Lirik kuno Navajo (5) : Kota bawah tanah

75

Lirik kuno Navajo (5) : Kota bawah tanah
arman21

Alkisah, dunia ini terbagi atas 4 bangsa yaitu bangsa kulit putih, kulit merah, kulit hitam dan kulit kuning. Kesemua bangsa itu saling hidup rukun dan damai. Mereka saling bantu membantu dan berhubungan baik satu sama lain. Mereka terhubung dalam satu ikatan kuat yang membentuk sebuah keseimbangan yang terpusat pada keyakinan akan adanya Tuhan yang mengawasi semua perbuatan mereka.

Namun rupanya Tuhan juga menciptakan bangsa lain yang keberadaannya tidak disadari oleh ke-4 bangsa yang ada.

Bangsa ini tinggal di tempat-tempat tersembunyi yang tidak dapat dijangkau oleh ke 4 bangsa yang lain. Mereka bersembunyi atau disembunyikan oleh Tuhan karena sifat mereka yang kejam dan merusak. Mereka tinggal di gua, di balik gunung yang sulit dijangkau, di balik reruntuhan benteng-benteng tua dan tempat-tempat lain yang tidak jamak untuk ditempati manusia. Dari semuanya, kelompok yang tinggal di bawah tanah dari golongan bangsa ini lah yang paling jahat dan paling berbahaya.

Namun meskipun memiliki sifat yang jelek, mereka sangat cerdas dan cenderung licik. Karena itu meski mereka tinggal di tempat-tempat yang tidak umum, mereka tetap mampu membangun kehidupan di manapun mereka bermukim. Dan, kembali, kelompok yang tinggal di bawah tanah dari bangsa ini adalah yang paling cerdas diantara semuanya.

Sebenarnya kemampuan mereka membangun “peradaban” di tempat-tempat yang aneh itu tidak melulu karena kehebatan atau kecerdasan mereka. Sebagaimana yang dikatakan diatas, mereka cerdas namun juga licik. Sesekali mereka menyamar dan mendatangi tempat manusia-manusia dari ke-4 bangsa lain untuk mencari tahu siapa diantara mereka yang pintar dan dibutuhkan keahliannya. Jika mereka sudah menemukannya maka mereka akan menawari orang tersebut untuk bekerja di tempat mereka dengan bayaran yang tinggi, tentu tanpa mengatakan darimana asal mereka sebenarnya.

Tidak semua orang yang ditawari itu mau untuk menerimanya karena umumnya masyarakat ke-4 bangsa itu lebih suka bekerja di negeri mereka sendiri. Karena itu untuk membuat penawaran mereka semakin menarik, mereka menawari dengan berbagai upeti lainnya. Namun jika masih juga ditolak maka mereka tidak segan-segan untuk menculiknya. Mereka yang menerima penawaran tersebut maupun yang diculik paksa baru menyadari mereka bekerja untuk sebuah bangsa yang jahat setelah mereka melihat sendiri tempat tinggal yang asli dari bangsa “asing” tersebut.

Demikianlah, bangsa yang jahat itu akhirnya dengan berbagai upaya berhasil mengumpulkan banyak manusia dengan keahlian yang mereka butuhkan dari ke-4 bangsa yang ada untuk dipekerjakan di tempat mereka. Karena keberadaan mereka yang jauh didalam tanah dan sulit untuk keluar karena ketatnya penjagaan maka terpaksalah manusia-manusia yang sebenarnya memiliki sifat baik ini harus menurut kepada bangsa jahat yang menipu dan menculik mereka. Pembayaran yang mereka terima juga akhirnya tidak mampu mereka nikmati karena mereka terkurung di dalam tanah dan tidak bisa membelanjakannya.

Bahkan banyak diantara mereka yang belum menerima apa yang dijanjikan. Dikatakan kepada mereka bahwa mereka baru akan menerima upah mereka ketika mereka sudah selesai sepenuhnya dengan pekerjaan mereka dan kembali ke atas permukaan. Banyak diantara mereka yang memang telah menyelesaikan pekerjaannya, menerima upahnya dan kembali ke “permukaan”. Harapan untuk bertemu kembali keluarga dan menerima upah yang dijanjikan akhirnya membuat semua yang dipekerjakan oleh bangsa jahat ini akhirnya mau menuruti apapun yang diperintahkan.

