GENERASI BAHAGIA

73

Berdasar penelitian beberapa psikolog
GENERASI BAHAGIA Itu, generasi kelahiran 1970-1990an

Dan itu adalah kami.

generasi 70an

Kami adalah generasi terakhir yang masih bermain di halaman rumah yg luas. Kami berlari dan bersembunyi penuh canda-tawa dan persahabatan. Main Petak Umpet, Boy-boynan, gobag sodor, Lompat tali, Masak-masakan, sobyong, jamuran, putri putri Melati tanpa peringatan dari Bpk Ibu. Kami bisa memanfaatkan gelang karet, isi sawo, kulit jeruk, batre bekas, sogok telik menjadi permainan yg mengasyikkan.Kami yg tiap melihat pesawat terbang langsung teriak minta uang.

Kami generasi yang ngantri di wartel dari jam 5 pagi, berkirim surat dan menanti surat balasan dengan penuh rasa rindu. Tiap sore kami menunggu cerita radio Brama Kumbara, berkirim salam lewat penyiar radio. Kamilah generasi yang SD nya merasakan papan tulis berwarna hitam, masih pakai pensil dan rautan yang ada kaca di salah satunya. Kamilah generasi yang SMP dan SMA nya masih pakai papan tulis hitam dan kapur putih. Generasi yang meja sekolahnya penuh dengan coretan kejujuran kami melalui tulisan Tipe-X putih, generasi yang sering mencuri pandang teman sekolah yang kita naksir, kirim salam buat dia lewat temannya dan menyelipkan surat cinta di laci mejanya. hehehe

Kami adalah generasi yang merasakan awal mula teknologi gadget komunikasi seperti pager, Komputer Pentium jangkrik 486 dan betapa canggihnya Pentium 1 66Mhz. Kami generasi yang sangat bangga kalau memegang Disket kapasitas 1.44Mb dan paham sedikit perintah Dos dengan mengetik copy, del, md, dir/w/p. Kami adalah generasi yang memakai MIRC untuk chatting dan Searching memakai Yahoo. Generasi bahagia yang pertama mengenal Nintendo, Game watch yang belum berwarna.

Generasi kamilah yang merekam lagu dari siaran radio ke pita kaset tape, yang menulis lirik dengan cara play-pause-rewind, dan memanfaatkan pensil utk menggulung pita kaset ya macet, kirim kirim salam ama temen2 lewat siaran radio saling sindir dan bla bla bla, generasi penikmat awal Walkman dan mengenal apa itu Laserdisc, VHS. Kamilah generasi layar tancap Misbar yang merupakan cikal bakal bioskop Twenty One.

Kami tumbuh diantara para legenda cinta seprt i KLA Project, Dewa 19, Padi, masih tak malu menyanyikan lagu Sheila on7, dan selalu tanpa sadar ikut bersenandung ketika mendengar lagu: mungkin aku bukan pujangga, yang pandai merangkai kata.

Kami generasi bersepatu Warior dan rela nyeker berangkat sekolah tanpa sepatu kalau sedang hujan. Cupu tapi bukan Madesu.

Kami adalah generasi yang bebas, bebas bermotor tanpa helm, yang punya sepeda, sepedanya disewain 200 rupiah /jam,bebas dari sakit leher krn kebanyakan melihat ponsel, bebas manjat tembok stadion, bebas mandi dikali disungai dll, bebas manggil teman sekolah dengan nama bapaknya. Bebas bertanggung jawab.

Sebagai anak bangsa Indonesia, Kami hafal Pancasila, Nyanyian Indonesia Raya, maju tak gentar, Teks proklamasi, Sumpah Pemuda, Nama nama para Menteri kabinet pembangunan IV dan Dasadharma Pramuka dan Nama nama seluruh provinsi di Indonesia.

Kini disaat kalian sedang sibuk2nya belajar dengan kurikulum mu yang njelimet, kami asik2an mengatur waktu untuk selalu bisa ngumpul reunian dg generasi kami.

