MANUNGGAL DENGAN RAKYAT ITU masih Ada

46

BEDAH RUMAH dari PEMKOT Surabaya dan TNI

bedah rumah6 Acara bedah rumah yang dilakukan TNI angkatan darat dari jajaran Kodim 0831 Surabaya Timur, Koramil Rungkut dan Pemkot Surabaya beserta masyarakat,.telah diresmikan pada Hari Minggu 11 Januari 2015 pagi hari, Rencana Peresmian sempat tertunda yang seharusnya dijadwalkan diresmikan pada 1 januari 2015 tidak dapat dilakukan karena Kesibukan Ibu Walikota Tri Rismaharini dalam mendampingi keluarga Korban Bencana Air Asia,
Bedah rumah dilaksanakan di rumah Bpk.Suhartono 40th warga desa medokan sawah timur RT1 RW7 kelurahan Medokan Ayu kecamatan Rungkut surabaya.
Beliau sehari-hari bekerja sebagai tukang becak. Menempati rumah yang sangat tidak layak.bersama istri dan empat orang anaknya.

Program bantuan bedah rumah tersebut merupakan program rutin yang dilakukan Pemkot Surabaya setiap tahun. Untuk pembiayaan bedah rumah tersebut berasal dari Pemkot Surabaya dibawah Program PNPM Mandiri perkotaan. dan swadaya masyarakat setempat di luar program TNI.

“PNPM Mandiri Perkotaan adalah program nasional yang berbasis pada pemberdayaan masyarakat dan pembangunan infrastruktur yang bertujuan untuk mendorong prakarsa dan inovasi masyarakat dalam upaya penanggulangan kemiskinan secara berkelanjutan. Terdapat tiga bidang (Tridaya) intervensi penanggulangan kemiskinan yang menjadi tanggungjawab Program PNPM Mandiri Perkotaan yaitu Bidang Lingkungan, Sosial dan Ekonomi. Setiap bidang dilaksanakan oleh masyarakat itu sendiri dengan konsep pemberdayaan melalui Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang didasari atas semangat kebersamaan, tanggung jawab dan rasa memiliki, berada dibawah koordinasi Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM)””Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan dan kemandirian masyarakat serta melestarikan kearifan lokal sehingga pada gilirannya dapat mengurangi beban pengeluaran serta membantu pendapatan masyarakat miskin dikota Surabaya Program Pemerintah Daerah ini untuk mengurangi kemiskinan baik melalui penyediaan kebutuhan pangan, layanan kesehatan dan pendidikan, perluasan kesempatan kerja dan sebagainya.

bedahrumah3

TNI sebagai aparat teritorial berperan sebagai motor penggerak program bedah rumah yang di lakukan pemkot di seluruh wilayah Surabaya.
Dengan adanya program bedah rumah tersebut, menunjukkan kepedulian pemkot Surabaya dan menunjukkan kemanunggalan TNI dan rakyat.
Program bedah rumah juga dilaksanakan Kodam bekerjasama dengan Pemprov Jatim.
Dan program ini bisa menjadi contoh untuk daerah-daerah lain.
Manunggal TNI dan Rakyat itu ternyata MASIH ADA.

Laporan Patga Surabaya
Foto by :Pastsus Nuril Fahreza (Myun)

Berikut Berita Foto dari hasil jepretan Biro Surabaya

bedahrumah4

Masyarakat beserta TNI dalam kegiatan Bedah rumah

bedah rumah1

Muspika kecamatan Rungkut beserta masyarakat

 

bedahrumah5

 

bedah rumah

Patsus Nuril Fahreza beserta Kapten Rozad Danramil rungkut

bedahrumah2

Kondisi Rumah sebelum dibedah

 

 

Share.

46 Komentar

    • Kali terakhir ABRI masuk desa yang ane sempat lihat adalah di desa ane wil kab Gresik sewaktu banjir bandang bengawan solo tahun 1996.
      Pasukan marinir Surabaya waktu itu yang bertugas di desa ane berkerja keras membuat tanggul berisi karung pasir untuk menangkis terjangan banjir yang menenggelami 23 desa di 9 kecamatan kab Gresik serta Lamongan dan mengorbankan 11 warga termasuk balita berusia 2 tahun.

  1. Ini adalah bentuk keunggulan dari TNI yang tidak dimiliki oleh tentara dari negara lain yaitu kemampuan operasi teritorial. Kangen ama yang beginian….

    Hidup TNI… Manunggal dengan rakyat!!

  2. ABRI masuk desa part ll,hehe..
    Mungkin ini jg sebagai salah satu strategi untuk memonitor lagi wilayah2 pelosok negri yg rawan akan james kebon yg berkedok sebagai LSM asing yg membantu masyarakat terpencil..padahal sebenarnya ada maksud lain.

  3. “dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat”
    TNI besar dan kuat bersama rakyat,
    Sebagai rakyat, Saya Bangga dengan TNI, walaupun sering terabaikan, sering ditinggalkan, sering dianak tirikan,…
    Tapi TNI tidak pernah lupa akan jati dirinya,.. dan selalu menerima segala kondisinya dengan Siap dan Bangga,..
    Salut dan Bangga untuk TNI
    Jayalah TNI’ku,
    Salam Patriot

  4. wah ditunggu kiprah selanjutnya…TNI masuk kota dan desa…

    jadi inget sekitar tahun awal thn 1990an ketika abri masuk desa yang membangun jalan dikampung halaman saya menjadi layak dan sampai saat ini bisa dipergunakan dengan baik bisa masuk kendaraan besar juga…terimakasih TNI

  5. suatu kegiatan yang sangat berguna untuk rakyat. dan memperkuat rasa kebersamaan, dan menurut hemat saya dalam setiap kegiatan seperti ini TNI dan Polri harus bersama bahu – membahu membantu rakyat.

