Honduras Script (T. Said Part 2)

263

Honduras Script…
(TrahLor. Said Part 2)

dedenew293
Perjalanan paling membosankan ini seperti ketika saya bergeser dari daerah Kuda mati menuju Dili dulu saat dibawah NKRI. Orang Chorti yang mengemudi truk sarat dengan muatan pisangpun saya rasa sering mengantuk dengan mengerem laju scara mendadak. Kalau ini di Bandung tentu sudah ramai yang terkapar haha.
“Anda tau perkebunan besar tuan Yu ?”
”Di kaki Minas (las minas) hanya ada satu tempat dimana campesino bekerja, aku rasa tuan tak akan tersesat disana”.
Lumayan, pembuka obrolan membuat Naimegurero nama sang pengemudi ini nampak lebih besar bola matanya. Beberapa kali dia menunjuk arah jalan alternatif jika hendak mencoba jalur yang lebih menantang katanya. Saya rasa tak ada bedanya dengan Timles dulu kondisinya.
Beberapa kali kami terhenti karena berpapasan dengan wanita wanita campesino yang kelihatannya hendak pulang beristirahat, kadang rombongan ternak juga melintas dan say dengar suara aneh dari mulut sopir truk ini.
“grahasss…grassshhhh…owaaa…owaaa… !!”. Saya tak paham maknanya, tapi dari lambaian tangannya saya kira dia menghalau ternak agar menepi. Jika di kita bukankah dengan ”huss huss…!!”. Haha…

“Tolong anda tanya, dimana tuan Yu sekarang ?!”. Mata Naime berbinar ketika lembaran dollar saya sodorkan. Dia bergegas turun, gerbang besi dengan menyisakan sedikit celah diteriakinya. Satu kepala nampak nongol dan tampak percakapan mereka, gate terbuka.
Satu sosok asia, denga AK47 terkokang mendekati. Dia menjulurkan wajah dan cermati saya. Sebentar turun dan dengan HT nya nampak ia melapor. 4 menit berlalu, dan pada detik berikutnya satu wajah lagi mendekat, ajudan Yu. Seorang yang kukenal sebagai Han, senyum dinginnya tentu cukup membuat saya ingat ketika di Bangkok dulu ini orang pernah saya gebukin. Wajahnya masih jelas dengan tanda silet kenangan dari saya, khas sekali.
“Kau tak perlu repot mengantarku, aku bisa temui bosmu sendiri jika dia didalam”. Han tak menjawab, saya rasa dia gusar tapi nyalinya tentu ciut juga melihat kelebat silet yang saya jentikkan menancap pada pintu bagian kemudi. Haha… Saya rasa kejutan kecil bagi Naime dan duo asia ini. Easy going ae lah…

dedenew192

Bangunan ini mengingatkan saya pada bangunan khas peninggalan kolonial. Tapi sentuhan Spain lebih kuat. Halaman yang luas cukup memberi saya waktu mempersiapkan diri dengan berjalan kaki. Saya tolak jemputan mereka dengan santai,
Tenda yang berjejer rata-rata berisi campesino bekerja. Diujung nampak tenda luas dengan sorak ramai orang yang fokus dengan sabung ayamnya. Satu tenda lagi, ini menarik karena yang disitu nampak anggota militer bersenjata lengkap plus 3 heli, dan wajah mereka asia semua. Siapa mereka ?
Ruang tamu ini khas tiongkok, bebrapa kepala buaya dan cheetah menjadi pelengkap sedikit menutupi arsitektur asianya.
Seorang wanita indian tua merapikan koran dan menyuguhkan minum utk saya. Beberapa kali saya perhatikan bayangan dibalik pakaian pelayan itu, senjata. Ya, sebuah pistol dibaliknya.
Benar benar unik si Yu disini, sangat beda ketika dia di tv dan forum forum resmi. Haha….banyak pula rupanya generasi kepala naga. Shit !!

“Kau terlambat, aku tak bisa membiarkan beijing berfikir lama !”.
Saya menoleh, tuan Yu nampak tak suka dengan ekspresi diam saya.
“Jakarta tak boleh mengandalkanmu jika itu sangat sensitif, kau perlu gerak lebih ”. Saya raih kursi dan masih memilih mendengar omelannya.
“Kami ingin dukungan Jakarta, LCS bukan area tepat untuk dinegoisasikan sebagai lahan judi kami, anda tentu tau komitmen Beijing atas LCS”.
“Biarkan kami lewat dan kuat, Jakarta akan dapat konpensasi setimpal”.
“O ya, kalian masih bisa mengandalkan satelit maritim kami”. Kalimat itu berhenti bersama hembusan cerutu yang dihisapnya. Cerutu yang saya cium aromanya tak sebaik Kuba. Insting saya lebih pada hasil olahan gelap di Nikaragua.

“Apakah saya kesini hanya akan mendengar gerutu anda yang tak sempat saya dengar ketika di Yunani ?”.
“Aku rasa kau profesional mengartikannya…aku dan mullah tak bisa terlalu banyak mendengar satu lubang gelap….,solitaire itu, Pemerintahmu terlalu banyak keinginan yang sulit kami anggap relevan, Beijing dan Teheran tak cukup waktu mendengar omong kosong kalian”. Wajahnya mulai saya rasa seringai, dan ini cukup buat saya untuk menggebrak sedikit kuat.
“Saya jauh dengan perjalanan ini tuan Yu, jika ini seperti ketika di Timles maka saya memilih gelap maski anda seorang aitarak sekalipun !!….Beijing bagi saya hanya sebuah Nation yang sekarat dengan miliaran mulut yang kelaparan….tak seberuntung anda yang bisa mencuri roti kokain hingga pisang jauh dari mata tuan Xin !!
Konsukwensi anda hanya tiang gantungan…,hanya sekian detik bagi anda meralat sikap anda terhadap Jakarta !!”. Saya rasa lesakan kalimat ini cukup dipahami, dan saya tau diluar ruangan ini saya mulai bermain roulet. Saya pasti membuat para begundal Yu mulai hangat dan siap kokang senapan . Hehe…pesta yang pantang dilewatkan.

“Kau tau arti kalimatmu ?!”.
“Hahaha…sejak kapan anda menjadi bodoh ?? Diantara kita, bukankah sudah mengenal dunia begal ini kurang lebih sama asam garamnya ?”.
Saya terus meneror psykis tuan Yu. Hembusan asap cerutu mulai kerap mengepul pendek dan terburu, jantungnya mulai terganggu dan melambat. Saya pikir sedikit lagi akan ada yang bisa saya injak dengan santai.
“Ini mungkin bisa menyehatkan jantung anda…oh yaa, musim uang haram dilautan kami barangkali selalu ditunggu orang orang seperti anda, tapi foto ini bisa mmbuat anda lebih segar mengatur ulang kompas diplomasi kalian….anyway, saya perlu diskusi dengan orang orang kuomintang untuk memperjelas orang orang yang tak jelas di Honduras ini….saya rasa anda paham, selebihnya saya rasa RI hanya membatasi do’a kalian di LCS dengan hak kami yang baku, cermatilah tuan…hindari barang murahan seperti cerutu anda…aneh jika diplomat kawe masih suka pula produk kawe !!”.

Saya meletakkan beberapa lembar foto sembari menarik cerutu yang terselip dijari berhias rubi tuan Yu. Saya sedikit hisap dan menyemburkan tepat ditatapan mata sipitnya yang membola melihat gambar gambar itu.
“Itu persahabatan perwira biasa didalam Kilo yang siaga di ujung Sumatera, itu hanya sergeant kami yang mengelus kaliber…lainnya pasti anda tau jika melihat wajah wajah khas moscow”.
Lembar foto berikutnya sempat membuat jakunnya bergerak naik.
“yapp….!! Itu uighur anda yang sedikit bodoh mengenang masa gemilang tempur dengan parang manchuria, saya kira dia seorang traveller dan salah menekan tombol belantara beijing hingga tersesat di Poso…”.
“Hahaha…anda tak akan salah tuan, itu dua indukan AS yang mensetting koordinat hongkong dan spratly dengan ijin alpha one pentagon.
Saya juga selipkan dibawahnya koordinat yang mungkin perlu anda pelajari untuk memasang anti rudal dikamar nyonya Yu dan putri anda….saya kira armada KS AS cukup terampil membuat proses ini lebih hening buat anda !”.
Saya berdiri dan menjejal cerutu itu pada gambar rumah pribadi tuan Yu. Saya berjalan santai kearah pintu pintu keluar. Saya rasa cukup pelajaran hari ini, begundal satu ini memang perlu makan otak lebih banyak.
“Oi ya tuan Yu, saya tak menemukan taxi dihalaman depan. Saya kuatir banyak begal dijalan keluar saya….ada saran tuan ?”.
Saya coba tersenyum semanis mungkin walau saya yakin ini lebih mirip seringai harimau lapar.
“Anda akan tiba di tegucigalpa dengan damai tuan X…”. Jawaban getir yang saya dengar, tapi begitu mengalun bagai sebuah melodi saxo Kenny G.
Perlahan saya melangkah dan sayup sayup terdengar deru mesin heli terdengar…, manis sekali hari ini, datang dengan truk pisang dan pulang dengan heli. Honduras tak lagi seperti Timles kali ini haha…..

nurrachmad2

Message pendek dari kontak mossad saya trima di starbuck Chang’i sehari kemudian. Seorang kawan Jerman bahkan memastikan ini adalah sosok antek CIA yang lama berpetualang di selatan Philipine dan menjadi penggerak menakin menakin abu2 usayyaf untuk menekan Asteng.
Dan benar kata karib jauh, pangkalan Natuna adalah senilai billiunan ikan ikan yang menjadi sangat mahal bagi musuh musuh NKRI.
Saya lupa bahwa kawat pesan yang saya kirim inilah yang mengotaki Jakarta untuk menahan laju tiongkok dengan tradisi raup yuan berpesta ikan dan cukup arif hasilnya dengan status quo ” sipil vs sipil ” dengan menekan sedikit ” ping ” pada sisi diplomasi soft dan hardnya…
Ah, perlu segera tiba dirumah sebelum bermain diantra menakin sulu, tanpa harus melewati tawi2. Lama sekali tak mendayung lautan…
haha abang Misuari pasti terburu menjawab uluk salam saya nantinya.

(to be continued)

By Trahlor
Gambar by Patsus Dede Sherman dan Patsus Citox

Share.

263 Komentar

    • Naga Samudra on

      Artikel diatas untuk memecah koment di Artikel sebelumnya yang sudah Full.
      BIAR pembaca gak bingung dengan Alur cerita karena tersebar didalam ratusan komen dan susah untuk mencarinya akan saya upload disini urutan cerita bung Trahlor dari awal hingga bisa memahaminya . Selamat ,membaca dan mengikuti alur cerita, Insya Allah tentang abu sayaf akan kita kemas dalam artikel tersendiri,

      athena solitaire….
      Menemui c l a n seprinsip sgt butuh kehati-hatian. Sy bkn org merdeka mski bebas kmanapun. Ada kompromi yg baku dan kaku, ada jalur dan tntu lajur utk mngatur mski sekedar menggerakkan jari tangan ini.
      Sy sdh mnduga, dimusim hujan ini Yunani bkn tmpat kongkow yg nyaman…skalipun sy bs pastikan bhw jalur c l a n slalu sgt rapi dan tak seburuk jalur kongkalikong bbrapa elit ketika di Vice.
      Sy sengaja memilih lokasi acak, bhkan disebuah ferry yg memiliki rute rutin dr Santorini pun bs mnjd sgt ideal. Teman Rusia sdh wanti2 agar mnghindari komplex pertokoan disekitar Monastiraki nantinya, ada banyak c l a n China dan Jepang yg jg pasang telinga sjk pertemuan di Vice bocor.
      Jam 4 pagi, sy memutuskan meminta antar taksi ke Pieraeus. Sy mnyelinap sbntar menemui kontak utk memastikan tamu yg tlh dtg lbh awal.
      Diluar rumah singgah ini, seorang yahudi rekrutan memainkan sepatunya pd rambu diujung cafe kanan arah square, kode yg lazim. Sy diam mnunggu reaksinya ktika sy mnjatuhkan sdikit rambut sy didahi.
      “acropoleah…”,singkat sj dia mnghilang dibalik lorong stelah berujar lirih. Sy brpikir artinya ini tak trll jauh disekitar rumah singgah kedua tmpat kami biasa atur info dan strategi.
      Ya, Akropolis bisa ditempuh dg berjalan kaki sambil mnghirup udara dingin selepas hujan lalu. Sy tdk brmaksud ceroboh. Sbenarnya ini sgt tdk mnjamin keamanan dan bkn sy kluar jalur, tp insting sy percaya, jk mossad tak akan rela kehilangan momentum utk banyak mengambil info dan peran sy disini. Yg mrk tau momen ini banyak melibatkan tokoh2 anti yahudi internasional dan misi utamanya cb mncari kbenaran bakal dtgnya snowden pula nantinya. Tp syg bintangnya kali ini adlh putra putri ibu pertiwi lagi dan lagi. Mereka tak akan rela sy dibiarkan luka dan mati di Athena tnpa pesan para rabbi , idiologi, dan pesan khusus ptinggi mrk yg risih soal Tolikara lalu. Sy percaya diri dan sy yakini takdir Illahi itu psti. sy imani itu smua mk sy akan baik2 sj. eIts, Sama sekali sy bkn antek yahudi loh haha.
      Jika hrs tunai nyawa di Athena tak mengapa mski brharap sy msh dlm posisi hoki brsama dewi fortuna dan msh menemukan jalan pulang kembali pd anak dan istri. Ya tntu sj tdk sdg plg dalam peti berisi protes dan tatto bully disekujur tubuh dr musuh2 NKRI. Itupun sy tak akan diakui, hehe….

      Jakarta,16 maret….(ping)…
      Sy trtegun membaca pesan. Pikiran sy mnerawang jauh pd prtemuan sebulanan lalu. Sy baru sadar bhw LCS benar spt kata beliau ktika berdiskusi saat di Pathenon.
      ” LCS akan memerankan negara anda scara serius jk Tiongkok tll pongah utk skedar diskusi, bicara dan bereuni, mrk mulai melangkah mabuk dan liar namun dg tekad berjudi, akibatnya mrk gamang dan boleh jd akan kalah, malu dan frustrasi”.

      DILEMA Tiongkok sbnarnya sderhana, ktika ikan mulai berimigrasi dan membanjiri selatan dan barat daya spratly yg diklaim sbg zona perikanan tradisional mrk inilah biangnya. Sjk dl tindakan nelayan mrk tak bs dicegah oleh negara yg lautnya diklaim Tiongkok. Maklum PLA dan CG Cina sgt loyal melindungi aset jutaan dollar dr industri maritimnya. Hal ini bhkan mmbuat pilihan pling rasional bg angkatan kerja di tiongkok dg mnjadikan nelayan sbg pilihan pekerjaan paling potensial. Banyak perwira, pejabat dan oknum aparat cina mnjd aparat pebisnis ala Labora sitorus. Perikanan sgt mnjanjikan kesuksesan dan bagus prospeknya. KKN banyak di industri perikanan mrk.
      Disisi lain, mkin banyak nelayan mrk mk jls smakin sdikit kapal patroli yg mmbackupnya. Jelas tak akan sanggup membendung ribuan histeria mulut nelayan mereka. Mrk trlanjur pede mngingat pembelaan serta pngawalan dr CG cina bhkan unit kecil PLA spt tahun2 sbelumnya. Mau tidak mau cina hrs maju, mrk hrs bersikap wajar dan trs brusaha mnyiarkan propaganda pembuatan ribuan kapal pengawal lautan demi kelangsungan euforia para nelayan mrk. Cina hrs kukuh mmbackup usaha maritim nasional dimata rakyat mereka sndiri. Jk tidak rahasia besar mrk akan trbongkar.

      Jk TEMBOK CHINA msh ribuan thn lagi akan hancur. Tp tidak dg SDA dan armada militer mrk. Tak butuh ratusan tahun menghancurkan hegemoni China mski mrk mmiliki nuklir sgala. Knp bgitu ?? Nantilah….hehe mari liat ikan gate ini dl.
      Ikan dikawasan asean sdg melimpah dan pemerintah China hrs memetik poin trbesarnya walau sgt riskan. Mrk bisa pesta kakap, kerapu dan tuna di perairan Malaysia tp jelas tidak mgk terang2 an untuk yg satu spot ini, Natuna.
      Daerah yg oleh mr. Wu sndiri dianggap sbg biang penyebab migrennya mndadak datang. NATUNA lbh mnarik drpd sihir Vegas atau Macao, mnjanjikan kekayaan, kekuasaan dan supremasi militer yg unggul dipenjuru dunia. Tp bagaimana cara melampaui kekuatan ulet, licin dan trkenal nonblok serta jawara asean ini. Mgk hutang dan cara lainnya prlu dicoba. Perang ?? Prlu hitungan jitulah, head to head scara history sdh cukup mmbuat jerih mski utk jera blm cukup bg mereka. Jika negara kawasan asean lainnya spt ayam sayur bg PLA, tp ini Indonesia. Sebuah negara yg kenyang dg gejolak sipil, militan dan sanggup menciutkan nyali bangsa predator lainnya. Sama kasar, bengis dan pantang menyerah. Sama brutal dan gila prajurit plus rakyatnya jk sdh terusik. Lalu bagaimana ini ?? Hehe itu urusan anda Mr. XIN dan WU ajalah.
      Sy tdk tau, tak mau tau selain satu kapal ikan China sdh keluar dr klompoknya dan trpantau punggawa laut kita sjk jauh dibatas zee.
      Banyak yg tak paham knp ini sbetulnya tak blh tjd dan sgt dianggap serius oleh elit cina.
      Buang teori hutang anda sjenak, sejarah ckp jelas bicara soal hutang stlh selesai dg perang. Ini adalah soal mobilitas pasukan laut yg sjk desember lalu TNI sdh siagakan 15 kapal perang. Kekuatan udara dlm posisi tempur trbaik melawan kekuatan divisi tempur trbaik udara dan laut Tiongkok di LCS bisa brpotensi brsinggungan ditingkat bwh/akar rumput. Smntara high diplomasi trs dilakukan menyoal UNclos 1982, diam2 para elite kita mlkukan manuver diplomasi dg beragam masalah lcs di PBB tnp spngetahuan cina jg elit kita yg lain melobi Jepang dan Rusia utk tambahan kekuatan armada bawah laut kita mski brnama sewa, pinjam atau beli skalian peduli setan. Kita sadar, ini bkn Khubilai khan atau Jenghis khan dg tartarnya. Ini soal kekuatan nuklir dan militernya cina yg jauh diatas kita itu masalahnya.
      Militan akan mnjd tinggal slogan jk gebukan prtama mrk lgsung dg tombol pengecut nuklirnya. Sy takut ??
      Tntu iya jk sy ingat bukan hidup dijaman R. Wijaya. Logika cara menang perang mrk sj yg prlu diwaspadai.
      Sy hrs brpikir bidak lain bergerak. Ya, knp kita tak memanfaatkan armada terdkat yg sdg beres2 jalur armadanya yg hendak ke ajang komodo 2016 ? Sy trsenyum ktika benak liar sy brpikir skalian disandera awaknya, toh kita tau jeroan dan fasih mngoperasikannya jk mrk menolak. IDE INI HRS SEGERA SAMPAI DAN DIPERTIMBANGKAN !! Ping…
      Nun di Natuna…
      Patroli mulai terasa tegang, ntah sadar atau tidak senjata sdh mulai trkokang.
      Di ibukota Kawat rahasia penuh, sbgian besar negara dunia tau. Bhkan traVEL WARNING bredar tak trkecuali Rusia sndiri mnerbitkannya. Mski brkdok waspada teror ISIS tp dunia militer tau apa sbenarnya yg tjd. Dan sgala aktifitas militer dunia seolah terhenti demi menunggu detik2 paling menegangkan yg bs memantik ww III.
      Diujung barat, AL Rusia bergerak mendekati stelah radar PLA di spratly tak bergeming mnjawab, armada AS jg melaju trburu buru utk menata peluang lbh baik, bhkan seluruh armada pasifik konon dlm level siaga. Aggota FPDA dan Vietnam mnunggu dlm cemas, sonora dan sonotan mski senjata siap tp mental lbh dahulu bangkrap. Vietnam dg mental kuat, snjata hebat msh ragu memobilisasi kekuatannya dg bermainnya dua adidaya sekaligus. Vietnam blm yakin atas celah keuntungannya. Parah lg Malaysia, hampir dipastikan 4 jam mrk menunggu sikap dermawan parlemen inggris utk mnggerakkan armadanya nun jauh disana, benar2 parah.