Betapa bahagianya generasi kami

maaf adik2… kalian belajar yang keras ya untuk mendapatkan kebahagian cara kalian sendiri…

Salam sayang dari kami.
by : Gabriel Photograph Lombok

citoxnew15

GENERASI Yang Lahir 70-90 an
Kesulitan terbesar kami hanya PR Matematika..   .
Kami terbiasa hafal nama nama menteri, Pejabat Setingkat menteri , Menhankam Pangab, karena saat itu kabinet tidak mudah berganti ganti dan tidak ada Reshufel berulang ulang, dan masa kerja kabinet yang jelas pejabatnya selama lima Tahun,

Kami biasa tentram dalam menghadapi Pembangunan karena sudah direncanakan dalam REPELITA yang bekelanjutan tanpa perlu sistim bumi hangus kebijakan karena ganti Pejabat ganti kebijakan,

Kami terbiasa melihat cara kerja Pemerintahan yang kebijakannya tidak membuat rakyat jantungan , tidak semena mena, dan asal ucap dan umbar janji karena Jalannya Pemerintahan sudah digariskan dalam GBHN, (mungkin generasi sekarang bingung apa GBHN itu).

Kami terbiasa dijewer guru , distrap, bersihkan kamar mandi sekolah bila kami bandel tidak mentaati peraturan sekolah tanpa menuntut dengan Undang Undang perlindungan Anak karena kami sadar kami sedang didik dan diajar, oleh guru kami yang fungsinya sebagai pendidik dan pengajar,, bukan seperti guru sekarang yang takut oleh Undang undang perlindungan anak dan hanya berfungsi sebagai pengajar saja,, meninggalkan fungsi pendidik karena takut dituntut oleh orang tua murit..

Jajanan Kami sederhana, murah meriah, tetapi jajanan sehat yang tidak mengandung macam macam pengawet, , pewarna borax, dan bahan kimia lainnya , apalagi dari bahan bahan sintetis dan palsu.. Lumpia, dadar gulung, Kompyang, Moho, Getuk lindri, tetel, gulali, es cao. cendol, es gandul, es lilin, es gronjong adalah jajanan sehat generasi kami.,

Uang saku kami cuma 100 rupiah tapi kami bahagia berangkat sekolah jalan kaki sejauh 7 Km tanpa takut ditabrak motor, diculik, digendam bahkan dibegal.,
kami terbiasa membagikan uang saku yang tidak seberapa itu ke teman kami yang lupa membawa uang saku, karena teman kami adalah senasib dan sepenanggungan disekolah,,

MAAF kalau kalian IRI dengan kebahagian generasi kami karena sulitnya untuk berbahagia digenerasi sekarang dengan ketatnya persaingan dan kompetisi hidup dinegeri Nusantara yang kaya raya sumber daya nya ini karena kesalahan pengurusan atau entah apa ??

Maafkan bila kalian tidak bisa sebahagia kami Generasi yang Lahir 70- 90 an
salam dari kami admit YPG

By :Gabriel Photograph Lombok dan Admint YPG
Gambar by Gabriel Photograph Lombok. Patsus citox dan Patsus Dede Sherman

Share.

73 Komentar

      • main tembak2an pake debog pisang bung,n pakai jedoran daribambu. lagu2 sheila on 7 selalu mengingatkanku tentang cinta pertama masa mp dulu.

  1. Trimakasih Bung Gabriel dan Bung Admin. Trimakasih karena sudah mengingatkan saya secara pribadi bahwa sesungguhnya banyak hal yang patut saya syukuri sebagai generasi 7090. Kadang-kadang peliknya masalah kebangsaan kita hari ini membuat kita lupa bahwa sebenarnya sepelik apapun hari ini, tetap masih banyak yang bisa kita syukuri dalam kehidupan ini. “Masih belajar pake papan tulis hitam”…he..he..kalau saya malah pernah dilempar guru pake penghapus papan tulis yang dari kayu dilapisi karpet he…he….God Bless PatGa!!

