GADIS CANTIK YANG SEDANG BIMBANG

108

GADIS CANTIK YANG SEDANG BIMBANG

deddy28

Disebuah desa ada seorang Gadis cantik yang jadi idola, banyak sekali pemuda yang apel ke rumahnya dengan tujuan untuk merebut hati sang gadis tersebut. Namun Sang Gadis tetap belum menentukan pemuda yang mana yang jadi incaran, namun sang gadis tersebut selalu berbuat baik atau dengan kata lain memberi harapan kepada setiap pemuda yang datang.

 

Ada yang datang dengan membawa emas diterima, ada yang membawa pembantu untuk jadi pembantu dirumahnya diterima juga, ada yang membawa perkakas untuk perabotan rumah untuk dirumah diterima juga. Yang hasilnya membuat semua pemuda berharap dan berpikir wah aku yang terpilih. Padahal gadis tersebut masih bimbang karena memang menurut Bapak Sang Gadis Sang gadis harus tetap menjaga kesucian dan jangan tergoda dengan semua pemuda tampan tadi. Karena pasti semua pemuda tampan tadi ada maunya, karena tidak ada makan siang yang gratis.

 

Namun beberapa bulan ini si gadis seperti lebih condong kesalah satu pemuda dari utara, yang alhasil membuat beberapa pemuda cemburu, ya bagaimana tidak cemburu, lah wong semuanya dibaikin, terkesan tidak ada sikap mau pilih yang mana atau berprinsip mau jadi teman apa jadi kekasih. Singkat cerita pemuda dari utara sudah keluar banyak modal untuk mendekati si gadis, sampai-sampai dia memenuhi rumah sang gadis dengan banyak sekali pembantu, dengan tujuan untuk membantu dikebun dan perkarang rumah sang gadis. Sang Gadis merasa tidak enak jika menolak para pembantu karena mau bagaimana pun sang gadis seperti terikat karena kakak sang gadis, bapaknya dan banyak keluarganya diberi hutangan, diberi proyek dsb. Namun dilain sisi Sang Gadis juga bingung karena sebelumnya sama juga terhadap pemuda satunya lagi yang dari Barat. Banyak kerjasama terjalin dari pihak keluarga sang gadis ini dengan keluarga pemuda dari barat tersebut.

 

Sampai pada suatu saat pemuda dari barat ingin menyewa tanah disamping rumah untuk membangun sebuah rumah dengan tujuan untuk menjauhkan si pemuda dari utara, sontak saja oleh keluarga sang gadis tawaran itu ditolak, karena tadi keluarganya sudah terlanjur dekat pemuda dari utara tersebut. Sang Gadis bimbang dan bingung harus bagaimana. Dia bertanyalah kepada temannya, temanya memberi saran “Sleman jembar, Yogyakarta luas, Jomblo Bebas” mengutip dari sebuah lagu karya Anak-anak Yogyakarta. Kedua pemuda meminta kepastian kepada keluarga sang gadis, sedangkan sang gadis ya manut aja tergantung walinya (keluarganya). Mau dibawa kemana? Mau bagaimana? Wis manut karena dia gadis sholehah yang mesti nurut kepada walinya.

 

Singkat certita tanpa sengaja kedua pemuda tadi bertemu, kalau bahasa sundanya “paamprok teu ka haja” disebuah pengkolan (belokan) ujung jalan tempat menuju ke rumah gadis tersebut. Kedua pemuda tadi bersitegang, lalu pemuda dari barat menelpon keluarga sang istri jadi gimana tawaran saya? Bapak dan keluarga sebenernya mau mengawinkan anak bapak kepada siapa? Melihat pemuda dari barat tadi menelpon keluarga sang istri, dan sempat ditanggapi oleh keluarga sang gadis, karena mau bagaimana pun kondisi ekonomi keluarga sang gadis sedang tidak menentu, melihat semua itu pemuda dari utara tadi akhirnya melunak di belokan tadi, dan berusaha membuat kesan yang baik kepada keluarga sang gadis kalau saya bukan preman begajulan, dan pemuda dari utara tadi memberikan bantuan sembako kembali kepada keluarga sang gadis, karena memang kondisi didaerah rumah sang gadis tidak menentu karena adanya wabah jadi pemuda dari utara tadi berinisiatif mengirimkan sembako.

 

Yang hasilnya keluarga sang gadis melunak kembali kepada pemuada dari utara tersebut dan setuju untuk melanjutkan pembangunan dari empang yang diurug untuk dijadikan rumah dsb. Sambil terus memasukan pegawai untuk membantu keluarga Sang gadis mengurus kebun, sawah dan ladang dari sang gadis. Ya karena selain cantik dan sholeh keluarga sang gadis juga kaya raya, sawah, kebun, ladangnya dimana-mana.

hadian11

Pemuda dari barat heran ko keluarga sang gadis ini membiarkan pegawai sawah, ladang dan kebunnya diganti semua oleh rekan-rekan dari pemuda yang brasal dari utara, dan yang diganti lokasinya ko ya pas seperti ingin memblokade pergerakan pemuda dari barat untuk menuju kerumah sang gadis, posisi rumah sang gadis memang dikelilingi oleh kebun, sawah dan ladang milik keluarga sang gadis. Intinya jika nanti bentrok antara kedua pemuda tadi, rekan-rekan pemuda dari utara sudah berada dilokasi kunci penguasaan teritorial kawasan. Dan ya pemuda dari barat tadi merasa dikhianati, dan dia akhirnya membuat pergerakan di timur rumah sang gadis dengan menumpang di rumah tetangga sang gadis. Keluarga Sang Gadis gelagapan akhirnya dia borong sembako, peralatan rumah diwarung keluarganya pemuda dari barat, karena hal tersebut pemuda dari barat melunak kembali. Walaupun belinya ngutang tapi membuat pemuda dari barat melunak. Istilahny buying time saja, tapi ko ya ngutang.

deddy14

Sang Gadis sebenernya weis begah, pengennya bubrah, cuma mau bagaimana lagi dia yatim piatu dan hanya bisa manut pada walinya yang kadang dirasa kurang amanah, dan malah mempersulit posisi sang gadis. Karena itu tadi walinya hanya mementingkan kepentingan pribadi, diatas kepentingan untuk memakmurkan dan memuliakan hidup sang gadis.

 

Bahkan ditengah wabah sekali pun keluarga sang gadis hanya mementingkan kepentingan mereka sendiri, walaupun ada wali yang memegang harta kekakayaan sang gadis, kehidupan sang gadis jauh dari kata sejahtera, karena walinya itu malahan memakan harta anak yatim (memakan harta sang gadis) untuk kepentingan mereka pribadi.

 

Contoh Sang gadis kehilangan SOVEREIGN ASSET karena adanya pembangunan pabrik diladang milik Sang Gadis, Pabriknya selalu dihitung berdasarkan PPM (part permillion) atau persen berat dimana yang dihitung hanya mineral yang memiliki ukuran tertentu dalam range metoda pengukuran. Bahasa gampangnya kayak sortir sayur-sayuran disebuah kebun yang luas. Dikebun yang luas itu memang isinya kebun bawang, namun disela-sela antara tegalan ditanami tanaman lain dan yang membeli hasil dari kebun tersebut semuanya pokoknya hasil dari kebun tersebut dibeli dan yang dihitung hanya bawang merahnya saja, sedang tadi disela-sela tegalan yang ditanami tanaman lain juga ikut dicabut ikut diangkut tapi tidak dihitung alias dianggap nol, karena yang dihitung kan hanya bawangnya saja. Padahal tanaman yang di sela-sela tegalan itu nilainya bisa lebih dari nilai bawang, karena tanaman di sela-sela tegalan itu adalah pohon jengkol, yang per kilo bisa lebih dari harga daging sapi.

NIP

Memang sih tiap bangun pabrik nyerap 500.000 orang dan ya yang dari utara hanya 5% katanya dan itu untuk pembangunan pabrik saja sisanya masyarakat dikampung dan sekitarnya, tapi yo ko ga dihitung semuanya, padahal kalau dihitung semuanya bisa nyerap lebih 5juta orang loh… lah kalau gitu nanti ya ga dapat jatah dunk wali si gadis. Oh iya lupa jadi jatah para wali diatas jatah untuk sang gadis. Bak pahlawan tapi taunya ya bangsat juga.

 

Eh ini mau cerita percintaan atau prahara dalam keluarga si gadis sih, ko kayaknya malah melenceng jauh dari kisah percintaannya sang gadis. Ok balik lagi ke topik percintaan sang gadis yang bimbang.

