Antara Katrina, Mardi Gras, dan Museum Perang Terbaik di New Orleans

23

Antara Katrina, Mardi Gras, dan Museum Perang Terbaik di New Orleans

chappy8

Tahun 2005, tepatnya tanggal 28 Agustus 2005, dunia dikejutkan sebuah pemberitaan yang meluas tentang bencana banjir di New Orleans akibat dilanda badai Katrina.

Ketika itu, New Orleans 80 persen tergenang banjir besar. Bencana ini disebut oleh Dr Raymond B Seed dari Universitas Barkeley California sebagai “the worst engineering disaster in the world since Chernobyl.”

Hal tersebut semata disebabkan karena bencana dinilai terjadi akibat gagalnya konstruksi tanggul yang dibangun pemerintah federal.

Lebih dari 1500 orang meninggal dunia. Kebanyakan tinggal di New Orleans dan masih banyak lagi korban yang tidak sempat tercatat. Sejak itu New Orleans yang terletak di Negara bagian Louisiana Amerika Serikat, namanya semakin terkenal ke seantero dunia.

Jejak sejarah

Pada tahun 1803, Napoleon menjual Louisiana kepada Amerika Serikat, yang kemudian diikuti masuknya banyak penduduk yang berasal atau terdiri dari orang-orang Amerika, Perancis, Jerman dan Afrika.

Louisiana dikenal memiliki komoditas unggulan berupa kopi dan kapas. La Nouvelle-Orleans atau New Orleans sendiri dibangun pertama kali oleh French Mississipi Company pada 7 Mei 1718.

Sebenarnya New Orleans sudah lama dikenal banyak orang sebagai kota kuliner karena masakannya yang terkenal enak dan bervariasi sebagai produk campuran dari resep masakan Amerika, Afrika, Jerman dan Perancis.

New Orleans sering disebut juga sebagai kota “Big Easy” mewakili kehidupan 24 jam yang tiada henti termasuk “Night-Life” nya.

Bila kita pernah mendengar tentang karnaval Mardi Gras yang terkenal itu, maka itulah sebuah pawai meriah di New Orleans yang berlangsung pada setiap akhir musim dingin.

chappy9

Kredit Foto “French Quarter atau Vieux Carre di New Orleans, Amerika Serikat.

Seolah menyongsong hari-hari dengan cuaca yang lebih nyaman, karnaval berlangsung melewati jalan-jalan raya di New Orleans dimana para peserta mengenakan kostum beraneka ragam yang diiringi dengan alunan musik sepanjang jalan berpesta pora.

Begitu meriah dan antusiasnya karnaval Mardi Gras ini dapat dilihat dari penduduk New Orleans yang sudah menghitung hari (count-down) untuk Mardi Gras yang akan datang yaitu pada hari Selasa tanggal 28 Februari 2017.

Pendaftaran bagi peserta yang berminat, konon sudah dibuka panitia penyelenggara. Untuk diketahui, New Orleans Mardi Gras sudah dimulai sejak tahun 1800-an.

Lebih dari itu, dibanyak kalangan tertentu, New Orleans justru dikenal atau jauh lebih populer diketahui sebagai kota musik tempat kelahiran aliran musik Jazz yang kesohor itu.

Konon banyak yang mengatakan bahwa munculnya musik Jazz dan beragamnya makanan yang terkenal, sedikit banyak dipengaruhi juga oleh lokasi New Orleans yang berada dalam alur memanjang dari aliran sungai Mississipi dan berdekatan dengan teluk Meksiko.

Musik Jazz merupakan paduan musik Afrika Amerika dengan musik Eropa. Jazz sendiri sebenarnya mulai terkenal ditahun 1920 sebagai musik yang disajikan dengan menggunakan instrumen musik tertentu antara lain saxophone, trompet, piano, double bass, dan drums.

Walau begitu, banyak juga yang mengatakan bahwa Jazz sudah lahir sejak tahun 1895 saat Buddy Bolden mendirikan bandnya.

