Merajut Kembali Panji-Panji Nusantara* Bagian 14

73

=================================

MEMANCING NAGA TURUN GUNUNG

=================================

lekumar31
Ada istilah, kejujuran adalah hal yang terpenting di dunia ini dalam sikap bersahabat atau berhubungan.
Tanpa kejujuran maka apalah artinya menjalinkan sebuah persahabatan atau perhubungan.
Bangsa Indonesia sudah pernah mengalaminya beberapa kali tikaman dari belakang oleh negara sahabat.

Maafkanlah orang yang menyakitimu tapi jangan terus mempercayainya, karena untuk menjadi kuda yang tangguh, keledai tidak boleh jatuh lagi di lubang yang sama.
Atau dalam istilah anak alay ada perkataan yang berbunyi ” tidak ada kata damai”.

Negara Rusia telah ditikam dari belakang oleh sahabatnya Turki.
Dalam operasi penghapusan terhadap gerombolan ISIS di Suriah, Turki sebelumnya berjanji tidak akan mencampuri urusan serangan udara Rusia di wilayah Suriah.
Alasannya banyak kepentingan kedua negara yang bertindih di Suriah, dan juga hubungan erat kerjasama antara kedua negara yang melibatkan bidang ekonomi dan ketentaraan.
Tapi karena tekanan dari USA dan Eropa, maka Turki berpaling muka dengan menembak jatuh sebuah pesawat tempur Rusia di perbatasan Turki – Suriah.

Dan Rusia pun meradang dengan mengirimkan alat-alat perangnya yang canggih untuk berencana menghukum Turki, tapi rencana hanya tinggal rencana, hukuman yang dijangka luar biasa dahsyat seperti pemboman oleh USA dan sekutu terhadap Iraq ternyata hanya gertakan sambal saja.

Rusia tidak akan mengorbankan kepentingan ladang bisnesnya di Turki yang USA sendiri tidak bisa mendapatkannya.
Walaupun Rusia telah mengenakan embargo pemasokan pipa minyak ke Turki, tapi hal tersebut hanyalah sandiwara Rusia untuk menutupi rasa malunya terhadap dunia internasional.

Kejadian kemarin di perairan Natuna juga mencerminkan sedemikian walaupun serupa tapi tak sama.
Strategi China yang diam-diam menghanyutkan dalam klaim sembilan garisan titik putus-putus, yang direalisikan oleh para nelayan mereka dengan seenaknya melenggang kangkung mencuri ikan di zona teritorial Indonesia perairan Natuna, adalah bukti nyata ketidakjujuran China dalam bersahabat dengan Indonesia.
Kapal-kapal perang peronda pantai mereka dengan angkuh dan sombong kerap kali unjuk kekuatan terhadap kapal-kapal peronda kita.

Apa yang patut dijadikan bahan analisa adalah, negara China sangat berkomitmen menjaga dan melindungi para nelayannya.
Hampir di tiap-tiap wilayah laut zona ekonomi eksklusif di wilayah sengketa Laut China Selatan ( LCS ), dimana ada nelayan china maka pasti akan ada kapal perang peronda pantai mereka yang menjaganya.
Ini sebenarnya bukan fenomena yang biasa, ada maksud tersembunyi yang yang luar biasa dan sudah tentu masuk dalam skenario pemerintah China.

Sudah banyak kali kejadian nelayan China kepergok mencuri ikan di perairan Indonesia.
Apa yang menjadi tanda tanya adalah, seakan-akan kita berlembut hati dengan nelayan China atau tidak mau berkonflik langsung dengan kapal perang China, tapi justru garang dengan nelayan negara lain seperti Malaysia,Thailand,Vietnam,Myanmar dan Pilipina.
Bahkan minggu kemarin TNI AL telah menangkap kapal ikan terbesar yang diburu oleh Interpol di 11 negara, kapal ikan asal Nigeria tersebut diledakkan di perairan Pangandaran – Jawa barat.
Juga kemarin TNI AL telah menembaki nelayan asal Taiwan di selat Malaka.

