Latihan Angkasa Yudha pindah Ke Natuna

160

Latihan Angkasa Yudha pindah Ke Natuna

amin11

Tanggal 24 September 2016 yang lalu, Panglima Komando Operasi Angkatan Udara I, Marsekal Muda Yuyu Sutisna berkenan mengunjungi Lanud Ranai dan Bandara Ranai dalam rangka meninjau langsung medan latihan dalam rangka Latihan Angkasa Yuda tahun 2016.

Peninjauan lokasi ini tergolong mendadak, karena sebelumnya latihan puncak Angkasa Yuda 2016 sejatinya akan dilaksanakan di Tanjung Pandan Propinsi Bangka Belitung. Namun atas perintah Presiden, puncak latihan digeser ke Kabupaten Natuna.

Dalam latihan ini akan melibatkan seluruh skadron angkut dan skadron tempur yang ada serta melibatkan 1963 prajurit TNI AU.

amin16amin17

Selain itu akan diujicoba senjata baru paskhas yaitu Oerlikon Skyshield sistem senjata anti udara jarak pendek yang mampu mencegat, pesawat, rudal dan drone. yang dalam latihan ini akan menembak sasaran berupa drone yang disimulasikan sebagai pesawat tempur lawan yang akan melakukan penetrasi ke pangkalan TNI AU Ranai.
Pengambilalihan pangkalan udara Ranai dimaksud kan sebagai pangkalan aju oleh musuh guna melakukan penetrasi lebih dalam ke wilayah NKRI.

Dalam latihan tersebut juga menggunakan kapal nelayan sitaan milik Thailand sebagai sasaran tembak dan sasaran bom dari pesawat pesawat tempur milik TNI AU.
Digunakannya Kapal Nelayan sitaan sebagai sasaran bom, jelas memberikan pesan ke Negara Tetangga, agar tidak main main di wilayah laut NKRI.

Untuk lanud Ranai lagi ada kegiatan pelebaran landasan pacu. Dari 30 menjadi 60 m

amin14

Laporan Langsung dari Medan Latihan Angkasa Yuda 2016

Pesawat tempur Hawk, F 16, Sukoi, T 50, sudah mulai berdatangan di Lanud Ranai Natuna, dalam rangka mendukung latihan AYU 2016.
Selain itu target pemboman berupa kapal tangkapan pun sudah mulai ditarik dari pos Angkatan Laut di Sabang Mawang Pulau Tiga dengan menggunakan Tugboat.

Rencananya tanggal 1 Oktober 2016, Panglima Komando Operasi Angkatan Udara I, Marsda Yuyu Sutisna akan meninjau kesiapan dari latihan puncak yang rencananya akan di hadiri Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Demikian laporan dari Pangkalan TNI AU Ranai.

amin15

 

Oleh Patsus M. Amin biro Natuna
Gambar oleh Patsus Amin

Share.

160 Komentar

  1. Penentu kemenangan pertama. Perang Teluk 1 dan ke 2 membuktikan peran penting Air Force. Sejarah mencatat untuk pertamakali di Irak, angkatan darat yg besar hancur luluh lantah oleh Air Force. Delapan puluh persen bom/ bahan peledak dijatuhkan/ dilakukan oleh USAF.

    • betul bung defcon, percuma punya ribuan tank tanpa dukungan pertahanan udara yg kuat…makannya, diatas itu ada gambar oerlykon…blm yg jarak jauhnya..hehe…Berani USAF masuk Indonesia spt di perang teluk???

    • Dan Air Force juga pernah digunakan oleh USAF dan British dalam menggempur Nazi jerman di Normandi dan berhasil. Juga Air Force pernah juga digunakan oleh British dalam Serangan Umum di surabaya setelah 2x Kota Surabaya di ULtimatum, Kota luluh lantak, namun hasil perang ternyata berbeda.

  2. Matt pellor.. on

    Pesan penting yg harus selalu di ingat para maling ikan , sda , dan bandit 2 bermuka manis asing dan aseng bahwa Indonesia telah siap dengan segala kemungkinan apa pun. NKRI strong

  3. Bung BW, Latihan AY 2016 di natuna apa wajib lapor FIR singapura? Latihan d wilayahe dwek masa lapor dulu.

    • Bakulo Wajaro on

      Hehehehehe… Terbang diwilayah udara sendiri yah hrs ijin jg bung getuk .. ijin intersep dgn ts..xixixiixixixi…berita ditengah laut atau di balik cakrawala klo sdh muncul di media artinya ono sing urgent message…apalagi puncak latihan digeser dadakan..heeeee
      70-80 tawon terbang muter diatas babel sopo sing ora mangkel..?lama bener lagi latiannya.. upil byk yg delay neh..rugi dah.. ..xixixixixiixi..kalo msh neko2 petakilan latian diperpanjang 2 bulan lagi..hehehehehehe…..
      Adios amigos#landasan diperpanjang..tipe lanud naik..perabotan pindah tanpa balik kandang..termasuk mercon panjangnya dong..xixixiixixixixi…

  4. wideww……para garuda nusantara benar-benar bangun dan siap menerkam siapa saja yang mau mengoyak NKRI……

    sebentar…sebentar….diterawang dulu pesan yang terang benderang ini untuk para cacing banci dan tuannya di kawasan sekitar……..
    pesan kepada para cacing banci dan tuannya : bahwa kami akan mempertahankan wilayah kedaulatan NKRI yg harga mati ! >>>>doktrin pre-emtive strike berlaku via kogabwilhan

    pelibatan 80 pesawat fixed dan rotary wing >>>artinya kan jelas bahwa NKRI itu memiliki kekuatan dan kapasitas area udara lebih besar daripada 80 biji yg terlibat di AY2016 di natuna >>>ga percaya….monggo buktikan sendiri & resiko tanggung sendiri kalo ketemu rajawali nusantara plus panah-panah arjuna…xixixixi

    sebagai bukti khususnya kpd negeri singapura dan negara lainnya bhw NKRI adalah berdaulat di wilayah kedaulatan udara NKRI dgn kata lain bhw NKRI rebut kembali FIR dalam koridor operasional NKRI lewat alat negara yg berkompeten.

    bung PR….special request dong bung….itu jikalau ada lalat, nyamuk, tawon, super tawon, dll…udah dech langsung aja disamakan perlakuannya spt yg di langit sumenep……ntar dipublish besar2 ya bung dimari….hihihihi

    Salam Indonesia nan Jaya!

    • @bung pw memang seperti apa sebenarnya langit sumenep bung……?secara logika memang agak aneh kalo dilihat dari potongan2nya jatuhnya agak berdekatan…..

      • bung RPN,
        xixixixi….tau ah helap…..spt helap malam ….yg mana krn kasus cakrawala sumenep inilah yg mendorong pergeseran lokasi AY2016 ke natuna menjadi kualifikasi latgab 3 matra nusantara…..hihihihi
        yg mana konon dipicu pergeseran daripada gerombolan si berat yg lg cari brankas + fpda gangsta di negeri jaguh mau pamer jd preman banci + nogo buntung menggeliat cari ekor buntungnya…..
        bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati kata dokter…xixixixi…jikalau ditautkan dinamika regional LCS…..xixixixi….

        • weleh weleh ngonoto……..makasih bung pw atas pencerahannya ciami bgt…..kayanya dah mulai rame nih…kita tggu selanjutnya….Adios amigos#mlengos

  5. loh memang di sumenep ada kejadian apa sih? hehehe!
    menurut LAPAN yg jatuh adalah bagian dari Roket..tapi itu Roket apa? atau Rudal sih?..xixixi. salah sendiri kenapa lintas cakrawala tdk ketuk pintu.

    hayoo itu foto pak amin sdh sgt jelas sekali.. SkyShield itu SHORTad dibawah 10km,sdg kn saat ini RANAI lsg naik A level lanudnya krn ada sang CHIEF. mosok kumendan hadir di cover Shorad hehehe!

    #nyamuk dan Lalat jg akan ikut nimbrung,syukur2 bersedia jd Real Live Target..dan kita tdk perlu izin FIR,cukup NoTAM sj!! wong FIR aja kok diladeni,sdg yg Real FIR saja ckp senyum2 aja!

    • asyiiikkk….dapat sambaran langit dari bung PR….maturnuwun ya bung…

      walah-walah…lha koq nambah rembesan-nya…..itu roket atau rudal ya ? dibayangin spt rhan122 tp koq spektek falcon 9 spt rudal ya….koq bisa sampai di lintasan cakrawala langit sumenep ya?…lha luncurin darimana ya? emang berapa jauh jangkauannya?…jangan2 diluncurin dari negeri banci yg ada di sebelah nusantara kita…wow….hanya Alllah SWT dan bung PR sekeluarga besar yg tahu…hihihihihi…istilah rocket dan rudal hanyalah berbeda pada kepentingan yg menyertainya yakni apa yg dibawa didalam wahana itu….xixixixi

      lalu apa motifnya samiri bawa falcon 9 ya?….agenda apaan nih??? waduhh…lha koq otak nakalku bergulir bawa banyak2 pertanyaan thd kasus langit sumenep……maaf-maaf…..hihihihihi

      tuchkan jemari ini kembali nakal….koq bisa jatuh di langit sumenep?…gimana bisa?….tekena apa ya shg tepat sasaran di langit sumenep?…pakai teknologi apa shg bisa cium hadirnya potensi ancaman bagi nusantara?…waduhhh….otaku lagi nakal…maaf bung PR….semoga ga ganggu fokus agenda AY2016…..

