MENJULANG KEMBALI HEGEMONI INDONESIA part 5

93

hil airbase

HILL AIR FORCE BASE
Pangkalan udara vital yang berada di wilayah Utah, USA ini tak lain adalah bakal kandang bagi jet tempur F 35 terbaru mereka.
Isunya, konon US lagi pusing mikirin mau dikemanain F16 yang ada saat ini. Jumlahnya mencapai 50 unit. Namun kabarnya, dua unit akan tetap ngandang disana hingga pilot-pilot F35 mereka telah benar-benar familiar dengan mainan barunya.

Kalau tiba-tiba yang 48 unit itu pindah kandang ke Indonesia, kira-kira setuju gak? Jangan khawatir, pasti refurbish dulu..!
Gak nanggung, refurbishnya di Indonesia..! Ditambah lagi dengan bonus teknologi penting untuk IFX kita..! Untung atau rugi..?
Hehehe..! Siap-siap menerima kabar yang menggelegar ya..!

Berbeda dengan hibah sebelumnya, kali ini kondisi pesawatnya masih aktif dan cukup greng..! Belum diketahui skema seperti apa yang akan disepakati. Ada info dari sana yang mengatakan bahwa penawaran akan dilakukan langsung oleh kedua pemimpin negara.
US sendiri akan menghibahkan mesin produksi pada PTDI untuk mendukung program refurbishnya.
Karena belum ada rilis resmi, jadi anggap aja ini gosip..! Hehehe

citox new 7

BAGAIMANA Dengan Malaysia ??

http://www.tribunnews.com/…/kekurangan-dana-malaysia-pertim…….

Pihak BAE Systems berharap dapat menyerahkan proposal penyewaan jenis jet Eurofighter Typhoon kepada pihak Malaysia bulan depan , karena pemerintah Malysia kekurangan biaya untuk melakukan pembelian pesawat dan sempat didiskusikan untuk menyewa , daripada membeli pesawat tempur .
” Pemerintah Malaysia secara terbuka mengatakan mereka memiliki beberapa masalah keuangan , mengakhiri masalah subsidi dan adanya nilai baru pajak pertambahan , itu tidak mungkin keinginan untuk membeli Typhoon pada saat ini , ” kata BAE Grup Direktur Pengembangan Bisnis Alan Garwood analis Kamis (20/2/2014) yang dilansir dari Reuters
” Apa yang dilakukan pihak Malaysia adalah meminta proposal penyewaan dari setiap perusahaan aerospace besar . Kami akan mengajukan proposal penyewaan bulan depan untuk Topan bersama-sama dengan opsi pembelian dan berharap untuk memiliki pembicaaraan lebih lanjut.” katanya

Mendengar berita diatas Soal yang satu ini, saya mendengarnya langsung dari panglima ATM kemarin, sepulang dari Sabah dan Serawak.
Masalahnya bukan mereka tidak punya uang, tapi lebih kepada faktor efisiensi. Asset pespur yang mereka beli, pada awalnya dirancang untuk penggunaan selama 30 tahun.Nyatanya, sekarang teknologi pespur bisa berubah drastis dalam waktu singkat.

Untuk menyesuaikan tuntutan zaman, akhirnya dalam jangka waktu 30 tahun itu, pespur bukan sekedar harus melaksanakan perawatan perbaikan rutin, tetapi juga wajib menjalani program refurbishment, yang biayanya bisa menyamai harga seperempat atau bahkan setengah skuadron pespur dengan teknologi terbaru..! Untuk mengejar perkembangan teknologi yang supercepat itulah, akhirnya mereka berpikir untuk menerapkan sistem sewa, agar usia armada tempur mereka bisa terjaga tetap muda dan fresh.

Karena Malaysia tidak memiliki industri penerbangan sekuat Indonesia, option ini dinilai sangat rasional. Tidak demikian bagi Indonesia yang punya niat dan kemampuan untuk mengembangkan industri dirgantara, sistem sewa hanya akan mempersulit skema TOT yang diinginkan.

tigercorvete

BAGAIMANA KABAR TIGER CLASS
Sekedar ingin merefresh ingatan, Dan ingin tahu Bagaimana kelanjutan kisah dan kiprah Bapak Slamet Soebijanto dalam pengadaan Project-20382 “Tiger”Corvettes kita yang telah ditandatangani beliau pada 2007 di Russia.??

