*NGALUP MAKAR*

212

*NGALUP MAKAR*

admin8

*Tentang Makar*
Menurut KBBI

makar1/ma·kar/ n
1 akal busuk; tipu muslihat: segala — nya itu sudah diketahui lawannya;
2 perbuatan (usaha) dengan maksud hendak menyerang (membunuh) orang, dan sebagainya: karena — menghilangkan nyawa seseorang, ia dihukum;
3 perbuatan (usaha) menjatuhkan pemerintah yang sah: ia dituduh melakukan —

Bila yang dimaksut Makar adalah Kudeta
maka definisinya, biasanya yang melakukan kudeta adalah orang dalam pemerintahan sendiri.
Dikudeta oleh menterinya. Militernya .Polisinya, wapresnya dll..

Bila rakyat yg menginginkan pergantian kekuasaan dengan gerakan masa yang besar itu namanya peopel power. Tidak disebut makar.
Seperti saat 98 . Menurunkan Gus Dur.. peopel power di filipina. Dll.

Bila memang ada kudeta yang dilakukan oleh lingkaran kekuasaan.. itu namanya inskonstitusional.
Musuhnya memang POLRI dengan memakai undang2 KUHP ( sesuai dengan pernyataan Panglima TNI )

Kalau sampai rakyat demo dengan jumlah besar sampai ditembaki dengan alasan potensi makar. Itu alasan konyol.. tindakan diktator yang menghalangi proses demokrasi ..

Di mesir untuk menurunkan pemerintahnya pimpinan Presiden Mohamed Morsi. Jutaan rakyatnya demo dijalan dan lapangan sampai menginap 1 bulan dan menuntut presidennya yang diktator
Dan itu tidak disebut Makar.

Setelah demonstrasi besar menentang Presiden Mesir Mohamed Morsi, Menteri Pertahanan Jenderal Abdul Fatah al-Sisi pada 3 Juli 2013 mengumumkan pelengseran presiden, dan penangguhan konstitusi.
Al-Sisi mengangkat Adly Mansour sebagai pemegang jabatan sementara Presiden Mesir. Morsi berada dalam status tahanan rumah dan para pimpinan Ikhwanul Muslimin ditangkap..
Ini yang dusebut *MAKAR* yang dilakukan oleh Jendral dalam pemerintahannya sendiri

*NGALUP MAKAR*
Kalau petuah orang Jawa jangan Ngalup ( mengada ada, kejadian yang tak ada)
Sehingga ucapan bisa saja menjadi Doa.bagi negeri ini.

Ngalup itu bisa berati sekadar meramalkan, sebatas mengharapkan tapi tak pernah terwujudkan dalam tindakan konkret terhadap si subjek yang dialup.

Bila Reaksi Bela Islam Jilid III. ( saya menyebutnya Reaksi bukan aksi karena reaksi atas aksi tokoh yang menistakan agama)
Dengan harapan super damai.. maka amin kan lah
Agar kondisi segera berangsur adem dan segera damai bangsa ini.

Jangan Reaksi umat islam, malah disiram bensin dengan sebutan MAKAR yang konon infonya didapat dari medsos/Google..
Harusnya siram dengan Air dingin statemen yang menyejukan.

Reaksi menanggapi sebutan Makar bermunculan baik dari akademisi sampai DPR sampai bahkan ada yang menginginkan untuk Mundur.

admin7

*KUALITAS JENDRAL*
Suatu HAL yang BIASA bagi pergantian seorang Jenderal di institusi untuk merotasi dalam rangka tour of dutty. Misalnya Wakil Panglima Misi Training NATO di Afghanistan
dipecat pada 5 Nofember 2011 karena mengkritik Presiden Afghanistan Hamid Karzai.
Juga Jenderal Stanley Mc Chrystal, Panglima AS di Afghanistan dipecat atas kritiknya terhadap beberapa pejabat tinggi pemerintahan Obama dalam Majalah Roliing Stone.
Sebelumnya Menhan AS Robert M Gates memecat Jenderal David D.McKlerman pendahulu McChrystal.

Pemecatan semua Jenderal itu tentu sangat berbeda dengan pemecatan Jenderal William Ward Panglima Komando Pasukan AS di Afrika yang terlibat korupsi dan dicopot oleh Menteri Pertahanan AS Leon Paneta pada 13 November 2012 dan pangkat Jenderal Ward diturunkan menjadi Letnan Jenderal dan harus mengembalikan uang negara sebesar USD 83,000.

Kasus Jenderal Ward juga menambah pelajaran bagi masyarakat bahwa Jenderal bermacam macam kualitasnya dan beragam Kredibilitas dan Integritasnya.

Sehingga, masyarakat Indonesia melihat, BILA ada Pengunduran diri dengan Hormat atau Pencopotan dengan Hormat Jenderal di suatu Institusi. karena reaksi permasalahan Penista Agama.
Isya Allah tidak mempengaruhi dengan Kredibilitas dan Integritas Jenderal tersebut yang tetap harum secara korps, dan pribadi di mata bangsa Indonesia

Dan tentunya akan berlainan penilaian masyarakat terhadap Jenderal yang dipecat dari jabatannya dikarenakan kasus korupsi yang memalukan korps , keluarga dan bahkan anak anaknya.

Kualitas seorang Jenderal di dunia, memang bermacam macam.
Ada Jenderal yang ucapan ucapannya tidak bermutu, menyedihkan.

Juga ada yang tampak penuh prestasi dan bersih namun begitu pensiun terlibat masalah selingkuh seperti bos CIA Jenderal David Petraeus,
Juga ada Jenderal yang telah pensiun malah menyerang mantan korpsnya.
Juga Jenderal yang biasa melakukan subordinasi alias membangkang seperti di Pakistan dan Thailand yang sering dilanda kudeta.

Masyarakat juga mengenal Jenderal Jenderal yang Pintar dan Bersih dan berkarakter Kuat dan pribadi yang terjaga mulai berdinas, pensiun dan sampai akhir hayatnya.

Jenderal memang jabatan POLITIS tetapi Jenderal Yang Hebat adalah *dilahirkan* bukan *dibuat*,
namun karena berbagai pengaruh yang menyentuh kehidupan mereka tak diragukan lagi MEMBENTUK karier mereka.

*Ojok Ngalup.. ora ilok*…

Mari Makar malam dulu Jendral agar tidak salah faham..tersedia *Makanan Bakar (Makar)* dari berbagai bahan olahan..

admin9

Reminder

KEMATIAN ATTATURK PRESIDEN TURKI YANG LIBERAL DAN DZOLIM

Telah diceritakan terdahulu, bahwa Al-Fatih berdo’a kepada Allah untuk melaknat siapa saja yang mengubah Masjid Aya Sofya menjadi selain Masjid, maka semoga Allah melaknatnya……..
Dan Tulisan do’a itu ada di samping kubur Al-Fatih……

Adalah Kemal Attaturk, Presiden Turki yang liberal, yang mengubah Turki menjadi negara Liberal dari negara yang bersyariah Islam, dengan 99% penduduknya beragama Islam.
Dia adalah Presiden yang ingin memisahkan kehidupan bernegara dengan agama
Dia selalu menentang hukum Islam, dan melarang umat Islam untuk sholat berjamaah, melarang pemakaian jilbab, dan melegalkan minuman keras,
Dia juga yang mengubah masjid Aya Sofya menjadi museum
Dia juga melegalkan sex bebas, pesta-pesta dengan khamar
Bahkan apabila ada ulama yang mencoba menasehatinya, maka ulama tersebut dia gantung…..
Kemal AttaTurk sudah menganggap dirinya Tuhan…..

Tapi Kamal Attaturk lupa bahwa dirinya adalah manusia biasa, yang tak luput dari Maut……
Dia lupa bahwa Ada Allah SWT yang lebih berkuasa……
Dan kematiannya sungguh sangatlah tragis dan menghinakan, menjadi ingatan orang di seluruh negeri hingga akhir zaman, bahwa Kamal AttaTurk mati dalam keadaan Hina dan tidak diterima bumi……
Tapi sebelum kematiannya Allah terlebih dahulu menyiksanya dengan siksaan di dunia, ia mengalami azab berikut ini :

Kulit di tubuh badannya rusak dengan cepat dan seluruh tubuhnya gatal-gatal yang sangat amat gatal, sampai-sampai sekujur tubuhnya berdarah-darah akibat di garuk.

Di akhir-akhir hayatnya yaitu ketika menderita sakratulmaut, dia takut sekali berada di istananya dan tubuhnya merasa panas maka ia ingin dibawa ke tengah laut dengan kapalnya.

Bila penyakitnya bertambah parah, dia tidak dapat menahan diri daripada menjerit. Jeritan itu semakin kuat (hingga kedengaran di sekeliling istana), Beliau berteriak kesakitan dalam sakratulmautnya dengan penuh azab di tengah-tengah laut.

Mayat Attaturk tidak pernah dikebumikan. Tiada tanah yang layak untuk menjadi kuburnya.
Begitulah cara Allah memberikan azab untuk para penentangNya di dunia ini.

Begitulah Kamal Attaturk , selalu berlaku angkuh di atas tindakan kekejaman dan anti Agama , seorang yang dikenal sebagai pencetus Sekular Turki , penghancur kekhalifahan Turki .

Tahukah anda , bagaimana siksaan Allah pada akhir masanya?
Sebelum kematiannya Kamal AttaTurk, mengalami panas yang sedemikian dasyatnya, sampai-sampai ia harus di bungkus dengan batu Es, dan istananya di siram air terus menerus….
Hilangkah panasnya? TIDAK……bahkan ia merasa semakin panas, hingga ia minta dibawa kelaut agar lebih dingin…..
Belum lagi gatal di seluruh tubuhnya, yang apabila di garuk maka akan semakin gatal, hingga badannya tercabik cabik dan berdarah-darah…….

Kezoliman dan pengkhianatan Kamal Attaturk hancurkan umat Islam di Turki sangat begitu kejam. Sekiranya Kamal Attaturk ini lahir di zaman adanya Rasul pada saat ketika wahyu masih turun, bisa jadi namanya akan diabadikan seperti Firaun, Namrud dan Abu Lahab.

Cara kematian yang Allah telah datangkan kepada mereka yang zalim itu teramat tragis sekali. Kematian merekapun teramat unik . Contohnya Namrud, mati karena sakit kepala akibat dimasuki oleh seekor nyamuk melalui telinganya. Setiap kali ia menjerit, dokter pribadinya memerintahkan dipukul kepalanya untuk mengurangi kesakitannya. Setelah lama bergelut dengan sakratul maut, akhirnya beliau mati dalam keadaan tersiksa dan terhina. Begitu juga dengan Firaun yang mati lemas di dalam laut.

Jadi, tidaklah heran kalau Kamal Attaturk juga menerima pembalasan yang setimpal dengan pembalasan yang diterima oleh Namrud dan Firaun.
Menurut sejarah dalam buku-buku biografinya, yang ditulis oleh para pendukungnya, kematian Kemal dikarenakan akibat over dosis minuman keras. Ditambah lagi dengan berbagai penyakit seperti penyakit kelamin, karena setiap hari berzina, malaria , sakit ginjal ,lever dan gatal-gatal.

Kamal Attaturk meninggal dunia pada 10 November 1938 , Kulit di tubuh badannya rusak dengan cepat dan díganggu pula oleh penyakit gatal-gatal. Dokter-dokter sudah memberi bermacam-macam salep untuk diusap pada kakinya yang sudah banyak luka-luka karena tergaruk oleh kukunya. Walaupun begitu beliau masih sangat angkuh.

Pada 29 September 1938 Kamal Ataturk mengalami koma selama 48 jam.
Pada 9 November, beliau mengalami koma kali kedua. Dan sewaktu itulah air dalam perutnya disedot keluar, dan mengeluarkan bau busuk seperti bau bangkai.
Dia kemudian tidak sadarkan diri selama 36 jam dan akhirnya meninggal dunia.

Cara kematiannya begitu menghinakan sekali. Begitu pula setelah kematiannya. Mayatnya TIDAK dimandikan, tidak dikafankan, tidak disholatkan dan tidak dikebumikan dengan segera seperti yang dituntut oleh ajaran Islam.
Tetapi sebaliknya, mayatnya diawetkan dan diletakkan di ruang takhta di Istana Dolmabahce selama 9 hari 9 malam.
Setelah 9 hari, barulah mayatnya disholatkan, itupun setelah didesak oleh seorang adik perempuannya.
Tidak ada ulama yang mau menyolatkannya, hanya orang-orang kampung yang dibayar yang mau menyolatkan jenazahnya.
Kemudian mayatnya dipindahkan ke Ankara dan dipertontonkan di hadapan Grand National Assembly Building. Pada 21 November, dipindahkan pula ke sebuah tempat sementara di Museum Etnografi di Ankara yang berdekatan gedung parlemen.

Lima belas tahun kemudian yaitu pada tahun 1953, barulah mayatnya diletakkan di sebuah bukit di Ankara, di himpit oleh batu, Mayat Attaturk tidak pernah dikebumikan. Tiada tanah yang mau menerima untuk menjadi kuburnya.

Begitulah cara Allah memberikan azab untuk para penentangNya di dunia ini…….

admin10

SEMOGA ENGKAU PEMIMPIN YANG TIDAK MEMBELA ISLAM, ATAU BAHKAN IKUT MELEMAHKAN ISLAM AGAR BERTAUBAT DAN KEMBALI MENJADI PEMBELA ISLAM…..
AGAR LAKNAT DAN AZAB ALLAH TIDAK KAU RASAKAN DI DUNIA DAN AKHIRAT SEPERTI YANG DI ALAMI OLEH FIR’AUN, RAJA NAMRUD, KAMAL ATTATURK DAN BANYAK PEMIMPIN DZOLIM LAINNYA……..)))

SEMOGA ALLAH MEMBERIKAN HIDAYAH PADAMU WAHAI PEMIMPIN DZOLIM, SEBELUM KEMATIAN MENDATANGIMU…..
AAMIIN……AAMIIN…..YA ROBBAL A’LAMIIN……)))

SEMOGA DAPAT MENJADI PELAJARAN oleh Negeri dan Bangsa Ini.

Oleh Naga Samudra
Gambar Oleh Google dan Patsus Dede Sherman

Share.

212 Komentar

    • Sbg wong ndeso esa eso, saya berharap pihak penguasa berhati-hati keluarkan sikap, jangan sampai salah langkah/ perhitungan dalam ber-aksi. Sangat wajar jika ada aksi menimbulkan reaksi. Apalagi aksi dlm bentuk ucapan “syokur njeplak” nya seorang pemimpin dipastikan menimbulkan reaksi luas.
      Reaksi terhadap aksi Itu sudah lumrah di tengah gelombang samudra demokrasi. Saya lihat di media terasa ada yg tidak wajar yaitu cara menyikapi reaksi dari aksi itu…, seakan-akan Indonesia akan kiamat gara-gara reaksi itu.
      Lama-lama saya jd bingung dg tulisan saya sendiri nich, bung. ; apa mungkin akibat reaksi dari reaksi terhadap aksi itu, ya ? haduh.. piye iki.

    • bukan tingkat jenderal lagi bung, tingkat dewa……melemaskan syaraf menjelang wiro sableng….kopi lagi ah…mumet sirah yeh

    • ……”Ada Jenderal yang ucapan ucapannya tidak bermutu, menyedihkan”.
      saya jadi ingat…., masa kecil saya di desa sono, jenderal itu disebut Jenderal Pethak. :D

  1. tulisan bung NS ngeri betul..
    kalau sampai ada ulama yang di tangkap apalagi sampai ditembaki..entah apa yang akan terjadi.
    semoga saja pemimpin2 di sana sadar, presiden soeharto yg 32 tahun saja bisa lengser, apalagi yang baru sekian tahun. jadi..baik2lah para pemimpin memperlakukan rakyat, karena anda (pemimpin) ada pelayan rakyat..

  2. Pelajaran msa lalu yg bgtu brharga..

    Umat yang marah, Rezim memintanya tenang tp disisi lain mlh menyemprotkan bhn bakar dan tak mau dsalahkan
    Semga kasus ini dpt dselesaikan dg adil dan smg pula para pemimpin ngri yg masih beragama, sllu mengingat Azab Allah SWT

    Btw, dlu d bku sjarah SMP, attaturk dgmbrkn sbg sosok dewa yg mngubah turki mnjdi ngara modern

    Jayalah negriku…

  3. Amin, salut buat patga yg berbeda pandangan dengan wereng tjoklat , TNI milik rakyat untuk rakyat . BRAVO TNI pro rakyat

  4. mungkin lebih ke pribadi kapolri. soalnya saya yakin tidak seluruh anggota polri setuju dengan tindakan atasannya..

  5. artikel kurang objektif di *TENTANG MAKAR* menurut saya (maaf kalau salah) tp semoga penulis jg tdk menutup mata dg hal2 “tersebut” lewat sosmed khususnya twitter dg panasnya suhu politik di Ibu Kota,saya yakin Intelijen sangat profesional,bukankan penjegahan lebih baik,dan menurut saya pula justru pernyataan KAPOLRI didampingi PANGLIMA bisa membuat “mereka” urung utk menjalankan “rencana negatif” tsb karena sdh pst persiapan aparat keamanan jg matang,saya samakan ke hal “terosisme” biasa kita dengar info Itelijen “daerah ini akan jd pelancaran aksi bom” mnrt saya pengumuman tsb bisa membuat masyarakat umum serta aparat bisa bersiaga,sehingga bisa meminimalisir kemungkinan akan trjd atau mungkin mmbuat aksi tsb BATAL,tdk ada yg menghendaki hal buruk tsb.Pemerintah jg dipilih oleh mayoritas rakyat,jd mnrt saya kalau memang mau menggulingkan Pemerintah yg sah ya “JANGAN NGIMPI” rakyat bersama TNI menjaga NKRI yg DEMOKRASI dr aksi yg sgt merugikan
    saya sgt senang dan solidaritas Muslim,dan semoga memang aksi apapun selalu damai,tp jujur sedih jg kalau ada hal negatifnya,karena yg dibawa adalah nama ISLAM,dan ISLAM itu Rahmatan Lil ‘Alamin

    saya kurang ngerti makar itu apa,dan kaitannya pula dg paragraf ke-2 artikel diatas
    http://nasional.kompas.com/read/2016/11/04/19551281/fahri.hamzah.dua.cara.jatuhkan.presiden.lewat.parlemen.ruangan.atau.jalanan

    saya jg gk tau siapa yg dimaksud aktor politik oleh PRESIDEN
    https://news.detik.com/berita/3340649/wiranto-kita-tak-menuduh-lihat-sendiri-ada-politikus-di-demo-4-november

    tapi hal yg bagus justru menurut saya info dari KAPOLRI shg aparat keamanan bisa mengantisipasinya
    https://news.detik.com/berita/3350397/panglima-tni-bila-ada-makar-itu-juga-urusan-tni-prajurit-disiapkan

    tp saya yakin jg penulis sgt faham dg hal ini
    http://www.tribunnews.com/nasional/2016/11/23/kabais-tni-ancaman-pihak-asing-hambat-kemajuan-bangsa

    tp jujur mnrt saya kalimat paling subjektif di paragraf akhir,bukannya mengajak bergandengan tangan sekaligus mencerahkan,malah kalimat ini plus huruf KAPITALNYA sprt “menjudge” Pemerintah, sedih +.+
    “SEMOGA ALLAH MEMBERIKAN HIDAYAH PADAMU WAHAI PEMIMPIN DZOLIM, SEBELUM KEMATIAN MENDATANGIMU…..”