      Salam sukses untuk para senopati, punggawa, dan hulubalang yg jalankan AY2016 di Natuna.

      tapi kalo clue-nya “salah sendiri masuk halaman rumah orang ga ketuk pintu dan salam?”…wow …ini sih cetar membahana namanya hehehehe…..masih suka slonooong boy spt lontongnya juga……resiko ditanggung pelanggar..xixixixixi

      kalo spektek ada disini: http://www.spacex.com/falcon9

      Pokok’e NKRI iku harga mati !

    • Brti kemenhub yg ngurus Notam y? Apa lgsg via pespur ke ATC changi?
      Yg real FIR brti maley dan viet cma bisa senyum2 aja apa disenyumin nih haha

      • Notice To Airman aka NoTam memang dikeluarkan oleh Dirjen Hub Udara berdasarkan informasi dari otoritas pengelola jasa udara atau yg berhubungan dg lalulintas udara.

        Fighter dan Patrol kita tdk pernah tunduk dg FIR,GCI negara manapun sekalipun Range Detection ny bsa menangkap transponder signalnya. Dan sdh kebiasaan kita keep Radio silence on patrol,tp jika kebalikannya maka kita akan “Say Hello” kpd tetangga yg Keep Radio Silence.. hehehe!

    • heheheh langit sumenep @bung PR kasih bocorannya dong heheheheh…jgn kura kura dlm perahu ……hihihi guyon bung…

      • Bakulo Wajaro on

        Hehehehe… Antisipasinya jelas sdh ada bung Karebet.. Lha iku typhoon dtg ..kata upil.. Mama minta pespur..lha papa pindah latihan kalo gitu jeng..huhuhehehe..klo melon jelas antisipasinya masuk bilik dan termenung..kih..kih..kih..
        Adios amigos# inget di angkot.. Papa pulang.. mama basah..wkwkwkwkk

        • sepertinya purapura singa kirim sms bung kira kira isinya ……………. jgn main mercon dimari banyak anak kecil tar ga bisa bobo siang hihihihi..wkwkwkwk Adios amigos#mlengos….

  6. Bung PR…ada info banyak pendatang gelap di pelabuhan sunda kelapa. Pendatang haram tsb ber etnis tiobgkok. Saran saya ….apakah diperlukan sukarelawan patga utk sweeping pendatang haram tsb.

  7. Bakulo Wajaro on

    Hehehehehe.. Akhirnya keluar juga yg dicari2..kirain distrap suruh ngepel landasan juga..hehehehe… Lha bisa encok sampean bung PR..hihihihihi…
    Pertinyiinnyi..Kenapa dipindah puncak AY2016..?apakah ada kaitannya dgn sesuatu yg rontok di sumenep..?huhehehehe…
    Silahkan tarik kolor bung PR.. Tp yo ojo seru2 bung kim..
    Adios amigos# ilustrasi bung NS.. Tangan kiwe gatotkoco miting leher naga sambil injek capt.asu yg telentang modar..hihihihihi..

      • Bakulo Wajaro on

        Heheheheehe…. Klo ngejar bung Pr pake mercon 7 mach bung Kim…hehehehe bawaanya eject mulu kyk kaset decoder.. Sekalian tes uber typhoon mama eli… Yg plg gak bisa ke uber cuma mkm melon.. Lha piye mau diuber lumpat duluan di hanggar..huhehehehehe
        Adios amigos#tenang atine melon..mama nya dtg bawa herder..

        • ya klo di udak pensil mach7 B2 spirit jg kejang2 opo maneh aku!! mending tak rela no ngebuang 30M dr pd bokong ku kobong..wkwkwkwk

          #mumet ndase sinau XXXplan! wis bakal dadi rame ne garis imajiner kealpaan!!

          • Saya rela ngipasin deh bung..pake raket nyamuknya..hiihiih

            Sehat Selalu buat @bung PR BW dan Bung semua..

            hati hati main karet..kejepret…hihihihi

  8. Paijone Paijah on

    Disebutkan disitu kapal nelayan hasil sitaan dr para maling ikan dijadikan target penembakan dan jg latihan pengeboman, hehehe.. Knp enggak dr dulu saja ya kapalnya dimanfaatkan spt ini, lumayan drpd cuma dibakar dan ditenggelamkan gitu aja.. Hihihi

  9. Wah pindah dsni pntesan d artikel sblumnya sepi….semoga sehat selalu bung bw n bung pr.mumpung ad bung pr ane mau tanya bung kmaren d wrung sebelah ad gambar pengintai hawkeye mang kita dah pnya itu atau jdi yg dri saab atau jga ada banyak lg selain ntu trus kita jga tertarik pengangkut ilyusin ll m seri 400 kira2 ntu brang msih drakit apa dah dsni bung pr..matur suwun nggeh.

  10. AY2016 di Natuna krn eskalasi sdh terlalu panas dan hrs di dinginkan. Dan jika tetap di Babel maka byk penumpang yg bakal ngedumel di Twitter krn delay..hehehe!

    Mata Elang Langit sdh lama berkeliaran tp dg spesies yg berbeda-beda.

    SuperLifter Mobud msh di rakit tp jika dibutuhkan,kita bsa pakai mrk punya Free!

    @BW hehehe.. daripada ngepel landasan mending ngelap kaca kokpit..

    #wong mata elang biasa warawiri undetected “banyak tangan yg bekerja demi kepuasan ANDA”loh kok mirip Tagline G** ya..xixixi

    • Bung PR@ maksedna si mata elang dilabur sm persis dg maskapai tsb Bung?
      Kita kalau beli barang apa2 kok kayaknya dpt bonus banyak dan pelayanan khusus ya bung??? Kitanya yg pembeli bawel, atau karena kita pelanggan terpercaya bung? Coba kalau semua pembeli dpt fasilitas gratis pakai pesawat, selama pesawat yg dibeli blm jadi…free lg…apa gak bangkrut tuh…hehehehe

      • mungkin yg dimaksud bung PR soal mata elang dari spesies yg berbeda- beda adalah bhw di planet ini produsen AEW & C bkn hanya satu, tp bnyk spt Airbus military, SAAB, dll , jd kita pke berbagai macam produk tp fungsinya sama yaitu sbg AEW & C

  11. Udah lama ga koment.. nyimak aja selama ini…
    Bung PR… Plain eagle eyes??? Hmmmm… Interesting news… can you give infone sekedik mawon, mboten usah katah jatah, bocoran alus mawon..
    alus banget sampe keselek saya bacanya bung…
    Sing liwat ora izin jewer langsung bung.. Atau diajak selfie sekalian… hihi… Semoga sukses bung AYD nya.. Sampikan salam kami kepada elang elang muda penjaga langit nusantara,dikasih theme song lagu GONG 200..theme songg nya di film perwira dan ksatria,aktornya Dede yusuf sama Dony damara.. Kira kira bung PR mirip yang mana ya??..

    • yg jelas guantengan aktornya bung!! hehehe..

      FIR itu pada dasarnya Ranah KemenHub! dan yg sy maksud the Real FIR itu rangenya 800NM circle Detection frm each Stasion. jd simplenya adalah changi,KL,Viet,Rng,Shngy,Dwr jd satu dg 6 layer scrut securitynya.. (impian pak Amin nih..hehehe)

      #wong yg latihan itu cuma 80unit tp Satpamnya kok ampe 200unit!! termasuk si bule..kacian hrsnya bsa liburan di Bali eh malah jd SPV satpam.

      wah klo pensilnya error bsa ky Jammu Kashmir nanti!!tiap tea time dpt salvo 120mm 8x..wkwkwkwk

      • bung PR akeh men satpame???

        Disinilah kejelian dan logika kita dituntut menerjemahkan semuanya, opini pribadi saya bung kalo semua manuk ikut AYD.. Secara logika kan banyak bolongnya ni rumah, tp saya rasa nda mungkin dibiarin bolong mesti ada manu’lain yang ronda buat ganti yg resmi.. Ya ganti ship lah, moso yo ship bengi terus.. Bung molimo mau nonton bareng nung?? Hehe

      • bung PR akeh men satpame???

        Disinilah kejelian dan logika kita dituntut menerjemahkan semuanya, opini pribadi saya bung kalo semua manuk ikut AYD.. Secara logika kan banyak bolongnya ni rumah, tp saya rasa nda mungkin dibiarin bolong mesti ada manu’lain yang ronda buat ganti yg resmi.. Ya ganti ship lah, moso yo ship bengi terus..