Setahu saya kapal itu sudah rampung, bahkan dulu Jenderal Dr. Marsetio sempat menjenguknya, meski waktu itu modusnya konon kita sekedar berminat terhadap kapal itu.
Saya tahu kapal itu kini berada di Vigo, Spain. Dan saya tahu mengapa kita lebih memilih design kapal yang disodorkan oleh galangan kapal Spain untuk membangun kapal latih pengganti KRI Dewaruci.
Ternyata Tiger Corvettes sengaja dibangun di Spain, semata-mata untuk mengalihkan perhatian dunia.
Dunia tahu bahwa kita hanya memesan kapal latih itu, tapi mereka tidak tahu apa yang terjadi sesungguhnya.

Bahkan meski Tiger Corvettes ini terpaksa harus terpublish, ternyata masih ada rahasia lain yang jauh lebih besar.
Saya tak mengorek lebih dalam lagi. Biarlah semua itu menjadi rahasia. Tapi mengapa pembangunan kapal latih pengganti KRI Dewaruci di Sevilla itu pun kini menjadi lebih tertutup..?
Adakah sesungguhnya permainan segitiga Indonesia-Russia-Spain ini benar-benar terjadi..?
Jika benar adanya, saya bahkan tidak perlu bertanya tentang EF Typhoon dan SU35, karena jawabannya sudahlah terang, bersuluh pula..!

Tidak heran jika Spain lebih memilih untuk membangun Tiger di galangannya sendiri, setelah itu baru dipasangi berbagai armamen di Russia.
Berdasarkan info yang saya miliki, konon project Tiger Indonesia pun akhirnya lebih memilih Spain sebagai developernya. Ternyata untuk urusan hull kapal, Spain adalah salah satu yang terbaik di dunia. Selain itu, produk Spain juga lebih murah jika dibandingkan dengan produk sejenis dari French, Germany atau bahkan Holland.

Yang special dari Tiger kita adalah adanya perpaduan system asal Spain dengan original system dari Russia. Tiger kita dibangun dengan mengacu pada standar yang dimiliki Spain, dengan beberapa perubahan dan penambahan yang disesuaikan dengan kebutuhan TNI AL. Tapi persenjataannya, konon 100% Russia banget.

citox patga5

Tambahan catatan dari Patku Narayana
Ada yang tahu kenapa Tiger itu spesial? Khususnya buat Rusia? Dan mengapa Spanyol ikutan?

Rusia itu sebenarnya memang terhitung agak ketinggalan dalam teknologi assembling kapal. Galangan kapal mereka (sebelum 2010) terbiasa bikin kapal dengan metode single block, artinya kapal dibuat dalam satu frame dimulai dengan peletakan lunas dan diakhiri dengan fitting out sistem internal.
Cara ini tidak efisien dan perlu waktu lama. Pada saat yang bersamaan, blok Barat sudah terbiasa bikin kapal dengan sistem modular, dimana bagian dari superstruktur dikerjakan di tempat lain dan kemudian dirangkai menjadi satu hull utuh di galangan utama.
Nah, si Tiger ini, adalah kapal Rusia pertama yang menerapkan sistem modular ini. Dan, tidak hanya itu saja. Tiger ini adalah kapal kombatan Rusia pertama yang didesain mampu mengakomodir alutsista dan sistem sensor serta CMS non Rusia.
Artinya, siapapun user Tiger, bisa melakukan kustomisasi perangkat ofensif/defensif sesuai kebutuhan. Nah, terus apa urusannya dengan Spanyol? hehehehe

By Patku Yayan Supriatna dan Patku Narayana
Gambar by Patsus Dede Sherman ,Patsus Citox dan Googel

Share.

93 Komentar

  1. Mencerahkan bung yayan n bung nara, semoga mmg barang barang goib kita segera nongol Dan menjadi kebanggaan anak bangsa, yg jadi pertanyaan sy bung knp Russia pilih spanyol yg jg anggota NATO? Apakaah mrk tidak takut peralatan militer mrk di infokan ke negara NATO lainnya, mohon pencerahannya…smg bangs a kita segera mnjadi macan Asia n top ten military power

  2. batin nimbang on

    berarti juni nanti yang rencananya bp jokowi bertemu Mr obama salah satu pembicaraanannya adalah mengenai F 16 yang di terangkan tadi,

    patku yayan apa saja kira2 jika memang terjadi yang akan di refurbish dari F 16 ini?
    satulagi patku yayan apakah tiger class tersebut berada di vigo bersiap ke salah satu galangan di rusia posisinya…

    sebelumnya terimakasih bila patku yayan atau narayana berkenan memberi pencerahan…
    salam hangat buat keluarga patku berdua. amin….

