TELENOVELA CINTA DUA DUNIA ( Catatan Seorang Chef part 54)

86

KETIKA YANG TERBAYANG BUKAN LAGI MOBIL, DISAAT MENDENGAR NAMA MITSUBISHI..!

dedenew269

Apa kabar dunia otomotif Indonesia..? Maksud saya adalah kondisi penjualan otomotif saat ini..! Hehehe..! Jeblok..!

Setidaknya itulah keluhan yang hampir setiap hari saya dengar dari teman-teman yang bekerja sebagai marketing and sales di perusahaan-perusahaan otomotif..! Konon, saat ini angka penjualan unit mobil dari jenis apapun sedang seret..!

Tentu saja tulisan saya kali ini tidak untuk membahas tentang seretnya angka penjualan otomotif di Indonesia, melainkan ya itu tadi, soal kemungkinan kehadiran Mitsubishi di Indonesia yang tidak lagi dalam bentuk unit otomotif..! Lha kok, emangnya dalam bentuk apaan..?
Berikut kisahnya…!

Bagi Jepang, saat ini hanya ada dua negara di dunia yang dianggap paling layak untuk dijadikan tujuan investasi sektor perbankan yang dimilikinya. Kedua negara tersebut, adalah Indonesia dan Amerika..! Jika saya menyebut nama Indonesia pada urutan pertama, sumpah deh, itu bukan semata-mata karena saya orang Indonesia..! Ini asli pendapat dan pertimbangan mereka. Ya, Jepang sangat tertarik untuk lebih mengepakan sayap industri perbankannya ke Indonesia. Musababnya tentu saja karena adanya peluang besar di sebalik rencana pemindahan atau migrasi unit-unit industri mereka secara besar-besaran ke negara kita..! Sektor perbankan jelas akan memegang peranan yang amat penting. Pada tahap awal, migrasi sektor perbankan Jepang akan dirintis oleh konglomerasi raksasa mereka, yakni Mitsubishi Group. Tidak tanggung-tanggung, Jepang telah menyiapkan berbagai strategi untuk memuluskan niatnya. Kini para eksekutif bank tersebut sedang giat melobi para pemilik saham asing, diantaranya Temasek Group dari Singapore yang dikenal sebagai penguasa bank Danamon, atau Khazanah Group dari Malaysia sebagai pemilik saham Maybank Indonesia dan CIMB Niaga. Sudah cukup sampai disitu..? Hehehe..! Tidak..! Mereka juga sedang gencar melobi para pemilik bank di Indonesia, mulai dari pemilik bank besar, hingga ke pemilik bank sekelas bank perkreditan rakyat. Bahkan usaha ini pun tidak cukup sampai disitu. Jepang konon mengincar perusahaan-perusahaan asuransi di Indonesia..! Asuransi dianggapnya sebagai jalan alternatif menuju penguasaan sektor perbankan di Indonesia..!

Memangnya sebanyak apa sih dana yang akan digelontorkan oleh mereka..?
Hmmmm..! Jujur ini adalah pertanyaan pertama saya ketika mendengar isu bahwa nilai transaksinya akan tercatat sebagai yang terbesar dalam sejarah perbankan di Indonesia bahkan dunia..! Konon Jepang telah menyiapkan dana taktis hingga puluhan miliar dollar, sedangkan beberapa isu lagi menyebutkan bahwa Jepang telah menyiapkan ratusan miliar dolar untuk menguasai perbankan Indonesia. Yang akan tampil sebagai bintang utama dalam babak lakon baru ini, tiada lain Mitsubishi Group, yang di Indonesia dikenali sebagai salah-satu merek otomotif terkemuka..!

Andai kelak migrasi ini nyata terwujud, akankah sahabat-sahabat saya yang hari ini mengeluh dengan anjloknya penjualan unit mobil, kemudian berpindah dan berpaling pada sektor perbankan..? Hahaha…! Wallahualam..
Andaipun ini benar, sudah tiba saatnya bagi kita untuk mempersiapkan diri mengubah paradigma yang ada. Mitsubishi itu merek mobil, tapi juga nama sebuah bank..! Jika sahabat saya hari ini bekerja sebagai marketing and sales di perusahaan Mitsubishi, dan setiap hari memakai seragam kerja lengan pendek tanpa dasi, maka bisa jadi kelak anda akan tampil lebih necis, kemeja lengan panjang, lengkap dengan dasi..! Sudahkah anda menguasai teknik pemakaian dasi yang benar dan diperlukan..? Hehehe…
Selamat belajar….!

 

citoxnew141

TELENOVELA CINTA DUA DUNIA

Cukup sudah jantung kita berdegup kencang, terpompa dengan peristiwa panas di perairan Laut China Selatan beberapa waktu lalu. Masih marah…? Hehehe..! Silahkan, itu hak setiap warga negara Indonesia. Sebuah tanda kecintaan besar anda terhadap tanah air kita..!

Tapi, mari kita lihat wajah-wajah pejabat tinggi dan atau mungkin sikap pemimpin negara kita..? Apakah anda melihat kemarahan yang besar di wajah mereka..? Meskipun benar ada, itu hanya terlihat di wajah Ibu Susi Pujiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan kita. Maklum, dalam sengketa itu, anak buah beliaulah yang turut terlibat langsung..! Bisa jadi, bu Susi juga mungkin tidak mengerti dengan cerita yang mengalir di balik layar..!

Lihatlah, apa yang terjadi pasca konflik kecil itu..?
Indonesia menggerakan alat perangnya ke wilayah Natuna. Disaat yang sama, Indonesia juga meningkatkan kekuatan di Tarakan dan Palu. Dan esok atau lusa, hampir dipastikan bahwa pak Jokowi akan membuka Merauke sebagai pangkalan militer terbesar di wilayah Timur..!

Ironisnya, kali ini tidak ada satu negarapun yang berani menginterupsi tindakan dan langkah yang ditempuh Indonesia..! Pun demikian dengan kadar hubungan antara Indonesia dan China, apakah ada penurunan atau ketegangan..! Hehehe..! Nyatanya tidak ada..! Bahkan Australia sendiri heran, karena Indonesia masih bisa tetap bersikap baik dan dingin. Tentu saja hal ini sangat berbeda dengan sikap yang selalu diambil Indonesia terhadap Australia..! Di Singapore, kejanggalan ini sedang menjadi dagelan tenar di kalangan pengamat ekonomi dan pertahanan..! Benarkah peristiwa di Laut China Selatan kemarin terjadi karena skenario dua negara..? Hehehe..
Wallahualam..?

 

NB: Tagline Merdeka Mbahmu bisa dipahami di tulisan di artikel Berikut : http://patriotgaruda.com/2015/08/16/merdeka-mbahmu/

By Patku Yayan@Indocuisine
gambar By Patsus Citox dan Patsus Dede Sherman

Share.

86 Komentar

  1. matt pellor.. on

    Penjualan mobil memang lg sepi di jakarta khusus nya. Yg tetap eksis hanya honda dan toyota yg relatif stabil pejualan nya. Merk lain pd nyungsep chevy & ford dah hengkang. Daihatsu bln oktober di ambil toyota. Mitsubishi,suzuki,nissan pun megap2 dalam penjualan nya. Ini yg ane tropong saat ini. Analisa seorang tukang panci keliling..

    • Patih Pragota on

      Bukankah Japan masih kecewa karena Indonesia lebih memilih keretacepat Cina alih-alih kereta Japan?

  2. Akhirnya yg ditunggu2 datang juga….
    Salam kenal semuanya… ane mohon izin untuk gabung dan belajar disini..

    • Udah ketinggalan ama Khazanah berhad….bos Khazanah yang urang malaysia pernah bilang masa depan mereka ada di indonesia…

  3. Bakulo Wajaro on

    Hehehehehehe… Mantap euuyy… Sehat selalu bung Yayan dan bung Mimin cs..
    Inikah salah satu hasil dari 2+2 selain datangnya para samurai air dan perlatan lenongnya diIndonesia..?..xixixiixixixixi… Tambah Mantap Ekonomi Negeriku dimasa depan… Terimakasih bung Yayan atas informasinya yg membanggakan Adios Amigos ra usah adu jotos

    • berarti latihan kmrin dgan jepan to untuk melatih awak hiu memakai samurai bawah air yg bang@BW…
      trus klu mitsubitsi bkan otomotif bsa jga layangan y bung@BW,

      • Bakulo Wajaro on

        Hehehehehe… Wis ra esmosi maneh bung Nico.. Sdh ter netralisir dgn “ping” bung Trahlor..xixiixixixixixi…spt CG china lsg balik kanan..wkwkwkwk… sehat selalu bung Nico.. Adios Amigos ra usah adu jotos

    • iyoo, ning tetep ojo leno, tetep disiap ke jotos e, amargo mbesuk mbuh enggal lawase mesti kanggo. Yen sih eling sego pero, perang karo londo (asing) karo cino (aseng) kui bakale mesti.

  4. Alhamdulillah…
    semoga Bung Yayan dan semua rekan Patga dan beserta keluarga selalu dalam keadaan sehat…. Amin…..
    Salam NKRI JAYA.

