Peringatan Final , (Hoax Corner Part 6 )

162

LATE HALLOWEEN PARTY
Peringatan Final – Bagian Terakhir

aa8b182252529f205c1d0a168d2983bb

Pangkalan Udara AU Sebuah Pulau

Terlihat sebuah pesawat khusus dari jenis CN-235 tampak diujung landasan bersiap untuk take off..:
CN: Tower, this Charlie November Two Three Five ready to take off
TWR : Charlie November Two Three Five, you are clear to take off, heading to North near Ambalat Sea….
CN : Affirmative tower….
Deru mesin pesawat terdengar ketika CN-235 Special Mission ini mengangkasa, setelah itu dibelakangnya pesawat yang sama ikut mengudara dengan tujuan yang berbeda…. 3 menit setelah 2 pesawat ini mengudara tampak 4 pesawat tempur dari Eropa tampak berjejer untuk mengawal 2 pesawat ini….ditambah lagi 4 pesawat yg berbeda berasal dari benua yang sama, Eropa siap mengangkasa….

Laut Ambalat

Komandan kapal AB II terkesiap, sejenak dia bertanya kepada anak buahnya (percakapan telah ditranslate ke Indonesia)
CMDR : Mayor, apakah kamu melihat sesuatu di radar? Kenapa Indonesian Navy bisa tahu kalau sistem Aegis kita sudah aktif….??
MYR : Siap CMDR, saya hanya melihat ada 4 kapal berada di jarak 30 mil laut… Saya juga tidak tahu CMDR… di udara pun hanya ada pesawat sipil, itu pun jauh di ketinggian CMDR…
CMDR : Laporkan ke CVN segera, minta diterbangkan Growler dan Hawkeye untuk memantau ruang udara di sekitar kita…. Standby untuk memberikan “kejutan” buat Indonesian Navy….
MYR: Siap CMDR…apa tidak beresiko CMDR? Kita akan menerobos wilayah mereka, memang ada EMERGENCY Report dari PLAN, tapi itu ada di wilayah Indonesia CMDR….
CMDR: Perintah kita jelas Mayor, “umpan” kita nyaris “dimakan” oleh mereka, hanya tinggal menunggu waktu saja…
MYR: siap CMDR….laksanakan!
Semenit kemudian, sang Mayor pun mengirimkan pesan ke CVN untuk meminta payung udara ke “induknya”…
Beberapa menit kemudian mereka pun berkomunikasi dengan 4 kapal Indonesia:
MYR: Indonesian Navy warship, please do not interfere with my route to South China Sea…
We are receiving a Emergency Wire from Chinese Navy warship, and we are trying to check those ship…Nothing to worry Indonesian Warship…
KLW II : Nothing to worry? Your ship is in combat status readiness, those Chinese warship is in our territory, US warship… If you are insist to cross our territory, you must have clearance…. If not we are warning you not to cross our border..!!
Serentak 2 Klewang II serta 2 MLRF meyiapkan radar2 rudal mereka untuk mengunci sasaran 2 kapal AB II tersebut.. Tiba2 mereka di kontak oleh Flagship ke dua
FL2: Komandan Klewang, jangan terlalu terpancing aksi mereka…. Radar rudal tetap kamu aktifkan tapi jangan mengunci sasaran…..
KLW II : siap komandan, tapi mereka memaksa kami melakukan ini komandan…mereka tidak menggubris peringatan….
FL2: biar saja, Growler dan Hawkeye sedang menuju ke posisi kamu, KCR SAM sama KCR Pernika sudah mendekat ke formasi kamu…. manfaatkan saja…
KLW II : siap komandan…!!Ada kejutan rupanya buat mereka komandan….
FL 2: iya, lihat saja beberapa menit lagi kok…

Di ketinggian 15.000 kaki, 1 CN-235 Special Mission dengan dikawal 4 pesawat tempur buatan Eropa bersenjata lengkap sudah mendekat ke titik dimana rombongan Klewang II berusaha mencegat 2 kapal AB II…
Pilot CN-235 memerintahkan operator di kompartemen belakang untuk bersiap2…
Pliot: on my mark guys..!! Three Two One…activate system..!!
Opr : System is activated capt….!!
Pilot : let see this system works guys….yihaaa..!!

Dalam hitungan detik, tiba2 radar dan sistem Aegis mendadak mati, kemudian hidup lagi…terus sampai beberapa menit ke depan….
CMDR: wah ini pasti jammer Timur yang dipakai membutakan DDG kita waktu itu mayor…. Laksanakan prosedur darurat untuk eliminasi jammer ini mayor..!! Segera…!!
MYR: siap CMDR, laksanakan..!!
Prosedur darurat pun segera dilaksanakan, beberapa detik kemudian Aegis berfungsi normal kembali….
CMDR: Growler kita diposisi mana Mayor, coba kamu kontak mereka….
MYR: siap CMDR…. Growler Flight please confirm your position…
terdengar di speaker hanya suara : kkkrrrrrrr…..kkkrrrrr…kkkrrrrr…
beberapa detik kemudian di speaker terdengar lagu : Indonesia Raya, diikuti matinya sistem Aegis secara mendadak…. Diikuti oleh adanya suara PING beberapa kali dari speaker kapal…..
Kontan saja Komandan langsung terdiam, Indonesia tidak main maun kali ini…

citoxnew109

Ruang Udara berbatasan dengan Filipina diatas Laut Sulawesi..

Tampak 3 pesawat Growler di ketinggian 20.000 kaki melesat menuju ke arah 2 kapal AB II…
This Growler Flight to AB II Ship, we are heading to you, ETA 15 minutes…
AB II Ship do you confirms? repeat.. AB II Ship do you confirms?
yang ada hanya suara tidak jelas dari AB II…beberapa detik kemudian, tiba2 radar mereka menjadi “blank” dan dari sistem komunikasi mereka terdengar sayup2 lagu: Indonesia Raya….
Semenit kemudian ;
Growler flight, this Indonesian Air Force Charlie November Two Three Five.. please heading back to your “mother ship”… I’m warning you Growler Flight….
IAF Charlie November Two Three Five, we are on routine air patrol here, we do not attempt to make any military or hostile action…
Growler Flight…you are now in our air space territory, do not lie on us … We are already know where you going…. Please heading back to your ship… I’m warning you again….
Growler flight tetap ngotot bahwa mereka tidak memasuki kawasan udara Indonesia dan terus berdalih….. Tiba2 di jarak 5 mil dari mereka 2 ledakan terjadi….. BLAARRR…!!!! Sontak Flight Leader kaget….
Growler Flight, the next missile will explode in your tail…..!! This is the last time I’m warning you..!!
Setelah berkata begitu, beberapa detik kemudian melintas dengan kecepatan tinggi 2 Su-30 MK2 diatas Growler Flight…. Dengan keringat dingin dan panik, Flight Leader langsung berbalik 180 ke arah CVN…

citoxnew120

Markas Komando Pertahanan Nasional

Di layar terlihat bahwa rombongan Armada VII berbalik setelah mendapat “peringatan” keras…. Status kemudian diturunkan menjadi “WASPADA”… Sontak seluruh ruangan mengucap syukur bahwa keadaan kembali seperti semula…

Laut Natuna
di suatu lokasi yang cukup luas, terlihat ada beberapa kapal perang, diantara 1 Flagship, 1 LPD, 1 Parchim serta 2 KCR 60 sedang melakukan pencarian terhadap sebuah KS asing yang dinyatakan “hilang” beserta awaknya setelah dikejar oleh Orion, Parchim dan A Boat….. Mereka hanya menemukan adanya “genangan” minyak di sekitar area tersebut… Dalam laporan komandan Flagship dinyatakan bahwa KS tersebut “total loss” tanpa ada awak yang selamat…

SELESAI
Patsus Hadna Biro Jabodetabek
Gambar ilustrasi by Google, Patsus Citox dan Patus Dede Sherman

Share.

