ACTUAL SPENDING..! (Catatan Seorang Chef Part 49)

68

ACTUAL SPENDING..!

dedenew173

Sebelum disodori sebuah data dari seorang sahabat di Jakarta, sebenarnya saya sendiri merasa tidak ada sesuatu yang istimewa telah, sedang dan masih akan terus terjadi dalam tubuh militer kita. Tapi setelah data itu ada dalam genggaman, saya baru tersadar..!

Kurang lebih dua minggu lalu, staff Menhan dan pemerintah Russia melaksanakan diskusi tentang perbaikan dan perawatan alutsista yang dimiliki TNI. Seorang teman tiba-tiba nyeletuk..!

“Sebanyak apa sih alutsista buatan Russia yang kita miliki saat ini? Bukankah kita hanya memiliki satu skuadron pespur Sukhoi, helikopter, puluhan panser dan mungkin ratusan atau bahkan sangat mungkin pula puluhan ribu senjata ringan..?”

Ah, jika hanya itu yang kita miliki, lantas kenapa diskusi ini terasa begitu penting..? Akhirnya kami berkesimpulan bahwa senjata kita yang berasal dari Russia ini tentu tidak terbatas pada item yang telah diekspos media..!

Tidak lama berselang, kami menerima bocoran bahwa Menhan Ryamizard Ryacudu akan melakukan perjalan dinas ke Russia pada bulan April nanti. Tujuannya konon untuk memastikan pembelian pesawat tempur Su35 yang kita minati. Anehnya, pihak Russia justru telah menyiapkan pespur Sukhoi varian lainnya, yakni pesawat tempur pembom yang sangat ditakuti, Su34..!

Soal pembelian pesawat pengganti pesawat tempur lawas kita, F5E Tiger, saya mearasa tidak kaget. Alasannya jelas karena rencana ini sudah sangat matang dan anggarannya konon diambil dari Anggaran Pertahanan APBN kita yang sudah menyentuh angka 2% dari total GDP ..!

Sepertinya, rencana ini tidak akan menemukan masalah besar.mengingat para ksatria kita sudah sangat siap..!
Tapi tunggu dulu, dari data yang ada di tangan, saya menemukan sepenggal catatan yang menyebutkan bahwa anggaran pertahanan kita di tahun 2016 ini mampu mencatatkan record sebagai anggaran pertahanan terbesar sepanjang sejarah, yakni lebih dari USD 7 billion atau setara dengan minimal Rp 100 Trilion..! Dan yang paling mengejutkan adalah disaat terbaca sebuah keterangan bahwa actual spending APBN 2015 untuk sektor pertahan mengalami pembengkakan hingga 4% dari total anggaran yang telah diperundangkan..!

Kami mengernyit cukup lama, maklum semua juga tahu bahwa belanja alutsista kita ditahun 2015 kemarin tidaklah seberapa, bahkan lebih tragis lagi konon anggaran untuk sektor tersebut juga telah mengalami pemangkasan di akhir tahun yang baru lalu..!

Pertanyaannya, belanja alutsista apa sajakah yang diam-diam dilakukan TNI dan Menhan sepanjang tahun 2015 kemarin? Bukankah alutsista yang sedang berdatangan saat ini merupaka buah dari anggran tahun sebelumnya..? Hehehe..! Mengapa anggaran yang sebelumnya dinyatakan sebesar Rp 97 Trilion lebih, pada akhirnya mengalami kelebihan anggaran hingga mencapai angka Rp102 Trilion..! Bukankah ditahun yang sama ini juga, anggaran itu telah mengalami pemangkasan?

Jadi berapakah sesungguhnya nilai anggaran sektor pertahanan dalam APBN kita pada 2015 dan 2016 ?
Hehehe..! Wallahualam bishawab..!

citoxnew130
.
NYATANYA HANYA DI INDONESIA..!

