AMATEURS TALK ABOUT TACTICS, PROFESSIONALS STUDY LOGISTIC.

113

LOGISTIC NIGHTMARE

whermach18whermach19

Beberapa hari yang lalu Kemenhan meresmikan KRI Tarakan…sebuah Kapal Logistik Bantuan Cair Minyak (Tanker) bagi TNI pada umumnya terutama armada TNI AL pada khususnya. Peresmian Kapal BCM itu merupakan tambahan berharga bagi armada Tanker kita yang sudah menua dan memang sangat sedikit dibandingkan rasio armada yang harus dilayani. Kita cuma pumya 6 tanker berkualifikasi militer untuk melayani lebih dari 170 kapal perang, dua diantaranya bahkan sudah ada sejak era Trikora yaitu KRI Balikpapan 901 dan KRI Sambu 902.

BBM emang krusiaal, contohnya operasi Rhein yang merupakan rencana pamungkas Hitler untuk membalik keadaan di Eropa barat merupakan pertaruhan yang berani namun masih bisa berhasil.
Rencananya adalah menembus Belgia, memotong pasukan sekutu menjadi dua, menyudutkan pasukan sekutu ke Atwerpen sehingga terjadilah dunkirk kedua dan sekutu akan minta damai.
Lalu hitler bisa memindahkan tentaranya di barat untuk menghantam stalin di timur. Tapi wehrmacht menyadari masalahnya, BBM yang mereka miliki hanya cukup untuk berperang selama dua hari, setelah itu mereka hanya berharap pada tangkapan BBM sekutu yang bejibun. Malang buat mereka,sekutu berhasil memusnahkan persediaan BBM nya sebelum mundur sehingga pasukan Hitler mandek setengah jalan dan mundur dengan meninggalkan semua kendaraan dan peralatan beratnya. itu baru BBM, belum yang lain seperti amunisi,makanan,obat obatan.

Ya…logistik…

kri-tarakan

Rencana besar belum tentu berhasil tanpa persiapan logistik yang memadai. Marsekal Douglas Haig,supreme commander pasukan sekutu saat Perang Dunia 1 pernah berkata pasukan yang sedang maju sesuai rencana adalah bunga yang sedang mekar sedangkan logistik adalah tangkainya. Tugas tangkai adalah mengantarkan sari sari makanan ke bunga agar bunga mekar maksimal dan berwarna cerah.
Tanpa tangkai mengantarkan makanan maka bunga akan kusam dan layu kemudian rontok, begitu juga dengan serangan, tanpa logistik yang memadai serangan yang terencana baik akan mandek dan gagal seperti operasi Rhein.

Kebanyakan Military Enthusiasm hanya membicarakan kapal ini, rudal itu,pesawat anu, hanya kehebatan dan daya hancur peralatan itu yang mereka bicarakan tanpa berfikir bahwa tanpa transportasi dan manajemen logistik yang memadai semua alat itu adalah besi tua rongsokan belaka! Bisu tanpa bisa digunakan sebagaimana mestinya. Maka tepatlah yang dikatakan oleh Jenderal Robert H Barrow dari USMC: AMATEURS TALK ABOUT TACTICS, PROFESSIONALS STUDY LOGISTIC.

Berdasarkan hal di atas kita tahu bahwa TNI bukanlah tentara kacangan, sejak awal berdirinya TNI sudah memikirkan Logistik. TKR Darat dibantu rakyat langsung merangsek gudang gudang senjata Rikugun (AD Jepang) untuk merebut senjata dan amunisi. TKR laut segera mengamankan aset aset perbekalan dan perbengkelan Kaigun (AL Jepang) di Surabaya yang saat itu menjadi markas besarnya.
Trio Nurtanio,RJ Salatun dan Wiweko Supono tanpa komando membereskan semua peralatan, perbengkelan dan aset pesawat Jepang yang bisa mereka selamatkan. Masih kurang ? Mayor John Lie dan rekan rekannya dengan setia dan tabah bertaruh nyawa menerobos blokade laut Belanda mencari pasokan senjata dan amunisi dari luar negeri.
Para founding father TNI tahu tanpa logistik yang memadai tidak ada gunanya berjuang.

Jadi jangan remehkan Kapal semacam KRI Tarakan, meskipun dia cuma kapal bersenjata senapan mesin paling banter senjata penangkis serangan udara 20 mm atau 40 mm keberhasilan operasi seluruh kekuatan TNI bisa jadi ada di tangannya, apalagi dia buatan bangsa kita sendiri.

 

INTENDANS NIGHTMARE

whermach21

Tengah malam buta di satu Pelabuhan Inggris 6 Juni 1944, perwira Intendans (logistik) Inggris dan Amerika seperti cacing kepanasan tidak pernah diam berlari kesana kemari sambil membawa seabrek dokumen. Satu perwira sibuk mencari Pena disakunya sementara yang lain sibuk memgamati papan board daftar logistik. Wajahnya pucat melihat angka yang terus menerus dihapus karena revisi angka…

Ya…mereka baru menerima perintah go! Go! Go! Dari markas besar sekutu untuk menjalankan operation Overlord tanda DDay untuk pendaratan di Normandia. Mereka harus mengurusi “Piknik” besar lebih dari dua juta orang ke daratan Eropa yang diduduki Jerman.
Jutaan item seberat Ribuan Ton barang harus disiapkan dan dicarikan tempat agar dapat dikirimkan tepat pada waktunya.
Masalah waktu dan jumlah yang tepat adalah krusial yang apabila meleset berarti bencana, belum lagi cara bagaimana mengantarkannya ke tujuan…Mereka adalah urat nadi operasi…

Menyerang musuh adalah soal mudah, batu pun bisa jadi senjata, tapi menyiapkan batu itu dalam jumlah yang memadai adalah soal lain. Tidaklah mungkin baru mencari batu saat sudah berhadapan dengan musuh. Banyak orang tidak memikirkan hal itu, tahunya bertempur saja, tidak tahu bahwa alat dan keberanian saja tidak cukup. Mereka tidak memikirkan pusingnya eselon belakang menyiapkan keperluan mereka. Malah ada yg menganggap mereka mempersulit bahkan bersikap pengecut.

Mempersiapkan logistik dan mengantarkannya pada pasukan yang sedang bertempur bukanlah hal mudah. Jika tidak dipersiapkan dengan matang semua rencana akan sia sia.
Dibandingkan pasukan tempur yang bisa istirahat setelah tugas operasinya selesai kerja Intendans tidak akan pernah selesai sampai perang berakhir. Jika kita lebih menghormati pasukan anu yang mengalahkan musuh itu maka pasukan tersebut lebih menghormati bagian Intendans yang telah menjaga mereka tetap hidup.