 

 

Percakapan antara pemuda dari barat dan keluarga/ wali sang gadis :

*PB (Pemuda dari Barat)

KG (Keluarga/ wali sang gadis)

PB : Bagiaman Pak, ko bapak seperti condong ke utara sih, mana bapak menyetujui lagi memasukan banyak preman dari utara dilahan bapak, maksudnya bapak ini bagaimana? kurang baik apa saya sama bapak? (jadi *PB curiga jika * KG memang sengaja terus memasukan preman kedalam kawasan rumah yang ditempatkan dikebun-kebun tertentu dengan dalih sebagai pembatu, namun taunya preman bukan tukang kebun, tapi ada maksud atau dengan tujuan membantu pemuda dari utara jika suatu saat terjadi bentrok dengan pemuda dari barat, pemuda dari utara sudah menempati lokasi strategis, dimana diketahui lokasi tersebut dulunya pernah jadi lokasi strategis pada saat pemuda dari barat menyingkirkan pemuda dari negara matahari terbit yang mendekati sang gadis)

KG : yo wis aku  pesan sembako dan peraalatan untuk mengatasi wabah, karo keluarga sampean wae ya, tapi ngutang

PB : yo wis ngono kui

 

tamat.

mumet ah mau nerusinnya… karena emang ruwet kisah percintaan remaja ini. Ya begitulah cinta penuh intrik dan lika-liku…

Share.

108 Komentar

  1. So the question is not “will they” but “when they” gonna conquer… The first wave seems so smooth. Hello where’s everybody?

  2. penggemar tempe on

    mungkin yg benar sang gadis diam saja diperkosa pasrah harga dirinya dirampas tak melawan saat kekayaanya dirampok

  3. Membaca tulisan bung PZ mengingatkan saya pada si sontoloyo yg introvert itu

    Pemuda utara bagaimanapun sudah berpengalaman 2.000 tahun memegang budaya, budayanya budaya tua, strateginya halus karena berdiri di atas protocol kolonialisasi 5.0

    Pemuda utara kaya sih tapi, budayanya masih muda, pengalamanya masih 500 an tahun lum ada.

    Wajar kalo gadis cantik itu bingung karena Baik utara ataupun barat budayanya sudah jauh diatas budaya gadis cantik, gerak geriknya pasti sudah terbaca, kelemahanya si gadis dan keluarga tentu sudah diketahui

    Apalagi pemuda utara saudaranya banyak, tanahnya mulai sempit sehingga dia perlu lahan baru untuk politik Demografinya. Jadi klo pembantu itu datang dan membantu juga perlu di lihat dan di nilai dari sana juga, menjadi diaspora utara yang bahkan menikah dengan wanita kampung si gadis, menjadi penduduk lokal tapi untuk kepentingan bangsa utara, untuk kemegahan bangsa utara

    Yang dimainkan bangsa utara adalah atas nama komunitas bangsa utara dan bukan atas nama bendera negara utara yaitu semangat satu bangsa, bangsa utara.

  4. Pemuda Barat kaya sih tapi, budayanya masih muda, pengalamanya masih 500 an tahun lum ada.

    Apalagi dari track record dari keluarga barat sudah kedetect dan tersiar bahwa pendekatan kegadis irak, ke gadis afgan, dan dirusaknya rumah gadis gadis seperti ternampak di arab spring.

    Gadis indonesia harus lbh hati hati karena selama ikut pemuda barat, ekonomi keluarga si gadis dikondisikan ga kuat kuat amat, alutsista buat nyangkul juga dibatasi ga boleh lbh maju/kuat dari keluarga mama eli, ikut campur embargo alat cangkul hanya karena lagi bertengkar dengan saudara di timor

    Dan ironisnya orang orang pemuda baratlah disebalik pisahnya hubungan saudara di timur dan rusaknya aturan keluarga tahun 45 diganti aturan 2020 sehingga aturan keluarga di gadis kacau balau.

    Aset keluarga si gadis itu banyak dan best of the best in the world tapi karena mungkin masalah jam terbang sehingga pengalamannya masih kurang, masih perlu banyak belajar

    Mungkin itulah yg dipandang kesempatan oleh pemuda utara atau pemuda barat untuk menarik hati sigadis dan memafaatkanya demi keuntungan keluarga si barat/utara

  5. Diantara keluarga si gadis cantik,banyak dari mereka yg menjadi pengkhianat di dalam keluarga.Ingin menjual si gadis untuk keuntungan pribadi dan keturunannya.Walaupun tempat gadis ini tinggal sudah diberi pengamanan yg kuat,ada pagar beton yg tinggi dan kawat berduri,di setiap pojok ada pos penjagaan lengkap dengan lampu sorotnya.Belum lagi penjaga yg keliling diluar pagar dan dalam pagar,selalu bergantian selama 24 jam.Penjaga di gerbang utamapun tidak kalah ketatnya,siapapun yg masuk harus lolos pemeriksaan oleh penjaga .Seharusnya si gadis cantik sudah hidup enak di dalam rumahnya yg serba ada.TAPI sayang, ada pengkhianat di dalam keluarga yg membawa pemuda dari utara atopun barat masuk kedalam rumah lewat gerbang utama.Penjaga gerbangpun gak berani menegur pemuda dari utara atau barat , krn pemuda-pemuda tsb diijinkan oleh keluarga si gadis untuk masuk kedalam rumah si gadis cantik.
    Apalagi sebelum pemuda utara ato barat tersebut datang,pihak keluarga sudah menyiapkan kartu VVIP Visitor.karpet merah dan tarian selamat datang untuk menyambutnya…Mau tidak mau,penjaga gerbang memberi hormat dan senyuman kepada pemuda tsb,daripada dipecat penjaga gerbang hanya bisa ikut apa kata tuannya saja.

    #Akhir cerita, sigadis cantik diracun untuk dibunuh secara perlahan,tanpa ada yg bisa menolong.
    Sungguh kasihan kau gadis cantik yang malang…….

    • pencari kebenaran on

      Lah bukannya para penjaga sebagian pada sibuk latihan – latihan — latihan hingga akhir zaman, sebagian lagi belajar hanzi & hitung rekening yuan mereka, sebagian lagi yah mungkin masih loyal, sayangnya punya NTR fetish.

  6. Akhirnya si gadis mati,dan pemuda utara bagi jatah kekuasan dg si pemuda barat yg menguasai seluruh aset si gadis,keluarga yg jujur jadi jongos selamanya dan penghianat pun jd jongos abadi..
    Dan tibalah armagedon,boom… Selesai semuanya..

  7. aseng sialan on

    Stratgi negri ini hnya lh mengulur wktu agar rakyt terpch,andai sj comando menyrkn tempur d saat skrg ini sangt yakin rkyat akn ikut membntu laler ijo untk membrngus resim koplak,,tpi krna hnya main sinetron ea wis koplak kbeh mlh yg ad rakyat mkin terpech pecah,,yg gua g ngrti klo ursn memburu opm d hutn trs kiai yg disebut teroris ko lgsung disikat,,ini bhya nya di mna coba?buknkh yg duduk d pemrnth sangt berbhya yg di isi jongos2 peking,tpi knp g di sikt seklian,strategi ap ini!!,,apa hrs nunggu smua nya hrs jdi penghianat semua,,bekcalh kepada sjrh islam di eropa yg dlu prnh berjaya,tpi krna tkut dgn peperngn akhrnya islam hancur dri dlm,krna mrka lbh mementngkn kedamain tpi tdk memikirkn para penghiant yg menguasai pemerinthn islam nya,

  8. aseng sialan on

    Klo negri ini hncur tnpa peperngan sangt murah sekli g ada hrganya bhkn pling rendh sangt rendh sekli,biaya perang dgn negri ini klo sj perthnn negri ini mau perang sangat lh mhal bagi musuh yg ingn menyrg negri ini,,tpi ada tpinya klo kelamaan tdk membuka perang musuh juga cerdik,bkln byk penghiant yg di rekrut dan ini yg bhya musuh dri dlm ,aplge klo rkyat sudh terpch2 mau jdi brp fron klo negri ini perang itu musuh dri dlm sj,tpi klo dibiarkn trs penghiant yg nguasai, ea pasrh aj jdi tamu/budk bhkn punah d negri sendri klo tdk ada perlwnn utk mencungkil resim jongos`

    • Sudahlah bung aseng, saya tahu kekecewaan anda dan sy yakin semua di sebabkan oleh pikiran anda sendiri, anda berkhayal di negri ini ada “kesatria bak malaikat” yg tidak takut dgn apapun.
      Harap di ingat Bung aseng, semua itu bullshit..!!! tidak ada kesatria spt itu di dunia ini, kecuali mungkin era sahabat Rasulullah saw yg hanya takut pd Allah swt dan Rasulnya.