    • Bung Lpve NKRI
      MAKAR itu biasanya dilakukan oleh orang dalam pemerintahan,, Bila sudah tau ada yang bermain TANGKAP saja itu melanggar konstitusi sdh dijelaskan diartikel diatas,,

      anda mengarahkan opini pembaca ke tokoh tokoh dalam link link yang anda sodorkan..
      anda menasehati atau mengarahkan untuk menuduh,,? Kalau terbukti aktor politiknya tangkap saja kami mendukung yang main inskonstitusional,, jangan membuat statemen air makin keruh..

      Menanggapi tulisan anda yang ini
      (tp jujur mnrt saya kalimat paling subjektif di paragraf akhir,bukannya mengajak bergandengan tangan sekaligus mencerahkan,malah kalimat ini plus huruf KAPITALNYA sprt “menjudge” Pemerintah, sedih +.+
      “SEMOGA ALLAH MEMBERIKAN HIDAYAH PADAMU WAHAI PEMIMPIN DZOLIM, SEBELUM KEMATIAN MENDATANGIMU…..”)

      ANDA BAPER dan ke GR an,, yang menjudge pemerintah RI siapa.. ?? itu jamak bung untuk siapapun Pemerintah di dunia yg dzolim baik masa dahulu masa sekarang dan masa datang,,

      anda baper karena melupakan kalimat terakhir
      SEMOGA DAPAT MENJADI PELAJARAN oleh Negeri dan Bangsa Ini.

      semua tulisan diatas jangan sampai terjadi di negeri dan bangsa ini untuk itu ada warning dari kami patriot agar bangsa ini segera adem
      terimakasih

  6. Hehehehe… Ngalup Makaryo..makaryo..makaryo..
    Adios# yo pulang to kerjo wes petengdedet.. Mosok nginep..sing kerjo nginep iku arane sekuriti..

  7. Amien. Acara makar- makar ayam ini memang membuat geger seantero negeri. Semoga seluruh rakyat indonesia mendapatkan hidayah dan keselamatan untuk bangsa dan negeri tercinta. Pemimpin yang kalaps akan melakukan sedemikian rupa sampai ke makar ayam segala dilakukan. Ancaman dan selebaran terhadap rakyat sendirinya yang akan mengadakan reaksi terhadap ketidakadilan dan persamaan hukum seharusnya tidak perlu dilakukan karena pemerintah bukan sebagai penjajah dan rakyat bukan sebagai budak yang seenaknya saja dicap makar. Fitnahan yang dilakukan pemerintah dan pengikutnya terhadap rakyat yang melakukan reaksi ketidakadilan bak dajjal di indonesia.

    Ketidakadilan kembali mencuat ketika sang pelapor penistaan ini langsung ditangkap dan di penjara. Pantas saja rakyat mengadakan reaksi karena mereka sudah tidak percaya lagi dengan hukum dan aparatnya. Kejadian demi kejadian sudah banyak ditonton dan disaksikan oleh rakyat ketika melihat Budi tersangka korupsi bisa bebas dan malah menjadi kepala BIN dilain pihak para pelapornya yaitu ketua KPK dikriminalkan dan di penjara. Kejadian serupa juga terjadi kepada Ahok dimana dengan banyak bukti dan audit BPK terhadap berbagai kasus korupsi dari rs sumber waras, cengkareng, dan dana reklamasi selalu lepas krn dilindungi malah badan BPK sendiri mendapatkan cemoohan dari para pengikutnya.

    Ketidakadilan semakin menjadi ketika sang penista agama lama diproses hukum dan ditangkap padahal kasus serupa pasti akan cepat dihukum dan di penjara apalagi terhadap kasus-kasus hukum yang menimpa pihak-pihak yang melawan pemerintah.

    Ketidakpercayaan rakyat kepada hukum negeri ini, dan berbagai ketimpangan ekonomi dan tindakan sewenang-wenang aparat pemerintah kepada rakyatnya sendiri pasti akan menimbulkan reaksi rakyatnya melalui people power mereka akan bersatu menentang kezholiman.

    • mnrt saya tdk perlu terfokus pd definisi makar thd kata “biasanya oleh org dalam”,kalau mau menggulingkan Pemerintah yg sah ya brrt makar,oiya soal people power,kalau skdar 1,2,3,4,5,6 atau bahkan 10 jt pun yg menuntut Pemerintah mundur mnrt saya jg ini jg gk sah,menentang konstitusi,Pemerintah SAH dipilih oleh 52% lebih suara rakyat Indonesia,jd perlu digaris bawahi jg minimal 52% lebih rakyat Indonesia bersama aparat yg patuh kpd konstitusi berada di BELAKANG PEMERINTAH YANG SAH

      oiya,ini kalmat ini jg mungkin geer,baper atau mungkin ngalup?!
      “Kalau sampai rakyat demo dengan jumlah besar sampai ditembaki dengan alasan potensi makar.Itu alasan konyol.. tindakan diktator yang menghalangi proses demokrasi ..”

      kalimat ini jg “…………………………………………………………………………………. dengan sebutan MAKAR yang konon infonya didapat dari medsos/Google..”
      sprt seolah2 ( info makar cuma dr google/sosmed kok ditanggapi serius gitu )

      mnrt saya jg penulis jg sprt seolah2 makar itu “gk mungkin terjadi saat ini apalagi oleh org diluar pemerintahan)
      maaf kalau penilaian saya salah
      terimakasih

      https://twitter.com/RapplerID/status/803863990447149056
      Yudi Syamhudi Suyuti dari Panitia Pembentukan Dewan Nasional (PPDN) tengah membacakan tuntutan dalam aksi “Jihad 212”.
      Tuntutan mereka antara lain:
      1. Mencabut mandat Jokowi-JK
      2. Bentuk pemerintahan transisi
      3. Bentuk utusan golongan

      http://www.rappler.com/indonesia/154274-polisi-tangkap-individu-diduga-makar

  8. semuanya udah terang benderang koq, afiliasi kelompok 9 naga sudah mencengkram indonesia…sikap rush money adalah perbuatan masuk akal untuk melepaskan cengkraman 9 naga, perpindahan uang dari bank konvensional ke bank syariah tidak akan menyebabkan kejatuhan ekonomi. justru akan memperkuat kapitalisasi bank syariah. yang berpengaruh hanyalah makro ekonomi dilantai bursa karena kepanikan investor yang tidak menginginkan perpindahan ini terjadi. saya udah kuras habis saldo yg isinya ga seberapa….hahaha.
    jadi hancurkan dulu bekingnya otomatis pion akan lemah ketika kepala udah loyo…seperti halnya mandi dari atas trus sekujur tubuh akan basah…apalagi kalo mandi wajib harus basah semua….

      • biasa orang kalo kejepit nyari temen,entar-entar ulama diadu domba, TNI-POLRI mau di adu-adu…ditahan atau tidak si ahok gonjang ganjing masih akan berlanjut, drama ini baru mulai lo bung…ya kita siap2 ja..rapati barisan, kopiah dilurusin,bacain doa slamet….hehehe…
        panglima udah beri kode beliau bersama umat islam…..yo kita tahajud doain bangsa biar adem,trus para tikus biar kembali ke got, nyang suka kompor biar tugasnya masak ja tapi jangan ampe gosong…hehehe…kita udah bagi peran koq bung…ahlan wa sahlan…

  9. Mungkin dalam hati kecilnya dia pasti berontak dengan keadaan sekarang, tapi mau bagai mana lagi jabatan sudah di pakai dan uang sudah di makan!!! jadi…seperti wayang yang akan bergerak jika dalang yang menggerakkan dan akan diam jika wayang berhenti menggerakan.

    • maaf itu pakaian adat dari daerah mana ya? sekalian saja baju adat arab, india, eropa menjadi pakaian adat daerah kita krn banyak warga keturunan arab, india, dan belanda di indonesia.

    • Wiiiiiih…..sejak kapan dan dari suku mana baju itu ya??? Yg saya tau maaf kalo salah dan sedikit sy tampilkan baju bodo dari makassr,koteka dari papua,blankon lurik khas jawa…laaaa kalo yg itu dari suku mana?? jangan jangan dari suku kata atau suku cadang ya…

  10. LAMP (GAK NYAMBUNG) on

    Ya Allah yang Maha membolak-balikkan hati, perbaikilah hati-hati kami dan para pemimpin kami. Berilah kami hidayah ya Allah. Jangan lah Engkau berikan urusan kami kpd orang zhalim dan bodoh. Ampuni kami ya Allah, yaa ghofururrahim………

  11. Kadang terlintas dibenak saya,, bagaimana jika negara ini tanpa partai politik??
    Karena partai politik hanya akan memecah belah rakyat indonesia saja..

    #sudah muak dengan pemberitaan media2 yg rusak

  12. Amien ya Rob..
    .terimakasih bung NS atas tulisannya ..benar2 sama dan mewakili apa yg ada dalam pikiran dan hati yg gundah ini mengingat kejadian di negeriku tercinta ini…..
    ..wallohu khoirulmaakirin…salam…

  13. Tulisan bung NS sangat bagus sebagai cermin bagi kita semua…
    Mari mulai dari diri sendiri mmperbaiki…bagi kita yang umat islam mari mulai mghargai sesama islam apapun alirannya…jgan lah mudah mgkafirkan orang lain yang se agama juga yang lain agama….
    Marilah perbaiki diri….ada ajaran dr orang tua ” wong urip kuwi tujuane njagani urip mbalekna urip”
    Salam kenal untuk admin..sesepuh patga semua..juga semua warga patga.
    Maaf atas tulisan comèn saya yg ga bermutu.

  14. memang terlihat nyata dan sedikit aneh….apabila -kasus ini-begitu membuat bumi indonesia bergetar..dan dunia-pun ternyata ikut bergoyang terkena dampaknya…xixixiiiiii
    ….kisah siapa pendemo dan siapa didemo lalu apa demo-nya serta mengapa didemo….sesungguhnya masih merupakan suatu -misteri indonesia-yang sampai sekarang masih ditelusuri rangkaiannya meskipun bagi semua orang adalah akibat penistaan agama….heheheeheh
    hoax-nya….katanya para pengerak pendemo adalah -agen pemerintah sendiri-demi menekan kekuatan asing yang semakin merajalela dinegeri ini..makanya pemerintah terpaksa meminjam tangan rakyat untuk menghadapinya..karena pemerintah sudah ta berdaya akibat terikat-perjanjian kerjasama masa lalu-….? ? ?
    …terkadang melakukan makar untuk diri sendiri/golongan/bangsa demi kebebasan/mandiri/merdeka tentunya bukanlah kejahatan pribadi meski dianggap ta lazim..
    ….dan sekarang isunya adalah boikot produk2nya….hahhahahaa

    …maaf-sekedar pendapat pribadi

  15. ada seorang tokoh berpendidikan sarjana, ngerti politik, punya jabatan dan pengalaman di beberapa tempat, dia faham & mengerti sepenuhnya negeri ini penuh keragaman agama, suku, ras, aliran dan dia pasti faham ada aturan tdk tertulis bahwa dia tdk boleh menista agama.
    saat promosi jabatan dia nyentil urusan agama orang lain, entah alasan nya karena keceplosan atau memang sengaja.
    sy merasa apa yg dilakukan dia memang secara sengaja menista agama lain, memancing di air jernih, dia ingin tahu sebesar apa reaksi kaum mayoritas di negeri ini jika akhirnya air jernih menjadi air keruh, saat itulah mungkin akan datang jurus bantuan dari luar untuk membuat air keruh menjadi air merah penuh darah.
    gen ksatria masih mayoritas 99% di negeri ini, tapi kita hrs ingat sejarah, ada setitik gen pemberontak, penipu dan penghianat, sedia payung sebelum hujan, sedia perahu se belum banjir.

  16. Hehehehe…
    Kisah sang Garuda penguasa nusantara..
    Setelah melakukan laku prihatin dan ritual menghancurkan semua cakar dan paruhnya dimasa yg lalu.. Kini saatnya garuda mulai mengasah cakar dan paruhnya yg baru tumbuh hingga semakin hari kekuatannya semakin bertambah besar .. Paruh yg kokoh dan keras ditambah cakar yg tajam dan kekar membuatnya sgt perkasa dgn berdiri tegak didepan sarangnya.. nun jauh diatas sana diiujung tebing nusantara menjaga kedaulatan sarang negerinya..
    Menatap ke seantero negeri dgn sorot mata tajam menatap waspada dari ujung barat hingga timur tanpa kenal lelah..
    Terbang menyambar dan menerkam para musuh yg mencoba menggangu sarang kebesarannya..
    Lihatlah naga buntung yg dgn arogannya bermain api dilaut sekitar sarangnya mampu di cabiknya..
    Lihatlah buaya buntung yg kerap menggangu daratan sarangnya mampu dikoyaknya ..
    Tapi kini garuda terdiam didepan sarangnya.. Mulutnya menggeram marah akan derita di tengah dadanya..
    Yaa.. Jubah sakti berbentuk tameng segilima sbg pelindung dadanya terkoyak pada saat masuk kedalam sarangnya.. sebilah kayu terbelah yg sebenarnya bkn bagian dari sarangnya tertancap dan menghujam tepat di tengah dadanya yg berbentuk bintang lambang ketuhanannya yg memegang jiwa dan raganya….
    Yaa.. Garuda terluka dan tubuhnya pun bergetar bukan krn hasil pertarungan lsg dgn naga dan buaya tak berbuntut tapi krn faktor luka dari ulah para musuh yg sengaja memasang perangkap sebilah kayu berbelah laksana pisau besar disarangnya dan sebuah lubang pun disiapkan oleh buaya buntung dipinggir sarang utk bisa menjatuhkan sang Naga dari sarangnya lbh cepat jika kematian tdk juga merenggutnya..
    Luka dalam yg nyaris menembus jantungnya telah membuatnya terinfeksi virus tetanus yg terus menjalar membusukkan organ dalam dadanya…. Walau mata tajamnya tetap setia waspada mengamati para musuhnya..namun rasa sesak dadanya menyisakan sakit yg amat sgt dideritanya..
    Akankah Garuda mati krn infeksi dari luka busuk tetanusnya..?mati perlahan dgn menanggung sakit yg tak terkira..
    Atau garuda hrs mati jatuh dari sarang diujung tebingnya..? Krn rasa sakit yg membuatnya bergetar hingga tak mampu lg mengontrol geraknya dan jatuh ke lubang jebakan di sarangnya sendiri…???
    Garuda sadar ini adl ulah daripada para musuhnya melalui para komprador yg menyusup kesarangnya..mungkinkah ular pohon dan musang pohon yg melakukannya..? Mungkin…
    Bukankah Naga dan buaya tak berbuntut mustahil bisa mencapai sarangnya di ujung tebing yan tinggi..?
    Nun jauh di bawah tebing..Mata Naga dan buaya tak berbuntut pun terus mengamati dari kejauhan dgn mata merah penuh syahwat menatap reaksi dari Garuda yg terluka..
    Sungguh keputusan yg amat sulit hrs dilakukan oleh Garuda..
    Mencabik dan mengoyak dadanya sendiri utk membuang bagian dari tubuhnya yg sdh terjangkit infeksi agar tak menjalar ke jantungnya yg akan akan berakibat kematian sekaligus mencari para musang dan ular yg merusak sarang kediamannya..
    Selamat Berjuang Garuda ku..
    Selamat membersihkan infeksi di dadamu..
    Semoga Tuhan selalu bersamamu dan melindungimu dlm menjaga sarang kedaulatanmu..
    Adios# Kisah Garuda VS binatang buntung bersaudara..

    • bung @BW
      Kami para rakyat jelata menitipkan negeri ini kepada anda dan para ksatria loreng, hancurkan semua musuh yg ada diluar & didalam negeri ini, siapapun itu. Kami rakyat jelata yakin para ksatria pasti akan melakukan yg terbaik utk negeri ini. Kalian lh para ksatria loreng satu2nya harapan kami utk negeri.
      Lihat lah, para pahlawan2 kita yg dulu, pasti mereka sedang menangis disana melihat keadaan negeri ini skrg.
      Semoga Allah slalu melindungi para ksatria dan negeri ini. Amiiin.
      #NKRI HARGA MATI, HARGA DIRI BUKAN UTK DIJUAL BELI.

  17. Kang BW….

    lha itu narasinya kirim sinyal begitu ya……lho ya jangan lupa kabarkan pada aku dan saudara2ku di PATGA ini kapan waktunya bersih2 infeksi dimari unt rapatkan barisan dan bergerak serempak se-NKRI.

    satu sikap ku ….maju terusss hancurkan musuh2 NKRI….mulai dari pengkhianat2 yg bikin negaraku terinfeksi.