      7 jam sblm pesta…PING…
      Sy memilih pasrah. Apapun yg trjadi mk trjadilah. Toh sy tlh berusaha sekuat tenaga memberikan ide terbaik yg sy punya. Semua utk sumbangsih dan bakti sy pd negara. Sy pasrah…
      Tp keputusan Tuhan kdg trjd disaat manusia mulai kehabisan akal yg sehat dlm mnjga kelangsungan hidupnya. Mgk Tuhan msh tak brkenan melihat tumpahnya darah umat saat ini, ntah esok atau lusa…

      Tgl 18… Ping …Bidikan pertama !
      Bersambung

      • edyan…benar2 tahan napas…ketika mau bernafas…ternyata bersambung….di tunggu sambungannya..harry up..

    • Naga Samudra on

      (BIDIK BIDAK 3MENTERI).
      Sorot lampu KKP menerangi sbuah kapal ikan yg brusaha melarikan diri dr kejaran. Bbrapa orang nampak sibuk melempar bbrapa tong dan keranjang entah menghilangkan bukti atau mngurangi beban kapal.
      Letusan tembakan memecah suasana semakin menegangkan. Kapal asing melaju zigzag meningglkan buih yg pekat menandakan kecepatannya dihentak. Trdengar kembali tembakan utk mnghentikan laju kapal yg berusaha bermanuver kluar ZEE. Satu tembakan sengaja diarahkan pada buritan kapal, dan brhasil mmbuat jerih nakhoda utk mngurangi laju deru kapal. Gelagat awak kapal yg trkesan mncurigakan memancing lagi satu tembakan ke udara, dan satu lagi tembakan peringatan skali lg pd buritan mnghentikan percakapan sos nahkoda diradio (anonim: nahkoda melaporkan kondisi diserang oleh TLDM).
      Sebuah tepukan halus dibahu mmbuat sy trsadar, prlahan sy mmbuka mata dan tatapan teduh pria kosovo mentor sy smakin memulihkan keasadaran. Senyum ramahnya msh sama ktika utk prtamakalinya sy bertemu di Zagreb. Sy mngatur nafas dan mngirim energi udara dalam tarikan meditasi utk mngakhirinya.
      “brapa lama ?”
      “3 jam, kau sgt tergetar…”
      “aku hrs segera mnghubungi Jakarta”
      “lakukanlah..”

      Sy menuju kotak obat dan meraih tombol utk mmbuka pintu baja. Dibaliknya ada peti kecil dan dihiasi pandora. Satu gerakan tlh mmbuat bbrapa panel menyala. Abrakadabra, “97 3-eht-namuh- 973.com”. Sy trsenyum dan mngarahkan cursor pd kolom tujuan.
      Derit pintu hidrolis mngantar sy dibalik altar gereja. Si pria kosovo tak bergeming dan tetap berdo’a. Sepasang jema’at nampak khusyuk ditataran bangku belakang dan sy tau mrk kontak baru. Sy berlalu dan jam bandul sy mnunjukkan angka 10. Cukup bg sy utk sejenak mrebahkan diri di penginapan. Sbuah taxi menepi, wajah asianya melongok dan tersenyum.
      “Silahkan kang, anda sdh ditunggu “.
      Sy trsenyum, brgegas masuk dan taxi bergerak mninggalkan pelataran gereja.
      ” Tanggal brp skrg kang ?” sy memecah keheningan.
      ” 15 pebruari, why ? “.
      ” gpp, bergegaslah”.
      Athena tak sesibuk Jakarta. Kawasan square sj bs detail dinikmati mski dr balik kaca. Sy tau ini jalan mnuju area Pathenon. Siapa yg mnunggu itu tak penting, sy rasa informasi ini hrs sgera sampai dan sy mmiliki pandangan utk laporan berikutnya sblm bnar2 bisa bristirahat.
      “sy rasa Susi dan Rizal dpt dimainkan sjk saat ini, itu akan sgt baik utk kamuflase”.
      Suara ini sgt sy kenal, tp sy lbh suka mendekat dan bergabung diantara mrk. Sy mmilih diantara kawan Rusia dan seorang yg hgga kini tak bisa fasih sy panggil namanya, dia org jerman.
      ” nanti biar saya yg mmberi briefing Retno utk diam2 melobi kawan kita di PBB ”.
      ” bagaimana dg RI I ?? ”
      ” beliau akan brmain didapur DC , pak kalla bgiannya akan otomotis muncul spontan nanti di halaman beijing”.
      Sy sesungguhnya tak paham akan hal yg dibahas, namun alur 3 bidak artinya corong diplomasi ala pengeras TOA dimainkan. Sy tak tll mndengar lainnya krn lbh sibuk mncari kawan beijing dan persia. Tak ada…..
      ” yg mulia mmberi ijin mngaktifkan perangkat kita yg trdekat, sgt cukup utk memback up Natuna. KS nuklir kami dlm siaga tempur trbaik dan bs mmberi pesan jelas pd armada Yankee jk mrk mngambil sikap sepihak”. Sy lirik mimik Shoigu yg nampak serius mnjelaskan. Dan sy faham ini sgt serius.
      ” menhan akan brgerak kluar utk mngalihkan perhatian, skaligus brjaga jaga jk beijing serius dan trsinggung, tp tuan Shoigu akan jelas dlm pesan travel warningnya nanti ckp mngingatkan potensi konflik yg tak trkendali jk drama ini gagal ”.
      “Daesh ??”…, kawan jerman bersuara.
      “hanya itu yg bagus, tp AS tak akan tinggal diam memainkan abu lainnya, binsar akan faham sndiri apa yg hrs dilakukan”. Suara khas itu kini lbh jelas kearah sy krn tatapnya fokus pd sy. Seolah faham yg sy fikirkan, beliau berujar,
      ” ini tak selancar rencana kita, beijing lbh memilih menolak kehadiran pangkalan kita di natuna. Mrk takut memicu penguatan yg sama pd anggota fpda dan kroni baru AS dikawasan. Sy akan mainkan Jepang, dan kamu ckp bersalam pd xanana spulang dr sini “.
      ” beijing hrs brhitung lebih krn ini jg menyoal prgrakan yuan dr bisnis lautan, aku rasa ini tak sll soal pangkalan anda “. Mr. Shoigu mnepuk bahu sy meyakinkan.
      Sy mngangguk paham.

      Bersambung_

    • Naga Samudra on

      C l a n ini bukan baru, sy adlh bgiannya. Skumpulan org yg suka disebut dan mendaulah diri sbg anti perang, tp tentu hanya ejekan asal asalan. Sbb rata2 mrk adlh pembahas dan penggagas perang. Dr skedar brsikap masa bodoh atau trdepan mnghabisi tokoh proxy dan prsonel tempur tengil yg diciptakan lawan. Dr sekian kedudukan dan macam kebangsaan sy lah yg dianggap kampungan. Aplg sy mmilih nyentrik, bermodal sholat, silat, sikap, sifat dan sigap membuat nama Indonesia sy sgt mdh dihafal dan tak mudah diabaikan. Jk kawan lain sibuk dg luger, owen atau barreta mk sy lbh suka silet sj sbg pusaka. Kecil, remeh, ringan namun bs sangat mematikan. Hard target rasanya lbh nikmat dg sayatan pd titik rawan. Hehe…
      Spt saat itu dipenginapan, hampir sj sy memutus nafas seorang mossad. Bruntung suaranya yg serak mnyelamatkan dirinya dr keburukan.
      “tuan Yu mengutus sy mnemui anda”. Yahudi ini meringis, menahan nyeri cengkraman sy pd lehernya.
      “darimana kamu tau sy disini ?”, jujur sy gusar dia bs berada dlm ruangan tmpat sy mnginap.
      “ini athena, dan sy duapuluh satu tahun didaerah ini”. Nadanya ketus, dan sgr duduk disatu satunya sofa diruangan sy. Sy mnyodorkan minum stidaknya sy berusaha brdamai.
      “dmn kau menemukan tuan yu ?”.
      “di bandara se jam yg lalu, dia memintamu menemuinya di honduras”.
      Sebuah amplop disodorkan pd sy, Stumpuk dokumen prjalanan, dollar dan tiket airfrance ke dubai.
      “knp dubai ?”
      “prosedur biasa, dokumennya akan kau terima digate kita”. Sy maklum, ini sdh sgt serius levelnya shingga hrs melibatkan banyak komponen sekutu kami.
      “apa Grushko tau hal ini ?”
      “aku rasa dia selangkah didepanmu”
      “maksudmu ?”
      “Dia akan memukul langsung nato tepat dihidungnya utk menahan laju bantuan yg akan mrk tumpuk di australia, philipine dan singapura, Grushko akan mmbuat AS, nato sgt sibuk. mrk disini(eropa) tak akan berani brspekulasi ttg langkah moscow”.
      “sy tak menemukan jepang dlm kalimatmu, smntara aku mnemukannya disana” ,sy brusaha memancing.
      “anda tau Xanana akan mnjulurkan lidah pd australia, tuan Grushko sdh beri kadar yg cukup utk tuan Binsar barulah dia akan mmbawa pesan tuan Putin utk mmpengaruhi tuan abe utk mmberinya celah yg signifikan memainkan kartunya brsama kalian..”.
      Sekelebat bayangan sbuah pesawat dan KS yg smpat ditawarkan Tokyo pd Jakarta.
      Sy mncoba mnatap sorot kebenaran pd ucapannya, bgaimanapun individu mossad sgt lihai mngirimkan pengaruh trselubungnya. Dan jk sy lemah mk pesan itu akan brubah mnjd teror yg akan melumat hidup sy. Tp yahudi satu ini rupanya sgt tenang dan mengrti posisi tawarnya yg tak akan bs merubah situasi prtanyaan sy pdnya.
      “anda tak prlu mnguji sy, sgt banyak yg sy trima dan negara kami sgt mnaruh harapan pd kebijakan negara anda utk mlihat kami sbg negara yg mampu mnjaga kedamaian pula didunia”.
      “itu bukan kewenanganku, dan aku tak sdg mnanyakan pandanganmu “.
      Helaan nafasnya lbh mudah sy artikan sbg dongkol yg berusaha ia sembunyikan, tp sy sdg mmegang bnyak kesempatan yg tak akan bs ia tolak atau acuhkan utk saat ini.
      “beijing tak suka jk natuna kuat dan mnjadi kampanye anti militer tiongkok disana. Mrk jg tak brkenan armada Rusia tll dekat dg wilayah pengaruh kkuatan mrk, krn akan mmancing AS dan sekutunya smakin bereaksi keras pd beijing”.
      Sy mncrmati kata2nya dg seksama, dan sy rasa bersabar adlh pilihan paling rasional jk sy ingin menggali lbh jauh rencana tiongkok.
      “grtakan vietnam tlh mmbuat beijing sgt trpukul, pinoy sdh jls, dan anda tau dua ketapel pentagon disana demi kpntingan mmbendung cina, tntu sdh sgt merepotkan bg tiongkok. Aplgi jk Jakarta trmakan rayuan fpda atau AS utk beraliansi, tntu ini mematikan bg beijing “.
      Sy memahami sdikit knp kbijakan di istana mnggelar 3 corong tersengit, trnyaring dan tereksis utk saat ini. 3 bidak yg akan mnggoyang kepala kekiri dan kekanan. Terapan corong sipil utk mmbungkam militer melaju tak trkendali. Smntara bidak tua menhan mnjelajah memenuhi arsenal tanpa khawatir terendus plan besarnya. Ya, Ryamizard tntu dianggap singa tua yg tak prlu diperdulikan, kcuali israel dan c l a n kami yg sgt tau kualitas otak bidak tua ini .
      “jd dipermukaan biar sipil yg bertengkar, militer akan punya gelanggang dikedalaman. Jk singapura sdh jd tuan utk pamerkan kualitas udara yg ada didunia, negara anda akan mnjadi tuan ajang pameran kekuatan bwh laut trbesar mski dibalut devile dan action kapal2 prmukaan yg scara riil dlm situasi perang”.
      Sy trsenyum skaligus gusar, sptnya penguasa2 ini belajar sesi perang dunia ketiga dg bidak yg sgt khas ala Indonesia.

      Bersambung_ ke artikel Honduras script diatas

      • Timur_Nusa Kambangan on

        Trims bung @Naga Samudera sudah memuat komentar T Said.
        Butuh waktu 3 jam loading bung untuk membaca tulisan bung Trahlor tsbut di artikel Behind The Scene hehehehe.
        Salam

      • “hoax” yang sangat meriah,alangkah baiknya jika cerita seperti ini dituangkan dalam sebuah buku,saya yakin pasti akan banyak peminatnya

  1. Lek U-mar Mentaras on

    Artikel bersiri yang perdana dari bung TRAHLOR, mari kita bersama-sama membuka tabir yang sebenarnya.Salam hangat bung TRAHLOR

      • sepertinya bukan bung Lamp, ada sosok lain yg ikut berperan dlm pembebasan sandera.
        @bung Trahlor lewat forum ini saya ucapkan terima kasih telah ikut berperan dlm pembebasan saudara2 kami,,,,btw koq anda gak ikut2an klaim hehehehe

        • Bakulo Wajaro on

          Hehehehehe… Bung@Lamp dan [email protected] beliau..?xixiixixixi… Jika seorang asia (indonesia) bisa mencekik seorang mossad(bule) dgn 1 tangannya artinya beliau ini seseorang yg posturnya msh sgt gagah, kuat dan memiliki kharisma yg sgt berwibawa walau sdh memasuki usia yg sdh tdk muda lagi shg mr yu dan para ksatria bawah tanah pun msh gerah jika berhadapan…
          Rasa2nya saya pernah berjabat tangan dgn beliau..walau tdk tinggi besar namun jari2 tangannya bagai pisang ambon yg dpt mematahkan leher dgn 1 putaran..keh..keh..keh..
          Adios amigos ane siap kabuuuuur..

          • Tanpa Nama on

            Kalau Bukan Pak Kivlan, Bisa saja pak sutiyoso (Kepala BIN), Kan PakbYos kekar, Tidak muda lagi, berwibawa. #TebakTebakBuahManggis

          • kuli pabrik on

            Untuk rekan2 patga coba liat indonesia lawyer club edisi siapa dibalik pembebasan abu sayaf..hehehe di situ sekilas diperkenalkan bung agus bin …..salam NKRI

          • Lamp (gak nyambung) on

            bung BW

            itulah yg bikin jantung saya berdegup, mana bisa seorang mossad tunduk kepada seorang Asia, kecuali si Asia yg biasanya posturnya kecil memiliki kedigdayaan baik itu raga maupun jiwa. Pesan yang saya tangkap, cengkraman di leher mossad itu adalah salah satu jurus caka harimau, khas jurus pencak silat, yg bisa merobek urat nadi besar di leher seseorang. Di kisah ini, saya di ingatkan pada kisah2 hoax agen 007, bahasa dan episode2nya nyaris sama. Namun karena yg nulis kisah ini bung Trahlor, maka kisah ini menjadi hilang kesan HOAX nya-menjadi NYATA. Inilah penggalan2 perjalanan kisah di dunia intelegen yg sgt misterius.

          • Bakulo Wajaro on

            Hehehhehe.. Jika mencermati komen beliau yg selalu low profile maka ada beberapa kesimpulan yg didapat.:
            1. Dulu Beliau adl pembawa pataka the smiling general dan pastinya pernah memegang posisi strategis dan menentukan shg bisa memiliki akses pada clan bawah tanah
            2. Beliau saat Ini menjadi bidak yg bergerak diluar struktur pemerintah namun memiliki akses yg tdk terbatas pada semua level baik jaringan didalam negeri maupun diluar negeri.
            3. Mungkin bung@pemburu rajawali sdh mengenal beliau sebagai samurai yg bebas..( Komen tinggalkan saya, lupakan dia dan rangkul mereka..) bisa sedikit memberi isyarat ttg beliau dgn salam dari ronin asia…salam sehat selalu bung @PR..hehehhehe…..
            Adioa amigos wis mumet meneh..

          • Mungkinkah Bung Trahlor adalah sang patriot yg pernah mengalami kawah candradimuka 2x dan satu-satunya yg punya jabatan spesial di Kemenhan? Siapapun Bung Trahlor sebenarnya, kami sebagai generasi muda perlu banyak belajar pada Bung Trahlor sebagai ksatria nusantara. Salam patriot dan komando… NKRI Jaya!

          • Ki Juru Mertani on

            Adakah Hub dengan Insiden the smiling general waktu di USA dijalanan NY sekelbatan 7-8 orang tersungkur hanya oleh seorang Paspampres..?

        • bocahkucing on

          Bung, yang rame klaim kemaren bisa jadi pahlawan kemalaman, atau justru settingan untuk mengaburkan tokoh2 penting yang punya peran paling besar 🙂

  2. Akhirnya Bung Trahlor tepati janji hehehe…terima kasih Bung , salam patriot !!! Salah satu bagian yg paling saya suka.

    ” Saya meletakkan beberapa lembar foto sembari menarik cerutu yang terselip dijari berhias rubi tuan Yu. Saya sedikit hisap dan menyemburkan tepat ditatapan mata sipitnya yang membola melihat gambar gambar itu.
    “Itu persahabatan perwira biasa didalam Kilo yang siaga di ujung Sumatera, itu hanya sergeant kami yang mengelus kaliber…lainnya pasti anda tau jika melihat wajah wajah khas moscow”.

    NKRI HARGA MATI !!!

