The Assignment of Land ( Hoax Corner Part 12 )

127

LONG JOURNEY
Part IB : The Assignment of Land

Aula Rapat Yonif 700/Raider

citox patga3

Kolonel Ilham: “saudara saudara selamat siang… Saudara2 saya kumpulkan siang ini untuk menerima penugasan dari Panglima TNI. Kalian adalah yang terbaik dari seluruh Batalyon ini, sesuai dengan spesifikasi dan kualifikasi penugasan yang Komandan terima minggu lalu… 30 personil yang berhasil lolos seleksi administrasi dan spesialisasi ini kami mengharapkan dapat menunaikan tugas sesuai dengan apa yang diperintahkan dalam rincian tugas yang tadi saya bagikan kepada kalian..”
Kolonel Ilham jeda sejenak, kemudian melanjutkan kembali:
Kolonel: “Tugas ini tidak mudah dan sangat bergantung kepada kerjasama tim dan personil yang terlibat… Kalian akan digabungkan dengan pasukan dari matra dan kesatuan yang ada di TNI, khususnya pasukan2 yang berkualifikasi khusus… Kalian akan dipisahkan oleh 2 area penugasan, satu regu berangkat ke Vladivostok, satu regu lagi berangkat ke Timur Tengah… Nanti kalian akan di beri pelatihan terlebih dahulu di Sentul selama 6 bulan, termasuk penguasaan bahasa… Asah kemampuan kalian disana, nanti kalian akan digabungkan dengan regu Para Raider dari Divisi I Infanteri Kostrad Cilodong…. Ada pertanyaan?
Seorang prajurit wanita berpangkat Serda berbicara:
Serda Yanti: “Ijin bertanyya Komandan”
Kolonel: “Silahkan Serda Yanti”
Serda : “Ijin menyampaikan saja. saya dan 4 rekan prajurit wanita yang lain lulus seleksi administrasi dan spesialisasi, apakah kami memang di ijinkan untuk memasuki area pertempuran, Komandan? Karena selama ini yang kami tahu, para prajurit Wanita memang di khususkan ke bidang lain selain pertempuran, meski kami memiliki spesialisasi dan pernah mengikuti latihan Raider, Komandan”
Kolonel: “Benar Serda Yanti, kalian di ijinkan memasuki area pertempuran dengan perintah Panglima…. Spesialisasi kalian memang dibutuhkan dalam penugasan kali ini…. Tapi saya pun memaklumi kalau nanti kalian akan mengundurkan diri dari awal… Bagaimana Serda?”
Serda: “Siap, apa pun perintah Komandan akan kami laksanakan… Perintah diterima dengan jelas.. Komandan..!”
Kolonel: “Yang lainnya bagaimana?”
“Siap, laksanakan perintah, Komandan..!!” Jawab 4 prajurit wanita lainnya..

hadian9

Asrama Wanita Yon 700
Serda Yanti: “Wah kita diberi kepercayaan sama Komandan buat ikut penugasan kali ini…saya hampir tidak percaya lho..”
Sertu Ranti: “iya kak, waktu saya diberitahu sama Bu Yola di bagian Umum, saya bingung kak… Apa lagi tadi baca rincian misi nya….wah..wah… sempat keringat dingin saya bacanya Kak Yanti..”
Sertu Tina:”Ah kalau saya sih santai aja….tapi saya musti minta doa restu nih dari rumah….bilang apa ya sama mereka? Mana disebut di rincian tugas, durasi misinya tidak terbatas lagi…huhuhuhu nanti kalau saya pulang,, si Mas Dion udah punya pacar lagi dong….huhuhuuhu..”
Serda Tiur: “Ah kamu Tina, memangnya cowok cuma Dion aja, cari aja lagi yang baru, gitu aja mewek….hahahaha..”
Sertu Tina:”kan susah nyari yang seperti Mas Dion, Kak Tiur….Kakak nggak tahu, Mas Dion itu kan jadi incaran banyak wanita, cakep gitu lho kak…huhuhuhu…”
Sertu Lisna: “sudah…sudah….kasih tahu aja kalau kamu ikut misi ke Libanon, kan tadi disebut di rincian tugas kalau kita minta ijinnya begitu ke rumah…. Kalau susah cari pacar, nanti cari aja di sana Tina, banyak kok…bule lagi…hahahaha”
Semua pun tertawa…dengan muka ceria mereka pun menyiapkan peralatan yang akan dibawa ke Jakarta 2 minngu lagi….

Ruang Rapat Divisi I Infanteri Kostrad

Kolonel Yanuar: “Selamat siang prajurit”
“Selamat siang Komandan..!!” Jawab serentak 30an orang dalam ruangan tersebut…
Kolonel: “saya mengumpulkan kalian disini atas perintah Panglima TNI.. Ada penugasan yang membutuhkan kualifikasi Para Raider… Nanti nya akan digabungkan dengan regu regu lain dari kesatuan dan matra lain yang berkualifikasi khusus… Kalian akan diberi pelatihan pendahuluan di Sentul selama 6 bulan, terutama penanganan konflik dan misi misi intelpur… Di tambah dengan penguasaan bahasa setempat dan bahasa2 internasional lainnya… Kalian akan dibagi 2 regu, satu ke daerah dingin dan satu kedaerah terik…. Dalam rincian tugas pun sudah ada.. Mohon kalian sampaikan ke keluarga kalian bahwa kalian akan di ikutsertakan dalam misi perdamaian PBB di Libanon, jangan beritahu apa dan kemana kalian akan ditugaskan sebenarnya… Jelas?”
“Siap, jelas Komandan…!!”
Kolonel: “Yang prajurit wanita, kalau ada pertanyaan silahkan… Kalau pun ingin mengundurkan diri saya maklum..”
Serda Desy: “Ijin menyampaikan Komandan”
Kolonel: “Silahkan..”
Serda Desy : “Ijin, kami diperbolehkan memasuki area pertempuran Komandan?”
Kolonel: “Kamu dilatih untuk bertempur Sersan … meski pun sehari hari kamu ditugaskan di bagian non tempur… Kamu ikut latihan para kemarin kan Sersan ?”
Serda Desy :”Siap, ikut Komandan”
Kolonel: “Kamu yang ditugaskan ke Timur Tengah ya?”
Serda Desy :”Siap, benar Komandan”
Kolonel:” Kamu bersedia Sersan ?”
Serda Desy : “Siap, bersedia Komandan..!”
Kolonel:” bagus..!! Kamu kasih tahu pacar kamu ya…Letnan Setyo kan pacar kamu?” sambil tersenyum Kolonel Yanuar bertanya
Serda Desy : “Siap, benar Komandan” sambil tersipu malu menjawab pertanyaan tersebut..

