Gubernur DKI dan Keputusan Seorang Mayor

186

Gubernur DKI dan Keputusan Seorang Mayor

mayor_infanteri_agus_harimurti_yudhoyono_m-sc-_mpa

Pada kesempatan terakhir dari batas waktu pendaftaran bagi calon gubernur DKI, muncul nama seorang Mayor lulusan Akademi Militer. Sebuah keputusan yang terlihat sebagai sebuah keputusan yang “last minute”.

Pada umumnya keputusan yang diketahui sebagai sebuah keputusan yang “last minute” pasti ada sebabnya. Mengapa baru atau harus muncul pada “last minute”?

Itu pula sebabnya maka sebuah keputusan yang muncul di “last-minute” akan mengundang banyak sekali pertanyaan yang menuntut jawaban.

Dan pada setiap pertanyaan yang menuntut jawaban, menjadi biasa sekali pula untuk munculnya sekian banyak komentar, tanggapan serta jawaban-jawaban dari pertanyaan tadi yang terkadang spekulatif sifatnya.

Dalam kepemimpinan militer banyak sekali diajarkan tentang keteladanan. Tidak hanya diajarkan sejak dari awal seseorang memasuki dinas ketentaraan, akan tetapi dapat dikatakan dalam hampir setiap kegiatan sehari-hari.

Contoh dan teladan
Maka, inti sari dari sebuah kepemimpinan di militer akan selalu bergumul dengan bagaimana mekanisme “memberi contoh” yang baik terlebih dahulu.

Sudah menjadi sebuah nilai yang universal bagi dunia militer di mana saja di permukaan bumi ini hal yang utama dan pertama yang diberikan kepada calon tentara adalah “memberi contoh” yang baik.

Sebuah langkah wajar sekali dan sangat logis bagi seseorang yang masuk ke bidang kehidupan baru adalah mulai sejak awal harus segera menyesuaikan diri tentang bagaimana harus bersikap.

Bagaimana menyesuaikan diri, itulah yang membutuhkan “contoh”.

Contoh yang baik yang diberikan pada saat paling dini tentu saja akan sia-sia bila tidak berlanjut pada kegiatan harian yang membentuk sebuah keteladanan.

Berangkat dari hal-hal yang sederhana sifatnya, belajar baris berbaris, belajar bagaimana melaksanakan penghormatan sebagai tentara, belajar cara berdiri sikap sempurna dan sikap istirahat dalam barisan.

Kesemua itu membutuhkan “contoh yang baik”, contoh yang seharusnya standar, contoh yang baku.

Selanjutnya dalam pendidikan dan latihan, terutama sekali pada awal-awal perjalanan karier seorang anggota militer, sulit sekali mengesampingkan faktor keteladanan dalam konteks kepemimpinan.

Dalam bahasa yang agak berbeda, namun memberikan pengertian yang sangat jelas tentang hal tersebut, Jenderal Colin Powell menguraikan intisari dari pengalaman panjangnya sebagai komandan dan atau panglima.

“The most important thing I learned is that soldiers watch their leader do. You can give them classes and lecture them forever, but it is your personal example they will follow”.

Kiranya menjadi jelas sekali bahwa seorang Mayor yang sudah banyak sekali dibekali tidak sedikit classes dan lecture bahkan sampai pada strata yang cukup tinggi, tetap saja dan ternyata Sang Mayor will follow personal example. Mengikuti jejak personel yang jadi contoh.

Militer yang sukses

Meski representasinya hanya sedikit, bagi para lulusan akademi militer, contoh tentang lulusan yang sukses dan populer adalah mereka yang menjadi politikus dan pengusaha.

Banyak sekali lulusan akademi militer yang tampil sebagai tokoh-tokoh penting, mulai dari presiden, menteri, dirjen, sekjen, gubernur, bupati dan lain sebagainya. Demikian pula dengan tokoh-tokoh besar yang muncul sebagai pengusaha yang sukses.

Dengan demikian fenomena gubernur DKI dan sebuah keputusan seorang berpangkat Mayor menjadi tidak begitu aneh sebagai sebuah gejala yang akan bergulir selanjutnya ke depan.

Sebuah fenomena yang will follow personal example, seperti dikatakan Colin Powell. Sebuah fenomena yang memang berujud gejala mengikuti keteladanan yang tampak terang benderang di depan mata mereka.

Robert Waldinger, seorang pendeta yang juga seorang psikiater dan analis psikologi dalam penjelasan dari hasil penelitian tentang tujuan hidup seseorang yang telah berlangsung dua generasi, mengatakan, sudah menjadi tujuan hidup setiap orang untuk mencapai sukses.

Apa itu sukses? Ukurannya adalah menjadi seseorang yang populer selain untuk menjadi orang kaya.

chappyhakim6

Pemimpin sejati

Sebenarnya dalam teori kepemimpinan cukup banyak pula yang mengutarakan tentang apa dan siapa pemimpin sejati.

Diskusi mengenai pemimpin sejati, sayangnya sering berakhir pada beberapa kesimpulan yang kadang tidak mudah untuk dimengerti dengan baik.

Kerap disebut bahwa seorang pemimpin sejati adalah dia yang memiliki kepercayaan diri yang kokoh untuk berdiri sendiri, berani untuk mengambil keputusan-keputusan yang sulit dan mengandung risiko, sekaligus memiliki rasa kasih sayang dalam konteks peduli dengan kebutuhan orang lain.

Dikatakan pula, pemimpin juga tidaklah berujud seseorang yang selalu berusaha mengajukan dirinya untuk menjadi pemimpin, akan tetapi seseorang yang kualitas tampilan sosok dan karakter pribadinya terlihat menonjol sehingga banyak orang lain yang justru memintanya untuk menjadi pemimpin mereka.

Dia adalah sosok seorang dengan integritas yang terlihat menonjol dalam keseharian dibanding orang-orang lain disekitarnya.

Pemimpin laksana seekor elang yang tidak pernah terbang berkelompok, tetapi terbang seorang diri sebagai pemberani, jauh dari kepura-puraan yang tentu saja kemudian hanya akan dapat dijumpai atau muncul pada saat-saat tertentu saja.

Lalu bagaimana kita bisa berharap untuk dapat melihat banyak generasi muda tentara Indonesia berkompetisi dengan sehat dan penuh antusias untuk menjadi jenderal, laksamana dan marsekal.

Memberikan banyak pelajaran kepada para perwira tentang perang dan peperangan, tentang strategi dan taktik militer tentang semua hal yang merupakan tugas pokok sebuah organisasi yang didesain untuk perang adalah sangat penting dalam pembinaan perwira.

Mungkin tidak cukup hanya diberikan pada sekolah staf dan komando saja, tetapi kebiasaan mempelajari, membahas dan mendiskusikan semua aspek tentang perang-perang yang pernah terjadi, seharusnya lebih diberikan kesempatan pada seluruh perwira.

Mempelajari apa yang diperbuat oleh para panglima-panglima perang kenamaan yang sukses memenangkan perang harus dapat disajikan dengan menarik kepada para calon komandan dan panglima.

Membaca literatur dari para suhu dan jagoan perang juga akan sangat bermanfaat dalam keseluruhan pembinaan perwira militer.

Kesemua itu dapat sedikit banyak membantu turut membentuk karakter perwira sebagai ksatria penjaga bangsa dan ibu Pertiwi yang tidak mudah tergoda dengan sekedar popularitas dan kekayaan.

Napoleon Bonaparte bahkan menyerukannya dengan spesifik, ”Read over and over again the campaigns of Alexander, Hannibal, Caesar, Gustavus, Turenne, Eugene and Frederic…..this is the only way to become a great general and master the secrets of the arts of war”.

Saya menerjemahkan dengan bebas, baca, baca dan bacalah lagi. Sayangnya, membaca adalah justru kelemahan terbesar dari banyak para perwira kita.

Negeri ini membutuhkan tentara sejati, anak-anak muda pemberani, para perwira ksatria yang senantiasa siap mengabdikan dirinya kepada negara dan bangsa yang dicintainya dan tidak kenal menyerah.

Berpulang juga tanggung jawab ini kepada kita semua untuk saling bahu membahu agar negeri ini dapat menghasilkan para perwira sejati yang tidak mudah tergoda kepada hal-hal selain bagi kejayaan Indonesia.

oleh Marsekal TNI (Purn) Chappy Hakim
Gambar oleh Google dan Patsus Dede Sherman

Share.

186 Komentar

  1. Siap Marsekal..!! Sikap hormat sambil plirak plirik.. Nendi bung Pr..kumendan seniore muncul malah ra keto’….wis ojo olih mabur manuke ae ndan ..atau suruh adusi hercules ae ndan..hehehehehe (ketawanya belakangan klo di depan kumendan)
    Adios amigos#mantap..!!! major bermental jenderal..(kayak ane waktu muda gantengnya)..klo skrg ya lbh maksimal gantengnya kyk kumendan chappy..xixixiixixi…

      • Hehehehe…
        Selamat bergabung di web bung NS yg mencerahkan ini bung Amang.. Semoga bisa mengambil byk manfaat kebangsaan dari artikel2nya..hehehehe
        Setelah kumpulan cacing banyak mengalami kegagalan dalam memproxy bangsa ini sebelumnya dan penggalangan kekatan separatisme di timur negara ini berhasil diredam dgn cantik..tampaknya musuh2 negara ini mulai menjalankan skenario separatiisme dgn dukungan negara2 melanesia dgn menyuarakannya di PBB..dan tampaknya itu semua sdh diantisipasi oleh kemenlu dan jaringan intelijen negara.
        @bung Molimo kalo soal ganteng mmg sdh suratan takdir 11-12 lah sama kumendan..hehehehe kalo pangkat ya beda nasib bung.. wong bakul mentok2 ya hanya tengjen..(tetangga jenderal) hihihihihihi…
        Adios amigos# makin melebar medan proxy di kawasan timur..semoga bisa segera diredam total sebelum hajatan prepot..

  2. TNI mengeluarkan ratusan juta supaya seorang mayor menjadi anggota partai /Gubernur, saya pikir dia itu seorang “war junkie ” .
    NGGA habis pikir bau amunisi ditukar dg bau kantor sipil/ kantor partai

    • Hehehehehe… Tdk boleh juga menilai seseorang hanya dari luarnya saja bung Defcon..hanya tuhan yg tahu latar belakang dari niat Mayor Agus.. Berkiprah dan mengabdi kepada bangsa bisa dari bidang apapun..jika memutuskan berpolitik maka beliau artinya dapat menjaga dan membela NKRI di Parlemen ataupun di birokrasi pemerintahan.. Ke 2 bidang tsb juga sgt strategis dan menjadi incaran musuh negara dalam melamahkan bangsa ini.
      Jika kita hanya berfikir perang konvensional..justru ancaman yg byk kita bahas di sini juga menyangkut ipoleksosbud disamping hamkam itu sendiri..perang asimetris dan proxy war.. Yg jelas2 lbh byk menyasar ke pada masyarakat dan rakyat Indonesia yg heterogen yg justru lbh rentan utk diadu domba dgn pelemahan karakter dan nasionalisme bangsa melalui sendi2 kehidupan masyrakatnya ..menggulung karpet tanpa menginjak karpetnya..?hehehehe.. Penghancuran Nilai2 Pancasila dgn cara sistematis seraya berupaya merubah UUD itu justru terjadi di ranah politik parlemen.
      Bukankah medan tempur di Parlemen ini juga memerlukan orang2 yg hebat dan mempunyai jiwa nasionalisme serta ber jiwa patriot..?
      Adios amigos# melihat secara jernih semua permasalahan bangsa..musuh sdh mulai menggulung karpetnya bung..
      https://id.m.wikipedia.org/wiki/Yoyok_Riyo_Sudibyo

    • Justru patut dicermati,kenapa seorang mayor AKABRI dengan karir cemerlang sampai rela mengorbankan karirnya demi kepentingan yg lebih besar,yaitu membendung ego etnis tertentu untuk menguasai NKRI lewat ibu kota.

      • sebagai orang yang ber KTP jawa tengah.. saya sih tidak memiliki hak suara di jakarta..
        sehingga saya bisa melihat dari berbagai macam sudut pandang (tidak subjektif)..
        menurutku.. majunya mayor agus memang ada agenda tersendiri..
        termasuk salah satu strategi militer (karena menurutku hanya orang bego, yang keluar dari TNI yang sudah mendarah daging hanya demi sebuah jabatan gubernur, seorang kstaria dilatih untuk rela berkorban, tidak perlu nama besar karena hidupnya untuk pengabdian ini adalah pendidikan dasar militer) jadi menurutku beliau maju karena ada agenda tersendiri bukan untuk jabatan tapi demi negaranya..
        #just my opinion
        #jangan melihat hanya berdasar media massa karena mereka tidak netral
        # hati- hati proxywar.. ingat kita sedang berperang walau tidak ada letupan senapan
        Salam NKRI

        • klo bisa bung pindah ktp ke jakarta mumpung lagi mudah lo…malah disarankan pindah ktpnya ke jakarta aja….proses sejam jadi..heeeee

    • Amunisi itu berupa kebijakan bung defcon,kita lihat nanti jika memang bisa terpilih,apakah amunisinya bikin jeri lawan atau tertawa geli.amunisi ini sdh standart HAM bung.

    • Terlepas dari siapa bapaknya, Mayor Agus Harimurti Yudhoyono telah mengambil keputusan terbaik untuk dirinya, rakyat Jakarta dan masa depan Indonesia yang sedang di”perkosa” oleh ASING dan ASENG. Mayor Agus tidak buta mata hatinya .. dia Sapta Margais sejati, cucu seorang Daidancho Sarwo Edhie Wibowo ini telah menemukan jati dirinya dan “pertempuran” yang sesungguhnya .. Indonesia sekarang tidak bisa maju dengan cara berfikir dan bertindak yang KONVENSIONAL dan Mayor Agus itu bukan seorang yang konvensional.
      Bravo Mayor Agus .. kembalikan Pasal 33 ayat 3 UUD 1945 Asli dan Sila ke 5 Pancasila kepangkuan rakyat Indonesia.

  3. Selain freeport, Chevron juga Akan hengkang dari Indonesia di tahun 2019….kita akan berhadapan dgn Romawi zaman sekarang, yg mempunyai track record perang demi sumber daya alam… Ini malah pengen jadi gubernur / partai (instead preparing for war)

    • Hehehehe…tdk akan pernah terjadi perang bung defcon, jika pancasila dan UUD45 telah di gulung di karpet Parlemen melalui permainan para politisi busuk dan kompradornya …
      Dan pastinya saat ini TNI tdk bisa masuk ke ranah tsb..kecuali ada patrot yg rela masuk ke lingkaran parlemen dan membungkam mereka para komprador dgn cara yg lbh lihay…
      Bukankah dwifungsi Abri sdh ditiadakan..?itulah salah satu benteng negara yg dipreteli pada jaman reformasi sbg titipan pihak asing..shgga apapun yg terjadi di ranah politik TNI tdk bisa berbuat apa2..terlepas dari pro dan kontra kewenangan fraksi abri dan keberadaannya di jaman orba..
      Adios amigos# kalo byk wakil rakyat masuk kpk krn uang dan korupsi, rentan negeri ini tergadai..ditambah dgn hilangnya koalisi penyeimbang di parlemen maka selesailah cerita tentang negeri yg bernama Indonesia tanpa perang.
      Semoga ada byk para ksatria yg mampu melindungi negeri dan bangsa ini di semua bidang kehidupannya..

