Pelajaran penting dari perilaku diktator Slobodan Milosevic

364

 

Pelajaran penting dari perilaku diktator Slobodan Milosevic

 

Milosevic

Dia adalah pemicu bubarnya Yugoslavia yang akhirnya mati “bunuh diri” di tahanan HAM PBB.

Selain itu dia dikenal juga sebagai PERUSAK DEMOKRASI, PEMICU PERANG SAUDARA, PEMBANTAI RAKYATNYA (KHUSUSNYA TERHADAP KAUM MUSLIM), PELANGGAR HAM, MASTERMIND PARA JENDERAL-JENDERAL BENGISNYA dan DIKTATOR YANG GAGAL MENYEJAHTERAKAN BANGSANYA.

Perkenalkan Slobodan Milosevic. Dia pemimpin Yugoslavia terakhir sebelum negara itu bubar. Ada banyak faktor yang menyebabkan negara itu bubar tapi jika semua faktor itu dikerucutkan jadi satu maka dialah faktor tersebut. Bagaimana tidak, pemicu dari kericuhan dinegara itu yang berujung lepasnya satu per satu wilayah Yugoslavia hingga akhirnya bubar adalah dirinya. Semuanya diawali dengan :

1. MERUSAK TATANAN DEMOKRASI
Dalam aturan Yugoslavia sebelum bubar, jabatan presiden digilir per negara bagian. Itu aturan yang berlaku dan Milosevic tidak mau menaatinya. Dengan seenaknya aturan tersebut dilanggar semaunya sendiri. Saat itu, Milosevic harusnya menyerahkan jabatan tersebut kepada Franco Tudjman. Namun karena ingin melanggengkan kekuasaannya yang sudah gagal, dia bertahan tidak mau menyerahkannya. Kebetulan Tudjman, rival Milosevic, berlatar belakang Katolik Roma. Jadilah provinsi-provinsi yang berafiliasi dengan Katolik Roma yaitu Slovenia dan Kroasia menolak mengakui kekuasaannya dan memilih memerdekakan diri.

2. MEMICU PERANG SAUDARA
Milosevic yang awalnya menolak mengakui kemerdekaan Slovenia dan Kroasia lalu mengirimkan tentara untuk memadamkan pemberontakan tersebut. Namun karena hebatnya perlawanan rakyat di kedua wilayah tersebut ditambah dukungan dari Eropa Barat untuk Slovenia dan Kroasia, Milosevic akhirnya menarik pulang tentaranya yang masih tersisa. Si diktator gagal inipun terpaksa mengakui kemerdekaan Slovenia dan Kroasia.

 

Dede Sherman2

 

3. MEMBANTAI RAKYATNYA (KHUSUSNYA TERHADAP KAUM MUSLIM)
Setelah petualangan militer tentaranya yang gagal di Slovenia dan Kroasia, Milosevic lalu membentuk milisi-milisi pendukungnya. Milisi-milisi ini yang kemudian meneruskan tugas pembersihan lawan politiknya. Di Slovenia dan Kroasia, unit-unit milisi tersebut relatif tidak bisa terlalu banyak bergerak. Namun di Bosnia, khususnya di wilayah mayoritas muslim, milisi ini melakukan pembantaian secara terstruktur, massif dan sistematis terhadap siapapun yang dianggap menentang idenya, terutama kaum muslim.

 

Bosnia Karadzic

4. MELANGGAR HAM
Ya, tentu dengan semua sponsornya terhadap kekerasan dan kekejian terhadap pihak-pihak yang dianggap lawan politiknya, Milosevic segera menyandang status sebagai pelanggar HAM. Dia pun akhirnya ditetapkan sebagai penjahat HAM oleh PBB dan menjadi buruan masyarakat internasional.

5. MASTERMIND PARA JENDERAL-JENDERAL BENGISNYA
Sebagai seorang mastermind, Milosevic tentu bukan sebagai eksekutor segala ide kejinya. Para jenderal-jenderal bengis pelindungnya-lah yang menjadi pelaksana lapangan. Yang paling terkenal diantara para jenderal yang kejam tersebut adalah Ratko Mladic yang akhirnya ditangkap PBB dan dihukum seumur hidup di pengadilan HAM PBB. Jenderal-jenderal kejam dan bengis inilah yang turut membuat AB Yugoslavia hancur berantakan. Dari negara dengan kekuatan militer terbesar ke-4 di Eropa menjadi negara kecil dengan kekuatan militer seadanya hanya dalam waktu kurang lebih 5 tahun. Para jenderal bengis tapi miskin perspektif itu mengira bahwa semua masalah bisa diselesaikan dengan kekuatan dan persenjataan. Namun akhirnya tindakan keji merekalah yang malah semakin memicu perlawanan rakyat yang sudah sangat muak dengan Milosevic.

6. DIKTATOR YANG GAGAL MENYEJAHTERAKAN BANGSANYA
Sebelum Milosevic melanggar aturan pergiliran presiden yang berlaku di negaranya, Milosevic terlebih dahulu telah gagal menyejahterakan bangsanya. Dia menciptakan kleptokrasi dimana pelaku sektor industri dan keuangan hanya diprioritaskan kepada para kroninya. Jauh sebelum ada konflik dan peperangan berbasis ras dan agama, si diktator ini telah gagal menciptakan keadilan di sektor ekonomi bagi rakyatnya. Mungkin itu pula alasan sebenarnya dia bersikukuh tidak mau menyerahkan jabatan presiden kepada pelanjutnya agar bisa senantiasa melindungi bisnisnya dan para kroninya yang telah keenakan mendominasi ekonomi Yugoslavia. Dan kalau sudah urusan bisnis (alias urusan perut) maka situasi akan menjadi sensitif karena itu menyangkut hajat hidup orang banyak.

 

citoxnew182

 

Dengan semua kejahatan yang luar biasa itu, akhirnya dia ditangkap dan ditahan pada 2001. Diktator gagal ini lalu menjadi pesakitan PBB dalam pengadilan HAM PBB yang digelar sejak Februari 2002 hingga kematiannya karena “bunuh diri” pada Maret 2006 di dalam tahanan. Kenapa saya menggunakan tanda kutip pada kata “bunuh diri” tidak dibahas disini agar tidak terlalu panjang.

Oh iya ada satu lagi gelar yang mungkin bisa disematkan kepadanya yaitu PEMACU KEBANGKITAN ISLAM DI BALKAN. Meski beraroma satir tapi ada benarnya juga gelar itu. Akibat kekejamannya yang luar biasa terhadap kaum muslim di Yugoslavia akhirnya menyadarkan kembali kaum muslim di Balkan atas nilai-nilai keIslaman yang sudah puluhan tahun mereka tinggalkan. Sejak era Milosevic, geliat kehidupan kaum muslim di seantero Balkan mulai dari Bulgaria, Masedonia Yugo, Kosovo, Albania, Sanjak hingga Bosnia hidup kembali. Dan yang paling utama adalah semakin menguatnya pengaruh Islam di Turki yang membuat negara itu semakin islami selama 20 tahun terakhir.

Semoga kita semua bisa mengambil pelajaran dari si diktator Milosevic tersebut dan semoga bangsa Indonesia dihindarkan dari hadirnya pemimpin seperti itu di negeri ini. Amiiiin…..

 

By Patsus Namraeru

Gambar Patsus Citox, Dede Sherman, dan Google

Share.

364 Komentar

  1. Mirip sekali dengan disini, kalah pemilu, terus curang, 500 petugas kpps meninggal Dalam waktu relatif berdekatan tidak di otopsi , pengen berkuasa terus….

  2. Pemburu rajawali on

    Yg menarik dan membuat penasaran adalah siapa atau pihak mana yg bisa memaksa si Milosevic utk tetap bertahan di singgasana? Dari awal berdirinya Yugoslavia memang sdh ada konflik Ras juga sentimen agama vs komunis. Di bilang mirip sih mirip, dibilang kok mendekati ya mendekati juga.. dibilang sekedar sejarah memang ini adalah sejarah kelam sebuah bangsa besar anggota Non Blok dan sohib bung Karno tapi Yo ketar ketir juga akan kah Nusantara akan menjadi serpihan puzzle sebuah negara BESAR?

  3. ichampjuara on

    wah iya ya Bung PR, sapa dibaliknya ya? Komunis? NWO? DAJJAL? PREMANSON? Hmm… Bung PR… umpang lambung bikin pusing, padahal Bung PR kayaknya dah tau siapa-siapanya ya?

  4. pencari kebenaran on

    Dari artikel kapal oleng terbaru juga sudah curiga, tapi ini mungkin saya yang terlalu capek. Apakah ini semua peringatan kejadian negara ini kedepan? Petruk ronde 2 kemungkinan besar terjadi? Balik lagi 5 tahun jadi masochist? Semoga tidak.

  5. Pager Wojo on

    Artikel ini serasa double-edge knife :
    1. Mencerdaskan rakyat nusantara unt bercermin dan belajar pada sejarah kelam kehancuran negara yugoslavia yg majemuk baik ras, agama, suku dan golongan. >>>agar rakyat nusantara senantiasa berhati2 dan berpikir panjang nan cerdik atas jebakan2 betmen yg tjd saat ini.>>>ancaman daripada proses balkanisasi nusantara adl nyata…Sadarlah dan Berjuanglah untuk Nusantaramu dan anak-cucumu nanti, Saudaraku !
    2. Agar pihak2 dibelakang rezim sekarang legowo kembali pada jalur konstitusi negara dgn benar dgn Tidak Memaksakan Sistem Otoriter unt Langgengkan Kekuasaannya. Krn konstitusi negara adl tulang punggung kehidupan tata negara, tata pemerintahan dan tata perikehidupan rakyat banyak.
    Ingat; Ratusan Juta Rakyat Nusantara saat ini sudah siaga dan bergerak nyata baik secara terang maupun gelap mengawal dan menjaga kedaulatan nusantara.
    “Kedaulatan Tertinggi Negara Nusantara ini adl berada di tangan Rakyat Nusantara krn Kalianlah Pemilik Sah atas Nusantara. Apabila Petahana gagal dalam menjalankan Amanah Nusantara, Maka Ambillah kembali Amanah Nusantara itu daripadanya dan berikanlah kepada Pemimpin Barumu yg berkapasitas dan berkompetensi sbg Pemimpin Nusantara “.
    #salam perjuangan Nusantara Adil Makmur !

    • Kalau ndak keliru tafsir, sepertinya ini terkait pilpres ya,,, ?? Baiknya nunggu pengumuman resmi dr Kpu sj mas,,, nanti akan ketahuan siapa pemenangnya. Semua sdh ada mekanismenya, mau protespun bisa, silahkan ke MK. Asalkan jangan bikin ribut sj, terus maksa ya pada akhirnya “ditertibkan” juga, konsekuensinya emang spt itu :-)

    • aku juga sudah merasa…. mosok yang didengung dengungkan kok malah masalah bineka nya melulu, sedangkan tunggal ika nya gak disebut blas,…. itu dilakukan oleh sebagian elemen masarakat terpelajar dan berpangkat.ini jelas pesanan atau intrusi dari agama sebelah yang memang berbasis persekutuan…. persekutuan itu tumbuh dari kebinekaan. Jadi merdeka terpecah pecah dalam bagian bagian kecil…otomatis tidak ada persatuan. malah cenderung ke mafia. Beda dengan persatuan… disini tidak ada terpecah pecah dala bagian kecil kecil.

      lah jelas to bineka tunggal ika …. kebinekaan nya itu dalam rangka persatuan.

      indonesia memang sudah sejak dulu di upayakan untuk dipecah2 dalam negara 2 kecil RIS…. tebak siapa sponsornya….. bule barat! ya netherlands CS, kaum persekutuan

  6. Kisah Balkanisasi, bagaikan melihat Skenario Illahi. DIbalik dentuman nestapa korban, tetap muncul secercah harapan lain nya.
    Dibalik Milosevic, campur tangan hidden hands tak perlu diragukan lagi.. termasuk jatuhnya Ottoman, Tsar Rusia, dan Soviet.

  7. JENGGOT BONAR on

    Apakah ada hubunganya sakitnya ibu An# sama HM HD, ada kecuriga yang sangat mendasar sekali dengan kode KIMIAWI kemarin hehehhe
    Sedangkan sang AM mengidap HNP (herniated Nucleus Pulposus) atau biasa disebut nyeri tulang belakang.
    Ada yang bisa kasih impoh….. Biasanya yang ginian kesukaan @# PR.

  8. Redemption on

    PEMILU DI JATENG DIIKUTI JIN

    oleh : Iyan Nry

    Berdasarkan pemberitaan, disebutkan bahwa perhitungan suara seluruh Jawa Tengah sudah selesai dengan kemenangan 01 sebesar 77,29 % dari total suara sebesar 21.769.508 suara pemilih atau artinya petahana dipilih oleh 16.825.653 pemilih.

    Petahana menyapu bersih kemenangan di seluruh Kota dan Kabupaten Jawa Tengah. Apakah kemenangan ini wajar? Bila meminjam analogi Mahfud MD, memang wajar 01 unggul di Jateng karena dari ‘dulu’nya hingga sekarang adalah daerah basis ‘Merah’.

    Tetapi bila kita lakukan analisa data, apakah kemenangan 01 itu wajar? Mari kita telisik dengan analisa sebagai berikut ini.

    Jumlah Penduduk Jateng 34,6 juta jiwa. Berdasarkan Data sensus jumlah penduduk yang memiliki hak pilih 67,2%, lebih rendah dibanding rata-rata nasional 69.5%. Artinya jumlah total pemilih Jawa Tengah paling banyak 23,2 juta orang!

    Dari jumlah pemilik hak suara itu mari kita hitung berapa orang yang menggunakan hak suaranya berdasarkan pada tingkat partisipasi maksimal sebesar 70%. Maka jumlah pemilih berkisar di angka 16,2 juta. Angka ini masuk akal, karena pada Pilkada 2018 disebutkan ada 17,5 suara, ada 1,5 juta diantaranya suara ‘siluman’.

    Eng ing eng… sekarang bandingkan angka 16,2 juta jumlah pemilih dengan angka 16.825.653 suara yg pilih 01 di atas. Itu saja sudah menunjukkan keanehan yang luar biasa.

    Kalau pemilih (DPT) pengguna suara di Jateng disebut 26 juta orang, mending ga usah pemilu. Itu namanya TIPU ! Artinya di Jateng 10 jutaan JIN ikut mencoblos!