      Kesatria di negri ini juga manusia biasa, mereka punya rasa takut, takut mati, takut hilang jabatan, takut hilang pangkat, takut di pecat dan ketakutan ketakutan lainnya..

      Sy pun dahulu sama spt anda yg percaya bahwa mereka ada dan melindungi negri ini, tapi seiring waktu berjalan dan kejadian demi kejadian terjadi dan sy dan negri ini alami, itu semua menyadarkan sy Bahwa semua itu berlebihan dan dibesar besarkan.!!

      Mereka tetap manusia biasa, mereka punya rasa takut, punya ke khawatiran dan punya ketakutan sesuatu terjadi pada keluarganya.
      Jangan pernah sekali kali berharap pada manusia/sekelompok manusia. Berharaplah hanya pada Tuhan.
      Hanya Tuhan sebaik baik pelindung, bukan kesatria itu.. hanya Tuhan yg bisa membalikan tipu daya, bukan kesatria itu. Hanya Tuhan sebaik baik penjaga, bukan kesatria itu.

      Mungkin benar selama ini kata kata banyak akun akun yg dulu contra disini, yg tdk percaya informasi yg di sampaikan disini dan kita sepele kan.
      Waktu itu kita mungkin terlalu bodoh sehingga begitu saja percaya lalu tertanam di pikiran bawah sadar kita negri ini memiliki kesatria yg over power seolah malaikat. Hahaha. . .
      Faktanya kita “tidak” memiliki kastria super spt itu, bahkan menghadapi strategi lawan yg menikampun mereka tdk mampu dan gagap melakukan counter, apa lagi melakukan misi rahasia pembasmian bigboss lawan di negri ini seperti agen agen khusus negara hebat lain di belahan dunia ini, janganlah bermimpi.

      Segeralah bangun dari tidur, agar tdk berkhayal berlebihan yg mengakibatkan semakin kecewa..

      • aseng sialan on

        Klo menghayal si tdk bung yname,,cuma ada yg janggal sj,bknkh pemrnthn sudh dikuasai para penghiant,knp mrka tdk mau bertndk,bknkh mrka garda terdpn? Llu apkh perthnn negri ini sudh memikrkn genrsi mrka brikutnya ,mungkn klo skrg msh bsa lindungi negri. Tpi genrsi yg akn dtang apkh ykin yg bru2 msuk anggota ank2 yg msh berjiwa nasionalis?,bknkh musuh lbh cerdik ,buktinya musuh sudh membuktikn snggup kuasai pemernthn mellui para jongosnya? Bageimna dgn yg laenya sangt mudh bkn,penghianat itu lbh berbhya krna merusk dri dlm!,klo sudh dikuasai smua wis bubar! Tanpa perang di gulung smua

        • Karena Musuh itu 100x lebih cerdik dari kesatria bung sehingga mereka bisa mengunci kesatria sampai pada tahap, kesatria hanya bisa melihat, tp tdk mampu melakukan apa apa,, bukankah itu lebih menyakitkan dari pada langsung di matikan..?? Hahaha..
          keragu raguan kesatria bertindak tegas adalah biang kehancuran negri ini.
          Maka jgn pernah salahkan apa dan siapa, kesatrialah yg 100% bertanggung jwb atas kehancuran negri ini.

          • Kesatria itu bukan siapa siapa dia adalah kesadaran kita sendiri, kitalah kesatria kesatria itu

            350 penjajahan belanda dan 42 mengekor ke barat menyebabkan bangsa ini sudah dimatikan perjuangan dan bangsa ini dibuat bertekuk lutut dan nyaris hilang kebanggaan pada negri dan lupa bagaimana cara bersatu dan memperkuat diri

            Kita jadi pemuja asing, barang barang asing, pemimpin pemimpin asing, product asing

            Mulailah gerakan moral dari yang terkecil yaitu beli di toko pribumi dan dengan sendirinya ekonomi pribumi akan meningkat naik dan toko toko mikro setidaknya sudah bisa di kuasai pribumi

            Tingkatkan terus, belilah produk2 milik perusahaan milik pribumi, biar mereka bisa berkreasi dan meluaskan bisnisnya sehingga perusahaan pribumi bisa bersaing dan akhirnya mendominasi, menjadi tuan dinegri sendiri

            Cara berbisnis pun sama angkat ekonomi keumatan, buat usaha bersama dengan modal bersama sama dengan kewajiban bagi pemodal untuk membeli di toko milik dendiri. Sehingga terbentuk dari umat, oleh umat, untuk umat

            Kita adalah kesatria piningit itu sendiri dan buatlah diri kita inspirasi

            Klo kita kompak dan melakukan tindakan yang terkecil sekalipun secara terstruktur dan terpola maka tidak usah nunggu kesatria baja hitam maka dampaknya akan dapat kita rasakan

  9. kita tidak butuh keduanya secara ekonomi, masadepan ekonomi bangsa ada di ukm & worldwide trading. kita butuh barat hanya demografinya saja, bahkan bisa diserang dari sini dg barang2 utara.

    lihat grafik export & bandingkan antara bahan mentah & barang jadi, negara kita sangat memalukan, padahal demografi yg segini besar tidak mampu produksi & added value, tapi tidak di masa depan. hari inikita kita punya teknologi menengah, sperti milik inka, pt pal, ptdi ya tidak perlu dl bersaing dg teknologi barat, geser saja pasar ke negara mundur & berkembang apt afrika, amerika latin, asia yg masih di bawah.

    mengapa utara menang dagang? krn rakyatnya banyak & terbiasa jualan di platform global, dan mereka menyerang dg ali bah bah. ada celah yg bisa diambil, barat mulai jenuh dg barang2 utara krn kualitasnya, barangkali kita punya reputasi lbh baik, yg diperlukan adalah engineering, mass produksi, platform global & membiasakan pelaku bermain internasional? apakah bisa? saat ini anak2 kecil jualan omzet miliar per hari ambil barang utara lempar ke barat, padahal aset sda liar biasa utk produksi sendiri.

    ya.memang kita harus berdikari, jika tidak diurus, biar mereka jalan sendiri2, baru sadar kan si lord real president bahwa ukm adl lapangan kerja terbesar 97-99% , tapi kenapa aseng juga yg diuntungkan dari kebijakannya eh ketidak bijakannya itu…

  10. JIka ingin mandiri, pengusaha Indonesia harus mau terjun ke bisnis industri manufaktur. Jangan keenakan di bidang jasa dan perdagangan saja. UKM pun harus berani naik kelas jadi industri manufaktur. NKRI butuh banyak pengusaha industri seperti Kelola Mina Laut, Wardah, Bukaka, Bakrie, dll. Ndak usah iri dengan warga keturunan yang sukses bisnis nya, karena mereka tinggi daya juangnya dan mampu membangun jaringan global.

    • idealnya memang seperti itu,tapi kenyataannya dilapangan tidak semudah itu…
      Klo memang yg merasa menguasai negeri ini punya hati untuk memajukan usaha pribumi,buatlah jalan ( aturan ) yang memudahkan usaha pribumi untuk maju…batasi usaha-usaha konglomerasi,bantu dan berikan kpd pribumi yang mampu.Saat ini,yg merasa menguasai negeri inipun sudah diikat oleh pemilik modal….Jd untuk ada perubahan,ikatan ini harus dilepas terlebih dahulu…

    • Ga semudah itu verguso, yang jelas terlihat adalah perusahaan indonesia dah bisa buat Rapids test, PCR dan ventilator

      Tapi semudah itukah mau produksi masal, semudah kita import dari luar?

      Padahal Hukum kita yang buat,Kita menemukan alatnya, untuk kebutuhan anak bangsa, kenapa dibuat ribet dengan aturan2 dari kita sendiri?

    • Setuju, otak kita tidak lebih kecil dari mereka, korsel punya latar belakang yg sama dg kita dan mereka mampu, di awali dg chaebol, bagaimana utara membangun senzhen. Tapi apa daya, kita diguyur produk utara bahkan sampai cangkul2nya. Mendag yg habis2an membanjiri produk utara juga berhenti kasusnya, yang untung mereka2 importir itu, mereka tidak peduli pribumi butuh berkembang, yg penting cuan dan negara asal mereka.. mereka ini [email protected], tapi memang tidak salah secara regulasi, berarti yg salah regulasi & arah kebijakan. Rencana jangka panjang indo apa? Menjadi negara agraris? Atau manufactur? Penjahit dg gaji rendah? Negara buruh bergantung investor? Atau mau jadi apa? Yg jelas sekarang silahkan berjuang masing2 ya, semoga selamat

    • Tidak juga harus langsung ekstrim manufacture, pernah teman study ke utara, mengapa produk mereka terdisrupsi barang utara dg harga sangat murah, rupanya yang bikin rantai2 speda motor bukan manufaktur besar, bahkan ibu2 di rumah2 yang motong2 nyambung rantai sepeda motor tadi…idealnya memang besar standar tinggi, tapi barangkali ada produk2 rumahan bisa menjadi produk unggulan. Emang ada? Pasti ada, co tohnya pun ada

    • Di sisi lain negara utara itu banyak sekali generasi muda lulusan2 univ peringkat tinggi di dunia mereka free thinking, young, fresh, tidak terpenjara masa lalu, antusias sbg modal besar mereka, kemungkinan bermental driver 70-80%, seperti singaporno, mereka ga punya SDA tp self driving kuat + strong to add some value. Demografi kita yg seperti mereka entah befapa %, tentunya tdk semua harus seperti mereka, makanya industri kita masih padat karya, driver2 itu yg harus mampu membuat passanger tetap produktif.

