CATATAN SEORANG CHEF PART 7

39

dedenew40

CERDIK VS LICIK

 

Ketika Asia Pasific terus tumbuh menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dunia, US secara terang-terangan memfokuskan kekuatan militernya ke wilayah ini. Kekuatan yang selama ini kita lihat dan dengar berada nun jauh di Eropa, tiba-tiba telah menjadi sesuatu yang amat nyata dan dekat di mata. Serentak China pun terus mempercepat geliatnya, agar peluang untuk menjadi penguasa Asia pun tidak hilang sia-sia. Namun sesungguhnya mereka amat sadar, jika harus berhadapan secara prontal dengan US saat ini, kekuatan yang dimiliki dirasa belum mencukupi. Maka strategi dan pemikiran jitupun mengalir ke negara lainnya.

Dengan Russia, China menjalin hubungan yang amat harmonis. Keduanya amat menyadari akan adanya ancaman besar di Asia Pasific. Namun beruntung, keduanya tidak terseret taktik US. Russia tidak tergesa-gesa dan membabi buta dalam meningkatkan penyeimbang kekuatan di Asia Pasific. Russia sangat menyadari, jika tidak berhati-hati, tindakkannya akan semakin mempercepat niat US untuk menjadikan Asia Pasific sebagai pusat kontrol dunia US. Russia akhirnya bisa kita lihat hanya bertindak sebagai suporter bagi negara-negara di Asia yang memerlukan peningkatan kekuatan. Langkah ini dinilai berhasil, karena dengan langkahnya ini pula, US sedikit melambatkan langkahnya di Asia, dan memberikan kesempatan yang luas bagi negara-negara di Asia untuk lebih mandiri.

Untuk mengamankan usaha China, negeri beruang ini pun merangkul Indonesia, yang dinilainya sangat layak untuk meredam setiap tekanan yang akan datang dari Asia Tenggara. Berbagai kesepakatan pun berhasil terlaksana dengan baik. Sehingga beberapa negara menangkap kesan, bahwa tekanan China di kawasan LCS, seringkali sangat paralel dengan kebutuhan strategi Indonesia. Indonesia dan negara Asean telah dikenal sebagai negara yang memanfaatkan konflik LCS sebagai alasan untuk pengembangan kekuatan militernya. Dan langkah ini pun dinilainya telah berbuah dengan sangat manis.

Untuk melenggangkan semua niat itu, Russia mendapat peran vital yang tidak kalah berat, yakni mengebiri pergerakan kekuatan US. Ketika US berkutat di Asia dengan pivot Asianya, tanpa di duga, Russia melakukan langkah serupa di Arctic..! US pun terkejut dengan hadirnya Arctic Pivot yang dibintangi oleh Russia.

Tak heran jika Eropa Utara, Canada dan USA sendiri merasa terancam dengan kehadiran kekuatan Russia di Arctic. Dari titik ini, dunia belahan utara seakan telah berada dalam genggaman Russia. USA pun meradang..!
Di Asia, kehadiran Russia telah cukup terwakili oleh kekuatan China dan rekan-rekannya. Tapi sudah cukupkah bagi US menjadikan Canada dan negara-negara Eropa Utara sebagai tandem kekuatan mereka..? Hehehe..! Kali ini Pentagon cukup jujur mengakui kelemahan yang dimilikinya..!

Di Asia, masih ada Indonesia dan India yang sangat bisa diandalkan sebagai peredam sekiranya konflik harus meletus. Tapi di Arctic, setiap jengkal wilayah adalah teritory yang telah masuk dalam cakupan maut rudal-rudal penghancur Russia. Amerika dan Eropa utara akan berdarah-darah..!

1907475_1617515988482979_1016458002930316140_n

Akankah konflik LCS memantik perang dunia ketiga..? Para pengamat justru menilai kemungkinan itu sangat kecil. Yang lebih berbahaya, justru masih tetap berada di Eropa dan Arctic itu sendiri..!
Selama Russia tidak mengubah bentuk keterlibatannya di Asia Pasific, maka kawasan ini masih sangat mungkin untuk tetap tumbuh menjadi kawasan yang tenang, aman, damai, harmonis dan dinamis. Semoga..

 

KRI RIGEL, MISTERIMU..!