    • saya dan teman sekelas digamparin pak guru gara2 penghapus yang ditaruh di sudut papan tulis jatuh, eh malah dikira salah satu dari kami yang nimpuk pak guru dari belakang, apes, he he he

  2. Hehehe… Jd inget pertama pake komputer waktu masih 286, monitor monochrome, boot pake DOS 2.66
    Punya komputer pertama 486DX2 hdd 270mb gara-gara suruh milih sama ortu antara beliin motor atau komputer.

    Puji Tuhan, karena yg dielus-elus tiap hr cuma komputer (bukan motor), akhirnya sekarang jadi tukang tambal “bug” software.

  3. timur_nusakambangan on

    Hahahahahahaha…..
    Saya adalah bagian dari generasi yg plg sekolah main kelereng nantangin kawan antar rt rw.
    Saya jg bagian generasi yg suka main gangsing seusai jam sekolah.
    saya jg bagian dari generasi yg uang saku 500rp-1000rp tp tetep bs makan lontong mendoan plus es lilin sewaktu jam istirahat sekolah

    • Tukang Ngitung, PhD. on

      Saya bagian dari generasi dengan uang saku 15 rupiah saat taman kanak2 sudah dapat bapao kacang dan kerupuk sermiyer / opak ( dari singkong ditumbuk melebar, dikeringkan dan digoreng) dan juga es mambo.

      • Naga Samudra on

        kalau ditempatkami namanya Samiler bung 😀
        masih ingat beli krupuk setengah rupiah atau 5 sen ada krupuk puli, krupuk mie, krupuk kotak coklat, Krupuk upil ( yang dicolek ama petis)

  4. Kl hari minggu janjian utk olah raga pagi nginep dirumah salah satu temen,indahnya mengenang masa kecil dulu

  5. Generasi yang masa kecilnya menikmati keramahan adatnya,Keindahan Alam yang masih asri,Keanekaragaman budayanya,berbagai macam dolanan,dll..Aku sungguh beruntung lahir dari generasi doeloe!!

  6. ismeds beckham on

    Ente ingetin ane lagi min..!! Ko ente tau min bioskop kesenengan ane, MISBAR..!! Ane klo mau nonton film india ngantrinye kaya uler,,mane campur keringet orang lagi hehe..klo ga salah ane nonton masih 400 perak..yg ente sebutin semua ane alamin …bahagia banget dah masa kanak- kanak yg penuh canda & tawa…hebat min artikelnye..!!! Ane kasih 4 jempol..!!! Kasihan emang klo anak” jaman sekarang penuh dg kemunafikan..pancasila kaga hafal,lagu kebangsaan kaga hafal, jamannye ane rata” wajib hafalin pancasila & lagu kebangsaan ..mangkenye pade hafal semua ampe sekarang. Coba anak” sekarang banyakan yg kaga hafal..tapi yg terpenting buat ane anak betawi wajib hukumnye bisa ngaji/ baca al-quran ..klo sekarang boro” pade bisa..lagu barat baru pade tau semua…SALAM PATGA BUAT SEMUANYE ..!!!

    ….NKRI HARGA MATI…

  7. Trondolporp on

    Jadi generasi bahagia waktu anak anak, tapi sekarang jadi generasi orang tua yang paling pusing.

  8. Saya generasi jaman 90an yang uang jajan 300 – 1000rp. Tapi uda bisa makan nasi kucing seharga 300rp Udah bisa makan soemay 500rp. Kemudian pakai pensil legend hitam merah belang belang dgn karet dililitkan di atas pensilnya buat penghapus. Sya generasi yg kalau ujian kopekannya coret di paha, telapak tangan, dan kertas jimat dimasukkin kedalam pena pil*ot. Sya generasi yang dulu kalao ingusan tinggal di lap k lengan baju kiri dan kanan. Sya di generasi dimana jika punya hape hitam putih sudah keren. Dan sya generasi dimana celana pakai celana pensil ketat banget dan rambut gaya emo emoan . Kreatifnya generasi saya.