Agenda China yang mengklaim sepihak kawasan Laut China Selatan telah memeranjatkan seluruh dunia.
China beranggapan, bahwa Laut China Selatan merupakan wilayah kedaulatannya.
China berpedoman pada latar belakang sejarah China kuno tentang peta wilayah kedaulatan China.
Menurut China, pulau-pulau dan wilayah laut china selatan ditemukan oleh pendahulu China yakni dinasti Han sejak 2 abad sebelum masehi yang pada abad 12 sebelum masehi oleh dinasti Yuan, pulau-pulau dan wilayah laut di LCS dimasukkan kedalam peta teritori China ,kemudian diperkuat dengan dinasti Ming dan dinasti Qing pada abad ke 13 sebelum masehi.

Pada awal abad ke 19 dan abad ke 20, China mengemukakan bahwa kepulauan Spratly jaraknya kurang lebih 1100 km dari pelabuhan Yu lin ( p. Hainan ), dan sebagian dari kepulauan Nansha dan kepulauan Paracel yang terletak di sebelah utara kepulauan Spratly jaraknya kurang lebih 277,8 km dari pulau Hainan sebagai bagian dari provinsi Hainan.

Pada tahun 1947 China mengeluarkan peta Laut China Selatan dengan 9 garis putus-putus dan membentuk huruf U , serta menyatakan semua wilayah yang ada di dalam garis merah terputus-putus itu adalah wilayah teritori China
Sejak tahun 1976, China telah menduduki beberapa pulau di kepulauan Paracel dan pada tahun 1992 hukum China menegaskan klaim tersebut.

Seperti diketahui, China telah mengklaim seluruh laut China selatan dengan mengeluarkan peta yang didalamnya terdapat kepulauan Spratly, ironisnya pada masa yang sama ada 5 negara yang juga menuntut kepulauan Spratly yaitu Taiwan, Vietnam, Pilipina, Malaysia dan Brunei.
China bukan saja mengklaim kepulauan Spratly tapi juga mencaplok semua wilayah ZEE negara-negara yang bersengketa di Laut China Selatan dan maupun yang tidak bersengketa termasuk wilayah perairan Natuna – Indonesia.
Dunia pun dibuat bingung termasuk Amerika dan PBB sendiri.

Konvensi PBB tentang hukum laut ( UNCLOS ) yang diratifikasi oleh negara anggota PBB tahun 1982 ,memberikan pengaruh terhadap sengketa wilayah LCS.
Bagian terpenting dari UNCLOS ini adalah memberikan hak kepada setiap negara untuk menjadikan lautan dengan radius 200 mil dari daratan sebagai EEZ ( Exclusive economi zone ) atau ZEE.
EEZ atau ZEE merupakan lautan yang diberikan hak untuk dieksploitasi dan digunakan kepentingan perekonomian secara domestik suatu negara.
Wilayah lautan diluar dari wilayah EEZ ini akan dianggap sebagai wilayah perairan internasional.
Maka oleh sebab itu negara seperti Taiwan,Vietnam, Pilipina, Malaysia dan Brunei yang terlibat langsung sengketa dengan China terus menerus berjuang menolak klaim China pada Laut China Selatan.

dedenew245

Kepulauan NATUNA sebagai pintu gerbang Indonesia wilayah utara yang juga wilayah yang berhadapan langsung dengan arena konflik Laut China Selatan ( LCS ) , juga tak luput dari gonjang-ganjing kawasan.
Indonesia tidak termasuk dalam negara pengklaim pada konflik LCS khususnya kepulauan Spratly, namun klaim China di dalam peta mereka yang menunjukkan 9 garis putus-putus ( Nine dash line ) yang berbentuk huruf U, telah memotong garis landas kontinen dan Zona eksklusif Indonesia atau ZEE.
ZEE berarti garis pangkal yang ditarik dari pantai terluar pulau Natuna sepanjang 200 mil ke utara membujur ke Laut China selatan.
Garis pangkal milik Indonesia inilah yang dipotong oleh China menjadi miliknya melalui klaim nine dash line.

