KLEWANG EMPU LUNDIN..!

72

Misteri ini menyeruak karena terdorong oleh luapan bahagia sahabat saya yang terlibat dalam project rahasia besutan TNI AL bersama PT Lundin di Banyuwangi. Konon kata yang paling tepat adalah project eksperimen bersama antara Indonesia dengan Swedia..!
Ada yang menggelitik saat nyerempet kisah tragis yang diberitakan media secara luas dan nyata tentang kebakaran yang melanda Klewang beberapa waktu lalu.

Sandiwara ini akan menjadi titik awal bagi terciptanya Klewang impian dikemudian hari..!
Mengapa project Klewang mencuat ke permukaan..?
Sesuatu yang sangat menarik untuk dirangkai latar belakangnya. Jika saya seorang Chef yang ahli dalam membuat berbagai macam steak yang lezat dan menguasai menu Perancis yang hebat, mendapat kabar bahwa di Jawa Timur terdapat jenis sapi atau kambing yang kalau dibakar akan terasa lembut dan beraroma istimewa, salahkah jika kemudian saya berangkat ke sana dan bergabung untuk mengolah dan mencipta menu istimewa dari bahan yang istimewa. Masalahnya, apa yang saya ciptakan ternyata tetap saja merupakan menu Perancis, meskipun bahannya dari Jawa Timur. Akhirnya solusi damai pun diambil, menu Perancis boleh dibuat dan dihidangkan dengan cara Indonesia, kalau perlu disajikan dengan alas daun pisang dan taburan bawang goreng, tetapi Perancis juga berhak untuk membuatnya, tapi tentu dengan cara dia sendiri dan bahan yang kelak akan disupply dari Indonesia. Project deal dan jalan tanpa ada pihak yang dianggap merusak hak cipta.

Itulah sebenarnya mengapa Saab datang ditemani pemimpin negaranya. Mereka menginginkan supaya project Klewang, atau code name di Swedianya disebut X3K Project, menjadi sebuah project serius, sebagaimana yang dilakukan oleh Indonesia dan Korea dalam project KFX/IFX. Visinya sangat bagus..! Bersama Swedia, project ini secara jelas diarahkan untuk bersaing dan mengalahkan project serupa dari USA. Maka kompetisi terselubungpun bermula..!

Diperkaya dengan kematangan teknologi yang dimiliki Visby Class, kemampuan Klewang pun terus ditingkatkan. Material special yang konon hanya dimiliki oleh Indonesia pun disemburkan, hasilnya, Klewang sekarang bukan cuma tahan api dan bersifat siluman, melainkan telah menjelma menjadi Ultra(silu)Man..! Hal ini pun secara tersirat diakui oleh team US yang disampaikan melalui Saab di Swedia. Kabar yang paling menggembirakan, US akan menawarkan sebuah project serupa pada Indonesia, untuk item alutsista yang lain..!

Khusus untuk Klewang, Saab telah menyumbangkan teknologinya pada Pindad untuk memproduksi senjata dan sistem senjata yang diboyongnya. Adapun untuk PAL, mereka kebagian teknologi seawave piercing yang selama ini menjadi keunggulan si Visby.

Dengan teknologi yang ada, kelak KCR 63 Klewang yang dibekali 4 unit mesin diesel MAN12 @1800hp, akan mampu menyayat lautan dan menyusup gelombang dengan tenang, damai dan mematikan pada kecepatan hingga lebih dari 40 knots..! Stabilitas Klewang juga dicurigai lebih baik jika dibandingkan produk serupa dari USA. Di lambungnya akan dibenamkan berbagai piranti pembunuh yang mematikan. Selain 8 unit C702 dan 4 torpedo, Klewang juga akan dilengkapi dengan 4 unit Saab RBS-15 Mk3 Advanced Cruise Missile, anti aircraft point defense missile system, Sea Giraffe 1X 3D radars system, Saab CEROS 200 fire control, 40mm Bofors canon, dan lain-lain..!

Ada yang berminat..? Indonesia dan Swedia menyepakati perjanjian untuk membuat standard produk khusus eksport..! Hehehe.