    • Bakulo Wajaro on

      Hehehhehe.. Indonesia dan cino sesungguhnya sdh saling berbagi informasi dgn mengkoneksikan radar kita dan satelit maritim cino bung demar.. Kemungkinan sejak pak muldoko berkunjung ke markas pertahanan udara cino beberapa tahun lalu terkait peta lcs yg dikeluarkan cino disinyalir sbg upaya cino merayu indonesia utk tdk bergabung dgn negara2 asean menentang klaim kedaulatan mereka di spratly dan lcs..
      Mungkin spt itu bung..
      Adios amigos mantau rembesan meneh

      • Timur_Nusa Kambangan on

        Siap bung @BW. Siap, sudah saya baca bung. Jawaban anda lebih menguatkan apa yg saya cerna di artikel Konsolidasi Bangsa.
        Maaf saya bls di lapak ini bung.
        Salam Waspada selalu hehehe

        • Bakulo Wajaro on

          Hehehehehehe…
          Jika cino sampai saat masih memasang peta tsb dalam paspportnya maka artinya mereka dgn konsep cino gombalnya masih bersikap abu2 ttg pengakuan dan masa depan perairan Natuna dipangkuan NKRI..
          Tapi kita pun bersikap dgn tegas dan jelas thd mereka terkait hal itu dgn membuat semua masa depan cino menjadi gelap gulita (melalui 2 titik hongkong dan spratly) bukan lagi sekedar berwarna abu2 spt yg mereka lakukan thd Natuna.(Cermati lembaran foto bung T di hadapan mr yu)
          Sehat selalu bung@KJ..
          Adios amigos

  3. Bung Trahlor kenapa sampai Honduras bung ada kaitan dgn LCS kah? Foto apakah bung yg disodorkan? Foto ks kilo kah? Ada apa dgn perang manchuria dan kaitannya dgn Lcs bung? Maaf bnyak nanya bung terimakasih salam hangat

    • @bung Bulba, artikel ini diangkat dr komen hoax sy hehe. tepatnya di artikel behind the scene kemarin. Sbnarnya urutannya dr sjk seri ”athena solitaire”. Jd knp di honduras ? Mgk petikan ini mmbantu anda. Hehe …

      C l a n ini bukan baru, sy adlh bgiannya. Skumpulan org yg suka disebut dan mendaulah diri sbg anti perang, tp tentu hanya ejekan asal asalan. Sbb rata2 mrk adlh pembahas dan penggagas perang. Dr skedar brsikap masa bodoh atau trdepan mnghabisi tokoh proxy dan prsonel tempur tengil yg diciptakan lawan. Dr sekian kedudukan dan macam kebangsaan sy lah yg dianggap kampungan. Aplg sy mmilih nyentrik, bermodal sholat, silat, sikap, sifat dan sigap membuat nama Indonesia sy sgt mdh dihafal dan tak mudah diabaikan. Jk kawan lain sibuk dg luger, owen atau barreta mk sy lbh suka silet sj sbg pusaka. Kecil, remeh, ringan namun bs sangat mematikan. Hard target rasanya lbh nikmat dg sayatan pd titik rawan. Hehe…
      Spt saat itu dipenginapan, hampir sj sy memutus nafas seorang mossad. Bruntung suaranya yg serak mnyelamatkan dirinya dr keburukan.
      “tuan Yu mengutus sy mnemui anda”. Yahudi ini meringis, menahan nyeri cengkraman sy pd lehernya.
      “darimana kamu tau sy disini ?”, jujur sy gusar dia bs berada dlm ruangan tmpat sy mnginap.
      “ini athena, dan sy duapuluh satu tahun didaerah ini”. Nadanya ketus, dan sgr duduk disatu satunya sofa diruangan sy. Sy mnyodorkan minum stidaknya sy berusaha brdamai.
      “dmn kau menemukan tuan yu ?”.
      “di bandara se jam yg lalu, dia memintamu menemuinya di honduras”.
      Sebuah amplop disodorkan pd sy, Stumpuk dokumen prjalanan, dollar dan tiket airfrance ke dubai.
      “knp dubai ?”
      “prosedur biasa, dokumennya akan kau terima digate kita”. Sy maklum, ini sdh sgt serius levelnya shingga hrs melibatkan banyak komponen sekutu kami.
      “apa Grushko tau hal ini ?”
      “aku rasa dia selangkah didepanmu”
      “maksudmu ?”
      “Dia akan memukul langsung nato tepat dihidungnya utk menahan laju bantuan yg akan mrk tumpuk di australia, philipine dan singapura, Grushko akan mmbuat AS, nato sgt sibuk. mrk disini(eropa) tak akan berani brspekulasi ttg langkah moscow”.
      “sy tak menemukan jepang dlm kalimatmu, smntara aku mnemukannya disana” ,sy brusaha memancing.
      “anda tau Xanana akan mnjulurkan lidah pd australia, tuan Grushko sdh beri kadar yg cukup utk tuan Binsar barulah dia akan mmbawa pesan tuan Putin utk mmpengaruhi tuan abe utk mmberinya celah yg signifikan memainkan kartunya brsama kalian..”.
      Sekelebat bayangan sbuah pesawat dan KS yg smpat ditawarkan Tokyo pd Jakarta.
      Sy mncoba mnatap sorot kebenaran pd ucapannya, bgaimanapun individu mossad sgt lihai mngirimkan pengaruh trselubungnya. Dan jk sy lemah mk pesan itu akan brubah mnjd teror yg akan melumat hidup sy. Tp yahudi satu ini rupanya sgt tenang dan mengrti posisi tawarnya yg tak akan bs merubah situasi prtanyaan sy pdnya.
      “anda tak prlu mnguji sy, sgt banyak yg sy trima dan negara kami sgt mnaruh harapan pd kebijakan negara anda utk mlihat kami sbg negara yg mampu mnjaga kedamaian pula didunia”.
      “itu bukan kewenanganku, dan aku tak sdg mnanyakan pandanganmu “.
      Helaan nafasnya lbh mudah sy artikan sbg dongkol yg berusaha ia sembunyikan, tp sy sdg mmegang bnyak kesempatan yg tak akan bs ia tolak atau acuhkan utk saat ini.
      “beijing tak suka jk natuna kuat dan mnjadi kampanye anti militer tiongkok disana. Mrk jg tak brkenan armada Rusia tll dekat dg wilayah pengaruh kkuatan mrk, krn akan mmancing AS dan sekutunya smakin bereaksi keras pd beijing”.
      Sy mncrmati kata2nya dg seksama, dan sy rasa bersabar adlh pilihan paling rasional jk sy ingin menggali lbh jauh rencana tiongkok.
      “grtakan vietnam tlh mmbuat beijing sgt trpukul, pinoy sdh jls, dan anda tau dua ketapel pentagon disana demi kpntingan mmbendung cina, tntu sdh sgt merepotkan bg tiongkok. Aplgi jk Jakarta trmakan rayuan fpda atau AS utk beraliansi, tntu ini mematikan bg beijing “.
      Sy memahami sdikit knp kbijakan di istana mnggelar 3 corong tersengit, trnyaring dan tereksis utk saat ini. 3 bidak yg akan mnggoyang kepala kekiri dan kekanan. Terapan corong sipil utk mmbungkam militer melaju tak trkendali. Smntara bidak tua menhan mnjelajah memenuhi arsenal tanpa khawatir terendus plan besarnya. Ya, Ryamizard tntu dianggap singa tua yg tak prlu diperdulikan, kcuali israel dan c l a n kami yg sgt tau kualitas otak bidak tua ini .
      “jd dipermukaan biar sipil yg bertengkar, militer akan punya gelanggang dikedalaman. Jk singapura sdh jd tuan utk pamerkan kualitas udara yg ada didunia, negara anda akan mnjadi tuan ajang pameran kekuatan bwh laut trbesar mski dibalut devile dan action kapal2 prmukaan yg scara riil dlm situasi perang”.
      Sy trsenyum skaligus gusar, sptnya penguasa2 ini belajar sesi perang dunia ketiga dg bidak yg sgt khas ala Indonesia.

      Bersambung_

  4. Pager Wojo on

    …edisi diplomasi ala honduras…ada ketegasan dan menekan ke dalam salah satu pilar naga tanpa kehilangan pesan yang ingin disampaikan…

    ….uighur itu akhirnya tercerahkan diriku karena hanyalah salah satu bidak kunci naga yang dimainkan di poso dgn menggunakan kesamaan agama sbg akses masuknya…..pantesan bung LBP menolak ekstradisi, smg yg ada di halim juga tercerahkan nanti oleh artikel lainnya.

    …band of brothers antara garuda dan beruang adalah riil , nyata, dan solid. namun karena masih berada di jalur non-blok…peranan armada ks asu dimainkan juga oleh garuda versi kekinian yg mana itu masih samar-samar selain menggunakan peranan asu dng 2 indukan di lcs dgn arah ke hongkong dan spartly……..begitu dalam dan complicated…effect dan impact yang ditimbulkan itu bisa menggoyahkan lawan/musuh.

    …naga tampaknya masih ngotot untuk mendapatkan penguasaan jalur suteranya di lcs, namun garuda tetep kokoh dengan kebenaran dan keutuhan serta kedaulatan teritorinya di natuna.

    ….bikin degab degub untuk mengartikan materi kuliah bung traLor….dan langkah garuda pada artikel berikutnya….

    …aku harus baca ulang sekali lagi dan lagi…untuk bisa mencerna dan belajar lebih dalam.

    …salam hormat untuk bung trahLor

    Salam Merah Putih untuk Indonesia nan Jaya !

  5. Artikel yang sangat menarik pasca peristiwa bakamla vs coast guard & tertangkapnya uighur men di poso.

  6. Timur_Nusa Kambangan on

    @bung trahlor: bolehkah saya bertanya, apakah dunia ini cuma selebar daun kelor aja bung, kenapa begitu sempit meskipun luas. Kalo saya baca komentar2 anda para “pelaku” yg berkepentingan ya pasti negara itu2 aja bung. Dan kalo saya baca lebih dalam lagi kelihatannya tidak ada tempat di dunia ini yg blm pernah anda tapaki hehehe.
    Terus gmn dgn negara jawara ekononi regional? Seperti negara samba, negara sahrul kan dan negara Mandela di ujung afrika? Gmn dan dmn mereka berperan?
    Trims bung.
    Sehat selalu

  7. Salam Pancasila bung Trahlor senang sekali membaca petualangan diplomasinya. Sehat menyertai anda dan kita semua rekan2 patga. Aamiin
    saya penasaran.
    apa yg cina lakukan pd kita (menyusupkan uigur) kita telah mengetahui. Langkah apa yg telah dilakukan pemerintah kita bung, ? mohon pencerahan agar diri ini tdk penasaran

    • Timur_Nusa Kambangan on

      Jawaban kliatannya sudah ada di kolom artikel Navajo 16 bung @cijalu.
      Anda bisa baca komentar bung Bakulo Wajaro. Pertanyaan anda adalah sama dengan pertanyaan saya pada bung bw.
      Trims bung @cijalu.
      Salam

      • Matur suwun bung Timur_Nusakambangan.
        Enyong pamit meluncur ke lirik navajo. Salam sejahtera untk Cilacap semakin bercahaya

        • Timur_Nusa Kambangan on

          Siap bung @cijalu.
          Selamat berselancar.
          Cilacap akan selalu bercahaya hehehehe.
          Balik maning meng laptop

  8. Bakulo Wajaro on

    Hehehhehehe… Mantap..!!! Terimakasih Bung@Naga samudera telah menjadikan Honduras script bung Pangeran menjadi artikel meneh..sehat selalu bung…
    Akhir pekan ceria nih…xixiixixixixii..
    Tiki taka..ancaman dan intimidasi dibalas dgn ancaman yg lbh menyesakkan dada mr Yu…
    1. Hukuman Gantung bagi pejabat korup yg melakukan bisnis gelap oleh partainya
    2. Kondisi behind the sea and behind the scene lcs berikut dgn kilo dan kalibr nya kremlin yg berada dibelakang RI
    3. Skenario menjebol motherland mereka oleh asu jika nekat bermain api baik lewat sparatly maupun hongkong dgn restu RI tentunya..
    4. Posisi kordinat rumah mr Yu dan keluarganya jika berani menyulut api di lcs yg telah dipegang oleh semua ksatra bawah tanah
    Tekanan yg mematikan langkah siapapun yg berada di posisinya..
    Adios amigos lanjut ngupi maning..

  9. entahlah…..
    tapi, kurasa tulisan ini agak sedikit berbeda.
    yang ini terasa….. lurus.
    terimakasih bung sudah bersedia berbagi.

  10. tukang bangun on

    Tulisan bung trahlor ini mengingatkan saya pada buku cerita spionase. Yang terbiasa melahap buku2 tersebut mestinya lebih cepat memahaminya. Untuk saya yg awam hrs membacanya berulang dg kening berkerut. Ya sebuah cerita dg begitu banyak puzzle. Trims utk yg bisa menjadikannya sederhana!

    • Tukang Kompor on

      Benar sekali bung TB, penggemar cerita spionase akan mudah mencerna penggalan-pengalan kalimat dalam artikel maupun setiap komentar yang tertuang.
      Seru dan menegangkan dan ditunggu-tunggu kelanjutannya. salam untuk kesatria dari utara.

  11. Waowww…Luar biasa…serasa masuk dlm sebuah film… menegangkan… situasi begini nyali kaya gimana ya…
    hehheee…. baru baca saja lutut dah getar…hhuufttt…
    Terima kasih sudah berbagi kisah Bung Trahlor ataupun Mr.X… semoga selalu sehat dalam lindungan yg Kuasa.Amin.
    Jayalah Indonesia!!

  12. @bung TNK
    Bagi para kapitalis atau yg sejenis tntu bumi tak lebih luas dr bola pingpong. Dimana kmampuan dia menggenggam, disitu mrk memunculkan wajah horor dlm kekuatan hitam/teror.
    Poros dunia mmg hanya ada dua sj. Indonesia dan bbrapa negara sj yg ingin mmbuatnya mnjd tiga. Dan dunia ke tiga inilah yg mncoba trs bangkit dan kluar dr kepungan blok yg saling memikat. Pelaku dunia konspirasi itu banyak kok bung, hanya sj mrk bnyak yg dihabisi dan diputihkan. Mgk mksudnya gerak mereka yg lbh mnonjol dibanding lainnya ya bung ? Ya bgitulah mobilitas dan jaringan mrk mmg sgt luas, tak masalah slama kita punya cara mmbuat mrk smakin jauh dr sarang dan mengunci mrk dlm status missing. Hehe…..dunia saat ini suka menggangbang para pemain2 layar dr barat. Kita banyak idem dg gaya banyak dunia yg muak dg org2 langley atau tempat james bond lahir. Kita sepakat, sikat dan jerat agen barat, dimanapun !

    Brazil, Afro dan India…mrk msh diambang bisa kita sejajari dg tingkat kesulitan yg rendah. Mski anda tak spesifik mnyebut dlm hal apa soal mrk ini. Tp jls mrk bukan pemilik asli tekhnologi loh bung hehe.
    Salam..

    • Timur_Nusa Kambangan on

      Trims bung @Trahlor atas info/clue/jawabannya.
      Iya tepat sekali bung, para pelaku konspirasi yg dominan seperti yg digambarkan oleh pilem pilem ala hollywood ya bung.
      Kasihan sekali para pelaku konspirasi yg “dibunuh”.
      Btw ttg samba mandela sahrul khan saya sedikit bisa mencerna bung hehehe.
      Negara2 Dunia ketiga yg skg coba dibangkitkan lg apakah kurang lebih sama dengan jaman Putra Sang Fajar bung?
      Berarti ada hubungannya dengan kedatangan orang no 1 dari Beograd kemarin?

      • werengcoklat on

        bung trahlor, sy pernah berbincang dengan seorang berpangkat pamen x pasukan khususnya menanyakan kenapa para agen asing itu tidak dimissing kan saja, kata beliau jgn, biarkan saja mereka bermain, tapi tetap diawasi, sy sanga setuju kalo x langley sama m16 itu dihilangkan saja dari bumi ini, menurut propaganda media, mossad lbh lihai dibanding kedua agency asing ini, pernah sempat baca ada tim kidon yang masuk untuk memecah belah bangsa selepas reformasi, apakah benar seperti itu bung ? pernah baca juga sebelum arab spring akan ada kekacauan menurut daftar negara-negara yang masuk agenda dan selepas suriah adalah Indonesia, untungnya sy nyimak negara ini kalo memang betul bertindak duluan dengan menghabisi pentolannya disuriah sebelum mereka berangsek kemari, salam bung, semoga NKRI tetap jaya sampai Nanti !

    • Man from UNCLE.. apa yg terjadi di FIlipin selatan memang tk bs dilepaskan dari betapa strategisnya kepulauan Natuna. Kerisauan Timles melawan kejahilan Australia agaknya memaksa negeri ini utk makin mengeratkan genggaman tangan pd NKRI. msh menanti clue slnjutnya bagaimana permaianan & sepak terjang RI menghadapi berbagai konstelasi yg ad di sekitar nusantara.

      So, terus majukan kekuatan pertahanan dan Angkatan Laut NKRI.. perbanyak Ping ke Utara dan Selatan

      http://kasamago.com/kamen-rider-amazon-prime-kembalinya-kamen-rider-jalur-dewasa/

  13. Selamat datang bung @TrahLoR…
    Senang sekali membaca kisah “hoax” anda ahirnya terbit juga Hari ini!
    Tentu salam sehat sejahtera anda sekeluarga… jg bung bung patku patsus serta patga semuanya di seluruh tanah air! Smg kesehatan dan kebahagiaan slu menyertai anda…
    Nah bung, langsung saja… saatnya bertanya hehehe!!!
    Permainan apa lg kah yg hendak kita jalankan sehubungan dgn kampanye kebebasan bernavigasi oleh USA thd klaim berlebihan bbrp negara yg dimaksud USA?
    Lalu, penumpukan alutsista nato di philipin,singapura dan AUSI berdampak positive kh dgn posisi TNI?
    Dan biar saya paham, apa maksud xanana menjulur kan ludah ke selatan? Jd penjilat, sekutu atau apa bung trahlor..? Sekian terima kasih dan maaf bila gak nyambung!

    • Bakulo Wajaro on

      Hehehehehe… Bung Pok pink coba saya bedah ttg xanana menjulurkan lidahnya ke selatan.. Pada beberapa waktu insiden Natuna terjadi di timles juga terjadi demo besar2an rakyatnya berkaitan dgn kecurangan ausit mengeksplor celah timor pada saat perjanjian kerjasama blm selesai dibicarakan dan membohongi pemerintahan timles secara mentah2. Dan kelicikan ausit menyadap kantor presiden timles pada saat negosiasi berlangsung membuat kerugian yg besar pada timles utk perjanjian kerjasama tsb.
      Adios amigos wis ngantuk iki..

    • Bakulo Wajaro on

      Hehehhehe.. Mungkin statement ini bisa menjawab ttg kebebasan navigasi yg dikeluarkan asu dgn mengirimkan armada kapal induk dan rombongannya kemarin melalui natuna bung Pokpink..
      Dan hal ini sgt tdk diharapkan oleh beijing :
      “beijing tak suka jk natuna kuat dan mnjadi kampanye anti militer tiongkok disana. Mrk jg tak brkenan armada Rusia tll dekat dg wilayah pengaruh kkuatan mrk, krn akan mmancing AS dan sekutunya smakin bereaksi keras pd beijing”.
      Untuk penumpukan alutsista di singapur,ausit dan pinoy sptnya sgt tdk diharapkan oleh kita dan sekutu dibawah tanah bung.. Makanya ada statment :
      “Dia akan memukul langsung nato tepat dihidungnya utk menahan laju bantuan yg akan mrk tumpuk di australia, philipine dan singapura, Grushko akan mmbuat AS, nato sgt sibuk. mrk disini(eropa) tak akan berani brspekulasi ttg langkah moscow”
      intinya penumpukan alutsista nato ini akan memperkuat kepungan Asu cs thd RI..Sptnya ini juga yg diantisipasi oleh TNI dgn pengerahan pasukan besar2an di tarakan dan penyebaran alutsista dan pangkalan2nya di barat,timur,utara dan selatan RI dgn waktu yg hampir bersamaan.
      Adios amigos

      • Timur_Nusa Kambangan on

        Crimea dan Baltik adalah spot mancing mania bagi Grushko.
        Bukan begitu bung @bw? Hehehehe

      • Terimakasih bung bakulo wajaro atas atensinya… hehehe salam hormat bung bw dan klg… lg di daerah susah sinyal.. nih!

    • Bakulo Wajaro on

      Hehehehhe… Saya coba infokan ya [email protected] ijin ndan.. Honduras script adl lanjutan perjalanan bung T setelah kejadian Natuna (honduras tmpat bisnis gelap mr yu)..beliau diminta hadir disana oleh mr yu utk mmperingati RI tdk menggangu bisnis laut cino di natuna..dan itu dibalas dgn lembaran foto ttg resiko yg akan dihadapi cino sbg negara jika berlaku arogan thd RI dan dirinya sendiri sbg pejabat yg korup dan memp bisnis gelap dinegara tsb.
      Mungkin begitchu..
      Adios amigos mojok meneh sambil ngupi..

  14. @bung syamsul
    @bung arif
    mungkin sdikit jauh utk menscroll sisipan komentar sy di edisi” behind the scene natuna insident”. Bs dilihat dr komen bersambung sy sjk ”athena solitaire”. Kesibukan sj yg mmbuat sy banyak tlambat melanjutkannya, baru hari ini sy kmbali menyelipkannya. Tntu sdikit merepotkan bung@NAGA SAMUDERA hehe…
    Trimakasih tlh mnjadikan komen ini mnjd bagian artikel2 patga.
    Salam bung….

  15. salam sungkem bung Trahlor. artikelnya sangat berat tp menyegarkan… kiranya selain menggunakan bebas satelit maritim nya cina angpau apa bung yg tawarkan ke RI bila cina bisa bebas gunakan jalur sutra???

    • salam @bung nadi
      sjk sblm pak Gatot mnjabat bbrapa kali kita ditawari penggunaan aset militer China. Tp tntu pameo tak ada makan siang gratis msh berlaku hehe. Kita sgt respek dg tawaran krjasama mrk tp tntu waspada mnjd lbh bijak kita terapkan disana.
      @bung lut
      @bung yuda
      selamat mnikmati bung haha

  16. EMBER MANA EMBERR, mual mual meresapinya, wedan bung pertemuan tingkat tinggi khas inteligence yang dibayangi bumbu bahaya ini, geleng2 kepala saya bacanya, andai psy warnya gagal bisa bahaya juga, lanjutkan bung

    SALAM PATRIOT !!!