        Bung molimo mau nonton bareng bung??? he

        • Hehehehehe…siap bung.(sambil bngung nobar masa muda y bung pr apa nobar AY 2016).iya bung hawk dsni dtuntut kejelian soal y puzzle y berserakan jdi buat amatiran gni bkin mumet pngen y bocoran y dbrol aj tp tkut y para patsus kena setrap.

          • nobar yang di jalan depan walikota jaksel…..maaf dan…leher pegel banget….abis sing suka jammer….

          • “Semuanya sama, yang mana yang bagus menurut kita ukurnya, kita beli. Kan banyak, dari Amerika F-16 ada banyak. Sukhoi yang ada 24. Yang lain-lain dari Inggris ada, tidak ada masalah,” jelas Ryamizard.
            Bung hawk200…. nemu potongan puzzle

  12. Latihan Angkasa Yudha 2016.. yg tadinya di Bangka – Blitung, di geser mendadak agak ke utara tepat di disamping dan ditengah2 negara2 usil..! Dan akan di saksikan langsung RI-1 …! Hehe…PESAN tersuratnya .Kami sudah memiliki kekuatan yang cukup unt menjaga kedaulatan wilaya kami…! dan jangan coba2 mengusik…! Dan pesan tersiratnya ialah…! jika kami sudah meminta, maka FIR segera serahkan, jika tidak maka di th. 2019 kami akan melakukan lagi di tempat yg sama Latihan Angkasa Yudha dan pada saat itu banyak rudal yg lempas kendali alias error dan nyasar ke negeri Unyil yang sok kuasa.

  13. Jadi negara unyil , menerbangkan objek yg berhasil dilumpuhkan alias dihancurkan TNI? Bahasa mudah nya begitu kan ?

  14. disebelah utara pada buka2an jeroan,
    disebelah selatan agak ketimur dikit hening sunyi
    adakah yg dapat memberikan pencerahan ttg pangkalan cabelombok..
    sepertinya sudah makan nyawa lontong berapa biji koq g ada “hoax” nya..
    mungkin para sesepuh dapat memberikan sedikit bocoran sinetron badai topan digili….

  15. aaarrrrggghhhh on

    salam hangat bwt bung PR …dan para sesepuh PATGA …hanya latihan AYU 2016 membuat kekacauan di penerbangan di kecamatan sebelah wkwkwk. .akhirnya pindah ke NATUNA biar menjaga kerukunan kawasan…sungguh bijaksana dan satria TNI … tanpa harus adigun adiguno walaupun berhak di BABEL…

  16. wirosableng007 on

    Assalamaliakum dan salam sejahtera utk bung2 semua….
    Terutama utk bung PR, BW dan bung bung yg lain…. saya hanya penasaran…. kejadian jatuhnya pecahan roket di sumenep tuh kok sepi aja ya beritanya ? ane udah cari2 di internet kok belum ketemu link berita misal dari perusahaan pembuat roket atau dari amrik nya kenapa tu roket bisa jatuh dan karena alasan apa jatuhnya…lha wong biasanay pesawat aja tergelincir di landasan ada investigasinya kan? logika saya seperti itu…. atau emang si empunya roket diam2 malu karena udah nerbangin roket tanpa kulonuwun ke indonesia ya? hehehhehe…cmiiw..

  17. >negeri pura2singa semakin terhimpit krn udah ada rencana pembangunan landasan, shelter dan home base untuk 1 skadron di Tj Pinang Kepualauan Riau….alangkah indahnya dan sistematisnya pembangunan pagar-pagar kedaulatan nusantara sbg antisipasi fpda…stlh natuna, riau, medan dan aceh…ehhh masih ditambah 1 lagi di tanjung pinang….tambah rapat dan kejam kan batas kedaulatan nusantara….untuk kedaulatan NKRI maka lanjutkan!…xixixixi…artinya sumber pendapatan jasa dari ruang udara dari pura2singa semakin dipersempit dan diperkecil oleh nusantara….seperti mengecilkan kran air..pelan…pelan…kmd mati total.
    >>pasar modal negeri pura2singa juga semakin terpuruk, bisa dikatakan terinfeksi berat krn migrasi uang2 masuk ke nusantara dan konon sebagian besar perusahaan yg listing di pasar modal pura2singa berkategori sakit…..artinya sumber pendapatan pura2singa lewat pasar modal semakin suram dan mengecil krn infeksi berat tax amnesti shg memicu migrasi uang ke nusantara….kran ini pun diputar agar semakin menutup arus uang nya.
    >>>perbaikan dwelling time dgn target 2,5 hari terus dikebut di semua pelabuhan utama untuk export-import….artinya kran pendapatan pelabuhan pura2singa jasa kepelahuhanan juga akan diperkecil oleh nusantara dgn menumbuhkan daya saing di jakarta, medan, surabaya, makassar….dan pelabuhan2 lainnya.
    >>>>manuver pura2singa yg mendukung philipina untuk wilayah kedaulatannya di LCS termasuk ZEE-nya mematik reaksi Naga lewat jendralnya yg bilang “pura2singa telah mamatik api”.
    wowww……sebentar…diterawang dulu….apa gerangan ya? negeri pura2singa adl fpda namun disisi lain juga bagian daripada china global…serta bagian proxy daripada samiri……bisa jadi pura2singa memang diminta untuk berperan sbg pematik api konflik LCS oleh tuan-tuannya….dgn target jangka pendek adalah adanya pembenar untuk menggerakkan laju persenjataan baik dari Naga maupun Samiri di kawasan.
    >>>>>jikalau bung PR telah sampaikan bhw AY2016 di Natuna adl karena kondisi dinamis LCS yg semakin panas membara….maka terimalah langkah2 indah dalam tarian kompak oleh senopati, punggawa dan hulubalang nusantara…..akankah kartu russia, france, german, japan, india, pakistan, dan korut akan dimainkan oleh nusantara???
    >>>>>>alhamdulillah , ada pembebasan sandera daripada abu mangap di selatan philipina, smg penyanderaan oleh abu mangap ini adalah yg terakhir kalinya. dan diimbangi hubungan kerjasama saling bermanfaat antara nusantara dgn membangun selatan philipino.

    semoga bung BW dan bung PR berkenan memaparkan rembesan yg ada atas kondisi dinamis regional daripada para cacing banci termasuk tuannya….hihihihihi

    ***bangganya hati ini ternyata nusantara sudah punya AEW&C yg gado-gado…..semoga yg super lifter berkontribusi pula nantinya….sabar menunggu krn lagi dirakit kata bung PR…..hehehehe…alhamdulillah

    • @bung PW, adanberita dntv one, bahwa pihaknindia akan melakukan kunjungan knjepang membahas soal nuklir. inikahnyg dimaksud dg kartu jepang & india?
      lalu, teringat babaran bung Trahlor +- gini : “indonesia dikepung pangkalan asing, tp sebenarnya kita yg mengepung” . apakah jepang,india, pakistan ini yg dmaksud? krn posisi mereka mengelilingi china.
      u asu, negara mana saja yg kita jadikan benteng pengepung? korut bukannya anak didik china bung? lalu perannya apa untuk indonesia? hehehe maaf y bung, agk banyak tanya saya

      • Bung Tapol….
        Itulah menariknya kapasitas dan kemampuan Garuda untuk menari indah diantara negara2 yg ada. Prinsip zero enemy thousand friends tetep berlaku krn itu salah satu prinsip semangat non-blok. Butuh puluhan tahun untuk pada kondisi kapasitas dan kemampuan demikian atas semua resources yg ada.
        tiongkok kan nge-klaim atas LCS dgn jumawa termasuk kampanye militer krn merasa memiliki kemandirian atas kekuatan militer yg sangat kuat dan cadangan devisa yg sangat besar. tiongkok jumawa krn merasa bhw hanya kecil sebagian negara yg akan melawannya. Namun demikian, ketika diberikan derajad tekanan yg sama oleh negara misal: japan juga melakukan kampanye militer dinegaranya yg dekat dgn LCS, mk luar biasa itu kemenlu tiongkok teriak2. Japan adalah musuh abadi tiongkok. Nach itu spt japan, india, pakistan, russia, france, dll…anggaplah 1 negara adl 1 variable independen thd konflik LCS. Bayangkan jika 1 negara tersebut mengeluarkan jurus2nya….apa ga sakit tuch kepalanya pemimpin2 tiongkok melihat dinamika yg terjadi? Dengan melibatkan negara2 lain yg secara historis bermasalah dgn tiongkok baik sbg musuh abadi ataupun negara pesaing itulah kartu2 yg dimainkan Garuda…keren kan…hihihihi…targetnya adl de-legitimasi kampanye klaim tiongkok atas LCS mjd gagal total …ada kecenderungan bhw kerjasama nuklir antar 2 negera akan dibarengi pula kerjasama pertahanan spt latihan bersama dari 3 matra….coba bayangin itu india-japan latma laut dan udara di LCS yg mana itu masih laut internasional…hihihi bung pasti bisa bayanginkan reaksi tiongkok…hehehehe….yg masih gelap bagiku adl kepentingan2nya itu apakah untuk menjaga keberadaan entitas suatu negara atau malah menghancurkan entitas suatu negara…
        politik negara adl politik entitas NKRI di bumi ini baik keutuhan dan kedaulatan yg menyertainya yg merupakan harga mati. hubungan antar bangsa adl keharusan untuk membawa kemajuan, kesejahteraan dan kemakmuran, termasuk dgn korut meskipun merupakan binaan tiongkok. namun yg anehnya korut baik pemimpin maupun rakyatnya sangat hormat kpd NKRI. tersiratnya adl ada hubungan istimewa antar negara korut dgn NKRI. itu kapal2 loss cargo berbendera korut sering mampir di tj perak unt muat komoditi nusantara.

        pernah senior patga sampaikan di kolom komentar bhw kitalah yg mengepung para cacing banci dan pos kampling yg disponsori tuan besar mereka. keberadaan negara sahabat di kawasan yg berkenan kerjasama pertahanan dgn NKRI inilah sbg konter serangan thd negara2 cacing banci dan pos kamling yg ada. krn bisa membuka akses masuk bantuan dan memecah belah mereka di tempatnya.

        krn keterbatasan ku, mohon berkenan jikalau para senior patga berkenan untuk mencerahkan apa yg menjadi concern daripada bung Tapol…..