QUALITY VS QUANTITY
Salah ambil keputusan dalam hal logistik tempur tidak saja membuat kita kalah dalam pertempuran tapi kalah dalam seluruh perang. Contohlah Hitler yang ditengah krisis bahan baku Jerman mengambil keputusan untuk lebih memprioritaskan pembuatan Tank Tiger yang biaya dan pemakaian bahannya tiga kali lipat Tank Sherman Amerika atau perintahnya untuk membuat lebih banyak bomber yang bahan bakunya empat kali lipat pesawat pemburu dimana keputusannya itu lebih kepada emosi ketimbang taktis.

Memang Alutsista yang berkualitas akan lebih bertahan dari gempuran musuh dan lebih menakutkan tapi sudahkah terfikir cara produksinya berkelanjutan dan bagaimana mengantarkannya kepada pasukan terdepan?

Amerika memikirkan hal itu…Jarak Amerika-Eropa puluhan ribu mil dan logistik yang di utuhkan harus cepat sampai agar dapat digunakan tepat pada waktunya. Satu kapal pendarat standar dapat dimuati empat Sherman tanpa masalah sedangkan apabila memuat sejenis Tiger cuma satu yang bisa masuk. Waktu pembuatannya pun cepat lima kali Tiger sehingga bisa lebih banyak yang diantarkan ke medan perang.
Jarak Jerman ke front cuma beberapa ratus Mil namun hanya segelintir Tiger yang bisa terlibat kancah pertempuran. Dalam perang jarak dan waktu sangat penting karena berarti nyawa prajurit. Kualitas menjadi tidak berguna apabila terlambat saat dibutuhkan…

Itulah kenapa saat ini militer berbagai belahan dunia berlomba lomba menyederhanakan varian alutsistanya untuk mempersingkat dan mempercepat logistik. F35 adalah contohnya. NATO menyederhanakan jenis pespurnya untuk semua angkatan agar commonality spare part tercipta dan penyederhanaan logistik saat perang.
Karena mensuplai banyak kebutuhan di saat chaos bukan saja sulit bahkan cenderung mustahil.

Tapi Stalin punya pendapat lain…dia malah bilang Kuantitas adalah kualitas dalam arti lain.

Nantilah kita bahas pendapat Stalin itu.

dedenew312

Oleh Patsus Whermacht Biro Lampung
Gambar oleh Google dan Patsus Dede Sherman

Share.

113 Komentar

  1. bung, itu yg pic pertama sbg gambaran proses pengiriman alutsista scr rahasia y? wah, ternyata gitu y. kanan kiri pke kontainer, tengahnya pesawat dg kamuflase. pertama lihat ane jd inget lepet kacang hehehe

    • Itu Kapal transport Atlantic Conveyor punya Inggris…misinya saat Perang Malvinas adalah menjadi kapal transport logistik Inggris termasuk mengangkut Pespur Harrier seperti yg di bungkus di Foto…saat Perang Malvinas Atlantic Conveyor jg berfungsi sebagai Kapal Induk darurat dimana Harrier diterbangkan dengan bantuan Crane dgn cara Harrier di kait dgn crane dan crane di geser sedikit ke arah laut agar blast jet Harrier tdk menggosongkan dek kapal dan seisinya…(Harrier dapat lepas landas secara vertikal).Sayang kapal ini kemudian di makan oleh rudal exocet yg dilepas dari pespur maritim super ettendard Argentina 20 hari setelah beroperasi di Malvinas…

  2. @ Maksih Bung Wehrmacht atas artikelnya, btw itu gambar kedua kapal tanker punya siapa? dan pesawat apa yang dibawa? hehe…hayoooo dibabar…

  3. Hehehehe… Mantap bung Wher.. Logistik sgt penting bagi keberlangsungan pertempuran..begitu juga medis..tidak ada pertempuran yg dapat dimenangkan tanpa campur tangan mereka…
    Ingat bandung lautan api..?kenapa strategi bumi hangus diterapkan oleh TNI dan rakyat saat itu..
    Ingat perang gerilya yang dilakukan oleh tni dan rakyat di perang kemerdekaan sama spt perang vietnam..?mengapa bisa begitu panjang pertempuran tsb ..?logistik terutama makanan dpt diperoleh dari rakyat.. Itulah jiwa dari perang gerilya..
    Ingat pertempuran sebelum terjadinya pertempuran 10 November di sby..? Tentara inggris hampir kalah ketika mereka mulai bergerak mnenguasai sby namun para laskar mampu memotong jalur logistik dan membuat mereka kehabisan munisi dan makanan hingga nyaris mati kelaparan..sebelum akhirnya mallaby berhasil membujuk sukarno menghentikan pertempuran dgn gencatan senjata dan membuka blokade laskar..
    Adios amigos# logistik memang tidak memenangkan pertempuran namun tanpa logistik tiada pertempuran yg dapat dimenangkan…

    • tanggal 27-30 September 45. Inggris hampir total hancur di surabaya, strategi jitu jend.Mustopo (lulusan terbaik komandan peta) dengan mengkotak2 kekauatan inggris yang sebelumnya malaby juga salah strategi dikarenakan percaya dengan intelejen belanda mengenai keadaan kora surabaya, sehingga dengan pede nya menyebar kekuatan ke titik2 kota dan menganggap remeh kekuatan benteng surabaya.
      pak mustopo tidak memimpin lagi di surabaya pada puncak dday 10 Nop.

    • Hatur Nuhun, utk babarannya Bung BW smg anda & keluarga sehat selalu..

      mw tanya nih Bung, klw sonic boom tgl 30 agustus 2016 di solo, Karanganyar dan sekitarnya itu dari jenis layangan apa ya?
      apa lagi latihan atau lg ngejar layangan dari luar Bung? :mrgreen:

      Latihan “Armada Jaya XXXIV/2016″ itu utk ditunjukan ke siapa Bung?
      knp lokasinya di Laut jawa bkn di natuna?
      katanya banyak lontong dari luar yg mw ngintip2 ya bung? 😆

      • Bakulo. Wajaro on

        Hehehehe…sehat selalu bung Zero.. Doa yg sama utk anda sekeluarga bung..hehehe
        Kalo sonic boom gak lah bung.. Krn pastinya klo itu dilakukan semua kaca2 rumah dan perkantoran dibawah jalur terbang rendahnya akan pecah dan menimbulkan kerusakan property yg ckp besar..mungkin saat itu mereka baru mau takeoff atau landing dipangkalan setempat..kalo soal rencana terbangnya tentu bung pr sbg panitia lomba burung berkicau.. bisa lbh tau trmsuk info penangkaran burung apa saja dilanud sekitar..hehehehe
        Utk lat armada jaya mungkin kita bisa melihat seberapa besar dan sejauh mana konsep pertahanan dan kesiapan doktrin kogabwilhan tni al dalam mewujudkannya trmsuk tes petasan2 janwe yg “baru” via kcr cabe rawit kecil2 pueeedesse puuoolll….xixixiixixixi..
        Adios amigos#edisi tetangga mules2 liat cabe rawit bagai kawanan lebah liar