 

Sedikit Penjelasan Tentang Klewang

Klewang yang didesign sebagai “Stealth” itu harus mampu berlaku sebagai siluman, dan menghilangkan dirinya dari pantauan radar lawan, karena designnya dibuat dengan ditunjang oleh sekurang kurangnya empat sampai lima teori yang dapat mengurangi “radar cross section” sampai sedemikian rupa kecilnya, sehingga tidak sampai tampak dalam monitor radar lawan. Teori tersebut adalah antara lain teori defleksi, absorpsi dan refleksi. Dari sisi perilaku pancaran radar, masih ada lagi teori pancaran yang mengenai benda yang berrongga, serta mengenai bidang bidang yang tegaklurus satu sama lain. Disamping itu, masih ditambah lagi dengan penggunaan material yang dapat menyerap pancaran radar, RAM atau Radar Absorbent Material. Keseluruhan pengetahuan tentang teori penunjang stealth inilah yang kemudian akan dipergunakan untuk berusaha menciptakan suatu lapisan RAM, radar absorbent material, yang bila disaputkan pada badan Klewang ini akan luput dari deteksi oleh radar musuh.
Sebagaimana suara, yang terpantul ketika mengenai suatu bidang penghalang, radar pun memiliki karakteristik perilaku yang sama pula. Bahkan rumus rumus yang berlaku pada perhitungan akustik, berlaku pula dalam perhitungan dengan gelombang elektromagnit yang dipergunakan dalam radar. Perbedaannya hanyalah nilai kecepatan yang dimasukkan kedalam rumus tersebut.
Pantulan energi radar setelah mengenai suatu sasaran yang dideteksinya bersikap bermacam macam, tergantung dari bidang pantul sasarannya. Besarnya pantulan / echo yang terjadi, dapat diukur dalam peralatan pengukur RCS (Radar Cross Section), yang ditera dalam satuan dB (decibell). Pada peralatan pengukur RCS ini dapat terlihat dengan jelas bagian-bagian mana aja dari pesawat yang akan memberikan kontribusi terbesar dalam memantulkan energi radar. Berdasarkan data inilah maka Klewang “stealth” didesign dengan mereduksi bagian bagian tersebut dengan berbagai macam cara.
Diantara teori-teori itu antara lain :
Teori refleksi.
Teori pertama yang menunjang design stealth adalah teori refleksi. Teori ini mengatakan, bahwa suatu pancaran energi radar yang datang kesuatu bidang pantul yang ideal, akan dipantulkan oleh bidang tersebut, dengan sudut pantul yang besarnya akan sama dengan besar sudut datangnya energi.
Pantulan ini akan berbentuk suatu “high side lobe” (pancaran echo utama) yang mencuat panjang, yang akan dikelilingi oleh beberapa low side lobe (pancaran echo sampingan ) yang mencuat dengan intensitas yang rendah. Pada design stealth memutar balik dalil ini dengan berusaha membuat agar energi radar yang datang ke body stealth mereka tidak akan menimbulkan echo, khususnya “high side lobe”, dengan jalan membuat bidang bidang yang ditata pada Body Kapal sehingga tidak ada yang bersifat selaku bidang pantul ideal.
Teori refleksi, double bounce.