      • maaf bung bw
        saya mmg masih blm apa2 dibanding njenengan
        tp sy punya pandangan berbeda ttg dwifungsi abri
        bukankah skrg tni smkin profesional dg tidak ikt cawe2 politik?
        ketika abri d parlemen dulu, bukankah hanya jd stampel yg mngkuti penguasa?
        n jk kt kmbli pd sistem majelis tertinggi
        maka pupus lah cita2 tertinggi anak indonesia, jd RI 1

        • Hehehehehe..
          Podo wae kita semua disini dan sehat selalu bung Nico.. Yo diskusi sing apik nambahi wawasan..
          Spt yg saya sampaikan dwifungsi abri terlepas dari pro dan kontranya di jaman orba, sesungguhnya memp posisi yg sgt strategis utk melindungi bangsa ini.. jika dulu semua anggota partai diparlemen termasuk fraksi abri dianggap sbg stempel dari penguasa utk melanggengkan kekuasaannya..
          maka saat ini pun kita perlu khawatir parlemen menjadi institusi yg digunakan oleh pihak2 luar utk melemahkan seluruh sendi2 kehidupan berbangsa dan bernegara mulai dari pengesahan uu yg pro kpd kepentingan mereka hingga amndemen UUD demi tujuan sang dalang..
          TNI Sbg alat pertahanan negara merp satu2nya institusi yg sulit ditembus pihak luar utk disusupi krn doktrin sapta marganya..walau kemungkinan itu juga tetap ada spt yg terjadi di turki atau negara2 lainnya.
          Disisi lain kemajuan teknologi menjadikan batas2 negara menjadi semakin mudah ditembus dan semakin mudahnya mereka pihak luar mencuci otak generasi muda dgn paham2 dan kebudayaan yg sesungguhnya bertentangan dgn nilai2 kehidupan yg telah dianut bangsa ini dgn berlindung dibalik ham dan modernisasi gombalnya..
          TNI sbg alat negara pada dasarnya saat ini dikekang hanya pada tugas pokoknya saja padahal di tengah arus modernisasi gombal ini TNI juga dituntut utk menjaga keutuhan bangsa..lha piye wilayah negaranya utuh tapi masyarakatnya hancur..?cangkang utuh jeroane brodol.. Hanya tinggal menunggu waktu terjadinya balkanisasi..hingga serbia,kroasia serta bosnia hrs terbentuk meninggalkan kenangan ttg negeri yg bernama Yugoslavia ..
          Hehehhehe
          Berharap ada aturan yg dibuat lbh baik utk tdk dpt disalahgunakan kepentingan kekuasaan namun mampu menyuarakan suara TNI dan para pemuka Agama serta para pimpinan adat dari semua daerah untuk memiliki ruang berjuang di parlemen utk menjaga bangsa ini dari skenario pelemahan dan penghancuran di masa mendatang. Adios amigos# semoga langkah terbaik para patriot mampu membendung skenario terburuk yg bisa menimpa negeri ini..

          • Bung bw mau nanya dwrung sebelah kok ad gmbar pesawat hawkeye untuk natuna…mang kita sudah punya itu y soal y kmren2 berita y kan lbih banyak bahas yg pesawat dri saab atau memang kita dah punya kduanya atau jangan2 kita sudah punya pengintai dri jnis lain lg selain dri yg dsebutkan tdi.

    • gak perlu war bung @defcon jika memang freeport kembali kepangkuan ibu pertiwi,mabok tuh keuangan sang paman sampo,sebab samponya sdh tdk berbusa busa.secara obat busanya sdh tdk dikirim lagi. Yg ikut puyeng juga produsen obat sampo lainya musti buat obat lbih banyak.

    • bung defcon@bgmna kalau lang pak jokowi ditiru oleh mayor agus?…walikota..gubernur..presiden…dan saya pikir,di militer paling pol jadi panglima,dan prosesnya sngt lama! Presiden yg sangat nasionalis akan membawa perubahan yg lebih signifikan pd bangsa ini daripada seorang panglima, apalagi mayor…jadi,keputusan mayor cerdas untuk shortcut ke panglima tertinggi Republik Indonesia..

  4. Bukanlah lewat parlemenpun kita bisa membuat gelombang kejutan buat para musuh nkri.asal para politikus punya mempunyai jiwa nasionalisme.tapi apa kah adajiwa jiwa mereka .dimana sebagaian besar sudah mengadaikan dgn fulus.politikus produk licik dari sebuah partai yang mengarong uang rakyat secara legal.tapi mau tdk mau pun semua keputusan tak jauh dari dunia perpolitikan….

  5. Wah….saya ketinggalan bnyak artikel nie,salam hangat untk smua saudara patga…saya mau menyampaikan unek2 hati saya,,,sebenerny kita skrng dlam status kolaps mkany saya harap seluruh rakyat negeri ini bersatu dan buang ego masing2 karna didpan kita sudah mnanti medan perang dan perpecahan yg nyata….biarlah para ksatria2 kita mnjadi ujung tombk untk mencongkel para penjual negeri ini dan kita patut mnjadi gagang tombak yg kokok….
    #maaf cuma unek2 pribadi saya dan mohon kasih saran dan masukany….

  6. Semoga Mayor Agus bisa menyelamatkan Jakarta dari cengkraman Konglomerat Mata sipit.. maaf bukan bermaksut sara.. tapi jika ingat BLBI.. hampir semua perampok negeriku adalah mata sipit dengan setatus warga negara tapi takpernah mencintai INDONESIA.. jangan mengulang kesalahan yang sama…..!!!!

    • Inilah yang saya takutkan dimana tdk ada keadilan disini. Para perampok BLBI tsb uangnya dgn adanya tax amnesty ini skg sdh dilegalkan. Seharusnya negara menyita uang BLBI tsb utk pembangunan.

  7. Semoga sukses buat mayor agus dalam tugasnya memberangus akar2 proxy,sebelum menjalar dan berkembang menjadi besar,semoga keutuhan NKRI tetap terjaga,Amin.

  8. Indonesia sekarang ini membutuhkan seorang pemimpin yg dapat berteriak “MERDEKA” dlm arti sesungguhnya.seorang pemimpin yg berani menjadi martir bagi bangsanya yaitu:
    1.berani menghadang peluru yg akan dilesatkan oleh asing dan aseng yg tdk suka dgn kebijakannya.
    2.lemparan granat dan cemooh para begundal begundal piaraan asing yg bentuknya sama dgn kita
    3.menjadi seorang ibu yg melindungi dan mengayomi rakyat miskin.
    4.tdk memberikan harta yg berlimpah dari kekayaan bangsanya baik itu secara materi (sumberdaya alam) kpd asing demi mengharap uang receh seperti seorang pengemis dipinggir jalan yg menukar kehormatan dirinya dgn uang recehan
    5.ingat JASMERAH kemajuan itu hanya dari kita untuk kita rakyat indonesia.jgn biarkan rakyat menunggu terlalu lama,hingga karam perahu besar yg bernama indonesia.
    6.dipundakmu itu ada kejayaan dan dipundakmu ada kehinaan kelak ketika dirimu menghadap Allah sang pencipta semesta alam.
    7.wahai pemuda guncanglah dunia dgn kejayaan indonesia!kita bukan bangsa kacung dan kita bukan pecundang. “RAWE RAWE RANTAS MALANG MALANG PUTUNG,HAYO……….INI DADAKU MANA DADAMU.PEMUDA!!!…..GELORAKAN SEMANGAT MU!……..

  9. Penggemar tempe on

    Sepertinya ada sesuatu yg sangat mendesak untuk diselamatkan sehingga keluarga pak sby dan tni rela memutus karir cemerlang mayor agus harimurti dr kemiliteran. Selamat berjuang mayor slmt berjuang tni ku. Sbagai rakyat saya hnya bs berdoa smoga selamat jakata selamat pula indonesia dr rncn jahat yg tlh disusun asing

  10. kita hanya bs menduga,sedikit meraba-raba ataupun mengamati sebuah permainan POLITIK
    dibutuhkan kecerdikan jg keberuntungan!
    jalan masih panjang apa yang hendak kita lalui,setiap langkah setiap detik sewaktu-waktu bs berubah sesuai arah angin kepentingan!
    utk DKI 1 ,apapun faktor yg pro dan kontra bagi kaca mata sy pribadi… petahana sangat diuntungkan!ibarat seorang bos,bila hendak memilih anak buah pasti yg dicari adl org yg bisa di ajak kerjasama dg segala keinginan sang bos,org yg bs mampu membawa misi sang bos,yg bs menyenangkan sang bos…
    bos di sini ya RI 1 dan orang2 yg di blkng nya….
    logika sederhana sj yg bs sy cerna…
    selanjutnya,silakan bung2 pun berlogika …
    apapun hasil logika kita,kita(rakyat)selama ini hanya bs mempunyai hak pilih(coblos) krn mekanisme demokrasi spt itu adanya!
    baiklah,kepentingan dan hak2 rakyat selama ini banyak disalahgunakan oleh sebagian besar oknum(hehe) partai dan pejabat-pejabat nya… padahal rakyat Indonesia sendiri yg memilih…terus,dimana eksistensi rakyat?mf… opini pribadi!

  11. Mayor guanteng…hehehehe…..
    Saat ini….yg diperbincangkan oleh beberapa gosipers adalah…posisi Agus H. Yudhoyono sebagai anak/turunan dr pak SBY….dlm perbincangan nya adalah..apakah karena turunan langsung maka dengan mudah menjadi sebuah potensi untuk ikut dlm cagub? Apakah dr TNI (aktif) yg paling mampu hanya dari seorang Agus H. Y.?
    Jujur…si gua ajah masi gagal paham…alasan pribadi dr Agus H.Y.,alasan dr partai pendukung, dan alasan para penjaga tanah air dn ibu pertiwi (uud45-pancasila) dengan memilih mayor Agus?(karena si gua yakin…mayor Agus H.Y. Memilih cagub atas diri pri adi dn bukan dr influence external)

  12. Menarik sekali membaca komen dari patga ini, yg hampir rata2, menganggap seolah-olah jakarta dalam keadaan yg genting atau sakit parah yg membutuhkan sang penolong atau ksatria, padahal faktanya, justru jakara saat ini dalam kondisi menuju perbaikan yg serius dan tegas, jauh lebih baik dari tahun2 sebelumnya yg tak berdaya mengurus jakarta, jika agus seorang ksatria sejati, dia seharusnya tetap mengabdi di militer sampai batas waktu pensiun normal walaupun harus pensiun dini, karena pendidikan karier militer agus di danai oleh negara, jelas ini demi ego kepentingan parpol dan dinasti sby, bukan demi jakarta.

  13. assalamualaikum… ayat lahir Agus Yudhoyono…lahir tgl 10 Agustus 1978… Allah SWT berfirman:

    اَلَّذِيْنَ عَاهَدْتَّ مِنْهُمْ ثُمَّ يَنْقُضُوْنَ عَهْدَهُمْ فِيْ كُلِّ مَرَّةٍ وَّهُمْ لَا يَـتَّـقُوْنَ
    “(Yaitu) orang-orang yang terikat perjanjian dengan kamu, kemudian setiap kali berjanji mereka mengkhianati janjinya, sedang mereka tidak takut (kepada Allah).”
    (QS. Al-Anfal: Ayat 56)…apakah ini maksud bahwa Agus Yudhoyono keluar dari militer?… wallahuam…

  14. kita lihat ayat sesudahnya yg merupakan korelasi alias berhubungan dengan langkah besar Agus Yudhoyono yg terjun ke politik…
    Allah SWT berfirman:

    فَاِمَّا تَثْقَفَنَّهُمْ فِى الْحَـرْبِ فَشَرِّدْ بِهِمْ مَّنْ خَلْفَهُمْ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُوْنَ
    “Maka, jika engkau (Muhammad) mengungguli mereka dalam peperangan, maka cerai-beraikanlah orang-orang yang di belakang mereka dengan (menumpas) mereka, agar mereka mengambil pelajaran.”
    (QS. Al-Anfal: Ayat 57)…maka kekalahan Agus Yudhoyono dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 akan jelas ditafsir ayat lahirnya karena bubarnya dukungan…. wallahuam…tanya jawab silahkan email saya…

    • Saya sependapat dengan bung BW,sebisa mungkin agama tidak terlibat terlalu jauh di sini,yg saya senang dengan PG ini selalu membahas murni tentang NKRI tanpa ada isu SARA,demi menjaga ketertiban yang terjalin selama ini,sekali lagi ini hanya pendapat saya

    • Anda salah dalam menafsirkan dengan asal colek tersebut. biarlah masa depan adalah rahasia Alloh.
      Kemenangan hanya milik Alloh dan kekalahan dunia menjadikan kamu agar bisa menang disisi Alloh. Mengetahui rahasia dilanjutkan dengan dugaan hanya menyebabkan fitnah dan kerusakan.
      Seorang wali Khutub pun ketika dibukakan rahasia tentang sesuatu, maka akan menyerahkan semua urusan tersebut kepada Alloh.

  15. Bakulo Wajaro on

    Hehehhehe..
    opo meneh iki…?
    Maaf tidak ada isu sara disini..yg ada hanya patriotisme dan nasionalisme serta cinta tanah air…
    Ayat2 di kitab suci alquran hrs dilihat menyeluruh dan latar belakang turunnya suatu ayat atau surat….tdk boleh sepotong2 macam amatiran pake primbon segala..
    Hahahahaha…tim opo meneh iki..?hebat sekali AHY diabadikan langkahnya di kitab suci..hehehehehehehe…’Kejauhan mass..
    Adios amigos# wis oro ono panggung to le..?hihihihihihi…

    • lihat ulasan saya di “panah penunjuk arah”eps.8….jika panah itu saya artikan kitab suci paling relevan di agama saya Al Qur’an…apakah Anda seorang muslim atau bukan,sudah ditunjukkan disitu ayat lahir seseorang juga mempengaruhi kondisi mikro n makro…bahkan ayat lahir dan ayat yg menunjukkan tanggal pelantikan setiap presiden di Indonesia sudah saya hitung…hanya dua contoh nya melihat reaksi warga patga sini…apakah percaya saya?kan lebih baik percaya Al Qur’an….

      • Pakne
        Maaf klo saya harus mengatakan, apa yg anda lakukan adalah cenderung otak atik gatuk,
        Menafsirkan Al Qur’an ada syarat yg harus dipenuhi, dan Al Qur’an adalah sebagai pedoman jiwa dalam mencapai maqom khalifah, ahlakul karimah.
        Kata kata anda cenderung meramal tentang seseorang dengan mencoba otak atik gatuk mengaitkannya dengan Al Qur’an, dan saya yakin anda tahu bagaimana hukum meramal dalam Islam.

  16. Bung Pakne,
    Aku gagal ngerti atas komentar bung…. Kenapa ada kalimat “tanya jawab ke email saya “…..sangat aneh sekali daripada sudut pandang saya ,kmd sudah ada statement kekalahan dlm pilkada lha wong pilkadanya aja belum jalan….. Aku merasakan bhw bung memaksakan suatu statement yg dibalut cuplikan ayat Al Quran dgn memaksa pula.
    Apa bung ini anggota tim sukses salah satu pasangan calon pilkada Jakarta 2017?
    Di forum patga pd kolom komentar ya tersaji apa adanya

    • maaf bung saya dukung atau tidak toh saya tidak tinggal di DKI Jakarta…tapi saya hanya menambah satu sisi keilmuan yg mungkin “aneh” tapi kenapa meragukan kebenaran Al Qur’an?saya sebelumnya sudah mengulas dengan ayat tafsir tanggal pelantikan Presiden Sukarno dan Suharto….tinggal bagaimana semua cerdas mengambil sisi “ilmu” ini…tanya jawab bukan tentang dukung mendukung calon…hanya kenapa penjelasan dari sisi “ilmu” ini mencoba menjawab keraguan saya selama ini…bahwa Indonesia adalah bagian dari RahmatNya…

    • bukankah di artikel ini juga diulas tentang sisi ke ilmuan spiritual saat membahas kerajaan ghaib laut kidul…bahwa saya juga heran kenapa “aneh” di forum diskusi militer ada sisi “religinya”?…apakah ilmu hitung ayat Al Qur’an warisan leluhur saya juga aneh?bahkan jika pemilihan presiden tahun 2019 mendatang sudah ada jawabnya….saya boleh dikatakan “aneh”…tapi apakah Al Qur’an juga aneh?lihat ulasan saya tentang ayat pelantikan Presiden Sukarno dan Suharto…bahkan semua presiden …jika mau saya tampilkan disini….

      • Sanad, Nahwu, Sharaf, Asbabul nuzul, Shirah nya sudah genap…?

        Kok pake dihitung?

        Kenapa harus pake Email pribadi?

