AMBISI ATAU SOLUSI..?

40

 

AMBISI ATAU SOLUSI..?

yayan

 

Amazing..! Tidak ada kata lain yang bisa saya ucapkan bilamana mengingat kembali semua pengalaman yang saya dapatkan selama bulan Desember 2014 ini. Meskipun sudah beberapa lama tidak menikmati hari libur/offday, nyatanya setiap kejutan yang saya temukan cukup bisa mencairkan segala bentuk lelah dan jenuh yang membeku.
Saya bertemu dengan Tan Sri Azman, CEO Khazanah Group, tukang borong perusahaan asing yang secara gamblang mengaku kalah oleh kelincahan berbisnis PT Semen Gresik, Kalbe Farma, Garuda Indonesia, Lion Air, dan perusahaan-perusahaan rokok di Indonesia.

Saya juga bertemu dengan Christoph Mueller, CEO Malaysia Air System/MAS. Pria Germany yang pernah sukses membawa perusahaan penerbangan Irlandia, Aer Lingus, menjadi salah satu maskapai penerbangan bertambang rendah terkemuka di Eropa ini mengakui bahwa saingannya di Asia Tenggara jauh lebih berat jika dibandingkan dengan Eropa. Dia akan berhadapan langsung dengan SIA, Qantas, Garuda Indonesia, Lion Group, Air Asia dan lain-lain. Dia harus bekerja keras untuk mampu bersaing secara fair dengan rivalnya yang lain, sambil menyebut nama Emirsyah Satar, yang konon sebelum ini digadang-gadang akan menduduki tampuk pimpinan MAS. Namun kemudian diketahui bahwa tawaran dari MAS itu telah secara santun ditolak oleh dirut Garuda Indonesia tersebut..!

Selain itu, saya juga masih bertemu dengan orang-orang penting lainnya, seperti pimpinan Rafale, San Miguel Group, Bousted Naval Holding, DSME dan beberapa pejabat militer dari berbagai negara. Tidak ketinggalan saya pun masih menyempatkan ngobrol dan menikmati kopi dengan beberapa rekan wartawan dari beberapa media internasional.
Hal kecil yang membuat saya bangga adalah ketika para wartawan itu menganggap bahwa jumlah pulau yang dimiliki Indonesia sebanyak 18.000 pulau. Sebuah modal besar untuk membangun benteng pertahanan yang kokoh..! Ujarnya mantap..! Sambil merujuk pada rahasia Pentagon yang secara nyata bahwa fokus pertahanan di masa yang akan datang akan beralih ke dasar lautan..!
Diketahui bahwa saat ini US mulai mengakui keunggulan teknologi maritim milik Russia. Ketika US baru meluncurkan prototype subs drone, diam-diam Russia telah memilikinya. Dan yang paling menakutkan bagi US saat ini adalah bukannya kehadiran teknologi pesawat tempur canggih milik Russia, melainkan justru karena lahirnya Submarine Russia yang bertenaga nuklir serta mampu meluncurkan ICBM berhulu ledak nuklir yang mengangkasa di atas lapisan atmosfer..! Ancaman bisa datang dalam sekejap mata, dan kehancuran pun tercipta secara tiba-tiba..!

yayan1

Bersama seorang Jenderal ATM, saya mendengar kegundahan atas dibentuknya sebuah satuan khusus yang dinilainya amat istimewa dan belum ada nama yang pas untuk disandang.

Satuan ini baru beberapa hari dibentuk oleh panglima TNI Jenderal Moeldoko.
Sejatinya, satuan yang konon sangat special ini adalah hasil perekrutan dari seluruh personel terbaik yang dimiliki oleh masing-masing satuan elit di setiap angkatan.

Saat ini masih menginduk, belum mandiri secara utuh. Namun konon, kelak satuan ini akan menjadi sesuatu yang sangat special and to be the only one in the world..! Sosok satuan ini akan sangat hebat dan menakutkan. Mirip dengan tokoh fiktif dalam cerita layar lebar..! Sambungnya datar..!

yayan2

Pikiran saya melayang pada kisah pewayangan, dimana keluarga Pandawa memiliki tokoh yang menjadi ikon di semua matra, baik darat, air, maupun udara..! Namun demikian, Pandawa juga sebenarnya memiliki sosok yang amat kokoh dan mampu memenangkan pertempuran tiga matra dimanapun dan kapanpun..! Sosok itu tak lain dan tak bukan adalah Bima..!
Atau dalam kisah fiksi Hollywood terkini, mungkinkah TNI berniat membentuk sebuah satuan yang memiliki kemampuan lengkap seperti para personel The Expandable..?