Energi radar yang mengenai dua bidang atau lebih yang satu sama lain saling tegak lurus, akan dipantulkan kembali kearah pemancarnya dengan intensitas yang sama kuat dengan saat pancaran tersebut mengenai bidang pantul sasaran. Effect ini disebut juga sebagai “double bounch”, yang dikalangan umum dipergunakan dalam permainan bilyard. Design stealth harus mencegah terjadinya hal ini pada design mereka dengan membuat bahwa tidak ada satupun pasangan bidang pantul yang saling tegak lurus satu sama lain pada body kapal tersebut.
Teori facettierung.
Untuk memanfaatkan sifat energi radar yang terpantul saat mengenai bidang pantul sasaran agar pantulannya porak peranda, tercerai berai sehingga tidak terfokus saat harus kembali kearah antena pemancar, maka design stealth harus juga menggunakan teori facettierung. Teori ini didasarkan atas pengamatan terhadap mata serangga, yang berbentuk facet, yang memungkinkan serangga melihat kesegala arah, tanpa harus memutar bola matanya. Keseluruhan bidang penutup kerangka body stealth dirakit sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk facet tersebut, sehingga energi pancaran radar yang dipancarkan oleh lawan akan terpantul kesegala arah dengan intensitas yang rendah sedemikian rupa sehingga echo tersebut tidak akan dapat dimanfaatkan oleh lawan guna mengindera mereka.
Teori Pancaran terhadap benda berrongga.
Pancaran radar terhadap suatu benda yang berrongga, akan dibiaskan mengikuti bentuk rongga / tabung sasaran. Sedangkan pancaran radar yang mengenai suatu puncak kerucut, akan dibiaskan melingkari puncak kerucut tersebut. Pancaran radar lawan yang mengenai bagian depan Kapal, akan dibiaskan melingkar sebagai kerucut dengan poros sesuai body kapal. Sedangkan pancaran yang mengenai bagian lain dari body kapal yang berujung tajam, akan tampak menyebar disekitar titik tangkap pancaran.
Teori absorsi.
Dalam teori akustik, terdapat suatu dalil, bahwa bunyi akustik yang datang pada sebidang softboard akan diserap oleh bidang tersebut dan hanya sebagian amat kecil yang dipantulkan. Tingginya kemampuan serap bidang softboard tersebut tergantung atas kesesuaian daya serap softboard terhadap seperempat panjang gelombang akustik yang datang. Makin tepat kesesuainnya maka akan makin banyak energi akustik yang terserap. Teori akustik ini kemudian dimanfaatkan dalam teknologi stealth, dengan membuat suatu material yang memiliki ketebalan 25% dari panjang gelombang radar lawan yang akan diserap. Materialnya sendiri dapat terbuat dari bahan busa Zell Polyurethane, lapisan Dallenbach ataupun Magnet absorber .
Cara kerja RAM sesuai skema pancaran energi radar yang datang akan mengenai bidang pantul pada Kapal Perang Atas Air yang dilapisi RAM. Seketika itu juga pancaran ini akan dipantulkan kearah asalnya. Pada sisi yang lain sebagian pancaran akan masuk kedalam RAM dan mengenai base plate Pancaran ini akan dipantulkan oleh base plate dalam suatu phase yang berbeda 50% dari phase pantulan oleh RAM. Beda phase yang terjadi ini akan saling menetralisir kekuatan / intensitas pantulan / echo kembali keantena penerima, sehingga echo yang diterima oleh antenna penerima tidak akan dapat dianalisa baik oleh monitor.
Welcome Klewang hehehe….