      • Hehehehehe… Komen ane RIP waiting moderation..kena sonic boomnya bung PR kayaknya..wkwkkwkwk…sehat selalu juga bung zero..doa yg sama utk anda dan kel…
        Heeeee…kalo sonic boom pastinya gak akan sembarangan dilakukan bung Zero..apalagi diatas wilayah pemukiman bisa bangkrut tni au ganti kaca rumah satu kecamatan..dan bung Pr bisa jd burung dlm sangkar.. dibalik bilik termenung yg hnya bisa mengelus elus manuke dewe.. xixixiixii… maybe ntu burung mau takeoff atau landing dari lanud sekitar..yah namanya penangkaran manuk2 mesti tetep sinau mabur meski hrs ditemani sodaranya yg msh satu bapak lain ibu takut nyasar pulangnya..maklum blm giring kandang..xixiixixixi..yg pasti sinau+ngejar layangan sambil ngelempengin sayap biar gak pegel ngumpet mulu di pojokan..wkwkkwkwkwk.. Mesin klo dah pernah mabur ya hrs rutin olahraga biar gak mrotoli.. sinau tok yah mubazir..lha wong biayane mabur mahal.. Manuk impor ra iso ngango premium bersubsidi jeh..keh..keh..keh..
        Adios amigos#latma 4 armada ban dlm konser akbar..cak lontong cs penasaran pengen liat kawanan lebah mnyengat pake kembag api baru.. Pesannya jelas…ran..jiran klo cem..macem ta clurit sampean…heeee

        • Mantap!. Hatur Nuhun, Babarannya bung BW hehehe

          jd layangan baru hrs dikawal sm saudara2nya ya bung? tkt pd mabur gt? hehe :mrgreen:
          baru kemaren siang sonic boom ada lg di bone dan Sinjai, apa yg jd jokinya bung PR? hihi 😆

          sampan negara jaguh ada yg kena rumpon lg bung?
          gmn kronologis bung?

          sy penasaran bung, sm latihan Angkasa Yudha 2016 & Armada Jaya 2016. apa yg ghoib2 mulai dimunculkan ke permukaan atau hanya di perlihatkan samar2? hihi 😆

        • Bung PR…yang ganti knalpot adem…mgupi di pojokan..

          Bung BW..itu Pak Jenderal yg konpress.. keceplosan tuh…15 biji…hla selama ini bukanya cuma 1….kehkehkehe..

          di clurit apa di tombak bung…wehwheheh

          • Hehehehe… Armada jaya dgn semua armada timur, barat dan tengah dgn skenario bertempur bersama.. Mengapa kcr dan pkr yg menjadi point berlatih tempur..?pertahanan terpadu semua armada pesisir littoral utk menguji coba semua perlengkapan tawuran terbaru..hehehehe
            adios amigos#clurit,kujang,tombak, dll termasuk klew***kah..?xxixixixi..

        • @ ..bung BW…..
          “anyway, jikalau ada monev stlh latma AJ2016 ini, kiranya rbs15 mk3 / nsm dari negeri2 viking opo ya ikutan katut di gudang yang bung…..xixixixi…peace, bung 🙂 ”

          *Pucet….itu..itu…..beneran…? Alhamdulillah….

  4. Amazing, sepakat bgt. Nothing to do without energy/logistic

    Para pahlawan behind the scene yg tk pernah terekpos. Melihat sukses tidaknya misi, dpt dilihat dr kelancaran logistiknya.

    Logistik bak Baterai bagi ponsel, Ironman tanpa arc hnylah mainan.

    Logistik adalah bahan bakar, ruh pertempuran. Sejarah perang membuktikan segalanya.

    Jangankan sekelas operasi militer, suatu event dr arisan hingga olimpiade bila logistiknya macet, kacaulah sglny

    Pembhasan yg superb, lain dr yg lain

    http://kasamago.com/latah-dan-marah-esspresso-machiato/

  5. Setuju bung…..
    ulasan soal logistic emang jarang terdengar.
    tenggelam diantara raungan knalpot fighter dan dentuman meriam.
    saya lebih tertarik baca soal ” Bus Drivers “, transport plane, transport ships dan yang sejenis nya.

  6. logistik.. ibarat mimpi! bisa menjadi mimpi yg indah tp bsa sebaliknya.
    bagi seorang prajurit,logistik adalah nafas kedua. tanpa bantuan kru logistik mustahil seorang prajurit bsa bertempur dg militan,apik dan destruktif.

    era Trikora,Dwikora,Seroja merupakan pelajaran berharga utk masalah logistik TriMatra. Ga lucu kn kru tank Tempur hrs jd benteng Statis gara2 Solar telat datang.

    jadi teringat saat BCM telat datang maka Kapal Tanker kuda laut pun di dapuk paksa wajib militer..hehehe!! semoga Tarakan bisa beranak pinak..

    #SonicBoom!! maaf yoo kang! lupa nutup Throttle!! xixixi

    • Hehehehe… Tangker Kuda laut aja bisa di paksa wajib militer..lha piye dodolanku wajane iso wajib milter dadi radar pantai yo bung..xixixixixixi..mayan bisa nangkep KD kapal dangdut negara jaguh sejagat yg mau latihan jd rumpon..hhihihiihhiihi…
      Adios amigos#llha piye..lupa nutup throttle kang.. Sonic boom..single engine aja bikin jantung mencolot, apalagi double engine macam kacang sukro..heeeee..yg dikuburan iso tangi meneh…keh..keh..

      • Bung BW…..

        xixixixixixi……ngobrol toh bung ada apa gerangan dgn negeri jaguh sejagat….koq bung BW sampai kali dua sampaikan isyarat arah ancaman dari negeri jaguh tsbt……

        lek wes jelas….mengko aku yo melu ngpruk ndhase wong negeri jaguh sejagat iku…..

        Salam Indonesia nan Jaya !