  5. Dari dulu, saya melihat Jepang adalah salah satu negara yang menghargai dengan baik apa itu hubungan antar dua negara. Mengenai TOT kendaraan bermotor yang selalu di gembar-gemborkan warga negara sekarang…saya mungkin cuma bisa bilang “beda zaman beda kebijakan”. So pahami secara utuh baru cuap2.
    IMHO

    • jepang kui lecet e amit2, kerenge angudubilah, lakune mligi lurus kaku, netepi printahe sang kaisar. yen saiki si jepang sing katon apik2e tok, sak mestine leh nyapit mburi yo luweh uakeh, wong jepang kok. Ojo age2 percoyo, ojo lengah, ojo kesusu, sak ben perjanjian najan tembung sak kecap di mat ke, dirasak ke, lek uwes dibandingke karo analisa logika.

  6. Saya suka kalimat… terakhir…”Australia pun heran karna INA masih ttp bersikap baik dan dingin… dan bahkan kejadian di LCS menjadi dagelan dikalangan pengamat disingapura….! Jujur 2 negara tsb memang menjadi lokasi biang huru hara dan propaganda mengadu domba bangsa yg besar ini, dan dua negara itu juga sebgai kepanjangan tangan kaum kapitalis dan kepentingan barat (Baca USA) yg berhayal bangsa ini di desain sesuai keinginan mereka…. mereka selalu curiga dan menganggap bangsa ini sebagai ancaman tp mereka juga sadar bahwa perekonomian dan keamanan mereka bergantung pada bangsa ini… Sehingga ketakutan jika INA dekat dgn blok Rusia dan China menjadi hantu dlm kehidupan dan mengganggu tidur nyenyak mereka……! Bangsa ini sdh mulai menyadari dan pengalaman ditusuk disaat2 terjepit…. ! Oleh bangsa2 pengecut… yg didepan menampakkan wajah bersahabat tp di belakang berhati iblis…dan ingin menguasai apa yg dimiliki dan diwariskan leluhur kita…! JAYALAH INDONESIA

  7. RI adalah tanah harapan.sebenarnya automotif,perbankan dan asuransi masih berkaitan.distribusi pembelian motor,mobil maaih memakai skema kredit dan leasing.RI adalah pasar potensial dengan populasi penduduk yg besar,tingkat konsumsi yg besar pula,pertumbuhan ekonomi positif tak heran para perusahaan asing pun ingin mengais rupiah

  8. kuli pabrik on

    Dan Ketika Goliath bergada dengan di ikuti sekolompok ayam sayur yg memasang wajah seram dengan pernak pernik FPDA dan topeng aborgin menenteng tulang amraam terbaru mereka hendak menakut-nakuti kami,,,silahkan d coba saja..kami bukan rakyat timur tengah yg lari mengungsi kemana2 karena kami terbiasa ada d mana-mana..sudah cukup debt colector yg menytroni rumah kami, Lantas yg memalak kami d lampu merah, demo yg terjadi setiap tahun, dan dagelan politik anggota dewan kami…kami tidak takut dan tak akan pernah takut…ahhh percuma saja panjang lebar bercerita banyak..nnti kalian akan tau sendiri kalau kalian telah menginvasi negara tercinta…salam NKRI

  9. Kayanya Skenario cina masuk perairan natuna Biar di natuna bisa nyimpen senjata2 mematikan, dengan alasan mempertahankan natuna dari cina….kalo gak dengan cara gitu malay, singapur teriak2 ke bos nya, parno kalo INA buat pangkalan baru.
    AMERIKA jg modus buat pangkalan d australia, katanya buat team bantu bencana alam

  10. Bank Mitsubishi dari dulu sudah punya cabang di Indonesia nama nya BTMU. Kantor Cabang di Jakarta dan Kantor Anak Cabang di Surabaya. Mungkin ada rencana relokasi UKM-UKM Jepang ke Indonesia, karena beberapa asuransi Jepang juga baru masuk ke Indonesia disamping pemain-pemain lama asuransi Jepang yang sudah lama eksis. Tujuan nya tentu untuk meningkatkan daya saing industri otomotif Jepang, karena industri Elektronik Jepang sudah mulai bertumbangan dihajar inovasi tekonologi industri Elektronik Korea/Taiwan/Tiongkok. Ditambah regulasi dari pemerintah RI untuk meningkatkan kandungan komponen lokal di industri otomotif. Dari dulu negara kita hanya jadi negara tukang jahit saja untuk industri-industri Jepang dalam bentuk assembly atau sub assembly, karena yang diproteksi sama Jepang adalah teknologi industri dasar, industri untuk merubah bahan mentah jadi raw material yang dibutuhkan sama industri-industri hilir Jepang di berbagai negara tempat mereka melakuakn investasi.

  11. Salam sejahtera bung Yayan…
    Terima kasih artikelnya…
    Sangat enak di baca, walau terkadang kernyit dahi ini sebagian tidak setuju dengan pendapat anda untuk topik tertentu… Anyway!
    Tp tidak berarti saya menolak, justru untuk menambah khazanah pengetahuan saya…
    Klo dr kacamata kuda saya… Indonesia memang super potensi untuk dijadikan lahan bisnis para investor asing… Tentu saya sangat terlambat untuk tetap memberikan saran ataupun pendapat bahwa selayaknya masyarakat Indonesia umumnya sebagai objek para produsen itu hendaknya diimbangi dg aturan² pemerintah yg melindungi konsumen dg baik!
    Semoga tetap mengangkat sektor REAL di akar rumput secara faedah dan nilai ekonomi sehingga cukup tangguh menghadapi tantangan global… Salam hormat saya kpd tuan² semuanya

  12. Sebuah operasi False Flag… Nice move bgt bener2 diluar dugaan publik. Sang Naga n Garuda tetap kembali melanjutkan program2 strategisnya.
    Blessing in Disguise, ada Jedi dibalik Sith. Smg saja kehadiran Mitsubishi dan ekornya, tetap mengutamakan keuntungan dan kepentingan kedua bangsa secara imbang..
    pengembangan ATDX bersama mngkin dapat saja dapat ditawarkan ke Indonesia.

    Berharap, insiden penculikan WNI di Filipina jg bkn sebuah manuver terselubung.

    Sabang (F16), Mentawai(Typhoon), Natuna(SU35), Tarakan(Su34), Palu(Submarine main base), Biak (Air space & Missil station), Merauke (Mig31BM), Jakarta (Rafale).

    http://yakena.com/2016/03/29/cara-mudah-memahami-memanfaatkan-bitcoin/

  13. Artikel yg slalu ditunggu.. Yg jelas indonesia skg lg naik daun.. mslah LCS qt smua tdk tau bgaimana sbenarnya kisah antara indonesia – tiongkok. Tp mungkin qt hanya bs meraba kebijakan pemenrintah memperkuat kehadiran militer d natuna sebenarnya ditujukan utk siapa…

  14. saya tidak anti asing tapi kalo perbankan/sektor keuangan dikuasai asing ini cukup membahayakan, kedaulatan ekonomi bisa terkikis. harus ada aturan pembatasan yang seimbang antara made in lokal, salah satu cara untuk mengcounter adalah dengan menguatkan sektor koperasi yang ditingkatkan status menjadi koperasi orintasi industri, dengan seperti ini maka ekonomi gotong royong semakin mumpuni. tidak ada lagi bahasa buruh minta naik gajih karena semua stakeholder berperan aktif dalam perekonomian berbasis koperasi industri.

  15. Trima kasih bung yayan atas ulasan nya yg menarik. Satu pertanyaan dari saya, indikator apa yg menyebabkan asing banYAK yang investasi di indonesia (selain SDA &SDM) padahal penurunan harga BBM di sambut dingin oleh banyak kalangan.

  16. baru nonton 13hours: the secret soldiers of benghazi, sutradara Michael bay wah jaminan keren, tapi memang keren banget ini film, action nya , cinematography nya, effect nya.. kapan ya sineas kita bikin film tentang TNI yang wow gitu, … penulis skenario sudah ada tuh: bung hadna dan bung trahlor. alutsista tni sudah” kekinian” alias ngga kalah keren dgn NATO…

  17. Saya setuju dgn komentar Dr @Guru smp. Sektor perbankan Itu fatal bkn bg sebuah negara? Klo penguasaan sektor perbankan nya bnyak d pegang oleh asing, lahh sama aja dengan bntuk penjajahan ekonomi. Mngkin Itu alasan artikelny d beri nama ‘merdeka mbahmu’ klo salah mohon maaf yah.. Syukur Syukur klo ada yg benerin.
    Dan terkait Lcs. Jujur saya pusing+bingung . klo bner ada sandiwara, buat apa harus ada Itu. Bukannya Natuna d buat agr membendung cina? Klo cina membantu memuluskan penempatan alutsista. Tys sbnerny Natuna+isi isi nya Itu buat ngehadang siapa? Klo pun emg cina membantu. Tys cina dapet apa??? Kan gak ada yg gratis??? Dan otak saya mempertanyakan foto si mbah. Duh otak saya negative nih, mhon pencerahannya