  9. satu lagi bung yang masih saya ingat sampe sekarang, rambut panjang sedikit dibikin trondol waktu razia disekolah sama wali kelas..hehhehe

  10. HAHAHHA, semuanya terjadi sama saya itu…betapa indahnya plus dihukum sekelas karena nyolong jambu rame rame deket SD. kecuali komputer 486 kelihatannya sudah tahun 90 an liwat. Jadi sedih gimana caranya anak2 kita bisa seperti itu lagi

  11. xixixixixi…jd teringat masa lalu.dulu gara-gara mlorotin celana teman didepan kelas, wali kelas kami tidak mau ngomong selama 1 minggu dgn kami.jadi klo ngajar / ngasih printah cuma ditulis dipapan tulis.dan satu hal lagi yg mungkin tdk akan kami lupakan,punggung dan betis kami penuh dengan bekas cambukan jika nilai kami dibawah enam…tp kami sungguh bahagia dg masa2 itu.

  12. Jaman sd kls 1 sampai 3 ke sekolah uang saku 50 rupiah beli nasi pecel 25 rupiah sama kerupuk 5 rupiah sisa 20 rupiah pake beli getuk atau kerupuk singkong lumayan bisa dimakan bareng teman hahaha……indahnya masa kecil dulu tiap hari main ke sungai cari ikan udang sama kerang,bawa ketapel cari burung ( waktu saya kecil masih banyak burung kepodang burung betet,tekukur,jalak dan burung elang ),sekarang burung tinggal di kebun binatang sama di buku aja mungkin besok lg cuman tinggal ceritanya saja,tiap hari bahagia gak ada yg di takuti kecuali org gila sebelah rumah hahaa…..jauh berbeda dgn generasi sekarang ( anak saya ) mau main mobil2an tinggal beli di toko ( jmn kecil bpknya bikin sendiri ) mau main perang2an tinggal nyalain game ( jaman bapaknya mainya di sungai di lapangan di sawah ) main tembak2an tinggal buka aplikasi di ipad ( jamn bpknya kcl bikin ketapel dulu baru bisa main ) mau main strategi tinggal main coc ( bpknya dulu mainya betengan,go bak sodor,sampai lupa namanya hehee….) dll,anak jaman sekarang dimanja sama tehnologi apa2 instan kalo ditegur kenapa gak main keluar biar sehat pasti jawabnya gak ada temanya soalnya temanya pada main di rental PS sama di game centre,ukuran kebahagian jmn dulu sama skrg sudah lain jmn dulu pingin sesuatu hrs kerja dulu baru terwujud jmn skrg kebahagian serba instan tinggal mampu beli apa tidak,semua mainan waktu kcl kebanyakan made in sendiri kalo sekarang semua made in china hahaa….
    Terima Kasih para patku yg sudah membawa lamunan masa kecil kesini jd bikin kangen kampung halaman #jadipinginmudik,semoga semua sodara patku dan patga selalu diberi kesehantan dan keberkahan,amin

  13. Ingat jaman SD, uang Rp 100 perak bsa makan sarimi rebus plus bakwan.klo upacara senin pagi paling takut disuruh baca teks tri prastya pelajar.ke sekolah pake BMX..ah masa2 kecil yg indah..

    • Tukang Ngitung, PhD. on

      Telur asin cuma 100 rupiah..truz ada permen rokok (bentuk rokok padahal permen), permen ndog/telur cicak warna-warni.

  14. Alhamdulilah bisa menikmati semua yg di sebutkan di atas…..jadi inget,manen rambutan tetangga malam malam,tp yg punya nungguin di bawahnya,he..he..he…

  15. Wahh…sungguh terharu, tapi lucu kalau mengingat masa lalu. Semua yang tertulis persis yang saya alami dan rasakan juga…apalagi itu tuh, soal berkirim salam , saling pandang mata dengan seseorang yang ditaksir…dan kirim surat dengan diselipin di laci….hahahha….saya bangettttt…………..