162 Komentar

    • Numpang Pertamax bung PRIE.
      ~
      Yang numero uno itu teknologi pernika kita, bukan begitu bung Hadna? :)
      Membuat AEGIS layaknya jadi CMS ‘kacangan’ begitu antidotnya sudah ditemukan…
      ~
      Saya sungguh menunggu klimaks aksi ‘ngamuk’nya klewang II di garis terdepan, ada yg ‘sangat special’ dari kapal siluman ini, sampai-sampai berani head 2 head dengan AB class….tapi semoga hal itu ga usah sampai terjadi, dengan TEGURAN KERAS seperti ini negara ‘kepo’ satu itu bisa jadi lebih menghargai nilai suatu kedaulatan, khususnya NKRI yg adalah HARGA MATI.
      ~
      Salam hangat bung Hadna & untuk seluruh petarung/pelindung negeri.
      Sungguh bangga menjadi bagian dari bangsa yg besar ini.

    • Bung Urquan, SOP kali ini hanya memberi “peringatan keras” kepada siapa pun yang memasuki wilayah teritorial RI tanpa ijin….. Kalau mau selonong silahkan saja, konsekuensi ditanggung sendiri….hehehe

    • Mereka akan terus mencari cari untuk mengusik kita Bung Mantap….. Insya Allah para punggawa akan selalu siap dengan tindakan2 tegas demi keutuhan NKRI….

  1. Kuli pelabuhan on

    Salam bung hadna, setelah biak, mirotai, tarakan dan natuna diperkuat, apakah gerbang selatan juga diperkuat? Trus skenario apa yg plan dan armada ke 7 harapkan dengan bergabungnya dua CBG di LCS?

    • Bung KP, gerbang selatan di sinyalir sudah dan akan terus diperkuat….

      Skenario mereka adalah kita terjebak untuk memprovokasi kita di wilayah perairan internasional, dengan demikian mereka mempunyai alasan untuk memagari kawasan perbatasan dengan segenap kekuatan AL mereka, atau istilahnya blokade laut terbatas…. Untungnya kita tdk terjebak dalam situasi skenario mereka…..

  2. 4 pesawat Dari Europa, di ikuti 4 pesawat berikutnya Dari Europa pula…lalu yg melintas diatas growler cuma 2 SU 30mk2,yg 6 kmana dan jenis apaan tuh bung hadna? Lalu nasib si hawkeye apa kabarnya?

    • Yang 6 lainnya standby di dekat CN-235 Pernika Bung Azda…. Jenisnya apa ya? Cuma dua yang dari Eropa kok…..hehehehe

      Hawkeye cuma berkeliling2 diatas Growler, begitu radar mereka ikutan blank, mereka langsung balik arah…..hehehe

  3. TNI kita hebat sangat gentle dalam setuap situasi..oia bung hadna tgl 1 jan 16 jam13.15 dilaut selatan jateng ada jet mirip angsa putih, apa mainan itu lg ditest? :)

  4. baik hati banget ini TNI AU, kagak asal ceplosin misil. Bung Hadna, bagaimana dgn jalur diplomasi ke US dan Tiongkok..alaporan2 pelanggaran seprti ini bagaimana respon mereka, sekedar meminta maaf ataukah tidak mengakui kejadian trsbut

  5. bukan siapa siapa on

    Sambil membaca saya merinding dan kadang tersenyum .ada rasa kagum dan bangga pada tni pada indonesiaku. Teryata indonesia tidak selemah yg bnyk dipersangkakan. Dan semoga kisah ini menjadi pengetahuan bagi rakyat bahwa siapa sesungguhnya musuh indonesia. Salam hormat doa kami untukmu patriot penjaga bangsa.

  6. Assalamualaikum bung Hadna, mengapa kita lebih permisif ke us dr pada k cina, pdhal mereka jauh lebih mbalelo. Impact diplomatik apa dr kejadian ini thp kedua negara. Tks

  7. Makasih atas babaran “hoax hoex hadna leaks” bung hadna. Semoga disambung dng hoax hoex berikutnya. Oya apakah anthem Indonesia Raya jadi lagu wajib Di radio musang saat jammer aktif?.

  8. Assalamualaikum bung Hadna, smoga slalu dlm lindunganNya. mhn dibabar:
    1. mengapa kita lebih permisif ke us dr pada k cina, pdhal mereka jauh lebih mbalelo?
    2.Impact diplomatik apa dr kejadian ini thp kedua negara baik dr sisi hankam maupun ekonomi?
    3.Seberapa hebat adu pernika dari kedua negara? Siapa yg lbh kuat, us ato cina?
    4.Apakh rusia diupdate terkait hal ini?
    5. Apkah penggunaan alutsista & kerjasama hankam dgn eropa cukup aman mengingat mereka sekutu us?
    6.dlm diskusi dsebut bhw filipina mnjd slh satu teman ketika indonesia diserang pdhl filipina sekutu dekatnya us.?
    Tks.

    • Wa’alaikum salam Bung Zen_Qien
      1. Kenapa lebih permisif ke US, secara kasat mata, mereka belum melanggar atau memasuki wilayah teritorial RI, meskipun LA Class mereka kita kasih kejutan di Selat Sulawesi sebelumnya….

      2. Impactnya tdk akan mencuat ke ranah umum, krn kita hanya protes melalui nota diplomatik terbatas saja….. Tdk berpengaruh secara signifikan terhadap sektor ekonomi maupun hankam…

      3. Us lebih kalau soal teknologi pernika, China biasanya suka meng copy teknologi…..

      4. Rusia selalu mengamati perkembangan politik dan hankam internasional, terutama kawasan Asia Tenggara….

      5. Filipina beberapa tahun belakangan lebih mendekat ke tetangganya bung…..hehehe

      • Bung Hadna, apakah LPD yang ikut nyerbu adalah sejenis Mistral kah? Boleh tanya lagi system pernika yg merusak aegis itu buatan papa bear atau buatan lokal? Thanks

        • Bung Lem Aibon, LPD nya sekelas Makassar Class bukan Mistral….hehehe

          Kalau Sistem Pernika nya gado2 bung…antara impor sama lokal punya….hehehe

  9. SAPI JEMBLING on

    Wuiidiihhh.. Merinding bacanya.. Sampe keluar keringet saking tegangnya..
    Semoga ada kelanjutan dengan hoax2 yang lain..
    Terima kasih banyak Bung Hadna..