  18. nusantara,majapahit on

    yah kok kontradiksi sama edisi “ping” bung… waktu itu sepenuh hati loh ngepingnya. mana yg bener mana yg hoax. mbok ya klo hoax ya di bilang hoax, atau ini hasil analisa dan pengamatan masin2 kontributor? kayaknya patga mesti hati2 menaikkan artikel, soale artikelnya sudah tersimak oleh eksekutif militer maupun sipil. jangan sampe petinggi sipil maupun militer malah ga percaya atau membully patga. sayang loh… kan sudah punya yayasan dan link ke sipil n militer

    • Bakulo Wajaro on

      Hehehehehe… Mbok ya dibaca dulu toh bung NM…dan ga perlu merasa sesdih gitchu apalagi lebay… Apa mang niat ngetroll..Hahahaha…klo mau yg berita putih jelas dan terang benderang sbg konsumsi media yah liat tV ama koran aja lengkap kok..bahkan ada yg bawa2 jd temennya jurnalis sidney Herald morning (mr beli ikan yg katanya bisa dpt ping dari natuna)…kalo mau yg abu2 dan hoax ya liat patga.. dan judulnya aja hoax corner dan catatan chef (bukan catatn jenderal lho..).. Klo mau berita yg gelap yah anda tentunya bisa lihat di gadget anda jika sdh abis paket kuotanya..hehehehehe adios amigos rasah adu jotos

    • kubilai khan on

      Hati2 bung,
      Kontra di forum ini anda akan di bully oleh kaum ghoibiyah, disini semuanya harus saling puji dan berkata iya, walaupun dengan analisa yg kadang ngawur dari kenyataan, bahaya laten chauvisme n menganggap kita paling kuat sedunia

      • tapi kepo juga kan pengen tahu article patga… kontributor ada yg ok kok di sini contohnya idola bung kublai kahn: bung trahlor, bung yayan, bapak marsekal, bung bakul warjo juga bagus, bung hadna…

      • redrafllesia on

        @kubeli ikan..Hahaha dah tau yg kontra bin ngetrol disini kyk ente bakal kena buly terus kenapa ente msh anteng aja dimari tong. Yg ane tau disini kalo pun berbeda pendapat tapi bisa tetep saling menghargai,sopan,saling menghormati meski beda pendapat apalagi bisa memberi sumbangsih gantian nulis artikel,rasanya warga sini akan welcom sama semuanya..beda sama ente. Mending diem,nyimak kyk ane,kalo merasa gak pinter nanya,kalo ngerasa tau tukeran ilmu,ente udah gak tau tapi sok kritis,sinis bin sumir,ngotor2in aja patga,koplak ente

    • nusantara.majapahit on

      Terima kasih sahabat untuk semua komennya. Selain mungkin saya usulkan Patga untuk menyempurnakan redaksinya, saya juga menyadari ini hanya cerita semata walau sy sangat menghargai patga dan menyadari sulitnya mendapatkan info sensitif.

  19. Laskar Suriansyah on

    Yang jelas adakah pengakuan Cina akan kedaulatan ZEE natuna…tidak ada…bahkan cina blm menjawab pertanyaan menlu akan klakm mereka zee lautan natuna merupakan zona perikanan tradisional nelayan mereka…maaf bung yayan … Ini bukan telenovela…. Kecuali ada hitam putih (pengakuan resmi) dan cina menghapus garis putus2 zee natuna dari “peta ambisius” mereka… Maaf sekali lagi terlalu naif analisa anda kalau di bilang telenovela…

    • Laskar Suriansyah on

      Ane tambahkan bung…kita semua tahu di natuna itu tidak akan ada di bangun pangkalan militer yg kuat andai cina tidak mengklaim zee natuna dlm petanya…singapura dan malaysia bukan ancaman utama…emang mereka berani ngusik2 natuna dr dulu gak terdengar kecuali berani ngajak ribut terbuka…As apalagi (mereka perlu sekutu seperti indonesia)…. Karena Cina lah pangkalan militer kita di perkuat di natuna sedangkan efek samping saja buat “gertak” malaysia atau singapura kalau macam2…kenapa pemerintah dingin karena hutang pemerintah kita sama cina luarbiasa…blm lg mungkin akan keperluan hutang2 berikutnya sama mereka (cina)….cek saja selama pemerintahan jokowi berapa T kita hutang sama cina ( bahkan angin berhembus waktu kampanye yg dukung RI 1 diduga katanya dr golongan pengusaha cina daratan sangat besar) hehehe. … Kasihan negara ini…sektor keuangan akan di jajah jepang atau asing/aseng lainnya….entah antisipasi apa yg bisa di lakukan pemerintah. Akhirnya keuntungan besar dari segi finansial dan keuangan tetap mengalir deras ke negara mereka kembali… Kalau seperti itu apa yg bisa di banggakan ? Bangga karena kita hanya jadi karyawan dan babu mereka ? Bangga aliran devisa besar kembali kekantong negara mereka ? Makanya tidak heran singapura bisa bertahan dgn baik ekonominya karena investornya sdh menancapkan kukunya di bumi pertiwi…cek saja investasi singapura dari tahun 1995…dan liat cek arus keuangan berapa uang hasil keuntungan bisnis mereka yg kembali ke negaranya hahahaha… Jepang terlambat…bahkan kemungkinan akan kalah cepat sama cina atau bahkan pelan2 juga akan digerogoti oleh cina…liat saja sektor elektronik dan lain2… Salam.

      • iya bener kenapa pemerintahan sekarang berhutang banyak sekali ke China, (dapat uang komisi berapa ya orang indonesia yg terlibat dalam hutang piutung China Indonesia? gede tuh, sales motor aja untungnya gede dr pembelian kredit)…

        • plonga plongo on

          negara mana sih bung yang pembiayaanya gak ngutang? korea punya utang amerika lebih2 berjibun tuh utangnya apa mereka jadi keset negera pengutang? sudah dijelaskan sama pemerintah kenapa kita menghutang kecina besar2an itu tak lebih daripada perhiitungan bunga yang ditawarkan jauh lebih murah daripada yang ditawarkan kreditur lain macam worldbank, adb atau sejenisnya, jadi kalau kita musti sama2 perlu utang kira2 anda mau ambil bunga yang lebih besar apa yang lebih rendah? terkadang kita lebih suka menelan berita mentah2 apalagi kalau berita itu yang mengeluarkan adalah media yg notabene sering berseberangan dengan pemerintah.

          • Tetep aja, Si pengutang akan tunduk ke yang memberi utang, Minimal Si Pemberi utang akan lebih diatas angin dari si pengutang. Kira-kira duit utang itu mendadak di minta suruh balikan gimana ya… Ibarat membuat rumah tapi pondasinya tiba-tiba dihancurin… Jangankan bisa mimpi indah, untuk sekedar berteduh aja sudah g bakal nyaman….

    • Bakulo Wajaro on

      Hehehehe… Salam kenal dan sehat selalu bung LS… Memang benar tdk pernah ada pengakuan resmi cina atas batas laut ZEE natuna oleh mereka.. Sama hal nya tdk pernah ada pengakuan seluruh negara pemilik laut ZEE lcs thd klaim peta tiongkok yg dibuat cina yg secara resmi mereka gbr peta tsb dipassport negaranya.. Apa yg dilakukan oleh pemerintah indonesia dan TNI adl sgt baik dan terukur dan kartu kepentingan cina berada di saku para jenderal dan pejabat negara kita.. Beijing tdk menginginkan gesekan di perairan natuna terjadi walaupun mereka menggambarkan di peta sbg wilayahnya krn tindakan itu saat ini justru akan meningkatkan kekuatan militer TNI disana dan pastinya tindakan pengusaha mafia ikan cina dan CG cina pun tdk sejalan dgn kebijakan beijing menyulut api di halaman depan NKRI…dan jika itu sdh terlanjur terjadi maka telenovela ala nusantara pun layak diterapkan utk sekedar bisa meredam efek dari kejadian tsb, walau hrs menanggung malu dgn ditangkapnya 8 nelayan cina mereka pun tdk hrs melakukan harakiri dgn klaimnya di lcs dg tetap membawa kapal yg rusak.. Pesan sdh terkirim ke seluruh dunia dan kesan pun sdh terlihat dikawasan.. Hasilnya konflik mereda dan tdk berkepanjangan ..hehehehe… Apakah ini juga berkaitan dgn dicopotnya pejabat legislatif yg terlalu kepo dan sok tahu krn melempar informasi sensitif ke publik dan bertendensi membawa masalah ini ke ranah politik dan militer yg bisa menjadi konflik bersenjata antara 2 negara ..? Hehehehe .. Wallahualam..
      Ingat seyogyanya tdk ada negara yg bisa memaksakan kepentingan negaranya thd negara lain kecuali Negara itu kuat secara militer dan ekonomi spt cina.. Dan itu akan memaksa kepada negara lawan utk memainkan langkahnya dgn 2 hal yaitu Perang atau diplomasi yg cantik dan menguntungkan… Dan alternatif ke 2 tsb yg dimainkan kita seiring dgn kepentingan strategis indonesia di masa depan utk membendung ekspansi cina sekaligus membungkam Malassia dgn sekat yg fatal bagi mereka.. Dan alternatif ke 1 dalam bentuk perang adl pilihan terakhir yg sgt kita hindari krn apa..?hehehehehe… Perang berakibat buruk bagi pihak yg bersengketa, si pemenang jadi arang dan mengalami kerugian dan yg kalah jadi abu dgn menanggung kehancuran total… Siapa yg diuntungkan..? Hehehehehe…Kita berada dikawasan negara2 yg memandang kita adl mangsa yg empuk dan bancakan yg hrs dibagi2 merata juragan dan cacingnya pada saat kita lemah dan menjadikan kita adl ancaman pada saat kita kuat.. Apa anda bisa menjamin kita akan dibantu oleh negara2 dikawasan yg katanya sahabat jika kita hancur krn perang..? Bisa anda lihat kelakuan beberapa negara tetangga yg rekan kita di Asean yg justru berpesta pora mengambil pulau2 kita dan bahkan memproxy dgn berbagai macam tingkah polah yg menjengkelkan..? pada saat kita mengalami krisis di th 98 dan TNI kita lemah hingga thn 2006..?hehehehehe.. Kita nonblok bung.. Berdiri sendiri tanpa tuan besar sang juragan dan pelindung negara besar.. Namun kita masih bisa menjalin aliansi setara yg saling menguntungkan dgn negara2 yg memiliki kepentingan yg sama dan bisa dipercaya.. Slow bung kadang sinetron telenovela hrs kita tonton juga sbg strategi menghadapi ular yg selalu bilang serumput dgn kambing bukan…?xixixixixiixi… Jika indonesia tdk mengklaim spratly dan lcs bukan bagian dari konflik negaranya, maka natuna merp pintu besi yg menghadang cina di ujung garis klaim lcs nya.. Dan pastinya penguatan natuna menjadi pukulan berat bagi cina,singa ygpura2..dan malassia yg sebelumnya sdh mulai mewacanakan ingin mengambil natuna, mengulang sukses sipadan ligitannya, sdh terlambat total pakcik.. krn negara anda pun hrs ijin pada kami jika ingin melewati pangkalan natuna dan perairannya utk ke sabah atau serawak walau hanya utk membeli pisang xixixixixixi… Adios amigos rasah adu jotos..