  18. Entah Pesan apa yang ingin disampaikan dalam tulisan ini….? mengambil contoh2 Pemimpin Lalim zaman dahulu…! dari Kamal Attaturk sampai Namrud, bahkan Fir’aun…! kemudian menghubungkannya dengan reaksi pemerintah dalam menanggapi demo dengan slogan aksi bela Islam Jilid III…?. Nauzubilla…! Pemimpin2 yang diazab diatas karena memang berlaku zalim kepada bangsanya dan bahkan menentang utusan Tuhan ( seperti Fir’aun)…!, mereka melakukan tindakan diluar batas kemanusiaan. Aksi demo dengan slogan Membela Islam Jilid III…! ditujukan hanya karena ucapan seorg Gubernur non aktif yang sudah mengakui kesalahannya, sudah minta maaf dan bahkan sudah ditetapkan sbg tersangka…! Apalagi yang harus dicari…! Sekjam itukah bangsa ini terhadap saudaranya ? Jangan sampai kita seperti peribahasa ini “semut diseberang lautan napak jelas… gajah dipelupuk mata tidak terlihat…!”.
    Ibu kota adalah barometer stabilitas nasional, jika Jakarta tidak aman maka akan berpengarus kepada situasi nasional secara keseluruhan termaksud juga ekonomi dan iklim investasi…! Jadi wajar jika demo tersebut berpotensi “Makar…” menurut versi Pemerintah…katanya….! Apalagi jika demo dengan mengusung shalat jumat di jalan pusat ibu kota…? MENGANGGU AMAT…! Apa engga ada lagi mesjid untuk beribadah dengan kusyu dan tenang sambil berdoa dan memohon perlindung kepada Allah SWT serta memohon keselamatan dan kedamaian untuk bangsa ini juga untuk saudara2 seiman kita di Palestina dan etnis Rohingya yang saat ini mengalami penderitaan….! Apalagi jelas, do’a yang makbul & dikabulkan oleh Allah SWT ialah doa yang sampaikan dengan kusyu dan dilakukan secara sembunyi2 alias diam2…! Dan itu telah dicontohkan oleh junjungan kita Rasulullah saw, saat menerima wahyu pertama surat Al-alaq….yaitu didalam Hira…!
    Sadarlah…! Wahai pecinta NKRI….! saat ini banyak musang berbulu domba….! Mereka datang dan membaur. Hati2 agenda mereka jelas….! Mereka rakus dan tamak dan ingin terus mengusai gunung emas di Ujung Timur Nusantara…!

    • wong iki ngomong ngalor ngidul ora jelas. itulah contoh pemimpin yang menistakan dan mendukung penistaan terhadap Agama Islam.
      Anda harus tau bahwa jika pembiaran kemunafikan ini diteruskan, bukan tidak mungkin negeri ini akan terus dilanda bencana. Bencana yang paling besar adalah tercabutnya iman ini dari jiwa.
      Ketahuilah yang haq dan yang bathil udah jelas, jangan dikaburkan atau diabu2kan. dan dari ulasan anda sebelumnya anda cenderung untuk itu.
      Sudah di nash kan dalam Alqur’an bahwa dakwah perjuangan keadilan harus dilakukan secara terbuka dan tidak sembunyi-sembunyi setelah turun surat Al Mudatsir

    • Bung@arfandy Sama saya juga binun, entah pesan apa yg hendak di sampaikan lewat komen anda. Suwer tekewer-kewer ga paham sayah…?

    • ….. ditujukan hanya karena ucapan seorg Gubernur non aktif yang sudah mengakui kesalahannya, sudah minta maaf dan bahkan sudah ditetapkan sbg tersangka…! ……
      ARTINYA,….mulai BESOK para NAPI yg sudah TERSANGKA dan DIPENJARA diharapkan untuk MEMINTA MAAF dijamain PASTI 1000% DIBEBASKAN,…

      menurut @bung Arfandy,…….. hore,……. hore…………….
      #WARAS mas,…………xixixixixixi………………

    • ARFANDY, yang rakus dan tamak sekarang bertambah bro,..bukan hanya yg nguasai gunung emas aja.. skrg nambah satu lagi, si naga sipit ingin menguasi ekonomi indonesia lebih rakus lagi dan juga daratannya, daerah pantai udah merekan incar untuk di huni, siap2 aja negara ente kebanjiran penduduk dari dari naga ompong. Mau ente jadi jongosnya?

      Sadarlah…! Wahai pecinta NKRI….! saat ini banyak musang berbulu domba….! Mereka datang dan membaur. Hati2 agenda mereka jelas….!
      itu kata2 ente, tapi ente sendiri ga sadar…hadeh tepok jidat dah

      • Hahahaha …. makanya, jangan ditanggepi bung. Di artikel yang sebelumnya juga udah kelihatan koq, tapi sayang, bung2 yang disini masih saja nanggepin.

        Hahaha

        • benar bung Ns,dari pertama koment juga sdh ketahuan mana komen yg pendapat pribadi dan koment para kecoak,walaupun saya bukan admin yg bisa mendeteksi langsung sampai ke info paling dlm.sebab sifatnya sama saja walaupun koment pertama itu memuji muji.

      • bung ns, kantor tim sosmednya ada di sekitar jalan Surabaya manggarai jaksel, sewa rumahnya, pake laptop…jumlahnya dulu banyak trus berkurang eh…sekarang nambah lagi….

  19. Dikepungnya indonesia oleh amerika dan israel bukan tanpa alasan,dijajahnya negeri para wali ini bukan tanpa alasan ingat semboyan mereka “gold,glory,gospel”.mereka tahu kejayaan indonesia itu berarti bangkitnya musuh mereka.tujuan bangsa belanda menjajah dan negeri lainnya adalah untuk mengkafirkan umat islam,agar ramalan 2020 dan 2022 tentang hancurnya amerika dan israel dapat dihindari.kita bisa lihat dahsyatnya alam menghantam miayanmar yg membantai muslim rohingnya.dan musibah melanda israel yg melarang adzan dipalestina dan musibah itu akan berlanjut agar terjadi keseimbangan dunia.wahai umat islam tingkatkan ibadahmu jika syarat telah kau penuhi kejayaan akan ada ditanganmu.syaratnya:1.jika sholat shubuh berjamaah sdh seperti sholat jumaat .2.menunaikan zakat untuk kebersamaan umat islam. semua tergantung ditanganmu wahai pemuda dan pemudi islam.

    • Spt nya hal ini akan terjadi bung selaras dgn tulisan bung dedy, dan mereka akan kembali ke naga buntung. Pertama garuda akan kalah namun akan datang pertolongan dari Allah hingga lahir ke khalifahan baru di asia timur dan tenggara.

      Saya malah sangat bersyukur ketika mereka sedang mengadakan aksi tsb masih ingat utk beribadah kpd Allah. Apalagi mereka demonya di jalan thamrin dan sudirman yg penuh dgn gedung perkantoran yg jauh dari mesjid walau ada mesjid pastilah tdk akan bisa menampung jutaan umat islam tsb.

      Menurut saya sholat jumat ini pastinya akan mjd yg pertama kali dijalankan oleh jutaan umat islam shg akan mjd sejarah bagi anak cucu kita akan penegakkan ajaran islam dan persatuan umat islam. Hal yg paling ditakutkan terjadi oleh kalangan sekuler dan komunis naga buntung.

  20. Yang meng upload malah ditangkap sedngkan yang diupload(sumber masalah) malah bebas ini kah yng dinamakan keadilan??? Guyonan yang aneh.
    Kt liat nnt siapa yang matinya seperti yang ceritakan itu,,,,ada waktunya
    Allah maha mengetahui setiap hati
    Mahluknya.
    Untuk pak panglima yng terhormat kami meminta jaga lah negara ini dri kepentingan asing yang bermain dibelakng wayang2 yng sudh meresahkan rakyat indonesia
    Rakyat tidak takut diancam2 ditembak
    Apalgi ini masalah agama pasti bnyk yang siap berjihad
    NKRI HARGA MATI

    • Ini yg d sebut jaman edan bung, segala sesuatu terbalik antara yg benar atau yang salah…ibarat ada seorang pejabat yg menghina kedua orang tua kita, lalu tetangga kita memberitahu kita apa yg terjadi, tp anehnya kita mlh mati2an membela pejabat yg sdh menghina itu dan tetangga yg memberitahu kita malah kita jebloskan dlm penjara…aneh…

  21. Penggemar tempe on

    Saya tdk berharap jika perang besar itu berawal dr indonesia tercinta. Namun jika tinta taqdir memang telah tertulis demikian maka sebagai rakyat yg cinta tanah air insyaallah saya siap. Wahai patriot teruslah berjuang hancurkan asing aseng berikut antek anteknya. TNI yakinlah kalian tdk sendiri kami umat islam bersamamu dan mendukung perjuanganmu. Mereka yg mengaku islam tp mebela antek asing/aseng adlh segerombolan kaum munafik yg mempermalukan agamanya dan negaranya.

  22. Apapun takdirnya, kita rakyat Indonesia harus siap menghadapinya. Krn disadari atau tdk, kita negeri kita tercinta menjadi negara dg penduduk muslim terbesar d dunia, maka mata para pemuja setan otomatis tertuju pada kita. Segala macam upaya pun dirancang utk menghancurkan umat mayoritas agar cita2 besar mereka mengusai dunia d bawah bendera iblis dpt tercapai tanpa halangan.

  23. Menurut saya cara-cara yg dilakukan kapolri spt cara preman yg penuh dgn fitnahan dan provokator. Melakukan tuduhan perbuatan perbuatan makar tanpa dilandasi bukti yg kuat hanya menunjuk ke google bukan cara yg dilakukan oleh seorang kepala polisi indonesia.

  24. Polisi sebagai aparat pemerintah seharusnya memberikan pelayanan dan memfasilitasi agar demo tsb bisa lancar shg disatu sisi masyarakat bisa bebas menyalurkan pendapatnya dimana dijamin oleh konstitusi disisi lain polisi jg bisa turut menjaga aksi tsb.

    Pernyataan yg penuh provokatif dan memghalangi masyarakat utk menyampaikan aspirasinya adalah perbuatan inkonstitusional. Rakyat bisa mempertanyakan independesi lembaga kepolisian dimana gajinya dari pajak yg dibayar oleh rakyat tsb krn cenderung memihak kpd rezim penguasa yg berkuasa skg, bukan kpd rakyat.

    Tontonan demi tontonan atas tidak adanya keadilan dan persamaan hukum dimana kerap terjadi hukum dimanipulasi dan ditransaksikan oleh aparat hukum sdh sering dilihat oleh rakyat kita. Yang terakhir adalah kasus hukum yg tertukar antara buni yani dan ahok. Maka sdh sewajarnya rakyat disini akan melakukan aksi turun ke jalan utk menyadarkan dan memperingatkan rezim penguasa skg.

    Pelarangan atas kebebasan penyampaian pendapat yg dilakukan oleh kapolri dgn berbagai cara mirip cara penindasan penjajah kolonial dulu kpd rakyatnya. People power ini adalah lumrah di negara demokrasi. Tuduhan berbuat makar ini sangat mengada-ngada krn rakyat tdk membawa senjata dlm melakukan aksi tsb.

  25. Melihat kasus yang akhirnya menjadi polemik yg begitu kompleks tujuan asing, dan aseng sebenarnya melemah kan kekuatan terbesar negara ini. Langkah mereka sudah mulai tampak devidet et impera sesama kaum muslim di Indonesia. Akhirnya nanti mereka dengan mudah melakukan semboyan mereka 3G:

    Gospel-> Lemahkan iman mereka Glory-> Kuasai SDM mereka lewat LGBT, Sex Bebas, Miras, Judi, dan Narkoba.
    Gold-> Akhirnya SDA, dan Perekonomian dengan mudah untuk di kuasai.

  26. Bung@NS buat artikelnya pake kata-kata yang super……….
    Ditempat saya ngalup sama dengan njegog, bhs Indo-nya menggonggong…….
    Kalo dipakai pada pribahasa
    Anjing menggonggong kafilah tetap berlalu
    maka menjadi
    Asu ngalup rombongan aksi tetep mlaku
    Begitu kira-kira…..
    Siap salah ndan@ns

  27. Benar bung smua sudh disusupi antek2 asing aseng,sehingga seolah2 aparat kt tidak berdaya,,,melawan kehendak mereka.info terbaru saudara2 kt yng disolo akn datang ke jakarta,reaksi atas ucapan gnber incument yg menrt mayoritas sudh melechkan alquran tp ada oknum2 aparat yang tdk suka saudara2 kt berangkt kejakarta dngn cara melarang travel2 bus menganggkut umt islam yng akn berangkt!!!! Aneh kn negri ini
    Pak panglima tni kami umat islam tidak akn melakukan makar terhadap nkri tp justru kami menegas kn kami siap mati demi nkri ,jgn lah mengutus prajurit dengn mengatakn berjihad,klu itu tujuannya melawan kami(umat islam)yg akn berdemo.tp klu maksd tujuan pak panglima berjihad melawan aseng / asing kami siap dibrisan terdpn demi agama dan negara tercinta

  28. pemburu rajawali on

    hehehe..rame bgt ya! MAKAR! wow 5 suku kata yg memiliki jutaan arti,kok gampang bgt ya bilang makar! dulu GAM,opm,fretelin,santoso tdk disebut makar hanya GPK tok.
    skrg byk anak muda yg baru melek IT,kurang nasionalisme agamis di rekrut sbg Teroris baru yakni Teroris SosMed.

    Aksi Bela Islam hrs dilihat dg kacamata yg luas,komprihensif,taktis jg out of the box. triggernya sdh jelas kasus hukum penistaan agama dan ancaman kelangsungan NKRI yg mulai serta sdg dlm ambang batas kehancuran total dlm segala bidang. Umat islam indonesia melihat 2 hal tsb,yakni kasus pelecehan agama yg akan menimbulkan keresahan nasional dan ancaman asing via proxy warnya.
    aksi bela islam itu membawa dua misi Jendral! 1. kedaulatan hukum utk semua rakyat. 2. Unjuk kekuatan rakyat yg siap membela negara jg agamanya dari serangan Asing.

    kenapa para Koruptor,Bandar Narkoba,Mafia ekonomi-perdagangan dan para pelaku kejahatan diluar prikemanusian tdk masuk dlm kategori makar? padahal efek destruktifnya sama dg aksi makar bersenjata? waspada! 2bulan terakhir ini mirip dg kondisi indonesia saat 1964-1965!

    #cukup 1tim pondok bisa libas semua teroris sosmed!!xixixixi

  29. Patga emang keren yah, luas dan mendetil hal yg dibahas, bikin anak muda kyk saya bener” mikir mana yg jelas dan mana yg pura”, kl di telen langsung jelas keselek tp kl dikunyah pelan” rasanya itu beeerrrrrrrr luar biasa, ini tuh kaya perpustakaan kebangsaan yg dibahas yg update tp juga dari macem” sudut dan pandangan, itu yg ga ada di tempat lain jd wajar kl ada yg iseng lah wong berharga, Salam buat Admin dan Para Narasumber serta Rekan” Patga jgn bosen yah membagi Ilmu dan Pengalaman serta pandangan kalian, karena saya dan anak muda yg lain butuh itu, Terima Kasih :-)

    • Hehehe…Bung@Abdi …ini namanya ngaji kaweruh,kolaborasi ilmu” Khaidir& Brama Kumbara”Ajian Lampah-Lumpuh”…hehehe(Maaf bercanda)

  30. Tukang Ngitung, PhD. on

    Menurut KBBI :

    http://kbbi.web.id/makar

    arti ketiga : perbuatan (usaha) menjatuhkan pemerintah yang sah.

    http://kbbi.web.id/berontak

    Pemberontak : orang yang melawan atau menentang kekuasaan yang sah.

    Jadi tidak soal orang yang memberontak itu di dalam atau di luar lingkaran pemerintahan, jika dia melawan atau menentang kekuasaan yang sah, atau bergabung untuk melakukan tindakan makar atau mengajak rakyat untuk menjatuhkan pemerintahan yang sah maka dia adalah seorang pemberontak atau pelaku makar.

    • Penjelasan yang sangat “MENUSUK” bung TN…two tumb up…..jangan kesampingkan fakta bahwa demo 411 “DITUNGGANGI”…banyak artikel yang mengulasnya….

      • Ingat,……………….
        Pejuang 411 dan 212 TIDAK PERNAH menginginkan JABATAN,HARTA maupun KEKUASAAN.
        Yang mereka PERJUANGKAN hanya KEADILAN.
        BEGITU perjuangan 411 dan 212 telah sampai TUJUANYA.
        MEREKA,…………
        Para Pejuang 411 dan 212 akan kembali ke NDESO-nya masing-masing.
        DAN KEMBALI menjadi PETANI,……..
        Ingat itu,………………..

    • Demo 98 JELAS MAKAR menjatuhkan PEMERINTAH yang SAH.
      TUJUANYA apa?
      1. Mensejahterakan RAKYAT.
      2. Mensejahterakan PENJAJAH(perusahaan).
      HASIL dari MAKAR 98 adalah MENGAMANDEMEN UUD45, yang MENGHASILKAN UU yang MENGUNTUNGKAN PENJAJAH. dan tidak kalah PENTING MEMBATASI gerak ABRI(TNI) di Pemerintahan bahkan sampai koperasi ABRI saja dibekukan.
      Begitu BENCI-nya terhadap RAKYAT dan TNI?
      Siapa pelaku DEMO 98?,……………..
      UUD45 yg diamandemen hanya MEMBUAT rakyat KEHILANGAN kedaulatan.
      AKHIRNYA Rakyat DIPAKSA menjadi GELANDANGAN di negrinya sendiri.
      https://www.youtube.com/watch?v=f1qLimHJ5Kg
      nasib,……..nasib,………………..