  6. Kalo diperusahaan bahasa kerenya csr..kalo bahasa rakyat gotong royong bukan sekedar sumbang materi tetapi ada nilai luhur didalamnya seperti silahturahmi,tolong menolong,mempertipis sekat sipil-militer dan yg terpenting implementasi doa sang ikan

  7. Dulu sering melihat program ini, semoga semakin sering kedepannya biar masyarakat semakin bangga dengan TNI dan mempererat Silahturahmi

  8. juragan kucinh on

    Di dunia ini cuman di Indonesia aja militernya bisa manunggal dg rakyat.
    Yg unik n langka anggota TNI gak cuman jago pegang senjata tp jg jago pegang cetok n sekrop n cangkul buat bedah rmh n kegiatan peningkatan kesejahteraan rakyat lainnya.
    TNI MASUK DESA strong.lanjutkan!

  9. Dari rakyat..untuk rakyat, itulah TNI kita..sangat bangga melihat kiprah pajurit kita, banyak yg sudah dilakukan.,mobilisasi operasi selain perang sangat profesional dan besar sekali manfaatnya untuk rakyat kecil dan kepentingan umum..

  10. membanggakan sekali berbaur dengan rakyat dan bekerja bersama rakyat, TNI memang paling tinggi solidaritasnya.

  11. pos ronda/wc umum waktu program AMD udah berapa tahun sampe sekarang masih kokoh berdiri dan masih digunakan warga di kampung ane, TNI selalu merakyat (y)

  12. Memang harus begitu karena TNI dilahirkan dari rahim rakyat Indonesia, selain penjaga dan pengayom, TNI juga sebagai mitra sejajar. Pendekatan TNI terhadap masyarakat khususnya di daerah2 tertinggal dan perbatasan saya pikir juga demikian, agar rakyat tetap merasa diperhatikan oleh pemerintah sehingga tidak akan ada perasaan dan upaya untuk memisahkan diri. Salut buat TNI.

  13. PENGUSAHA COTO MAKASSAR on

    ALHAMDULiLLAH dengan GERAKAN MANUNGGAL DENGAN RAKYAT TNi bersama RAKYAT akan kuat dan semakin dicintai RAKYAT indonesia TERCiNTA jadi mari kita dukung TNi , Oh iya gerkan ini juga di dukung OLEH PATRiOT GARUDA KORDiNATOR WiLAYAH JAWA TiMUR 🙂

    • Betul bung PCM
      Biro Jatim khususnya Biro Surabaya masih belum memberikan suport banyak dalam kegiatan tersebut diatas , Insya Allah kami akan lebih terlibat lebih banyak dalam kegiatan kedepannya .,
      Salam hangat untuk anda yang di Makasar

      • aamiin.., mudah2an rekan2 di Jatim diberikan kemudahan & kelancaran untuk kegiatan kedepannya bung Naga Samudra

      • Pengusaha Coto Makassar on

        SeLamat dan sukses teman2 KORWiL JATiM , iya nih saya Lagi nyari teman2 yang berdomisiLi di makassar , bagi teman2 yang berdomisiLi dimakassar mau membuat Acara seperti saya tunggu yaah , website ini terbuka Lebar Bagi Anda yang berjiwa PATRiOT 🙂

  14. Setelah AMD dihapus, ternyata TNI tetap Menjaga kemanunggalannya dengan Rakyat, semoga kampung-2 lainnya segerahn dapat menikmati kemanunggalan ini.

  15. Saya Pernah membaca Buku Bapak Bustanul Arifin di buku iti beliau menyampaikan “ada dua hijau yang ditakuti Oleh Orang-2 luar Yaitu hijau Islam (jika Toleransi Keagamaan tetap dijaga) dan Hijau TNI” .

    • Betul.. karena itu lah jgn pernah mau di adu domba oleh ular2 yg berusaha memecah belah umat ini dan memecah belah rakyat dengan TNI…. 🙂 TNI manunggal dengan Rakyat.. 🙂

  16. AMD DI kota kami masih menyisakan bentuk dan rupa yg kokoh, AMD di kota kami rata2 membangung prasarana jembatan jalan, yang kokoh, tidak menutup kemungkinan progam AMD Akan terus herjalan, berbeda dengan brigadir RW yang jalan ditempat untuk di jawabarat,,
    karena AMD memang sudah terbukti dan bisa di percaya, dari rahim ibu pertiwi yg rela memeras keringat untuk kemakmuran negeri nya,
    yang masih dalam ingatan saya bagaimana kabar AMD di papua untuk membangun jalan raya, yg di kerjakan oleh seluruh kesatuan TNI Baik marinir kostrad dan raider ,?
    monggo di jawab buat patku dan patsus yg sudah mengetahui lebih dolok.

  17. Subhanallah… Alhamdulillah… Senang melihat, membaca dan mendengarnya… TNI tetap manunggal dengan rakyat… NKRI semakin kuat dan jaya…!!!

  18. bagus kalo sekarang ada TNI masuk Desa. tetap waspada dengan antek2 asing yang menyuarakan “militer kembali ke barak”, padahal niat aslinya adalah ingin memisahkan TNI dengan rakyat. jika akhir2 ini sering kita lihat adanya gesekan antara militer dan sipil, itu tidak lain karena kedekatan TNI dg rakyat yang semakin renggang akibat ulah para antek2. jadi kegiatan semacam TNI masuk desa harus lebih digiatkan untuk menyatukan lagi TNI dg rakyat….

Leave A Reply