Kantin Yonif I
Serda Desy: “Mas, aku ditugaskan sama Komandan ke Libanon mas”
Letnan Setyo: “iya, saya sudah dengar kemarin dari teman teman.. Saya tahu kok, kamu benarnya bukan ke Libanon kan Des?”
Serda Desy :”Maf mas, saya diperintahkan untuk berbicara begitu mas… Tapi kalau mas sudah tahu, syukur Alhamdulillah”
Letnan Prasetyo: ” Jalankan saja tugas kamu… Kamu sudah pamitan belum sama ayah sama ibu di rumah?”
Serda Desy :”Nanti sore saya mau telpon ke rumah mas, minta doa restu sama ayah dan ibu…”
Letnan Prasetyo: “Bagus lah kalau begitu….. Apa pun itu, saya menunggu kamu pulang dari penugasan kamu Des..”
Serda Desy : ” Benar Mas Setyo mau nunggu saya pulang?… Kalau penugasan saya lama bagaimana mas?”
Letnan Prasetyo : “Ya saya pokoknya nunggu kamu pulang…”
Serda Desy :”Mas Setyo, saya tidak tega kalau mas nunggu saya…demi saya mas, kalau dalam 1 tahun saya belum kembali, mas saya ijinkan untuk mencari pengganti saya mas…”
Letnan Prasetyo :”Des, jangan bicara begitu, kamu pasti pulang Des..!”
Serda Desy : “Mas, kamu tahu kan sebagai prajurit resikonya apa…. Saya juga menginginkan suatu hari nanti bisa ketemu ayah dan ibu serta Mas Setyo… Tapi saya tidak tahu apa yang akan saya hadapi disana nanti mas”
Letnan Prasetyo :”hhhmmmmhhh Des, tidak baik mendahului takdir…saya tahu resikonya Des sebagai prajurit…. Apa pun kabar yang saya terima nanti, itu yang akan menentukan sikap saya kelak Des…Sementara ini, tetap saya akan menunggu kamu kembali..”
Serda Desy :”meski saya kembali di dalam peti mas?”
Letnan Prasetyo : “hhmmmhh meski kamu kembali di dalam peti sekalipun Des” sambil memandang wajah Desy dan menggenggam erat tangannya….

hadian10

Mako Kogabpassus Sentul
Jenderal: “Status semua unit bagaimana Kolonel?”
Kolonel: “siap, ijin menyampaikan informasi Jenderal,,,, status seluruh unit sudah siap, tinggal menuju titik pelatihan di Sentul Jenderal..”
Jenderal: “bagus kalau begitu…Kopassus kan sudah ready di sini, tinggal menggabungkan mereka saja ke dalam satuan ini… Kalau begitu aktifkan saja unit pelatihan khusus segera Kolonel…”
Kolonel: “siap laksanakan..!!”

Bersambung
By Patsus Hadna biro Jabodetabek
Gambar by Google dan Patsus Citox

Share.

127 Komentar

  1. masih intri nih Bung Hadna, blm masuk ke super hoa nih…intro hoax baruan….asik, ada kisah cintanya hhii….ada sedihnya juga ditinggal jauh -_- Hmm…kalau total ada berapa prajurit cwe ikut misi ini BUng? jg termasuk dari matra lainnya

  2. Selamat menunaikan tugas untuk nusa dan bangsa untuk semuanya, khudusnya untuk para satria bangsa.
    Khusus untuk bunga bangsa yang gugur di Poso Tuhanlah yang membalas baktimu
    Salam satu indonesia

  3. Pejuang zaadul on

    Ini yg pernah di muat di grup patga nusantara ya om.
    Klo disana langsung masuk area pertemputan yg di suriah.
    Kli dimari lebih mengena. Soalnya ada alurnya.

  4. Mudah2an para Patriot Garuda sukses menjalankan tugasnya & mdh2an akhir dari kisah cinta Serda Desy & Letnan Prasetyo berakhir dgn kebahagian Amin YRA,Jd penasaran dgn kisah selanjutnya he.he…

  5. Bung Hadna, ini penugasan ke mana lagi ya? Kalo vladivostok dah di jelasin. Itu pacarnya mba desi sampaikan kalo tugas sebenarnya ga ke lebanon. He he he…. cepetan sambungnya bung hadna, nanggungnanggung ceritanya

  6. asyiknya maen di bukit sentul…. lokasi strategis untuk latihan khusus. sambi liat-liat proyek yang belum kelar :mrgreen:

  7. Saat panggilan tugas negara prajurit akan melaksanakan kewajibanya dan kehormatanya sebagai prajutit tni

  8. on schedule bung had….

    tapi cuma intro doank ini…… besok besok abis intro kasih sedikit intinya dunkkk…. walaupun bersambung tapi bisa sedikit greget greget gitu bung……

    tq very much….. masih mau menulis untuk kami…..

    gambate bung had…..

  9. Walau cuma diam diam memang indonesia perlu harus kirim pasukan tempur perdamaian apalagi kalau yang di kirim prajurit haus perang yang di latih jadi pasukan pemburu.

  10. Ini mah cerpen Hoax bertema romantisme… Xixixi
    Ada cerita, kalo tni wanita di penugasan nanti akan berlanjut kisah asmara nya dg orang sana…
    (sumber : prajurit yg kemaren baru pulang dr lebanon, masih tetangga)

  11. Bukan Fan Boy on

    saya masih menagih bung Hadna kelanjutannya certia pak pres ke 3 , ketika menoleh ke bapak besar …..
    jangan lama-lama bung hadna , kasian pak pres ke 3 nolehnya kelamaan di pause sama bung Hadna …..

    untuk artikel diatas , cerita sintron bias dianggkat ke layar lebar ,

    jempol buat penulis

    • iya Bung BFB, sy juga menunggu lanjutan cerita tersebut…selama ini kan kit ataunya sering ada gesekan antara presiden dgn para mantan presiden…kalau kita baca cerita itu, ternyata mereka adem ayem saja bahkan malah saling bersinergi untuk membangun NKRI

      bisa jadi mereka sengaja main sinetron di tv sama berita, toh jg saling sindir-sindiran aja…hhaaa…apalgi dipanasin mediaa…dikira beliau-beliau pada musuhan…padahal sebaliknyaa

      Ayo Bung Hadna, dilanjutkan ceritanya…saya menunggu bagaimana para pemimpin NKRI saling bahu membahu…

      • yg kita kuatirkan bukan sinetronnya, bung..; gmn kalo itu terjadi betulan sementara pemerintah sama sekali tdk siap dg kemungkinan terburuknya…

  12. Lcs lagi memanas ni. Masalah kkp sama costguard china. Kri, Ks sama frigate pada kemana ya. Apakah itu masalah sipil jd militer Ri gak bergerak. Tp salut buat petugas kkp n mentri klautan kita bu susi yg langsung treak ke china.. woyyy jngn macem2 sampean… lanjut kan bu susi.

    • Bung NT, ini saya kutip dari koment Bung Trahlor;

      Ada bbrapa poin yg tertangkap mata lelah saya ini adlh hoax bung hadna tersetting (opini pribadi sy ) hasil kolaborasi satu bulan sblm konflik di crimea ketika ada bbrp pati tertangkap kamera NSA sdg ngopi di Vice.

      • Naga Terbang on

        Bung Ndane, masih kurang paham nih sama tugas yang di daerah dingin.
        Kalau yang di suriah, kan jelas menjalankan amanat pembukaan UUD tahun 1945. Menghapuskan segala bentuk penjajahan.
        Nah terus yang di Vladivostok, apa kita ikut bantu-bantu Rusia rebut Crimea?

  13. wirosableng007 on

    Bung Hadna, kalau boleh usul ditulis lg cerita hoax corner edisi bapak besar tuh bung ….
    btw… oot dikit kasus terbaru kapal coast guard cina menghalangi penangkapan kapal nelayan cina yg nyuri ikan di wilayah ZEE kita gimana tu bung? berarti cina menganggap wilayah ZEE kita termasuk wilayah mereka ya?..

  14. Insiden penabrakan kapal China Coast Guard di ZEE Indonesia. Dubes China utk Indonesia mengklaim terjadi di wilayah laut China! Alias ZEE natuna/ RI tidak diakui oleh China. TNI AU dan TNI AL cukup FiR Natuna yg diambil singapoore ; jangan sampai ZEE kita diambil China.