    • -MAKAR dlm islam itu TIDAK DIBENARKAN selama pemimpin tersebut Tidak menyuruh untuk mengerjakan BERBUATAN MAKSIAT.
      Salah satu Hadistnya:
      “Setiap orang muslim itu WAJIB untuk MENDENGAR dan MENTAATI dalam perkara-perkara yang dia senangi atau pun yang dia benci. TETAPI jika dia diperintahkan UNTUK MENGERJAKAN PERBUATAN MAKSIAT, maka tidak boleh mendengar dan mentaati (amir tersebut). (HR. Muslim)
      *******
      -Tetapi jg islam TIDAK MELARANG untuk MENGKRITIK PEMIMPINnya…Sehingga kita TIDAK CINTA BUTA..Karena mereka jg Manusia BUKAN TUHAN.
      Salah satu Kisah&Hadistnya:
      “Rasulullah pernah menerima INTERUPSI/KRITIK dari umat Muslim lainnya. Ketika di Madinah, ia bertemu dengan petani kurma yang mengawinkan benih kurma.
      Rasulullah SAW mempertanyakan mengapa benih kurma itu harus dikawinkan dan tidak dibiarkan tumbuh secara alami. Petani kurma yang sangat menghormati Rasullah SAW itu lalu mengikuti kata Sang Nabi.
      Ketika masa panen, ia mendapati produksi kurma yang dihasilkan menurun. Ia lalu melaporkan hal ini kepada Rasulullah SAW. Beliau akhirnya menyadari KETERBATASAN PENGETAHUANNYA tentang menanam kurma dan mengatakan, “Kamu sekalian lebih mengetahui urusan duniamu.” (HR ath-Thabrani).
      Dan jg ada kisah Umar bin khattab dikritik rakyatnya
      *******
      -Begitu jg WAJIB bagi muslim untuk MEMBELA AKIDAH ketika dilecehkan oleh YG BEDA KEYAKINAN/AKIDAH
      Salah satu Ayatnya:
      “Jika mereka merusak sumpah (janji)nya sesudah mereka berjanji, dan mereka MENCERCA AGAMAMU, maka perangilah pemimpin-pemimpin orang-orang kafir itu, karena sesungguhnya mereka itu adalah orang-orang yang tidak dapat dipegang janjinya” [at-Taubah/9:12]
      ********
      KESIMPULANNYA:
      -MAKAR DILARANG oleh Aturan/Hukum negara dan Agama tanpa alasan yg jelas.
      -KRITIK TIDAK DILARANG dlm Aturan/Hukum Negara dan Agama
      -MELECEHKAN/MENGHINA AGAMA LAIN TIDAK DIBENARKAN menurut aturan/Hukum Negara dan Agama
      **************
      Jadi JANGANLAH BERANGGAPAN atau bahkan MENUDUH umat muslim Hendak BERBUAT MAKAR…FITNAH(Koncone SETAN)…hehehe
      Masalah/Disisi lain ada Pihak yg hendak memanfaatkan/Menunggangi situasi atau akan BERBUAT MAKAR ditengah TUTUTAN KEADILAN Umat muslim..DISINILAH SEBENARNYA DEDENGKOT FITNAH yg harus DIMUSNAHKAN dan itu adalah TANGGUNG JAWAB PENEGAK HUKUM untuk mencarinya…!!!
      Dan YG TERPENTING siapa DALANG DARI SKENARIO Permasalahan ini semua…!!!???.
      ***********
      NB:HATI-HATI TERJEBAK FITNAH…AKIBAT CINTA BUTA.
      ***********
      “Kemudian jika kalian BERLAINAN PENDAPAT tentang sesuatu, Maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kalian benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian” (QS. An-Nisa: 59)
      Perbedaan pendapat Antara Umat/Ormas Islam Disitulah INDAHNYA ISLAM..RAHMAT dr PERBEDAAN..(DEMOKRASI Dari BHINEKA TUNGGAL IKA)
      Yg sekarang menjadi SISTEM/ATURAN dan IDIOLOGI bangsa “DEMOKRASI PANCASILA”

    • salam bung TN…berikut tulisan anda:
      “Jadi tidak soal orang yang memberontak itu di dalam atau di luar lingkaran pemerintahan, jika dia melawan atau menentang kekuasaan yang sah, atau bergabung untuk melakukan tindakan makar atau mengajak rakyat untuk menjatuhkan pemerintahan yang sah maka dia adalah seorang pemberontak atau pelaku makar.”

      bung TN….jika definisi tersebut dipaksakan untuk kepentingan2 tertentu maka akan terasa bertentangan dgn kondisi riil sejarah kenegaraan NKRI , misal 20 tahun yg lalu dimana ada serangkaian peristiwa besar diantaranya:

      a. Aksi reformasi 98 ….jika merujuk tulisannya bung maka bung mengkategorikan semua komponen rakyat yg berdemo di era 98 telah melakukan makar dan pemberontakan terhadap pemerintahan yg sah dibawah Presiden Suharto…. Lalu mahasiswa2 Trisaksi yg tertembak itu dikategorikan sbg apa : Pahlawan Reformasi atau Pelaku Makar dan Pemberontak? Disudut pandangku mahasiswa2 yg gugur itu adl pahlawan reformasi.

      b. Aksi penjatuhan Presiden Abdurrahman Wahid oleh sebagian kelompok esksekutif dan legislatif serta komponen kecil rakyat…..bukankah ini juga termasuk kategori makar dan pemberontakan kepada pemerintahan yang sah jika mengacu pada tulisan bung.

      disini saya melihat bhw definisi makar dan pemberontak menurut KBBI ya memang spt itu adanya, namun ketika disandingkan pada situasi dan kondisi yg terjadi pada masanya akan menjadi berbeda dari makna aslinya sesua KBBI. karena apa? karena ada tujuan yg ingin dicapai oleh adanya aksi makar dan pemberontak selain adanya syarat-syarat khusus yg menyertainya misal di sejarah NKRI masa lalu : pelaku makar dan pemberontakan PKI ini tidak menerima Pancasila dan UUD1945 memunculkan spt aksi makar dan pemberontakan PKI tahun 48 dan 65 yg memang ingin mengubah konstitusi NKRI dgn paham komunisme.

      ini dari sudut dan jarak pandaku dalam melihat dinamika kenegaraan NKRI, bung TN
      dipersilahkan bung TN bisa sampaikan opini penjelasannya….

      • Hehehehhe
        Mantap bung PW.. Pertanyaan yg tajam dan bikin cenut cenut kepala si penyebut makar dgn KBBI nya..hahahahaha
        Apakah para mahasiswa yg menuntut reformasi thn 98 adl pelaku makar .?jelas2 akhir demo 98 berhasil menjatuhkan kepemimpinan presiden suharto.. Jd sebenarnya mereka para mahasiswa yg gugur menjadi martir di thn 98 adl pahlawan reformasi atau pahlawan makar..??? Hahahahahha
        Berani bilang mereka adl pahlawan makar..??? Hehehehe
        Monggo di jawab dgn KBBi ya mass..kalo perlu dihitung dgn kalkulator hehehe
        ternyata oh ternyata..masih ada aja relawan temen mabok dimari.. Nuduh sana sini ga jelas malah bikin bingung palanya sendiri..argumen pake primbon kbbi.. Lha wong masalahe jelas dan mudah penyelesaiannya..!!!
        1. Periksa sbg terlapor..
        2. Tahan sbg tesangka
        3. Sidang sbg terdakwa..
        3.. Penjarakan sbg Narapidana.. selesai..!!! Mudah toh..???
        Apa yg susah…?? dijamin gada alasan unras pada 212 ..krn memang gada alasan lagi utk melakukan itu.. Dan pastinya gada lagi yg menunggangi secara politik..lha wong masalahnya beda..
        Adios# Klo memang penahanan berimpact pada kepesertaan pilkada ybs.. Ya memang resiko tsk toh..jgn disangkut pautkan.. Krn jelas masalah hukum dan politik dlm kasus ini berbeda..hahahahaha
        ngono ae kok repot..

        • “Monggo di jawab dgn KBBi ya mass..kalo perlu dihitung dgn kalkulator hehehe
          ternyata oh ternyata..masih ada aja relawan temen mabok dimari.. Nuduh sana sini ga jelas malah bikin bingung palanya sendiri..argumen pake primbon kbbi..”

          mohon maaf bung BW. dengan semangat diskusi yang sehat.
          saya bertanya kepada sampean.
          terkait dengan pernyataan sampean di atas.
          berarti sampean mengatakan bung Tukang Ngitung adalah Relawan Temen Mabok karena memberikan definisi makar berdasarkan KBBI ?

          Mohon maaf jika kurang berkenan.
          Suwun…

          • Hehehehe… Bung KZ mari berdiskusi sehat.. Lha wong ini juga diskusi sehat toh..??? Kalo ada tulisan temen mabok dari komen saya maka sama halnya tdk ada kata2 unras 411 dan 212 adl bagian dari kata makar KBBI yg disebutkan toh..??
            Kenapa ada persepsi itu..? Krn KBBI disebutkan oleh “beliau” pada saat pembahasan artikel makar yg dilakukan tdk hanya dari dlm pemerintahan tp juga dari luar..menurut anda persepsi dan tuduhannya kemana..?hehehehehe
            Sama toh alurnya dgn persepsi saya dgn komen KBBI ini..?
            Jika ada kekhawatiran ditunggangi dan ada upaya penggulingan kepemimpin nasional bukankah mudah sekali solusinya..???
            Jalankan proses ke 2 utk menahan penista agama setelah menjadi tersangka spt pelaku2 yg lain.. Selesai toh..???klo berimpact pada posisinya sbg cagub ya itu urusan dan resiko die sbg pelaku peista agama…jgn dikaitkan bung..!!!
            Jika penahanan sdh dialkukan dan proses hukum terus berlanjut maka tdk ada lagi alsan aksi super damai 212 toh..???
            Jika menuntut kedilan hukum ini dianggap makar..pertanyaannya adl apakah sang penista agama ini merupakah simbol negara..???shg tuntutan utk menahannya saja dianggap MAKAR..???? Helllooowwww….
            Pertanyaan utk anda jika mengacu pada KBBI, apakah para mahasiswa 98 adl pelaku MAKAR..?? Dan Yg menjadi martir juga Pahlawan MAKAR..? Mereka jelas2 berhasil menurunkan suharto sbg penguasa yg syah..helloooww..
            Mohon bedakan dgn sgt antara people power yg dilakukan oleh rakyat dan mahasiswa yg mencabut mandat penguasa dgn kudeta atau makar G30S/PKI yaaaaa.. Jd gak blunder utek kita.. Bedakan yaaa… Kan saya blg juga jika ada yg melenceng dari niat menuntut keadilan hukum bagi sang penista utk urusan politik ya kan sdh diperiksa dan di proses oleh polri…
            Kalo kita sehat dan waras jelas berbeda antara tuntutan hukum thd penista agama dan tuntutan menurunkan kepemimpinan nasional bukan..?? Orgnya saja beda, jabatan beda, posisi dlm pemerintahan juga berbeda.. Trus kenapa tuntutan terhadap ah*k hrs dipaksa samakan dgn tuntutan menurunkan presiden..? Apa iya emang 11-12 alias satu paket..? Kan jd itu kesimpulannya..Hellloowww…
            Mudah2an pemerintah bisa mengambil kebijakan yg memenuhi rasa keadilan di masyarakat.
            Adios# salute kebijakan kapolri mengijinkan acara 212 di monas..mengijinkan bis dan peserta aksi 212 ke jakarta bahkan mengawal para rombongan masuk jkt adl kebijakan yg strategis dan bijaksana..krn dgn mengarahkan arus massa yg begitu besar dan mengendalikannya secara manusiawi lbh baik dibanding membendung dan menggembosinyanya apalgi mengancam dan mengintimidasi massa daerah krn yakinlah jika itu dilakukan bukannya semakin meredup malah justru mengobarkan perlawanan yg lbh besar dan luas.. Bisa anda bayangkan massa ciamis yg melakukan long march ke jkt.??? Bisa dipastikan rombongan massa bukan semakin sedikit yg ke jkt tp akan semakin byk yg bergabung di sepanjang longmarch tsb.. Bukankah ini semakin rawan dan membahayakan bercampurnya massa yg berniat tulus utk menuntut keadilan dgn massa penyusup yg ingin membuat kejahatan dan kerusuhan di jkt..? Apalagi jika itu dilakukan dari semua daerah.. Saya tdk bisa membayangkannya…
            Dan bagaimana jika terjadi provokasi di sepanjang rute jalan massa tsb oleh pihak2 yg tdk bertanggung jawab..??? Masa ini ribuan bung…Kerusuhan bisa terjadi dimana2 jika terjadi provokasi thd massa yg lelah berjalan 4 hari 4 malam..dan yg plg kedodoran adl polri dan aparat keamanan bukan..??
            Semoga NKRi selalu dlm lindungan Allah SWT.. Amin YRA

    • Penggemar tempe on

      Kami umat muslim sdikitpun tdk menginginkan jabatan junjunganmu bung TN. Kami hanya ingin hukum tegak untuk mghukum yg bersalah.
      Ini adlh bakti kami kpd tuhan kami dan negri kami .seperti layaknya anda berbakti membela TUANmu.
      Jika anda yakin junjungan anda kelak di zaumul qiyamah bs membelamu maka hr ini belalah tuanmu semampumu. Namun jika anda tdk yakin tuanmu kelak takkan mampu membelamu maka bersegeralah membela agama tuhanmu

  31. Mohon untuk punggawa2 bahari, lebih sigap dan awas dalam patroli laut. Penyusup2 dan imigran2 gelap dr daratan naga, yang berusaha mengisi wilayah2 kosong nkri. Kalo dilihat ini sistematis dan ada tangan kuat yg membekingi perbuatan makar yg jelas ini. Apalagi membekingi pengibaran bendera asing melebihi dr bendera sang saka merah putih di wilayah nkri.

    • wirosableng007 on

      yaa pelaku comparador yg memuluskan imigran2 gelap naga buntung tuu yaa orang2 se etnis mereka yg sudah dinyatakan WNI juga..alias WNI keturunan cina juga lah…. payah emang orang2 ini…walau tak aku ingkari banyak jg dari mereka yg berjasa besar terhadap bangsa dan negara indonesia ….

  32. kalau suka garuk-garuk tangan dan kaki mungkin diabetes …

    mengenai beratnya mengurus orang sakit, memang benar, terutama masalah BAB, makanya jadi orang saat muda dan sehat harus rendah hati … kelak nanti akan …

  33. People power sudah lazim di lakukan di negara-negara demokrasi. Bila melihat keadaan sekarang dimana hukum dipermainkan seenaknya saja, kesewenang-wenangan kerap kali dilakukan penguasa sekarang kepada rakyatnya, dan kesenjangan ekonomi yang kian meningkat maka people power diperlukan untuk mengkoreksi kebijakan dan diadakannya perubahan.

    Isyu makar dan pemberontakkan sering dilontarkan para rezim tirani untuk mempertahankan status quo. Dengan dalih tersebut mereka kerap kali menangkapi para oposisinya. Bisa dikatakan makar atau pemberontakkan bila penggulingannya dilakukan melalui kekuatan senjata bukan kekuatan aspirasi rakyatnya melalui people power. Di negara kita bahkan people power sudah terjadi 2 kali disaat presiden sukarno dan suharto, di philipina pada saat presiden marcos, di mesir, dan banyak contoh di negara lain. Mereka semua adalah pemerintahan yang sah yang berasal dari rakyat tetapi bila rakyat sudah tidak menghendakinya lagi maka lahirlah people power.

  34. ISIS itu tak akan mau dtg kesini,tapi yg mengaku sbg isis lah yg muncul.

    balance of power for new ERA sdh berlangsung! jgn terlena dan mabuk kecubung krn keadaan AMAN-Tentram.. hehehe!

    #mumet iki helo kok iso nyungsep, lah kn ono FLIR,NoE ne!! mangkane gowo Door Gunner iki ojo kosong!! xixixi

    • Salam bung PR….
      Indikasi pelakunya mengarah ke siapa ya bung?…. Apa infiltran abu sarap yg dibina / difasilitasi oleh negeri jaguh unt bikin instabilitas di kaltara?
      Jadi sementara disebabkan krn cuaca buruk ya bung PR, padahal krn tembakan dari bawah ke helicopter tsbt…. Maaf, sekedar tebak – tebakan dari rembesan bung PR diatas….

    • maaf bung PR, rasanya lebih bijak jika kita menanggapi peristiwa jatuhnya heli TNI AD tanpa gurauan. karena ada saudara kita yg menjadi korban

  35. 1. MAKAR/KUDETA/COUP, apapun namanya, & apapun definisinya secara etimologi atau terminologi, apapun redaksinya (KBBI atau kamus Oxford), tetap mengacu pd penyelewengan/pengkhianatan. Secara filosofis, rakyatlah pemegang kekuasaan konstitusi tertinggi. Rakyatlah yg memberikan kepercayaan (pilpres) & rakyat yg memberikan mandat (parlemen) kepada presiden untuk menjalankan roda pemerintahan sesuai koridor dlm UUD 45/Amandemen & UU pd level di bawahnya. Jika kabinet yg menjalankan roda pemerintahan telah melanggar/menyelewengkan kepercayaan rakyat sehingga kehilangan kepercayaan konstitusi, maka rakyat dlm suatu mekanisme luar biasa dapat menurunkan pemerintah yg sah namun melenceng u/ digantikan dgn pemerintah yg baru yg diharapkan tdk melenceng dari koridor.
    Pertanyaannya : Apakah saat ini rakyat yg makar terhadap pemerintah karena menuntut penegakan hukum & keadilan, atau pemerintah yg makar krn menyelewengi Pasal 27 (1) UUD45 “Setiap warga negara bersamaan kedudukannya dlm hukum & pemerintahan & wajib menjunjung tinggi hukum & pemerintahan itu dgn tdk ada kecualinya”. Dalam hal ini, seorang gubernur nonaktif bersamaan kedudukannya dgn seorang petani dlm hukum & pemerintahan.
    Kenyataannya : Gubernur nonaktif; kasus dana reklamasi lolos, kasus Sumber waras licin, kasus penistaan agama lenggang kangkung. Petani : kasus penyelewengan pupuk ya pasti masuk sel.
    2. Kasus A Hox ini adalah sebuah api yg sensitif yg mengancam persatuan & keBhinnekaan, mengancam keamanan nasional. Pemerintah saat ini bermain api dgn memelihara & mengistimewakan oknum ahox, sungguh sesuatu yg taruhannya sangat besar. Api ini Mengancam persatuan & keBhinnekaan krn etnis tionghoalah yg saat ini menjadi pemeran antagonisnya. Jadinya, A Hox yg berbuat A Liong jg turut dibenci. Padahal banyak lho A Liong2 lain yg betul2patriotik & bergolongan darah “NKRI”. Api ini Mengancam keamanan nasional krn momentum ini dimanfaatkan oleh pihak asing u/ menjalankan proxy war-nya agar terjadi stagnasi ekonomi, disintegrasi, chaos secara nasional.
    Beberapa waktu yg lalu apinya masih kecil, tapi skrg apinya sudah besar & masif, sepertinya tinggal tunggu kebakaran. Kasihan Tanah Airku.
    3. Kasus ahox ini murni persoalan hukum & keadilan, meskipun tdk dipungkiri bahwa ada aktivitas politik & aktivitas proxy asing yg mengambil kesempatan terhadap momen ini.
    Pertanyaannya : Apakah karena persoalan penistaan agama ini ditunggangi politik & disusupi proxy lantas ahox jadi kebal hukum???
    4. Mari masing2 kita secara jujur di dalam hati menilai karakter ahox!!! Setiap kali si ahox tampil di media, statement & body languagenya menggambarkan seolah2 hanya dia manusia terbaik di Indonesia, seakan2 dialah pemilik Jakarta. Dalam setiap kata2 & tindak- tanduknya sengat jelas tergambar sifat arogansi, besar kepala, besar mulut, licik (dlm menggiring opini), & sering membuat fitnah.
    5. Sepakat dgn Bung @PR, Bung @PW, Bung @Preman. Jika Persatuan/Bhinneka/Rakyat adalah TNI (semua matra & korps) yg akan membela NKRI, maka Islam adalah Pasukan Elitnya yg akan menempuh Jihad & mencari Syahid demi keutuhan & keberlangsungan NKRI.
    Bung @Tukang Ngitung, anda orang yg cerdas, tapi sungguh sayang anda berada di barisan yg membuat bangsa ini resah, gaduh, kesakitan.
    6. Semoga skenario kolosal yg telah ditetapkan Allah SWT u/ bangsa ini sebagai latihan & pengalaman agar di kemudian hari bangsa ini menjadi bangsa yg damai, maju, makmur. Amin Ya Rabb….