  3. Berita yg cetar membahana. Pertemuan jokowi dan obama nanti mungkin ada hub dgn pembelian 48 F16 ini semoga pembelian ini bisa meningkatkan teknologi pt di dgn rencana refurblish di pt di tp kalo tdk ada tot yg cetar membahana lainnya kita tdk perlu membeli brg bekas tsb bahkan usa pun pusing dgn F16 bekas tsb mau ditaro dmn. Yg saya takutkan anggaran utk membeli pesawat mutakhir yg canggih malah tdk bisa terbeli krn anggarannya malah terpakai utk pesawat bekas ini.

    Paling menarik ulasan diatas adlh kerjasama segitiga indonesia spanyol dan rusia dlm pembuatan korvet tiger class. Kapal ini terbilang oke menurut saya apalagi hasil perpaduan teknologi spanyol dan senjata rusia. Utk transaksi ini apa yg didptkan indonesia utk totnya bung yayan, mengingat kita belum mempunyai pengetahuan membuat kapal perang sekelas korvet ke atas apakah ada offset lainnya.

  4. tukang_sapu on

    hemmm…. hemmm… :mrgreen: si macan kumbang yang jarang diekspos akhirnya bocor juga dari sang master koki :D ( maaf guyon ) , si macan kumbang ini termasuk jajaran corvette yang handal dan makyos untuk patrol di daerah ZEE bagian selatan NKRI dengan armament yang mumpuni dan indera penciuman yang terbilang canggih baik untuk mengendus sasaran bawah permukaan dan sasaran atas permukaan :D dengan ditemanin sang kakak yang gambot yang selalu setia mendukung dalam tugas patroli laut :D. maaf buat admint PATGA saya jarang mampir dimari lagi banyak sampah yang harus saya sapu :mrgreen:

  5. infonya bikin tambah wawasan makin luas
    patut bersyukur bahwa ada kontributor di sini yg begitu produktif sehingga ilmu ilmu yg di tularkan makin banyak
    terima kasih buat bung yayan dan salam hormat juga buat tukang sapu hehe

  6. Poros indonesia bayak ya.. Poros jakarta bruneyi abu dhabi, poros jakarta ankara, jakarta berlin, jakarta paris moscow, jakarta beijing moscow, jakarta colombo islamabad, jakarta kamboja vietnam myanmar, jakarta pyongyang. Jadi pusingg dah rasa gado2

  7. alhamdulillah…banyak yang berbalut misteri mulai terbuka…kalo jadi..apa ya alasanya samiri mpe begitu baik hati…padahal dia terkenal dedengkotnya licik dan picik

  8. hemm.. hampir putus asa rasanya.. karena akuisisi pespur su 35 / typoon/ rafale/ gripen sebagai pengganti pespur F5 tiger belum ada kejelasan, apalagi pak Jokowi mau ketemu obama yang banyak dikawatirkan para fansboy militer bahwa pengadaan SU 35 tersalip di tikungan terakhir oleh F16 bekas lagi..
    setelah membaca isi artikel ini adem rasanya.. moga moga saja berjalan lancar sesuai rencana..amin..

  9. Semakin Bangga dengan NKRI & TNI…
    Terima Kasih Patku Yayan & Patku Narayana…atas artikel yg cetar membahana:) Salam Hangat selalu buat Patku Berdua & Keluarga

  10. Gunung Jati on

    ?
    Indonesia Orders Russian Corvettes
    30 Juni 2007
    Steregushchy class corvettes of the Russia (photo : Militaryphotos)

    Rosoboronexport signed on Friday an agreement with Indonesia

  11. Semoga hegemoni seperti ini segera terealisasi agar garuda bisa menjulang tinggi..bukan hanya “konon katanya” dan sbgai pemanis untuk menumbuhkan rasa nasionalisme anak negeri semata!!