      • Dalam memajukan negaranya awalnya Amerika adalah kasih warganya kebebasan untuk berkreasi dan support, maka munculah penemuan penemuan besar

        Jepang yang kalah perang juga sama ambil ambil ilmu ilmu dari barat bahasakan ke bahasa jepang, pelajari teknologi, pelajarikekurangan dan ciptakan hasilnya industri oyomotive jepang berani diadu ma barat

        Cina juga sama, pemerintahnya mensupport bangsanya untuk meniru product product bangsa lain tapi tidak dengan ideologinya, sehingga statusnya menjadi imitating coutry, hasilnya sekarang cina sudah sejajar bahkan pioner beberapa dibidang teknologi

        Indonesia kalau mau maju maka harus berubah yaitu corporation actionnya harus dirubah seperti amerika, jepang dan tiongkok

        Kasih warganya kebebasan berkreasi, pemerintah buat serapan, didalam atau luar negri maka secara jangka panjang indinesia akan mandiri dan secara ekonomi rakyat kecil akan terangkat

      • Dalam mengangkat ekonomi berdayakan yang mikro/ukm karena selain biayanya ga terlalu besar, lbh ke padat karya, lbh banyak menyerap lapangan kerja jadi foundasi ekonomi kuat dan ekonomi lapisan bawah terangkat

        Anak2 bisa sekolah, makan setidaknya tercukupi, ekonomi daerah muter

        Pemerintah harus ngasih utangan/bantuan sebagai stimulus untuk dongkrak ukm

        Dari pada duit 5,7 T untuk prakerja yg ga jelas jluntrungnya, klo diberikan kepada ukm sebagai stimulus tentu jelas ukm bisa tumbuh dan serapan tenaga kerja terjadi.

        Sehingga ukm ukm ukm kecil ini bila dikumpulkan juga tentu akan menjadi penyangga ekonomi yang kuat untuk menopang industri yang diatasnya

      • UU 45 sudah di amandemen dan berganti menjadi UU 2002.

        Hasilnya bisa kita lihat sekarang kacau balau, daerah berani sama atasan, orang pada berlomba cari jabatan yg penting berduit, orang2 yg tidak punya nasionalisme atau lbh dikenal para globalis itu memimpin negri baik di legeslative dan pemerintah.

        DPR diisi oleh para artis, pelawakdan pebisnis yang ga jelas integritas dan kapabilitas keilmuwannya

        TNI POLRI yang jelas integritas dan kapabilitasnya dan diformat paham bela negara malah tidak boleh punya wakil di senayan.

        TNI POLRI yang paham ipoleksusbudhankam atau bela negara dan diajaran wawasan nusantara malah tidak dilibatkan dalam pembuatan undang undang

        Terciptakah uu yang aneh aneh, muncul uu yg disinyalir sbg uu pro asing sampe uu yg menguntungkan kelompok sendiri.

        UU yang seharusnya bisa jadi grand plan atau landasan agar Bangsa ini bisa hidup 1000 tahun lagi, malah di kebiri karena wakil wakilnya demi sponsor untuk nyalon pemilu berikutnya.

      • Kalau bangsa ini pengen maju dasar bernegaranya harus dibenerin dulu

        Kembalikan UUD 45 seperti sediakala, ajarkan PMP disekolah, sosialisasikan lagi P4 di masyarakat, sebelum nyalon atau dicalonkan seorang pejabat di legeslativ, eksekutiv, judikativ harus lulus lemhanas atau lulus pendidikan bela negara dulu

        Sehingga nasionalisme tumbuh dan diharabkan ketika mengambil keputusan atau ketika membuat uu memikirkan dampaknya terlebih dahulu untuk bangsa dan negara

        Bukan demi kantong mereka, kelompok mereka atau demi sponsor

  11. Sekolah mengajari hedon apalagi sekolah” Unggulan
    Saya sebagai guru BK di mojokerto yg dulu dikenal dengan majapahit menyadari sekolah itu cmn cocok buat anak” Tertentu

  12. Benteng negri ini ada dua satu tentara yg mulai dikebiri baik alutsista maupun loyalitasnya
    Satu lagi islam lebih tptnya sistem dipesantren yg mengajarkan samikna waatokna yg jg mulai dikebiri baik lewat wahabi ato beberapa oknum yg bahkan gk pernah tau cara pendidikan dipesantren itu sperti apa,, dibangun stigma buruk tentang pesantren lewat media” Lewat ustadz” Palsu yg dalilnya cmn dari laptop,
    Saran saya ke tmn” Pahami sejarah jendral soedirman adalah ulama’ RA kartini adalah santriwati mbah soleh darat yg menerbitkan buku habis gelap terbitlah terang setelah khatam tafsir al-fatihah dan banyak yg lain ingat kata bung Karno jasmerah

  13. Dan yg terakhir mari budayakan lagi mengaji
    dan mengkaji yg tersirat maupun yg tersurat cari ulama’ yg bener” Alim hingga tiba saat nya ulama mengeluarkan resolusi jihad tahap 2
    Kalo gk ada waktu liat diyoutube ceramah gus baha
    Kh bahaudin Nur salim
    InsyaAllah keilmuan nya jelas baik nasab keilmuan maupun pemahaman keilmuan beliau

  14. Itu hoax bukan? Dan aku harap sih hoax ya, dpt dari instagram @parodi_rezim , mereka nyetok handgun … Ada photo nya loh. Mudah2an hoax ya..

  15. Seorang gadis cantik seharusnya bisa menjaga kewibawaannya dan nama baiknya, tidak mengobral kecantikannya, dan harus berusaha menjadi gadis yang mandiri. Bila selamanya mengobral kecantikannya maka seorang gadis manis tidak akan pernah pintar dan mandiri.

  16. Pemburu rajawali on

    Akhir Ramadhan
    Awal idul Fitri
    Pertengahan bulan Syawal
    Akan ada Hura hari huruh asa dan api.

    Lindungi agama mu
    Lindungi para habib,ulama dan kyai mu
    Beri pemahaman membela agama yg Haq sama dg membela negeri yg Haq

    Awal,kawan akan menjadi lawan dan lawan akan menjadi kawan,lawan akan menjadi lawan.. abu dan asap akan bertebaran berjamaah dg si convid19..

    • Kelihatan serius banget bung pr,mohon pencerahan dan informasinya biar kita kita yang awam ini tidak ikut terperosok ke kubu musang.
      NKRI HARGA MATI !!!!!!!!

  17. Corona ini jg bentuk adu domba desa” Ditutup local saling curiga antar orang kadang saya menertawakan semua ini
    Ukm dimatikan perlahan,
    lama” Orang yg kerja harian pasti jg berontak gk ada pemasukan gk bisa makan
    Lama” Jg pasti kisruh dan rusuh

  18. Mardigu bossman sontoloyo sedang hangat berbagi ilmu bernegara.. apa gerangan belau tiba2 muncul.. masih kepo alasan beliau keluar dari intelejen dulu

    • Bukan tiba-tiba muncul, sudah lama munculnya, cuman kayaknya yang di beri masukkan cuek2 saja dan tidak tersentuh sekeras apapun “masukkannya”. Background beliau bener2 blank saya

      • @BEARBRAND and MODAY

        Dia adalah pakar Terrorisme dan Pakar Microekspresi, Ahli Geopolitik dan Geoekonomi pendidikanya di US.

        Konco konconya tersebar dari pejabat pejabat di Cina dan Amerika

        Dia punya 32 perusahaan yang tersebar didalam dan luar negri, barat dan timur.

        Dia ditarik jadi Shadowman/ intel langsung oleh LB Moerdani, dia klo gasalah juga jebolan lemhanas dan banyak dimintai masukanya tentang geopolitik dan geoekonomi

        Dijaman JKW dia direkrut oleh RR Si Menhan untuk masuk di BIP atau Badan Intelijen Pertahanan namun gagal karena ditolak oleh Menkosaurus

        Kenapa dia muncul ?? Karena 3 perusahaan dia tutup gara gara kartel yang dilakukan di BUMN oleh Rinso.

