DELTA DOWN ( Hoax Corner Part 18 )

146

LONG JOURNEY
Chasing The Boat

dedenew283

3 Hari Kemudian
Titik Koordinat Utara Pulau Flores
Di kejauhan nampak ada 3 kapal besar sedang membuang sauh senja itu. Di tiang utama terlihat 2 buah bendera 2 negara berkibar dengan gagahnya. 2 Kapal ternyata sedang mengisi suplai ke 4 buah kapal selam, dimana 2 diantaranya type 206A dan type 209, serta sebuah SSK Kilo dan sebuah Akula. Tampak latar belakang mereka di kejauhan kapal perang Rusia jenis Frigate tampak berjaga bersama dengan beberapa Parchim dan sebuah kapal selam besar type SSBN.
Mereka sedang melakukan re-suplai baik bbm maupun bahan makanan serta air bersih. Di samping kapal Frigate ASW sebuah Light Frigate mendekat dan mengirim sinyal bahwa ada seorang perwira tinggi senior AL akan menaiki kapal tersebut untuk melakukan briefing.
Tak lama kemudian, sebuah sekoci dari Light Frigate menghampiri Frigate Rusia, dan tampak seorang perwira senior bintang 3 yang dikawal beberapa Pamen diatas sekoci tersebut.

Ruang CIC Frigate
Bintang 3: “Selamat malam commander, saya adalah perwira penghubung anda dalam pelaksanaan operasi ini sekaligus komandan pelaksana operasi search and destroy”
Cmndr: “welcome aboard sir, senang sekali anda dapat berkunjung ke kapal kami. Baik admiral, apa yang kami bisa laksanakan dan bantu dalam operasi ini? Dan saya turut berduka atas kehilangan 1 submarine anda 3 hari yang lalu.”
Bintang 3: “Terima kasih atas rasa duka cita anda commander. Baik, saya akan langsung membuka bahwa 2 kapal selam tersebut sudah mencapai titik ini dan itu menurut perhitungan kami” Seraya menunjukkan satu titik di atas peta.
Cmndr: “hhhmmm oke admiral, artinya mereka mencoba masuk melewati selat sempit ini dan kemudian mencoba menerobos perairan Banda dan langsung menuju Pasifik. Tanpa harus melewati Biak ya admiral”
Bintang 3: “Benar commander, maka saya memutuskan untuk menyekat mereka supaya mereka terjebak dan memasuki perangkap kita di daerah sekitar Halmahera sebelum mereka meloloskan diri menuju pasifik utara dan mereka bisa langsung menuju Guam. Bagaimana menurut commander?”
Cmndr: “Bagi kami sudah bagus rencananya admiral, kami akan bantu sepenuhnya apa yang menjadi rencana admiral. Saya akan kirim radiogram ke armada saya saat ini juga untuk memulai rencana pengejaran ini admiral”.
Bintang 3: “baik commander, saya akan melaporkan hasil pertemuan ini ke pimpinan saya. Dan kalau boleh saya bertanya commander, apa saja yang terlibat dalam armada commander saat ini?”
Cmndr: “armada saya terdiri dari 2 SSK Kilo, 2 SSN Akula, 2 Delta IV Class, 2 Frigate Anti Kapal Selam serta 1 Destroyer, Admiral. Dan ada tambahan 1 SSBN Typhoon dan 3 kapal suplai logistik yang sedang menuju ke wilayah Barat Maluku. Typhoon yang anda lihat di luar tadi akan menjaga wilayah perairan Selatan NTT sampai NTB ditemani oleh 1 SSK Kilo dan 1 SSN Akula, Admiral”
Bintang 3: “Baik commander, saya akan menempatkan beberapa anggota saya ke dalam armada anda. Terutama di setiap kapal selam anda. Bagaimana commander?”
Cmndr: “Seperti yang sudah pimpinan kita setujui admiral, dengan senang hati kami menerima penempatan anggota anda ke dalam armada kami”.
Bintang 3: “baik kalau begitu commander. Kami akan segera menempatkan anggota kami sesegera mungkin. It’s nice to see you again my fellow kamerad”.
Cmndr: “it’s my pleasure to have you on my ship my friend, say hello to your family at home my friend”.

delta_iv_class_l1

Laut Banda Selatan Maluku, Kedalaman 200, Aboard SSN Akula
Sonar: “Noise jarak 1800 baringan 210 kecepatan 15 knots kedalaman 300.. Masih samar komandan, tapi sejak 20 menit yang lalu kecepatannya konstan dan menyusuri celah laut mengikuti kawanan hiu di jarak 500 komandan. Belum bisa memastikan noise apa ini komandan”.
Komandan: ” tracking terus noise ini, ada kawan di daerah sini?”
Radio: “1 jam yang lalu Kilo dan 209 mengirimkan radiogram bahwa mereka ada di sekitar sini komandan. Ini radiogramnya yang berisi posisi mereka 1 jam yang lalu. Dan ini radiogram dari Delta serta Typhoon dan 206 kira2 2 jam yang lalu”.
Sambil menyerahkan radiogram ke komandan.
Komandan: “Baik, oke radio. Driver set kedalaman 270 kecepatan 10 knots baringan 190 kita coba intersep noise ini”.