Ada pula beberapa pihak yang merujuk kepada tahun 1917 yaitu saat Nick LaRooca dengan Dixieland Jazz Band nya merekam untuk pertamakali “Livery Stable Blues” yang terkenal.

Membicarakan lebih jauh tentang musik Jazz, maka memang tidak akan dapat terpisahkan dari nama besar musisi Louis Daniel Armstrong yang lahir pada tanggal 4 Agustus 1901 di tempat kelahiran musik Jazz itu sendiri, New Orleans, Louisiana.

Alkisah, Louis Armstrong adalah musikus yang berada dalam posisi yang sangat penting dalam blantika musik Jazz karena kemampuan improvisasi musiknya yang kuat dan sangat luar biasa.

Louis Armstrong, pemain terompet yang piawai, pengarang lagu, sekaligus penyanyi dengan suara yang khas, serak serak basah telah sangat berhasil mengajak dan mengajarkan musikus dan para penggemar musik seluruh dunia untuk “bergoyang” dalam irama Jazz.

Lagu-lagunya yang tetap populer sepanjang jaman antara lain “What a wonderful world”, “La vie en rose”, “Mack the knife”, “Blueberry Hill”, “When the Saint go marching in”, “Hello Dolly”, “A kiss to build a dream on”, “Summertime”, dan lain-lain.

Museum perang terbaik

Yang agak istimewa, di New Orleans terdapat museum nasional khusus tentang Perang Dunia kedua.

chappy10

kredit foto Komunitas reka ulang (reenactor) mengenakan seragam tentara AS dan Jerman lengkap dengan peralatan tempur bergaya di halaman museum.

Museum ini pernah dinyatakan sebagai tempat yang paling tepat bagi siapa saja yang ingin mengetahui dengan baik segala sesuatu mengenai perang dunia kedua.

Museum ini dikatakan sebagai “The best place to learn US Military History”. Salah satu faktor yang mengangkat museum ini sebagai tempat studi perang dunia antara lain adalah karena di Museum ini terdapat banyak artifak yang memudahkan para pengunjung dalam hal menghayati jalannya perang dunia kedua.

Museum ini telah benar-benar berhasil dalam menghidupkan kembali pengalaman Amerika Serikat dalam perang dunia kedua yang telah mengubah arah perjalanan sejarah dunia.

Para penggemar dan peneliti sejarah perang di dunia akan memperoleh banyak sekali gambaran yang utuh dari perjalanan akhir perang dunia kedua.

Tentu saja, semua itu adalah sebuah sumbangan yang tiada tara bagi umat manusia. Siapapun dia, sejatinya akan lebih cenderung melihat dunia yang aman dan tenteram serta sejahtera.

Museum ini menyajikan banyak hal tentang kepahlawanan, tentang tragedi yang menimpa umat manusia dan juga tentu saja bercerita tentang perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan dan martabat sebuah bangsa.

Keistimewaan dari keberadaan museum yang “hebat” ini dipresentasikan pula dalam pengakuan berbagai pihak sebagai museum yang menempati nomor urut satu dalam hal urutan sebagai tujuan wisata di New Orleans.

National WWII Museum ini adalah juga merupakan museum terbaik nomor urut 3 diseluruh Amerika Serikat serta menempati nomor urut ke 15 Museum paling TOP di Dunia.

Itu pula sebabnya, ongkos untuk menebus karcis masuk menyaksikan Museum ini tidak murah, lebih-lebih bila dikurs dengan uang rupiah, yaitu berada disekitaran 300 hingga 400 ribu rupiah!

Bagi para wisatawan atau mereka yang gemar berwisata, banyak yang mengatakan bahwa New Orleans memang tidak seterkenal Las Vegas atau Los Angeles.

Akan tetapi, tidak sedikit yang mengungkapkan pula bahwa Anda belum ke Amerika Serikat bila belum mengunjungi New Orleans di Negara Bagian Louisiana.

Oleh Marsekal TNI (Purn) Chappy Hakim
Gambar Oleh Google

Share.