      • Anda Mengaku Muslim jadi Bacalah :
        “Kabarkanlah kepada orang-orang munafik bahwa mereka akan mendapat siksaan yang pedih, (yaitu) orang-orang yang mengambil orang-orang kafir menjadi teman-teman penolong dengan meninggalkan orang-orang mu’min. Apakah merekamencari kekuatan di sisi orang kafir itu? Maka sesungguhnya semua kekuatan kepunyaan Allah. “ (An Nisaa 4:138-139)
        “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu): sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain. Barangsiapa diantara kamu mengambil mereka sebagai pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada oarng-orang yang zalim ” (QS. Al-Maidah: 51)
        “Hai orang2 yang beriman! Janganlah kamu jadikan bapak-bapak dan saudara-saudaramu menjadi pemimpin-pemimpinmu, jika mereka lebih mengutamakan kekafiran atas keimanan. Dan siapadi antara kamu menjadikan mereka menjadi pemimpin, maka mereka itulah orang2 yang zalim” (At Taubah:23)
        “Hai orang2 yang beriman! Janganlah kamu mengambil orang2 kafir menjadi wali (teman atau pelindung)” (An Nisaa:144)
        “Janganlah orang2 mukmin mengambil orang2 kafirjadi pemimpin, bukan orang mukmin. Barang siapa berbuat demikian, bukanlah dia dari (agama) Allah sedikitpun…” (Ali Imran:28)

  17. pilihan yg sulit jg dilematis AHY! satu sisi saat karir cemerlang didepan mata terhampar luas dan disisi lainya adalah kewajiban kepatuhan seorang Anak yg berbakti kepada Orangtua nya.
    apapun latar belakang dari keputusan sang ketua dewan pembina pasti sdh dipikir matang jg cermat tanpa mengesampingkan keutuhan serta kesatuan bangsa.

    apakah di tubuh TNI ada yg lbh baik dari AHY? jawabnya adalah sangat banyak dan lbh buanyak lg yg sdg disiapkan. karena pd dasarnya menjadi Prajurit TNI apapun pangkatnya tiap prajurit itu sdh didik leadership management sbg bagian dr strategi kemiliteran. tapi krn Beliau adalah anak dari Mantan Presiden maka langkah pencalonannya membuka sinyal khusus bg yg sdh ckp paham dg kondisi riil bangsanya ini.

    menjaga keutuhan rumah lbh baik membongkar habis rumah saat mengganti Genteng kan!! hehehe

  18. Bung pakne,untuk menafsirkan alquran itu ada ilmunya bukan ilmu gotak gatik gatuk.arti yg tersurat terkadang bukan yg sebenarnya alias kiasan.lha….nanti low ada yg tdk cocok,kita menyalahkan alquran.kan jd kblinger.

    • Bakulo Wajaro on

      Hehehehe.
      Ojo galak2 toh bung Abu Nawas..Org sabar pusernya lebar..xixixiixixi…Sehat selalu bung..keep calm..
      @pakne.. Ane tentunya muslim dan sgt percaya dgn alquran tanpa reserve..lha kalo ane percaya sampean bukankah ane musyrik..?hehehehe…
      Berbeda pendapat di mari silahkan.. Tp ndak hrs yg aneh2 gitu kalee.. Jngan2 ente guru cepiritual yg sdg mencari murid via online dgn email pakne..?hihihihi..
      Adios amigos# belum pernah di strap ngitung laron kyknya nih sama ndan NS..bisa ganti nickname pakne jd paklik sampean…kihkihkihkih..

  19. assalamualaikum buat semua warga patriot…setiap orang punya bakat dan wadah utk menampung keilmuan itu sendiri….saya contohkan lagi ayat pelantikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono….tgl pelantikan 20 Oktober 2004…ayat yg dihitung oleh ilmu warisan leluhur saya… Allah SWT berfirman:

    وَ يَوْمَ نَحْشُرُ مِنْ كُلِّ اُمَّةٍ فَوْجًا مِّمَّنْ يُّكَذِّبُ بِاٰيٰتِنَا فَهُمْ يُوْزَعُوْنَ
    “Dan (ingatlah) pada hari (ketika) Kami mengumpulkan dari setiap umat, segolongan orang yang mendustakan ayat-ayat Kami, lalu mereka dibagi-bagi (dalam kelompok-kelompok).”
    (QS. An-Naml: Ayat 83)…secara umum di google hanya melihat hubungan juzz dan tgl lahir…dan masih ada hubungan dengan ilmu warisan leluhur saya…juzz juga sama juzz 20…dan hanya yg orang umum tidak diberi tahu adalah ayat rahasianya dimana…maka lihatlah isi tafsir surat an naml ayat 83…disitu Allah SWT akan mengumpulkan orang2 dari setiap umat dari kelompok2…analoginya adalah banyaknya koruptor tertangkap KPK yg ternyata semua partai/kelompok ada orang2 pendusta/korup tersebut…jadi Subhanallah…bukankan saudara patriot sudah saya tunjukkan rahasianya kejadian ini yg bahkan anda bisa tanyakan ke absahan hasil saya ke “guru” spiritual masing2 yg tentunya harus Islam…karena sumbernya dari Al Qur’an….

  20. Subhanallah…segala tuduhan dari Anda tentang saya,maka saya kembalikan ke sang Khalik Allah SWT..saya tidak minat mengajari siapapun…saya cmn diberi warisan ilmu ini oleh Kakek saya yg juga veteran perang 1945 dan pernah berguru ke kyai Hasyim…semula saya ragukan ketepatannya…tapi saya tidak meragukan isi dan kandungan Al Qur’an seluruhnya… dimana ada sejarah dan sejarah adalah suatu kejadian yg pasti berulang sm seperti nama hari seminggu atau bulan setahun…hanya orang yg eling dan waspada yg selamat…mirip analogi spion di kendaraan bermotor Anda…itu guna supaya anda tidak ditabrak oleh “sejarah” dari belakang/masa lalu….

    • Wkakakkakaka….. importir gurun pasir….. sayangnya kami bukan anak cucu ibrahim…. saatnya RADEN WIJAYA hadir kembali di tanah leluhurnya ini…. huahahhahahaa…

  21. sebelumnya lihat ulasan saya di artikel panah penunjuk arah bag.8….saya kaget ternyata ayat lahir presiden Sukarno dan ayat pelantikan beliau menunjukkan bahwa negeri ini masih di RahmatiNya….dinginkan kepala,saya yakin admin patga juga bangga warganya bermacam2 kalangan dan disiplin ilmu…apakah salah jika saya menunjukan satu sisi ilmuNya di forum ini?toh bagi saya Anda terpengaruh atau tidak itu urusan Allah SWT yg bisa menolak balikkan hati…jangan sampai kita merasa surga dikapling oleh keyakinan kita sedangkan yg Maha Melihat tau isi hati kita….Maha benar Allah dengan segala firmanNya…

  22. Bakulo Wajaro on

    Walaikumsalam…Allright kalo begitu bung Pakne..silahkan melanjutkan keyakinan anda..hehehehehehe…
    Maafkan sy yg tdk berlaku adil karo sampeyan…semoga sehat selalu..hehehehe
    Adios amigos# edisi sadar org lain berhak punya pendapat dan keyakinan..#sok bijaksana ane..hihihihihihi…

  23. waduh ada yg main pake dalil al-qur’an ni horor.. men..
    aku sih.. mending @pakne jangan mbahas itu dsini..
    1 pemahaman orang berbeda2
    2 tidak ada relevansinya sih kayaknya cuma maen utak-atik gatuk
    3 mungkin saya yang terlalu bodoh atau guru saya juga masih perlu banyak belajar.. dulu waktu ngaji tidak pernah ada pembelajaran seperti itu.. nafsirin al-qur’an itu ada ilmu nahwu, mantiq, sharaf, asbabun nuzul dll.
    itupun harus bersanad biar tidak tersesat
    ya.. mungkin aq yang bodoh dan guruku yang kurang ilmu jadi tidak tau ada penafsiran model seperti itu
    makanya untuk Al-qur’an saya ngikut aja ama pemahaman guru saya yg serba kekurangan dan saya tidak usah mengebutkan “Nama Seorang Tokoh” agar dianggap benar, sehingga kemungkinan saya keliru SANGAT BESAR

    Terima Kasih
    Salam NKRI

  24. Subhanallah Alhamdulillah…masih banyak warga patriot yg sudah dewasa menyikapi perbedaan dan mengakui kekeliruan….saya juga masih belajar menemukan letak kekeliruan hitungan ilmu warisan leluhur saya ini…mungkin juga anda dan saya akan bertemu di satu “ranting” yg sama…yg pasti satu keturunan Bani Adam as….ilmu ini juga tidak bisa dikatakan utak Atik gatuk….sebab rumusnya pasti….dan tugas kita menafsirkan dari kejadian yg sudah terjadi…untuk yg akan terjadi tentu saja ada “batasan”nya saudara patriot ku….jika saya katakan 2019 Jokowi dan Ahok bersatu lagi…mungkin banyak yg mengulas dari politikus negeri kita yg dimuat media…tapi saya juga tidak membantah andaikan Jokowi dan Ahok tersirat di tafsir Al Qur’an…hanya saya batasi supaya anda tidak menuduh saya pendukung mereka…andai ada calon gubernur yg bertarung di daerah lainpun sudah saya hitung…dan saya tinggal melihat kebenaran firmanNya…bagi yg beragama lain,saya mohon maaf jika kurang berkenan…karena perbedaan itu indah kan?seperti kebun bunga yg dikunjungi lebah utk diambil madunya….dan setiap jenis lebah memilih bunga pilihannya sendiri kan?

    • ndak kok tenang aja. rata2 kawan2 disini orangnya woles woles kok klo masalah beginian. boleh dijabarkan bung ilmu hitungannya gimana si yg jokowi ahok 2019 ?

  25. saudara patriot ku….saya hanya ambil contoh buat umum ya yang diketahui umum aja…saya pun menghitung ayat lahir alm ayah dan ibu saya….juga diri dan semua anggota keluarga saya…hasil akhir kadang sudah ditentukan/takdir dari yg maha kuasa…sedangkan Dia masih membuka lowongan” ampunan” buat hambaNya selama nafas masih ada….bahkan kadang kematian seseorang itu membawa hikmah buat yg lain,semisal mengingatkan bahwa dunia ini sementara dsb,…begitupun kelahirannya….apakah kelahiran orang berdosa sebesar firaunnya nabi Musa tidak memberi hikmah buat kelahiran sang nabi pembebas Bani Israil Musa as?hanya dimana kita memposisikan saat itu/ini…apakah meminta ampunan atau bersyukur?bukankah hanya dua ciri seorang hamba…yaitu meminta ampunan Nya dan bersyukur kpdNya….

  26. Bung pakne,sy apresiasi dgn apa yg disampaikan sampeyan. Namun sy yg kurang paham sangkut pautnya dgn AHY dan peristiwa2 yg telah terjadi dgn ayat suci AlQuran yg sampeyan petik secara partial. Perbedaan itu jelas sunatullah namun hanya Rasulullah SAW saja yg mendapatkan kewahyuan langsung dari Allah berwujud AlQuran.
    Apalagi ke indonesia an. Memang AlQuran juga sejarah dimana dgn sejarah yg diceritakan jadi pelajaran umat Muhammad Saw kemudian.
    AHY itu kasarnya sdg jual beli dgn idealism nya. Sekilas saja,AHY dan Bapak nya penerima bintang Adhi Makayasa. Secara apapun sbg manusia pada umumnya sy respect dgn pencapaian itu. Dan mereka berdua muslim lagi.
    Keblinger sampeyan jika dgn memetik ayat AlQuran dan menyimpulkan salah satu hal bahkan asbabun wurudnya belum tentu benar jadi gak perlu jadi asbabun nuzul.
    Jika bapak sampeyan president 2 periode dgn kondisi indonesia yg carut marut saat itu dan sampeyan mayor gemilang apa yg sampeyan lakukan untuk indonesia?

  27. terimakasih bung sukrov…anggap saja saya keblinger atau keliru…tp selama saya bisa membaca Al Fatihah…semoga Allah SWT menunjukkan jalan dan petunjukNya lewat Al Qur’an…bukankah banyak dimana2 kata2 …”….sampaikanlah walau satu ayat”…. kebanggaan saya melihat prestasi AHY di militer juga setara kebanggaan saya dengan ayat lahir SBY…lahir 9 September 1949… Allah SWT berfirman:

    وَ قَالَ مُوْسٰى يٰفِرْعَوْنُ اِنِّيْ رَسُوْلٌ مِّنْ رَّبِّ الْعٰلَمِيْنَ
    “Dan Musa berkata, “Wahai Fir’aun! Sungguh, aku adalah seorang utusan dari Tuhan seluruh alam,”
    (QS. Al-A’raf: Ayat 104)…siapakah Firaun yg dimaksud jika saya menganalogikan SBY adalah nabi Musa as…tidak lain tidak bukan adalah Amerika cs dengan NATO nya….lihat korelasi ayat sebelumnya… Allah SWT berfirman:

    ثُمَّ بَعَثْنَا مِنْۢ بَعْدِهِمْ مُّوْسٰى بِاٰيٰتِنَاۤ اِلٰى فِرْعَوْنَ وَمَلَاۡئِهٖ فَظَلَمُوْا بِهَا ۚ فَانْظُرْ كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الْمُفْسِدِيْنَ
    “Setelah mereka, kemudian Kami utus Musa dengan membawa bukti-bukti Kami kepada Fir’aun dan pemuka-pemuka kaumnya, lalu mereka mengingkari bukti-bukti itu. Maka perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang berbuat kerusakan.”
    (QS. Al-A’raf: Ayat 103)…negara industri maju Amerika cs tidak sudi sebelumnya ikut KTT perubahan iklim di Bali….dimana lapisan ozon atmosfir bumi karena asap pabrik mereka…maka SBY berhasil membawa Amerika cs ikut KTT perubahan iklim di Bali 3-14 Desember 2007…fantastis sekali hal ini bagi saya…memaksa Amerika cs menandatangani kesepakatan pengurangan emisi karbon dan membantu pemulihan hutan termasuk hutan Indonesia bung….mana ada Presiden sebelumnya memaksa Firaun jaman ini hadir ke negerinya dan menyerah…. begitupun anaknya…semoga mengikuti jejak bapaknya…tetapi apakah sudah siap?atau dipersiapkan saya juga yakin sebagai sesama militer pasti siap…siap salah Ndan!siap laksanakan Ndan!itu juga awal kata2 saat saya menjalani dastrit…..tapi inilah politik…ibu tiri tidak sekejam ibukota dan ibukota kalah kejam dengan politik…

    • Bakulo Wajaro on

      Hehehehe.. BuNg Pakne.. Mohon dicerahkan utk tgl lahir sby 9 September 1949 sesuai dgn gotak gatik gatuk saya 9+9+19+49 = 86
      Kenapa ayat rujukannya justru surat ke 7 ayat 103..? Atau ada itungan lainnya..? Dikali atau dibagi..? Atau di apain lagi..?
      Monggo di jabarkan cara mendapatkan surat dan ayatnya..

      Adios amigos# ane tunggu jawabannya bung Pakne…ojo rojali lo..ehh ojo lali lo…

      • Bakulo Wajaro on

        Hehehehhe…
        Mohon dijawab ya bung Pakne..demi kemaslahatan masyarakat patga dan ane sendiri..
        Bagaimana menghubungkan tgl lahir sby dgn surat ke 7 al a’raf 103 dan 104..????
        Monggo bung pakne..
        Adios amigos#edisi mumet menganalisisnya..