10 menit kemudian
Sonar: “Contact, noise kedalaman 350, baringan 245, kecepatan 15 knot, jarak 1300. Hold…. Counting blade…. 5 blade mesin, suara reaktor jelas di belakang… LA Class head of us komandan… Contact name tango 1…!!”
Komandan: “Sonar, coba scan daerah sekitar sini, jangan jangan ini jebakan mereka untuk menghabisi penguntit mereka seperti yang mereka lakukan minggu lalu. Waspada belakang dan samping kita.
Driver set kecepatan 5 knots dan semua aktifitas hentikan dahulu..!! Dengar dengan seksama sonar..!!”
Sonar: “sebentar komandan….. New contact, kedalaman 290, baringan 070, kecepatan 7 knots… Contact name as Tango-2…!”
Komandan: “torpedo room, isi tabung torpedo nomer 2, 4 dan 6..!! Battle station…!!!”
Seketika alarm berbunyi di seluruh ruangan kapal selam. dan lampu2 pun berubah jadi merah.
Sonar: “tunggu komandan…. Contact, kedalaman 175, kecepatan 6 knots, baringan 295…. It’s our Delta komandan…. Tango-2 open torpedo doors….. Torpedo in the water….torpedo in the water….!!! Mereka mengejar Delta komandan….arahan?!!”
Komandan: “jarak berapa dengan Delta sonar?”
Sonar: “jarak 600 komandan…. Torpedo dalam mode pencarian aktif… kecepatan 40 knots….jarak 400…..300….200… 2 torpedo dalam pencarian aktif komandan….!! Counter measure deploy dari Delta…. 1 torpedo meleset dan meledak terkena counter measure komandan….. Jarak 50….40..!!”

citoxnew77

Semenit kemudian terdengar ledakan dan bunyi logam yang jatuh ke dasar samudera..
Sonar: “Delta is gone komandan, terkena ledakan langsung di lambung dan pecah…”
Komandan: “damn..!! kita kehilangan lagi satu…” sambil menggebrak meja briefing….brakkk!!
Komandan: “Ikuti mereka jangan mengambil tindakan dulu… Sepertinya mereka telah hapal daerah sini…”
Sonar: “Baik komandan, standby untuk mengikuti”

Bersambung maning

By Patsus Hadna Biro Jabodetabek
Gambar by Google Patsus Citox dan Patsus Dede Sherman

Share.

146 Komentar

  1. cak kkiwon on

    jadi yg kena delta punya kita apa punya rusia yg bung@ hadna, makin penasaran skor akhir berapa ya?

  2. Alhamdulillah dibela-balain begadang tayang jg. Trimakasih bung Hadnaa dan bung Naga Samudra. Salam Pancasila Sakti untuk para Patku dan Patsus. Izin untuk baca lagi..

  3. Bung Hadna itu Delta kasel kita apa Rusia bung? Apakah ada armada ASU yg lain selain 2 kasel ASU ?

    • Satu lagi bung apakah manuver menghindar sangat sulit sekali dilakukan sehingga selalu terkena torpedo lawan? Mengapa pihak Asu selalu sukses menembakkan torpedo mereka apakah tidak ada sistem jamming torpedo bung? Terima salam hangat bung

      • Bung BUlba, manuver KS agak sulit dalam menghindar torpedo yang berkecepatan tinggi…rata2 kecepatan torpedo sekarang diatas 30 knots underwater… Biasanya menggunakan counter measures dengan noise yang sama dengan bunyi KS tapi kalau ada 2 atau lebih torpedo ya sulit bung

  4. csrloropikir on

    Turut berduka atas gugurnya Para Patriot …walau delta bukan punya kita tapi ini sebuah pukulan yang harus segera dibalas …salut untuk uncle bear yang sudah bersedia membantu walau tau resiko yg harus ditanggung…

  5. Ketika Saat Nya Tiba on

    Apa ks kita kalah canggih atau kalah strategic bung..sampai 2 yg gugur..gmana Cara nya membalas kekalahan tsb..? Semoga sambungan berikutnya bs bikin pembalasan yg setimpal..salam patriot..

  6. Farid Kaza on

    dahsyatnya pertempuran bawah laut,
    apa samiri tau kalau di pihak kita dibantu om putin Pak Hadna? berarti rusia punya pangkalan KASEL deket sekitar Natuna ya Bung? soalnya, mereka begitu sigap dan cepet banget sampainya kesini setelah ada sinyal dari beberapa KASEL asing yg hendak masuk Teritory laut RI.

    • Bung Farid Kaza, awal operasi ini US tidak tahu Rusia membantu kita…. Mereka sadar sekitar tahun 2010an dimana alutsista kita berdatangan banyak yang dari Rusia

    • pangkalan bersama kita dan paman beruang dan beberapa negara yang memang sangat dekat dengan negara kita terutama hubungan militernya disekitar lcs, koko panda tahu dalam hal ini,

  7. salam kenal dr sya tuk smua para sesepuh jg para rekan patga.welcome hoax 18.sya bingung mo komen apa…tetep Jaya NKRI..

  8. Geram campur amarah atas perbuatan mereka
    Smoga sambunganya besok kasel mereka juga amblas di dasar samudra

  9. Pejoeang NKRI on

    Akhirnya rilis jg. . Turut brduka atas hilangnya Delta Class bserta awak kapal nya. . Ibarat pepatah jawa, LAKON MENANG KERI, . Semoga happy Ending ceritanya. .
    Thanks Bung Hadna sudah meluangkan waktu nya utk melanjutkan kisah hoax corner.. Salam hangat n smga diberi kelancaran stiap urusan anda. .