    PEMILU DI JATENG HARUS DIULANG. Kalau jadi diulang dan dilakukan dengan jujur maka jumlah suara sah tidak akan jauh dari angka 16 jutaan.

    Hal yang sama juga terjadi di Jawa Timur.

    Penduduk Jawa Timur berjumlah 39,5 juta. Jumlah DPT nya 31 juta atau 79,48%? Masuk akal ga? Jelas ini juga penggelembungan DPT!
    DPT Jatim seharusnya maksimal 39.5 juta x 69.5% = 27.45 juta. Suara sah paling tinggi jika pemilu jujur sekitar 19.21 juta.

    Artinya Pemilu Jatim terbukti sedari awal sudah curang. Sebagai pembanding

    Pada Pilkada 2018, Kofifah peroleh suara 10.465.218 sementara Gus Ipul 9.076.014 suara. Total suara 19,5 juta

    Matematik dan statistik tidak berbohong, yang berbohong hanya KPU dan pendukung PEMILU CURANG.

    01 jadikan Jateng dan Jatim sebagai lumbung suara JIN sebagai buffer kekalahan di provinsi-provinsi lainnya. Itupun di hampir sebagian besar provinsi-provinsi sudah disiasati dengan penambahan suara rekayasa khas ‘salah input’. Tetapi Jateng dan Jatim memang sangat mencolok pencurian suaranya.

    Adalah wajar bila di dua wilayah ini PEMILU CURANG harus dianulir dan diulang dengan PEMILU JUJUR dan ADIL. Karena tidak mungkin manusia menerima suara dati kelompok jin yang ikut mencoblos!

    • coemigaring on

      di daerah 01 menang maka 01 curang, di daerah 02 menang..maka 01 tidak curang..02 tidak curang

      • pencari kebenaran on

        mana pendukung pEtRuk® bawa-bawa dan sibuk ngurus formulir c1, mana mereka bawa data kredibel, QC ditantang buka-bukaan data sembunyi, Muka si PEtruK® beda jauh dengan waktu 2014 jingkrak-jingkrak di stadium, sekarang kayak mau nangis. huh badut badut

  9. ibarat buah simalakama…
    01 “maksa'”maju..entah bagaimana negara kedepan
    01 “dipaksa” mundur..bisa kacau negara.

    -opini pribadi-

  10. Awali saja dengan kejujuran, biarkan sisanya pemilik Bismillahhirohmannirokhim yang menentukan sisa jalannya.

  11. Pemburu rajawali on

    Kau disana
    Aku disini
    Mereka ada di mana mana. Persamaan yg ada mrk sandar di Main Naval Base. Sedang di sekitaran pagar battle Group nya standing by order.. apalagi bawah airnya juga tak kalah seru bermain petak umpet sedang di udara seru bermain cilukba dan galasin.
    Para penghuni rumah sibuk dg gegeran tikus juga kecoa busuk. Ada yg bernafsu utk rubuhkan rumah asal hama nya hilang dan ada yg ngotot pakai pembasmi serangga juga pengerat. Sedang para tetangga sibuk bikin asap Bakaran sampah dg tujuan ngusir nyamuk dan serangga.. padahal jika rumah itu rubuh rata dg tanah maupun rusak pun jika tanah serta bangunan beserta isinya di jual/gadai sang tengkulak berwajah imut siapkan uang nya. Selamat berbuka,selamat bertarawih dan jg lupakan sisipkan DOA utk pemilik Dunia agar tak lupa dg para kaum Nusantara yg sedang gundah gulana

    • Burhanuddin on

      Bung PR,

      Kalo dicermati komentar bung PR terkadang tenang, seperti mengesankan semuanya bisa di handle dg baik oleh para ksatria.. biasanya saya sihh langsung lega.. Tp skrg ini terlihat Bung PR gelisah n khawatir… lahh saya tentu lebih khawatir lg… Aduhh yaa Allah tolong negri kami…

      • Ya maklum bung burhan yg kita hadapi saat ini situasinya dilematis,anak negeri yg durhaka benalu2 negeri,sementara musuh besar kita sdh menapakkan kaki di pekarangan rumah kita plus sdh mengerubuti pagar rumah kita,tugas kita ganda,menghancurkan proxi dan menghadapi dlng yg asli.sejarah berulang kembali,mengxi2 itu sdh dtng kemari Hendak menjajah kembali,kertanegara masa kini juga tak sudi di jajah lagi,sekali merdeka tetap merdeka,salam nusantara jaya

  12. Pemburu rajawali on

    @burhan saya hanya manusia biasa yg banyak keluputan dan kekurangan. Wajar jika sedikit kuatir dg anomali juga konstelasi dalam serta luar negri yg tak semua orang punya akses bisa melihat,membaca dan pelajari. Tapi rasa kuatir itu sedikit mencair tak kala melihat betapa gigihnya anak negri menggapai harapan masa depan lebih baik lagi melalui pemimpin sejati. Pemimpin sejati tak mudah mendapatkan apalagi di lahirkan,dia akan ada melalui ribuan terpaan badai dan tempaan fisik serta mental.

  13. Sungguh berat ujian kali ini,bukan orang lain tpi saudra sendri..hanya kata maaf yg bisa saya ucapkan diblan suci nie…ad sebuah bait yg bisa saya ucapkan,kalau ad sumur diladang boleh kita menumpang mandi klu ad umur panjang boleh kita berjumpa lagi…salam

    • Subhanallah……selamat berjuang Bung Benny….
      Do’a tulus dari kami rakyat Indonesia semoga Allah SWT selalu melindungi dan memberikan pertolongan-Nya..Aamiin.

      • Selamat bertugas dan selamat berjuang buat seluruh anak negeri yg msh punya hati nurani,semoga kita semua selalu dilindungi dan di ridhoi oleh Alloh SWT.

  14. yaa Allah yaa Robbi penguasa alam semesta,lindungilah para ksatria negeri yg sedang berjuang menegakkan kebenaran dan keadilan di negeri ini,berikan kekuatan dan kemenangan atas pejuang bangsa ini demi tetap tegaknya NKRI,Aamiin …Aamiin yaa Allah yaa robbal’alamin.

  15. Selamat berjuang saudara-saudaraku… Semoga lindungan & ridho Allah selalu menyertaimu… aamiin…

  16. pencari kebenaran on

    Jadi usaha TNI untuk mencegah pEtRuK season 2 itu berjalan sesuai rencana atau masih berlangsung alot, atau bahkan siap meneghormat pEtrUk 5 tahun lagi?
    Entah apa threshold agar TNI siap hot move, apakah ketika 12 CBG+UN joint force muncul baru mau keluar Barrack , atau 160rb tentara dibawah KSAD boneka itu juga masih mau membela peTRuK dan bahkan siap menembak emak2?
    Banyak pelajaran dari Balkanisasi tapi ngapalin gak bisa yah gagal tes lah. Paling gawat dikeluarin dari sekolah.

  17. POLITIK MEMANG KEJI.
    TIDAK PERDULI KELUARGA, YANG PENTING HASRAT POLITIK TERPENUHI.
    IBU PERTIWI MEMANGGIL SANG PATRIOT.
    LIBAS HABIS SI PEMBUAT ONAR.
    SALAM NKRI JAYA.

  18. Semoga saja negeri ini akan tetap aman dan damai selalu. Meskipun dalam hati ini tetap saja ada ketakutan, bahwa rakyat memang akan dibenturkan dengan penguasa. Dan yang lebih miris, musuh telah memijakkan kakinya dihalaman rumah kita. Tapi saya teringat dalam sebuah kolom komentar diblog ini, bahwa negeri ini adalah negeri 1000 black ops. Dan saya masih percaya, bahwa harapan itu masih ada, bahwa kesatriya nusantara itu ada. Bahwa negeri ini tak akan hancur. Meskipun ketidak yakinan itu juga ada, ketika melihat para elit negeri ini telah kehilangan nurani, kehilangan harga diri, kehilangan kebanggaan dan kesadaran. Semoga saja, sejarah kejayaan nusantara akan benar2 terulang. Doaku selalu menyertaimu para kesatriya. Salam satu negeri. Nusantara jaya.

  19. Pemburu rajawali on

    Kuatkan barisan karena akan ada smoke and fog hot scene amatiran. Real player teroris jihadist tak tertarik bermain Disni.

    • pencari kebenaran on

      bisa jelaskan kenapa real player terorist jihadis bin mujahadeen tak tertarik bermain disini? apa kriteria target jihad mereka? Kayaknya dengan pEtRuk® season 2™ NKRI sudah jadi valid target, cmiiw

      • Pemburu rajawali on

        @pk real jihadist hanya mau perang dg the real enemy. Karena efek balas dendam dulu saat mrk di bentuk jg oleh si real enemy ini. Semua aksi teroris disini hanya sbg testbed utk aksi di luar sana.

  20. Ada yg mau ngukur baju lagi untuk kedua kali sptnya hehehe semoga gak di php kedua kalinya bisa aja hanya decoy yg akan gantikan yg marah marah mlulu

  21. ras apa?…. semua suku bangsa di yugo masih satu ras… yaitu ras slavia. kalau suku memang berbeda, suku sebia (chetnik), suku bosnia, suku koeatia, dan sukus slovenia, agama juga berbeda…. kalau komunis semua sukus itu pernah menjadi komunis, banyak tokoh 2 mereka menjadi tokoh2 komunis juga.

  22. Bakulo Wajaro on

    Hehehhehe
    Met berbuka puasa para pejuang Patga dimanapun berada..
    Turunkan tensi di malam ini utk bermunajat dan berdoa di saat saat terbaik berbisik kpd sang Maha Segalanya dan besok kita mulai kembali mesin Gerakan Kedaulatan Rakyat hingga tumbang dan terbenam sang Angkara Murka
    Adios# rakyat menatap cemas.. Lawan lbh cemas dan panik melihat keruntuhan rejim terbayang tumbang

    • Pemburu rajawali on

      Salam bung BW. Apa kabar nya. Yg menarik adalah di bidang ekonomi jg investasi.. manari nari indeks saham dan deep loose rope kurs tak bisa di kendalikan lagi. Sumber daya para Sengkuni makin menipis pis. Kaum Sengkuni yg selama ini berani intip dan ancam skrg berbalik merinding jg meriang setelah ada banyak kekuatan bawah tanah yg mengintip mrk seperti malaikat maut. Segala manuver baik rendahan maupun epik sdh di mainkan tapi pegangan dan pondasi Sengkuni semakin lemah. Saling tuding dan curiga sesama Kurawa makin keras. Dibelahan dunia sana di mainkan pula teater lama berfilm baru,sdg sang beruang menatap tajam ke belahan timur sebelah tenggara dg SGT tajam jg cermat. Sang Beruang tak mau kawan lamanya mati lemas tak berdaya,opsi khusus masif sdg dipersiapkan sang beruang utk selamat kan kawan lamanya.. sahabat tak lekang di makan usia jg waktu.

      Bagaimana dg sang Imam dan manuver abu abu sang Super dalang jg sang Super Sponsor? Well mrk sdh bersiap dg segala resiko sekalipun hrs head to head dg dunia dan massa agama terbesar di dunia. Turunkan tensi itu perlu agar bisa mencermati dan analisa segunung problematika..tali kewaspadaan harus makin rapat dan tebal lengkap dg segala macam ranjaunya.. hehehe!

      • Thanks bung PR, paling tidak ini menambah smangat bagi kami… Kira2 apa yg akan terjadi pasca 25 Mei, sdgkan KapeU msh sj brbuat salah??? dr hasil analisa robot ga ikhlas karya anas msh deteksi byk ksalahan pasca putus an sidang bawas lu kmaren….

      • Bakulo Wajaro on

        Hehehehhe
        Alhamdulillah sehat selalu bung PR.. Semoga kita semua para patriot patga selalu diberi kesehatan dan kewarasan di jaman yg semakin ruwet ini.. Amiin
        Sumber daya ekonomi negeri semakin terpuruk.. #kode keras reaksi pasar thd kecurangan pilpres yg terjadi.. Bagaimana legitimasi pemerintah di dalam dan luarnegeri jika sang kapten dipertahankan dgn segunung masalah yg sdh terdengar hingga ujung dunia..??
        Manuver 3 kapal perang dari seberang yg berbeda nopol yg bersandar diikuti dgn kode 7 burung besi de gaul yg nyasar temtu memberi kode iam here sir..hehehehe
        Adios#jika 3 sampan juga sdg bermain air di lcs.. Siapa yg di warning..??? Heeeee garuk2 dengkul

        • Pemburu rajawali on

          Aamiin bung bw.. ya mulai kasih sinyal mrk dg selubung port visit hehehe. Dead match nya 22 Mei,jika masih nakal dg segala rupa kecurangan maka siap siap saja EU Band,US Band,and the last military embargo!! The last option. Minimal travel warning terbatas. Masih Badung bin nakal,ya sudah bikin rempeyek saja sekalian kerek dollar ke 16-17rb dlm waktu 2 Minggu siapa yg sanggup? Panda saja duitnya mulai menipis jika hrs dikit-dikit ngurangin.. debt trap yg akan menTrap krediturnya sendiri.

      • saya yakin…. negeri sang iamam mampu untuk menghapus 10 kali kekuatan musuh.
        eropa mungkin hangus dan tak bisa ditinggali lagi seperti yang di omongkan para peramal.

    • AMIN .
      Bung BW..Semoga ALLAH SWT memberikan kekuatan lahir dan batin kepada Rakyat Indonesia untuk melihat,merenungi, dan bertindak dengan ikhtiar melawan dan menghadapi antek-antek KARDUS.
      Semoga ALLAH SWT , membalas tipudaya mereka,,dan memberikan hidayah kepada mereka yang menutup kebenaran dan meng AGUNGKAN kecurangan.

  23. Sepertinya akn ada yg berusaha membenturkan antara NU dgn ormas islam lain, mereka butuh NU untuk mengimbangi kekuatan ormas lainnya, mereka butuh banser untuk mengimbangi FPI dll.
    Tanpa NU dan banser, mereka bkn apa apa, jumlah mereka itu sebenarnya kecil,maka perhatikanlah lini masa medsos saat ini, mereka ungkit perbedaan pendapat antara alm Gus dur dahulu dgn amin rais untuk memancing kemarahan NU dan Banser.
    NU dan Banser harus cerdas.