  28. @bunh dragunov….jika tidak salah atau ada perubahan atas kehendak Allah SWT…maka tanggal pelantikan Presiden 2019 adalah sama 20 Oktober 2019…ayatnya sbb… Allah SWT berfirman:

    لَـقَدْ وُعِدْنَا هٰذَا نَحْنُ وَاٰبَآؤُنَا مِنْ قَبْلُ ۙ اِنْ هٰذَاۤ اِلَّاۤ اَسَاطِيْرُ الْاَوَّلِيْنَ
    “Sejak dahulu kami telah diberi ancaman dengan ini (hari kebangkitan); kami dan nenek moyang kami. Sebenarnya ini hanyalah dongeng orang-orang terdahulu.””
    (QS. An-Naml: Ayat 68)…hari kebangkitan?mungkin bagi pengagum Ramalan Jayabaya atau Nostradamus inilah era dimana yg terpilih hadir…kita lihat ayat sebelumnya dulu… Allah SWT berfirman:

    وَقَالَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْۤا ءَاِذَا كُنَّا تُرٰبًا وَّاٰبَآؤُنَاۤ اَئِنَّا لَمُخْرَجُوْنَ
    “Dan orang-orang yang kafir berkata, “Setelah kita menjadi tanah dan (begitu pula) nenek moyang kita, apakah benar kita akan dikeluarkan (dari kubur)?”
    (QS. An-Naml: Ayat 67)….hanya komunis yg tidak percaya akan hidup sesudah mati kan?kalau saya mencoba (semoga keliru) pilihannya disini komunis bangkit atau terpilihnya salah satu pasangan yg diduga dari asal moyangnya negeri partai komunis/cina/keturunan cina….disebutkan kami dan moyang kami bahwa sesungguhnya masih saudara dlm hal ini….atau lihat di media ketika Gus Dur menyemangati Ahok saat gagal menjadi gubernur babel “…jadi presiden saja kamu bisa!”dan lihat dimana UUD 1945 sdh diamandemen buat jalan non pribumi ikut menggapai posisi puncak di pemerintahan….salah siapa?salah saya?yg pasti salah kita bung…memilih wakil rakyat yg berani n lancang mengandemen UUD 1945…jadi inilah kehendak Allah SWT….bahwa keimanan akan diuji setiap saat bukankah Rasulullah saw bertetangga dengan damai dengan Yahudi dan bersahabat dengan Raja Nasrani di Ethiopia yg akhirnya semua memeluk islam karena apa?akhlak bung…kan admin disini sudah membuat artikel ” pancapranata….”…maka kita samakan dengan akhlak…

    • minta hitungan2 nya bukan penjabarannya… monggo di babar hitungannya trus sangkut paut sama ayat2 Al Quran seperti apa ?

    • Bakulo Wajaro on

      Hehehehe… Ikut belajar bung Pakne.. Mohon maaf sebelumnya utk rekan non muslim, saya mencoba mengikuti pemikiran bung Pakne utk mengkaji ilmunya :
      Menurut anda tanggal pelantikan Presiden 2019 adalah sama 20 Oktober 2019…artinya perhitungan ayat diambil dari penjumlahan 20+10+20+19 = 69 ayatnya berarti 67-68 an-naml begitu ya bung..??

      Tanya 1 : Terus bagaimana anda memastikan bahwa ayat tsb di ambil dari surat an-naml bukan surat yg lain..??bukan al baqarah atau ayat yg lain..?
      Mohon dijawab ya bung..

      Ayat 67 an-naml
      “Dan orang-orang yang kafir berkata, “Setelah kita menjadi tanah dan (begitu pula) nenek moyang kita, apakah benar kita akan dikeluarkan (dari kubur)?”
      (QS. An-Naml: Ayat 67)….hanya komunis yg tidak percaya akan hidup sesudah mati kan?kalau saya mencoba (semoga keliru) pilihannya disini komunis bangkit atau terpilihnya salah satu pasangan yg diduga dari asal moyangnya negeri partai komunis/cina/keturunan cina….

      Tanya 2 : Artinya anda mentafsirkan ayat 67 org keturunan cina akan menjadi presiden RI di 2019..?mungkin maksud anda ahok..?
      Next question..
      Ayat 68 an-naml
      “Sejak dahulu kami telah diberi ancaman dengan ini (hari kebangkitan); kami dan nenek moyang kami. Sebenarnya ini hanyalah dongeng orang-orang terdahulu.””
      (QS. An-Naml: Ayat 68)…hari kebangkitan?mungkin bagi pengagum Ramalan Jayabaya atau Nostradamus inilah era dimana yg terpilih hadir..???

      Tanya 3 : Di ayat 68 ini anda mentafsirkan bahwa kita lengah dan org yg terpilih menjadi pemimpin RI ini sesuai ramalan jayabaya dan nostradamus adl ahok..?yg keturunan cina akan menjadi pemimpin memakmurkan negeri ini..?alias satria piningit..?benarkah..?

      Bagaimana kalo ayat yg pas lsg ayat 69 tdk mundur spt yg anda jabarkan..
      disini kalo saya rujuk ke ayat 69 an-naml yg lbh pas dgn gotak gatik gatuk anda.. maka terjemahannya sbb :
      Katakanlah (Muhammad) “Berjalanlah kamu dibumi, lalu perhatikanlah bagaimana kesudahan org2 yg berdosa”
      Apakah boleh saya tafsirkan ahok dan nenek moyangnya akan nyungsep sebelum pilpres 2019 sesuai ayat 69..?
      Hehehehehe..
      Silahkan bung beri kami pencerahan ttg ilmu anda..
      Adios amigos# mari belajar kritis dgn hal baru..siapa tau nambah bini.. Ehhh nambah wawasan…huhehehe

      • Bakulo Wajaro on

        Hehehehehe.. helloooo bung Pakne.. Bagaimana pertanyaan saya dan kesimpulan saya dikoment atas apakah bisa juga diterima…?
        Atau hrs sesuai dengan misi anda di sini..?
        Helloooo pakne…yuuuhhhuuuuu…
        Adios amigos#nunggu pakne muncul jelaskan penggunaan ayat2 suci ..

        • ……mak gedubraakkk….. Dengkul anjloooogggg……. Byuhhh kejungkel gegoro kulit gedhang…. Xixixixi…….
          Aku guyuuu kemekel…. Hihihihi…..
          ……skak mat wis…… Hehehe…….
          Bung Pakne…… Sampeyan nangdi? Iki lho digoleki bung BW….. Ngenteni jawabane sampeyan iki…….

  29. saya menemukan berita ini…tolong dicari sumber lain supaya jelas berita ini salah… Beritateratas.com – Partai Demokrat (PD), PAN, PKB dan PPP yang tergabung dalam Koalisi Cikeas sepakat mengusung Agus Harimurti Yudhoyono sebagai calon gubernur pada pilkada DKI Jakarta. Putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu diduetkan dengan Sylviana Murni, deputi gubernur DKI bidang pariwisata dan kebudayaan.
    Sebelum Koalisi Cikeas secara resmi mengumumkan nama Agus sebagai cagub DKI yang berpasangan dengan Sylviana Murni, berbagai kalangan sudah menyarankan agar kakak kandung Edhie Baskoro Yudhoyono itu fokus di militer. Terlebih, suami Annisa Pohan itu punya karier mentereng dan masa depan yang menjanjikan di ketentaraan.
    Agus kini masih tercatat sebagai Komandan Batalyon Infanteri Mekanis/203 Arya Kemuning, Kodam Jaya. Pangkatnya mayor. Sederet prestasi dan riwayat kariernya juga meyakinkan.
    Karenanya, banyak yang terkejut dengan kesediaan Agus mau maju di pilkada DKI. Apalagi SBY semasa masih jadi presiden pernah mewanti-wanti ke anggota TNI/Polri agar tak berorientasi menjadi kepala daerah.
    SBY menyampaikan pesannya pada 2009, ketika memberi pengarahan kepada taruna, pengasuh, dan perwira TNI-Polri di Graha Samudra Bumi Moro, Markas Komando Armada Kawasan Timur. Menurut SBY, para taruna lulusan TNI dan Polri harus bercita-cita menjadi perwira yang berhasil di lingkungannya.
    “Yang tidak benar kalau kalian memasuki akademi TNI Polisi lantas cita-citanya ingin menjadi bupati, wali kota, gubernur, pengusaha, dan lain-lain. Tidak tepat,” ujar SBY seperti dilansir Antara.
    Tapi kini SBY sebagai ketua umum Partai Demokrat (PD) telah bertitah. Keputusan pun sudah diambil: Agus berduet dengan Sylviana sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI.
    Menurut Ketua Umum PPP M Romahurmuziy, justru sederet prestasi yang diraih Agus membuat Koalisi Cikeas semakin yakin untuk mengusung penyandang gelar master science in strategic studies dari Rajaratnam School of Intenational Studies, Nanyang Technological University, Singapura itu.
    Romi -sapaan Romahurmuziy- mengatakan, Agus selalu berprestasi di setiap penugasan dan punya disiplin tinggi. Riwayat penugasannya pun berderet, baik di dalam maupun luar negeri. arvard University (2010), dan George Herbert Walker School of Businnes and Technology, Webster University (2015). “Sehingga memiliki visi yang dibutuhkan warga Jakarta,” ujar Romahurmuziy di Cikeas, Bogor, Jumat (23/9). (mas/jpg/jpnn)
    ….yg muda yg berprestasi semoga sukses dan membawa kebaikan dlm memimpin DKI Jakarta mendatang…

  30. Pakne low menurut ilmu pakne pd surat alanfal 57 itu adalah Allah berseru pd muhammad, jika dianalogikan muhammad sebagai agus jika menang disuruh mencerai beraikan pihak lawan jika tdk musuh akan bangkit dan menang sebab sdh ada jalan lewat amandemen uud 45.begitu?atau perlu di ubah tanggal pelantikan presiden?cari tanggal yg pas.yo silahkan ditumpahkan unek2nya biar gak eneg.

  31. bung Pakne@wah…ilmu yg sangat menarik bung. Saya mau tanya bung, misal saya punya tgl lahir 8 Apri 1985, brti nasib atau masa dpn sy sdh tertulis didalam al quran dg “kode” tanggal lhr tsb ya bung?berarti, jika pd tanggal itu ternyata didunia ini lahir 1273 bayi, maka nasib bayi2 tsbt sama bung?

  32. Bakulo Wajaro on

    Hehehehe…
    Breaking News… Sandera abu ngayap bebas lagi.. Hihihihihi.. Semoga selesai dan bung T bisa segera muncul.. Dah kangen sama tulisan pujangganya kumendante..
    Adios amigos#semoga beliau sehat selalu..

  33. @orca…saya dan anda apalah daya kita melawan kehendak takdir ilahi?andaikan….sekali andaikan ada perubahan seperti memaju mundurkan tanggal atau yg lainnya…bukankah dulu Yahudi juga tau tanggal kelahiran nabi Muhammad saw?hingga kehendak Allah dengan segala tipu dayaNya berbalik menipu mereka…lagipula saya analogikan AHY adlh ahli strategi seperti Rasulullah saw…dimana perang badar sejumlah kecil tentara Muslim menghalau jumlah besar kafir Quraisy yg lebih lengkap senjata dan peralatan tempurnya….bisa jadi AHY ikut Pilkada DKI Jakarta cmn batu lompatan untuk mengganti kan sang Romo SBY… mirip Puan yg dijadikan menteri di jaman Jokowi buat mengganti Ibunya….kalah bagi AHY adalah langkah ke arah depan yg pasti buat mencalonkan diri jadi wapres atau capres pastinya kesitu…

  34. @bung dragunov…bisa ga minta warisan ke tetangga atau temanmu?maaf…bukannya menghina atau mungkin Anda ikut belajar…nanti dikatakan saya mencari murid,td kan sudah ada yg menuduh begitu bukan?biarlah ini jadi ladang amal leluhur saya lewat saya…Ok bung

  35. @newcomer…sayapun awalnya berpikir seperti Anda bung…jika banyak yg lahir di tgl yg sama persis bahkan jam dan detiknya apakah sifatnya sama…maka saya tarik kesimpulan begini saja…sifat manusia sesuai juzz kelahirannya di Al Qur’an…misal juzz 1 untuk kelahiran tanggal 1 itu sifat umum kelahiran tgl 1 kalau ada yg beda pasti ada satu sifat yg cocok bukan? Googling aja deh…tp masih ada kombinasi lagi…toh setiap bangsa punya almanak atau hitungan sendiri bukan?cina punya Feng shui …Jawa punya primbon… Arab juga punya …maka bolehlah kita kombinasi kan… setau saya golongan darah pun membawa sifat yg sama…dan ada rahasia huruf ain yg jadi dasar saya membedakan antara satu orang dengan orang lain selain harus diketahui nama ibunya…ingat Nasab dari Bapak dan Nasib dari ibu…

    • Sipp Bung Pakne, lha terus karena ini adl al quran tanggal lahir yg digunakan ini berdasarkan kalender nasional(masehi) atau kalender hijriyah bung? Kan penanggalan ada jawa, masehi hijriyah dan lain2nya bung…

  36. @newcomer…bolehlah dikatakan seperti itu berbagi ilmu…ilmu harus dicari di lembaga resmi bukan…sekolah,madrasah,pondok dsb…apakah ini sekolah?atau saya cari murid?tadi kan sudah dituduh demikian…maafkan saya

    • Paijone Paijah on

      Bung pakne, bisa jd sejarah itu akan terulang n terus terulang. Tp kalo harus mengaitkan pencalonan AHY dg apa yg tertulis di Al Qur’an rasanya kok berlebihan ya bung, terlebih kalo argumen Anda terkesan seolah cm utak atik gathuk spt itu, ujung2nya jd kontroversial kan bung? Hihihi..
      Saya pernah membaca berita jikalau salah satu calon kandidat gubernur DKI sempat melemparkan statemen spt ini. ” Jangan tak pilih saya hanya krn QS Al Maidah 51″, hehehe.. Sebagai seorang muslim selayaknya statemen spt itulah yg perlu kita counter bung, krn saya pribadi melihat statemen itu seolah ditujukan untuk membelokkan keyakinan muslim dlm memilih seorang pemimpin, dlm hal ini saya tak melihat ini sbg isu sara krn ini menyangkut keyakinan masing-masing, semua berhak menentukan dan memilih calon pemimpin atas dasar keyakinan masing-masing..
      Hehehe, paijo yakin yg beranggapan itu sbg isu sara adl mereka yg bukan muslim dan atau mereka yg diragukan kemuslimannya..

  37. Yang satu imigran yaman yang satu imigran china dan yang satunya lagi pribumi asli nusantara… jika anda memang pribumi asli mestinya anda gak perlu repot brrpikir siapa yang akan anda dukung…. setinggi apapun sekolah anda dan sepintar apapun anda kalo mengagungkan dan nemilih bangsa asing.. anda tidak lebih dari seorang budak budak jaman dulu…… ambil kaca dan tanya hatimu apakah anda mirip anak cucu ibrahim…atau anak cucu sun tzu…. wkakakakakakaaaa…. saatnya RADEN WIJAYA mengambil alih negerinya… wkakakkakakaakaaaa

  38. @newcomer… sementara saya pakai kalender Masehi biar gampang…sebab kalau penanggalan Hijriyah ataupun saka tentu saja pakai rumus lain…dan saya mencoba memang ga jauh beda…
    @elang…bung…anda terlalu mengkultuskan Raden Wijaya ya?sebagai orang kelahiran negri Trowulan,saya bangga masih ada yg ingat…hanya apakah Anda tau pasang surutnya kerajaan dan siapa yg mengandung abisheka atau menasbihkan Raden Wijaya sebagai raja Majapahit?

  39. Raden Wijaya semisal analogi saya mirip Cao Cao di legenda tiga kerajaan Tiongkok….demi menjadi kaisar Nusantara beliau harus menaklukkan seluruh kerajaan di kepulauan Nusantara… hanya satu yg tidak boleh…yaitu kerajaan induk..Galuh

  40. Ngawur dasar ngawur menafsirkan ayat Alquran tanpa hadis adalah kesalahan besar dan tindakan spekulatif yang tidak berdasar.

  41. luar biasa….
    mari kita sama-sama belajar aja bung.
    jadi inget dulu guru agama saya pernah cerita. kalo nyari suami atau istri, sholat istikharoh dulu. trus buka alquran. check kata pertama di pojok kanan atas di halaman tersebut. jika artinya jelek, sebaiknya di hindari calon tsb.
    jangan tanya saya dimana korelasinya.
    jangan tanya saya itu bener apa nggak, al quran dibikin begitu.
    point saya adalah. banyak ilmu yang menurut bahasa kita “otak atik gathuk” diluar sana yg berkaitan dengan dalam hal ini al quran.
    saya menghargai semuanya yg berpendapat di sini.
    bahkan dengan issue sensitive begini masih pada adem diskusinya.
    khususon buat bung BW. sampean secara ksatria mengaku khilaf dan minta maaf. salut mbek sampean bung.
    # saat menentukan istri, saya nggak pake cara di atas. soale aku murid bandel ora ngandel an kalo dikasih tahu xixixixizi….
    mohon maaf jika ada yg salah….