Lagi-lagi seluruh dunia turut menggelengkan kepala atas apa yang terjadi di Indonesia hari ini..! Bagaimana tidak, disaat terjadi aksi teroris Sarinah, rakyat Indonesia bukannya ciut dan takut, malah sebaliknya justru gencar mengutuk dan mempererat tali persatuan..! Rasa takut yang diinginkan oleh para pelaku teror, sama sekali gagal alias tidak muncul ke permukaan..! Bukan hanya polisi yang dengan beraninya mengejar pelaku teror dengan tanpa menggunakan rompi anti peluru, bahkan para pedagangpun ikut-ikutan bernyali baja dengan tetap membuka lapak jualannya sebagaimana biasa..! Bahkan pasca ledakan bom Sarinah, indeks harga saham gabungan pun menunjukkan performa yang stabil. Reaksi tenang namun tegas dan tidak memprovokasi yang ditunjukkan oleh pemimpin kita, nyatanya telah mampu menjaga stabilitas keseluruhan, bukan hanya di Jakarta, melainkan juga di daerah-daerah lainnya..!

Potret masyarakat yang begitu tenang ini ternyata telah memikat hati banyak negara di dunia..! Bisa jadi, keadaan sedemikian ini, baru terjadi dan satu-satunya hanya ada di Indonesia..!

Mari kita lihat bagaimana paniknya warga Paris dan Istanbul saat terjadi pemboman..! Bahkan hingga hari ini masyarakat di kedua negara Eropa tersebut masih dihantui perasaan takut..! Stasiun kereta api mendapat penjagaan ketat, bahkan konon kini lebih sering ditutup atau dibuka agak telat. Dalam beberapa kejadian, masyarakat masih terlihat traumatis manakala terjadi pemadaman aliran listrik..! Mereka akan spontan menjerit ketakutan dan langsung melapor kepada pihak keamanan..! Kasihan..!

Bagaimana dengan di Indonesia..?
Hanya di Indonesia, stasiun kereta api tidak pernah ditutup pasca pengeboman oleh pelaku teror..! Alih-alih menutup stasiun dan jaringan kereta api yang ada, seminggu kemudian, tepatnya hari ini, Kamis, 21 Januari 2016, presiden Jokowi malah melaksanakan acara groundbreaking, tanda dimulainya pengerjaan project kereta api super cepat yang didanai oleh China..!

Duniapun serentak geleng-geleng..! Sebuah negara bekas regime militer, ternyata mampu menangani aksi-aksi teroris hanya dengan menurunkan beberapa personel polisi yang tidak dilengkapi peralatan dan perlengkapan memadai..!
Meskipun Indonesia telah dikenal luas sebagai negara yang memiliki sebuah satuan elit tentara dan polisi yang sangat terlatih dalam hal penanggulangan aksi-aksi teroris, namun nyata dunia turut bersaksi atas tidak terlihatnya unit-unit khusus dari satuan-satuan elit TNI..!

Di banyak negara, contra terorism selalu menjadi domain pasukan khusus tentara mereka. Tapi di Indonesia tidak begitu. Contra Terorism telah menjadi domain pihak kepolisian RI..!

Sebagai representasi dari rakyat sipil Indonesia, capaian prestasi kepolisian kita nyatanya telah membuat ciut para pelaku teror. Mereka memaknainya bahwa setiap ancaman terorisme akan langsung dihadapi oleh segenap warga sipil, bukan militer..! Kekuatan kepolisian RI telah dipandang sebagai cerminan kekuatan sipil Indonesia, padahal disisi lain, para teroris juga sangat tahu bahwa militer Indonesia sangat kuat dan solid, serta memiliki kemampuan yang tinggi dalam menghadapi aksi-aksi teror..!