  10. Jaya lah negeri kita Indonesia Raya. Marilah kita seluruh rakyat Indonesia bersatu menjaga setiap jengkal tanah air kita dari gangguan bangsa lain. Bersatu kita pasti bisa. Merdeka

  11. Tiba2 di jarak 5 mil dari mereka 2 ledakan terjadi….. BLAARRR…!!!! . bung hadnan mau tanya itu yang meladak apa ya. heheh

  12. NKRI harga mati, merinding saya mendengar kisah ini, apalagi saat lagu Indonesia raya dikumandangkan di anjungan kaprang asing

  13. Terima kasih atas Hoax yang menumbuhkan rasa cinta tanah air bung hadna. Semoga anda dan keluarga beserta rekan selalu diberi kesehatan oleh ALLAH SWT. Dan semoga para pemimpin kita menyadari bahwa negara ini sedang dalam ancaman, sehingga mereka bersatu dan menyatukan visi misi untuk membangun dan menjaga Indonesia tercinta.

  14. Belum selesai ini….bagaimana dengan kapal selem AB II yg diberi “kejutan” di dekat pangakalan kapal selam laut sulawesi?????

  15. luar biasa..tni kita sanggup menghalau kekuatan militer amerika dan cino…
    tapi yang meledak kena rudal di udara itu suara ledakan apa bung hadna?

  16. Ijo Royo royo on

    He he he,… untungnya cerita hoax,…
    kalo bener apa gak nambah pusing mamarika,…

    Terima kasih bung Hadna atas cerita hoaxnya,…
    ditunggu lagi cerita hoax corner lainnya,…

    • Bukan Fan Boy on

      Bekas Minyak tumpahan KS 3 Kerajaan yang kemren di kejar-kejar ,
      1 di rumponkan tapi sang awak diselamatkan lebih dulu , dan satu dirumponkan dengan awaknya karene cukup sulit menhindar dan lihai

      sehingga mirip status di asuransi adalah TLO ( total loss only )
      nah sepertinya PLAN minta tlng US untuk mentracking dan mencari Ks ini di wilayah natuna , tp kepergok oleh serangan pernika sang RI

      mirip USS Donald cock melawan Su 24 ,

      salam sehat selalu Bung Bawor dan semuanya

        • Bung Hadna – Bung BFB. maaf sy yg awam ini bertanya. Jika benar ada 1KS yg dirumponkan dengan awak2-nya…apa iya atau mengapa sang empunya tidak mencak-mencak ya ? apakah tidak akan ada berita min dari dalam negri mereka dari keluarga para si awak tadi ?

      • Bukan Fan Boy on

        saya reply lagi bung ARo , sudah tulis panjang lebar , send lalu Blank …. kena serangan pernika juga webpatga , jadi ilang reply panjang saya . hehehe
        singkatnya , RI memilih untuk diplomatic terturtup bung dengan Negara Ybs (PLA / US ) , dalam arti hanya Negara yg terlibat tersebut yang tahu , tanpa koar-2 di media ataupun internasional issue ( diplomatic terbuka )
        dengan menyampaikan nota protes lewat diplomatic tertutup tersbut , Negara yg posisi salah tidak dipermalukan di dunia internsional , apalagi kalah dalam “pertempuran”, tentu dengan menyebutkan kejadian kpn,kordinat mana, atas dasar apa menyalahi ….
        tentu surat nota keberatan / nota protes bahsanya dirembuk dulu di tingkat dephan dan deplu , sehingga tidak membuat blunder isi surat tersebut ,
        misalkan ditanya KSnya hilang dimana , kita menjawab tidak tahu ( seperti bung Hadna pernah bilang )
        meski tampak adem ayem ,jelas PLA dan Us pasti marah besar , bahkan akan menyiapkan kejutan berikutnya , itu pasti bila ditanya kerugian yg sdah dialami oleh mereka ,
        mereka pun juga tidak akan menginformasikan ke media karena jelas posisi mereka pun salah ( di wilayah RI kejadiannya )

        So dari kesimpulan yg ditarik diatas adalah , RI memang bukan Negara aggressor atau biang cari masalah , akan tetapi bila sampai opsi tindakan militer tentu jangan sampai kita salah melangkah , apalagi duluan salah …
        karena hokum tetap berlaku , siapa yang kalah … tentunya sudah siap siap akan konsekuensi menerima opsi appaun permintaan si menang , tidak tertutup juga dengan setor Sumber daya alam secara gratis , membangun pangkalan secara tak terbatas bahkan gratis , seperti AS di afganistan , AS di irak dengan diminta sumber dayanya

        kurang lebihnya mohon maaf
        silakan ditambahkan

  17. 4 rafale
    4 typon
    1 cn 235
    2 klwg
    2 kcr
    2 flagship
    2 su 30 mk2
    ..x.x.x kapal selem
    Boleh ugaaaa !!!!!
    Ngeri ngeri sedap.

    Bung hadna peran kcr sam dan pernika apa ya? Soalnya kan sudah ada cn 235?
    Untuk growler apa bener uda masuk wilayah nkri atau hanya di border luar bug hadna?

    • Di hoax part sblmnya juga ada su 34 maritime + su 34 pernika di lanud sebelah dg pelabuhan yg ada 2 kasel , 2 kcr 60 dan 40, 2 klewang, 2 lpd “mistral”.
      Jd bingung yg jammer nih cn 235 pernika, ato su 34 pernika , ato kcr 60 pernika?

      • Bukan Fan Boy on

        sepertinya pernikanya ada peran di masing masing gugus bung , ada versi KCR , ada versi pespur , dan ada versi pula AWACS ,
        dan masing-2 bisa saling membantu untuk menyerang ….meski beda platform
        ( mungkin ini yang di oprek sama anak-anak RI dari berbagai platform di dephan )

        Jamming / jammer , sejenis radar , akan tetapi berfungsi mengacaukan search and tracking sistim radar lawan yang beroperasi ,
        dan bisa juga disebut Electronic countre measure ( ECM )

        salah satu unsur kekuatan alutsista adalah radar , maka RI selangkah lebih maju untuk mengacaukan radar .
        apabila suatu perangkat militer radar sudah kacau , maka CMS maupun ECM , dan lain lain termasuk peluncuran roket,rudal balistik untuk firing menjadi terganggu

        kurang lebihnya mohon maaf
        kurang lebihnya mohon maaf

      • SU-34 2 varian ini satndby bila memang diperlukan Bung Bearbrand….. LPD dari jenis Makassar Class lho bukan Mistral…..hehehehe

        Yang jammer adalah CN-235 Pernika………….