    • wah, sm bung KZ…hehe sy juga saat dpt pacar dulu, sholat Istikharah, baca surat Al ikhlas, An nas, Al Falaq dan Al fatikhah masing2 3x, terus buka Al quran (sak bukak-bukake dan cukup sekali), terus pd lembar Al Quran sebelah kanan hitung 9 baris kebawah….nah, pada baris ke-9 itu adalah jawaban dari apa yg sy hajatkan…hehe…kebetulan jawaban di ayat tersebut tidak sesuai dg hati dan perasaan saya, maka dengan TERPAKSA sy abaikan…ohhhh….Cinta itu buta….wkwkwk….Dan pak yai saya pun cuma tertawa terkekeh kekeh..keh….keeeh…

      • Paijone Paijah on

        Asem lah bung new comer ini, masak iya nyari pacar saja dibelain segitunya pakai sholat istikharah jg, hihihi.. Mending kalau niatnya mau pacaran tutup mata, tutup telinga sekaligus tutup hati deh bung, karena dlm islam itu egk pernah mengenal istilah pacaran deh, kalau dilihat sekiranya sreg, tinggal bung analisa terus sdh mantap tinggal bayar mahar deh sama ayah mertuanya, hahaha

          • Paijone Paijah on

            Hihihi, kalau niatnya mau dijadikan bini, itu artinya bung new comer dlm berpacaran dilakukannya secara sehat dong bung, hmm.. Ntar sampean egk meluk atau egk nyium ntar dibilang pacar pean egk sayang atau punya pacar yg lain loh. Hahaha.. Cuma intermezo saja ya bung, jgn terlalu diambil hati.. Karena biar bagaimanapun hidup tetaplah sebuah pilihan, setiap orang punya hak utk memilih jalan hidupnya..

  42. @paijone paijah….melihat lagi kesejarah penyebaran Islam lewat Walisongo bung…juga banyak cerita kontroversialnya…ada yg bilang Raden Patah makar kepada ayahnya sendiri Brawijaya Pamungkas….ada yg bilang lain juga…bahkan sampai ada legenda sumpah Sabdo Palon yg akan kembalikan jaman Majapahit setelah 500 taun lagi…diselingi kedatangan penjajah Belanda lewat VOC nya….ini berarti negeri kita bukan diklaim satu agama saja…hanya dengan manusia yg beradab dan berakhlak saja suatu bangsa akan maju…

    • Paijone Paijah on

      Iya bung, sejarah memang seringkali berulang meski waktu dan setting tempatnya berbeda, tp ketika itu blm terjadi semua tak lebih dr sebuah ramalan, bisa terjadi bisa jg tidak. di Jawa biasa biasa disebut sbg ilmu titen, menganalisa sesuatu yg terjadi dan memperkiraan apa yg akan terjadi berikutnya berdasarkan yg sdh biasa terjadi atas pertanda yg ada, makanya orang Jawa sdh tidak asing dg yg namanya buku primbon.
      Hehehe, budaya dan agama meski sama2 dipandang sbg kebaikan tp tak selalu nya selaras loh bung, tak jarang keduanya mlh berbenturan, peace bung pakne..

  43. @bung Pakne: lhooo… kok ngunu. yg namanya warisan ya memang buat anda sendiri. lebih baik jgn di share disini klo nantinya bisa jadi polemik yang mendekati sara. harusnya anda diam saja cukup untuk konsumsi anda dan keluarga anda itu lebih bijak. saya pun tumbuh dengan banyak sodara dengan bermacam kepercayaan adat jawa. ada yg kejawen, manunggaling kawulo lan gusti, islam abangan hingga saptadarma. sodara saya itu pun punya banyak pandangan soal negara ini tapi itu pun tidak dengan gamblang mreka ungkapkan dan saya tidak bertanya kepada mreka hal2 yg terlalu dalam karna saya tau beban yg mreka pikul. sabar saja nanti ada waktunya tinggal tunggu “titi kala mangsa” momentum. respect selalu untuk bung pane dan semua warga patga

  44. @bung dragunov,warisan jika niatnya mau dibagi maka menjadi ilmu yang barokah jika hikayatnya berujung dgn lebih banyaknya kebenaran atau hal2 yg benar,poin testingnya jika tingkat acceptance tunggu. Jika sebaliknya,seperti kata bung dragunov,tunggu momentum jika ingin berbagi.
    Silent is gold but talk wisely is diamond.

    • iya bung…. yg saya kejar adalah pernyataan ramalan ato menurut yg bersangkutan adalah perhitungan tentang 2019 disandingkan dengan ayat Al Quran. sedangkan Al Quran sendiri itu bahasa yg Tinggi dari Tuhan Yang Maha Esa. itu saja sih

  45. @dragunov..bukan begitu bung… analoginya adalah kita sedekah tp kan ga menyerahkan sumber sedekahnya bukan?sama bung…di keluarga saya ibu dr lingkungan santri/putihan…bapak saya kebanyakan ikut kejawen/abangan…hanya ketemu muaranya di kalimat “opo jare Gusti”…atau kehendakNya…masalah sara juga mohon melihatnya dari sudut pandang per individu…apa tipe orang fanatik,atau moderat atau malah masa bodoh…

    • @bung pakne…. mending mana sedekah cuman antara anda dan Tuhan yg tau ato anda dengan sengaja memperlihatkan amalan anda ke orang banyak. ya klo tujuannya sedekah “ilmu hitung2an” ya paparin dong gk usah setengah2. misalkan muncul ayat2nya dari perhitungan sperti ini trus cara perhitungannya Pake persepuluhan ato bilangan biner ( misalkan sperti itu ) anda harus bisa paparkan hitung2annya sama halnya dengan guru. lah untuk sara itu ada kalanya harus sedikit dilawan bukan secara fisik bukan dengan verbal melecehkan. tinggal kejar aja apa yang dia sampaikan nanti juga tau motif sebenarnya. karna sara itu akan terus berulang supaya kita tau celah, motifnya dan polanya.

  46. @all warga patriot…mungkin sumbangsih saya ke bangsa ini ga seberapa…tapi setidaknya saya hanya berharap menahan diri dari fanatisme atau ego sesaat dan legowo apa yg sudah digariskan illahi…apakah pemimpin/presiden kita kelak muslim,nasrani,hindu,budha,kejawen,konghucu…bukankah jelas di UUD 1945 “presiden Indonesia adalah orang Indonesia asli”…kalau blasteran?dimana n siapa orang Indonesia asli?jika pernah pindah warga negara lain lalu balik lagi jadi WNI?….apakah melihat suku?apakah harus muslim?disinilah letak kedewasaan bangsa ini diuji….

  47. @bung pakne,jika kata kata ini yang akhirnya keluar dari sampeyan,maka mbuletnya sampeyan ya hanya hujjah saja. Saya apresiasi saja,karena kembali ke diri kita masing2. Yang pasti kemaslahatan umat jauh lebih penting dan Khalifa maknanya bukan pemimpin namun pengganti. Pengganti siapa? Awal mula kata khalifah sejak tongkat estafet jatuh ke Abu Bakar As.
    Jika sekarang memang pemimpin kita banyak yang gak amanah,mari kita mencerdaskan bangsa ini agar tidak salah pilih lagi,karena yg mayoritas adl Muslim jadi koruptor juga org islam.
    Seyogyanya,jika berjuang itu gak kenal lelah. Alternatif? Saya lebih rela mengikuti apa yg telah dicontohkan,hanya keadaan darurat luar biasa saya menjatuhkan suatu hal ke yg luar biasa.
    Istiqamah dgn jamaah.. minimal ketika salah,kita bisa menegur dan patga salah satu rel utk indonesia satu.

  48. Memang tidak bisa diprediksi utk pencalonan AY ini spt halnya jokowi yg setengah periode loncat dari walikota solo, ke gubernur DKI lalu tak diduga skg mjd presiden. Btw itu semua hak semua warga negara.

    Dengan semakin meningkatnya ekstensitas perpecahan bangsa dalam pilkada di DKI ini dgn terkuatnya isyu sara memang diperlukan seorang calon yang msh fresh dlm bidang perpolitikan, calon yg jauh dari skandal korupsi dan skandal lainnya, disamping dibutuhkan jg seorang pemimpin yg cerdas, santun, dan bisa diterima oleh semua kalangan shg bisa menyatukan semuanya. Dgn adanya tiga pasangan colon gubernur, diharapkan para pemilih jakarta mempunyai berbagai alternatif pilihan. Semoga gubernur jakarta dgn potensi anggaran daerah yg sangat besar tsb mencapai hampir 70 T bisa membangun jakarta tanpa skandal dan huru hara.

  49. ayat pelantikan Presiden Habibie ini saudaraku… Allah SWT berfirman:

    فَاِذَا رَكِبُوْا فِى الْفُلْكِ دَعَوُا اللّٰهَ مُخْلِصِيْنَ لَـهُ الدِّيْنَ ۚ فَلَمَّا نَجّٰٮهُمْ اِلَى الْبَـرِّ اِذَا هُمْ يُشْرِكُوْنَ
    “Maka apabila mereka naik kapal, mereka berdoa kepada Allah dengan penuh rasa pengabdian (ikhlas) kepada-Nya, tetapi ketika Allah menyelamatkan mereka sampai ke darat, malah mereka (kembali) menyekutukan (Allah),”
    (QS. Al-‘Ankabut: Ayat 65)…ada kapal?bisa jadi kapal laut atau kapal terbang bukan…?kita tau krisis ekonomi 1998 pasca lengsernya Soeharto membuat Rupiah kolaps sampai hampir Rp.20rb/dolar…tp tidak ada yg mau tau apa resep Habibie yg membuat Rupiah kembali stabil ke level dibawah Rp 10rb/dolar…mari lihat ayat sesudahnya… Allah SWT berfirman:

    لِيَكْفُرُوْا بِمَاۤ اٰتَيْنٰهُمْ   ۙ وَلِيَتَمَتَّعُوْا ؕ فَسَوْفَ يَعْلَمُوْنَ
    “biarlah mereka mengingkari nikmat yang telah Kami berikan kepada mereka dan silakan mereka (hidup) bersenang-senang (dalam kekafiran). Maka kelak mereka akan mengetahui (akibat perbuatannya).”
    (QS. Al-‘Ankabut: Ayat 66)… disambung ayat…
    Allah SWT berfirman:

    اَوَلَمْ يَرَوْا اَنَّا جَعَلْنَا حَرَمًا اٰمِنًا وَّيُتَخَطَّفُ النَّاسُ مِنْ حَوْلِهِمْ ؕ اَفَبِالْبَاطِلِ يُؤْمِنُوْنَ وَبِنِعْمَةِ اللّٰهِ يَكْفُرُوْنَ
    “Tidakkah mereka memperhatikan, bahwa Kami telah menjadikan (negeri mereka) tanah suci yang aman, padahal manusia di sekitarnya saling merampok. Mengapa (setelah nyata kebenaran) mereka masih percaya kepada yang batil dan ingkar kepada nikmat Allah?”
    (QS. Al-‘Ankabut: Ayat 67)…jadi meski Indonesia aman dari kehancuran ekonomi… tapi nyatanya pejabat kita masih korup bukan? Subhanallah….Anda yg muslim dan berakal janganlah mendahului Allah SWT dengan menilai seseorang begini dan begitu….biarkan kehndakNya terjadi…

    • https://youtu.be/7pV0UQ5ipCo

      Pakne ini orang yg sama dengan orang yg ngaku bahwa Tuhan berbicara dengan nya bahwa Ahok akan jadi presiden bukan ya? Ada lho rekaman video nya di youtube tentang kesaksian wanita cina kristen karismatik ygberbicara dengan Tuhan langsung dan menyatakan bahwa Tuhan telah memilih Ahok untuk jadi Presiden RI.

      Pakne sangat sulit membayangkan Ahok bisa jadi presiden di negara yg mana bangsa nya dari jaman nenek moyang memiliki keyakinan turun temurun bahwasanya ” Bukan hanya sebuah bangsa yg memiliki tanah/ibu pertiwi, tetapi Tanah/Ibu pertiwi juga memiliki dan berhak atas bangsa yg menaungi nya” yg berarti sebuah bangsa dan ibu pertiwi nya memiliki hubungan dua arah yg saling ketergantungan satu sama lain. Jadi sekali lagi sangat sulit membayangkan orang yg tidak memiliki hubungan genetis dan spiritual dengan ibu pertiwi dapat menjadi pemimpin bangsa ini. Saran saya jangan dipaksakan, nanti ibu pertiwi mengamuk dan jatuh banyak korban.

      • @anak Deli ..maaf bung,apakah Al Qur’an menurut Anda bukan kata2 dari Allah SWT?bukankah itu firmanNya…jadi analoginya kita seakan dialog dengan sang pengarang Al Qur’an kan?Anda bertanya..dan Allah SWT sdh menjawab di Al Qur’an…

  50. Kpda yg terhormat admin patga, jika ada komentar yang ‘ngaco’ mohon di hapus saja, agar pembahasan selanjutnya lebih nyambung dan berbobot. Saya bukan menyepelekan al-quran tp pembahasan dan teori yg di sampaikan Pakne tidak sesuai dgn artikel/patga. Hati hatilah tar kaya yg di TV tv ngaku Islam, sampe punya murid tpi ajaran nya agak menyimpang. Yg malu satu umat!!

  51. @noy… terimakasih perhatian Anda.. silahkan dihapus jika admin kurang berkenan… setidaknya saya sudah memberikan “warna” baru buat forum ini… tetaplah dingin di hati dan kepala…saya tidak ingin pamer ilmuNya atau mempengaruhi warga patriot disini…jika kabar dari media atau orang lain bisa Anda pertanyakan,maka kalau ada kabar dari langit/Tuhan sudah mendahului itu apakah Anda tidak meneliti atau bertanya lewat kitabNya?…saya cmn hambaNya,masih banyak kekurangan dan kekurang ajaran…harap maklum

    • bung @pakne…anda itu mbulet…yang ditanya buat berbagi ilmu itu apa…..eh anda jawabannya apa….maka muaranya ketemu di kalimat ” mbulet” dan “mbundet”…jadi kalam “anda itu mbundet bin mbulet”….menjadi kalam yg dimengerti “komentar anda itu mbundet susah dimengerti”…hehe santai saja bung..

      tolong di jawab pertanyaan bung @BW…”Mohon dicerahkan utk tgl lahir sby 9 September 1949 sesuai dgn gotak gatik gatuk saya 9+9+19+49 = 86
      Kenapa ayat rujukannya justru surat ke 7 ayat 103..? Atau ada itungan lainnya..? Dikali atau dibagi..? Atau di apain lagi..?
      Monggo di jabarkan cara mendapatkan surat dan ayatnya..”

  52. @bung BW… tentunya rumusan hitung saya bukan seperti begitu bung….selain itu kabar kejadiannya juga harus sesuai dengan hasil rumus warisan eyang saya…kalau cocok bukan berarti rumus hitung saya selalu benar kan?…mudahnya melihat dari tanggal kejadian besar itu lewat juzz lahirnya…lalu cari ayat yg “menunjukkan”… hitung2 Anda belajar mengaji juga dan berpahala kan?