  10. khien pordjo on

    Mantap bung Hadna.
    Semoga arwah semua pahlawan kita (maupun yg membantu kita) tenang di siai Nya.

    Nunggu lanjutannya. sampe 5-2 ahh..

  11. Terimakasih bung Hadna atas sambungan nya…dn bersanmbung maning….hehehe
    Pertiniyiin nya :
    1. Tanggo itu yg kabur dn kill 206 sblum nya?
    2. Bagaimana tanggo bisa belajar celah bawah laut sekitar halmahera?
    3. Ini tanggo masuk fleet VII Amerika bukan y? Base nya di Guam?
    Djancuk juga ni tanggo…kudu sikat abis…hehehe

    • Bung Arumanis, saya coba jawab ya…

      1. Tango itu yang kill 206 sebelumnya…

      2. Mereka sudah memetakan ketika Indonesia dikenakan sangsi embarga dari tahun 1991 bung

      3. Ya, masuk Armada ke VII bung…

  12. Salam Patriot. Salam untuk rekan2 semua terkhusus kepada bung Hadna, luar biasa tulisanya, hoax or fiktif yang terkesan non fiktif. Atau memang seharusnya begitu bung Hadna sebaai realita yang memang kita tanggung? duka medalam bagi mereka yang telah gugur. Atau mungkin sudah waktunya untuk dibahas dan dijadikan konsumsi publik.
    saya tunggu artikel2 selanjutnya bung, dimulai dari apakah kapal2 selam tersangka berhasil di hancurkan sampai dengan pembalasan kita di tahun2 selanjutnya?
    terimakasih bung Hadna dan rekan2 semua. NKRI sampai mati.

  13. Waduh kena lg neh kaselnya, gak tau milik Rusia atau Indonesia….Tapi, saya jengkel….kenapa kaselnya terkesan telat mengisi tabung torpedo yg kosong? terkesan dadakan….why…why…why???

    • Bung Siliwangi, tabung torpedo dalam keadaan damai tidak boleh di isi dan harus kosong utk menghindari kesalahan prosedur… Biasanya mulai isi torpedo ketika Sonar dan Komandan kapal meyakini adanya musuh di luar sana dan sepakat untuk menghabisi lawannya… Makanya setiap cerita saya, tabung tsb di isi ketika sonar sudah mengenali lawannya…

      • Delta yg nuklir…..adakah residu efek hencuran bung?

        Dan bg mereka para patriot semoga diterima Yang esa

  14. jd tringat tulisan bung yayan tntang hiu kita dpt mengoprasikan SSN, jgn² lgsung blajar di ops. “black december” ini yg buat hiu kita familiar dgn kilo & SSN y bung hadna??

  15. dunia kedua on

    Salam kenal warga PATGA semua.
    saya mau tanya,tapi diluar topik,apa sebenarnya yang terjadi dibali sama ditangkapnya seorang Polisi kita yang ditahan malay ada hubungannya satu sama lain.yang saya heran hampir bersamaan,dan yang diBali ampai seberani itu.
    mohon dibantu dong?sebelumnya terima kasih.
    Salam PATGA

  16. Argaksa widarma on

    Bung hadna apa kejadian ini merupakan momentum yg melahirkan mef,mengingat alutsista kita belum terlalu kuat dn bagaimana kekuatan kasel kita apa hanya 206 dn 209 saja?

  17. torpedo la class ini sulit dijammer oleh la class?dan bila 2 la class ini mentorpedo kasel di wilayah nkri, knp tdk dilakukan nota protes diplomatik?

    • Bung Syamsul, kita tidak pernah mengajukan nota protes diplomatik soal ini…. Ini soal harga diri bangsa dan harga ratusan ribu rakyat Indonesia…. Mereka kejam, tanpa harus mengajukan nota diplomatik, kita berniat menghabisi siapa pun pelakunya

      • bener sekali bung Hadna, dengan nota protes seolah kita ngemis2….mungkin dengan menghabisi mereka langsung itu lebih baik…dan seimbang dengan kelakuan mereka…

      • Habisi harus sampai pimpinan nya nyang kasih perintah donk….klo ngga sampai habis jangan berhenti di susun black ops

    • Bakulo Wajaro on

      Hehehehe.. Bung Syamsul perang bawah laut sdh pasti perang dibawah meja diplomasi… Tidak akan ada nota protes diplomatik… Yg diatas permukaan pun sama berlaku sbg rahasia militer spt natuna, tdk akan di ekspos ke media jika memang TNI tdk ada strategi tertentu utk kembali di mainkan sbg sipil vs sipil..walau tampak tenang dilapangan bisa lbh dahsyat kejadiannya..heheheehehehe..
      Ingat penangkapan kapal cino buruan interpol kemarin..? Jelas di liputan tv 1 abk cino hrs digotong dgn luka tembak di kaki..apa mereka lsg begitu saja menyerah pada saat ditangkap..? Apalagi jika ada CG membantu mereka bukankah lbh frontal..?hehehehe
      Sehat selalu bung Syamsul, bung Hadna..
      Thanks atas informasinya.
      Adios amigos rasah adu jotos

      • nico robin on

        iya jg y bung
        sampe ada yg ketembak katanya
        kl skrg kapalny smpe kebawa brti CG nya dah dilibas ma tni