  17. wow edan numero uno ini
    kelas atas pdhal q gk ngerti
    rejeki ini bung kayak Nemu uang puluhan juta Nemu tulisan kayak gini
    terimakasih terimakasih matorsuwon
    salam hormat

  18. csrloropikir on

    Terimakasih Bung Trahlor dan Bung Naga Samudra salam sehat sejahtera anda sekeluarga… jg bung bung patku patsus serta patga semuanya di seluruh tanah air! Smg kesehatan dan kebahagiaan slu menyertai anda…beberapakali baca bolak balik kok tambah loropikir ini…tapi mantab walau masih banyak yang saya belum paham ….mohon di maklum

  19. Gunung Jati on

    Salam Bung TRAHLOR.., saya masih penasaran perkataan anda yg ini “Message pendek dari kontak mossad saya trima di starbuck Chang’i sehari kemudian. Seorang kawan Jerman bahkan memastikan ini adalah sosok antek CIA yang lama berpetualang di selatan Philipine dan menjadi penggerak menakin menakin abu2 usayyaf untuk menekan Asteng”. Pertanyaannya apakah agen mossad yg lama menggerakan abu usayyaf di selatan Pinoy berwajah asia tenggara, arab atau eropa ? karena bagaimana si mossad bisa berlama di selatan Pinoy padahal mereka sangat anti pada wajah asing.

    • agen CIA bung@gunung jati
      Dia petualang timteng sjk lama disusupkan di medan propaganda. Bberapa kali dia mnjdi TO namun prlindungan AS rupanya mmbuat dia sll lolos. Belakangan diketahui dia berada di sbuah pulau digugusan selatan Philipine. Oh ya, ada bbrapa kok bung yg berwajah eropa. Mrk mnjd kurir bhkan penego para sandera asing bung.
      @bung mugiwara
      @bung csrloropikir
      @bung uwex
      selamat menikmati sajian kopi kental ini, ngga’ trlalu terasa luwaknya mski mUSAng nya kerap ditemui jejaknya. Mngalahkan kehadiran sentuhan Beijing yg trkesan kurang greget disana.
      Salam…..

      • Ember Keramat on

        Bung @trahlor dan patga yang saya hormati, maaf mungkin agak melenceng dari bahasan sebelumnya.
        Apakah kejadian2 pesawat turbulens yg akhir2 ini terjadi adalah murni kejadian alam, atau ada campur tangan pihak asing dengan senjatanya yg bisa merekayasa cuaca. Khawatirnya kejadian pada malay terjadi pada ibu pertiwi. Terimakasih sebelumnya, salam NKRI

  20. Luar biasa ,, satu informasi lewat Alur sbuah artikel nuansa hoax yg sangat mencerahkan …. Matursuwun Bung#Trah lor
    Siapapun jati diri anda ,, Jelas Anda bukan orang sembarangan.
    Salam NKRI !!!.

  21. Putrasanggabuana on

    Bung T ,adakah jawara2 silat kita yg di rekrut jd teliksandi bukan dr militer selama ini..?
    Membaca artikel ni mbuat jntung dagdigdug..
    Rasanya mulai mengerikan apa yang terjadi di bumi ini.. Sepertinya kemungkinan prang dunia 3 bisa terjadi nih,awal kiamat.
    Harus banyak2 ibadah nih,tkut klo2 bbrp thun k depan terjadi perang,jd sdah siap..

  22. Roulet de jakarta membuat china pusing dan sekaligus asia tengara terpana bagaimana tidak buntut insiden lcs kemaren seakan RI menyulut api keberanian bagi asean untuk menghadapai china.masalah sateli bersama udah ga perlu dirisaukan bangsa ini udah belajar mandiri tentang satelit toh china bukan pemilik asli teknologi militer.mereka hanya subcon dari teknologi us,rusia,dll

  23. Gaibkelana on

    Trims atas ceritanya Bung TRAHLOR, semakin menguatkan cerita yg disampaikan oleh bbrp kalangan spiritualis ttg dewan ini dan pergerakan dunia bawah tanah. Intinya perang bawah permukaan sebenarnya sudah berlangsung sejak lama.

  24. Salam Bung Trahlor….
    Pilihan kata-kata yang dipilih, susunan kalimat-kalimat yang dirangkai, rangkaian paragraph-paragraph yang diuntai, semua menunjukkan betapa luas dan luwesnya gaya diplomasi…
    Selamat bertugas Patriot, dan terima kasih atas aksi tanpa saksi…

    Mohon maaf, tidak ada yang bisa kami sumbangkan selain menikmati jerih payah kalian…palingan kami hanya bisa berdoa Semoga anda, keluarga, para patriot dan anak bangsa, selalu dalam perlindungan dari-Nya…

    Terima kasih Patriot…

  25. Mencerahkan…terimaksih bung NS, terimakasih bung TL akan comment nya. Salam NKRI untuk semua…

    Bung TL selalu waspadalah dalam menjalankan tugas. Semoga selalu dalam perlindungan Allah SWT Tuhan Semesta Alam

    • @bung azda
      siap bung…
      Salam hangat dan teriring harap dan do’a yg sama ya bung….sy pcy ini Jum’at mubarak.
      Smoga mndpt petunjuk snabtiasa…..
      Amin….

  26. @bung bakulo wajaro
    trims bung, paparannya sgt membantu. Banyak sekali poin yg anda tangkap dan sanggup anda jabarkan. Sehat sll bung BW….
    @bung beteman
    anda benar bung, kemandirian adlh obat yg sgt mujarab utk mnghadapi jepitan proxy adikuasa. hehe salam hangat bung.
    @bung in_di
    trimakasih bung…smg trs tumbuh patriot bangsa ini dan trs tumbuh tanpa henti dan mati. Kesempatan kita sll ada utk menunjukkan bakti pd nusa dan bangsa, siapapun anda dan dimanapun anda.

    salam hangat utk anda sekalian. Wabilkhusus utk @bung naga samudera
    matursuwun sanget bung, merepotkan anda dg tulisan sederhana ini. Thanks jg menyempatkan galian komen sy sejak di edisi athena solitaire dstnya. Tentu hal yg sama sy ucapkan bg para patsus lainnya. Semoga mnjd bagian kita semua ini dlm tugas mngisi kemerdekaan bangsa dan negara tercinta ini.
    Salam Patriot bung….dan
    MERDEKA !!

    • Sugie freedom on

      Qt sllu djdikan target proxy oleh asing
      Kpn memblasx whai patriot nkri
      Apakh qt hrus dsibukan oleh proxy2 asing sehingga yg bermain dblik layar ongkang2 kaki

  27. “Ehhmmm ……..salam sehat sllu bwt bung @thalor besrta kluarga.trmakasih akn clue2nya yg bkin cerah.nyimak trusss………smpai paham.

    • @bung kumell
      ehmmm….salam hangat bung, trhatur ucapan yg sama, smoga anda brsama kluarga snantiasa dlm limpahan rahmat-NYA; amin…
      @bung zka…
      Haha….ma’af hrs mmberi tanda tanya brlebih bwt anda, hanya bidak bung…
      @bung benss
      salam hangat bung…hehe

  28. setelah membaca beberapa artikel bung trahlor….sepertinya fokus saya mulai teralihkan, dari isi artikel ke penulisnya….dari fokus pertanyaan tentang isi artikel, menjadi fokus pertanyaan siapa sebenarnya di balik artikel ini??

  29. salam hangat@ bung Lek Umar…
    Afwan bung, hehe smoga sama dilimpahi rahmat Allah SWT. Amin…
    Salam hangat pula bg rekan patga sekalian.
    @bung tanpa nama
    smoga sdh trjawab ya bung.
    @bung lamp
    haha….sy hanya bidak bung. Pak kivlan tntu lbh hebat dr sy bung.
    @bung asbun
    trims bung, hanya bagian kecil dan tak seberapa….klaim itu mgk biasa dan wajar bg sbagian org, tp tntu aib bg org spt sy ini jk sampe melakukannya. Hehe….
    @bung moday
    selamat mnikmati bung….
    @bung ketika saatnya tiba
    salam hangat bung…
    @bung cah bodo
    hehe smoga brkenan ya bung….
    @bung bakul ikan hias
    hehe anda sdh memegang kompasnya bung…
    @bung demar
    nah…bung NS dan bung BW sangat mewakili sy rasa jawabannya.
    @bung kang Jhon
    mari bung..mari kita jabarkan brsama hehe…
    @bung buddy
    mohon diterima yg sederhana ini ya bung haha…
    @bung cah boyolali
    yupp bung hehe…
    @bung pager wojo
    afwan bung…sehat sll buat anda dan kluarga. Mulai ada tanda kompas alur di anda bung hehe..
    @bung fb
    siap bung…
    @bung cijalu dan bulba
    hehe smg trcerahkan ya bung…
    @bung kz
    smg sesederhana ini dpt mmberi sumbangsih bg sudut pandang yg beda dlm bingkai menjaga kedaulatan negara, afwan bung….
    @bung tukang bangun
    @bung tukang kompor
    @bung cirlider
    ahaha salam hormat buat anda sekalian bung. Sy sbnarnya lbh suka mmbaca taut sejarah kok bung. Bs berjam2 jk sdh mmbaca hal2 yg brbau sejarah. Hehe…
    Yg blm trbacok, smg darahnya tetap mendidih….
    @bung pokpink
    apa kabar bung ?
    Sy mncermati tanya anda, insyaallah sy babar kemudian. Sabar ya bung…
    @bung arif
    terjawab ya bung ?
    @bung werengcoklat
    insyaallah sy sentil berikutnya, sabar ya bung…
    @bung wong goib
    haha apa kabar bung ? Sehat sll bung…
    Salam PATRIOT !!

    • Arek mburi on

      Ijin bertanya bung@Trahloh, yg dimaksud dgn kulit ari kepala mayor Philippines itu spion mosaad yg terpaksa di sekolahkan krn buat masalah pd proses pembebasan sandra dewi kemarin ya..atau ada arti lain..

    • siaaaappp…..!!!
      satu hal yg sama.
      tetap membuat dahi berkernyit….
      tetap perlu dibaca pelan2 dan diulang.

      dan betul, jadi inget dulu baca novel nick carter.
      xixixixi…..

  30. Luar biasa ….
    Salam hormat bung trahlor
    Dan tak lupa terima kasih sdh merangkum ini menjadi arrikel tersendiri bung naga samudram..

  31. waw kalo udah bung T yang komen….pokoke seng ada lawan.Impian putra sang fajar menjadikan indonesia kekuatan blok ketiga kekuatan penyeimbang dunia. blok negara korban keadidayaan adalah langkah tepat mengambil hati dunia. bikin negara super power jengkel. sayangnya keinginan ini kebaca oleh mereka sehingga non blok tercerai berai sejak runtuhnya pengaruh indonesia didunia. ini masa depan indonesia dan dunia. kita saat ini mencoba merangkai kembali ceceran puzzle non blok. bandung sebagai langkah awal untuk menggeliatkan semangat yg pernh padam. OKI menjadi madu yang sangat enak dan tak mungkin bisa ditolak negara didalamnya. kepercayaan telah pulih negara islam kembali menaruh kepercayaan kepada indonesia, bahkan OPEC pun mempunyai keinginan yang sama. mata rantai ini kini perlahan tapi pasti sudah mulai tersambung kembali. Ksatria dari timur ini sekarang sedang membangun kekuatan untuk mengembalikan marwahnya. BLOK TENGAH adalah alternatif dari bisingnya dunia semoga cita-cita ini tercapai. terima kasih ALLAH, terima kasih bung T…lewat tangan anda negara ini kembali kuat, suatu kehormatan jikalau ALLAH mempertemukan kita. semoga….salam patriot…

  32. werengcoklat on

    sekian banyak informasi ini apa tidak dijadikan pembelajaran bagi intel asing untuk menghadapai kita nanti ? pastinya juga kalo ada beberapa agent asing yang ikuti terus perkembangan disini, cuma saya belum melihat hal yang sama terjadi disitus sebelah dimana caci maki dan oknum malay (asli atau tidak) dan yg menyamar ramai komentar dan saling bully…

  33. Ketika Saat Nya Tiba on

    Terimakasih bung trahlor, artikel yg membuat hati ini berkata untuk dpt mengerti & memahaminya, tp apa daya kemampuan otak sy terbatas hehehe..tp berkat komen2 para patku, patsus, & Patga, sedikit2 mulai mencerna, tks jg buat bung Bakulo,pokpink,tnk,wereng,uwex dll, komen2 nya membantu utk lbh memahami, salam patriot Indonesia bung!!

  34. jack separo on

    Terimakasih buat Pak Trahlor…siapapun Bpk.telah membuka tabir wlw sdkit buram ttg sepak terjang bpk dan terimakasih telah berbagi utk kmi…salam patriot!!

  35. Salam bung Trahlor. Cerita yg menarik yg membuat saya bisa memperlajari bahwa pengetahuan akan rencana musuh kedepan adlh suatu hal yg mutlak di dunia militer. Kemenangan israel atas mesir dan keberhasilan putin mengantisipasi gejolak di ukrania krn pemaksaan pion barat disana dgn pengambilalihan crimea yg mrpkan akses penting rusia di laut hitam sama halnya natuna bagi kita di lcs.

  36. burhanuddin on

    Salam hangat Bung Trahlor, selalu sehat n dalam lindungan AllahSWT…..Bung Trahlor. dilihat dr cerita di atas, terlihat kita disegani karena ada faktor Rusia dan jg Jerman walaupun samar2…kalau Jepang, kira2 kakinya ada dimana2 ya Bung? karena mereka masih bersengketa wilayah dg Cina n Rusia.
    Kalau faktor Rusia menyusut atau mungkin menghilang(seperti era Eyang), apakah kita sudah siap Bung?

  37. LEMBU SEKILAN on

    Terimakasih Bung Thrahlor atas artikel yang sangat panjang, semoga sehat slalu. Perlu baca beberapa kali untuk memahami alur critanya. Kalau baca artikelnya saya percaya Bung T ini seoarang yang sudah malang melintang di jagat persilatan. Pertanyaan saya, selain LCS ada hotspots lain yaitu ambalat dan papua. Proxy sudah mulai di lakukan di papua dengan adanya peristiwa tolikora dan demo2 opm..antisipasi apa bung yang dilakukan disana…..melihat perkembangannya di timur juga akan semakin panas…

  38. Bung trahlor, Kira” indonesia punya berapa agen seperti sampeyan? Saya rasa negeri ini sangat memerlukan talenta” seperti sampeyan. Maaf kl pertanyaanya kurang berbobot, maklum anak kampung yang coba belajar.

  39. @bung guru smp
    apa kabar bung ? Hehe smoga sehat senantiasa bg anda skeluarga. Amin ya rabb utk do’a anda…
    Jika ada sumur diladang bolehlah kita mnumpang mandi ya bung….hehe
    @bung werengcoklat
    jgn kwatir bung….hanya di hollywood mrk hebat. Tnpa meremehkan, hanya agen2 SAPO, SVR, GRU dan MOSSAD sj yg msh sdikit bs mmbaca gelagat para bidak.
    NSA sj sering kewalahan M16 dan CIA sering mngandalkan data2 ga’ jelas di black market. Mrk mulai takut utk jauh bermain bung. Maklum kepala mrk dihargai mahal oleh triad dan CHIS, blm lagi incaran para jihadis hehe. Sering mrk mngandalkan jualan info para agen ganda kok. Hha…
    Tak banyak kok para underground yg nengokin blog/forum militer, kalopun ada tak berpengaruhlah hehe…
    @bung zka…cb sj anda cari referensinya bung, banyak kok. Smoga mnginspirasi anda bung zka mski kebanyakan brlatar dr militer tp mulai bnyak kok perekrutan dr sipil murni blakngan ini.
    @bung KST
    trimakasih kembali bung…
    @bung arek mburi
    kulit ari biasa sy maknakan sbg info awal yg sy dptkan dg cara halus atau kasar hehe…
    Salam…

    • werengcoklat on

      makin asik rasanya bung trahlor, sayang cuma bisa nyimak tapi tidak bisa ikut main, heheheheh, walau ortu adalah prajurit, sayang sy tidak bisa ikut beliau jadi prajurit, tapi jika pertiwi memanggil, Kami siap membela…!, meskipun sekarang hanya sebatas aktivis medsos menjaga kesatuan NKRI dari kejahatan aliran sesat radikal yg melakukan propaganda perpecahan, tolong diulas juga bung uang petro dollar yg mengalir dimari untuk membuat perpecahan ummat, belum lagi aksi khilafah yang tidak jelas….aneh…negara-negara kerajaan kok mendukung khilafah, yah tidak lain tidak bukan mereka ingin juga menguasai NKRI, luar biasa musuh rebuplik ini, dan geraka-gerakan diluar barat ini berbahaya karena potensinya besar dan mereka berada ditengah-tengah ummat, memanfaatkan keadaan, kemiskinan dan ketidak adilan, semoga mereka semua dapat disadarkan kalo tidak mau disingkirkan saja, trims bung atas infonya

  40. @bung ihsan
    tepat bung, analisa anda sgt bagus.
    Sehat selalu utk anda….
    @bung burhanudin
    simbiosis mutualis, tak ada ketrgantungan yg parah kok bung. Saling share dan show dipapan masing2. Memutus rantai dominan dan memagar gerak berlebihan para ular2 dunia. RI bkn pemain baru kok bung, sjk th 1954 sbnarnya kita bnyak trlibat pd skuel2 penting dunia. Soal jepang, tntu sbuah kesempatan dan alibi yg kuat saat ini utk memainkan peran lbh nyata dikawasan mngingat sikap ambigu mrk sama sekali tak mnghasilkan hal positif bg masadepan tokyo sndiri. Indonesia adlh barometer yg tepat utk tokyo mnjd lbh berperan aktif dipermukaan dan gelanggang bawah tanah.
    @bung jembeng
    banyak sekali bung, insyaallah. Negara sebesar ini tak akan mampu trjaga oleh sgelintir org yg ringkih spt sy bung hehe.
    Smoga nanti muncul org2 sejati, yg tak segan berbagi dan jernih menatap persoalan negeri. Menularkan virus perjuangan yg berapi api hingga tunai bhakti utk ibu pertiwi.
    Salam patriot bung !

  41. salam hangat Bung Trahlor,
    Bung bisa dijabarkan :
    1.kunjungan delegasi partai komunis china bertemu Pres.RI di Jkt, apakah deal2 yg tercapai, serta kunjungan balasan Menko ke china..
    2. Mohon juga di babarkan sefikit kaitannya masalah LCS, poso dan penyanderaan Abu usasayap, karena waktunya saling berkaitan.
    Tks.

    • @bung tiwul
      inshaallah ba’da jum’at trjawab ya bung. Mohon bersabar….
      Salam hangat bwt anda dan kluarga bung

  42. salam hangat Bung Trahlor dan bung Naga Samudra…
    haduuhh…dag dig dug bc nya..
    terimakasih banyak atas share ilmunya
    semoga Alloh SWT senantiasa menaungi bung Trahlor & bung NS kesehatan keselamatan dan kekuatan untuk tetap berkarya bagi NKRI.
    salam Patriot

  43. Matursuwon pencerahanya bung @trahlor semoga kesehatan dan keselamatan slalu ada pada sampeyan dan keluarga.

  44. trimakasih saya haturkan pada para sesepuh (bung T.,PW,NS,dyll…) atas tutur,sembur lan piwulanganipun….
    kawulo namung saged ngucap “lemah teles”….insyaAlloh GustiAlloh ingkang mbales….

  45. Ho’oh sang diplomat Kawe doyan sama Cerutu Kawe rupanya…Saya cuma bisa membayangkan bagaimana Ekspresi Koko Yu ketika Mr.X menghembuskan asap cerutu tepat didepan mata sipitnya hehehehe…
    Salam hangat Bung Trahlor,semoga selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa…

  46. putratransad on

    salam untuk patku dan patsus sekalian. trlebih untuk patku Trahlor dan penjaga negri yang ada di mana saja, selalu berjuang siap siaga untuk Indonesia. semga selalu dalam lindungan Allah SWT. trimakash untuk Bung Trahlor yg sudah byk menceritkan kjdian2 yg mggugah smgat patriot kita smua. kita terhenyak, haru, gemas, dg apa yg tlah di rencanakan asing untuk menghancurkan bangsa kita trrcinta ini. smga patriot bngsa ini sllu waspada dn dapat menghalau segala rencana dan kegiatan busuk bangsa asing.. amin.
    trimaksh jg sy haturkn untuk patku dan patsu sesepuh lain seprti bung NS,BW,NY, PS, ats bimbingan nya slma ini. jgn bosan mbrikan clue2 nya y bung.