Pada tahun 1930, bung Karno pernah memperingatkan tentang konflik Laut China Selatan ini,
” Bahwa Asia-pasifik akan jadi pusatnya dunia, perang lautan teduh adalah babak pembuka kemerdekaan Asia Raya.Kelak Eropa hanya jadi benua tua yang sakit-sakitan sementara Asia Pasifik akan tumbuh bak gadis molek yang menghantui setiap pikiran lelaki”.

Melalui segelintir ungkapan ini, jelaslah Bung Karno sudah meletakkan pandangan geopolitiknya yang amat menjangkau masa depan.
Terbukti sekarang kawasan Asia Pasifik menjadi rebutan antara Amerika dan China yang didalamnya ada Laut China Selatan.
Terkait konflik Laut China Selatan juga telah menyeret Indonesia sebagai salah satu negara yang wilayahnya berbatasan langsung dengan daerah konflik.
Sejak dari tahun 2010, Indonesia belum berhasil mendapatkan klarifikasi melalui PBB mengenai dasar hukum bagi Nine dash line.

Bagi Indonesia, klaim sepihak China yang sudah menerobos perairan Natuna melalui garisan sembilan putus-putus merupakan suatu ancaman kedaulatan yang serius.
Meskipun Indonesia bukan negara yang terlibat langsung konflik LCS, apabila tidak ada solusi baik jangka pendek maupun jangka panjang maka akan berdampak terhadap ketahanan nasional.
Karena hakekat ketahanan nasional adalah keuletan dan ketangguhan bangsa yang mengandung kemampuan untuk menghadapi tantangan, ancaman, hambatan dan gangguan guna menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara daam perjuangan mencapai tujuan nasional.
Apabila China memaksakan ingin menguasai wilayah Laut China Selatan termasuk menyangkut perairan Natuna, maka secara tak langsung menyangkut aspek ketahanan Nasional yang terdiri dari geografi dan sumber kekayaan alam yang terkandung di dalamnya.

Insiden pelanggaran kapal penjaga pantai China terhadap kapal hiu 11 milik KKP Indonesia yang menangkap kapal ikan nelayan China KM Kway Fey 10078 , adalah bukti dari keangkuhan negara plastik ini.
Kapal nelayan China tersebut telah kepergok sewaktu menangkap ikan diperairan Natuna yang hanya berjarak 4,34 km dari pantai Natuna.
Untuk diketahui, zona teritorial adalah wilayah kedaulatan NKRI yang diukur 12 mil dari garis pantai.Ini bermaksud pencerobohan kapal nelayan China tersebut adalah sebuah pelecehan terhadap kedaulatan wilayah Indonesia.
Anehnya Dubes China di Jakarta menampik bahwa kapal nelayan tersebut tidak memasuki perairan Indonesia tapi di wilayah mereka sendiri.

Apa maksud mereka berbuat demikian?
Apakah karena China memiliki senjata nuklir hingga mereka berlagak jadi penguasa di muka bumi ini?
Apakah karena tidak ada lagi negara didunia ini yang bisa menghentikan langkah China hingga mereka berbangga diri jadi bangsa perampok?
Ketika Afrika mereka berhasil menjajahnya…….
Mereka akan menerkam Asia tenggara……
Tidak ada istilah saudara tua…..
Tidak ada istilah adik kandung…….
Yang ada hanya para cecunguk yang ingin menjarah harta benda tanah Indonesia.
Bangkitlah wahai rakyat Indonesia,
Jangan lepas dari mulut buaya masuk pula ke mulut harimau,
Jadikan buaya seperti cicak…….
Jadikan harimau seperti kucing……
Jadikan naga seperti cacing……..

