INDAHNYA BANGSA INI…….

12

bhinneka-360x215Sore itu, terdengar pemanggilan dari pengeras suara ruang tunggu bandara Soekarno Hatta untuk para penumpang tujuan Manado. Sore itu dimulailah sebuah perjalanan panjang menyusuri 4 propinsi yg dimulai dari Kota Manado. Perjalanan panjang yg melelahkan sudah terbayang di depan mata.
Manado, Palu, Pekanbaru dan Lombok adalah tujuan survey saya, yang akan menghabiskan waktu sekitar 20 hari survey. Terbayang sudah betapa melelahkan perjalanan sepanjang 20 hari tersebut.1499451_10205317094315754_8825758717369974805_n
Jam 22.WIT pesawat mendarat dengan mulus di bandara Sam Ratulangi, Manado. Pada jam 00.00 WIT akhirnya saya bisa beristirahat di hotel. Paginya saya dan tim menuju Kota Bitung untuk memulai survey, di sepanjang perjalanan saya melihat betapa indahnya pemandangan sepanjang menuju Kota Bitung, perekonomian tampak hiup dengan banyaknya kawasan pergudangan, perumahan dan pertokoan serta rumah makan. Truk2 besar menuju ke Bitung untuk bongkar muat barang.
Sampailah kami di Bitung, yg kemudian kami menuju instansi yang bertanggung jawab atas air bersih. Diskusi kami berjalan baik dan lancar, mereka dengan antusias menyampaikan semua rencana pengembangan ke depannya, dan kami pun semangat menyampaikan program yg akan kami rencanakan.
Palu, kami kunjungi pada kesempatan kedua setelah Manado, di sini pun kami mendapat respon yang bagus dari seluruh instansi terkait, diskusi pun berjalan lancar dan penuh dengan semangat untuk lebih memajukan kota Palu. Kami pun merespon diskusi dengan baik dan mengatakan akan membawa ini ke perencanaan di pemerintah pusat.images (2)
Pekanbaru dan Dumai langsung kami kunjungi pada hari ke 10 sampai hari ke 15, saya dan tim melihat seperti ada sedikit kesenjangan sepanjang jalan Pekanbaru – Dumai, kompleks Chevron terlihat sebagai kota sendiri di sepanjang jalan tersebut. Di Kota Dumai, kami pun melakukan diskusi dengan instansi yg sama, dan mereka pun merespon dengan baik dengan sedikit memohon agar pemerintah pusat lebih memperhatikan mereka sebagai salah satu sumber penghasilan negara. Kami pun berkata untuk lebih berusaha agar rencana mereka dapat disetujui oleh pusat.
Lombok, sebagai tujuan akhir survey kami. Sebuah pulau dengan keindahan alami yang luar biasa dan mengobati kelelahan kami setelah 20 hari menjalankan survey, di sana pun kami mendapat sambutan yg luar biasa dari mereka,.
Semua kelelahan kami terbayar atas sambutan mereka di setiap tempat yg kami kunjungi, senyuman mereka membahagiakan kami, antusias mereka menggelorakan niat kami dan akhirnya kebahagiaan mereka adalah kebahagiaan seluruh bangsa. Bahwa berbeda tempat, bahasa, budaya serta agama bukan lah menjadikan kami sebagai orang yang berbeda di mata mereka. Mereka selalu berharap bahwa jauh dari pusat pemerintahan bukanlah kendala dalam membangun daerahnya, tetapi menjadi tantangan yg harus mereka lalui dan jalani. Mereka siap untuk bersaing dengan propinsi – propinsi lain yg mempunyai karakter yg berbeda.
Akhir perjalanan ini membuat saya merenung jauh, betapa kuatnya rasa memiliki negara ini dimanapun mereka berada.. Inilah Indonesia dengan segala kelebihan dan kekurangannya, mereka tetap bangga menjadi RAKYAT INDONESIA…..!!

by Patsus Hadian Prabowo Adji‎ aka Hadna

Share.