Hahaha..! Anyhow..! Langkah itu sudah bermula, dan tetangga kitapun seketika menganga..!

yayan4

by :Patku Yayan Indocuisene

Share.

40 Komentar

  1. cm mengenai pasukan khusus diatas SF yg dimiliki TNI skrg pastinya akan membuat pihak lain berpikir ulang untuk mengusik keutuhan NKRI 🙂

    • Yg penting adalah fungsi secara real,untuk kondisi real,mohon di lihat nelayan kita,di kejar2 oleh nelayan negara lain,di perairan kita sendiri…miris….saya fikir itu yg urgent…

  2. Sebelumnya salam hangat bung yayan@ artikelnya maknyossss pasukan super gladiator.yg jadi tanda tanya ntuh MAP lokasi jatuhnya MH 370 atau symbol pre emptive striker? Salam

  3. @ Bung Yayan, met sore, sugeng sonten. terima kasih tulisannya. Seandainya aku bisa punya pengalaman berkelana serta kemampuan utk bertutur cerita tentu akan menambah rasa nasionalis bangsa serta berlimpahnya artikel di patriotgaruda dotcom. Terima kasih. matur nuwun.

  4. bung yayan klo dari sudut pandang org awam seperti saya saat ini,pembentukan kesatuan yang baru dibentuk beberapa hari tsbt itu dipandang sebagai suatu solusi dimana ambisi untuk membuat negara yang kuat.imho…karena tujuannya Indonesia Jaya

  5. Makasih Patku (Bung) Yayan he he. Moga sehat2 slalu. Cara penyampaian artikelnya……., angkat topi Bung dan semoga pemikiran/ide yang ‘aneh-aneh’ dpt. segera diwujudkan. Wuih jadi pasukan apa ya ? Bravo TNI. Amin

  6. Wow!
    Makin mantap saja ni tni.
    Tp utk apa lagi yah,
    bukankah selama ini ditubuh tni sudah ada pasukan khusus yg sangat mumpuni, atau jgn2 itu hanya ambisi?
    Dan klu setiap pimpinan membentuk pasukan khusus, mk akan ada berapa lagi pasukan khusus dimasa yg akan datang?
    Bukankah yg terpenting bagi setiap pemimpin itu bisa menorehkan prestasi?
    Mohon maaf dan mohon dimaklumi klu komen saya salah, sbb ini hanya pemikiran dari orang awam yg tdk tahu apapun tentang kemiliteran.

    • Lontong Maker on

      gapapa patsus syeikh, kita semua juga belajar disini 🙂 .. Sebenernya kecil sekali kemungkinan membentuk banyak pasukan khusus atas dasar ambisi bung, saya rasa malah menguntungkan jika banyak mempunyai SF.. makin banyak spesialisasi di segala bidang.. dan tentunya kualitas tentara suatu negara juga akan bertambah..cmiiw

  7. Assmlkm bung yayan, rasanya membaca artikel ini pendek amat, saking enak dibaca & asiknya tak terasa sudah berakhir artikelnya.
    kira2 satuan ” best of the best ” tsb akan mengemban tugas/operasi seperti apa ???

  8. artikel2 seperti ini yg di butuhkan ole setiap anak bangsa yg msh optimis akan kejayaan tanah airnya, di tengah arus informasi yg nyinyir akan kemampuan bangsanya sendiri. dua jempol bwt patku yayan afirmatif artikelnya.

  9. ulasan dari sebuah artikel yang sangat menggugah hati(makin bangga) dengan tanah air tercinta ini. terima kasih patku pak yayan semoga sehat selalu.

  10. segitunya banget sampai tetangga menganga? sberapa lebarkah menganganya ? hheee

    ambisi dan solusi sama2 diperlukan bangsa ini Bung…..
    baru baca artikel, eh tau2 dah habis….kurang panjang Bung artikelnyaaa..hhee

  11. apakah yang dimaksud Bung Yayan ini adalah pasukan khusus dengan nama PASUKAN GURITA?? soalnya kalau g salah cerita ini pernah disampaikan oleh Bung Satrio pada beberapa waktu lalu di dalam komentar beliau pada suatu artikel JKGR..