  47. silent reader on

    salam patga,sudah setahun ini sya mngikuti patga n hanya jadi silent reader.karna emang g tau mesti koment apa.tpi melihat artikel2 belakngan ini sangat membuat jiwa ini bergejolak terbakar nasionalisme.segitu hebatnya indonesia dalam menyembunyikan keperkasaannya.trima kasih @trahlor,@ns, @yayan,@hadna, smoga kalian n kluarga sehat slalu.n smoga kemampuan kalian terwariskan oleh generasi penerus.amiin

  48. Namanya bidak pasti bisa dimusnahkan

    Nah seberapa banyak bidak kita yang hilang dan sebaliknya? Apa pembalasannya?
    Bagaimana mengantisipasi gerakan tak terduga karena mereka pun tidak berpangku tangan

  49. Alhamdulillah Bung Trahlor telah kembali, semoga sehat selalu bung…kayaknya kita sudah antisipasi terkait penumpukan di Subic bung, pergerakan ini ternyata luput dari pantauan mereka. Dengan alasan pembebasan sandera kita memobilisir kekuatan yg luar biasa di border pinoy dan sedikit demi sedikit alutsista kita dipublish ke media sebagai bentuk “bentakan” kepada siapapun yg berani mengusik NKRI. Timles pun siap konfrontasi dengan Sonotan walhasil benteng utara dan selatan sudah siap, tinggal nunggu pelatuk aj bung. sementara singapura n malaysia tak berdaya dan mati kutu tersekat oleh Natuna. bukankah begitu bung Trahlor? hasil dari Sulu tolong dibabar bung…ada berita yg berperan di sana Sukma Foundation, klu bener berarti ini sipili vs sipil…Pinoy terperangah tanpa uang tebusan sesenpun sandera bebas tak sebanding dengan muntahan peluru dan nyawa dr militer Pinoy. mereka harus belajar ke kita bung. semoga dengan kejadian ini Pinoy akan menendang usa laknatullah dr negaranya dan berpaling ke NKRI.

    • kuli pabrik on

      Selamat datang dan bergabung kembali bung Trahlor..lama kami menunggu pencerahannya nih..mo nanya nih dikit nih bung…berhubung dengan lg panas2nya topik jakarta1,ada statment dari mantan KSAL pak SS yg mengatakan waspada dengan ambisi china menguasai RI, bagaimana bung Trahlor melihat hal ini apakah ada benang merahnya? dan satu lagi mengenai yg terkini dari negri mama Eli tentng parlemennya mendukung OPM dan sudah siapkah kita menghadapi proxi dari ASU akibat kontrak Freport yg akan habis di 2019 nanti…salam hangat untuk anda dan keluarga

  50. iya bung, hanya saja saya mempunyai sedikit masalah dengan ijazah saya yg hanya lulusan smk bung. mungkin anda bisa memberikan referensi yg lebih cocok untuk orang yg mempunyai keterbatasan seperti saya?

  51. Bung Thrahlor,
    Maafkan saya jika terlalu banyak bertanya, saya hanya anak negeri yg mengecap kedamaian hasil kerja keras anda2 sekalianpunggawa negeri..
    Bung, yg membuat hati saya sedih, adalah masih masalah papuapapua, begitu banyak gangguan di sana dari tagan2 kotor asing,
    Padahal pemerintah telah memberi dana khusus yg begitu besar, banyak anggota tni kita juga yg jadi korban, dan opm juga bermain si luar negeri,
    Bung thrahlor seberapa kuatkah kita menyekat pola main inteligent asing dan opm di luar negeri karena sampai saat ini isu oapua merdeka masih saja berhembus
    Sejauh mana masyarakat papua menerima NKRI, karena klo saya perhatikan banyak apatis terhadap RI.
    Contoh: ” Mohon maaf jika saya salah”, saat pertandingan sepak bola, banyak pemain2 papua tidak menyanyikan lagu Indonesia raya, padahal presiden hadir disitu. Mohon pencerahan bung.
    Salqm sejahteraselalu.

  52. anak pai mandai on

    Bung trahlor ini udah selesai ba’da Jum’at pertanyaan bung tiwul saya pun menunggu jawabanx heheh ,,,edisi nodong nih bung trahlor.semoga anda sekeluarga dilimpahkan Rahmat & kesehatan oleh Allah swt

  53. baru td mlm ketemu blog ini,sdh baca jg yg behind the scene tp tdk kunjung paham jg,mgkn krn artikel saling berkaitan satu sm yg lain,biar mudah pahan sy hrs baca artikel yg mn dl?
    clan=un?
    suwun

    • Bakulo Wajaro on

      Hehehhehe… Bung@ SJ sehat selalu bung.. Kalau anda menunggu kehadiran bung@PR sama aja anda menunggu kehadiran jelangkung bung.. “Dateng ga dijemput..pulang gak dianter” xixixiixixixixi…peace bung @PR..wkwkwkk.. Salam utk para ronin asia ya bung,,hehehhehe..
      Adios amigos indik2 maning..

  54. anak negeri on

    Terimakasih para sesepuh. Salam kenal semoga para penjaga tanah air diberi keselamatan dunia dan akhirat. Artikel yg sangat menyadarkan . pada saat smp penataran P4 dengan butir butir pancasila Eka Prasetya Panca Karsa , wawasan nusantara , wawasan wiyata mandala dan saktinya Pancasila yg pada saat skr kehilangan ruhnya. Ternyata ancaman yg sblumnya samar sangat terlihat jelas semua jalur Epolsosbudhamkam. Selamat bertugas berjuang semoga kita menang.

  55. Bakulo Wajaro on

    Hehehhehe.. Berita terbaru singaporn mulai latihan perang di australia dgn mengirimkan 14 ribu tentaranya dan ramos horta timles mengatakan RI mampu menyelesaikan sendiri Ham di papua… Hhmmmm… Sinyal Pemanasan para ikan peda sdh dimulai dgn target timur indonesia..gak sabar rupanya… Pesan xanana dan ramos horta mulai dikrimkan ikut menjulurkan lidahnya kpd ausit dan gerombolannya..
    Adios amigos mari cermati..

      • Bakulo Wajaro on

        Hehehhehe.. Bung @BC jika berkesempatan mencermati pergeseran alutsista dan statement petinggi TNI anda sdh liat antisipasinya, disamping kesibukan luar biasa dari bidak tua yg sakti yg terus shopping di luar sana.. Utk yg pergerakan di bawah tanah bung@T sudah byk babarkan..dan next mungkin beliau akan buka sedikit antodot yg telah disipakan utk ausit dan singaporn ini
        Sehat selalu bung..
        Adios amigos mari cermati..

  56. Khucing ghudig on

    Assallamualaikum.. selamat sore untuk semua patriot yg di mari. Bung trahlor semoga sehat sellalu ya bung. Ane suka sekali baca artikel dari anda bung. Ingin rasa nya masuk ke dalam alur cerita. Alm. Ayah ane mantan RPKAD tp dari kluarga tdk ada yg mengikuti jejak beliau. Sungguh bangga kalau ane di jadikan aset bangsa ini di luar sana. Naluri & insting hampir membawahi ayah ane karena ane begitu dekat dengan beliau. Trimakasih untuk semua patku n patga. Bung hadna,bung NS, bung pokpink, bung BW,bung senopati serta bung2 yg lain nya yg sudah ikut memberikan koment,clue dan berbagi ilmu serta wawasan. NKRI JAYA

  57. Lamp (gak nyambung) on

    Jadi teringat nasehat seorang ustad saat acara tabligh kabar di masjid Istiqlal dg thema NEGERIKU BERSHOLAWAT. Sang ustad mengingatkan kepada seluruh yg hadir dan yg mendengarkan untuk terus mengawal kesatuan negeri ini, karena klo tidak, bukan tidak mungkin negeri ini menjadi tercabik2 spt negeri2 lain yg pernah ada. Karena musuh2 NKI selalu mengintai, kapan dan di mana kelemahan dan kelengahan kita. Dan pernyataan ustad itu di amini oleh Pak Kapolri Jend, Badrodin Haiti.

    Bung Trahlor, terimakasih atas apa yg telah anda lakukan untuk NKRI. Semoga Allah azza wa jalla selalu menjaga anda dan rekan2 punggawa NKRI semuannya. Dan semoga Allah selalu menolong bangsa dan rakyat Indonesia, dan marilah kita jemput pertolongan Allah itu dg mentauhidkanNYA, selalu bersyukur dan tidak kufur.

  58. Bung Trahlor, membawa kembali ingatan saya mengenai cerita agen spionase nick carter semasa muda, hehe… insya Allah menang terus.

  59. He..he..,
    Bung BW jeli juga,
    Sementara pion2 FPDA udah mulai gatel, nun jauh disana induknya bermain, slah satu partai oposisi mengadakan pertemuan dan mendukung opm, targetnya thn 2019-2021, m3reka bergerilya dari sekarang, mohon juga di cermati gempa yang terjadi di utqra sulawesi, lampung dan biak, kita bisa mencium paketan mereka.
    Well, seperti bung trahlor katakan, tiap saat ternyata kita selalu berperang.
    Pancingan santoso, panama papers, LCS, Abu Sayyap, Tolikara, G30S PKI, tidak mampu membuat kita terbius masuk perqngkap. Sekarang dimainkan isu papua, well let’s party begin guys, ..
    Fpda, setiap langkahmu sangat terbaca dgn jelas. Kita mainkan bidak yg kau sendiri tidak menduga, tiba2 makjleb masuk didepan terasmu..he..he..
    Salam dari bangsa pejuang.

  60. @bung tiwul
    sbenarnya tak ada yg istimewa dg kunjungan mrk ini bung, sbb jalinan ini tak hanya tjd dlm kondisi kekinian sj. Sy rasa isu yg santer soal cinaisasi inilah yg mmbuat kt curiga. Sjk era soekarno PKC trs berusaha mnjadi keynote speaker dr kpntingan besar/ harapan besar tiongkok pd Jakarta. Bgaimanapun Indonesia adlh grbang baja bg stiap upaya/skenario utk mnjatuhkan beijing oleh barat.
    Jika ada kunjungan balasan pun hal yg wajar, mngingat kuatnya pengaruh pkc disendi politik dan rezim yg berkuasa. Hal yg merupakan lobi biasa.
    Mgk ada yg mngaitkan dg DKI I, tp inilah yg hrs jernih anda lihat. Politik dg sgala kekotorannya trik intriknya dpt mmbuat satu nationalis mnjd seolah penganut isme2 yg pantas diberangus. Ironiskan ??Sy ikut profesional, ikut mandito di barak2 utk jauh dr hingar bingar politik. Sy kira tak prlu risau dg kunjungan ini, ada deal ?? Tentu…..tp tak mgk presiden memutuskannya sendiri. Yg trbaik pasti dilakukan….
    Untuk jawaban kedua, rasanya sdh tuntas sy babar di edisi ”behind the scene…”
    silahkan dicek kembali ya bung,
    smoga dpt sdikit mmbantu bung tiwul, mohon ma’af jawaban sy sdikit trlambat ya bung…
    Salam…

  61. @bung prie
    di era yg sgt trbatas dulu, sy mengintip kgiatan dunia yg sama sekali tdk sy kenal ini dr skuel 007. Masa dahulu tntu sdh sgt luar biasa bs mnikmatinya. Tp gemblengan yg diterima tntu jauh lebih sukar dr skedar ian fleming melakoninya haha.
    Tp skrg sy dengar bnyak skali yg berusia belasan tahun, allhamdulillah sy tak prlu risau kedepannya…
    Indonesia mmg hrs siapkan sdm yg tak trbatas jk mmg msh ingin trs brmain dikancah global…
    Salam bung…

  62. Bakulo Wajaro on

    Hehehehe.. Sgt terlihat sekali permainannya barisan ikanpeda ini bung@Tiwul.. Mereka trs mengintai mencari celah dan waktu yg tepat utk masuk dan memangsa NKRI.. Semoga para clan sdh 1 langkah didepan mereka dan menyiapkan antidotnya..yg bisa kita bantu utk menangkal skenario mereka adl utk tdk terprovokasi dgn isu2 sensitive didalam negeri yg kemungkinan akan dilepaskan bersamaan dgn isu opm diluar negeri dan didalam negeri oleh lsm2 dan media2 pengkhianat dan gadungan..utk memecah konsentrasi pemerintah dan TNI serta menguras energi kita sendiri..
    Mari bersatu dan tdk mudah tersulut oleh mereka dgn berbgai macam isu dan provokasi didalam negeri.
    Sehat selalu bung@Tiwul.. Adios amigos cermati maning..

  63. putratransad on

    “Aku rasa kau profesional mengartikannya…aku dan mullah tak bisa terlalu banyak mendengar satu lubang gelap….,solitaire itu, Pemerintahmu terlalu banyak keinginan yang sulit kami anggap relevan, Beijing dan Teheran tak cukup waktu mendengar omong kosong kalian”. Wajahnya mulai saya rasa seringai, dan ini cukup buat saya untuk menggebrak sedikit kuat.

    ada pa dg beijing dan teheran bung Trahlor? apa teheran juga punya skenario busuk untuk NKRI

  64. @bung putratransad
    scroll ke atas ya bung, kbetulan bung@NS mnyempatkan utk tayangkan ”athena solitaire”
    @bung lamp
    segala sesuatunya adlh karrna kuasa Allah semata, trimakasih bung.
    @bung khucing ghudig
    waalaikumussalam ….sehat sll utk anda dan kluarga ya bung…
    @bung sandal jepit
    mari bung…
    @bung anak negeri
    siap bung…
    @bung body cover
    hadir bung hehe…
    @bung anak pai mandai
    hadir bung, inshaallah sdh sy penuhi hehe…
    @bung braja
    clan= klompok…selamat brgabung bung
    salam

  65. Timur_Nusa Kambangan on

    Bung @Trahlor.
    Negara2 Dunia ketiga yg skg coba dibangkitkan lg apakah kurang lebih sama dengan jaman Putra Sang Fajar bung?
    Berarti ada hubungannya dengan kedatangan orang no 1 dari Beograd kemarin?
    Salam sehat selalu

    • @bung TNK
      bgitulah adanya, selama poros kekuatan timur dan barat saling unjuk kekuatan mk wajar selaku pencetus nonblok kita trgugah bung, beograd sih selentingn jg soal deal bbrapa kerjasama pengadaan sista. Kbtulan sy kurang input info A1 nya bung.

      • Timur_Nusa Kambangan on

        Trims infonya bung @Trahlor.
        Maaf bung saya mau tanya yg mungkin sedikit privasi.
        Apakah di kehidupan seperti anda diluar sana juga berlaku hukum rimba bung @Trahlor?
        Jika iya berarti para spion jg sudah siap untuk “dijemput” malaikat ya bung?

  66. Gaibkelana on

    nyimak terus..makin seru. Mungkin ada bocoran ttg burung2 sipil kita bbrp wkt yg lalu di jadikan sasaran tembak uji coba senjta baru oleh msh negara arab. Sampai ada org kt yg jatuuhkan alat mereka di gurun. Ah…hoax kok
    Nyimak aja Bung…duduk manis.

  67. @bung tiwul
    pernah lihat tayangan kekerasan oknum aparat disana di youtube ?
    Nah jgn lewatkan mnyaksikan kekerasan sipil thd aparat pula di uncen …
    Smoga mnginspirasi anda utk ikut mnyimpulkan solusi ya bung….
    Bgaimanapun di papua kita br memulai menata mntal mrk bung. Ingat, baru kt mulai stlh puluhan thn kita lbh memilih jalur tekanan. Jk teliti, mk mulai nampak kok bibit2 merah putih brmunculan dan trs mekar disana. Lalu knp mrk msh kukuh dg melawan NKRI ??
    Freeport bung !!
    AS dan British melalui antek mrk, Australia dan new zealand bung yg jd kompornya.
    Israel via tolikara ??
    Ini hanya mimpi iluminati sekumpulan anak pejabat yg jd sampah di LN.
    Smoga ckp terang ya bung..
    Salam…

  68. Terima kasih banyak bung Trahlor,
    Mqntaap penjelasannya,
    Jika berkenan nanti, dalam kesemptan lain, bisa di babar upaya pembebasan sandera abu usasayyap, dan intrik konspirasi di dalamnya.
    Salam hangat dan sehat selalu bung..

  69. nico robin on

    bung Traahlor
    trimakasih ilmu nya
    semakin menikmati nh dg cerita2 ny
    sy mmg sk yg berbau underground
    hehehe
    sehat sll bung Trahlor dan keluarga

  70. belum bung LOW Pun bung trahlor nulis 1000 halaman ane jg gk bakal bosen bacanya
    ngarep.com
    TPI tulisan bung trahlor suerem menakutkan merinding bacanya
    semua pasti ingin ketemu bung trahlor termasuk q
    bung Anda kan senjata silet gmn Low lawan kiss of the dragon yg pkek senjata peniti yg mnyerang titik saraf
    gmn LOW lawan senapan
    harap maklum yg tanya masih unyu jdi ya gini!!!!!

  71. lamaddukelleng on

    bung trahlor anda james bond nya nkri
    hebat bersilat tetapi tetap shalat
    anda sering sendiri diluar negri
    main jurus di desingan peluru berkelebat
    ingin benar kami bersua
    walau sadar makin rahasia makin terjaga
    doa kami semoga anda senantiasa terpelihara

  72. assalamualaikum bung” semua,patku,patsus.trmksh bt p trahlor yg sdh membrkn pencerahan pd sy yg awam ne.stlh sy bc kmbali tntng bidik bidak 3 mntri saya beranggapan apakah p trahlor ne adlh P LBP,cm menebak ja,cp tau bnr hehehe

  73. entah nyambung atau tidak

    “saat cahaya berkumpul bersama maka terasa biasa, saat cahaya berada di kegelapan sekecil apapun merupakan anugrah
    tiada tara”

    semoga cahaya kecil terus muncul di bumi pertiwi

  74. @Bung Trahlor artikel nya sangat menginpirasi dan jangan lelah utk berbagi pengalaman undergoundnya dan di tunggu artikel berikutnya…he…he…

  75. Seharian ini sy berulang2 membaca tulisan @Bung TRAHLOR…. dilanjutkan dgn komen2 bersambung dari tulisan sebelumnya… yg sengaja di munculkan kembali oleh @Bung NS unt membantu kita agar tdk gagal fokus….! He he… tdk ada kalimat lain selain rasa syukur akan anugrah Ilahi terhadap negeri ku yg indah ini…! Dan ibarat gadis cantik dia tidak sombong… dan mau berteman dan berkenalan dgn siapa pun… berkepribadian dan memiliki pendirian yg kuat…sehingga banyak yg kecewa dan mungkin sakit hati karena tak dapat meluluhkan hatinya….! apapun keputusannya dan langkah yg diambil akan berdampak pada situasi disekitarnya… yg didiami oleh lelaki2 genit, urakan dan dekil serta murahan dan brusaha tampil santun dan parlente..! Trima kasih @Bung Trahlor…. atas tulisannya… salam dan sehat selalu… juga unt @Bung. NS…!. bs membantu sehingga sy tdk gagal focus….

  76. Artikel dan koment bung Trahlor slalu saya nantikan apalg koment bung BW yg menarik. Papua dan aceh akan mjd permainan politik, intelijen, militer dan media Amerika dkk dng proxy opm jg lewat asimetris lsm, fi dan pejabat korup. Kini papua mulai di perhatikan pusat dan di jaga ketat Bin dan TNI/Polri.

  77. Salam buat bung trahlor..semoga selalu dlm lindungan Allah SWT untuk bung trahlor dn keluarga….juga untuk sluruh rekan patga..Salam…
    Boleh kah ane bertanya sedikit bung…
    1. Kenapa Natuna menjadi keypoint beberapa crita dr hoax ampe beneran…dr perebutan sda hingga mapping military point baik dr TNI maupun tetangga kadang kadang negara jauh…
    2. Apa kah iya…ramalan www III bisa dr point Natuna ini?kenapa harus dr RI ya bung…ga ada spot lain yg bisa menjadi point wwwIII ya?
    Terimakasih bung…

  78. Tata bahasa yang tinggi, singkat, penuh penafsiran, pasti bung trahlor IQ nya tinggi.
    Yang jadi pertanyaan sy bung trahlor.
    Apa kita punya senjata ampuh sebanding nuklir / nuklir itu sendiri?
    Secara kita sebagai penengah. Berada di tenga. Diperebutkan. Atau mungkin saja ditunggu kehancurannya.
    Suatu saat kita dpt diserang kpn saja.
    Snjta konvensional tidak menjadi kunci nantinya. Tapi senjata sekelas nuke lah penentunya. Sy harap kita punya itu. Senjatanya. Bukan alat/kendaraan/kapal yg bertenaga nuke.