  20. itu di lcs yg vs kkp dan penculikan wni by abu sayaf adalah kejadian nyata yg telah berhasil disambut “cantik” oleh pihak indonesia. bukan sebuah rencana yang terukur dan sistematis namun respon yang tanggap dan smart. semacam reflek darah pejuang. kalo plan jepang ya jelas nekolim!! kalo kita kenak ya amblas itu uud dan pancasila.

  21. Bakulo Wajaro on

    Hehehehehe… Salam sehat selalu bung @Aurim dan bung @guru smp… Terkait investasi asing di indonesia memang menjadi 2 sisi mata pisau bagi suatu negara bisa menjadi anugerah dan bisa menjadi penjajahan ekonomi spt yg anda katakan.. Saya bukan ahli ekonomi namun berdasarkan hal itu secara sederhana kita juga pasti maklum bahwa pembangunan memerlukan modal yg besar dan kepercayaan yg tinggi dari para investor dan dunia internasional. Mari kita membayangkan jika sda indonesia yg sgt besar namun tdk ada dana utk mengelolanya, apa yg terjadi..? Bagaimana pun SDA yg besar pasti akan memerlukan dana yg juga besar. Kita juga pasti ingat begitu sulitnya perekonomian negeri ini pada thn 98 dimana dollar begitu menekan nilai rupiah shg utang LN baik swasta maupun negara bisa menjadi 6x lipat nilainya (1 dollar =dari Rp. 2500 menjadi 15.000) dan utang LN hrs dibayar dgn dollar.. yg kita sebut dgn krisis 98 shg hancurnya nilai ekspor impor barang2 dari dan ke indonesia, ditambah larinya dana investasi dari indonesia shg banyak industri dalam negeri hancur dan phk terjadi besar2an.. Dan kita melihat akhirnya mantan presiden suharto pada saat itu pun hrs legowo menerima dana hutang IMF dgn bunga yg tentunya sgt besar dan mencekik keuangan bangsa ini dtambah dgn syarat2 politis yg merugikan bangsa ini..spt tdk boleh menggunakan dana itu membiayai IPTN (padahal saat itu order pesawat sdh cukup byk yg blm dikerjakan) Bukankah lebih baik kita menerima investasi..? Modal dari Investor LN (negara tdk menanggung resiko jika gagal) dan tdk ada bunga yg hrs dibayar layaknya sebuah hutang bahkan mendapatkan berbagai macam pajak dan bagi hasil atau royalti, dan terserapnya tenaga kerja lokal secara signifikan, bukankah itu menguntungkan..? Lihatlah singapura mereka bahkan tdk punya SDA namun bisa menjadi negara dgn gdp terbesar hanya mengandalkan investasi dari LN. Dari semua investasi yg masuk baik perbankan maupun non perbankan Yg terpenting adl regulasi dan peraturan yg diterapkan tdk hanya menguntungkan pengusaha atau pemodal dari LN akan tetapi juga menguntungkan bagi negara dan pekerja yg terlibat didalamnya. Mungkin spt itu bung..monggo jika ada yg mau menambahkan..
    Jika kita membahas bentrok Natuna kemarin mgkin ada baiknya anda mencermati apa yg disampaikan oleh bung trahlor diartikel sebelah baru membaca tulisan bung Yayan.. Begitu banyaknya nelayan cina beroperasi di LCS hingga mencapai batas ZEE Natuna adl pertanda bahwa mereka sdh menjarah dan menguasai perairan LCS secara total tanpa ada negara baik otoritas kelautan dan militer negara2 itu yg berani mencegahnya.. Kenapa mereka yg hanya nelayan begitu menakutkan dan begitu berani..?hehehhehe… Diyakini negara mereka dalam hal ini militer lautnya mendukung secara besar2an tindakan ini..terlihat dgn begitu pongahnya Coast Guard yg merp representative pemerintah cina ikut mengawal ratusan kapal nelayannya beroperasi di perairan LCS..dan ini disinyalir merupakan bentuk penguasaan perairan LCS sbg bentuk penguasaan secara defacto utk semua negara mengakui garis nine dash line peta tiongkok yg baru mereka keluarkan sbg daerah ops nelayan mereka mencari ikan secara tradisional.. Dan secara tersamar sbg kelanjutan dari pembangunan kepulauan spratly sbg basis pangkalan AL cina utk mendukung peta tsb.. Disamping semua itu jika hasil laut yg dikeruk dari LCS mampu mencetak trilyunan dollar bukankah itu byk membuat celah konspirasi antara pengusaha nelayan dan otoritas laut cina.? Keserakahan telah membuat merka masuk kedalam teritori ZEE natuna yg notabene pemerintah cina tahu itu adl spot yg hrs dihindari oleh mereka saat ini krn bertumpuknya semua alutsista 3 matra TNI dan intensifnya penjagaaan di kawasan tsb shg 1 kapal saja nelayan meraka yg beroperasi di malam hari pun bisa tersendus keberadaannya ( bayangkan wilayah malaysia yg dijarah 110 kapal cina setiap hari.. Dan militer mereka hanya berani memantau..?) krn secara nyata indonesia tdk bersinggungan dgn klaim spratly dan cina pun mengakui kedaulatan Natuna ada pada indonesia dan cina tahu secara politis dan militer hanya indonesia yg mampu memimpin asean menghadapi ekspansi cina di perairan ini dan itu sgt tdk menguntungkan rencana ambisi mereka secara politis dan militer di kawasan ini dan ini sgt memukul hegemoni cina dikawasan ini yg telah susah payah dibangun menjadi raksasa yg memegang gada (perlawanan otoritas sipil indonesia thd perampokan ini bisa menjadi pemicu naiknya mental dan keberanian negara2 dikawasan lcs melakukan hal yg sama thd cina).. Lihatlah vietnam yg akhirnya berani menangkap kapal logistik bahan bakar armada nelayan cina..lihatlah akhirnya malaysia berani walau hanya protes dan termenung.. Xixixiixixixi… Kita bisa melihat betapa cerdiknya para jenderal TNI kita memainkan kartu diplomasi sipil melawan sipil dalam menghadapi perampokan sipil berpengawal Coastguard cina dan sbg pesan utk memenangkan perseteruan “diplomasi di tengah laut” dan menghindari gesekan yg lbh hebat lagi pada saat itu dikirim lah pesan ” Ping” kepada armada AL cina yg berda di sekitar LCS terutama di markasnya kep. Spratly yg pastinya mereka bisa mengambil kesimpulan secara jelas bahwa yg dihadapi oleh CG cina bukan hanya 1 kapal KKP melainkan armada bawah laut yg bisa melumat seluruh CG mereka di periaran tsb..dan sbg penetralisr ketegangan di lokasi tkp maka dimunculkanlah searider sbg backing kkp dilokasi menghadapi CG cina yg bertonase lbh besar dan bersenjata kanon serta jammer.
    Jika cina memp pesan strategi politis mengerahkan sipil (nelayannya) utk secara strategis dan nyata memasuki wilayah negara lain dan merampok isi lautnya tanpa perlawanan dari masing2 negara tsb bukankah kita lebih hebat lagi dgn pesan yg lebih jelas. hehehehhe… Setelah kejadian ini maka pertanyaan dari bung trahlor siapa sebenarnya yg tergunting dan siapa yg menggunting..? Siapa yg untung dan siapa yg buntung..? Silahkan anda jawab sesuai benang merah yg mampu anda lihat…
    Jika cina adl Naga dari Utara maka kita juga memiliki Naga Bonar dari Sumatera Utara…xixiixixixixi… Sehat selalu warjag…Adios amigos ra sah adu jotos

    • utk yg ini seingatku dulu diwarung jkgr sebelah pernah baca, seharusnya bukankah tidak seperti ini, meski tidak seberapa paham dan tak mampu menjelaskan seingat saya ada solusinya yg sesuai indonesia.