  24. Pemburu rajawali on

    @your name di bentur kan sih tidak bahkan sangat kecil sekali kemungkinan nya. Yg ada itu seolah olah Banser vs FPI yg benar adalah Banser Abal Abal vs FPI jg ormas Islam lain. Tak semua Banser itu bisa di bodohi dan di kadalin..makin mrk bersikap jumawa makin kuat praduga rakyat kpd mrk.. trs bagai mana dg OPM,RMS jg Neo PKI? Well mrk sdg persiapan jg sekaligus akan bermain sbg aktor utama dan cadangan. Efek dari kecurangan akan melahirkan epik baru dari Arab spring yg gagal tempo hari,the Real Arab Spring itu ada di Nusantara bkn di timteng. Sebab apa? Mau seluruh dunia Arab Muslim nya di gabung blm bisa menyamai gabungan muslim sebagai Nusantara.

  25. Pemburu rajawali on

    Matinya dirinya dunia aktifis kampus adalah sinyal keras bahwa anak muda intelektual yg independen jg kritis makin langka. Semua kartu pressure akan di mainkan termasuk ancaman pribadi lsg via sotosop dan akun medsos dimana tim tsb di bantu oleh salah satu company khusus yg spesialis cyber attack. Diatas langit masih ada langit, dalam nya lautan tak terukur. Sekarang tinggal kuatkan tekad,yakin kan hati dan pikiran bahwa TUHAN yg Maha Esa itu maha mengetahui segala hal dan maha mengatur serta mengabulkan.

    • pencari kebenaran on

      Kebanyakan UTS, kuis, tugas biweekly, crap shit like that dan paling tolol biaya kuliah. Kalau kayak gini terus mau gimana ada luang waktu buat demo? mending kalau dibayar.

  26. Bung PR, bung BW, maaf sebelumnya.
    Hanya mau bertanya.
    Seandainya 22 Mei nanti people power berlangsung, adakah SATRIA MENDAMPINGI RAKYAT YG INGIN MENUNTUT KEADILAN TERSEBUT?
    MAU KAH SATRIA TERSEBUT HEAD TO HEAD DENGAN SATRIA YANG PRO PETAHANA?
    Maaf bung, pertanyaan saya terlalu sensitif.

  27. selalu ada secercah harapan takkala bung BW dan bung PR berkomentar di sini, semoga apa yg dicita citakan negeri ini menjadi masyarakat adil dan makmur bisa terwujud….meskipun harus bersusah payah untuk mewujudkannya dan dengan harga yang mahal…

  28. Pemburu rajawali on

    Next episode adalah “penghilangan paksa” Rupiah atas mata uang asing! Dan gempa moneter yg di awali Tremor di BEI dan neraca. Abis itu maka bermain lah para Proxy level terendah di dunia Maya dg spin dan giring lalu masukan ke deeper Box.

    • kampret item on

      sebagai rakyat jelata dag dig dug juga rasanya hati ini….
      tapi berbekal bismillaah dan laa hawlaa wa laa quwwata illa billaaah, saya percaya bahwa Gusti Allah swt melalui para ksatria dan juga abdi-abdinya akan menolong bangsa baik yang teraniaya ini. Semoga semua selamat sentausa.
      Mohon doanya sehingga Jogja juga aman sentausa, meskipun ada aroma2 “gempa” lokal yang akan terjadi.
      Insya Allah ndak papa…. beras perlu ditampi untuk memisahkan mana yang baik dan mana yang kotor.

  29. Dari opini bung @PR, saya mengambil kesimpulan yg liar.
    sepertinya petahana akan berkuasa lagi 5 tahun ke depan.
    RUPIAH AKAN TETAP BERTAHAN KALAU NAHKODA NYA BUKAN DIA LAGI.
    SALAM NKRI JAYA.

  30. Pemburu rajawali on

    Pemimpin yg memimpin dg hasil kecurangan itu super berat dlm legitimasi dlm juga luar negeri. Sebaik apa pun diplomat kita bermanuver utk menaikan legitimasi pemimpin curang tsb akan mentok dan jd bahan tertawaan masyarakatnya internasional. LBH gawat lagi jika secara official “dia tidak ada dan tak pernah ada”. Semua dunia tahu terjadi Fraud Election disini, semua negara wait and see hanya ada 2 negara yg sdh fix full support utk pemimpin curang..tak perlu di sebutkan kalian sudah sangat paham dan tahu.

    GOD never slept and eyes wide shut.. benar akan selalu di atas kesalahan dan kebohongan.. good Will always win again to evil

  31. https://youtu.be/Sipv_NPN-A4
    Bung PR, apakah ini bner2 abituren akmil,aal,aau,dst… Smoga para ksatria yg lurus brgerak dg masif mnjaga keadilan dan keutuhan bangsa ini… smoga kbenaran diberikan kmenangan yg gemilang di negara qt ini… smoga adil makmur dan sejahtera bangsa indonesia…

  32. KALAU TETAP PETAHANA MEMIMPIN 5 TAHUN KEDEPAN DENGAN HASIL KECURANGAN, BERARTI MEMANG BENAR DUGAAN SAYA, KSATRIA NEGRI INI TELAH DI KEBIRI.
    DAN ARUS BAWAH TIDAK MAU MELURUSKAN YG BENGKOK.
    TAPI INTI NYA MAYORITAS RAKYAT MASIH SANGAT BERHARAP
    SAMA TNI.
    SEMBOYAN YANG SELAMA INI SAYA PEGANG TEGUH; JAUH LEBIH MULIA PEMBANGKANG DARIPADA PENJILAT.
    SALAM NKRI JAYA.

  33. NusantaraKu on

    Assalamualaikum,
    Ada berita 7 burung perancis mendarat di aceh..
    Reason: Kapal induk dihantam cuaca buruk di barat sumatera (samudera Hindia) hmm for me doesn’t make any sense. mohon penjelasan sda skenario apa sedang bermain disini dan posisi perancis sebenarnya disisi mana? atau hanya salah satu gerombolan siberat yg ingin memancing dalam keruh?

  34. pencari kebenaran on

    Tentu bagus kalau tidak terjadi. Tapi bila KPU mengumumkan peTRuk® sebagai pemenang, apa yang terjadi? 7 juta demo lawan 200ribu TNI-polri? Surgical strike?

  35. Terimakasih bung PR, bung BW, bung PW yang mau berbagi tuk membuka tabir jadi terang benderang. You’d never let us walked alone.
    So doa adalah senjata kita sebagai umat beragama. Jika penghujung doa berakhiran kata kerja super aktif, inshaaAllah kami rakyat Indonesia siap.

  36. Pemburu rajawali on

    7 burung nyasar karena cuaca..hehehe! Itu sama dg 1 flight tempur walaupun tanpa bw AAM tapi sekelas Rafale bisa berperan sbg Radnet,signit dan photint. Apalagi jika mrk sdh mengakui bermain war game 200NM dari Border kita wajar jika anak Kohanudnas curiga habis. Tanpa sadar anak negeri sdg di beri tontonan berupa aksi war and seige yg selama ini di dengung kan. Apa pun yg bkl terjadi opsi OpLanMaritime akan di jalankan 13 negara dg payung Humanitarian relief task force,dimana main hub port ada Singapura dan main hub logistik ada di guam, Christmas island dan Darwin,sdg secondary hub port ada di Timor Leste jg China own Paracel island.

  37. Pemburu rajawali on

    Bagaimana dg eastern Indonesia? Yup! Mrk pun sdg bersiap bermain juga dg aksi shoot and Scoot ala Papua,tak bisa di anggap remeh kekuatan mrk sdg mrk jg punya agenda sendiri yakni kuasai 13 distrik dan 4 kota apa pun resikonya akan di lakukan berbarengan dg man Made chaos yg sdg di siapkan para oportunis lokal. Kita lihat beberapa hari kedepannya ada apa dg negeri ini. Satu pelajaran berharga yg sangat mahal ” berlaku jujur dan bertanggung jawab ” itu mahal dan langka jg penuh resiko.

  38. Syech Fadhil Al Jailani asal Turki, cucu dari Syech Abdul Qodir Al Jailani, adalah seorang Syech yg sering ke Nusantara berdakwah Dan mengajar. Tapi belum pernah beliau keluar dari Turki di bulan Ramadhan, kecuali Ramadhan Tahun ini beliau berkunjung ke Indonesia, khusus untuk berdoa Dan bermunanjat agar Allah SWT memberikan perlindungan, keamanan kedamaian untuk Bangsa Indonesia…. Jadi memang gawat keadaan sekarang, Red Alert, Defcon 3, Siaga 3, Excommunicado… Whatever it takes ….

  39. pencari kebenaran on

    Bung PR, itu semua rencana atau hanya proyeksi kemungkinan event di lapangan setelah petruk® mengumumkan kemenangan 22-05?

  40. APARAT SWEEPING BESAR-BESARAN, SEMUA STASIUN KAI MAUPUN HALTE BIS HABIS DI SISIR APARAT GABUNGAN.
    FIX, PERANG.
    BIARLAH HANCUR SEKALIAN.

      • betul bung @TOMBOATI nampak jelas si petruk nggk berani dan nggk bisa tegas menyikapi sikon di lapangan yg semakin memanas,beda sama 2 orang mantan yg sangat garang menyikapi sikon saat ini.

  41. ada apa dg Indonesiaku…ingin nangis rasanya melihat ketidak adilan …akankah Indonesia akan jatuh ke dlm lubang kehancuran….ekonomi tekor, harga karet anjlok, Inalum akan diberikan Aseng, pabrik2 gula akan ditutup, tiket mahal, menyuarakan kebenaran diberangus…dan lainnya yg pasti masih banyak lagi … hanya bisa mbatin…sampai kapan ini berakhir…sampai2 bung Fahri HAmzah ngomong kalo saja satu peluru meletus dan ada korban jiwa dari yg unjuk rasa damai, … indonesia habis… :( :( :(

  42. Edan edan negara demokrasi seakan berubah jd negara otoriter….wahai patriot2 bangsa akan kah engkau setia pada Sapta marga dan TRi brata….atau kah engkau kan jd penghianat bangsa……….

    • pencari kebenaran on

      Kalau menurut Sapta Marga bukannya harus taat kepada Presiden, maka TNI harus jadi boneka presiden, apapun Presidennya? Yah KSAD udah layaklah

  43. semua sudah terbeli.
    Hanya doa terbaiklah yg dapat kupanjatkan untuk negeri ini.
    “Ya Allah selamatkan negeri ini dari kehancuran”.

    • Pejuangzaadul on

      Hanya doa saya ga cukup bung tokwan. Negara indonesia merdeka bukan hanya sekedar doa semata. Emang kemauan para elit supaya chaos. Liat aja beberapa minggu terakhir banyak banget alutsista tetangga yg pada dateng kemari. Kita lihat rakyat atau penguasa yg akan berjaya. Alam lagi menyeleksi mana berpihak dalam kebaikan mana yg penghianat. G sabar nunggu pengumuman.

  44. pencari kebenaran on

    Rakyat siap/niat gak revolusi? lalu TNI mau mendukung atau membantai revolusi rakyat tsb? Polisi sudah pasti siap bantai demi kertas berwarna. Lalu NKRI bisa pecah gak karena semua efek domino tsb? hah semoga cepat selesai

    • Pejuangzaadul on

      Teroris ko pake sniper. Lawakan receh banget. Teroris g episien. Itu teroris apa agen bisa bawa sniper.
      Kepada pak polisi n TNI ayo terus tekan rakyat. Jangan nanggung” menindas rakyat. Sekalian besok pas people power brondong para pendemo pake peluru tajem. Pengen liat itu institusi udah kebal apa blm klo di serbu sama rakyat. Kelamaan. Mau rusuh aja pake di undur” nunggu lebaran. Indonesia chaos yg seneng aseng asing. Tinggal bancakan dah. Hore indonesia tinggal jawa doang. Sukurin luhh…

      • [email protected] bung PZ gemes lihat dan dengar berita2 di media…udahlah kalau kayak gini revolusi total ajalah…biar mulai tatanan baru…udah muak dengan semua carut marut ini bung!!!

  45. Pemburu rajawali on

    Hehehe.. aneh juga ya telolis pake sniper,jika di Syria atau Iraq sy percaya. Mendapatkan senapan sniper kualitas rendah saja sulit blm LG teropong bidik yg harga paling murah saja bisa sekelas Avanza secondhand. Tapi bisa terjadi jika telolis tsb di persiapkan semua materialnya tapi efeknya adalah dia jd umpan. Pendapat sy kecil sekali telolis lokal punya senapan sniper sekelas dragunov bahkan diatas itu jika Tak di support funder

  46. Pemburu rajawali on

    Bicara mengenai sniper harus dipahami JK mrk bekerja secara senyap dan silent alias hanya beberapa saja yg tahu posisi mrk. Hrs nya di jelaskan mrk itu tertangkap tangan atau di eleminasi alias tembak mati,dimana posisi mrk,posisi kontra sniper nya dari satuan apa,senjatanya berjenis apa,kaliber peluru yg di pakai berapa,ada berapa sniper yg terdeteksi jg tereleminasi? Byk pertanyaan yg timbul jika ada kalimat “demo di ancam sniper”. Setahu sy sniper bekerja two men as team or one men show. Ring 1 KPU sdh di locked down dan jika ada benar sniper maka dari istana merdeka bisa di take down wong sniper PASPAMPRES itu pakai kaliber minimal 7,62 – 20mm kok..hehehe

  47. Semakin sekarang semangkin membias.., kami orang awam hanya bisa berkerut dahi ..apa gerangan yang sedang terjadi.., Tapi kami yakin yang benar tetap benar….
    Kabari kami apabila tiba saatnya untuk ikut berderma untuk ibu Pertiwi..
    Semoga para patriot selalu dalam lindungan Allah SWT, diberikan kemudahan dan keberhasilan di setiap tugas dan darma baktinya..aamiin..

  48. Berbeda pandangan yang di suarakan melalui pendapat,,di bungkam dengan fitnah Hantu “MAKAR”, Benar-benar gila gila. dimana NALAR kalian ? ($#@%%). Sekalian aja semua rakyat pendukung 02 dituduh “MAKAR ” tangkapi semua biar penuh tuh penjara KALIAN.
    Apa jadinya Negeriku ini ???

  49. Wijayakusuma on

    Mending jadi Atheis yang sedang mencari Tuhan. Daripada punya agama punya Tuhan tapi tidak pernah takut pada Tuhan. Perbuatan baik dan buruk sama ja asal diri sendiri puas.
    Buat apa jadi abdi negara kalo tidak bisa membedakan mana benar mana salah. Mana jujur mana bohong. Takut dengan pangkat bukan takut dengan Tuhan.
    Disaat semua serba fitnah maka sebagai manusia biasa berusaha slalu mengingat Tuhan dan Rasulnya. Semoga diri menjadi kuat menghadapi ketidakbenaran karena yang ditakuti hanya Tuhan.

