Comisioning Lampu Runway lanud Ranai

21

Comisioning Lampu Runway lanud Ranai

Tapat jam 16.30, tim yang terdiri dari satu orang staf Dirjen Perhubungan Udara, dua orang perwira Lanud Ranai, Sekretaris Dishub Natuna, Kabid Perhubungan Udara, PPTK dan PPHP serta kontraktor dan konsultan Pengawas melakukan comissioning pemasangan Lampu Ranway. Pemasangan lampu Runway tersebut merupakan pekerjaan tahap kedua dalam rangka melengkapi fasilitas lanud ranai. Pemasangan tahap pertama dilakukan pada tahun 2013 yang lalu. Untuk tahun 2014 ini dipasang lampu taxyway dan lampu epron baik epron timur maupun epron barat.
Direncanakan sampai dengan tahun 2019 fasilitas pendukung lanud ranai akan di lengkapi semaksimal mungkin.
Salah satunya adalah tahun 2016 akan dilakukan overlay landasan pacu. Landasan dengan panjang 2500m dan lebar 30m tersebut sangat dimungkinkan untuk didarati oleh pesawat sejenis boeing seri 500.
Selain overlay landasan pacu, juga direncanakan akan renovasi tower ATC sekaligus pengadaan fasilitas pendukungnya.
Dan sesuai dengan usulan RPJMN 2015-2019 yang diusulkan Pemerintah Kabupaten Natuna, tahun 2019 akan dilakukan pemasangan Instrumen Landing System.

Berperan sebagai bandara sipil.

Selain sebagai pangkalan udara, Lanud Ranai dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi kabupaten Natuna, juga melayani penerbangan sipil. Penerbangam sipil ini sesungguhnya dimulai jauh sebelum Natuna menjadi kabupaten. Oleh karena itu, melalui MOU tahun 2006 yang kemudian direvisi oleh MOU tahun 2014 ini, secara bertahap dilakukan persiapan persiapan menuju bandara sipil dengan tidak mengkesampingkan peran pertahanan negaranya.
Demikian laporan singkat patriotgaruda.com dari Ranai Kabupaten Natuna…

 

By : Patsus AMX

 

Pak Zul,Staff DJU Kemenhub

Pak Zul,Staff DJU Kemenhub

lampu Runway yang dicomissioning

lampu Runway yang dicomissioning

1546313_1514238885507967_5215406029899109720_n

lampu taxi dan apron

 

landasan pacu

landasan pacu

PatSUs AMX in action

PatSUs AMX in action

Share.

21 Komentar

  1. Kita belum tahu. Yang jelas sejak tahun 1983 runway belum pernah diganti AFL nya. Oleh karena itu mulaibtahn 2012 yng lalu, secara bertahap semua itu dilengkapi. Maknanya apa? Maknanya adalah kedepan operasi maupun latihan, tidak lagi hanya dilakukan siang hari. Tetapi tidak ketutup kemungkinan dilakukan latihan pada malam hari. 🙂

  2. Dalam hal pengoperasian pesawat apapun itu mau militer maupun sipil baik angkut maupun tempur, harus didukung oleh kelengkapan pangkalannya. Baik itu sisi darat, sisi udara, navigasi, safety, maupun sdm nya… Nah menuju ke arah penempatan pesawat tempur, selain juga dalam rangka mendukung penerbangan sipil, semua itu harus segera disiapkan…:)

  3. 2500 meter sudah mencukupi untuk didarati sukhoi famili bahkan untuk sekelas Ruslan juga oke. Tapi karena wilayah barat mending buat pangkalan si badai aja, saya masih yakin mampu duel dengan F-35.

  4. Kalau bentuk pespur belum nampak…kalau bentuk lain sy tak berani……bisa avanza hitam nongol dirumah…..:D pokoknya nak zep lah…

  5. Perlahan namun pasti.. Natuna Menuju Pearl Harbour in Asia..
    Liputan nya oke banget nih Om Amin.. Ditunggu liputan2 lain nya di Natuna & sekitarnya.

  6. Mantab, semoga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat disana, semoga saya ada rezeki bisa ke natuna daerah yang blm pernah saya singgahi heheheh

  7. rahman van dorm on

    mantap laporan nya,aspal runway nya juga musti di perbaikin tu,kalo kena air pada ngelupas tu aspal…………….

  8. Natuna semakin berbenah, Patsus Amin pasti semakin sibuk banyak yang diurusin. Maju Terus Negeriku, Selamat bertugas Patsus..salam hangat untuk keluarga disana.

Leave A Reply