  12. Salam bung yayan.apa yg disampaikan oleh bung yayan memang benar.akan ada SF terbaru dan terbaik sedunia oleh TNI.proses sdh berjalan tp blm bernama dan blm bisa dipublish

  13. Tq bung yayan atas. Artikel pencerahaannya, artikel di patga bikin kita tersenyum untuk indonesia, tetapi di warung sebelah bikin kita miris membacanya mengenai kapal selam kita. Lieur

  14. guntur sasongko on

    apakah pasukan ini adalah pasukan penyapu, dimana tugasnya menghabisis lawan dalam sekejab secara senyap mematikan dan secara tiba2 dengan kerusakan total..?? apakah pasukan ini diberi vaksin hasil eksperimen untuk menambah power tubuh serta daya inteligensi tinggi serta adaptasi terhadap berbagi suhu dan lingkungan seperti di film GI-JOE..??

  15. Tulisan khan bung Yayan yg slalu memberi pencerahaan dan slaluu membangkitkan rasa kebangsaan yg militan..
    trims bung atas tulisanya yg slauu kereen, renyah mudah dipahami khas bung yayan…
    salam hangat bung, smoga sehat slaluuu…

  16. Sepertinya dulu pernah disampaikan oleh bung Satrio dan bung Narayana di Topix bahwa akan dibentuk satuan khusus yang akan diambil dari masing2 satuan elit, dan ternyata bukan isapan jempol semata. Semakin bangga dengan negri ini yang memiliki punggawa2 tangguh.

    5 PASUKAN ELITE INDONESIA TERBAIK DI DUNIA

    1. DENBRAVO-90 : (1 Prajurit DENBRAVO-90 = 5 Prajurit Reguler)
    2. KOPASSUS : (1 Prajurit KOPASSUS = 8 Prajurit Reguler)
    3. KOPASKA : (1 Prajurit KOPASKA = 24 Prajurit Reguler)
    4. YONTAIFIB : (1 Prajurit YONTAIFIB = 24 Prajurit Reguler)
    5. DENJAKA : (1 Prajurit DENJAKA = 120 Prajurit Reguler)

    Bayangkan jika satuan khusus itu diatas kemampuan satuan elit diatas, pasti sangat mengerikan.. 😀
    (mohon koreksi bila salah)

    • Yang membuat saya salut Bung, adalah Ide “menggabungkan” dari SF 3 matra (AU, AD, AL) benar2 briliant…., berbeda-beda tapi satu tujuan. Wah gahar sekali…….., moga sehat2 slalu

    • Kalau dibilang pasukan elit, ya sebenarnya banyak unit elit di mari koq.
      Dan bertingkat-tingkat alias ada levelnya.
      .
      # AD
      …> Kopassus, dengan level dasar adalah grup-grup parako (parakomando) dan di atasnya ada grup sandhi yudha dan satuan penanggulangan teror (Sat 81 Gultor).
      …> Kostrad, dengan yonif Raider dan esoknya ada peningkatan yonif linud menjadi para ranger (di atas Raider)
      .
      # AL
      …> Korps Marinir, adalah pasukan reaksi cepat penggebuk, dengan level dasar adalah yonif marinir. Level di atasnya ada yonif intai amfibi (taifib), dan di atasnya lagi ada Denjaka (walau ini unit secara operasional langsung di bawah panglima TNI, pembinaannya di bawah Korps Marinir)
      …> Kopaska
      .
      # AU
      …> Korpaskhas, dengan level dasar adalah yonko (batalyon komando) berkualifikasi parakomando (agak seperti parakomando di Kopassus), dengan level di atasnya adalah Sat Bravo (bukan lagi Den Bravo, karena ada peningkatan dari “detasemen” ke “satuan”.
      .
      Pak Moeldoko ingin ada satuan gabungan dari satuan2 paling khusus dari tiap angkatan (Sat 81 Gultor, Denjaka, Sat 90 Bravo).
      Kalo di Amrik ada seperti JSOC (Joint Special Operation Command) membawahi Delta Force (SFOD-Delta) dan Devgru (NSWDG) yg dua unit tersebut minim info publiknya.