    INGAT JADI ORANG BAIK, JUJUR, TANGGUNG JAWAB TIDAK SUSAH. TAPI YANG SUSAH ADALAH ISTIQOMAH DALAM KEADAAN APAPUN, DENGAN SIAPAPUN, KAPANPUN DAN BAGAIMANAPUN.
    JADILAH KESATRIA SEJATI BUKAN ABAL-ABAL. MAKA AKAN HARUM DAN SLALU DIKENANG DALAM SITIAP MASSA DAN ZAMAN.

    maaf kalo terlalu keras.
    Satu kata prihatin, nelangsa, pahit.

  50. semakin geram melihat tingkah polah”ANCOK”…….terlaknatlah kalian yang berbuat sewenang wenang……hidup didunia hanya sementara….dan pilihan hanya dua,baik atau buruk,alim atau jahat,revolusi didepan mata……

  51. Segini gampang ternyata Indonesia dikuasai tirani…segini gampangnya TNIkuasai elit elit rakus…segini gampangnya negara lain mengatur kita…terakhir saya sadar dari dulu kita memang bodoh dan tak berdaya..karena begitu gampang dan lamanya kita jadi wilayah tirani negara lain.350 tahun…itu membuktikan kita memang bodoh dan tak berday sampai sekarang…

  52. Pemburu rajawali on

    Fake Leader
    Fraud Election
    Hancur semua tatanan Negara! No respect No legitimate and No Recognition. Indonesia id finish in internasional world,its only piece of strecth land. Kasihan para rakyat,ksatria dan pendiri bangsa. Damn you

    • Klu kalah bener2 kalah gak papa namanya kompetisi tu bung..tp klu kalah nya kalah kakarna kwcurangan…..tetep gak iklas….rasanya…bahkan sebalik nya kubu 01 di curangi palingan juga akan melakukan hal2 yg sama saat in…..biar lah yg ESA yg tau dan membalasnya….tp ingat wong becik ketitik wong olo ketoro….

  53. Sudah terang benderang siapa kawan dan siapa lawan
    Para pihak sudah menetukan posisinya melalui pimpinan partai dan rakyat diberi kekuatan serta kesenangan dengan peluru bersarang di tubihnya..
    Killer machine makin hebat belajar dari banyak kegiatannya sebelumnya dan mesir.

    Selalu ada jalan dan selalu ada jawaban dengan berlindung dibalik konstitusi yg ditegakkan dengan kecurangan masif

  54. pencari kebenaran on

    Eh jadi udah gini aja? Yah tinggal tunggu tanggal bubar deh. NKRI bubar maksudnya bukan buka bareng.

  55. Kehebatan kim jong un adalah mampu melenyapkan siapa yg mbahaykan negaranya sedari dini…
    Begitu juga israel, mereka mampu menganalisa siapa otak yg mbahayakan negaranya, lalu melenyapkannya..

    Tapi ada negeri nun jauh disana “kesatrianya tdk mampu menilai siapa yg paling berbahaya untuk negaranya, sehingga mereka trs mengambil resiko dgn permainannya yg akhirnya mereka di pecundangi berkali kali..
    Si otak sambil terkekeh berkata : ” kalian masih anak kemarin sore, blm pantas melawan saya..”.

    Apa yg terjadi pada negri nun jauh disana saat ini jg permainan si otak, dgn cara ini mereka punya legitimasi memberi stempel “makaryo” pd pemimpin yg sah yg sdh ditetapkan konstitusi negri tsbt…

    Semoga ini tdk terjadi pd NKRI..

  56. Redemption on

    Pantas saja kedzaliman dan kecurangan merajalela…
    Mulai dri sipil, penegak hukum hingga “patriot” dri atas hingga bawah lbih mementingkan cari aman ketimbang nilai2 keadilan, kejujuran, kebenaran, dll

    Innalillahi wa inna ilaihi raji’uun…
    RIP bangsa Indonesia
    1945-2019

    Maaf kalau kasar….tapi inilah faktanya…

      • Api dlm sekam,sekali angin berhembus kencang semua akan diluluhvlantakkan.ready for worst scenario,sekali merdeka tetap merdeka.allahu akbar.salam nusantara jaya

  57. Kalau bung pr saja sudah bisa berkata begitu, lalu bagaimana dengan kawulo alit seperti saya ini ? Memang dikota kabupaten kecil yg saya tinggali masih adem ayem. Tapi tidak tahu setelah 22 mei nanti. Bung pr, apakah pengambilan resiko seperti kejadian JFK layak dijadikan opsi terburuk dari yang terburuk ? Tapi mungkin bisa menyelamatkan bangsa dan negara ini dari kehancuran. Maaf bung pr, saking sedih dan marahnya saya melihat situasi dinegeri ini.

  58. Pemburu rajawali on

    Maksimal 24 jam pembersihan Pesanggrahan bhayangkara dari Sengkuni dan Kurawa. Jika dlm 24 jam tak bersih juga maka Pesanggrahan lebih baik di lebur hancur kan saja.. tonggak Panji dg Panji terbentang akan ku Robek Robek habis..bangun lagi dg segenggam bara dan arang demi Kawulo

  59. dan 02 sdh dimakarkan…aduh… ya Allah…kok sampai sebegitunya mereka…
    kapankah negeri ini menjadi negeri yang gemah ripah loh jinawi…..
    kita masayrakat kecil hanya bisa bersuara tanpa bisa berbuat dan bertindak lebih lanjut….

  60. PEMENANG SUDAH DI UMUMKAN.
    SAYA ADA 1 PERTANYAAN BUAT PARA KSATRIA DI NEGRI INI.
    PANTAS KAH RANTAI KOMANDO DI PERTAHANKAN?
    KARENA RANTAI TERSEBUT DIGUNAKAN UNTUK MEMBELENGGU KEBENARAN & KEADILAN.
    MIRIS.

  61. Berharap cerita kapal oleng kapten,tenggelam ke dasar samudera,ternyata ……
    atau cerita ini masih blm selesai…….
    ” Ya Allah selamatkan negara ini dari kehancuran,lindungi patriot dan seluruh rakyat dari orang-orang yg merusak kehidupan kami “.

  62. semoga terjadi seleksi alam dinegeri ini……daripada jatuh ke tangan aseng,lebih baik hancur…m

  63. Salam Perjuangan Saudara2ku Se-Nusantara….

    bersabarlah dengan taqwa kepada Allah SWT dalam menyikapi kondisi negerimu. pakailah helikopter view dalam melihat perkembangan dinamis di nusantaramu dan sekelilingnya. dan jadikanlah dirimu sebagai patriot-patriot nusantara yang memiliki kadar kemurnian 100% atas niat , tekad, usaha hanya untuk keutuhan dan kedaulatan negerimu dalam perang hybrid ini demi masa depan anak-cucu mu nanti.

    Yakini bhw proses memilah dan memilih yg dilakukan beragam pendekatan telah mencapai pada sisi kesimpulan: Siapa Pandawa? Siapa Kurawa? Siapa Para Sengkuni?

    Yakini bhw proses bersih-bersih ini akan dan sedang berjalan sistematis, massive, terstruktur dari pusat sampai daaerah.

    Yakini bhw tombol “START” bersih2 telah ditekan. Salam

    • Salam Bung PW, semoga Rahmat Tuhan YME selalu melingkupi NKRI dan wabil khusus para Ksatria dan kawulo yang inshaaAllah lurus. Proses ini bener2 mendewasakan kami sbg rakyat sekaligus alert bahwasanya perang hibrid akan semakin ‘canggih’ dan flagrant menjurus kasar. Terimakasih sdh sabar dlm elaborate kita sbg kawulo alit. Baju tidak terajut tanpa jarum dan benang. Begitu peran yang kami sbg kawulo alit lakukan. Permintaan kami, Mainkanlah peran sbg Ksatria dgn elegan dan MENANG. Kontrol kami layaknya catur sang Pemenang.
      Seperti yang diberitakan, layak ditunggu juga pernyataan sikap dari pak SBY..

    • Pemburu rajawali on

      @pw hehehe.. sedikit ngeGebrak saat pagi buta.. yah,betul sekali bung tombol start to clean Malware and viruses sdh di tekan. Beberapa akan mulai memakan Malware dan virus nya. Tapi izin kan kami bermain High Tide Deep wave dulu! Anomali gerakan cinta Haq akan bergulir laksana bola salju di gunung Everest yg melaju super kencang tak akan bisa terbendung dg segala halangan.

      #backDoor always open with multiple doors

  64. Post Coment on

    Di negri hastina, rakyat dan kesatria nya sedang gundah gulana.

    sang resi bijak hanya tersenyum melihatnya,
    Sang resi hanya berkata pd muridnya : itulah jika kesatria tdk belajar bengis demi kebaikan nagarinya, akhirnya para kacung lebih takut pada kebengisan kurawa.

    Bagaimana kacung tidak brigidik ngeri dan jerih pada sepakterjang kurawa, setiap yang berpotensi menghalangi kurawa naik tahta, mereka habisi sehingga banyak korban bergelimpangan rakyat tak berdosa di negri hastina.
    Kacung pun berpikir demikian : “jika saya memenangkan pandawa, bisa jadi saya dan keluargapun mati spt rakyat jelata..”.
    Dan akhirnya kacung ketakutan, maka dia memilih berpihak pd kurawa.

    Dan kesatria tdk mengancam kacung lebih bengis dr apa yg kurawa ancam kan.
    Seharusnya kesatria buat kacung berpikir bak buah simalakama, pilih kurawa mati, pilih pandawa juga mati..

    Sang resi bergumam : yah itulah suratan taqdir, jika langkah kesatria benar semua, manalahmungkin perang mahabrata akn terjadi dlm sejarah pewayangan.

    Dan sejarah pewayangan membuktikan, ketika “otaknya” kurawa mati (sengkuni), kekuatan kurawa berkurang lebih dari separuh.

  65. gak terjadi apa2 hanya rakyat dikecewakan dengan pemilu yang tidak jujur.. metodenya terbukti ternyata boleh ditiru

  66. Kenapa kalian mengeluh… Hah..
    Dengan cobaan seperti ini kalian mengeluh.., apa yg rugi dari diri kalian, apa yg hilang dari diri kalian?? Mati kalian tidak… Kehilangan harta juga tidak…!!!
    Baru menerima ujian spt ini saja, kalian sdh spt langit runtuh menimpa bumi saja…!!!

    Jangan ngaku mencintai NKRI jika mental kalian seperti ini… Bapak moyang dan kakek buyutmu dulu kehilangan harta dan nyawa karena cintanya mereka pada negri ini, pernah mereka mengeluh spt kalian, hah…
    Pernah mereka se cengeng kalian..??

    Lalu kalian kehilangan apa…???

    Jika kalian merasa mayoritas, dan di dukung suara mayoritas, maka TUNJUKAN ITU PADA NKRI..!!!
    Tapi jika kalian tdk mampu tunjukan, itu artinya kalian memang tdk di dukung mayoritas rakyat, dan layaklah kalian kalah… Maka hentikan sumpah serapah dunia maya, terimalah ini sebagai taqdir Allah swt jika jagoan kalian kembali kalah…!!!

    • Pejuangzaadul on

      Takdir klo pemimpin zalim dan kecurangan di menangkan dg berbagai cara. Dan rakyat harus menerima sebagai takdir, Pemikiran orang dungu yg begitu. Klo dulu rakyat berpikir seperti itu indonesia g bakal bisa merdeka.

    • Kita memang tidak kehilangan harta dan nyawa tapi kita juga rela untuk kehilangan itu semua.kita akan trima dengan lapang dada dengan jiwa ksatria asalkan semua dilakukan dengan sejujur jujurnya.kalau kita ajukan bukti sedangkan mereka juga bagian dr para penghianat bangsa itu juga akan percuma.banyak orang2 yg dilaporkan dr pendukung petahana tapi apa ada yg di respon???bagaimana dengan Laiskodat yg malah jd gubernur?bandingkan dengan Ahmad Dhani!bagaimana dengan Ade Armando?abu Rondo?dan yg lainnya?????

  67. Di mau di buat yg model bagaimana pun 02 gak bakalan bisa menang …….fakta…..selma masih ad penghianat2

  68. Redemption on

    Kalian sudah kalah. Itu yang dikatakan Fir’aun ketika Nabi Musa as sampai di tepi laut merah. Tak ada jalan lagi.

    Kalian sudah kalah. Itu yang dikatakan raja Namrudz ketika Nabi Ibrahim as dibakar di dalam lapangan api yang luas.

    Kalian sudah kalah. Itu yang dikatakan pasukan Ahzab ketika mereka mengepung Nabi Muhammad saw di dalam kota madinah.

    Menyerahlah, itu yang dikatakan oleh pasukan Mongol kepada Saifudin Quthuz ketika mereka akan masuk ke Mesir, setelah meluluhlantakkan ibukota muslim di Irak.

    Menyerahlah, itu yang dikatakan oleh pasukan NICA ketika mereka mengepung Kota Surabaya dengan pasukan dan peralatan perang yang sangat besar.

    Tapi sejarah mencatat siapa yang tenggelam, siapa yang mati mengenaskan, siapa yang hancur setelahnya.

    Kita mungkin akan kalah. Tapi kita juga bisa menang. Tapi kita tidak akan menyerah. Karena kita bersama di jalan yang ditempuh ulama. Mereka pewaris nabi. Mereka mewarisi keberkahannya. Dan mereka juga mewarisi pahit getirnya perjuangan para nabi.

    Orang bilang jangan terlalu berharap. Tapi Allah menyuruh kita berharap pada-Nya. Maka tetaplah pada posisi masing-masing. Sampai Allah menetapkan janji-Nya.

    • ichamp juara on

      mantap bosque… intinya jangan putus asa dari rahmat Alloh, tenang aja… steady… ready… go…
      Teruslah menggantungkan harapan pada Alloh, sabar bukan berarti menyerah, tetap berusaha…

      siapa yang depan bawaslu? sinyal ilang-ilang ga?

