuwun Ya Allah, negaraku skrng punya kemampuan memproduksi mbt nantinya.

    Salam NKRI!!!
    Ingat…kemandirian itu vital.

  5. donlego SchutzStaffel on

    Alhamdulillah kelar juga ni barang. Tinggal nunggu dtng trs di adu deh sama pendekar semenanjung beruk di hutan kalimantan. Tp.. body msh dlm bentuk kasar kykny. Krn bautny msh nongol.

  6. nonton di NGC tank m1 abrams main battle tank amerika tidak lagi dibuar baru dari awal tapi penyempurnaan dari yang ada, istilahnya retrofit, atau semacam daur ulang, bahkan mesin jetnya tidak lagi diproduksi, mereka mengembalikan tank yang sudah tua untuk dibersihkan, diupgarde sistem dan senjatanya dan dicat baru kembali, praktis mirip dengan leopard indonesia, cuma kalo leopard RI, ini mungkin barang gress 100%, selamat….!

    • Tekanan politik dari dalam negeri Bung Lanudpespur, sama tekanan politis dari Belanda soal pelanggaran HAM masa lalu oleh TNI…

  7. Klo boleh tau bung,. Dalam kapasitas apa bpk syafrie syamsudin disana? Bukankah beliau tdk lg menjabat sbg wamenhan. Trims..

    • Pak Sjafrie diundang sebagai mantan Wamenhan yang memperjuangkan pembelian Leopard waktu itu…..Beliau maju terus meski tekanan politik di dalam negeri meningkat atas pembelian MBT diatas 50 ton ini…. Dan beliau sukses membuktikan bahwa MBT juga bisa dan cocok dipakai sebagai alutsista utama TNI, dan semua pengkritik pembelian ini pun bungkam semuanya Bung D’Boys……

  8. ISMEDS BECKHAM on

    Wow mantaab nih..!! Mudah”an kemandirian segera terealisasi & bisa menjadi produsen yg mumpuni serta punya daya saing dgn produk luar..

    ….NKRI HARGA MATI….

  9. Hehhehehehehhe… Makin gahar monster darat TNI.. Makin ciut dah pendekar pisang yg biasa nerobos hutan sawit.. Hahahhahahahaha…makin mematikan dan menggetarkan 100% gress new product germany, bukan bekas polandia kayak negara pisang yg dulu gembar gembor merasa palng hebat krn masih berhadapan dgn scorpion toh… Hehehhehehehe… NKRI Jaya..!!!

  10. Muehehe salam serumpun.!
    Dulu pada tahun 2005 kami ATM berhasil invasi kalimantan dengan tank tank tempur terbaik dunia.
    Saat itu TNI mundur dan banyak yang mati di tangan ATM !
    Coba macam macam di kalimantan pakai tank leopard, pasti akan kami sapu bersih itu tank leopard sperti saat kami sapu bersih TNI di kalimantan tahun 2005..muehe salam serumpun !

    • 2005 awak cakap tni mundur?janganlah awak nak merekaya cerita,yg sebenarnya tni membelasah atm 5:0.sampai sampai you punya panglima tentera datang pergi jakarta memohon ampun pada bpk sby,jgn lah berlagah jaguh nan haibat sangat.

    • donlego SchutzStaffel on

      ATM lg mimpi mengalahkan TNI. Wkt case ambalat saja 2 kapal patroli malaysia kaget dgn anggota TNI tiba” dobrak pintu kapal mrk hahaha.. tentara malon tak sadar kapalny sdh di naeki anggota TNI. Cukup 3 anggota TNI kapal malon lari.

    • kasian banget malon gila satu ini…!
      tentara malaysia itu cuma skandal homoseks yang terkenal… tentara kok homoseks, gay.

      • trah syeh jangkung on

        udah, pancingan anak kecil kayak gitu gak usah di gubris.. gak sehat diskusinya nanti, semoga kita gak beli mbt leopard lagi.. semoga secepatny putra putri bangsa ini bisa membuat sendiri..