Percayalah bola itu bulat, bisa saja dalam hitungan matematika pemain lawan dengan gah segudang prestasi belum tentu akan menang.
Mereka memiliki 36 filosofi perang kuno,
Kita juga mempunyai 24 filosofi perang kuno,
Mereka memiliki kungfu kita juga mempunyai pencak silat,
Mereka bangsa petarung, kita bangsa pejuang,
Kita pancing sang naga untuk turun gunung, selanjutnya kita gebug dengan gelar wukir jaladiri.
Belajar dari sejarah adalah spirit perjuangan kita,
Raden wijaya pernah mengalaminya situasi sedemikian,
Tapi dengan semangat pendekar Nusantara,
Para cecunguk-cecunguk naga utara tersebut berhasil di pukul mundur lari pontang-panting.
Bangsa Indonesia bukan seperti bangsa Rusia yang tidak terdaya melawan Turki karena kepentingan investasinya.
Jangan merasa kalah dengan China karena mereka mempunyai militer yang kuat.
Jangan pernah minder dengan China karena mereka penguasa ekonomi dunia.
Jangan ciut nyali karena mereka negara yang besar.
Jangan terlalu memberi muka dengan China karena mereka sama jahat dengan Amerika.
Jangan tundukan kepala kita terhadap China karena investasinya di Indonesia.
Mereka bukan Tuan kita, karena kita sudah punya PANCASILA sebagai ideologi bangsa.

citoxnew120

This is INDONESIA……!!!
Ini soal harga diri bangsa……
Ini soal kepentingan rakyat……
Ini soal kedaulatan NKRI……
Ini soal masa depan generasi anak-anak Indonesia…….
Mereka cuma negara pencuri……
Mereka cuma negara penjiplak……
Mereka cuma negara komunis…….
Mereka sudahpun menjajah ekonomi kita…..
Mau apalagi mereka……

Ayo pemuda-pemudi Indonesia…….!!!
Ayo rakyat jelata…….!!!
Ayo seluruh warga negara Indonesia…….!!!
Bangkitkan kembali semangat puputan margarana……!!!
Bangkitkan kembali semangat arek-arek Suroboyo…….!!!
Bangkitkan kembali semangat revolusi 45……!!!
Ambil kembali semangat ganyang Malaya…….!!!
Ambil kembali semangat operasi Trikora…….!!!
Tidak ada lagi penjajahan fisik kali kedua…..!!!
Tidak ada lagi pelecehan kali kedua…..!!!
Ini tanah air kita…..!!!
Ini tanah tumpah darah kita……!!!
Ini negara kita……!!!
Lihatlah dengan segera hamparan hijau nan indah dari Sabang sampai Merauke……!!!
Kepulauan Nusantara ini milik kita dan bukan milik bangsa asing……!!!
Kita berhak mempertahankannya sampai titik darah penghabisan……!!!
Jangan bagi peluang untuk musuh merampas tanah keramat ini walau sejengkalpun……!!!
Bersiap sedialah untuk menerkam naga dari utara……!!!

“Jalmo moro jalmo mati”
“Dhemit moro dhemit mati”
“Dewa moro dewa keplayu”
“Dhemit ora ndulit setan ora doyan”

By Lek Umar Mentaras biro Jabodetabek
Gambar By Google, Patsus Citox dan Patsus Dede Sherman

Share.

73 Komentar

  1. Sungguh terlalu, ini pelecehan 3.4KM sudah terlalu dalam mereka masuk ke wilayah kita…….semoga TNI tidak hanya diam…NKRI harga mati

  2. Inilah artikel yg di tunggu tunggu,salam sehat selalu buat bung naga samudra.
    Trima kasih bung pencerahannya….salam untuk semua yg mencintai NKRI.