  36. koq pada ribet sih…kasus ahok adalah penistaan agama cuma itu, jangan dibawa kemana-mana..isu makar,politik,sara..adalah kepanikan pemerintah yang ingin mengalihkan isu. fakta si ahok belum juga ditahan dengan alasan kooperatif. seandainya pemerintah serius tangkap ahok perkara selesai. masalahnya itu doank si ahok belum ditangkap titik..kenapa pemerintah ga nangkap tanyakan sama oma – oma baju merah…

  37. liat kasus Ahok itu mirip skandal Iran Contra walau beda masalah,kultur dan era tp inti masalah yg timbul adalah sama yakni Political power Thunderstorm.
    Alhamdulilah jajaran bintang bsa melihat dg Nurani dan kebangsaan jd ABI 2 akan fully protected locked down dg menaikan status State Alert level wahid agar para “Makarisme” tdk lompat pagar rumah kita.
    Dan sy tdk tertawa ketika sejawat Gugur dimedan tugas tp kadang egoisme pribadi Crew,minimnya asupan info ke flight crew lah yg sering membawa keMalangan. Alutsista bisa di perbaiki tapi memperbaiki awak alutsista itu lbh mahal.

    para makarisme ini skrg makin giat diluar sana dg memaksak ikut masuk dg dalih “citizen security act” utk warganya.

    jd jgn buat gado gado hukum dg politik krn jika yg punya negara ud marah bisa mendem semua aktor sinetronnya.

    • mohon dimaafkan bung PR, karena salah sangka saya pd diri bung. untuk ABI 2, itu apa y bung? ada penyataaan pejabat tongkok, katanya akan mengirim pasukan jika peristiwa 98 terjadi lagi. sebenarnya bung PR, dlm aturan internasional, bolehkah suatu negara mengirim pasukan k negara lain dg alasan keamanan warga negaranya?

    • Salam bung PR….
      Bung…. Perihal para pihak yg paksakan security citizen act itu negara mana saja ya? Mohon bung PR berkenan kasih info valid sbg bekal kami unt bertindak sbg bentuk perlawanan kami lewat profesi / pekerjaan kami dlm perang asimetris dan proxy saat ini.
      Kami hanya rakyat nusantara yg anti penjajahan segala bentuk. Kami orang Indonesia yg merdeka dan berdaulat di NKRI.
      Biarkan kami hapal negara2 mana aja shg mjd kewaspadaan kami thd akal busuk dan licik mereka.
      Adl kehormatan bagi kami jika bung PR berkenan memberikan paparan progress daripada pihak2 yg paksakan citizen security act di NKRI.

    • Salam @Bung PR,…
      Pernyataan Njenengan ini lho kok “ANEH”(benang merah).
      ,………para makarisme ini skrg makin giat diluar sana dg memaksak ikut masuk dg dalih “citizen security act” utk warganya,………..
      Artinya= Apapun keadaan politik saat ini, Hukumya WAJIB terjadi kerusuhan PRIBUMI vs TAIPAN.
      ,……Suntikan VIRUS-1 Penistaan Agama oleh Gub.DKI. sampai saat ini (aksi ke-3) masih DAMAI(makar-er kecewa).,…..
      ,…….Suntikan VIRUS-2 Ahog terpilih menjadi Gub.DKI 2017. Apakah keadaan akan DAMAI atau RUSUH? Jika terjadi KERUSUHAN maka LEGALITAS “citizen security act DIBERLAKUKAN…….
      ……..,Citizen Security Act adalah pembenaran MENGINVASI/MENYERANG negara lain secara LEGAL,……
      #Jika khayalan/sinetron ini BENAR,…..hadew,…….Apakah Lebih masif dari vietnam war?
      https://www.youtube.com/watch?v=O4irXQhgMqg

  38. Amiiin Yaa Rabbal ‘Alamin.
    Bung NS terima kasih artikel dan doanya. Btw, petisi tuntutan tes DNA apa perlu digaungkan lagi, supaya jelas fulan bin fulan. Milih bojo ae kudu jelas bibit, bebet, boboté……lha milih pemimpin kok gak ditelisik dulu ya…. Semua masalah dan bencana adalah akibat kebodohan kita sendiri.

  39. @guru smp..
    apakah pemahaman anda hanya sampai disini saja???
    hihihihi…..
    negara ini tidak sesederhana seperti dilingkungan rumah tangga anda sendiri bung.. (itu juga masih bnyk ribetnya) anak nakallah, istri selingkuh lah, belum bayaran sekolahlah, mertua ngambeklah, bingung cari kontrakanlah, belanja harianlah, kemalinganlah, ribut sama tetanggalah dll..
    memang penistaan agama adalah kasusnya
    ttp efek “ditunggangi” adalah patut DIWASPADAI!
    karena:
    NEGARA INI BUKAN HANYA UNTUK AGAMA TERTENTU, SUKU TERTENTU, GOLONGAN TERTENTU, BAHASA TERTENTU…
    MELAINKAN HANYA UNTUK RAKYAT INDONESIA yg MAJEMUK..! ingat.. majemuk!
    apakah anda sadar bahwa PROXY WAR dapat dijalankan oleh para “BEDEBAH”…salah satu jalannya adalah dengan topeng AGAMA tertentu..
    mohon dicerna… jangan hanya pandai memaksakan kehendak “RELATIVE”…
    semoga DAMAI INDONESIA dari para aktor “BEDEBAH”..!
    amiin YRA….

    • Setuju bung@molimo….hehehe,untuk pertanyaan bung yg diartikel yg lalu saya mohon maaf y bung bukany saya g mau njabarin…kapok saya bung,gara2 dlu saya nyeplos e mlah saya seminggu KO bung,,,

      • Mohon maaf bung beny krena saya anda dstrap…sekali lg mhon maaf yg sebesar2 y.krena bahasa bung bw m bung pr trlalu tinggi n dngan penjelasan bung beny saya bsa menangkap maksud y ap.maklum lulusan sd.ternyata pra petinggi kita tetep exist untuk memantau patga.tetep semangat y bung beny.hu haa

        • Hehehe….saya cuma sipil biasa ko bung@molimo,cma kmrin waktu kerja bersihin kantor ane mlah asek maen2 dan apesny bos ane tahu trus ane dibkin muntah2 seminggu bung,,,hehehe,untng bos ane baik bung jdi setlh di KO seminggu akhirny bos ane maafin ane jga bung…

  40. he…justru jika kita ingin mempertahankan kemajemukkan itu negara harus adil,bukan mengistimewakan seseorang yg jelas2 sdh berbuat tdk baik kpd umat islam.perjuangan ini juga bukan untuk umat saja tetapi untuk keadilan hukum bagi seluruh rakyat indonesia.bukan dengan membuat pernyataan “ditunggamgilah,makar dll.justru jika tdk adil maka makna “ditunggangi”kembali kpd yg mengatakan.

  41. He…kata makar yg ditunjukkan kpd rakyat oleh pejabat ibarat jari telunjuk yg diarahkan pd rakyat dan jari lainnya mengarah padanya.

  42. @orca..
    jika dalam kasus “penistaan agama” BENAR ADA yang “menunggangilah, makarlah dll” …
    BAGAIMANA @BUNG ORCA???
    APA YANG ANDA LAKUKAN???
    jika nantinya “penistaan agama” berubah judulnya menjadi “penistaan bangsa”?? (yg ditunggangi BEDEBAH untuk mengambil KEUNTUNGAN dalam kasus ini?)
    TERAMAT WAJAR PEMERINTAH “MENETRALISIR” SEDINI MUNGKIN AKAN HAL INI..
    karena NKRI adalah HARGA MATI…!
    SUNGGUH “HARUS” HARGA MATI…!

    • Pokok permasalahan adalah penistaan agama yang sampai saat ini cara penanganannya sangat berbeda dengan kasus yang serupa yang langsung diadili dan ditahan. kenapa harus dibawa ke penistaan bangsa bung? harus dibedakan antara penistaan bangsa dengan penistaan terhadap rezim penguasa sekarang. Jabatan presiden adalah jabatan politik bila rakyat tidak menghendaki lagi bisa saja ditengah jalan kekuasaan dihentikan. Bangsa dan negara artinya luas dimana bangsa akan tetap selalu ada walau setiap tahun ada pergantian presiden atau pemerintahan.

      Pelaku penistaan agama ini bila tidak diadili dan dibebaskan akan mengakibatkan efek yang berantai. Perpecahan bangsa akan terjadi karena kasus penistaan agama adalah masalah yang sensitif, akan merusak kebhinekaan karena akan selalu mengusik perasaan umat islam, akan melanggar hukum yang berlaku di indonesia karena sdh diatur dalam KUHP, akan menyebabkan ketidakadilan dan tidak adanya persamaan hukum krn sudah banyak referensi dan yurisfrudensinya. Penegakkan hukum akan menjadi kacau karena akan banyak ahok ahok baru lagi yang akan menistakan agama tidak hanya agama islam tetapi juga agama lainnya di indonesia. Bila hal ini terjadi akan ada poso2, poso 2, dstnya di seluruh wilayah indonesia.

      Menetralisir dengan membungkam kebebasan berpendapat dan bersuara sudah tidak direlevan di zaman sekarang. Kita bukan di masa penjajahan kolonial dimana warga negara indonesia tidak mempunyai kebebasan berbicara dan menyampaikan aspirasi. Tugas pemerintah yang utama adalah mendengarkan aspirasi rakyatnya itu bukan malah menetralisir rakyatnya tsb bak racun serangga.

  43. Dear Bung BW.
    Kita sambung di sini ya. saya tidak bisa reply di atas.

    Yep saya setuju dengan apa yang sampean tulis diatas. 100 %.
    Insyaalloh saya paham dengan maksud sampean.

    Untuk yang ini.

    “Pertanyaan utk anda jika mengacu pada KBBI, apakah para mahasiswa 98 adl pelaku MAKAR..?? Dan Yg menjadi martir juga Pahlawan MAKAR..? Mereka jelas2 berhasil menurunkan suharto sbg penguasa yg syah..helloooww..”

    saya copy dari KBBI.

    makar1/ma·kar/ n 1 akal busuk; tipu muslihat: segala — nya itu sudah diketahui lawannya; 2 perbuatan (usaha) dengan maksud hendak menyerang (membunuh) orang, dan sebagainya: karena — menghilangkan nyawa seseorang, ia dihukum; 3 perbuatan (usaha) menjatuhkan pemerintah yang sah: ia dituduh melakukan —

    Jika melihat teks berdasarkan arti kata Makar berdasar KBBI, maka otak saya yang mbulet ini mengartikan IYA.
    IYA Bahwa kejadian tahun 98 adalah makar.
    Batasannya menurut KBBI adalah pemerintah yang sah.
    Terlepas dari perilakunya, apakah presiden suharto pada tahun 98 bukan presiden yang sah ?

    Kembali ke tulisan sampean di atas.
    Dan saya setuju juga,

    “Mohon bedakan dgn sgt antara people power yg dilakukan oleh rakyat dan mahasiswa yg mencabut mandat penguasa dgn kudeta atau makar G30S/PKI yaaaaa.. Jd gak blunder utek kita.. Bedakan yaaa… ”

    Maka menurut saya kejadian 98 adalah people power yang mencabut mandatnya.

    sampai disini maksud saya adalah.
    Lihat betapa satu definisi bisa diartikan berbeda tergantung persepsi orang dan waktu kapan itu digunakan.
    Tetapi menurut saya alangkah kurang bijaknya jika dengan semudah itu kita menunjuk tangan memberi label kepada seseorang.

    mungkin tidak penting,
    tapi sepertinya disini perlu saya mengatakan bahwa aksi 411 atau 212 bukanlah makar kepada pemerintah yang sah. Untuk Sekedar menyatakan bahwa saya berada di pihak yang mana.

    Terimakasih, Mohon maaf jika ada yang kurang berkenan, mohon koreksinya jika ada yang salah….

    Matur suwun…

    • Hehehehe.. Bung KZ.. Sehat selalu bung..
      Mari berdiskusi..Mengapa dlm suatu diskusi ada sindiran dan persepsi pada suatu kalimat..?..jelas benderang keterkaitan antara artikel dan komen yg dilontarkan..
      Jika kita bicara tafsiran jgn samakan antara KBBI dgn Kitab suci yaaa…
      KBBI adl kamus bahasa yg jika kita cari padanan kata antara bahasa satu dgn yg lain akan berbeda bahkan mungkin tdk ada dlm kamus tsb dan kamus ini buatan manusia yg merujuk pada kata dasar..
      Dan kata dasar dk bisa dijadikan pegangan ataupun patokan jika tdk mempertimbangkan konteks kenegaraan dan situasional kejadian pada saat itu.
      Berbeda sgt jauh dgn kitab suci yg memang diturunkan utk manusia dan utk dipahami oleh otak manusia serta di jalanin olelh seluruh umatnya..memang adabeberapa hal memerlukan tafsir daripada para ahli tafsir agama tsb namun juga ada ayat yg bisa ditafsirkan secara gamblang hingga umat pun bisa mengerti. Mungkin ini utk meluruskan agar konteks diskusi ini tdk bergeser kembali ke tafsir penistaan agama yg tengah heboh saat ini.
      Mari kita lihat istilah makar dlm konteks demokrasi :
      Pemimpin dalam hal ini kepala negara adl seseorang yg mendapat mandat dan kepercayaan dari rakyat utk memimpin negara menjalankan pemerintahannya.
      Sebagai org yg mendapatkan mandat dari rakyat, jika terjadi penyelewengan thd penyelenggaraan negara, apakah rakyat boleh mengingatkan pemimpinnya dgn unjuk rasa..? Jika wakil rakyat sendiri sdh tdk lagi diharapkan bisa mewakili aspirasi sebagian besar kontituennya,.hingga akhirnya melangkahi perannya sbg dewan perwakilan rakyat.. Apakah mungkin rakyat mencabut mandatnya..? Ingat pameo yg mengatakan suara rakyat adl suara tuhan..dan itulah yg disebut dgn people power jika masyarakat luas tdk lg merasa terwakili keberadaannya dan tdk lg memprcayai keadilan dari pemimpinnya.
      Jika analoginya seorang presiden adl seorang direktur utk menjalankan perusahaan, apakah bisa dicopot oleh komisarisnya..???
      Semoga pemerintah bisa mengambil peran taktis utk meredam kegelisahan dan ketidakpercayaan masyarakat akan keadilan yg sejati shgga hukum bisa ditegakkan seadil2nya..dan tdk ada yg kebal hukum apalagi dilindungi atas kejahatannya yg justru mengancam persatuan dikalangan rakyat dan bangsa ini.
      Mari kita bahas makar yg sesungguhnya.. Makar adl kata yg berkaitan dgn pengkhianatan thd pemimpin atau pemerintahan yg syah dilakukan oleh seseorang atau sekelompok org utk kepentingan diri ataupun kelompoknya.
      Jika kata itu dituduhkan kpd seseorang atau sekelompok org yg jelas2 berbeda niat dan tuntutannya dgn arti makar itu sendiri tentu sgt menyakitkan bagi mereka.
      Klarifikasi kapolri thd istilah makar sebelumnya yg seakan2 ditujukan kpd peserta aksi damai411 dan 212 adl sgt baik dan cerdas..krn jika tuduhan itu tdk diklarifikasi pastinya akan membuat publik resah dan membuat para peserta aksi merasa di fitnah dan akan semakin marah..jika itu terjadi maka pelaku yg memang berniat makar bisa melebur tanpa sekat didalam gerakan tsb.
      Ingat apa yg saya sebuitkan ttg G30S/PKI.. Siapa yg berhadap2an dan saling menghancurkan.. Dan siapa yg menikmatinya..??
      Jika disuatu aksi ada yg menunggangi lha memang itu sdh bkn hal yg mustahil lagi.. Termasuk provokator dan para pemicu kerusuhan.. Lha wong aksi massa terbuka, piye toh..??? Bukankah mereka2 para pembonceng dan pemicu rusuh sdh terlihat dan terdeteksi..?hehehehe
      Mereka tentunya menginginkan terjadinya chaos utk mewujudkan instabilitas keamanan dan utk para pemicu kerusuhan juga mempunyai tujuan memfitnah gerakan aksi damai tsb sbg aksi barbar dan
      Inskontitusisonal.
      Mereka2 inilah yg sdg dicermati dan akan dieliminasi oleh para ksatria jika mencoba bergerak kembali mengkacaukan keadaan.
      Dan sejauh aksi 411 dan 212 konsisten dgn tuntutan awalnya yg maka pelaku yg ikut membonceng dgn tujuan berbeda tentu akan mudah terlihat dan terpisah dgn sendirinya dari masaa aksi yg murni..
      Isu pemboncengan dgn tujuan makar tdk bisa digeneralisir menjadi bagian dari aksi aksi damai umat islam ini.
      Utk anda2 yg msh nyinyir bin sumir anda pastinya koplak tanpa pake sempak.hehe
      Mari kita lihat tuntutan 411 dan 212 dan silahkan ambil kesimpulan :
      Apakah mau menurunkan presiden.. TIDAK..!!!
      Apakah mau mengganti dasar negara..?TIDAK..!!!
      Apakah mau menjatuhkan pemerintahan.? TIDAK..!!!
      Apakah menuntut persamaan hak didepan hukum adl makar..? TIDAK..!!!
      Apakah aksi ini menghujat agama lain hingga merusak kebhinekaan..?TIDAK..!!!
      Apakah aksi ini ingin memebuat kerusuhan..? TIDAK..!!!
      Trus… Mengapa ada yg menyebut MAKAR..??? Lha wong Kapolri saja sdh mengkalrifikasi peserta aksi damai ini bukan makar toh..
      Kalao ada yg menuntut lain dari tujuan aksi dan memicu rusuh .itulah mereka para pelaku makar sebenarnya..
      Adios# KBBI dan kitab suci berbeda lho ya.. KBBI merp kamus kata dasar yg tdk terkait konteks suatu peristiwa dan dibuat oleh manusia sedangkan Kitab suci diturunkan oleh tuhan dan menjadi pegangan serta rujukan umat sesuai konteks peristiwa yg tdk lekang dimakan zaman dan sgt terkait dgn kehidupan manusia di masa lalu, masa sekarang dan masa yg akan datang….KBBI yo ojo dibuat pegangan kebenaran mutlak..
      Apalagi sampe ikut menyebut kitab kuhap lbh tinggi dari kitab suci.. Lha piye wong pasal2 di kuhap byk pasal karet yg bisa ditarik kesana kemari hehehehe

      • Salam bung BW…
        Alhamdulillah….. Semoga esensi kebenaran dalam menyikapi dinamika kebangsaan NKRI semakin lugas, bernas, jernih dan tegas shg bisa didapat saripatinya sbg pondasi pola pikir ber – Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan bermasyarakat.