      (Saya bukan ahli ekonomi namun berdasarkan hal itu secara sederhana kita juga pasti maklum bahwa pembangunan memerlukan modal yg besar dan kepercayaan yg tinggi dari para investor dan dunia internasional. Mari kita membayangkan jika sda indonesia yg sgt besar namun tdk ada dana utk mengelolanya, apa yg terjadi..? Bagaimana pun SDA yg besar pasti akan memerlukan dana yg juga besar. Kita juga pasti ingat begitu sulitnya perekonomian negeri ini pada thn 98 dimana dollar begitu menekan nilai rupiah shg utang LN baik swasta maupun negara bisa menjadi 6x lipat nilainya (1 dollar =dari Rp. 2500 menjadi 15.000) dan utang LN hrs dibayar dgn dollar).

      • Bakulo Wajaro on

        Hehehehehe.. Salam kenal dan sehat selalu bung Wijaya…jawaban dan solusinya sdh di jawab tuntas oleh bung@ satrio adi dan bung @guru smp.. Semoga menambah wawasan kita semu… Sehat selalu patriot semua… Adios amigos rasah adu jotos

  22. memang terasa sakit hati bila melihat segala sesuatu dimiliki pihak asing dan diri merasa menjadi -pembantu-dinegeri-nya sendiri..namun apa hendak mau dikata..disaat negara”lain mulai menbangun ekonomi-nya ..negeri ini masih harus berjuang untuk kebebasan-nya bahkan setelah merdeka-pun perjuangan masih saja berlanjut saat melawan pemberontakan” disegala penjuru negeri…
    …meski hati sakit..namun tiada pilihan..selain-manut-pada keadaan.segala apa yang diri miliki mungkin made in asing,elektronik-kendaraan-ataupun yang lainnya…namun diri bangga karena sedari dulu pemerintah berusaha untuk mandiri dibidang sandang-pangan-papan …karena hal tersebut merupakan kebutuhan pokok hajat hidup rakyat indonesia
    ….meski terkesan terlambat untuk membangun segala aspek kebutuhan…nyatanya pemerintah tetap berusaha untuk menyetarakan kemajuan ekonomi-nya dengan bangsa”lainnya..dan tentunya kerjasama(TOT)adalah langkah bijak dalam mengapai asa(SDM) dan..SDA-pun terpaksa harus dikorbankan..
    ..jadi jika diri merasa -tertekan hati-nya hanya karena menjadi -budak/babu-dinegeri sendiri..pastinya -derita TKI/TKW-lebih ta ternilai lagi rasa-nya….?? ? ? ?
    ….saat ini diberbagai daerah banyak cara dilakukan pemimpin setempat ..agar masyarakat belajar dan berusaha untuk mandiri…dan sedikit banyak telah menampakkan hasilnya.
    ..namun dengan segala alasan dan alibi kenyataannya masih saja lebih banyak generasi muda bangsa yang bangga dengan seragam kerjanya(karyawan/buruh dll..)dari pada ber-dikari.padahal banyak kesempatan dan tempat untuk berusaha yang ditawarkan pemerintah…contoh transmigrasi.
    ….bayangan ketakutan gagal ataupun enggan hidup didaerah pinggiran adalah penyakit akut yang sampai sekarang selalu menghantui perasaan generasi muda bangsa..pada hal tempat keramaian dulunya juga wilayah kesunyian.maka karena itulah diri ini enggan untuk berhijrah ke kota besar(surabaya dll…) …xixixiiiiiiiiii

    • cocok kalian judule pak dhe, kejajah ekonomi tenan. ming nrimo dadi jongos wae. piye meneh drajat kere pangkate pemimpin, lah sing drajat ratu lan punggowo malah pangkate mung bakul, jamae isih kwalik. diomongono diwehono conto yo ra ngerti tetepan.

  23. NKRI adalah mother of the land, awal Dan akhir dari sebuah peradaban,tuhan menganugerahi SDA yg tidak ada di belahan dunia lain .

  24. artikel yg mencerahkan dr bung Yayan,
    sepertinya kita berpacu dgn waktu, libya, yaman dan afgan dgn hiruk pikuknya tdk bisa menahan samiri terlalu lama, smua sdh tau palagan baru yg samiri tuju.
    damai & Jaya selalu Indonesia ku

  25. Bakulo Wajaro on

    Hehehehe… Salam kenal dan sehat selalu bung beny.. Jika latihannya pake KRI riegel kira2 buat apa ya bung..? Apa utk nyari kerang aja didasar laut..?xixixixiixixi… Jika kfx/ifx dgn korea hanya rancang bangun pespur namun mesin masih disuplai dari mcd bukankah kita juga bisa belajar mesin dari hokben..? Jika kereta cepat jkt-bdg samurai kalah karo shaolin..bukankah ada jkt-sby yg lbh jauh dan mempunyai potensi pasar yg lbh besar..? Yg pasti RI adl gadis molek yg diperebutkan byk negara spt bisikan bung trahlor di artikel sebelah.. Krn byknya kepentingan ekonomi dan militer di kawasan asia asific yg secara lsg atau tdk lsg berkaitan dgn negeri ini.. Jika australia msh bingung krn indonesia masih berbaik hati dan dingin thd cina krn masalah gesekan di natuna ini..berbeda dgn respon thd mereka, malon dan singporn.?maka itulah bentuk kebodohan mereka yg selalu menganggap dirinya lebih pandai dan hebat dari ras nusantara..hehehehe.. Trus siapa yg senang jika kita berperang dgn cina..? Hehehehehe…mengapa bukan ausit dan FPDA serta majikan asu nya yg menggebuk cina di lcs..?meskipun majikannya sdh mengerahkan armada pitu nya dan ausit sdh mengirimkan pesawat mata2 ke perairan tsb..Padahal jelas2 cino membangun pangkalan dipulau sengketa dan mengusir setiap aktivitas militer mereka yg mendekat.. Maaf kami bukan bangsa tolol yg bisa dijadikan korban dan ayam aduan utk kepentingan mereka.. Menang atau kalah melawan cina kita juga yg rugi.. Pastinya mereka yg untung..keh..keh..keh.. Selamat bermimpi buruk fpda..ternyata jebakan betmen mu sdh masuk dalam kalkulasi kami… Adios amigos rasah adu jotos..cukup adu nyali dan mental serta strategi dulu.. Itupun fpda gak punya kawan..xixixiixixixi… Sehat selalu patga..

    • makasih y bung@BW udh diperjelas lgi….sejak hegonomi elektronik jepan klah dipasaran itu udh membuat pukulan telak bagi mereka dan mungkin dengan lewat perbankan bsa membuat obat bgi mereka tpi harus nunggu agak lma karna kita jga g mau cma dijadikan sapi perahan lagi harus dihitung matang untung ruginy…jlan satu2 bgi mereka agar bsa dpet obat instan biar g tambah parah y hanya dengan menjual para samurai bawah airny dan mungkin jga para ninja terbangny….hehehe,maaf lho bung@BW klu salah mohon dibenerin,biasa cma newbie….salam hangat jga buat bung@BW

  26. Disauatu ketika aseng menguasai perpolitikan dan ekonomi secara masif dan berkata kepada seorang jenderal. Ini waktunya kami berkuaa mohon jaga tanah nkri inidengan kekuatan yang dimiliki siap jenderal?
    Siap laksanakan pak

  27. Negara kita memang negara potensial bagi jepang utk memasarkan produk mereka disamping terjaminnya bahan mentah dan geliatnya roda infrastruktur. Dengan penduduk 250 juta jiwa indonesia sangat membutuhkan investasi langsung utk memberikan lapangan kerja mereka dan pemasukan pajak bagi pemerintah disamping memberikan substitusi impor bagi produk jepang yg kita impor. Masuknya perusahaan keuangan jepang ke indonesia bisa memberikan nilai positif bagi ketersediaan pemberi modal bagi perusahaan2 di dalam negeri disamping memberikan persaingan positif bagi pebisnis serupa di dlm negeri yg msh kurang efisien dlm memberikan tingkat suku bunga. Dgn adanya byk lembaga keuangan akan tersedia berbagai sumber alternatif lembaga pembiayaan.