  15. Berita kapal patroli pantai cina terobos natuna adalah tamparan bagi info alutista ghoib TNI??? “ketika kita lemah maka buatlah seolah-olah kita kuat” mngkn inilah realitas TNI ku

    • pemain warnet on

      Ingat kejadian masa lalu di ambalat.. Dengan atas kejdian di natuna sekrng mau gak mau cina hrus mengakui lagi dan lagi kedaulatan indonesia atas desakan jajran pemerintah. Salut
      NKRI Harga mati

  16. assalamualaikum patga…
    Turut berduka cita atas gugurnya para kusuma bangsa dimedan tugas, semoga amal ibadah mereka diterima disisi-NYA. Smoga mnjadi bahan renungan bg kita semua bhw menegakkan NKRI ini putra terbaik bangsa rela mengorbankan jiwa dan raga, sbg tumbal dan patriot utuh dan tegaknya republik ini….
    Negara ini tak ada sejarah berdiri dari kelakar dan banyolan tak bermutu semacam hiburan murahan para selebrita, selalu dg darah dan airmata. Sungguh menyakitkan sungguh memalukan dan melukai kita hinaan berbalut canda lacur itu….LACUR !!
    Btw…
    Sy pcy rekan patga banyak yg menunggu jawaban ttg alutsista (leak/hoax) yg dihembuskan yg dirasa tak berbanding lurus dg pernyataan pejabat/petinggi negara terutama ketika ada insiden di lcs kmaren. Sesak ?? Haha…warga negara yg baik tentu tak hanya akan membuncahkan emosi belaka tp mari kita brpikir jernih utk turut menyumbangkan fikiran ats kejadian ini scara arif dan bijak. Insyaallah, ba’da maghrib sy akan sdikit mmbabar dibalik kjadian ini, namun ma’af ini tak mewakili klompok/INSTITUSI manapun melainkan opini pribadi yg sy sesuaikan dg catatan karier sy slama ini. Smg obyektifitas dan kapasitas sy yg trbatas ini mnjd sdikit menjelaskan, insyallah…
    Salam patriot
    NKRI JAYA

    • ditunggu sekali bung Trahlor untuk babaranya ….
      di edisi ini bung Hadna lebih sedikit menjawab pertanyaan teman-teman patga … hehe apa sedang mempersiapkan hoax yang mantan president yang satunya .. secara permintaan rekan – rekan patga juga sudah menunggu sambungan hoax nya

    • terima kasih Bung Trahlor, telah berkenan.. membabarkan sedikit petunjuk.. dibalik cerita lcs beberapa waktu yg lalu..
      mungkin sama halnya seperti kejadian waktu kaprang ausie yg menerobos masuk ke wilayah NKRI untuk mengusir para pengungsi Rohingya agar kembali ke wilayah NKRI, para Patriot Bangsa sudah geram untuk melumat mereka. namun para Pati cukup bijak dan menahan diri yang kemudian melakukan nota protes ke ausie, dengan disertakan bukti.

      Salam patriot.

      • ini lebih soft bung@ndane…
        Tp kualitas efeknya akan sgera terasa kmudian. Tak mudah loh mmbangun opini sbg negara yg dizalimi smntara kita nyata2 sbuah negara nonblok. Kita menambah power tntu kawasan akan brtanya utk apa ? Hendak mngulang sejarah nusantarakah ? Hehe…dg senggolan sdikit, manuver pangkalan ala pearl harbour kita sdh siap kokang senapan. Mengerem niat pngklan tiongkok di timor dan strategis memotong alur rombongan armada AS.

  17. Bung hadna tolong beri penjelasan tentang RRC menerobos zee nkri..apakah radar indra dan kapal jemping yang di ulas dihoax corner ini sedang tidur..suwun

  18. kubilai khan on

    Udah udah.. Back to realistic aja, yg gak ADA biarin gak ADA ,GA usah di buat2, halaman depan rumah kita udh kebobolan ITU, msh mau bilang kita kuat? Hati2 bahaya laten chauvinisme, lupain yang isunya dulu di rumpon, Wong sama kapal cost guard aja udh kelabakan dimana2,

    Bravo TNI, walaupun Dari militer kita ketinggalan jauh bbrpa puluh tahun Dari China, tp jangan mau kalah dengan diplomasi luar negeri kita!

    • Sudahlah KUBILAI KHAN kau jangan semakin suasana tambah panas……bukankah kau itu orang mongol / bangsa Tartar ?? persoalannya adalah bukan gak Ada atau Ada, atau gak usah dibuat-buat tapi berapa jumlahnya. Ingat KUBILAI KHAN wilayah laut kita sangat -sangat luas sekali, butuh alutsista yg banyak sekali. Alutsista yg gak dipublish jumlahnya belum ideal. Kita sedang proses menuju jumlah yang ideal,,,,,, bukan soal ADA, Gak ADA, terus di buat-buat. sadarlah KUBILAI KHAN

      • Kubilai khan on

        Bung PRSJ,

        Alutsista yg gak dipublish? Jgn meracuni anak bangsa bung, alustista kita emang sgtu aja kok.

        • Bakulo Wajaro on

          Hehehehehe.. Perasaan gak ada yg keracunan mengunyah hoax disini bung KK.. Mungkin anda yg salah masuk ke forum ini… Atau anda sdg galau…??!! Jgn lah bicara seakan2 anda yg plg benar dan perhatian dgn kondisi bangsa..jika anda tdk setuju diam lebih baik bagi anda bung. .!! Atau tak usahmampir diwarung ini jika anda takut keracunan… Krn kehadiran anda pun tak membuat forum ini bertambah atau berkurang eksistensinya… Bukan begitu bung KK yg terhormat..??? hehehehehehehe

  19. Dikadali..? Mungkin anda yg malu selaku ular yang dikadali, karena tau berita cuma dari internet & TV..tapi ga tau cerita pra & post kejadiannya yg happy ending.. ๐Ÿ˜€

  20. Bung Thrahlor,
    Dintunggu babarannya, supaya para patga tahu bagaimana sikap sebenarnya dari pemerintah RI dan strategi apa yg di mainkan..
    Salam satu Bangsa.

  21. Pada insiden ini, patroli KP tdk ditemani oleh KRI, karena memang sedang patroli rutin illegal fishing biasa… Saya tdk menyalahkan kepada rekan2 krn ketidakhadiran KRI mau pun pesawat MPA dan kasel…. Kemungkinan terbesar adalah jarak antara lokasi insiden dengan KRI terdekat cukup jauh dan KRI tidak standby demikian dengan patroli kasel kita….

    Bung Trahlor, bangsa ini dibangun dengan darah dan air mata, bukan dengan campur tangan asing, aseng atau asong sekalipun… Saya setuju dengan anda Bung Trahlor, mereka yang membanyol adalah gambaran seorang yang tidak pernah tahu sejarah bangsa ini….. Jangan pernah melupakan sejarah….!!

    Salam Patriot..!!

    • kebetulan bung Handa muncul hehehehe..
      jadi gimana ya bung yang lanjutan hoax mantan presiden yang satunya .. dah banyak yang requet bung … hehe

  22. Terlalu naif bila kita berpikir langsung akan berperang dengan China, tidak ada untungnya,karena bila berperang, negara negara lain (terutama negara “tetangga” ) akan tepuk tangan, berlawanan arah dengan hubungan yang sedang erat eratnya dengan China saat ini. Secara netral saya masih membenarkan pernyataan sang dubes china yang menyatakan hal semacam ini jangan menjadi gangguan hubungan ke dua negara, kalau dari sisi nasionalisme,memang kita patut kesal ,namun jangan terlalu berlebihan. Peristiwa semacam ini patut dikaji dan dikoreksi lebih mendalam antara dua negara, tunggu saja dulu perundingan para diplomat kita. juga saya menyayangkan emosi yang terlalu berlebihan dari ibu mentri yang diumbar di publik.sangat disayangkan , mestinya dikoordinasikan dulu dengan menhan atau presiden secara tertutup dulu. Menurut saya kejadian tersebut seharusnya bukan untuk konsumsi publik, mengingat tingkat sensitifitas yang tinggi. demokrasi boleh, pandai boleh, tapi konyol..jangan.