Inilah yang kemudian menjadi benang merah atas pertanyaan banyak pihak tentang perbedaan antara Indonesia dan Syria dengan negara-negara Islam lainnya di Timur Tengah..! Teroris di sana merasa mampu untuk melakukan aksi perang terbuka, karena mereka hanya menghadapi pihak militer, sedangkan rakyatnya terpuruk dalam rasa takut, sedangkan polisinya berganti peran sebagai pekerja sosial..! Ketiadaan tali persatuan, jelas telah menjadi sebab luluh lantaknya perdamaian di beberapa negara Arab dan Afrika..! Tentu kita tidak menginginkan hal itu terjadi di atas ranah bumi Pertiwi, karenanya mari kita terus rekatkan tali persatuan dan memupuknya dengan jalinan silaturahmi..! Jangan pernah ada lagi ada rasa beda disaat kita bicara tentang Indonesia..! Apapun dan siapapun anda, nyata kita sama Indonesia..! We are Indonesia(n)..!

dedenew242

by Patku Yayan @Indocuisine
Gambar by Patsus Dede Sherman dan Patsus Citox

Share.

68 Komentar

    • Rakyat sipil sbg warga negara telah sangat tahu mana urusan golongan dan mana urusan nasional (negara), shg rakyat tinggal pencet pilihan yg tepat. Rasa takut bukan lagi hal menakutkan tetapi sesuatu yg amat menarik diselesaikan.
      Dan lagu alm Gobloh telah membuktikan ” ..walau bumi bergoncang kau tetap Indonesiaku……” Semoga Indonesia jaya utk selamanya. Amiin

    • bangsa besar rakyat banyak benar bung, tapi kenapa semua proyek cina di bumi nkri pekerjannya dikirim dari sono ada rumor pekerjanya napi disana, cilacap, cilegon proyek listrik cina, sampe tukang ngaduk semennya datangin dari sono, sekarang di nkri pembangunan atau investasi plus hibah dana paling besar dari cino……

  1. Timur_Nusa Kambangan on

    Pertanyaannya, belanja alutsista apa sajakah yang diam-diam dilakukan TNI dan Menhan sepanjang tahun 2015 kemarin? Bukankah alutsista yang sedang berdatangan saat ini merupakan buah dari anggran tahun sebelumnya..? Hehehe..!
    Hehehehehehe…

    • mengenai belanja alutsista..
      teman saya dari Br***b. katanya Indonesia udah beli s400, anehnya dia ga tau kalau Indonesia punya kapal selam. waktu saya kasih tahu Dirgahayu TNI kemarin ada kapal selam baru nyadar..
      hehe.. mungkin dia lagi ngigau..

      • Maaf bung untuk “Kapal Selam Baru” di dirgahayu TNI itu ada di sebelah mana? Mohon pencerahan

        Untuk S300 dan S400 itu bntuknya hampir mirip namun sy sbg warga kota Pekalongan sy pernah melihat dg mata kepala sy sendiri S300 d angkut dg truk dan d blk nya ada Anoa.
        Knpa sy menduga s300 krna bg saya lebihh logis kalo itu s300 . Klo yg sy liat itu s400 sy tdk tau. Smoga yg sy liat bnr2 s400:)

        • Bung sukoi…
          Bila anda pernah melihat hal ghoib tni ditempat anda perlu dibalut hoax untuk penyampaiannya apalagi ada tunjuk lokasi..
          Maaf mengomentari supaya kita aman yg dirahasiakan..
          Saya juga punya cerita yg belum pernah dibabar di warjah..tapi saya yakut menyampaikannya…
          Takut karumg goni mengintai..

          Salam damai

  2. Berharap militer kita tetap profesional, semakin pede, tangguh dan kuat bersama rakyat… Sumpah prajurit menjadi pecut untuk menjadi kesatria penjaga nkri..
    Ayoo, berbenah sedikit demi sedikit demi kemajuan bangsa.. .
    Ayoo, para pejabat birokrasi dan jajarannya, elite politikus pengusaha jangan lah Indonesia ini anda jadikan kue nikmat 7 turunan.. . Jangan makan sendiri… Ingat rakyat ingat mati… !!! Perbedaan adl zamrud kekayaan dan pelangi Nusa. .. Jng mudah kita berpecah belah…! !salam Indonesia Jaya !