        • Hehehehehe…negeri jaguh sejagat tetap akan menjadi negara proxy utk negeri ini bung PW..spt halnya singapura dan ausit..
          jika kita bicara ttg menina bobokan masyarakatnya, negeri jaguhlah yg melakukan scr masif kpd rakyatnya..shg realita tdk sesuai dgn yg digembar gemborkan selama ini..hanya tentara dan pemerintahannya yg tau betapa menakutkannya militer indonesia saat ini..hehehehehe
          Kampanye latma di udara dan laut merupakan sinyal yg jelas pada negeri proxy disekitar kawasan bahwa anda akan memiliki masalah jika mencoba masuk memprovokasi spt dulu..menjadi sahabat sebenar2nya akan lbh menguntungkan dibanding hrs menjadi musuh NKRI krn kogabwilhan telah menjadi jawaban utk menghadapi semua front baik diutara-selatan-timur maupun barat sekaligus..
          Jika drone wifanusa saja sdh membuat para negara proxy merinding..maka pkr dan kcr yg dilengkapi dgn petasan dgn semuanya buatan anak bangsa pun lbh menggetarkan hinggga ke tulang sumsum mereka..termasuk cG cino yg jumawa hrs siap berhadapan dgn kri clurit dkk yg jauh lbh kecil namun lethal bagai kawanan lebah liar yg siap mengamuk dilautan..
          Adios amigos# 705 dan 805 bersanding dgn rxk lapan sdh mulai diaplikasikan dgn si cabe rawit..

          • Alhamdulillah… Kogabwilhan battle station…. Artinya…. Xixixixi…. Rembesan assets dari bung Narayana unt 3 matra bisa dikatakan confirmed seiring akselerasi MEF 2 & 3 yg alami percepatan atas kondisi dinamis di Laut Natuna.

            Bung BW….. Ehmm…. Mohon sampaikan salam hormatku pada Bung trahLOR, Bung Pocong Seyeeeem, Bung Yayan….. Semoga ada artikel lagi dari beliau yg semakin mencerahkan dan mencerdaskan kami semua.

            Salam Indonesia nan Jaya!

          • Wah cerita y gantian y bung bw..kita dbikin proxy m barat skg bagian jongos2 y kita proxy..bung bw tanya tot brahmos jdi kita ambil ga sebagai pembanding rx kita.

          • Hehehe….maaf bung@BW ngotorin lapakny…soal tot brahmos bung@molimo klu yg asliny kita punya copyany dan sikaliber kan…ah andai si cabe rawit dikasih kaliber versi SNI…biar bung@BW aj yg menjabarkan,saya ngopi aj ah dipojokan….hehehe

          • Hehehehe… Tidak perlu proxy utk mereka bung Molimo.. Nama jagoan asean udah kesohor kemane mane…klo ente mau aman dikawasan yah hrs merapat bukannya tengil macam anak alay …hehehehe
            Ingat statement bung T ttg alam pikir indonesia tlh merasuki duterte si anak nakal dari pinoy…?heeeee
            Pbb pun go to hell..obama tersenyum kecut dan cino pun terkaget2.. Dan pastinya petrus ala thn 80an utk bandar narkoba pun jalan terus…wkwwkwkwkwk..
            Ahhh klo cuma masalah paspor haji pulangkan saja..tuker ama nelayan yg nyasar heeeeee yg penting abu sayur bisa dibuat bubur merah putih…huheehehehe…
            Adios amigos# masih relevan badboy ala indonesia..xixiixixixi….

          • BUng BW..aku nitip ngelus ngelus saja yak…kikiki….

            Itu Midget 8 kursi dr serpong jadi nghelayap kah bung di latma..?

          • Hahaha….salam hangat bung@kjm dan bung@bw,bisa gonjang ganjing nie dunia persilatan klu ternyata udh sea trial dan bisa bawa kue…
            #ngopi lagi ah dipojokan….hehehe

    • Bung Pr bagaimana dgn berita di warung sebelah ttg TOT C-705 dari panda ke kita? Apakah mereka sungguh2 kasih tot atau bagaimana ya????

      • ToT 705&805 dikasih sih,wong itu pensil cuma sbg pembanding saja dg Rx yg lg trs dan sdg di sempurnakan terus. insya allah semua KRI baik Satron,Satrol,Hiu dan Elang bakal bsa panggul pensil ini.

        Dibalik news 705 ternyata oh ternyata si RX nyempil..pil!
        apakah si avibras cs mampu jg sbg platform si Rx? hanya waktu yg akan menjawab.

        #too many blink un known!!

        • jd itu alasan sebenarnya. pantesan. dulu sy heran, india yg nawarin brahmos aja g d openin, lha kq rudal chinamalah d ambil. jangan2, alasan kita ambil produk2 china (ciws, psu, dll) sama y bung PR? sbg pembanding dg alutsista karya indonesia?

    • Klo coastal defense mach 7 aja bisa,apalagi selevel manpads ato anti tank,pasti lebih maknyus cz salah satu senjata gerilya n gak harus disembunyikan bgt….mohon jabarannya Bung BW,Bung PR,n sesepuh yg lain.matur nuwun…..

      • Hehehehehee….. Mainan pasrat marinir dah uji coba Januari 2016 di pantai tempursari Lumajang bung Pring..
        Raden Mas 70 grad dah di oplos Roket R-Han 122mm..hehehehehehee… MLRS ceko 40 tabung yg pinsilnya dah dibuat pindad dgn bermacam2 wahana pembawanya.. dgn jarak 24 km dan kecepatan 1.8 mach ckup utk membombardir wilayah pesisir musuh dgn serbuan amphibi… Apakah varian roket ini juga yg digunakan utk membuat pinsil 705 mutan dgn performance yg lbh gahar.. hehehehehe..
        Adios amigos# edisi too many blink bikin mumet..xixixixixixi

  7. amatir bicara taktik sedangkan profesional belajar logistik, artinya gitu ya kira kira..

    satu hal ntu bener, tapi di laen hal ntu salah ato kagak tepat..

    kalo para petinggi, panitia, ketua mikirnya emang iya sampe ke hal logistik..kalo pelaksana, masa bodo yg penting tersedia, habis perkara..

    taktik adalah tugas profesional, ngatur logistik juga tugas profesional yg laennya..beda n harus di pisah..

    logistik tanpa pengguna, mubazir..pelaksana tanpa logistik, mati aja..dua2nya saling terkait n terikat kuat..jangan di pisah..

    kagak bingung kan bedain tupoksi ma arti dari penyedia ma pengguna, hahah 😀

      • yo jelas ntu..
        asumsi ane jendral robert h barrow berkata kek gitu cuman ngatain buat sesama jendral yg laen..jendral baru ato lama yg masih berkutat ato hanya tau soal taktik perang doang tanpa mau tau/kagak tau rumitnya ngatur logistik..jadi intinya mencibir para jendral2 n perwira yg kagak mau tau/belajar soal logistik, bukan merendahkan ahli strategi n ilmu taktik ntu sendiri..

        jadi strategi taktik logistik ntu dalam satu strata, kagak ada yg lebih rendah ato lebih tinggi tingkat kegunannya..