        • Bakulo Wajaro on

          Hehehehehe… Itulah [email protected] kawanan rampok bersenjata selama ini selalu jumawa tanpa ada yg menghalangi apakah akan begitu saja melepas abk yg selama ini memberikan keuntungan buat mereka..?hehehehe… Jika searider dan kopaska sampe naik ke permukaan berarti sdh ada yg clash dan mengkhawtirkan diatas kapal kkp saat itu.. Pertanyaannya seberapa berat kerusakan kapal yg terjadi pada kapal kkp mengingat mereka jg memiliki kanon bukan sekedar ak47..? dan apakah 2 CG itu masih plg utuh atau ada yg jd monumen dibawah laut..?mengingat kadar penyelesaian insiden ini sampai ke tingkat politis yg cukup tinggi dgn dtgnya parlemen cino ke jkt..?hehehehehe…
          Adios amigos rasah adu jotos

      • Bung CB, disinyalir begitu bung…krn kita sempat di embargo lama oleh US dan kemampuan alutsista kita banyak tua dan spare part nya habis masa pakainya… Di kurun waktu itulah US memetakan peta dasar laut kita meski tidak semuanya…

        • bung hadna, apkh ini yg membuat kita membeli 2 kri dishydro dr france &akn diprbyk untk mempeta ulang prairan kita?? lama jg y Sam bru sadar kita dibantu red bear, lalu apa reaksi’a Sam bung hadna??..

          • Bung Botol, memang kejadian ini yang membuat kita sadar bahwa pemetaan dasar laut sangat lah strategis, maka kita membeli 2 unit kapal khusus dishydros utk pemetaan bawah laut…

        • Menurut pemikiran saya apakah kapal hydro baru kita cuma hanya sekedar pemetaan dasar laut saja bung Hadna? Apakah dibalik itu bukan ada usaha untuk mendeteksi benda2 asing yang berpotensi menyebabkan terjadinya tsunami lainnya?

  18. Hormat & tundukan kepala utk Delta & 206..

    Perburuan yg tk mudah, LA class mmng jenis Premium kasel. Dilihat dr ktngkasan LA, seolah para Sierra spti brmain d kmpung halaman sendiri..

    Pengalaman brhrga bgi para awak hiu kencana terlibat langsung dlm duel maut kapal selam bertknologi Nuklir

    Berharap saat ini, Para Hiu Kencana tlh mngoperasikan satu ato dua cakra berteknologi nuklir

    Wira Ananta Rudhira

    • kalisari boy on

      LA class emng tipe hunter-killer….lawannya seharusnya akula, bukan delta…delta itu deh rada2 tua…skrg amrik puny yg lbh baru pngganti LA class,…yaitu seafox class ama virginia class…

  19. ßemoga amal dan ibadah serta pengorbanan awak hiu kencana dan pasukan om bear tidak sia2.dalam membela kejayaan ibu pertiwi.terasa sedih bung atas kehilangan nyawa mereka..q kepingin mmbalas ulah mereka dan mnghancurkan AsU the gank klauw da ksempatan srta waktu.

  20. Bung @hadna pintar ya membakar semangat para patriot ….. Salute sekaligus sedih. Dan berharap akhir yang membanggakan untuk NKRI.

    Mau tanya bung, bagaimana ya pernyataan ke pihak keluarga yg kehilangan dalam ‘Black December’ ini? Apakah keluarga tahu yg sebenarnya?

    • Bung Azda, ketika kejadian tenggelamnya 206, keluarga personil diberitahukan. Tidak ada keluarga yang tahu soal Operasi Black December bung

      • Sip thanks bung hadna…berarti pihak keluarga hanya mengetahui bahwa keluarga mereka gugur karena kerusakan kapal atau sebab sebenarnya?

  21. Sugie freedom on

    Delta 1V russia gugur.ini adalah bukti sahabat sjti membantu indonesia,sangat dsyangkn delta 1V down hrg submarine nuklir delta sangat fantastis….
    Terimksih patriot sejati frpm russia
    RIP DELTA 1V

  22. RIP DELTA IV.

    Udah gak sabar nih…pengen baca ASU tenggelam.
    tayangnya jangan sedikit – sedikit dong…

  23. turut berduka cita negeri ini kehilangan patrio patriot terbaik…0-2..skor akhir yang masih jadi pertanyaan ?-2…

  24. sedih melihat patriot kita berguguran….ayo bung Hadna lanjutannya….
    salut untuk para patriot yang telah mendarmabaktikan jiwa dan raganya untuk kejayaan negeri tercinta….
    untuk para patriot….Al Fatehah…..

  25. Merah Putih on

    salam semuanya..dan terima kasih bung@Hadna atas artikelnya
    benar sekali apa yg di katakan bung@Hadna,kalau memang sebagian wilayah bawah laut kita sdh di petakan oleh mereka….dan wilayah yg paling berpotensi itu adalah bagian timur Indonesia…karna termasuk rawan disusupi musuh mengingat arsenal bawah laut kita yg terbatas.
    pertanyaan saya bung@Hadna….kenapa KS mereka mencoba kabur ke daerah pasifik utara,knp bukan ke base mereka saja di selatan??
    maaf bung@Hadna kalau pertanyaannya oot…..mohon pencerahannya,terima kasih dan sukses terus untuk para Patsus semuanya

    • Bung MP, mereka berencana kembali ke pangkalan mereka di Guam melalui salah satu alki kita… Makanya mereka masuk selat lombok dan mengarah ke utara maluku untuk langsung menuju Guam bung

  26. oh y bung hadna mau tanya nie,
    1.ap taktik LA class nie dlam bertempur udh diadopsi oleh para hiu2 kita dan antidotny….?
    2.sebenerny kita sanggup head to head 1 lawan 1 dengan LA class nie dengan 206, bner g bung…?