    • theyownitall on

      bung botol,
      bila pernyataan si dubes china di benar kan, “bahwa itu perairan tradisional mereka”, berarti sah dong bung, secara tak sengaja kita melepas hak zee kita sebagai negara kepulauan kepada klaim laut mereka?

  23. Bakulo Wajaro on

    Hehehehehehehe…. Warga patga masih menunggu menu makan malamnya bung Trahlor…abis magrib loh…xixixixiixixi utk rekan patga yg masih bingung sesuai dgn haoax corner ttg lcs.. Bukankah ada skenaario utk memancing chaos di wilayah perairan Natuna..? Bukankah ada skenario utk 2 pihak negara adidaya utk masuk dan menguasai wilayah NKRI..? Jika Natuna menjadi target penerobosan dan titik pancing dan adu nyali RI bukankah itu sdh terjadi sebelumnya..? Dan kita sama2 tau bahwa Natuna merp Hotspot yg amat dijaga ketat oleh TNI…? Apakah meraka tdk tau..?hehehehhe Nonsen.. bukankah secara internasional illegal fishing lebih pantas di hadapi oleh KKP..? Walau TNI berada dibelakang mereka…apakah personel kkp adl murni pegawai kkp ataukah personel bko..? Bukankah aksi mereka sgt hebat dgn 3 personel bisa menawan 8 nelayan tanpa bisa diambil kembali oleh kapal patroli cina..? Walau besar nya kapal dan lengkapnya persenjataan sgt mendukung mereka saat itu…ingat statement menteri susi kejadian ini berhasil ditangani dgn baik dgn berhasil menawan para abk dgn kerjasama semua pihak…?dan benarkah semua tawanan itu adl nelayan..?apakah mungkin mereka juga bagian dari prajurit naga yg diplot sbg nelayan utk memancing skenario mereka..? Hehehehhehehe….meraka hanya berhasil menghentikan kapal tanpa bisa mengambil kembali abknya bukan..?selamat menganalisa… Adios amigos siap adu jotos

    • suatu keanehan ya bung BW, coast guard China gagal menyelamatkan 8 nelayan mereka ya? padahal mereka bersenjata lengkap dan yang dihadapi adalah kapal KKP RI yg crew nya adalah PNS KKP……sekali lagi hanya para PNS KKP RI.

      • @bung peter the great, what a comment! Damn I should think like you… you got a point there! Crew kapal pemburu illegal fishing vs china coast guard, not just one but two! Tapi di lain pihak saya salut dengan pemerintah china yg melindungi kapal nelayan nya dengan menurunkan 2 kapal coast guard mereka. Kapan coast guard dan tni al melindungi nelayan indonesia yg sering ditangkap australian navy meski , mereka para nelayan nusantara ,beroperasi di wilayah zee indonesia.

        • haha… Ngga’lah bung BW, sy kira dg penegakan hukum dilaut yg kontinyu akan mmbantu penguatan klaim Indonesia thd natuna sesuai UNCLOS 82…
          Salam…

  24. allhamdulillah….
    Assalamualaikum patriot muda bangsa…
    Ma’af, trpikir oleh diri ini komentar tak terkirim. Bersyukur skali lg, tak banyak nada riak apalagi cela dan sumpah serapah disini, msh nyaman brbagi dlm diskusi yg sehat dan santun….barakallahu.
    Btw…
    Mari sy ajak sedikit pd teori konspirasi yg biasa kita lakonkan dlm hubungan internasional. INDONESIA dikenal sbg kekuatan dr kubu netral dikawasan bhkan dlm ranah global. Trlepas dari positif dan negatif langkah kita ini, mk tuntutannyalah agar kita konsisten dan stabil melaju ttap dlm koridor NETRAL !
    Sy sering berargumen dlm stiap kesempatan utk sdikit mengambil langkah psikologi australia, Indonesia adlh musuh potensial dr utara. Kita sll dianggap ancaman oleh australia. Smntra kita tak prnah brpikir utk menyerang dan mngganggu australia. Disinilah trkadang kita merasa tak prlu ada keunggulan yg mutlak selain perimbangan dikawasan.
    Silahkan dicerna dulu hal diatas, agar ada sdikit gambaran sikap rata2 para pemangku kebijakan luar negeri kita. Seret ingatan kita sjenak bgaimana pola itu bergeser sdikit pasca sipadan ligitan dan timor leste, namun jls msh dlm koridor penyeimbang bkn kesiapan keunggulan yg dominan. Bhkan ktika hal ini msh sy gulirkan sbg isyu yg patut didebatkan mk trkesan kita msh gamang mnggeliat walau perlahan hal itu kita lakukan dg samar dan diam2 mmbangun otot yg lama kendur.
    LCS sbnarnya bkn konflik kita, sjk kembalinya hongkong tntu rncana strategis utk mengais peta lama daratan cina sdh dimeja para jendral mrk. Diam2 prkuatan militer mrk lakukan dg mnggunakan support besar Rusia dan korut ditunjang oleh komitmen cina perantauan utk mndukung cina global, cina bersatu dan cina adidaya (pelopornya trmasuk xin jing pin) yg smnjak prtemuan etnis tionghoa trbesar dan prtamakali di hk diadakan, lcs sdh digaungkan.
    Pihak CIA dan mossad sbnarnya sdh mmberi kawat rahasia pd sekutu mrk utk lbh memantau gerakan cina, dimeja kita jg ada prmintaan prsiapan pangkalan nato sbg bagian plan B barat jk hrs berbuka front dg cina. Tp kita keukeuh, Indonesia netral dan tak ada kepentingan konflik dg cina. Dr soal ini mk harap maklum jk kmudian Timor, sipadan ligitan, aceh,papua dan konflik sara mnjadi merebak. Ya, kita mmg nonblok ! Pilihan yg sulit tp inilah yg saat itu dan hingga kini sy rasa dampaknya baik dan mnjd kekuatan tak terukur yg mmbutakan dan memecah peta dan pengkotakan kekuatan asing yg mnginginkan kita terseret dan larut pd blok2 dan konflik mereka. Diplomasi Cair dan fleksibel satu langkah yg sgt menyebalkan bg barat tak trkecuali sdikit pengendali partai penguasa di cina yg mnganggap kita trlampau lugu dan tak brpendirian. (bersambung)

    • Naga Terbang on

      BungTrahlor, butuh pencerahaan nih.

      Kira2 maksud dari pertimbangkan kawasan, itu dilihat dari sudut mana yah?
      Apa Rasio perbandingan luas wilayah dengan jumlah alusista atau jumlah alusistanya saja?

      Atau ini hanya sebatas bahasa pemerintah, agar tidak terjadi perlombaan senjata di kawasan?