    • Bakulo Wajaro on

      Hehehehehe…
      Mantap bung Pakne…mantap bikin pening ndasku..huhehehehehehe
      Mohon maaf sedulur yg bukan muslim,mohon ijin.. sebenarnya kurang nyaman berargumen di forum terbuka spt ini menggunakan ayat2 suci, tp demi penasaran saya dgn bung Pakne tak lanjut meneh..:
      Bung Pakne..melanjutkan pertanyaan saya ttg surat an-naml 67-68 mengenai keturunan cino yg anda ramalkan menang pilpres yg menurut sampean sesuai kehendak Allah dan ramalan jayabaya bahkan nostradamus…
      Berdasarkan tgl pelantikan yg menurut anda tgl 20 oktober 2019 (pada juz 20, sesuai tgl 20) dan ada 3 surat yg termasuk bagian juz 20…al-naml,al-qasas dan al- ankabut..kenapa anda hanya bisa pilh an-naml..? bagaimana anda menentukan ayat yg pasti..?yg menurut anda ayat 67 dan 68..?hehehehehe…

      Hitungan saya justru lbh jelas riil spt ini mengacu pada tafsir ayat2 suci ini :
      Tgl 20 Oktober 2019 (juz 20 sesuai tgl pelantikan, Dgn ayat 20+10+20+19=69) merujuk kepada ayat 69,
      (ada 3 surat yg termsuk juz 20 )
      1. Al-Naml ayat 69 :
      Katakanlah(Muhammad) “Berjalanlah kamu di bumi, lalu perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang berdosa”

      2. Al-Qasas ayat 69 :
      Dan Tuhanmu mengetahui apa yang disembunyikan dalam dada mereka dan apa yang mereka nyatakan.
      3. Al- Ankabut ayat 69 (masuk juz 21):
      Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan Allah) Kami, kami akan tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan Sungguh Allah beserta orang-orang yang berbuat baik.
      Silahkan tarik kesimpulan dari ke 3 surat tsb..
      Bung Pakne…justru perhitungan anda menunjukkan jagoan anda yang nenek moyangnya dari daratan cina akan amsyong total beserta agenda cina globalnya di thn 2019….hehehehehe…
      Adios amigos# 3 ayat dalam al-quran yg menyatukan kisah kemenangan semut menghancurkan laba-laba..siapa semut dan siapa laba-labanya..? heeee

      • Sungguh ayat-ayat alquran yang membuat saya terharu dan termotivasi karena Allah. Semoga islam selalu diridhoi oleh Allah. Amien.

      • @bung BW…kita mana tau apa yg dikehendakiNya bukan?tapi bahasa tersirat dari sang pembuat firman sudah menunjukkan dan mengajari akan arti kuasaNya….sekali lagi…lihat sejarah islam dari pertama Rasulullah saw berdakwah…kenapa bisa cepat menyebar dan diterima di jazirah Arab.. itu sudah garisNya bung…meski di jaman itu Romawi dan Persia masih eksis.. tapi menyepelekan musuh kecil adalah bahaya..

    • Hal Pokok yang mesti dijawab adalah metode matematika apa yang anda gunakan dan Rumusnya seperti apa dalam mengaitkan seseorang dengan ayat Al-Qur’an?. jika anda tidak menjawab hal ini maka siapa pun akan menganngap anda membulet karena terus melempar batu (ayat terkait Individu) tetapi tidak pernah mau menjawab metode hitungan saudara!.

  53. othak athik gathuk memakai rumusan kitab suci, sudah selayaknya disingkirkan dari forum ini , mohon admin sudi memperhatikannya

  54. @all warga patriot…terutama yg tidak suka dengan komentar saya… mohon ijin menyampaikan uraian lagi..saat Jokowi terpilih dan akan dilantik menjadi gubernur DKI Jakarta yg 2012 lalu ternyata tanggal pelantikan diundur dari tgl 7 Oktober 2012 ke tanggal 15 Oktober 2012…ini ayat jika tanggal 7 Oktober 2012… Allah SWT berfirman:

    يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَسْــئَلُوْا عَنْ اَشْيَآءَ اِنْ تُبْدَ لَـكُمْ تَسُؤْكُمْ ۚ وَاِنْ تَسْـئَـلُوْا عَنْهَا حِيْنَ يُنَزَّلُ الْقُرْاٰنُ تُبْدَ لَـكُمْ ؕ عَفَا اللّٰهُ عَنْهَا ؕ وَاللّٰهُ غَفُوْرٌ حَلِيْمٌ
    “Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu menanyakan (kepada Nabimu) hal-hal yang jika diterangkan kepadamu, (justru) menyusahkan kamu. Jika kamu menanyakannya ketika Al-Qur’an sedang diturunkan, (niscaya) akan diterangkan kepadamu. Allah telah memaafkan (kamu) tentang hal itu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyantun.”
    (QS. Al-Ma’idah: Ayat 101)…mungkin menyindir buat yg ga cocok dengan ulasan saya…tp begitulah hasilnya…lalu jika tanggal pelantikan tanggal 15 Oktober 2012…ini yg ternyata terjadi… Allah SWT berfirman:

    اِنَّ الْمُبَذِّرِيْنَ كَانُوْۤا اِخْوَانَ الشَّيٰطِيْنِ ؕ وَكَانَ الشَّيْطٰنُ لِرَبِّهٖ كَفُوْرًا
    “Sesungguhnya orang-orang yang pemboros itu adalah saudara setan dan setan itu sangat ingkar kepada Tuhannya.”
    (QS. Al-Isra': Ayat 27)…sekarang cek di Wikipedia atau berita medsos lain…ternyata Jokowi tidak mau biaya pelantikannya terlalu mahal…yg dari kisaran M…diturunkan separuhnya…dan sesuai benar dengan berita Al Qur’an kan?…semoga setiap kejadian memberi hikmah buat kita…aamiiin

  55. dear pak ne dan rekan2 PATGA…..
    jgn terprofokasi dengan pakne, TUJUAN PAKNE MENGALIHKAN KITA DARI ARTIKEL…
    udah jangan ditanggapi si pakne ini, mending bahas artikel dan komen bun PR SAJA…
    LUPAKAN PAKNE

  56. at last…to all warga patriot…nasib bangsa ditangan anda…ditangan kita…momen Pilkada DKI Jakarta 2017 yg berdekatan dengan Pilpres 2019…ibarat bom waktu yg membuat gemuruh seluruh negeri…skenario yg saya “baca” seperti ini….pesaing terkuat Ahok-Djarot adalah Anies-Sandi….ayat lahir Anies belum saya ungkap sebagai alasan hal ini,karena menunggu respon warga patriot…dan sebagai anak SBY dengan kemampuan taktik militer dengan dukungan ayat lahirnya…semoga berhasil AHY “membantu” Anies-Sandi menggusur incumbent dan memimpin DKI Jakarta periode 2017-2022…lalu apakah tadi ulasan saya menyatakan dukungan ke Paslon Ahok-Djarot?… jika Anda jeli maka anda akan berpikir dua kali…apakah membiarkan Ahok lanjut memimpin DKI?jika Ahok kalah dan memang dipersiapkan kalah selanjutnya bersiaplah terkejut jika Jokowi menggandeng Ahok buat jadi Wapres …itu sesuai Ramalan Joyoboyo dan yg fanatik dengan Ramalan Joyoboyo,sesungguhnya beliau juga Islam dan meramalkan sesuai dari isi kitab suci Al Qur’an… SBY akan menantang Jokowi dan dipastikan menggandeng Anies(sayang bukan Anas)… begitulah politik…sekali lagi AHY akan diprediksi naik menjadi Ketum Demokrat…dan tentu saja perang parpol besar antara Jokowi dengan didukung lagi oleh Prabowo melawan SBY…

  57. mendingan berhujjah dengan 10 orang pandai dari pada 1 orang bodoh..
    karena orang bodoh tidak tau dasar keilmuannya..
    wassalam

  58. Paijone Paijah on

    Otak atik gathuk, otak atik kebetulan gathuk, otak atik lg eh kebetulan msh gathuk jg, lalu terus diotak atik lg gimana caranya biar tetep gathuk meski dg sedikit memaksa, dan ketika sebuah statemen atau lbh tepatnya sebuah ramalan (krn belum terjadi) yg keluar menjadikan sebuah kontroversi n timbul banyak pertanyaan bukannya jawaban atau penjelasan yg diberikan tp justru menyiapkan statemen atau ramalan berikutnya..
    Aneh, mbulet, mbingungi dan blunder itulah yg terasa oleh orang awam spt saya,
    Menurut saya suatu peristiwa yg blm terjadi syah2 saja diyakini sejauh itu diri pribadi tp kalau disebarluaskan apalagi dlm forum terbuka spt di patga ini apa egk lebay ya?
    Hihihi.. Iya kalau itu benar akan terjadi, lhah kalau egk apa malah bkn menjadi fitnah nantinya bung?
    Terlebih yg di otak atik adl firman Allah, yg dianalogikan adl nabi2 jg hamba2 terkasih Allah, apa egk lebay tuh jk dihubungkan dg orang-orang jaman sekarang, hahaha
    Politik itu berjalan dinamis bung pakne, setiap waktu bisa berubah bahkan jauh dr yg kita prediksikan, tak selalu sama spt yg kita inginkan n kita harapkan, tentu disini kita tak mungkin bisa melawan kehendakNya, namun jk sesuatu yg buruk kita takutkan akan terjadi menimpa bangsa atau kaum

    • Paijone Paijah on

      Hehehe, belum selesai sdh kekirim krn salah pencet,
      Maksudnya jk sesuatu yg buruk kita takutkan akan terjadi menimpa bangsa dan atau kaum kita adl wajib bagi kita utk mencegahnya krn sifatnya yang masih qodlo, bersatu rapatkan barisan bukan mlh dg melempar sesuatu yg kontroversial dan membingungkan.

  59. @bung paijo…saya sendiri bukan penemu rumusan hitung ini…sama saat Anda menghitung neptu/tanggal pasaran Anda saat mau nikah(saya yakini itu)…Anda boleh search di Google sendiri banyak yg mengaitkan kejadian besar dengan tanggal atau jam nya…misal runtuhnya wtc di Amerika,gempa Padang,tsunami Aceh,dsb….hanya saya melihat mereka mencocokkan ayat dengan jam atau tanggal…padahal bukan begitu caranya…rumus warisan eyang memakai teknik lain…simple tp tidak mudah…yg pasti tidak mudah bagi orang awam seperti Anda mempercayai Al Qur’an sdh memberi petunjuk jelas….mungkin saja kejadian besok bagi manusia belum pasti terjadi,tapi bagi Allah sudah pernah terjadi… bolehlah Anda mencegahnya…tapi sekuat apa satu orang?kecuali Anda sudah ditingkatan Nabi/Rasul…saya hanya berniat mengajak Anda membuka kembali kitab suci(buat muslim) Al Qur’an…bukan percaya kata media,kata orang,apalagi kata saya…silahkan jika Anda bertanya kpd Guru agama Anda masing2 masalah ini….yg pasti saya mengimani Qodho dan Qodharnya….tentu saja saya mengajak bersatu rapatkan barisan…tetapi bukan berarti bersatu mendukung salah satu Paslon…rapatkan barisan melihat kehendakNya terjadi…

    • Paijone Paijah on

      Soal iringan neptu saat mau nikah saya egk mau ambil pusing krn itung2an kyk gitu saya menganggapnya sbg adat n budaya Jawa, bkn bermaksud menentang tp itu bukan aturan baku dlm pernikahan.
      Kalau mengaitkan suatu kejadian dg ayat2 suci Al-Quran menurut saya itu syah2 saja bung, tp itu sebatas menganalisa, mengambil kesimpulan dan mengambil hikmah dibalik kejadian tersebut, tp mengutip ayat-ayat suci Al Qur’an utk memprediksikan sesuatu yg akan terjadi sama artinya dg meramal, dan itu tidak dibenarkan dlm islam, tak terkecuali oleh Joyoboyo sekalipun beliau beragama Islam jg.
      Soal rumus itung2an itu jujur saya egk pengen kepo bung, tp kalau benar itu simpel knp egk sampean babar aja bung, urusan itu mudah atau egk kan itu nanti jd urusan yg pengen belajar otak atik gathuk bung, hehehe..
      Jgn2 apa krn kebanyakan teknik makanya hasil atak atik gathuk nya tak selalu akurat, jd bung pakne merasa egk pede mau berbagi di forum ini. #namanya pakai rumus pasti hasilnya akurat n egk mungkin salah, krn istilah rumus biasanya cm ada dlm ilmu pasti, kecuali rumus judi togel, suka2 orang mau mengutak-atik atiknya gimana, hahaha
      Tp Anda benar bung, Al Qur’an memang telah memberikan petunjuk yg jelas, salah satunya dlm memilih pemimpin, pilihlah pemimpin yg seiman atau pemimpin dr kaum yg sama, salah jk Anda menganggap saya mengajak utk mendukung salah 1 Paslon, salah besar itu bung, tp kalo mengingatkan saudara sesama muslim agar tak salah pilih pemimpin, itu adl kewajiban krn saya jg org Muslim, mereka berhak utk dipilih dan kita jg berhak utk menentukan pilihan, bukan begitu bung pakne? Hehehe

  60. Agus Y melakukan pemanasan di pilkada DKI, dengan tujuan sebenarnya adalah Gubernur jawa Timur bersaing dg Risma menggantikan Soekarwo yg diusung Demokrat, apabila gagal bisa menjadi Ketua PD, menjadi ketua Fraksi di DPR , dan apabila Partainya bisa ikut membantu memenangkan Pilpres maka jabatan Menteri didepan mata, sebuah karier yang menjanjikan dibanding mencari bintang dilingkungan Angkatan Darat yang belum tentu bisa dicapai dalam jangka waktu lima tahun kedepan,…….

  61. SR penasaran…

    Udah kirim e-mail, dibls cuma terima kasih
    Bung Pakne kejam….

    Mohon dibarbar cara ngitungnya, rumusnya bung

    Biar ga penasaran

    • maaf bung ichamp….bukan meremehkan saudara atau warga patriot yg mau tau rumusnya…bagi saya setidaknya ayat yg saya tunjukkan dan saya ulas pada akhirnya membuat anda2 semua membuka Al Qur’an kan?yg tersirat/yg rahasia bukan resepnya…saya juga tidak berminat mencari murid,tanya jawab boleh….takaran/resep ditangan koki nya…saya juga bukan peramal…tp kitab suci sendiri yg sdh tertulis demikian… meskipun politik/tipu daya manusia mencegah terjadinya sesuatu yg pasti…setidaknya usaha manusia itu tetap dihitung amalnya sesuai niatnya kan?bahkan banjir Garut kemaren juga sebelumnya sudah saya share kapan dan mengapa terjadi di media beetalk lewat forum alam ghaib…hanya admin di sana lebih munafik dan tidak memakai akal sehingga dihapus….

      • Bakulo Wajaro on

        Hehehehehehe…. Pakne piye to..komen sampean tdk menjawab hitungan saya diatas yg lbh akuret dari gotak gatuk pean.. Hitungan saya justru lebih tepat dan saya tdk memerlukan hituungan dari nenek moyang saya.. Disni Allah menunjukkan pada saya,sampean dan seluruh rekan patga bahwa hitungan saya lbh relistis dan tepat dibandingkan hitungan nenek moyang smpean.. Dan semua rekan bisa menghitungnya sendiri.. Lha piye kita bisa percaya dgn argumen sampean jika cara menghitung dan mendapat rujukan ayatnya sendiri sampean hanya mencocok2kan begitu.. Piye mbah..? Isin karo itungane dhewe mbah…?? heeelllloooo… ???? Saya bermain di angka yg piye hitung loh..piye..?ojo ngeles trus mbah..
        Adios amigos# nek dikemplangi karo ilmu cocoklogi dhewe melayu..piye to mbah…??? Helllloooo…?????? Yuuuuhhhuuuu..whre are you…

        • Paijone Paijah on

          Bung pakne lg nyiapin jurus ampuh/rumus yg paten buat ngeladeni pean bung bw, ati2 lho bung nanti pean yg dibikin jd egk bisa ngeles lg, hahaha

          • Bakulo Wajaro on

            Hehehehe.. Tenang bung PP…kalo soal ngeles dari pakne.. ane dah pernah ikut diklat konversi bareng bung PR..maklum msh 1 lichting lah hanya beda skadron dan pesawatnya saja…. Kalo bung PR konversi dari pesawat F16 ke sukhoi, ane konversi dari pesawat telpon ke nyetir bajaj..hehehehe..sama2 hanya tuhan yg tau kalo lagi manuver…
            Yo wis bung PP.. Mbah pakne arep sare..ojo digugah..wis mumet karo itungene dhewe..lengene wis kitingen nyekeli kalkulator..xixixixi… Kita tarik kolor bung PR aja.. Biar brojol sekalian hoakhoeknya AY nya…hehehehe.. ta kandani smpean saiki ojo tarik kolorku jeh..wis ra ngango katok soale..wakaakakak….
            Adios amigos# kembali ke laptop..setelah iklan mbah pakne ra metu meneh..