****************

dedenew217
Salah satu diantara mereka yang juga tertipu adalah seorang pemuda dari bangsa kulit merah yang bernama Piataru si Rusa Gunung. Sebagai seorang yang cerdas dan punya keinginan untuk menerapkan ilmunya yang mampu membaca bumi, Piataru pun tertarik untuk menerima penawaran itu. Piataru memang suka mendengar bumi bernyanyi dalam kesunyian. Sehingga ketika seseorang mengajaknya untuk membuat alat yang mampu mendengar bumi bernyanyi setiap waktu, tanpa pikir panjang Piataru pun menerimanya. Di awal Piataru memang sangat antusias membuat alat itu. Dia membuat gambarnya dan meminta pihak yang mempekerjakannya untuk mengumpulkan benda-benda untuk membuat alat itu.

Namun setelah dua musim salju berlalu, Piataru mulai kehilangan minatnya. Dia merasa pihak yang mempekerjakannya mengubah alat yang dibuatnya. Dia tidak mengetahui alat itu akan dibuat menjadi apa namun sepertinya untuk sesuatu yang membahayakan. Apalagi setelah dia melihat di ruangan yang lain, berbagai alat yang aneh dan mengerikan juga sedang dibuat. Dia mendapat kabar bahwa berbagai alat aneh itu akan semakin kuat dengan bantuan alat yang dibuatnya.

Piataru pun mulai gelisah. Dia khawatir alat yang dibuatnya bisa membahayakan negeri 4 bangsa. Ini jelas tidak seperti harapannya. Karena itulah dia mulai mempelajari keadaan sekitarnya dan alat-alat lain yang juga sedang dibuat disitu. Jika sebelumnya Piataru adalah seorang pemuda yang tidak terlalu perduli pada sekitarnya dan hanya memikirkan alat yang dibuatnya, kini tidak lagi. Piataru pun diam-diam menyusun rencana untuk mempelajari alat-alat disitu terutama alat yang akan digabung dengan alat yang dibuatnya. Dan jika terbukti benar alat-alat itu akan digunakan untuk sesuatu yang membahayakan 4 bangsa, Piataru akan mencoba mencegahnya semampunya.

arman22

****************
Seperti apakah perjuangan Piataru di dalam kota bawah tanah itu? Berhasilkah dia dengan rencananya?
****************
Nantikan kelanjutan dongeng yang sedang diceritakan oleh kepala suku Charanimo kepada Martin tersebut!

By Patsus Namraenu biro Jabodetabek
Gambar by Google dan Patsus citox

Share.

75 Komentar

    • Bung Namraenu,

      Saya justru tertarik berkomentar tentang bangsa Indian ini, dengan segala kemisteriusannya & tindak tanduknya. Saya merasa mereka ada kesan ‘berhubungan’ & ‘berelasi’ dengan bangsa kita pada cerita ini.

      Saya melihat koneksinya adalah pada banyaknya kesamaan antara Indian di benua Amerika (utara-selatan) dengan Dayak yg ada disekitar Asia Tenggara. Padahal dua suku ini terpisah separuh dunia jauhnya, tapi saya pribadi bisa melihat ada kesamaan dalam raut muka, warna kulit, kebudayaan, dan tata kehidupan sehari-harinya, contoh saja tatoo, ritual kepercayaannya, tarian, pakaian tradisional, dll..bahkan menjadi sangat mirip apabila kita semakin lama memperhatikannya.

      Apa ini yg membuat suatu koneksi antara Indian dengan Indonesia, khususnya dalam cerita ini bung? Karena sejauh ini, sepengetahuan kita..Indian adalah komunitas yg sangat tertutup, sangat jarang dan susah membangun koneksi diluar komunitasnya. Apa ada relasi yg selama ini tidak terexpose antara komunitas Indian – Dayak yg selama ini masyarakat luas tidak ketahui..dan itu yg menjadi pintu masuk relasi Indonesia dengan komunitas Indian tersebut?

      Bagaimana menurut anda bung Nam?

      Salam hangat untuk anda.

      • Bung Lone Wolf,

        Pertanyaan anda menarik juga. :-)
        Yang saya ketahui sih bahwa baik suku Indian dan suku Dayak keduanya memiliki DNA Mongol meski detailnya mungkin ahli antropologi

        yang jauh lebih paham. Telah berabad-abad berbagai suku bangsa di muka bumi ini berpindah-pindah dari tempat asalnya sehingga akhirnya membentuk penyebaran seperti

        yang terjadi saat ini. Jadi tidak menutup kemungkinan dua suku bangsa yang berasal dari asal-usul yang sama kini terpisah jauh.
        Mengenai hubungan antara keduanya secara spesifik dalam cerita ini sih tidak ada bung. Hubungannya kisah ini dengan Indonesia sebagai sebuah negara, itupun secara

        samar menjelang akhir serial ini. :-)

        Salam hangat untuk anda juga bung
        Selamat beraktivitas

  1. Oyoyo..bagaimnakah kesudahann..kisah ini…jd kurang antusias..motongnya ibarat orang lagi makan lahap..lngsung diambil piringnya..