  25. Udah nunggu bung @TRAHLOR bada maghrib smp skrng dan sekarang alhamdulillah bung @TRAHLOR tepatin janjinya mau ,dan saking asiknya menikmati babaran bung @TRAHLOR. Sampailah dengan tulisan BERSAMBUNG……..HADEUUUUUHHHHH bung @TrahLor sambungannya jangan lama lama bung otak saya masih puyeng akibat kelakuan si cina bung……please bung @Trahlor jangan lama lama ya bung sambungannya….heheheehehwhee
    Salam tuk seluruh rekan PATGA

  26. didalam negeri ktika itu bnyak kroni soeharto yg merapat ke beijing, sbt sj om liem diantaranya bhkan kasak kusuk dikenal sbg kepala naga kedua. Reformasi mmbuat sdikit surut langkah para pemikir cina bhw Indonesia tdk memiliki celah spt yg diperkirakan, cina Indonesia msh minor dan tak lebih maju dr era 60-70an. Disebuah rapat besar komintern pengikut mao bhkan meminta agar kebijakan trkait lcs direvisi yg mndorong xin jin ping maju sbg tokoh yg mnjanjikan utk lbh brillian menggolkan cita2 besar beijing. Bhkan kemampuan melobby telaviv sbg pemikir strategi politis beijing tak diragukan. AS sndiri kecolongan ulah main mata anak emasnya saat fokus pd ops desert storm irak, prsiapan proxy libya, taliban afghan dan menutupi aib 11 sept sbg puncak cara meruntuhkan kekagetan atas terpuruknya ekonomi AS, jatuhnya mata uang yen (mini dollar) dan taring ekonomi cina yg tiba2 sj dihalaman beranda AS. Xin dibantu mossad mnjd raksasa dan duduk pongah dimeja roulet Asia. Terlambat bg mereka sbagian asia tp tidak bagi kita. Sbb Indonesia trll dekat pd jaringan white house kala itu mnurut Israel. Indonesia msh adem ayem menata ekonomi dan bagai comblang main lidah diplomasi tanpa miliki modal yg mumpuni. Disini mgk bs jd tau kenapa jendral kita sgt mudah mnunjuk sista dari paman sam. Mski downgrade dan dirugikan pmbelian sista kita tp Demi mnutup celah kepentingan cina global yg diperkaya israel hal itu trpaksa dilakukan. Bhkan trbetik kbr kita hendak mmbuka hub diplomatik dg tel aviv.
    Sy dngar kawan sejawat mulai ingin mggunkan Rusia saat Putin naik kursi berkuasa dan mulai menunjukkan minatnya utk mengumpulkan karib2nya yg biasa nongkrong dibawah tanah melawan hegemoni barat dan sdikit sumir pd cina. Kita ada didaftar teratas utk semeja dg plan Rusia. (sy memilih bersambung kembali)

    • Naga Terbang on

      Mengumpulkan “karib2nya”, jadi penasaran siapa saja yang suka nongkrong di bawah tanah.
      Kira-kira jenis negara bagaimana nih bung Trahlor, yang mau lawa barat n Tiongkok?

  27. Trims Bung Trahlor ..ditnnggu akhirnya terbit jg ..mmng ternyt bth grand stratg mumpuni utk ttp bisa melngsngkn hidup bg negeri ini & dpt menjd nilai tawar pd peradaban dunia, smga limpahan rahmat sll tercurah kpd pr pemimpin kita yg amanah & pr ahli strategis s kita & termsk anda bung
    , amien

  28. Bung Trahlor…analisis yg luar biasa apalagi dibumbui informasi top secret membuat saya terperanjat dan terkesima. Pertanyaannya sampai segitukah usaha naga untuk menjadi emperor di dunia ini. Israil lagi2 menjadi pemain kunci dalam permainan ini tapi saya yakin anti tesa israil ada di tanah ini, Jawa. apa yg dilakukan israil bisa diredam oleh orang Indonesia sebut saja mantan presiden kita Gus Dur, beliaulah yg menggagalkan skenario balkanisasi Indonesia yg notabene diotaki Israil. Semoga pemimpin kita diberi petunjuk dan kekuatan oleh Allah SWT. salam bung Trahlor

  29. jk membahas dapur/behind the scenenya lakon Indonesia, cina, as dan rusia sy yakin bakal nyusul catatan bung yayan (apakabar bung yayan ?? Salam hangat buat anda dan kluarga. Ditunggu kmbali catatannya ya bung?)….hehe.
    Btw…
    Prologue komen sy ttg sejarah kbangkitan cina sebelumnya sdikit akan mmberikan gambaran langkah 10-20th kedepan cina sbg pemain utama yg kesepian dan gamang di lcs.
    Lalu dmn Indonesia ??
    Tidak kemanapun dan lbh memilih ada dimanapun !!
    Tak akan ada perang slama negara ini msh stabil pd lajur netral. Takut ?? Silahkan tanya pd diri anda sendiri hehe…
    Sy lbh suka mngatakan sesuai sj, NATUNA tdk akan terusik oleh siapapun baik as, cina dll, brpikirpun TIDAK !! Mereka takut ?? Silahkan bertanya pd diri anda sendiri hehe….(sy bantu,mrk tdk pernah takut mengusik, tp utk frontal mk sll berakhir pd bayangan PD II yg hingga kini eksesnya msh terasa. Toh apa bedanya ?? Ktika sekutu menang perang dg teknologi yg sdh gahar dl toh di Th 45 modal sista kt hanya sisa rampasan, tak ada radar jg alkom apapun, tdk terorganisir dan laten. Lalu bth brp biaya, bth brp sorti pengeboman, brp bnyk personel dan brp pucuk nuklir hrs diledakkan ?? Ada jaminankah bangsa ini menyerah ??). Jika tulang belakang manusia msh blm berevolusi sjk adam hawa tercipta ya mustahillah. Hhehe…
    Cina, As dan sekutunya faham hal ini. 250jt jiwa bkn perkara mudah melenyapkan. TNI tak akan sendirian, dan ini bkn jaman 70 th yg lalu. Kita mski tak sesangar mrk namun tlh jg mngenal senjata. Memiliki sdikit populasi unik kekuatan air dan udara dan kita biasa bicara dipentas konflik dunia dg catatan gemilang. Masalah besar bg pihak manapun jk perang dg Indonesia sblm planet mars diyakini bisa dihuni manusia hehe…dunia tau itu, atau mgk sampean krg cermat mghitungnya. Now,
    Anda tentu sebal mndengar insiden ambalat, kasus kupang, bawean, blackflight, papua dan trbaru kemarin soal heli malaysia dan bbrapa insiden sipil lainnya. Apa kt serapuh itu ?? Mari kita coba telanjangi dapur ops militer dan strategi politik LN kita cukup dr point insiden KKP dan coastguard tiongkok kmarin, agar lbh fokus dan tak tll panjang ulasannya. Spt biasa, sy akan lbh memilih smbunyikan tgl, th dan nama2 atau institusinya. Insyaallah sy akan mngajak anda scara hoax ke softleaks seolah diruang kendali ops intelijen dan tempur. Ma’af sbelumnya jk info dr ruang kendali ini tak akan sy umbar mnjd ruang debatabel, sbb ini ranah sipil vs sipil. Anda hrs bijak dan arif memisahkan pokok insiden SIPIL_MILITER mski keduanya mnjadi satu kesatuan yg tak bs dipisahkan, yah anggap sj semacam trtib administrasi, tertib ruang lingkup kerja, manajemen departemen yg baik dan pola komando yg runtut dan jelas. Sekali lg ini sipil vs sipil. Tp mari kita bisik2 dan menatap dr dapur tempur mski tak serinci dimeja seorang jenderal.
    Mohon brsabar, _brsambung _

    • terima kasih bung trahlor atas pencerahannya, nyesek di dada ini bener bener ilang dengan penjelasan panjenengan, tidak ada satupun ada didalam kamus kami untuk mundur membela tanah air ini…merdeka…..atau mati…

    • KKP dan Bakamla memang ditujukan khusus untuk berhadapan dgn persoalan sprti kmarin ya Bung, sekarang ini kedua institusi trsebut jadi lebih dikenal masyarakat krna sblmnya yg kita tahu lautan dijaga oleh TNI AL. dan saat ini TNI AL ditempatkan sebagai backup diblakang kalau ada yg macam-macam….tentu TNI tak pernah lepas tangan atas teritori lautnya. Bgitupun pmrintah sprtinya trlihat lebih memendam dan meredupakn setiap gesekan agar tak masuk ke media nasional. tentu dgn protes diplmasi, bukankah kita ini bgtu bijak mnyikapi stiap pancingan mereka…agar tak lebih jauh lg mrusak hubngan kdua ngara..

      apkh mnrut Bung Trahlor, dimajukannya Bakamla dan KKP saat ini digaris dpan untk mnghindari geskan antar militer agar tak yg bergulir menjadi isu sensitif…slanjutnya, bukankah ngara tetangga yg brmasalah dgn lcs sudah mnunggu kita bergabung?