  79. Jd pngen ikut nimbrung, @bung trahlor, ass. wr.wb.salam hormat utk Anda. Sya prcya bung trahlor ini bekas org penting di bgsa besar ini. Menanggapi komen bung wereng cokelat tentang kelompok pejuang khilafah yg blum ditanggapi oleh bung trahlor. Saya ada uneg2
    1.mhon djwab bgaimana pandangn bung trahlor ttg khilafah yg diusung HTI?apakah HTI ini benar2 berbahaya bagi NKRI ?
    2.apakah agenda khilafah ini termasuk proxy barat? Krn sma dgn manekin daesh ttg negara Islam bedanya satu pake kekerasan stu pke pemikiran.
    3.apakah ada kawat rahasia ttg khilafah ini bung?
    Mnrut sya pemikiran HTI ingin merubah demokrasi bukan merubah ideologi bangsa besar ini, Pancasila,
    Pancasila menurut saya hampir sama dgn esensi ajaran Islam yg rahmatan Lil Al-Amin. Bedanya Pancasila itu Tuhan yg maha esa ,kemajemukan. Klo ajaran Islam Tuhan ya Alloh. Ndak ad lg. Tp dgn ajaran hablum minannas &hablum minalloh. hablum minannas artinya hubungan yg baik antar manusia. Kemajemukan jg.
    Trima kasih sebelumnya sy hturkan pada anda bung trahlor, sajak yg indah penuh dgn makna dan tnda tnya g kalah sama Wiliam Shakespeare yg bkin nasionalisme bergelora dan bangga menjadi INDONESIA. NKRI JAYA!!

    • nico robin on

      Qul huwallahu ahad artinya adalah “Katakanlah bahwa Dia adalah Allah, (Tuhan) yang Maha Esa.”

      hehehe
      pisssssss

  80. mf Bung Trahlor berhubung rekan Patga banyak yg recuest ane jg ikutan ah, minta sdikit bocoran dr kawan berlin bung Trahlor, sepertinya yg diketok kemarin2 di gedung kura2, tentang kerja sama pertahanan/militer lebih dahsyat dr poros JAB, salam sehat & sejahtera selalu

  81. Terima kasih jg sya haturkan buat bung bw,bung Yudha , bung pokpink, dan bung2 yg lain , yg sudah membantu mengunyah clue yg bertebaran dr bung trahlor ini. Salam hormat untuk Anda smua. Semoga kejayaan dan kedamaian akan selalu menyertai NKRI!!

  82. salam @ bung TRAHLOR, sy msh krg faham atas perompakan 10 ABK yg dibbskan kemarin sebab ada yg blg diantara korban bahwa perompak seakan2 salah rompak kapal, ” km WN apa? “, “Indonesia”, “SUDAH TERLANJUR, semua ikut kami”. Siapakah mrk sbnrnya? semoga bung sudi membabar rasa penasaran sy. salam sehat dan bahagia sll.

  83. ISMEDS BECKHAM on

    Artikel yg sangat menegangkan ampe lupa komen, salam sehat selalu buat bung trahlor,bung naga samudera dan para patga semuanye..ane mau tanya nih walaupun telat bung T..apakah cerita ini menjadi bagian dari skenario intelijen dgn mempublishnye dimari agar rakyat biasa jadi tau keadaan sesungguhnye tentang keadaan negara ini.?? Sebab setelah ane baca & cermati cerita/artikel ini begitu nyata & sangat menegangkan ampe kebawa suasana alur ceritanye..

    ….NKRI HARGA MATI….

  84. Tulisannya bung trahlor selalu bikin penasaran. bagi saya yag awam ini saya mau bertanya dengan bung trahlor, bagaimana sebenarnya kondisi negara ini?
    saya melihatnya makin lama makin memprihatinkan dari segala segi. saya bahkan sudah ber-andai2 apabila negeri hancur berantakan…

  85. Kampretboy on

    Innalillaahi…
    Semua milik Allah semata.
    Semoga para patriot yg menjelajah pojok2 dunia selalu mendapatkan perlindungan dari Nya. Aamiin.

    Ijinkan saya mengutip:
    bermodal sholat, silat, sikap, sifat dan sigap membuat nama Indonesia sy sgt mdh dihafal dan tak mudah diabaikan.

    Salam NKRI, Bung!
    Artikel yg bikin sesak nafas… 😀

  86. Salam Patriot, semoga kita selalu dalam lindungan Nya. Ikutan tanya ya, bung Trahlor. Gimana kondisi Manado yang banyak iluminati, masih dalam kewajaran kah?

    • @bung ndanko2
      masyarakat dituntut aktif utk mnjaga lingkungannya dr pengaruh2 buruk yg bs merongrong kedaulatan NKRI. Sbb masyarakat trkdg mnjd bidak yg sgt efisien loh bung….

      • Makasih pencerahannya Bung, sehat selalu.
        Apakah kebakaran di Kanada pengalihan isu dari korban usayaf?

      • Maksud @bung TraLor spirit tempur rakyat sipil lebih hebat dari pasukan elit manapun? apa betul spiritnya Putus Asa?
        maaf,matur tabik dan sungkem saya ya…mbah TrahLor.
        maklum saya hanya rakyat kere,yg selalu belajar bersukur walau rizqi tiap hari hanya sego-uyah.

  87. @bung kampretboy
    Merdeka bung !! Amin ya rabb…
    @bung mas bawor
    inshaallah yg nampak hanyalah smntara bung, sgalanya trgantung dr sisi mana kita mlihatnya. Banyak hal yg kita tanpa sadari trburu kita inginkan, smntara prosesnya kita abaikan. Sll positif thinking akan mndorong ide kluar dan mnolong kita dr tekanan keadaan. Bukankah masadepan bgsa ini ditangan kita sejatinya ?
    @bung kang somay
    trimakasih bung, trhatur do’a dan harapan yg sama bwt anda dan kluarga.
    @bung ismed beckam
    sehat utk anda pula bung…hehe sisi ini merupakan motif pribadi sy utk menyampaikan pd sluruh pemuda Indonesia bhw perang itu bs kita lakukan jauh dihalaman depan/belakang musuh NKRI. Sisi ini jg mampu mmbungkam scara samar ambisi para invader utk mngganggu negeri ini, sisi ini ingin sy sampaikan sbg satu sisi asyik utk diminati sbg bgian pengabdian anak bangsa ini. Selebihnya smoga mnjd sumbangsih sy sbg tambahan ragam artikel disini, hehe….
    @bung penceng
    sy akan siapkan sdikit cerita khusus drama ini, hanya prtimbangannya saat ini msh banyak rekan kita dilapangan, dan hal ini tntu sgt baik jk kita mampu brsabar barang sbntar ya bung…
    @bung suka suka
    trims bung…salam patriot !
    @bung asbun
    wahh bung asbun ini psti punya org dalam ya ??
    Haha…sy sndiri ngga’ dengar loh. Haha…kalo dibabar skrg, ntar surprisenya kurang greget pas prtengahan taun nanti, hehe…

    Salam bung sekalian, yg blm trjawab/trbalas mohon bersabar ya bung, maklum msh hrs berbagi waktu hehe…
    Jayalah Indonesia !!

    • terima kasih bung TRAHLOR atas attetion panjenengan, salam merdeka NKRI jaya, sehat dan bahagia selalu.

  88. Met siang bung Trahlor.met brjuang menyingkirkan dan membuang duri-duri yang menghalangi kemajuan dan ketentraman ibu PERTIWI.moga TUHAN melindungi dan memberi kekuatan serta ksehatan anda bserta keluarga.moga tercapai apa yang pernah dicita-citakan segenap para pendiri dan pahlawan bangsa ini.salam GARUDA. NKRI HARGA MATI.

  89. Demang Klungsu on

    Assalammualaikum..wr.wb
    Mohon ijin saya utk bergabung disini, jika slama ini hanya sbg SR PATGA tp sllu mengikuti mnikmati smua yg tersaji.
    Salam utk para patku, patsus dan bung trahlor yg tlh bnyk berbagi..
    Sangat menarik jika mncermati perkembangan yg terjadi ttg posisi Indonesia saat ini, dmn ddpn kt berhadapan dng cina dng ambisiny dan dkanan dan dblakang kt ada us, inggris, fpda dmn mreka tdk hny turut serta dlm panasny medan Lcs ttp jg ada hal terselubung thdp Indonesia sementara di kiri kt hadir rusia dan jerman sbg sahabat yg siap membantu…
    Saya sangat tertarik dng prtikan dr bung trahlor “Indonesia memiliki sedikit populasi unik kekuatan air dan udara….bahwa Indonesia itu penting bagi dunia. Dan negara yang dianggap penting itu punya apa apa yang diperlukan, termasuk jika memerlukan sebuah senjata pusakanya” apakah hal ini murni teknologi dr Indonesia atau dr rusia dan siap pakai? jika berkenan mngkin bung trahlor bs memberikan sdikit wejanganya, trimakasih..salam PATGA,

  90. bung trahlor, d cerita honduras tuan yu d ancam keluarganya dg dibeberkan kordinat rumahnya. sebagai senopati/ksatria bawah tanah, ada kemungkinana musuh2 menjadikan keluarga bung sebagai sandera, agar sikap bung bisa lebih lunak pd mereka . kalau boleh tahu, bagaimana bung mengantisipasinya?

    • hehe….@bung tapol,
      negara pst memiliki konsep utk mlindungi asetnya. Bgitu pl dg sy pribadi, tntu ada resep khusus utk jauh dr jangkauan musuh. Sbnarnya sjk awal identitas ini tak akan istri dan anak ketahui. Blh jd mrk hanya tau sy adlh seorang pengusaha dll. Contohnya bgitu ya bung.
      Dan tntu sy mngimani, jodoh, mati dan riski adlh hak Allah SWT yg sdh digariskan….
      Salam bung….

      • Timur_Nusa Kambangan on

        @bung Trahlor: jodoh, pati, rejeki dalam ajaran Jawa itu diatur Gusti ingkang Murbehing Dumadi, Tuhan Yang Maha Esa.
        Berarti didalam kehidupan anda jg berlaku hukum rimba ya bung? Yg setiap saat “malaikat” menari nari disekitar anda?
        Salam, sehat selalu

  91. burhanuddin on

    Bung Trahlor, kita kan selama ini pasif, baru bereaksi setelah ada kejadian …Pertanyaan saya boleh dong dibabar sedikit, kita bertindak duluan di halaman para musang. Biar ada kebanggaan kita ternyata sudah bermain jauh di halaman mereka…tp selama ini hanya menjadi rahasia tersembunyi dan hanya sedikit orangyg tahu.

  92. Saya juga selipkan dibawahnya koordinat yang mungkin perlu anda pelajari untuk memasang anti rudal dikamar nyonya Yu dan putri anda….saya kira armada KS AS cukup terampil membuat proses ini lebih hening buat anda.
    saya penasaran bagaimana cara membuat proses lebih hening tersebut bung?? sehening-hening’a rudal ledakan’a pasti akan banyak menyita perhatian.
    bukankah resiko’a pecah perang bung??

  93. assalamualaikum Bung Trahlor luar biasa..
    jujur sy sngt sk nton film tntng intlejen dan smcam konspirasi, soal illuminati sy ckup sdkit tahu dr bbrpa artikel..
    sy sngt trtarik bisa masuk dunia sprti ini, yg psti dgn adnya artikel sprti ini, mmbuat sy dan qta smua mnjadi semakin INDONESIA !!
    jika ad ksmpatan sy sngt brharap bs mnjdi slah satu Special Agent utk Negara INDONESIA, bs contact sy via email..
    wassalamualaikum smoga sllu sehat dan dlm lindungan Allah azza wa jalla amiinn..

  94. Salam sejahtera bung trahlor,tulisan yg luarbiasa bagus,maaf klo boleh bertanya,katanya indonesia ini intelnya kuat,bagaimana bisa kita kecolongan peketja iligal,yang ngebor di halim,dan katanya,mereka pake seragam militer?terimakasih

    • @bung ybeng
      haha…jgn heran bung, soal bgituan mah media rajanya. Ngga’ usah tll ditanggepin ya bung.
      @bung suka2
      soal HTI ini jauh diluar kewenangan sy bung. Urusan itu tntu sfh ada yg mnangani dan mngawasi. Bg sy selama mrk tdk brtentangan dg hukum dan perundangan negara ya silahkan sj. Tp jk sdh brbicara soal khilafah, beda urusannya bung. Apapun alasannya tntu negara akan mngambil jalan yg perlu.

  95. Salam sehat selalu dan slm knal Bung Trahlor,maaf bung saya mau tanya..klo bleh tau perguruan silat anda apa namanya?kayanya pkrjaan anda btuh nyali tinggi..prnah gak bung tarung sm jago beladiri dr asu tnpa snjata….
    Klo d buat film seru pasti.,jd pngen kaya bung Trahlor

    • @bung sundanese
      sbg pecinta seni beladiri tradisional sy sgt rajin berguru dr ujung barat hingga ujung timur negeri ini. Dan hingga hr ini, pencak silat ini msh mnjd aset sy dlm melindungi diri. Dg sgt bangga sy katakan, sy lbh nyaman brtarung tanpa snjata dimanapun itu bung hehe.
      @bung tsunami
      mmbiarkan paracel dan spratly tntu tidak bgitu bg AS. Jk kita teliti jstru AS kedodoran, dg mmbuka front di timteng, crimea dan kondisi mental internal yg down tlh banyak mmberi peluang bg china utk jauh brgerak. Sy rasa AS dan NATO sdh kbingungan dg front yg mrk ciptakan sndiri. Yg nampak jstru tekhnologi hebat mrk trbukti hanya berlebihan cerita sj. Sjk runtuhnya Uni soviet sy mnilai AS tak mengalami kemajuan apa2 selain kemaruknya hehe. Perang bg AS bkn lagi pilihan yg bagus selain mmbuat pemuda mrk ketakutan dan berhamburan pergi.
      Salam bung….

  96. Salam patriot bung trahlor dan bung naga samudra

    Tidak disangka klaim China terhadap LCS , membuat indonesia bermain soft power dan hard power. Dan tanpa kita ketahui bidak indonesia melakukan misi rahasia diluar sana , untuk menahan pengaruh Sang Naga yg sedang kelaparan .

    Dari artikel ini jika China gegabah akan memulai PD III, dan posisi indonesia sangat tidak diuntungkan karena melihat posisi australia dan USA sudah bersiap di wilayah selatan dan disekitar wilayah sengketa. Walaupun kita di posisi netral ada kemungkinan Indonesia menjadi ajang proxy war dan medan tempur jika kita tidak berhati hati dalam menentukan langkah. Jangan sampai negara kita diobok obok oleh agent asing , Kita harus melangkah terlebih dahulu sebelom semuanya terlambat.

    Pertanyaan paling mendalam saya sampai saat ini, kenapa USA terkesan membiarkan CHINA membangun pulau buatan di LCS dari awal ???
    Atau gara2 hutang amerika yg besar terhadap China, terkesan dibuat tidak berkutik oleh cHiNa. Atau ada rencana lain dibalik semua itu ???
    Apa masih ada hubungannya dengan tertangkapnya etnis uighur di poso dan perpanjangan kontrak freeport ???

    Saya yakin USA dan CHINA sudah melancarkan proxy warnya di indonesia, demi mengamankan kepentingannya.
    Mohon pencerahannya Bung trahlor

    SALAM PATRIOT DAN NKRI HARGA MATI !!!

  97. Pejuang Zaadlu on

    Salam buat bung trahlor..semoga selalu dlm lindungan Allah SWT untuk bung trahlor dn keluarga….juga untuk sluruh rekan patga sekalian.
    Ngebayangin bung trahlor jadi keingat sosok bung Pajajaran (klo g salah ingat) di topix dulu.
    Apakah bung trahlor. Bung van n bung pajajaran masih 1 aliran kah. Mainnya suka yg gelap”. Kaya di bawah tanah 🙂

  98. Pejuang Zaadul on

    Salam buat bung trahlor..semoga selalu dlm lindungan Allah SWT untuk bung tahlor dn keluarga….juga untuk sluruh rekan patga sekalian.
    Ngebayangin bung trahlor jadi keingat sosok bung Pajajaran (klo g salah ingat) di topix dulu.
    Apakah bung trahlor. Bung van n bung pajajaran masih 1 aliran kah. Mainnya suka yg gelap”. Kaya di bawah tanah 🙂

  99. ta da musuh yang abadi..ini adalah pepatah bagi para pelaku penguasa pemerintahan..kepentingan diri/golongan/bangsa akan selalu menjadi tolak ukur didalam menentukan -kadar-hubungan diplomasi.
    ..namun -demi nafsu/ekonomi-terkadang kawan-pun rela menusuk dari belakang…ini adalah sifat alami suatu bangsa yang jika tidak mampu -mengontrol diri-akan membawa dampak yang buruk didalam bertetangga.
    …indonesia adalah -tokoh utama -sebagai pengerak kekuatan ketiga yang terlahir dari jalur non blok.makanya armada blok barat dan timur merapat kesegala tapal batas penjuru bumi pertiwi…sebagai pembatas gerakan armada tempur indonesia.
    …tapi mengingat indonesia selalu mengutamakan-jalur diplomasi-maka ta da alasan bagi semua pihak” lawan untuk mengangkat senjata.namun tetap saja mereka siaga satu….?? ?? ??
    ….sejatinya indonesia sudah lama-tahu diri- jika ingin membangun- poros ketiga-akan menimbulkan-gesekan-dengan blok barat/timur.makanya -permisi dulu-kepada as cs/rusia cs dan cina cs adalah langkah mengalah yang bijak demi kedamaian semua pihak dan hasilnya pun multi alusista dari luarpun bisa didapat dengan mudah…
    ……selama ini blok barat cs secara masif dan aktif terus menerus membuat proxy war ditanah negeri..jika ta mendapat jatah SDA.
    ..cinaa cs juga secara kontiyu mencoba menguasai lewat jalur ekonomi nasional
    …rusia pun berusaha menebar simpati dengan segala kemudahan diplomasi namun tetap berharap mendapat bagian SDA demi ekonominya
    …lalu bagaimana indonesia bersikap…tentunya menjadi budak dinegeri sendiri..bukanlah harapan yang di inginkan oleh para pahlawan pelaku pejuang kemerdekaan…hehheheee
    maaf….asumsi diri

  100. Jenggot Bonar on

    . kesibukan yng luar biasa, menjadikan kejenuhan yng tk terhingga beratnya…. al hamdulillah akirnya bisa nyantai sejenak di artikelnya sang bujana tanah surga. ……… Salam patriot garuda dan rekan2 yg ada di sini. Hehehe.. dah ketinggalan kreta teryata. Salam BUNG TRAHLOR.