        • Setuju saya ndan kem,nie bisa jadi conth kepada para pemangku kebijakan negeri kita ditengah sibukny pergerakan alutsista kita jga harus dibarengi dengan mobilitas suplay yg tinggi pula…

  8. Terima kasih atas ulasannya Bung Wehrmacht. Kami yg kerja di pabrik dan industri manufaktur mengadopsi banyak sistem dr militer seperti soal logistik ini adalah SCM supply chain management, baru populer di industri 10-12 tahun terakhir.
    Pernah ada ulasan di media nasional pada saat perang teluk 1991, bagaimana ribetnya logistik di Singapura menyiapkan 5 kontener sehari hanya untuk mengangkut toilet tissue.

  9. Tepat sekali bung logistik adalah hal paling penting utk diperhitungkan dan direncanakan dalam perang. Perhitungan logistik ini harus tepat baik waktu dan kuantitasnya. Bila kita bisa mengetahui kuantintasnya kita bisa memainkan tempo perang. Logistik disini bisa makanan, bbm, sukucadang maupun senjata. Banyak sekali pengalaman berharga dari peperangan kolonial spt perang Diponegoro dan perang aceh, perang kemerdekaan, trikora, dwikora maupun seroja yg bisa diambil. Logistik skg tdk hanya di darat dan laut jg udara tergantung medan perang. Bisa saja krn medan nya penuh dgn gunung dan hutan spt di papua, logistik darat dilakukan melalui udara asal tepat sasaran baik kordinat dan waktu.

  10. Wah sesepuh y da pada keluar..tggal nggu rembesan dri bung bw m bung pr yg nglakuin sonicboom dri jnis apa bocoran y single engine plihan y cma 2…

  11. Tiap mesin yg memiliki kemampuan 1mach bisa menimbulkan efek sonic boom. masalahnya adalah kecepatan mata dg rambatan suara lbh cepat suara dan efek visual yg di lihat sebenarnya..!!

    #Black Eagle nya lg tes flight.. hmmm! kapan iso test drive.

    • Hemmm….bung@PR black eagle,manuk soko ngendi meneh kuwi…???seng soko bnua eropa opo soko cino bung…
      #edisi mumet….hehehe

      • Bung @PR manuke standar internasional apa SNI? Nek SNI waaah bener2 hebat wong indonesia. Makin bangga jd warga NKRI.

    • Bung @PR.

      Black Eagle nya lg tes flight.. hmmm! kapan iso test drive…………..

      Glodag….eduuun..sdh nangkring ya….Salim dulu lah…buat si Mbah Hitamnya……eduuuuunnn..

      *joget Indihe dah

  12. salam hormat bung PR … seperti biasa tetep sharing ya bung PR untuk kita semua ya … hehe
    coba merangkum bung 2 topik rembesan bung PR …
    1. terkait dengan C 705 atau C 802 bung .. remebesan bung PR dah ada RX ya bung yang dari lapan .. hehe kalau dari crita bung Hadna di sini juga bung .. dah ada rudal pantai yang jarak nya bisa 600 km dengan sea skimming 1 meter di atas air laut .. nah lo bung … jadi apa itu ya bung PR barang RX itu ya sama dengan yang bung Hadna sebutin spesifikasinya atau beda lagi bung … hehe

    2. terkait manuk mabur nya bung …kok ga dicritain bung yang manuk bangau nya … hehe yang katanya di warung sebelah suara mesinnya lebih halus dari F16 asu?

    monggo bung PR ditunggu rembesan eh bocorannya hehe …

    • Coba ikutan jawab ah barangkali dpet dorprize dri bung@PR…hahaha
      1.11-12 bung tpi masih perlu penyempurnaan…
      2.bangau y bung,klu g salah itu manuk kan spek dalemany dri negara bad boy yg katany udh dioprek dan disempurnakan dri negara asliny…hehehe

      • wong made in bollywood wis aktif duty kok. itu pernah di upload diangkut pake truk trailer dg tag “yakhon”..hehehe

        black eagle dan bangau yo alusan suara bangau.. ibarat motor honda CBR 600 vs Ducati monster..xixixi

        #salam hormat Ndan Kem..nek muncul biasanya Ada Tukang Sapu SR nih..

      • Hehehehehe…. Costal defense 600km dgn range 400-500km..heeee sama dengan R-han pantai mr Hadna…Mungkinkah project tot 705 merupakan mirror project atau pengalihan dari hasil oprekan 2011 lapan dgn mr lukshenko dan poroshenko termsuk radar cilukbanya…hihihiihihi…dgn spec yg luar binasa apalah artinya tot 705 yg ckp nyempil dikonser armadaban…
        Panjang : 14,91 meter
        Diameter : 0,555 meter
        Litoff weight : 4.943 Kg
        Total propellant Mass : 3.072 Kg
        Potential payload weight : 300 Kg
        Maximum Speed : Mach 7.67
        Maximum altitutude : 150 Km
        Maximum Range : 533 Km
        Ueeeeeeddaaannnn… 7 mach larinya..manuke sampean ra iso ngeles blas bung PR…xixixiixixixi…
        Adios amigos#to many blink unknown kang PR..xixixiixixixi

        • terimakasih bung PR dan bung BW … luar biasa bung untuk berbagi ilmunya bung .. hehe salam hormat saya untuk bung berdua …
          mudah-mudahan pencerahan terus membawa semangat dan percaya diri kepada kita semua di sini .. amin ..
          numpang nanya lagi bung PR dan bung BW … hehe yang manuk bangau sama yang ifx yang katanya dah nongkrong di PT DI .. gmn bung apa ga di ajak latihan mabur lagi ya bung? dulu di warung sebelah cuma secuil info manuk bangaunya .. hahaha ..
          semoga sehat semua rekan patga ya … amin
          ngomong-ngomong bung Hadna, bung Yayan .. apalagi bung PS .. kemana ya?

        • lah klo di udak pensil Mach 7 ya WSO ku udh komat kamit,sumpah serapah sak Cisarua-ragunan di gowo kabeh. WSO ku pasti akan auto mode jammer jg seeker, buang irit Chaff,nyuruh hard banking,hard barrel rool,hard climb jg hard dive in full throttle semaksimal mungkin dg time elapase 30seken max..klo ga bisa jg yo wis lah ngomong “MayDay MayDay Eagle Flight xx is going down..repeat going down baring xxx latitude xxx,altitude xxx.. permission to eject no 2 in 5scd..1..2..3 ejecting no 2.
          no 1 making evasive manuevere high speed to free escaping no 2.. permission to eject in 5scd.. 1..2..3 ejecting 800 feet,bird being targeting in 10scd.. 1..2..3..4..5 splash out one bird.. crew in the sky!
          need ASAP extraction on ground,Danger closed.