  18. Anthem Indonesia Raya di radio kaprang negara musang..Wooow sip dech..berikutnya lagu Maju Tak Gentar wajib diputer klu nge jam lagi..sayang klewang tdk sempat beraksi cm aktifkan radar aja..bravo penjaga NKRI

    • Klewang untuk kemampuannya sepertinya masih “Classified” bung… makanya gak diceritakan secara detail bagaimana kemampuan si Klewang II ini.. CMIIW :D

  19. Terdengar lagu Indonesia Raya…kalimat itu yg paling membanggakan [email protected]…..ane nyimak aja tanpa ada pertanyaan bung…mau nikmati dulu ni kebahagiaan setelah baca artikelnya..pertanyaannya nanti liat prkembangan,hehehehehee……makasih n sukses terus bung..

  20. wirosableng007 on

    Bung Hadna, pespur yg dari eropa ini emang beneran udah beroperasi di indonesia? lha kok belum ada ane liat beritanya di media masa misal seperti acara mandi air kembangnya di lanud begitu resmi mendarat hehehhe …

  21. Pesan yg tersirat,apa bung @hadna yg ingin di sampaikan di cerita hoak nya hoak 1 sampai 6 ini…trims salam patriot …..

    • Bung Angso Duo, diluar sana apa yang kita kira tenang saja, kadang malah “bergejolak”… Kita harus sadari bahwa Indonesia selalu dalam “incaran” negara2 di dunia karena SDA dan luas wilayahnya…
      Jgn pernah lengah, tetap jaga persatuan dan kesatuan, dan percayalah bahwa para penjaga kedaulatan NKRI selalu dalam keadaan waspada…..
      Pegang teguh ideologi bangsa ini, Pancasila… Krn itu lah yang membuat bangsa ini sampai detik ini masih berdiri utuh, dan kita harus selalu menjaganya..

      Pancasila berdaulat bangsa selamat…!! Salam Patriot..!!

      • Timakasih bung atas pencerahanya ….smg tni kuat brsma rakyat…..dan Tuhan YME selalau meridhoi…..
        salam patriot

      • jadi ini tujuan utama para pengawal NKRI dan pejabat tinggi TNI dari dulu nimbrung di warkop topix, kaskus, warjag, patga dan formil lainnya, capek capek berjuang di dunia maya menyadarkan masyarakat yang menganggap TNI lemah dan mengajak masyarakat bersatu, waspada thdp upaya memecah belah NKRI dengan membuat kisah dan menyebarkan clue yang dibalut berita bohong (hoax) karena berhadapan dengan status rahasia negara yang tidak boleh diumbar ke manapun, demi keamanan nasional NKRI.
        jamaah resmiyah banyak yang bilang penyebar berita kebohongan militer TNI sama dengan pembodohan bangsa itu adalah pemikiran yang tolol dan bodoh, mereka tidak melihat kondisi dan situasi terkini bangsa dan negara yang didiaminya ini.
        Semoga para patriot bangsa macam bung Hadna dan bung hadna “lainnya” ini tidak lelah dan selalu bersemangat untuk memupuk nasionalisme masyarakat dan tetap berjuang keras menjaga keutuhan NKRI dengan cara seperti ini.

        terima kasih bung hadna, ditunggu cerita hoax selanjutnya

    • Bakulo Wajaro on

      Hehehheehehehe… Numpang ngupi bung Angso.. Mungkin pesannya kogabwilhan sdh efektif beroperasi dgn gambaran setting hoax di wilayah barat,timur dan tengah Indonesia beserta alutsista lelembut yg blm pernah di guntingkan pita kedatangannya dihadapan para petinggi resmiiyah shg selalu suuzhon dan melihat harga suatu alutsista dgn barang yg resmi diumumkan dtg..percayakanlah pembelian alutsista strategis kepada TNI dan pembelian ini bukanlah pembelian biasa krn terdapat unsur rahasia negara guna menghindari campurtangan dan tekanan dari para pihak2 musuh negara dan kompradornya didalam negeri.. Kini tinggal kita tunggu hoax di selatan Indonesia yg dilakukan oleh musang di selatan indonesia yg berita terbarunya ikut membantu asu memantau pulau buatan cina di lcs .. Atau memang mereka memntau kejadian yg terjadi di hoax corner ini..? Xixixixixixiixi…Mantap dan lanjutkan hoaxnya bung Hadna.. Salam sehat utk anda bung Hadna dan juga utk anda bung angso dan sgenap patriot.. Salam NKRI Jaya…

  22. saya yg cuma baca aja jantungan… gimana dgn pilot growler itu yg di kasih hiburan lagu Indonesia Raya…dan petasan tanda selamat datang??? hahaahaaa… koroko tu….

  23. Den Baguz Q-Think on

    Yg lg di elus2 tuh rudal presisi apaan @bung Hadna,
    Btw pespur yg 8no. dai keluarga sukron kah…?/

    sorry newbie.

    salam

  24. udh 3x baca bolak balik….Kereeeen Abizzzzzz, kl bs di jadiin buku dong psti laris manis dah….jayalah TNI !!

  25. 4 pesawat dari benua Eropa?
    Palingan merk nya dari Jerman, Spanyol sama Turki xixixi
    Maaf, hoaxnya ter lalu pendek bung Hadna,!

  26. Mantabh bung hadna,sesuai angan2 sy klo kita wajib unggul di sektor pernika….apa setiap kogabwilhan kita punya sista berbasis ini bung??

    • Bung Jeepers, rencananya di setiap Kogabwilhan memang dilengkapi dengan alutsista ini…. semua dibagi rata…..hehehe

      • Terimakasih replynya bung hadna…jd tambah bangga dengan Tni kita,sy mohon ya bung,tolong disampaikan ke petinggi Tni kita agar dibagi rata di setiap kogabwilhan minimal 1 skuadron,biar banyak cadangannya n ga kuatir keabisan ciluuk baa…yiiihhaaa
        Salam NKRI jaya..!!!

    • Kalau ingin cerita agak detail, baca comment nya dr awal sampai akhir…
      Krn Comment2 tsb jg berupa tanya-jawab. Saya perhatikan banyak pertanyaan seperti anda yg muncul setelah jawabannya dibabar di awal2 comment.

  27. Bung hadna klewang 2 masih bisa dideteks radar AB,sejauh apa efektifitas sistim stealth klewang 2? …oh yh bung hadna masih punya pr hoax pengembangan roket kartika 2 dan misteri u206,plus kasel sonotan yg jadi rumpon di selatan ntt….hehe,ditunggu hoax seri berikutnya bung..

    • Bung Argaksa, terbaca oleh radar AB II tapi tdk terdeteksi bahwa itu kapal perang… dengan rcs kecil, bisa dianggap sebagai kapal biasa oleh radar kapal perang, sama dengan sistem stealth pespur….hehehe

      • Bung Hadna setelah kejadian ini bagaimana tot rudal kapal dan tot alutsista lainnya dari negeri 3 kerajaan kpd kita, berhenti atau berlanjut?