        Jiwanya terpanggil karena sebagai seorang pebisnis berpengalaman ia melihat ekonomi indonesia dibawa kekehancuran di 2020 ketika polanya seperti itu walaupun tanpa corona.

        Disisi lain dia merasa terpanggil bela negara, karena melihat umkm yang dizolimi,munculnya banyak anak anak yang dicetak globalis sehingga tidak punya kebanggaan pada negri, ulah amerika dan cina yg bak musang berbulu domba ingin mengusai RI dengan kekuatan geopolitik dan geoekonominya dll

        Sekilas itu yang saya pelajari dari si MWP atau si Bossman

        Btw sebelum menilai si Bossman setidaknya lihat dulu di youtube chanel dia sehingga ga asal tuduh

        Sehingga seseorang yg dengan narasinya bisa menyadarkan dan membsngkitkan nasionalisme bangsa ini alih alih di hargai

        Tapi malah coba dibunuh karakternya karena dianggap benalu dan ancaman buat calon calon capress 2024 atau dianggap menghambat kepentingan elite elite globalis/mafia mafia pecinta fulus yg mengambil keuntungan dari carut marutnya negri ini.

        Just my two cents

    • Yup.. Bener banget bung. Si Bossman akhirnya turun gunung mempelopori “wake up Alarm” agar rakyat yg selama ini tertidur pulas untuk segera bangun kesadarannya. Wuiih…dahsyat betul. bagai mantra yg aji mumpuni semua sabda2nya. Saya saja serasa baru tau akan informasi2 akurat dan detailnya darinya.

  19. aseng sialan on

    Mardigu bkn maslh negri ini,,tpi biang penykit negri ini cuma para jongos dan cacing peking!,mardigu pengsha nasionalis pendiri yayasn ank yatim,ap yg d curigai?

    • Bukan mencurigai, justru saya mengikuti beliau. Karena video beliau justru banyak sekali nilai2 nasionalismenya. Dan bisa di bilang follower beliau.
      Di jawa kan di kenal bibit bebet bobot, nah beliau ini termasuk garis bibit siapa, seperti halnya Gus Dur dulu ternyata masih satu garis dengan Pangeran Benowo. Kira2 pemikirsn saya seperti itu

      • KambingHitam on

        Jika pengin tahu silsilahnya..bossman sedikit mengulas jati dirinya saat di dalam konten acaranya Helmy Yahya Bicara..cari aja yg ada judulnya #isinya “daging” semua..

    • Mardigu itu dekat cak nun secara dia juga pernah ngisi maiyah diacaranya cak nun.. Banyak tuh di youtube.

      Mardigu juga deket dengan AA Gym… Googling aja.

      Jujur saja Narasi yang dimainkan kan berbeda dengan yg lain, dari masalah nasionalisme,nation right, nation interest, geoplitik, geoekonomi dll dan itu menurut saya sangat mencerahkan dan menginspirasi.

      Ane lihat belanegara bagus, nasionalisme bagus, smart dan problem solver untuk kasus madura vs dayak disampit

      Jadi kalo dikata biang penyakit, trus penyakit opo? Mo main ad hominem, pembusukan karakter? Takut ditunggangi? Diposisikan sebagai boneka? Dituduh proxy? Memang siapa yang pure independent sekarang ini??

      Jujur saja ane dah ngikutin lama dan dia konsisten

      Btw boleh ga setuju lho, like or dislike adalah suatu yg wajar

  20. Kita lihat nanti sang bosman itu apa nasionalis sejati,apa sudah d seting di munculkan seperti king of prank??
    Jangan sampai tertipu lg..?
    Jangan berharap pd manusia,pasti km bkal kecewa..
    Berdoa’a saja dlm setiap sujud agar selamat kelurga kita dan bangsa ini

  21. Bisa jadi memang ada yg harus menyeimbangkan keadaan dan memastikan balance power. Agar seimbang rakyat dengan pemerintah krn terlihat sekarang begt jomplang nya tekanan pemerintah dgn kuasa rakyat

  22. Pemburu rajawali on

    Tgl 23 Mei lalu ada yg milad satu abad loh. Karena saking senang dan gembira ria dg miladnya jadi lupa harus memakai topeng yg dipakainya sejak 1990an. Mrk Sangat Bangga sekali dg milad tsb hingga mengajak seluruh komunitas dan supporter nya utk melepas topeng nya,tujuannya sih bagus yakni utk eksistensi tak perlu takut Krn super pembina “akan” backup 1juta% ternyata oh ternyata super pembina malah mengamuk besar Krn Mega super Plan nya terancam gagal..

    Gagal maning Gagal maning son!! Hehehe
    #jgn serakah jadi diborong semua ending nya mengikat tali tiang gantungan ke leher sendiri.

    • aseng sialan on

      Mxd bung pr peaki ea,,trs itu suara fals juga ikt merykn juga tu konser,apa bagian mereka juga ea?

    • PejuangZaadul on

      Semoga para kesatria g cuma jafi penonton seperti pilptes kemarin. Dg kejadian kemarin makin terbuka lebar pemetaan nya tinggal ciduk n buang ke laut jangan lupa kasih pemberat biar g nongol lagi.
      Inget itu yg abis milad kemarin udah masuk ke tempat” setrategis termasuk ke para pengayom rakyat. Semoga TNI masih steril tidak seperti sejarah terdahulu yg terpecah jadi 2 kubu.

      Ngomong” ko sekelas bosman bisa di kucilkan ya. Padahal ilmu n pengalamannya bisa jadi salah satu aset bangsa. Pernah bilang dia keseringan maen di area shadows jadi ngerti tentang dunia konspirasi. Apa ada satu dan lain hal orang yg lama berkecimpung di dunia bawah muncul ke permukaan.

      • Biasalah bung ketika ada bintang yang lbh terang, bintang yang lain merasa suram

        Sebagai shadow kemunculanya dianggap mengacam

        Apalagi teriakannya adalah nasionalisme, rasakebangsaan,belanegara, kemandirian

        Mungkin pada merasa ada signal bahaya dan jalan satu satunya kill the messenger

  23. Sby sudah menyampaikan pesan eh harapan kepada si bodat luhut agar tidak memberikan ancaman kepada masyarakat yg mengkritik. By the way si bossman itu anak didik beny satu klan ama luhut jadi kontra intelijen menyuarakan suara oposisi bagai musang berbulu domba. Dirumorkan dia bisa membuat gelap singapore dan ini bener2 ngehalu kalah deh si cinta luna. Yg disampaikan bung PR jadi peringatan bisa jadi karena jalan politik sdh buntu dgn hutang yg bertumpuk atau keserakahan tak berbatas dan rakyat siap melibas!!!