    Kami tidak takut membela yg hak walau nyawa Taruhannya !!!!
    Tidak ada yg mustahil di mata Alloh walau sehebat apapun yg mengusik NKRI….!!!!!

    ke congkakakn cina mengusik kedaulatan NKRI semoga ini momentum untuk rapatkan barisan dan saling menggengam tangan tangan kita,bahu membahu tuk bersatu satu tujuan Membela tanah air kita INDONESIA RAYA.

    Salam untuk seluruh anak anak bangsa,salam NKRI.

  3. La trus piye ? Presiden blom angkat bicara , wapres komennya “itu urusan bu susi” , KSAL KSAU nunggu perintah panglima , Pak gatot belum ngasih perintah apa apa , rakyat kecil jadi tambah bingung cuma bisa ikutin perkembangan nya saja

    • persis brawijaya V yang bingung di akir kejayaan wilwatikta, pait, perih, getir dan cilaka nya benar2 terjadi, waktu itu. Kali ini, jangan sampai terulang sodara-sodara…!!

    • mirip cerita akir kegamangan saat menjelang akir raja majapahit terakir, yang digambarkan denga seni tari reog oleh adipati wengker, keturunan wijaya.

    • Tiba2 cina meminta uangnya kembali atas kompensasi politik….bisa kolap BI….klo pres jkw seandainya keras ke Cino….yg ada jkw diam saja..sambil muter2 peresmian ini…atau hilang isu ini ..digantikan isu yg cetar membahana….harga diri NKRI ke Cino sudah di gadaikan sejak pilpres

  4. Seandainya pemimpin kita seperti semangat di tulisan di atas, pasti rakyat akan mencintai dan mendukungnya…

  5. Lebih baik kita miskin tetapi utuh berdiri diwilayah kita sendiri…Daripada kelihatan kaya, maju punya segalanya tapi wilayah kita tergadaikan…termasuk kebijakan investasi rezim sekarang yg menyerahkan semuanya ke investor(tiongkok) yg sangat fatal adl pembebasan lahan diserahkan ke investor tampa campur tangan negara, dan nanti negara yg sangat dirugikan krn klo ada sesuatu yg tdk diinginkan maka negara sdh tdk punya hak utk ikut campur krn lahan tsb sdh milik asing…bahasa alusnya penjajahan secara halus, Dan pemimpin sekarang mungkin ikut didalam scenario tsb…mudah2an semua itu salah.

  6. Saat nya Para elit negeri ini bersatu, tidak gaduh, kedaulatan negara ini jauh lebih penting dari sekedar masuknya investasi china dan negara2 yang berniat jahat terhadap Indonesia.

    Wahai para ksatria Nusantara, ibu pertiwi sudah mengingatkan kita untuk waspada, karena sudah terendus jilatan api naga, kita lawan dan jangan terpedaya.

    Salam satu Indonesia

  7. Mantap pencerahan n gelora patriotic nya, saya siap untuk bela negara kalau Memang cina igin masuk negara kita. NKRI harga mati

  8. Bakulo Wajaro on

    Garuda bersiap ganyang sang Naga..!!! TNI bermain cantik jgn termakan umpan.. Namun pukulan tetap siap dilancarkan..untuk mencabik sang Naga..

  9. plonga plongo on

    Mantabbbb bung Umar terus gelorakan jiwa patriotisme kepada kami kami yang muda ini untuk segera bangkit dari keterlenaan.

  10. Bakulo Wajaro on

    Hehehhehehehe…Garuda bersiap ganyang sang Naga..!!! TNI bermain cantik dgn tdk termakan umpan.. Cukup kkp yg maju dahulu.. Walau kemungkinan besar personelnya oplosan dari dedemit laut ..xixiixixixii… Mencermati detik demi detik sembari menyiapkan pukulan berat.. Jika diplomasi tak mampu bicara..tetap siap cakarmu untuk mencabik sang Naga.. NKRI Jaya..!!! Adios amigos siap adu jotos

    • Pak Luhut, ayo dong poros maritim kita, beri kami ketenangan, berilah sedikit penjelasan kepada rakyat indonesia, apa tindakan pemerintah selain tindakan yg diambil mentrinya, kami ingin mendengar bapak Presiden kami berucap, ini mnyangkut harga diri bangsa, jelas2 nine dash motong zona prairan natuna……………….