        Oiyaaa, bung….. Dapatkah kusimpulkan bhw agenda ikrar nusantara bersatu adalah langkah strategis dan taktis thd ancaman naga dan buaya buntung, menyalakan alarm patriot NKRI, sebelum perang fisik hadir dimari?
        Mencermati apa yg disampaikan Panglima TNI dan Kapolri bhw ada getar dan kesan unt siap sedia dan bersatu padu semua komponen bangsa unt jaga keutuhan NKRI. Hal ini adl sinyal jelas unt musuh negara…. Aku jd tersengat dan ingat tulisan komentar bung PR diatas unt tidak mabuk kecubung dan merasa bhw sikon nusantara adl aman – tenteram……
        Bung BW…. Jikalau njenengan ada paparan nusantara bersatu… Mbok yao berkenan ditularkan buat kami semua dimari…. Hihihi
        #edisi : kuliah kebangsaan NKRI : mode on

        • Bakulo Wajaro on

          Walaikumsalam bung PW.. Hehehehe
          Jika mencermati paparan panglima di acara ilc dan dikampus2 ttg geopolitik dan geostrategi serta masa depan dunia yg memperebutkan wilayah dan pangan serta energi dgn makin meningkatnya jumlah penduduk dunia, tentunya kita juga ingat apaparan bung trahlor ttg geopolitik dan gesstrateginya bukan..?hehehehe
          Jika anda masih bertanya ttg security act dari beberapa negara yg dirembes oleh bung PR maka anda bisa melihat negara mana saja yg ada kepentingan dimari dlm wktu dekat.. Yg standby di selatan..? Atau utara..? Atau dua2nya..hahahaha
          Aksi super damai 411 dan 212 ini sejatinya memperlihatkan pada para musuh negara baik diluar maupun didalam Bahwa Bangsa Indonesia masih militan dan sanggup berjuang samapai titik darah penghabisan membela bangsa dan Negaranya.
          Juga sekaligus memberikan keyakinan pada menhan bahwa program 100juta personil bela negara yg digagasnya utk melindungi tanah air dan tanah tumpah darahnya akan bisa dilaksanakan secepatnya sesuai kebutuhan bangsa…Lha piye jalan ciamis -jkt saja yg memakan waktu 4 hari 4 malam saja demi menyuarakan suara keadilan bagi agamanya saja dijalani.. Apalagi panggilan jihad utk memebela negara dan agamanya..hehehehehe opo ra wedi tuh buaya dan naga buntung ngeliat jutaan bonek dari seluruh indonesia..xixixixixi
          ternyata dna rakyat pejuang surabaya dan bandung lautan api msh kental didarah manusia indonesia terutama ulama dan santrinya.. Semua halangan dan rintangan, utk mempersulit keberangkatan malah semakin menambah tekad dan nyali para peserta…Napak Tilas pasukan Siliwangi mampu digelar para ulama dan santri ..heheheh..luar biasa..
          Btw sinyal yg diberikan oleh aksi ini sgtlah jelas pada para musuh negara bahwa perang proxy dan asimetris di kalangan masyarakat dan program bedah otak thn 80an pada generasi muda Indonesia tdk berpengaruh byk pada militansi dan nasionalisme generasi muda Indonesia..
          Jika memang ada yg berhasil di pengaruhi dgn proxy mereka hanyalah sebagian kecil yg biasa disebut golongan “middle class ngehe” hahahaha… Termasuk para buzzer dan ahoak yg rela menjadi cicak propagandis meracuni dan memanipulasi informasi kpd masyarakat utk sekedar mendapat makan dari tuan besar sembahannya.hahahaha
          Adios# pemaparan ancaman thd negara secara geopolitik dan geostrategi adl sgt berkaitan dgn masalah dalam negeri yg sdg terjadi.. Ibarat menangkap ular maka pintu depan dan pintu belakang pun hrs diantisipasi utk masuknya bantuan dan dukungan dari para binatang buntung….bukankah yg di selatan wes ono 2500 kecoa dan yg diutara lbh banyak lagi..heeee..

          • Hehehe…… Semakin ngerti bhw NKRI adl adalah negeri yg dijaga Allah SWT….. Terbukti sudah DNA Patriot dan Ksatria ada di tiap insan NKRI.
            Yayaya…… Sifat militan dan bonek ala rakyat di era Bandung lautan api dan ala arek suroboyo di perang 10 November adalah nyata dan riil.
            Mobilisasi rakyat nusantara yg cepat, massive serta merata se-nusantara terbukti kuat sbg komponen bela negara hadapi duo buntung di selatan dan utara….
            Mobilisasi aksi 411 dan 212 pun bergema dan tergelar merata tanpa ciutkan nyali unt terus berjuang dapatkan keadilan atas penistaan agama,meski diuji dgn halang rintang.
            Satu nyali…. Satu sikap…. Hancurkan musuh2 NKRI yg ada didalam dan diluar batas wilayah.
            Salam Indonesia nan Jaya!!!

    • Bakulo Wajaro on

      Hehehehe. Bagaimana bung KZ.. Jika pernyataan saya masih mengganjal di anda..
      Mari kita bahas juga pernyataan sampean :
      “Lihat betapa satu definisi bisa diartikan berbeda tergantung persepsi orang dan waktu kapan itu digunakan.
      Tetapi menurut saya alangkah kurang bijaknya jika dengan semudah itu kita menunjuk tangan memberi label kepada seseorang.
      Hehehehe… Jgn2 anda bagian dari komunitas manusia yg selalu bicara hanya tuhan yg bisa menafsirkan..??? Kita bisa menafsirkannya toh…?? Termasuk dgn statement Makar ini..??? Sdh sy jelaskan di atas..hehehehe
      mungkin tidak penting,
      tapi sepertinya disini perlu saya mengatakan bahwa aksi 411 atau 212 bukanlah makar kepada pemerintah yang sah. Untuk Sekedar menyatakan bahwa saya berada di pihak yang mana
      Hehehehehe.. Berada di pihak manapun anda tdk menjadikan dan merubah rasa sakit hati umat yg “seakan2″ dituduh makar hilang…. Apalagi sampai dibayar bukan..?
      Mengapa satetemnt saya yg ini tdk dibahas karena ini sedikit byk bisa menjelaskan mengapa aksi 411 dan 212 bukan makar :
      Klo kita sehat dan waras jelas berbeda antara tuntutan hukum thd penista agama dan tuntutan menurunkan kepemimpinan nasional bukan..?? Orgnya saja beda, jabatan beda, posisi dlm pemerintahan juga berbeda.. Trus kenapa tuntutan terhadap ah*k hrs dipaksa samakan dgn tuntutan menurunkan presiden..?
      Why mr Kz…???
      Adios# bersikap bijak mungkin msh jauh dari karakter kita.. Namun menempatkan dudukpersoalan secara tepat adl keharusan utk menjernihkan masalah..heee

      • Selamat malam bung BW….
        Maaf ya bung, baru bisa buka WEB patga.
        Baik…

        “Hehehehe… Jgn2 anda bagian dari komunitas manusia yg selalu bicara hanya tuhan yg bisa menafsirkan..??? Kita bisa menafsirkannya toh…?? Termasuk dgn statement Makar ini..??? Sdh sy jelaskan di atas..hehehehe”
        Saya jawab: maaf saya bukan termasuk komunitas manusia seperti apa yang bung BW tulis. dan menurut saya, pernytaan sampean diatas kontradiktif dengan pernyataan saya yg sampean kutip, yg ini bung pernyataan saya, ” “Lihat betapa satu definisi bisa diartikan berbeda tergantung persepsi orang dan waktu kapan itu digunakan. ” menurut saya, dengan melihat pernyataan ini, saya termasuk orang yang bicara hanya tuhan yang bisa menafsirkan ?
        Menurut saya kok tidak ya bung.
        ——————————————–
        Kemudian yang ini.
        ” Hehehehehe.. Berada di pihak manapun anda tdk menjadikan dan merubah rasa sakit hati umat yg “seakan2″ dituduh makar hilang…. Apalagi sampai dibayar bukan..? ”
        Saya jawab, Memang Benar. Sedih memang.
        ———————————-
        Lalu yang ini
        ” Mengapa satetemnt saya yg ini tdk dibahas karena ini sedikit byk bisa menjelaskan mengapa aksi 411 dan 212 bukan makar :
        Klo kita sehat dan waras jelas berbeda antara tuntutan hukum thd penista agama dan tuntutan menurunkan kepemimpinan nasional bukan..?? Orgnya saja beda, jabatan beda, posisi dlm pemerintahan juga berbeda.. Trus kenapa tuntutan terhadap ah*k hrs dipaksa samakan dgn tuntutan menurunkan presiden..? ”
        Saya jawab : Pertama tama saya moho maaf, jika ada yang terlewat bung, saya pikir jawaban saya diatas, atas komen bung BW sudah mencakup itu. yang ini bung : “Yep saya setuju dengan apa yang sampean tulis diatas. 100 %.
        Insyaalloh saya paham dengan maksud sampean.”

        Saya jawab : Saya pikir saya tidak sedang mempertanyakan atau mendiskusikan tentang makar, demo yang dituduh makar, apakah mereka betul2 makar, siapa yang makar, tentang kenapa perlakuannya berbeda……
        Bukan, tapi tentang bagaimana kita dengan mudahnya memberi label ke orang lain.

        Mohon maaf, saya pikir kita sama, sekaligus berbeda dalam hal yang lain….
        ( Kalo yang ini pernyataan sepihak dari saya ya bung…. maaf kalo kurang berkenan xixixixixi……)
        Hehehehe…..
        Maaf kalo mbulet dan tidak memuaskan sampean ya bung…..
        Suwun sudah mau berdiskusi dengan saya, Moga moga tidak kapok jika nanti kedepannya saya banyak bertanya lagi….
        Insyaalloh bermanfaat….

        Salaman dulu biar nggak slek….

        • Bakulo Wajaro on

          Hehehehe..
          Mari bahas maksud anda bung KZ..
          Anda mempermasalahkan tulisan sy ini..?anda muter2 sampe salah mengambil kesimpulan..
          Sy jwb singkat2 saja :
          1. syukurlah klo memang anda bukan komunitas manusia yg bicara hanya tuhan yg bisa menafsirkan..
          Kenapa saya menanyakankan itu..?
          Karena anda pada saat yg bersamaan juga menuduh saya begitu mudahnya melabeli seseorang sbg teman mabok..
          Bukankah saya juga berhak menilai seseorang berada diposisi mana berdasarkan komennya..?
          Bukan hanya tuhan yg tahu kan..???
          2. Bukankah komen beliau “secara tdk lsg” juga menyebut bahwa aksi damai umat islam sbg upaya makar..???
          3. Kenapa sy begitu mudahnya melabeli.?
          Karena tuntutan yg jelas berbeda kenapa hrs dipaksakan sbg tujuan aksi.,?
          bukankah tuntutan hukum dan politik berbeda..? Come on..jgn diputer balikan sesuatu yg sdh jelas…
          Kesimpulan 1-3 saya bicara ttg bukan hanya tuhan yg bisa menafsirkan statement seseorang(menilai /menafsirkan orang yg mengucapkan makar).
          Anda :
          “Lihat betapa satu definisi bisa diartikan berbeda tergantung persepsi orang dan waktu kapan itu digunakan. ”
          Jawab : Kalo utk statement anda ini, sy menjawab dan mengutipnya utk “kata makarnya”: kalimatnya..
          Makar memiliki banyak arti bukan..?
          Tapi anda mengkaitkannya dgn people power yg sy sebutkan sebelumnya..
          Baiklah mari cermati..
          1. Saya mengulang hal itu dlm komen agar mereka2 yg msh nyinyir bisa terbuka matanya bahwa aksi damai bukan makar.
          2. Yg sy katakan memakai ilmu koplak adl org yg bukan trah wahid itu.. bukan anda..
          yg saya tanyakan “benarkah..?” adalah apakah “pola berpikir anda” sama dgn org yg mengatakan istilah “makar” itu tergantung persepsi org masing2..?? krn banyaknya definisi ttg arti makar itu sendiri..
          Makanya org boleh menafsirkannya sesukanya ttg makar ini..?
          3. Anda justru utk statement ini mengkaitkannya dgn people power..
          Dasar pertanyaan saya itu adl :
          Bukankah anda mengatakan bahwa jatuhnya presiden suharto thn 98 adl krn makar..??hehehehe..
          Hanya krn salah satu arti kata dasar bakunya adl menjatuhkan pemerintahan yg syah..??
          Realitanya adl :
          Jatuhnya presiden suharto dilalui dgn “mundurnya” beliau sbg presiden dan kemudian menyerahkan tampuk kepemimpinannya kpd wakil presidennya..Lengser keprabon.. Akibat dari tekanan mayoritas rakyat dan mahasiswa akibat dari jatuhnya ekonomi..
          (Terlepas hal itu merp rekayasa para begundal dlm menghancur ekonomi dan politik pada saat itu)
          Artinya… turunnya presiden suharto dari sisi hukum ketatanegaraan bukan Makar. Bukankah begono..??.
          Maka cara2 tekanan massa spt inilah yg saya sebut dgn people power..
          Beda tentunya dgn jatuhnya presiden yg memang dilakukan oleh militer dgn kekuatan bersenjatanya+beserta lawan politiknya.
          Jika tekanan massa rakyat berhasil dilakukan maka ada beberapa kemungkinan jatuhnya presiden sesuai konstitusi:
          1. Presiden mengundurkan diri secara legowo, dlm hal ini menyerahkan tampuk kepemimpinannya kpd wakil presiden, atau
          2. Dimundurkan oleh MPR melalui mekanisme hukum ketatanegaraan yg berlaku di negara kita.
          Sedangkan Makar itu sendiri, terlepas dari berhasil atau tidaknya memp arti penjatuhan kekuasaan seorang Presiden atau pemerintahan yg syah melalui cara2 diluar aturan konstitusi menggunakan kekuatan bersenjata atau yg biasa disebut dgn coup atau kudeta..(Spt mesir dan turki)
          Jadi selama gerakan reformasi 98 dilakukan melalui jalur yg ada di konstitusi, maka tdk layak penjatuhan kepemimpinan saat itu dianggap sbg makar.
          Dan dari komen sy tegaskan beda antara people power dan makar.. dimana perbedaan itu terletak pada caranya dan mekanisme yg dijalani.. Sesuai konstitusi atau tdk..??
          Ini bisa kita lihat juga pada tuduhan makar para tokoh nasionalis yg kmren di tahan..
          Pertanyaannya..jika mereka hendak menyampaikan aspirasi SI MPR kpd MPR artinya mereka melalui jalur resmi konstitusi..jd tdk ada istilah makar disitu..
          Jika tuduhan akan menggerakan aksi 212 ke MPR utk menekan MPR melakukan SI MPR, apakah tujuan aksi 212 sama spt itu..? Tidak sama bukan..?
          Jd apa alasan sesungguhnya..??
          Hanya Tuhan dan org dibelakang penahanan itulah yg tahu…
          Yg mengkhawatirkan Justru penahanan para tokoh ini memperbesar kemungkinan bersatunya kalangan nasionalis dalam gerakan yg membahayakan pemerintah..
          Jika kalangan agamis sdh menyatu dlm tuntutan yg sama menuntut penista agama maka kristalisasi menyatunya para nasionalis mulai terbentuk dgn penahanan ini..
          Jika gelombang 2 massa nasionalis dan agamis akhirnya menyatu dlm ketidakpuasan kpd pemerintah maka timbulnya gerakan people power hanyalah tinggal menunggu waktu..
          Maka bersegeralah pemerintah menahan dan menghukum pelaku penista agama sebelum semuanya berubah menjadi tuntutan ketidakpuasan thd pemerintah.
          Anda :
          Mohon maaf, saya pikir kita sama, sekaligus berbeda dalam hal yang lain….
          Jawab:
          Hehehhe.. Mohon maaf juga memang kita dasarnya berbeda..
          lain org lain kepala..
          lain kepala lain pemikirannya..
          Yg sama mungkin tujuan kita berada disini dan hasil diskusi mungkin juga bisa membuat kita bisa sepaham dan sejalan…hehehe..
          Anda :
          ( Kalo yang ini pernyataan sepihak dari saya ya bung…. maaf kalo kurang berkenan xixixixixi……)
          Hehehehe…..
          Maaf kalo mbulet dan tidak memuaskan sampean ya bung…..
          Suwun sudah mau berdiskusi dengan saya, Moga moga tidak kapok jika nanti kedepannya saya banyak bertanya lagi….
          Insyaalloh bermanfaat….
          Salaman dulu biar nggak slek….
          Jawab :
          (semua pernyataan yg saya tulis, adl hasil pemikiran sy..mungkin msh byk salahnya.. Silahkan dikoreksi dan ditambahkan..
          Mohon maaf juga utk anda jika ada kata yg membuat anda salah paham dan tersinggung..krn selama kita berdiskusi pasti ada poin positif dari anda yg bisa sy serap apalagi dgn mbuletnya diskusi ini.
          Kapok sih gak bung.. tepok jidat lah iya..xixiixixixi..lha wong diajak mikir negara yo mumet..keh..keh..keh..
          Adios# urip ojo boros.. Artinya ngirit dah..xixixiixixi (edisi ngetik bingung ampe gak nyambung..