23 Komentar

  1. Assalamualaikum, he he he … kebiasaan kalo buka patga nanarku mencari clue. Hari ini nyantai menikmati sajian info sejarah musik. Thanks pak cappy.

  2. Terima kasih pak Chappy…

    kemudian…semoga selanjutnya ada babaran Pak chappy dengan New Orleans nya heheh

    Salama hangat untuk bapak. tetap berkarya dan sukse selalu

  3. Museum adalah salah satu Media untuk tidak melupakan masa lalu(Jas Merah) sekaligus untuk menjaga spirit yang diabadikan dala museum itu sendiri. Dan Sekarang setali tiga uang, kini museum pun punya nilai plus sebagai Tujuan wisata yang dapat menghasilkan uang.

  4. “the worst engineering disaster in the world since Chernobyl”. Tamparan dashyat bagi Engineer AS..

    Museum PD 2 nya benar2 megah nan grande.. cocok utk Study Tour anak2 sekolah

    Nice Sharing

  5. PING!!! ….salam bung BW
    ….smg nyembul dari segoro nusantara… Xixixi

    Bung…. Kiranya berkenan kasih paparan geopolitik rusia – perancis terbaru donk…. Masak msh ada kaitannya dgn gagalnya mistral rusia itu… Atau ini buntut dari exit nya british dari EU terkait dampak kehancuran proxy ISIS di timteng yg bawa oleh2 imigran dari rakyat korban ke eropa yg timbulkan masalah sosial di dalam negeri negara2 eropa?
    Anyway, direncanakan raja Salman esok di Jakarta…. Hmm…. Apa ada rembesan buat kita ya bung? Apa juga pengen ikut arisan di LCS kah?… Hihihi…. Siapa tau mereka pengen sinau ilmu perang laut dimari… Hihihi… Belajar dari kasus kapal cepat UEA yg dirudal itu…