  12. blackhawkdown on

    F 16 ? Air to air missile TNI AU untuk jarak jauh dan menengah apa ya? Pengen lihat squadron F 16 TNI AU bertaringuntuk SEAD/DEAD mission, seperti Wild Weasel Squadron…

  13. Sejatinya yg menarik dr penawaran f16 bekas namun aktif tsb adalah adanya hibah mesin produksi dn dpt di refurbish di negeri sendiri oleh anak bangsa, dgn demikian sangat cocok utk di akuisisi guna menambah pengetahuan dn teknologi dlm pembuatan pespur canggih kedepannya, atw bs juga di upgrade oleh Ptdi agar pespur f16 dpt menembakan rudal kebelakang, sapatahu bs berinovasi canggih spt itu …

    • Saya masih ragu apakah US akan sebaik itu terhadap Indonesia. Kalau alih teknologi sampai ke PTDI bisa terjadi, pasti akan menjadi sebuah lompatan bagi US untuk Indonesia. Tinggal seberapa besar yang ingin diberikan oleh mereka.
      (Tidak ada makan siang yang gratis).

  14. indonesia raya on

    Maaf patku yayan, ada yg mengganjal di benak saya, kalau memang f16 ini jumlah nya 48 unit, berarti sesuai dengan rilis tni au sebelum nya yg mengatakan bahwa akan ada penambahan 2 atau 3 skadron tempur baru,
    Mudah2an nasib su35 tidak kandas dengan adanya f16 refurbish ini.

  15. Tukang Ngitung, PhD. on

    Maaf mau tanya F16 48 biji = 3 skuadron F16 dari block manakah ? Dan mau direfurbish ke block mana ? Kalau dari f16.net yg ada di Hill AFB Utah adalah dari block 40. Namun yg block 40 itu dari tahun 1989 jadi usianya di tahun 2015 ini adalah 26 tahun.berarti pakai pesawat tua lagi dong.
    Trus untuk sukhoi kita yg kata RBTH sampai tahun 2024 total akan ada 8 skuadron x 16 pesawat = 128 pesawat itu dari seri berapa saja ya ? kalau release sekarang kan 1 sku campuran 27 dan 30 serta 1 skuadron su 35. Apakah su 37 dan su 50 juga masuk pesanan kita dalam 8 skuadron itu ?

  16. kalo Sigma 10514 dikawinkan Tiger 20382 = ………( mmmmh) jadinya apa ya????
    akan ada kawin silang nih

  17. Murid Kecil on

    Kalau negara kita tidak kuat,kita tidak akan seleluasa ini dalam menentukan kebijakan negara,mereka dapat menekan dan memaksakan kehendak menurut kepentingan mereka.
    Tapi cobalah analisa sejenak,kenapa kita dengan lantang ingin mengambil kendali FIR dari singa**,kenapa kita dapat memaksa freep**t untuk negosiasi ulang,kenapa kita dapat dengan tegas melarang eksport bijih mineral mentah,kenapa malay*** sudah tidak secongkak sebelumnya,kenapa aus****** kini semakin gerah gundah gulana dan sensitiv dengan kita..
    Bahasa gaulnya,dulu kita sering kena tampar,namun sekarang kita sudah bisa menjambak..hehehe,maaf sekedar opini kecil.
    Salam patriot @muridkecil

  18. ismeds beckham on

    maantaab artikelnye, dimari lebih enak dibacanye & membuat bangga hati ini sebagai rakyat indonesia yg ingin negaranye maju & disegani baik kawan maupun lawan.. . ……NKRI HARGA MATI…..

  19. kenapa sekarang para tukang jarang nongol and ngasih clue2,,,
    apa mungkin para tukang pada sibuk,…
    mudah2an bbrp waktu kedepan beliau2 ada waktu senggang,sehingga bisa memberikan pencerahan..
    ijin SR

  20. Mantabbs artikelnya patku yayan,semoga cepet nongol tu barang,biar yg bilang hoak ataupun pembohongan publik terbelalak,kangen juga dng artikel patku PS.

  21. Punten para Patku, bagaimana kabar hibah f16 yg baru sampai 5 cmiiw dan bagaimana kabar pengiriman sisa Leopard kita ?? Klo gk salah 2A4 & Leo RI evolution. Kok masih blm pada datang ya pesenan Mbah Pur dulu…

  22. Mantap articlenya bung yayan..
    Yg saya mau tanya, brp unitkan si macan ini dipesan sampai” sgt dirahasiakan dan dialihkan dgn pembelian kapal latih..
    Atau ada proyek DDG dri spain jga yg masuk pesanan dri TNI AL kita…
    Smga saja yg trbaik,amiin..