  69. Klu pun kalah bener2 kalah tanpa kecurangan pak 08 akan mengakui kekalahanya secra kesatria tp klu kalahnya kalah di curangi siapa pun orangnya pasti akan menolak kecurangan itu………….moga ALLAH memberikan azab buat para penghianat2 demokrasi di negri ini……ya ALLAH elengno orang2 yg curang koyo wong urio ojo koyo wong mati…..afatihah7x

    • ichamp juara on

      kalau ada pertandingan bola, skor sementara 0:0 alias draw, dibabak kedua kubu away, membobol gawang lawan, namun dipapan skor tertulis 1:0, home 1, away 0, dan diakhir pertandingan wasit melihat papan skor dan yang dimenangkan yang Home

      apa ga ribut suporternya dan officialnya… yang ribut ya jelas kubu away, karena dicurangi, masa iya wasit ga liat goalnya, yang diliat hanya papan score yang bisa diubah oleh orang tidak bertanggung jawab…

      adios… keep semangat, keep faith karo Gusti Alloh… Gusti Alloh mboten sare…

  70. Pemburu rajawali on

    Akan ada 10 mantan jendral yg akan jadi tumbal demokrasi Pancasila. Sy termasuk ga ya.. hehehe!!

  71. BESOK JAKARTA FIX RUSUH.
    SUDAH TIDAK BISA DI TAWAR LAGI.
    KSATRIA BERJIWA PATRIOT, IBU PERTIWI MEMANGGIL.

  72. Legitimasi yg dipaksakan oleh l, a, w dan titik titik…. Diumumkan tgl 21 agar legitimate dan apapun yg terjadi kita lihat esok hehehe

  73. Hancurkecurangan on

    Curang oleh petahana sangat sulit diselesaikan….semua pihak yg bersebrangan dengan pemerintah di cari kesalahan nya utk bisa di tangkap,di takut2 i…sehingga bungkam…walau lembaga itu sekaliber kpk…ingat smua ketua kpk diganti di awal rezim parah ini dengan di cari kesalahan mereka dari awal mereka hidup sampai sekarang….wkwkwk..jadi pada siapa rakyat mengadu.harus ada lembaga anti body yg tidak bisa di intervensi hukum sampai mereka selesai menjabat…bahkan oleh seorang presiden diktator sekalipun…indonesia demokrasinya sangat mundur kezaman diktator?

  74. WATER CANNON DAN GAS AIR MATA SUDAH DI TEMBAKKAN.
    BESOK LEBIH GILA LAGI.
    SIAP-SIAP LAH SAUDARA KU…
    KITA BERJIHAD DI JALAN YANG BENAR.
    MAJU TRUS.

    • Polat Alemdar on

      Pertanyaan yang sama tapi lebih spesifik: Apakah mereka ini opsus militer atau Direct Action Unit intelijen Naga Merah?

  75. Redemption on

    Mohon yang tau info valid verifikasi….
    Masjid al makmun-fpi petamburan diserang?
    Info sdh terbesar, bahkan akun twitter resmi fpi jg memberitakan sama…

    Moeldoko bilang polisi gak pke peluru tajam, tpi video beredar dan dikonfirm oleh akun fpi masjid al makmun ditembaki dgn peluru tajam oleh serdadu hitam2…korban berjatuhan dan ada min.1 yg tewas…benarkah?

    Beredar jg foto serdadu hitam dgn wajah tertutup namun mata dan kulit wajah tdk seperti ciri2 melayu/indonesia pada umumnya…

    Ada apa sebenarnya?

  76. pencari kebenaran on

    Iya katanya ada fpi syahid 1 orang. Nah TNI mau apa sekarang, tetap mau jadi suzerainty Zhongguo?

    • Redemption on

      Info terakhir sdh 2 yg syahid bung…dgn foto jelas sekali tembakan peluru tajam di punggung kiri….

    • pencari kebenaran on

      Peduli amat peluru tajam atau pistol air, ini kalau sudah sampai tewas tanda minta dikudeta. Coup d’État. 政變. Golpe de Estado. Putsch. तख़्ता पलट. 政変.

  77. Ya Allah… Nembaknya ngeri banget, kayak lg menghadapi musuhh yg brsenjata jg… Smoga Allah melindungi dan menolong2 org2 yg berjuang di jln yg benar… Smoga sahid org2 yg gugur membela kebenaran…
    Bung PR & ksatria2 lurus lainnya yg konsisten berjuang di jln yg benar smoga diberi keselamatan & kemenangan…

  78. Saya ga bisa berkata kata lagi sudah 10 mujahid yg gugur,mesjid di obrak abrik, peluru tajam di gunakan,hati2 dapat info juga ada wercok memakai atribut TnI,fix kayanya impor brimobnya…karena diteriakin stop malah terus nembak,sy takut ini jadi fitnah keTNi

  79. Pemburu rajawali on

    18 confirm died by gun shot wound and hundred is minor to medium injuries report dari RS Petamburan. Confirmed undisclos foreign militia contractor being use as front line men

    • @ Bung PR emang boleh ya pakai kayak gitu. Sudah separah itu kah kondisi kita. Maaf penassaran banget

  80. Pemburu rajawali on

    Pakai kontraktor luar udh biasa dlm investasi tapi kalo msh dlm masalah dlm Negara hadapi demo biasa pakai black Dog panda sama saja undang para ksatria tarung bebas. Negeri ini gudangnya para siluman militer,we Will fight back

  81. Ya Allah…semuanya serba impor..sampai2 black dog nya juga…? Ayolah ksatriaku…jangan biarkan ibu pertiwi menangis melihat negeri ini tercabik….

  82. maaf para sesepuh, sy sdh lama SR, izin bertanya apa tindakan TNI kt klo sdh tau adanya militer naga berkeliaran dimari dan didandani seragam aparat kt ? luar biasa geram mlihatnya.

  83. Pemburu rajawali on

    Karena black dog terbongkar maka akan ada false flag attack ke “kembaran” nya black dog secara acak dan intensif

    • Redemption on

      Smoga Allah SWT/Tuhan YME selalu melindungi dan membimbing para ksatria negri ini…..amiiiin YRA

      Bung @PR, apakah benar jend.purn. GN berada dalam pengawasan dan pengamanan pihak2 tertentu?
      Jika iya apa ada info yg bisa dishare ada apa sebenarnya?

  84. pencari kebenaran on

    Xi Jinping kasih selamat kepada Baginda jOKoWi, jauh lebih dulu dari foreign leader manapun. Why am i not surprised?
    Unit Military contractor maksudnya PMC? atau ….

    • @ Bung Kangmardi , lancar bung. ini monitor terus dari semalam salah satunya lewat FB masih lancar sampai siang ini

  85. Pejuangzaadul on

    Pembatasan bertahap jaringan internet. Masyarakat disuruh melototin kabar dari media meinstream. Kembali kejaman batu. Akses informasi dibatasi

  86. pencari kebenaran on

    Bung PR, rencana aksinya bakal seperti apa, masa hanya demo besar2an gini saja sampai pETruk® mengundurkan diri? bagus kalau bisa tapi tidak realistik.

  87. Redemption on

    Innalillahi wa inna ilaihi raaji’uun
    Dpt info yg demo di slipi tdi ada yg memang terkena peluru tajam ketika bentrok dgn aparat….info lgsg dri saksi mata lokal…
    Bgmn ini? Apa memang dibiarkan kekejian ini…?

  88. Apa bakalan aktifasi unknown soldier nya @bung PR?
    Harus efektif nih ops nya biar g makan korban lagi…dah cukuplah

  89. Para ksatria nkri sdg berusaha sebqik baiknya agar rasa keadilan dapat ditegakkan berdasarkan fakta yg valid.. Para pendemo mohon profesional memyuarakan keadillan dan demikian pula aparat yg bekerja giat..

  90. Pejuangzaadul on

    Ternyata pak gatok salah 1 yg menjadi tumbal. Kabarnya sudah di amankan oleh pihak terkait

  91. Pejuangzaadul on

    Di antara pendemo banyak penyusup binaan aparat keamanan, intelegen sangat ketara sekali permainannya. Awas “ANARKO”, tes the warer saat demo 1 mei pake atribut item”

  92. Hamba Allah on

    Gregetan liat kondisi skrg, berita mainstream isinya mojokin prabowo… Bung PR jg gk ada kabar hr ini nih, mudah2an aman2 aja…

  93. salut kepada ksatria jiran yg tlah membebaskan bangsanya dr naga, dalam cerita tentara lembik lah….selalu underdog….tapi lebih bisa bersikap…mahatir hebat…

    • ichampjuara on

      beda kasus om, disana dikit pengkhianatnya, lah disini… lagian disana kan negara persemakmuran, disini… non blok… yang banyak musuh, dari jaman dulu ampe sekarang, gadis perawan yang dikelilingi penyamun…

      info valid… banyak provokator dan seperti bung PR bilang diatas, ada PMC nya…
      jadi ya begitulah, disni banyak yang bermain ga bisa bandingin ama malingsia truly thief in asia

      • Menurut sy jg gak apple to apple bung, malay punya induk semang dimana si induk tdk mau anaknya jatuh ke naga. Tinggal pastikan pemilu mereka fair krn mayoritas penduduknya dah ketahuan anti naga.
        Insya Allah, sy masih yakin dengan TNI..

  94. HAmBA Allah on

    Yang bikin sulit karna pemegang komando orang nya petruk semua bung, mantan danjen kopassus aja bs jd tersangka,,mungkin itu yg bikin prajurit ragu2,, kalo gagal take over bs jd dessertir masal

    • pencari kebenaran on

      IF THAT IS TRUE ,Then stop being f*****g pretentious with all this sengkuni/naga cr*p, and just move on to barracks and keep accepting salary from the Great Jokowi. And dont forget to use those useless ghaib toys(if any) in many, many training, preferably under the auspice of GREAT PLA, to ensure the prosperity and security of One Belt-One Road, Maritime Silk Road, Poros Maritim Dunia, whatever f**kcr*p they came up with. Please.
      Now i dont believe those are true though, really. why should you believe that to be true anyway?

      • Hamba Allah on

        Sy pun berharap mereka berani bung,sebagai rakyat kecil yg gk punya daya upaya,apalagi snjata,, sy biasa SR sampe greget pgn ikut komen,berharap para ksatria yg ada di forum ini ikut baca dan jd berani ambil keputusan..

  95. HAmBA Allah on

    Sy pribadi sih percaya ops senyap pasti ada, tp mungkin hasilnya gagal,,trbukti dgn 1 ex danjen dan 1 prajurit aktif yg tertangkap dan jd tersangka,,sambil berharap ini blm selesai,dan bukan hasil akhir

  96. jika saat ini nggk bisa menggagalkan petruk,kedepan niscaya akan semakin berat mengendalikan kaki tanganya….

  97. Kami menunggumu para Ksatria ku
    Sapta Marga :

    1. Kami Warga Negara Kesatuan Republik Indonesia yang bersediakan Pancasila.
    2. Kami Patriot Indonesia,mendukung serta membela Ideologi Negara yang bertanggung jawab dan tidak mengenal menyerah.
    3. Kami Ksatria Indonesia, yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta membela kejujuran, kebenaran dan keadilan.
    4. Kami Prajurit Tentara Nasional Indonesia, adalah Bhayangkari Negara dan Bangsa Indonesia.
    5. Kami Prajurit Tentara Nasional Indonesia memegang teguh disiplin, patuh dan taat kepada pimpinan serta menjunjung tinggi sikap dan kehormatan Prajurit.
    6. Kami Prajurit Tentara Nasional Indonesia mengutamakan keperwiraan di dalam melaksanakan tugas, serta senantiasa siap sedia berbakti kepada Negara dan Bangsa.
    7. Kami Prajurit Tentara Nasional Indonesia setia dan menepati janju serta Sumpah Prajurit.

    Sumpah Prajurit :

    Demi Allah saya bersumpah/berjanji :

    1. Bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
    2. Bahwa saya akan tunduk kepada hukum dan memegang teguh disiplin keprajuritan.
    3. Bahwa saya taat kepada atasan dengan tidak membantah perintah atau putusan.
    4. Bahwa saya akan menjalankan segala kewajiban dengan penuh rasa tanggung jawab kepada Tentara dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
    5. Bahwa saya akan memegang segala rahasia Tentara sekeras-kerasnya.

    Delapan Wajib TNI :

    Demi Allah saya bersumpah/berjanji :

    1. Bersikap ramah tamah terhadap rakyat.
    2. Bersikap sopan santun terhadap rakyat.
    3. Menjunjung tinggi kehormatan wanita.
    4. Menjaga kehormatan diri dari muka umum.
    5. Senantiasa menjadi contoh dalam sikap dan kesederhanaannya.
    6. Tidak sekali-kali merugikan rakyat.
    7. Tidak sekali-kali menakuti dan nyakiti hati rakyat.
    8. Menjadi contoh dan melopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya.

  98. kalau TNI meninggalkan rakyat, pasti akan diingat, roda berputar, saat TNI butuh rakyat.
    TNI besar bersama rakyat.

  99. Putra buana on

    Sepertinya harapan smkin kcil,tim 02 lemah bnyak d susupi penghianat..berdoa saja smoga yg kuasa memberi jalan kebaikan buat negri ini

  100. @Pencari kebenaran walau Thailand junior tentara mereka bisa menentukan kemana arah tujuan 11 kali kudeta Thailand

  101. Harapannya kedepan tidak usah kudeta tapi semoga bisa menjegal para penghianat bangsa yang akan mencalonkan diri menjadi pemimpin di negeri ini

  102. semua sudah dipersiapkan antisipasinya sblm pemilihan berlangsung.
    ibarat main catur,sudah mati langkah.

  103. Bung tokwan kebenaran dan keadilan kalah dari tahun 2014 dan akan sulit di untuk di tegakkan kembali hingga suatu saat perang besar pecah yg kalau dalam ramalan wong jowo kari separo cino londo kari sak jodoh

  104. Putra buana on

    Bagaimana dg anak cucu bangsa ini?dulu leluhur bisa mengusir mereka china..skrg kita tidak bisa memberikan yg terbaik buat anak cucu kita,sakit rasa hati ini..

  105. Jaman fitnah yg lemah berkuasa dan yg benar tersingkirkan….. Mau gak mau sdh masuk jaman fitnah ya harus dijalani jangan berputus asa dan bertemanlah dgn orsng orang yg jujur dan baik

  106. Sak iki jamane jaman jman edan jare,nek ra ngedan ra keduman…wong jujur ajur….wong salah dadi bener,wong bener dadi salah….fakta

  107. Pemburu rajawali on

    Kejadian riot bin chaos jg penembakan tanpa prosedur di tambah vitalnya video oknum aparat lepas kendali mengakibatkan noda hitam pd jargon demokrasi Pancasila dlm dan luar negeri. Makin masif nya kelompok binaan menjegal yg Haq akan menyulitkan negeri ini didunia internasional. Jgn bermain api para Sengkuni dan Kurawa Krn ini 2019 BKN 98

  108. @Bung PR : Aamiin Bung…semoga memang ada jalan keluarnya, dan bukan 5 thn lg jalan keluar itu baru ada…males aku nonton berita2 TV…

  109. Pemburu rajawali on

    Insya Allah tidak bung Defconn. Ex Gam msh memegang komitmen setia pd NKRI. Jalan kebenaran itu penuh dg liku,lakon dan tanjakan terjal.keadilan akan menemukan jalannya sendiri laksana air yg menembus celah bebatuan.