12 Komentar

  1. Senyum itu sebuah keindaha
    Membuat orang lain mampu tersenyum/bahagia, tentu kita pun merasakan senyum bahagia
    Kesadaran untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh bangsa Indonesia akan terwujud bila kita mampu mendahulukan kepentingan negara dan bangsa dibanding kepentingan golongan atau pribadi

    Hari ini beruntun artikel para patsus
    Bravo
    2 thumb up

  2. Raja ampat lebih indah dari pada hawaii,kuta bali lebih indah daripada pattaya,borobudur lebih megah dari pada angkorwat,komodo hanya satu satu nya di dunia,green canyon gak kalah indah sama vietnam….inilah surga yg tercecer di dunia ini,apa apa ada di NKRI,memang indah NKRI ku…

  3. Kampung halaman saya bukanlah tempat yang dikenal oleh dunia bahkan oleh kebanyakan warga negara sendiri .. :) karena memang sangat banyak tempat-tempat indah di seantero negeri yang menjadi perhatian. Tapi di sana bisa ditemui hamparan pantai berombak besar berdampingan dengan tebing tinggi yang indah, menampakkan lapisan-lapisan tanahnya, tak jauh dari wilayah berpenduduk dengan sawah menghijau dan pohon kelapa yang meliuk. Beberapa kilometer dari sana adalah wilayah kaki gunung dan kemudian gunung yang gagah tertinggi di pulau Jawa yang tenang dan berwibawa. Jika bergeser lebih ke utara akan dijumpai danau-danau volcano dengan karamba-karamba dengan latar belakang sebuah gunung. Bergeser ke barat akan bertemu dengan keindahan alam luar biasa lingkaran pegunungan dengan ketinggian 2900 meter, negeri di atas awan, mengelilingisebuah gunung berapi di tengahnya. Sekali setiap tahun akan bisa dinikmati bermacam seni budaya lokal melalui sebuah acara karnaval. Tak terbayangkan betapa kaya dan indah negeri ini, yang akan bisa menjadi sumber penghidupan yang layak tanpa merusak alam dan akan membuka mata setiap penduduk bumi, inilah surga dunia.

  4. kita semua harus sadar n menyadari, Nusantara adalah miniatur Dunia.. apapun keindahan alam yang ada di Dunia ternyata ada di negeri sendiri.. tnggl bagaimana pengelolaaannya dan publishitasnya.

  5. Indonesia itu indah!
    Dan keindahannya itu sejak dulu telah banyak dibicarakan oleh banyak orang, baik dalam ataupun luar. Bhkn sebagian dari mrk ada yg mengungkapkannya dgn kata2 yg membuat kita makin merasa bangga menjadi penduduknya.
    ” Klu didunia ini ada sorga, mk sorga itu adalah Indonesia! ” celetuknya.
    Subhanalloh! Ini betul2 anugerah dari Alloh SWT yg hrs kita jaga & kita syukuri terus menerus.
    Sy berharap semoga keindahan alam kita ini jg bs membuat hidup kita ikut menjadi indah. Amin!

  6. Hurra..Indonesia memang indah..rasa bangga ini lebih terasa ketika sebelum tidur bidadari kecil sy lebih memilih dininabobokan dg lagu”nasional daripada lagu odong-odong istilah dia..rasa cinta tanah air kita tanamkan sejak dini..patsus GHI dari lumajang?bila iya patsus GHI pasti tau lapangan tembak udara-darat Abdurrahman saleh..desa kecil sy ada disana..bangga bahwa bumi lumajang punya pasir yg bisa diekstrak utk lapisan anti radar..Salam NKRI

  7. Negeri jiran yang sumber daya alam pariwisatanya yg tidak sebaik Indonesia bisa menarik begitu banyak wisatawan mancanegara.
    Negeri kota jiran sampai membuat wisata artifisial. Dari pantai P. Sentosa, sejauh mata memandang lebih banyak dihiasi kapal tanker.

    Indonesia? Mau wisata alam jenis apa pun, ada!
    Mulai dari air terjun nan indah, gunung indah fantasiptis, keindahan dalam laut bagi penyelam mania, gua2 eksotis macam Luweng di Jateng.
    Wisata arkeologi seperti gua dgn jejak lukisan tangan manusia prasejarah seperti di Sulsel. Sampai wisata geologi hasil letusan gunung yg termasuk terkuat di dunia seperti Krakatau, Tambora, Danau Toba, dll.
    Wisatawan mulai dari alay2 sampai peneliti tingkat dunia pun ada.

    Nikmat Tuhan mu yang mana lagi yang akan engkau dustakan?

Leave A Reply