    • @bung temurose
      apa kabar bung ? Sehat sll bg anda dan kluarga. Dunia berputar bung, akan tiba masanya bg dunia ketiga utk kokoh memimpin laju sejarah dunia, smg seiring ridha Allah SWT, amin.
      inshaallah bung.
      @bung jenggot bonar
      salam patriot bung, sehat sll utk anda skluarga…
      @bung bakulo wajaro
      trims utk banyak bantuan jabarannya, salam hangat bung…
      @bung ekafa astroboy
      selamat dtg bung, smoga mnambah pustaka kita smua…
      Salam…

  101. Bakulo Wajaro on

    Hehehehehhe…. Salam sehat bung@Temurose.. benar bung tdk ada musuh yg abadi tapi mungkin hrs ditambahkan.. Yg ada hanyalah kepentingan yg abadi.. Hehehehehehe
    Nah dari cara menwujudkan kepentingan inilah yg membuat dunia terpecah menjadi beberapa kutub kepentingan sesuai dgn latar belakang peradaban yg melatarinya..
    Abad ke 16-17 eropa menguasai dunia dgn spanyol dan portugis sbg pihak yg terlihat lbh agresif
    Abad ke 18-19 eropa juga masih menguasai dunia dgn inggris dan belanda serta perancis sbg pihak yg dominan
    Di abad2 inilah penjajahan dalam bentuk penghancuran suatu wilayah dan menguasainya dilakukan dgn penindasan dan eksploitasi sda dilakukan secara masif baik di afrika maupun asia.
    Dan monumen abadinya dapat anda lihat pada suku aborigin di australia dan suku indian di amerika hehehehehehe…
    Abad ke 20 amerika dan unisovyet menjadi 2 kekuatan besar didunia yg masing2 memiliki gerrbong sekutu bessarnya memebentuk dua kutub besar Nato yg di komandani asu dan Pakta warsawa yg dikomandani Unisovyet.
    Berebut pengaruh menyebabkan negara ini hrs menjadi ajang perang proxy dari kedua kutub pd thn 6 yg sebelumnya pd thn 45 sdh berhasil mengusir sekutu asu dari negeri ini.
    Takdir berbicara bahwa negeri ini kembali pada penjajahan baru sbg sapi perahan amerika baik politik , sosial maupun ekonomi. Separatis dan kerusuhan sosial serta konflik dimasyarakat terus diciptakan utk menekan pemerintah dan bangsa ini utk tdk boleh besar dan terus dalam kendali mereka.
    Setelah tumbangnya orba, indonesia mencari teman sepemikiran utk bangkit dan terlepas dari pengruh asu dan kroninya dikawasan..
    Begitu juga dgn rusia setelah tumbangnya unisovyet negeri ini berusaha lepas dari tekanan asu dan barat utk menghancurkan eksistensi dan pengaruh rusia thd bekas sekutunya berusaha mencari teman yg teruji konsisten dalam perjalanan bangsanya terlepas dari era orba yg lbh memilih dekat dgn asu cs.
    Lihat petikan komen dari bung T perihal aliansi dan clan bawah tanah yg justru mengenyampingkan kehadiran cina dan iran dan justru memilih jepang , jerman bahkan israel ikut dalam clan ini.
    Saya dengar kawan sejawat mulai ingin menggunakan Rusia saat Putin naik kursi berkuasa dan mulai menunjukkan minatnya untuk mengumpulkan karib karibnya yang biasa nongkrong dibawah tanah melawan hegemoni barat dan sedikit sumir pada China. Kita ada didaftar teratas untuk semeja dengan Plan Rusia
    Setahu saya hanya Putin yang bisa bicara secara gamblang tanpa emblem ewuh apalagi terkesan licik seperti rata rata pemimpin Tiongkok meski berlatar mirip sejarah komunalnya.
    Penataan pengaruh Rusia globalnya sangat intelijen style.
    Maklumi jika sangat sulit mengendus kongkalikong Rusia-Indonesia-Cina-Iran bahkan konon main mata dengan Mossad pula.
    kenapa sebut mossad ? Mereka ini terkenal berpribadi ganda dan profesional jika menyangkut G to G. Soal Palestine saja mereka tak ada kompromi.
    Putin sadar tak bisa berdiri kuat sendirian tanpa mengelak sorot proxy barat. Muncullah ide memecah konsen barat justru dengan penguatan tekhnologi beberapa negara yang dianggap lebih lunak pada Rusia.
    Siapa yang mengatur ? Segelintir orang saja, tanpa Chna dan Iran didalamnya.
    Hehehehehe..
    Mungkin ini latar belakang yg bisa kita lihat mengapa rusia mengambil tempat dan porsi yg besar dalam melindungi dan membackup RI dalam menghadapi segala proxy dan tekanan asu dan cecunguknya di kawasan selain kita juga mengajak dan mengundang mereka berinvestasi dikalimantan…heheheheh
    Mohon ijin bung T.. Sehat selalu ndan..
    Adios amigos belajar maneh..

  102. Makasih atas penjabarannya bung Bakulo Wajaro,, saya baru ngeh karena masih kesulitan menerjemahkan ungkapan ungkapan gaya bahasa dari Pak Trahlor walaupun saya baca berulang ulang. mohon untuk dijabarkan lagi bung dari semua artikel bung Trahlor dalam edisi artikel ini yang sudah di muat ulang oleh bung Naga Samudera.. trims..

    • Bakulo Wajaro on

      Hehehehhe… Sehat selalu bung@E kafa.. Hanya mencoba menerangi bahasa kalbu bung@T yg penuh makna dan arti yg bersayap dgn senter pemhaman saya yg jadul ini bung.. Terkait dgn keterlibatan israel dgn mossad nya saya ada sedikit salah persepsi krn ada statemen dari BUng@T sbb : (mohon koreksinya ndan trahlor klo salah)
      Smntara bidak tua menhan mnjelajah memenuhi arsenal tanpa khawatir terendus plan besarnya. Ya, Ryamizard tntu dianggap singa tua yg tak prlu diperdulikan, kcuali israel dan c l a n kami yg sgt tau kualitas otak bidak tua ini .
      Disini terlihat mossad hanya berada dilingkaran kehadiran cino yg merupakan salah satu anggota dari kongkalingkong 4 negara (Rusia, cina,indonesia dan iran) shgga mossad pun menjadi kurir serta penghubung antara mr yu dan bung@T utk berangkat ke honduras.
      Dan statemen ini jg memeperlihatkan israel berada diluar clan namun menjadi bagian dari kehdiran cina dan iran..
      Rusia benar, “Pada anda akan datang berita berita baik dari Teheran, UEA, China bahkan Israel yang merayu anda untuk bekerjasama”.
      Dan dari kerjasama kongkalingkong 4 negara ini juga mungkin kita bisa melihat bagaimana adanya kemungkinan hub rahasia terlarang antara cino dan asu urtk berbagi peran dan berbagi keuntungan di lcs dan kemungkinan sandiwara rahasia abadi antara israel dan iran di muka dunia.
      Hehehehe…
      Mohon dikoreksi jika salah [email protected] salah ndan..
      Adios amigos tiarap meneh

  103. @bung pejuang zaadul
    salam bung..hehe allhamdulillah bukan kok bung. Sy trtarik ketika disebuah forum ada bahasan alutsista kmudian bnyak skali yg membedahnya scara luar biasa. Tntu sy tak mampu spt mrk. Lalu sy lihat Patga ini sbg sesuatu yg pantas kita dorong dan dukung manakala tujuannya yg mulia. Smg rekan disini istikomah dan inshaallah brtambah pilar2 penguat bangsa. Amin….

    • Bakulo Wajaro on

      Hehehehehhe… Pagi ndan pangeran..Terkait dgn jawaban pertanyaan bung@wereng coklat :
      Tnpa meremehkan, hanya agen2 SAPO, SVR, GRU dan MOSSAD sj yg msh sdikit bs mmbaca gelagat para bidak.
      NSA sj sering kewalahan M16 dan CIA sering mngandalkan data2 ga’ jelas di black market. Mrk mulai takut utk jauh bermain bung. Maklum kepala mrk dihargai mahal oleh triad dan CHIS, blm lagi incaran para jihadis hehe. Sering mrk mngandalkan jualan info para agen ganda kok. Hha…
      Pertanyaannya apakah intelijen swedia juga tergabung
      dalam clan bawah tanah ya bung..?
      Terimakasih atas jawabannya bung Trahlor jika berkenan..
      Adios amigos wis nunggu jawaban ae..

  104. Salam bung Trahlor,mengenai kjadian di missisippi kemaren yg korbannya 5 warga RI,itu warga biasa kecelakaan biasa atau mrupakan agen kita?
    Salah satu yg mninggal kq namanya mirip salah satu sesepuh di patga,semoga kcemasan saya salah.

  105. Iya bung Ember keramat,tp berita yg saya baca kurang lengkap dan mgkn dugaan saya yg berlebihan.

  106. bung trahlor dan bung bakulo wajaro..makasih atas atensinya …..salam sehat kembali….xixiixiii

  107. Maaf bung Trahlor kl blh tau skrg usia anda brp?saya plg sneng klo dngr crta perjuangan kaya gini…
    Jd teringat bapak angkat sy di subang,dia prnh crt tntang tugas di timles,trnyata dia pasukan rahasia dr sipil bahkan klrga tdak prnah tau.. Pahlawan tanpa nama adalah patriot sejat,termasuk bung Trahlor
    Jika suatu saat pensiun saya pnger ktmu bung Trahlor pngen ngopi brg smbil dnger kisah perjuangan brtarung dg para kafirin asu n konco2.. Salam shat slalu bung Trahlor.

  108. semoga sehat selalu bung Trahlor …
    membaca pencerahan dari bung Trahlor, saya merasakan dimensi pembahasan yang berat, luas dan pemecahan solusi untuk resiko sebagai bangsa yang besar bung.
    ijinkan ane bertanya kepada bung Trahlor .. mohon maaf apabila pertanyaan ane kurang berbobot bung … maklum masih secuil pengalaman hidupnya bung .. hehe

    1. setahu saya bung, di china kan ada China Military Intelligence, dimana dari suatu sumber adalah pemilik modal untuk salah satu konglo di Indonesia, yang bertujuan untuk membantu membentuk kembali imperium china bung.mengapa bung Trahlor malah ke Honduras ya bung? apakah tuan Yu , merupakan salah satu tokoh dari China Military Intelligence?
    2. ada petikan narasi dari bung Trahlor “Hahaha…anda tak akan salah tuan, itu dua indukan AS yang mensetting koordinat hongkong dan spratly dengan ijin alpha one pentagon” apakah yakin bung, asu akan membantu kita bung? dari salah satu hoax nya bung Hadna, yang berakibat 2 ks china tenggelam, diceritakan asu malah mau membantu armada china ya bung?

    mungkin itu dulu bung Trahlor, sedikit pertanyaan dari saya, mohon pencerahan dari bung Trahlor .. biar saya tambah pintar bung ..
    salam sehat selalu bung Trahlor dan patga yang lainnya

  109. Luar Biasa, baru kali ini saya baca artikel dan comment sama sama bikin deg degan. Thanks bung T dan bung BW untuk pejelasannya. Tata bahasanya luar biasa.

  110. @bung kingsoka
    soal honduras ya bung, bs discroll ke atas komen dr bung Naga samudera yg memuat cerita ini dr awal (athena solitaire dstnya). Dari tayangan cerita sy itu bs dipahami knp sy hrs ke honduras ini bung. Mr yu dan hampir sbgian besar pejabat mrk adlh jajaran cc nya partai. Mrk elemen elite yg mmiliki wilayah kekuasaan scara personal/klompok dibanyak negara latin, afro dan pasifik.
    Poin tanya anda yg kedua, siapa diantara dua ini, Tiongkok atau AS yg bs dipercaya ?? Hehe selicik liciknya China mk AS msh mmiliki pluang lbh licik bung. Bg AS jgnkan China, Nato sj msh dhoyan dikhianati hehe. Mnghilangkan Rusia, mk AS tinggal mnggunakan kedipan mata utk menaklukkan dunia secara utuh. Menghilangkan China artinya perang dunia keIII lbh mudah dimenangkan kubu AS scara logika. Jk nampak krjasama antara AS dan China, sama sekali bkn persekutuan bung, tp tak lbh brbagi wilayah dominasi sblm mrk brhadapan kelak.
    Smoga sdikit mmbantu bung.
    @all : mohon ma’af utk bnyak prtanyaan yg blm bs sy reply. Jujur sy sgt brsemangat dan antusias utk mnjawabnya. Ada bnyak sekali tanya menarik diatas. Namun wkt yg hrs brbagi mmbuat sy hrs mnunda jwbnya.

    Salam hormat sy bg rekan patga sekalian, smoga tak mnjd hambatan brdiskusi selanjutnya dan tak mngurangi niat kita utk brsilaturrahmi….inshaallah sy cicil jawabannya ya bung skalian.
    Salam….
    JAYALAH INDONESIA !!

  111. sy benar2 kepikiran blm bs mnjawab tuntas atensi,
    @bung arumanis
    @bung iwan
    @bung sennopati
    @bung qizruh
    @bung ghaibkelana
    @bung keendoor
    @bung demang klungsu
    @bung grim
    @bung the jack
    @bung ember keramat
    @bung segosambel
    @bung potret
    @bung pistol
    @bung torodipo
    @bung nico
    @bung yudha
    @bung lamadukkeleng
    @bung moday
    @bung taurus
    dan banyak mgk yg sy alpa blm trsebut jk sy scroll keatas…
    Haha…kok banyak hutang sy ini ??
    Sekali lagi mohon ma’af dan tak mngurangi rasa hormat sy bg bung sekalian…mohon maklumi ya bung.
    Blm lg tanya dr saudara sy di medan, smoga azzam mnjd generasi hebat bangsa ini….
    Salam hebat !
    NKRI JAYA !!

  112. Setelah “mencermati” ruang terbuka di grassroots kita, memang menguntungkan bagi sebagian MAFIA MAFIA yang ingin menyelipkan misi, tujuan jg propaganda paling ecek ecek sekalipun ternyata hitungan kertas sangat masih efektif dg tingkat keberhasilan yg lumayan menyita “kesibukan” dan tingkat kegagapannya di level awam apalagi ditambah sikap apatis yg mulai menebal, sikap teledor, sikap mau menang sendiri, sikap membuly, seakan kebebasan buah dr demokrasi ini mengaburkan sikap optimisme, sikap nasionalisme, sikap persatuan, sikap adiluhung kita semua… Rakyat yg semakin berani tanpa sikap segan, apalagi takut…! Ini benar benar GRAND DESIGN yang sangat rapi, terukur, halus dg pola panjang tak terasa! Kasus pelecehan simbol negara, lambang negara seakan hal “biasa” saja…
    PKI hny dipinjam bajunya untuk kepentingan seseorang ato golongan demi tujuan tujuan tertentu membuat angin segar bagi para penganutnya yg mudah di provokasi dan tentu segepok dollar LSM untuk melicinkan nya…! Sebetulnya, awam tak peduli, bahkan nyaris tidak mau tahu kecuali di kompori media terus menerus! Awam masih “terlena ” dg kehidupannya sehari-hari yg damai tdk ada ancaman perang! Disinilah peran para patriot penjaga garuda spt tokoh adat, tokoh agama, tokoh nasional Indonesia dll terus aktif bersikap “berani” vokal, berani bersikap di kehidupan sehari-hari jikalau melihat ada gejala yang sekiranya mengawatirkan!
    Kembali di artikel ini, benarkah Indonesia berperan dan sangat berpengaruh akan meletus nya PD3?sebegitu kah penting nya Indonesia? Yaaaa….. Bagi dunia masa depan! Lihatlah keindahan alam dan kekayaan nya? Allah SWT telah berkehendak bumi ini adl Tetesan surgawi bagi para tamak dan rakus, tikus dan pemangsa!
    Mari berdoa, berdzikir demi Rahmad dan HidayahNya… Bekerja sekuat tenaga menjaga amanah dr Pencipta sbg hak khalifah bumi manusia wajib berikhtiar! Salam patga!

  113. Semoga selalu tercurah barokah dan ampunanNYA bung TRAHLOR…

    sampai saat ini saya masih terheran2 bagaimana semuanya terjadi dibalik hiruk pikuk kehidupan kita sehari2 padahal melihat apa yang di sampaikan dalam sequel di halaman ini sungguh menggiriskan hati jikalau masyarakat awam kita tahu, dan yang menjadi pertanyaan saya adalah bagaimana pendekar2 kita bekerja menjaga martabat dan harga diri Bangsa nun jauh di sana dari ujung timur sampai ujung barat hingga batas utara sampai selatan tanpa terendus oleh media baik itu nasional maupun asing padahal mereka juga mata dan telinga di mana2 yg ujung2nya akan menjadi bumerang bagi Bangsa Indonesia… karena kita lihat dan rasakan semua kelihatan “baik-baik saja” sampai detik ini…so who is real the bad Guy-nya bung TRAHLOR ? ..PLA kah? seventh fleet?

    salam

  114. @bung sennopati
    sy tidak faham maksud anda mmberi link blog ini. Apakah rujukan anda atau karya anda bung ??
    Jk hanya soal pendapat dlm link trsbut, sy kira sah dan wajar. Slama batas pengamatan itu pd satu sudut sj artinya intelijen msh bs bermain di 3 sudut lainnya. Sy mngerti kegelisahan penulis, tnpa brniat mnjustis sy kira bgian dr keinginan utk mmbangun dan mngawal laju bangsa ini agar lbh baik.
    Btw…
    Sistem dlm sistem adlh skema umum dlm agency bung. Sy mmilih memegang sebntuk pataka utk mngakses apa saja demi mnjaga negara dibanding bicara rupiah yg akan disiapkan utk sekedar sbuah ops. Sy kira merogoh bais dan bin bkn dr ksibukan mrk dikantor bung. Tp tntu jk dijelaskan akan panjang dan trkesan superior nantinya.
    70 th bkn usia labil bg badan intelijen satu bangsa….sy kira itu tanda 70% belahan dunia sdh dirambah bung hehe…
    Rantai sll putus dan sy melupakan siapapun, mninggalkan apapun demi merangkul apapun yg diminta ibu negeri ini…
    Salam hangat bung sennopati….

    • Malam bung Trahlor
      Blog tersebut adalah referensi dalam dlm ketertarikan sy membandingkan informasi yg di baca dari berbagai media militer dan intelijen. Rasa optimis mengenai kebangkitan negara Indoneaia raya ditambah dengangambaran mimpi seseorang yang melihat bendera merah putih berkibrar kekar di berbagai penjuru tempat membangkitkan rasa kepenasarandalam membaca perjalanan negara ini yg tidak mudah.
      Karena sy diluar sistemeksekutif, legislatif, militer dan intelijen, untuk memuaskan hasrat kepenasaran sy mencari dan membandingkan informasi dari non mainstream media dan pergaulan semata
      Web ini memba gkitkan keyakinan tapi harus tetap waspada jangan buta dgn batasan dan keadaan sekitaragar dpt meyesuaikan diri.
      turun prestasi organisasi, klub olah raga bahkan sampai negara adalah hal umum yg terjadi dan wajar harus dilakukan perbaikan tetapi diluar kewajaran bila makin turun menuju kehancuran

      Dem7kian diampaikan dan semoga patga semakin baik memberikan informasi dan membentuk opini mjd suatu kekuatan
      Salam sejahtera.

    • Pejuang zaadul on

      “Sy mmilih memegang sebntuk pataka”. Fix dah klo begini bung trahlor sama bung pajajaran 1 perguruan. Hahaha
      Mau jg dong punya pataka gitu. Hehehe
      Jadi kangen sama bung pajajaran yg suka cerita klo kita sering perang secara ghoib di perbatasan. Pasukan dari jaman dahulu kala masih setia menjaga nusantara sampai dengan saat ini.

  115. Tukang Kompor on

    ternyata buanyak sekali info-info menarik dari para pengunjung PATGA, baik dari MEMBER, PATKU maupu PATSUS. tak akan pernah bosan menyimak dan mencerna semua info. JAYALAH INDONESIA.

  116. @PEJUANG ZAADUL
    Mgkn para “Higlander2” sudah siaga 2 ato malah sudah siaga 1? dan mungkin ini juga yang pernah di sebut sebagai senjata pamungkas rahasia yang dimiliki Nusantara .

  117. werengcoklat on

    kangen masakan bung yayan, menunggu disajikan panas-panas dari dapur redaksi…trims buat semua bung yg ada di situs ini, NKRI Jaya !