  110. Pemburu rajawali on

    Yg pasti chaos 22mei adalah divert pos Mega ops setelah lebaran. Dah itu saja silahkan cermati dg seksama

    • Apakah (Di negara Wakanda) para ksatria active tidak marah Ada PMC aseng Pakai seragam SWAT lokal ?

  111. Pemburu rajawali on

    Dragon claw with debt repayment scheme as bargaining power to push local lord. Semua akan berakhir pada War on fuel sdg BARU sbg covering Shield. Bukan. Perkara mudah

  112. JENGGOT BONAR on

    Kebenarab akan menemukan jalannya sendiri laksana air yg menembus celah bebatuan . sebesar apa celah yang akan di lalui oleh kebenaran yang terhimpit oleh kuatnya sang karang. Apakah bisa memurnikan air yang terkontaminasi menjadi hitam legap, sedangkan air yang abu abu aja sangat sulit murnikan,

    • Kebenaran akan mencari jlnnya sendiri.klupun buntu dia akan membuat celahnya sendiri.surojoyo joyodiningrat lebur dening pangastuti,percayalah msh bnyak ksatria yg lurus.

      • JENGGOT BONAR on

        Iya itu betul, slkesatria yang sekarang lebih di sibukkan permainan catur kolosal lokal yang tangan satu berperan memainkan bedak sendiri yang tangan satunya memainkan bedak musuhnya, ini bukan permainan tapi sandiwara yang di bungkus rapi demi ambisi . kesatria putih yang konon kerja memurnikan dan menjadi filter pada air terus, tiba tiba cakarya menjadi tumpul karna permainan catur dua kaki ini

          • JENGGOT BONAR on

            Kita lihat nanti, ……kecemasan saya kan mendasar pada pola dan tatanan yang ada di negri ini walaupun mungkin bagi awam masih sangat samar terlihat , bara api dalam sekam lebih bahaya dari pada bara api di dalam kayu.

  113. Mungkin usulan Cak Nun, layak di tindaklanjuti, jika semua Paslon Pilpres 2019 meng-klaim kemenangan sendiri-sendiri. Buktikan jika merasa menang dengan “Penghitungan Suara Ulang” dengan mekanisme yg jujur, adil, transparan dan disaksikan pihak2 yang bersangkutan seperti https://www.youtube.com/watch?v=T0hp7u4DPEY

  114. bagaimana dgn data DPT dan TPS yang konon siluman? blm lagi kejadian2 jauh sebelum hari H, saat hari H dan pasca hari H. Terlalu kompleks mnrt saya kecurangan yang dilakukan. Saya pribadi tidak yakin dgn hasil dari MK.
    palu sudah diketuk, hasil sudah di putuskan..kita serahkan saja pada Tuhan bagaimana perjalanan bangsa ini nanti. rejeki tak dapat ditolak, bala’ tak bisa dihindari.

      • saya sbg rakyat biasa,hanya bisa berteriak melihat keadaan NKRI saat ini,sakit hati,sedih,marah bercampur jadi satu.
        Mau dibawa kemana negara ini,hanya bisa ikut saja.

  115. Jalan keluar hanya 2.
    1.DISKUALIFIKASI PETAHANA.
    2.LAKUKAN PEMILU ULANG.
    kalau MK tidak mengabulkan, JIHAD SAMPAI TITIK DARAH TERAHIR.

      • Suruh tuh datang pasukan PLA/USMC/INTERFET kesini bung,,,,dengan senang hati kami layani..kami tidak akan mundur.

    • Pejuangzaadul on

      G usah pemilu ulang nambahin beban negara. Lakukan aja perhitungan ulang yg transparan dan bentuk tpf kecurangan pemilu. Walaupun dpt nambah sekalipun 08 tetap menang. Setelah naik tahta baru dah kejar semua orang yg terlibat dalam kexurangan tanpa pa

  116. Exit Plan Kurawa = Chaos
    Exit Plan Pandawa = Chaos
    There are one way out…. Petruk Mundur, lari, menghilang….tapi apa mungkin ?

    • hayaa,,,kita olang banyaak duit,,,ambil di paman Panda aja,,,,la tidak usah lepot-lepot…cincau lah lu olang
      Welcome to the hell,,( five years ),,,brother.

  117. eid mubarak 1440 H……masakannya masih ada yg blom lengkap, lalap sayur sambal, goreng ikan terasi balakutak dah siap…minuman coklat panas malah disajikan…nastar tambah asik eid nanti……kok makanan sih…..selamat berpuasa sebelum bulan Ramadhan meninggalkan kita…eid mubarak kali ini mungkin yang tak pernah terlupakan…

    • Kalo ada sumur di ladang blh kita menumpang mandi .Kalo kuota umur msh lah ada blh kita posting lagi.
      Mengakhiri puasa hari ini, mhn maaf lahir batin untuk bung2 semua

    • waduh bung jenggo ..kok serba ada ya…? yang menggelitik minuman coklat panasnya…
      Selamay bertugas para patriot, semoga selalu dalam lindungan Alloh SWT dan selalu diberikan kekuatan, kesabaran dan keberhasiln dalam tugasnya… aamiin..

  118. Mash ingat dosen Tamu Di PaTGa, yg memberi kuliah tentang imperium Romawi
    Di awal2 nya military Romawi begitu kuat Dan solid. Expansion besar2an ke Europa, menjadikan Emporium Romawi salah satu emporium terbesar Di dunia
    Tapi begitu democracy menjadi pilar Romawi, dan military mulai Kendor . senator senator corrupt dan rakus mulai berpengaruh, pecah lah Emperium Rome, menjadi barat dan Timur…
    Mirip ngga dengan negara atlantis Di asia

    • Itulah yang selalu terjadi dinegara yang terlalu percaya dengan sistem demokrasi .
      sistem yang di elu-elukan akan membawa perubahan ke arah lebih baik ( bagi sekelompok orang saja ).
      Kalo pendapat pribadi sebenarnya Bangsa Indonesia butuh demokrasi tetapi dengan kontrol yang ketat, kontrolnya mengedepankan nilai-nilai luhur yang telah diajarkan nenek moyang kita yakni Nilai Nilai Pancasila.
      Bangsa ini sudah mengetahui dan bahkan paham nilai2 tersebut TETAPI prakteknya yang MAAF sebagian besar hanya di mulut tidak dihati.
      Semoga Bangsa ini sadar dan kembali ke Agama dan Pancasila.

    • pencari kebenaran on

      Sama sekali tidak mirip. Romawi dulu pernah menjadi salah satu Superpower militer dan budaya dunia, dan bahkan banyak dasar-dasar hukum yang diambil dari hukum Romawi. Bahkan setelah terpecah 2, Romawi barat masih bisa hidup beberapa abad, Timur/Byzantium apalagi.

      Ini baru 70 tahun sudah impor garam,beras,gula, bahkan sekarang juga minyak. Militer apalagi, entah bisa tahan berapa lama bila diembargo,

      Sangat berbeda kejatuhan pohon sekelas Sequoiadendron giganteum, dengan ditebangnya pohon-pohon pinggir jalan karena mau dibangun jembatan OBOR.

  119. Muzakir Manaf : “Alhamudlillah, kita melihat saat ini, negara kita di Indonesia tak jelas soal keadilan dan demokrasi. Indonesia diambang kehancuran dari sisi apa saja, itu sebabnya, maaf Pak Pangdam, ke depan Aceh kita minta referendum saja,”….Perlawanan di mulai dari Barat…
    Dan besok Sabtu, 01 Juni 2019 Upacara Bendera Hari Lahir Pancasila, dg tema : “KITA INDONESIA, KITA PANCASILA”…Slogan yg selalu di gembar-gemborkan, bukankah dr dulu memang sudah begitu???

    • It is a warning for the highest,,,,,,
      He should aware from his illusion..
      Wake up sir !!! don’t sacrifice your people just to satisfy your ambition + your mate ???

    • dalam keluarga,bila pemimpin rumah tangga sudah mulai ringan tangan ( tangan besi ), pemabuk,pembohong,penjudi,berhutang tanpa ijin anggota keluarga hanya untuk memuaskan hawa nafsunya bersama teman-temannya.
      KIra-kira klo istri minta cerai,wajar gak ? Daripada tabiat buruknya mempengaruhi anggota keluarga lainnya.

  120. HATI-HATI akhir-akhir ini hantu MAKAR bergentayangan,,,lebih berbahaya dari Genderuwo, kuntilanak, sundel bolong,,dan santet.
    Efeknya lebih cepat hitungan detiiiik.telah banyak menelan korban.

    • Siapa yg menuduh orang lain berbuat MA-KAR,dan itu tidak terbukti.Maka tunggulah tuduhan itu akan kembali kpd orang yg membuat tuduhan palsu itu sbg KAR-MA.

  121. kalau para tokoh sedikit sedikit di bilang makar ujung2nya rakyat nanti sedikit2 bakar …..bakar……

  122. Kalo Petruk masih NGOTOT, referendum adalah jalan terahir.
    Biar hancur sekalian.
    Kekuasaan si Petruk tinggal kota solo ajah.
    Opini ngawur.

  123. Pemburu rajawali on

    Dlm demokrasi kalimat Referendum dan reunifikasi adalah hal yg normal. Jl kau berlayar di laut lepas jgn lah mengharap badai dtg,jgn pula terkena dg tenangnya lautan.

    • Bung PR, apakah saudara kita Bpk Zakir Manaf akan kena Hantu Makar juga kah ? melihat beliau mengeluarkan statement tersebut dihadapan Pangdam,Kapolda dan gubernur. Bisa saja nanti ada yang mengadu kemudian diusut terkena pasal MAKAR ? beranikah mereka ?

    • Pada di luar negeri dan rakyat bergerak dimana sumber makar bukan yg spt yg dituduhkan tetapi kerakusan mempertshankan kekuasaan!!!!!! Sdh jelas siapa saja dibaliknya dan harus dihukum sbgmn pki dimusnahkan

  124. Terlalu jauh… Rezim Diktator Orde Baru SOEHARTO 32 tahun NKRI terbelakang TNI di Bonsai habis jadi Centeng tambah 10 tahun NKRI ga di urus

      • Bingung ya mau bela nkri atau pilih referendum.. Elit sdh korup kekuasaan dan hutang menggunung…

      • Tugas ksatria nkri hampir selesai dikalahkan dgn kekuasaan korup.. Pensiunlah dgn tenang terima kenyataan karena kuda troya berhasil memecah persatuan.

    • Pemburu rajawali on

      Bung Yudha anda harus belajar sejarah lagi. Sejak jaman Sukarno hingga Jokowi masing masing punya cara dan sifat keditaktoran nya sendiri. Mahluk peninggalan orba sendiri masih banyak yg bekerja jg bekerjasama dg Jokowi sampai saat ini. Jika anda membenci orba maka Nanda harus juga membenci peninggalan orba yg masih ada di ring satu Jokowi.
      Saat era Suharto memang terlihat TNI seperti di kebiri sejatinya tidak karena Suharto fokus utk menurunkan inflasi dan menaikan kesejahteraan rakyatnya sesuai kemampuannya. Jujur saja saya kuatir dg hutang negara dan hutang BUMN yg SDH melewati zona merah sdg kemampuan bayar negara mentok

  125. KPU sudah menyiapkan dana buat pemilu ulang pilpres.
    Apakah MK sudah berada di jalan yg lurus?
    Mohon bocoran nya bung @pr.

  126. Pemburu rajawali on

    @benhur infoyg saya dapat MK masih di dalam treknya,wacana pemilu ulang menurut saya TDK tepat karena yg di perhatikan boleh rakyat itu adalah kejujuran KPU dan nertalitas pemerintah sbg penyelenggara dan fasilitator. Jika anda menjadi pemimpin yg jujur dan amanah kenapa harus kuatir tak terpilih lagi. Simple kan

  127. Thks [email protected] atas ulasan nya.
    Btw, masih adakah harapan buat pemain yg jujur?
    Akan kah NKRI yg sangat kita cintai ini terpecah seperti ramalan” yg beredar selama ini?
    Terima kasih sebelum nya bung.

    • Berharap bisa saja tapi harus menyadari realitas
      Tapi tidak boleh berputus asa karena kehidupan tetap berjalan
      Berjalan dgn rasa yg sama atau berbeda yg menyisakan romantisme ideologi
      Kalau berubah ya hadapi saja dan buang jauh sesal toh hanya kehidupan dunia dan legitimasi pun menguap tidak berbekas

      Skr saya menyadari pembuka uud45 kemerdekaan adalah hak segala bangsa… Ya harus ditegakkan karena penjajahan dgn kecurangan harus dibuang jauh jauh
      Karena menabrak hal mendasar ya artinya menuai badai

      Berada dipersimpangan tiada yg tahu kemana bergerak. Tapi kalau sudah gelap mata apapun diraih sayangya hanya lembaran jerami yg mengambang.. Lupa indonesia adalah negara luas tapi tertutup hati oleh ketamakan sesaat seolah olah mampu mengendalikan keadaan

      Jaman sudah berubah… Banyak negara melakukan proteksi tapi dimari malah membuka lebar lebar segala sesuatu masuk sampai garam pun masuk

      Daripada tertinggal dan tergilas jaman katakan cukup sampai disini. Saya masih ada asa dan bisa berusaha. Adios

  128. Pejuangzaadul on

    Selamat untuk para elit pemerintahan, elit partai, dan para elit pembuat keputusan yg memiliki andil besar dalam kericuhan dan kehilangan harapan saat ini, serta politik pecah belah yg dilakukan oleh para elit partai dan para simpatisan PKi, sebentar lagi tujuan kalian akan segera tercapai. Semakin masif ketidak adilan dinpertontonkan semakin cepat pula memanggil tentara luar untuk masuk ke bumi NKrI

  129. coemigaring on

    bila tdk mundur maka akan memisahkan diri..bila mundur tidak akan memisahkan diri..nanti bila tidak sesuai dengan kelompoknya akan memisahkan diri..nuntut mundur..ga jadi misah lagi..jadi sperti nya akan bolak balik ya?