  2. Rekan-rekan sekalian…
    Mohon maaf ya kalau episode kali ini singkat banget.
    Ini transisi dari tokoh sebelumnya ke tokoh yang lain.
    Kalau di novel mungkin cuma 1 halaman sebagai jeda agar mindset pembacanya bisa rehat sejenak untuk transisi tokohnya.
    Minggu depan akan panjang kali lebar lagi kok. :-)
    Salaam… ^_^

    • Ada bung Tumo. Menjelang akhir dari serial ini akan terlihat hubungan kisah ini dengan negeri kita meski hubungan tersebut akan terlihat “samar”. Salaam… ^_^

  3. @bung namraenu terimakasih atas kisah dongengnya yang menarik. Dalam cerita ada bangsa yang tinggal jauh dr 4 bangsa yang lain. Cerdas, licik, jahat sudah menjadi sifatnya. Manusia spti ini pernah saya baca pada kisah2 nabi dan kaum madyan. Sebagian dr cerita sudah lupa karena sudah lupa.. Ada jg kisah “jabal qof” daerah pegunungan yang menjorok ke laut yaman yang tidak tersentuh 4 bangsa lain disana di tinggali dengan ciri2 yang sama persis di sebutkan dlm dongeng ini, licik dan kejam. Pada sebuah buku dan artikel berbahasa arab yang saya baca. Bahwa kisah manusia jenis ini pada akhirnya mengantarkan kita ke sebuah cerita dimana letak Dajjal berada. # pertanyaan untk kisah dongeng ini: mereka adalah kaum bawah tanah. 1. Kenapa mereka mencari ilmuwan di tempat 4 bangsa lain. Padahal mereka adalah kaum cerdas.
    2. Untuk apa hasil dari ilmuwan itu nantinya padahal mereka tinggal dimama ruang gerak terbatas.
    3. Kenapa Mereka menculik seorang ahli satelit..?
    4. Apakah kehidupan bawah tanah tersebut hidup layaknya manusia normal sebagaimana manusia yang hidup diatasnya?
    Terima kasih atas jawabanya. Hehehe

  4. @bung namraenu terimakasih atas kisah dongengnya yang menarik. Dalam cerita ada bangsa yang tinggal jauh dr 4 bangsa yang lain. Cerdas, licik, jahat sudah menjadi sifatnya. Manusia spti ini pernah saya baca pada kisah2 nabi dan kaum madyan. Sebagian dr cerita sudah lupa karena sudah lama bacanya. Ada jg kisah “jabal qof” daerah pegunungan yang menjorok ke laut yaman yang tidak tersentuh 4 bangsa lain disana di tinggali dengan ciri2 yang sama persis di sebutkan dlm dongeng ini, licik dan kejam. Pada sebuah buku dan artikel berbahasa arab yang saya baca. Bahwa kisah manusia jenis ini pada akhirnya mengantarkan kita ke sebuah cerita dimana letak Dajjal berada. # pertanyaan untk kisah dongeng ini: mereka adalah kaum bawah tanah. 1. Kenapa mereka mencari ilmuwan di tempat 4 bangsa lain. Padahal mereka adalah kaum cerdas.
    2. Untuk apa hasil dari ilmuwan itu nantinya padahal mereka tinggal dimama ruang gerak terbatas.
    3. Kenapa Mereka menculik seorang ahli satelit..?
    4. Apakah kehidupan bawah tanah tersebut hidup layaknya manusia normal sebagaimana manusia yang hidup diatasnya?
    Terima kasih atas jawabanya. Hehehe

    • Woww bung Masda pertanyaannya… :-O … panjang banget… hehehe :-D
      Tapi saya senang dengan pertanyaan-pertanyaan anda bung. Itu akan membantu menjelaskan kepada yang lain. :-)

      Sebelumnya, saya infokan dulu bahwa kisah 4 bangsa memang ada dalam legenda bangsa Indian termasuk Navajo. Uniknya legenda 4 bangsa tersebut juga dikenal dalam serial Avatar yaitu negeri api, air, angin dan tanah. Wisdom-nya adalah negara manapun yang bisa mengelola ke-4 unsur tersebut akan menjadi bangsa yang kuat, stabil, makmur dan sejahtera.