    • Bung Beny, taktik tempur mereka kemungkinan di adopsi oleh kita dengan sedikit modifikasi tentunya…

      Masih kalah soal kesenyapan dan kecepatan torpedo bung, belum lagi soal kepekaan sonar 206..

      • @bung Hadna ..dulu aku sempat membaca di internet (bahasa indonesia), tahun 2012 ada kejadian LA Class di sundul dan di todong oleh U206 kita di laut timur…sehingga menimbulkan PASSEX 2012, dimana LA Class dipaksa untuk latihan bersama dg TNI U206 dg tukar menukar pilot (sopir nya) kasel, tadinya mereka menolak, tapi akhirnya mau tuh…..

        kok kelihatan kita masih bersikap mengasihani dan sungkan2 kayak gitu?
        apa peristiwa 2004/5 itu sudah dimaafkan sejak mungkin mereka lebih banyak jatuh korban daripada kita?

      • Sugie freedom on

        Ks hiu kencana di obrak abrik oleh dajjal
        Dstlah awal alutsista indonesia berpindh ke blok barat

  27. bocahkucing on

    awak KS bisa dibilang sebagai “pejuang sejati”, keberhasilan misi tak pernah dipublikasikan terlebih jika mereka gugur dalam tugas, maka tak ada pusara sebagai penanda pengorbanan mereka. meski begitu mereka tetap berjuang demi negara tanpa kenal takut, tanpa minta tanda jasa, tanpa perlu dikenal siapa2…

    • Bung KS, diperkirakan ada 2 yang melewati perairan kita… Kecolongan karena alutsista kita masih terkena embargo dari US bung

  28. salam patriot bung hadna, ada sedikit pertanyaan bung:
    1. kenapa kita gampang banget di rumpon, apakah karena karena mereka mengenal medan dan lebih siap, bukankah kita lebih mengenal medan?
    2. unjuk jenazah awak kasel bagaimana bung apakah diangkat dan dikembalikan kekeluarga?
    3. kenapa rusia dengan sigap membantu kita, dari mana mereka tahu kalau ada kasel amrik masuk kewilayah kita, untuk dunia militer rasanya kata “kebetulan” kurang tepat.
    4. ketika rusia mau bekerjasama dan memberikan keyakinan kepada kita dengan membawa awak kita dikasel mereka,apa yang melatarbelakangi ini,apakah kita mempunyai perjanjian dengan mereka, setau saya hubungan dengan rusia pada saat itu biasa-biasa saja,tidak ada yg istimewa.
    5. bagaimana hubungan antar negara setelah kejadian ini, baik rusia ataupun amrik?
    semoga bung hadna berkenan menjawab pertanyaan asal-asalan ini…

    • Bung GS, saya coba jawab sepengetahuan saya:

      1. Masalahnya adalah mereka tahu kita di embargo saol senjata sejak 1991, dimana kekuatan TNI kita menurun drastis tahun 1995an…. Di situlah mereka bebas keluar masuk wilayah kita (underwater) dan melakukan pemetaan.

      2. Jenazah para awak KS tidak pernah ditemukan dan keluarga diberitahukan pada saat sehari setelah kejadian…

      3. Data intelijen tingkat tinggi Rusia sudah menyatakan bahwa akan ada percobaan thermo nuklir bawah laut, kapan dan posisi dimana mereka tdk tahu…hanya tahu di wilayah Samudera Indonesia, tanpa tahu koordinat ledaknya… Dan mereka tahu wilayah Samudera Indonesia adalah wilayah teritorial Indonesia, maka mereka menyiapkan armada mereka di Laut Vietnam untuk sewaktu2 masuk ke Indonesia…. Sedangkan kontak sangat rahasia telah diberikan kepada kontak rahasia di Indonesia….

      4. Ada beberapa orang Indonesia dengan kerahasiaan tinngi yang menjalin kontak dengn Kremlin, meski di luar tampak biasa2 saja bung…..

      5. Tetap seperti biasa meski di ranah intelijen dan militer skala terbatas ada gesekan2 di lapangan….

      • saya masih belum bisa membayangkan apa yang terjadi 2019,ketika FP habis kontrak. thermo nuklir udah, H***P udah, bagaimana desakan asing semakin kuat…ngeri ni kayaknya…program mef 2020 baru kelar….udah bung hadna sebar ssx ja…kita latihan dulu jd militan…mungkin mereka menyiapkan kejutan lagi…

  29. teriring kembali doa semoga arwah patriot bangsa mendapat kan tempat yang layak disisi Tuhan YME .. setelah gugurnya awak 206 pada serial hoax sebelumnya ..
    mohon pencerahan kembali dari bung Hadna … mengingat pertanyaan ane belum dijawab di serial hoax sebelumnya …

    1. mengamati pendapat dari rekan – rekan patga, belum ada satupun yang bertanya, kapankan submarine 206 ada di Indonesia? secara penjelasan hoax … kondisi alutsista dijelaskan belum kuat, tetapi sudah ada 206? apabila sebelum 2004 sudah ada 206, lebih tepatnya jaman pemerintahan siapakah didatangkan 206 tersebut? artinya dengan embargo militer pada tahun 1991, kita masih bisa mencari alternatif alutsista ya bung?