Kri rigel

Sudah beberapa hari ini KRI Rigel berlabuh di Port of Malaga, Spain.
Pertanyaannya, kenapa harus berlama-lama berada di sana? Bukankah kita semua sedang sangat menantikannya?
Hehehe..! Bagi pemerhati kapal-kapal perang milik TNI, mungkin akan sedikit sensitif, karena belakangan ini selalu ada saja kapal kita yang mampir ke negeri itu. Mau kursus matador..? Hahaha

By : Yayan@Indocuisine

Share.

39 Komentar

  1. Memang harus diakui secara jujur, baik tersurat atau tersirat, Indonesia adalah salah satu negara yg dianggap punya pengaruh di kawasan regional, bahkan bs menjadi negara kunci untuk meredam konflik besar yg sewaktu2 meledak di kawasan regional, terutama masalah LCS. Terutama karena negara ini dianggap paling tidak memihak sekaligus punya power dlm hal diplomasi dan militer. Trims bung Yayan atas artikel2nya yg selau menarik dan enak dibaca.

  2. Aduh, klu nya tanggung nih. Adakah yang mau berbaik hati untuk menambahkan klu yang kurang atau tidak terbaca?

  3. Stereguschy class tuh rigel lagi tengok tengok udah berapa modul yang jadi? apakah dah siap untuk dikirim ke pak peter untuk diisi petasan ups…wesss kabuuuur….

  4. Klo Russia gak ada, apa jadi nya dunia ini?
    So, thanx Russia.

    si Rigel ga maw pulang sendiri, pengennya pulang bareng temen2nya.
    #ngarep.

  5. Ditunggu terus update artikel2nya dari para sesepuh,patku yayan,patku satrio,bung ps dan para sesepuh lainnya..

  6. Masakan sang master cheef…hehe…nikmat….tapi kgak bisa di telan…masih terhenti….terhenti di spany…. Mana yg Polos…polos….kelapa muda….stia nunggu lanjutan…semoga b yyan dan semua narasumber sehat selalu….amien

  7. Tukang stempel on

    Terima kasih artikelnya patku yayan,cuman agak nanggung yg di akhir karena teramat sangat bikin penasaran hehee….semoga ada pencerahan selanjutnya dr patku yayan

  8. Bagi yang pikirannya cetek seperti saya ini, gak mudeng ada apa di spanyol koq lama ngetemnya. Nunggu pencerahan sesepuh lainnya.

  9. Bukan mau belajar matador bung, tapi mo blajar ngendaliin yg tonasenya lebih gede macam……ah sudahlah…..

  10. Rigel, masih “KECIL”. nggak berani pulang sendiri ke Jakarta. Lagi nunggu “MBOK” nya yang lagi di salon kecantikan…….he…..he…..he………

  11. horeee… Mas Rigel bru brhnti ngmbek g mau pulang asal Pak De Juan Carlos mau nemenin plang k Surabaya.

    Sabar y Gel, pakde lg ngurus paspor n visany dlu.

  12. mas Rigel mau ngajak temennya yg besar dan sakti untuk menemaninya dalam perjalanan menuju rumahnya di Indonesia… cmiiw

  13. satu persatu misteri mulai terkuak…semoga apa zg terjadi di spain tetep menjadi rahasia sehingga bisa menjadi surprise buat para ular…salam hangat bung yayan..

  14. Thank’s PatGa Yayan untuk ilmu buat saya pribadi sehingga jadi makin dicerahkan..

    kalau menurut saya kenapa masih betah disana (matador) karena melakukan / menyiapkan oleh2 buat “ayah, ibu, adek, kakak dll” dalam bentuk apa & gimana sebenarnya berupa …… untuk peralatan yang udah ada namun masih perlu dilengkapin lebih lengkap…
    salah 1 nya adalah “pensil” atau perangkat tulang iga maupun tulang lunak..heheh.he

    maaf hanya khayalan orang kampung..
    salam tuk semua PatGa, Tuhan memberkati..

  15. Malaga?mungkin KRI RIEGEL awak mau jalan jalan sambil berjemur dulu di pantai Malaqueta yg hehehehehe you know how…… atau jalan kaki ke kota malaga yg cuman 15 menit ato mau ke Ayuntamiento,pl de la merceed,c/victoria,als azaba dulu :D…..ato :takut

    Pelan tapi selamet lebih baik dari pada cepat tapi nyungsep…..so,nikmatin aja

    btw terima kasih paman beruang,terima kasih paman panda,terima kasih patku yayan

    salam 43

Leave A Reply