  23. semoga tidak tukar guling dgn freeport atau sda yg lainnya, smoga tidak digunakan sebagai pengganti f5 dan dijadikan ska sendiri (kita butuh 50 ska utk mengkover sluruh langit nkri), smoga tdk ditukar dgn nilai2 kedaulatan bangsa dan cuma hibah yg tdk boleh diungkit2.
    malays telah membaca kekuatan nkri selama ini, kekuatan yg muncul dpermukaan dn dipublikasikan adalah 1/4 kekuatan yg ada dr total. namun kekuatan itu bisa membengkak hingga 100x jk nkri direseki. ausie mulai memasang bangkai agar muncul kemarahan sang garuda shg mmunculkan peningkatan kekuatannya.
    ane makmum aja bung ss dgn kebijakan para kumendan. mikul nduwur mendem jero. bener2 filosofi blangkon. kepala merunduk smbil bilang nunsewu namun sambil membawa bendok.hehehehe.
    kepribadian bangsa in sangat unik,hingga bangsa lainpun heran dan terus bertanya2 apa karakter inti dr bangsa ini, ane bs jawab ‘sono tuan, cari aja jawabannya di candi2 yg ada dinusantara dan pennggaln yg ada seperti d gunung padang’.
    namun karakter orang2 malays jauh berbeda dgn orang2 nkri. in terbukti dgn bbrp peristiwa yg ada, mereka sombong dn angkuh kengnnannya setinggi langit, namun bodoh dn malas, nggak mau pusing, susah dan berpayah2 ria. penakut dan pengecut makanya blm merdeka smpe sekarang.
    maaf bung ss, bukan bermaksud merendahkan orang malays. seandainya mereka mau merendah sedikit dan pemberani maka mereka bs dkatakan serumpun.
    hehehehe, kalo ane bilang nato, mereka dah terpecah antara grup amerika-inggris, dgn grup perancis-jerman-spain. ukraina oh ukraina…… medanmu hanya sebagi ajang pembuktian sj, kekuatan dan strategi siapa yg berhasil.
    kelompok siberat sama saja metode nya, sehingga kami pun bs baca, tante rosa dan sng garuda sekarang menggunakan metode baru yg blm bs terbaca.

  24. Untung masih ada bung Yayan yg masih setia memberikan rahasia info yg cetar membahana, terima kasih bung Yayan, saya tunggu info berikutnya , setelah bung Narayana dan bung Satrio tidak nonggol lagi.

  25. Taruh di eltari kupang aja skadrun f 16 nya, utk gempur marinir asu di darwin klo trjadi perang ma ostrali, kit a liat gmn reaksinya asu

  26. jujur saya merinding waktu membacanya…tulisan yang selalu membuat org akan selalu bertanya benarkah atau apalagi yg dipunyai oleh negara yg tercinta ini…membuat saya menjadi bangga akan kebesaran bangsa dan negara yg tercinta ini. tapi tetap apa yang harus dipegang teguh ketika sdh mengucapkan sumpah dan mencium merah putih…Indonesia Jaya.

  27. hmmm….dari masakan bung yayan bisa saya rasakan pedasnya cabe dari kiriman bung nara dan bumbu bumbu yg berasal dari belanda,spanyol,rusia.kita masih perlu waktu tuk berbenah agar pt pal dan pt di mandiri dan anti embargo.trims bung yayan infonya.

  28. asslmlkum…salam kenal buat semuanya,ijin gabung n nyimak..salam hormat untuk para sesepuh PATRIOT GARUDA,,sering nyimak jadi tambah cinta ma NKRI

  29. asslmlkum…salam kenal buat semuanya,ijin gabung n nyimak..salam hormat untuk para sesepuh PATRIOT GARUDA,,sering nyimak jadi tambah cinta ma NKRI..wassalam.

  30. Apakah ada strategi tersembunyi dibalik raut2 muka frustasi Mr. Abbot dan sekutu2nya…. Bisa saja mereka hanya berpura-pura seperti itu agar kita semakin mempublish kekuatan negeri kita yg sebenarnya?? (?)