      Karena ini adalah sebuah kisah yang disamarkan oleh sang kepala suku maka yang dimaksud 4 bangsa dalam cerita ini adalah Amerika Serikat sendiri dimana didalamnya merupakan percampuran antara bangsa kulit putih (keturunan Eropa), kulit hitam (keturunan Afrika), kulit kuning (keturunan Asia) dan kulit merah (bangsa asli Amerika yaitu Indian). Nah… bangsa ke-5 ini adalah bangsa yang datang belakangan setelah negara AS terbentuk. Mereka adalah …ehm… pendukung “Tata Dunia Baru” dari etnis tertentu yang kemudian menguasai sektor keuangan, perbankan dan media di negeri tersebut. Saya tidak ingin sebutkan bangsa apa itu tapi saya yakin anda bisa menyimpulkannya sendiri. :-)

      Oke sekarang tentang jawaban-jawaban pertanyaannya :
      1. Bangsa ke-5 ini memang cerdas tapi bukan berarti mengetahui segalanya karena itulah mereka juga mempekerjakan “bangsa” lain yang memiliki keahlian yang mereka perlukan untuk mencapai tujuannya
      2&3. Akan terjawab di edisi-edisi berikutnya :-)
      4. Karena ini adalah kisah yang disamarkan maka negeri bawah tanah itu sesungguhnya adalah laboratorium bawah tanah yang dibangun oleh “bangsa ke-5″ untuk membangun proyek-proyek rahasia mereka yang sebenarnya sangat membahayakan umat manusia. Dimana laboratorium bawah tanah itu? Kan sudah “disinggung” di edisi pertama. ;-)

      Semoga bisa membantu menjelaskan ya. Salam hangat untuk anda selalu bung Masda. ;-)

      • Oh gitu toh,… baru nyambung saya,… He he he,…
        Lanjutken bung,…
        Pesan saya,… jangan pake lama yah,….
        wakkkawwww,….

      • Fasilitas bawah tanah salah satunya Denver airport?? Proyek yang tak pernah selesai sementara pekerjaan struktur bangunan atas sdh selesai sempurna

      • Amerika sebenarnya bisa menjadi “avatar” yang baik, jika saja mereka mau mengelola “empat elemen” yang ada dalam negeri mereka. Tapi kenyataannya Amerika justru mengikuti siasat jahat “bangsa ke-5″ yang ingin menghancurkan dunia demi mewujudkan rencana jahat bangsa ke-5 itu. Hanya ada satu bangsa lagi didunia yang juga memiliki “empat elemen” itu dalam bangsa mereka, sebuah negeri dengan ratusan suku, bahasa daerah, banyak agama yang bersatu dalam sebuah negeri yang gemah ripah loh jinawi. bangsa inilah yang diharapkan mampu menjadi “avatar” sebenarnya demi kedamaian dunia :-)

  5. Terima kasih atas penjelasannya akan “samarannya” Bung Nam, takutnya kita sebagai pembaca salah dalam memberikan tafsir sebuah semiotik cerita.

  6. Terimakasih Bung Namraenu artikelnya,kayaknya kisahnya semakin seru dan menegangkan,di tunggu episode selanjutnya hehe..

  7. lebih mudah diterima, bila suatu kisah penting dan nyata diutarakan dengan sebuah kisah dongeng ataupun dalam bentuk novel. karena kebanyakan dongeng ataupun novel terkesan fiksi, nama dan tempat disamarkan.
    keep sharing bung Namraenu. ditunggu kisah dongeng selanjutnya.

    • Yup tepat sekali bung Ndane. Bangsa Indian, dan terutama Navajo, telah lama “berurusan” dan menjadi korban konspirasi kekuatan jahat. Itulah sebabnya mereka kemudian menciptakan beberapa “dongeng” sebagai “memori kolektif” yang akan diwariskan secara turun temurun agar anak cucu mereka kelak mengetahui apa yang terjadi pada moyang bangsa mereka.