  24. Ini Saya Ambil dari FB si Bossman Sontoloyo dan silahkan di nilai….

    HONGKONG BARU YANG AKAN MERUBAH DUNIA
    Akhirnya nama HongKong akan hilang selamanya di muka bumi. Inilah sebuah topik yang sedang di bicarakan di elit politik partai komunis china. Kalau jadi di putusakan, tiong kok resmi hapus hong kong sebagai daerah istimewa. Policy 1 negara 2 system, 50 tahun hingga 2047 ( 27 tahun lagi) yang tidak berubah ditangan deng xio ping akan dibatalkan oleh Presiden Xie chin ping, sekarang china menjadi 1 negara,1 system, komunis manifesto.
    Kalau benar itu terjadi, ini membuktikan kesaktian Xi jing ping sebagai pemimpin revolusioner dan rebel, kekuatan dia sebagai presiden seumur hidup china di manfaatkannya dengan keberanian seperti melawan perjanjian deng xio ping dengan reagan untuk tiongkok menjadi negara demokrasi 40 tahun kemudian dan akan mendobrak perjanjian 50 tahun hongkong yang di buat seniornya sampai 2047.
    Kalau di lihat kepemimpinan xi jing ping yang melawan arus besar ini, mirip ide gila bossman melawan unclos yang di bilang bossman ngak tahu unclos. Ya tahu lah, makanya dilawan unclosnya.
    Dari pada buzzer bayaran yang disuruh ngonggongin bossman bilang kita harus taat unclos, ya kita naikin jari tengah kepada buzzerp bayaran tersebut. Itu namanya mereka mendukung indonesia terus di jajah, tidak berdaulat. Makanya unclos kalau sama kita ya di lawan.
    Printing money dalam konsep bernegara bossman itu kita melawan IMF, jadi apa yang baru dnegan melawan unclos? Terus… kenapa takut. Tuh contoh xi jing ping yang berani melanggar unclos versi hongkong.
    Sudah lah, kita faham lah yang anti bossman yang nyerang pakai buzzer itu, mereka semua adalah pendukung indonesia terus di jajah.
    Begitu kita mau berdikari, beeeuuhhh kita langsung di hardik, langsung ngonggongnya lebih kencang dari anjing. Tapi ngonggong doang, ngak ada konsep juga counter idenya.
    Kembali ke hongkong sekarang. Rencananya semua pemegang KTP dan passport hongkong akan dicabut dan ganti KTP dan passport china diberlakukan, semua pemerintahan hongkong di kendalikan pusat beijing.
    Bagi yang ada menyimpan dolar hongkong di perintahkan di tukar ke yuan sekarang. president china telah mengumumkan bahwa negara hongkong telah berubah menjadi milik china dengan 1 sistim.
    Selama ini uang kertas yg berlaku hongkong di cetak oleh : HSBC (Inggeris), Standard chartered bank (Inggeris) dan Bank China, semua uang kertas hongkong di cabut semua penukarannya menjadi 1 kertas YUAN china dengan nilai sama, semua pemerintahan di kendali langsung di beijing.
    Partai Komunis China akan segera mengeluarkan Security Law untuk Hongkong. Maka SELESAI sudah Hongkong jadi pusat keuangan asia.
    Lalu lintas hard currency dan instrument keuangan dalam value hard currency akan mengecil otomatis dengan bergesernya kekuatan wallstreet, city of london, frankfrut, tokyo di hongkong.
    Ini terjadi setelah diserahkan oleh Inggris ke china 23 tahun lalu, wallstreet menguat kekuatannya di hongkong. Setelah sekarang China ingkar janji untuk mempertahan sistem pemerintahan hongkong yang demoktratis selama 50 tahun sejak serah terima Hongkong 1997, timbul pertanyaan.
    Pertanyaannya, akan kemana pindahnya pasar modal, pasar uang hongkong tersebut? keTaiwan,singapura atau Mumbay?

  25. Inilah yang saya katakan sejak 3 tahun terakhir, indonesia harus punya wallstreet sendiri. Jujur saya tidak tahu xi jing ping akan lakukan hal ini, tetapi secara pribadi, saya gethem gethem memprediksi hongkong yang jadi kaki amerika berperang dengan china yang akan membuat china menjadi negera demokrasi terbesar di dunia tahun 2030 kalau berhasil strategi amerika pakai hongkong, pasti di sikat china.
    Akhirnya oleh tiongkok, hongkong akan di bekukan, daerah istimewanya hilang, militer china menguasai 100% wilayah hongkong saat ini. Bisa apa amerika?
    Bisa apa para TYCOON hongkong? Bisa apa pasar uang internasional di hongkong?
    Pindah? Kemana? Mumbay ke jauhan, taiwan beda sistem dengan hongkong. Singapura akankah mendapatkan winfall ini. semua lagi melobby! Dari ratusan perusahaan china yang akan di buang dari wallstreet, ini adalah pukulan balasan dari tiongkok atas perusahaan multinasional terutama milik amerika di hongkong.
    Indonesia faham ngak? Itu yang sering membuat saya gregetan sama pejabat negara.

  26. Indonesia itu harus punya WALLSTREET. Faham wallstrett? Ngerti bedanya New york stock exchange sama wallstreet. Ngerti bedanya IDX sama pasar uang hongkong.
    pasar uang hongkong itu wallstreet.
    Faham mengapa bossman punya santara.co.id dan dinaran.id, itu wallstreet kelas piyik,kelas ndeso, kecil. Lah siapa ini bossman, bisanya mek ngono. Modale cekak, gerakannya terbatas. Politikus bukan, pejabat bukan, mau nolong bangsa indonesia susahnya setengah mata, kebanyakan buzzerp nyerang.
    Takut banget lihat indonesia maju. Takut banget indonesia lebih besar dari tiongklok dan menang lawan amerika. Takuuuuut banget dah. Maunya kecil terus.
    Semua hal yang baru, yang revolusi, yang melawan hegemoni selalu di kecilkan apa lagi buatannya bossman.
    Kembali kelangkah china membubarkan hongkong. Berhasil muluskah?
    Pastinya Western Country telah tertipu oleh China. Waktu penyerahan Hongkong Tahun 1997 Cina berjanji bahwa sistem pemerintahan Hongkong yang diwarisi oleh Pemerintahan Inggris akan tetap dipertahankan selama 50 Tahun atau berakhir 2047.
    Janji ini, awalnya diterima gembira oleh negara barat karena mereka berasumsi bahwa pada tahun 2047 Cina sudah menjadi negara Demokrasi dengan terbukanya China terhadap Negara Barat dan dengan mulai antusiasnya negara Barat berinvestasi di China.
    Namun yang terjadi sebaliknya. Ambisi china untuk MENYEBAR LUASKAN IDEOLOGI KOMUNIS serta MENDOMINASI SECARA GLOBAL semakin menjadi jadi dengan doktrin “unrestricted war”.
    Gelombang pergerakan Demokrasi di Hongkong terjadi setelah 23 tahun penyerahan kekuasaan dari British ini merupakan perlawanan masyarakat Hongkong atas janji janji China. Bagi Beijing khususnya Partai Komunis China, Hongkong yang menjadi portal gerakan demokrasi di china yang akan menyebar keseluruh propinsi di china merupakan acaman bagi elitie komunis. Akhirnya Hongkong di ” Cina Komuniskan”.
    Sekarang pemerintah di negara barat terdiam bisu. Bagaimana akuntabilitas dan responsibilitas mereka didepan rakyatnya akan arti demokrasi yang ternyata di lawan oleh komunis china?
    Lantas apa yang akan mereka katakan kepada konstituennya tentang mitra utama ekonomi mereka (Cina) ini dengan membelenggu demokrasi dan tidak ada kebebasan masyarakat di Hongkong yang sekarang menjadi komunis?
    Saya merasa bahwa mayoritas masyarakat barat bakal bilang sikap Trump terhadap Cina ini BENAR walaupun dia secara pribadi trump itu menyebalkan , ass hole!!!
    Kalau melihat begini,
    Perang akan terjadi ketika amerika MENERAPKAN SANGSI ke china. Seluruh financial asset yang diterbitkan oleh pemerintah china dan swasta china akan tidak bisa di tukar ke us dollar. Seluruh us dollar di account Bank Central China di The FED akan dibekukan.
    Jadi siapa saja yang pegang financial asset china dan dan orang china yang pegang foreign currency reserves us dollar bakal jatuh miskin karena nggak punya lagi asset dan cash dalam us dollar.
    Saya yakin pembekuan aset tiongkok akan diikuti oleh negara sekutu amerika lainnya.
    Bagi rakyat indonesia saat ini kita tunggu apa kebijakan bernegaranya, menurut saya Sikap Indonesia terkait New Cold War ini sangat Critical. Ngga bisa lagi “bebas aktif”. Harus ambil posisi. Bossman sih jelas posisinya, apa mau dukung bossman? # peace

    • Pada awalnya sy tertarik dgn si Bossman ini, tp ketika dia sebut idolanya adalah hulubalang bintang empat LBM, sy disitu mulai berpikir ada sesuatu..
      Bagaimana dia bisa bersuara contra dgn LBP, HP,WR dll sementara mereka kelompok yg sama lingkaran LBM.

      Lebih baik saat ini sy berdiam diri dan memantau, kelak jg akn terbongkar siapa sebenarnya dia.

      • Berdiam dan memantau ? Saya setuju dengan ini karena time will tell

        Mardigu cs LBM cs LBP— Anak buah LBM

        Abri Hijau cs icmi vs Abri Merah cs csis — Rivalitas

        Mardigu vs LBM — nginteli Suharto—Resign

        Mardigu vs LBP — BIP dibawah Menhan RR di tolak LBP

        Mardigu cs Pompeo —Teman kuliah — Proxy Amrik

        Mardigu cs Berni Sanders —- Oposisi Demokrat vis a vis trump

        Mardigu vs Rinso — singa tua luka

        Perjalanan hidup mardigu yg saya rangkum hasilnya diatas

        Bagi politikus yg punya calon capres, Mardigu berbahaya karena bisa jadi Kuda Hitam yang mengancam…..sehingga Kill the messenger — Black Campign — Pembusukan Karakter

        Kalo ane….2024 masih lama. simak narasinya, pinjam energinya untuk inspirasi perbaikan negri, anggap aja sebagai Self Healing setelah 20 tahun lebih terkungkung tanpa platform bernegara yg jelas, tanpa repelita yg terpadu, tanpa nation interest, tanpa nation right, nyaris tanpa arah mo dibawa kemana negri ini dll

        Sebagai bekal generasi milineal yg lupa nasionalismenya dan sebagai pengingat Generasi Tua untuk tetep bersatu

        • nunggu 2024 terlalu lama.. mau dipercepat sudah disetting dipilih wakil yg gak ada kapasitas, kekuatan serta jaringan ke politik.. ini dikunci tapi rakyat tidak bisa dikoentji!!! kekuatan akan bergerak melalui jalan-jalan tidak terduga

          • Rakyat tidak perlu di kunci, ketika bergerak rakyat perlu public figure. Siapa Figure nya??