    Cina disatu sisi bisa dijadikan kawan maupun lawan dlm percaturan politik dan keamanan di asia pasifik. Kawan dlm menghadapi AS, aussie dan negara FPDA lainnya, lawan utk menggolkan rencana kita misalnya pendirian pangkalan militer dan revitalisasi natuna sbg daerah penyangga alur perdagangan di singapura dan perhubungan negara asia lainnya termasuk penyekat malaysia timur barat. Pendirian pangkalan udara di natuna dimana FIRnya masih dipunyai singapura jg sbg persiapan pengambilalihan FIR tsb.

    AS dan Aussie setelah peristiwa Timor2 masih sangat terasa di hati rakyat dan bangsa indonesia luka yg paling dlm dan ini tdk akan hilang sampai beberapa generasi selanjutnya. Kesalahan strategi politik dan keamanan kita saat itu yg terlalu condong ke barat bisa mengakibatkan ketergantungan dan berakibat fatal bila sewaktu2 mereka bisa mendikte kita spt peristiwa timor2 dan krisis keuangan pd waktu itu. Polarisasi hubungan dimana kita semakin aktif meningkatkan hubungan ke blok timur dgn rusia dan cina ke arah hubungan strategis sangat diperlukan utk menangkal serangan us dan aussie yg sering menerapkan standar ganda dimana disatu sisi mengatakan bersahabat dgn kita tetapi disisi lain mendukung gerakan separatis di indonesia karena memang mereka tidak mau melihat indonesia kuat. Disisi lain cina dan rusia menurut saya menginginkan indonesia kuat karena mereka membutuhkan negara indonesia yg kuat utk menghadapi gempuran us dan aussie dan negara2 pion mereka di asia.

  28. awesome bung yayan, salam hangat dan smoga anda beserta kluarga snantiasa dilimpahi rahmat oleh Allah Swt….
    Smoga sama dilimpahi kesehatan, umur panjang dan rejeki yg berkah agr kita trs bs berkontribusi pd negeri tercinta ini. Dalam bidang appun sesuai kmampuan kita smua selaku anak bangsa.
    Jikalau ada saudara kita kemarin msh dg kontribusinya mencaci, smoga hari ini tlh hijrah mnjd pribadi yg kritis, teliti dan menguasai diri…
    INDONESIA itu SATU yg berbeda itu suku, agama dan bahasanya. Berbeda itu bukan aib tp kelas utk belajar, brdiskusi dan menemukan solusi utk mnuju satu kesamaan persepsi dlm satu kebangsaan dan bernegara….hehe
    btw…
    Sy sll mnempatkan diri sbg penikmat sbnarnya, disetiap edisi sy brusaha menyeruputnya dg nikmat dsini hehe.
    Kesegaran dan rasa persaudaraan yg trsaji sngguh spt keutuhan sbuah keluarga yg harmoni. Dan bg sy kluarga adlh partikel dasar susunan negeri ini sbnarnya.
    Salam buat rekan patga sekalian, guyub dan rahayu….trs bermutu dan tak perlu malu kcuali anda masuk golongan BENALU !!
    Jayalah Negeriku…
    JAYALAH INDONESIA !!

    Bwt teka

  29. @bw,modal yang diperlukan pemerintah dalam pembangunan ekonomi memang besar dan sangat memerluka investasi asing, sekali lagi saya tidak alergi asing. Tapi kita tetap harus waspada jangan terbuai janji manis mereka. jepang sekarang sedang sekarat begitu juga mamarika udah sampai titik nadir..semua ini hanya menunggu waktu kehancuran mereka. oleh karena itu mereka memerlukan rumah baru untuk inang nya. mereka membuai dengan kalimat mengatakan kita gadis cantik yang diperebutkan. saya justru tidak khawatir dengan militer kita. yang saya khawatirkan adalah ekonomi kita..modus penyerangan secara ekonomi ini selalu berulang dengan cara yang sama dari jaman orde lama sampai kejatuhan pa harto. yang harus kita sepakati bersama adalah bagaimana kita membangun sistem ekonomi yang siap adu jotos(kata sampeyan). sistem keuangan dalah peran terbesar dalam perekonomian. mata uang menjadi perbandingan sudah benarkah sistim mata uang kita. sekali lagi dari jaman orde lama sampai kejatuhan pa harto. tengok cina dengan economic miracle nya..nanti saya lanjutkan, silahkan ditanggepin bung biar hidup diskusinya…

    • Bakulo Wajaro on

      Hehehehe… Salam sehat selalu bung @guru smp.. Memang benar spt yg anda katakan dan saya pun setuju investasi asing bisa menjadi penjajahan ekonomi dan menjadi eksploitasi yg merugikan bangsa jika kita tdk waspada tp yg spt saya katakan juga yg hrs kita cermati adl regulasi dan peraturan pemerintah yg menaungi kerjasama dan investasi tsb.. Contoh adl kereta cepat jkt- bdg yg dikerjakan cina jika investasi itu murni ditanggung oleh swasta cina maka resikonya juga hrs ditanggung oleh mereka bukan oleh negara.. Spt juga investasi pabrik dan industri lainnya saya berharap dapat menyerap tenaga kerja kita secara signifikan utk mememberi byk peluang kerja di indonesia dan investor tdk membawa tenaga kerja dari negara asalnya secara besar2an.. Dan utk industri pertambangan dan bahan mentah pemerintah bisa menerapkan secara ketat regulasi pembuatan smelter dan pengolahan di dalam negeri shg barang yg diekspor menjadi barang jadi atau minimal 1/2 jadi shg pajak yg diterima pemerintah pun lebih tinggi dari sekedar pajak bahan mentah. Mungkin begitu..monggo ditambahkan.. Adios amigos rasah adu jotos

      • Bakulo Wajaro on

        Hehehehe.. Dilanjut sedikit yg bung.. Jika mengenai nilai mata uang rupiah kita, memanag selama kita bergantung pada dolar maka selama itu pula kita akan sulit dari intervensi kepentingan mamarika.. Mungkin itulah yg kemudian coba dicetuskan penggunaaan mata uang masing2 negara yg pernah dihembuskan oleh rusia dan cina.. Tp jika terlalu frontal dan drastis kita bisa melihat akhir cerita dari irak dan saddam husein yg mencoba menggunakan mata uangnya dalam perdagangan minyak.. Kita hrs sedikit bersabar bung.. Krn meruntuhkan suatu hegemoni tdk semudah membalikan telapak tangan..dan pastinya kita hrs kuatkan dahulu pondasi ekonomi negara kita shg tdk mudah digoyang oleh pihak luar.. Mungkin bung theownital atau bung2 lainnya yg paham ekonomi bisa bantu mencerahkan.. Monggo bung.. Adios amigos siap adu jotos..

        • sistim mata uang yang kita gunakan sekarang adalah sistim floating market atau mata uang mengambang, sistim ini sangat riskan terjadinya kejatuhan nilai mata uang, untuk memacu perekonomian salah satu syaratnya dengan menjaga kestabilan nilai mata uang. 2 kali krisis moneter disebabkan ini. sudah saatnya kita mengumbah sistim floating market(mata uang mengambang) ini. banyak cara yg bisa kita gunakan dari pengetatan nilai mata uang atau menerapkan 2 mata uang. kalo saya lebih sependapat mnerakan 2 mata uang. mata uang untuk transaksi eks/impor dan mata uang untuk konsumsi dalam negri..cuma pendapat bung maklum cuma seorang guru salam hangat untuk anda dan keluarga…adios amigos siap adu jotos…piiiissss

  30. senang hati ini membaca babaran dari orang2 yg berwawasan luas n mengedepankan semangat persatuan untuk keutuhan NKRI. sy hanya seorang buruh yg tdk mengerti taktik n strategi dlm memahami ancaman yg akan timbul menjadi tercerahkan, tenang dlm bersikap lantaran ada org2 yg bgtu peduli dgn kondisi bangsa ini. salam hangat kpd para sesepuh bung trahlor, bung hadna, bung yayan, bung bakul wajan dll

  31. @bung bw n bung trahlor; nuwun babarannya; mencerahkan buat saya yg msh bodo. @bung guru smp: saat ini kita perlu cina dan uangnya u menetralisir effect rezim dollar melalui mekanisme b to b ; dan minimize risk u negara jika project gagal. Tentu kita perlu cerdik juga agar supaya tenaga kerja cina; beserta barang jasanya wajib kita kontrol; supaya ekonomi kita lah yg tetap mjd tuan di negrinya. Dana2 jepang juga silahkan masuk jika itu nantinya akan memperkuat otot2 ekonomi kita kedepannnya. Saya berharap sekali bila dana2 asing yg sudah masuk ternaturalisasi nantinya dibayar dlm mata uang Rupiah setidaknya separohnya. Ini bagian dari Strategi perluasan besaran wilayah ekonomi Rupiah(Indonesia) kedepannya. Rupiah berkembang maka ekonomi kita juga berkembang. Strategi yg sama (ekspansi dan occupy dgn mata uang) telah dipakai oleh usa, euro, jepang, cina dan korea sekalipun. Di group sebelah; bung artikel bung they menginspirasi byk hal ttg strategi ini. Imho. Adios Amigos sarapan sego pecel jotos makyuooss

    • Mohon jangan berpandangan sy anggota hizbut tahrir..karena sy bukan golongan dari mereka,tp yg terpenting Darimanapun asal beritanya bisa dipertanggung jawabkan..dan manfaat dr berita tersebut.