    • Bakulo Wajaro on

      Hehehehe… Maaf ane kemaren nyembulnya salah bung PW..lha piye nyembul dikamar mandi ke pentok gayung..yah nyilem meneh..xixixixixixi…
      Hub aliansi rusia dan perancis sebenarnya telah terjalin sejak thn 1880an..bahkan mereka bersekutu utk membendung hegemoni kekasiaran jerman saat itu..hanya pada abad ke 20 setelah perang dunia ke2 hub semaiin renggang sejak kekaisaran di rusia berganti dgn rejim komunis dan perancis masuk dalam sekutu Nato ..namun apa yg kita lihat sekarang..aliansi tinggal aliansi jika ekonomi msh saling bergantung sbg sesama negara eropa tentu rusia pun mempunyai pasar yg besar sekaligus penyuplai gas yg dominan di eropa.. Maka kita lihat mistral pun msh dibuat perancis utk rusia wlau akhirnya campur tangan asu menggagalkan pengirimannya.. Negara2 Eropa sejatinya selalu dirugikan asu dgn aturan dagang dan mata uangnya hingga keluarlah euro sbg tandingan dollar diantara negara2 eropa..dan kini holande pun memprotes cara2 asu mmeperlakukan perusahaan2 besar eropa menjadi sapi perahannya dan sebaliknya selalu membela2 perusahaan2 negaranya jika berkompetisi. Mungkin kita jg melihat bagaimana airbus hrs berjuang bertahan hidup melawan dominasi boeing yg disokong asu bahkan kompetisi tdk sehat itu juga yg membuat maskapai kita pernah dilarang terbang lsg ke eropa dan cn 235 beserta saudara2nya hrs berhenti total.. Dan sukhoi jet100 pun hrs berakhir di gn salak.. Apakah semua skenario ini hanya krn safety flightnya..?hehehehehe
      Maka tidak salah juga kita mengkaitkannya dgn kerjsama bawah tanah yg sgt rapat diantara para yudha yg pernah dibabar bung T ttg kebencian atas hegemoni asu dan sumir atas kebangkitan cina..
      Untuk raja Salmon..mungkin kita bisa melihat mengapa RI tdk pernah mau mendukung aliansi negara2 islam bentukan saudi..apakah utk benar2 utk memebantu negara islam atau justru menghancurkannya sesuai keinginan isrohell dan asu..? Mari cermati tulisan bung T..
      “Walhasil bisikan jebakan Mossad di Whitehouse berhasil menggiring Saudi dkk, untuk terjun gelanggang perang menggantikan tugas Israel yang kelelahan. Yahudi memang pandaikan ?”
      Hehehehehe… Jika dulu byk warga kita yg berteriak2 kita terlalu arogan tdk mau mendukung aliansi saudi cs dan kita lihat negara jaguh melon sang cacing kawasan pun dgn gagahnya “maju perut pantat mundur” dgn mental jongosnya berkoar2 mnjadi pahlawan kesiangan hrs malu terperangkap dlm jebakan aliansi tsb .
      Dilain pihak justru sikap dan kewaspadan kita menjadi kunci perdamaian bagi konfiik timteng dan dunia islam ..
      Apa jadinya jika kita negara dgn muslim trbesar di dunia dan memp pengaruh yg besar di asia dan afrika sampai larut dalm persekutuan rekayasa isrohell tsb..? Pasti dunia islam dan timteng akan hancur lebur dgn konflik sunni-syiah yg di sponsori saudi cs melawan iran cs akan semakin menyeret lbh byk negara2 asia afrika yg selama ini menjadi sahabat RI..
      Siapa yg diuntungkan..? Dan siapa yg dibuntungkan..?hehehehe
      Maka tdk salah jika urusan ini menjadi semakin ruwet dan njelimet..korban tak bersalah dari rakyat yaman semakin byk berjatuhan akibat pemboman yg ngawur dan pastinya perang ini dilakukan tanpa tujuan dan niat yg gak jelas..
      Bisa diprediksi perang ini pun takkan prnah usai dan semakin membesar dgn menyeret iran mengirmkan kapal perangnya utk turun lsg mendukung houti, lbh kusut lg dgn hadirnya kapal perang asu membantu kapal perang uea yg hancur disengat c802 ..
      Ahhh kemana raja saudi itu mengadu dan meminta dukungan dan bantuan..?jika perang yg dipimpinnya semakin membesar apinya dan menghabiskan biaya dan korban yg tdk sedikit.. Tentuinya bukan ke melon si tetanga haibat dan jaguh itu..wkwkwk..
      Sowan dulu deh ke jawaranya minta saran dan bantuan meredam mullah spy tdk brutal disono..xixixixixixii.
      Adios amigos#klo org betawi bilang.. pan dah gw bilangin lu tong.. jgn gegayaan maen golok.. kyk centeng demang aje lu..dah begini nyaho dah lu.. Hehehehe