        • .terima kasih banyak bung PW untuk penjelasannya. nyesel saya, krn pernah bermimpi untuk jd wn jepang, krn d sana banyak fasilitas hidup terbilang lengkap. indonesia jauh lebih indah, lebih kuat dan berharga d banding negara manapun.
          mungkin indonesia itu seperti luffy si topi jerami. kemampuannya yg paling berbahaya adalah bisa merangkul banyak pihak u jadi temannya, sekalipun awalnya bermusuhan. tapi kayaknya malon, singaporn & aushit pengecualian
          eh, yg asu blm d jelaskan bung PW. siapa saja kawan indonesia yg mengepung asu? sepertinya asu jarang kena serangan balik mainland-nya

        • Sehat selalu buat para penghuni patga…
          Maaf sebelum nya bung PW orang awam ini mau bertanya hihihi
          Apakah negara” yg d sebut kan tadi bersungguh” bekeja sama dengan kita ato mereka hanya menina bobokan kita saja supaya mereka bisa mengambil keuntungan dari kita secara korut anak dari cino sebandel”nya anak gk mungkin sampai menghianati ortu nya…ato itu semua hanya prasangka orang awam seperti saya saja mangga di jelasin bung biar orang awam ini gk tersesat d prasangkanya sendiri hihihi…..

          • Salam bung Sam,
            Bung Sam, anda akan kutarik untuk mencari artikel dan komentar2nya di Patga yg terkait dgn “Polite little green men” yg mana sahabat Russia mendeploynya di Crimea…xixixi….pasukan yg punya highly military skill with polite manner berbaju full combat ready tanpa atribut identitas namun kehadirannya bisa menyelesaikan masalah yg ada….siapa mereka? Darimana pasukan itu berasal? Apakah mereka hulubalang nusantara yg ada penugasan dibelahan dunia lain?…hihihihi…krn keberhasilan little greenmen dlm selesaikan perang asimetrik dan proxy di Crimea, maka sakit gigilah samiri dan cemburu agar samiri dan nato punya pasukan sejenis…cek ini: http://www.fpri.org/article/2016/03/how-why-and-when-russia-will-deploy-little-green-men-and-why-the-us-cannot/
            Silahkan bung sam memperkaya artikel ya…hihihi
            Konon little green men skrng diminta untuk menjaga assets strategis di negeri Ukraine yg masih dalam persimpangan jalan mencari identitasnya…..hihihihi
            Dua negara yg saling bekerjasama tentunya dilandasi pada kepentingan2 yg ingin diwujudnyatakan untuk kemanfaatannya. Anda setuju? Nach, bacalah artikel Patga kembali ketika sahabat Russia dan Perancis membantu berburu 2 ekor paus samiri pemicu tsunami aceh…jika udah dibaca termasuk komentar2nya, maka bung akan dapat kabel merah-nya bhw kerjasama itu nyata.
            Bung sam, negara2 asing punya kepentingan besar atas nusantara ini pasti ingin bisa meninabobokkan rakyat nusantara lewat proxy dan perang asimetri yg dijalankan di bumi nusantara ini. Tujuaannya adl agar rakyat nusantara tetep bodoh , tidak memiliki daya saing, dan bergantung pd pihak lain. Negara asing sangat serakah untuk eksploitasi sumber daya alam di nusantara kita. Negara asing ini pasti memakai agen lapangan entah berbaju peneliti, lsm, artis, tokoh/pakar dgn penguasaan media massa baik elektronik/cetak/internet dan media sosial sbg penggiring opini untuk kepentingan tuan besar mereka. Negara asing sangat serakah untuk eksploitasi sumber daya alam di nusantara kita. Contoh kasus: masih ingat wacana full day school untuk semua jenjang pendidikan dasar(sd,smp,sma) oleh mendiknas yg baru? Liat responnya…yg paling banter sbg corong adl artis dan lsm yg tolak rencana pak menteri…mereka ga sadar telah dipetakan oleh pak menteri…pdhal artis2 dan lsm itu hidup di Jakarta yg mana udah lama terapkan full day school apakah berbasis nasional ataupun franchise international dan banyak artis/lsm yg koar2 itu sekolahkan anak2nya pd sekolah berbasis full day school….tujuan pak menteri agar derajad rakyat nusantara lebih tinggi dgn menambah materi pendidikan karakter unt siswa untuk daya saing masa depan mereka thd bangsa asing dgn mengolah sendiri segala sumber daya alam yg sudah ada di nusantara…tapi pak menteri dibully abis2an dgn alasan2 yg dipaksakan….ada apa ini? itulah salah satu cara kerja mereka meninabobokkan kita dgn tetep membiarkan bodoh.
            Bung sam, selama nusantara tidak sampaikan deklarasi perang kpd negara lain, maka hukumnya sah bekerjasama di berbagai bidang dgn negara lain, termasuk dng korut ataupun tiongkok sekalipun. Jikalau langgar kesepakatan kerjasama antar 2 negara , maka tentu nusantara punya rencana kontigensinya. Meskipun saat ini terjadi perang bawah tanah terkait kasus manuver gerombolan si berat, nogo bunting dan fpda gangsta…itu sah-sah saja kan resiko ditanggung sendiri meski off the record. Jikalau kita kalah ya pastinya asing dan aseng akan menang dgn tempatkan proxynya dan asimetrinya semakin menancap dan diexplotasi luar biasa. Nah, apa bung sam biarkan ? ayo rapatkan barisan bersama…ya mulai dgn melawan perang opini yg disajikan asing dan aseng lewat media massa dan media social….lawan dgn nasionalisme NKRI…lawan mereka dgn menempatkan nilai2 agama, budaya, negara Indonesia pada tempat semestinya…..lakukan duplikasi atas cara serang mereka kpd kita lewat media cetak/elektronil/sosial…gunakan ilmu/wawasan/pengalaman sbg dasar melihat kasus2 yg terjadi di masyarakat….tanamkan jiwa nasionalisme dan patriotisme NKRI pada keluarga dan lingkungan kita secara nyata….inilah perlawan rakyat Indonesia secara cerdas tanpa senjata dan tanpa kekerasan…..
            Smg bisa membantu bung sam….smg krn keterbatasaku, bung-bung senior lainnya berkenan sharing opini….
            Salam Indonesia nan Jaya!

        • Trimakasih sekali buat bung pw dan senior patga yg telah memberi ilmu dan wawasan kepada saya semoga ilmu dan wawasan ini bisa saya amalkan dan brmanfaat hihihi…

  18. dwelling time dan tax amnesty slh satu dari Trixxxx yg disiapkan utk Contra Proxy,hrs nya renc tsb running 3tahun lalu tp krn satu dua hal bru bsa skrg.

    ya kita doakan si Abu Mangap dpt hidayah jd warga yg baik dsn..hehehe!!

    #BadaiGili takut ah!! ga bisa berenang soalnya!! hehehe
    #tj Pinang memang akan jd FOB TriMatra dan lokasi tsb cocok dg bentang cakrawala jg bentang alamnya.. favorit anak penerbal klo punya penumpang sipil,suka bikin aksi nikung tajam baru landing..hehehe

    • Bakulo Wajaro on

      Hehehehe… Itu pada ngumpul mau arisan bung Ismed…hihihihi.. Yah namanya arisan sambil ngerumpiin AY dan AJ 2016.. Tuan rumahnya si upin krn si upilnya lg stress berat tekanan batin krn tiap hari di asahin golok didepan matanye sama tetangga jawara..lha gimana gak mules2, bolak balik ke wc cuma buat hoek..hoek..jd perlu dihibur oleh mami dan para jagoan neonnya yg diselatan..hihihihihi.. Eelahdalah mau arisan dikocok malah ada yg nyegat dipengkolan pake maen pencak massal lagi..tamu2nya gak bisa dtg dehh…pada mati gaya dan mati langkah.. Lah kalo golok pada lepas beterbangan piye..?tuan rumah mati beneran selamanya..:ehehehehe
      Adios amigos# yg menang arisan siapa ya..?keh..keh..keh..