  3. Kunjungan menhan ke russia hmmmm salah satunya mnrt saya menyambung pembicaraan lama yg terputus pengadaan kapal perang besar russia yg barusan berkunjung ke indonesia, konon ktnya pengadaan tsb dihalang2in oleh negeri para samurai dan negara belakang kita, alhasil kita mendapetkan 3 korvet dr inggris, skrg sdh tiba waktunya bagi indonesia destroyer class

  4. Sumber dana di tni bukan hanya dari apbn
    Yapi juga unit usaha tni seperti koperasi, bisa untuk membiayai operasional dan tidak terlalu memberatkan dana untuk alutsista utama.
    …… Sepertinya hanya ada di indonesia…..

    Apakah benar begiitu bung yayan…

  5. wow….fantastis bget bung yayan,yg saya masih pikir klu anggaran dithun 2015 bner2 yg dari 2 Gdp atau setara 100 trilyun itu mengalami pembekakan ampe 4 Gdp atau setara 200 trilyun…berarti bner2 besar2an blanja alutsista indonesia untuk mengejar target MEF supya biar lebih cepat tercapai…
    terima kasih bung yayan atasi info yg sangat super sekali ini mnjadikan saya semakin cinta INDONESIA…
    salam hangat buat bung yayan…

  6. Bakulo Wajaro on

    Hehehhehehe… Mantap..!!! SU34 yg sdh dicoba bottlepulpen dgn labell hitam mau diborong…Makin banyak belanjaan dari om putin.. Makin banyak Blaarr..Blarr..Bleepp..Bleepp..makin puyeng byk pr jemaah rempeyek ngitungin dan nungguin berita resminya..xixixiixixixixixixi…

    • Yg penting tot-nya bung BW harus lebih gahar dari pembeliannya, he3, bisa kasih info. dikit tot yg gahar2 dari om Putin, bung BW?

    • Benar Bung BW. Dan makin kebuka juga ‘kedok’ menhan Ryamizard sekarang kalau beliau ini pro Rusia tulen dlm hal alutsista. Kita tentu masih ingat saat beliau menjabat kastaf AD, betapa berangnya beliau pada USA dan konco2 baratnya saat negara2 ini terlalu turut campur dalam penanganan GAM Aceh. Negara2 ini dgn pongahnya melarang TNI menggunakan alutsista buatan mereka. Kt dukung terus segala langkah Pak Menhan yg sesuai keinginan rakyat ini.

  7. tentang atikel teroris…ya memang kemampuannya kita seperti itu. Beda dengan Russia, Perancis, Inggris dan tentu saja USA yang punya asset2 militer baik di negeri sendiri atau di negara2 teluk, sehingga bisa menggempur ISIS di jantung ISIS sendiri, bahkan USA sudah membidik Libya…
    Saya tetap setuju dengan pendapat kalau kita punya membentuk National Security Agency, PolRI saja tidak akan cukup. Di Poso akhirnya TNI turun juga kan…. Bayangkan USA melibatkan CIA, Departement of Homeland Security, FBI, NSA,dll
    Lihat GAFATAR! kalau di medsos tidak koar2 ada dokter cantik hilang, apa terbuka Gafatar??!!! Masih bilang POLRI cukup?

    • Mengenai Poso.. sepertinya ada sesuatu bung ennyarrow.
      sesuatu yang tidak boleh diungkap untuk publik. mungkin bung Hadna punya ijin untuk membuat hoax cornernya..