  130. Ngeri, dulu tahu nya cuman bendera Aceh dan bintang kejora, Sekarang ada bendera macam2.
    Tetap saja akan jadi rebutan global lama dan global baru.

  131. Semoga ALLAH SWT, melindungi bangsa ini dari perpecahan.
    Semoga ALLAH SWT, membalas tipu daya orang-orang yang zalim.

  132. Wijayakusuma on

    Bintang dikebiri bintang. Dimana harga dirinya. Jdi tontonan rakyat. Menjadi stigma yang lemah gak ada harga diri dalam permainan politik. Dimana politik negaranya untuk menjaga kedaulatan.
    Itulah klo prinsip komando slalu pada pimpinan bukan pada kebenaran hakiki. Terlalu banyak diam dan membiarkan ketidakadilan dan ketidakbenaran tumbuh, berkembang, menjadi besar. Setelah besar bingung mau melawan seperti pa. Mempercayakan hukum Indonesia. Sma ja bangun kesiangan.
    Ksatria penjaga Nusantara slalu punya back door. Pakailah itu.

    Di negeri ini pemimpin udh seperti Tuhan yang gak pernah salah dan gak perlu minta maaf serta tanggung jawab. Dimana logika manusia biasa yang menjadi tempatnya salah dan dosa. Aparat seperti malaikat maut yang takan pernah salah dalam menghakimi.

    Kedaulatan diatas segalanya dalam tatanan negara. Tidak ada kedaulatan semua cacat yg dihasilkan.

    Kedaulatan diatas presiden, MK, ideologi, dan aparat negara.

    Jng jdi buih di lautan yg gak ada gunanya meskipun banyak

  133. Pemburu rajawali on

    Yg jelas uN akan Proses petisi Papua merdeka dan sang Hyang prabu dg rela akan memproses pelepasannya sesuai petunjuk sang hyang Naga juga para tetua selama sang hyang prabu tetap di tahta

    • Pejuangzaadul on

      Bikin rusuh aja lah. Diem n berbuat sama saja hasilnya indonesia bakal jadi bulan bulanan setan bangsat. Persetan dg para penghianat negri. Jika perlu sodara sedarahpun akan saya bunuh jika dia terindikasi jadi penghianat. Persetan dg tatanan berdenaga jika para pemangku kekuasaan tidak peduli akan kelangsungan hidup bangsanya sendiri. Bagus dah para sultan udah ambil sikap untuk menarik mandat. Itu contoh sultan yg memikorkan nasib rakyatnya,

  134. Putra buana on

    Negri ini sudah jd milik china dg 9 setan naga,sedih dan prihatin tp tak bs berbuat apa2.. hnya bisa berdoa yg tiada henti agar anak cucu di selamatkan tidak menjadi jongos china dan tidak jd korban kekejaman kaum kafir dan munafiq.

  135. pencari kebenaran on

    Buat yang ngaku Islam tapi nyembah Pancasila/Sapta Marga/BudayaKafirLokal
    Buat yang ngaku Islam tapi berpikiran semua tentang Indonesia pasti terhebat terbagus mirip kegilaan Nazi dan Yahudi/Israel
    Buat yang ngaku Islam tapi ribut semua gempa hasil rekayasa manusia, entah tahu tidak soal Karakatau
    Taqoballahu minna wa minkum 1440 H
    我喜欢你快乐

    • Bakulo Wajaro on

      Hehehhehe
      @bung pk tdk ada umat islam yg lurus menyembah selain Allah SWT apalagi dikaitkan dgn menyembah pancasila yg merupakan pandanganhidup bangsa yg majemuk ini dan tdk ada satupun butir sila di dlm nya yg bertentangan dgn akidah dan syariat islam
      Dan jgn coba membenturkannya..!!
      Kecuali anda bersedia disebut sbg kaum yg anti dgn agama
      Adiios#beware proxy war and asymetrc war

    • wah….ngawur nih orang. Pancasila itu sila2 nya berasal dari ajaran islam,…. sila pertama jelas monothris sekali…sesuai dengan alquran surat al ikhlas ayat pertama, ahad. Sedang sila persatuan indonesia…. itu merupakan ciri dan dasar perjuangan kaum monotheis yaitu persatuan…..berbeda dengan kaum persekutuan yang selalu dan harus dalam perpecahan dalam bentuk bagian bagian. Belum sila musawarah dan mufakat…jelas itu ajaran islam….

      keempat sila dari pancasila semua harus berdasar sila pertama (apa firmannya, apa perintahnya, dan apa tuntunannya) …….

      yang anti pancasila dan pengin menghancurkannya hanyalah musuh monotheis. yaitu kaum trinitas dengan segala tipu dayanya (termasuk yang ada di tengah kaum monotheis sendiri). Karena memang bertentangan sekali dasar, tujuan, cara kerja serta filsafatnya, ibarat 180 derajat.
      Ibaratnya yang satu mengajak ke akhirat yang satunya mengajak ke kesenangan dunia.

  136. Pemburu rajawali on

    Wow anda hebat bung PK, tendensius sekali tapi kok betah ya di patgaa hehehehe. Tolong belajar sejarah yg benar dan bersihkan hati juga pikiranmu. Sy mau tanya! Masih adakah Indonesia dan Pancasila saat ini?apa masukan Anda pada republik ini dan apa yg telah anda berikan kepada republik ini?

  137. Bakulo Wajaro on

    Assalamualaikum wr wb
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440H
    Mohon maaf lahir dan batin utk seluruh keluarga patga dan admin tercinta hehehehehe
    Semogga sehat selalu dan trus waspada membela ibu pertiwi
    Adios#lha piye @bung pk butir2 sila dlm pancasila itu diambili dari ajaran islam yg riahmatan lil alamin bukan utk disembah dijadikan sesmbahan, kecewa boleh dgn penerapan pancasila selama ini tp bukan berarti pancasila nya yg hrs disalahkan

  138. @rekan2patga Mohon maaf lahir dan batin jikalau ada kata2 yang kurang berkenan di hati anda semua dan maafkan saya jikalau banyak bertanya…..

  139. Roadmap to the bigest collapse
    Perang dagang us china menyebabkan dampak buruk ke indo kata menteri terbaik sementara pertumbuhn vietnam nyata

    Penghianat satu barisan genk casciscus dgn segala cara mengagalkan harapan rakyat padahal genk tsb ajarannya sangat menrkankan kepada cinta kasih spt halnya di tim2 dan papua… You know what i meant

    Waktu berjalan membakar asa dan kepercayaan yg sdh ada.. Roda kebidupan tetap berjalan dan tinggalkan para pengkhianat dalam lembah kelam dan penyesalan berdarah setelah mabuk orgasme kemenangan diatas bangkai kematian 600 orang

    Perjuangan rakjat tetap berjalan di atas koridor ideologi atau bahkan mencobak cabik setelah disusupi virus ketamakan dan tirani yg merusak demokrasi… Bagaimana mungkin bekerja sama dengan rampok yg menyatroni rumah di atas nama humanisme dan ketentraman.. Bodoh sekali

  140. Bakulo Wajaro on

    Hehehehehe
    Setelah 02 jalan jauh ke timur tengah.. Oalah sanng emir malah plesir ke timur indonesia
    Colek bung pr ..wkwkwk
    Adios#ra ono trveli warning toh..???

  141. Minal aidzin wal faidzin,
    Mohon maaf lahir dan batin.. kepada seluruh warga Patga.
    Terimakasih kepada para patriot yang sudah menggugah rasa cinta negeri, cinta sesama dan saling berbagi semangat dan pengetahuan.
    Semoga para patriot selalu ada dalam lindungan Allah SWT..

  142. Putra buana on

    Taqoballahu mina waminkum..
    Minal aidin walfa idzin untuk semua warga patriot garuda dan para sesepuh..
    Terima kasih atas sumbangsih cerita dan kisah yg di muat sehingga menggugah rasa nasionalis yg mulai pudar,semoga patga tetap ada dan NKRI tetap jaya selamat dr penjajahan china,usa &sekutunya.

    • Luar biasa.. ternyata di Patga sudah ada yg terang2an nyebong..

      Mohon Maaf Lahir Batin untuk semua nya. Semoga Allah senantiasa melindungi negeri ini dari berbagai marabahaya. Aamiin

  143. Sudah takdir nya Indonesia. Tidak ada yg kekal. Imperium Romawi, Persia, Bizantium, Abbasiyah, Usmaniyah, Sriwijaya, Majapahit, dll semuanya bubar. Sedih memang. Tapi apa hendak dikata. Sudah sunnatulloh, semakin jauh dari masa Nabi Saw semakin buruk masa itu.

  144. Taqoballahu minna waminkum..
    Mohon maaf lahir & batin untuk semua warga patriot garuda.
    Semoga Allah SWT senantiasa melindungi negeri ini.. aamiin..

  145. Assalamu Alaikum Para Patriot NKRI
    Inna Lillahi wa Inna Ilaihi Raji’un.

    Wahai Jiwa Pembela Ibu Pertiwi… Bangsa ini sedang dipertaruhkan. Tegakah kita melihat Indonesia yg begitu kita cintai terjual, tergadai, ternoda, teraniaya, bahkan terbunuh perlahan oleh 1-2 oknum bintang yg sibuk memperkaya diri, sibuk menyedot segalanya, hingga tidak ada yg terselamatkan? Mereka bahkan dengan senang hati mengorbankan Patriot2 Anumerta sebagai tumbal & kambing hitam.
    Wahai Jiwa Penyelamat Bangsa… Dajjal telah menampakkan dirinya, Fir’aun baru telah lahir, Sengkuni telah melemparkan dadunya. Karakter2 itu ada dalam figur yg sama, lingkaran yg sama, barisan yg sama. Cepat atau lambat, sadar atau tidak, senang atau tidak, kerakusan, penipuan, & penindasan mereka akan sampai kepada setiap kita yg ada di Bumi Nusantara ini layaknya Efek Domino. Kecuali bagi anda2 yg rela menjual Iman & Martabat karena anda ingkar atau lupa terhadap Kampung Akhirat.
    Wahai Jiwa Penjaga NKRI… Ini adalah Ujian dari Yg Maha Perkasa u/ membuktikan siapa diantara kita yg layak mendapatkan Derajat & KemulianNya. Ini adalah ujian, apakah kita memilih u/ menjadi Pedang & MacanNya, atau memilih menjadi kerikil sungai yg tak berharga. Ini adalah ujian, apakah kita memilih membela karena patriotik atau mundur karena takut. Ini adalah ujian, apakah kita memilih diam terpaku melihat Pemerkosaan & Keangkaramurkaan menari di depan mata kita, atau kita memilih teriak & melawan.
    Wahai Jiwa pemilik gelar Khalifah Allah… Inilah waktunya, di sinilah tempatnya. Bersatulah bersama Brahmana, Ksatria, Waisya, Sudra, Kita bangkit, Kita melawan.
    Allahu Akbar..! Allahu Akbar..! Allahu Akbar…!

  146. Kok jadi benang kusut begini ya dari formal informasi…
    Tarik menarik sambung menyambung…
    Berdoa yang terbaik untuk bangsa dan negeri tercinta…

  147. Masih saja berbual disini, tdk mau mengakui kekalahan strategy.
    Berhentilah berkhayal, tidak ada NKRI harga mati itu disini, tapi mereka yg gugur kemarin itulah yg NKRI harga mati sejati.

    Belajarlah pada tentara Thailand apa itu “menjaga bangsa dan negara”.
    Jika blm mampu menjadi patriot sejati spt tentara Thailand, maka diamlah karena kami rakyat lama lama ingin muntah membacanya.

    Maaf jika kata ini terlampau kasar. Mulai hari ini saya pamit dari patga, jika ada selama ini salah kata, saya mohon maaf yg sebesarnya.

    • Bakulo Wajaro on

      Hehehehe
      @yourname begitu byk hal tersrat yg semwstinya anda bisa membacanya
      Hahahahaha berkhayal dan membual adl menghasilakn Kegagaln spt ending yugoslvia dlm artikel ini..
      Pertanyaannya apk nkri dan pancasila msh ada saat ini..?
      Ghost fleet yg dlu d ungkap ps adl upaya utk menyadarkan arti persatuan dan nasionalisme yg saat ini sdh mulai tlihat dm kontelasi politik belakng ini dgn peduliya rakyat thd proses

      Adios#Jg krn buruk rupa cermin pun anda belah
      Jgn krn anda takmeampu mengolah informasi anda bicara kasar dan bodoh
      Cukup anda diam dan samina waatona. Jika anda mmg bukan bagian dari tikus proxy pengkhianat negeri

  148. Pemburu rajawali on

    Banyak yg terkena permainan selama 1 tahun ini Krn lupa rumus “who,what,where,which,whom” padahal jika paham dan memahami akan tahu benang merahnya jg endingnya permainan

    • Bung Mataram.
      Nampaknya hancur,karena belum keliatan hilalnya klo endingnya bakal happy.Ato mungkin saya saja yg gak ngeliatnya krn kurang ilmu …!?

  149. Saat ini saya hanya bisa berdoa kepada Allah semoga bangsa ini bisa terjaga dari hal yang tidak diinginkan karena saya percaya Allah itu maha adil dan ini mungkin suatu cobaan bagi bangsa indonesia agar nantinya bisa mempunyai pemimpin yang amanah yg membawa kemajuan utk bangsa ini dan bisa menghabisi tikus2 yang menggrogoti bangsa ini dan ular2 beracun bekingan aseng asing.