  17. Itulah yg saya salutkan dengan TNI kita, tidak salah jika mereka dinobatkan sebagai yang terbaik, apalagi dengan sifat low profile mereka yg menyatu dan membaur dengan masyarakat, semakin dicintai rakyat.

    Sebagai rakyat kami berikan penghargaan setinggi-tingginya buat para punggawa penjaga kedaulatan NKRI, doa kami slalu untukmu, jayalah TNI ku jayalah negriku

  18. Diberi nama NUSANTARA SAKTI
    Smoga nantinya dpt memberikan semangat bagi pasukan elit lain untuk dapat miningkatkan kualitas hingga semua pasukan elit Indonesia menjadi yg terbaik didunia

  19. terima kasih artikelnya bung Yayan.sebuah artikel yang penuh dengan makna yang tersirat dari yg tersurat.

    ilustrasi sebuah gambar diatas mengandung banyak clue”nya….
    siapa yang bisa mencerahkan itu semua….hehehehe :mrgreen:

  20. Bagaimana kalau diberi nama Cakrabirawa? apa ada masalah dgn sejarah? Maafkan saya bukan untuk mengorek luka lama, tapi menurut saya nama itu Keren banget dan Gahar berwibawa mendengarnya. Btw, thanks Bung yayan. Salam sehat selalu.

  21. …Mencoba unt mencerna artikel Bung Yayan….mereka terpilih sbg terbaik dari elit2 yang ada di ketiga matra…dilampirkan foto KS nuklir artinya pasukan khusus ini memiliki support alutsita strategis tiga matra jua yg berkemampuan global di benua manapun…kmd ada contoh foto wilayah sonotan artinya benih2 pasukan khusus ini sudah berkemampuan masuk-keluar wilayah sonotan tak terditeksi dan hanya masalah misi yg diemban aja yg menentukan selanjutnya.
    ….Apapun itu smg menjadi pasukan khusus yg selalu menjaga kedaulatan NKRI utuh dan menyeluruh.
    …..Maju terus untuk Indonesia Raya…
    Salam hangat unt Bung Yayan sekeluarga

    • Yang namanya pasukan khusus / special force bukan hanya bisa membunuh musuh atau bisa PJD dan operasi basandra..ngga cuman itu…KILLING IS NOT ENOUGH for special forces..tapi harus bisa TO MANIPULATE PEOPLE! Lihat pemberontak yg menggulingkan Alm.muamar khadafi, kerusuhan mei 98 yg menggulingkan rezim orba! IRAQ, Afghanistan, lepasnya Timor Timur, siapa yang memanipulasi rakyat /pemberontak menggulingkan pemerintah yg tidak pro USA?! Green Berret, CIA..KILLING IS NOT ENOUGH, they also have the ability to manipulate people SPECIAL FORCE!

      • Betul sekali.
        .
        Pasukan khusus itu ya khusus untuk tujuan tertentu dan belum tentu harus dar der dor.
        .
        Contoh dasar, batalyon intai amfibi (yon taifib) korps marinir itu fungsi utamanya ya pengintaian / reconnaissance, jadi dibutuhkan kesenyapan dan , ketangguhan menuju lokasi intai dan pulang. Kalo terjadi dar der dor walau mampu meladeni bahkan mengalahkan musuh, sebenarnya jelas tugas utamanya sudah berantakan karena posisi unit intai sudah diketahui musuh. Walau motto yontaifib “mayanetra yamadipati” alias “dewa kematian yang tak terlihat”.
        .
        Contoh lain, Kopassus, pada misi tertentu justru harus dengan persuasif, kalo sampe dar der dor berarti gagal dalam misi utama tugas tsb.
        Bahkan ada julukan the blue jeans soldier di mana personel Kopassus tidak berpakaian / berpenampilan seperti tentara biasa, demi kesuksesan tugas operasinya.
        .
        Special Force AD Amrik alias Green Beret malah punya motto “de opresso liber” yg berarti “membebaskan / membela yg t ertindas” , di mana salah satu tugas pokoknya merebut hati musuh atau pihak netral agar memihak Amrik.
        .
        Justru kalo ada pemuda berperawakan / berpenampilan biasa / tak seperti tentara, malah jangan2 ini anggota satuan elit, hehehe.
        Sama seperti pelari marathon yg kebanyakan kurus2 / kerempeng2 dibandingkan pelari jarak pendek / 100 meter yg kebanyakan berperawakan kekar, hehehe.

Leave A Reply