  30. BUNG NS dan Pa @TRAHLOR usul ni alangkah lebih baik jika analisanya diangkat menjadi sebuah tema baru.
    So kami mendapat gambaran yang utuh.
    Salam SATU INDONESIA

  31. aku bukan siapa siapa on

    Menyimak koment bung trahlor sangat menegangkan dan sayangnya bersambung lg. Rasanya seperti asyik nonton film tiba2 listrik padam

  32. Buat rekan Patga……
    Demi keutuhan NKRI, bersekutu dengan setan pun dilakukanโ€ฆ
    Masih juga NON BLOK? Merasa TNI kuat? terus siapa yang mau jawab pertanyaan-pertanyaan ini, karena sebagian besar rakyat kita buta dengan kekuatan TNI.

  33. Pejuang Zaadul on

    Makasih om trahlor udah berkenan membuka pandangan rakyat biasa seperti saya.
    Strategi kelas dewa yg orang seperti saya tidak bisa membaca arahnya bakal kemana. Terlalu pusing n jlimet untuk di pikirkan. Wkwkww
    Jangan lama” lanjutannya om.

  34. setau saya hanya Putin yg bs bicara secara gamblang tanpa emblem ewuh apalagi terkesan licik spt rata2 pemimpin tiongkok mski berlatar mirip sejarah komunalnya. Penataan pengaruh rusia globalnya sgt intelijen style. Maklumi jk sgt sulit mengendus kongkalikong Rusia-Indonesia-Cina-Iran bhkan konon main mata dg mossad pula. AS dmn ? Ada kok, sdg berusaha menata kembali langkah bidaknya yg garing di eropa,timteng dan utamanya di asia pasifik sjk subic berakhir. Sy knp sebut mossad ? Mrk ini trkenal brpribadi ganda dan profesional jika mnyangkut G to G. Soal Palestine sj mrk tak ada kompromi.
    Putin sadar tak bisa brdiri kuat sendirian tanpa mengelak sorot proxy barat. Muncullah ide memecah konsen barat jstru dg pnguatan tekhnologi bbrapa negara yg dianggap lbh lunak pd Rusia. Siapa yg mengatur ? Segelintir org sj, tanpa cina dan iran didalamnya. Kmbali AS trtinggal peluang ktika sdh brhasil menyulut bara di timteng dan afrika. DAESH lbh dominan dikendalikan mossad drpd CIA. Eropa ?? Tak akan jauh2 mengerahkan serdadu keluar aplg dg fullpower, knp ?? Crimea dan daesh jadi2an sdh ckp mengkebiri eropa. Washington bingung hrs kmn ktika smua pangkalan militer dan sendi intelijennya mnyatakan siaga satu. Iran mngambil peran dg harga dan kuota minyak. Bermanuver ujicoba nuklir menyita prhatian PBB yg didominasi pro AS. Walhasil bisikan jebakan mossad di whitehouse brhasil menggiring saudi dkk utk terjun gelanggang perang mnggantikan tugas israel yg kelelahan. Yaa hudi mmg pandaikan ?
    Indonesia dmn ??
    Kita tdk kemana tp dimana2…bagaimana akan terendus peran kita jk Cina merebut hmpir semua lini prtempuran yg pd awalnya hrs brbagi peran dg kita ?? Cina ingin mnunjukkan bhw dia mampu sendirian tnpa siapapun sblm kekuatan maksimal AS brgeser kembali ke asia pasifik stlh peran di crimea dan suriah sgt memalukan hasilnya.
    Subic, darwin, cocos, korsel, taiwan, jepang dan singapura mulai diaktifkan AS. Tntu tiongkok akan konyol jk gegabah. Dan bs diduga, korut tll kecil utk tujuan cina, lbh rasional jk brusaha mndekati Indonesia. Wajar jk sekelas panglima TNI bs melongok daleman dapur ops dan tempur cina = Bhasa rayuan cina utk meminang dukungan Indonesia. Rusia benar, pada anda akan dtg berita2 baik dr teheran, uea, cina bhkan israel yg merayu anda utk bkerjasama. Lalu knp LCS kemarin tak nampak spt itu ?? Seolah cina ceroboh memantik anticina dan mnambah dftar musuhnya ?
    Sekali wktu mari kunyah lagi makna bola ping pong kmarin, fikirkan ini…
    1. RI mngajak patroli bersama diantara negara yg brsengketa ats lcs. Walhasil, hampir smua negara fpda lbh menyukai AS menempatkan kekuatannya. Dan akhirnya ketahuan sekutu barat di asean rata2 tak ada ksiapan tempur. Tinggallah Indonesia dan Cina aktif beronda. Mengatur rotasi patroli dan brbagi informasi. Nah tuh, Jd apa yg trlintas dibenak anda ktika costguard cina bs melenggang msk ke teritorial kita ??
    2. KKP menangkap pelaku ilegal fishing hingga tjd aksi tabrak kapal tangkapan oleh costguard cina shingga bb tak bs dibawa apakah sengaja atau kecelakaan ?? Jk sengaja knp 8 abk msh ditawan ??
    Jk kecelakaan apakah mmg kualitas kapal costguard cina buruk mngingat kerusakan tjd pd kapal mrk jg parah ? Jk ini tak dikemas apik, brapa malu dan ruginya cina ?? Lalu bgaimana anda menilai kualitas produk cina ??
    3. Jk mmg sengaja, Ini sbgian dipecaya sbg kekhawatiran cina atas efek domino genderang perang illegalfishing yg ditabuh Indonesia thd industri perikanan dlm negerinya akan bernasib sama dg thailand,malaysia dan vietnam, shingga terukur mengambil tindakan nekad dilakukan. toh ranah yg digunakan adlh ranah alat dan aparat sipil vs sipil shngga kekhawatiran mengusik militer RI bs ditekan seminimal mgk.
    4. Spt trjadi jg dikita, cukong,beking dan kongkalikong antara nelayan dan oknum costguard cina yg melatari insiden…utusan pemerintah tiongkok yg dtg diam2 konon mnyelidiki kasus ini pd aparat yg trlibat dg sgt keras dan gusar. Sbb aksi ini dianggap liar dan sporadis.
    5. Kmn TNI ??
    Sy tetap semangat mngajak anda pd dapur komando TNI secara santai…

    Ijin bersambung dahulu. Tak prlu tegang, baca datar dan langkahi yg tak difahami dan tak brkenan. Smoga msh menyisakan kemungkinan utk berpositif thinking, terutama anda sekalian rekan patga.
    Salam..