      • Lamp (gak nyambung) on

        ya semoga Anda bukan dan tidak akan jadi kaum Hizbut Tahrir, gak sunnahnya mengikuti si Tahrir, kita di perintahkan ikut Muhammad bin Abdullah Shalallahu’alaihi wassallam. HT hanya tukang mencela tapi mencla-mencle. Tak ada kebaikan pemerintah di mata mereka.

        • Hehehe …bung@lamp…Sy rasa Golongan/ras/suku/agama/mazhab dll tdk perlu dipemasalahkan biar tdk menjadi suatu PERPECAHAN,Perbedaan adalah RAHMAT…Ambil baiknya buang buruknya jangan lihat dr mana asal dan siapa yg membawa berita tsb…Nasehat seorang YAHUDI pun Rasullullah pernah menerimanya apalagi kita,Manusia yg banyak dosa…hehehe
          Bahkan kadang seekor Binatangpun bisa membawa HIKMAH klo kita mau mencernah dan merenunginya Apalagi manusia,Karena Ilmu Allah SWT bisa masuk dr arah manapun datangnya….Kritikan dialam Demokrasi ini adalah merupakan hal yg lumrah selama NiATnya untuk KEBAIKAN bangsanya dan Janganlah selalu dianggap sebagai Kebencian,..PEMIMPIN negri ini jg MANUSIA yg tdk akan pernah sempurna dlm kebijakannya..Tugas kitalah sebagai rakyat untuk mengkritisi dam mengingatkannya melalui jalur konstitusi dan hukum yg benar..IMHO

          “Barangsiapa yang datang kepadamu dengan kebenaran maka terimalah kebenaran itu darinya, meskipun ia adalah orang yang jauh dan DIBENCi, Dan barangsiapa yang datang kepadamu dengan kebatilan maka tolaklah, meskipun ia adalah orang yang dicintai dan dekat.” [Lihat: Shifah ash-Shafwah, vol. I, hal. 419; dan al-Fawā’id, hal. 148]

          Salam bung@LAMP
          Semoga Perbedaan bisa menambah rasa PERSATUAN kita untuk membangun negri ini menjadi lebih baik..Amin.

  32. iya. wajib itu karena sda yang besar membutuhkan modal besar. karena kita tidak bisa mempunyai keturunan lagi. jadi wajib di exploitasi(di jual halusnya).

    muak sama penggiringan opini publik
    yang berjuang hanya untuk hidup tapi berjuang yang mungkin harus mati, mengorbankan nyawa ngga mau.
    asli kalo ini jaman pejuang dulu. negri ini ngga pernah merdeka.

    kerjaan main catur mulu, ngga lihat di bawah kayak apa, bener2 ngga realistis hanya metafora untuk pembenaran keputusan yang serakah. udah tau hydra yang jadi musuh gitu ya bangga kepala hydra di penggal padahal kepalanya kalo di penggal esa hilang dua terbilang.
    potong buntutnya, ngga bakalan bisa nambah lagi tuh buntut sampe kehabisan darah dan mati hydranya

    • Tukang Ngitung, PhD. on

      Hydranya udah disuntik dna cicak jadi hydra mutan.

      Jadi kalo dipotong buntutnya akan tumbuh lagi.

      Xixixi

    • Pejuang Zaadul on

      strategi butuh proses untuk dapat di lihat hasilnya.semua strategi ada sisi positip n negatifnya, g mungkin dalam suatu strategi hanya berlaku satu arah. Jangan jadi orang pesimis gitu. Walaupun saat ini banyak oknum di elite politik kita yg cuma mikir perut n golongannya,semoga strategi yg di buat n di ambil lebih banyak positifnya untuk rakyat indonesia seluruhnya. Aamiin…
      ane blm begitu ngerti yg di babar oleh bung bw, guru smp, trahlor. Jangka panjangnya akan seperti apa. Tpi ane yakin selagi masih ada orang yg peduli pada NKRI dan berjiwa NKRI indonesia akan selamat dari tipu daya, walaupun jalan’a sempoyongan. Hehehe

  33. Selamat malam patgaers di seluruh indonesia saya senang akhirnya catatan bung yayan keluar lagi, kalau boleh saya sedikit ada pandangan yang cukup simple dalam membangun bangsa skr ini tidaklah cukup pemimpin yang pintar,tegas ataupun bersih tapi saya cenderung kepada seorang pemimpin yang licik/ lihai dalam artian positif karena yang kita hadapi adalah para musang, ular dan serigala berbulu domba…ingat tidak ada investor yang mau kalo cuman untung scr materi saja, di era perang proxy seperti skr segala cara pasti dikerahkan baik ekonomi, media bahkan kalo perlu jebakan jebakan yang mungkin sangat manis, disini sangatlah penting peran bin dalam mengawal republik ini agar jebakan seperti krisis 98 tidak terulang lagi. Yang kita butuhkan strategi brilian, licik nan lihai seperti halnya begawan narayana yang selalu memberikan ide yang sangat brilian bagi tiga mahadewa

  34. Pada dasarnya perbankan kita di NKRI ini memberikan suku bunga yg termasuk tertinggi di dunia dan mencekik leher putra putri ini pertiwi ini. Bandingkan dgn bunga acuan BI rate 7,25% di komersilkan dgn KUR 9%, perbankan 11-13%, BPR 15-24% dan koperasi/pembiayaan nonbank 30-60%. Dan akan masuk dana segar dari perbankan jepang yg terkenal dgn bunga murah dgn profit taking di kisaran 1-5% yg sudah terbukti dalam pembiayaan mobil mitsubishi dimana Dipo Star yg menjadi pembiayaan resminya bisa mengalahkan bunga kredit mobil BCA yg terkenal murah hanya karena Dipo Star mendapat suntikan modal murah dari perbankan jepang. Semoga persaingan bunga murah dapat lebih membantu perekonomian NKRI ini.

  35. ngga nyambung. saya buat untuk bung @BW kok tuh komen. biasanya bisa mecah omongan orang. nanti slogannya rubah lagi kalo bisa buka omongan saya di atas
    adios amigos mlengos timbang mrongos
    gkgkgk

  36. @freaxout
    yg di katakan bung BW ada benarnya bung….untuk menjadi raja di negeri sendiri kita harus menutupi kelemahan kita terlebih dahulu….masih banyak celah dalam kekuatan kita bung…baik dalam ekonomi…pertahanan atau hal lainnya.
    coba anda lihat sadam husein…muammar khadafi dan tentunya presiden pertama kita soekarno….saya rasa itu bisa menjadi contoh untuk kita.
    apakah anda akan melawan gerombolan pencuri yg menggunakan ak47 dengan sebuah parang?? tentu saja tidak bung. akan lebih baik bila kita biarkan para pencuri itu mencuri sedikit dari tanaman kita. toh sisanya masih bisa kita jual…dan saat modal kita sudah cukup untuk membeli senjata yg lebih baik dari mereka….baru kita hajaaarrr mereka