  19. pendatang baru on

    angkasa yuda vs lima(4 Typhoon Inggris Tiba di Malaysia) koq bs bareng ya.
    latihan tni au vs fpda?
    mungkin bung pr, bw ad pnjelasan mongoo di persilakan…

  20. Bung BW, bung PR,
    Dari berita warung sebelah, FPDA akan melakukan latma tgl 4-21,okt 16, Inggris sudah mengirimkan 4 pswt typoon ke Malaysia apakah ini juga terkait dari eskalasi angkasa yudha.
    Klo iya, segitu panaskah FPDA terhadap RI, yg dalam waktu2 dekat kemarin melakukan latihan militer dg frekuensi yg tinggi,. mohon di babar bung clue2 nya. tks

    • ya kita lihat saja latma mrk mengarah kemana? yg jelas tiap latma dinegara lain maka kita jg akan melihat arah latihan dan moncong senjata kearah mana?

      Rapatkan Barisan karena Red Army has ready to do their Goal on us!!

      #semoga tak terjadi apa yg hrs terjadi!

      • Bakulo Wajaro on

        Hehehehe…. Rapatkan barisan krn red army has ready to do their goal on us..
        Semoga tak terjadi apa yg hrs terjadi !!
        Wow… Ono opo to yo dgn natuna kemarin2..? Shg AY2016 digeser tiba2..?
        Hehehehe… Berita di tengah laut atau di atas awan kalo tdk perlu diumbar ke media ya sepi….taunya anteng ae..ra ono opo2…padahal..???
        Nah kalo sampai ke media artinya ada yg pesan yg ingin disampaikan disamping yg tersurarat …hehehehe
        Kalo jatoh di atas kandang sapi atau ke endus media dan rembes macam patiunus yaa.. Minimal 1 minggu baru rilis resminya keluar..itu pun ada sempritan yg bunyi..hehehehehehehe
        Adios amigos# nyilem meneh.. makin ga kondusif ini macam kompor mo mleduk..xixixiixixi

  21. sugiefreedom dari palopo on

    psti pion[ proxy usa di jdikn target xixiixix dlm latihan natuna
    titik didih smakin panas di kwasan

  22. Nyimak aj deh sambil manasin kompor buat bkin kopi sambil nungguin bocoran lgi dan berdoa semoga g ad roket dan rudal yg slah sasaran….

  23. semoga selain mampu memainkan kartu2 dg cantik antisipasi tekanan dari luar…
    para punggawa negeri mampu menetralkan ‘bom2′ yg telah ditanamkan di nusantara…
    amiin…

  24. Maaf oot d warung sblh ada foto 7 mayor satkasel pd wktu sertijab kasel 401 & 402. Kl itu dansatkasel semua, lah yg ronda kuwi sp? berarti armada nyai roro kidul akeh dong personile. Apa dr kelas teri tekan paus ada semua. He.he..

    • Bakulo Wajaro on

      Hehehehe…
      Kalo masuk ke teori bung TN phd.. 1/3 ronda , 1/3 stanby, 1/3 service …dadi piro kasele..? Mbuhh.. Takon karo kang ian kasela…
      Hehehehehehe…
      Adios amigos# ngitunge ojo boros..xixixixixi

      • Nek melu teori bung TN, phd minimal selikur. Aah mumet ngitunge, yg pnting aman. Nek ana slonong boy neng ngisor laut iso ngrumponke. Bener2 gelap nek urusan kasel. He.he. mantep sinetrone TNI..

      • Bakulo Wajaro on

        Hehehehe..
        Lha iku sing sertijab piro komandane..?lha kapale sandar toh..lha piro yg lagi berenang..? Yg lagi opname..? Yg lg sandar dirumah pak sultan..? Opo meneh yg lg lukis di korea ato di….?hehehehe
        Ahh cuma loro sing ono nomere..yg ora ono piro..? mbuhh..lupa ngasih nomor kali kang..xixixixixi…
        Adios amigos# wis ta cuci muka dlu…takut ngigo.hihihihihi…

          • Bakulo Wajaro on

            Hehehehehehe… Kalo yg ntu besok di Natuna bottlepulpennya bung AW..itu juga kalo keliatan..hihihihi…lha piye satpame siaga ditengah laut..silahkan ditanyako ke kang sukrov dan dragunov, sodara skampungnya..heheeeee
            @bung Molimo kan sdh ada yg pernah rembesin diatas amitabchan dibawah cungkok..kekekekekek…
            Adios amigos# makin gelap kalo semua perabot goib berenang jauh dari dermaga..hihihihihi…

          • @bung BW : yang jelas hidungnya mancung, bulu mata lentik, sorot matanya indah berwarna, rambutnya yang pirang dibiarkan panjang se-bahu, kulitnya lembut dan kencang, ber-pipi merah jambu. tingginya semampai klo dari dekat mungkin ngobrolnya sambil ndangak. oiya sifat mereka misterius juga ( se-misterius babaran bung BW -ehehe-), karena umumnya mereka sedikit tertutup walau asli nya ramah ( klo macem2 ya di sikat…semakin ashoy bukan? hehe ).

            Buruknya, sebagian besar dari mereka tidak dapat berbahasa Inggris. so buat klian yang pengen kenal lebih dekat kursus bahasa rusia dulu ya ahahaha….

            ( maaf bung BW saya lagi ngelantur itu deskripsi cewek russia ternyata -ehehe- )

        • Klu yg sertijab 7 berarti 7 berenang, 7 opname la trus drumah sultan ad 5-7 blum lg d……..(kata bung bw).india pnya 17 sedangkan china 59 n rusia 69.kira klu skg posisi kita dmana y bung bw.

        • Bung BW and PW, salam kenal dari saya.
          Komplek perumahan saya aja dijaga satpam 24 jam and 3 ship. La…masak 2 lontong yang jaga NKRI disandarkan hanya hanya untuk acara seremonial lantik komandan. yang ronda sopo ? Hehehe…

          • Salam Patga, bung Ariekinjeng,
            Adanya publikasi foto sertijab dankasel di armatim bukanlah tanpa alasan. Pesan yang jelas ini yg khususnya ditujukan untuk asing unt tidak macem2 ama nusantara (kata bung BW, ”lek sampeyan cem-macem…tak clurit sampeyan sampek matek”….xixixixi), unt dalam negeri adl bhw system pembinaan personel kasel berjalan terus…. Semuanya adl berkapasitas sbg dankasel.
            Tidaklah elok jika masih ngejar2 berapa jumlah pasti armada kasel nusantara bagi kita di forum patga ini, krn tidak ada manfaatnya krn kasel bersifat alutsista strategis maka unsur kerahasiaan adl top priority baik jumlah dan jenisnya, system yg dibawanya, penempatan, jadwal patrol, dll. Kita harus hormati TNI-AL dlm upayanya untuk menjaganya. Boro2 rahasia negara, bung….lha wong perusahaan dimana bung bekerja saja punya rahasia2 yg tidak boleh diketahui oleh pihak luar bahkan karyawannya sendiri…hihihihi….
            Jumlah kasel yg bisa bung ketahui adl jumlah versi bung sendiri ya….dicerna sendiri dan dimaknakan sendiri pula…..ingat itu TNI-AL punya 3 armada: barat, tengah, timur….disisi lainnya dlm konsep mef itu terbagi dlm 3 kogabwilhan dan 1 kogabwilhan pusat…..kisi2 ini bisa bung dapatkan di artikel2 patga sebelumnya….hati2 ya krn armada samiri pun dibuat pusing krn bagaimana bisa 1 nama kasel namun dgn 3 species yg berbeda (contoh yg tersaji di artikel bung PS)…xixixixi….Jika bung TN, Phd kasih rumus: 1/3 dinas + 1/3 stand by + 1/3 maintenance = jumlah total…..namun yg belum masuk adl gimana yg lagi dibikin di negara sahabat?, dan yg diparkir di negara sahabat? Yg patrol lepas jauh daripada territorial nusantara?…wis ndhasku mumet pisan…xixixixi
            ayuukk, bung…kita rapatkan barisan bareng2 jaga NKRI mulai dari kita, keluarga dan lingkungan kecil rumah kita tinggal dan tempat berkerja…..