            Amin R dan SBY sudah bilang tunggu sampe periode selese, sabar

            Ketidak sabaran pada proses sehingga lahir kudeta/People power mengajarkan indonesia bukan semakin baik akan terapi berjalsn mundur.

            Mo bukti,Ketika orba datang, kejayaan militer terkuat seasia timur lenyab, Roket kartika, Bom Atom 1946 lenyab tak ada bekas hingga blueprintnya sekalian, pengusaha pribumi di habisi. kiblat dari timur digeser ke barat, indonesia di format tak lbh dari jajahan inggris.

            Yang terjadi indonesia dibawah ketiak amerika dari segi politik dan dibawah ketiak etnik cina dari segi ekonom, pribumi? Tetap babu

            Era Reformasi, uud 45 di amandemen, lahir uu pro aseng, tni polri dicabut dari dpr,asas perwakilan dalam pancasila dikudeta dengan populer vote, one man one vote, hingga kita lihat amerika tersingkir secara politik dan ekonomi digantikan cina menguasai ekonomi dan akan disusul politik, kita waktu orba menoleh ke barat sekarang di paksa menoleh ke timur.

            Rakyat hanya dimanfaatkan,amerika dan barat sudah menguasai sumber sumber daya alam, cina menguasai ekonomi

            Pribumi? Tetep gigit jari… Sekali lagi tetap babu

            Sekarang mo people power kah? Mo buat indonesia mundur lagi? Yakin ga di jarah lagi nanti waktu kebakaran, pribumi yang gebug kebug kan, sementara asing aseng dan para globalis tinggal borong saham saham murah perusahaan strategis dan tinggal cekokin wakil rakyat untuk buat uu yang anasionalis lagi yang menguntungkan mereka

            Petani yang baik adalah sudah menyiapkan segalanya,bersabar sehingga masa panen tiba

          • Ganti pemimpin sama saja dgn ganti direktur persh besar gak ada dampak sistemik.. toh kalau gak perform direktur harus diganti masak dipertahankan .. kecuali ganti Ob yg wajah ndeso yg didukung jenderal picisan tangan berlumuran darah ring satu orba ya susah karrna senjata dan karung bicara .. masukin karung diketok kepalanya dan nguik mati..

          • Petani di indo kebanyakan tekor.. impor sayur ugal2a 11Triliun dan lahan bawang produktif mau dijual dialihkan fungsi jadi kompleks industri. Ini luar biasa hancurnya tunggu 2024 hah

          • Kudeta adalah hal yg paling sy benci, semoga itu tdk terjadi, karena akn ada perlawanan dari pendukung yg di kudeta.. negara kita bukan spt thailand yg punya symbol (raja) sehingga meskipun dilakukan kudeta, rakyat hanya akn menurut pd titah rajanya bkn politisi negaranya.

            Lebih baik bersabar menunggu rusak 5 th dari pada kemungkinan hancur lebur selamanya.
            Makanya selepas pemilu sy pernah berkata : “Semua sdh terlambat, terimalah apapun yg terjadi selama 5 tahun ini, kita sdh kalah”.

            Penting untuk mengakui “kekalahan” agar kesombongan diri tersingkirkan.
            Selama ini para hulubalang merasa angkuh dan sombong merasa bisa mengcounter apapun, sehingga mereka ceroboh “siapa yg dipantau siapa yg memantau”.

            Dengan pengakuan kekalahan, akan menimbulkan perenungan bahwa selama hidup didunia belajar dan terus belajar hingga akhir hayat itulah yg utama.

            Dalam sejarahnya tidak ada ahli strategy di dunia yg tidak mengalami kekalahan.
            Dengan kekalahan demi kelahan itu mereka belajar dan akhirnya menguasai dunia.
            Kelak mereka akn mengalami kekalahan kembali melawan strategy musuh yg baru, lalu berbalik mengalahkan, dan seperti itu seterusnya.

          • Ibarat punya supir pribadi tapi udah ngantuk maksain apa masih tunggu sa.pai tujuan sementara perjalanan masih 500km lagi? Ini hanya penggantian pimpinan saja tidak lebih. Kalau mereka lawan dgn komponen polisi dan militer ya tempur berarti

  27. India siap siap hadapi 2 front China dan pakistan ….. Mantap… Pangkalan di tibet di perluas… ASU siapa dukung India hee.
    Mudah2an jepang juga unjuk gigi + taiwan . Jepang rela ngga tuh gadis (yg ingin 1 squadron sukhoi susah nya minta ampun) tapi banyak sumber2 rejeki bumi jatuh k panda?

  28. nunggu 5,10,15 tahun lagiii,msh sama.Rakyat yang tetap menjadi korban.
    Pemimpin hanya ganti kepala doang….krn sistemnya sudah dilock / diset emang HARUS seperti itu jalannya….

  29. Kudeta tidak perlu dilalukan bila pemimpinnya mempunyai kesadaran dan wawasan akan nasionalime atas negeri ini. Contohlah Pak Harto, beliau mau mengundurkan diri dengan terhormat utk mencegah kerusakkan dan perpecahan bangsa ini. Padahal beliau kalau mau mempunyai kekuatan untuk mempertahankan diri. Tetapi buat apa? Karena hidup hanya sesaat dan sejarah akan mencatatnya. Selama 30 indonesia dibawahnya indonesia bisa terjaga persatuan dan kesatuannya. Dengan diplomasi yg halus indonesia bisa melunakkan amerika atas irian jaya dan dgn strategi yang jitu berhasil mengambil alih timor2. Indonesia tetap bebas aktif dan tdk memihak salah satu blok manapun. Bahkan tetap berkomitmen mendukung kemerdekaan palestina dan bosnia serta membantu perdamain dunia seperti pertikaian di kamboja, afghanistan, korea, beberapa negara di eropa. Ekonomi dan demokrasi pancasila selalu dikembangkan dan dibangun sehingga UUD 1945 tetap lestari tanpa pernah ada amandemen sedikitpun. Dan PKI jangan harap bisa berkembang.

    • Maaf bung Ihsan. Kalau pak Harto the real president, punya real power. Sdgkan yg saat ini puppet president. Lbh mudah membuat turun real president daripada seorang puppet president.. :)

  30. Congratulation for zionis (terutama aktor perencana), sistem new normal mirip tatanan dunia baru yg diprogamkan sang sutradara( mirip film holywood, dimana semua diatur sperti robot, telah berhasil tanpa disadari ini baru awal, sepertimya.

  31. he..he..he…. yang gak normal dianggap normal dgn isti;ah new normal = normal dalam keadaan di pasung….
    Apakah yg sekarang ini adalah bagian dari Elite Global..

    #New World Order..

  32. Dibalik pemimpin kuat pasti ada orang kuat dan kekuatan yang mendukungnya

    Kalo dibelakang Mbah Wi ada LBP dan Think tank

    Maka di belakang Mbah Harto dulu pun sama yaitu ada Beek dan Csis sbg think tank

    Beek adalah guru LBM dan LBM adalah Guru LBP

    Strateginya sama yaitu jadi No. 2 yang menyetir No. 1

    Klo ada apa2 No.1 lah yang di goblok goblokin,di anjing anjingin, No. 2 mah tetep nyante, bisa tidur dirumah sambil ngelonin bini

    Setelah Beek meninggal terbukti mbah To berpaling ke pembisik baru dan hasilnya Icmi lah yg tampil sbg pembisik dan think tank

    Kalo masalahnya ada di LBP ya tinggal munculkan saja kekuatan pesaing bisa lewat 08 meniru icmi dulu atau manfaatkan MMD sebagai penyeimbang biar LBP tidak terlalu dominan kesanya

    Makar? Pisang makar, ayam makar, bebek makar kayaknya enak klo dimakan pas laper hehehe…

  33. emang lagi jamannya…
    – yg gak normal dianggap normal,yg normal dianggap gak normal.
    – yg baik dianggap jahat,yg jahat dianggap baik
    – yg cinta tanah air dianggap pengkhianat,yg pengkhianat dianggap cinta tanah air
    – penduduk asli dianggap penumpang,pendatang dianggap pewaris negeri..
    – surga dianggap neraka,neraka dianggap surga…

    siapa yg suka membolak-balikan pemikiran selain setan..?