      Ditunggu lanjutannya ya bung. Selamat berakhir pekan. Salaam…

      • @bung Namraenu. semakin terkuak hehe… kaum bawah tanah ini tidak hanya terkait dg masalah indonesia. tp seluruh dunia mereka sangat terorganisie dalam membuat langkah. sandi sandi mereka gunakan dlm setiap aksi. sedikit org yang mngetahui tp tak bisa buat apa2. seluruh bangsa ada pada kendalinya. suku indian adalah korban yang mungkin pertama dlm aksi gerakan bawah tanah ini. mereka tersingkir dr tanahnya sendiri. kaun bawah tanah pada mulanya mengusai perbankan. tambang2. militer dan politik untuk mengusir dan membantai suku indian. dr tanah indian inilah kaum bawah tanah mengembangkan dan menanamkan segala pengaruh ke seluruh penjuru dunia. walau mereka sedikit tp eksistensi mereka menylimuti kita. bahkan produk mereka kita nikmati semenjak kita dlm kandungan. siapakah mereka.. hehe..

        • Hayooo… hayo…siapakah mereka?
          Saya yakin anda bisa menebaknya bung Masda.
          Tidak perlu disebutkan. Cukup diresapi saja dalam hati.
          Hehehe… :-D

          • @bung namraenu. hehe saya tertarik pada penggambaran anda pada suku novajo.. membawa imajinasi saya pada dunia suku indian seolah saya bersama martin ikut menguak misteri pamannya yg hilang. ya seolah saya sedang bersama martin… hehe thanks atas responya. sy tunggu lanjutannya..

  8. Hehehhehehehehe… Oooo begono toh bung Namraenu… Agak koplak dikit nangkep cluenya kemaren… Skrg makin jelas dah.. Makin seru ini utk lihat konspirasi yg mengarah ke RI.. Artikelnya pendek tp di kolom replay komennya justru petunjuk mulai keluar…hehhehehehehe.. Thanks atas artikel dan efek indiannya bung Nam..nick ane jadi berobah pake suku Wajaro xixiixixixixixixi…asal bung BP jgn jadi Pancino aja…wkwkkwkwkwk.. Semoga Sehat selalu bung Nam dan keluarga.. Adios Amigos artikele joss…

    • Iyaaa begitu mas. :-D
      Hehehe… wah ternyata itu toh kronologi nicknamenya. Hehehe… :-D
      Sehat selalu juga untuk anda dan keluarga bung BW.
      Selamat berakhir pekan. Salaam…

    • salam kenal bung smg sehat slalu. ohya nickname bakulo wajaro apa tadinya nickname bakul wajan? hehe sptinya ngefans ya sama bakul panci. slmt berakhir pekan

      • Hehehheehehehehe… Happy weekend utk anda juga bung Nam.. Heeeee… bung Masda salam kenal juga bung…ngemeng2 masih sodara sama bung masha…?xixixiixixii… Sssstt bung BP ntu kepala suku Bakulo ente salah2 sebut bisa disuruh setubuh bumi atau minimal dikurung di bilik termenung..kyk piaraannya colibri..wkwkkwkwkwkwkwk…

  9. panglima gerbang surga on

    hm,bangsa bawah tanah itu lupa bahwa ada negeri bangsa coklat yg diapit dua samudera yg memiliki menciptakan senjata dahsyat serta memiliki ilmu perang yg sangat mengerikan mampu mengacaukan dunia bila mereka diusik

    • wah negri yg di apit dua samudra dan di apit dua dunia .. itu kan negeri….. hehe ohya apa aja nih senjata yg dahsyat. boleh donk bocorannya hehehe

      • Panglima gerbang surga on

        Senjata dahsyat yg dimiliki bangsa coklat adalah mampu membuat negerinya hilang menjadi lautan saat akan diserang,selain itu negeri bangsa coklat juga memiliki ilmu spiritual tingkat tinggi yg mampu membuka gerbang gaib dan bertemu tuhanya,,hehehe

  10. salam kenal [email protected]……saya jadi teringat film perang amerika waktu perang dunia…..bahasa suku Indian bahasanya di jadikan bahasa code gitu ya…..????
    setelah baca komen2 di atas baru ngerti saya alur ceritanya,hehehehehehehe soalnya saya gk kebagian seri 1 sampai 3nya……..hehehehehehe,artikelnya ibarat seoarang gadis cantik nan rupawan bung….
    makin penasaran,di tunggu bung lanjutannya…..sukses terus dan sehat selalu untuk anda dan rekan2 para patriot…..