    2. ketika mengejar siera 1 dan siera 2, hanya mengandalkan 206, 209 dan Parchim? atau mungkin ada heli aks atau pesawat pemburu ks yang lainnya? dari cerita hoax diatas kita hanya ada kapal selam dan parchim yang bung, selebihnya dibantu kapal selam dan kapal perang rusia?

    3. ketika siera lolos dari torpedo 206 kita, apakah memang teknologi siera lebih tinggi dari 206 kita kah?

    4. dengan asumsi rusia yang mengulurkan bantuan, artinya secara mandiri, apakah memang kita bisa melumpuhkan kapal selam asu dengan kondisi alutsista murni punya kita?

    5. secara pemahaman saya bung Hadna, dengan bantuan rusia, sampai dengan hilangnya kelas delta, apakah yang dicari rusia dari Indonesia ya bung? bukankah tetep berlaku “no free lunch”?

    6. secara kejadian gempa tersebut, mengapa kita masih membutuhkan alutsista made in asu? bukankah kita kehilanngan rakyat dan militer tidak terkira jumlahnya ya bung?

    semoga bung Hadna berkenan memberikan pencerahannya ya bung ….

    salam sehat buat bung Hadna dan rekan – rekan patga ..

    • maaf y bung kingsoka saya bantu sebisa saya…
      1.206 dateng dijaman bp.soeharto,ya bner bung kita mencari alternatif lain klu g salh dlu scorpene jga sempat ditawarin lho bung tpi mahalny minta ampun….ini hoax lho bung.
      2.kita kan msih kena embargo bung dri mamariki dan skuadron heli dipemburu kpal selam lagi mati suri…hehehe
      3.y jelas bung teknologi sierra lbih maju tpi sebnerny ad klemahan dri sierra ini…salah satuny dia lebih berisik dan selanjutny biar bung hadna yg meluruskan y bung…
      4.klu head to head 1 lawan 1 saya rasa sanggup bung klu 206 menghadpi si sierra ini…
      5.mungkin rusia menganggap kita adalah sahabat mereka bung…
      6.hehehe….klu pendapt saya untuk menutup stop gap alutsisa kita bung dan mengaburkan alutsista rahasia kita dri rusia bung…..
      maaf bung kingsoka hanya segitu pengetahuan saya dan saya juga menunggu bung hadna untuk saya belajar lgi dan meluruskan pengetahuan saya….salam persatuan bung kingsoka…

    • Bung Kingsoka, saya coba jawab sepengetahuan saya:

      1. 206 didatangkan pada pemerintahan Soeharto dengan membeli ex Jerman Barat…. Pencarian alutsista alternatif memang dilakukan sejak tahun 1992 waktu embargo dijatuhkan ke kita….

      2. Dalam keadaan waktu itu, Heli AKS kita belum punya bung…

      3. Dalam cerita ini memang LA Class lebih maju teknologinya dari 206….

      4. Dengan kondisi TNI waktu itu, kita akan sulit mneghadapi KS US bung….

      5. Benar, no free lunch……ini lah balas budi Rusia ke Indonesia ketika kecelakaan Chernobyl… Dimana kita mengirimkan tim penyelamat yang berani masuk reaktor untuk menutup kebocoran sebelum keputusan untuk meledakkannya dilakukan.

      6. Pengaburan saja, toh porsi terbesar tetap di nikmati Rusia, Jerman dan Perancis sebagai supplier utama alutsista Indonesia…

      • wah jawaban bung Hadna terasa makjlebb bung …
        mudah-mudahan bermanfaat buat saya dan teman – teman patga lain bung .. yang terus belajar dan belajar ….

        salam sehat bung Beny dan bung Hadna …

      • Bung Hadna, bisa dibabar apa peran kita pasca kecelakaan Chernobyl? Tim Nubika kita sebegitu bonek-kah? Kemana kiblat tim Nubika ini?

  30. karyo basuki on

    bung kingsoka, mungkinkah itu diselipkan ketika pak harto mendatangkan kapal bekas dari jerman

  31. Bung Hadna,

    sambil menunggu cerita lanjutannya, mohon di informasikan skor akhir nya bung..

    sekarang kan 0:2.

  32. Bung Hadna,
    – Kalau itu ledakan thermo nuklir, apakah memang terbukti ditemukan radiasi disekitar laut aceh.
    – Apa motifasi mereka?
    – kenapa sampai saat ini kita masih sering latihan militer dgn mereka?

    • @jabrix…
      aku sendiri tidak percaya tuh kalau itu hasil ledakan termo nuklir.
      Setahu aku memang sih termo nuke…itu tidak menghasilkan radioaktif…karena dalam pembuatanya sudah meneliminasi sinar gamma atau apa gitu.

      contoh termo nuke (dari rumor) tuh ledakkan di bom bali I, dimana dulu ada seorang intelijen kita, dan intelijen ausie…itu menduga berasal dari bom termo nuke yang hanya sebesar mangkok kopi.