      • Sungguh hal yg heroik dan patriotik bila mentri berkunjung ke natuna saat ini,ato wapres atau president skalian. Pasti bukan hanya memberikan pesan tentang kejelasan tapi ini penegasan tentang Natuna .

    • Negeri cina sudah sejak abad ke 8 ditaklukkan & dikuadai oleh kerajaan Medang/Mataram kuno dan kemudian juga di taklukkan oleh Kerajaan Kahuripan dan Kerajaan Majapahit/Wilwatikta. Bercermin dari sejarah masa lalu bangsa kita, maka pantaslah hal itu kita jadikan bahan bakar/spirit pengobar jiwa patriotik dan nasionalisme generasi bangsa kita sekarang ini dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara. Ingatlah!!!, Bangsa yang Agung & Mulia melahirkan Bangsa yang Agung & Mulia pula, sebagaimana Rajawali melahirkan Rajawali dan Harimau melahirkan Harimau. Salam Patriot Sejati

  11. rafael hutabarat on

    Barisan agen keparat sipit itu menggunakan ham, caci maki, iri benci, sakit hati, sirik tanda tak mampu.
    Ini tanah air kita sendiri indonesia, jangan sampai kita selaku tuan rumah yang sangat pemurah menerima tamu asing berteduh dirumah sendiri karena melihat tamu asing itu pandai perihal kepemimpinan ia dijadikan pemimpin rumah tersebut dan kita selaku pemilik asi rumah itu akhirnya menjadi penumpang dirumah sendiri karena kebaikan tamu asing tadi, ironis ketika elang dipaksa menjadi anak ayam disarang sendiri.

  12. Like this artikel…
    Cina sudah terang2 an merampok sejengkal tanah air kita di natuna.
    Sebagai rakyat jelata saya sendiri merasa marah dan emosi oleh sikap negara ini. Bersiap siap jika sewaktu waktu meletus insiden dengan cina mulai sekarang harus ada perencanaan untuk siap mobilisasi umum. Seluruh pemuda dan pemudi yang bertumpah darah indonesia harus waspada.
    “Beri aku satu pemuda akan kucabut semeru dari akarnya.
    Beri aku sepuluh pemuda akan aku guncang dunia”
    Ir.soekarno

    • dan kita sbg keturunan ranggalawe,gajah mada,raden wijaya,mpu nala,cut nyakdien,pattimura,sultan hasanudin,tak akan mundur sejengkalpun.tegakkan kepala sbg bangsa yg besar,kita terlahir sebagai pemimpin dan pejuang,bukan penjilat dan pecundang.sadumuk bathuk sanyari bumi.

  13. wirosableng007 on

    Waspadai juga sikap wni keturunan cina di indonesia, nampak sekali sifat aslinya mereka, dukung si ahok membabi buta segala cara tanpa etika, lanud halim pun dijadikan ladng bisnis…. sama saja lah cina daratan sana dgn wini keturunan cina…. waspada aja

  14. Gunakan akal, dan bukan emosi. Terapkan strategi_taktik dan bukan hanya membabi buta. Ayo NKRI KITA BISA untuk berpikir cerdas dan melihat utuh bagi Kemajuan Bangsa.

  15. Jadikan kekurang ajaran cina di cina ini sebagai momentum kebangkitan pribumi untuk menjadi tuan di negeri sendiri..

    Saya masih amat sangat setuju dengan konstitusi malaysia yang tetap membatasi dinamika kehidupan warga etnis selain melayu disana demi kepentingan pribumi malaysia..