 

By : Bapak [email protected] Dan Bapak Pocong Syereem :)

Share.

72 Komentar

    • prof.john.hugh on

      gak disana gak disini, masih aja ada yang nama nya pertamax, solar, bensin, komen gak jelas begitu yang menurunkan rating sebuah blog.

    • siap laksanakan admin. maaf saya kemaren belum tau aturanya disini dilarang yang begituan, saking semangatnya bisa nemuin lagi info dari para sesepuh yang lama menghilang dari peredaran. Tidak akan diulangi lagi.

    • itu klewang yang pertama menurut saya adalah sengaja dibakar…
      alasannya knapa saya kurang faham.
      kemungkinan kecil sekali kalo project se-rahasia ini bisa dengan teledor dan kecelakaan seperti itu…

      • Masa sih bung, saya kaga percaya kalo seperti itu, masa pembuatan dengan menghabiskan dana yang tidak sedikit malah dibakar. Sepertinya memang terjadi kecelakaan atau hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.

  1. alhamdulillah dapat pertamax, kalo di tempat lain susah amiir deh dpt pertamax, he he, wow…. wow….. wow…… ini baru erita yang ditunggu tunggu Klewang NG, dengan pasir besi lumajang, n mainan baru yang gahar abis dech, bakalan bikin meriang para tetangga usil n jahil pokoke kena jewer semua, he he he :mrgreen:

      • iya jga sih bung, dsni cenderung masih sepi n adem ayem, padahal para sesepuh nyang dari sebelah kan jga dah pada sering di mari, tapi maklum jga sih soale yang tau warung ni jga smentra penghuni warung sebelah, jadi palingan maih sambil atikel di sebelah, Hi hi hi termasuk saya bung, salam kenal bung trondolporp, btw nicknya hampir mirip obat anti memar trombopop, he he he :mrgreen:

  2. akhirnya clue ttg klewang ghoib muncul…
    makasih bung yayan, srasa mencicipi filet mignon rare, membaca tulisan bung yayan…

  3. I like it bung yayan selalu membawa berita bagus yg bikin adem sekaligus bangga dan membeberkan apa yg terjadi dri sudut pandang berbeda.

  4. Mohon maaf para admin disini, mohon untuk segera ditindak penyampah penyampah yg cuma komentar pertamax, siji, uno, test, dll. Melihat pengalaman warjag yg mulai ditinggal membernya yg bisa kasih komentar yg menarik untuk di diskusikan, sebaiknya troll troll itu segera “dibina” sebelum jadi “penyakit sosial” juga disini.

    Salam untuk Bung PS, Bung Narayana dan semua sesepuh.

  5. Mantap, ini baru info yg josss
    Indonesia mampu membuat kapal perang ulftra siluman
    Lanjutken,,,,,,, inovasi anak bangsa dengan penelitian dan atau kerjasama tot kita wujudkan kejayaan mariim indonesia

  6. Terima kasih Bung Yayan Supriatna,

    Tapi ini bukan Bung [email protected] kayaknya… :) Diatas ada by NKRI_JAYA juga…. hehehe.
    Bahasa dan ramuannya emang bung Yayan sih, tapi ndak masalahlah.
    Yang penting dapat ilmu dan tambah pengetahuan, semoga banyak yg akan memberikan pencerahan tanpa banyak comment ngetroll lagi.

    Mungkin ini hanya penilaian saya saja, yang namanya blog seperti ini pasti ada yg klise dalam memberikan penyampaianya. Bukan 1+1 =2 alias harus keliatan barangnya dan nyata.
    Bukan yg sudah pasti ada dipasaran, terlebih bagi yang menganut tidak ada foto tidak percaya. Karena blog seperti ini bukan mewakili instansi resmi pemerintah yg kebetulan berhubungan dengan militer, kalo mungkin itu yg dicari bisa ke web resmi yg dikeluarkan instansi tersebut.

    Sekarang dikembalikan kepada kita sendiri dalam memahami segala info yg sudah ada.

    Salam… .. .

    • Kalo gak salah nama asli Bung [email protected] ya Yayan Supriatna bung, mungkin bung NKRIJAYA ngambil artikelnya dari FB nya bung Yayan. di warung bung diego juga dah munculkok TNI-AL maupesan 4 Klewang Class, mungkin ini menyambung Clue yang di sebelah.

      • Hehehe, sorry kalo oot bung Amoeba…
        Karena sampai sekarang saya ndak suka yg namanya FB dan blm minat bikin jadi ndak tau kalo dr fb, walaupun banyak meyarankan buat share info lebih cepat.

        Maksud saya bukan hanya diartikel ini, untuk semuanya itu yg saya maksud. Di JKGR saya juga pantengin setiap info yg ada, walaupun kebanyakan SR untuk soal alutsista.
        Harapan saya sih, jangan ada lagi yg ngetrol dan men-judge bahwa ini hoax atau yg lainnya dan lebih parahnya lagi mencaci penulis.
        Masih ingat dengan apa yg Bung Narayana memberikan A1 list, sampai2 beliau harus membuat edisi khusus untuk menjawab itu semua? Akhirnya beliau mundur teratur menurut aku sih, walaupun sudah ada yg nyata dilist tersebut.

        Salam.. . ..

          • makasih bung, betul sekali bung, mencerahkan dan memberi gambaran tentang sudut pandang orang2 diluar negeri tentang NKRI kita, yang oleh orang2 di dalammalah sering dipandang sebelah mata dan disepelekan. JAYA terus NKRI Bravo Bung YAYAn jangan lelah memberi pencerahan pada kami.