  25. Jika terjadi konflik antara cino vs indonesia, apa yg akan dilakukan rusia? dan dimanakah posisi mereka?
    mgkin bung PR dan bung BW bs memberikan jawabn & alasannya… hehe

    • Bakulo Wajaro on

      Hehehehe..
      Bung Sempak mari kita koyak kembali tulisan bung T di artikel yg lalu..
      Hotspot Natuna :
      FIR sdh jls tertuang dlm plan besar kita utk mngelolanya sndiri bung. Tahapan tntu sdh kita jalankan, tantangan jg tentangan itu psti…
      Namun sbgaimana 3 pepatah ”setali tiga uang ”dg kasus natuna kita terapkan strategi ”skali dayung 3 pulau trlampaui ” (1.menuju kedaulatan ruang udara yg dikelola SGP. 2. Mnuju pengakuan utuh RRT thd daratan,udara dan perairan Natuna dibawah NKRI. 3. Penyekatan strategis pertahanan kawasan dg penguatan pangkalan militer di Natuna utk mnunjang kedua rangka diatas), “sekali tepuk, 2- 3 lalat mati ” haha RRT mati langkah, SGP mati gaya, MALAYSIA mati selamanya hehe…
      Arah dunia ditangan anda bung…
      Teman sperjuangan jg bangsa negara yg sehaluan dg NKRI prcaya dan yakin bhw masadepan itu bkn dr sberapa besar cerita zions (dg kebrillianannya) mnguasai dunia, tp bagaimana kita mmbuktikan bhw kita jg memiliki peluang yg sama besarnya spt mrk dan bangsa lainnya.
      Salam, JAYALAH INDONESIA !!
      Hehehehe.. Poin ke 3 dgn 3 tujuan sekaligus, apakah saat ini momentumnya..?hehehehe

      Posisi Rusia pd insiden Natuna ;
      “itu persahabatan perwira biasa didalam Kilo yg siaga di ujung Sumatera, itu hanya sergeant kami yg mengelus kalibr…lainnya psti anda tau jk melihat wajah2 khas moscow”. Lembar foto berikutnya sempat mmbuat jakunnya bergerak naik.
      “yapp….!! Itu uighur anda yg sdikit bodoh mngenang masa gemilang tempur dg parang manchuria, sy kira dia seorang traveller dan salah menekan tombol belantara beijing hingga tersesat di Poso…”.
      Hehehehhe…kalo Insiden Natuna saja sdh heboh ngelus2 kalbr dlm kilo..apalagi skrg..?hohohohoho…

      Putin sadar tak bisa berdiri kuat sendirian tanpa mengelak sorot proxy barat. Muncullah ide memecah konsen barat justru dengan penguatan tekhnologi beberapa negara yang dianggap lebih lunak pada Rusia.
      Siapa yang mengatur ? Segelintir orang saja, tanpa Chna dan Iran didalamnya.
      Hehehehe.. Anda bisa posisi rusia saat ini di eropa? Adakah hub,nya dgn pesatnya inhan RI, vietnam, india,korut dll lha piye pinoy..?arep melu kang…?xixiixixixi…
      Anda sdh melihat posisi rusia disini..?
      Adios amigos# clue kumendante byk yg mulai terlihat satu persatu..hihihihihi..termasuk abumangap..kehkehekeh…

  26. Bung@PR…bung@BW…bung@PW….dan semua-muanyah
    Aslinya ane masi penasaran…kenapa latihan AY2016 relokasi hot spot…dan yang trakhir…latihan AY2016 menjadi latihan 3 matra dengan istilah “mengulang penembakan rudal c802….”???????
    Jadi delay nya C705 disengaja krn mau uji firing lagi di natuna?????
    Haddeeehhhh sumpeh…sungguh bingung…hehe…
    Nunggu cerita hoax nya yg ngejelasin pindah latihan AY 2016….hehe

  27. Ijin selalu nyimak ndan… Saya sebagai orang awam hanya bisa bertanya dan sami’na wa atho’na dgn clue2 dari para sesepuh patga, namun memandang pemerintahan sebuah negara yang membiarkan warga asing do mlebu grudak-gruduk akeh banget ko’hanya diam saja menjadi timbul prrtanyaan dalam hatiku, sebenarnya apakah pemangku jabatan dinegeri tersebut emang sudah jadi budak2 asing secara resmi (sadar) atau karna terjepitnya posisi ekonomi hingga segitunya lih membiarkan wong2 asing do ngalor ngidul nang jero umahe pribumi… Mohon bung BW ato bung PR ato bung PW ato para sesepuh lain bisa memberi gambaran pada saya yg rakyat jelata ini… Omong2 hoax cornernya dah selesai atw gimana? Kok g ada kejelasannya, padahal bagus sekali efeknya pada para pecinta patga….

    • Bakulo Wajaro on

      Hehehehehe.. Bung rel sepur jika anda dan sebagian masyarakat saja sdh mengetahui info tsb artinya para telik sandi pun sdh mengendus lbh dulu..info yg anda dengar pun sgt mungkin dihembus oleh mereka sbg warning kpd masyarakat.. Mengapa..? Posisi TNI dan jaringan intelijennya yg mmg hanya sebatas alat negara sesuai uu saat ini maka segala keputusan politik dan hankam pastinya juga melewati ged kura2 yg saat ini relatif byk terkontaminasi pengaruh dari luar..utk pemerintah sendiri memang menjadi dilema pada saat byk menerima bantuan dan hutang dari pihak luar artinya kepentingan pihak luar tsb juga akan menyertai…termasuk dukungan pada saat pilpres, bukankah tdk ada makan siang yg gratis..?tp yakinlah TNI dan segenap para patriot akan terus menjaga negeri ini dan kita sbg masyarakat terus waspada dan mendukung TNI..hehehehehe
      Adios amigos#mari cermati dan bahu membahu menjaga NKRI..bersama rakyat TNI pasti kuat..

      • Ndan BW mohon pencerahannya…

        Mungkinkah Generasi Muda Warga Keturunan China Indonesia
        Bahasa Indonesianya Masih Pelok-Pelok/Cadal

        Saya beberapa kali dalam kondisi/melihat sesuatu yang rada aneh ketemu orang orang etnis China, (saya ragu mereka WNI keturunan atau WNA China gelap), berusia 20 sd 40 tahunan, tapi kok bahasa Indonesianya masih sangat pelok-pelok/CADAL. Pernah bertemu mereka di Jakarta, sekali di Bogor, dan lebih banyak di Batam dan tanjungpinang). Kalau diajak berkomunikasi mereka terkesan masih kurang PD, umumnya mereka berprofesi sebagai sales, menawarkan, Parfum, HP, asesoris, korek api gas, bahkan pernah ada yang mencoba meramal telapak tangan saya. Kalau usia mereka diatas 40 tahunan, bahasa Indonesianya masih pelok-pelok/cadal, wajar, karena banyak WNI di beberapa daerah umur 40 tahunan keatas bahasa indonesianya masih tak beraturan.

        Bisa dibuktikan di Medan, Bagan Siapi-api, Palembang, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Pontianak, generasi muda WNI keturunan China disana seumuran 35 tahunan kebawah dipastikan dapat berbahasa indonesia dengan baik dan benar, ini akibat hasil natusalisasi khususnya dampak berinteraksinya mereka di lingkungan sekolah (TK, SD, SMP atau SMA)

        Beberapa daerah seperti Bagan siapi api, Jambi, Pontianak/Singkawang, Kepulkauan Riau, dikenal dengan banyaknya pelabuhan tikus, dan aksi para penyelundupan.

        Bukan tidak mungkin pelabuhan- pelabuhan ini menjadi pintu masuk para imigran gelap dari China, yang sudah disiapkan dokumen WNI nya oleh yang mengatur perjalanan migrasi mereka.

        Paham Rasialis, memang tidak boleh kita pelihara, tapi kalau WNA Asing/Aseng masuk ke Indonesia dengan cara tidak benar, sehingga merebut hajat hidup WNI dalam hal perniagaan, serta melanggar hukum ke imigrasian, maka menjadi tanggungjawab setiap WNI untuk tidak boleh tinggal diam, kita harus siap bekerja sama dengan Pemda dan Instansi terkait, minimal memberi Informasi.

  28. strategi cerdas dalam membangun pangkalan militer ala indonesia. dengan selimut AY 2016 maka jadilah pangkalan militer natuna he..he… semua alat didrop di natuna. pertanyaaanya setelah selesai AY akan kah peralatan tersebut kembali ke base saya kok tidak yakin he….he…. yang ada beritanya nanti ” akan dibeli alutista untuk mengisi pangkalan militer natuna, beberapa pespur dan kapal akan stanby di natuna” . tahun depan pangkalan mana lagi ya yang mau dibangun????

  29. Hoax story ny bakal jd real story jika mrk salah langkah dlm main catur!!

    LatMa TriMatra itu akan gelar aktif-pasif pertahanan dg digelar pula seluruh isi gudang munisi era 90an sd skrg yg baru tiba kemarin. semua isi gudang akan wajib battle proven hari ini dan esok.
    Termasuk si Duo Cxxx yg katanya Failed..hehehe!
    Termasuk jg akan di tinjau para “Sahabat” tertentu dg atribut lengkap,biar puyeng Media indentifikasinya!! wkwkwk.

    Syukur syukur lalat terbang jg ikut nimbrung latma kita jd kn ada rekan sparing!

    #wong latihan di rumah sendiri,kok tetangga yg pd heboh jg ribet..xixixi

    • wuiiiih…. maknyussss! bakal rame!!!
      Di sisi lain… sepertinya ancaman yang ada benar-benar mulai menampakkan wujudnya, sampai perlu AY di Natuna dan sebesar itu…. saya pribadi merasa agak was-was.