      • klo begitu mantap bung hadna,ternyata kemajuan inhan kita tlah begitu pesatnya,benar2 diluar dugaan ,kita tlah menguasai rudal,pernika…..dan mungkin teknologi canggih lainnya..

    • Klo kata buku “The illustrated World Guide to Submarines” jaman orba kita beli 5 KS type U206A “some of early 206a are still operative elsewhere in the world, five being purchase by Indonesia in 1998″ . rumornya ada yang bilang karena krismon dibatalin, tapi klo inget2 komennya ndan PS dulu, nih barang operasinya di selat malaka <—— maaf ndan PS saya ga bermaksud bikin kegigit lidah lagi he3

  28. Bung hadna
    Kalo tni sudah mampu dan meneangani makhluk lelembut yang datang dari luar , apakah tni sudah mampu mengendus dan mendata ular2 dalam negeri? Ular kadang nemplok dalam pemerintahan. Atau bisa jadi si ular menjdi penasehat ataupun staf ahli di pemerintahan.

    • BUKAN FAN BOY on

      nah ini yang sulit bung , hehheehe butuh belajar … moga tak lama .
      sepertinya jawabannya ya harus kita bersatu bung , Nyatanya sudah banyak kan LSM yang tidak berani berkoar-koar lantang seperti dulu di era 1997-2003 , karena mereka sudah tahu
      rakyat RI tidak mudah terpengaruh dan terpancing isu provokasi murahan ataupun adu domba asing via LSM

      sepertinya kejadian huru hara yang lalu sudah membuat bangsa dan rakyat itu berpikir jernih

      Mahal artinya adu domba , bahkan membenci TNI / militer …
      bahkan LSM dulu sudah berhasil membuat kita membenci apa yang namanya institusi TNI / militer di era 1997-2003,

      CMIIW
      Salam Patga

      • bung bfb, bisa juga yang nalangin dana demonya dah nempel di pemerintahaan, ayo coba ingat2 lagi genk mereka sering mondar mandir di tv nasional……hoax heeee

  29. Bung Hadna….dari enam artikel hoaxxx ini berikan nuansa tersendiri: bangga…takjub…luar biasa nasionalisme yg bergelora…
    Ada catatan iseng yg kudapat benang merahnya:
    A. Doktrim pre-emptive strike berlaku total
    B. Dgn contoh armada 3 kerajaan dan armada 7 pamanda sam di artikel ini maka bisa diartikan kemampuan armada pura2Singa dan armada ozzie jelas berada di grade bawah….sejatinya adl hal mudah diatasi oleh TNI-AL.
    C. Kogabwilhan berlaku dan penguasaan teknologi tinggi bidang militer telah dikuasai oleh NKRI dgn kerjasama dari sahabat eropa / asia lainnya.
    D. Bung Hadna masih menyimpan misteri yg belum terpublikasi bhw yg matra darat pun memiliki hoaxxx jua krn yg namanya antek2 dan kompradornya termasuk ular2nya kan banya berkeliaran…..smg Bung Hadna berkenan membuat hoaxx khusus matra darat .

    Maturnuwun ya Bung
    Salam NKRI!!!

  30. Maaf bung hadna apakah Klewang ll ada yang versi pernika tidak, mungkin bisa bermanfaat utk fungsi penyusupan di tengah laut karena secara Rcs kapal tsb sangat kecil jd dianggap spt kapal kecil biasa.

    • Klewang versi Pernika sedang dirancang sistemnya Bung Sindoro…. akan mendampingi KCR dengan versi yg sama….. hehehe

  31. Edisi Hoax selalu dari 2 Matra Saja! TNI AU dan TNI AL, Sudah sangat Pantas kalau Next Panglima TNI dari matra Udara….
    Menghadapi aset tempur dari negeri 3 kerjaan + Uncle Sam yg canggih (budget besar) adalah: AIN”T NO WALK IN THE PARK!

  32. Jenggot Bonar on

    tiada kata kata yg mluncur dari rongga tenggororanku, selain mendoakanmu @ hadna, semoga kesehatan di limpahkan kepada anda dan kluarga, amiin. Jangan pernah bosen untuk menggugah patriotisme tunas tunas bangsa ini.

  33. Hoax pagi.. sambil serudup kopi .. :)

    Keunggulan indonesia yg Amerika ama Russia gk punya
    Rudal Supersonic Yakhont SS-N-26 jarak tembak 300km+ dah jd inventory TNI-AL baca aja mjlh koleksi Angkasa Edisi Kapal Perang RI (no.61 Sept 2009 hal 44-45) klo d isu sensitif msh byk lg ini bs jd pembanding terkadang sering krn keadaan serba terbatas TNI tdk prnh mengeluh tetap SETIA BERTUGAS bhkn sering membangkitkan Kreatifitas (apalg klo dimodali pst bs lbh dahsyat) ini isu sensitif tp sebagian sdh lawas who knows? tgt bgmn kita menyikapinya Bro

    Sbg pembanding jd ingat dlu waktu Rapat dgn Delegasi Russia baik di Dephan maupun dgn LAPAN di Medan ttg joint commission on Biak Rocket/Satellite Launchers (termasuk pinjaman LUNAK I Milyar US Dollar berikut list daftar belanja/kebutuhan TNI) dsitu ktemu ma Mantan Dubes Russia yg sgt fasih bhs Indonesia secara beliau sdh sejak thn 1960 ada di Jkt mulai dri staf kedubes, beliau crt terheran2 masa PT76 yg disono Russia dah di scrap tp di RI mlhn bs ngebut & nembak lbh jauh?krn mesin diesel dah di ganti Repowering dg yg lbh dahsyat (Detroit Diesel) plus senjata fire power yg aslinya 76mm diganti jd 105mm (buatan Inggris L79)

    Asal tau aja SU27SK(M) = Mordernisir & SU30 MKII (Mark II dg peningkatan II = peningkatan progressif lbh lanjut) adlh sm dg punya AU Russkiye standart pabrik KNAAPO lbh bagus dri yg versi export (India- China dll dri pabrik IRKUTS) pdhl mrk beli lbh byk dri kita tp HANYA kpd RI Russia tdk keberatan standar AU nya disamakan (byk kelebihan yg tdk dipublish krn RAHASIA salah satunya bs menjejajak 10 target secara simultan & menembak tepat 5 sasaran sekaligus dri jrk tembak 500km dgn BVR bayangkan ditaruh di Kupang semua pswt Aussie bs hancur dilandasan/first see first shoot first kill) contoh lain adlh KRI IRIAN (Battle Cruiser yg pakai cm RI & Russia) gt Bro