    • Trondolporp on

      Jadi ingat ” pacaran ” di dunia maya gaya 80 an. saling kirim ” status ” di bangku untuk adik kelas yang masuk siang he he he….( paling wajib ya contekan )

      • Naga Samudra on

        Jangan Lupa ada masa Intercom ,,komunikasi lewat jalur kabel antar rumah,, dan bisa dapat pacar dari sana ‘ 😀

        • Trondolporp on

          kalau ane mainannya 11 meteran bung naga, pernah dapat YL di udara (papa alfa carly alfa romeo ) tapi ngacir ketika sang gebetan agresif nyatronin rumah. ane, masih takut bokap hahahahhaa….

  16. ckckckc….
    yang komen ketahuan dah pada STW semua…
    termasuk saya……
    Duh jd rindu nyebur di kali…..

  17. Nonton satria baja hitam dan doraemon numpang di rumah tetangga yang punya parabola
    Ada perbaikan jalan aspalnya utk mainan.
    Makannya chiki ball, coklat superman dan kuaci cap gajah…heheheheheee.

    Tapi tuh nobita gk gede2 sampe sekarang yaa

  18. Generasi 70 generasi yg paling lengkap mengalami masa transisi tennologi mulai dari TV hitam putih dan kini Hand Phone TV
    Dulu ke sekolah uang Rp. 100, bisa beli 1 piring nasi pecel plus teh manis segelas. Yang paling berkesan saat itu adalah rasa nyaman tanpa rasa kuatir pergi kemanapun jam berapa pun. Dan makanan yg serba murah..

  19. hahaha, nampaknya penulis seumuran dg saya. sungguh, amat bahagia dan sederhana menjadi remaja di jaman kita. pulang sekolah sepatu dilepas dan diikat jadi satu lalu dikalungkan ke leher, lalu mencari biji sogok telik dan membakarnya di bawah pohon, rasanya sgt gurih, mampir ke selokan mencari ikan sepat sawah (sekarang cupang), rela (mampu) mencuci sepatu dan kaos kaki sendiri walau masih SD. Kami murid2 yg sgt hormat kepada guru, selalu mengucapkan salam selamat kpd bapak/ibu guru di manapun bertemu. Kami juga sgt menghormati orang tua kami. Kami yg pada usia 9 atau 10 tahun sdh bisa membuat pagar bambu untuk sekolah kami, menanami kebun sekolah dg singkong, tales bogor dll. Kami yg menambal celana seragam sekolah kami dg “gamaplast” karena robek pd bagian pantat dan ortu blm mampu beli yg baru. Kami yg pada hari senin memakai sepatu basah karena tak kering saat di jemur di hari minggu. Kami yg setiap malam purnama seringkali bermain “litungan” hingga masuk ke hutan dan pulang malam dan berangkat tidur tanpa cuci kaki, hehehe. Hmmmm sgt sederhana dan bahagia saat remaja kami. Kami yg menikmati masa penghujan dg main “anjlok2an” di kali (sungai) yg sedang banjir dan melompat ke kali dari pohon waru doyong di sisi kali……jadi rindu masa kecil

  20. Bung Yayan sama bung Love Ina mana nih…..ayo ikut nimbrung…kalian jugakan termasuk generasi 7090 he..he…

  21. wow.. serasa memasuki laci mesin waktu di kamarnya Nobita..

    nice sharing, masa SD paling tak terlupakan, bnyk hal indah yg kini ditelan langit.. salah satunya adlh berangkat sekolah jalan kaki rombongan sekelurahan. no antar jemput kendaraan.. oh, serasa longmarch penuh perjuangan meraih bekal masadepan

  22. guru sekarang tersandera UUPA, tersandera keinginan ekonomi yg lebih tinggi dari gaji
    orang tua dulu tak pernah mengeluh ttg kebutuhan anak, orang tua sekarang (kita) sering mengeluh di depan anak.
    Anak sekarang pintar sekali melawan orang tua.

  23. Aku lahir di Thn 1971, berarti masuk kategori. Ya….jadi pingin nyiptain mesin waktu. Kembali ke masa itu…….benar2 nostalgia meskipun kehidupanku dulu tak semakmur sekarang……Alhamdulillah……utk kedua masa itu.