    • Bakulo Wajaro on

      Hehehehehe
      Benar bung PR… Byk dari kita yg melihat sesuatuhal msh sekedar hal yg tersurat bukan yg tersirat termasuk [email protected] name yg nesu ga jelas hehehe
      5 w yg menjadi pegangan. Para analis dan kstria dlm melihat fenomena proxywar dan aw ditengah masyrakat sekaligus mencari dan menrapkan antidotnya . pilhan skenario militer thai adl pilihan terakhir dan memperlihat antidot yg diterapkan tdk berhasil dan gagalnya undrgroundr dlm menggalngrakyat melawan para pion proxy
      Apakah utk mnhabisi tikus2 di lumbung hrs dgn mengerahkan harimau menjga lumbung..? Atauvmembakar lumbungnya…?
      Cukup hadirkan kucing 2 yg. Sadar akan pentingmya menjaga utk kepntingam mereka bersama
      Adios#bersatunya umat dlm satuvkomando dan meningkatnya rsa nasionalisme r akyat adl cermin keberhasilan menjalankan antidot tsb

  150. Jika Kemenangan hanya utk menaikan nilai tawar utk apa berkompetisi, kuku mana yg menancap lbh dalam, elang atau naga, sehalus apapun melepas salah satunya tetap akan tergores

  151. Saat ini ratusan juta rakyat indonesia menanti keadilan di mk. Semoga para hakim bisa memutuskan perkara tsb dgn seadil-adilnya. Dunia fana ini cuma sebentar dibandingkan akherat yg kekal apalagi waktu sdh mendekati akhir zaman. Semoga cobaan yg besar ini bisa dibalas oleh Allah dengan mengutus wakilnya di nusantara ini sehingga bangsa ini bisa dipimpin dgn pemimpin yg adil dan amanah.

  152. Bakulo Wajaro on

    _Rangkaian peristiwa sejak kepergian Prabowo ke luar negeri hingga kunjungan Menhan AS ke Jakarta, harus dibaca dalam satu rangkaian yang tak terputus._

    *Pujian Kiprah FPI, Sinyal Paman Sam Dukung Prabowo*

    (Mochamad Toha
    Sabtu, 15 Juni 2019 | 15:14 WIB)

    Tampaknya, Presiden AS Donald Trump tidak alergi lagi pada ormas Front Pembela Islam (FPI). Perubahan pandangan ini setidaknya ditampakkan dalam tulisan di media AS, seperti The Washington Post yang menulis kiprah FPI saat ada bencana.

    Melansir Demokrasi.co.id, Kamis (13/6/2019), kiprah FPI dalam membantu korban bencana alam di Indonesia tidak bisa dianggap sepele. Front bentukan Habib R*izieq Shihab itu selalu terdepan dalam setiap penanganan bencana.*

    Jurnalis Stephen Wright menulis *dedikasi FPI tersebut dalam artikel berjudul When Disastery Hits, Indonesia’s Islamists are First to Help yang diunggah di The Washington Post pada 11 Juni 2019 lalu.*

    Dia mengawali tulisan itu dengan menceritakan *bendera FPI yang terpasang di rumah Anwar Ragaua, korban tsunami Palu, Sulawesi Tengah, 28 September 2019. Pria berusia 50 tahun itu tidak menghiraukan perintah polisi untuk menurunkan bendera tersebut.*

    Anwar adalah satu-satunya nelayan yang selamat saat tsunami melanda ibukota Sulteng, 28 September lalu. Anwar mengenang bahwa *saat itu tidak ada polisi dan pemerintah yang membantu evakuasi di daerahnya.*

    Sebaliknya, pihak pertama yang menawarkan harapan kepadanya adalah FPI. Bahkan, *FPI turut menyerahkan kapal baru untuknya kembali melaut. Anwar tinggal di kampung nelayan di daerah terpencil yang sulit terjangkau.*

    Itulah sebagian fakta yang ditulis Wright di The Whasington Post. Kehadiran FPI dalam tanggap bencana mulai dilakukan pada saat terjadi *tsunami Aceh pada 2004. Tsunami ini menewaskan lebih dari 100 ribu orang di Serambi Mekah.*

    Teranyar, FPI turut berperan dalam *mengevakuasi korban gempa dan tsunami Palu yang menewaskan lebih dari 4.000 jiwa. Mereka membantu pencarian korban, mendistribusikan bantuan ke daerah pelosok, dan membangun perumahan sementara dan masjid baru.*

    Wright menguraikan, sejak didirikan dua dekade lalu, *FPI konsisten mendorong hukum Islam untuk mengatur kehidupan 230 juta muslim Indonesia. FPI menilai ada kesalahan konstitusi di Indonesia yang mengubah negara menjadi lebih sekuler.*

    FPI dibentuk di Jakarta oleh unsur-unsur militer Indonesia setelah jatuhnya diktator Soeharto pada 1998 *sebagai alat untuk menghadapi aktivis pro-demokrasi dan liberalisme.*

    Menurut Panglima Laskar Pembela Islam (LPI) Maman Suryadi Abdurrahman bahwa *jumlah anggota FPI saat ini mencapai lebih dari satu juta orang. Maman juga memastikan bahwa FPI tidak dalam tujuan mendorong Indonesia berpaham khilafah.*

    Mereka bahkan *memasang bendera merah putih dalam seragam untuk memastikan tidak anti dengan NKRI. “Tujuan kami adalah menjadikan Indonesia, di mana Islam adalah agama mayoritas rakyat, menjadi religius dan bersih dari amoralitas,”* tegas Abdurrahman.

    *“Kami menginginkan negara Islami, bukan negara Islam, karena negara yang religius akan mencegah negara dari menderita ketidakadilan sosial,”* sambungnya. Pemahaman seperti ini tampaknya sudah bisa diterima Presiden Donald Trump.

    Menjelang sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang diajukan paslon 02 Prabowo Subianto – Sandiaga Uno, The Straits Times juga menulis: Security heightened as pre-trial hearing begins fot #Prabowo’s challenge of #Indonesia poll results str.sg/oCkd.

    TST menulis, keamanan diperketat sejak MK menyidangkan gugatan Prabowo. Media asal AS itu sejak sidang PHPU ini mulai memantau persidangannya. *Atensi media AS tersebut setidaknya menggambarkan sikap politik Pemerintahan Presiden Trump.*

    Pujian The Washington Post atas kiprah FPI terkait bantuan ketika ada bencana alam tentu sangat menarik untuk dikaji. Pasalnya, selama ini sejak kampanye Pilpres AS lalu, Trump dikenal *“anti” Islam, sampai membatasi orang Islam yang mau masuk AS.*

    Makanya, saat The Washington Post *tiba-tiba menulis kiprah FPI saat ada bencana, pasti terdapat sinyal atau pesan khusus* terkait rivalitas pada Pilpres 2019 antara paslon 01 Joko Widodo – Ma’ruf Amin dengan paslon 02 Prabowo – Sandi.

    Apalagi, banyak fakta menunjukkan adanya *kecurangan terstruktur, sistemik, dan massif (TSM) dalam proses Pilpres 2019,* yang semua itu bisa dilihat melalui jaringan internet di berbagai negara. Perhatian dunia kini sedang tertuju ke Indonesia.

    Sebelumnya, Prabowo ke Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Selasa, 28 Mei 2019, bersama 4 orang WNA, Mr. Mikhail Davzdov (RUSIA), Mrs. Anzhelika Butaeva (RUSIA), Mr. Justin Darrell Flores Howard (USA), dan Mr. Mischa Demermann (GERMAN).

    Prabowo memang cerdas dan cerdik! Mantan Danjen Kopassus itu piawai memanfaatkan jaringan koleganya di luar negeri untuk mencari dukungan agar lembaga peradilan seperti MK bersidang secara profesional dan sesuai UU dan amanat konstitusi.

    Tafsir Opini

    Lawatan Prabowo bersama *utusan “tidak resmi” dari Jerman, Rusia, dan AS itu, kini tampak sekali hasilnya. Prabowo sudah benar gandeng ketiga negara tersebut. Untuk hadapi pengaruh politik China di Indonesia, China memang harus dikepung seperti itu.*

    Upaya kubu paslon 01 untuk mempertemukan Prabowo dengan Jokowi sebelum sidang MK, yang dilakukan oleh koleganya semasa dinas di TNI, seperti Luhut Binsar Panjaitan maupun Susilo Bambang Yudhoyono selalu gagal, tak pernah terwujud.

    Saat bertemu Ketum DPP Partai Demokrat SBY di kediamannya, Puri Cikeas, Kabupaten Bogor, *Prabowo menolak mengalah dengan alasan apapun. Sebab, keputusan yang dilakukan akan menentukan masa depan NKRI dari ancaman komunis China*

    *“Prabowo tidak mau ditipu lagi seperti ketika Pilpres 2014,”* ungkap sumber Pepnews.com. Sudah bukan rahasia, ternyata pada Pilpres 2014, Presiden RI ke-6 itu mendukung Jokowi hingga Pilpres 2019, meski partainya bergabung dalam koalisi paslon 02.

    Sehingga, wajar jika SBY kemudian berusaha meminta agar Prabowo bersedia mengalah dengan menerima hasil rekapitulasi KPU pada 21 Mei 2019 itu.

    Satu-satunya langkah pamungkas dan cukup strategis yang perlu dilakukan Prabowo adalah *memanfaatkan jaringan akses luar negerinya seperti UEA, Jerman, Rusia, dan AS itu*. *Ketiga WNA itu, apapun latarbelakangnya, jelas mewakili otoritas tertinggi negaranya.*

    Mereka itu semacam *”utusan khusus” Untuk menjalin kesepakatan baru dengan Prabowo. Jerman boleh dibilang mewakili kepentingan Uni Eropa. AS juga sudah jelas mewakili kepentingan persekutuan Amerika-Inggris.*

    Menariknya, sejak Inggris keluar dari Brexit, AS-Inggris dalam ekonomi politik merupakan kutub tersendiri di luar UE yang dimotori Jerman dan Perancis. Bagaimana kaitannya dengan Rusia, kan ada AS juga?

    Rusia dan AS memang musuhan berat, karena Presiden Trump sudah mencanangkan *China* dan Rusia *sebagai musuh utama secara politik dan militer.* “Tapi ingatlah, Eropa Barat lewat UE, sangat tergantung pada Rusia dalam pasokan gas,” ungkap Hendrajit.

    Menurut Direktur The Global Future Institute tersebut, dengan hengkangnya Inggris dari UE, “Rusia jadi strategis di mata Uni Eropa,” lanjutnya.

    Selain itu, meski sejak 2001 Cina dan Rusia terikat kerjasama solid melalui payung Shanghai Cooperation Organization/SCO, tapi *ekspansi China di Asia dan Afrika di bidang ekonomi bikin negeri beruang merah ini tidak happy.*

    *“Sehingga kerjasama baru UE dan Rusia merupakan sebuah terobosan baru bukan saja untuk mengimbangi China*. Tetapi, juga untuk mengimbangi persekutuan tradisional AS-Inggris,” lanjut Hendrajit kepada Pepnews.com.

    Bagaimana dengan AS? Setidaknya utusan khusus seperti Mr. Justin Darrell Flores Howard (USA) yang ikut terbang bersama Prabowo kala itu tentunya sudah melaporkan kepada Presiden Trump mengenai hasil pembicaraannya dengan Prabowo.

    Makanya, tidak heran kalau media sekelas The Washington Post menurunkan artikel kiprah FPI ketika terjadi bencana. *Pensiunan Jenderal seperti SBY, Luhut Binsar Panjaitan maupun AM Hendropriyono pasti paham dengan sinyal dari negeri Paman Sam ini.*

    Artinya, mereka harus mengerti bahwa *AS tidak lagi menyokong Jokowi, akan mengalihkan dukungannya ke Prabowo.* Makanya, jangan terkejut jika belakangan ini banyak *sikap politik yang melunak di kalangan pejabat pemerintah*

    Kapolri Jenderal Tito Karnavian *sampai perlu meluruskan opini tentang keterlibatan mantan Kakostrad Mayjen (Purn) Kivlan Zein dalam kerusuhan 21-22 Mei di Jakarta 2019. Kata dia, Polri tak pernah menyebut Kivlan sebagai dalang kerusuhan pasca-Pilpres 2019 tersebut.*

    Apalagi, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. Sebagai Menhan, Ryamizard yang pasti berada di bawah Menko Polhukam Wiranto. Namun, *Ryamizard tak segan-segan menafikan adanya ancaman pembunuhan terhadap 4 tokoh,* termasuk Wiranto.

    Sikapnya cukup *jelas, tegas, dan tidak multi interpretasi bahwa Ryamizard tidak percaya isu adanya ancaman pembunuhan pada 4 tokoh nasional*, Luhut Binsar Panjaitan, Wiranto, Budi Gunawan, dan Gorries Mere itu.

    Apalagi, adanya dugaan pemasok senjata illegal adalah salah satu mantan Danjen Kopassus, Soenarko. Belum lagi, belakangan ini sejumlah *purnawirawan perwira tinggi TNI AD banyak yang “turun gunung”, bahkan bersatu padu dengan rakyat.*

    Mereka menyuarakan kritik keras bahkan protes atas kelangsungan demokrasi yang dirasakan ternoda oleh kecurangan secara TSM yang kini sedang diproses Mahkamah Konstitusi (MK). Tidak hanya itu!

    Ryamizard pun menyayangkan adanya *upaya mengkriminalisasi sejumlah purnawira TNI yang nota bene adalah para mantan jenderal di lapangan. “Semua itu teman-teman saya!”* tegasnya. Pesan ini jelas!

    Apalagi di ujung pidatonya Ryamizard mengatakan, *jika dia harus bertindak, maka “alat”nya adalah Tentara! Dan dia tak akan kenal kompromi.* To be honest, cobalah *tanya kepada para tentara di akar rumput, prajurit di lapangan!*

    *Apakah belakangan ini mereka masih merasa kondisi negeri ini so far fine saja?! Ataukah mereka sebenarnya sudah “gerah”?!*

    *Dengan kedatangan Patrick M Shanahan, Acting Defense Secretary (Menhan sementara yang baru diangkat beberapa bulan lalu*, karena Jenderal Mattis mundur), *sebagai tamunya Menhan Ryamizard, Washington mengisyaratkan akan bergeser ke tengah.*

    Sebab dalam beberapa statementnya akhir-akhir ini, *Ryamizard menunjukkan garis politik yang tidak sejalan dengan Trio Jenderal: Hendropriyono, Wiranto, dan Luhut.*

    *Sikap berseberangan Ryamizard terhadap Trio Jenderal itu sekaligus menyuarakan alter ego Megawati dan kubu Teuku Umar. Yang sepertinya juga mulai membaca gelagat bakal terjadi keadaan yang tak terduga beberapa waktu ke depan.*

    Dari kunjungan Menhan AS kali ini, justru penting bukan untuk membaca apa maunya AS. Tapi, “Buat membaca kondisi obyektif negeri kita saat ini,” ujar Hendrajit.

    Rangkaian peristiwa sejak kepergian *Prabowo ke luar negri hingga kunjungan Menhan AS ke Jakarta, harus dibaca dalam satu rangkaian yang tak terputus.*

    Jadi, jelas bukan,.. Jiwa Korsa itu kuat, Jenderal!

    ***

Reply To Benhur Cancel Reply