          #asem kie kang BW!! malah jaluk simulasi!.
          # bramosh berbaju yakhon!! ups!.
          #sdh byk pejabat korup yg tiba tiba serangan jantung jg amnesia kang! jika duerte sukses main petrus maka Guru nya tinggal terapin dsni.
          #mirisnya angkat,buang,pungut lagi trs di pajang..hayoo sopo kui!

          • ngapunten pak PR…. saya mbayangin simulasi itu kok malah pingin ngakak ya? wkwkwkwkk

            #mirisnya angkat,buang,pungut lagi trs di pajang..hayoo sopo kui! —> selamat datang di pamarentahan ghoib. hadeuh….. wis dilepeh njuk dipaksa masuk, njuk arep dilungguhke. top wis….

          • Hehehhehe… Sopo kui..?pastine bukan eyke kang..!!..xixixixixi..takut kena strap..ojo mancing2 meneh kang…sambil plirak plirik nyari ndan garnisun…huhehehehehehe
            Kalo kejahatan kerah putih ya dicuci aja mukenye pake rinso kpk sampe bersih hartanya..nah klo bandar narkoba sama pedofil baru buat latihan tembak cuocok puolll…xixixixixixii….
            Adios amigos#simulasi petrus utk bandar mungkin perlu diujicoba jg kang..wkwkwkwkwk

  13. RI adalah negara hukum,Azas praduga tak bersalah dlm sebuah kasus adalah hak hukum bagi para tersangka,DEMOKRASi yg sdh berjalan baik di negri ini jangan lg kita kotori dngn sistem politik masa ORBA,Walaupun Demokrasi di negri ini msh harus banyak pembenahan menuju pada relnya yg tepat yaitu DEMOKRASI yg ber azas PANCASILA…Merubah mindset merupakan langkah yg terbaik dlm menghadapi Alam demokrasi yg sangat membutuhkan PEMIKIRAN dan PEMAHAMAN yg lebih luas,Karena hal tersebut sangat dibutuhkan dlm menyikapi kebebasan berpendapat untuk MEREDAM emosi diri.
    Itulah pemikiran yg terbaik bg sy bung@Molimo…Silahkan koreksi klo ada kesalahan…Mohon maaf dan salam buat anda.

    Hehehe..Maaf bung@BW ..pertanyaan yg ditujukan untuk anda sy selip..Silahkan klo sekiranya ada tambahan dan koreksi jg.

  14. Kita adalah negara yang berazaskan pada pancasila sudah sepatutnya kita kembali lagi kepada demokrasi pancasila yang sudah lama dianut oleh founding fathers kita sejak dulu bukannya demokrasi barat yang diterapkan saat ini. Demokrasi pada saat orde baru memang banyak perlu dibenahi tetapi jangan mengakibatkan kita harus menerapkan demokrasi liberal yang malah memperkeruh persatuan dan kesatuan anak bangsa dan memperlebar jurang kesenjangan ekonomi rakyat kita dimana yang miskin ditindas dan negara tidak bisa berbuat apa-apa walau itu merupakan kewajiban mereka untuk menyantunin fakir miskin sesuai amanat UUD karena terbelenggu oleh kepentingan pemodal dan penyandang dana. Sudah sewaktunya kita kembali kepada demokrasi pancasila dan UUD 1945.

    • Korupsi adalah salah satu bentuk pelehamahan terhadap sang Garuda, seharusnya uang yang sekian M atau sekian T untuk pembangunan atau untuk menguatkan cakar garuda tapi uang tersebut dinikmati oleh segelintir orang, jurang kesenjangan antara si miskin dan kaya semakin lebar, (mengutip kata2 bung Ihsan)
      Minimal hukuman mati bukan aja diperuntukan bandar2 narkoba tapi hukuman mati bisa diterapkan pada koruptor,

      #Maaf bung preman ini hanya pemikiran saya

      • Wacana hukuman mati pagi para koruptor sebenarnya sdh lama banyak pihak2 yg menginginkannya tp sampai sekarang sepertinya banyak faktor pemberat sehingga hukuman tersebut masih sulit untuk diterapkan,biarlah para pakar2 hukum dam penentu kebijakan trsbt yg bekerja..Klo sy cuma bisanya hukum alam [email protected](Maaf bercanda),Tp apapun pemikiran anda menunjukkan kepedulian anda pada bangsa ini dan semoga jg bisa jd bahan pertimbangan bagi para penentu kebijakan tersebut…Salam buat anda.

  15. u rekan d pku, kmrn sore nampak lintasan asap(sprt roket/rudal) dari arah barat timur? heranya g terdengar suara lajunya. apa krn berada d ketinggian?bentuk lintasannya parabola. sat arhanud pku lagi nembak penyusup atau itu latihan angkasa yudha?

  16. @molimo klo pak Moel jd Kabin ya Turun Derajat lah.. mosok mantan Panglima TNI jd KaBIN yg nota bene selevel KaStaf..hehehe ( nti ex anak buah pak Moel ga enak hati kasih perintahnya. ).

    @kampret boy lah sy aja yg ngetik ketawa jg kok..mugi2 ga kejadian beneran di kejar Setan Mach 7..wong di lock si Buk Minah aja jantung kedodoran apa lagi itu..*

    *keisengen membawa sial…sialan tuh trainer rusky,bilang ud report ga taunya Black Flight

    • Tabik Bung PR…
      kira2 dalam simulasi tersebut Bung PR nerbangin layangan opo toh???saya kok mikirnya bukan layangan dari timur,,,n kira2 layangannya yg brand new punya ato layangan lawas kang???hehehehe…
      Terima kasih Bung

      • Its Old but Brand New.. Hayoo apa itu!!

        Sayap-Sayap Tanah Air sekarang lg kejar target biar yg Old School menjadi Super Old School. Setelah Si Mbah Herky B di Retro apakah kangMas Mig,Tu jg jd millenium Eagle?walau di oper lambung oleh AW biar tdk Gaduh? masa beli satu tapi maksa hrs 2bulan dateng.. opo wis parkir yoo!!

    • mugi2 ga kejadian beneran di kejar Setan Mach 7 —> Allahummaa aamiin… saya ikut mendoakan.
      tapi, hihihihi wkwkwkwk… maaf saya minimal nyengir kalau baca yang bung PR tulis soal simulasi dikejar mach 7…. maap. wkwkwkwk

    • hehehe.. seluruh pilot made in ruskye pasti pernah di latih deep penetration ke sista arhanud ruskye paling rapat dan kejam. Dimana sang student pasti diminta oleh trainer nya utk lakukan itu,dan lbh gilanya mil transponder sys ny hrs off jg up n down NOE dg speed low-hig-low dimana akan membuat operator radar arhanud melihat sbg black hostile flight.. ya resikonya klo Gagal pulang Nama alias KIA. dimana lokasinya.. dkt pasifik dan ex tanah tetangga..