          • Bung @Garudadidadaku…. salam kenal juga
            Baru kali ini dapat teman yg sealiran soal fb, semoga ndak ketinggal informasi walaupun tanpa itu…

            Salam..

        • benar sekali kang bagus @
          dari list bung nar terdahulu untuk matra darat hampir semuanya sudah menjadi nyata walau secara jumlah belum terpenuhi semuanya. matra laut yang masih sangat ghoib. tapi dilist itu kan di jelaskan pengadaan untuk 2 tahun kedepan dari 2014 sampai 2017 berarti jika 2 tahun kedepan sampai 2017 maka akan banyak di awali di 2015.
          dan yang paling penting menghargai hasil karya seseorang. meski sebuah angan.
          di amerika sebuah karya yang mengangkat tema . makhluk asing atau UFO sangat di hargai. meski sebagian besar dari mereka yang menghargai karya tersebut masih sangat meragukan kenyataannya.

          salam hangat kang bagus…
          maaf bila ada yang salah..

          • Bung @Kilauan
            Yup bener sekali untuk itu bung, kasian Bung Diego sekarang. Beberapa penunggu lama mulai mundur teratur juga aku liat, semoga tetep memantau walaupun jarang nongol memberikan wejangan / komentarnya.

            Salam..

      • Hopely nih klewang kita bisa memuat rudal yang gahar abis, segahar rudal styx di Kmar class kita saat masa trikora, sehingga semakin Ultra, n memberi efek deterrence yang tinggi, biar yang suka slonong boy di lautan RI, pada atuutn lari menjauh.
        Pertanyaanya buat para sesepuh n rekan sekalian kira2 rudal yang sekelas styx tu kalo sekarang apa ya? mohon pencerahanya.

  7. “Sandiwara ini akan menjadi titik awal bagi terciptanya Klewang impian dikemudian hari..!”

    bung mohon dijelaskan lebih dalam tentang kalimat diatas… kalau disemprit sama den karung, ya ga usah juga ga apa2… hehehe

  8. gile….bener nih kapur, semoga tidak ada yang sirik apalagi dengki sehingga menghambat bahkan membatalkan project ini…jangan senasib dengan IPTN…semoga..btw trim’s bung yayan atas artikelnya.

  9. kalo untuk urusan yang ngetrol saya juga amat sngant empet bin eneg bung, kemaren di trit nya bung ps aya jga bis bhas msalah troller sma bung garudadidadaku, kalo ada ada yang ngetrol tapuk mulute pake sandal jepit. salam kenal juga bung

    • Garudadidadaku on

      btul bung…tapruk sndal jepit… baik yg ngtroll…yg mrendahkn komen org lain yg siftny mnyerang personal …ataupun yg mggunakn kalimat yg provokatif…lbh baik lgsg djewer…tapruk pake sendal…jgn smpai mmbuat suasana dsni jd gk kondusif.. :mrgreen:

  10. wow, ternyata itu to lakon sebenarnya alur ceritanya hampir sempurna…
    wis pokoke trimaran maju terus sebagai kapal siluman sing the best se antero lautan…
    terima kasih bung yayan, nice artikel…

  11. Semoga mendapat dukungan penuh pak RR (yg senang dng produk sendiri dan produk blok timur) dan pak TE (Menko yg senang beli barang baru, tidak senang dng barang bekas) merupakan kombinasi yg dasyat utk mewujudkan kejayaan TNI dan NKRI.

  12. Thank’s bung Yayan, enak sekali bahasanya. Ini kapal gahar amit, dah silu, bawaannya banyak banget. Moga2 industri dalam negeri dapat TOT dari project ini. Moga sehat2 slalu dan salm NKRI

  13. mantap artikelnya bung yayan,gue nungguin di blok sebelah artikel bung yayan,ternyata terbit disini maju terus bung yayan,buat orng awam seperti kami mkin bngga dengan nkri

  14. Assalamuaaikum wr.wb.
    keren bung yayan ulasannya.
    o ya kenapa koq bikin web lagi?
    apa perbedaannya dengan sebelumnya.
    maaf kalau banyak tanya

  15. it will be more interesting if Indonesia could procure 16 gripen e/f plus 2 erieye, we should get network centric tot from saab, it will be more deadly than Thailand. how about that mr. chef.. hehehe