  35. Hahahahahaaa bung @Trahlor jahat juga ya,mempermainkan perasaan pemirsa patga……xixixixixixixixiiiii
    Saya suka gaya anda bung @Tlahlor
    Salam untuk bung @Tlahlor semoga anda sehat dan selalu di berkahi…aamiin

    Semoga sambungannya masih panjang dan panjang biar bisa tiap hari ngintip patga…….hahahaayyyyy

  36. Ok guys ngerti kan uraian bung Trahlor. Is like your asking how a Swiss watch works…right now just watch and see ….. Jaya bangsa ku jaya negeri ku

  37. Bakulo Wajaro on

    Hehehehehhe… Mantap dibalik hoax ada leaks tersembunyi.. 70thn Indonesia merdeka sdh cukup byk intrik dan konspirasi yg menerpa bangsa ini.. Sadarkah kita bahwa pembelajaran itulah ygmembuat politik LN dan strategi TNI lebih silent, elegan dan efektif… Pada masa orla kita terlalu mengekspos kekuatan tempur dan bangsa ini.. Hasilnya..?proxy dan konsiprasi yg mampu menjatuhkan sang proklamator, aura beliau yg mampu menggetarkan dunia dan membebaskan dunia dari penjajahan ternyata hrs hilang bersama jatuhnya kepemimpinannya.. Masa orba kita terlalu teduh sbg bangsa dan TNI cukup haya dipersiapkan sbg kekuatan utk menjaga kepemimpinan yg ada dgn berkiblat pada salah satu blok walau ttp nonblok… Hasilnya..? kekuatan TNI ternyata tdk mampu menjadi penyeimbang kawasan krn konspirasi dari para kaki tangan penguasa dunia yg tdk ingin bangsa ini menjadi besar dan menjadikan selurah sda bangsa bancakan yg hrs dibagi2.. Namun di masa ke 3 kehidupan bangsa ini semua itu telah berhasil dileawati dan saat ini bangsa besar ini telah mengerti kemampuan dan kapsitasnya dan bersiap menjadi yg terbaik di berbagai bidang dgn berkaca pada semua yg terjadi pada masa lalunya.. Maka tdk heran kita melihat RI tdk mau bergabung dgn aliansi islam bentukan saudi yg bertujuan memerangi terorisme..? saat ini penolakan ini jg diikuti oleh pakistan. Afganistan dan beberapa negara lainnya, apa motif dan rencana sesungguhnya dari aliansi ini bangsa ini telah mengetahuinya.. Dan mengapa pula Ri tdk tertarik utk bersama2 asean dan asu utk memebentuk aliansi memebendung cina di lcs…? Kita juga sdh memahami tujuan adanya konflik tsb… Maka dgn adanya info yg akan dibabar dari bung Trahlor dari meja tempurnya.. Kita tunggu sambungannya.. Salam NKRI jaya..!! Adios amigos siap adu jotos

  38. Jenggot Bonar on

    Btw Admin patriot garuda. Coba di angkat comens2 bung TRAHLOR jadi sebuah artikel, supaya lebih enak berdikusinya, bisa bertukar pikiran dngan yg lain kalo dah jadi artikel.mohon bagi admid untk dh pertimbangkan.

  39. ya kemana TNI ??
    Atau kita tanya sj begini, kmn Indonesia selama ini ??
    Atau dmn anda ktika kejadian ??
    Saran sj,
    Jgn vandalisme fikiran dibanggakan sbg alat tuduhan pd pemerintah spt mnyebut presiden adlh agen aseng/asing. Menghujat TNI LEMAH kcuali anda pemuja sonora dan sonotan hehe. Sudahilah,
    Jgn mndadak pusing dg congkak brpikir blackflight pesawat sipil apalagi heli kesasar malaysia itu kita hadapi dg S300, costguard akan disundul dg cakra atau nanggala smntara kita mencemo’oh tiada henti kelucuan f18 hornet malaysia menembaki dan merudal 98 pejuang Sulu yg berbekal senapan alakadarnya. Anda tak sdg dlm komedi mski itu mnjd mksud anda. Biasakan tau, Dimana anda mendapat berita ? Mk anda hrs pahami dl bahsa medianya. Tak mnjd soal keyakinan anda jk mnurut anda TNI lemah, apa adanya, pengecut atau bbrapa rekan mnganggap sista kita adlh kelas ecek2. Ada atau tidak, kuat atau tidak mnurut anda, TNI tak penting mngumbar kekuatan dg mmpertontonkan otot yg menakjubkan tepat dihalaman anda. Jk anda msh bs tidur malam dg tenang dan esok hari msh bs mnikmati sinar mntari tanpa bau mesiu, syukurilah…artinya anda msh benar ada di Indonesia saat ini, mski anda org sinis dan sumir pd aparat negeri anda sendiri. Ma’af, sbuah negara tak hanya mngandalkan pameran tonjolan rudal dan brp hulu ledak yg diklaim, tp kmampuan pemimpin, seluruh aparatur negara dlm memanajemeninya jg kesiapan TNI beserta seluruh rakyat mengawal ini negeri. Jgn memintas pola pikir bhw senjata gahar saja sdh sanggup mengawal kebahagiaan anda haha…
    Btw..
    Salam damai utk anda yg sll berkabung dlm pesimis…move on bung, hari sdh panas dan tetangga sdh berlomba utk bangkit. Saran sy, jgn ukur kmampuan kita dikawasan sebelah sj smntara mata telinga kita mampu berjudi roulet dipenjuru dunia, jgn tutup mata anda jk tau anoa sdh menyusuri medan laga jauh dr sarangnya, jgn melongo melihat SS kita akurat mngantar juara, jgn gugup jk berita dunia ttg prestasi anak bangsa mndominasi karya ilmiah, hehe… Sadarkan diri anda bhw Indonesia itu penting bg dunia. Dan negara yg dianggap penting itu punya apa2 yg diperlukan, trmasuk jika memerlukan sebuah senjata pusakanya. Haha…sekali lg buat anda yg sumir pd negeri anda sendiri…anda kurang gairah pstinya.
    Btw…
    Dimana TNI ktika insiden trjadi ?
    Tepat dilokasi yg smstinya, jk jendral kita bilang TNI sdh berputar pulang mk cerna sj bgitu. Sdh bakat alam TNI itu tak suka mnjelaskan atau pandai akting didepan media sampai pensiun nanti, tp jgn ditanya soal strategi dan kemampuan tempur mereka ini, dan Itu lbh baik jk anda brpikir bhw TNI takut …hehe. Mari liat posisi kejadian, cek koordinatnya lalu silahkan ukur dg satrad kita disekitarnya. Seorang ahli militer sgt banyak disini, beliau pst mahir dan hafal apa sj alat2 tempur kita disekitar natuna. Bandingkan kemampuan alat komunikasi kpal nelayan, kkp dan costguard cina, dr sini sy yakin anda mmiliki gambaran situasi. Jgn nanggung utk mngukur jarak pangkalan militer cina trdekat dr lokasi. Ringkas sbnarnya, tp berita hrs menarik jk kedua kubu punya tujuan, hrs sedap jk ingin dinikmati dg lahap. Trpnting hrs berimbang, Indonesia mmbawa kesan dan cina mndapat pesan. Ingat sipil vs sipil…
    Jd jgn dl brtanya dmn frigate apalagi kapal selam. Jk anda keukeuh soal pelanggaran teritori, itu bukan liaoning loh. Just costguard ship yg dihadapi jg oleh kita dg KKP…haha.
    Kecolongan ?
    Ingat peta natuna, jd dg bgitu kita bs tau siapa yg kemalingan.
    Jd TNI ada disaat kejadian ?
    YA, memangnya aparat cina itu blo’on bawa kapal rusak dan mmbiarkan 8 warganya dibawa aparat KKP ?? Knp mrk tak memaksa awak kapal dibebaskan ?? Polisi sj trkadang tangkap tsk dl baru bukti belakangan, tp knp aparat cina tidak melakukan malah bersusah payah menyeret bangkai kapal ?? Apa mrk takut ?? Segan ?? Hehe…..
    Memangnya kapal KKP dilengkapi yakhont ? Atau tiap personelnya mgk dibekali manpads, javeline atau malah sekedar FN dan pistol suar ??
    Lalu apa sbenarnya yg diragui atau tepatnya ditakuti oleh mrk ?? Bnyak rekan2 bilang kpl costguard cina pake kanon, jammer dll, brbeda jauh dg kondisi kapal KKP, lalu knp mrk ngeper ??
    Dialog ?? Ah ditengah samudera msh brpikir dialog ??
    ”PING” adlh dialog trbaik jk mnghadapi para bgundal yg ugal2an…
    (ma’af bung hadna, dan sluruh rekan patga jk tak brkenan. Patga bnyak mnampilkan artikel menarik. Sy hrs singkatkan dl ulasannya. Sengaja sy selipkan di hoax corner ini, sngaja mnggunakan tatakalimat sdikit acak dan bersayap semata demi kesan sj, pesannya silahkan brpulang pd analisa pribadi anda. Trims jg buat admin, SALAM NKRI JAYA).