  24. Terimakasih…. udah mengingatkan masa kecil yg bahagia……
    Mandi hujan tidak takut sakitt…
    Berenang disungai ramai ramai…
    Bermain bola sesudah pulang sekolah..
    hahahahaha
    tukar tukaran kaset lagu…
    Masa lalu sungguh bahagiaa…

    • Naga Samudra on

      Komik khas Indonesia mulai dari Sibuta Gua hantu, Api dibukit menoreh, Jampang, Jaka Sembung. komik komik silat berseri, komik serial Bagong, semar, petruk gareng, komik Si Itol, Ompasikom,

      Sandiwara Radio Saur sepuh, butir butir pasir dilaut, Zuraeda, Trinil.. Mak Lampir, Angling darmo

      Lagu anak anak : Adi bing selamet lagunya Jendral Kancil, Chicha Koeswoyo lagunya Naik kereta kuda, Norma yunita, Ira maya Shopa, Deby rhoma Irama lagunya idih papa genit, Boby Alatas lagunya Hujan,
      Yoan Tanamal,
      kalau di thn 90an penyayi cilik terkenal Bondan Prakoso lagunya lumba lumba, agnes monika, trio kwek kwek, Meisy,

      film Film remaja terpopuler : Gita cinta SMA, Puspa Indah Taman Hati, Gejolak Kawula muda, Ranjau ranjau cinta, Merpati tak pernah ingkar Janji, Catatan Si boy jilid 1-5, Lupus jild 1-5.

      Film serial TV jaman TVRI : Rin Tin Tin, Combat, Hunter, Start trek, Voyage to the Bottom of the Sea, Dallas, Bonanza, film minggu siang , Ria Jenaka, Higway to heaven tokohnya Laura angels, Leasy, ,,Film Selasa The six milon dolar man, Bionic woman, Chip’S, Mannix, BJ and The Bear, the Saint, Zorro, Ranger, Manimal, Jumat Malam Srimulat, Losmen, Jendela rumah kita, ACI ,
      Film Kartun : Scobydo, Batman and Robin, Spiderman, Silver Hawk, Megaloman, Charly chaplin,

      Group Lawak Legendaris : Jayakarta, Pelita, Srimulat, Dbodors, tokok lawak legendaris : Gepeng, Gorge Sapulete, Jalal, Ester, UUK, susi, Karjo ACDC, Mama hengky, Edy Sud, Benyamin sueb, Darto helm, bagiyo, Diran, Sol saleh,
      Entar disambung lagi seneng mengingat masa kecil 😀

    • Tukang Ngitung, PhD. on

      Main benthik, kasti. Buat mobil-mobilan dari botol hand body viva dan rodanya pakai potongan sandal bekas.

  25. Jadi inget ngadu biji karet,,,haaaa,,, gangguin anjing trus lari,,,maen gambaran,,maen ninja ninjaan pake sarung,,yg sering seh maen di kaliiii…ngerapihin sendal trus di timpuk pake bola kasti… Aduh udah lupa semua…bener bener masa yg indah…

  26. djoeliantoe on

    Sensasi pertama kali makan mie ayam seharga 350 rupiah,kami punya undang tak tertulis yg ditaatin teman teman kami,bungkus permen zuzana,suguz jadi uang mainan kami,bungkus rokok filtra,djarum,gentong gotri juga mainan kami,kamilah yg menyaksikan lahirnya pertelevisian indonesia,bioskop dalam rumah kami adalah imajinasi kami mendengarkan serial brama kumbara,tidak ada barang yg tidak bisa kami mainkan tandan pisang,batang pisang,kaleng bekas,batre bekas,kulit jeruk,karet gelang,biji sawo,asem dan masih banyak lagi.imajinasi kami tak terbatas