  37. Bakulo Wajaro on

    Hehehehehe.. Salam sehat selalu patga..
    @bung Satrio adi.. Mantap bung sego pecele..solusi yg dibabar bung theownital memang maknyuss.. waktu pelajaran itu ane bolos..xixiixixixi..
    @bung gunung jati..sip salah satu penerapan utang LN bernilai positif namun akan lbh baik jika byk dialokasikan kpd sektor modal yg produktif spt ukm,koperasi tani, nelayan dsb.. sbg modal usaha mikro yg bisa menggerakan perekonomian secara merata ditingkat masyarakat bawah
    @bung guru smp.. Benar bung mungkin spt yg anda beberkan akan bisa membantu mengkontrol nilai rupiah spy tdk terjun bebas pada saat krisis.. Pada th 98 hanya seorang george soros mampu memicu kehancuran rupiah dan sptnya pada saat kemrin juga beberapa pialang asing juga pernah mencoba hal itu dgn menghimbau investor utk menarik semua sahamnya tp pemerintah mampu meredamnya shg kita tdk mengalami krisis yg parah spt dinegara lain.
    @bung Freax..sehat selalu bung.. Hehehe.. Saya coba menjawabnya ya bung..ada 2 hydra dalam dan luar..maaf kalo salah xixixixixi…Hydra yg luar sulit dibuat mati walau kepala dipenggal thn 98 dan sebagian besar lari ke LN dan msh bisa tumbuh lagi..xixixiixixxi..spt bung @tn phd bilang kalo buntutnya dipotong jg masih bisa tumbuh(dna cicak)…hehehehe.. Punya rawarontek kayaknya mereka..btw spt wejangan bung trahlor bahwa jgn salahkan mereka krn nenek moyangnya..krn kita pasti tahu itu yg akan menjadi celah proxy spt halnya kerusuhan etnis dulu..dan tetap waspada agar kita tdk masuk dalam korban proxy maupun menjadi pelaku proxy itu sendiri walau kita tak menyadarinya..jgn terprovokasi dan biasakan melihat berita dari sumbernya terlebih dahulu..cermati..kunyah pelan2.. Spt pesan mama..ehh pesan bung trahlor.. Xixixiixixixi…kalo hydra yg dalam yah udah byk kali yg masuk bui..xixixixiixi…
    Kita lihat hingar bingar saat ini bukan..?krn yg menjadi tsk tdk hanya ular lokal bahkan anak naga pun ada yg jd tsk.. Jgn terlalu pesimis dan sumir dgn para pemimpin kita..(kita tdk akan punya keturunan lagi maka semua hrs dijual secara halus..)hehehehhe..baru kali ini lho setelah sekian kali kita ganti presiden, ada anak naga yg bisa masuk kpk pake baju oranye bahkan beberapa harus dicekal..
    Memang sedikit banyak aura pilpres msh terasa dan kita jg melihat begitu byk kepentingan pihak2 di dalam dan luar negeri yg bermain utk mencapai kepentingannya masing2.. namun yakinlah siapapun pemimpin kita dan apapun yg dilakukannya ada pihak2 yg akan mengendalikannya utk selalu dalam koridor kepentingan negara dan bangsa..
    Sabar bung.. byk seni mengobok2 lumpur..biar jernih air hrs terus dialiri air dan akan terlihat mana ikan dan mana ular..dan semoga tdk byk gulma yg mengganggu tanaman kita bung..spy tdk byk pula pr bung trahlor dan teman2nya..keh..keh..keh..
    Mari kita lihat ending dari hingar bingar dan lakon saat ini..biarkan para ksatria bawah tanah dan para bidak bergerak menjalankan tugasnya demi bangsa ini..
    @bung preman..sejuk dan adem dengernya..hehehhehe..
    @bung PZ, bung zkapiraka.. Saat ini byk ular akan terlihat..dan mereka yg punya byk kepentingan saat pilpres byk yg gigit jari loh..xixixiixi..
    @bung KP.. Pemimpin memang hrs cerdas dan bersih..cerdik dan licik thd para musang dan ular..? Biar para bidak bawah tanah yg menjalankannya..xixiixixixi..
    Ingat bung..jika mereka adl perampok yg ulung, sesungguhnya kitalah Raja Lanunnya..hehehhehehehe..
    @Bung Trahlor mana lanjutannya.. Katanya mari kita sambung..!!!xixixiixixi.. (Nodong style)… abu lenyap solitaire juga oke nih..byk yg bingung loh bung.. Kesian pada ga bisa tidur kyk ane…xixixixixi
    Salam sehat selalu Patga, patsus dan bung Mimin..
    Adios amigos rasah adu jotos radadi mlengos apalagi merongos…wkwkwkwkwk..

    • Pahahaha
      Jiah kok cuman se cuprit.
      Tanya ama bung @trahlor. Itu dia bilang di halaman sebelah” pokoknya panen walau seikat padi”. Urusan gulma, dan di sini banyak yang komen gulmanya.
      Nah tanya deh itu nanem 1×1 m padi dapet se iket ato nanem 1 juta hektar dapet seiket padi. Nanti jawabannya ironi sarkasme ato bukan. Dan jangan nanya dah kenapa kenapanya. Bikin hati mati kalo tau, asli mlengos timbang mrongos

    • Tak kasih satu aja
      Menurut kabar burung.
      .
      Dana menguap di Petral itu 200juta dollar perhari, 7 hari seminggu sepanjang tahun.
      Petral di tutup karena tidak setor.
      .
      Jadi kalo pertamina dulu produksinya 5x lebih besar dari petronas tapi penghasilannya 1/5 nya. Ya ngga usah tanya
      .
      Kalo beli plenki dapet berapa skadron ya kalo di kumpulin setahun

      • Bakulo Wajaro on

        Hehehehehe… That’s right bung.. Semua adl kebijakan lama orde baru yg tentunya bukan itu saja kan..? Freeport dll juga telak lho..xixixixixi… Kepala sdh dipotong tp msh terus dicoba utk ikut nimbrung pada perpanjangannya.. Kalo kita lihat ke belakang semua cape bung.. Dan tentunya sakit hati.. Btw dari itu semua kita bisa melihat dana off budget bukanlah hal yg mustahil bukan..? Mengapa bung yayan pernah menyebut kitalah sebenrnya mr. Cash itu.. Kitakah yg berhutang thd rusia atau sebaliknya..?hehehehe… Jika kita lihat Mengapa produsen alutsista eropa melihat kita begitu sexy..?apakah mereka memberi softloan juga..?hehehehe…mereka sibuk berjualan utk menghidupi industri strategisnya yg megap2..?lha wong militernya saja sempoyongan..bahkan militer belanda spt di artikel sebelah pernah dibahas utk latihan perang pun tdk memakai peluru namun hanya pake suara..?kayak bocah…hehehehehe…Mamarika..? Sami mawon apeknya…hehehehehe… Adios amigos rasah adu jotos

  38. mungkin kasus natuna tidak ada sandiwaraan, sinetron, itu kejadian yg tidak ada skenario alias nyata, saya setuju dengan komentar bung wijaya, kejadian itu berhasil disambut “cantik” oleh Indonesia…bukan sebuah rencana yang terukur dan sistematis namun respon yang tanggap dan smart.. dan tidak tertutup kemungkinan dengan adanya insiden natuna Indonesia meningkatkan kekuatan militer di kawasan tsb.. Kita berkaca pd perebutan Irian Jaya dulu, dengan tema Trikora Bpk Soekarno menugaskan Bpk Ahmad Yani melobi Rusia utk membeli seabrek alusista, dan yg menjadikan Indonesia pd waktu itu “Macan Asia” di kawasan..
    Dan sudah sepatutnya Indonesia bertindak tegas dan meningkatkan kekuatan militernya demi menjaga kedaulatan negara… Sekarang ini sudah tidak jamannya lagi “satu juta teman dan nol musuh”.. sudah capek kita di obok2 trus…

  39. Semoga alutsista tni semakin banyak dan lancar dlm hal kemandirian…
    Semoga ada yang membabar scr HOAX perkembangan terbaru alutsista thn 2016-2019…
    Terutama satrad dan klewang xixixi

  40. Kita berfikir positif aja. Dengan masuknya aliran dana yg begitu besar dari Jepang maka bisa menambah kompetisi antar perbankan di Indonesia, untuk memberikan pelayanan yg lebih baik lg dan juga bisa menurunkan tingkat suku bunga kredit. Soale bunga kredit bank di Indonesia terkenal Muahal banget. Jg bisa menjadi penyeimbang dari bani isroil yg udah duluan menikmati lewat group t***Sexxx yg bunganya mahal abis tapi tetap aja laku keras. Kenapa laku? karena analis2nya seperti koboi : yg penting cair..!!!! hehehehe.
    Namun kita jg jangan terlena begitu saja karena faktanya sektor perbankan kita jauh lebih Liberal daripada di negara2 Liberal sekalipun. Coba aja suruh bank2 BUMN kita sekedar buka cabang di Amerika, Eropa atau gak usah jauh2 : ke Singapura aja.. Hasilnya adalah Susahnya minta ampun pun pun pun… Mereka benar2 memproteksi sektor perbankan…
    Semoga Pengambil Kebijakan di Nusantara ini bisa membuat regulasi yg terbaik utk kedaulatan dan kesejahteraan rakyat NKRI.

  41. Setelah kunjungan delgasi Partai Komunis China ke Presiden, menseskab menyatakan”Masalah Insiden Natuna dianggap selesai,(case closed),..Mungkininilah telenovelanya.

    • Bakulo Wajaro on

      Hehehehe… Mungkin begitu bung Tiwul.. Lha wong sutradaranya bung trahlor..xixixixixi…memadamkan percik api yg terlanjur terjadi…Yg saya denger dari balik kelambu mereka spt nya mengatakan.. adios amigos rasah adu jotos biar mereka yg merongos..xixixixixixi…sehat selalu bung…wkwkwkwkwkwkkwk….

  42. Benar bung BW,
    Bidak selanjutnya bekerja “Menhan Ryamizard Ryacudu menyatakan RI menolak bantua AS sebesar 25 M untuk memperkuat natuna, & menhan menyatakan RI masih mampu membangun kekuatannya sendiri tampa bantuan itu” , permainan taka-tiki apalagi ini, namun sungguh sangat trrlihat sangat “amatiran sekali” permainan FPDA, sehingga sangat bisa terbqca oleh RI, dan RI memukul balik dgn strategi telenovela insiden natuna.
    Yg sangat menyedihkan adalah pola permainan FPDA dan US di kawasan pasifik, mereka seakan tidak tahu apa yg harus di perbuat, trrutama bagaimana cara menyeret RI dlm pusaran konflik LCS untuk selanjutnya dapat di manfaatkan oleh mereka.
    “Sungguh menyedihkan.”
    Salam adios amigos “ra sa ngos2an.”

Leave A Reply