Peran media dalam membentuk karakter dan jatidiri peradaban Nusantara.

10

Peran media dalam membentuk karakter dan jatidiri peradaban Nusantara.

dedenew231

Contoh kata dibawah ini adalah mewakili betapa banyaknya perubahan yang harus dilakukan oleh semua elemen masyarakat.

Satu kata dengan arti yang sama namun nilainya berbeda.
Tewas vs Meninggal vs Mati

Artinya sama tapi tingkat kesopananya berbeda. Kesopanan,
dan budaya empan papan pada tata tulis sudah terkikis sedemikian rupa, hingga mengakibatkan tata moral masyarakat pun berantakan.
Bagaimana tidak? masyarakat akan menerima informasi melalui media lalu masuk ke memory otak, kemudian informasi itu akan tertanam dan bisa jadi ditiru oleh mssyarakat.

Meletakan sesuatu pada tempatnya ini sudah barang langka didunia tata tulis karena jarang yang membahas ini. jarang yang memperhatikan ini.

Media adalah ujung tombak penyebaran informasi dizaman ini.
Jika media itu kontenya bagus, mendidik, sopan, mengajarkan tata moral dan adab yang benar sesuai budaya timur yang terkenal halus dan luhur, tentu bangsa ini akan lebih cepat maju.

Semua tahu bahwa informasi dimedia ahir-ahir ini cenderung provokatif, menyerang pihak lain. dan terkadang sengaja dimanfaatkan untuk ajang adu domba terhadap sesama.
Padahal wajib semua orang yang mengaku beragama untuk menjaga keseimbangan, kebenaran, dan kefalidan informasi pada media.

Wajib seorang juru tulis mengkonfirmasikan terlebih dahulu isi tulisanya kepada nara sumber sebelum diuanggah atau dicetak tujuanya adalah untuk mengantisipasi mising komunikasi, atau salah tulis sehingga merugikan pihak lain.

Banyak kasus yang terjadi kesalahan baik yang disengaja atau tidak merugikan pihak lain karena kesalahan penulis, sehingga timbul fitnah dimedia.

kalau sudah begini duit hasil kerja tidak akan barokah, fitnahnya kemana-mana dan dosanya akan bertumpuk terus menerus tanpa henti.

Jadi siapapun dirimu Wartawan, infotainment, LSM dan orang-orang yang ada didepan publik sayangilah dirimu sendiri, kasihi para pembaca, jaga keseimbangan informasi dan cerdaskan rakyat karena beban ada dibahumu.

Salam NKRI

by Patsus Setiya biro Yogyakarta
Gambar by Patsus Dede Sherman

Share.

10 Komentar

  1. Iya bung betul sekali apalagi anak2 muda yang masih berusia labil sering memakan mentah2 berita yg ada..
    Baik dari media cetak maupun media elektronik..
    Inet merupakan media yang sering digunakan untuk propoganda dan adu domba..
    Miris melihat perkembangan anak2 zaman sekarang..

    Di forum militer sblah pun banyak disusupi anak2 labil.. Hehehe..

    Semoga kita bisa menjaga generasi penerus (minimal keluarga kita) agar tidak mudah terprovokasi berita yg menimbulkan efek negatif

    Salam NKRI

  2. ISMEDS BECKHAM on

    Media adalah ujung tombak dlm mencerdaskan bangsa bahkan sebaliknye juga bisa…apelagi kalo dah ditunggangin pihak asing, malah bisa jadi alat propaganda di dalam negeri untuk mengacaukan sebuah bangsa dgn proxy war nye…mangkenye pemerintah harus lebih tegas mengontrol semua media, jgn didiemin bisa berbahaya nantinye terhadap keamanan nasional…

    ….NKRI HARGA MATI….

  3. LARE SANTREN on

    ijin like bung setiya..,media mmang sangat brperan banyak,hmpir dr smua aspek pda masa skarang ini. Setiap saat media slalu bertatap muka dg masyarakat. Tp sayangnya tdak sdikit media yg di jadikan alat yg efektif(untuk kepentingan yg negatif) oleh pribadi maupun klompok.

  4. ijo Royo Royo on

    Perusahaan media kan juga butuh uang untuk gaji karyawan, perlengkapan liputan, dll. Jadi untuk survive dan laris ya dicari deh berita atau info yang memiliki nilai media,…

    Perkara berita yang disajikan terlalu subyektif atau terlalu bombastis, ya nomer 2 lah,…

    Apalagi jika pemilik media juga politikus,… he he he,… ya gitu deh,…

Leave A Reply