  62. Amal itu TERGANTUNG NIATnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu sesuai ke mana ia hijrah.” (HR. Bukhari, Muslim)

    -Orang2 YAHUDI menemukan ilmu Tehcnology banyak dr Hasil menggali Alqur’an
    -Keampuhan seorang Para ahli teluh/santet/dukun karena dr hasil membolak-balikkan bacaan surat/ayat dr Alqur’an
    -Ketinggian ilmu Kanoragan seorang penjahat jg banyak dr hasil Tirakat/puasa dr bacaan2 ayat Alqur’an
    -Dan Banyak manusia sholeh karena hasil mengamalkan isi dr Alqur’an.
    Dll.

    Diriwayatkan dari Musa bin Nushair, beliau berkata: “Aku mendengar Isa bin Hammad menasehati para pelajar ilmu hadits:
    “Pelajarilah kelembutan hati dan kerandahan jiwa sebelum kalian belajar ilmu.”

  63. Seorang alim qur’an tidak akan sembarangan mengumbar ayat qur’an apalagi sampai dijadikan ramalan.. bung pakne bersikeras menghubungkan hitungannya tapi mengabaikan isi hukum yang sangat jelas pada qur’an itu sendiri. Al qur’an itu dibaca bukan dihitung.. saran saya perbaiki langkah kaki anda, perbaiki istinja anda, perbaiki junub anda, perbaiki wudhu anda, perbaiki sholat anda. Terlihat kesucian qur’an tetap terjaga dari tanggapan warga patga tentang pendapat anda yang mendustakan ayat

  64. @all warga patriot yg saya banggakan…bukankah ada yg menuduh saya pamer?ada yg menuduh saya mendukung salah satu Paslon?ada lagi yg menduga saya cari murid?lebih parah lagi menuduh saya mau jadi “taat pribadi…”…siapa lagi yg menuduh saya apalagi?saya cmn membagi “masakan” yg sudah matang hasil rumusan saya…bukannya memberikan resepnya malahan boleh saya menduga anda mau meminta rombong dan alat masak saya…tapi apa kata saya nanti di depan yg memberi rumus ini?apakah Anda masih penasaran?kenapa tidak bertanya pada yg sudah ahli nya dan memiliki pondok pesantren?saya cmn mengajak merenung…sebenarnya jika kita terlalu fanatik/ambisius…hasil akhir pdhl sudah jelas…apakah masih tidak terima akibat kalah/salah/gagal…dan saya tidak berminat berdebat,apalagi dengan sesama muslim…saya akui saya bukan dan tidak pernah mondok di ponpes manapun…tp silahkan ditanyakan,sekali ditanyakan hasil hitung2 “ngawur” saya pada guru2 agama anda…

  65. Kita sudahi saja yg menjadi polemik dari bung pakne sebab dia juga tdk tau harus bg mana,menghadirkan masalah tapi tdk tau solusinya terbentur dgn rahasia nenek moyang yg harus dia pertahankan di satu sisi dia ingin curhat mungkin ada yg sepemahaman dgn dia.sejatinya dia mencari orang yg sepemahaman dgn dia untuk diajak berdiskusi sebab ilmunya pun blm matang.salam nusantara jaya!

    • Paijone Paijah on

      Sip bung orca, siap laksanakan! Polemik ini memang sebaiknya diakhiri, mungkin bung pakne lupa ini forum diskusi bukan seminar dimana bung pakne menempat diri sbg pembicara.. Salam NKRI!

  66. Berat emang klo udh bahas masalah politik
    Klo sy lebih memilih utk berusaha membangun negeri ini semampu sy dg semua kemampuan dan keahlian yg sy punya terlepas dari siapapun pemimpinnya kelak
    At least sy berbuat sesuatu utk bangsa ini biarpun cuma secuil

  67. @bw…saya tak masalahkan hitungan Anda beda dengan saya bung…setidaknya kita sudah waspadai semua hal ini… dlm politik tiada teman yg abadi kan?jika hitungan bung bakulo wajaro lebih akurat dan terbukti kelak,saya masih sujud syukur,alhamdulillah…ternyata masih banyak kesalahan di hitungan saya.. begitu bung….masalah kenapa ayat itu saja padahal tidak ayat yg lain…ya memang jatuhnya hitungan saya disitu bung….harapan saya semua waspada semua agenda asing terhadap negeri kita…kalau saya diposisi DPR…semampu saya akan berusaha kembalikan UUD 1945 ke aslinya…hanya syukurlah saya cmn prajurit biasa seperti Anda…doa saya supaya kondisi n situasi bangsa saat ini tetap adem…allahummasholli ala sayyidina Muhammad wa ala Ali sayyidina Muhammad…

  68. Bakulo Wajaro on

    Hehehehe…Bung Pakne.. Jika anda tdk menebar angin maka setidaknya anda tdk akan menuai badai..bukankah tdk ada asap jika tdk ada api.?
    Saya dan rekan2 disini sptnya jg tdk berminat melanjutkan diskusi dgn anda..hanya membuang waktu dan energi tanpa ada ilmunya..
    krn di forum ini jelas anda tdk mampu dan tak bisa menjawab alasan penunjukan ayat2 suci tsb..
    anda hanya mencoba membuat opini dgn mengaitkan dgn ayat2 suci yg hasilnya sgt prematur..hehehehehe
    Jika spt ini maka layaklah saya mengatakan anda pembohong dan pendusta dgn berlindung dibalik warisan nenek gombreng..
    Saya tdk mempermasalahkan anda dgn profil alim anda..yg sgt saya permasalahkan dan sesalkan adl anda mengutip dan memanfaatkan ayat2 suci Al quran dgn tdk jelas kaitan dan tafsirannya, tentu berbeda dgn al maidah yg sdg ramai saat ini bukan..?.
    Ingat Bung.. Jika anda memang muslim yg anda jadikan dasar pembenar adl firman Allah SWT..
    Jika anda memfitnah perkataan manusia saja hukumnya sdh lbh dari pembunuhan maka yg anda fitnah dan jadikan dasar pembenar dari misi anda disini adl firman Allah SWT..
    Maka siapkanlah diri anda utk menjawab di hadapan pemilik-NYA sekaligus Yg Maha Menghakimi..
    Yang pasti jika pun ada manusia yg diberikan kemampuan melhat jauh ke depan oleh Allah SWT, pastinya ia adl org yg tawadhu dan tdk akan berucap mendahului kejadian takdir-NYA..
    Adios Amigos#tanda akhir jaman byk yg mengaku mengerti agama tapi menjualnya dgn harga yg murah bahkan menafsirkannya sesuka hati dgn seberapa byk harta yg didapatnya..

    • Bung BW
      entah kenapa saya merasa seperti sedang berlangsung pembunuhan karakter terhadap ulama di Indonesia.
      Kita sama tahu peran ulama di masa sebelum merdeka hingga saat ini.
      Fatwa jihad yang mampu menghadirkan perlawanan hebat terhadap para penjajah di seluruh wilayah nusantara.
      atau apa ini hanya perasaan yg menipu jalan pikiran saya?

      • Paijone Paijah on

        Idem sm njenengan bung urakan, hehehe.. tanpa bermaksud untuk utk menebar angin, dlm diskusi yg dipertontonkan jutaan rakyat di acara ILC tv one semalam usaha pembunuhan karakter ulama jg karakter bangsa ini begitu nyata n jelas tanpa Tedeng aling2 lg, begitu banyak figur2 elit negeri ini yg hanya demi kepentingan segelintir orang/golongan rela n berani pasang badan menjadikan yg benar mjd bathil begitu jg sebaliknya, bahkan sekelas fatwa MUI pun mereka tentang dg lantangnya, pdhl itu mrpkn rujukan bagi umat islam diseluruh penjuru negeri ini..
        Hehehe, mudah2an bung bw turut berkenan mendinginkan polemik yg terjadi di negeri ini..

        • bukankah negara ini negara pancasila?
          apakah pernyataan potong kaki/tangan itu tidak melukai nilai2 pancasila itu sendiri?
          pantaskah seorang ulama berkata seperti itu kpd minoritas?
          mana nilai pancasila yg sll kt junjung tinggi sbg pemersatu bangsa, kl kt membeda2kan minoritas
          sdgkan kl kasus sprti DKTP dan AA GB, tdk ada pernyataan sprti itu? bukankah mereka jg pke kedok agama ?

          • Anda bicara pancasila to?? Tolong jelaskan makna dari sila pertama kepada saya yang bodoh ini?

          • Paijone Paijah on

            Bersyukurlah kita semua hidup n tinggal di negara yg berazaskan Pancasila bung Nico Robin, bukan di negara sekuler yg berpijak pd agama mayoritas/Islam, kalo iya bisa jd hukum potong tangan/kaki benar2 akan diberlakukan, beruntung jg kita hidup ditengah-tengah masyarakat yg semakin dewasa dlm menyikapi berbagai provokasi dr musuh ataupun para parasit dg menyerahkan sepenuhnya kepada pihak yg berwenang/penegak hukum.
            Utk kasus DKTP n AA BG khususnya kasus DKTP jg sdh menegaskan jk ajaran padepokan DKTP adl menyimpang dr kaidah agama, tak perlu dibikin heboh orang berakal jg tahu ujungnya akan kemana,
            #DKTP Demam Kecubung dr Pribadi yg egk Taat. Wkwkwk..

      • Bakulo Wajaro on

        Hehehehehe.. Insha Allah keadaan masih bisa diidnginkan.. Dan sekali lagi saya katakan ini bukan pertentangan antar agama.. Jika kita merasa bahwa ada pihak2 yg memunculkan krisis ketidak percayaan thd ulama dan agama islam.. Maka kita juga bisa melihat statement ah*k thd penistaan agamanya sendiri..bahkan kalau boleh bisa dikatakan sgt keterlaluan dgn mengkritisi dan meragukan dogma dan keyakinan yg dianut oleh pemeluknya sendiri..bukankah itu juga memunculkan krisis kepercayaan thd para pemuka agama dan agamanya sendiri…
        Mari kita waspaadai..dgn runtutan kejadian ini maka layaklah kita menarik benang merah bahwa ada yg sdg bermain2 diatas isu sara dan aktornya sdh terang benderang siapa bukan..?.. Dan sekali lagi saya katakan ini bukan perseteruan antar agama.. Ini adl skenario dari rencana besar menghancurkan bangsa ini..
        Adios amigos# mari berfikir cerdas dan kritis penistaan ini bukan hanya kpd umat islam namun juga menyasar saudara sebangsa kita umat kristiani, jika pertanyaannya utk kepentingan siapa..? Yg pasti nenek moyang di utara sana..bukankah komunis menghalalkan segala cara..? Dan semua agama dianggapnya sbg penyakit masyarakat yg hrs dihilangkan..

        • Paijone Paijah on

          Aamiin.. Sungguh ulasan logis yg pulen sekaligus legit utk dicerna, semoga ulasan bung bw ini menyadarkan kita semua yg masih gamang dlm menjalin toleransi beragama jg dlm berbangsa dan bernegara shg Arif menyikapi segala bentuk proxy n provokasi yg tak ingin bangsa Indonesia mjd bangsa yg besar sejajar dg bangsa besar lainnya, mempertebal keyakinan beragama, menjunjung tinggi toleransi n tak melepaskan identitas diri n bangsa semoga insyaallah akan menghantarkan negeri ini menuju Indonesia jaya..

      • Bung urakan, yg ingin dihancurkan oleh asing itu bukan hanya di indonesia.di dunia juga sedang di hancurkan.musuhpotensial amerika menurut mereka adalah umat islam sebab umat islam menjadi garda terdepan dlm melawan penindasan di muka bumi. Melakukan pembusukkan terhadap ISIS adalah salah satunya.yaitu menciptakan bentuk monster besar islam .dengan demikian islam terpojokkan dan ditinggalkan.sebab mereka tdk ingin umat islam bangkit membentuk kekhalifahan yg bersatu di bawah 1 panji perjuangan sebab itu akhir dari negara yahudi.pelemahan negara islam maupunnegara yg penduduknya memeluk agama islam musti dilakukan.target setelah timteng adalah pakistan dan indonesia.

    • @bung BW… Alhamdulillah hanya saya yg anda anggap pembohong/pendusta…..coba kalau ayat2 yg saya babarkan Anda anggap dusta….apakah Anda mau di “Ahok” kan oleh yg tersinggung…saya juga tidak memanfaatkan apa yg sudah saya bagikan… hanya ibarat penunjuk jalan dan yg ga percaya mencari jalan lain…oh ya bung,satu pepatah leluhur…jika Anda menunjuk seseorang itu negatif/jelek….ingat sesungguhnya empat jari Anda menunjuk ke arah anda sendiri bukan?…tadinya saya kira Anda sudah bijak menerima perbedaan…bahkan lihatlah rumus2 matematika banyak versinya bukan?

      • Bakulo Wajaro on

        Hehehehe…
        Yang terhormat Kanjeng Pakne.. Perbedaan itu adl sunatullah dan saya bukan org bijak namun saya menghargai dan menghormati perbedaan siapapun orangnya..
        Namun jika ada org dgn arogannya mengatakan bahwa sesuatu akan begini dan begitu serta meramal bahkan mendasarkan pada firman Tuhan tanpa jelas runutannya dan prosesnya serta menuduh org lain yg tdk mempercayai ucapannya sbg org yg tdk mempercayai firman tuhan maka dgn yakin saya mengatakan bahwa org tsb telah “MEMFITNAH” ayat2 suci tuhan dan org tsb adl sebenar2nya “PENDUSTA”..!!!
        Maaf bung Pakne..saya menunjuk njenengan dgn adat jawa (menggunakan jempol dan 4 jari saya yg lainnya terlipat..)
        Jadi hanya anda yg saya tunjuk dgn TEPAT DIHIDUNG ANDA..!!!
        Saya pastinya sgt mempercayai kitab suci saya, bukankah sdh saya tunjukkan hitungan dan runutan saya mengambil ayatnya..? Dan hasilnya sgt tepat dan membantah semua analisa anda..
        Apalagi jika kita bahas yg anda katakan ttg pelantikan bj habibie
        20 mei 1998 dll, justru hasilnya lebih logis dan masuk akal runutan saya dibandingkan cocoklogi anda yg gak karuan runutannya..
        Terserah anda berpendapat dan meyakini apapun dan tdk ada yg melarang toh..??? Tapi jika anda menuduh org yg tdk mempercayai anda sbg org yg mengingkari kitab sucinya maka anda akan byk berhadapan dgn org2 yg lbh waras dari anda..
        Adios amigos# maaf pakne saya gak akan menjawab lg komen anda yg hanya debat kusir gak jelas.. Wis ketok palu dan tutup layar utk diskusi dgn anda..
        CASE CLOSED…!!!

  69. Mumet mumet… ilmune juoss. Ayo pakne di tambah lgi…. ben tambah Mumet. Dihitung juga calon yang lain.
    nembe ngerti tafsir gaya baru.
    “Jalan lain” … wes tak makaryo sikik.
    Ada yang tau jumlah voter impor dah ada berapa yang masuk? Wkwkwkwk
    Piss semua, sugeng makaryo pakne.