      Semoga Allah swt berkenan melindungi kita semua, Indonesia beserta seluruh rakyat di dalamnya. Aamiin.

      bai nde we, di mana saya bisa mengikuti liputan AY 2016 ya? Adakah media, baik resmi, setengah resmi, maupun tidak resmi, yang bisa saya ikuti?
      Saya berharap para patga dan patsus di sini berkenan memberikan laporan pandangan mata terkait serunya AY 2016, sekalian dengan softleaks, atau hardleaks kalau perlu hehehehe.
      Matur nuwun sebelumnya :-D

      Salam NKRI!!!

    • Utk armada jaya nnti klo KRI USH ikut tuh kira2 bakal di protes singaparno g ya.
      Kapan2 gtu kita harusnya latgab di peraiaran internasional. Drmh aja tetangga sewot. Gmna klo diluar

  30. @bung PR..Bung BW..semoga waras wareg sehat Bung…. semua agendanya lancar bak mercon sreng meluncur

    Saya kok Puyeng ini…mau brojolll broollll..

    ini apa lagi yak..?

    “Termasuk jg akan di tinjau para “Sahabat” tertentu dg atribut lengkap,biar puyeng Media indentifikasinya!! wkwkwk.”

    Setelah Sinetron Acha Acha amat bachang..trus sinetron juragan pempek pindah KTP apa..?

    Hadeuuh….saya Aminin saja…

    Dimari Siap antar jaga Bung…

    • Bakulo Wajaro on

      Hehehehe… Bung KJM ojo puyeng dulu.. Lha piye blm liat latihan dah puyeng..apalagi liat sahabat yg lengkap atributnya bisa kejet2 ….sehat selalu utk anda bung..xixixixixi..
      Media sebut TNI Latihan Militer raksasa di lcs..hehehehehe… Mmg hrs skala raksasa..lha wong unjuk otot sekaligus unjuk mobilisasi alutsista besar2an didepan gerombolan siberat dan geng bancinya+ naga buntung…keh..keh..keh..
      Adios amigos# namanya hajatan besar di titik bisul yg lg cenut cenut mau pecah yg jd penerima tamu jg hrs besar2 sambil plirak plirik siap nepok laler kepo pake sapu lidi….hihihihihihi…

      • SIap @ bung BW….

        Rakit Nyamuk siap digelar dech….
        Lontong balap plus kuah legit digelar..
        Jangan lupa nyalakan Oncor biar terang..
        Sesekali lampu petromax dinyalakan

        Ya namanya lagi Hajatan, Masak pasang tendanya kurang…
        Hla yng dateng saja ampe uyel uyelan..

        Hla yang jaga parkiran jadinya berapa?
        Tukang karicsnya pasti ada
        Tukang sempritnya juga ada to Bung..

        *Nyiapin lap buat bisul pecahnya bung…
        #saya nonton tivi dulu lah…biar kebagian menu hajatanya..hihihih

        #ikutan nyiapin sapu lidi rasa rotan..

  31. saya bangga dengan kemajuan alutista kita beserta kemampuan SDM kita yg ga kalah hebat…. terimakasih kpd TNI yg sudah membuat kita tidur nyenyak walau “nyamuk2″ dan kecoa bangsa lain siap mengganggu…tetap solid dalam satu komando dan konsep permesta kita…

  32. hihihi…ini hawa panas kenapa to yo….semakin memanas kali hawa nusantaraku….xixixixi…

    > negeri jaguh lagi tuan rumah agenda FPDA dgn komplit anggotanya hadir buat latma…..kita tarik koloran abang lokasi geografis negeri jaguh dan arah penggelarannya….katanya topan badai jauh2 datang diutus budhe elly untuk uji kapabilitas….wow…..hihihihihi….

    *> cerdik ala NKRI : lho…AY2016 direlokasi di Natuna yg jelas merupakan wilayah kedaulatan nusantara, halaman kita sendiri koq…yg di babel ga jadi “alasan resmi ntar banyak komplain delay daripada penumpang sipil”…kalo alasan strategisnya ya tentu hulubalang nusantara pasti menjadi pagar-pagar terdepan daripada batas terluar nusantara….bukankah mencegah itu lebih baik daripada mengobati hihihi…..lalu menjadi trimatra : lho kan bener itu kogabwilhan dgn doktrin pre-emtive strike (hancurkan musuh pada halaman terluar dgn kekuatan udara dan laut dahulu kmd diback up darat jikalau ada yg lolos)
    clue bung PR,”Termasuk jg akan di tinjau para “Sahabat” tertentu dg atribut lengkap” ; ini hikmah dari kerjasama pertahanan antara nusantara dgn negara2 sahabat tanpa harus membentuk pakta pertahanan…..wowww……siapa ya yg diudang gabung?…..lha itu FPDA aja ada UK…ya tentunya negara sahabat yg ikutan AY2016 tentunya yg selevel dgn UK dong…..siapa hayo? dijamin assets daripada negara2 sahabat yg join AY2016 ga bakalan nongol di bandara atau pelabuhan nusantara, namun berkemampuan gelar unt 2 matra di laut yg jauh daripada pandangan mata…..hihihihi….hmmmm…kenapa bau-baunya adl negara2 sahabat yg dulu pernah bantu buru paus pemicu tsunami dan negara sahabat di kawasan regional….wis biarlah apa yg menjadi rahasia nusantara tetep menjadi rahasia nusantara, yg penting kedaulatan dan keutuhan nusantara tetep terjaga dan harga mati….ntar stlh dingin pasti akan muncul rembesan yg menetes-tes……xixixixi….syaratnya bung BW dan bung PR ga distrap…..hehehehe
    **>selayang pandang di kacamata internal…..beberapa hari lalu panglima tni, kepala staf, pangdam, pangarmada, pangkoopsau, dll…wis pokke kuabeh lengkap selama 2 hari ziarah ke makam mantan Presiden NKRI yakni Bung Karno, Gus Dur, dan Pak Harto……ini budaya nusantara yg tetep dihormati dan dijalankan oleh kita semua….kalo menurut ku ini sinyal….yg pasti ketiga mantan Presiden NKRI itu punya basis massa yg besar, kuat, loyal dan militan…..TNI merangkul semuanya sbg kemanunggalan TNI-Rakyat Indonesia….artinya memudahkan dalam penerapan strategi permesta.

    …mengulang apa yg disampaikan bung PR,”Rapatkan Barisan karena Red Army has ready to do their Goal on us!!”;….woww……kata kuncinya adl ‘rapatkan barisan’ ini artinya pasang kuda-kudamu saudaraku dan bersiaplah terhadap tekanan ancaman yg bakal hadir….siapa, kapan dan seperti apa?…..aku yakin bung PR dan bung BW akan kasih sinyal progressnya……(dgn russia juga bukan…dgn vietnam juga bukan….dgn korut juga bukan….nach probabilitasnya adl tiongkok krn saat ini ada persoalan kedaulatan atas wilayah batas laut NKRI di Natuna dgn apa yg mau diklaim atas wilayah laut tiongkok di LCS yakni nine dash line>>>>ini tafsirku ya dulur…..)

    wis dulur aku tak mancal gas disek yo….nyambut damel gae keluarga….salam hormat untuk semua keluarga patga……xixixixixix…hehehehe….

    Salam Indonesia nan Jaya!

  33. Pada AJ dan AY ini kok byk kaprang negara lain mampir ya, entah liburan, isi bekal, port visit.. dari india, pakistan, oman, usa, trakhir jepang.. tp kok jepang mampir ke timor leste dulu.
    Blm lgi fpda latgab, pinoy usa latgab, + bru abis latgab kakudu breng ousie. Sibuk bget yak kita

  34. LatIhan rimpac kakadu latma dgn tni menunjukan betapa dahsyat nya skill para gulubalang kita.tak mungkin mereka mengajak bila kemampuan sekelas kroco( malsial)saling intip kemampuan strategi dalam balutan latihan resmi..memahami strategi tni yang penuh menu misteri. Bisa gadogado.rawon.lontong semur .tahubalap.apalagi skil individu yang edapedapi.plus tak ada kejadian didunia tanpa melibatkan nkri. .
    Natuna ya .( ingat tulisa dari bung N/indo@cuisen. Pedang khatulistiwa ahkirnya terbentuk,meyekat dan memotong armada yang mengaku jaguh menjadi impoten ),SR lagi.
    Salam nkri.

  35. Salam sehat buat bung2 semua…..keliatanya para penjaga NKRI lg mau ngasah keris ni….mumpung bulan suro….biar lebih ampuh lagi….hehe he
    salam

  36. Bung PR@di SU30 kita (TS 3007, TS3008 dan TS3011) disebelah pintu cockpit ada tanda bintangnya (4 buah) itu tanda apa ya bung….Soale tdk semuanya ada tanda itu, apa itu tanda sudah pernah servis gratis 4 kali apa gimana bung?hehehe… :-)

  37. Bung pr rusia m perancis ngirim apa bung di AY 2016, wah bung pr bsa uji coba ma typhon y mama ely ni….sikap mama ely gmna y bung ke kita kan ekonomi mama ely prnah dbantu ma persiden ke 6 dengan membeli ks nuke y trus skg si upil mnta bntuan k mama y.