    • Salam kenal kembali bung Merah Putih.
      Bagian 1 sampai 3 juga ada di web PatGa ini kok bung, silahkan masukkan kata kunci “navajo” di kotak pencarian (‘cari’) dan anda bisa menelusuri balik serial ini. :-)
      Hehehe… terimakasih atas pengibaratannya bung MP. Lanjutannya sudah ada kok. Ditunggu ya.
      Sukses terus dan sehat selalu juga untuk anda bung.
      Salaam… ^_^

  11. Somewhere, someplace sepertinya saya pernah membaca atau mendengar cerita tentang Piataru ini…

    salam sehat selalu bung Nam…keep on going :-)

  12. Tuhan itu maha adil,, kejahatan pun jika di lakukan dg ter organisir dan istiqomah akn menuai hasil bagi mereka… Apa lg kebaikan…
    Ketakutan bangsa bawah tanah ini jika manusia mengenal Tuhan dg sebenarnya pengenalan… Maka dr itu mereka berupaya menciptakan tuhan tuhan tandingan,, manusia yg menTuhan kn harta,, Manusia yg menTuhankan akal pikiran dll….
    Silahkan lihat video The Arrival di youtube produksi Noriega,, itu sedikit bs menguak bangsa ini…
    Salam kenal bung Namraenu…

    • Salam kenal kembali bung Leave.
      Saya setuju dengan babaran anda bung.
      Terimakasih telah mampir dan memberi komentar pada lapak ini.

  13. Bangsa coklat adalah bangsa dari segala bangsa yg memiliki peradaban tinggi yang pernah ada.
    Pada saat nya nanti tiba bangsa2 di belahan dunia akan terbelalak dengan bangsa coklat dan menyadari bahwa bangsa coklat adalah bangsa yg mempunyai peradaban tinggi yang hilang.
    hehehhe…salam bung nameru just my opinion

    • Salam kembali bung JS.
      Saya pun juga memiliki harapan yang sama dengan anda bung.
      Terimakasih telah mampir dan memberi komentar di lapak ini ya.

  14. menarik-menarik..suku indian navajo jd ingat windstalker..dimana sandi dr bahasa navajo yg dipake marinir amerika tdk terpecahkan oleh musuh smp akhir perang..dan anggota marinir itu dr suku navajo..Indonesia pny ribuan bahasa daerah dan tidak ada bangsa lain yg menyamainya di dunia ini..majulah Indonesiaku..

    • foto yg sangat terkenal dlm pertempuran iwojima melawan jendral kuribayashi adalah foto marinir amerika yg menegakkan bendera dimana salah satu dr marinir tsb berasal dr suku indian navajo juga

    • Siaap bung Masha.
      Ya memang bahasa Navajo yang digunakan sebagai kode sandi dalam perang dunia 2 di Pasifik. Karena hanya itu bahasa terumit yang Amerika miliki. Bandingkan dengan kita yang memiliki kekayaan ribuan bahasa dengan tingkat kerumitan yang lebih tinggi.

      Majulah Indonesiaku…
      Salaam… ^_^

  15. ISMEDS BECKHAM on

    Bangsa yg cerdas & licik tidak menyadari darimane mereka berasal..ada satu bangsa yg disebut mother land (atlantis)..bangsa yg akan menjadi ganjalan/penghalang bangsanye dlm membuat kehancuran dimuka bumi ini..satu bangsa yg dihancurkan oleh yg maha kuasa yg sebelumnye mempunyai teknologi terhebat melebihi jamanye..dan masih menyimpan sisa” peradabanye ampe sekarang & sekarang mulai terkuak satu persatu, candi-candi, manuskrip cara” pembuatan bahan bakar dari air,anti gtavitasi ,dsb,serta yg baru” ini gunung padang yg menyimpan teknologi canggih sebuah reaktor & masih banyak lagi..

    Maaf oot bung nam..!!! Jgn lama” sambunganye bung nam, ane jadi penasaran..salam bung nam.!! Semoga sehat selalu anda & sekeluarga..

    ….NKRI HARGA MATI…

    • Gunung Padang ya? Hehehe…. ;-) :-)

      Sambungannya sudah ada kok bung Ismed. Tunggu minggu depan ya saat giliran penayangannya tiba. Terimakasih atas antusiasme anda ya bung.
      Saya juga doakan semoga kesehatan dan keberkahan selalu untuk anda dan keluarga.
      Salaam…