    • Anda betul bung @ennarro…klo dibilang rakyat indonesia tdk takut dgn terror ga juga…sapa yg ga takut dgn dentuman bhn peledak yg bs mengoyak tubuh manusia…?org kita terkesan cuek ya karena bangsa kita sdh terbiasa dicuekin jg oleh pmerintah yg slalu sibuk sendiri dgn urusan2 yg tdk penting dan ga kelar2..

    • mengenai Gafatar menurut angan2 ane sangat mungkin mengarah 2 opsi; 1. mengarah ke ISIS, 2. mengarah neo komunisme.
      apalagi dr wawancara ex gafatar di TV swasta bbrp waktu yll. yg mengatakan utk pembelian senjata.

  8. hebat ya… bisa tahan rahasia tidak merembes secara nyata ke publik sementara kebanyakan budaya kita adalah suka pamer dan dipuji.. koq bisa? salut

    • Kumpulan tetangga kiri kanan saya adalah suka ajang saling pamer , tentunya sangat merepotkan bila tetangga saya jadi Punggawa TNI , apalagi militer

      bisa bocor sana sini beritanya , heheheh

  9. Kalo semua tentang TNI+Pertahanan dibabar 100% detail terbuka dimedia ya bisa geger dunia pewayangan… Mengenai poso kayaknya “ada sesuatu” disono sehingga POLRI harus diback up…ya itung2 buat penyaluran energi para TNI kita….tiap ari latihan tapi dak pernah tempur ntar malah tersalur ke hal2 yang kurang pas….woow meninjau peternakan bebek rupanya pak Menhan RR ya

  10. Alhamdulillah….terus aja dilanjutkan program nya….disimpan dan ditabung di luar negeri ataupun ditaruh di sekitar perbatasan.

  11. Special Forces hanya terlibat bila negara berada dalam Red Alert bkn terorisme.. Salut utk Masyarakat Republik Indonesia !
    sesuatu yg menurunkan TNI dlm takaran siginifikan memang biasa ada sesuatu yg kuat dibaliknya yg memerlukan kekuatan militer.

    Misteri alutsista yg mendebarkan, Selamat Datang Pesawat Bomber, AWACS, S300, Kapal Destroyer dan LHD Mistral..

    http://kasamago.com/review-film-the-5th-wave/

  12. Wong Tani Indramayu on

    Mengenai yg ghoib2 saya tetap Masih aneh, kok banyak sekali alutsista kita yang dighoibkan, sampai2 kalau compare country dengan Vietnam pun kita kalah telak jauh sekali dari total alutsista diberbagai jenis. Hanya menang di total military personnel, military reserve kita pun kalah jumlahnya. Mungkin hanya merchant marine strength saja yang agak unggul tapi alutsista penggebuknya semua kalah total.

    Negara sebesar Indonesia harusnya punya alutsista minimal 3x lipatnya Vietnam…Pening kepala saya mikirnya…

    • jangan pening mas :)
      Indonesia sudah terkenal dengan gaya “pencak silatnya” nya, menyembunyikan serangangan dan kuncian yang mematikan lawan tanpa tau dari arah mana datangnya serangan… Ingat dulu kalender TNI yang latarbelakangnya kapal selam kilo, itu jauh sebelum pernyataan TNI ingin membeli kilo Rusia, ingat kedutaan Rusia yang kelepasan ngomong Indonesia saat ini telah memiliki BNV ? dan masih buaaaanyak lagi cerita2 ghoib yang beredar…

      • Kubilai khan bisa ngomong gitu karena dia tidak pernah lihat alutsista tersebut. Dan sangat sulit bagi orang sipil seperti Kubilai khan utk dpt kesempatan melihatnya.
        1. tdk semua org bisa masuk ke instalasi militer.
        2. bagi yg dpt ijin bisa masukpun tdk bisa sembarangan melihat setiap sudut, tiap bagian instalasi militer tersebut ataupun tempat -tempat tertentu.
        3. bagi yang dpt ijin utk melihat setiap sudut, setiap bagian instalasi militer tersebut maka dilarang keras mengambil gambar !