  16. Bung admin, mohon maaf sebelumnya, saya kok belum pernah tau atau baca di sumber berita manapun termasuk bisik bisik tukang racik di North Sea Boat yg menyatakan kalau proyek Trimaran ini akan dilengkapi tabung torpedo.
    Jadi apa benar Trimaran baru nantinya akan dilengkapi kemampuan menembakkan torpedo?
    Lha spesifikasinya sendiri, baik yg berdasarkan artikel ini maupun banyak sumber yg saya baca memang tidak ada yg menyebut sonar apa yg akan dipasang nanti kok.
    Jadi menurut saya KCR Trimaran ini memang tidak disiapkan untuk dilengkapi dengan sistem torpedo.

    Tapi ini hanya analisa tukang warnet lho ya? Mohon maaf kalau ngawur :D

    • Klewang Versi 90 dan 120. Persenjataan sudah utuh mencakup 4 dimensi pertempuran laut (surface to air, surface to surface, anti submarine, electronic warfare).

      • Dengan kata lain, KCR Trimaran 63m yg sedang dibuat ini TIDAK dilengkapi kemampuan ASW, Terima Kasih informasinya dan salam jenal Bung NKRI_JAYA.

        Soal Klewang Versi 90 dan 120 itu kan bukan Dephan atau Lundin Industry yg ngomong, jadi ya cuma ngarep.com :D

  17. Salam kenal sebelumnya :)
    Sungguh artikel yang sangat menggugah kebanggaan dan kecintaan pada negara.
    Ada beberapa hal yang cukup menggelitik mengenai artikel ini yaitu kemungkinan mendapatkan “proyek serupa dari US untuk alut sista yang lain”… kita selayaknya berhati-hati terhadap hal ini.
    Hal lainnya adalah kesepakatan saab dan Indonesia untuk membuat versi export… hehehe mengingatkan pada negara arab yang dulu sering jadi bulan-bulanan karena produk rusia yang notabene versi export yang tentu saja downgrade ;)

  18. bar tau nih kalo klewang nantinya diiisi 2 jenis rudal, bukannya yang versi swedia ini pinsil cina diganti sama pinsil swedia ya?

  19. firmansyah alam on

    Majulah bangsaku, jayalah NKRI, ayoooo indonesia bisa, maaf selama ini hanya SR, cuma seorang penggemar bung yayan, bung narayana, bung PS, salam sehat buat para sepuh dan SR semua.

  20. firmansyah alam on

    Maaf selama ini sy hanya SR ?? JKGR, semenjak bung narayana jarang muncul, bung yayan juga, sy coba cari diwarung sebelah, alhamdulillah akhirnya ketemu juga, salam sehat selalu buat semua.terimaksih juga buat admin yg dgn sukarela mempost comment saya.

  21. Pengusaha Coto Makassar on

    Terima kasih ArtikeLnya bung yayan ,barusan ini sy Lihat ruangan Nahkoda KRI KLewang kita , sy yakin kaLau yg suka ngetroLL kaLau Lihat ini pasti terdiam , oh iya bung yayan ada haL yang sy mau tanyakan , apakah keakraban kita untuk KRI kLewang kita ini berpengaruh untuk meng Akusisi Grippen yang nota bene Jet itu ternyata bukan 100% buatan swedia waLaupun dengan embeL2 TOT 100 % terima kasih bung yayan sekaLi Lagi :-)

  22. Semakin banyak proyek kerjasama dengan negara lain, semoga dibarengi juga dengan kemampuan penyerapan alih tehknologi sehingga akan memperkaya pengetahuan sdm anak bangsa ini…
    Semoga muncul klewang versi berikutnya yang semakin cetar membahana juga dari ukurannya sehingga bisa membawa yakhont atau rudal jarak jauh… Semoga… Amin…

  23. Salam hangat buat bung @Yayan dan keluarga! dari awal baca artikel saya merasa tidak asing lagi, ini pasti artikel sang master chef trims atas ifonya bung @yayan semoga sehat selalu.