      Soalnya daya rusak dari gempa &tsunami aceh itu luar bisa sehingga mengubah topografi bawah laut yang sangat luas. Ada yg pernah mengkalkulasi…kalau energi yg dilepaskan setara dg 2000 bom nuklir. Sehingga kalau HAARP yang menyebabkan …maka minimal dia harus mempunyai energi input sebesar 2000 bom nuklir juga….lah padahal andaikata seluruh PLTN didunia dijadikan satu belum mampu tuh HAARP menghasilkan gempa dan tsunami sebesar itu.

      Pertanyaanya adalah sebesar apa bom termo nuklir ini ketika di ledakan disana? terus ngangkutnya pakai apa? sedangkan USA saja hanya punya 4000/5000 warhead nuklir saat dulu hingga kini.

      mudah2an ini hanya cerita hoax saja……

      • @Bung Aryajawa, sangat betul dan masuk akal dengan apa yg Bung sampaikan…Tapi, hal itu akan berbeda jika Thermo Nuclear-nya digunakan hanya untuk “mentriger” saja. Contoh kasus, dipegunungan bersalju tebal, kita cari saja titik vitalnya kasih sj dynamit…..Boooooommmm……Longsor salju berskala besar bisa saja terjadi. Hal ini sama dg yg terjadi di Aceh, simpul2 patahan yg sudah lama menyimpan “energi” ini ditriger olh Thermo, dengan perhitungan yg tepat pastinya itu sangat mungkin. Dan bukan Thermo Nuclearnya yg menghasilkan Tsunami, proses Tsunami dan Gempa dahsyatnya semua dilakukan oleh alam yg dipicu oleh si TN….gitu kali ya Bung….

  33. tukang bohong on

    Your Comment@bung hadna..
    1. apa benar pada waktu kejadian kapal selam dajjal mereka ada yg dirumponkan oleh frigate rusia…?
    2. jika benar apa nama frigate rusia yg anti kapal selam tsb…?
    tx bung@hadna… cerita hoax kali ini hampir 80% tidak ada hoaxnya…

  34. kalisari boy on

    bung Hadna….kasel delta iv merupakan kasel yg mmbawa rudal balistik SLBM…bagaimn nasib rudal2 tsb?…apakah tdk mmbahayakan lautan kita dgn radiasinya yg mnyebar itu?

  35. kuli pabrik on

    Nnton indonesia lawyers club..ada disebut2 bung Trahlor ikut membantu pembebasan sandera abu sarap…

  36. Maaf sebelumnya bung hadna kenapa Jerman dan Perancis sebagai supplier utama alutsista kita meraka kan anggota nato apakah kita tidak takut kalo mereka mencoba berniat gk baik sama kita mohon pencerahan nya bung hadna

    • nico robin on

      duit jd alesannya bung
      bodo amat sm nato
      negara mereka lg krisis
      tp kt malah jor2 an beli sista
      sm kyk kt jd penyelamat ekonomi uk (kt bung yayan)

    • Cheer Bond on

      Indonesia Di bom nuke oleh USA, tapi kenapa TNI masih beli apache, f16,javelin dsb, kok ngga menghargai brothers in arms + rakyat yg jadi syuhada?! Asset spt itu kan Russia dan eropa juga jual…

      • Itu hanya pengalihan saja bung tetap belanja terbesar dari Rusia, Jerman, Prancis (copy comment bung Hadna yg diatas) hehehe

  37. sungguh perjuangan yang memilukan hati….
    …dengan keterbatasan kemampuan diri yang harus dihadapkan pada armada VII asu..tentunya bukanlah pertarungan yang adil..namun hasrat emosi dan gairah amarah yang bercampur aduk dalam nasionalisme telah menghilangkan rasa takut ataupun gentar didalam berperang…meski akhirnya para hiu kencana(awak kasel) harus berguguran..
    ….semenjak jaman dulu ..rakyat indonesia sudah terbiasa hidup dalam kebiasaan dan apa adanya …karena itulah jiwa korsa/militan tercetak dengan sendirinya di hati masing”diri…jadi meski musuh lebih tangguh…namun pantang mundur/mengalah bila -iman-sudah terkunci dalam satu keyakinan.
    …cerita hoax yang menarik untuk disimak…..heheheheeee

  38. masih membutuhkan pencerahan bung Hadna ,, hehe
    mengutip penjelasan bung Hadna .. “Bung Farid Kaza, awal operasi ini US tidak tahu Rusia membantu kita…. Mereka sadar sekitar tahun 2010an dimana alutsista kita berdatangan banyak yang dari Rusia”

    1. kira – kira apa saja bung Hadna … alutsista apa saja dari Rusia yang datang tahun 2010? bukannya banyak alutsista kita yang tidak tercatat di sipri atau ihs jane ya bung? contoh nyata ya itu 206 yang berjuang sampai akhir melawan siera ..
    2. setelah asu tahu kita banyak membeli alutsista rusia, strategi apa yang dijalankan asu ya bung? secara minyak, ane sedikit tahu untuk blok cepu, exxon yang diperintahkan asu jadi operator
    3. di tahun 2010, apakah alutsista yang datang sudah memenuhi mef atau belum yang bung? ingat dari data bung narayana, untuk pembelian alutsista yang beredar di web patga juga luar biasa banyaknya ya bung? walaupun katanya tidak semua pesanannya ada di list tersebut
    4. disamping penguatan alutsista dari luar bung, di tahun 2010 untuk kemampuan retrofit atau kemandirian alutsista kita sudah sampai mana ya bung?