      • ……..xixixi…..kepentok gayung di kamar mandi ya bung BW……hihihihi

        Krepek’an ujian urip dari bung BW:
        1. Gejolak dinamis di eropa saat ini adl bagian usaha unt survival daripada perusahaan2 eropa unt tetep bisa hasilkan profit di pasar eropa>>> ujung2nya adl jaminan penghasilan/pendapatan bagi rakyatnya.
        2. Perusahaan2 eropa dgn backing negaranya pun masih kedodoran menjadi sapi perah daripada negeri asu dgn system US dollar-nya yg mana ditandingkan dgn euro dollar lewat aliansi Uni Eropa (EU=European Union).
        3. Negeri asu tetep pakai standar ganda dlm urusan perlindungan perusahaan2nya di dunia di segala bidang.
        4. Perang ekonomi antara negara2 eropa dgn asu semakin keras dan cadas lewat aturan dagang ataupun blok perdagangan untuk penguasaan pasar / industry baik di eropa, amerika, timteng, asia pasifik, dan afrika.
        5. Jadi ingat Indonesia dikategorikan 2 oleh FAA smtr Eropa melakukan pelarangan atas maskapai Indonesia terbang ke eropa, sbg buntut persaingan Boeing dan Airbus atas pasar industry transportasi udara disini. Contoh solusinya: lewat Garuda Indonesia yg juga borong Boeing dan Airbus , termasuk juga lewat lion group yg borong Boeing dan Airbus….hasilnya saat ini: FAA golongkan Indonesia kategori 1 dan eropa ijinkan maskapai nasional terbang ke eropa.
        6. Ada kristalisasi para sandha dunia thd hegemoni asu dan sumir angkuh tiongkok.
        7. Inisiasi pembentukan aliansi negara2 Islam adl berasal dari mossad yg dibisikan lewat whitehouse kpd Saudi cs…. Indonesia tolak jadi anggota krn ini jebakan mossad dan terbukti saat ini Saudi alami tekanan batin, dilemma, ambigu krn telah terperdaya. Fakta lapangan : saat ini negeri davidov itu sudah lelah atas perang yg ada yg terus terjadi baik moral tempur pasukan dan anggarannya. Dgn adanya aliansi negara2 Islam ini maka negeri davidov bisa tersenyum krn peta konflik bisa dialihkan oleh mossad kpd negara2 Islam yg mana akan berperang dgn diri mereka sendiri diantaranya lewat issue sunni-syiah >>>ini yg buntung bagi aliansi Islam krn: Anggaran Saudi tersedot untuk biaya perang bagi anggota aliansinya, rakyat jelata jadi korban, dunia islam alami kemunduruan dasyat krn perang terus, kemiskinan, wabah penyakit, kebodohan, ketertinggalan di semua sector kehidupan, maka kehancuran yg nyata bagi negara2 Islam yg ikut aliansi.
        8. Yang untung >>> pastilah negeri asu dan negeri davidov krn dagangan alat2 perangnya laku keras krn perang berlarut terus menerus….industri pertahanan adalah industry yg paling hasilkan ultra profit bagi negara yg punya. Shg kas negara asu dan davidov mjd sangat sehat yg mana akan memicu pertumbuhan industri2 dalam negeri lainnya unt nikmati buah daripada kemajuannya di segala bidang >>>kemakmuran dan kesejahteraan yg didapatkan mereka tentunya.
        9. Potensi konflik perang baru di yaman dgn semakin nyata keterlibatan iran dibelakang houthi dan pelibatan negeri asu……api perang akan semakin membesar di yaman setelah syria ….

        yayaya….ini hanya krepek’an ujian urip buat semuanya……ingat ini tafsir dariku yo dulur….lek onok salahe iku elingno aku …yo terus tolong peyan tambahi maneh ben bener……hihihihi…..

        • Bung PW
          Jadi yaman akan terjadi perang dalam waktu dekat ya….pindah site dari suriah ke yaman…
          Bila memang begitu…rusia sdh jadi pemenang di suriah ya bung..dan mungkinkah kedepan nya rusia akan semakin akrab dengan India..Asia selatan..Asia tenggara?meninggalkan amerika yang hanya dapat pasifik?
          Terimakasih pencerahan nya bung