      • Kubilai khan bisa ngomong gitu karena dia tidak pernah lihat alutsista tersebut. Dan sangat sulit bagi orang sipil seperti Kubilai khan utk dpt kesempatan melihatnya.
        1. tdk semua org bisa masuk ke instalasi militer.
        2. bagi yg dpt ijin bisa masukpun tdk bisa sembarangan melihat setiap sudut, tiap bagian instalasi militer tersebut ataupun tempat -tempat tertentu.
        3. bagi yang dpt ijin utk melihat setiap sudut, setiap bagian instalasi militer tersebut maka dilarang keras mengambil gambar !

        • Pernah lihat bung PTGC?? Klo sya prnah liat black hawk turun di lapangan terbang pondok cabe tangerang n gak sempet foto sih.. Mungkin bung lebih paham, karena punya fasilitas untuk masuk kedalam instalasi militer negeri ini.. Klo saya mah apa atuh cuma sipil beda dengan bung PTGC orang dalem..

        • Pernah lihat bung PTGC?? Klo sya prnah liat black hawk turun di lapangan terbang pondok cabe tangerang n gak sempet foto sih.. Mungkin bung lebih paham, karena punya fasilitas untuk masuk kedalam instalasi militer negeri ini.. Klo saya mah apa atuh cuma sipil beda dengan bung PTGC, atau mungkin orang sipil seperti saya gak boleh berkomentar sprti itu? Atau bahkan forum ini bukan untuk orang sipil seperti saya atau bahkan teman2 sipil yg lain?? Dan wajib membenarkan semua isi disini?? Saya rasa pro kontra adalah hal yg wajar tanpa harus membedakan mana sipil n mana yg memiliki fasilitas untuk melihat itu semua seperti bung PTGC..

          Salam

  13. Assalamuakaikum,,,
    Salam sejahtra,saya pemain lama di patriot garuda tapi sebatas nyimak az kaki ini saya coba turun memperkenalkan diri.

    NKRI jaya NKRI harga mati
    Rawe rawe rantas malang malang putung

  14. Jangan lupa….kita semua secara langsung ikut nyumbang jg untuk menambal jg kekurangan pembengkakan belanja TNI………kotak sumbangannya tersedia d SPBU2 terdekat……….untuk Poso, ada kemungkinan kecil pola penyelesaiannya seperti yg dilakukan d Aceh…..apapun itu,semoga Indonesia Jaya

    • maksud mas.. dana subsidi minyak sebagian dialihkan untuk alutsista? atau ada kenclengan yang di situ kita bisa nyumbang untuk dana TNI? maaf oot sebab sy tidak tahu lama keadaan tanah air. maklum lama jadi tki diluar.

  15. berharap agar pemerintah dan segenap rakyat tetap menjaga keutuhan republik indonesia.bangsa ini dalam meraih kemerdekaan-nya membutuhkan perjuangan dan pengorbanan jutaan nyawa…
    dulu …TNI-milisi-rakyat lintas agama/suku dll…bersama sama berjuang untuk meraih -hidup demi kebebasan-dari belenggu penjajahan.
    …dan jika sekarang ada segelintir oknum rakyat/aparat atau yang lainnya…yang memilih berbakti pada -orang asing-dan mengkhianati saudara”nya sendiri..maka ta selayaknya -orang”ini di-izin-kan menumpang hidup dinegeri ini….