  16. tukang bohong on

    Your Commentchina telah menurunkan sebagian besar armada selatannya keLCS..
    kapal induk, 9 destroyer, 17 frigate, 5 korvet, 8-10 kasel.. dll.(baru armada selatan)

    indonesia saat sementara ini hanya menurunkan 5kri, patroli, 2 skuadron f16&hawk??

    semangat saja tidak cukup.. walaupun semangat adalah “akar” dari perjuangan..
    piiiisssssss… :)

  17. Klu Tidak ada itikad baik dr China Dan berkembang menjadi konflik militer..saya siap utk mobilisasi umum..tali duk tali layangan nyowo situk ilang-ilangan..

  18. Pemerintah harus mempersiapkan diri kedepan apabila cina mencaplok natuna. Musuh sudah didepan pintu gerbang indonesia , siap siap perang. Bangkitlah indonesia. Kalau terjadi perang bagaimana nasib etnis cina di indonesia?

    • theyownitall on

      hanya publik Indonesia sendiri yang berhak memutuskan, titik. Bukan oleh wakil atau alat negara yang lain, titik.

  19. org cina jrg yg lagak preman/melawan, sepertinya mereka boneka, ada yg pengin tahu sampai dmn kekuatan world class navy tni al

  20. Silahkan mulai di mainkan rumusnya…., pion dan bidak di adu, yang laennya udah jagain di gawang…nunggu Skak Mat….. kayaknya Utut Adiyanto sama Garry Kasparov diajak buat siapin ramuannya…

    Dua Palagan sekaligus …to be a winner…, eh ko ngaco…, maaf ngelantur…

  21. Otok otok Coast Guard on

    Kapal Coast Guard Cina, sesuai namanya harusnya keberadaannya hanya di sekitar pantai… tapi kenapa bisa nyampai ribuan km ke Indonesia ya, jangan2 Fregat yg lagi nyamar. Kapal nelayannya juga kok takut bener dibawa ke Indonesia…ada apa di dalam kapal nelayan itu ya…?, Hebat Bu Susi, walaupun hanya pakai kapal kecil HIU, melawan Coast Guard Cina yang panjangnya100m lebih…… tooop dah. Mudah2an Bu Susi mau jadi PRESIDEN,….

  22. Mudah2an tidak lama lagi menjadi ajang pembersihan/pembantaian petinggi2/pejabat2 negeri : yg menjadi jongos asing,yg menjadi koruptor ,yg menyengsarakan rakyat,yg tidak adil ,yg menggadaikan negeri , yg pembuat pecah – belah negeri …hingga hanya tersisa di negeri ini orang2 : yg berbuat dan membela yg Haq,yg mencintai Rakyat dan tanah air nya , yg menuntun Rakyatnya menuju keselamatan dunia dan Akhirat…..,dan pimpinan yg haq tidak takut untuk berperang bersama2 Rakyat melawan musuh bangsa…. ,karena jaminannya adalah tempat yang layak di Akhirat…..

  23. “Tunjukkan kita negara berdaulat. Jng lemah trhadap cina.dimna tni kita……?????? Hrus kita tegaskan tentang kedaulatan NKRI. Jng tunjukkan kelemahaan kita…..wlpun ada mafia cina di negara kita.kita hrus tegas demi kedaulatan nagara kita.

  24. jgnkan cina mamarika juga klo sendirian nyerang kita setelah tahun 2000an mah mikir2 kali, bangsa petarung ini dah hampir setengah abad tdk berperang, klo penghuninya haus darah itu wajar, mgkin kita blm tentu menang, yg pasti tdk mudah utk ditaklukan