          • Salam bung AM,
            Saat ini sudah berlangsung perang di yaman yg didahului oleh pemberontakan kelompok houthi yaman trhadap pemerintah yaman yg kedodoran kmd yaman minta saudi unt bantu tumpas houthi. Gayung bersambut, ternyata houthi dapat dukungan dari iran. Bisa dikatakan yg di yaman itu adl pemberontakan syiah (houthi ) trhdp sunni yg mayoritas di yaman. Krn itu, di pikiran ku, koq bisa ya kelompok minoritas bisa kuasai teknologi operationalisasi rudal c802 yg kena kapal perang uae dan bisa luncurkan rudal balistik scud ke saudi???… Hehehe… Ternyata dibalik houthi adl iran…maka bisa dikatakan bhw operator c802 dan scud yg ditembakkan dari wilayah yaman adl kaki tangan iran….hehehe…. Maka cek kembali ketika mason diserang oleh 2 biji c802 yg gagal hit target… Kmd dibalas nitze dgn 3 biji tomahawk ke 3 radar coastal yaman…. Kmd, iran respon kirim 2 kapal perang ke yaman….. Ini pelibatan asu yg tampak nyata sbgmn wujud persekutuannya dgn saudi cs unt konflik yaman.
            Rusia baru menang tempur di syria thd asu yg dukung pemberontak yaitu isis / isil. Di tata pergaulan International, posisi rusia dukung pemerintahan yg sah di syria yg mana sdg dihadapkan pemberontakan isis di syria. Begitu juga Indonesia juga dukung pemerintahan yg sah di syria….. Posisi asu adl dukung proxinya yaitu isis unt ganti rezim syria….. Rusia dikatakan menang perang thd asu di syria jika syria telah hancurkan pemberontakan isis dan dapatkan kembali wilayah kedaulatannya dari isis dan pemerintahan yg sah syria bisa berjalan semestinya unt jalankan fungsi kenegaraan dan pemerintahan.
            Secara tradisional rusia dan india punya hub istimewa dan kuat krn teknologi pertahanan banyak dari rusia sejak jaman soviet.
            Krn tidak ada kutub kekuatan yg seimbang, itulah kenapa asu selalu gelontorkan program kekacauan / pemberontakan yg micu perang di negara target baik secara langsung maupun lewat proxinya. Kita liat aja stlh pilpres asu…. Di palagan mana yg akan disulut perang?… Hihihi… Asu punya kaki tangan yg menggurita di dunia unt dieksploitasi….
            Smg membantu…. Hehehe
            Smg bung 2 lainnya bisa saling share wawasan / ilmu di mari…. Hihihi

          • Siap bung PW…terimakasih atas pencerahan nya…
            Lengkap dan detail… Garis merah pencerahan nya di proxy war..hehe

  6. salam kenal [email protected] msti bakar menyan biar bung BW nyembul spertinya.
    bung.. diartikel wrg sbelah om ruski memerintahkan lat nuke war mlibatkan 40jt org jg sbelumnya diaktikanya rudal topol dan pnempatam s400 mnggantikan s300, yg mn usa jg lat pemboman nuke dinevada. ap kah smakin panas utk terjadinya nuke war
    btw mbak katrina ini apa msh saudaraan atw istri masmathew yg skr lg main di us. brang x ad yg bs membabarnya

    • salam kenal juga bung D,
      iya, anda benar ttg warung sebelah….terlepas dari konflik putin-hollande….di internal russia juga semakin aktif berlatih pakai senjata2 strategis sekelas warhead nuklir baik itu topol yg berbasis di darat dan laut dan lain2nya termasuk gencarnya penggunaan kelas es teler guna menutup rapat ruang udaranya….penggunaan elemen mobilisasi 40 juta rakyat, bisa dikatakan itu adlah model simulasi latihan yg mendekati riil sbgm antisipasi pecah konflik perang….ini bagiku adlah ???
      apa yg sbenernya tjd disana?…ini memang ini bisa dikatakan sbg respon thd gelar senjata strategis daripada samiri yg juga banyak terpublikasi….ibaratnya kedua belah pihak sama-sama spt panasin situasi dan posisi. faktor2 dinamis apa ya yg memicu pergerakan dan pergeseran baik putin dan obama saat ini…..hmmmm…..

      aku juga merasa , secara tersirat, bahwa atikel ini juga sampaikan pesan ttg senjata modifikasi cuaca sbgmn disampaikan di hoax corner sebelumya…xixixixi….

  7. raja salman kyaknya gi galau.meski bagian dari proxy barat tapi mereka juga bingung harus bertanya kepada siapa,kalau dari us tentu sdh tahu jawabannya .low dari rusia tentu tdk mungkin bertanya.mencari jawaban ke negara netral tentu lbih berimbang jawaban yg didapat.

  8. Kalo boleh minta, untuk Para Sesepuh sering” dong kuliah ilmu geopolitik dan strateginya di babar dimari, abis di kampus ga dapet ni yang beginian, cuma di sini yg udah batlle proven heheh salam, # Megahnya Indonesia.

Leave A Reply