  70. baru ngeh ada komeng itung2an dari ayat alquran…
    sumpeh puyeng..haddeehhhh….semoga ada cerita hoax algi…lebih baik puyeng hoax drpd puyeng itung2an..hehehe

  71. menurut anda sendiri, penafsiran tentang Pancasila sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa itu seperti apa bung Nico?
    pernyataan potong kaki atau tangan jgn dipisah atau diputus, tolong dikutip secara lengkap, hingga tidak menimbulkan kesimpang siuran.
    Pernyataan MUI hanya sebagai keterangan pelengkap didalam hukum Islam, tapi bukan itu yg MUI harapkan, proses hukum hrs berjalan sesuai dengan hukum yg ada di Indonesia
    Begitu banyak provokasi provokasi yg memancing kemarahan umat muslim di Indonesia, dan jelas tujuannya agar terjadi chaos di Indonesia, karena muslim di Indonesia adalah mayoritas.
    Bila terjadi chaos maka yg tertuduh mayoritas menindas minoritas lah, terjadi pelanggaran HAM lah atau apapun yg bisa membuat militer asing masuk ke Indonesia dengan segala alasan.
    Bagaimana kita jg hrs melihat provokasi provokasi yg terjadi baik dari luar umat Islam atau oleh umat Islam itu sendiri.
    kasus DKTP dan AA GB adalah kasus kriminal bung Nico, dan mereka sudah dalam proses penyidikan dan ditetapkan sebagai tersangka.
    dan untuk kasus yg memicu MUI berkata seperti itu, bagaimana bila ditafsirkan sebagai sebuah anjuran agar umat Islam tak mempercayai ulama, agar umat Islam tak mempercayai Al Qur’an
    Lalu bagaimana dengan Undang undang yg menjamin setiap warga negara untuk beribadah dan menjalankan kewajiban sesuai agama dan kepercayaan masing2.
    Begitu seringnya provokasi itu dilakukan ga hanya sekali dua kali

  72. Negara kt berdasarkan Ketuhanan, mengakui dan menjamin kebebasan beragama bagi setiap orang
    begitu sy yg fakir ilmu ini memahami sila pertama
    mari bung kita teladani ulama2 pendiri bangsa ini yg dg berlapang dada menerima perubahan pada sila pertama (piagam jakarta) demi persatuan bangsa ini
    itulah yg sy takutkan bung, masyarakat menjadi terbelah akibat perbedaan pandangan
    mohon maaf jika ada salah kata, saya hanya seorang fakir ilmu yg sedang belajar

    • Bakulo Wajaro on

      Hehehehe.. Gapapa kita belajar semua disini bung Nico.. Namanya perbedaan pasti ada.. Yg patut diwaspadai adl gerakan mengadu domba antar sesama agama dan antar agama..
      Masing2 agama memepunyai aturan dan keyakinan masing2 itu yg hrs dipegang dulu.. Dan tdk layak membenturkannya..
      Kalo didalam islam jelas tertulis lakum dinukum waliyadin… Yg artinya utk mu agamamu..dan untukku agamaku.. Jadi tdk boleh saling mencampuri aturan didalamnya.. Dan dalam wadah pancasila tujuan semua agama menjadi satu dalam tujuan bernegara.
      Satu hal yg saya cermati sebelum ini ah#k sempat mengeluarkan statement yg mengkritik dan mengatakan dirinya yg berpendidikan saja masih dibohongi oleh doktrin dan pakem dasar serta keyakinan agamanya sendiri.. Jujur saya yg beragama berbeda agama dgnnya saja sgt ngeri dan jerih melihat apa yg dikatakannya.. Bukankah itu melukai hati para pemeluknya di negeri ini..?
      Apa maksudnya..? Apakah dia mengingnkan umat seagamanya juga menjadi kisruh dan marah..?Inilah benang merah yg hrs kita waspadai dgn manuver cocotnya..
      Sungguh sgt berbahaya jika statement2 ini dibiarkan..
      Adios amigos# mari rapatkan barisan dan manjalankan agama dan kepercayaan masing2 dan tdk terpancing oleh mereka yg berusaha menistakan agama utk kepentingan politiknya..

    • Maaf bung BW dan bung2 lain nya, saya mau nanya kenapa orang asing didalam video ini dibiarkan mencampuri urusan dalam negeri Indonesia, lalu berhubung saya bukan orang hukum tetapi apakah ada celah hukum dimana kita bisa melaporkan orang ini ke Polisi?? Karna saya merasa orang ini sangat berbahay jika dibiarkan mencuci otak anak2 kita lewat Youtube: https://www.youtube.com/watch?v=6lkmt0s3qao

      Terimakasih sebelum nya.

      • Bakulo Wajaro on

        Hehehehehe.. Bung Anak Deli..semua hal yg berkaitan dgn penistaan dan pelecehan bahkan perbuatan tdk menyenangkan thd seseorang saja bisa dilaporkan ke polisi selama itui ada bukti perbuatannya..saya gak ikutin semua komentar itu di yutub selain bahasa nya
        Yg gak sama dgn bhs Ibu saya jyg msh ketrunan jerman (jejeran matraman) hehehehehe… Apa yang dicontohkan para ulama dan mui utk melaporkan ah*k ke polisi pun merp contoh yg baik.. Hukum islam yg ditetapkan didalam al quran pun yg disebutkan oleh bung Nico tdk akan dituntut diterapkan di negeri ini krn kita bukan negara islam dan hukum kita menganut KUHAP itu yg hrs ditegakakan demi menjaga ketertiban umum dan melindungi semua warga negara..krn kita sepakat hukum adl panglima terdepan..
        Dan semoga saudara sebangsa kristiani pun saya harapkan juga mngajukan tuntutan yg sama thd ah*k thd pernyataaannnya yg melecehkan keprcayaan dan dogma agamanya.. Sehingga tdk ada lagi orang apalagi pejabat publik yg melecehkan agama apapun di negeri ini.
        Adios amigos# semoga komen saya ini berguna sbg bahan renungan kita semua..

  73. pemburu rajawali on

    Setelah mengajak adu otot dg para Ksatria Gagal total maka para Musuh Negara menjadikan Isu SARA sbg Time Bomb!!

    Waspada!! Timur,Barat,Utara NKRI skrg dlm kondisi Waspada 1 SARA sbg pintu masuk mrk meSYRIA kn Indonesia!!.

    Jika Ulama,Kyai,Ustad,Pastur,Romo dan pemuka Agama Lain dijadikan MUSUH dlm segala hal maka tinggal tunggu LEDAKAN nya saja!!.

    #pemuka Agama/pemimpin Umat adalah Filter dlm Demokrasi Pancasila dimana Sila 1 menetapkan AGAMA sbg Filter Utama dlm sendi Kehidupan. jgn lah Menafsirkan Firman Allah SWT/TUHAN sesuka hati jika tdk punya Ilmu yg cukup dan memadai. Case Closed.

    • Maaf bung PR dan bung2 lain nya, saya mau nanya kenapa orang asing didalam video ini dibiarkan mencampuri urusan dalam negeri Indonesia, lalu berhubung saya bukan orang hukum tetapi apakah ada celah hukum dimana kita bisa melaporkan orang ini ke Polisi?? Karna saya merasa orang ini sangat berbahay jika dibiarkan mencuci otak anak2 kita lewat Youtube: https://www.youtube.com/watch?v=6lkmt0s3qao

      Terimakasih sebelum nya.

  74. Maaf bung PR, bung BW… Ini sedikit melenceng dari artikel dan pembahasan, maksudnya asu apa ya hornetnya kok camo nya ngikutin, camo flanker family di syria?? Kebetulan kemaren malam sy liat di fb nya bung yayan…
    Apa ini maksudnya ingin menumbuhkan rasa benci yg mendalam kepada rakyat syria terhadap uncle bear atau bagaimana?? Krn sy ada beberapa kali liat yutub begitu bencinya rakyat syria kepada negri uncle bear sampai anak anak disana pun melontarkan sumpah serapah jika melihat pesawat dengan lambang bintang di tailnya melintas… Jika pemikiran sy benar sungguh pengecut asu berlaku seperti itu,..atau bung BW dan bung PR punya penjelasan lain, mohon di share bung

    • Bakulo Wajaro on

      Hehehehehehe…. Itulah perang yg biasa dijalankan oleh mereka bung Hawk.. Bukankah itu lazim dilakukan oleh mereka..?
      Jika sdh terjepit dan posisi sulit False Flag terbukti sgt efektif dalam mensukseskan konspirasi globalnya diseluruh dunia utk kepentingan diri mereka sendiri..
      Mari kita lihat False Flag yg mereka lakukan utk isis di timur tengah dgn menarik tulisan bung Trahlor dibalik geopolitik dan geostrategi dunia..
      “Kembali AS tertinggal peluang ketika
      sudah berhasil menyulut bara di Timteng dan Afrika. DAESH lebih dominan dikendalikan Mossad daripada CIA.
      ( Catatan : Daesh is an acronym for the Arabic phrase al-Dawla al-Islamiya al-Iraq al-Sham (Islamic State of Iraq and the Levant). Hehehehehe..
      Dan tentunya situasi tdk semudah yg dibayangkan pada saat rusia ikut turun tangan membela assad..
      jadi siapa yg menciptakan isis dan menyulut arab spring..?
      Dan kenyataannya senjata yg disuplai oleh asu ke oposisi moderat juga mengalir ke pemberontak radikal al nusra termasuk isis dan kelompok2nya..jadi sebenarnya siapa badguys nya..?hehehehe
      Apakah mempersenjatai pemberontak dari suatu negara berdaulat suatu hal yg sesuai pergaulan internasional..?
      hehehehe
      Jadi inget dgn permesta dan Allan popenya bukan..?
      Mari kita lihat kemarahan duterte dan erdogan thd dukungan asu thd pemberontak dinegaranya masing2..hehehehehe

      Sptnya False Flag camo ini pun dimaksudkan utk mendapatkan legitimasi dan mendorong PBB melakukan investigasi serangan rusia dan assad di syria thd rakyatnya sendiri.
      Jadi sebenarnya siapa yg membom rakyat suriah dgn masif dan brutalnya akhir2 ini..?
      Mengapa false flag ini hrs dilakukan asu..?
      Mari kita melihat kejadian sebelumnya..
      Markas tentara syria dibom oleh F16 asu..dgn memakan korban cukup banyak..Setelah itu dgn paniknya asu mengakui kesalahannya dan dgn serempak pula para jongosnya pun termasuk brutus dan ausit ikut klaim andil membom..sejak kapan ausit dan brutus memiliki F16..? Hehehehe…

      Pertanyaannya siapa saja yg tewas pada pemboman asu itu..hingga rusia begitu murka..dgn membalas membom markas intelijen pemberontak di syria..dan yg tewas ternyata sebagian besar adl cia dan mossad disana..bukankah itu pukulan berat bagi asu dan sekutunya..?
      Hehehehe…
      Maka tidak salah jika turki pun mengkhawatirkan akan terjadinya perang langsung antar asu dan rusia di suriah dan menjadi awal ww3..
      Maka tidak salah pula saat ini rusia byk mengurangi peran su34 nya dan menggantikan peran pembomnya dgn rudal kalibr yg ditembakkan dari kapal perangnya..
      Adios amigos# akhirnya akan byk negara yg baru menyadari kelicikan para begundal dunia ini..siapa yg berperan menyadarkan turki utk berdamai dgn rusia dan cino bisa berdamai dgn pinoy..? Musuh dalam selimut mereka sama..dan sang pendamainya pun sama..siapa ya..?heheheheehe..

      • bung BW, apakah pendamai itu adlah indonesia? jika iya, kenapa kita berusaha mendamaikan antara china dan filipina, dg memberitahukan musuh dlm selimut. bukankah sudah jelas china bersama asu menjadi musuh indonesia?

        • Bakulo Wajaro on

          Hehehehe… Ibarat anda main catur bung Tapol..anda hrs tahu langkah yg akan diambil oleh lawan dan berusaha mengantisipasinya…bukankah kehadiran asu di pinoy utk membendung cino..?trus apa gunanya asu di sana jika pinoy sendiri sdh berdamai dgn cino…hehehehe
          Toh selama ini mereka disana juga cuma maen ketoprak humor..malah diem2 bikin peternakan rayap yg kalau semakin besar malah bikin rumah ambruk..hehehehehe dan keuntungan indonesia sendiri bisa mengurangi tekanan dari 2 begundal dunia sekaligus yg selama ini selalu memancing keributan sbg alasan utk masuk ke halaman depan rumah utk menjarah.. hehehehehe
          adios amigos#urip ojo boros..xixixixixi

          • luar biasa indonesia!! bung bakulo wajaro, saya penasaran, bagaimana para satria indonesia dilatih, sehingga bisa menciptakan strategi yg cemerlang dan diakui dunia. jika pelatihan fisik TNI, sedikit2 saya tahu. tapi olah akal TNI, blas g tau saya bung

        • Bung bw terima kasih babarannya, namun begitu liciknya mereka berlaku seperti itu,ternyata pengecut juga.. Bung pw thanks link nya

  75. @bung pajio …begitulah bung…semua punya pilihan…saya sendiri tidak bisa menggunakan hak pilih…karena saya bukan warga DKI Jakarta…hanya intinya saya harap semua bisa menahan diri tidak terlalu fanatik…apalagi ikut memperkeruh…jika muslim bukannya kita Mayoritas dan di jaman Rasulullah saw beliau melindungi minoritas…kita setuju waspada terhadap perang proxy dan asimetris… isu SARA dan fanatik keagamaan sangatlah mudah dihembuskan di negri ini…kalau memimpikan kejayaan Majapahit,sekarang saya tanya Majapahit itu apakah kerajaan Hindu-Budha atau Islam?misal kalau ada yg beragama Hindu mencalonkan diri jadi pemimpin DKI Jakarta apakah akan seheboh Ahok?kenapa parpol tidak mencalonkan Ulama Islam sekaliber Gus Mus misalnya atau Habib Syech atau Aa Gym yg pernah fenomenal atau Bang Haji Rhoma atau bisa Dien Syamsuddin dll…masih syukur saya lihat ada calon potensial semacam Anies Baswedan…dan Agus Yudhoyono dikalangan muda…maka kita tunggu permainan catur/pilkada DKI Jakarta taun 2017 besok…

    • Paijone Paijah on

      Bung pakne, jk Anda jeli Anda pasti takkan bertanya knp kasus Ahxx jd heboh sampai sekarang, itu tak lain krn lisannya yg tak mampu dia jaga dg baik, terlebih dlm hal ini kaum mayoritas yg dia sakiti, tentu efeknya akan jauh lbh besar lg, dan kalaupun saya kebetulan satu kaum yg sama dgnya, hati sayapun akan tersakiti ketika dia melecehkan keyakinan kami, hehehe.. Egk akan ngaruh banyak kalo saya yg ngoceh bung, egk akan ada yg mau dengar n kalopun ada itu cm dianggap ocehan orang gila, tentu beda dg mr. Ahxx..
      Nonsense kalo sebuah keyakinan tdk didasari rasa fanatik, keyakinan n fanatisme itu identik bung, hanya saja rasa fanatik itu diperuntukkan bagi kita yg meyakini, tidak utk dipaksakan kpd mereka yg tak meyakininya, tak kan menghasilkan apa2 kecuali permusuhan n perpecahan..
      Bung pakne, jaman Majapahit atau setelahnya ketika Islam msh mjd minoritas Anda pasti tahu betapa cantiknya perjuangan para waliyullah dlm menarik simpati n menjadikan Islam jd sebesar sekarang, kaum mayoritas beliau2 rangkul bung, bukan malah dimusuhi apalagi diadu spt yg terlihat belakangan ini..
      #Tidak ada masalah dg rumus otak atik gathuk pean jk itu sekedar utk menganalisa peristiwa yg sdh terjadi, tp jk itu utk memprediksi/meramal ya mohon maaf jk banyak yg berseberangan dg Anda yg akan Anda temui.. Salam

  76. zaman rasulullah itu menganut hukum islam dimana mayoritas melindungi minoritas, dan minoritas menghormati mayoritas.hukum dizaman rasulullah tegas dan adil..jika ada yg bersalah baik islam ataupun bukan itu terkena hukuman.untuk sekarang yg perlu adalah penegakan hukum yg adil agar kembali kondusif.jika minoritas di anak emaskan yg terjadi adlah terciptanya tirani minoritas.

  77. ngikuti komen pakne mbulet
    di tunggu tanggapan pertanyaanya bung BW gk bisa jawab,di tanya apa jawab ap.

    bikin suasana kurang nyaman..saya gk meragukan ayat alquran,tp saya meragukan ilmu comot,ilmu gandeng,ilmu gotak.gatik dan ilmu perkiraan anda.
    sampaikanlah kebenaran walau satu ayat (kebenaran hanya milik tuhan) dan sampaikan untuk menggapai Ridho dan untuk menuju ke jalannya apalagi dihubungkan dgn politik.
    mungkin lebih baik untuk konsumsi sendiri atau keluarga biar gk ada yg tersengat,banyak mudhorotnya dan terasa keseluruh umat,waullohu a’lam

Leave A Reply