      #senggol bung Sharky!! pangapura ne kang klo 35 sempat jd polemik apalagi Berkut!!
      hehehe..

        • hehehe..ya namanya saja sohib! semua yg ada di etalase boleh dimiliki asal sesuai Renstra jg kebutuhan. tdk semua item itu cocok dg pola jg kontur kita. we choose that fit on us!!
          tapi mr Choose borong semuanya yg ada di etalase,tinggal dtgnya sj!!

          hayoo.. kenapa Leo Ri di up tp Neng Tears terlupaka..

          #kadet sebelah penasaran,siapa tau penasaran kaya P8..

          • Hehehehehe…. Papa sampe nangis terharu keluar air mata…semua yg di etalase dan koper di gowo kabeh..minggat opo yoo..?Tears of the papa..air mata..air mata…uhuk..uhuk..
            Adios amigos#edisi papa nangis airmatanya mengalir sampe jauh hingga bengawan solo…..xixixiixixi

          • @bung arumanis, neng tears tu maksudnya tank armata. kabarnya indonesia membeli ribuan tank dari jenis spti leopard, armata, black panther. jd g cm 100 tank leopard

          • Bung PR….
            Leo 2RI terpilih krn budhe merkel kasih ijin unt di -SNI kan dimari krn budhe merkel dan om sarkozy katanya mo ternak Leo 3…..smtr itu armata belum matang secara teknologi dan stempel cap tempur belum dipunyai, at least nunggu beberapa tahun lagi unt matang tempur….. Apa demikian kah?
            ….jikalau mr choose pilih semua yg di etalase mas putin termasuk yg di koper juga…… Wow…. Jadi inget lagunya “….menghitung hari.. By KD” unt palagan asteng…..
            ….jong un suka nyumet mercon, cino – rusia latgab, usa kirim ketapel, samurai & amitabachan gabung arisan, duerte tebar pesona, band armada jaya dan band angkasa yudha lagi konser, kadet tonggo teparo dikongkon ngintip karo numpak perahu layar,…. Menhane mas putin pesen 6 lontong karo 4 bu yan sing Manis (opo iki boso gae RI ta rek ….)……walah wis mumet pisan awaku….. Hihihi
            ….kasih cerito dong bung PR …..the Super old school is back in the air of nusantara …..jos tenan yo kang….

            Salam Indonesia nan Jaya!

  17. Strategi, logistik, taktik..
    Sepertinya TNI sedang menyindir administrasi saat ini..
    Dengan meresmikan kri tarakan..
    Pelajaran mengenai logistik bukan hanya disaat perang, tapi juga dimasa damai..
    Logistik bukan hanya urusan ke tentaraan tapi juga sipil..
    Terkoneksi dengan teori sebelumnya bahwa strategi adalah memilih perang yg dimaui, taktik adalah bagaimana perang itu dimenangkan. Logistik dan mobilitas adalah cara untuk menjalankan taktik bahkan membuat opsi2 taktik menjadi lebih variatif..
    Logistik bukan hanya apa yg bisa kita angkut, tapi juga apa yg bisa kita buat..
    Ya.. memang saat ini kita sedang bermasalah dengan logistik dan mobilitas..
    Semoga dapat diambil pelajarannya..
    #mau hitam, mau berantakan..
    #ini indonesia yg sedang berusaha bangkit dan berdiri, ..
    #ayo semangat, perjuangan belum berakhir kawan…

  18. Tuh para cadet negara2 tetangga ngapain pd suruh berlayar ,pas waktu nya armada jaya pa disuruh lihat hantu laut? sama hantu udara?.

    • @bung Molimo
      Apakah maksud sesuai kontur itu salah satu nya adalah tipe negara indonesia yang tropis dan banyak pulau…selain perbukitan…hutan…lembah atau gunung…hehe…(yang berbeda dng alam dingin salju dn cuaca 4 musim)

    • Tear=Arxxxx
      cina punya SM3 kn baru mau..lah rusky malah ud buat custom SU khusus kita.. nah yg di Blow itu 35id sdg SM3id nya sdh 2tahun dsni loh!.

      Blm semua item di etalase ganti KTP,Ada yg lg test drive di tetangga biar tdk gaduh kawasan.. wong (P) aja dilarang ngoceh jika ditanya tipe KRI nya.

      pres pinoy memang di set up ky gitu biar proxy vs proxy,sdh main Player bkl sparing di eropa aja!..

      see what will happen next few days in paris

  19. saya heran sm rusky, jangan2 mereka jg ksh yg sm ke panda…toh,mereka justru lbh berani tampil mesra dikancah internasional…sdg kita,cm jd selingkuhannya sj???atau…??

    • Hehehehehe….bung NC bingung sama langkah mr.putin..?jgnkan sampean lha wong intel barat,asu dan cino jg ikut bingung..lha piye indie juga jepang skrg ikut arisan di lcs..hihihihihi… Rusia tdk tahu..?ahh mosok mas putin gak tahu.. puyeng jg mumet cino kan..?asu..? Mumet juga pada kumpul di lcs nambah ribet.. weleh2 pinoy jd badboy setelah gaul sama kepala gank selatan..berani kali kau duterte..xixixixi..ban kimon dan obama pun kau semprot..cino pun kau tantang..wakakakkak.. Siapa yg backup pinoy..?hehehehe
      Adios amigos#kadang selingkuhan lebih menang banyak dari istri resmi..xixixixi

      • Bung BW…..
        Itu jong un lagi demen nyumet mercon atom di bulan ini…. Apa ini sinyal buat cino agar ga umek klaim laut natuna?…. Jadi anggota2 yg arisan punya banyak topik plus mumet bin sumpek….. Seneng banget kalo samurai dan amitabachan jadi anggota baru….. Xixixixi

        Anyway, apa cocote duerte pd ban ki moon / UN dan Obama kapan hari buat konter perpektif daripada Obama cs dgn justifikasi UN sblm melakukan pelemahan fisik thd NKRI dgn konsep propaganda spt di timur tengah spt di Iraq dgn propaganda senjata pemusnah massal, faktanya tidak Ada….. Apa itu bisa dikatakan sbg deligitimasi UN di kawasan asia tenggara yg dibargainkan dgn ketua Gank non Blok terkait klaim cino sak udele dewe?
        Salam Indonesia nan Jaya!