  25. memang ta mudah menjadi negara yang-mandiri-dalam segala aspek -kehidupan-karena manusia itu sendiri terlahirkan untuk saling sosialisasi satu dengan lain-nya..xixixiiiiiiii-
    …jadi para diri janganlah terlalu bersikap naif atau apatis..dan juga janganlah terlalu berharap yang berlebihan…karena pemerintah dalam bersikap-gaya dan cara dalam menhadapi setiap permasalahan tentu memiliki cara pandang yang berbeda dengan khalayak umum..dan itu dikarenakan banyaknya -pertimbangan dalam aspek resiko dan dampaknya nanti…meski sebenarnya pada akhirnya semuanya pada satu tujuan bersama …
    …menghadapi cina tentunya ta bisa mengunakan pola yang sama…seperti dengan amerika cs ataupun negara”lainnya..hal ini dikarenakan cina dalam mencapai tujuan-nya -tidak hanya menghalal-haramkan segala cara tetapi juga rela -mengorbankan-dirinya sendiri.
    …bangsa ini -beruntung-karena para leluhur telah mengajari diri untuk tau bersikap dalam menghadapi-prilaku cina-meski saat ini bila dilihat dari segala aspek kemampuan…indonesia masih ditingkat 10-level-dibawah cina….hahahhaaaaaa(yakin diri saja)
    …sebenarnya banyak negara”didunia yang -cemas-bila negara indonesia dipimpin oleh orang sipil….? ?? ?? ?
    hal ini disebabkan karena tingkat emosi dan ego-biasanya lebih tinggi..hal ini disebabkan rasa berani -alami-yang terkadang sulit terkontrol diri…yang merupakan ciri khas rakyat indonesia…hehehheeee
    ..makanya banyak pihak dari kalangan militer” asing yang menilai bahwa untuk menyatukan visi/misi pemerintahan ..presiden telah menempatkan para pemimpin” militernya dari kalangan-garis keras-yang terkesan ringan tangan(angkat senjata)dalam menghadapi konflik lintas lokal/interlokal…dan ini terbukti dengan seringnya negara”tetangga mengeluh/protes akan -perilaku kasar-para penjaga indonesia ditapal batas laut/darat/udara terhadap pihak sipil/aparat asing……heheheheeee
    …dan jika sekarang cina memcoba-bermain api-dengan indonesia..apa bangsa ini akan -diam-begitu saja…? ? ?
    ….dan apa bangsa ini akan -berdiam diri-juga bila cina mencoba-membakar-rumah indonesia-nya …? ? ? ?
    ..dan apakah cina itu tau dengan bermain api untuk mencoba membakar rumah indonesia itu…adalah sama saja dengan bunuh diri… !! ! ! !!
    …maaf,terlalu banyak kosakata-nya…heheheee

  26. Sekalian perang kenapa. Lha wong sea ridernya kemarin udah keluar gitu kok. Berarti udah di ping dari bawah. Ledakin kenapa

  27. yth pak presiden kita tuh gmn sih ya..? kok malah ngebanyakin proyek yg dibiayai oleh china..?? kalau kebanyakan dana datang dari satu pihak itu adalah bahaya karena bisa dijadikan alat penjerat dikemudian hari.. apa beliau tidak paham sampai kesitu..? atau justru karena sudah sangat paham akan hal itu..?? yg jelas, ketika beliau menyerukan pemboikotan semua produk israel saja sebagai upaya dukungan terhadap kemerdekaan palestina, bahkan sampai sekarang aplikasi waze yg katanya buatan israel masih banyak terinstall di handphone handphone orang Indonesia.. setidaknya itu menggambarkan bagaimana pemimpin kita dalam berperilaku.. Wallohualam bishawab..

  28. sekarang bukan zaman raden wijaya…
    sekarang ini zaman pencet tombol wilayah sasaran hancur lebur…
    Kalau jaman kemerdekaan dulu pasukan dan alat perangnya harus ditempatkan di wilayah sasaran, sampai berbulan2 lamanya….. sekarang tinggal lihat koordinat pencet tombol “Booooooom”… meleduk….
    saat sekarang Indonesia harus bermain cantik dalam “proxy war” nya…
    Mungkin 3-4 tahun lagi Indonesia tunjukkan dahsyatnya kepak sayap garuda..

Leave A Reply