  118. Bakulo Wajaro on

    Hehehehhehe…salute info A1 dari bung@T ttg pembebsan 4 wni sandera aburayap dlm wkatu dekat akan dilepaskan.. Btw
    Ada bahasan yg pantang dilewatkan.. Intelijen indonesia judule iki…
    Keprihatinan ttg kiprah intelijen indonesia saat ini..spt link yg dikirimkan oleh bung@sennopati…
    Mantap..!! Pandangan seseorang dlm bentuk tulisan sbg person internal maupun eksternal memang sah2 saja, namun kita wajib cermati pola dan tujuan dari penulisan itu sendiri dan tentunya itu biasa terjadi didalam organisasi manapun.
    Ada 2 istilah yg berlaku sgt global dan berlaku di semua bidang kehidupan yg kita semua tentu setuju dgn istilah tsb yaitu kegagalan dan keberhasilan..
    Suatu tujuan atau tugas yg dijalankan. Akan dikatakan berhasil jika endingnya adalah tercapainya tujuan dgn gemilang yg tentu itu semua didukung oleh segudang strategi dan taktik yg jitu dan pas…hehehehehe
    Banyak hal2 kehidupan bernegara dan bermasyarakat sejatinya tdk lepas dari pengaruh intelijen negara itu sendiri.. Dan yg paling besar tentu kita tahu Thn 1965 dan thn 1998 saya berani mengatakan adalah tahun kegagalan intelijen indonesia dalam mempertahankan kepemimpinan nasional..dan cara menjatuhkan pemimpin suatu bangsa yg beresiko kecil dan aman menurut para musuh negara adl dgn menggerakkan rakyatnya sendiri utk menjatuhkan pemerintahnya dgn terlebih dahulu dipecah dan diadu domba serta mengkondisikan situasi chaos yg ada dimasyarakat…
    lepaskan dahulu like n dislike thd ke 2 pemimpin tsb dan tema yg melatarbelakangi masyarakat perlu menjatuhkannya…spt komunisme, diktator serta kkn orba..
    Mari cermati ENDINGnya.. kita dpt melihat siapa yg menikmati kejatuhannya..?dgn menancapkan kuku kapitalis utk menghisap sda dan menjadikan RI sbg negeri “sapi perahnya”..?hehehehhehe…
    Pada saat orba jatuh thn 98 hingga 2004 itulah mungkin masa kelam bagi intelijen RI.. pengaruh asu melalui imf dan world bank utk mendikte semua kebijakan pemerintah RI selanjutnya utk tetap tunduk pada kebijakan globalnya dikawasan.. Maka kita lihat lepasnya timor timur, sipadan ligitan, kerusuhan etnis,sara di kalimantan dan ambon.
    Gerakan separatis dan radikal tumbuh subur sekaligus membara di NKRI hingga terjadinya rekayasa tsunami aceh dan penyadapan presiden, keluarga serta para menteri kabinet RI.
    Sungguh masa2 itulah redupnya intelijen RI dalam mengawal NKRI..

    Jika melihat keadaan RI sejak paska tsunami hingga saat ini saya optimis intelijen RI sdh kembali ke marwahnya sbg penjaga dan pengawal NKRI..
    Hal itu bisa dilihat dari berhasilnya aceh kembali damai ke pangkuan ibu pertiwi, redamnya gejolak sentimen sara diberbagai daerah hingga gagalnya provokasi beberapa tetangga bodoh yg mencoba menjadi cecunguk asu diperbatasan..
    Jujur kita sempat prihatin dgn eskalasi yg berpotensi benturan yg bisa terjadi pada saat pilpres dimana begitu byk kepentingan dari dalam negeri maupun luar negeri yg bermain dalam hajatan bangsa tsb..ada 2 kekuatan besar dunia yg memiliki kepentingan yg sama namun memiliki perbedaan dalam historisnya dan saya yakin tanpa campur tangan para teliksandi kita maka negeri ini akan hancur dalam pertumpahan darah sesama saudara dan terbelah spt yg diinginkan oleh para srigala dan musang beserta antek2nya..
    Saat ini pada saat bangsa ini sdh mampu melewati itu semua mereka masih mencoba melalui proxy dgn segala cara termasuk hutang utk menuntaskan tujuannya yg blm tercapai.
    Untuk itu tdk menutup kemungkinan dan patut diduga intelijen RI memang bekerjasama dgn intelijen negara sahabat yg cukup kuat dgn saling bertukar informasi dan bahu membahu utk mengatasi semua rongrongan thd NKRI hingga saat ini.
    So.. jika kita masih dapat hidup dgn tenang dan damai serta masih dalam bingkai NKRI artinya mereka telah berhasil dalam tugas dan tanggung jawabnya.
    Bila mencermati ending dari insiden natuna kiranya kita bisa memaklumi jika asu dan konco2nya pun geleng2 kepala tak percaya, bilamana perangkap natuna yg digelar RI mampu mengunci tangan dan kaki naga secara apik dan elegan tanpa kehilangan pesan kedaulatan dan tentunya ini bukan digelar oleh satuan teliksandi yg ecek2 bukan..?
    Mungkin spt itu..
    Adios amigos nyelem meneh..

  119. bung @trahLOR bisa minta tolong di babarin rivalitas antara Yahudi Timur vs China barat ?
    info selentingan katanya kedua clan di rezim sekarang sangat berpengaruh terhadap kebijakan yg dibuat oleh pemerintah. terimakasih

  120. jadi ingat sewaktu berkebun di pinggir hutan dahulu, ada ular besar di matahari tenggelam yang selalu mengincar dari matahari terbit. ular-ular kecil sekeliling kebun pun sering mengganggu. akhirnya terpaksa asah golok hunus tombak mengejar beruang gendut yang rakus sambil membabat semak sekeliling kebun sehingga ular berlarian sembunyi ukar besarpun takut mendekat.

  121. Sarpamina 3 on

    Salam hormat dan salam kenal dari saya utk seluruh Patku,Patsus dan Patga.
    Menarik sekali bagi saya utk mengikuti tulisan2 berbobot yg di rilis di forum Patga ini.Perkenalkanlah saya selama ini termasuk SR yg bgtu hormat dan bangga dg kiprah para penjaga dan pelindung Nusantara dari rongrongan bangsa maupun kelompok manapun.Trm kasih atas tulisan2 yg menarik dan menggugah rasa cinta kepada bumi pertiwi yg telah dituliskan oleh bung Trahlor,bung Naga Samudra,bung Hadna,bung Pocong Syerem,bung Bakul Wajaro dan bung2 yg lain yg tdk bisa saya sebutkan satu persatu.Harapan saya jalinan silaturrahim kita di sini tetap berjalan dg baik,intens dan saling menguatkan satu dg yg lainnya.Semoga forum Patga ini menjadi bagian dari NKRI dalam mewujudkan perdamaian dunia yg tdk memandang dari mana bangsa itu berasal sekaligus mengokohkan kiprah RI dalam menjaga stabilitas dunia Internasional.Trm kasih utk semua kontribusi dan tulisan2 Patku,Patsus dan Patga sekalian.

  122. assalamualaikum…
    maaf @Bung Trahlor, mau nanya aja nih hehehe…
    semalam ada di ILC yaa…??
    hehehe…
    salam PatGa , salam sejahtera buat semua kawan2 disini, smoga selalu diberi kesehatan oleh Allah azza wa jalla amiinn…
    Hiduplah Indonesia Raya…

  123. bung trahlor mana nie syair syair kahliL gibran dari dikau yg terhormat
    kata” anda jauh lebih terngiang dripada senyum termanis cinta pertamaq
    rangkaian kalimat anda jauh lebih menyejukan kalbu dripada setiap langkah sidia yg dulu bgitu indah
    rasanya q butuh guru psikiater psikolog seperti anda

  124. JOLO is not JAILOLO_SILENT MOTIVE
    (Koridor XXX_1jam arah Tebet)

    “selamat malam, sy diutus menjemput bapak !”.
    Suara tegap dan armylook sdh spt dugaan sy, ini trllalu formil dlm situasi darurat. Tp negara ini mmg hrs teratur dan tak bs sy harap spt gaya yg sy suka dan mau.
    “perintah ?!”
    Sy mengawasi seksama sandi didepan sy, ujung matanya nampak mengikuti serombongan penumpang yg melintas disebelah kami. Ada keraguan nampaknya, artinya pemula. Sy trsenyum dan menepuk pundak kokohnya, sy rasa sy bisa menyukainya utk mnjd pemandu beberapa wktu kedepan. Sy berbalik dan meninggalkannya. Suara langkah sepatu bgitu kaku trdengar dilantai koridor, sy rasa ini langkah sy pula ktika muda dl. Gagah dan khas, hehe.
    Sy jd ingin menguji sejauh mana kemampuannya. Dipintu keluar sy sengaja mninggalkan keramaian deru kendaraan dan jeritan klaksonnya menuju taman kecil disudut bangunan. Sy melambatkan langkah dan menjulurkan tangan meminta. Tergopoh prajurit sandi itu menjajari langkah sy dan sy tak salah, dia mulai belajar benar menunaikan tugas yg diembannya. Sebuah kamera dan handphone disodorkannya. Sy membuka kamera digital dan search data. Beberapa foto prajurit dan salah satu sy kenali sbg penjemput sy ini. Sy temukan foto2 dan nama sandera berikut koordinat yg hrs sy tuju. Jam bandul sy berdetik lbh jelas ktika sy putar jarum pengatur dan menandai beberapa koordinat yg tercatat. Tak berselang lama, handphone ditangan bergetar. Suara yg sgt gusar mski trdengar serak trdengar diseberang. Bbrapa arahan trsampaikan dan sy faham. Sy kira diseberang msh berbicara ktika handphone itu sy serahkan kontak penjemput sy dan cuek sy pergi meninggalkannya. Sy menggelar langkah lebar menuju jejeran mobil dg simbol yg khas tlh menunggu. Tanpa basa basi sy ngeloyor masuk dan duduk dikursi tengah. Bbrapa org bergegas dan terakhir kontak yg sy tinggal td menyusul dan memberi kode bergerak. Mobil meluncur tergesa menembus udara jakarta. Sy memilih tidur sbntar sblum energi trkuras sesaat lg dilautan. Arahan dan jalur yg ribet mnurut sy. Jakarta malam ini sdikit lebih brsahabat, sy rasa hentakan mobil ini meluncur cepat dan lancar tak trllu terhalang. Rambu penunjuk halim mmbuat ekor mata ini mnyalurkan ide yg beda. Benak sy berimprovisasi.
    ” Putar arah, ke halim segera !!”..Sy berteriak. Seorang kru nampak hendak bertanya tp sy rasa tatap sy cukup mmberi jawaban.
    ” Plan berubah, putar arah menuju halim !!”.
    Di HT trdengar tanya dan decit rem dijalanan sdh cukup mmberi kesan mrk patuh. Mobil berputar bergerak sdikit zigzag dan mnerobos iringan kendaraan yg melaju pelan searah. Sy menekan bbrapa angka dan kohanudnas pst paham apa yg sy butuhkan, sbb tak lama muncul arahan mnuju checkpoint dikawasan halim. Bahkan kontainer khusus titipan c l a n sbg depo barang2 khusus telah mrk persiapkan. Sy meraih laptop dan mengaktifasi dg sandi akses terbatas. Bbrapa fitur tlh tampil dan cursor pd menu mngarah pd denah prosedur penggunaan peralatan standart sekaligus mmbuka bbrapa file terkait penyanderaan saat ini. Seluruh kontak terdekat online. Tak butuh wkt lama memetakan situasi trkini dan mmahami yg tjd dr brbagai info terkini yg dikirim sluruh sel jaringan yg sdh diaktifkan. Satu hal yg mmbuat dahi sy brkernyit, satu gambar KS melakukan penyekatan dilaut, lengkap dg data pasukan khusus dan bidikan bbrapa sniper dan bbrapa pasus yg trsebar dibbrapa titik pendaratan. Apa2an ini ?? Ops ini tll besar dan brlebihan sy kira. Apa negara ini sdh mulai gatal ??
    Sy maklum jk ada pergerakan pasukan di Tarakan dan menggeber bbrapa sista andalan disana. Tp foto2 ini adlh pointcheck yg jauh dr beranda kita. Pesta besar rupanya. hehehe…
    Tak sabar rasanya ingin sgera sampai. Insting yg pas ktika sy menolak arahan menumpang KS dan memilih jalur udara.
    “tambah kecepatan !!”.
    Dan sekali lagi hentakan kendaraan smakin melaju kencang, 24 menit lg akan nampak gate khusus vvip halim.

    Kontainer sdh onboard, kontainer ini jarang sekali sy akses. Bs jadi sy satu2nya tapi sy tak bgitu yakin, sebab spt loker di salah satu kamar hotel di KL trnyata sdh beberapa anggota yg akses, dan sy tak pernah tau siapa. Beberapa brg idola sy kemas dan secukupnya, samar sy dengar banyak langkah dtg. Siapa mereka ini ? Bergegas sy tutup locker dan menguncinya sehingga derit pintu khusus sekaligus sbg kmuflase sekat kontainer terdengar spt ngilu ditelinga.
    “silahkan ikut kami !” suara bariton yg khas dan tegas. Beberapa mrk nampak siaga dan dingin, paspampres. Sy tak perlu komentari lg. Sy pun bergegas. Sy rasa ada sesuatu yg penting. Namun di halim ini bukankah sy berimprovisasi ??…, tak ada yg tau sy disini. Kecuali….ahaa kontak baru itu pst tlh melapor posisi sy kluar plan. Hahaha….sy rasa ini jawabannya. Dasar !

    “Kau tak berubah…masih sj liar….”.
    Sy tersenyum menanggapi omelan seorang senior. Sy tak menyahutinya melihat gelagat tegang diruangan briefing ini. Beberapa petinggi nampak kaku dan tegang. Dan yah, presiden dan wapres akhirnya muncul. Sekejap ruangan mnjd hening hanya trdengar bberapa kalimat halus didekat mrk dr para penasihat dan bbrapa ajudan maju mmbawa beberapa berkas.
    “situasi, segera persiapkan !”. Pesan ini sy terima dilayar ponsel. Sy coba cari posisi pengirimnya, nihil ! Dmn beliau ini ?? Tak sadar sy bertatap mata dg wapres, beliau tersenyum. Insting sy beliaulah yg mngirimnya, apalagi beliau nampak menggoyangkan telunjuk pd arah sy. Ah tntu bisa sj akses sy diketahui beliau, toh sy hanya bgian sistem didalam koloni sistem.

    XXXX BASE, BRUNEI DARUSSALAM 2016

    “Assalamualaikum…paket sultan sdh dikirim, smoga antum mnyukainya…”. Suara dibelakang sy membuat sy menoleh, tp hanya seorang wanita tua berkacamata, disebelahnya tak ada siapa2…??
    Bukankah ada suara laki2 barusan ??
    Tp senyumnya dan sorot mata tajam itu cukup mnjawab bhw sosok wanita ini seorang pria. Who ??
    “waalaikumsalam, afwan…sampaikan takzim sy pd beliau dan trimakasih utk tumpangannya yg istimewa…” .
    Sy berusaha trsenyum saat uang koin itu diletakkannya dimeja. Buatan tahun 90an. Jauh lebih muda rupanya dr sosok yg diperankan.
    “Sy suka koin anda…hanya sy sdikit mengoleksinya…sy hanya punya ini….”. Selembar uang kertas tinggal separuh sy letakkan tanpa menoleh kearahnya, sy rasa cukup jelas pesan ini. Dan sy hrs bergegas, paket istimewa sang sultan bs cukup membantu sy sgera ke perairan dekat sarang menakin CIA ini.
    “Assalamualaikum…”. Sy bangkit dan meraih koinnya. Cukup luas base ini shingga sy hrs brgegas ke ujung dermaga. Banyak sekali yg sdh bersiap dan mnunggu disana. 15 menit briefing dan sekejap tlh meluncur keperairan meninggalkan base kembaran koarmatim ini.

    BATAS LAUT MALAYSIA-PHILIPINE

    ”Bungkam saja yg melawan !!”…
    Teriakan itu membuat beberapa kali letusan ak47 menyeruak lautan. Sebuah tugboat yg melaju pelan nampak awaknya berhamburan menyelamatkan diri. Dari perahu ini sy bisa melihat beberapa personel elit berpakaian khas gerilyawan brlompatan menguasai kapal tunda trsebut. Sbntar sj suasana menjadi hening. Sy mmberi kode utk lebih bergegas menuju daratan. Perahu mnderu meninggalkan insiden diluar rencana ini. Suasana mnjadi tegang dan lbh memicu adrenaline kami.
    “Jangan ada yg terbunuh, giring mrk ke daratan !”. Berkata begitu sy segera mnceburkan diri ke air. Dua pengantar sgera mngikuti sy. Daratan msh lumayan jauh, sy trsenyum mngingat usia yg tak lg muda, tntu tak sbanding dg prajurit dikanan dan dikiri sy ini.

    (BERSAMBUNG)

    • Ampuun bung tralor, tegang banget ceritanya.. Ditunggu lanjutannya bung .terimakasih sudah meluangkan waktu membabarnya

    • Assalamualaikum bung Trahlor, semoga selalu dlm lindungan & ridho-Nya, selalu sehat walau sdh stengah abad. Izin nyimak & menunggu lanjutannya.

  125. Usul bung NS….Alangkah baikny jika tulisan dari bung Trahlor ini di jadikan artikel tersendiri biar lebih enak diskusinya.trimakash

  126. Semoga suatu waktu saya bisa bertemu langsung dengan BungTrahlor…. salah satu idola saya di patga.

  127. mantap bung trahlor..kopinya terlalu kental perlu di tambah air ..supaya lebih mudah dicerna..baca berulang ulang.

  128. Ketika Saat Nya Tiba on

    Bung trahlor klo jadi penulis hebat euy..bs membius pembacanya..senang sekali mbaca tulisan beliau

  129. Rahayu bung trahlor, ikut nyimak menulusuri alur kata dengan untaian makna yang tersirat dan tersurat…semoga bung T dan para patriot selalu dalam lindungan allah swt…dan diberikan kesuksesan dalam bertugas….

  130. kuli pabrik on

    akhirnya yang ditunggu2 muncul jg…di tunggu lanjutan berikutnya bung @Trahlor..terima kasih atas kisahnya yg menegangkan ini…salam untuk anda dan keluarga

  131. kisah yg menarik bung, kejadian”a di jabarkan secara detail namun tetap sesuai dgn porsi’a. tp saya merasa ada yg kurang di artikel kali ini bung,,,,anda menjabarkan kejadian”a dengan baik, tp anda kali ini terasa kurang menjabarkan pola pikir anda sendiri bung. padahal selain merindukan ketegangan dalam setiap part kejadian, saya juga merindukan pola pikir anda bung. bagaimana anda memandang sebuah kejadian, bagaimana anda menilai masalah dari pov lawan.
    tp mau gmn lagi karena seperti’a artikel ini baru intro’a saja. hee

  132. Sy dan kluarga mengucapkan ” marhaban yaa ramadhan, mohon ma’af sgala khilaf dan alpa,. Smoga mnjd semangat baru utk kmbali pd fitrah dan ajang koreksi diri bg kita semua utk lebih kukuh memegang trah negeri, amanah berbangsa dan bernegara dlm kaidah luhur tuntunan beragama yg trsirat dlm ibadah berpuasa ramadhan kali ini. Amin…
    Bung NS dan all crew patga,patsus dan patku sekalian, teriring do’a dan harapan trbaik utk kita semua, Smoga sll dalam lindungan dan rahmat dr yg maha kuasa senantiasa.
    Amin….
    Salam Patriot !
    JAYALAH INDONESIA…

    • Sama-sama bung Trahlor, mohon maaf lahir & batin..salam juga buat keluarga.. semoga ibadah ramadhan tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya… aamiin..

    • semoga berkah dr keagungan Ramadhan menambah kepekaan kita terhadap semua potensi ancaman terhadap negeri tercinta ini, jika seekor semut dan satwa lainya dpt mendeteksi bila akan terjadi bencana, apalagi kita sebagai Manusia yg lebih sempurna,,,salam hangat bung Trahlor, sehat sejahtera selalu

  133. Ketika Saat Nya Tiba on

    Salam sejahtera bung Trahlor, selamat menunaikan ibadah puasa buat anda dan para patriot NKRI yang menjalankannya, terimakasih dan semoga teriring doa kita semua Indonesia tetap Jaya Selama nya!!!

  134. Bakulo Wajaro on

    Hehehehhe…
    Salam hormat saya utk anda bungTrahlor..semoga sehat selalu bersama keluarga tercinta..
    sekuel perjalanan yg menegangkan dan penuh arti dari setiap kata yg tertulis dalam bungkus yg tersamar Dahi berkenyit dengan tanda tanya besar dari setiap kalimat utk sekedar merangkai potongan puzzle yg berserak..
    Para jari pun lelah menari utk menyapa namun hilang dalam setiap pengiriman btw.. dgn semangat maju perut pantat mundur akhirnya terkirim juga salam manis utk saudaraku2 ku di Patga .. hehehehe..
    Marhaban Yaa Ramadhan..Selamat berpuasa untuk semua saudara2ku dan seluruh Patsus dan Patku..mohon maaf lahir batin..
    Adios amigos mulai susi bingit nyiramnya ciiynn..(edisi keki ilang mulu komen 3 hari) xixixiixixixixixi…

  135. selain aksi memukau tni kita, ternyata ada persoalan mendasar mengenai kesultanan sulu yg melibatkan filipina, malaysia, dan brunei

  136. selamat menunaikan ibadah puasa juga bung T.
    serta untuk bung2 semua warga penghuni warung ini baik patga, patsus, silent reader
    semoga tahun ini lebih baik dari tahun kemarin dan amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT

Leave A Reply