  24. Assalamu alaikum wr.wb. Salam hangat dan salam kenal buat rekan-rekan dan para senior yang ada di patriotgaruda.com ini. Saya selama ini adalah SR setia di jakartagreater.com dan ada beberapa kali ikut serta diskusi di sana. Para senior kita di sana yang kini juga turut berbagi ilmunya di sini membuat saya sangat betah dan nyaman dengan taburan ilmu dan informasi mengenai dunia militer, khususnya TNI kita, yang menimbulkan rasa haru dan bangga dengan filosofi dan spirit mereka dalam menjaga NKRI. Namun saya merasa sangat kehilangan setelah senior2 kita mulai jarang muncul di jakartagreater tersebut, akibat beberapa komentar yang mungkin agak sinis dan terkesan apriori dengan mereka, padahal berkat kehadiran para senior tersebut serta rekan2 warjagerlah yang membuat saya memperoleh pengetahuan dan informasi yang sangat berharga mengenai dunia kemiliteran sera kekuatan TNI yang sangat kita banggakan. Untunglah, ada rekan warjager (mohon maaf, saya lupa nicknya) yang bersedia memberikan link patriotgaruda.com ini, sehingga saya seperti menemukan kembali permata berharga saya yang sempat hilang. Kepada rekan-rekan dan senior2 di sini, izinkan saya untuk ikut bergabung ya…. Terima kasih sebelumnya. Wassalamu alaikum wr.wb.

  25. bung Yayan, artikel yg mantap..
    semoga tidak lama lagi tabir yg menyelubungi KRI Klewang 63 sudah boleh diungkap ke publik.
    kalau memang banyak peranti top secret yg dibenamkan di perutnya, tidak perlulah diungkap semua tidak apa2..
    yang penting bagi kami anak bangsa ini adalah kebanggaan ketika suatu ketika kelak Saab, Lundin dan TNI mengumumkan secara bersama2 peluncuran Kapal Indah yg mematikan ini.
    Jangan disembunyikan bung… kalau boleh kami meminta, umumkanlah dan buktikanlah ke semua orang yg selama ini meragukan bangsa kita.
    sudah waktunya kita bangkit dan membungkam semua tudingan2 miring thd kemajuan RI.

    sudah lama bangsa ini haus kebanggaan, kebanggaan yg bisa menjadi pemacu kepercayaan diri untuk berkarya dan berbakti.

    semoga Klewang bisa menjadi pemicu semua kebangkitan bangsa kita ini kelak. aamiin..

  26. akhirnya bs jg tetep menikmati racikan2 bung @yayan….tak bela-belain nyari di smua warung gih hehehehe salam kenal untuk semua

  27. Kebakaran klewang hanya pengalihan saja, krn ada sesuatubyg lebih wah tersembunyi , usut punya usut blm di pasang mesin hanua sebayas protype saja,, yg di bakar, krn d dlm pabrikan mbah lundin masih terselip klewang yg sesungguhnya,,
    Kalao materialnya berupa fiber, seharusnya asapnya tak sehitam bakaran plastik atawa sampah,dan viber ketika terkena aliran listrik tdk mudah terbakar begitu saja, mosok harga milyaran di bakar begitu saja, bila menilik dari segi materialnya,

    Sama halnya pembelian pespur skyhawk era pak harto 80an, pengalihanya lewat fto2 di usa, padahal ngambil pespurnya ke isroil,,
    CMIIW :-)

  28. Kebakaran klewang hanya pengalihan saja, krn ada sesuatubyg lebih wah tersembunyi , usut punya usut blm di pasang mesin hanua sebayas protype saja,, yg di bakar, krn d dlm pabrikan mbah lundin masih terselip klewang yg sesungguhnya,,
    Kalao materialnya berupa fiber, seharusnya asapnya tak sehitam bakaran plastik atawa sampah,dan viber ketika terkena aliran listrik tdk mudah terbakar begitu saja, mosok harga milyaran di bakar begitu saja, bila menilik dari segi materialnya,

    Sama halnya pembelian pespur skyhawk era pak harto 80an, pengalihanya lewat fto2 di usa, padahal ngambil pespurnya ke isroil,,
    CMIIW :-)

    Anggap saja hoax hahahah

Leave A Reply