  31. Jenggot Bonar on

    ELANG BOTAK …. Pesawat legendaris penguasa angkasa ibu pertiwi, yg tlah familiar di dalam darah pilot AU, ELANG BOTAK …. Bukan saja melegenda tapi dah sangat familiar banget pada pilot pilot tempur AU.menjadikanya pilot pilot yg tangguh dgn jam terbar yg mumpuni menjadikan ELANG BOTAK tk tergantikan pa massaya. ELANG BOTAK LAGI ….. sungguh primadona penghasil sang maestro petempur handal, . Kalo saya memilih antara f 35 vs s

  32. Sepertinya dari dulu Indonesia memang sudah menjalin kerjasama dengan spanyol sehingga realistis yg diungkap oleh bung Yayan. Clue dari Bung TS Tiger yang akan berpatroli dengan gambot ???? Heheh Akula Class Joint Operation ?

    Saya dapat copas dari web namun lupa linknya ? Mungkin sumber asli bisa post comment, saya nemunya browsing lewat hp soalnya namun isinya yg kebetulan tersadur di dalam cache hp

    : TEXAS USA , ada suatu yg istimewa dalam acara TALK SHOW di TV ABC 13 TEXAS. Acara tsb bekerjasama dgn Universitas Dallas TEXAS.

    Krn dlm wawancara tsb dihadirkan narasumber yg cukup kompeten. Tp yg menarik acara tsb justru menyangkut militer Indonesia.
    TALK SHOW di TV ABC 13 TEXAS menghadirkan para jenderal purnawirawan USA n BRITISH

  33. Semakin tahu, semakin bangga, tak jarang merinding kalau mendengar kisi- kisi kekuatan bangsa ini….tak ada kewajiban untuk mempercayaainya, tapi semakin tidak percaya semakin penasaran….. Cocok dengan judulnya “Menjulang Kembali Hegemoni Indonesia”.
    Terimakasih, Patsus Nara, Patsus Yayan, yang selalu memeberi kan informasi di tengah dis inforrmasi.

  34. Mas Piter sekarang kalo patroli ditemeni sama bang Uda sama Cak Sovre dan entah sama sapa lagi, sama mbok Boriyah ato Cak Yasin kali…ntar dikawal sama si Macan Kumbang juga…mangkin manyos aja gigitannya

  35. Berani ganggu NKRI bakal kena tabok,gampar,tinju,smack..dll,karena NKRI sekarang tambah kuat…terima kasih pencerahan nya bung yayan,ndan Nara,ndan SS..dll,karena anda2 lah kami mengerti tentang NKRI…ma’af jika salah..

  36. cluenya masuk akal

    juni jokowi diundang resmi ke white house

    48 f16 hibah terlaksana jika kita beli F16 block 60 offset 30%
    bisa 64 hibah f16 jika kita bayar ongkir Refurbished

  37. Salut untuk Patku Yayan Supriatna dan Patku Narayana.
    F-16 bungkus…
    EF Typhoon dan SU-35 juga harus tetap dibungkus…
    Bagaimana kabarnya Leopard dari Spanyol nih…
    EF Typhoon dan Leopard dari Spanyol selayaknya diupgrade ke Jerman jadi berlabel RI dibelakangnya sementara Korvet Tiger Class mempersakti diri ke Rusia…
    Kurang lebihnya mohon maaf, IMHO…

  38. US sendiri akan menghibahkan mesin produksi pada PTDI untuk mendukung program refurbishnya.
    Karena belum ada rilis resmi, jadi anggap aja ini gosip..! Hehehe

    Wah mesin produksi seperti apa ya yang ditawarkan? :D

    • Wah, bisa-bisa, Thailand kirim F-16 miliknya untuk dilakukan refurbish di PTDI? :o

      Mantap! Makin bikin bingung yang memilih, ya? :D

      Trus, SAAB bakal ajukan Gripen NG dengan skema baru? :D

        • Apalagi kl si elangbotak bs di refurbish di Indonesia sekalian aja diutak atik, dioprek, dimodif bs menembak rudal kebelakang ditambah fitur setengah siluman, bs tambah semaput ini
          Kwkwkwk …

  39. GARUDA TANGERANG on

    Salam Jumpa dr Sy
    Hibah Bekas TP msh aktif ya wow menakjubkan,tp hati2 kebakar lagi spt di halim, yg jd pertanyaan waktu peristiwa kebakaran itu Komandan bilang jadi troma beli kapal bekas,jadi bagaimana ini mohon pencerahan dari para sesepuh disini

    Salam hormat buat bung Yayan n Narayana serta semua sesepu disini

Leave A Reply