  40. salam hormat , bung Trahlor

    alhamdulillah..maturnuwun atas materi kuliah di kampus patga. saya berusaha memahami publisitas konten dari materi bung Trahlor. adalah tumben bung Trahlor berkenan memberikan sharing kepada kami begitu panjang, jelas, tepat bahkan mengajak kami untuk berpikir utuh sebagai rakyat Indonesia.

    apakah ini berarti ada pergeseran-pergeseran besar pada kondisi dinamis perang asimetrik dan proxy yang sedang berlangsung saat ini di Indonesia? sehingga bung Trahlor merasa perlu untuk mengingatkan kami agar sedia dan waspada atas gejolak besar di kemudian hari.

    kode kata “bersambung” pada tulisan bung Trahlor adalah anomali yang tidak biasa bagi saya.

    apapun untuk Kejayaan Indonesia….saya siap bung Trahlor.

    Salam Kebangkitan Indonesia !

  41. Ulasan Bung trahlor bikin deg-degan untuk menunggu sambungannya hehehe, ulasannya tidak detail dan selalu tersamar, selalu ada yang tersembunyi. haduh mumet….. lebih mumet lagi kalo nunggu sambunganya lama.. ๐Ÿ˜€

  42. ohya bung @Hadna/Trahlor.. saya mau tanya. Saya pernah membaca sebuah artikel, dimana disitu tertulis bahwa… China meyakini kebijakan pemerintah Indonesia saat ini akan selaras dengan kepentingan Pemerintahannya… Pembangunan-pembangunan Infrastruktur yang sekarang ini digencarkan itu juga sesuai dengan rencana-nya. Apakah benar sedemikian itu?. Mohon pencerahannya…

  43. alutsista sj bung, trkadang kita bhkan tll jauh mnghitung kualitas dan kuantitas alutsista kita sndiri bung, maklum kita mnghadapi lawan2 yg beragam pula…
    Sorot senter msh diberanda pertahanan kita, kita msh sgt diwaspadai.
    Salam bung..

  44. ancaman melemahkan negri ini selalu datang,mereka tau rakyat selalu dibelakang TNI. yang bahaya ketika mossad juga bermain disini dan saya yakin hal itu sedang terjadi.

  45. Duh bung @Tlahlor blom ada lagi, penasaran sama sambungan nya….mudah mudahan bentar lagi sinetron yg di sambung bung Tlahlor…..kembali mengintip patga lagi……hiks hiks hiks

  46. 10 jempol buat bung trahlor….hehehe
    oh y bung klu bleh tanya ap gara2 ini mamarika ampe membngun tambhan pangklan mereka di philipina…hanya untuk mengawasi kita,soalny klu ampe natuna full senjata 3 matra maka singapore am malaysia udh g bsa bebas dri pantauan kita trus apkah kita sdh siapkan antidotny diperbatasan filiphina,klu masalah dri selatan prediksi saya g bklan berani mereka mau nyebrang ke utara…

  47. Selamat pagi pak yayan eh bung trahlor… salam hormat. Maaf keseleo karena tulisan anda ini memang runtut, terarah dan harmoni layaknya tulisan bung yayan. Sudah lama saya tidak menyambangi blog-blog militer namun spt ada magnet utk sekedar melintas seejenak disini, alhamdullilah tidak ada riak-riak besar layaknya warjag dulu.
    Saya hanya beropini saja bahwasanya China dan Amerika Serikat ini sedang melakoni sinetron ala Indonesia, yang terlalu banyak rekayasa dan dibuat-buat. Melihat bagaimana hubungan sebenarnya dari China-Amerika Serikat dg China-Indonesia tentulah berbeda. Meskipun seharusnya hubungan Indonesia-China harusnya sangat kuat saat ini terlebih pemerintahan sekarang menggantungkan ekonominya kpd pinjaman dari China. Dan seharusnya kekuatan militer kita saat ini mestinya akan bertumpuk alutsista dari China. Bukankah itu linier?
    Kembali soal hubungan China-Amerika menurut asumsi saya mereka tidak pernah bermusuhan, bahkan mereka merupakan koalisi melebihi NATO, BRIC maupun Pakta Warsawa. Jadi kalau ada berita gesekan antara China dan Amerika Serikat di LCS, saya pastikan omong kosong. Justru mereka ini sedang melakukan Show of Force kepada negara2 di Asia Timur dan Tenggara, Ini lho kami, “kalian semua harus tunduk pada kami”. ๐Ÿ˜€ numpang ketawa dulu ah.
    Sedangkan hubungan Indonesia-China mungkin secara ekonomi sangat kuat, namun secara militer saya tidak yakin, karena saya sipil tentu berbeda dg cara pandang bung Thrahlor, btul kan? Bahwasanya insiden Natuna memang terjadi dan tak perlu ditutupi, itu biarkan menyadarkan kita bahwasanya kita ini netral namun magnet utama perebutan SDA itu ada disini. Mereka (China-Amerika) bohong jika dikatakan murni kerjasama karena sejarah tak pernah salah. “Jangan sekali-kali melupakan sejarah”, ingat kata2 siapa itu?
    Saya percaya TNI kuat, hebat, apalagi alutsistanya gahar, tapi jangan lupa ditahun 60’an kita kuat tapi malah binasa. Kenapa?
    TNI sudah tegas di LCS, tapi bila pimpinan diatasnya ambigu bagaimana TNI akan berjalan kedepannya? Yang saya pahami, ketegasan pemerintah bila berhadapan dg China selalu memunculkan paradoks. Berbeda bila di Natuna ini dilanggar oleh negara lain pastilah beritanya ditenggelamkan, ditangkap, dll. Kenapa? Maaf, bila saya dianggap nyinyir, tapi inilah kenyataannya yg saya tangkap. Apakah TNI ada masih untuk rakyat Indonesia? Salam NKRI, Patriot…..!

    • Jiah ngga di jawab. Gkgkgk
      Bukannya ada petinggi tni bilang akan melibas yang beking2 an.
      Ya udah lah. Kita sesama wni yang peduli bangsa udah pada tau soalnya udah jadi rahasia umum. Kalo kita ngoreksi di bilang rasis tapi merekanya sendiri ngga mau kumpul ya ngga di bilang rasis.

      Art of war. Jika ada musuh yang ngga bisa kita kalahkan jadikan dia teman kita.

      Gimana mau berjuang kalo negara ini perang. Walau bukan dengan tiongkok. Kecuali perangnya sama negara kecil di lautan pasifik wkwkwk

  48. dari analisa coment bung trahlor . kejadian di natuna adalah mirip sinetronya pejuang sulu di sabah dengan negeri jiran , tentunya ada alasan-alasan tertentu yang sangat strategis

Leave A Reply