    Dan msh byk kreatifitas lainya lg spt roket LAPAN RX 420 versi militer adlh R(K)X 420 yg dh punya sistem kendali berikut sofwares kerjasama LAPAN-LEN LIPI (ngoprek C 802 RRC ats persetujuan pemerintah ybs) bhkn dimodified jd lbh sangar jarak tembak lbh jauh dri 150-300km ke 500km dg cr mensiasati MLTCR (Missiles Launched Technology Control Regime yg sgt dikontrol ketat PBB/USA? tdk boleh lbh dri max 500km lmyn lah klo ditaruh di Batam n Kupang bs kena deh siapa tuh? au ah gelap)

    Tambahan info bung sebenarnya riset Roket RI tlh ada jauh sblmnya thn 1960 sesuai Inpres (Presiden RI Soekarno wkt itu) kita coba buat roket sndiri secara mandiri dgn membongkar roket ilmiah Kappa buatan jepang n Rudal Jarak jauh permukaan-udara milik AURI SA 6 Goa buatan Uni Soviet dg proyek PRIMA (Program Roket Ilmiah Militer Awal) gabungan sipil-militer (terdiri dri AURI, TNI- AD, LAPAN, ITB, UGM, UI) sdh berhasil membuat Rudal KARTIKA (Bintang) pd thn 1963 (3thn sejak dicanangkan trsmasuk hebat/proyek ngebut) Sempat dimatai2 oleh seorang Dosen Tamu UGM dri Australi krn wktu itu tes penerbangannya di Pamungpeuk n Parangtritis DIY selalu mengarah keselatan (Laut or mgkn jga dicurigai mengarah Australia n mereka sgt heboh di Mass Media pd wktu itu). Seandainya saja harapan kt jd kenyataan punya Presiden yg CONCERN….hm pst lbh BANGGA JADI ORG INDONESIA BRO!!!

    Sekarang ini (ini bocoran valid) CN 235 versi Militer TORPEDO nya adlh 100% buatan PT DI lisensi dri SIEMEN AG German (satu paket wktu beli KS U 209 CAKRA-NALA dulu).

    Sedangkan utk ROKET Kendali/Rudal memang kita sdh buat kembaran RX 420 tp utk aplikasi Militer penamaanya jd R (+K=Kendali) X jd RKX 420 (khususnya dibuat utk TNI-AL yg minta jarak tembak 500 Km msh dlm batas yg diperbolehkan internasional MLTCR/Missile Launched Technological Control Regimes/pembatasan pembuatan misil yg dimonitor PBB/AS?)

    Benar sebagian software dll serta alat kendali buatan RI 100% (PT. LEN LIPI) mencontoh dri SILKWORM C 802 buatan CHINA (dg seizin RESMI pemrintah RRC) cuma lbh hebat lg (sdh dimodifikasi/disempurnakan oleh AHLI2 RI) krn ukuran & bahan bakar roket padat (buatan LAPAN kerjasama dg PT DI & DAHANA) sdh diperbesar ukurannya (jarak tempuh meningkat tajam dri C 802 yg cuma 150 KM jd 500 Km klo ditaruh di Kupang kena tuh Darwin Australi) keuntungan kt tdk beli dri luar negeri adlh musuh2 tdk tau kt punya/produksi sebrapa byk he3x beda klo beli psti diumumkan sejumlah brp..yahhh ketahuan deh..THX BRO

    Mnrt beliau (mantan Dubes Russia) sbnrnya KS Whiskey RI bukan cm 12 tp 24 krn setiap Nama Cakra dll ada doublenya Cakra 1 & 2 cm yg squadron bayangan tsb crewnya dri Russia slh satunya adlh Beliau yg setiap dtg ke RI slu sempatkan diri ke SBY lht MONKASEL (krn nostalgia+terharu) beliau yg skrg jd penasehat presiden Russia yg usahakan bantu perkuatan kembali senjata TNI krn turut PRIHATIN. Hal ini diperkuat dg pernyataan rekan dri Dep Keu (kntor Tante Sri) Direktorat Inventaris & perbendaharaan Negara bhw mnrt yg dia tau memang stlh itu dihibahkan ke RI & setiap tahun slu diperiksa (nongol kepermukaan dihitung ulang) krn menyangkut penggunaan anggaran APBN (biaya perawatan dll) ktnya jumlahnya 24 bukan 2 spt yg digembargemborkan (gmn neh?tau ah) diperiksa dipusat PANGKALAN RAHASIA KS RI disebuah pulau dkt (…edit saran Bro Kimi, sorry all Bro Mod tolg dibantu…Thx a lot Bro) yg klo dilihat dri ats hanya spt pulau kosong & Tandus tdk berpenghuni secara pintu masuknya dri bawah laut n pangkalan dibawah gunung dipulau tsb persis ky film2 Bond 007 itu kt temenku yg pernah dibawa kesana utk kontrol jumlah

    Ada lg yg lain wktu kita bli SUKHOI SU 27/30 harusnya tiap pswt punya 1 AUXILIARY POWER UNIT (APU) utk menstater/mencharge sblm take off tp krn kita gak punya duit (anggaran kurang) cm bs bli 1 utk 10 pswt tsb jd secara teori (dri Russia) klo terbang bersamaan gak bs krn hrs pakai bergantian tiap 15 menitan tp untungnya stlh dipelajari sm teknisi DISLITBANG TNI AU ternyata bs dipelajari stlh itu di PARAREL (modifikasi brialian pertama kali di DUNIA) insinyur Russia sampi heran tergeleng kepala akhirnya skrg 1 APU bs utk 10 SU27/30 semuanya bs terbang/siap secara serentak bersamaan Bro Alhamdulillah.HRA. Irit plus hebat jd 1 squadron hanya dg 1 APU bs READY

    Ada lg RI punya alat Simulasi Tempur pswt F16 cm ada 2 unit tp berkat bantuan anak2 ITS-ITB-GAMA+Dislitbang TNI AU kita bs buat berapa unit lg (maaf jmlh psti RAHASIA) bhkn lbh canggih jd bs buat latihan di darat lbh hebat lg kita share dg SINGAPORE krn mrk yg modalin kita buat alt tsb nah mrk boleh pakai gratis di Yogya pdhl mrk minta diekspor ke sana cm krn alasan IPR (Haki/Hak Kekayaan Intelektual) kita gak mau takut ma Amrik kli jd ya..dia bs paki bareng2 sepanjang lg off or gak dipakai ma anak AAU gt Bro

    Ada lgi anak2 Alumni ITS-ITB join Dislibang TNI AU dah buat modul MIXER-INTEGRATED RADAR 3D Display KOHANUDNAS, sipil-militer jd stiap bandara diseluruh RI pararel online dg radar KOHANUDNAS hasil pantauan dirubah jd terintegrasi (hebat neh anak2 masa beberapa RADAR Thompson Perancis, Russia, USA & Italy digabung jd satu display besar online di KOHANUDNAS) makanya kita SELALU TAHU ADA pstw asing yg iseng2 cb melanggar mrk bingung ini BREAKTHROUGH! jgn MINDER lg BRO diam2 kita mang HEBAT koq!

    Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN) dri dulu sejak thn 1995 dh bs buat mesin SENTRIFUGALnya/sbg Alat pengkaya Uranium (sbg bahan bom ATOM) yg lbh hebat dri punya IRAN (yg dihebohkan dunia itu) n Vietnam belajar sm Indonesia asal tau aja seluruh wilayah KALSEL n KALTIM, plus KUPANG/NTT n Sebagian PAPUA BARAT mengandung URANIUM kadar Tinggi didunia cm mnrt Prof Habibie blm ditambang buat aset simpanan biar nanti jd modal anak cucu.

    Ahli2 kita putar otak utk mandiri yg hasilnya spt yg diceritakan diatas cm sayangnya blm dpt dukungan penuh dri Bosnya Kakak Iwan sedih gak kaya ALM. Mbah Surip I LOVE YOU FULL (RESEARCH INDONESIA) !!!

    Benar kata Bro yg bilang bhw RI adlh anak manis yg ikut ZOPFAN Trus gmn ttg BOM ATOM/NUKLIR…???? tp..kenyataannya gmn ya…klo soal teknologi seh qt dh mampu n alat juga dah bs bikin sendiri (pemutar sentrifugal buatan BATAN) cm bhn2nya belum di tambang (ada di bbrp wilayah RI lht Thread diatas sblmnya) secara TNI juga ada DIVISI NUBIKA (Nuklir Biologi & Kimia) Bro!Dan RI punya byk POTENSI tersembunyi alias PABRIK2Nya dh READY macam: PUSLITBANG DEPKES LAB BSL3, Lembaga Eijkman & Pasteur serta Petrokimia Gresik utk yg KIMIA & BIOLOGInya sedangkan yg Atom & Nuklir wilayah BATAN!

    Ini baru masalah yg bakalan jd muatannya alias PAYLOAD selain SATELIT MATA2 LIPI-LAPAN-DEPHAN (bs jd hulu ledak klo mau seh) trus alat angkutnya ya yg BAKALAN jd model ICBM NASIONAL RI alias pilot project yg saat ini sdg berjalan RPS (Roket Pendorong Satelit bs terbang smpi 3000km?!)

    Cb dikaji neh, dengar2 seh Tetangga juga ada yg OBSESI pnya yg ginian cm mrk msh kalah ma kita alias teknologi blm punya secara kita dah sejak thn 1960 (BATAN) riset secara intensif & progresif (di Lab PUSPIPTEK SERPONG & PLTN Riset Yogya), tetangga kita itu trmsuk BEST FRIEND (cm gak ke EXPOSED secara dia sering bantu2 kita DIAM2 or SILENT OPERATION) mrk berusaha dapetin dri Ukraina or Israel (tebak sdnri aja dh negara mn msh ASEAN juga koq) KEADAAN yg terexposed ke publik mang lbh baik spt skrg begini2 aja dh kan dh ditulis TOPICnya bilg 100% HOAXES (biar qt tenang gak diributin dioprek ma neg lain) cm skli lgi tolg dibaca yg TERSIRAT itu aja Bro!!!

    Klo soal KS KILO, HOAXnya malahan dia lg sandar di St. Petersburg (dl. Leningrad) sdh dg PENAMAAN or NOMENCLATURES Indo spt NAGABANDA & TRISULA wuihh..serem amat ya namanya (Oops sorry Bro MoD) or atau malahan lg nongkrong dia dlm perut bumi or nyelam dlm2 secara sifatnya yg RAHASIA lg mondar-mandir PATROLI di wil strategis Samudera RI Bro, siapatau!

    • Mantap Bung bocorannya,
      Makanya jadi anak bangsa jangan pesimistis
      kita harus selalu optimis bahwa negara kita kuat.
      bersama rakyat tni kuat.
      Terbukti kita sebagai warga merasa aman-aman saja
      ga ada ancaman dr luar
      Salam hangat bung2 semua

    • Waw Bung YH….makasih loh atas tambahan infonya….. Yg jelas rekan2 semua, bahwa selama ini memang pengembangan teknologi selalu “low profile”…. Kita mendapat “hantaman keras” pada era 1998 dimana terjadi era reformasi… Pengembangan teknologi drop dan nyaris berhenti, tapi sudah dimulai kembali kira2 10-12 tahun yang lalu….. hehehe

      • bung Hadna … membantu reminder saja bung, di postingan atas ada yang meminta hoax versi angkatan darat nya bung ,,,

          • bung hadna mau tanya emng bner ya di matara udara pnya J-10B, soalnya di wrung sblh pernah dibhs. trmks

          • trims bung Hadna …. oh ya ada lagi pertanyaan bung, di crita bung Hadna ada rudal penjaga pantai dengan jarak 600 km, buatan lokal, di crita bung YH ada rudal modifikasi C802 RRC dengan jarak 500 km …. dan terakhir bung Hadna, ingat2 dulu baca di warung sebelah info dari bung Narayana, ada ICBM rasa lokal … tp jaraknya lebih dari 3000 km seperti di crita bung YH …
            wah … wah mumet bung kalo digabungin clue nya …
            butuh pencerahan lagi dari bung Hadna

      • Bung Hadna, kita ikut berperan gak dg tehnologi peluncuran rudal jelajah Kalibr dr Buyan Class di Suriah kemarin? notabene, lorvet ini cuma panjangnya 62 m. tp bisa angkut rudal jelajah,,,ini bikin heboh barat, Saya jadi inget kita bisa sukses instal Yakhont di KRI OWA. Semuanya hasil oprekan TNI AL sendiri, karena pas Rusia bantuin malah gagal.

        • Bung Burhanuddin, kita tdk berperan dalam Rudal Kalibr, justru kita yang meminta teknologi rudal tersebut….hehehe

          • Bung Hadna, bisa disimpulkan bahwa kita telah menguasai teknologi rudal berbagai jenis (antikapal, AAM, ASM, S to S)?

        • copas yg penting nggk diakui punya sendiri Bung, hhee…ndak apa2…apalgi klo informasinya hoax banget, hhee…malah bikin bangga, apalgi postingnya tahun 2009, wih udah 7 tahun yg lalu aja ngeri banget itu…

  34. wirosableng007 on

    Bung Hadna, kejadian2 percobaan menerobos masuk wilayah indonesia apa juga sering dilakukan armada negeri tiga kerajaan dan armada uwak sam misalnye ke vietnam, kamboja, philipine malaysia thailand dll ? kok kayaknya indonesia sekarang sering banget di test ” kesaktiannya” oleh pihak luar negeri hehehhe

  35. Membaca ulasan Bung YH sy jadi ingat Pak ‘S’ yg pernah bilang, “Seandainya kt berperang dgn USA skrng, tidak sampai seminggu USA akan habis dilumat oleh kekuatan kt.” Kata2 beliau ini bagai dongeng atau mimpi di siang bolong. Bayangkan, negara adidaya sebesar USA bs dilumat oleh kekuatan kita tidak sampai seminggu. Tapi apa mungkin beliau ini ngigau mengingat beliau ini seorang MAYOR JENDERAL YG MASIH AKTIF yg bertugas di kota B. Dan beliau saat ini punya tugas yg sangat strategis di kesatuannya.