        • Hehehehehe…. Jong un si anak bengal di omelin pbb uji balistik malah nambah uji nuklir..muke gile sampe gempanya terasa dimane2 …anak buah cino kalo bpknya tersudut pasti anaknya ngamuk nyari perhatian asu cs..hehehehehehe
          Cocote duerte makin kenceng.. Pasus asu di pinoy selatan disuruh plg kampung krn abusayyaf bukan nya dihajar malah dipiara..xixixixixi
          Proxy vs proxy…disemua medan tempur termasuk cino di lcs…cacing kawasan hanya bisa bengong yg maen bukan kelas teri lagi model proxy fpda tp kelas berat dgn nuke segala, ausit pun suruh pilih cino atau asu..hehehehehe
          Adios amigos#eropa dan asu pun pusing 7 keliling dgn langkah moskow di suriah

  20. weleh2 … bung PR dan bung BW .. bukan lagi rembesan .. bocor ban .. hehehe
    sekalian ditunggu bocorannya ya yang disinggung bung Hadna .. pada waktu rombongan kapal2 CSG asu …. mau gabung sama armada kapal cino .. lewat laut utara sulawesi .. eh di semprot sama hulubalang kita … mister tolong matikan aegis nya … lah sampe ndredeg si punggawa kapal asu nya … iku barang opo yo bung PR dan bung BW … apa kreasi dalam negeri atau masih dibantu sama negara lain …
    lha terus dulu di warung sebelah disebutin katanya kalau ga salah dari bung SS … hehe kemampuan radar kita bisa membaca gerakan pesawat sampai di negara vietnam … lah berarti yang singoporno , upil sama tetangga selatan apa ga bisa diintip juga …
    monggo dicerahkan kembali bung PR dan bung BW .. tak nyimak sambil siapin gorengan sama kupinya …

    • wah pak SS sdg merendah,coverage area SatRad nya jika di taruh Ranai (- 600nm),saumlaki (- 550nm),selatan jawa makassar morotai biak(@450-550nm) silahkan ambil busur jangkar dan liat di peta sampai mana area detecting nya. itu baru Satrad biasa yg stealth beda lg area coverage jg detecting serta max captured altitude.

      #yg jd risaunya adalah knp si ikan paris di grounded mulai mm38-40?
      #mugi-mugi bukan karimata tp DDG songong..ibarat winchun vs TaiBo..

      • Bung pr mengulang pertanyaan di atas. Apakah semua berita alusista yg ad dwrung sebelah itu kita punya atau punya kita trus dbikin artikel supaya rakyat tau atau hanya sekedar artikel saja.

        • exocet mm38 life cycel booster rocketny sdh habis,seeker jg sdh sering error. tp bkn Litbang TNI AL klo tdk bsa oprek ini rudal. beberapa rudalny msh bsa di andalkan seperti SeaCat,SA7grail ex parchim.
          cuma krn skrg sdh ada Yakhont,bram,705 802 ya itu aj yg d coba sdg old school ny jd second layer aj alias cadangan.

          • Bung BW dan Bung PR,
            Apa bener C705 delay launched 5 menit stlh hitungan mundur daripada perintah penembakan dari panglima tertinggi TNI dari kri clurit?
            Waduhhh…. Itu awak kcr bisa KIA atas balasan serangan rudal musuh….

          • Kenapa bisa delay gitu bung @pr di media lain di kabarkan setelah fokus kamera pindah ke arah presiden, rudal baru meluncur 🙁

          • Hehehehe…bung PW dan bung Sugie sehat selalu bung..memang delay penembakan dalam hitungan menit sgt mengkhawatirkan..lha piye selisih itungan detik aj bs bikin bung Pr latian ngitung diatas eject seat..hehehee tp itulah gunanya uji tembak..utk bisa di evaluasi dan jd pengalaman kru nya..bukankah rudal dan alutsista canggih lainnya memang hrs di uji dlm latihan sblm diterjunkan dlm pertempurn sesungguhnya..?kalo utk negara tetangga yg jaguh itu alutsista memnag hanya sbg aksesoris dan parade sj toh mrka gak akan pernah menembakkan apalagi berperang sendiri..hehehehe..jd jgn herran jk sama nelayan cino yg jelas2 mencuri sj mrka sgt takut sekali..
            Btw diantara negara2 di dunia militer kitalah salah satu dari sedikit negara yg memilki kemampuan pergeseran pasukan dan logistik secara besar2an dan aktif sepanjang tahun..bahkan kapal dan pesawat angkut yg berusia lbh dari 50 tahun pun msh menjadi tumpuan pergerakan tsb..luas wilayah dan bermacam medan ops memiliki kesulitan tersendiri yg membuat TNI lbh matang dlm melakukan ops di semua medan tempur..ops trikora,dwikora,seroja dan berbagai penumpasan pemberontakan di semua wilayah konflik telah melatih secara real TNI utk melakukan berbagai macam ops linud, ops pasrat amphibi,gerilya &anti gerilya hingga klandestin dalam skala besar.
            Adios Amigos# inilah TNI the real soldier in the world..

          • Bung BW….

            Alhamdulillah…yg saya syukuri dari paparan bung BW adalah ada delay peluncuran itu artinya bahwa hulubalang matra laut masih harus mengasah lagi dan menguasai ilmu peluncuran rudal tsbt dari aspek teknis operational lapangan….yayaya…..bung BW benar…kejadian itu adalah pengalaman terbaik untuk pengusaan teknologi rudal….yang diakuasai kan bukan hanya “bikin rudalnya” aja to bung BW…hihihihi…namun juga harus dikuasai pula ilmu untuk meluncurkannya dgn menyesuaikan kontur/situasi yang menyertainya…..xixixixi….

            Oiya bung BW…entu yang rudal dgn name plate “SNI” yg sempat disempilkan di pojokan KRI kita…mbokyao ikutan disumet pisan ……biar ada mirror system jua sbgmn bung PR sampaikan thd C705…biar ilmu rudalnya tambah muantebbb puooll…hehehehe…eman banget bung krn ada momentum dan target yang masih ada…..

            anyway, jikalau ada monev stlh latma AJ2016 ini, kiranya rbs15 mk3 / nsm dari negeri2 viking opo ya ikutan katut di gudang yang bung…..xixixixi…peace, bung 🙂
            biar gado-gado sekalian itu rudal di tiap punggung KCR

            Salam Indonesia nan Jaya!

  21. Assalamu’alaikum
    Ulasan yang bagus bung werhmacht.
    Selain itu hal yang juga harus di perhatikan adalah bagaimana logistik itu sampai pada saat yang tepat.
    Baik itu dalam penyebarannya, komposisinya, waktunya, jumlahnya, medianya, penjagaannya.
    Kurang lebihnya saya minta maaf 🙂

  22. Sugie freedom dari palopo on

    Semakin seru
    Skrg sy baru tau knp pak duerte smpe brani cocot ke pbb sm obama xixixi
    Abu sayaf bgian dri proxy sp yaa xixixi
    Konflik di dunia penuh dgn rekayasa konspirasi
    Sang garuda mulai bangkit

Leave A Reply