    hehe ,,, maaf bung Hadna ,, masih banyak bertanya ..
    mohon pencerahan bung Hadna ya … kecuali memang ranahnya “classified”
    salam sehat bung Hadna dan bung patga yang lainnya

  39. @bung hadna. sy pgn bertanya,
    1. knp asu melakukan ujicoba thermo nybdi samudera hindia yg lbh dekat ke indonesia? samudera hindia kan luas, knp lbh mmilih merapat ke pulau sumatera sbg tpt ujicobany?
    2. apakah mrk tdk memikirkan dampak ujicoba ini menimbulkan tsunami ?
    3. stlh mrk mengetahui korban tsunami yg bgitu byk akibat kebodohan mrk apakah mereka kaget? atau mrk mmg sengaja?.
    trmksh bung hadna.

  40. @Bung Hadna, Bung Trahlor….bentuk tanggung jawab apa yang Amerika berikan untuk Indonesia pasca bencana Tsunami ini? Apakah ada permintaan maaf secara tertutup? dan satu lagi, apakah kapal Bystry Rusia yang tempo hari kemari menjadi milik kita? haturnuhun….salam hangat dan sehat selalu untuk bung-bung semua…amien yra…

  41. Salam kenal om admin saya baru tau ada patga, .awalnya saya dari forum real sebelah,sebagai silent reader,baru tahun ini saya mulai aktif,gara2 saya nyebutin ks qt ma s300,jadi bahan bully,saya lebih milih jamaah hoax aja,.karena saya DA DIKASIH PENAMPAKAN POCONGNYA,.

  42. ASU hidupnya enak banget ya ?
    – Embargo Alutsista kita….sampe2 F-16 kita pada tumbang…
    – Bikin isu HAM…sampe2 Timor Timur Lepas…
    – Bikin Tsunami..sampe korban banyak banget masyarakat Aceh.
    – Tenggelam-in kapal selam kita.
    – eeehhhh….Dapat duit banyak dari kita pula….Pesawat bekasnya (F-16) dibeli sama kita….terus dikirimnya lama bangett…dicicil.
    – eeehhh….Helikopter Apache dibeli juga sama kita…..dapat duit lagi tuh ASU….terus sama lagi dikirimnya lama bangett…
    – ASU bikin ulah lagi….melakukan Penyadapan ke RI1 dan petinggi2 negara kita.
    – eehhhh….baru2 ini ada berita lagi….kita mau ngasih duit lagi sama ASU…yaitu F-16 viper mau dibeli juga.
    – teruuuss…masih saja diterima latihan gabungan dengan tentara kita. eehhh…latihannya di tempat kita lagi….so pasti mereka bakalan senang soalnya sambil mempelajari daerah2 militer kita.

    Saya gagal paham….kenapa kita masih menjaga hubungan dengan ASU ? atau setidaknya hubungan kita jangan terlalu istimewa lah sama ASU ini….wong udah jelas musuh kita.

    walaupun porsi pembelian alutsista kita dari ASU sedikit, tetap saja kita memberikan peluang ketergantungan kita pada mereka.

    Cuman Alloh swt yang tahu, kenapa bisa sampai begini ya.

    • Saya juga bingung… padahal di bom nuklir loh, tapi kan ada hizab di padang mashar, nkri musnah , usa musnah, kosmos musnah, bani adam musnah, hanya tinggal Allah Yang Maha Perkasa .

  43. Saya akan selalu ingat, bahwa:
    Dibalik besarnya nama TNI ada pengorbanan para anggotanya…
    Kawan yang baik akan tampak ketika kita sedang kesulitan…
    sedikitpun saya tidak gentar sama nuklir dan harp yang kau todongkan…
    Allahu Akbar,,,lawan kedzaliman…Innallaha ma’anaa….

  44. Kemarin saya sempet baca artikelnya bung pocong, skrg saya cari2 kok ga ketemu yah… apakah di hapus?

  45. pemburu rajawali on

    Dlm delta rusky ada salah satu putra terbaik AL dg pangkat mayor menjadi korban. Kisah ini akan semakin seru saat jebakan halmahera dan aksi balas dendam para hantu laut jalamankara di okinawa,US Naval Base dimana kerusakan yg diakibatkan hampir melumpuhkan armada laut dlm mrk bersama sistakomleknya.

    Silahkan di lanjut seri nya om hadna dg lbh seru jg menegangkan

    • Bakulo Wajaro on

      Hehehehehhe..menurut berita bung@PR Pentagon dipasangin konblok bung@SJ…jenisnya mungkin cendol papat ditempel pake permen karet.. Dan pangkalan laut asu di okinawa dibuat area petak umpet denjaka sampe berantakan perlengkapan lenongnya….wkwkwkwkwk..
      Adios amigos wis tumpah kabeh..

  46. Bakulo Wajaro on

    Hehehehehehe…. Deep person yg tembus pentogin bung@PR dan konco2… Itu yg ditempel dicangkir potus pake cendol ga…? Ss nya dikadalin dulu dong ya..?sampe tembus ke cangkir potus artinya bisa di buatin teh sianida jg dong ya…xixixixixi
    Adios amigos salam utk para ronin diluar sana bung@PR..

Leave A Reply