  16. Maaf numpang nanya bung hadna: utk cerita kelanjutan pembajakan kapal yg di somalia kok g muncul” y

    Salam hangat slalu

  17. Mari menerawang ????

    Desember 1960 delegasi Jendral Nasution bertandang ke Rusia dengan membawa daftar belanja alutsista seabreg. Setahun kemudian Rusia menyetujui belanja alutsista untuk RI sebesar US $ 500 juta dollar, ini ekivalen dengan nilai US$ 2,5 milyar untuk ukuran sekarang. Daftar belanja yang disetujui itu adalah 10 kapal selam, 5 Destroyer, 8 Fregat, 14 Penyapu Ranjau, 22 Kapal Cepat Torpedo. Kemudian 40 Mig-17 Fresco, 30 Mig-19, 24 Mig-21, 26 Pesawat pembom jarak jauh Tu-16, 18 pembom taktis IL-28 Beagle, 8 Antonov, 12 Mi-4, 8 Mi-6, 6 radar, ratusan tank / panser amphibi. Pada saat yang sama TNI sudah memiliki 10 Hercules, 8 B-25 Mitchell, 6 B-26 Invader, 12 P51 D Mustang, 32 C-47 Dakota, 20 Heli Bell-204, 8 Heli Albatross, 4 Destroyer dan 8 Fregat dan 30 an KRI jenis lain.

    Pertanyaannya kemana semua alusista2 seabreg itu ? dijadikan kaleng ?

    • smua itu tentu jg butuh maintes seabrek jg Bung, kalau memang dijadiin kaleng minimal ada bekasnya, klo nggk ada bekasnya apa bisa jadi masih terus diserpis biar bisa hidup

  18. Hm…. Klo bicara duit nanti kemana2 arahnya…. Anyhow… Sebenarnya ga ada alutsista goib… Yg ada alutsista yang belum diketahui secara umum…. Atau belum dibuka publik…kalo percaya yah silakan.. Ga percaya yah silakan…. Tp percayalah cerita dari tetangga kita malaysia.. Percayalah cerita australia… Singapura bahkan amerikiya… Percayalah informasi yg mereka rilis ttg alutsista indonesia.. Hihihuhu

  19. misteri dibalik nama “INDONESIA”

    Pernahkah kita menghitung angka dari
    kata “INDONESIA”???
    SUBHANALLAH, akan di dapat keajaiban. , Mari, kita hitung.
    Abjad = Urutan Angka
    I : 9
    N : 14
    D : 4
    O : 15
    N : 14
    E : 5
    S : 19
    I : 9
    A : 1
    Dari semua angka, yang muncul hanya
    angka “1 9 4 5″, tentu ini bukan kebetulan. Ini adalah kehendak dan karunia dari Allah SWT.
    Nah coba kita jumlahkan semua angka dari
    kata “INDONESIA”, jumlahnya “90”. Dalam Al- Quran, Surat ke 90 adalah Surat Al-Balad yang artinya “NEGERI”. Tentu ini bukan suatu
    kebetulan, ini semua karunia yg luar Biasa !!
    Mungkin ini juga jawaban thd Hadist
    Rasullullah yg mengatakan bahwa akan ada
    negeri di atas awan bernama Samudra, yg di
    kelilingi air dan menghasilkan banyak ulama, ternyata negeri itu adalah INDONESIA
    Wallahuallam bis showab. NKRI harga mati.

  20. AlhamdulIllah, ternyata prasangka baik ku mendapat jawaban jg dr bung yayan “occu deyen”…tepatnya mengenai si bebek double seater…tentang su35 sdh lewat alias tunggu delivery time ja, nah! Yg lg “HOT” ya si bebek ono…untuk langkah prevent dan pendukungnya jg wajib hukumnya khadiran kilo class. Krn super powernya si bebek akan menggila klo didukung s300 cs alias sepaket.
    Jadi kenyataan “alutsista gahar” semakin terbuka ke publik sedikit lg, bukan isapan jempol atawa sekedar banyolan sj! Bergembiralah para patriotku, apapun yg kalian inginkan untuk mendukung kewibawanmu menjaga bumi pertiwi terus di hadirkan para pemangku jabatan tertinggi!
    Alutsista super power bersanding dgn patriot sejati, sungguh elok nian dikau patriotku!
    Negri ini negri para pemimpiyg optimis!
    Tetap berjaya NKRI!

Leave A Reply