    • Wah,bung molimo jail jga y….hehehe,kan udh jelas bung itu pelantikan 7 buat ngawakin siapa hayo….xixixixi
      klu diparodikan mungkin bgni bung…
      Indonesia:Eh,lu ngapain ikut2 kirim 4 brung…
      Ma2 ely:sabar say,jangan emosi dlu bisa dijelasin ko…
      Indonesia:Udh buruan lu mau jelasin ap…?
      Ma2 ely:baik2 say,gni lo aq kirim brung to buat nyegah klu mereka latihan jgan2 dket2 t4 kmu say,bhasa gaulny sih saya jdi satpam buat mereka biar g mancing kmu tambh marah lagi,kan amsyong entr klu kmu say marah bnran,bisa jdi bergedel mereka…
      Indonesia:ehm….ehm…
      Rusia:Udh bro,hajar aj sklian biar thu rasa mereka karna udh usilin kmu…
      Perancis:xixixixixix….(sambil ngumpet dipojokan)
      Indonesia:Ok,klu gtu lho ma2 ely bleh kirim burung lho tpi inget klu lho macem2 lho am ank lho gue jadiin bergedel bneran…
      Ma2 ely:Makasih say,lov you….
      Indonesia:Udh g usah manis2 dpan gue…
      Hehehe,,,,buat selingan biar g tegang…xixixixi…..

      • Oe oe oe…bahasa y anak muda bingit.gtu y makasih bung beny atas ilustrasinya takut y bangsa putih ini bermain belakang dengan anak2 y padahal skg malingsia m si upil sudah ga ad yg dharapkan.upil dengan tax amnesty y apa lg kata bung bw klu macam2 AYD y bsa dperpanjang apa ga nurun drastis pendapatan y akibat sering delay n malingsia dngan korupsi najib y sedangkan sumber y banyak di sabah serawak sedangkan skg posisi y dputus logistik y m natuna blum lg pinoy diglitikin m nusantara untuk mengambil sabah….sering2 muncul bung beny jgan kebnyakan ngupi dpojokan tkut y ntar bertelor.

  38. 1963 prajurit TNI AU???? apa ada kaitanya dgn ganyang malaysia tahun 1963,,mf min ktularan otak atik gathuknya bung Pakne

    • Iya juga ya kok ganjil amat jumlah personil dari AU,gak digenapin aja 2000 kek,sepertinya emang ada pesen khusus yg mau disampaikan nih buat anak haramnya mbok elly.

  39. Selamat ulang tahun TNI….!!!!
    semoga
    semakin profesional.
    semakin terlatih.
    semakin mantabh lah pokoknya…..

    NKRI jaya…….!!!!!!

  40. Disebelah ada yang dibilang ,kapal selam gak bisa parkir karna pasirnya ilang akibat reklamasi .. baca komentar komentarnya malah pusing. tanya yang ahli aja deh, TNI biar jawabannya memuaskan. emang pasir dan kapal selam hubungannya apa yah?? maklum saya orang awam untuk beginian .. terimakasih.

    • Pertanyaan yang salah karena dengan adanya reklamasi tersebut maka ruang gerak kapal selam menjadi terhambat. Dibutuhkan kedalaman dan space yang cukup utk kapal selam.

  41. Kapal selam cuma 2 biji kok pusing parkirnya ya?tarok diempang aja beres!….hi..hi…mang mujaer.jika pembangunan tanpa memikirkan hankam,lingkungan dll asal bangun ya begitu akhirnya .pembangunan harus arif terhadap alam.

    • Bukan Fan Boy on

      but , itu emang tujuannya , spertinya agenda asing adalah membuat setiap daratan menghadap pantai akan direklamasi , dan segera dibangun pusat perdangan serta partement bernilai mahal
      tujuannya agar penduduk asli tidak akan pernah ” bias” menyewa apartement bergaya mahal tersebut lalu akan digantikan oleh penduduk serbuan dari utara yang kelebihan penduduk ,
      strategi proxy asing adalah memasukkan kuda “troya” kedalam tubuh wilayah RI ,
      karena head to head dipastikan jiwa militant bangsa ini akan tumbuh , dan Negara manapun susah untuk melawan ,
      dipakailah strategi kuda troya ini …

      oh ya , strategi pilkada lebih dari 2 calon adalah strategi untuk ” memecah” konsentrasi 1 dukungan yang sudah terlanjur “mendarah” daging , persis case pemilu yang lalu , sudah diprediksikan agar menang/dimenangkan salah satu calon .. sedang yang lainnya dikalahkan , mengapa 2 calon , yaa karena sudah disettng pula agar kalo tidak A ya B

      demikian analisa saya
      CMIIW/BFB

  42. Dirgahayu TNI
    semoga semakin kuat, semakin profesional dan semakin menyatu dengan rakyat
    TNI bersama rakyat, Indonesia kuat
    Merdekaaaaa!!!

  43. PING!!! …..salam bung BW,
    Kabarnya si upin and the gangsta yg cegat di pengkolan yok opo, bung?….. Opo nogo yo gerak pisan, bung?

    BLINK!!! ….salam bung PR,
    Apa udh dapet real live target di awan natuna kah, bung? ….smg dpt oleh2 disana… Hihihi

    • pemburu rajawali on

      sdh cilukba 00.45 dg lalat ijo berbulu Grey 4 ekor krn lupa NavError 4mil..xixixi

      #santai..ngupi shortime!!!

      • jin rafa lovers on

        Mohon babarannya patku PR…lalat ijo 4 ekor apakah punya mama elly yg singgah di sonora ? Dan yg kebagian utk “mencilupba” apakah juga dr matra udara dngan shukoinya atau dr matra laut dngan kilo nya ? Mbok Чạ̊̇”̮ sekali2 di kasih kesempatan utk “jin rafa” memamerkan kegagahannya, si gesit lincah yg mematikan….jin rafa semakin di depan…!!!!

      • Top markotob, bung PR….
        tapi aku tepok jidat dech bung PR….lagi2 pakai alasan navigation error dari 4 ekor lalat terbang dini hari 00.45 waktu setempat…..xixixixi
        untung mercon sreng gak kesumet……….

        #ngupi shortime iku ngupi sakdurunge scramble ta bung….hihihihihi

        • Maaf tanya bung entu sampai navigasi eror kena jemuran kita apa mang pilot gk tau jalan ya???( po karena di udara gk da papan penunjuk arah jalan kayak di tiap perempatan) #masak pilot negara super power kayak sopir kopaja# nuunggu babarannya lagi bung BW ma bung PR achhhh…..

  44. Om” ganteng sy nanya donk. Agak oot dkit nih. Ada apakah gerangan dgn Nuri tiba” nyungsep. Murni kecelakaan apa kena slepet..???

  45. Nunggu rembesan… Kli aja ada tentara asu yg nyasar ke natuna, scara pinoy cma 400 org, si asu 1,200org lbih.
    Blm lagi fpda di cingapur. Latgab 5 negara di titik upil mau gerak kmna? Laut? Masa iya lat di selat yg sibuk sedunia, udara ke area lat yg dulu disewa? Monggo.
    Kyknya emang skenarionya RI diserang dari barat utara dan utara timur. Hoax come true

  46. tiap kapal permukaan atau bawah air memiliki batas lunas minimum agar propeler alias baling-baling kapal bisa berfungsi normal. nah jika batas lunas minimal sj tdk dpt maka membutuhkan kapal tunda,tp hal tsb jg akan sulit jika lunas mentok dg dasar laut

    • nah….yg lg dibuat dipulau selatan upil berderet baling baling lucu, unik muat 4-6 orang..itu mainan Ndan PS enggak ya

      *bakar menyan Ndan PS atau bungPR yg nyeluki…. ;-)

  47. Met ULTAH TNI…
    Kami bangga padamu, dengan loyalitas setinggi gunung dan segudang prestasimu…
    Kami rakyat Indonesia mendukungmu…!!!!
    Jayalah selalu TNIku

  48. jin rafa lovers on

    7mach…???? Menurut gosip dan isu nya sih RX 550 yg bisa mencapai kecepatan ini, dngan jarak 600 km… Berhembus kabar ini resep eyang habibie yg di racik oleh LAPAN..tp msh menurut berita RX 550 msh berbentuk ROKET bukan rudal, tp ada juga statmen dr “anggota AD” yg pas latihan di situbondo sedang di ujikan nih RX 550 yg di luncurkan dr semarang dan target di situbondo dngn jarak kurang lebih 500 km…. Aduhhhh jadi pusing pala berby….di hari ulang tahun TNI ini moga2 ada “bocoran” yg rembes kluar…

  49. Nunggu rembesan papat ijo di sayhallo..
    Apa sama mas sukro apa sama maskilo..berarti raket buat laler laler bisa mendeteksi sampai 400nm….
    Sr lagi sambil lihat peta. ..

  50. Para sesepuh PATGA mohon penjelasannyadi warung sebelah ada penampakan Periscope Sero 400 Advance dengan anggota ber-emblem lengan MERAH PUTIH.

Leave A Reply