    • Ah yang bener, 37 tank pendekar anda udah jadi bangkai tuh di pedalaman kalimantan, belum lagi panser dan hampir satu batalyon serdadu malon bergelimpangan berbaur dengan tanah…coba cek lagi jumlah tank pendekar anda masih komplit ndak? Kenapa menteri pertahanan malon sampai nyium tangan bapak presiden SBY?? Kalau tidak jumlah kalian yg tewas akan semakin besat…xiixii…

  11. nglawak jeer dikau pak cik, 2005 askas bersarung hentak hentak bumi yg engkau banggakan, 3 bregade engkau bersetubuh dengan bumi, pt 72 yg engkau banggakan banyak yg rontok di belasah sama tni, gitu kok ngaku2 jaguh pak cik pak cik, jendral siapa yg cium tangan SBY waktu itu pak cik, kepala siapa yg terpenggal di karang unarang pacik, laskar siapa yg hijak ranjau sendiri di kalimantan pak cik, laskar siapa yg memakai kalung kepala babi di perbatasan pak cik, jangan menyombongkan laskar bersarung kau, gunakan sarung kau untuk slimut aje pak cik, entar kami kirim pisang supaya tidur kau nyeyak. Hehehe laskar kok bersung, wanita bersarung itu baru betulll.

  12. What ?? ATM banyak yang gugur ?? Muehe indon banyak cakap..tengoklah sejarah tahun 2005 kami para ATM berhasil masuk jauh ke pedalaman kalimantan. Waktu itu TNI coba menghalau dengan senapan jadul, granat jadul dan helli jadul. Tapi dengan kehebatan ATM dan tank tempur terbaik maka ATM pun mampu invasi kalimantan hingga membuat TNI mundur lari dan kami ATM menyapu bersih sia sia TNI yang masih hidup !

    Tanjung Datuk..Ambalat dan Karang unarang ? Muehe banyak yang mati kan TNI di kasus itu. AtM terbaik !

    Kepala siapa yang di penggal di karang unarang ? Kepala tni lah jelas habis kami tebas di ambalat..karanag unarang..tanjung datuk dan yang paling banyak TNI tewas di kalimantan tahun 2005 lebih dari 1000 TNI kami sapu bersih muehehe..
    Salam serumpun !

    • Kami tahu sifatmu yg asli,kalau kau orang berhasil menceroboh pastilah kau orang meneruskannya sampai bandar2 dekat kalimantan.kerana sifatmu yg seolah olah jaguh,tapi ternyata atm kami belasah tiada berbalas,sehingga kau orang punya panglima datang memohon ampun kejakarta he he he

    • trah syeh jangkung on

      semoga kita gak beli mbt leopard lagi.. semoga secepatny putra putri bangsa ini bisa membuat sendiri. kemandirian bangsa adalah fokus kami saat ini..

  13. Terima kasih atas informasi sejarah yang anda tuliskan @bung malaysia, bangsa Indonesia bukan bangsa yg melupakan sejarah. Peristiwa tsb telah menjadi cambuk dan peringatan bagi bangsa kami utk selalu waspada, damai belum tentu tdk berperang. Program bela negara adalah jawabannya selain pemutakhiran dan kemandirian beralutsista kami.

    • trah syeh jangkung on

      yup setuju, gak cuma Program Bela Negara, tapi kita juga perlu mendukung program pemerintah siapapun presidennya, karna siapapun presidennya pasti dia ingin yang terbaik untuk bangsa ini, ,,
      dan kita juga harus memberikan yang terbaik untuk bangsa ini baik seorang pelajar ataupun pekerja maupun semua elemen masyarakat, buka mata jangan mau di adu domba

  14. memang huebat laskas bersarung kau pak cik, sampai sampai tak besa bedakan pohon pisang sama pencroboh askar sulu, askar sendiri di bom, di klaem askar sulu lagi, aduh pak cik pak cik … Mau dikemanain askar bersarung kau, apa mau terus menerus jagain istana ratu kau pak cik.

  15. …berharap agar pemerintah terus menerus -merenovasi-alusista22 TNI yang hampir -habis-masa berlaku-nya…xixiiiiiii
    …meski setiap ada-niat-untuk melakukan pembaharuan/pembelian/pembuatan alusista baru…perekonomian nasional selalu-digoyang-kanan kiri..aku berharap pemerintah cs ta patah semangat dalam menghadapi-nya…???????????
    …janganlah menbandingkan alusista2 TNI dengan negeri2 sebelah..karena -mereka-adalah negara2 boneka yang pastinya segala kebutuhan dicukupi-tuannya-..heheheheee
    ..meski pun demikian seyojanya TNI tetap semangat…xxixiiiiiii

  16. Pingback: Catatan Seorang Chef Bagian Ke 41 (PERFECT..!) | Mansyur ST

Leave A Reply