  44. @ihsan..
    pertanyaan yg sama untuk anda bung..
    jika benar ada yg “menunggangilah, makarlah dll..
    bagaimana @bung ihsan???
    apa yg anda lakukan???
    ( inilah canggihnya Proxy zaman ini )
    suriah oh suriah..
    aleppo oh aleppo..
    mesir oh mesir..
    turki hampir turki..
    irak oh irak..
    afghanistan ohh..
    sesama islampun di “Proxy”
    apalagi beda agama..
    lahan “bisnis” yg menggiurkan bagi “BEDEBAH”!
    siapa yg benar siapa yg salah..?
    siapa yg tahu…
    closed…

    • yang utama sumbernya di selesaikan dahulu (penahanan), jika memang untuk pencegahan terjadinya peluang ditunggangi makar. dan harap diketahui jika tujuannya adlah suci dan anti makar. kalo memang ada indikasi makar yaa nggak perlu gembar-gembor media bahkan menghalangi, cukup buka komunikasi dan bisa dicek/diperiksa sendiri lebih dalam, toh sama2 anak bangsa. (?????? ada apa dengan sistematika lembaga negara, mengapa kok anti bahkan kontra dengan Ketuhanan Yang Maha Esa??????)
      karena jika tuduhan makar tidak terbukti bisa2 itu sumber fitnah baru.
      kalo memang penguasa tidak mendengarkan, dibiarkan bahkan dilindungi maka tidak menutup kemungkinan sudah diluar konstitusi bahkan arah pemakzulan akan terbuka.

    • Anda darimana ya dapatnya isyu makar ini? Panglima TNI, Menhan, menko polkan, dan yang terakhir kapolri membantah adanya makar ini padahal mereka mempunyai intelejen dan sumber daya untuk informasi ini.

      Titik masalahnya adalah kasus penistaan agama. Pastinya tersangka yg mrpkan mesin atm dan pendukungnya spt 9 naga dengan kekuatan uang nya bisa melakukan pembelaan dan adu domba.

  45. @bung 8 dewa mabok, kalaulah memang peristiwa ini bagian proxy para “bedebah”, bukankah lebih baik demo 411 dan khususnya 212 itu harus dicegah karena terindikasi ditunggangi bung?dan menurut pengetahuan saya yg cm sampai sini, satu2nya cara paling efektif ya “amankan” dulu si “penista” agama itu untuk meredam demo-demo yg ditunggangi dan mungkin makar. Coba, jika dari awal segera ditangani dg apik, sy yakin tdk muncul istilah makar maupun ditunggangi…bgtu bukan bung?

  46. Bung dewa mabuk,jika hukum bertindak cepat ,maka tidak akan ada kata menunggangi,makar, dll.kecurigaan itu tdk perlu,kecuali mereka bawa senjata,jadi jgn melontarkan fitnah yg keji kpd rakyat,jika blm bisa menenangkan situasi jgn menambah buruk situasi.jika hukum tdk adil dan mengistimewakan seseorang tentunya kita sebagai warga negara yg taat hukum merasa terdiskriminasi oleh sikap pemerintah dan ada aksi demo untuk menuntut keadilan hal itu wajar bagi kita.dan hal itu dilindungi oleh undang2.jika rakyat yg perduli dan menuntut keadilan bagi si penista agama kok dianggap makar? makarnya itu dimana?zaman penjajahan belanda saja hal ini juga terjadi ketika ada pelecehan terhadap nabi,penjajah belanda tidak pernah menyikapinya sebagai sebuahpemberontakan.penjajah belanda menyikapinya dgn tegas terhadap pelaku.lha mosok yo kalah karo penjajah.iki piye?

  47. Apakah isu makar ini berhubungan dgn berita sri bintang pamungkas?? Menggalang dukungan utk MPR mencabut mandat presiden jokowi.
    Demikian di berita online

  48. 4negara sdh melakukan QRF Alert jika bsk diindikasikan Rusuh sesuai skenario yg mrk buat.
    byk nya “Blip dan Blink” yg naik s/d 20% dr biasanya,mulai bermunculan nya “whale Horn” disekitar AlKI membuat para Ksatria jg bintang akan begadang seharian..hehehe!

    #ngupi santai dlu Jendral..

    • Lho…..bocor lg dari bung PR…. Hihihi
      Apabila telah mjd takdir Allah SWT bhw rakyat nusantara harus angkat senjata jaga keutuhan NKRI, Bismillah…. Aku siap merapat di barisan laskar dgn niat jaga kedaulatan NKRI krn Allah SWT.

    • whale horn…itu sejenis kapal selam sebesar ikan paus yg bertanduk alias kuat superior ya kang PR? kasel kelas LA yg sudah 2 kali di tenggelamin di mari itu?

      pengin denger sekali lagi ada kejadian serupa kasel ini sekalipun dia seumbar kalo kaselnya udah upgrade ttg kesilumannya. 4 negara …boleh tebak ya,…aussie, brits, cina, USA kah?

      nyang belum pernah jadi rumpon kayaknya yg dari brits….

  49. Bakulo Wajaro on

    Heheheheheh… Bledosss kompore….rembesss banyune..
    Wes ta meneng ae dipojokan nguping dari bung PR..sambil ngoplos kupi karo susu ..xixixixixi…ojo karo pabrike saruuu..wkwkwkwk
    Adios# makin kritis ibu pertiwi.. Para pemerkosa dan begundal dah siap nyantroni..

    • Kang BW……
      Jika para pemerkosa dan begundal itu telah mematik api……. Tolong kami dikabarin negara2 mana aja agar mjd ingatan buat kami yg saat ini udah kondisi QRF alert di tapal batas wilayah NKRI
      #edisi siap kepruk

  50. Dalam perlakuan hukum dugaan bersalah itu ada fasenya….

    Mulai dari terduga,, terlapor,, terperiksa,, tersangka,, terdakwa,, terpidana….
    Yang terakhir itu ketika terbukti dalam persidangan pengadilan dan dikuatkan dalam sebuah keputusan hakim pengadilan (Inkrah). Semua dikemas dalam aturan hukum dan undang2.
    Ketika pasal undang2 dengan persyaratannya mengatakan jika seorang yang berstatus tersangka dalam sebuah kasus dengan ancaman hukuman 5th atau lebih maka wajib dilakukan penahanan demi hukum…..

    ## Pertanyaanya apakah pelanggaran pasal 156a KUHP ancamannya 5th ?? Kalau tdk, berarti tidak ada keharusan penyidik untuk menahan….
    Tapi kalau iya tidak ada alasan bagi penyidik untuk tidak menahan……

    • Heheheheh… Mungkin pernyataannya perlu ditambahkan bung Evers..
      Sesuai pertimbangan penyidik tersangka bisa diitahan jika berpotensi :
      1. Menghilangkan Barang bukti
      2. Melarikan diri
      3. Mengulangi Perbuatannya.
      Yg jelas point ke 3 sdh dilakukan kembali dgn memfitnah/menuduh bahwa massa aksi 411 dibayar 500.000/ peserta.. Hal ini jelas meresahkan dan kembali menistakan umat yg menuntutnya dlm proses hukum..
      Adios# hukum berdasarkan keadilan dan berlambang timbangan..jika timbangan sdh jomplang dan tdk mampu seimbang.. Maka jgn heran jika hukum akan mencari jalan kebenarannya sendiri..
      Semoga yg berkepentingan dan berwenang di bidang ini mau menyadarinya..

      • Update terbaru,, khabarnya 10 org tokoh di tangkap hari ini : Kivlan zein,, Rachmawati SP,, Sri bintang pamungkas dll….

        Khabarnya tokoh tokoh ini yg berinisiatif setelah jumat menduduki gedung DPR/MPR guna mendesak di kembalikannya UUD45, asli tanpa amandemen…

        mohon di luruskan patga semua,,, siapa tahu ini berita hoax…

        • Bakulo Wajaro on

          Hehehehehe.. Ini yg kita khawatirkan.. Satu masalah tuntutan yg keadilan blm selesai bahkan dibuat berlarut dan bias masalahnya.. Justru pada waktu yg bersamaan masalah politik malah diperbesar oleh pemerintah sendiri..
          Sesungguhnya bergabungnya kelompok agamis dan nasionalis dalam tuntutan yg sama hrs dihindari oleh pemerintah.. Karena ini berpotensi menjadi gerakan yg tdk akan terbendung oleh siapapun..
          Belajarlah dari peristiwa jatuhnya kepemimpinan presiden sukarno thn 65.. Apakah gerakan ini akan terulang lagi dgn musuh yg sama hanya beda jaman saja..?? Kekcewaan umat islam thd kebijakan presiden dalam menangani kasus ah*k ditambah dgn isu komunis yg semakin mencengkram kedaulatan negara serta kekecewaan masyarakat atas kebijakan ekonomi politik dan hukum yg menjadi satu ditambah ketidakpercayaan pada aparat penegak hukum akan menjadi Bola salju yg mengerikan bagi pemerintah..
          Yah.. Kita semua sdh berusaha mencegah agar tuntutan umat islam tetap fokus pada kasus hukuman penista agama.. Namun jika pemerintah dan aparat polri melakukan tindakan2 yg justru memancing bersatunya isu ipoleksosbudhankam maka tingkat kepercayaan rakyat thd pemerintah akan mendekati titk nadir.
          Adios# jika upaya terbaik utk menjaga bangsa ini telah kita lakukan secara maksimal maka saat ini biarlah Allah yg menetapkan takdir dan kehendaknya atas negeri ini..
          Semoga Allah SWT selalu melindungi bangsa dan rakyat Indonesia

          • Hehehe…Pak dosen ben ora tegang sy kasih lirik lagu…Enak dinyanyikan sambil ngopi…salam bung@BW…hehehe
            *******
            PANGGUNG SANDIWARA
            Artist : Achmad Albar

            Dunia ini panggung sandiwara
            Cerita yang mudah berubah
            Kisah Mahabarata atau tragedi dari Yunani
            Setiap kita dapat satu peranan
            Yang harus kita mainkan
            Ada peran wajar ada peran berpura pura

            Mengapa kita bersandiwara
            Mengapa kita bersandiwara

            Peran yang kocak bikin kita terbahak bahak
            Peran bercinta bikin orang mabuk kepayang
            Dunia ini penuh peranan
            Dunia ini bagaikan jembatan kehidupan

            Mengapa kita bersandiwara
            Mengapa kita bersandiwara

            Dunia ini penuh peranan
            Dunia ini bagaikan jembatan kehidupan

            Mengapa kita bersandiwara
            http://musiklib.org/achmad_albar-panggung_sandiwara-lirik_lagu.htm

          • ato jangan2 penangkapan ini merupakan ancaman pemerintah terhadap yang sesungguhnya berniat makar?

            oot barangkali, ada teman yang “anggota” nyata2 mengakui adanya kecurangan pada 2014 kmrn.
            jangan2 ini ada hubungannya??

          • Bakulo Wajaro on

            Hehehehehe… Kang Mardi bisa aja ngorek kawannya..xixixixi..
            Pada saat pilpres bukankah ada perintah utk setiap jajaran TNI utk merekan data hasil pilpres di tiap TPS..??hehehehe siapa yg pegang total akumulasi datanya..?wakwaauuu
            @bung Preman.. Walaikumsalam bung..hehehehe..mari menikmati alunan lagu ditengah kuyupnya baju koko..hehehehe asal jgn lagu bongkar nya iwan fals aja ya bu.. Bikin tambah dingin menggigil..xixixixixi..
            Adios#semoga keadaan saat ini tdk menjadi blunder bagi pemerintah.. Menyiram kompor minyak yg menyala dgn air yg bisa melebarkan api kemana2..

  51. Ngebahas penista agama jd inget kasus thn 90an. Ars**ndo yg jg “kepleset” menempatkan nabi diurutan sekian dr org2 populer……berakhir di jeruji besi. Apkh kali ini jg dmkn?????????????

    • kok saya malah yakin klo “dia” akan di vonis bebas/tidak bersalah atau sejenisnya..
      kalau pun misal divonis bersalah trus ngajuin banding dll…apakah akan di tahan?

    • Sekarang BERBEDA,………
      1.BrigJen Adityawarman
      2.MayJen Kivlan Zein
      3.Rahmawati Soekarno Putri
      4.Ratna Serumpaet
      5.Sri Bintang Pamungkas
      dan masih ada 5 orang lainya,….
      DITANGKAP di rumahnya pagi ini 2-12, Jadi mengajak KEMBALI ke UUD45 dan PANCASILA.
      ngellliiiii,…NEXT,…..massacre????,……ngellliiiiiiiii,……….

      • ada lagi, rizal ramli, Rizal koba, dan Ahmad Dani. bener2 penguasa bikin qzruh. indikator udah jelas. penguasa inkonstitusi.

      • yg nyata2 menyatakan pengen merdeka gimana?
        dzalim sekali pemerintahan sekarang…semoga Allah membalas mereka semua.

      • kalo hanya mengajak kembali ke UUD 1945 dan Pancasila jelas tdk mungkin ditangkap dg tuduhan makar, bung. kemungkinan ada yg lebih di luar itu.

  52. ngeri banget bocoran dri bung PR…smoga pra kesatria sll d bri kemudah,kesehatan n keselamatan dlm menjaga keutuhan NKRI n smoga tdk terjadi perang d negeri ini amiiiin..

  53. Subhanallah,Alhamdulillah,Allahu akbar,la hawla wala quwata illah billah.
    Sejarah PERTAMA KALI DIDUNIA Sholat Jum’at di laksanakan oleh 4 jt Umat muslim,dan Mendoakan KESELAMATAN BANGSA,Melebihi sholat di Masjidil haram.
    “HIKMAH dibalik MASALAH/PERISTIWA”
    PERINGATAN besar dr SANG PEMILIK ALAM.
    **********************
    DOA TIDAK TERTOLAK pada 2 waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan KETIKA HUJAN TURUN” (HR Al Hakim, 2534, dishahihkan Al Albani di Shahih Al Jami’, 3078)
    >>>
    Hendaklah kamu WASPADA terhadap DOA ORANG DIZHALIMI. Sesungguhnya doa itu akan naik ke langit amat pantas seumpama api marak ke udara.” (Hadis riwayat Hakim – sanad sahih)
    >>>
    “Dan sesungguhnya ORANG-ORANG YG MEMBELA DIRI SESUDAH TERANIAYA, tidak ada suatu dosa pun atas mereka.” (QS. Al-Syuura: 41)
    >>>
    TIDAK ADA YG MENOLAK TAKDIR (ketentuan Allah) KECUALI DOA dan tidak ada yang dapat menambah umur kecuali berbuat kebaikkan.” (HR Tirmidzi dalam kitab sunannya)
    >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>”AMIN”<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<

  54. m.republika.co.id/berita/ekonomi/makro/16/12/02/ohjuei382-tenaga-kerja-asing-asal-cina-serbu-pabrik-garmen-di-sukabumi

    Hayo sudah banyak buruh China di Indonesia, bukan turis loh.

    • sayangnya saya sangat percaya itu bung defcon. pembangunan pabrik semen di manokwari papua barat, bbrp kali saya lewat lokasinya, seingat saya org indonesia cm d bag.security/satpam.

  55. Sepertinya memang sudah panas bung…disini ( Pacitan ) sudah Hampir 3 hari TNI latihan perang trus di hutan Sobo…

    • Klu yg saya denger bru diperiksa bung@molimo….hehehe,coba bung colek bung@PR mumpung udh turun prosentase berp perseny…xixixi

  56. Tujuan PERBUATAN yg dilandasi/didasari POLITIK ..Bisa melahirkan “MAKAR”
    Tujuan PERBUATAN yg dilandasi/didasari KEKECEWAAN ..Bisa melahirkan “PEOPLE POWER(Kekuatan rakyat)”
    *********
    Semua yg DILAHIRKAN sebab dr PERBUATAN:
    -POLITIK dilahirkan tujuannya adalah KEKUASAAN
    -KEKECEWAAN dilahirkan tujuannya adalah KEADILAN
    *********
    Keduanya keluar dr” KEINGINAN “untuk mencapai TUJUAN…Sedangkan KEINGINAN adalah Bagian dr NAFSU manusia…Apabila SALAH MENEMPATKAN akan jadi BENCANA.
    >>
    “Dan Aku tidak membebaskan diriku (dari kesalahan), Karena Sesungguhnya NAFSU itu selalu menyuruh KEPADA KEJAHATAN,KECUALI NAFSU YG DIBERI RAHMAT oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha penyanyang.” (Qs. Yusuf 53)
    *********
    -KEKUASAAN adalah AMANAH yg besar konsekuwensinya.
    >>
    “Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan MEREKA KHAWATIR akan MENGHIANATINYA dan dipikullah AMANAT itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh” (QS. Al Ahzab: 72)
    >>
    -KEADILAN adalah AMANAH yg WAJIB untuk ditegakkan.
    >>
    “Dan Allah membuat (pula) perumpamaan: dua orang lelaki yang seorang bisu, tidak dapat berbuat sesuatu pun dan dia MENJADI BEBAN atas penanggungnya, ke mana saja dia disuruh oleh penanggungnya itu, dia tidak dapat mendatangkan suatu kebajikan pun. SAMAKAH ORANG ITU dengan ORANG YG MENYURUH berbuat KEADILAN, dan dia berada pula di atas jalan yang lurus?”(An Nahl 16:76)
    >>
    “Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) BERLAKU ADIL dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah MELARANG dari perbuatan keji,Kemungkaran dan PERMUSUHAN, Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat MENGAMBIL PELAJARAN”.(An Nahl 16:76)
    ********
    KESIMPULANNYA:
    -Apabila “KEKUASAAN” –Menguasai–> “KEADILAN” Bisa melahirkan KESEWENANG-WENANGAN dan KEZHOLIMAN.
    -Apabila “KEADILAN”—Menguasai—>”KEKUASAAN” Bisa melahirkan KETENTRAMAN dan PERSATUAN.
    >>
    Jangan biarkan DOA dari YG TERANIAYA sehingga KEADILAN itu turun DARI sang pemilik keadilan berupa AZAB..Karena KEADILAN Darinya akan jadi PENYESALAN BAGI SEMUANYA.
    Dan gambaran itu telah diberikan kepada Nabi NUH,Ketika KEADILAN itu diturunkan lewat BENCANA banjir,Maka SANG ANAK Nabipun telah menjadi KORBANnya.
    “Dan Nuh berseru kepada Tuhannya sambil berkata: “Ya Tuhanku, sesungguhnya anakku termasuk keluargaku, dan sesungguhnya janji Engkau itulah yang benar. Dan Engkau adalah HAKIM YG SEADIL-ADILNYA”. (QS.Huud 11: 45)
    *********
    NB:”PEMIMPIN adalah ANAK dari RAKYAT”.
    Janganlah hingga terjadi KUTUKAN Ibu keluar dr Ucapannya..Karena TIDAK AKAN ADA PENGHALANG doa IBU Kepada TUHANnya.
    >>>>>>>>>>>>>>>”O”<<<<<<<<<<<<<<<>
    “Seandainya tidak ada dari umat-umat yang sebelum kalian orang-orang yang memiliki keutamaan(para ulama) yang melarang (umat)DARI PERBUATAN KERUSAKAN di bumi, kecuali sebagian kecil saja yang kami selamatkan dari mereka, adapun orang-orang yang zalim maka mereka mengikuti segala kemewahan dan mereka adalah orang-orang yang berdosa. Dan SESUNGGUHNYA RABMU TIDAK AKAN MEMBINASAKAN SUATU NEGRI selama penduduknya SENANTIASA MEMPERBAIKI.”(QS. Huud: 116-117)

  57. Utk mencegah kembali antek2 asing berkuasa di indonesia maka sdh tepat dilakukannya gerakan kembali ke UUD 1945. Untuk kembali ke UUD 1945 bisa dilakukan dgn cara referendum seperti yg ada di UUD.