  27. alhamdulillah banyak waktu yang berganti.. tidak ada yang harus di sesali.. mirip si bolang… nyebur di sungai, apalagi bulan puasa mandi mulu sambil mancing dapet apa enggak itu urusan belakangan.. loncat sana loncat sini di kapal, mancing di laut udah gk kenal aer pasang dah selutut baru pada pulang, belon lagi kudu hati2 jangan sampe ke injek tuh anak nye sembilang karang, apalagi emak nye.. he..3x
    kalo di daratan mulai maen layangan paling kecil yang dipaksa terbang.. ampe yang paling besar.. maen dah tuh ampe sore.. belon lagi kalo dah inget di rumah kadang dengan teman2 seumuran ada maen gambaran, kelereng, adu biji karet, kasti, petak umpet, adu ikan sepat, adu ikan cupang, adu ayam, same biji saga “aya2 wae” ha..3x
    kalo film kaset masi pake kaset pita, yang masih inget voltus, gaban sariban, lion maru, silverhawk, walah banyak lagi ya.. emang indah.. he..3x
    salam patriot garuda…
    he..3x

  28. Gak sadar mata berkaca kaca setelah baca tulisan ini. Mungkin generasi indah itu juga sekarang mulai merasakan pusingnya mendidik generasi penerusnya yang sudah terkontaminasi dengan kemajuan dan kemudahan teknologi. Susahnya mengajak anak2 kita berinteraksi di luar dunia mayanya saat ini. Generasi merunduk. Saya masih ingat kehebohan orang 1 RT mencari temen saya yang hilang saat bermain petak umpet. ternyata yang dicari ketiduran saat ngumpet diatas pohon ha ha ha.

  29. Hari sabtu, pulang sekolah langsung pergi. Pulang ke rumah jam 2 pagi(hari minggu) pakai sepeda mini.
    sambil nenteng 21 tupai dan 5 burung bangau.
    Orang sekampung binggung mencari aku.
    di halaman sudah banyak tetanggaku berkumpul juga tersedia beberapa ember dan bunga mawar(utk memandikan orang mati) dan terlihat Ibu menangis sambil mengendong adikku yang masih kecil.
    Ternyata aku sudah dikabarkan mati.

  30. Gobak Sodor, Benteng2an, Petak Umpet, Utet, wok2an (jatim) maen kelereng dengan lobang kecil ditanah, haha…. klo malem minggu nontonnya aneka ria safari. Hari minggu siang nonton TV “Jendela Rumah Kita”

  31. aah…indahnya masa kecil, kami pun masih ingat pake celana yang tambalannya lebih banyak dari dasar celana itu sendiri, bukannya tak kebeli tapi ajaran ortu dan pendidik yg mengajarkan bahwa foya2 itu tidak baik, tak seperti sekarang ganti mode, anak2 langsung minta, pelik memang… kami juga merasakan betapa senangnya olahraga loncat indah dari kelapa yg condong kesungai, dari ketinggian 10 meter kami beratraksi…
    sekarang sungainya dangkal akibat kerakusan dan penggundulan,…
    keindahan masa2 70-90an… mau main apasaja kami merasa aman,… aah…semua sudah lewat… diganti generasi sekarang, generasi menunduk memplototi HP sibuk fb an twitran, internetan….generasi tak peduli dengan lingkungan, generasi yang tak lagi punya sopan santun akibat kebebasan yang kebablasan…. aah…setiap generasi ada jamannya… tak juga kita harus melawan jaman yg semakin edan…

  32. Main tank2an dengan dua tangan digabung diarahin kedepan wkwkwkwk….
    Gangsing, gundu ( kelereng ), petak umpet, permen sugus, mandi di kali, nyemplung got buat nyari ikan hehehehe.. busyet deh… 7090 the best generation…….

  33. wkwkwk ane yang penggemar permen dan jadi sering sakit gigi jadi ingat permen sugus, mr sarmento, pagoda pastiles, benson,dan satu lagi jagoan neon

  34. Pingback: nyonkweb

  35. Saya kelahiran 92, begitu bahagianya Besar Dan tumbuh di era itu,
    Sebuah anugerah tersendiri bermain dengan teman teman di jalanan layangan,gundu,kejar-kejaran dengan sandal di tangan Dan berlari secepat mungkin
    Dimana waktu yang memanggil kami pulang adalah adzan maghrib 😀

Leave A Reply