    • Gunung Jati on

      Fitnah Dajjal yg sedang membolak balikan yg salah menjadi benar dan yg benar menjadi salah, pengkhianat di anggap pahlawan, kejahatan di anggap kebaikan, pornografi dianggap lebih baik. Hal yg menyimpang dari norma dianggap terobosan dan kebaikan. Amburadul zaman ini.

  34. Armada indo pasifik + kawan selatan + kawan nato bergerak ke mana ? Hongkong tinggal sejarah… Wallstreet mau ditutup? Perbatasan di asia lagi gejolak… Kita ada di mana?

    • Kita ada di penghujung malam menuju pagi cahaya baru angin kemarahan dari jalan2 tak terduga terbentuk seketika karena orang yg kritik langsung dipenjara tanpa pengadilan. Caranya 1000000000% sama dgn tiongcrot. Sementara us sdg pusing urusan rusuhakibat polisinya salah prosedur nangkap orang. Partai yg dulu melambung kan nama joke dan hoax pendiri nya masih nafsu ikut pemilu 2024 dgn memerintahkan good bener tetap setia padahal dia sdh expired di thn 2024. Apalagi ya… Pribumi makin jadi babu blangsak

    • Pemburu rajawali on

      Kita berada di tepat sesuai dg kemampuan juga status kita sbg NON BLOK sekalipun ASEAN bergolak. Jika HK sdh jadi propinsi biasa dan WS tak berdaya lagi maka Sing pun akan mati dg sendirinya Krn Sea Line nya akan terblokade jika LCS pecah. Solusinya utama nya adalah teritorial Indonesia tak terjamah dg konflik tsb. Tapi kita siap dg segala kontijensi nya sekalipun kita terkena convid makin parah.

      New Normal hanya akan memperparah shaddow infection sdg PSBB hanya bisa blocking rendah yg paling efektif adalah fully lockdown dg support live and life support negara yg semua tahu itu mustahil terjadi dg berbagai alasan sekalipun sebenarnya kita bisa fully lockdown dg segala kemungkinan terburuk maupun terbaik

      • coemigaring on

        wah…kasmudnya..new normal hanya akan menambah sakit drpd membendung virus wave?jadi terapi plasma itu boong ya bang yang kata nya 90% efektif…?harusnya indo ikut inggris yg berhasil ampuh dngan lokdon..kalo ga pietnam..

  35. Bossman bagus tuh channel youtube nya… Lihat utube nya: indonesia harus aktif dalm WW3… Benar juga geografi strategis masih aja spt orang bingung.

  36. Mantap R80 dan N245 resmi dihapus dr program nasional.. 1999 berulang.. IMF lagi.. super sekali negara ini

    Intinya jgan sampai 2045 indonesia lepas landas

    • pencari kebenaran on

      tenang aja masih ada proyek drone PUNA MALE,,, dan juga paling bergengsi proyek IFX (lol)

      • Pemburu rajawali on

        KFX yg akan maju duluan bung sdg IFX kita akan berjalan sendiri dg program kita,Krn program KFX itu berbeda dg IFX sekalipun platformnya sama

    • Pdhl R80 itu swasta napa ikutan kena imbas..
      klo N295 maklumlah punya pt DI ama LAPAN

      Mimpi habibie pas jaya runtuh, pas diakhir hayat ksih peninggalan penting tinggal lanjutkan aja, gagal juga.

      • Pemburu rajawali on

        Karena ada perusahaan swasta juga yg akan bermain di kelas R80. Mirip dg di jegalnya N250 demi selamatkan Fokker dan ATR. Jadi kelas low prop itu tetap di pegang PTDI sedang medium Prop akan di pegang swasta non R80,siapa yg punya? Kantornya ada di Mega Kuningan kok hehehe

        • Jenggot bonar on

          Minal aidin walfaizin mohon maaf lahir batin untuk @ PR dan segenap penghuni PATRIOT GARUDA, semoga amal ibadah kita di ampuni selama ramadan dan di putihkan bagai secercak kain putih kesalahan dan dosa kita, amiiin

        • mega kuningan??? byak si bung PR airline asingnya, yg saya tau sih ada Sing Airlines ama Air China paling strategis di bundarannya hehehe

  37. Chock point kita bung.. Ada di Selat Malaka. Hanya itulah daya tawar kita yg masih tersisa sgby modal untuk menentukan sikap kita arahnya mau kemana dlm world trade war skarang ini. Sebelum genderang perang dunia 3 ditabuh, semua negara2 asia pasifik sudah menentukan sikap condong memihak siapa. Lha indonesia ini masih ragu2 melangkah, contra pertahanan intelejen kita belum mumpuni bung.

  38. Pager Wojo on

    …..hmmmm…..menarik amati sekuel pertarungan manuver kubu Republik (paman donald) vs. kolaborasi sino-demokrat atas project kisruh internal dgn trigger minnesota ……. jelang pilpres di US…..
    …..akankah titik didih internal US semakin dipanaskan oleh manuver2 Sino-Demokrat dgn membakar kota2 US ? (Hipotesis 1) Akankah bergoyang juga negeri diatas awan di khatulistiwa seandainya besok paman donald kasih kejutan manuver thd sino ? (Hipotesis 2)

    >>>BLINK !!!…….tanya ahh ke bung PR ….sapa tau berkenan babarin proyeksi 2-4 minggu le depan ….hihihihi….

    • Pemburu rajawali on

      Hehehe.. minesota on fire,yah itu hanya sebuah low very low intense clashes aja bung hanya saking low nya sampai harus turunkan Local guard + PMC .
      Bring the fight to their home and back yard sekarang sedang di mainkan. Us-china vis a via India – China+ India-Pakistan + Asean – China di LCS. Khusus LCS kita akan hanya amati saja selama Natuna island dan Natuna Sea tak kena tumpuk batu juga bambu.

    • Pemburu rajawali on

      Sebuah kegelisahan dan bukti sayang kepada bangsa juga rakyatnya . Jika saluran resmi tak di gubris wajar jika beliau pak Ruslan pakai saluran non resmi . Sayangnya banyak pihak yg pentingkan egoisme dan kesombongan yg sejatinya hanya menutupi kerisauan dan kekuatiran jika “busuk” besar tercium sangat. Saya yakin beliau tak akan “di netralisir atau netralkan” jika gara2 kekesalan pikiran dan hati sbg barbuk. Tapi jika ada niatan beliau akan di netralkan saya yakin dg kemampuan RAIDER nya masih bisa fight till the last breath

    • PejuangZaadul on

      Akhirnya sekali lagi seorang patriot masuk ke jeruji kalah dg penghianat. Emang udah takdirnya indonesia jadi pesakitan. Goro” lagi kejar tayang. Selamat untuk para penghianat bangsa. Semoga matimu kelak akan dicatat sejarah dg tinta emas.

  39. Bgm rasanya Uncle sam’polices,national guard,at the end US troops hadapi kerusuhan??? Enak kan,,?ayo keluarkan doktrin HAM nya kakek Trump. Ha,,ha,,ha,,,belajarlah dgn TNI dan Polri kami wahai politikus,poli buaya,poligendeng USA, dalam hadapi situasi chaos. Hi hi hi,lempar bangkai ke halamn tetangga eh malah mendarat di halaman rumah sendiri. Ramai …mantap deh si Trump cara tangani…..tembaaak aja .

    • Pemburu rajawali on

      Yg jelas jambul kuning pusing Krn jika Rasisme makin luas bisa saja civil war akan terjadi. Kita lihat saja kedepannya

      • Bung PR,cermin buat seluruh penguasa pemerintah,aparat militer dan polisi di muka bumi do not be over confident by yourself.dengarkan kegelisahan rakyat bawah,jgn terlalu dengar segelintir oknum ABS. Jika botol berisi air ditekan dgn kekuatan super,pasti pecah,air akan berpencar ke segala arah,,,basaah deh,air perlu disalurkan, jika tidak apapun benda yg menahanya akan jebol,air akan selalu mencari titik terlemah. Tinggal tunggu waktu aja. Wake up ….wake up. Unisovyet jilid 2.

  40. majapahit dan sriwijayapun runtuh, makan siapkan mental kita menjadi bangsa baru yg berbeda.. hikmahnya bisa sering keluar negeri

  41. Pemuda Barat dan Pemuda Utara sedang geger dalam negrinya dan juga saling ancam mengancam

    Jangan ikut arus tapi saatnya bermain cantik

Reply To Secret Cancel Reply