      === NKRI HARGA MATI ===

    • Panglima gerbang surga on 19 Desember 2015 5:17 pm

      “Senjata dahsyat yg dimiliki bangsa coklat adalah mampu membuat negerinya hilang menjadi lautan saat akan diserang,selain itu negeri bangsa coklat juga memiliki ilmu spiritual tingkat tinggi yg mampu membuka gerbang gaib dan bertemu tuhanya,,hehehe”

      apa itu berarti atlantis bukan hilang karena bencana, melainkan karena sengaja menghilangkan diri ? lalu, ilmu spiritual yg banyak tersebar di wilayah indonesia, mungkinkah itu merupakan salah satu bukti kemajuan peradaban leluhur kita, yg mampu berkomunikasi dengan dimensi lain? padahal selama ini, ilmu tersebut cenderung terkesan negatif (takhayul, syirik, dll ). bisa jadi anggapan seperti itu sengaja dihembuskan, agar kita malu & t idak menghargai budaya agung milik sendiri

    • Kebetulan yang ini bukan area 51 bung Tapol. Tapi lokasinya relatif “dekat” ke Arizona juga. Di edisi pertama sudah disinggung kok dimana lokasinya.
      Jangan lupa… ini cuma “fiksi” lho ya ;-)

  16. oot bung Nam, era orba dulu saat negara sekelas si sam utk mendeteksi minyak hrs dgn satelit dan biaya penelitian yg tinggi, di Indonesia cukup dgn bermodal “keris” yg konon lbh akurat dr satelit si sam, dan saya diceritakan warga sekitar saat bertanya kuburan mewah siapa sebelah kanan jln sbelum jembatan prbatasan wonogiri-sukoharjo? katanya dulu beliau pemilik keris tersebut yg jd satelitnya Pertamina utk mendeteksi isi perut bumi.

    • Saya biasanya membiasakan diri berpikir dengan berbasiskan sains bung Asbun. Tapi bukan berarti saya menampik hal-hal di luar sains. Seiring dengan perjalanan waktu dan pengalaman hidup, saya menyadari bahwa tidak semua hal di dunia ini bisa dijelaskan dengan sains. Saya memang pernah mendengar apa yang anda ceritakan tersebut meski belum pernah melihat langsung. Di luar pun juga ada kisah-kisah seperti itu. Jadi yah terserah masing-masing saja. :-)
      Salam hangat untuk anda bung.

  17. Lamp (gak nyambung) on

    Bung NAMRAENU,
    Apakah bangsa ke-5 itu merupakan bangsa yg melepaskan diri dari bangsa Induknya (Yahudi) yg bercita-cita membangun tata dunia baru anti Tuhan? Yang saat ini mereka sdg membangun peradaban untuk menyambut pemimpin yang dijanjikan? Sebuah peradaban dg azaz materialism dan menafikan nilai-nilai Ilahi dan kearifan manusia? Apakah mereka kaum FRE*****NRY? Apakah mereka penerus kaum yg nenek moyang mereka telah dikutuk menjadi kera, disebut dalam salah satu Kitab Suci? Mohon maaf saya banyak bertanya bung.

    • Bung Lamp.
      Maaf terlambat menjawabnya… maklumlah dekat akhir bulan dan akhir tahun, report menumpuk. Hehehe… :-D
      Yap tepat sekali bung. Kelompok ini bahkan asal-usulnya juga bukan Yahudi tulen tapi dari suku Khazar yang kemudian memeluk agama Yahudi. Saya yakin anda juga sudah mengetahuinya. Dan ya memang begitu banyak rencana jahat yang telah dan sedang mereka jalankan. Salah satu dari pendukung mereka adalah kaum FRE*****NRY dan ZI**IS.

      Namun, bukan berarti semua Yahudi adalah pendukung mereka. Awalnya kaum Yahudi sejati malah tidak antusias dengan rencana ini. Setelah mereka “ditakut-takuti” lewat skenario fiktif yang berjudul “Holocaust Perang Dunia 2″, barulah bangsa Yahudi mulai ada yang mendukung rencana Zi**is. Tapi bahkan sampai hari ini mayoritas kaum Yahudi di dunia juga masih tetap tinggal di luar negara Zi**is dan tidak tertarik untuk pulang ke “tanah yang dijanjikan”. Yang menjadi masalah adalah Yahudi keturunan Khazar inilah yang menguasai industri senjata, media dan teknologi sehingga menyebabkan dunia menjadi penuh dengan konflik dan peperangan seperti sekarang ini. Kalau soal bangsa Yahudi kuno yang dikutuk jadi “kera” karena melanggar hari Sabbath, saya punya pandangan sendiri dan rasanya akan terlalu panjang kalau dibabar disini.