    • Kalau lawannya dari luar, kita tdk akan takluk dengan segala kekuatan mereka, dan kita akan habisi mereka sebelum mimpi akhir malam berakhir…. tetapi kita kalah dan kerepotan dengan rongrongan musuh dari dalam negeri kita sendiri,. (musuh dalam selimut)…

      • Benar bung. Sebenarnya itulah musuh terbesar kt, rongrongan dari dalam negeri sendiri. Ironisnya, mereka yg telah menggerogoti negeri ini telah beranak pinak. Sehingga untuk membasmi mereka secara tuntas bagaika angan2 belaka. Jiwa2 patriotlah yg bisa (walaupun hanya sekedar) menahan gerak gerik tingkah polah dan laju pertumbuhan mereka. Sehingga negeri ini terlindungi tidak semakin keropos, kemudian setelah itu negeri ini bisa diperbaiki lagi (walaupun secara perlahan) dari dalam.

  36. Bung Hadna, kapal dan pesawat US itu kalau kena jammer barat juga apa mempan? ataukah harus gabungan dgn jammer dari Timur dan buatan kita sendiri? biar mempan, sepertinya mereka US juga sdh siap dgn kondsi jamming sampai menebak bhwa itu jammer dari Timur yg pernah dipakai buat ngerjain mreka juga

    • Bung Lanudpespur, kan saya “bercerita” dengan dasar berita bahwa USS Donald Cook pernah dijamming oleh pespur Su-24 Fencer… Berdasarkan cerita ini, sang Komandan AB II sudah tahu kalau di jamming oleh buatan Blok Timur, yang tidak diantisipasi adalah ada ECM khusus ditambahkan di jammer blok Timur ini……hehehehe… hoax lho bung….

      • ada modifikasi ya Bung..kalau terusan2 gesekan dgn model yg sama ntar lama2 ketebak dong Bung. dari kita sendiri ada tidak Tim khusus yg meracik armada dan alat apa saja yang dibutuhkan untuk mengdapi jenis ancaman A, ancaman B, dan lain-lain?
        ibarat sutradara dan penulis naskah kali ya Bung!

  37. theyownitall on

    tekanan dan gangguan semacam ini kedepan akan semakin masif, seiring makin teguhnya kebijakan pemerintah terhadap kepentingan asing seperti freeport, imigran, ikan, fir dan hankam.

    • Semoga Indonesia dapat melewatinya dengan gaya sendiri… gaya nusantara yang penuh dengan kesantunan… dan sekarang ini dunia terperangah melihat kebangkitan Indonesia,.. CN234, PT. Pindad, PT.DI, PT. Len, Pedang Khatulistiwa… kejayaan NKRI semakin nyata..

    • Benar Bung Theyownitail…. Gangguan keamanan baik dalam maupun “luar” akan terus terjadi, maka dari itu perkuat persatuan dan kesatuan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945…

  38. Maaf bung sekalian, numpang tanya. kan ceritanya TNI dan bikin antidote buat AEGIS paman tuh. padahal kalo mau bikin antidote kan biasanya, barang aslinya di oprek, terus diteliti buat dibikin penangkalnya. Nah, kalo bole tau sedikit clue, darimana kita bisa oprek dalaman AEGIS ya? :-) ato jangan2 kita punya banyak James Bond yang bisa bajak info AEGIS dari dalam? :-) :-) :-) trims untuk tanggapannya…

    • Bung Bocahkucing, untuk AEGIS kita “berguru” kepada Rusia soal ini… Data2 mereka tentang AEGIS cukup lengkap kok….ditambah penelitian Indonesia di radar LPI…..hehehe

  39. bung Hadna sibuk nyusun cerita baru ya heheh…. oh ya ada lagi pertanyaan bung, di crita bung Hadna ada rudal penjaga pantai dengan jarak 600 km, buatan lokal, di crita bung YH ada rudal modifikasi C802 RRC dengan jarak 500 km …. dan terakhir bung Hadna, ingat2 dulu baca di warung sebelah info dari bung Narayana, ada ICBM rasa lokal … tp jaraknya lebih dari 3000 km seperti di crita bung YH …
    wah … wah mumet bung kalo digabungin clue nya …
    butuh pencerahan lagi dari bung Hadna

  40. SALAM BUNG HADNA DR CERITA INI SY BS MNELAAH BAHWASANYA INDONESIA DLM TARGET AKSI2 YG SEDANG DMAINKAN PIHAK LAWAN UNTUK DI PRETELI…
    CHINA USA ANCAMAN SERIUS BANGSA INDONESIA…
    MKA DR ITU BILA INGIN DAMAI MKA BERSIAPLAH UNTUK BERPERANG….
    PROXY WAR DAN HYBRID WAR ADLAH CRA LICIK MUSUH MEMAINKAN PERAN KPD BANGSA INDONESIA.
    CRA MELAWAN MUSUH DR DLM YAITU PERKUAT KONTRA INTELIJEN SPERTI JAMAN ORBA DAN MEDIA2 PROFOKATIF DI TERTIBKAN KRN BAX AGEN2 ASING YG SDH MENYELINAP DI DLAM MEDIA TERSEBUT UNTUK MENCUCI OTAK MASYRAKAT INDONESIA.
    SEJATIX MUSUH MUDAH DI PATAHKAN BILA DR LUAR TP MUSUH DR DLM SANGAT SULIT DI LENYAPKAN KRN MUSUH TERSEBUT SDH JDI MUTAN DMN MANUSIAX SM SPERTI INDONESIA DRI BNTUK FISIK
    INGAT ABAD INI ADLAH ABAD GERBANG AWAL PERANG AKHIR ZAMAN SMAKIN MENDEKATI….. MKA DR ITU PERKUAT ALUTSISTA2 TERCANGGIH BUATAN LOKAL ….
    CKUP SUDAH BUAT KITA DKHIANATI USA DAN KROCO2X ….. DI FORUM INI TDK MENUTUP KEMUNGKINAN AGEN2 ASING SLLU MENGAMATI BLOG PG TERUTAMA NEGARA TETANGGA. SY CUMA HERAN KNP PENDUDUK KTRUNAN CHINA SMAKIN BANYAK DI INDONESIA APKAH INI BGIAN DRI OPERASI SENYAP AGEN PLAN.. UNTUK ITU KITA TETAP WASPADA DAN WASPADA WHAI BANGSA NUSANTARA MUSUH SDH DI DEPAN MATA

    • Bung, sepertinya perlu ada tempat yang digunakan untuk sharing informasi kalau memang perang non-konvensional mulai menyerang, informasi itu tidak harus terang benderang, paling tidak ada perkiraanyaa, supaya kita bisa waspada selalu,

  41. cut nyak dhien on

    bung hadna, bagaimana situasi kondisi laut natuna sekarang, yang makin rame dengan rombongan lenong quen elizabeth dkk?

Leave A Reply