  58. Kami moeslim tidak ada masalah dengan kebhinekaan, karna kami salah satu dari bhineka dan yang memperjuangkan kebhinekaan, kami moeslim tidak ada masalah dengan persaudaràan, anda lihat demo kami lancar aman dan tak ada saling berselisih dengan agama lain, kami moeslim tidak akan pernah makar karna dalam alquran tidak mengenal arti makar buat kami, kami moeslim hanya menuntut tegakkan keadilan bagi si penista agama yang sudah jelas melanggar hukum, karna ketika anda salah di jalan saja anda akan di tilang dan mendapatkan hukuman sesuai dengan hukum yang berlaku. Itu yang kami perjuangkan.

  59. insya allah pak Kivlan dan jend lain tdk ditahan,beliau insya allah hanya diminta keterangan mengenai isu makar. jika menyuarakan Nasionalisme dan Keutuhan NKRI dimana ada Pejabat yg tersinggung kupingnya maka sy,bung BW,Bung NS ato pak Cheppy jg msk Bui dong..xixixi

    episode kmrn blm anti klimak,kmrn adalah satu dari puluhan skenario Allah SWT. sebanyak apa pun Prajurit yg kau Klaim Setia! mrk tdk akan mau Menantang Malaikat Israil dtg bersama sakaratul Maut.. bener ga?

    #katanya stealth Sub kok di udak Cakra sma Nanggal lsg Full speed head 0°degree.. ngintip sih!

    • @Bung PR, “Prajurit yg kau Klaim Setia! mrk tdk akan mau Menantang Malaikat Israil dtg bersama sakaratul Maut.. bener ga?” ……..intine Bersama Ratyat TNI Kuat…

    • Hehehe….bgaimna g ngacir bung@PR,lha wong yg ngudak anak buah nyi roro kidul,,,hayo cakra nanggala yg dri ras mna bung@PR…ampe stealth sub aj langsung ngacir…
      #kabur ah…

    • @bung PR,kalo nahan pak kivlan, sama halnya pembenaran isu PKI selama ini bung ya ga…wong beliau nyampaikan info koq ditangkap…yo wes patga bisa ditutup nih efek UU ITE…hehehe…kalo ditutup suruh pak dosen ja jihad konstitusi….xixixi…

    • Bersama rakyat, TNI dan Polri dan segenap penjaga Nusantara akan kuat!

      Btw, terima kasih kabar baiknya bung PR. Semoga pak KZ hanya dimintai keterangan. Semoga ini bagian dari kecerdikan Polri untuk menjaring antek ular sesungguhnya. Aamiin.

  60. Matur suwun wejangane bung pr…bung beny rembesane pun medal.malah dpat bonus serial ks.yg ngibrit kasel siapa bung pr.wah bing pr bocor nih bgian y bung bw diduluin.

    • Hehehe….kita patut bersyukur bung@molimo para ksatria ibu pertiwi sllu siap berkorban wlu nyawa taruhany….coba bung@molimo gelitikin lgi mungkin akn dibabar lengkp am bung@PR…ane tak nungguin dipojokan sambil ngopi bung….hehehe

  61. #edisi : ngupi dan nikmati mendoan di jogja sejuk semilir mendung

    …ngunyah lembut rembesan bung PR atas manuver asing yg ngacir dikejar siluman nogo laut selatan….. Hihihi

  62. Mempertahankan satu orang penista. Banyak tokoh partai saling sikut , umat yg tersakiti hanya minta keadilan . Banyak energi yg sia sia . Yang jadi pertayaan apa hebatnya / istimewanya bcp hingga jkw sampai bikin isu baru korbankan banyak orang .

  63. saya pribadi kurang yakin tuduhan polisi terutama kpd pak kevlan zain dg tuduhan makar. saya berharap itu bukan balas dendam pd sikap beliau thdp polemik G30S/PKI

  64. Penangkapan para aktivis yg sebagian sdh berusia di atas 70an di pagi buta layaknya penculikkan oleh PKI. Jika dikatakan pendudukkan gedung DPR yg mrpkan gedung rakyat krn gedung tsb punya rakyat dan utk perwakilan rakyat dikatakan makar maka tuduhan ini sangat dipaksakan. Bila para aktivis tsb cuma duduk2 saja disana yg biasa dilakukan jg para aktivis pemerintah lainya dianggap makar menurut saya terlalu berlebihan. Sudah bukan jamannya lagi tindakan represif dan otoriter di jaman serba maju dan transparan ini shg tindakan ini hanya mencoreng penguasa skg di mata rakyat. Para aktivis tsb tdk mpy kemampuan utk makar selain sdh tua dan tdk mpy jabatan penting di pemerintahan. Mereka hanya lah pembawa hati nurani rakyat yg mengalami penindasan dan ketidakadilan selama ini. Seharusnya doa dan sholat jumat bersama 212 berakhir happy ending namun krn adanya isyu makar dan penangkapan para aktivis ini maka tekanan pd penguasa sekarang msh berlanjut. Point utama dan masalah krusial adalah penegakkan hukum atas penistaan agama bila hal ini tdk diselesaikan cepat maka akan selalu mjd beban apalagi bila sampai bebas. Masalah ini jg akan mjd beban di pilkada thn depan dimn umat islam yg mayoritas di indonesia akan memilih pejabat daerah yg bukan berasal dari partai pendukung penista agama.

  65. Salam bung PR….
    Bung…. Kasih sharing dong 4negara yg siap unt QRF alert dimari dgn deploy apa aja ya di tapal batas NKRI? Apa mrk cuman pakai lontong stealth ajakah? Atau pakai proyeksi sekelas lpd/lhd termasuk pengawalnya? Atau heavy lifter juga ikutan putar2?
    #edisi tebakan buah manggis :
    1. Buaya buntung
    2. Naga buntung
    3. Ozie kangguru
    4. Upil & ipin atau malah boss gang fpda

  66. ane pengen ada pejabat pemerintah ato pimpinan/personel tni ato pimpinan/personel polri yg muslim bilang gini:

    -kami sebage warga negara/tni/polri indonesia, pancasila dan uud 45 wajib kita patuhi secara pedoman n peraturan perundang undangan untuk mengatur hak n kewajiban warga indonesia ada disitu..selama kagak bertentangan dgn peraturan n hukum Allah SWT..
    -tapi hanya Al quran n ketentuan hukum Allah lah yg kami imani, di alam kubur kita kagak ditanya soal hafalan pancasila n uud 45 ato korps ato sapta marga..
    -maka apabila agama kami, keyakinan kami, islam kami dinista diinjak dihina, kami siap membela bersama rakyat walo kami harus kehilangan pekerjaan jabatan pangkat ato bahkan nyawa kami..
    -Alquran adalah sumber hukum, sumber keadilan, sumber kebhinekaan yg hakiki secara merupakan firman Allah..jauh lebih hebat dari hukum peraturan perundangan yg dibuat manusia..
    -Al quran ntu lebih demokrasi n lebih bnineka tunggal ika dari apapun, membelanya sama juga dgn membela demokrasi n menyatukan manusia apapun warnanya..

    (tapi sayang kagak ada yak, kalopun ada dia masih malu malu n takut kehilangan)

  67. Takut khilangan jabatan y bung lare sarkem..para cecunguk tu pasti brpikir 2x untuk membuat onar dinegri ini.masalah penistaan aj da bsa menggerakan 7 juta umat muslim n mereka tertib dlam orasi sperti hal y sebuah pasukan militan yg tunduk dlam 1 komando.survei hitungan jamaah haji dmekkah 2016 aj ga sampai 2jt.

    • betol, tp kagak cuman jabatan..bisa luas efek n akibatnya, ntu yg ditakutin..

      kalo ente masuk dalam suatu kelompok yg kokoh n solid, jika ente berbeda ato bertentangan dgn aturan ntu maka konsekuensi yg berat menunggu ente didepan..

      sebenere ntu dah jamak lumrah sih didalam suatu kelompok, grup, komunitas maupun intansi..

      yg ane maksud adalah seseorang yg memilih berbeda ato memilih berseberangan dgn kelompok komunitas grup instansi yg dia didalamnya..

      contoh nyata tp posisinya salah:
      – oknum tni yg membelot ikut pemberontak..
      – oknum tni n polri jadi rampok..
      – oknum santri yg keblinger ikut teroris..n masih banyak lagi..

      ane maunya ada personel tni/polri yg gitu tp dalam rangka membela agama islam demi nkri..belon ada kan..

      tp kalo yg dah jadi sipil sih lumayan banyak..

      • waduh bung, bisa2 di cap tentara hijau nantinya, dikotak2, dan segera di tendang jauh.
        sebenarnya pemecah belah seperti ini merupakan konsep para proxy yang anti islam. karena jika islam dan negara bersatu, itu mencadi ancaman bagi mereka.

        • mangkanya ane bilang dgn kata “konsekuensi yg berat menunggu didepan”..

          dari dulu ane komen diberbagai forum, ane selalu netral..biar ada kebijakan yg dihujat masyarakat ane tetap dukung pemerintah..secara kebijakan pemerintah buat kemaslahatan rakyat indonesia walo ane juga kadang kagak suka..

          aksi bela islam 1 n 2 ane masih diam walo banyak orang menuduh miring, tp setelah abi 3 ini ane memutuskan untuk memihak..
          ane udah kagak tahan dgn ejekan n fitnahan orang2..atasan ane, temen sejawat ane semua ngejek aksi bela islam, n ujung2nya ngejek n ngeremehin ulama..n ntu dilakukan hampir semua orang yg kagak setuju dgn aksi bela islam..
          menuduh ada muatan politik n sebagenya, nyatanya yg dilakukan mereka malah terang2an dgn memakai baju n bendera partai tp kagak ada komentar dari orang yg nentang ABI..
          ane sempat adu urat leher dgn sejawat, saling ngotot n teriak walo akhirnya berdamai..
          ane kecewa dgn stetmen dari beberapa petinggi yg seakan aksi ini adalah aksi intoleransi makar n sebagenya, makanya ane nulis kek diatas..
          soal proxy, sebenere ane dah muak baca n denger kata ini..
          proxy udah dilakukan orang sejak jaman batu, semenjak orang melakukan kerjasama menjatuhkan n ato mengangkat orang..ntah ntu dalam kebaikan atopun keburukan..bukan hal baru..
          goblok n bodoh kalo ada yg kagak berproxy, proxy adalah strategi..berproxylah dalam kebaikan agar negeri ini maju n sejahtera..
          dgn ntu ane katakan, saatnya memihak buat diri ane..

          oke makasih diskusinya, mungkin ini post terakhir dari ane, secara ane dah kagak netral lagi..

          walopun ane jarang sholat, ane akan selalu membela islam n mati sebage muslim..
          ane cinta islam ane, indonesia ane, negara ane, kebhineka tunggal ika ane, temen ane, masyarakat ane..semuanya..

          saatnya memihak islam untuk nkri..
          wasallam..

          • Salam hangat ndan kem,Jgan berhenti dong ndan kem,,,saya masih pengin mendengar petuah ndan kem,,,wlu ndan kem udh g netral tpi jgan berhenti exsis y di patga….hormat grak….

          • Masya allah…SEMOGA RIDHO Allah selalu menyertai dan tetap istiqomah sampai Hembusan Nafas terakhir..Amin.
            Salam Bung@Sarkem
            ****
            “Sesungguhnya setiap amalan TERGANTUNG PADA AKHIRNYA.” (HR. Bukhari)
            ****
            “Sesungguhnya setiap kamu dihimpunkan kejadiannya di perut ibunya sebagai setetes mani selama 40 hari, lalu berubah menjadi segumpal darah selama 40 hari, kemudian menjadi segumpal daging selama 40 hari. Kemudian diutus kepadanya seorang malaikat lalu ditiupkan kepadanya ruh dan diperintahkan untuk mencatat 4 perkara: mencatat rezekinya, ajalnya, amalnya, dan celaka atau bahagia. Demi Allah yang tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Dia, sesungguhnya di antara kamu ada orang yang melakukan perbuatan ahli surga sehingga jarak antara dirinya dengan surga hanya tinggal sehasta, akan tetapi catatan mendahuluinya, akhirnya dia melakukan perbuatan ahli neraka, ia pun masuk ke neraka. Sesungguhnya di antara kamu ada orang yang melakukan perbuatan ahli neraka sehingga jarak antara dirinya dengan neraka hanya tinggal sehasta, akan tetapi catatan mendahuluinya,AKHIRNYA DIA MELAKUKAN PERBUATAN AHLI SURGA, ia pun masuk ke surga” (HR. Bukhari dan Muslim).

  68. Qrf berbalut deployment di eropa..

    KS apa ya? hmmm.. ga wani lah wong isih di tempel kok.. sesuai arahan RR nambah maning jeng lontong e sepuluh karo sate ne 100. wis ah!!

    #mau makar itu minimal 10kompi SF baru joss! lah klo cuma 10 wong tuo kui jenenge wejangan wong tuo sing. wis mangkel.

    • wkwkwkwkwk….bung PR bisa aja…nggak mau di kasih nasihat ama opa & oma …maunya di jewwr biar ngerti…..wkwkwkwkk…

    • Hehehehehe….
      Wong tuo iku mesti wis sepuh.. Nesune karo wejangane neng medsos ra kerungu banter..ra akeh pemirsane. lha piye saiki mesti kerungu wong akeh sak negoro..lha wong mbah gugel ae wis paham jere bapake..xixixixixi…
      Adios#Yen sing nom ora manut karo wejangane sing tuo mesti kualate yo mbah..oopo meneh sing arane cebong kamplengi sisan mbah.. Lanjutke mbah..

  69. Yah seperti jendral hijau yang satu itu
    Terlalu memihak ke islam karir lewat bung…
    Bngsa kt masih bnyk org2 yng haus kekuasan ,sehingga dia lp bahwa bngsa inilah yng membuat mereka hidup enak bukan asing / aseng.terlalu murah menggadaikan negara dngn sdkit kenikmatan yg tidak sberap
    Skli lgi umat islam menunjukan kesetiannya ke pada nkri dan siap berjihad melawan asing aseng dan penghianat bngsa

  70. ehm ehm .. di warung sebelah sudah muncul lagi KRI Pati Unus lagi berlayar …
    apa sudah tidak di rawat inap lagi ya?
    monggo bung PR dan bung BW ditunggu rembesannya …

    • makin kental saja aroma “china” sekarang ini..
      baca dimana gitu, bus zhongthong (klo ndak salah) di datangkan lagi..

  71. semoga memang hanya kebetulan,bukan karena operasi bawah laut
    https://news.detik.com/berita/d-3366897/bmkg-gempa-aceh-california-dan-kepulauan-solomon-tak-berkaitan?_ga=1.150666806.1851303012.1480372625

    Sejak dini hari tadi, dua guncangan gempa bumi terjadi di lepas pantai California Utara, Amerika Serikat dan Kepulauan Solomon, Pasifik. Apakah dua kejadian itu juga berkaitan dengan gempa bumi yang terjadi di Aceh, pada Rabu kemarin.

    Tercatat gempa berkekuatan 6,5 Skala Richter (SR) terjadi di lepas pantai California Utara, Amerika Serikat(AS), sekitar pukul 06.49 waktu setempat. Tepatnya gempa itu berpusat kira-kira 157 kilometer di Lautan Pasifik, barat Ferndale, California, dengan episentrum gempa terletak pada kedalaman 6,2 mil atau 10 kilometer.

    Selang beberapa jam kemudian, gempa bumi berkekuatan 7,8 SR mengguncang Kepulauan Solomon, Pasifik, dengan episentrum gempa berada di 68,2 kilometer dari pulau Kirakira, pada kedalaman 48 kilometer. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (Pacific Tsunami Warning Center) bahkan sempat memprediksi terjadinya gelombang tsunami dalam tiga jam kedepan.

    “Saya masih yakin event-event (gempa bumi) ini terjadi secara kebetulan dan bersamaan, kami belum memiliki dasar ilmiah yang kuat kalau event-event ini saling berkaitan satu sama lainnya. Namun yang pasti masing-masing daerah tersebut memang berada di zona rawan terjadinya gempa bumi,” jelas Daryono dalam pesan singkat yang diterima detikcom, Jumat(9/12/2016).

Leave A Reply