      Gak apa-apa kok jika banyak yang anda tanyakan. Itu artinya apa yang saya sajikan menarik minat anda. Tapi saya tidak janji bahwa saya tahu semua jawabannya dan jawaban yang saya berikan juga belum tentu benar. Hehehe. Salam hangat ya bung. ^_^

      • Lamp (gak nyambung) on

        terimakasih bung NAM atas penjelasannya. Selain menguasai industri senjata, apakah mereka juga yg menguasai industri makanan pokok? Mereka yg menemukan benih2 varietas baru yg hanya bisa sekali pakai (sekali tanam) , hanya mereka yg bisa memproduksinya. Petani tak bisa menanam padi , jagung dll tanpa benih dari mereka. Hingga suatu saat nanti hanya mereka yg bisa mensuplai (distribusi) makanan pokok kepada dunia dg syarat penduduk dunia harus “TAAT” kepada pemimpin tertinggi mereka si LAJJAD anti Crist atau Al Mahdi KW , jika tidak penduduk dunia akan mati kelaparan kecuali orang2 beriman yg bisa kenyang dg mengingat Allah.

        Disebutkan juga bahwa Dajjal ketika sdh muncul akan menyinggahi semua kota di dunia dalam waktu yg sangat singkat, (mungkin dg memakai wahana piring terbang) dan membunuh orang2 yg tdk mau taat kepadanya. Wallahu’alam

        Ya Allah, selamatkan kami dari fitnah Dajjal, karena ia adalah sebesar-besar fitnah yg akan muncul.

      • Lamp (gak nyambung) on

        satu lagi Bung NAMRAENU, bagaimana dg kebijakan kemandirian pangan dan senjata yg sedang dijalankan oleh pemerintah kita, apakah benar kebijakan tsb merupakan langkah untuk “menghadang” ancaman bangsa ke-5 itu? Klo iya, apakah kita akan mampu mengahadapi kekuatan setan tsb??

      • Bung LAMP…
        Yap. Mereka memang berusaha menguasai industri pangan dan obat-obatan dunia, terutama yang bisa dihasilkan dari rekayasa genetik. Dengan demikian mereka bisa menciptakan banyak varian dan obat-obatan terbaru sambil secara perlahan “menanamkan” apa pun yang mereka rencanakan ke dalam gen manusia. Banyak pemerintahan di dunia ini, terutama di Eropa, yang menyadari akan hal ini dan menolak produk-produk hasil rekayasa genetik.
        Kalau di negara kita, pendapat saya di artikel “Tujuh keamanan manusia” rasanya sudah menjadi jawaban pertanyaan anda atas kesiapan kita saoal keamanan pangan kita. Soal mampu atau tidaknya kita menghadapi bahaya ancaman pangan dari “mereka”, itu sangat tergantung kepada motivasi, upaya dan kesadaran kita bersama sebagai sebuah bangsa.
        Tentang bagaimana metoda sang Lajjad menguasai dunia, ada berbagai dugaan bung dan itu juga yang akan dibahas dalam lanjutan serial ini.
        Saya amini doanya bung. Semoga kita semua mampu terhindar dari berbagai fitnah Lajjad. Itu yang menjadi salah satu alasan saya menuliskan serial ini bung.
        Salaam… ^_^

  18. lihat gambar ada 4 simbol. setelah diamati ternyata sprti simbol alien. mirip di film im number 4. dan film2 alien yg lain. apa ada kaitannya kisah ini dgn alien. atau konspirasi alien. hehe

  19. Bung Namraenu,…
    minta cluenya dikit dunk,… kenapa yang diangkat dalam cerita ‘fiksi” ini suku Navajo,…
    Please,… ane penasaran nie,…

    • Karena bangsa Indian, termasuk di dalamnya bangsa Navajo, termasuk yang mengalami penderitaan paling parah akibat ide pembentukan “Tata Dunia Baru” bung IRR. Tapi sebenarnya kisah tentang bangsa Navajo ini hanyalah latar belakang untuk mengungkap sebuah konspirasi “fiktif” yang sangat jahat yang semoga saja tidak sampai menyasar kita. ;-)

  20. hatur nuhun bung Nam atas replynya, @bung Dolp keris ikut andil dlm memerdekakan bangsa ini, & entah benar tdknya ungkapan Sujiwo tejo di ILC terkait jerman yg mempelajari metalurgi nya keris, Arya Sujiwo Tejo
    @sudjiwotedjo
    Yg mempelajari metalurgi keris malah org2 luar, utamanya Jerman … bangsamu cuma dapat kleniknya keris ..bukan science metalurginya , salam NKRI

Leave A Reply